Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Kisah desa Sukamaju

rogermixtin09's picture

Tersebutlah sebuah desa yang terkenal dengan keindahan dan sumber dayanya yang melimpah,yang membuat banyak pelancong yang datang mampir didesa tersebut,bahkan tidak sedikit yang memilih untuk tinggal menetap didesa itu.

 

Sukamaju itulah nama desa itu,termasuk diantara salah satu desa dikecamatan sukaraja yang boleh dikatakan paling banyak pengunjungnya dan juga paling banyak penduduknya dibandingkan desa-desa lain dikecamatan sukaraja. Hampir setiap bulan ada saja orang dari luar desa itu yang datang membuka lahan dan menetap didesa tersebut.

 

Didesa sukamaju ada sebuah pasar yang menjual berbagai bahan keperluan sehari-hari. Sebagaimana pasar pada umumnya dinegeri kita,maka begitupulah pasar yang ada di desa sukamaju.Ada toko-toko,kios-kios pedagang kaki lima,satpam dan juga preman pasar.

 

Pasar desa sukamaju dikelola langsung oleh petugas dari kecamatan sukaraja yang sangat toleran terhadap para pedagang.Para pedagang boleh menjual  dagangan apa saja dengan cara mereka masing-masing.Para pedagangpun diberi kebebasan untuk menjajakan barang daganganya dengan berbagai cara asal barang dagangan itu bukan barang tiruan ataupun barang curian,dan para pembelipun diberi kebebasan untuk menawar dagangan yang dijual dengan berbagai cara.Tidak jarang tawar-menawar antara pedagang dan pembeli mengakibatkan terjadi  adu mulut antara pembeli dan pedagang karena ketahuan sang pedagang menjual barang tidak bermutu,atau belum ada kata sepakat.Namun hal ini adalah hal yang biasa terjadi dipasar desa sukamaju dan tidak dijumpai dipasar-pasar kecamatan lain. Bahkan ada penelitian dari sekelompok mahasiswa magang dari universitas Gajahmungkur yang menyatakan bahwa keunikan dari pasar desa sukamaju inilah yang membuat desa sukamaju berkembang dengan pesat dibandingkan desa-desa lain di kecamatan sukaraja,apalagi bila dibandingkan dengan desa-desa di kecamatan lain.

 

Dipasar kecamatan tetangga,para pembeli tidak boleh menawar harga yang sudah ditetapkan para pedagang.Layaknya disupermarket barang yang dijual walaupun tidak layak pakai alias kwalitasnya jelek namun harganya tidak bisa ditawar lagi.Bila ada yang menawar petugas satpam langsung menegur dan bahkan tidak jarang langsung dicekal tidak boleh belanja ditempat itu lagi karena takut mempengaruhi para pembeli yang lain untuk ikut-ikutan menawar.

 

Sebenarnya secara diam-diam para pedagang setempat sudah mulai mengeluh karena rendahnya omset mereka.Bahkan ada beberapa pedagang yang  secara diam-diam  pindah dan membuka lapak dipasar desa sukamaju,dengan harapan omset daganganya nanti bisa meningkat beberapa kali lipat.Namun sayang,mungkin karena sudah kebiasaan dari tempatnya berdagang dimana tidak ada tawar-menawar,maka tabiat ini dibawa juga kepasar sukamaju sehingga sering tawar menawar dengan para pembeli pasar desa sukamaju yang biasanya bebas menawar menjadi tidak kondusif bahkan mereka cenderung menuduh para pembeli pasar desa sukamaju tidak santun,suka memaki dan lain sebagainya.

 

Yang terakhir terjadi beberapa hari yang lalu dimana seorang pedagang dari pasar lain membuka lapak dipasar desa sukamaju.Seperti biasa para pedagang dan pembeli setempat menyambut mereka dengan senang hati.Transaksi perdaganganpun terjadi dengan baik.Namun itu tidak berlangsung lama.Hanya berselang beberapa hari sang pedagang mulai bertingkah seperti pedagang dari pasar lainya sebelum dia.Memprotes cara-cara berdagang dipasar desa sukamaju dan mulai menggurui dengan ajaranya bahwa seharusnya cara berdagang yang baik itu begini dan begitu.Para pedagang dan pembeli setempat pun memperhatikan ajaran sang pedagang tersebut,dan ternyata apa yang diajarkan kemarin berbeda dengan hari ini.

 

Namun begitulah kalau tabiat dari pasar sebelumnya dibawah ke pasar desa sukamaju,maka yang terjadi adalah sang pedagang cuek bebek seperti burung onta yang menyembunyikan kepalanya didalam pasir.Menyangka dirinya aman karena tidak melihat musuhnya.Bahkan mengajarkan kepada para pedagang lain bahwa menghindar dari perbuatan yang sudah ketahuan belangya itu bukan berarti menyerah.Bahkan dengan pongahnya berkata kepada para pedagang lain bahwa para pembeli itu kurang kerjaan dan taunya Cuma membeli dan tidak tahu berdagang.

 

Begitulah kisah di desa sukamaju dengan pasar desanya yang unik.

 

Bersambung

 

 

Miyabi's picture

@roger: dinamika

Ada 2 macam cara terbentuknya desa. Pertama adalah datangnya sekelompok orang membuka hutan lalu mendirikan desa. Mereka ini menjadi pendiri-pendiri desa. Kakek buyut saya termasuk pendiri desa. Ia yang membuka hutan dan mencari mata air.

Cara kedua adalah campur tangan negara. Raja atau bupati memerintahkan membuka hutan kemudian memindahkan atau mengundang penduduk untuk tinggal di desa tersebut.

Pada desa pertama kebiasaan-kebiasaan dan aturan desa dirumuskan mula-mula oleh para pendiri desa dan ditradisikan turun temurun dan berevolusi menyesuaikan dinamika yang dialami penduduk itu. Sementara pada desa kedua, negara campur tangan mentradisikan kebiasaan dan aturan-aturan di desa itu.

Naaah, pertanyaanya: Desa Sukamaju itu sekarang sudah punya tradisi, namun tradisi itu siapa yang menetapkan mula-mula? Apakah itu tradisi yang ditetapkan sejak desa didirikan? ataukah tradisi yang sedang berlaku itu adalah hasil dinamika penduduk di dalamnya?

Jika tradisi di desa sukamaju adalah hasil dinamika, maka adalah sah bila ada dinamika baru yang kemudian mampu mengubah tradisi itu. Jika tradisi di desa sukamaju adalah ketetapan negara, maka perlu dilihat apakah dinamika yang baru itu melanggar ketetapan tersebut.

__________________

".... ...."

rogermixtin09's picture

Miya.Setuju

Betul Miya,saya setuju sekali dengan anda.Memang tradisi yang terbentuk didesa sukamaju adalah hasil dinamika dan tentu saja bila ada pendatang baru yang membawa perubahan,asal perubahan itu kearah yang lebih baik dan menguntungkan penduduk desa,tentu saja hal itu sangat baik dan akan diterima oleh penduduk desa itu.

Perlu diingat bahwa hasil penelitian dari mahasiswa Gajahmungkur itu bahwa ternyata desa sukamaju itu berkembang dengan pesat adalah karena adanya dinamika tersebut.Antara lain adalah kekonsistenan para pedagang untuk menjual barang dagangan yang berkwalitas,tidak menjual barang palsu atau curian,mau melayani para pembeli yang butuh penjelasan tentang barang daganganya,serta tidak menuduh pedagang lain semena-mena.

Bukanya malah merubah menjadikan tradisi di desa itu sama dengan desa-desa lain yang terbukti tidak maju-maju.Antara lain dengan tidak mau melayani keberatan pembeli atas kwalitas barang daganganya.

sandman's picture

@roger blog anda?

Saya buat satu blog DISINI ketika tony paulo masuk sini, apakah blog anda ini juga terinspirasi karena kedatangan seseorang ke pasar ini?

 

__________________

rogermixtin09's picture

Sand,betul

Wah,rupanya anda juga punya cerita tentang pasar,ha ha ha...

begitulah Sand ada pedagang baru yang datang-datang lalu mengeluarkan jurus menDATA dan mengANALISA siapa yang boleh dijadikan mitra dagangnya dan bahkan kalau bisa dijadikan sodara seiman.Dengan membuat kriteria penilaian.

