Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Easyworship VS Powerpoint untuk Dukung Ibadah Gereja

Purnawan Kristanto's picture

 

LCD

Pemakaian LCD projector sebagai penunjang ibadah sudah diterima luas di kalangan. Ada banyak gereja, baik itu gereja besar maupun gereja kecil, yang memanfaatkan layar proyeksi ini untuk menayangkan syair lagu, garis besar khotbah maupun tayangan video.

Meski ada banyak manfaatnya, namun ada juga mudharatnya. Pemasangan layar putih yang sembarangan, tanpa memperhatikan estetika kadang merusak arsitektur interior gereja. Pada gereja-gereja lama, perancang gedung gereja tidak mengantisipasi pemakaian layar untuk proyeksi LCD ini. Akibatnya ketika layar "dipaksakan" ditanam di bagian gereja, ada "harga" yang harus dibayar, yaitu keindahan arsitektur gereja.

Dampak buruk yang lain berkaitan dengan "periuk" nasi penerbit buku nyanyian jemaat. Karena suair lagu sudah disorotkan ke layar, maka buku-buku nyanyian jemaat tertumpuk berdebu di lemari gereja. Jemaat juga sudah tidak membawa buku nyanyian lagi kecuali jemaat yang memiliki gangguan penglihatan. Dampak ini tentu saja mempengaruhi pendapatan penerbit buku nyanyian seperti YAMUGER, Yayasan Musik Gerejawi. Angka penjualannya melorot drastis.

Tapi apa hendak dikata. Itulah perubahan zaman. Jika mereka tidak ikut berubah haluan, maka mereka akan dilindas deru perubahan zaman. Yamuger dan lembaga sejenis seharusnya segera masuk ke dunia pelayanan digital. Misalnya menciptakan software penayang syair-syair lagu, lemgkap dengan teks dan background yang pas.

Saat ini, program penampil syair yang paling umum digunakan di gereja adalah Powerpoint dan Easyworship. Program Powerpoint paling mudah didapatkan karena sudah dibundel dalam Microsoft Office. Namun ada kekurangan Powerpoint untuk pemakaian di gereja. Pembuatan untuk materi presentasi Powerpoint harus dikerjakan satu-persatu. Misalnya dalam sebuah ibadah akan dinyanyikan 5 lagu, maka pembuat materi harus membuat 5 halaman syair lagu. Ibadah Minggu depan, dia harus membuat meteri presentasi yang baru lagi. Kelemahan yang lain adalah pada in-fleksibilitas urutan lagu. Maksudnya begini: Dalam ibadah-ibadah non liturgis seperti KKR atau persekutuan pemuda, pemimpin pujian kadang beromprovisasi dalam menentukan urutan lagu. Misalnya, menurut materi yang sudah dibuat, setelah bait kedua diteruskan ke bait ketiga. Tapi tiba-tiba pemimpun pujian ingin kembali ke bait pertama, Hal ini akan menyulitkan operator komputer, apalagi lalu pemimpin pujian itu lalu melompat ke bait ketiga.

Kelemahan Powerpoint itu menjadi kekuatan Easyworship. Program penampil ini menggunakan sistem database yang menyimpan syair-syair lagu. Dengan demikian, syair lagu tersebut langsung dapat dicari dan ditampilkan dalam hitungan detik. Misalnya, jika tiba-tiba ada penambahan lagu baru pada ibadah, maka sepanjang syair lagu itu sudah masuk ke dalam database, maka syairnya dapat ditampilkan denga cepat.

Hal ini mustahil dilakukan dengan powerpoint. Jika ada penambahan lagu baru, maka operator harus mengetikkan syair pada halaman baru atau search file powerpoint lain yang ada syair lagu itu, baru kemudian disalin-rekat (copy-paste). Kekurangan easyworship adalah pada in-fleksibilitas desain. Dengan easyworhip kita tidak bisa leluasa menyisipkan animasi, mengatur timing, menambahkan efek suara, membuat tulisan berkedip-kedip. Penyetelan monitor untuk easyworhip juga lebih ribet. Easyworship menggunakan sistem dua moitor. Monitor I sebagai "meja kontrol" (yaitu yang ada di depan operator komputer) dan Monitor II sebagai penampil akhir (yaitu proyektor LCD).  Dengan pengaturan ini, maka jika komputer dan proyektor itu menggunakan progran lain, maka tampilan di layar komputer tidak otomatis tertayang di layar. Untuk itu, komputer harus disetting dengan mode monitor kembar (clone monitor), seperti pengaturan default.

