Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

ground's blog

ground's picture

Aku hanya bercanda?

Aku hanya bercanda?

 

Tiap kali saya menonton acara TV, saya sering jengkel melihat acara TV yang ‘mengerjai’ korbannya dengan tipuan yang bersifat candaan (joke). Si korban di’kerjai’ hingga emosinya tergerakkan dan membuat dia melakukan sesuatu atau bereaksi. Acara atau program-program TV yang demikian sering saya abaikan karena jengkelnya melihat ‘trik-trik’ sedemikian rupa namun pada akhirnya berusaha mengatakan itu  suatu gurauan ‘mengerjai’ yang “lucu”. Saya bertanya-tanya bagaimana perasaan si”korban” setelah pada akhirnya diberitahukan bahwa dia sedang masuk program TV yang tricky itu. Saya pikir perasaannya campur aduk saat itu dan tidak tahu harus seperti apa tanggapan yang semestinya. Yah, paling hanya tertawa masam saja (dan sedikit umpatanlah). Yah, memang sebenarnya tidak ada seorangpun yang mau di’kerjain’ atau juga jadi ‘bahan olok-olokkan’.

ground's picture

Yang terbaik, yang lama dan yang baru

Yang terbaik, yang lama dan yang baru

 

(Mat 13:52 ITB)  Maka berkatalah Yesus kepada mereka: "Karena itu setiap ahli Taurat yang menerima pelajaran dari hal Kerajaan Sorga itu seumpama tuan rumah yang mengeluarkan harta yang baru dan yang lama dari perbendaharaannya."

ground's picture

Imakulasi Konsepsi Maria

Imakulasi Konsepsi Maria, alkitabiahkah?

 

Imakulasi Konsepsi Maria ini adalah TAHAPAN KETIGA dalam Mariologi Katolik Roma setelah TAHAPAN PERTAMA yaitu keperawanan Maria yang selamanya dan TAHAPAN KEDUA yaitu Maria bebas dari dosa aktual!

ground's picture

Perawan Maria

Perawan Maria?

 

ground's picture

Jangan Membuat Pelayanan sebagai Berhala

Jangan membuat pelayanan sebagai berhala

 

Jangan membuat pelayanan sebagai berhala. Yohanes Pembaptis mengatakan, “Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil”. Namun kemudian kita mendapati dia meragukan pola itu, kantung anggur baru yang mana Kristus terlibat (lihat Matius 9:14-17). Kemudian di dalam Matius 11 (ayat 2 dan 3)  kita mendapati bahkan dia meragukan Kristus, Dia yang datang itu. Mengherankan bahwa di dalam Matius 9 dan Matius 11 kita melihat bahwa Yohanes masih memiliki murid-muridnya!

ground's picture

Maria hanyalah ibu Yesus di bumi.

Maria hanyalah ibu Yesus di bumi.

 

Konsep Mariolatry pada awalnya dapat dilacak berasal dari Injil-injil Gnostik dan Ebionit.  Konsep Mariolatry mendahului konsep Mariology. Konsep Mariology  inilah yang kepunyaan Katolik Roma kuno dulunya.

ground's picture

Rogue (elephant)

Rogue (Elephant)

 

 

rogue elephant – ( seekor gajah yang liar dan buas yang TERPISAHkan dari kawanannya) - a wild and vicious elephant separated from the herd.

ground's picture

TIDAK ADA FAVORITISME

No favoritisme

 

ground's picture

Pro Israel

Pro-Israel?

 

Ada hal yang harus jelas mengenai ini pada orang-orang Kristen (Gereja). Sekarang ada banyak kecondongan-kecondongan dalam issue ini, cnth: mengenai kembali ke akar Ibrani, Yudaisme, Gerakan Nama Suci, dan bahkan ada yang menyebut bahwa Kristen memiliki akar Yudaisme.

ground's picture

Tidak Percaya Mujizat, lalu apa lagi?

Tidak Percaya Mujizat, lalu apa lagi?

Tidak percaya mujizat, lalu apa lagi? Hanya mau berparadoks saja yaitu tidak percaya namun percaya? Paradoks yang aneh.

Saya menulis ini setelah artikel saya (“Percaya mujizat, kemudian lalu apa lagi?”) untuk “perbandingan” terhadap artikel Hai-hai yaitu “Aku tidak percaya mujizat II” yang mana artikel ini tampaknya mau ber-paradoks terus namun tidak ada ESENSI yang penting di dalamnya .

ground's picture

TENSION dari Kedaulatan Allah dan Kehendak bebas manusia!

