Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Batu Karang

youngyoungan's picture

Berbagi cerita tentang batu karang..

Suatu hari, saya berlibur ke pantai bersama teman2 gereja. Jarak antara tempat kami berkumpul dengan tempat yang kami tuju cukup jauh, kira-kira 120 km. Saat itu, kami berangkat pukul 11.00 WIB. Di tengah hari yang begitu terik, kami tetap bersemangat menempuh perjalanan panjang kami. Waktu itu kami menuju pantai dengan mengendarai motor, kalau saya tidak lupa ada 8 motor. Semacam touring gitu! Seru dan kompak, sungguh menyenangkan!Setibanya di pantai yang menjadi tujuan kami, kami beristirahat sejenak. "Sepertinya kalau menginap di sini, kita tidak bisa bermalam dengan aman nih!" seru seorang teman. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk mencari pantai yang ada "space" untuk mendirikan tenda. Kami segera meluncur ke pantai lain yang letaknya tidak begitu jauh dari tempat tujuan kami yang pertama. "Nah! Kalau di sini, baru pas!" temanku yang lain berkomentar. "Sudah aman, ada warung makan dan penginapan, plus air bersih pula. Pas deh!" imbuhnya.

Di pantai kedua ini, Drini, teman-teman dan saya akhirnya bermalam. Saya sangat senang bisa melihat pemandangan pantai ini begitu indah, hamparan lautnya yang luas dipenuhi air yang terlihat biru kehijau-hijauan. Hmm, ciptaan Tuhan sungguh indah! Suasana pantai memang berbeda dari tempat-tempat yang lain. Di pantai kepenatan hati dan kegelisahan jiwa bisa dilepaskan. Setelah melihat melimpahnya air dan riak gelombang yang menari-nari, saya pun segera berlari ke tempat yang lebih tengah. Setelah lelah bermain-main akhirnya saya duduk-duduk sejenak di atas pasir yang kering.

Saat saya duduk di tepi pantai, saya melihat dua kelompok nelayan sedang pulang dari melaut. Saya pun tiba-tiba teringat dengan Yesus dan para murid. Saya membayangkan, mungkin seperti itulah kehidupan para murid Yesus (Simon Petrus, Andreas, Yakobus, dan Yohanes) sebelum mengikut Yesus. Mereka berangkat mencari ikan di pagi hari dan pulang di sore/malam hari. Seandainya Yesus masih hidup sebagai manusia di daerah ini, mungkin para nelayan itulah yang paling dekat dengan-Nya. Bersyukur, Tuhan Yesus sudah lahir dan menetap di dalam hati saya. Sekalipun saya tidak melihat-Nya, saya bisa merasakan kehadiran dan penyertaan-Nya. Tak lama kemudian, pandangan saya dibawa ke tempat yang tak jauh dari pantai itu. Batu karang. Di dekat saya duduk, ada satu batu karang yang besar. Batu itu ada di antara dua sisi pantai. Oleh karena keberadaan batu karang itu, kami yang ada di tepi pantai tidak terlalu terancam dengan datangnya gelombang besar. Gelombang yang melanda akan terhempas setiap kali menabrak batu karang itu. Sama seperti Yesus, Dia adalah Pelindung dan Penjaga hidup yang sejati. Setiap gelombang yang hadir melanda kehidupan kita sudah dikalahkan, sehingga kita tidak akan mengalami gelombang yang terlalu besar. "Gelombang-gelombang yang kamu hadapi ialah gelombang-gelombang biasa, yang tidak membahayakan hidupmu. Sebab Allah, Sang Batu Karang yang teguh dan setia akan membentengimu dan tidak akan membiarkanmu diterpa gelombang yang melebihi kekuatanmu. Pada waktu gelombang datang, Ia akan menahannya sehingga kamu tidak akan mengalami gelombang yang terlalu besar, sehingga kamu dapat menanggungnya." (bandingkan 1 Kor 10:13) Yesus adalah Batu Karang saya, jadi tidak peduli seberapa besar gelombang yang akan datang, saya tidak akan goncang. Yesus ada di barisan depan untuk melindungi saya. Betapa beruntungnya saya yang memiliki Batu Karang yang teguh, Yesus Kristus.

Sebenarnya ada banyak pelajaran yang bisa saya petik dari batu karang, misalnya di atas batu karang jemaat Tuhan akan didirikan (Matius 16:18), rumah yang didirikan di atas batu (karang) akan tetap kokoh ketika air bah dan banjir datang melanda rumah itu (Lukas 6:48), dan Yesus Kristus yang menjadi Batu Karang, yaitu landasan utama dan pertama dari gereja (1 Korintus 3:11). Yang paling saya syukuri adalah semakin lama saya semakin diajar untuk mampu melihat Yesus yang menyertai saya di mana pun saya berada. Thanks God!   