Tentu saja itu adalah HAK asasinya.Namun caranya tidak sopan.kenapa saya bilang tidak sopan ?

Bila anda masuk ke kampung orang dan ingin tinggal disana,adalah hak anda untuk memilah-milah mana warga yang ingin dijadikan teman anda,tetapi tentunya itu dilakukan secara rahasia dalam hati anda saja.Coba kalau anda berani mengumumkan kepada penduduk setempat..

" hai penduduk desa,saya warga baru yang ingin tinggal disini dan saya HANYA ingin berteman dengan orang-orang yang memenuhi kriteria saya yaitu tidak suka memaki TOLOL,identitasnya jelas dll "

Menurut anda apakah peduduk desa tidak akan menganggap anda SOMBONG sekali dan bahkan kemungkinan besar anda akan diusir oleh mereka.

 

lapan's picture

@roger

Gw sendiri bingung sih, dolo rasanya ada yang ngomong bahwa user lama dan user baru gak ada bedanya.

Dolo juga ada yang bilang, kalo gak suka ya bilang gak suka, jangan nyindir-nyindir sembunyi-sembunyi.

Bukan roger sih yang bilang (lupa), tapi masih penduduk SS.

Sebenarnya penduduk SS ini maunya gimana ya?

Di mata gw, memang apa yang dilakukan si wapan pasti akan offend beberapa pihak. Tapi menurut gw lagi, bukankah banyak orang di sini yang selalu berkoar-koar "gw gak peduli apa pendapatlo ttg gw"?

Jadi tidak ada yang dirugikan.

Selaen itu, dibilang beraneka ragam bukan? Bukankah kalau kamu tidak suka dengan satu pedagang ya udah pilihanmu mau diladeni atau gak. Apakah kalau tidak suka maka pedagang itu harus diusir?

__________________

imprisoned by words...

rogermixtin09's picture

@ 8

Tentu saja tidak Lapan.Kita tidak punya hak untuk mengusir pedagang kecuali pengelola pasar.Dan itupun sangat jarang dilakukan pengelola pasar,terkecuali pedagang itu benar-benar bebal seperti Dedewijaya.

Yang terjadi disini seseorang mengajarkan hal yang oleh dia sendiri menentangnya,sementara isi ajaranya adalah menilai para pedagang lain.itu tindakan yang tidak sopan dan juga menyebalkan karena ketika diberi tahu kemarin anda bilang A sekarang B,yang memberi tahu malah dianggap :

1. Orang tersebut kurang kerjaan ! Udah tau isi blog seseorang TOLOL tau tidak konsisten, masih tetep dibaca !

2. Orang tersebut suka berpikir negatif daripada berpikir positif. Gak bisa mengambil sisi positifnya...isine negatif tok ! Kok ada ya orang seperti itu ? 

3. Orang tersebut males soro ! Karena lebih gampang kasih komentar daripada bikin tulisan ! 

Coba anda perhatikan baik-baik ketiga point diatas,kurang kerjaan,berpikiran negatif,tidak bisa menulis.

Yang kurang kerjaan itu siapa ? yang berpikiran negatif itu siapa ? yang tidak bisa menulis itu siapa ?

Yang macam begini mau mengajar orang lain ?

 

lapan's picture

@roger

Hmm, sbnrnya gw gak terlalu mikirin si wapan orangnya kaya gimana. Yang penting tulisannya saat itu aja. Toh gw belum terlalu peduli dengan si wapan dan belum ingin lebih dekat atau semacamnya. Jadi yang ada aja yang gw urusin, kalau soal di lalu-lalu dan di nanti-nanti dia berubah, yah, mungkin gw udah lupa apa yang pernah dia omongin, atau gw gak baca apa yang dulu dia tulis. Soalnya di sini gw cari pengetahuan dan hiburan bkn cari temen hoho

Misalkan sekarang wapan lagi jualan kue, gw gak peduli apakah dia dulu jualan jamur. Selama kuenya yang gw makan ini enak dan gak berjamur, bahkan kalaupun ada bagian yang berjamur, kalo kebetulan gw lagi laper banget, bagian jamurnya gw buang dan sisanya gw makan. Ya gw emang jorok rakus, tapi katanya gak bole buang2 makanan. Wakakakakaka

 

*tapi bahkan kalopun gw ckp peduli dan pgn deket, gw gak bakal ngomong ke orangnya, abis malu dan takut dikacangin sih :p

__________________

imprisoned by words...

rogermixtin09's picture

@8.Sangat setuju pan....tokcer

Jadi yang ada aja yang gw urusin, kalau soal di lalu-lalu dan di nanti-nanti dia berubah, yah, mungkin gw udah lupa apa yang pernah dia omongin, atau gw gak baca apa yang dulu dia tulis. Soalnya di sini gw cari pengetahuan dan hiburan bkn cari temen hoho

Misalkan sekarang wapan lagi jualan kue, gw gak peduli apakah dia dulu jualan jamur. Selama kuenya yang gw makan ini enak dan gak berjamur, bahkan kalaupun ada bagian yang berjamur, kalo kebetulan gw lagi laper banget, bagian jamurnya gw buang dan sisanya gw makan.

Sangat-sangat setuju pan....Ini dunia maya,bagi yang belum pernah ketemu dikopdar tentu belum saling mengenal jadi yang dinilai itu adalah isi tulisanya bukan bagaimana orangnya di dunia nyata.

lapan's picture

@roger hehe

Iyo, sbnrnya gw juga gak setuju soal kriteria wapan, tapi karena gw gak peduli jadi gw gak ngurusin. Cuman roger adalah orang baik (bukan sindiran), dan roger peduli terhadap kredibilitas wapan dan terhadap orang-orang yang akan membaca tulisan wapan. Jadi sangat disayangkan kalau kalian kucing-kucingan. Hehehe

__________________

imprisoned by words...

rogermixtin09's picture

@8

Kami sudah baikan kok pan....he he he he.

Alkitab berkata : janganlah menyimpan amarahmu sampai matahari terbenam....

Wapannuri's picture

Cari teman boleh ?

Bagaimana dengan orang yang tujuannya cari teman ? Boleh nggak ? 

__________________

Dunia di mata Wapannuri.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

lapan's picture

Gak boleh :p

Wkakaka becanda.

Tentu aja boleh. Tiap orang beda-beda. Dolo gw juga pikir mau cari teman, tapi ndak jadi. hehehe

Kalau wapan perhatikan, ada kok orang-orang di SS yang sudah berkawan sangat erat. Ada juga yang menganggap seperti keluarga.

Yah, justru karena gw rasa wapan cari temen juga selain cari kebenaran/pengetahuan, sayang kalo gak temenan ma roger :p

__________________

imprisoned by words...

Wapannuri's picture

hihihi....

kamu kan teman baruku juga di sini ! Lapan dan Wapan....beda W dan L ! W apan

dan L apan. W berarti Wanita, L berarti Laki-laki....weks!!

Duet maut, keyong racun W&L Family!

hahaha......iya lah....TETAP BERSAHABAT walau TAK SEPENDAPAT ! 

 

__________________

Dunia di mata Wapannuri.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KEN's picture

Ayat-ayat Kekeluargaan (Matius 10:34-37)

10:34 "Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.  

10:35 Sebab Aku datang untuk memisahkan orang dari ayahnya, anak perempuan dari ibunya, menantu perempuan dari ibu mertuanya, 

10:36 dan musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya - (gerejanya).

10:37 Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku.

 

Atau sebaliknya, mereka saling MENJILAT!

tonypaulo's picture

10:36 dan musuh orang ialah

10:36 dan musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya - (gerejanya).

===

 

Mat 10:36

 

(ITB)

dan musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya.
 

(KJV)

And a man's foes shall be they of his own household.

 

G3615

??????????

oikiakos

oy-kee-ak-os'

 

From

G3614

; familiar, that is, (as noun) relatives: - they (them) of (his own) household.

