Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Bengcu Menggugat Karena Berjanggut Namun Tidak Berjubah

hai hai's picture

Dunia memang penuh dengan orang Kristen aneh bin ajaib. Orang-orang berjanggut namun tidak berjubah. Mengaku pakar logika padahal Hukum Kontradiksi saja nggak paham. Sok berapologetika padahal berpikir logis saja tidak bisa.  Menuduh orang lain sesat pikir dengan TAKABUR padahal memahami arti kata SAMA dan SATU saja nggak mampu. Apa yang harus kita lakukan terhadap orang-orang demikian? Terus mengajarinya dengan harapan suatu saat dia mendapat pencerahan. Blog ini saya tulis untuk menanggapi blog Ma Kuru Paijo Budiwidayanto yang mengutip salah satu komentar saya di blog: Bengcu Menggugat karena Allah Mustahil Kembar Siam lalu mengulitinya di blognya. hai hai hanya berapologetika di SABDA Space.  Itu sebabnya dia melayani semua tantangan di SABDA Space.

Memahami Arti Kata SATU dan SAMA

SATU: 1 bilangan yg dilambangkan dng angka 1 (Arab) atau I (Romawi); 2 nama bagi lambang bilangan asli 1 (angka Arab) atau I (angka Romawi); 2 urutan pertama sebelum ke-2; 3 bilangan asli terkecil sesudah 0;

SAMA: 1 serupa (halnya, keadaannya, dsb), tidak berbeda; tidak berlainan: pd umumnya, mata pencaharian penduduk desa itu -- saja; kedua soal itu -- sulitnya; 2 berbarengan; bertepatan: kedua tamu itu datang pd waktu yg --; 3 sepadan; seimbang; sebanding; setara: sbg calon istri, pendidikan gadis itu tidak -- dng pendidikanmu;

SAMA: 1 dengan: anak itu ikut -- ayahnya ke kebun; 2 oleh: sekolahnya dibiayai -- pamannya; 3  pada (untuk menyatakan pelakunya banyak): penduduk -- meninggalkan desanya

Kerabatku sekalian, tersebut di atas adalah definisi kata SATU dan SAMA. SATU dan SAMA adalah DUA kata yang memiliki arti yang BERBEDA. Memiliki SATU tubuh berbeda dengan memiliki TUBUH yang SAMA. Memiliki tubuh yang SAMA artinya memiliki tubuh yang SERUPA.

Makuru (bukan nama sebenarnya) dan Esra Alfred Soru (bukan nama sebenarnya) memiliki TUBUH yang sama artinya keduanya memiliki tubuh yang SERUPA yaitu: tubuh manusia. Walaupun memiliki tubuh yang SAMA namun keduanya tidak SATU tubuh. Meskipun tubuhnya SERUPA namun masing-masing memiliki tubuh yang berbeda.  Walaupun SAMA alias SERUPA namun Tubuh Makuru (bukan nama sebenarnya) BUKAN tubuh Esra Alfred Soru (bukan nama sebenarnya). Apabila keduanya SATU tubuh, itu namanya KEMBAR SIAM.

Memiliki SATU hakekat berbeda dengan memiliki hakekat yang SAMA. Memiliki Satu HAKEKAT artinya hakekatnya hanya SATU. Memiliki hakekat yang SAMA artinya memiliki hakekat yang SERUPA. Makuru (bukan nama sebenarnya) dan Esra Alfred Soru (bukan nama sebenarnya) memiliki HEKEKAT yang SAMA yaitu: HAKEKAT manusia. Namun keduanya tidak SATU hakekat. Meskipun hakekat keduanya SAMA alias SERUPA namun masing-masing memiliki HAKEKAT yang berbeda. Hakekat  Esra Alfred Soru (bukan nama sebenarnya) bukan hakekat Makuru (bukan nama sebenarnya). Apabila SATU hakekat, itu berarti keduanya KEMBAR SIAM.

Doktrin Tritunggal termasuk doktrin monoteisme yang percaya kepada Allah Yang Maha Esa. Dan Allah Yang Maha Esa itu mempunyai tiga pribadi, bukan satu. Pribadi pertama adalah Allah Bapa, pribadi kedua adalah Allah Anak (Yesus Kristus) dan pribadi ketiga Roh Kudus. Tiga pribadi bukan berarti tiga Allah, dan satu Allah bukan berarti satu pribadi. Tiga pribadi itu mempunyai satu esensi atau sifat dasar (Yunani: Ousia, Inggris: substance) yang sama, yaitu Allah. Allah Bapa adalah Allah, Allah Anak adalah Allah dan Roh Kudus adalah Allah, namun ketiga-Nya mempunyai satu ousia, yaitu esensi Allah. Stephen Tong - Allah Tritunggal, hal 20-21

Doktrin Allah Tritunggal sama sekali tidak mengajarkan bahwa Bapa dan Anak dan Roh Kudus memiliki HAKEKAT yang SAMA alias SERUPA. Doktrin Allah Tritunggal teologi Reformed justru MENYANGKAL ajaran Bapa dan Anak dan Roh Kudus memiliki HAKEKAT yang SAMA alias SERUPA. Doktrin Allah Tritunggal mengajarkan bahwa Bapa dan Anak dan Roh Kudus SATU HAKEKAT. Para sarjana teologi yang memahami doktrin Allah Tritunggal dengan benar sama sekali tidak menyadari bahwa banyak yang tidak memahami doktrin Allah Tritunggal dengan BENAR karena mereka TIDAK memahami arti kata SATU dan SAMA dengan BENAR. Mereka menyangka SATU = SAMA. Kerabatku sekalian, setelah memahami arti kata SAMA dan SATU dengan benar, marilah kita mempelajari doktrin Allah Tritunggal dengan benar.

Hakekat = intisari = sari pati
Pribadi = Hakekat yang memiliki karakter khusus

Itulah definisi hakekat dan pribadi yang diajarkan oleh para Tritunggalian dalam doktrin Allah Tritunggal. Umumnya para Tritunggalian menggunakan LEMPUNG untuk menjelaskan DEFINISI hakekat dan tempayan dan kendi serta genteng untuk menjelaskan definisi PRIBADI.

Lempung = hakekat
Tempayan = pribadi
Kendi = pribadi
Genteng = pribadi

Saya menggunakan H2O dan Air serta Es dan Uap (gas) karena lebih gamblang dan tegas. Disamping itu juga untuk memancing komentar-komentar GENIUS dari para teolog BEJAT (benar-benar jahat) yang berusaha menyesatkan jemaat dengan berbagai cara.

Rumus molekul air = H2O
1 Molekul  air = 2 atom H (hidrogen) + 1 Atom O (Oksigen)

H2O Artinya di dalam 1 molekul air ada 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom Oksigen (O) yang terikat menjadi satu.

H2O = Hakekat
H2O dengan karakter khusus = Pribadi

H2O dengan karakter khusus beku = Es = Pribadi
H2O dengan karakter khusus cair = Air = Pribadi
H2O dengan karakter khusus uap = gas = Pribadi

H2O dengan karakter khusus =< 00 C = Es
H2O dengan karakter khusus 00 C <H2O<1000 C = Air
H2O dengan karakter khusus =>1000 C = Gas

Apabila anda mengambil 1 molekul H2O lalu membekukannya menjadi Es lalu mengambil 1 molekul lagi lalu mencairkannya menjadi AIR kemudian mengambil 1 molekul lagi dan menguapkannya menjadi GAS, maka anda memilik TIGA molekul H2O dengan TIGA karakter khusus (TIGA Pribadi) yang berbeda.

  1. Molekul H2O berwujud ES bukan molekul H2O berwujud AIR
  2. Molekul H2O berwujud ES bukan molekul H2O berwujud GAS
  3. Molekul H2O berwujud AIR bukan molekul H2O berwujud GAS

Dalam kondisi demikian, dikatakan bahwa ES dan AIR dan GAS memiliki HAKEKAT yang SAMA alias SERUPA yaitu H2O. Namun, ES dan AIR dan GAS dalam kasus tersebut di atas SAMA SEKALI tidak SATU hakekat. Kenapa demikian? Karena ES dan AIR dan GAS dalam kasus di atas memiliki TIGA hakekat yang BERBEDA walaupun SERUPA alias SAMA. Itulah yang disebut TIGA pribadi dengan HAKEKAT yang SAMA alias SERUPA.

  1.  1 molekul H2O dengan karakter khusus =< 00 C = Es
  2. 1 molekul H2O dengan karakter khusus 00 C <H2O<1000 C = Air
  3. 1 molekul H2O dengan karakter khusus =>1000 C = Gas

Apa yang disebut TIGA Pribadi SATU hakekat? TIGA Pribadi SATU hakekat artinya: Es, Air dan Gas BERUPA 1 molekul H2O. Apakah hal demikian mungkin? Tidak mungkin. Kenapa demikian? Karena:

  1. Untuk disebut ES, H2O harus bersuhu:  =< 00 C. H2O yang tidak memenuhi KARAKTER =< 00 C = NON ES.
  2. Untuk disebut Air, H2O harus bersuhu: 00 C <H2O<1000 C. H2O yang tidak memenuhi KARAKTER  00 C <H2O<1000 C = NON AIR.
  3. Untuk disebut GAS, H2O harus bersuhu: =>1000 C. H2O yang tidak memenuhi KARAKTER =>1000 C = NON GAS (uap).

Bagaimana dengan 1 molekul H2O yang memiliki TIGA karakter BERBEDA yaitu: =< 00 C. H2O dan 00 C <H2O<1000 C dan =>1000 C? Bukankah itu yang disebut SATU hakekat (H2O) TIGA Pribadi (Es dan Air dan Gas)? Tentu saja bukan. Kenapa demikian? Karena;

  1.  H2O dengan Karakter : =< 00 C dan 00 C <H2O<1000 C dan =>1000 C, bukan H2O dengan karakter  =< 00 C
  2. H2O dengan Karakter : =< 00 C dan 00 C <H2O<1000 C dan =>1000 C, bukan H2O dengan karakter  00 C <H2O<1000 C
  3.  H2O dengan Karakter : =< 00 C dan 00 C <H2O<1000 C dan =>1000 C, bukan H2O dengan karakter  =>1000 C

Kerabatku sekalian, setelah memahami arti kata SAMA dan SATU dengan benar, memahami arti kata HAKEKAT dan PRIBADI dengan benar, maka anda pun tidak mengalami kesulitan untuk memahami doktrin Allah Tritunggal dengan benar. Selanjutnya tidak sulit bagi anda untuk melihat KEGENIUSAN Ma Kuru Paijo Budiwidayanto yang dia tuangkan dalam blognya di bawah ini.

Di dalam blognya yang berjudul: Hai Hai Menulis Penuh Polemik, Tetapi Rupanya Kosong!, Ma Kuru Paijo Budiwidayanto (Bhuku) menulis:

Beberapa saat yang lalu saya membaca sebuah komentar yang dibuat oleh seorang yang menyebut diri Hai Hai di sabdaspace di bawah tulisan yang membahas tentang Tritunggal. Tulisan tersebut, seperti biasanya tulisan Hai Hai penuh dengan sesat pikir. Begitu banyak sehingga hanya orang yang terintimidasi bahasa retoris yang digunakan Hai Hai atau orang-orang tak berpikir saja yang tidak bisa melihat sesat pikir yang ada di sana. Di masa lampau saya sudah mengupas tulisannya dan tidak ada respon yang berarti selain sesat pikir di atas sesat pikir yang dituliskannya. Karena itu sebenarnya saya sudah malas mengulas segala macam sesat pikir yang dia kemukakan. Tetapi melihat perilakunya yang makin menjadi-jadi dan tidak segan-segan menipu orang dengan berbicara hal yang sebenarnya dia tidak paham, saya terdorong untuk tulis. Mungkin saya akan menulis lagi kalau saya terdorong lagi membongkar kebodohan yang dilakukan Hai Hai.

