Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Di sebalik kejayaan Billy Graham

Geadley Lian's picture

Terlibat dalam pelayanan bagi sebilangan orang sangat mencapekkan baik itu tidak secara sepenuh masa maupun sepenuh masa seperti hamba Tuhan,jadi tidak heranlah jika ada segelintir pelayan/hamba Tuhan mengundur diri.Sebagai pelayan/pastor/pendeta,sering berhadapan dengan masalah di gereja masing2.Tuhan mengijinkan masalah terjadi karena Allah sedang menguji iman orang kristen.Disini saya ingin menceritakan sebuah cerita yaitu seorang hamba Tuhan yang bernama Billy Graham.Mungkin ada yang pernah mendengar/tidak tentang beliau ini.

Billy Graham adalah seorang pendeta yang sangat berpengaruh di england.Ketika beliau masih muda,beliau diberi tugas melayani di sebuah gereja yaitu gereja mathodist.Pada awal pelayanannya,gereja itu dihadiri hanya 25 orang jemaat sedangkan jumlah jemaat sebenarnya 250,beliau tertanya-tanya mana selebihnya.Bermula dari saat itu dia mengatur rancangan utk mengunjungi dari rumah ke rumah,tetapi gagal.Sehingga pada suatu ketika,Tuhan memberi ilham padanya yaitu menggunakan peti mati/keranda.

Beliau terus menempah sebuah lalu di taruh ke dalam gereja itu & membuat pengunguman menguburkan seseorang & orang itu calon masuk neraka.Orang jadi kaget sambil tertanya-tanya siapa orang itu.Setelah tiba hari yang ditunggu,temaat di gereja itu penuh sekali karena sifat ingin tahu.Setelah menyanyi lalu kotbah,di akhir kotbah itu Pendeta Billy Graham mengundang semua jemaat datang melihat siapa yang mati harus masuk neraka.Satu-persatu maju ke depan dengan teratur,setelah selesai mereka duduk ditempat masing2,seorang bertanya dengan yang lain tapi disuruh lihat sendiri.

Saudara2ku yang kekasih,sebenarnya Billy Graham taruh cermin didalam keranda itu agar jemaat yang rame itu bisa melihat dirinya sendiri.Billy mengumpamakan mereka seperti mayat2 hidup di gereja itu sambil memberi tentangan pada jemaatnya.Pada saat itu juga para jemaat bertobat & gereja itu makin berkembang.

Di dalam cerita ini kita dapat menilai keperibadian Billy Graham sebagai seorang hamba Tuhan yang tidak putus asa dalam usahanya memulihkan kembali gereja yang bermasalah.Jangan pernah terpikir kalo hamba Tuhan tidak pernah hadapi masalah baik yang kecil maupun yang besar.Masalah adalah sahabat yang sering mengikuti kita ke mana saja kita pergi,justru itulah kita sering berhadapan dengan masalah.

Seperti juga Billy Graham,kita mau melihat perkembangan gereja2 Tuhan disekitar kediaman masing2.Sebab utama gereja2 Tuhan selalu mundur adalah kepimpinan gereja serta anggota jemaatnya semakin sedikit.Mungkin saja usaha belum cukup utk menarik lebih rame jiwa datang kepada Tuhan/tiada usaha sama skali.Jemaat bisa saja menjadikan kesibukan sebagai alasan utk tidak ke gereja/mengkritik kepimpinan gereja terutama para hamba Tuhan.

Pada pendapat saya secara pribadi,itu bukan alasan utk para jemaat langsung tidak ke gereja.Tuhan bisa mengenal isi hati manusia,justru itu para jemaat harus punya waktu utk beribadah.Dari pengalaman saya,memang ada gereja yang tidak pernah berkembang yang membuatkan semangat jemaat semakin kurang lalu mencari gereja lain.Mari renungkan bersama serta belajar dari pengalaman Billy Graham dalam pelayanannya sehingga beliau bisa menjadi seorang yang sukses.

Hamba Tuhan serta para pemimpin terpilih diumpamakan seperti nelayan yang turun ke laut menangkap ikan bahkan prajurit yang bertempur dimedan perang.Maka dengan itu,apapun yang diperbuat utk Tuhan biar dari hati yang ikhlas.Akhir kata dari saya,gereja adalah terang dunia.