 

 

G846

???????

autos

ow-tos'

From the particle

???? au (perhaps akin to the base of G109 through the idea of a baffling wind; backward); the reflexive pronoun self, used (alone or in the compound of G1438) of the third person, and (with the proper personal pronoun) of the other persons: - her, it (-self), one, the other, (mine) own, said, ([self-], the) same, ([him-, my-, thy-]) self, [your-] selves, she, that, their (-s), them ([-selves]), there [-at, -by, -in, -into, -of, -on, -with], they, (these) things, this (man), those, together, very, which. Compare G848

kalau bisa diartikan secara sembarangan seperti seisi rumahnya - (gerejanya).

?ini yang membuat KUALITAS BLOGS SS INI menjadi "kacangan"....hehehe

?mohon jangan tersinggung dulu, ini bukti "dedikasi" biar blogs SS ini SEMAKIN HEBAT, JAYA DAN SUKSES

?:)

.

 

 

hai hai's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

yang kasihan itu siapa?

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

Wapannuri's picture

Iya...siapa yaa ?

Iya....siapa yaa ? tulisannya gak jelas ! Kira - kira sodara roger tau nggak yang dimaksudkan itu siapa ?

__________________

Dunia di mata Wapannuri.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

lapan's picture

@wapannuri, lohhhh

Maksudnya yang dicoret itu? Kaga... itu cuman curhatan gw aja kok. Gw kan pemalu :p

__________________

imprisoned by words...

Daniel's picture

jika memang benar...

jika memang benar pasar desa Sukamaju adalah pasar yang sangat toleran dan penuh kebebasan, maka kehadiran seseorang yang agak berbeda tentunya tidak akan menimbulkan masalah besar, justru seharusnya disambut dengan sukacita karena akan menambah warna keberagaman di pasar tersebut.

yang menjadi persoalan adalah, apakah asumsi tersebut memang benar?

rogermixtin09's picture

Daniel idem dengan 8

Yang terjadi disini seseorang mengajarkan hal yang oleh dia sendiri menentangnya,sementara isi ajaranya adalah menilai para pedagang lain.itu tindakan yang tidak sopan dan juga menyebalkan karena ketika diberi tahu kemarin anda bilang A sekarang B,yang memberi tahu malah dianggap :

1. Orang tersebut kurang kerjaan ! Udah tau isi blog seseorang TOLOL tau tidak konsisten, masih tetep dibaca !

2. Orang tersebut suka berpikir negatif daripada berpikir positif. Gak bisa mengambil sisi positifnya...isine negatif tok ! Kok ada ya orang seperti itu ? 

3. Orang tersebut males soro ! Karena lebih gampang kasih komentar daripada bikin tulisan ! 

Coba anda perhatikan baik-baik ketiga point diatas,kurang kerjaan,berpikiran negatif,tidak bisa menulis.

Yang kurang kerjaan itu siapa ? yang berpikiran negatif itu siapa ? yang tidak bisa menulis itu siapa ?

Anda benar Daniel,jika memang benar pasar desa Sukamaju adalah pasar yang sangat toleran dan penuh kebebasan, maka kehadiran seseorang yang agak berbeda tentunya tidak akan menimbulkan masalah besar, justru seharusnya disambut dengan sukacita karena akan menambah warna keberagaman di pasar tersebut.

Tapi menurut anda yang begini berpotensi menjadi masalah besar atau tidak ? 

Daniel's picture

don't feed the troll

kalau begitu, masalahnya menjadi berbeda sama sekali.

di sini kita tidak lagi membicarakan tentang pasar dan segala aturannya, tapi secara spesifik tentang kepribadian seseorang yang menyebalkan, atau yang di dunia maya lebih sering disebut troll.

secara pribadi saya memilih untuk tidak merespon troll, dan secara umum, memang begitulah caranya menangani troll, karena para troll ini mendapat energi dari respon kita. semakin direspon, dia akan semakin semangat membuat kita sebal, dan kita akan semakin sebal, lalu semakin merespon, begitu seterusnya seperti bola salju yang makin lama makin besar dan menggelinding makin cepat.

so, don't feed the troll...

Rusdy's picture

Troll Feeder

Setuju sama maz batik di atas, emang troll itu kayak gosip, makin digosok makin asik. Saking asiknya, saya sendiri terkadang iseng komen sekadar 'feed the troll'. Contoh, smile adalah salah satu yang menurut saya gampang dipancing (ini pendapat pribadi saya loh smile ;), not necessarily a bad thing kalo gampang dipancing OK?)

Anyway, kayak udah dikomentarin maz batik di tempat lain, banyak tulisan dan komentar di SS ini, tapi mana  yang sudah 'berguna' untuk saudara/i seiman dalam membangun imannya? Nah, ini kan tujuan Sabda Space, bukan sekadar wadah orang bosan yang doyan nonton orang berantem, kayak saya sendiri (duh, pengakuan dosa nih).

Miyabi's picture

The Art of Trolling

Troll bisa berarti orang, dan bisa berarti perbuatan.

Sebagai mahluk, troll kurang cerdas dan mengandalkan otot. Jadi hati-hatilah jika menyebut seseorang adalah troll. Bodoh, dalam arti nalarnya kurang, itu tidak dosa. Jika ada orang karena nalarnya kurang terlatih lalu jadi ngotot-ngtotan ketika diskusi membela keyakinannya, mustinya mereka yang lebih cerdas bisa sedikit berempati.

Dalam mitologi, troll berduyun-duyun mencari dan mendatangi sumber air. Ada topik-topik tertentu yang bakalan didatangi troll. Antara lain adalah agama, politik dan sibling rivalry (kayak indonesia-malaysia atau israel-palestina).

Dalam arti perbuatan, banyak dari penghuni SS yang sering nge-troll. 

Saya menemui ada juga orang-orang cerdas yang sengaja bermain-main menjadi troll. Orang-orang kayak gini yang bikin kompasiana jadi lucu sekali. Di satu pihak ada troll asli (tolol dan main otot) dan di lain pihak ada troll jadi-jadian yang pintar dan bikin lawan yang serius penuh kebencian malah cuma jadi tertawaan.

Kita ngetroll ketika kita berdiskusi sambil menggembok keyakinan-keyakinan kita akan kabenaran. Kalau sudah digembok, ngapain didiskusikaan.

Meskipun ada hal-hal yg sudah diterima dan tak perlu dipertanyakan lagi oleh sebagian orang; namun ketika berdiskusi dengan orang lain lagi,ada bagusnya untuk bermurah hati mendiskusikannya lagi.

Bagi pihak yang saya anggap troll, bisa jadi menurut dia troll nya justru saya.

__________________

".... ...."

lapan's picture

@miyabi, keranjang belanja

Menurut gw, daniel merespon hal troll karena dia gak punya gambaran tentang siapa yang dimaksud roger.

Gw sendiri gak menganggap wapan sebagai troll. Setau gw, troll itu orang yang tidak berdiskusi, tapi cari masalah. Kalau dari sisi perbuatan, yah tinggal dilihat apa dia memang selalu begitu atau nggak. Kalau hanya sesekali, berarti bukan troll, mungkin hanya iseng/pms. Sedangkan kalau hanya muncul sesekali atau setiap muncul selalu cari ribut, gw rasa itu baru disebut troll.

Contoh perbuatan troll mungkin ya langsung mengecap, memvonis, ndak ada diskusi dan tujuannya bukan membenarkan karena gak disertai penjelasan, hanya pengen bikin orang kesel aja. Menurut gw itu troll. Kalo di youtube ada yang namanya haters. Datang ke pidio dan memaki-maki gak jelas dan berulang2 memaki, tapi itu buktinya kan dia nonton terus.

__________________

imprisoned by words...

Miyabi's picture

@lapan: gue suka troll

Kalo di warcraft, troll perlu buat ngelatih hero, supaya siap ngadepin  lawan sesungguhnya hehehe.

Blogger (di wp atau blogspot atau lainnya) yang sering didatangi troll akan jadi blogger yang tangguh.

__________________

".... ...."

lapan's picture

@miyabi, troll hero kacang

Kalao di dota, troll itu cuman bisa gebuk-gebuk doank, hero sadis kalo itemnya jadi, tapi hero kacang karena gak butuh skill banget :p

Gw rasa kalo didatengin troll, cuman ngotori aja. Soalnya gak ada diskusi, cuman maki-makian dan ditanggepin pun cuman menjawab hal yang sama/gak jelas. Kalo lawan/pengkritik menurut gw baru bisa level up.