Dalam tulisan ini saya tidak akan membahas apa yang dia tuliskan tetapi komentarnya untuk membalas komentar pak Esra Soru. Di bawah ini adalah kutipan yang dia katakan:

Apa yang terjadi dengan AIR yang H2O-nya TIDAK berbentuk AIR? Itu bukan AIR alias NON air. Apa yang terjadi bila Es, H2O-nya TIDAK berbentuk Es? Itu bukan ES alias NON ES. Apa yang terjadi bila UAP, H2O-nya tidak berbentuk UAP? Itu bukan UAP alias NON UAP.

Bila demikian, mungkinkah AIR dan ES serta UAP memiliki SATU hakekat? MUSTAHIL!     Kenapa demikian? Karena H2O yang tidak berbentuk Air adalah NON AIR. H2O yang tidak berbentuk UAP adalah NON UAP. H2O yang tidak berbentuk ES adalah NON ES.

    AIR = NON AIR = melanggar HUKUM kontradiksi.
    Es = Non Es = Melanggar Hukum kontradiksi
    Uap = Non UAP = melanggar Hukum kontradiksi

kisanak, AIR dan ES serta UAP memiliki hakekat yang SAMA namun MUSTAHIL memiliki SATU hakekat. Kenapa demikian? Karena itu MELANGGAR hukum KONTRADIKSI.

    Allah = Hakekat
    Bapa = Pribadi
    Anak = Pribadi
    Roh Kudus = Pribadi

    Allah yang BUKAN Bapa = Non Bapa
    Allah yang BUKAN Anak = Non Anak
    Allah yang BUKAN Roh Kudus = Non Roh Kudus

    Bapa = Non Bapa
    Anak = non Anak
    Roh Kudus = Non Roh Kudus

    Kisanak, itu melanggar HUKUM KONTRADIKSI.

    Ha ha ha ha ha ha ha ha …. TIDAK ada yang MUSTAHOL bagi Allah ya? ha ha ha ha ha ….

Jelas bahwa komentar ini menyerang argumen yang menganalogikan tiga sifat air yang berbeda-beda (cair, uap air, dan es) walaupun rumus molekulnya sama yaitu H2O dengan Ketritunggalan Allah dimana Allah memiliki tiga pribadi walaupun esensinya satu/sama.

Dia mengatakan bahwa walaupun air tidak sama dengan uap air dan tidak sama dengan es, tetapi ketiganya bisa saja memiliki esensi yang sama walaupun bukan satu.

Rupanya Hai Hai setuju dengan orang yang menggunakan contoh ini sebagai analogi ketritunggalan Allah dimana ‘esensi’ dianalogikan kepada rumus molekul dari air, uap air, dan es. Ketiga wujud ini memiliki rumus molekul yang sama yaitu H2O. Jadi ketiganya memiliki esensi yang sama dan hanya satu. So far, so good.

Tetapi pernyataan berikutnya menunjukkan bahwa dia melakukan sesat pikir (sesuatu yang lazim dalam tulisan Hai Hai) yang bernama ekuivokasi. Perhatikan bahwa awalnya dia secara implisit setuju bahwa esensi merujuk kepada rumus molekul sehingga walaupun H2O memiliki lebih dari satu bentuk, esensinya sama. Tetapi saat menyerang lawannya yang mengatakan bahwa es, uap air, dan air hanya memiliki satu esensi, dia menjadi tidak konsisten lagi. Dia tidak lagi menggunakan esensi dengan definisi yang sama, tetapi merubah definisi esensi. Kesalahan seperti ini disebut ekuivokasi.

Agar ini tidak dipersalahkan hanya sebagai sebuah klaim, saya akan menjelaskan alasan mengapa saya katakan dia merubah definisi esensi. Kalau misalnya dia masih menggunakan esensi dengan definisi yang sama, maka hakekat air, uap air, dan adalah satu yaitu H2O. Hakekatnya bukan dua. Hakekatnya bukanlah dua. H2O + H2SO4 misalnya atau H2O + HCl, dll dst. Hakekatnya juga bukan tiga. Bukan H2O + MgSO4 + NaCl atau bukan juga H2O + CaCl2+ CaCO3, dll dst. Jadi tidak ada masalah dengan mengatakan bahwa hakekat Es, dan Air, serta Uap Air adalah satu yaitu H2O. Itu bukan kontradiksi.

Karena itu bukan kontradiksi, maka serangan Hai Hai terhadap doktrin Tritunggal via serangan terhadap analogi yang digunakan adalah serangan yang gagal. Serangan ini gagal karena argumentasi yang dibangun adalah sebuah ekuivokasi.  Kalau kesalahan seperti ini tidak terdeteksi yang empunya argumen, bagaimana mungkin kita dapat mempercayai tulisannya yang lain? OK, saya paham bahwa ini saja tidak bisa dijadikan sebagai dasar untuk menolak semua yang dikatakan Hai Hai, tetapi pengalaman saya membaca tulisan orang ini berdiskusi dengan dia, sudah lebih dari cukup untuk membuat saya percaya bahwa hampir semua yang dia tuliskan penuh dengan sesat pikir yang dia tidak sadari atau dia sadari tetapi dia tidak mau akui. Walaupun ada kemungkinan bahwa dia sadar sedang menipu saat menulis sesat pikir seperti ini, saya masih bersedia berasumsi bahwa dia hanya tidak paham namun terlalu bersemangat.

Kalau anda sekalian mau membaca tulisannya, silahkan baca dan perhatikan baik-baik argumentasinya.  Jangan terkesima dengan retorika yang dikemukakan! Retorika adalah sesuatu yang menipu. Bedah argumentasinya dan lihat bobroknya. Dan kalau ada kroni-kroni Hai Hai yang mau membantah argumentasi saya, silahkan kemukakan bagaimana tidak validnya argumentasi saya. Saya tidak hanya mau asal klaim seperti yang dilakukan selama ini!

Update: Saya baru saja berdiskusi dengan teman Ma Mone, kesalahan lain Hai Hai terungkap. Kalaupun misalnya (seandainya) si Hai Hai tidak melakukan ekuivokasi seperti yang dikatakan di atas, maka dia melakukan serangan strawmen. Dia melakukan serangan strawmen karena jelas orang Kristen yang menggunakan air sebagai analogi Tritunggal jelas menganalogikan hakekat dengan rumus molekul air yaitu H2O. Lepas dari ekuivokasi, si Hai Hai terjatuh ke dalam strawmen. Mengejutkan? Buat saya tidak!

Bengcu Menggugat:

Aneh bin ajaib! Ma Kuru Paijo Budiwidayanto mengaku dirinya pakar ilmu logika. Dari hari ke hari getol sekali mengagul-agulkan diri berpikir logis dan menuduh orang lain sesat pikir. Menuduh hai hai sesat pikir padahal dia sama sekali tidak memahami arti kata SAMA dan SATU? Ha ha ha ha ha ..... Benar-benar LOGIS! Logis dari hongkong? Apakah unjuk kekonyolannya bisa disebut sesat pikir? Mustahil! Kenapa demikian? Karena untuk sesat pikir seseorang harus berpengetahuan. Orang yang pengetahuannya kosong melompong mustahil sesat pikir. Orang yang hanya BERLAGAK berpikir mustahil sesat pikir.

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto jangan bodoh. SATU dan SAMA adalah DUA kata yang memiliki arti yang BERBEDA. Es dan Air dan Uap (gas) memiliki hakekat (esensi) yang SAMA yaitu H2O. Walaupun hakekatnya SERUPA yaitu H2O namun Es dan Air dan Uap (gas) MUSTAHIL SATU hakekat. Memiliki hakekat yang SAMA artinya hakekatnya SERUPA, bukan SATU hakekat alias memiliki SATU hakekat. Kisanak, belajar baik-baik dulu ya? Setelah memahami arti kata SAMA dan SATU, baru menulis komentar lagi ya, pada saat itu saya akan mengajari anda BERPIKIR. Setelah anda belajar berpikir baru nanti saya ajari anda berpikir tanpa sesat pikir. Sementara itu, berhentilah BERLAGAK berpikir apalagi BERLAGAK ahli pikir. Ha ha ha  ha ha ...

Kisanak, bukankah sudah berkali-kali saya memberitahu anda dengan berbagai kalimat yang berbeda? Baiklah saya ulangi lagi saat ini dengan harapan, siapa tahu anda mendapat pencerahan. Ma Kuru Paijo Budiwidayanto, ketahuilah bahwa orang yang TIDAK mampu memahami HUKUM KONTRADIKSI dengan BENAR, mustahil mampu berpikir dengan LOGIS. Yang penting adalah pengetahuan, bukan LAGAK. Untuk apa BERLAGAK setinggi langit sementara pengetahuannya kosong melompong? Pengetahuan didapat dari BELAJAR, bukan BERLAGAK. Oleh karena itu, kisanak. BERHENTILAH berlagak PINTER dan mulailah BELAJAR agar menjadi pinter.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Blogger TOP Hai hai

Blogger TOP Hai hai menulis:

  1. Untuk disebut ES, H2O harus bersuhu:  =< 00 C. H2O yang tidak memenuhi KARAKTER =< 00 C = NON ES.
  2. Untuk disebut Air, H2O harus bersuhu: 00 C <H2O<1000 C. H2O yang tidak memenuhi KARAKTER  00 C <H2O<1000 C = NON AIR.
  3. Untuk disebut GAS, H2O harus bersuhu: =>1000 C. H2O yang tidak memenuhi KARAKTER =>1000 C = NON GAS (uap).

 

Saya tahu bahwa anda adalah seorang Blogger TOP. Tapi anda menulis hal yang MUSTAHIL terjadi. Yaitu anda menulis bahwa untuk disebut aiar H2O harus bersuhu 0 C < T < 1000 C ???

Orang yang paham Termodinamika akan tahu bahwa H2O mempunyai fasa cair (air) pada temperatur di bawah 374 C dan tekanan di bawah 225 ATM. Ini disebut dengan Critical point dari H2O. Artinya pada temperatur di atas 374 C (tekanan berapa saja), misalnya 900 C, H2O tidak mungkin menjadi AIR (fasa CAIR). Karena pada temperatur di atas 374 C akan berfasa supercritical fluid bila tekanan di atas 225 ATM, atau berfasa gas bila tekan di bawah 225 ATM.

A supercritical fluid is any substance at a temperature and pressure above its critical point, where distinct liquid and gas phases do not exist. It can effuse through solids like a gas, and dissolve materials like a liquid.

 

Sekedar sharing saja, wajar koq seorang BLOGGER TOP menulis hal yang MUSTAHIL TERJADI, wong namanya juga Blogger TOP ! Tongue out

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@Debu Tanah, hai hai Memang TOP

Debu tanah, saya bukan ahli termodinamika oleh karena itu hanya menggunakan pelajaran keals 3 SD yang masih saya ingat yaitu Air membeku pada suhu =<00 C mendidih dan menjadi uap pada suhu 1000 C.

Tadi saya buru-buru harus menjemput anak kami pulang sekolah karena hujan deras makanya nggak sempat mengoreksi FORMAT SUPERSCRIP untuk 0 dibelakang angka suhu. Bila anda mau mengajarkan pengetahuan tentang titik BEKU dan TITIP menguap H2O, saya akan senang sekali.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Blogger TOP Hai hai (2)

Blogger TOP Hai hai menulis:

[Saya menggunakan H2O dan Air serta Es dan Uap (gas) karena lebih gamblang dan tegas. Disamping itu juga untuk memancing komentar-komentar GENIUS dari para teolog BEJAT (benar-benar jahat) yang berusaha menyesatkan jemaat dengan berbagai cara.