__________________

geadley

Purnawan Kristanto's picture

3 Pertanyaan

1. Billy Graham di England? Bukannya Amrik?

2. Kisah peti mati dengan cermin itu sepertinya lebih dekat sebagai sebuah anekdot. Benarkah kisah ini terjadi pada Billy Graham atau anekdot yang ditempelkan pada Billy Graham?

3. Mengapa pelayanan Billy Graham menggunakan kata "Crusade" (Perang Salib)?

__________________

------------

Communicating good news in good ways

Geadley Lian's picture

andaian

Orang bisa andaikan beliau dari amerika tapi tugas pertama beliau itu di england.Beliau memulakan tugas pertamanya di sana.

__________________

geadley

Purnawan Kristanto's picture

Billy Graham yang mana?

Barangkali kita membicarakan Billy Graham yang berbeda. Yang saya maksudkan adalah Billy Graham di sini. Menurut website resminya, pada awal pelayanannya Billy Graham tidak melayani di England.

"In 1943 he graduated from Wheaton College in Illinois and married fellow student Ruth McCue Bell, daughter of a missionary surgeon, who spent the first 17 years of her life in China.

After graduating from college, Mr. Graham pastored the First Baptist Church in Western Springs, Illinois, before joining Youth for Christ, an organization founded for ministry to youth and servicemen during World War II. He preached throughout the United States and in Europe in the immediate post war era, emerging as a rising young evangelist.

The Los Angeles crusade in 1949 launched Mr. Graham into international prominence. Scheduled for three weeks, the meetings were extended to more than eight weeks, with overflow crowds filling a tent erected downtown each night."

__________________

------------

Communicating good news in good ways

Geadley Lian's picture

intinya

Itu adalah setelah beliau menjadi terkenal,apa yang saya jelaskan di atas adalah sebelum beliau bernikah beliau ke eropah & diletakkan di sebuah gereja yang pada awalnya adalah bermasalah.

Soal peti mati itu ya,banyak orang tidak terpikirkan akan hal seperti itu karena di luar logika,tapi rencana itu dari Tuhan.Beliau memiliki karunia iman yang jarang dimiliki oleh banyak orang.

__________________

geadley

anakpatirsa's picture

Just as I am

Sebelum mengarang ada baiknya baca biografi Billy Graham yang berjudul Just as I am. Kayaknya udah ada dalam bahasa Indonesianya.

 

 

Purnawan Kristanto's picture

Intinya Anda harus akurat

* Billy Graham (BG) dilahirkan tahun 1918 di North Carolina.

* Tahun 1934, pada umur 16 tahun setelah ikut serangkaian KKR uang dipimpin Mordecai Ham.

* Tahun 1939 BG mendapat beasiswa dari Southern Baptist Convention untuk sekolah di Scriptures at Florida Bible Institute (sekarang Trinity College in Florida).

* Tahun 1943 BG lulus dari Wheaton College dan menikashi Ruth McCue Bell.

-------------------------------

Kalau Anda mengatakan bahwa BG melayani di Eropa sebelum menikah maka itu artinya sebelum tahun 1943.  Sementara dalam biografi BG disebutkan bahwa BG melayani di di gereja Southern Baptist Convention pada tahun 1939.

Kalau klaim Anda benar maka BG ada di Eropa pada antara tahun 1934-1939. Nah sekarang tinggal mencari bukti bahwa BG melayani di Eropa pada masa itu, saat BG masih berumur 16-21 tahun.

__________________

------------

Communicating good news in good ways

Geadley Lian's picture

bukankah

Bukankah beliau melayani dulu baru menikah.

__________________

geadley

Purnawan Kristanto's picture

Pertanyaan saya: Benarkah

Pertanyaan saya: Benarkah Billy Graham memulai pelayanannya di England? Saya tidak bertanya, apakah BG sudah melayani sebelum menikah.

__________________

------------

Communicating good news in good ways

Geadley Lian's picture

pasti

Saya pasti waktu itu beliau masih muda ketika berada di england.

__________________

geadley

Geadley Lian's picture

Legacy of faith

Atau buku karya putrinya,Ruth Graham yang berjudul Legacy of Faith yang menceritakan tentang kisah hidupnya.

