Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Belajar dari Yunus

kucing penyayang's picture

Kesan apa yang pertama muncul setelah membaca kitab yunus hingga akhir? Menggelikan sebab Yunus tidak diceritakan sebagaimana nabi lain yang taat sepenuhnya pada Allah. Kalau dibaca-baca kok tidak ada kebaikan dari diri yunus. Maka ending-nya pun paling aneh kalau dibanding kitab lain.


Lalu Allah berfirman: "Engkau sayang kepada pohon jarak itu, yang untuknya sedikitpun engkau tidak berjerih payah dan yang tidak engkau tumbuhkan, yang tumbuh dalam satu malam dan binasa dalam satu malam pula.

Bagaimana tidak Aku akan sayang kepada Niniwe, kota yang besar itu, yang berpenduduk lebih dari seratus dua puluh ribu orang, yang semuanya tak tahu membedakan tangan kanan dari tangan kiri, dengan ternaknya yang banyak?" Yunus 4:10-11

Keselamatan bagi bangsa Niniwe dan kejengkelan bagi Yunus sehingga Allah menasehatinya lewat sebuah pohon jarak

Jadi apa yang bisa dipelajari dari kitab yunus?

Penginjilan adalah tugas kita tetapi Allah yang menyelamatkan

Yunus hanya berseru "Empat puluh hari lagi, maka Niniwe akan ditunggangbalikkan." Yunus 3:4, seisi kota bertobat hanya dengan kalimat singkat itu.
Ada dua jenis orang yang menginjili yang sering saya temui, cara penginjilannya bagus tapi jiwa yang didapat sedikit dan yang penginjilannya sederhana tapi memenangkan banyak jiwa. Nenek saya termasuk tipe yang kedua, beliau hanya menyampaikan kalimat sederhana "jika ingin selamat, percaya pada Yesus" maka dengan mudah teman-teman sebayanya datang ke gereja dan dibaptis. Beliau senang sekali waktu keluarganya yang tinggal di Tiongkok dibaptis dan percaya pada Yesus setelah kunjungannya ke sana beberapa waktu lalu.
Apakah kita berjasa karena sudah memenangkan jiwa-jiwa melalui penginjilan kita? Tidak!
inilah pengakuan Yunus : Dan berdoalah ia kepada TUHAN, katanya: "Ya TUHAN, bukankah telah kukatakan itu, ketika aku masih di negeriku? Itulah sebabnya, maka aku dahulu melarikan diri ke Tarsis, sebab aku tahu, bahwa Engkaulah Allah yang pengasih dan penyayang, yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia serta yang menyesal karena malapetaka yang hendak didatangkan-Nya. Yunus 4:2
Tugas kita hanya memberitakan, memenuhi amanat agung Tuhan Yesus. Yunus memang picik namun ia mengakui bukan karena pekerjaannya kota itu diselamatkan.

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. Efesus 2:8-9
Atas keselamatan diri sendiri saja kita tidak boleh memegahkan diri apalagi atas keselamatan orang lain.

NB: ini blog pertama saya di sabda space. Mohon maaf bila banyak kekurangan.

__________________

Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanMu itu

KEN's picture

kucing: tentang kitab Yunus

menurut peneliti, kitab Yunus itu, pada bagian akhir di kitab itu, 'hilang'. ntah benar ntah tidak, seperti yg kamu bilang, endingnya 'aneh'. bayangkan, jika sebuah lagu tanpa ending? seandainyapun benar, isi di bagian akhir kitab itu hilang, mengapa Allah membiarkannya? ada misteri apa yg Allah sembunyikan di balik hilangnya isi di bagian akhir itu? Bukankah Allah berkuasa, untuk memerintahkan alam ciptaan-Nya, untuk tidak merusak isi bagian akhir itu?