Apabila anda mengambil 1 molekul H2O lalu membekukannya menjadi Es lalu mengambil 1 molekul lagi lalu mencairkannya menjadi AIR kemudian mengambil 1 molekul lagi dan menguapkannya menjadi GAS, maka anda memilik TIGA molekul H2O dengan TIGA karakter khusus (TIGA Pribadi) yang berbeda. ]

Orang yang paham Kimia tahu bahwa SATU molekul saja tidak akan membentuk air dalam bentuk cair, SATU molekul saja juga tidak akan membentuk Es dan SATU molekul juga tidak akan membentuk gas.

Kenapa air (H2O) bisa berfasa padat (es) , cair (Air) dan gas (uap air) ? Air dalam bentuk padat, cair dan gas adalah KUMPULAN molekul-molekul H2O, dimana:

Fasa Es (padat) terjadi karena ANTAR molekul H2O terdapat ikatan valensi (electron) yang sangat kuat sehingga ANTAR molekul-molekul tidak dapat saling bergerak.

Fasa Air (cair) terjadi karena terdapat ikatan ANTAR molekul H2O yaitu berupa gaya kohesi yang mengikat tetapi masih  memungkinkan ANTAR molekul-molekul saling bergerak.

Fasa Gas (uap air) terjadi karena TIDAK terdapat ikatan ANTAR molekul H2O, sehingga semua molekul bebas bergerak.

Kesimpulan:

Blogger TOP itu tidak paham apa itu Zat Padat, Zat Cair dan Gas sehingga membuat / menjelaskan ilustrasi yang NGAWUR dan MUSTAHIL terjadi.

Sekedar sharing saja, tapi wajar koq seorang Blogger TOP membuat ilustrasi yang MUSTAHIL TERJADI, wong namanya juga Blogger TOP !

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@Debu Tanah, hai hai Memang TOP 2

debu tanah, hai hai memang top. Terima kasih untuk penjelasannya. Saya sudah katakan kepada anda bahwa ketika membuat perumpamaan, saya menggunakan pengetahuan yang di dapat di kelas 3 SD. Ha ha ha ha ha ...... di samping itu coba anda baca tulisan saya ini:

[Saya menggunakan H2O dan Air serta Es dan Uap (gas) karena lebih gamblang dan tegas. Disamping itu juga untuk memancing komentar-komentar GENIUS dari para teolog BEJAT (benar-benar jahat) yang berusaha menyesatkan jemaat dengan berbagai cara.

Sabar ya kisanak. Nanti saya copy paste komentar-komentar yang SUDAH saya DUA pasti akan MUNCUL. Ha ha ha ha ha ... ketahuilah, saya sudah menantang orang-orang Ke SABDA Space lho agar mereka diberi KULIAH ilmu FISIKA dan KIMIA. Ketika menatang mereka yang terbayang di benak saya adalah Anda. Sekarang anda mengajarkannya. Itu bagus sekali.

Sudah berkali-kali saya ingatkan. hai hai BISA SESAT! hai hai BISA SESAT! Itu sebabnya mari kita BAHU membahu untuk MENGUJI segalanya. Dengan demikian, kita saling MENJAGA agar tidak saling MENYESATKAN. SEkali lagi, thanks sudah mengajarkan ilmu Termodinamika.

Perlu anda ketahui bahwa SAYA tidak pernah TAHU bahwa 1 molekul AIR tidak bisa diBEKuKAN menjadi ES, dicarikan menjadi AIR serta diupkan menjadi GAS. SEkali lagi terima kasih untuk ajarannya.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Blogger TOP Hai hai (3), SATU dan SAMA

Oke, sementara cukup kuliah Fisika dan Kimia, kita kembali ke materi inti.

Paijo menulis:

[ Agar ini tidak dipersalahkan hanya sebagai sebuah klaim, saya akan menjelaskan alasan mengapa saya katakan dia merubah definisi esensi. Kalau misalnya dia masih menggunakan esensi dengan definisi yang sama, maka hakekat air, uap air, dan adalah satu yaitu H2O. Hakekatnya bukan dua. Hakekatnya bukanlah dua. H2O + H2SO4 misalnya atau H2O + HCl, dll dst. Hakekatnya juga bukan tiga. Bukan H2O + MgSO4 + NaCl atau bukan juga H2O + CaCl2+ CaCO3, dll dst. Jadi tidak ada masalah dengan mengatakan bahwa hakekat Es, dan Air, serta Uap Air adalah satu yaitu H2O. Itu bukan kontradiksi. ]

Blogger TOP Hai hai menulis:

[ Ma Kuru Paijo Budiwidayanto jangan bodoh. SATU dan SAMA adalah DUA kata yang memiliki arti yang BERBEDA. Es dan Air dan Uap (gas) memiliki hakekat (esensi) yang SAMA yaitu H2O. Walaupun hakekatnya SERUPA yaitu H2O namun Es dan Air dan Uap (gas) MUSTAHIL SATU hakekat. Memiliki hakekat yang SAMA artinya hakekatnya SERUPA, bukan SATU hakekat alias memiliki SATU hakekat. Kisanak, belajar baik-baik dulu ya? Setelah memahami arti kata SAMA dan SATU, baru menulis komentar lagi ya, pada saat itu saya akan mengajari anda BERPIKIR. Setelah anda belajar berpikir baru nanti saya ajari anda berpikir tanpa sesat pikir. Sementara itu, berhentilah BERLAGAK berpikir apalagi BERLAGAK ahli pikir. Ha ha ha  ha ha ... ]

Sepertinya saya menangkap perbedaan persepsi 2 orang di atas:

1.    Paijo berkata bahwa SAMA dan SATU bisa IDENTIK.

2.    Hai hai mempermasalahkan bahwa SAMA dan SATU itu BERBEDA.

Ilustrasi Es, Air dan Uap yang saya tahu adalah sbb:

AIR yang sama (H2O), mempunyai fasa yang berbeda (pribadi) yaitu Es (Bapa), Air (Yesus ) dan Uap (Roh Kudus). Tetapi kelemahan ilustrasi ini adalah Es, Air dan uap TIDAK eksis pada saat yang BERSAMAAN.”


Makna yang saya tangkap:

Jadi AIR yang sama (katakanlah SATU GELAS AIR) BERUBAH fasa dari ES menjadi AIR (Cair) dan kemudian dari AIR (cair) menjadi GAS. SATU gelas air berfasa ES adalah BAPA, kemudian SATU gelas es itu berubah menjadi AIR (YESUS), kemudian SATU gelas es itu berubah menjadi UAP (Roh Kudus).

JADI, analogi ini tidak punya masalah dengan hakekat nya adalah SATU & SAMA. Karena memang ada SATU GELAS AIR dan mempunyai rumus kimia yang sama yaitu H2O. Jadi bisa mewakili HAKEKAT yang SAMA dan SATU (= Satu GELAS). Dan SATU GELAS itu mempunyai fasa yang berbeda yaitu ES, AIR & UAP (Pribadi yang berbeda : Bapa, Yesus & Roh Kudus).
 

Kesimpulan : >> TIDAK MASALAH soal SATU & SAMA !!

Catatan Penting: Seperti kutipan di atas, analogi-analogi yang lain, analogi ini mempunyai KELEMAHAN yaitu: Es, Air dan uap dalam ilustrasi di atas tidak ada pada saat yang BERSAMAAN. Padahal Alkitab mengajarkan bahwa Bapa, Yesus dan Roh Kudus adalah KEKAL (ada di saat yang bersamaan).

MODIFIKASI:

Nah, saya akan memodifikasi ilustrasi itu supaya Es, Air dan Roh Kudus eksis di saat yang BERSAMAAN.

SATU GELAS air berfasa ES diletakkan dibawah matahari, sehingga sebagian ES, berubah fasa menjadi AIR, dan kemudian sebagian air berubah menjadi UAP.”

ES mewakili Bapa, AIR mewakili Yesus dan UAP mewakili Roh Kudus.

Jadi perumpamaan di atas (yang sudah saya modifikasi) bisa menjelaskan bahwa HAKEKAT nya adalah SATU (Satu Gelas) & SAMA (H2O) dan mempunyai 3 fasa : Es, Air dan Uap di saat yang bersamaan.

TAPI, mungkin ada lagi orang iseng komplain: Lho tapi Bapa, Yesus & Roh Kudus masing menjadi 1/3 gelas H2O dong? Bukan SATU Bapa, SATU Yesus dan SATU Roh Kudus ?

Cape deh, namanya juga ANALOGI !!!

 

Tapi sebagai pertimbangan: Bapa, Yesus dan Roh Kudus adalah ROH, artinya tidak dibatasi oleh RUANG, jadi SATU GELAS Roh sama saja dengan 1/3 GELAS Roh, karena Roh Allah tidak dibatasi Ruang.

Bagaimana Blogger TOP Hai hai ?

 

NB:

Dalam blog di atas Blogger Hai hai menyerang pemahaman yang dia SANGKA dianut oleh Paijo ! Paijo meyebut ini sebagai STRAWMEN. 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

mama nia's picture

@Deta, sama gak ya?

Deta: “SATU GELAS air berfasa ES diletakkan dibawah matahari, sehingga sebagian ES, berubah fasa menjadi AIR, dan kemudian sebagian air berubah menjadi UAP.” Ilustrasi Deta di atas intinya sama gak ya dgn ilustrasi kembar siam (3) dari Ko hai hai?
Debu tanah's picture

@ Mama nia, saya tidak tahu

Saya masih belum bisa berkomentar. Karena saya belum mengerti apa itu Allah kembar Siam yand dimaksud Blogger TOP itu? Hehehe..

Silakan baca komentar saya yang no. 4, menurut pemahaman mu sama ndak ya ? Surprised

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

mama nia's picture

@Deta, sama gak ya?

Deta: “SATU GELAS air berfasa ES diletakkan dibawah matahari, sehingga sebagian ES, berubah fasa menjadi AIR, dan kemudian sebagian air berubah menjadi UAP.” Ilustrasi Deta di atas intinya sama gak ya dgn ilustrasi kembar siam (3) dari Ko hai hai?
Erin Naibaho's picture

debu tanah

boleh kenalan dengan debu tanah??

 

__________________

pemalas

Debu tanah's picture

Salam kenal Erin

Halo, salam kenal Erin, saya Debu tanah alias Deta. Cool

 

 

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@Deta, SATU bukan SAMA

Debu tanah, anda harus paham perbedaan SATU dan SAMA. Harus benar-benar paham. Coba anda perhatikan yang ditulis oleh Ma Kuru.

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: ‎Hai Hai Bencong, loe tunjukkan kebodohan lu aja di mana-mana. Dikasihtaupun sama saja dengan memberikan mutiara kepada mulut babi. Supaya lu tau, sama dan satu bukanlah dua hal yang tidak bisa berada bersama. Hakekat air, uap air, dan es adalah sama yaitu hanya H2O. Dan hakekatnya juga hanya satu yaitu hanya H2O bukan H2O + H2SO4 + NaCl, misalnya. Atau H2O + CaCl2 + CaCO3. dll dst. Hanya satu saja hakekatnya yaitu H2O. Dengan kata lain loe di sana hanya menyerang strawmen karena pengertian loe mengenai hakekat bukanlah pengertian yang dipegang oleh mereka yang loe serang. Dengan kata lain lagi Loe hanya sedang masturbasi intelektual. Tidak lebih dan tidak kurang!

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Dan hakekatnya (red: air, uap air, dan es) juga hanya satu yaitu hanya H2O bukan H2O + H2SO4 + NaCl

Orang tersebut tidak tahu perbedaan arti kata SAMA (SERUPA) dan SATU.

apa bila diambil 1 gelas air misalnya berisi 900 molekul H2O. lalu 300 molekul dibekukan dan 300 dicairkan serta 300 diuapkan maka terdapatlah:

  1. ES = 300 molekul H2O
  2. Air = 300 H20
  3. Gas = 300 H20.

300 molekul (hakekat) H2O dengan karakter khusus beku (es) BUKAN 300 molekul (hakekat) H2O dengan karakter khusus Cair (air).