__________________

imprisoned by words...

sandman's picture

@Miyabi dan Lapan Troll

Yuk dota aja kapan kapan... Hero mau skill kacangan atau skill sangar tetap aja tergantung PLAYERna... ha ha ha...

__________________

lapan's picture

@sandman, yuks

Lo tecis, gw lion. By one mid only

__________________

imprisoned by words...

sandman's picture

@lapan nih serem ...

Maennya senang pake LION... serem kk ampun leaver ah.. :P

__________________

lapan's picture

@sandman, gw post

wew oot nih. wkakaka dahan ah :p :p

__________________

imprisoned by words...

Mey Weh's picture

Wah miabie

Setujuuu...betul sekali harus dan harusnya....(gue tambhin dikit ya?Boleh dong....:D) org2 yg pinter itu, bisa dong tentunya,dibuat sederhana atau dibuat agar bahasa tulisannya MUDAH dipahami oleh semua kalangan...maksudnya ini hanya sebuah permintaan dari org BODOH kaya gue ini,dan semoga org2 PINTER yg ada di SS ini paham maksudku (ini bukan maksa kok) :D
Miyabi's picture

@Li-Chiang: jadi diri sendiri

Berbahasa sangat terkait dgn berpikir. Cara berpikir saya ruwet. Itu sebabnya bahasa saya ruwet. Kalau saya berusaha berbahasa lempeng dan lurus, justru melelahkan sekali buat saya. Cara berpikir saya lompat lompat. Ga runut. Sama kayak kodok lompat2 atau burung terbang. Kalo saya disuruh berjalan, saya bisa. Tp cape sekali dan saya akan merasa seperti pura2 jadi orang lain. Kadang memang org ngira cara berbahasa itu 'disengaja' supaya ada kesan tertentu. Nggak kok saya nggak menghendaki kesan itu. Kalau saja saya bisa, saya akan bicara seperti org lain. I wish I could.
__________________

".... ...."

y-control's picture

gue banget

Memprotes cara-cara berdagang dipasar desa sukamaju dan mulai menggurui dengan ajaranya bahwa seharusnya cara berdagang yang baik itu begini dan begitu.

wah, ini gue banget.. saya kan suka menggurui tentang cara "jualan" (alias nulis) di SS.. tapi bikin tulisan menggurui itu kan termasuk bagian dari jenis-jenis tulisan kan yah? menurut saya, itu boleh-boleh aja Laughing

rogermixtin09's picture

Y Control.Sang guru

Betul Y Control,tulisan yang menggurui itu sangat diperbolehkan.Yang menjadi masalah ketika hari ini sang guru mengajarkan :

" Foto anda harus dipasang dan profil harus jelas biar Gentlemen seperti saya dengan demikian saya akan berteman dengan anda "

kemudian besoknya sang guru mengajarkan

" semua data di dunia maya itu tidak bisa dipercaya,jadi apa gunanya data itu "

ketika diberi tahu bahwa ajaran sang guru kemarin berbeda dengan hari ini,sang guru berkata :

"anda Kurang kerjaan,berpikiran negatif,tidak bisa menulis."

Menurut anda yang begini bisa jadi guru tidak ?

y-control's picture

namanya juga

yaaa namanya juga orang.. hehehe Smile.. kalo saya sih, kalo emang gak bisa dijadikan guru, jangan dianggap guru.. apalagi kalo dia memang tdk punya jabatan resmi apa-apa.. 

Daniel's picture

gue serem

y-control, saya tidak keberatan Anda menulis tulisan yang menggurui, bahkan yang mendoseni atau memprofesori sekali pun, tidak masalah, tapi saya keberatan dengan avatar Anda yang mengerikan itu, apa Anda tidak bisa cari wajah yang lebih ganteng?

Tongue out

y-control's picture

baru dijemur

maaf daniel, wajah ganteng saya baru dijemur nih

Wapannuri's picture

Gut...gut...gut....

I like It! Ini cara yang lebih baik ! Salam kenal Roger ! 

__________________

Dunia di mata Wapannuri.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

rogermixtin09's picture

Salam juga Wapannuri

Salam kenal juga Wapannuri. Maafkan saya sudah menumpahkan kekesalan saya didalam blog ini.Sebenarnya hal ini tidak perlu terjadi tetapi sudah terlanjur basah.

Sebenarnya sebelum blog anda yang berbicara tentang TOLOL itu,saya kira walaupun kita belum kenalan "secara resmi" seperti sekarang,hubungan kita baik-baik saja.Bahkan ada komentar saya di blog anda sebelumnya mengenai komentar-komentar yang membuat anda tertawa dimana anda mengcopas komentar saya dan saya menyetujuinya bahkan menyarankan anda untuk menyertakan linknya agar pembaca bisa tahu latar belakang komentar itu.

Seperti anda sebagai bloger baru,saya juga pernah mengalami menjadi Newbie disini dan kesan yang saya dapatkan baik-baik saja tuh.

memang ada beberapa bloger yang cara mengajarnya keras bahkan sering diikuti dengan kata-kata TOLOL dll,tetapi konteksnya mereka bukan membenci atau ingin seseorang keluar dari SS.

Mari kita sama-sama belajar dan mengajar kebenaran firman Tuhan tanpa prasangka dan curiga satu sama lainya.

 

Daniel's picture

Oooooo.....

Wah! Hei?

Hahahahaha... now I see the light, tiba2 jadi jelas semuanya, rupanya ini to yang sedang dibicarakan... hahaha... selamat datang Wapannuri... hebat juga, belum ada 2 minggu sudah bikin heboh :)

Wapannuri's picture

Masa sih ?

Wakakakak.....masa sih bikin kehebohan ? Loh yang saya tulis biasa-biasa aja kok ! Salam kenal daniel ! Tuhan memberkati !

__________________

Dunia di mata Wapannuri.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daniel's picture

biasa saja

memang bukan tulisannya yang bikin heboh, menurut saya sih biasa-biasa saja, masih banyak yang lebih bagus, tapi responnya itu yang heboh, overrated :)

Wapannuri's picture

Saya juga bingung

Betul....ini juga yang bikin saya bingung....yah...inilah dunia maya ! 

__________________

Dunia di mata Wapannuri.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

rogermixtin09's picture

Mas Daniel,overrated

Mas Daniel,anda tahu mengapa respons saya heboh ? Karena saya tidak setuju dengan isi tulisan dari Wapannuri.

Tidak setuju berbeda dengan ada kesalahan.

Ketika saya membaca blog seseorang siapapun dia baik bloger lama maupun baru,yang saya perhatikan adalah apakah tulisanya atau ajaranya bisa saya terima atau tidak.Kalau bisa saya terima sesuai dengan nilai-nilai kebenaran yang saya pelajari dan alami dalam kehidupan sehari-hari,maka saya akan setuju.

Kalau ada isi tulisan yang bertentangan dengan apa yang saya pelajari dan alami dalam kehidupan saya maka saya tidak akan setuju.

Contohnya dalam tulisan dibawah ini saya tidak setuju dengan penulisnya :

Demikian pula dengan tulisan – tulisan yang ditulis di blog-nya. Sekalipun kelihatan mulia, menghibur, dan mencerahkan. Tidak selalu demikian dengan pemilik blognya ! JANGAN PERNAH MENGAMBIL KESIMPULAN DARI SEBUAH BLOG ataupun DARI SEBUAH KOMENTAR ! Inilah aturan dunia maya yang terutama dan pertama !

Sebab yang kita baca dan pelajari adalah apa yang diajarkan dalam tulisan seseorang.Bukan bagaimana si penulis menjalani hidupnya sehari-hari.Saya tidak perduli bagaimana laku si penulis dalam kehidupan nyata karena disini adalah dunia maya.Yang penting tulisannya mengajarkan kebenaran atau tidak.

Meskipun manusia itu tidak pernah lepas dari dosa,namun bila seseorang berani mengajarkan kebenaran maka itu berarti dalam dirinya masih ada penghargaan terhadap nilai-nilai kebenaran.