TENSION dari Kedaulatan Allah dan Kehendak bebas manusia!

 

 

 

Pada mulanya Allah…(Kej.1:1). … Bagi saya kalo mau mulai sadari kedua pinnacle  ini maka harus dimulai dengan pemikiran mengenai Allah sendiri. Bukan dimulai dengan sebelum dunia dijadikan atau kembali ke Eden, karena itu  suatu kejadian atau tempat, yang adalah AKIBAT bukan SEBAB. Mulai dengan pemikiran mengenai Allah.

 

 

 

Allah saja yang Maha tahu, Berdaulat dan Maha-freewill. Allah saja yang absolute free-will, artinya Dia melakukan apapun kapanpun dimanapun tanpa ada yang dapat menghentikan, mendikte, mengatur untuk Tujuan kekalNya. Free will Allah yang absolute itu adalah sejalan dengan KEDAULATAN Allah. Tidak mungkin Dia berdaulat total tanpa free-will yang absolute. Jadi Dia bebas secara absolute.

ground's picture

Demokrasi, digereja bisakah?

Demokrasi, di gereja bisakah?

 

Hampir di seluruh dunia, orang berseru untuk demokrasi, namun mereka lupa bahwa Adolf Hitler terpilih melalui sebuah pemilihan demokrasi. Demokrasi adalah pemerintahan oleh orang-orang yang dalam artian yang mayoritas. Di pemerintahan yang demokratis, kekuasaan utama di’jubah’kan kepada orang-orang dan dilaksanakan mereka secara langsung ataupun tidak langsung melalui suatu sistem representasi (perwakilan) yang biasanya secara periodik diselenggarakan pemilihan bebas.

ground's picture

Percaya Mujizat, kemudian lalu apa lagi?

“Pada mulanya Allah…(Kej.1:1)”. Allah-lah permulaan; penyebab; pencipta dari apa yang tidak kita lihat menjadi kita lihat. Dia menciptakan langit dan bumi-dan segala apa yang kita lihat dan yang tidak kita lihat. Pada mulanya, Dia mencipta dengan perintah firmanNya. Ini bukanlah MUJIZAT atau Tanda atau Keajaiban, karena semua itu tadi terjadi setelah penciptaan awal selesai.

ground's picture

Sebenarnya pemulihan apa yang paling dibutuhkan di dalam gereja?

Apa yang paling dibutuhkan/dipulihkan adalah hadirat Allah di tengah umat-Nya. Bahkan bila segala kebenaran yang ‘hilang’ atau ‘tercuri’ telah dipulihkan atau kembali, kita masih akan hanya menuju rawa-rawa lainnya bila kita tidak ‘memiliki’ hadirat Allah. Tanpa hadirat Allah kita tidak memiliki kuasa, tidak ada otoritas dan tidak ada kemuliaan yang dinyatakan bagi orang-orang terhilang/bangsa-bangsa lain.

ground's picture

Dengan Iman, Aku Percaya Mujizat

Markus 16:15-20…..Sewaktu murid-murid Yesus pergi dan memberitakan Injil kemanapun, Tuhan bekerja melalui mereka dan meneguhkan bahwa pemberitaan mereka adalah benar dengan tanda-tanda (mujizat, tanda, bukti, atau keajaiban) yang mengikutinya (berita itu divalidasikan). Yesus sendirilah yang mengatakan bahwa tanda-tanda akan menyertai orang-orang percaya. Inilah salah satu janji Tuhan sendiri yang dapat “menimbulkan iman kepada orang yang mendengarNya (Roma 10:17)”.

Benar, IMAN adalah syarat utama untuk mengalami janji Tuhan ini, yaitu janji bahwa tanda akan menyertai orang percaya yang pergi memberitakan Injil dan meneguhkan berita itu sendiri. Bahkan IMAN adalah hal yang membuat kita dapat mengalami sendiri mujizat (tanda) yang Tuhan bisa kerjakan melalui ataupun untuk kita sendiri. PERCAYA bisa dikatakan percaya yang sejati karena ada iman di dalam percaya itu.

ground's picture

Apakah gambaran besarnya?

Aku mau bagikan apa yang kupercaya juga sebagai nilai yang penting yang harus kita miliki dan sebagai gambaran besar dalam apa yang kita lakukan sebagai gereja.