300 molekul (hakekat) H2O dengan karakter khusus beku (es) BUKAN 300 molekul (hakekat) H2O dengan karakter khusus gas (uap).

300 molekul (hakekat) H2O dengan karakter khusus cair (air) BUKAN 300 molekul (hakekat) H2O dengan karakter khusus gas (uap).

Ke 900 molekul air itu SAMA alias SERUPA namun TIDAK SATU.

Deta:SATU GELAS air berfasa ES diletakkan dibawah matahari, sehingga sebagian ES, berubah fasa menjadi AIR, dan kemudian sebagian air berubah menjadi UAP.” ES mewakili Bapa, AIR mewakili Yesus dan UAP mewakili Roh Kudus. Jadi perumpamaan di atas (yang sudah saya modifikasi) bisa menjelaskan bahwa HAKEKAT nya adalah SATU (Satu Gelas) & SAMA (H2O) dan mempunyai 3 fasa : Es, Air dan Uap di saat yang bersamaan. TAPI, mungkin ada lagi orang iseng komplain: Lho tapi Bapa, Yesus & Roh Kudus masing menjadi 1/3 gelas H2O dong? Bukan SATU Bapa, SATU Yesus dan SATU Roh Kudus? Cape deh, namanya juga ANALOGI !!!

Debu Tanah yang terhormat, di dalam perumpamaan anda, yang terjadi bukan SATU hakekat, namun SAMA alias SERUPA hakekatnya. Kenapa demikian? Karena H2O yang menjadi ES bukan H2O yang menjadi Air maupun UAP.

Itu sebabnya, di dalam perumpamaan saya, saya gunakan 1 molekul H2O untuk meng-GAMBLANGKAN arti SATU dan SAMA serta definisi HAKEKAT dan PRIBADI (hakekat dengan karakter khusus).

1 molekul air yang saya gunakan untuk perumpamaan itu SEMPURNA untuk doktrin Allah Tritunggal sampai anda beritahu bahwa 1 Molekul air tidak BISA menjadi CAIR dan UAP serta ES ketika suhunya BERUBAH.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mama nia's picture

@Ko hai hai, SAMA2 Allah dan SATU Allah (monotheis)

Ko, berarti ilustrasi Deta menunjukkan 3 pribadi (es,air,uap) dengan hakekat yg SAMA namun bukan SATU hakekat, artinya masing2 pribadi mengandung unsur (hakekat) yg sama yaitu H2O namun terpisah karena H2O yg jadi es bukan H2O yg jadi air dan uap, makanya disebut bukan SATU hakekat. Kalo dibawa ke konsep Allah,jadinya ada 3 pribadi yang SAMA2 Allah.

Sementara ilustrasi Ko ttg kembar siam (3), itu menunjukkan 3 pribadi (es,air,uap) dengan SATU hakekat (H2O) artinya es,air dan uap dibentuk dari  hakekat (H2O) yg SATU. Kalo dibawa ke konsep Allah Tritunggal, jadinya ada 3 pribadi namun SATU hakekat alias SATU Allah (monotheis), ini yg Ko sebut irasional alias gak masuk akal.

Begitu ya Ko?

hai hai's picture

@mama Nia, Tritheisme VS Tritunggalisme

Mama nia,

Bapa dan Anak dan Roh Kudus memiliki hakekat yang SAMA = Tritheisme = Politeis

Bapa dan Anak dan Roh Kudus SATU hakekat = Tritunggalisme = Monotheis (katanya)

Baik Teolog Katolik maupun Kristen (Reformed) menganut Tritunggalisme dan MENYATAKAN Tritheisme ajaran SESAT. Namun, ketika BERAPOLOGETIKA, para TRITUNGGALIAN akan MENGHALALKAN segala CARA. Salah satu JURUS yang paling AMPUH adalah yang dilakukan oleh Esra Alfred Soru, Budi Asali lalu diikuti murid mereka Ma Kuru yaitu jurus:

SATU = SAMA

Doktrin Allah Tritunggal TIDAK pernah dibandingkan dengan doktrin diofisitisme (Yesus satu pribadi DUA hakekat). Kenapa demikian?

Bapa dan Anak dan Roh Kudus SATU hakekat TIGA Pribadi

Yesus DUA hakekat SATU Pribadi

Dengan menyatukan DUA doktrin tersebut di atas bukankah yang terjadi adalah:

TRI pribadi dan DWI hakekat

bukankah doktrin yang benar adalah Allah TRI pribadi DWI hakekat alias TRI-DWI, bukan TRI-TUNGGAL?

itulah yang saya maksudkan dengan IRASIONAL

Hakekat = SARIPATI

Pribadi = HAKEKAT dengan KARAKTER khusus

Hakekat dengan KARAKTER khusus BAPA = Bapa

Hakekat dengan Karakter khusus Anak = Anak

Hakekat dengan karakter khusus Roh Kudus = Roh Kudus

Bapa BUKAN Anak juga bukan Roh Kudus dan Anak juga bukan Roh Kudus

Agar kebenaran tersebut terjaga itu berarti;

Di dalam HAKEKAT Bapa tidak boleh ada PRIBADI (karakter khusus) NON Bapa

Di dalam HAKEKAT Anak tidak boleh ada PRIBADI (karakter khusus) NON Anak

Di dalam HAKEKAT Roh Kudus tidak boleh ada PRIBADI (karakter khusus) NON Roh Kudus

Itu sebabnya Bapa dan Anak dan Roh Kudus MUSTAHIL memiliki SATU hakekat.

untuk menghadapi kemuskilan demikianlah para teolog Kristen main PAT PAT GULIPAT:

SATU = SAMA

Bapa memiliki hakekat Allah

anak memiliki hakekat Allah

Roh Kudus memilikii hakekat Allah

Bapa dan Anak dan Roh Kudus Hakekatnya SAMA yaitu Allah

Bapa dan Anak dan Roh Kudus hanya punya SATU Hakekat yaitu Allah

Bapa dan Anak dan Roh Kudus Hakekatnya SAMA/SATU yaitu Allah

Itulah yang saya sebut IRASIONAL

Sesungguhnya banyak orang yang SUDAH menyadari permainan PAT PAT GULIPAT SATU = SAMA. Namun sayangnya mereka TIDAK menemukan CARA untuk MEMBONGKARNYA. Anda bisa melihatnya sendiri di Internet bagaimana orang-orang demikian akhirnya hanya bisa MENGELUS dada karena orang-orang Kristen kekeh jumekeh BERLAGAK pilon tidak tahu bahwa SATU dan SAMA berbeda artinya.

Ha ha ha ha ha ......  Itu sebabnya dikatakan bahwa Doktrin Allah Tritunggal MUSTAHIL dipahami dengan AKAL BUDI. Karena Doktrin Allah Tritunggal IRASIONAL.

 

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Blogger TOP Hai hai (4), SATU sudah pasti SAMA

[Debu Tanah yang terhormat, di dalam perumpamaan anda, yang terjadi bukan SATU hakekat, namun SAMA alias SERUPA hakekatnya. Kenapa demikian? Karena H2O yang menjadi ES bukan H2O yang menjadi Air maupun UAP. ]

Saya menjelaskan apa yang mungkin dianut oleh PAIJO. Ini tentu harus dikonfirmasi langsung oleh Paijo apa benar demikian pemahaman dia, tetapi yang jelas dia MEMBANTAH tuduhan anda lho !

Perlu juga saya tegaskan juga bahwa saya mencoba menyelaraskan ilustrasi ES, AIR dan UAP dengan ajaran TRITUNGGAL yang diajarkan oleh Alkitab, menurut saya.

Oke saya jelaskan kembali:

H2O dalam fasa ES yang tadi nya SATU (satu gelas ES) kemudian sebagian berubah menjadi AIR dan sebagian AIR berubah menjadi UAP.

Artinya:

AIR yang terbentuk adalah BERASAL dari ES, Jadi ES dan AIR adalah SATU. Dengan kata lain molekul H2O dalam fasa ES berubah menjadi molekul AIR dalam fasa AIR. UAP yang terbentuk adalah BERASAL dari AIR, dan AIR berasal dari ES, Jadi UAP dan ES adalah SATU, dan UAP dan AIR adalah SATU. Dengan kata lain molekul H2O dalam fasa AIR berubah menjadi molekul H2O dalam fasa UAP.

Saya beri kode supaya lebih jelas:

SATU gelas air dimana A = 1/3 bagian pertama, B = 1/3 bagian ke 2 dan C = 1/3 bagian ke 3.

A (1/3 gelas H2O), B (1/3 gelas H2O) dan C (1/3 gelas H2O) adalah SATU.

Karena terkena panas, bagian B & C mencair menjadi AIR (cair), dan selanjutnya bagian C berubah menjadi UAP.

Jadi A, B & C adalah SATU (benar-benar SATU), karena B tadinya berasal dari ES yang SATU, dan C juga tadinya adalah juga berasal dari ES yang SATU.

Kesimpulan:

SATU SUDAH PASTI SAMA, TETAPI SAMA BELUM TENTU SATU

 

Barangkali itulah yang dimaksud oleh PAIJO, bahwa “sama dan satu bukanlah dua hal yang tidak bisa berada bersama”.

Bila menurut anda kurang jelas, sebaiknya bertanyalah langsung pada beliau. Hehehe..

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@debu tanah, Ma Kuru MEMANG GENIUS

debu tanah, Apa yang terjadi ketika orang BODOH belajar? Makin lama dia makin PINTER. Apa yang terjadi ketika Ma Kuru Paijo Budiwidayanto yang GENIUS BERLAGAK pinter? LAGAKNYA semakin menjadi-jadi karena dia SEMAKIN GENIUS.

Apa yang terjadi ketika orang bijaksana diberitahu KESALAHANNYA? dia mengucapkan terima kasih lalu BELAJAR agar lain kali tidak melakukan kesalahan yang sama lagi. Apa yang dilakukan oleh Ma Kuru yang PAULOL ketika ditunjukkan KEGENIUSANNYA? Dia PLINTAT PLINTUT karena menyangka dirinya PINTER. Ha ha ha ha ha ha .......

Ma Kuru, mau MENJILAT muntah sendiri ya kayak dulu lagi ya? Nggak JIJIK mas? ha ha ha ha ha ha .... nich, JILAT yang BERSIH ya mas.

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Terus saja melakukan Strawmen. Hanya itu yang lu bisa lakukan. Orang bicara A, lu bicara B lalu berasumsi bahwa lu sedang berbicara tentang A. Okelah lu angkat contoh baru. Tentu saja saya dan Esra Soru tidak sama. Tapi kami memiliki satu hakekat saja yaitu manusia. Bukan seperti lu yang memiliki dua hakekat yaitu manusia dan setan.

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Ya, seperti yang saya bilang saya dan Esra Soru hanya memiliki satu hakekat yaitu kemanusiaan sedangkan lo dan pengikut-pengikut lu memiliki dua esensi yaitu manusia dan iblis. Lu ulang-ulang saja kebohongan lo.

Willy Versace: SEKILAS INFO...analoginya adalah ma kuru,bejo joko,esra soru mmpunyai satu hakekat yaitu manusia,pertanyaannya,jadi ada berapa manusia disitu?anak SD pun bs jawab:TIGA MANUSIA,maka demikian jg doktrin tritunggal/trinitas, Bapa,yesus dan roh kudus mmpunyai satu hakekat yaitu Tuhan,pertanyaannya,jadi ada berapa Tuhan disitu?anak SD pun bs jawab:TIGA TUHAN...