Tetapi sekali lagi tidak setuju berbeda dengan ada kesalahan.Ketika saya tidak setuju,seperti biasa saya akan mengabaikanya sambil dalam hati berkata belum tentu demikian,atau saya akan meresponya dengan komentar seadanya karena bagi saya siapapun berHAK menulis dengan pendapatnya masing-masing.

Namun ketika dalam tulisannya ada kesalahan alias kontradiksi,ini wajib diingatkan dan ditunjukan dimana letak kesalahanya.Ketika sudah diingatkan si penulis bukanya meresponya dengan positif,tetapi justru menuduh semena-mena maka kehebohanpun terjadi.....he he he he

 

rogermixtin09's picture

Untuk para pedagang baru

Untuk para padagang dan pembeli baru di pasar klewer SS.

Saya juga pernah menjadi pedagang baru di SS dan kesan yang saya dapatkan adalah semuanya baik-baik saja.

memang ada beberapa bloger yang cara mengajarnya keras bahkan sering diikuti dengan kata-kata kasar,TOLOL, dll,tetapi konteksnya mereka bukan membenci atau ingin seseorang keluar dari SS.Buktinya pasar klewer telah berkembang begitu pesat dengan pengunjungnya bukanya berkurang karena pedagangnya kasar-kasar,tetapi justru membludak.

Ahli statistik SS telah mengkalkulasi blog-blog SABDA Space sepanjang tahun 2010. Berikut ini hasilnya:

  • Pengunjung unik: 784.312
  • Total kunjungan: 1.470.360
  • Halaman yang dikunjungi: 5.943.777
  • Total hits: 51.830.206
  • Bandwith: 602,35 GB

Statistik blog:

  • 1700 blog baru pada tahun 2010
  • Total blog 7372

Itulah bukti nyata bahwa dinamika yang terjadi di SS selama ini sebenarnya adalah sangat positif.Tidak ada pasar sejenis di Indonesia yang perkembanganya seperti pasar klewer.Justru karena adanya orang-orang "KASAR" itulah maka SS berkembang demikian pesat.

Jadi tolong bagi pedagang baru dan pembeli maupun pengunjung SS untuk tidak berprasangka buruk dengan dinamika yang terjadi di SS sekarang.Dan cobalah untuk menghentikan niat anda untuk merubah dinamika itu.

Salam

tonypaulo's picture

ini cuma kerumunan

...ah sayang ini cuma kerumunan walau ada kolektifitas sekterian, yah saling menghabisi satu sama lain..

...terlalu banyak kata tolol, bodoh, goblok, atau silahkan memaki apapun bahkan termasuk maaf tittt kotoran manusia...

berbenahlah para pengurus blogs ini, kalau ini hanya cuma "pasar" yang orang lain cuma lewat, dan punya kesan buruk terhadap komunitas ini, ingat anda sekalian punya tanggung jawab kelak kepada Tuhan bukan?

 

:)

rogermixtin09's picture

Introspeksi pak.

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

tonypaulo's picture

saya sendiri yg introspeksi?

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

tonypaulo's picture

apa arti statistik

Ahli statistik SS telah mengkalkulasi blog-blog SABDA Space sepanjang tahun 2010. Berikut ini hasilnya:

  • Pengunjung unik: 784.312
  • Total kunjungan: 1.470.360
  • Halaman yang dikunjungi: 5.943.777
  • Total hits: 51.830.206
  • Bandwith: 602,35 GB

Statistik blog:

  • 1700 blog baru pada tahun 2010
  • Total blog 7372

Itulah bukti nyata bahwa dinamika yang terjadi di SS selama ini sebenarnya adalah sangat positif.Tidak ada pasar sejenis di Indonesia yang perkembanganya seperti pasar klewer.Justru karena adanya orang-orang "KASAR" itulah maka SS berkembang demikian pesat.

Jadi tolong bagi pedagang baru dan pembeli maupun pengunjung SS untuk tidak berprasangka buruk dengan dinamika yang terjadi di SS sekarang.Dan cobalah untuk menghentikan niat anda untuk merubah dinamika itu.

Salam

=====

 

saya paham sekali arti kalimat ini

STATISTIC CAN LIE

saya tantang kita semua untuk berani memprediksi BERAPA ORANG BISA BERTOBAT KARENA BACA BLOGS INI?

itu dia parameter yang sejati.......... kecanduan blogs ini bisa membuat seseorang meng"hits" blog ini sampai 100 kali dalam sehari....

 

:)

rogermixtin09's picture

Pak Tonypaoulo

Blog saya jelek kwalitasnya pak Tony.Tapi karena adanya blog ini,akhirnya saya dan Wapannuri sudah bisa diskusi di blognya yang baru berjudul KONTEKS.

mengenai statistik itu saya tidak bisa menjawab.Mungkin admin atau core user yang lebih tahu dan bisa menjawab TUDUHAN anda.

Satu hal yang anda perlu tahu.Saya adalah orang beruntung yang diberikan anugerah oleh Tuhan melalui Sabdaspace dan situs-situs lain milik YLSA.Sebelum bertemu dengan tempat ini kehidupan saya amburadul.Namun lewat sarana ini kehidupan pribadi saya berubah 180% dan saya mensyukurinya.

Jadi menurut saya Tuduhan anda bahwa Sabdaspace tidak membawa berkat itu salah besar.

Anda tentu punya hak untuk percaya maupun tidak.Tapi kenyataan yang terjadi dalam kehidupan saya memanglah demikian.

Itulah sebabnya saya prihatin dengan orang yang menjelek-jelekan sabdaspace.

tonypaulo's picture

pahami saja secara baik

Blog saya jelek kwalitasnya pak Tony.Tapi karena adanya blog ini,akhirnya saya dan Wapannuri sudah bisa diskusi di blognya yang baru berjudul KONTEKS.

mengenai statistik itu saya tidak bisa menjawab.Mungkin admin atau core user yang lebih tahu dan bisa menjawab TUDUHAN anda.

Satu hal yang anda perlu tahu.Saya adalah orang beruntung yang diberikan anugerah oleh Tuhan melalui Sabdaspace dan situs-situs lain milik YLSA.Sebelum bertemu dengan tempat ini kehidupan saya amburadul.Namun lewat sarana ini kehidupan pribadi saya berubah 180% dan saya mensyukurinya.

Jadi menurut saya Tuduhan anda bahwa Sabdaspace tidak membawa berkat itu salah besar.

Anda tentu punya hak untuk percaya maupun tidak.Tapi kenyataan yang terjadi dalam kehidupan saya memanglah demikian.

Itulah sebabnya saya prihatin dengan orang yang menjelek-jelekan sabdaspace.

====

baca pahami apa yang saya sampaikan saya, ketika saya sampaikan "A" kemudian anda artikan menjadi "@^$&@*&"

yang "@^$&@*&" itu bukan urusan saya lagi kan?

saya heran kok ada kata2 macam "blender otak " (si sesat hai yang menyatakan) bisa ada di BLOGS yang KATANYA KRISTEN?

ah yang benar saja, perkataan yang sudah sangat vulgar dan kasar bisa dibiarkan begitu saja untuk menjadi "berkat"?

mari bantu saya untuk memhami apa ada berkat dari perkataan "blender otak"? Einsten saja yang sudah diakui kapasitasnya tidak pernah searogan dan seangkuh itu...

tapi apa anda melihat itu sebagai suatu masalah? tidak, justru anda "melewatkan" hal yang sarkastik itu dan membiarkan saja kan?

kalau saya tidak perduli dengan forum ini, tidak perlu saya pasang badan untuk bisa disalahartikan oleh anda bukan?

:)

rogermixtin09's picture

@Tonypaulo

ah yang benar saja, perkataan yang sudah sangat vulgar dan kasar bisa dibiarkan begitu saja untuk menjadi "berkat"?

tapi apa anda melihat itu sebagai suatu masalah? tidak, justru anda "melewatkan" hal yang sarkastik itu dan membiarkan saja kan?

berbenahlah para pengurus blogs ini, kalau ini hanya cuma "pasar" yang orang lain cuma lewat, dan punya kesan buruk terhadap komunitas ini, ingat anda sekalian punya tanggung jawab kelak kepada Tuhan bukan?

kalau saya tidak perduli dengan forum ini, tidak perlu saya pasang badan untuk bisa disalahartikan oleh anda bukan?

