Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Mas Ded's blog

Mas Ded's picture

Indera Rohani

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa manusia bukan hanya memiliki lima indera saja. Tetapi memiliki delapan indera. Dan disekolah-sekolah yang sudah maju, kedelapan indera ini sudah mulai dikenalkan kepada guru-guru supaya dapat mengajar murid-muridnya dengan lebih baik.


Mas Ded's picture

Tubuh Kristus

Kita sering kali terlalu sibuk mengenal Tuhan, sampai-sampai lupa bahwa kita perlu mengenal orang-orang disekitar kita. Baik itu keluarga, saudara seiman,  teman-teman kita, dan orang-orang disekitar kita. Akibatnya kita dapat menjadi salah paham dengan perkataan atau tindakan orang-orang disekitar kita.

Kalau sudah salah paham, kita membutuhkan kerendahan hati untuk saling memaafkan dan saling membuka diri. Kalau kita saling menyalahkan, dan mencari kambing hitam, maka yang terjadi adalah perpecahan. Dan yang sangat suka melihat tubuh Kristus pecah adalah setan.

Mas Ded's picture

Tutorial Belanja Flash Sale

Bagi yang hobi belanja, pasti sudah tidak asing dengan istilah Flash Sale. Dimana penjualan dilakukan dalam waktu yang singkat dengan diskon yang gila-gilaan.

Mas Ded's picture

Melihat Yang Tidak Terlihat

Waktu kecil saya sering berjumpa dengan orang-orang yang bercerita bahwa ada teman mereka yang dapat melihat hantu, setan atau sejenisnya. Dan hal itu diceritakan oleh mereka dengan rasa senang dan bangga.

Namun setelah beranjak dewasa saya menemukan kalau orang-orang yang dapat melihat hantu tetapi tidak dapat melihat Allah dan Malaikat Kudus, maka dapatlah dipastikan bahwa orang itu mendapatkan penglihatan itu dari setan. Bukan karunia dari Tuhan.

Yang patut kita pertanyakan adalah apakah penting untuk dapat melihat Setan itu?

Mas Ded's picture

Tidak Melihat

Dulu ada seorang temanku yang berkata: "Dedy mah tahu keadaan semua orang di gereja."

Dan itu memang agak benar. Karena saya peduli dengan keadaan gereja tempat saya melayani. Karena itu saya suka mencari tahu semua hal yang sedang terjadi di gereja. Walaupun sebagian orang menganggap saya Kepo. Dan banyak sekali masalah yang saya lihat, yang dapat berakhir menjadi bencana.

Mas Ded's picture

Tata Cara Mendengar Suara Setan

Jauh sebelum saya yakin bahwa yang saya dengar adalah suara Roh Kudus. Banyak orang yang berkata dan bertanya kepada saya: "bagaimana kamu yakin bahwa itu benar-benar suara Roh Kudus dan bukan suara setan?"

Mas Ded's picture

Menikah Lagi

Pada suatu hari ketika selesai ibadah tengah minggu saya mengobrol dengan salah satu rekan hamba Tuhan yang masih ada di gereja. Dan hamba Tuhan itu sedang membangga-banggakan seorang penginjil dari agama lain yang sekarang dipakai Tuhan menjadi Saksi dimana-mana. Jumlah orang yang bertobat olehnya juga sangat besar.

Mas Ded's picture

Suara Roh Kudus

Sejak kecil saya sudah terbiasa mendengar maupun melihat hal-hal yang supranatural. Saya berpikir bahwa semuanya itu hanyalah halusinasi saja. Saya pun menghiraukannya ketika memasuki masa remaja. Karena akan terlihat konyol dan kocak bila saya masih menceritakan hal-hal yang demikian kepada orang lain.

Mas Ded's picture

Kepenuhan Atau Kesurupan

Bagi kalangan gereja aliran Kharismatik pasti tidak asing dengan ungkapan bahasa roh atau bahasa lidah. Dan di Sabdaspace ini sudah ada banyak yang memberikan kesaksian maupun yang menentang hal itu secara terang-terangan. Bila demikian, manakah yang benar?

Mas Ded's picture

Hero Favorit Mobile Legend Menentukan Pelayananmu

Sudahkah kita mencoba memainkan permainan mobile legends: bang bang (MLBB)?


Game Mobile Legend sering disingkat ML memiliki karakteristik game tipe MOBA. Game terkenal pertama MOBA adalah Dota. Biasanya para pemain Dota suka juga bermain game ML. Minimal pasti pernah mencoba memainkan game Mobile Legend ini.

Mas Ded's picture

Sabdaspace Dulu Dan Sekarang by Mas Ded

Sabdaspace adalah tempat pertamaku untuk belajar menulis, bercerita dan bersaksi tentang keajaiban Tuhan. Sabdaspace adalah tempat yang sangat menyenangkan, karena disini banyak orang Kristen dari berbagai macam aliran gereja.