Ha ha ha ha ha ha ha ....... Debu tanah, itulah Ma Kuru yang GENIUS itu. KEGENIUSANNYA benar-benar MENYAINGI Tony Paulol.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@debu tanah : hajar blehhh

emang orang sok tahu itu lebih sial dari orang bebal.

Sok ngajarin bahasa indonesia

Sok ngajarin suhu

Sok ngajarin hukum kontradiksi, wong ayat beda konteks di bilang kontradiksi

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@jesusfreaks, Nasehat hai hai

kisanak bukankah hai hai nggak bosan-bosannya menasehati anda:

ketahuilah bahwa orang yang TIDAK mampu memahami HUKUM KONTRADIKSI dengan BENAR, mustahil mampu berpikir dengan LOGIS. Yang penting adalah pengetahuan, bukan LAGAK. Untuk apa BERLAGAK setinggi langit sementara pengetahuannya kosong melompong? Pengetahuan didapat dari BELAJAR, bukan BERLAGAK. Oleh karena itu, kisanak. BERHENTILAH berlagak PINTER dan mulailah BELAJAR agar menjadi pinter.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

@debu Tanah, Komentar BEJAT

Debu Tanah, inilah komentar-komentar BEJAT (benar-benar JAHAT) yang saya maksudkan. Silahkan ngakak kisanak. Gratis

Halleluya Puji Tuhan: logikanya berantakan,,, yg tentang H2O itu,,,, pusing bacanya :(
++++

Arnold Siburian: sgt riskan menganalogikan hal spt ini.....Es bentuk padat bukan H2O unsurnya memang air tapi bukan air krn sdh di padatkan....saran saya berhati2 menganalogikan sesuatu dgn Ketritunggalan Allah
++++

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: ‎Arnold, saya juga tidak menggunakan analogi tersebut tetapi masalahnya yang dibahas di sini adalah kesalahan logika Hai Hai.
++++

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Kalau air yang sudah menjadi es bukan H2O hakekkatnya? Apa saya tidak salah baca?
++++

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Es tidak berubah rumus kimianya (analogi dari 'hakekat') walaupun dalam bentuk es. Hakekatnya tetaplah H2O. Yang berbeda hanya jarak fisik antara penyusunnya. Jadi tidak ada masalah karena kita tidak menganalogikan jarak antar penyusun molekul air dengan hakekat. Juga harus diperhatikan bahwa analogi tidak mengharuskan kesamaan dalam berbagai aspek.
++++

Arnold Siburian: maaf...es tdk mempunyai rumus kimia....H2O hny ditujukan pd benda cair. es mencair mk dia jd H2O. unsur es memang air tapi es buknlah air....
++++

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Silahkah kemukakan referensi anda. Ini ada referensi mudah di internet yang mendukung saya: http://en.wikipedia.org/wiki/Water. Perhatikan secara khusus baris 1 - 3! Jangan asal klaim! Saya tunggu!
++++

Arnold Siburian: tks...penekanan disitu air rk H2O, sedangkan es terdiri dari molekul air jadi air tdk sm dgn es, awan juga terdiri dari molekul air tp awan bukanlah air. jika setiap molekul2 air di buat rknya H2O mk awanpun pst H2O. tolong ajari saya jika saya salah.
++++

Arnold Siburian: saya hny mengatakan sgt berbahaya menganalogikan sesuatu dgn Ketritunggalan Allah. Ketritunggalan Allah hny bisa diterima dgn iman bukan logika... Roh Kudus yg menerangkan hal ini kpd org pcy bukan logika.
++++

Esra Alfred Soru: Ma Kuru T???? menganalogikan Tritunggal. Analogi dibuat oleh Hai2, dan ???µ Ma Kuru membahas analogi tsb untuk menunjukan kesalahannya.
++++

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Arnold, anda interpretasi tulisan siapa sehigga mengatakan es bukanlah H2O? Saya sudah tunjukkan referensi yang mendukung posisi saya, mana referensi anda? Sekali lagi, tolong jangan asal klaim. Walaupun saya tidak setuju sepenuhnya dengan analogi air, saya tidak setuju kalau orang yang menggunakan analogi tersebut disalahpahami.

Seperti saya bilang sebelumnya, namanya analogi tidak berarti semua aspek sama. Yang sama adalah aspek tertentu saja. Tidak masalah kalau aspek lain tidak sama. Itu analogi.

Sekarang, kalau anda katakan bahwa analogi tritunggal apapun berantakan secara logika. Silahkan tunjukkan bagaimana berantakannya analogi air itu diluar kesalahpahaman anda tentang rumus kimia es!
++++

Arnold Siburian: referensi kita sama....air itu terdiri dari atom oksigen n 2 atom hidrogen mk rk H2O, sdgkan es tdk mempunyai oksigen krn dia pdt (likuid) tdk berongga .... jika salah satu unsur kimianya tdk ada bgmn dia tetap jd H2O?....logika hai hai memang kaco....
++++

Samuel Wattimena: ‎@ Arnold: Sejak kapan kau pandai kimia seperti ini...hehehe
++++

Arnold Siburian: saya dulu dari MIPA bro.... (red: MIPA = Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam)
++++

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: ‎Arnold Siburian, dengan kata lain saat H2O berada dalam posisi pada (es), maka rumus kimianya bukan H2O? SIlahkan!
++++

Ma Mone: iya ma Kuru.. es tidak mempunyai unsur oksigen (02), jd hny unsur H nya saja yg ada. jd Es itu Hidrogen Ma Kuru.. :) atau bisa juga seperti yg Ma Kuru tanyakan itu mgkn Es pny rumus kimia yg lain? siapa tau.. :D :D :D
++++

Ma Mone: Kita sepakat bahwa yg kita bicarakan disini adalah air. Air yg kita pahami disini adalah sesuatu yg biasa kita gunakan sehari2 untuk minum, mandi, dsb. Mgkn air yg kita gunakan sehari2 tsb sdh bercampur dg unsur lain, tetapi yg kita bicarakan disini adalah air yg dipakai sebagai analogi tsb yaitu Air Murni dimana rumus kimianya adalah H2O.
Apakah air, Es dan Gas mempunyai rumus molekul yg sama? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, yg harus kita pastikan adalah Es dan Gas yg kita bicarakan ini adalah Es dan Gas yg merupakan perubahan wujud dari Air Murni yg mempunyai rumus kimia H2O.
Ada dua jenis perubahan Zat yaitu perubahan Fisika dan Perubahan kimia. Perubahan fisika adalah perubahan yang tidak melibatkan reaksi kimia dan tidak ada perubahan rumus kimia. Yg terjadi hanyalah perubahan wujud. Rumus kimia sebuah zat ditentukan oleh unsur2 yang membentuk zat tersebut, bukan ditentukan dari keadaan fisiknya. keadaan fisik hanyalah merpakan informasi mengenai sifat2 fisiknya saja. Es (sesuai yg dibicarakan yaitu bentuk beku dari Air Murni) rumus kimianya tetap H2O tetapi dibelakangnya dikasi keterangan (s) = solid. Jadi Es = H2O (s). Begitupun dengan Gas (sesuai yg dibicarakan yaitu bentuk gas dari Air Murni), rumus kimianya tetap H2O dan dibelakangnya dikasi keterangan (g)= gaseous. Jadi Gas = H2O (g). Begitulah kira2. Kalo ada yg kurang silahkan di tambahkan. Thanks.
++++

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: ‎Hai Hai Bencong, loe tunjukkan kebodohan lu aja di mana-mana. Dikasihtaupun sama saja dengan memberikan mutiara kepada mulut babi. Supaya lu tau, sama dan satu bukanlah dua hal yang tidak bisa berada bersama. Hakekat air, uap air, dan es a...dalah sama yaitu hanya H2O. Dan hakekatnya juga hanya satu yaitu hanya H2O bukan H2O + H2SO4 + NaCl, misalnya. Atau H2O + CaCl2 + CaCO3. dll dst. Hanya satu saja hakekatnya yaitu H2O. Dengan kata lain loe di sana hanya menyerang strawmen karena pengertian loe mengenai hakekat bukanlah pengertian yang dipegang oleh mereka yang loe serang. Dengan kata lain lagi Loe hanya sedang masturbasi intelektual. Tidak lebih dan tidak kurang!

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

Hai2:Hanya SATU ALLAH : Bapa dan Anak dan Roh Kudus

1) Bapa adalah Allah (1pet 1:2 :ef 1:17)

2)Putra adalah Allah (Yoh 1:1:Rom 9:5 :Ibr 1:8)

3)Roh Kudus adalah Allah (Kis 5:3-4)

tetapi bukan tiga Allah melainkan satu Allah:

 

 

a)1Co 8:4  Concerning the eating then of the things sacrificed to idols, we have known that an idol is nothing in the world, and that there is no other God except one; (YLT)

b)Isa 45:5  "Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah." disini dikatakan kecuali "Aku" bukan kecuali "Kami" , Kata "Aku" itu tunggal artinya Allah hanya satu dan ini terulang-ulang dalam banyak ayat untuk menegaskan bahwa Allah hanya satu .(Yes 45:6,21,22 and 46:9 dan 44:4-8

 

Hai2 semua agama adalah produk pikiran dan pengalaman manusia karena itu sangat mudah di mengerti oleh otak manusia tetapi hanya Alkitab adalah Allah yang tak terbatas mengwahyukan diriNya yang hanya satu2nya sehingga sulit untuk dipahami tetapi justru itu membuktikan bahwa yang di katakan alkitab bukan hasil logika manusia.

 

 

hai hai's picture

@jlwijaya, HANYA ADA SATU Allah

b)Isa 45:5  "Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah." disini dikatakan kecuali "Aku" bukan kecuali "Kami" , Kata "Aku" itu tunggal artinya Allah hanya satu dan ini terulang-ulang dalam banyak ayat untuk menegaskan bahwa Allah hanya satu .(Yes 45:6,21,22 and 46:9 dan 44:4-8

Terima kasih sudah mengutip ayat yang tepat kisanak. HANYA ada SATU Allah, itu sebabnya walaupun GEMBAR-GEMBOR setinggi langit, YHWH mustahil Allah.

jlwijaya: semua agama adalah produk pikiran dan pengalaman manusia karena itu sangat mudah di mengerti oleh otak manusia tetapi hanya Alkitab adalah Allah yang tak terbatas mengwahyukan diriNya yang hanya satu2nya sehingga sulit untuk dipahami tetapi justru itu membuktikan bahwa yang di katakan alkitab bukan hasil logika manusia.

Anda pernah membaca Dao De jing? Anda pernah membaca kitab Wujing? Anda pernah membaca kitab Yijing? Anda pernah membaca kitab Sishu? anda pernah membaca kitab Mozi? anda pernah membaca kitab Tripitaka? Anda pernah membaca kitab UPANISAD? Anda BELUM pernah membacanya bukan? oleh karena itu tolong JANGAN MEMBUAL dengan menyatakan:

jlwijaya: semua agama adalah produk pikiran dan pengalaman manusia karena itu sangat mudah di mengerti oleh otak manusia

BACA dulu baru NGOMONG. Itu yang benar.

Anda TAHU, Di antara semua kitab-kitab yang saya sebutkan di atas, Alkitab adalah kitab yang PALING mudah DIPAHAMi. Alkitab menjadi SUSAH dipahami karena TERLALU banyak TAFSIR 1001 mimpi yang ada di dalam gereja. Itu sebabnya hai hai MEMULAI kampanye:

Alkitab harus dipahami bukan ditafsirkan karena Alkitab ditulis untuk dipahami bukan ditafsirkan.