Kelihatannya tujuan anda memang mulia karena anda perduli maka anda ingin agar forum ini berubah supaya boleh menjadi berkat bukan hanya menjadi tempat lewat dan boleh meninggalkan kesan yang baik bukan kesan yang buruk.begitulah yang saya tangkap dari tulisan anda diatas.

Anda adalah Super coreuser di pasar tetangga kecamatan sebelah.Mari kita bijara jujur dari lubuk hati.Menurut anda apakah tempat anda sudah memberkati lebih banyak orang daripada di Sabdaspace ini ? Apakah yang berkunjung di tempat anda itu semuanya sudah menetap dan tidak ada yang hanya lewat saja.

Menurut saya seseorang yang hanya lewat saja atau sebenarnya dia ingin tinggal namun karena terpaksa maka dia lewat saja itu JUAH LEBIH BAGUS. Karena sewaktu-waktu apabila dia ingin kembali maka tempatnya masih tepat ada.daripada seseorang yang hanya karena kata-katanya dianggap tidak mencerminkan keristenan lalu DIUSIR dari forum tersebut.

Tidak ada manusia yang sempurna kecuali Tuhan Yesus,semua manusia berdosa.Apabila hanya karena kata-katanya tidak berkenan lalu dia DIUSIR dari sebuah komunitas apakah yang terusir itu sudah diberkati oleh forum tersebut.

Matius 18:12  "Bagaimana pendapatmu? Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu?

Kita diajarkan untuk mencari dan menemukan yang sesat dan membawanya pulang kembali bukan malah MENGUSIRnya.

Apakah anda mau mengajarkan SS untuk mengikuti cara FK sedikit-sedikit mengusir para bloger yang dianggap tidak sopan ?

 

 

 

tonypaulo's picture

silahkan pakai hati nurani saja

Kelihatannya tujuan anda memang mulia karena anda perduli maka anda ingin agar forum ini berubah supaya boleh menjadi berkat bukan hanya menjadi tempat lewat dan boleh meninggalkan kesan yang baik bukan kesan yang buruk.begitulah yang saya tangkap dari tulisan anda diatas.

Anda adalah Super coreuser di pasar tetangga kecamatan sebelah.Mari kita bijara jujur dari lubuk hati.Menurut anda apakah tempat anda sudah memberkati lebih banyak orang daripada di Sabdaspace ini ? Apakah yang berkunjung di tempat anda itu semuanya sudah menetap dan tidak ada yang hanya lewat saja.

====

saya bukan super core dimanapun dan kapanpun, jadi tempat apa yang anda maksudkan saya sungguh tidak tahu

tapi kalau anda sebut FK lebih memberkati dibanding SS ini? saya berani jawab secara pribadi IYA

 

 

Menurut saya seseorang yang hanya lewat saja atau sebenarnya dia ingin tinggal namun karena terpaksa maka dia lewat saja itu JUAH LEBIH BAGUS. Karena sewaktu-waktu apabila dia ingin kembali maka tempatnya masih tepat ada.daripada seseorang yang hanya karena kata-katanya dianggap tidak mencerminkan keristenan lalu DIUSIR dari forum tersebut.

===

 

bukan diusir tapi di BANNED, KARENA MELANGGAR PERATURAN

di SS? memang ada "peraturan" tidak ada sama sekali, mirip hukum rimba dan kerumunan yg ga jelas

 

Tidak ada manusia yang sempurna kecuali Tuhan Yesus,semua manusia berdosa.Apabila hanya karena kata-katanya tidak berkenan lalu dia DIUSIR dari sebuah komunitas apakah yang terusir itu sudah diberkati oleh forum tersebut.

====

siapa yang diusir? lah sedang SS ini saja kan melakukan black list terhadap members tertentu bukan?

tidak perlu bertele2 macam ini bro, aturan mainnya di SS ga pernah jalan secara konsekuen

 

 

Matius 18:12  "Bagaimana pendapatmu? Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu?

Kita diajarkan untuk mencari dan menemukan yang sesat dan membawanya pulang kembali bukan malah MENGUSIRnya.

Apakah anda mau mengajarkan SS untuk mengikuti cara FK sedikit-sedikit mengusir para bloger yang dianggap tidak sopan ?

====

memang ada saya memprovokasi untuk mengusir seseorang?

anda dapat inspirasi dari jin putih?

mari buktikan bahwa saya pernah berargumen di SS untuk mengusir seseorang?

kalau anda tidak sanggup membuktikan ada argumen saya demikian, itu fitnah namanya

saya permudah untuk anda saja

kalimat "blende otak biar encer" itu kalimat yang

a. sangat sopan

b. sopan

c. kurang sopan

d. tidak sopan

e. kurang ajar

f.  sarkastik

g. sadistic

silahkan pakai hati nurani anda untuk menjawab pertanyaan mudah diatas

 

rogermixtin09's picture

Jadi itu bukan anda toh ?

saya bukan super core dimanapun dan kapanpun, jadi tempat apa yang anda maksudkan saya sungguh tidak tahu

Maaf pak Tony,saya pernah berkunjung ke FK dan membaca nama TONYPAULO dengan avatar yang sama dengan anda sebagai super coreuser disana.

Jadi itu bukan diri anda toh ?

Kalau anda sedang tidak berbohong berarti saya yang salah.

kalau anda sedang tidak berbohong maka saya wajib minta maaf sama anda.

Maafkan saya pak Tony.

Tapi kalau anda berbohong maka jangan lagi bicara-bicara soal memberkati orang lain karena anda tidak pantas untuk itu.

 

tonypaulo's picture

silahkan cek sendiri

Jadi itu bukan diri anda toh ?

Kalau anda sedang tidak berbohong berarti saya yang salah.

kalau anda sedang tidak berbohong maka saya wajib minta maaf sama anda.

Maafkan saya pak Tony.

Tapi kalau anda berbohong maka jangan lagi bicara-bicara soal memberkati orang lain karena anda tidak pantas untuk itu.

====

silahkan anda cek sendiri ke forum itu, tidak ada istilah super core yang ada hanya Admin (yg punya otoritas penuh), Moderator dan FK Friends saja, dan saya sempat jadi moderator sekarang saya menjadi FK Friends...jadi jelas saya tidak pernah menyampaikan keterangan yg bohong ttng hal tersebut

:)

rogermixtin09's picture

Berarti itu memang BENAR anda kan ?

silahkan anda cek sendiri ke forum itu, tidak ada istilah super core yang ada hanya Admin (yg punya otoritas penuh), Moderator dan FK Friends saja, dan saya sempat jadi moderator sekarang saya menjadi FK Friends...jadi jelas saya tidak pernah menyampaikan keterangan yg bohong ttng hal tersebut

Hem,berarti apa yang saya lihat waktu itu memang benar anda ya pak Tony.

Kalau sekarang istilahnya jadi moderator atau FK friends,ya bisa saja pak.Istilah kan bisa diganti toh....? Tapi yang jelas ingatan saya bahwa ketika saya berkunjung ke forum itu,yang saya baca adalah Adi sebagai Admin dan Tonypaulo sebagai super coreuser.Waktu itu saya tidak masuk karena ada keharusan untuk log in dulu.Jadi saya hanya melihat diluarnya saja.

tonypaulo's picture

@roger, supercoreimajinasi

Hem,berarti apa yang saya lihat waktu itu memang benar anda ya pak Tony.

Kalau sekarang istilahnya jadi moderator atau FK friends,ya bisa saja pak.Istilah kan bisa diganti toh....? Tapi yang jelas ingatan saya bahwa ketika saya berkunjung ke forum itu,yang saya baca adalah Adi sebagai Admin dan Tonypaulo sebagai super coreuser.Waktu itu saya tidak masuk karena ada keharusan untuk log in dulu.Jadi saya hanya melihat diluarnya saja.