X-1's picture

kalo batu bata??

kalo batu bata mirip siapa??? 

xixixixixixixi...

__________________

mari gila bersama-sama dengan warna merah, kuning, hijau, dan biru..

 

 

youngyoungan's picture

Batu Bata

Batu bata tu kaya siapa ya...Undecided yang jelas ngga kaya aku lah... Tongue out

joli's picture

Batu bata ekspose

Batu bata, meski tak sekuat batu, namun dia diperhitungkan struktur untuk rumah tidak bertingkat bila di tumpuk dan di rekat menjadi dinding/tembok.

Batu bata, sering tidak terilhat di dalam rumah, kerena di tutupi plesteran, di perhalus dengan acian, di percantik dengan cat atau wallpaper.

Diantara murid Yesus, ada yang seperti batu bata, tidak terlalu kelihatan tertutup plester dan cat murid2 yang lain seperti petrus, yohanes, thomas, namun dia termasuk struktur.

Andreas, adalah murid Yohanes Pembabtis yang ikut Yesus. Salah satu murid2 pertama.. Andreas yang membawa Petrus kepada Yesus..

Yoh 1:35-42

Pada keesokan harinya Yohanes berdiri di situ pula dengan dua orang muridnya.
Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah!"
Kedua murid itu mendengar apa yang dikatakannya itu, lalu mereka pergi mengikut Yesus.
Tetapi Yesus menoleh ke belakang. Ia melihat, bahwa mereka mengikut Dia lalu berkata kepada mereka: "Apakah yang kamu cari?" Kata mereka kepada-Nya: "Rabi (artinya: Guru), di manakah Engkau tinggal?"
Ia berkata kepada mereka: "Marilah dan kamu akan melihatnya." Merekapun datang dan melihat di mana Ia tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama-sama dengan Dia; waktu itu kira-kira pukul empat. Salah seorang dari keduanya yang mendengar perkataan Yohanes lalu mengikut Yesus adalah Andreas, saudara Simon Petrus.
Andreas mula-mula bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Mesias (artinya: Kristus)."
Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata: "Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus)."

Andreas juga yang bersama Filipus, yang membawa beberapa orang Yunani yang ingin bertemu Yesus.

Yoh 12:20-22
Di antara mereka yang berangkat untuk beribadah pada hari raya itu, terdapat beberapa orang Yunani.
Orang-orang itu pergi kepada Filipus, yang berasal dari Betsaida di Galilea, lalu berkata kepadanya: "Tuan, kami ingin bertemu dengan Yesus."
Filipus pergi memberitahukannya kepada Andreas; Andreas dan Filipus menyampaikannya pula kepada Yesus.

Andreas, membawa orang-orang kepada Yesus. Batu bata yang tertutup plesteran, meski tidak nampak terkenal namun dia penyangga atap, pelindung rumah, dia  juga seperti "hub" pada komputer. Menghubungkan orang-orang kepada Tuhan.

Joli suka ama Andreas.
Sama seperti ketika membuat bangunan, bila ada kesempatan dan ada ruangan yang pas, meski sempit, kadang membuat dinding bata ekspos, tanpa di plester, bila di kerjakan dengan rapi akan nampak indah alami, eksotis.
Demikian pula bila ada kesempatan, seperti ini, ekspos Andreas. Dan ingin seperti Andreas, membawa teman2 mengenal Tuhan

X-1's picture

andreas X-1.. hi hi

wah! hebat ternyata..

Ga sangka bisa dikuliti macam begini.

Saya suka sama bagian ini

Andreas, membawa orang-orang kepada Yesus. Batu bata yang tertutup plesteran, meski tidak nampak terkenal namun dia penyangga atap, pelindung rumah, dia  juga seperti "hub" pada komputer. Menghubungkan orang-orang kepada Tuhan.

Joli suka ama Andreas. 
Sama seperti ketika membuat bangunan, bila ada kesempatan dan ada ruangan yang pas, meski sempit, kadang membuat dinding bata ekspos, tanpa di plester, bila di kerjakan dengan rapi akan nampak indah alami, eksotis. 
Demikian pula bila ada kesempatan, seperti ini, ekspos Andreas. Dan ingin seperti Andreas, membawa teman2 mengenal Tuhan

Saia juga mau jadi kayak ANdreas ah...

Andreas X-1...

Gimana bujol???

__________________

mari gila bersama-sama dengan warna merah, kuning, hijau, dan biru..

 

 

youngyoungan's picture

Joli = Smart

Terima kasih untuk urun pendapatnya Joli...

Keren! Kalau begitu ada juga yang berperan sebagai batu gamping dan batu marmer juga ya... semua berguna untuk pembangunan "Rumah Tuhan".

Yang penting jangan sampai jadi rumput kering ajalah... biar ngga diiket trus dibakar.. dan lenyap.. :)