Itu sebabnya pula hai hai mengampanyekan:

Apabila ajarannya BENAR maka semua ayat Alkitab yang digunakan untuk MENENTANG akan MENDUKUNGNYA. Karena ajarannya SESAT maka semua ayat yang digunakan untuk MENDUKUNGNYA akan MENENTANGNYA.

Anda sudah merasakannya SENDIRI bukan? Semua ayat yang anda GuNAKAN untuk MENDUKUNG AJARAN sesat doktrin Allah Tritunggal MENYANGKAL doktrin tersebut.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

Hai2 Alkitab menyatakan bahwa Hanya satu Allah Yaitu YHWH .

Hai2 ajaran kamu bukan ajaran alkitab karena bertentangan dengan Alkitab ,saya beri 2 contoh jelas bahwa ajaran anda bertentangan dengan Nabi Yesaya dan Musa

 

1 a)Hai2 versus Yesaya

 

Yes 45:5  Akulah TUHAN (YHWH) dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah (ELOHIM). Aku telah mempersenjatai engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku,

 

 

Yes 45:5  IH589 am the LORD,H3068 and there is noneH369 else,H5750 there is noH369 GodH430 besideH2108 me: I girdedH247 thee, though thou hast notH3808 knownH3045 me:

 

H3068

yehôvâh

yeh-ho-vaw'

From H1961; (the) self Existent or eternal; Jehovah, Jewish national name of God: - Jehovah, the Lord. Compare H3050, H3069.

 

H430

'?lôh??ym

el-o-heem'

Plural of H433; gods in the ordinary sense; but specifically used (in the plural thus, especially with the article) of the supreme God; occasionally applied by way of deference to magistrates; and sometimes as a superlative: - angels, X exceeding, God (gods) (-dess, -ly), X (very) great, judges, X mighty.

 

Hai hai ayat di atas jelas berkata kecuali YHWH tidak ada Elohim ,Hanya ada satu ELOHIM yaitu YHWH

 

1b)Hai2 versus Musa

 

Kel 3:4  And when the LORDH3068 (YHWH) sawH7200 thatH3588 he turned asideH5493 to see,H7200 GodH430 (Elohim) calledH7121 untoH413 him out of the midstH4480 H8432 of the bush,H5572 and said,H559 Moses,H4872 Moses.H4872 And he said,H559 HereH2009 am I.

 

Kel 3:4  Ketika dilihat TUHAN (YHWH), bahwa Musa menyimpang untuk memeriksanya, berserulah Allah(Elohim) dari tengah-tengah semak duri itu kepadanya: "Musa, Musa!" dan ia menjawab: "Ya, Allah(Elohim)."

 

Hai2 , Musa jalas menyatakan bahwa yang di panggil sebagai Allah(Elohim) adalah TUHAN (YHWH). Betapa butanya jika kamu menyangkal bahwa YHWH adalah ELOHIM.

 

2)Kitab sulit di mengerti ada 3 alasan:

a)memang sengaja di tulis dengan kalimat yang sulit2

b)Bahasanya sulit dimengerti karena kuno

c)Karena kamu ngak mengerti world viewnya

 

Bukatikan kepada saya jika kitab yang kamu sebut2 itu wahyu, wahyu dari hongkong.

?mau sebagus apapun hanya pruduk pikiran dan pengalaman manusia.

hai hai's picture

@jlwijaya, YHWH adalah Satu-Satunya Elohim

jlwijaya, YHWH adalah SATU-SATUNYA Elohim? SUDAH saatnya anda juga MENGAJARKAN kepada dunia bahwa orang Kristen MENIPU dunia ketika MENGAJARKAN bahwa ELOHIM itu ada TIGA. Ha ha ha ha ha ...

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

Hai: 2 hal

1) Yang seolah kontradiksi sangat mudah di buat menjadi kontradiksi  .....dan itulah yang kamu lakukan.

2)Orang Buta berkata : ngak masuk akal kalau merah di campur biru jadi ungu dan ngak masuk akal pula kuning di campur biru jadi hijau ........maka kita tahu bahwa pernyataan orang buta itu sangat logis buat orang yang sama2 buta dan yang menyukai komentar orang buta itu juga buta sejak lahir.

maaf ya agak keras.

hai hai's picture

@jlwijaya, Anda Nggak Puas ya?

@jlwijaya, bukankah saya sudah menulis SATU blog khusus untuk anda? apakah anda belum puas dengan DUKUNGAN hai hai pada DOKTRIN Allah Tritunggal menurut Matius 28:19 tersebut?

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Erin Naibaho's picture

tri tunggal

justru jlwijaya adalah strawmen

__________________

pemalas

jlwijaya's picture

hai2; salah semua isinya

-aneh ya kamu ngak mengerti kalau perkataan pendapat kamu itu salah semua kalau ngak percaya tampilkan satu point saya jawab kalau lisan boleh semuanya . bagaimana kalau kita lisan pakai skype lalu di rekam dan di catat masuk ke SS.

 

hai hai's picture

@jlwijaya, Jadi Genius?

@jlwijaya, anda pikir akan jadi genius bila lisan? bila demikian, rekam saja kotbah anda lalau unggah. bila tertarik saya akan mendengarnya.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Pniel's picture

@Hai, membual terus-terusan...

Hai :
H2O = Hakekat
H2O dengan karakter khusus = Pribadi

H2O dengan karakter khusus beku = Es = Pribadi
H2O dengan karakter khusus cair = Air = Pribadi
H2O dengan karakter khusus uap = gas = Pribadi

Pniel : mana ada es, air dan gas = pribadi?
Istilah 'pribadi' hanya bisa dikenakan pada khalik/makhluk hidup yang mempunyai akal budi.

Hai :
Dalam kondisi demikian, dikatakan bahwa ES dan AIR dan GAS memiliki HAKEKAT yang SAMA alias SERUPA yaitu H2O. Namun, ES dan AIR dan GAS dalam kasus tersebut di atas SAMA SEKALI tidak SATU hakekat. Kenapa demikian? Karena ES dan AIR dan GAS dalam kasus di atas memiliki TIGA hakekat yang BERBEDA walaupun SERUPA alias SAMA. Itulah yang disebut TIGA pribadi dengan HAKEKAT yang SAMA alias SERUPA.

Pniel :
Anda ini memang oncom! Setelah sebelumnya menyatakan hakekat <> pribadi, sekarang anda menyatakan bhw hakekat = pribadi. Argghhh...terlalu hebat membualnya sampai2 anda menentang bualan anda sendiri!

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

hai hai's picture

@Pniel, Terima kasih

Saudara Pniel, Terima kasih atas masukannya.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Erin Naibaho's picture

pniel

anda harus teu arti analogi

__________________

pemalas

Pniel's picture

@Hai, itu bukan masukan tetapi serangan.

Saya menunjukkan kesalahan fatalmu yang menyebabkan kamu menyerang ajaran Kekristenan Alkitabiah (KA) secara serampangan. Dengan kata lain, apa yang kamu tulis itu tak lebih daripada polemik yang ada di dalam dirimu sendiri yang kamu anggap itu ajaran KA. Dengan kata lain, itu strawman!

Itu bukan masukan dari saya, tetapi serangan saya.
Kalau kamu tidak mencounternya dan mengaku bhw serangan saya itu benar tepat mengenai jantung pertahanan tulisan anda sehingga membuat anda berterima kasih, bertobatlah!
Jangan bebal!

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

hai hai's picture

@Pniel, Terima Kasih Serangannya

Kisanak, terima kasihj serangannya. ini negara MERDEKA kisanak, jadi anda BEBAS menyatakan PENDAPAT.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Pniel's picture

Hai, jgn asal ngejeblak!

Anda bebas menyatakan pendapat. Saya tidak melarang itu.
Tetapi anda harus mempertanggungjawabkan serangan anda itu secara Alkitabiah dan logis, dihadapan manusia dan juga dihadapan Allah.
Bukankah anda sedang berapologetika?
Atau sedang bertololgetika?? :p
Jangan asal ngejeblak seenak jidat lu sendiri!

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

hai hai's picture

@Pniel, Bagaimana Berapologetika?

Pniel, Bagaimana Berapologetika yang benar? coba anda ajari, ketika menghadapi SERANGAN anda, bagaimana CARA berapologetika yang benar? Siapa tahu setelah melihat contohnya nanti saya bisa berapologetika dengan BENAR menurut anda?

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

Ma Kuru, SATU bukan SAMA

Debat dengan Ma Kuru mengingatkan saya pada masa kecil di kampung, menggoda kambing bandot. Ketika dia nyeruduk, hai hai ngeles sehingga dia membentur tembok. Bandot itu bangun lalu mengoyang-goyangkan kepalanya dan mengembik sok jagoan padahal langkahnya sempoyongan. Hai hai ngakak sambil membayangkan ribuan bintang di sekeliling kepada bandot tersebut. Lucu sekali:

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: ‎Hai Hai Bencong, loe tunjukkan kebodohan lu aja di mana-mana. Dikasihtaupun sama saja dengan memberikan mutiara kepada mulut babi. Supaya lu tau, sama dan satu bukanlah dua hal yang tidak bisa berada bersama. Hakekat air, uap air, dan es adalah sama yaitu hanya H2O. Dan hakekatnya juga hanya satu yaitu hanya H2O bukan H2O + H2SO4 + NaCl, misalnya. Atau H2O + CaCl2 + CaCO3. dll dst. Hanya satu saja hakekatnya yaitu H2O. Dengan kata lain loe di sana hanya menyerang strawmen karena pengertian loe mengenai hakekat bukanlah pengertian yang dipegang oleh mereka yang loe serang. Dengan kata lain lagi Loe hanya sedang masturbasi intelektual. Tidak lebih dan tidak kurang!
++++

Hai Hai Bengcu Sibugil: ‎@Ma Kuru Paijo Budiwidayanto, SATU = SAMA. ini buktinya: Pada HEKEKATNYA Ma Kuru Paijo Budiwidayanto dan Esra Alfred Soru SAMA yaitu: PAULOL. Ma Kuru Paijo Budiwidayanto dan Esra Alfred Soru HAKEKATNYA SATU yaitu: PAULOL.  SAMA = SATU. Horeeeeeee ......... Ha ha ha ha ha ha ha ...
++++

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Tertawa saja dalam kebodohanmu. Lo terus saja melakukan strawmen. Kemampuan lo hanya sekuku hitam jeung. Tentu saja satu bukanlah sesuatu yang tidak bisa berada bersama dengan Sama. Coba lu tunjukkan bahwa SATU tidak bisa berada bersama-sama dengan SAMA. Gw sudah menunjukkan dalam tulisan gw bahwa itu mungkin dan loe tidak menjawab argumen gw sama sekali.

Ya, seperti yang saya bilang saya dan Esra Soru hanya memiliki satu hakekat yaitu kemanusiaan sedangkan lo dan pengikut-pengikut lu memiliki dua esensi yaitu manusia dan iblis. Lu ulang-ulang saja kebohongan lo.
++++

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Coba lu tunjukkan bahwa SATU tidak bisa berada bersama-sama dengan SAMA.

Hai Hai Bengcu Sibugil: Saudara Bejo Joko Kristanto, si GENIUS itu benar-benar MEMUAKAN. SUDAH PAULOL namun LICIKNYA setengah mati. Ha ha ha ha ha ha ha ... PLINTAT PLINTUT lagi.

Hai Ma Kuru Paijo Budiwidayanto GENIUS, masalahnya adalah SAMA dan SATU punya arti yang BERBEDA, GENIUS, bukannya SATU dan SAMA tidak bisa BERADA bersama-sama. DASAR GENIUS! pahami dulu artu kata SAMA dan SATU. setelah paham baru hai hai AJARI apakah SATU bisa bersama-sama dengan SAMA?

hai orang GENIUS: SATU bukan SAMA.

hai orang PAULOL: SATU dan SAMA punya arti berbeda

Ma Kuru BANTAL: bukan SATU dan SAMA nggak bisa bersama, PAULOL.