Mau pilih mana? Itu tergantung situasi dan kebutuhan gereja Anda.

 

Berikut ini saya ingin membagikan background yang dapat digunakan untuk ibadah di gereja. Resolusi gambar yang ditampilkan masih kecil. Untuk mengunduh gambar yang lebih besar silakan sambangi ke website saya.

Semoga bermanfaat

Gembala Agung

Gembala Agung

Raja Semesta

Raja Semesta

Firman Allah

Firman Allah

Sengsara Yesus

Sengsara Yesus

Pertobatan

Pertobatan

Firman

Firman

Penyesalan

Penyesalan

Penyembahan

Penyembahan

Penyembahan

Penyembahan

Pengutusan dan Berkat

Pengutusan dan berkat

 

__________________

 

Tulisan PurnawanFoto Purnawan  Video karya Purnawan

Purnomo's picture

Tayangan teks lagu tanpa notasi

saya lihat Minggu lalu di sebuah gereja besar di Jogja.

Ini kerugian lain penggunaan mulmed: jemaat tidak belajar membaca not. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa tim mulmed tidak membuat file yang lengkap? Tidak mampu atau malas? Daripada pusing mencari jawabannya sekaligus menambah musuh, saya berangan-angan mendistribusikan file powerpoit-nya yang lengkap. Bisa dibuat baris demi baris sehingga mau dari bait ke-3 balik ke bait ke-1 juga bisa, atau langsung 1 lembar file untuk seluruh lagu seperti yang dibuat gereja Wongsodirjan.

Baru berangan-angan, Joli sudah mengirim order. Pesan bijak berkata "beri kailnya jangan ikannya." Karena itu strategi saya rubah. Joli mengirim tim mulmednya untuk diajari cara membuatnya sendiri. Ini lebih menguntungkan karena mendatangkan devisa berupa biaya menginap di gereja saya, juga menambah omzet nasi kucing yang dibuat koster gereja.

Ada yang mau ikutan mendaftar?

Purnawan Kristanto's picture

Syukurlah

Untuk teks lagu bernotasi memang menjadi kendala bagi bidang multimedia. Pengetikannya yang harus telaten dan njlimet membuat pembuat materi sudah awang-awangen duluan. Biasanya dibuat jalan pintas, yaitu memindai (scan) hardcopy naskah lagu itu. Tapi kerugiannya, tampilannya jadi kurang bagus.

Joli mengirim tim mulmednya untuk diajari cara membuatnya sendiri. Ini lebih menguntungkan karena mendatangkan devisa berupa biaya menginap di gereja saya, juga menambah omzet nasi kucing yang dibuat koster gereja.

Syukurlah. Joli akhirnya menemukan narasumber yang benar. Soalnya waktu saya ke gerejabya, saya juga diminta untuk memberi training ke crew multimedianya. Lalu dengan berbagai alasan saya berusaha mengelak ha..ha..ha..ha

Saya menyarankan kepada Joli supaya gerejanya beralih ke easyworship saja. Untuk database-nya bisa mengkopi dari gereja jago karena semua lagu KJ, PKJ dan NKB sudah terekam lengkap di komputer. Jadi bisa menghemat waktu. Sekarang untuk membuat schedulle kami bisa mengerjakannya kurang dari 10 menit.

