Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Mencontek itu Amoral.

Cania's picture

Kode Etik Psikologi, salah satu mata kuliah semester genap yang aku ambil semester ini. Baru beberapa kali pertemuan tatap muka dengan dosen, berbicara tentang etika. Sesuai dengan buku yang dijadikan panduan, etika adalah filsafat moral. Membahas mengenai mana yang benar mana yang salah. Benar sesuai budaya, belum tentu benar-benar “benar”

Beberapa hari lalu UTS, mengenai etika atau moralitas ini. Baru saja soal dibagi belum sempat aku baca, beberapa orang di sekitarku langsung memberi kode pada ku, artinya minta bantuan jawaban. Aku hanya tertawa dengan suara konyol, sama sekali tak ada niatan untuk berbagi jawaban dengan mereka. Aku belajar serius semalaman, dan mereka minta ku berbagi jawaban ?. Aku pikir kelakuan mereka tak bermoral.

Mereka berhadapan dengan 4soal ujian sederhana tentang moral, tentang perbedaan benar dan salah. Tapi tampa rasa bersalah mereka mebuka buku padahal ujian bersifat closebook. Mungkin memang budaya yang membenarkan kelakuan mereka. Tapi mereka seharusnya tau (karena mereka bisa menjawab soal ujian), bahwa secara teoritis tidak jujur adalah perbuatan salah. Amoral.

Sungguh memprihatinkan, para calon sarjana yang nantinya terjun ke dunia menilai dengan rendah sebuah kejujuran  kecil. Tak heran bila nantinya kejujuran besar pun hanya mereka anggap teori.

__________________

Cania - tidak dilahirkan untuk jadi pecundang -

smile's picture

Cania

blognya singkat, isinya mantap, realitanya diungkap dengan sangat pas...bila tak menghargai hal kecil, bagaimana bisa dipercaya dan mengemban tugas yang besar.

Ada satu cerita real yang bisa diambil hikmahnya. Begini ceritanya :

Kebanyakan orang jika telah melihat atau membaca sesuatu, dengan gencarnya dia menceritakan apa yang telah dibaca atau ditontonnya, demikian yang terjadi pada sebut saja si a. Tanpa dikomandoi dia bercerita tanpa diminta, dan pendengar tidak bisa memberhentikan cerita serunya, akan tetapi apa yang dilakukan oleh orang tersebut sangat bertolak belakang dengan apa yang dialami oleh si b. ketika ditany, bagaimana ceritanya...(tentang sebuah buku, atau tentang sebuah film) dengan entengnya dia menjawab, baca sendiri dong, or tonton sendiri dong,...gue yang cape cape baca, elo yang terima enaknya aja,.....( mengajarkan besusah susahlah dahulu untuk mendapatkan kesenangan sesudahnya....hehehehe)

 

orang yang mencontek, adalah orang yang tidak percaya akan dirinya sendiri, dan terkesan menyepelekan seseuatu, ujungnya,...bena kata anda,..mau jadi apa para generasi penerus bangsa, yang merupakan aset bangsa ini,...

salam kenal dari smile,Cania...

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

Cania's picture

trimakasih

trimakasih telah membaca dan mengomentari blog saya..

salam kenal juga kaka smile, :) .

__________________

Cania - tidak dilahirkan untuk jadi pecundang -