===

roger : anda super core admin di FK? anda bohong?

tony : bukan saya pernah jadi moderator sekarang jadi FK friends

roger : sama aja kok super core admin dengan moderator dan FK Friends

tony: silahkan kalau anda mau MEMAKSAKAN ITU SAMA... tapi sekali lagi

roger : anda super core admin di FK? anda bohong?

tony : ???

dari dulu sampai sekarang di FK ga ada istilah super core user, itu hanya ada dialam imajinasi anda

kalau itu hanya ada dialam imajinasi anda kemudian anda memfitnah saya bohong, dan anda berjanji meminta maaf kalau anda salah?

apa sekarang saya harus tanya ke "super core imajinasi" anda?

hebat anda bisa menghakimi saya bohong hanya dengan "super core imajinasi", mari bicara FAKTANYA SAJA

:)

rogermixtin09's picture

Maafkan saya pak Tony

Maaf pak Tony,saya tidak pernah menyatakan bahwa anda supercore Admin di Fk tapi super coreuser.

Sekali lagi saya, mengingatnya dengan baik.ADI sebagai admin,anda super coreuser dan beberapa oran lain yang saya lupa namanya sebagai coreuser.

Saya memang tidak punya bukti soal itu karena saya tidak menyimpan data ketika saya berkunjung waktu itu.namun satu hal yang pasti bahwa ternyata Adi memang Admin dan nama anda juga memang saya baca disana.itulah sebabnya saya bertanya apakah itu bukan diri anda ? Dan ternyata anda menjawa memang itu diri anda tapi istilahnya bukan super coreuser tetapi moderator.

Ok untuk istilah anggaplah saya salah karena saya tidak punyi bukti untuk mendukung itu. untuk itu saya minta maaf sebesar-besarnya kepada anda.

Tapi yang jelas nama dan avatar itu memang anda.

 

tonypaulo's picture

@roger, berbelit2...

Maaf pak Tony,saya tidak pernah menyatakan bahwa anda supercore Admin di Fk tapi super coreuser.

Ok untuk istilah anggaplah saya salah karena saya tidak punyi bukti untuk mendukung itu. untuk itu saya minta maaf sebesar-besarnya kepada anda.

Tapi yang jelas nama dan avatar itu memang anda.

===

mau minta maaf saja berbelit2, tidak ada istilah super coreuser di FK, tidak pernah ada

:)

rogermixtin09's picture

sekali lagi roger minta maaf

mau minta maaf saja berbelit2, tidak ada istilah super coreuser di FK, tidak pernah ada

Baiklah pak Tony,supaya tidak berbelit-belit,sekali lagi roger minta maaf karena ternyata dia sudah salah soal istilah super coreuser yang benar adalah MODERATOR.bukan super core user.atas kesalahan ini roger minta maaf sebesar-besarnya.

Bagaimana dengan anda,maukah anda mengakui bahwa roger tidak pernah menyatakan anda sebagai super core ADMIN ? Anda kan orangnya tidak mau berbelit-belit ? 

ROGER TIDAK PERNAH MENYATAKAN TONYPAULO SEBAGAI SUPER CORE ADMIN DI FK !!!!! TIDAK PERNAH.


Daniel's picture

bukan parameter sejati

kalau pertanyaannya "berapa orang bisa bertobat karena baca blogs [sic] ini?" ya sebenarnya sama saja dengan statistik bukan? kita hanya akan berbicara tentang angka-angka lagi, dan sesuai dengan kalimat yang anda pahami "statistic can lie", akhirnya data itu akan diragukan juga, jadi menurut saya itu juga bukan parameter sejati...

tonypaulo's picture

mari tentukan parameternya apa?

kalau pertanyaannya "berapa orang bisa bertobat karena baca blogs [sic] ini?" ya sebenarnya sama saja dengan statistik bukan? kita hanya akan berbicara tentang angka-angka lagi, dan sesuai dengan kalimat yang anda pahami "statistic can lie", akhirnya data itu akan diragukan juga, jadi menurut saya itu juga bukan parameter sejati...

===

mari tentukan parameter sejatinya apa...mudah kan? ada ide?

Daniel's picture

pendapat saya

saya sudah sampaikan pendapat saya di tempat yang seharusnya, silakan lihat dan respon di sana

hai hai's picture

@rogermixtin09, Tonypaulo adalah SUPER ADMIN

rogermixtin09, konon katanya, di Forum Kristen, tonypaulo adalah ADMIN favorite para FORUMER.

Konon ceritanya, KARENA kinerjanya yang luar biasa dia lalu diangkat menjadi SUPER Admin.

Anda tahu apa arti SUPER Admin di Forum Kristen?

Konon SUPER Admin adalah Singkatan dari

"SUDAH PERNAH Admin"

Artinya Tonypaulo SUDAH PERNAH jadi Admin dan nggak ADMIN lagi.

Supaya tidak muncul SALAH faham, lebih baik minta Tonypaulo untuk menceritakan KISAHNYA sendiri dech. Dengan demikian, maka siapa tahu kita-kita, para BLOSAS = BLOGER SABDA Space bisa mendapat HIKMAT dan BERKAT darinya?

 

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

saya pikir ada subtansi yang menarik

rogermixtin09, konon katanya, di Forum Kristen, tonypaulo adalah ADMIN favorite para FORUMER.

Konon ceritanya, KARENA kinerjanya yang luar biasa dia lalu diangkat menjadi SUPER Admin.

Anda tahu apa arti SUPER Admin di Forum Kristen?

Konon SUPER Admin adalah Singkatan dari

"SUDAH PERNAH Admin"

Artinya Tonypaulo SUDAH PERNAH jadi Admin dan nggak ADMIN lagi.

Supaya tidak muncul SALAH faham, lebih baik minta Tonypaulo untuk menceritakan KISAHNYA sendiri dech. Dengan demikian, maka siapa tahu kita-kita, para BLOSAS = BLOGER SABDA Space bisa mendapat HIKMAT dan BERKAT darinya?

====

tidak berubah tabiatnya mirip2 inang2 pargosip, atau ibu2 yang sedang berkerumun di tukang sayur membicarakan bahwa tetangga mereka baru saja operasi plastik...

menarik kalau dijadikan bisnis dengan judul "hai-infotaiment"...

saya tidak pernah jadi super admin, pernah jadi moderator di sebuah forum, tapi bukan super admin, dan saya memang tidak perduli dengan hal2 artifisial macam itu kok

di forum itu hanya ada 1 ADMIN yaitu SUPER ADMIN, sementara moderator hanya memfasilitasi saja bukan jadi super admin...

ah saya kira ada subtansi yang menarik, tahunya hai sedang bergosip? sudah jadi penyesat sekarang eksis terus jadi pengosip?

:)

hai hai's picture

@rogermixtin09, tonypaulo adalah SUPER Moderator

rogermixtin09, ternyata tonypaulo sekarang menduduki JABATAN: SUPER Moderator:

SUDAH PERNAH Moderator.

Sayang tonypaulo tidak bercerita KENAPA dia diangkat menjadi SUPER Moderator?

Bila dia bercerita, mungkin bisa jadi BERKAT lho.


__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

@HH adaah SUPER PENGOSIP

Sayang tonypaulo tidak bercerita KENAPA dia diangkat menjadi SUPER Moderator?

Bila dia bercerita, mungkin bisa jadi BERKAT lho.

---

kasihan... ingat umur saja, jangan jadi super pengosip, apa pula super moderator itu?

:)

hai hai's picture

tonypaulo PELIT

Sayang tonypaulo tidak bercerita KENAPA dia diangkat menjadi SUPER Moderator?

Bila dia bercerita, mungkin bisa jadi BERKAT lho.

---

tonypaulo: kasihan... ingat umur saja, jangan jadi super pengosip, apa pula super moderator itu?

tonypaulo PELIT? BUKAN, dia takut DIKETAWAIN! Ha ha ha ha ha ha .......

Ayo dong mas tonypaulo, jangan pelit bagi bagi berkat dong biar SABDA SPACE makin HEBAT. MANA dukungan anda? Ha ha ha ha ha ha ... MALU ya? MALU apa PELIT hayo?

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

buang2 waktu saja

tonypaulo PELIT? BUKAN, dia takut DIKETAWAIN! Ha ha ha ha ha ha .......

Ayo dong mas tonypaulo, jangan pelit bagi bagi berkat dong biar SABDA SPACE makin HEBAT. MANA dukungan anda? Ha ha ha ha ha ha ... MALU ya? MALU apa PELIT hayo?