__________________

geadley

stenli's picture

geadley lian, belum pernah

geadley lian, belum pernah didengar tuh klo billy graham memulai pelayanannya di england, tapi di amrik, di gereja baptis. dimana2 juga semua orang tahu klo billy gereja memulai pelayanannya dari gereja baptis dan kuliah di florida. dia putus cinta waktu kuliah, kemudian kekasihnya menikah dengan kerabat kuliahnya, namun billy graham akhirnya menikahi Ruth dan pelayanan di gereja baptis lagi.

__________________

Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu.
Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita,
telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus,

irwanda.bobby's picture

geadley

geadley, boleh tau referensi kamu nulis artikel ini dari mana? mungkin bisa membantu untuk memahami billy graham yang kamu maksud. saya coba cari di internet, nampaknya billy graham yang kamu maksud berbeda dengan yang saya dapatkan di internet. Gbus

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna

Geadley Lian's picture

keajaiban pelayanan

Mari kita kupas tentang pelayanannya,soal latar belakang itu tidak perlu dikompromikan.Yang penting sekarang adalah keajaiban sepanjang pelayanan beliau di eropah.Kalo mau bilang beliau tidak pernah ke eropah,berarti salah besar.

__________________

geadley

irwanda.bobby's picture

anda gk menjawab pertanyaan saya

nah lho, geadley.... ini kamu cerita aja dari masa mudanya beliau.... bukankah itu jg termasuk latar belakang pelayanan beliau? saya blm bilang apa yang kamu tulis di artikel ini salah lho geadley. ^ ^, saya tanya referensi tulisan anda... masalah benar ndaknya, saya blm mau diskusikan disini... 

I'm asking you the reference of your article, I don't want to judge the correctness of your article right now... that's it... I only hope you can give me your reference. Thanks

semoga dengan bahasa inggris kamu lebih paham maksud pertanyaan saya. GBus

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna

Geadley Lian's picture

pembacaan

Dari pembacaan,mendengar cerita para pengkhotbah & bukunya.Mungkin ada yang pikir saya tidak pernah mendengar tentang beliau.

__________________

geadley

irwanda.bobby's picture

boleh tau judul bukunya geadley?

boleh tau judul buku yg kamu baca geadley? nampaknya buku sumber referensi yg lebih bisa dipercaya dan dituntut pertanggung jawabannya daripada cerita dari mulut ke mulut...

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna

Geadley Lian's picture

Legacy of faith

Saya mendengar dari seorang pengkotbah yang terkenal taun de80-an.Kalo mau mencari bukunya liat judul buku karya Ruth Graham,LEGACY OF FAITH.

__________________

geadley

irwanda.bobby's picture

oke

oke saya cari dlu bukunya. sampai saya dapat dan baca buku itu saya blm bisa melanjutkan diskusi tentang billy graham dengan kamu... thanks

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna

Geadley Lian's picture

oleh

Sangat luar biasa pelayanan beliau saat gw mendengar cerita tentang beliau oleh Pendeta Yusuf Roni.

__________________

geadley

lapan's picture

@geadley

cek PM ya Smile

__________________

imprisoned by words...

Geadley Lian's picture

Mungkin

Mungkin anda tidak pernah mendengar.Itu memang crita benar,kalo salah berarti Pendeta Yusuf Roni salah,karna dia bilang begitu.

__________________

geadley

HASLAN's picture

@ Geadley Lian... ini baru lucu - lucuan...

Perlu diteking ini...!!!

 

Wkwkwkwkwkwkwkw...

 

Atau...

 

Dikasih makan supaya gemuk...???

 

wkwkwkwkwkwwk.....

 

(mode : Provokasi... provokasi.... Provokasi...)

 

 

                     (Ngacir)
      .…

                                                                   !!!!!!!!

                                                                    ????

 

 

 

__________________

Masih belajar............

Bila salah tolong diperbaiki.......

Bila melenceng tolong ditegur...

God Bless Us...

Geadley Lian's picture

kenyang

Kalo terlalu kenyang kan bisa sakit perut LAN,lebih baik sederhana kenyangnya.

__________________

geadley