__________________

 

Tulisan PurnawanFoto Purnawan  Video karya Purnawan

Daniel's picture

dulu sudah pernah pakai

gereja joli adalah mantan gereja saya juga, dan sebelum saya meninggalkannya sekitar 1,5 tahun yang lalu, saya sudah menginstal easyworship lengkap dengan koleksi background (baik gambar diam maupun bergerak) dan sebagian besar teks KJ, NKB & PKJ (belum lengkap karena diketik sambil jalan, tapi untuk lagu-lagu yang sering dinyanyikan di kebaktian gereja tersebut sudah lumayan komplit), dan saya juga sudah melatih beberapa orang untuk menggunakannya (saya sendiri sempat menggunakannya untuk beberapa kali kebaktian ketika saya bertugas jadi penanggung jawabnya)...

tapi saya dengar belakangan mereka kembali pakai powerpoint lagi, entah kenapa, sayang sekali...

joli's picture

Bila double PUR berkolaborasi..

@Daniel, untuk tayangan lagu di LCD nampaknya masih pakai easyworship bila membaca blog ini. Karena ada nampak DUA layar yang musti geser mouse sejauh timur dari barat untuk nongol-in di layar lcd :)

Waktu Purnawan mampir ke gereja, memang sempat cerita tentang program easyworship, karena Joli baru denger nama program ini dan GAK TAHU kalau kita sudah opakai itu, maka segera minta Purnawan ajarin team multimedia kita tentang program easy itu. Ternyata sejak jaman-mu (dahulu kala) sudah easy tho??

Lagu-lagu dengan dilengkapi not itu adalah amanat dari sinkronisasi program. Karena bila lagu-lagu yang jarang dan tidak biasa, hanya pemandu nyanyian saja yang nyanyi, jemaat kesulitan mengikutinya. Lain cerita bila ada not angka maka jemaat bisa ikut nyanyi.

 

@Purnomo dan @Purnawan, silahkan berkolaborasi tuk buat mulmed lagu-lagu dengan NOT.

Tahu nggak bila doule PUR berkolaborasi pasti akan sangat dahsyat. Minie aja sampai nggak bisa bedakan :p

Purnawan Kristanto's picture

Ho..ho..ho..ho.. kolaborasi

Ho..ho..ho..ho.. kolaborasi itu baru bisa dilakukan kalau ilmunya setara. Saya mah sekadar sok-sokan aja. Masih banyak belajar. Koh Purnomo saja sudah lebih dari cukup.

__________________

 

Tulisan PurnawanFoto Purnawan  Video karya Purnawan

Daniel's picture

power point juga bisa

hmmm... pemakaian dua layar tidak serta merta membuktikan bahwa yang dipakai easy worship, itu hanya menunjukkan bahwa feature dual windows diaktifkan. btw, power point juga bisa menggunakan dual windows, malah lebih enak, karena jemaat tidak melihat yang dilakukan operator di komputernya (ini sekaligus ralat dan tambahan untuk mas wawan)

Purnawan Kristanto's picture

Iya. Powerpoint juga bisa.

Iya. Powerpoint juga bisa. Tapi maksud saya begini: Kita ini terbiasa dengan monitor kembar (clone monitor). Nah, Easyworship kan nggak bisa dengan sistem begini.  EW maunya ada dua monitor. Nah untuk mengeset menjadi dua monitor ini tidak semua orang bisa melakukan. Apalagi kalau dia gaptek. 

Nah jika komputer itu akan digunakan untuk keperluan monitor kembar, jika sudah terlanjur pakai EW, maka komputer itu harus diset kembali. Contohnya, jika digunakan untuk menayangkan notulensi rapat dengan MS Word, maka setting harus kembali ke monitor kembar. EW belum support penayangan dengan MS Word secara live. Maksudnya, apa yang diketik oleh operator, secara otomatis tertayang di layar besar.

Oh ya, sebagian besar orang tidak tahu kalau Powerpoint juga bisa dibuat dual monitor. Jadi mereka tetap saja menggunakan feature monitor kembar.

__________________

 

Tulisan PurnawanFoto Purnawan  Video karya Purnawan

Daniel's picture

sip!

sip! 100% betul buat mas wawan.

memang banyak operator multimedia yang belum tahu bedanya dual monitor dengan clone monitor, jadi saya sangat mendukung kalo memang akan dibentuk tim pelatihan multimedia buat gereja2 :)

joli's picture

photo background

ini ada photo background bagus juga Wan, untuk paskahan, jalan salib Mahawu di Menado

 

 

 

murasawa's picture

tomohon

mahawu lebih deket dari tomohon, tp tetep juga kalo naik pesawat lebih deket dari Manado, soalnya Tomohon belum punya bandara...