DASAR GENIUS bin PAULOL! DIAJARI malah kurang AJAR.
 
NB.
Ada DUA kata yang saya EDIT agar sesuai dengan KEHENDAK Admin yang terhormat.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

Ma Kuru Air Mustahil SATU H2O

Belut memang LICIK. Selicin-licinnya belut tetap saja digoreng oleh orang kampung. Ma Kuru Paijo Budiwidayanto memang LICIK. Namun, selicik-liciknya Ma Kuru, tetap saja ketahuan GENIUSNYA.

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: ‎Hai Hai Bencong yang lu permasalahkan adalah analogi Tritunggal dengan air, uap air, dan es. Ketiganya memiliki hakekat yang sama yaitu H2O. Tetapi bukan hanya ketiganya memiliki hakekat yang sama, ketiganya juga memiliki hanya satu esensi yaitu hanya H2O, bukan H2O + H2SO4 + HCl misalnya. Jadi esensi ketiganya sama sekaligus satu. Hanya orang bego yang tidak paham penjelasan seperti ini.
++++

Bang Samson:  Ya telat...
++++

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Selamat Datang Bang Samson, mungkin Bang Samson bisa Bantu Hai Hai Bencong untuk menunjukkan bahwa air, uap air, serta es memiliki esensi lebih dari satu? he he he
++++

Bang Samson:  Ha ha ha, bang Samson angkat tangan kalo soal rumus Kimia....*rolling on the floor*
++++

Hai Hai Bengcu Sibugil: ‎@Bang Samson, 1 molekul Air terdiri dari 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom Oksigen (O). Menurut ilmu kima ditulis:

1 molekul air = H2O

MOLEKUL air TIDAK kelihatan mata telanjang. Apa yang disebut oleh orang AWAM sebagai AIR adalah KUMPULAN dari RIBUAN molekul AIR.

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto bukan orang BODOH namun dia PAULOL sekali. Orang PAULOL adalah orang pinter BERTINDAK BODOH. dia GENIUS sekali. GENIUS adalah orang yang perilakunya jauh DI BAWAH yang ditunjukkan GELARNYA. Misalnya, almni MIPA mengajarkan Es hanya mengandung unsur HIDROGEN karena oksigennya sudah MENGUAP. Menurut gelarnya orang MIPA harus TAHU bahwa Es unsurnya adalah H20. Namun dia nggak tahu, itu artinya dia GENIUS sekali. si PAULOL Ma Kuru yang GENIUS menyangka dirinya PINTER ketika menulis:

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Bang Samson, mungkin Bang Samson bisa Bantu Hai Hai Bencong untuk menunjukkan bahwa air, uap air, serta es memiliki esensi lebih dari satu? he he he

Kenapa dia mengajukan PERTANYAAN demikian dengan TAKABUR? Karena dia MEYAKINI bahwa:

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: air, uap air, serta es hakekatnya hanya satu yaitu hanya H2O

Itu sebabnya hai hai berkali-kali dengan SABAR menyuruh si GENIUS bin PAULOL itu belajar kembali arti kata SAMA dan SATU, terutama kata SATU. hai hai menyuruhnya belajar sebab Si GENIUS Ma kuru itu sama sekali nggak paham. arti kata SATU. Jadi, Bang Samson, tidak SULIT bukan untuk memahami kalimat-kalimat di bawah ini yang SUDAH saya tulis di atas tadi?

1 molekul Air terdiri dari 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom Oksigen (O). Menurut ilmu kima ditulis: 1 molekul air = H2O. MOLEKUL air TIDAK kelihatan mata telanjang. Apa yang disebut oleh orang AWAM sebagai AIR adalah KUMPULAN dari RIBUAN molekul AIR. AIR dan ES dan UAP MOLEKUL alias HAKEKATNYA mustahil SATU sebab AIR dan ES dan UAP terdiri dari RIBUAN MoLEKuL. yang kelihatan dengan MATA TELANJANG dan DISEBUT AIR dan ES dan UAP oleh orang AWAM mustahil SATU yaitu H2O. namun RIBUAN H2O.

Nah, bang Samson, Ma Kuru Paijo Budiwidayanto memang perilakunya seperti KAMBING BANDOT yang ASAL nyeruduk. Itu sebabnya dia BERJNGGUT namun TIDAK berjubah. Lakunya memang seperti BAINGAO alias BABI HUTAN kalau sudah nyeruduk nggak bisa NGEREM. Hai hai memang SABAR. Itu sebabnya meskipun terus NYERUDUK dengan PAULOLNYA, hai hai tetap mengingatkan si Ma Kuru agar BELAJAR arti kata SATU agar bisa memahaminya dengan BENAR. Belut boleh LICIN, namun bila ketemu orang kampung pasti digoreng. Ma kuru boleh lICIK namun setiap kali BENTROK dengan hai hai pasti DIBONGKAR kePAULOLannya. Haha ha ha ha ha ha ha ...
++++

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Dengan kata lain dalam postingan di atas, Si Hai Hai melakukan strawmen. Karena dia hendak menyerang analogi air dengan tritunggal. Orang yang berpegang pada analogi itu mengatakan bahwa Hakekat dalam Tritunggal dianalogikan dengan rumus kimia Air, uap Air dan es. Dengan definisi seperti ini, maka hakekat ketiga itu sama dan hanya satu yaitu H2O.

Sedangkan dalam postingan di atas dan dalam postingan yang lain, Hai Hai mengunakan itu untuk merujuk kepada molekul-molekul air. Kalau seperti itu definisinya, memang tidak mungkin ketiganya satu hakekat. Tetapi definisi itu hanya dipakai Hai Hai Bencong, bukan oleh orang-orang yang dia serang. Jadi dia serang pandangannya sendiri, lalu merasa bahwa dia sudah menyerang pandangan orang lain.

Kalau dia tidak setuju dengan definisi yang dipegang orang yang dia serang, dia tidak bisa bilang apa-apa. Namanya juga orang mendefinisikannya demikian dan mereka konsisten menggunakannya.

Jadi dalam konteks pemahaman definisi lawan anda Hai Hai, silahkan tunjukkan bahwa air, Uap air, dan es memiliki esensi lain selain H2O! Kalau anda tidak bisa menunjukkanya berarti serangan anda adalah serangan yang loyo. Dan kalau anda memilih definisi sendiri, maka anda sedang melakukan masturbasi intelektual.

Marilah kita berpekara! Slahkan! Silahkan keluar dari dua dilema ini. Dan satu-satunya jalan adalah mengaku diri bodoh dan mau belajar. Selain itu, loe hanya akan berpindah-pindah di antara kedua sesat pikir itu.
++++

Hai Hai Bengcu Sibugil: ‎@Ma Kuru Paijo Budiwidayanto, ha ha ha ha ha .... Makanya kisanak, BELAJAR baik-baik. Ha ha ha ha ha .... pantesan anda nggak berani KOMENTAR di SABDA Space. Karena SADAR akan menjadi BULAN-BULANAN? TAKUT ya dikuliti helai demi helai seperti menguliti bawang bombai sehingga KETAHUAN GENIUS bin PAULOLNYA? ha ha ha ha ha ha ha ha .... Ma Kuru, Ma Kuru, PAULOL kok dipiara sich, GENIUS? ha ha ha ha ha ... Saya copy ke SABDA SPACE ah agar teman teman bisa NGAKAK melihat unjuk KEPAULOLAN anda. Ha ha ha ha ha ha ha ...

NB.
Ada DUA kata yang saya EDIT agar sesuai dengan KEHENDAK Admin yang terhormat.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Pniel's picture

Hai, jangan berhalusinasi

Masalah debat anda dengan Ma Kuru atau dengan Bejo, itu bukan urusan saya. Juga debat dgn Ma Kuru ada di FB, bukan disini. Jangan dibawa2 itu kesini!
Jangan ngeles serangan saya diatas, kalau anda mengakui bhw ternyata anda menyamakan antara 'hakekat' dan 'pribadi', padahal anda tahu bhw kedua istilah tsb berbeda, maka anda sedang melakukan strawman dengan menyerang ajaran Allah Tritunggal.
Silahkan counter itu!
Juga mengenai kekonyolan anda yang menyamakan benda2 mati sebagai suatu pribadi.
Silahkan bantah itu!
Kalau anda mengakui kesalahan anda itu, silahkan bertobat dan jangan bebal!

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

hai hai's picture

@Pniel, Pribadi itu apaan sich

Pniel, Pribadi itu apaan sich? Hakekat itu apaan sich? Kalau memang hai hai SALAH tolong anda jelaskan dong:

  1. Kalimat hai hai yang mana yang mengajarkan HAKEKAT = PRIBADI?
  2. apa itu hakekat?
  3. apa itu pribadi?
  4. apa beda hakekat dan pribadi?

Gampang kan?

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

bintang seven's picture

@pniel

supaya gak banyak pertanyaan yg gak perlu, sebaiknya anda baca dulu baik2 tulisan2 hai2 sbg lawan bicara anda, tampak sekali anda gak baca baik2 tulisan2 hai2 dg bertanya : kalau anda mengakui bhw ternyata anda menyamakan antara 'hakekat' dan 'pribadi.

jika anda baca baik2 dulu bahan tulisan hai2. maka gak akan keluar statement spt diatas, krn hai2 memang tak pernah menyamakan hakekat dan pribadi. saya suka sekali dg nasehat kakek saya, kenallah LAWAN sepuluh kali berperang sepuluh kali menang. tampaknya anda tak suka mengenal tulisan lawan.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

Jurus Bau Betina (BB)

Saya tidak tahu siapa yang memulainya namun di Indonesia, Pdt. Budi Asali Mdiv yang mempopulerkannya. MENANG debat pasti BENAR. Jurus tersebut lalu di bawa oleh Pdt. Esra Alfred Soru STh ke Kupang dan diajarkannya di sana serta mendapat banyak sekali pengikut yang lalu menggunakannya di internet membabibuta. Itulah yang dilakukan oleh GEROMBOLAN Esra Soru Friends Community dan gerombolan CENTER for LOGICAL DEFENSE of CHRISTIANITY – CLDC.  Ma Kuru Paijo Budiwidayanto adalah satu satu dedengkot kedua gerombolan tersebut yang paling LICIK.

Memfitnah Lawan Untuk Membenarkan Diri

Jurus pertama MENANG debat pasti BENAR adalah: MEMFITNAH lawan untuk membenarkan diri sendiri. Itu sebabnya, baik GEROMBOLAN Esra Soru Friends Community maupun gerombolan CENTER for LOGICAL DEFENSE of CHRISTIANITY – CLDC dalam DEBATNYA getol sekali memfitnah lawan SESAT pikir, melanggar hukum kontradiksi serta melakukan segala pelanggaran logika lainnya. Kasihan sekali! Orang-orang GENIUS itu berpikir, dengan memfitnah orang lain membabibuta maka dirinya pun menjadi BENAR. Apa yang dilakukan GEROMBOLAN tersebut memang LUCU. Ibarat si pincang yang ngomel, “Sialan, jalannya nggak rata!” Padahal diri sendiri yang TIDAK berpengetahuan.

Mas Sam Part II Saya:  copaskan dari Si dungu Hai Hai yang menjadi dasar saya commen di awal tersebut.  Hai Hai Qoute: ****itu namanya SATU JENIS, GOB***! Es dan Uap dan Air SATU JENIS hakekatnya yaitu H2O.***

Mas Sam Part II:  Mohon Maaf ama, ini yang saya perhatikan dari si dungu hai2.. yang mengatakan bahwa H20 adalah Hakekat dari Air, dan ketika saya cek.ternyata Oksigen lebih besar daripada Hidrogen, dan H20 bukanlah hakekat daripada Air, H20 hanya rumus kimia dari subtansi air.