===

saya rasa apa juga relevansi respon anda dengan respon saya sebelumnya? slalu ga nyambung?

buang2 waktu saja ah

hai hai's picture

tonypaulo SUPER Moderator

tonypaulo: mau minta maaf saja berbelit2, tidak ada istilah super coreuser di FK, tidak pernah ada

tonypaulo, terima kasih atas penjelasannya.

Anda SUPER MODERATOR kan?

SUPER Moderator = SUDAH pernah Moderator

Please dong cerita, PRESTASI apa yang menyebabkan anda diangkat menjadi SUPER MODERATOR? Biar menjadi BERKAT bagi para blogger di SABDA Space.

Dengan cara itu pula para blogger akan TAHU BETAPA anda MENDUKUNG agar SABDA Space TAMBAH hebat.

Namun bila anda MALU menceritakan PRESTASI anda hingga jadi SUPER MODERATOR ya nggak apa apa sich. ha ha ha ha ha ....

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

parameter blog KRISTEN

saya tantang kita semua untuk berani memprediksi BERAPA ORANG BISA BERTOBAT KARENA BACA BLOGS INI?

ada yang mau menerima tantangan saya? siapapun lah

 

:)

lapan's picture

@Tony, baca alkitab

Wah, secara kelakuan sih gw gak berubah... Masi emosian dan gak jelas dan sebagainya.

Tapi, gw sekarang jadi buka2 alkitab lagi, dan kali ini benar-benar membaca. Belum rajin banget sih, masih mood2an, kalo lagi membahas sesuatu baru buka-buka.

Ini kemajuan kan. Ya, sedikit banyak. Hahahahaha

__________________

imprisoned by words...

tonypaulo's picture

untung ada lapan

Wah, secara kelakuan sih gw gak berubah... Masi emosian dan gak jelas dan sebagainya.

Tapi, gw sekarang jadi buka2 alkitab lagi, dan kali ini benar-benar membaca. Belum rajin banget sih, masih mood2an, kalo lagi membahas sesuatu baru buka-buka.

Ini kemajuan kan. Ya, sedikit banyak. Hahahahaha

===

saya hanya bilang "untung masih ada members2 seperti lapan", kalau tidak apa jadinya SS ini?

:)

hai hai's picture

Untung ada Tonypaulo

Lapan: Wah, secara kelakuan sih gw gak berubah... Masi emosian dan gak jelas dan sebagainya.

Lapan: Tapi, gw sekarang jadi buka2 alkitab lagi, dan kali ini benar-benar membaca. Belum rajin banget sih, masih mood2an, kalo lagi membahas sesuatu baru buka-buka.

Lapan: Ini kemajuan kan. Ya, sedikit banyak. Hahahahaha

===

tonypaulo: saya hanya bilang "untung masih ada members2 seperti lapan", kalau tidak apa jadinya SS ini?

Saya hanya mau bilang, UNTUNG ADA TONYPAULO, bila tidak, apa jadinya si lapan?

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lapan's picture

@tony n hh, swt

walah, apa maksudnya? -_____-!!

ya dah, im out of this. hahaha

 

 

@tony: ton, cek pm ya.

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@tonypaulo, Hai hai BERTOBAT

tonypaulo: saya tantang kita semua untuk berani memprediksi BERAPA ORANG BISA BERTOBAT KARENA BACA BLOGS INI?

Ngak usah DIPREDIKSI. hai hai BERTOBAT setelah baca blog ini!

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

masih belajar membaca

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

hai hai's picture

@tonypaulo, TAKUT

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

bagaimana respon dari ADMIN SS ini?

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

Samuel Franklyn's picture

Blender Otak

hai hai's picture

@tonypaulo, Masalahnya

Tonypaulo: apa semua admin atau members disini BUTA? entahlah...nanti saya dibilang menghakimi, tapi saya serahakn kembali kepada admin yang ternyata tidak mempunyai tanggung jawab terhadap peraturan yang dibuatnya sendiri

Si pincang ngomel, "Jalang nggak rata!"

si pincang juga menuduh orang lain BUTA karena ngak ngomel karena jalan nggak rata.

Seharusnya si pincang tahu bahwa Jalannya baik-baik saja, dirinyalah yang BERMASALAH.

Ha ha ha ha ha ha ....... 


__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

@HH, minta "transplantasi " hati nurani gih...

Tonypaulo: apa semua admin atau members disini BUTA? entahlah...nanti saya dibilang menghakimi, tapi saya serahakn kembali kepada admin yang ternyata tidak mempunyai tanggung jawab terhadap peraturan yang dibuatnya sendiri

Si pincang ngomel, "Jalang nggak rata!"

si pincang juga menuduh orang lain BUTA karena ngak ngomel karena jalan nggak rata.

Seharusnya si pincang tahu bahwa Jalannya baik-baik saja, dirinyalah yang BERMASALAH.

Ha ha ha ha ha ha ....... 

====

suka mutilasi dan korupsi pemahaman sih (tipikal kesesatan HH)

anda bisa "bantu" jawab

kalimat "blende otak biar encer" itu kalimat yang

a. sangat sopan

b. sopan

c. kurang sopan

d. tidak sopan

e. kurang ajar

f.  sarkastik

g. sadistic

silahkan pakai hati nurani anda untuk menjawab pertanyaan mudah diatas

mungkin anda perlu minta "transplantasi" hati nurani kepada orang2 yg walaupun menurut anda bodoh masih memilikinya

hai hai's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Mey Weh's picture

Gue....TOMAT deh

eh....TOBAT! Hayo coba TEBAK gue TOBAT apaan? Ga tau kan? Ya udah gue kasih tau nieh....gue MAU TOBAT jd orang GOBLOK,orang TOLOL....eith ketinggalan gue jg mau TOBAT ga takut - takut lg dalam hal berkomentar di SS!! Ha ha ha ha ha ha ha ha ;D
Mey Weh's picture

Nih gue...

Gue tambahih...nih gue emang GOBLOK dan gue ga akan takut lg kalo ketauan gue TOLOL oleh orang laen,justru dengan begitu gue jd tau dimana letak ke TOLOLAN dan Ke GOBLOKAN gue kan,biar gue yg goblok ini malah jd gampang KOREKSI dirisendiri.....pinjem ketawanya om JF.....bwa ha ha ha ha ha 100x
minie's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

lapan's picture

@Tony dll, Kotak Editor baru -- OOT

Berhubung kotak editornya diganti, copy paste dari dari text lain, formatnya ikut ke copas. Jadinya bakal berantakan. Pas di kotak editornya sih mungkin gak terlalu keliatan berantakan. Tapi hasil komentarnya jadi gado-gado. Gak WYSIWYG ni :p

Banyak sih contohnya, misalkan: komentar tony yang ini, komentar roger yang ini, dsb...

Kalo gw sih, sebelum copy paste di sini, dicopas dulu ke notepad. Baru dari notepad dicopas lagi ke sini, dan baru deh berkarya mewarnai, menebalkan, memiringkan, menggarisbawahi, dsb :D

Kalau ada saran yang lebih simple mungkin bisa dishare ke yang lain. Bener juga sih kata HH kalau nanti tampilan secara keseluruhan jadi jelek.

__________________

imprisoned by words...

Mey Weh's picture

@Miabi

Kok sama ya...gue jg suka gitu dalam berpikir,malah kadang mikir yg ini aja belom selesai,eeh udah locat mikir yg itu.Malah terkadang gue suka kaya org lg ngobrol (tp ga sampe kedengaran suaranya) antara hati dan pikiran gue.....he he he he he,mungkin ada pengaruhnya kali zodiak gue yg gemini itu wkwkwkwkwk
jesusfreaks's picture

ADA APA YA ???

ya ada apa ?

apa ya ada ?

apa ada ya ?

ya apa ada ?

ada ya apa ?

 

kisah lucu soal orang yang MERASA berpikir positif adalah MENILAI orang lain berpikir negatif. bwi hi hi hi...

 

@tonypaulo : keep the GO(o)D work

@roger : apakah kamu tidak bisa melihat SISI POSITIF tonypaulo ? (bukankah dengan demikian, kamu berlaku MENYEBELAH) bwi hi hi hi... piss...

 

 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-