Aku belum pernah ke situ, jd pengen..

bennylin's picture

Tapi apa hendak dikata.

Tapi apa hendak dikata. Itulah perubahan zaman. Jika [YAMUGER] tidak ikut berubah haluan, maka mereka akan dilindas deru perubahan zaman. Yamuger dan lembaga sejenis seharusnya segera masuk ke dunia pelayanan digital. Misalnya menciptakan software penayang syair-syair lagu, le[n]gkap dengan teks dan background yang pas.

Saya setuju, Pak. Kemudian kekurangan Easyworship yang lain adalah programnya bebayar. Saya sebenarnya lebih suka Easyslides, karena yang terakhir itu benar-benar gratis, tidak perlu membajak. Jadi walau ada beberapa kekurangan, tapi fitur-fitur intinya ada semua.

Purnomo's picture

Joli memang mumed di mulmed

Bubar ibadah seorang jemaat protes keras kepada MJ. Pasalnya lagu pengiring doa syafaat disajikan begitu bagus sehingga telinganya lebih mendengar kepada lagu itu daripada doa yang dipanjatkan pendeta. Pertama kali pendetaku berkotbah dengan mulmed, aku yang protes. Karena, di sudut kiri bawah layar ada kodok yang melompat-lompat ke kanan dan ini diulang-ulang terus. Perhatian jemaat pasti ditarik ke kodok bukan teks di atasnya, kataku. Tetapi pendetaku kekeh. Sampai aku bilang, biar 10 tahun lagi aku belajar teologi, ilmuku tidak ada seujung kuku Bapak. Tetapi untuk ilmu presentasi dengan mulmed, selama 10 tahun setiap minggu saya melakukannya karena tugas pekerjaan. Dalam ilmu Sekolah Minggu alat peraga tidak boleh mengggeser posisi pencerita. Gambar yang diajukan oleh Joli itu tidak bisa dijadikan latar belakang karena bagusnya sehingga bisa mengalihkan perhatian pemirsa kepadanya daripada teks yang harus dibacanya. Itu malah akan menjadi latar depan. Bukan gambar latar lagi, tetapi gambar pelataran (halaman depan). Dalam kegiatan pelayanan bersama kita juga sering bingung membedakan siapa yang jadi latar belakang siapa yang jadi latar depan kalau sudah uyel-uyelan dan eyel-eyelan sendiri.
awan6's picture

cara ngerubah file

Salam hangat bwt smua,, Di gereja sy juga menggunakan EW dan memang sblmnya memakai pwerpoint.. Lagu2 sy buat memakai word trlebih dahulu (utk file) baru copy paste ke pwerpoint utk sy bwtkan slide..namun stelah memakai EW memang lbh mudah namun ttp saja lagu2nya hrs membbuat database... Sy coba utk merubah file lagu2 dg file word menjadi .rtf (utk database EW). Jadi utk rekan2 yg udah pny file/database di word formatnya rubah menjadi .rtf..jadi g perlu copy paste lagi. Semoga bermanfaat.. Lakukan hal2 kecil dg hati yg BESAR,,,
joli's picture

kolekte lagu

sudah ada double pur, ada daniel, ada awan, ada siapa lagi??

bila data yang kita punya di kumpulin, dah pasti dah hampir lengkap..

ayo-ayo, di kumpulin ke purnomo aja yang punya talenta nyusuh (suka ngumpul dan nyimpen) juga bila ada yang mau melengkapi dengan NOT, wah akan bagus sekali :)

semua data kirim pm ke inbox-nya purnomo ya??
nanti kalau dah jadi bundel, joli pesan satu :p

 

awan6's picture

@Joli

Awan6 bukan awan,,,hehe Kalo utk lagu2 gampang kok..biasanya d ad kunci n not..tinggal rubah file .rtf ntar tinggal klik..klik..klik''
joli's picture

@awan6 doit

@awan6 ayo lakukan hal kecil dengan menambahi not-not, ubah jadi file.rtf lalu kumpulin dan PM nya ke joli aja. Nanti joli forward ke Purnomo sekaligus paksa dia tuk bundel. Supaya Purnomo gak ada alesan ngeles :p Purnawan yang membackground-i jadi bagus. Kl joli yang melakukannya nanti dibilang melatari lagi ;) Kalau dah jadi kita share dengan hati yang besar he..he..
awan6's picture

@ Joli bukan soal g mau

Utk lagu lagu masing masing gereja mungkin berbeda utk buku lagunya..kalo di tempat saya udah ada yg dibuatkan databasenya hanya utk lagu2 yang ada not not saat ini belum diperlukan utk ditampilkan sih..hehe..dan utk lagu umum (kaset yg sering dnyanyikan) saya ada beberapa saja..dan belum dirubah formatnya ke .rtf..

nah utk lagu yang dbundel trus diapaain?? kan masing2 orang bisa ngerubah jadi format .rtf jadi operatornya bisa kreatif dikit, sebab utk ngerubah format saya udah kasi tau...

katanya jgn kasi ikan tapi kasi kail....hehe

joli's picture

khas kristen

hayah, kalau baca komentar purnawan, purnomo, dan awan6 adalah khas kristen..

ngeles bin alesan.. :p

 

Purnomo's picture

Ngeles khas Kristen agar sesuai policy SS

@joli: "hayah, kalau baca komentar purnawan, purnomo, dan awan6 adalah khas kristen..ngeles bin alesan." Entar kalo komentar telanjang bulat bisa dimarahin Admin karena mirip si bugil. Tadi siang waktu ke kantor gereja bertemu seorang MJ dan aku tanya, "Mulmed kita pakai PP atau EW?" "Dulu pake PP ganti EW lalu sekarang PP lagi." "Apa EW ada masalah?" "Tidak tahu apakah EW yg bermasalah atau petugas mulmed yg gak bisa," jawabnya. Karena di ruang itu ada petugas mulmed aku tidak berani terus bertanya. Lalu aku bilang gereja Solo aku tawari untuk mengirim tim mulmednya untuk kursus di sini. Dia diam saja. Untung tidak ngomong, "Tim Solo itu memang tidak bisa atau males." Aku tidak bilang petugasnya yang sekarang sudah pindah ke Jakarta telah meninggalkan banyak file lagu dengan notasi di gereja itu. Btw, seperti kata Pak Wawan, ini adalah opportunity YLSA untuk memperluas bidang pelayanannya selain bagi-bagi cd SABDA kelak bisa bagi-bagi cd lagu + notasi untuk mulmed dan cd lagu + notasi untuk paduan suara. Tetapi rasanya masih lama karena sekarang sedang sibuk menata ulang lapak-lapak di SS ya. Apa Joli mau buka usaha pendamping YLSA khusus untuk lagu? Pendamping itu bukan penyaing lho. Ini bahasa Kristen, halus tetapi bersayap. (Heran, fasilitas comment mis. format font kok kadang ada kadang hilang ya. Saya tidak bilang "petugasnya tidak bisa atau malas, lho." Bilang sih tidak, nulis iya. Bwahahaha.)
mujizat's picture

Easyworship merusak VGA ?

Shalom.

Tahun lalu kami pakai Easyworship, tapi VGA output (yg ke LCD Projector) Laptop ngadat.

Kemudian ganti laptop kedua, tak lama juga ngadat.

Akhirnya kembali pakai Powerpoint sampai hari ini.

Apakah Easyworship bikin VGA Card ngadat, ataukah ada faktor lain?

Any clue?

Shalom.

teograce's picture

really?

really?

saya dulu sempet pake easyworship, sebelum akhirnya ganti easislides, and thanks God baik-baik aja, no problemo.. cuma yang aneh, waktu OS nya masih windows xp, waktu ganti ke monitor 2, ga "ngedip", waktu pake OS windows 7, pas ganti ke monitor 2, "ngedip" gitu, sempet blank, hitam, baru ganti.. n agak serem juga pake easislides karena kalo untuk video, suka "ngedip" juga, kek ga kuat gitu.. padahal dulu pas pake easyworship keknya ga gitu.. entah spec ga cukup ato gimana.. padahal rasanya sih cukup.. >.<" aneh

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

Purnawan Kristanto's picture

Kalau dipake video "ngedip"

Kalau dipake video "ngedip" coba cek CODEX VIDEO-nya. Apakah sudah terinstall atau belum

__________________

 

Tulisan PurnawanFoto Purnawan  Video karya Purnawan

teograce's picture

??

hehe.. om pur, codex video itu apa toh? :p *gap gap tek tek*
__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

Purnawan Kristanto's picture

Uuups...tulisannya salah.

Uuups...tulisannya salah. Yang benar adalah CODEC. Info ttg Codec silakan baca di sini disini

__________________

 

Tulisan PurnawanFoto Purnawan  Video karya Purnawan

teograce's picture

thx

thx pak pur.. segera ke tkp.. :D

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

pinokio's picture

alkitab di EasyWorship

sayangnya EW belum support alkitab versi bahasa indonesia. Dan belum ada software 3rd party alkitab yg bisa dimerge ke EW. Jadi masih perlu aplikasi alkitab sendiri diluar EW bila mau ditampilkan di-layar. Tapi dari segi kemampuan n editing bagi saya sich udah powerful. termasuk crack-nya.. hahahaha Cool

__________________

Setiap manusia dihakimi oleh perkataannya sendiri

Purnawan Kristanto's picture

Sudah ada dik Pinokio. Ada

Sudah ada dik Pinokio. Ada program Alktab yang sudah terintegrasi dengan EW. Kita tingga ketik ayat alkitab, lalu drag n drop ke schedulle.

__________________

 

Tulisan PurnawanFoto Purnawan  Video karya Purnawan

pinokio's picture

alkitab EW versi Indonesia

maksud saya, alkitab yang terjemahan bahasa Indonesia pak. Karena sempat cari di web EW juga belum ada. Kalau yg KJV dan beberapa versi lain memang sudah terpasang secara default di EW. cmiiw 

 

thanks link-nya pak. menuju TKP segera. Cool

__________________

Setiap manusia dihakimi oleh perkataannya sendiri

Purnawan Kristanto's picture

Iya. Yang ini terjemahan

Iya. Yang ini terjemahan bahasa Indonesianya. Saya lupa nama programnya karena ada di komputer gereja. Kami sudah memakainya untuk ibadah.

__________________

 

Tulisan PurnawanFoto Purnawan  Video karya Purnawan

pinokio's picture

saya setia menunggu :)

ok.. saya tunggu ya om pur nama programnya.

biar lebih rapi gak perlu buka program alkitab n EW secara bersamaan.

Apalagi harus gantian layar output. drag kanan kiri. hehehe 

__________________

Setiap manusia dihakimi oleh perkataannya sendiri

teograce's picture

easislides

setau g, salah 1 software yang udah bisa langsung pake alkitab bahasa indo nya itu easislides, tinggal import aja.., cuma emang alkitab bahasa indo nya ga lengkap gimana gitu.. ada ayat yang ga tuntas, dst..

tapi very helpful, especially since it's free.. hahahaha...

 

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

Purnawan Kristanto's picture

Program Gratis

Jika menggunakan EW, maka Anda harus membayar. Namun jika ingin menggunakan program penayang yang gratis, sila coba yang ini.

__________________

 

Tulisan PurnawanFoto Purnawan  Video karya Purnawan

awan6's picture

@ Teo: alkitab Bhs indo utk EW

saya ada program alkitab Bhs indo utk EW tapi kalo mau nyari di google ad kok, krn saya dulu nyarinya disana,,tapi ngga tau alamatnya>>udah lupa<<<

teograce's picture

@awan

haha.. thx for the info.. tapi g pakenya easislides.. :D

easyworship bayar sih.. pake lapie dewe soale.. hehe...

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

awan6's picture

@Teo

Masa maunya gratisan??? haha...beli satu tapi pake buat semua...krn bisa di share...alias dibagi2..

teograce's picture

cinta gratisan

kalo ada software gratis dengan fungsionalitas yang sama buat apa beli? :D

pake yang gratis aja toh.. hue6... daripada g membajak.. tak ok itu.. haha...

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-