Mas Sam Part II: Maaf agak oot ama, ternyata H2O itu bukan Hakekat air, tetapi yang benar Air lah Subtansi dari H20...memakai rumusan h20 kepada tritunggal, berarti menganggap bahwa yesus dan roh kudus lebih kecil dari pada bapa, hanya terikat..dan apabila menganalogikan hal ini berarti mengatakan bahwa Yesus dan Roh Kudus tidak berebda dalam hal pribadi.jadi konklusinya H2O tidak tepat untuk rumusan Tritunggal..trims, mohon koreksinya..

“Mas Sam Part II” adalah account FB yang dibuat setelah saya menolak untuk berteman dengan account “Mas Sam” dan memberitahu FB bahwa saya tidak mengenalnya. Kedua Account tersebut adalah milik: Sam SI (Wesamhasit): http://www.facebook.com/Wesamhasit

Air adalah kumpulan dari RIBUAN molekul H2O. Air adalah NAMA untuk KuMPuLAN H2O dengan karakter CAIR. Itu sebabnya AIR mustahhil SUBSTANSI alias INTISARI alias HEKEKAT dari H2O sebab H2O adalah SUBSTANSI alias INTISARI alias HEKEKAT dari Air. Nggak perlu jadi GENIUS  untuk menyimpulkan dari yang diajarkannya di atas bahwa mas Sam alias Sam Si alias Wesamhasit sama sekali tidak berpengetahuan dalam ilmu termodinamika, kimia dan fisika.

Namun apa yang dia lakukan untuk MEMBENARKAN diri? Dia memfitnah hai hai DuNGU dan TIDAK berpengetahuan. Itulah Jurus: Memfitnah lawan untuk membenarkan DIRI.

Menyerang Fitnah

Hai: Dalam kondisi demikian, dikatakan bahwa ES dan AIR dan GAS memiliki HAKEKAT yang SAMA alias SERUPA yaitu H2O. Namun, ES dan AIR dan GAS dalam kasus tersebut di atas SAMA SEKALI tidak SATU hakekat. Kenapa demikian? Karena ES dan AIR dan GAS dalam kasus di atas memiliki TIGA hakekat yang BERBEDA walaupun SERUPA alias SAMA. Itulah yang disebut TIGA pribadi dengan HAKEKAT yang SAMA alias SERUPA.

Pniel: Anda ini memang oncom! Setelah sebelumnya menyatakan hakekat <> pribadi, sekarang anda menyatakan bhw hakekat = pribadi. Argghhh... terlalu hebat membualnya sampai2 anda menentang bualan anda sendiri!

Nggak perlu menjadi BODOH untuk memahami bahwa dalam kalimatnya tersebut di atas hai hai sama sekali tidak menyatakan: HAKEKAT = PRIBADI. Namun Pniel dengan penuh ROH KUDUS menuduh hai hai mengajarkan: HAKEKAT = PRIBADI. Menuduh lawan melakukan hal yang tidak dia lakukan namanya FITNAH. Setelah MEMFitNAH hai hai maka Pniel pun Menyerang FITNAH-nya dengan KUASA Roh KUDUS.

Jurus Bau Betina

Ketika musim kawin, anjing betina akan mens. Hari ke 9-11 mens adalah masa subur seekor anjing betina. Pada saat itulah anjing dikawinkan. Apa bila anda menghapus darah mens anjing betina lalu membawanya keliling kampung, maka anjing-anjing jantan pun akan mengikuti anda. Mungkin mereka berharap anda membawa mereka kepada anjing betina pemilik darah mens tersebut. itulah jurus yang banyak digunakan oleh para pencuri anjing. Memancing anjing keluar kampung. Itulah yang saya sebut JURUS BB (bau betina).

MENANG debat berarti BENAR!

Itulah semboyan gerombolan Esra Soru Friends Community maupun gerombolan CENTER for LOGICAL DEFENSE of CHRISTIANITY – CLDC. Apa yang terjadi ketika lawan debat menunjukkan KESALAHAN gerombolan tersebut? Mereka pun langsung mementang jurus BAU BETINA (BB) dengan tujuan menggiring LAWAN menjauhi TOPiK di mana mereka SALAH. Itulah yang dilakukan oleh Ma Kuru Paijo Budiwidayanto yang GENIUS itu di bawah ini:

SATU: BILANGAN (JUMLAH) yang dilambangkan dengan angka 1 (Arab) atau I (Romawi)

SAMA: SERUPA; SETARA; BERBARENGAN; TIDAK Berlainan

Itulah definisi SATU dan SAMA menurut kamus bahasa Indonesia. Ma Kuru Paijo Budiwidayanto sama sekali tidak memahami ARTI kata SATU dan SAMA dengan benar, itu sebabnya dia pun mustahil memahami PERBEDAAN arti SATU dan SAMA. Itu sebabnya dia menulis:

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Jelas bahwa komentar ini menyerang argumen yang menganalogikan tiga sifat air yang berbeda-beda (cair, uap air, dan es) walaupun rumus molekulnya sama yaitu H2O dengan Ketritunggalan Allah dimana Allah memiliki tiga pribadi walaupun esensinya satu/sama.

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Hai Hai Bencong, loe tunjukkan kebodohan lu aja di mana-mana. Dikasihtaupun sama saja dengan memberikan mutiara kepada mulut babi. Supaya lu tau, sama dan satu bukanlah dua hal yang tidak bisa berada bersama. Hakekat air, uap air, dan es adalah sama yaitu hanya H2O. Dan hakekatnya juga hanya satu yaitu hanya H2O bukan H2O + H2SO4 + NaCl, misalnya. Atau H2O + CaCl2 + CaCO3. dll dst.

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Terus saja melakukan Strawmen. Hanya itu yang lu bisa lakukan. Orang bicara A, lu bicara B lalu berasumsi bahwa lu sedang berbicara tentang A. Okelah lu angkat contoh baru. Tentu saja saya dan Esra Soru tidak sama. Tapi kami memiliki satu hakekat saja yaitu manusia. Bukan seperti lu yang memiliki dua hakekat yaitu manusia dan setan.

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Ya, seperti yang saya bilang saya dan Esra Soru hanya memiliki satu hakekat yaitu kemanusiaan sedangkan lo dan pengikut-pengikut lu memiliki dua esensi yaitu manusia dan iblis. Lu ulang-ulang saja kebohongan lo.

Ma Kuru dan Esra Soru memiliki SATU hakekat yaitu manusia.

Kalimat tersebut di atas menjelaskan bahwa Ma kuru dan Esra Soru memiliki SATU jenis hakekat yang SAMA yaitu: MANUSIA.

Kalimat tersebut di atas sama sekali TIDAK mengajarkan bahwa Esra dan Ma kuru SATU hakekat atau memiliki JUMLAH atau BILNGAN hakekat SATU.

SATU bukan SAMA
SAMA mustahil SATU

Ma Kuru nggak paham arti kata SATU dan SAMA. Itu sebabnya dia mengajarkan:

Bapa dan Yesus dan Roh Kudus SATU hakekat = Bapa dan Yesus dan Roh Kudus memiliki SATU hakekat yang SAMA yaitu Allah.

MENANG debat artinya BENAR.

Itulah semboyannya. Itu sebabnya Ma Kuru yang menganggap dirinya PAKAR ilmu Logika dan JAGOAN DEBAT pun mementang jurus BAU BETINA.

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: ‎Hai Hai Bencong, loe tunjukkan kebodohan lu aja di mana-mana. Dikasihtaupun sama saja dengan memberikan mutiara kepada mulut babi. Supaya lu tau, sama dan satu bukanlah dua hal yang tidak bisa berada bersama. Hakekat air, uap air, dan es adalah sama  yaitu hanya H2O. Dan hakekatnya juga hanya satu yaitu hanya H2O bukan H2O + H2SO4 + NaCl, misalnya. Atau H2O + CaCl2 + CaCO3. dll dst. Hanya satu saja hakekatnya yaitu H2O. Dengan kata lain loe di sana hanya menyerang strawmen karena pengertian loe mengenai hakekat bukanlah pengertian yang dipegang oleh mereka yang loe serang. Dengan kata lain lagi Loe hanya sedang masturbasi intelektual. Tidak lebih dan tidak kurang!

Kerabatku sekalian? Dengan LICIKNYA Ma Kuru berusaha memancing hai hai dan para pembaca untuk MELUPAKAN bahwa dia nggak NGERTI arti kata SATU dan SAMA dan mulai BERDEBAT bahwa:

SAMA dan SATU bukan dua hal yang tidak bisa berada bersama

Anda lihat? Selain mengalihan TOPIK debat di maka Ma kuru sudah kEok, KEOk, KEOK, dia juga MEMFITNAH hai hai STRAWMEN dan MENYERANG FITNAH-nya sendiri.

Kebanyakan orang akan TERPANCING oleh kelicikan Ma Kuru yang demikian. Namun kali ini dia berhadapan dengan hai hai yang bijaksana yang tahu kelicikannya dan membongkarnya tanpa tedeng aling-aling.

Willy Versace: SEKILAS INFO... analoginya adalah ma kuru, bejo joko, esra soru mmpunyai satu hakekat yaitu manusia, pertanyaannya, jadi ada berapa manusia disitu? anak SD pun bs jawab: TIGA MANUSIA, maka demikian jg doktrin tritunggal/trinitas, Bapa, yesus dan roh kudus mmpunyai satu hakekat yaitu Tuhan, pertanyaannya, jadi ada berapa Tuhan disitu? anak SD pun bs jawab: TIGA TUHAN...

Apa yang terjadi ketika Willy Versace menunjukkan kepada Ma kuru bahwa dia harus KONSISTEN dengan yang diajarkannya dan bila KONSISTEN dia harus mengakui bahwa DOKTRIN Allah Tritunggal adalah Doktrin TRITHEIS yaitu: TIGA Allah yang memiliki hakekat yang sama JENISNYA seperti Ma Kuru dan Esra dan Bejo yang memiliki HAKEKAT yang SAMA jenisnya yaitu: MANUSIA.

Apabila Ma kuru adalah seorang ksatria dia PASTI mengakui kesalahannya yang konyol itu. Apabila Ma Kuru adalah seorang yang mencintai KEBENARAN dia PASTI mengakui kesalahan KONYOLNYA itu. Namun Ma Kuru dan gerombolan Esra Soru Friends Community maupun gerombolan CENTER for LOGICAL DEFENSE of CHRISTIANITY – CLDC bukan pencinta KEBENARAN namun PENCURIi kebajikan untuk mendapatkan PUJIAN: JAGOAN debat. Itu sebabnya MA Kuru pun kembali mementang JURUS BAU BETINA-nya.

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Juga harus diingat bahwa yang namanya analogis tidak harus semua aspek sama. Mengharapkan bahwa semua aspek sama adalah sebuah kesalahan. Kalau dua hal dibandingkan dan semuanya sama, maka itu bukan analogi lagi tetapi keduanya identik alias hal yang sama. Tentunya Tritunggal bukan air, jadi tidak apa-apa kalau ada yang tidak terwakili. Namanya saja analogi.

Baik hai hai maupun Willy Versace sama sekali tidak membahas apalagi MENGHARUSKAN: analogis harus sama dalam semua aspek.

Apa yang akan terjadi bila hai hai dan Willy Versace menyangkal tuduhan Ma Kuru tersebut? Dia akan NGOTOT menuduh kami MENGHARUSKAN analogis harus sama dalam semua aspek.  Itulah cara Ma kuru yang LICIK untuk  memancing  hai hai dan Willy Versace dan para pembaca lainnya MELUPAKAN masalah sebenarnya yaitu:

Ma Kuru TIDAK paham arti kata SATU dan SAMA sehingga nggak mampu MEMBEDAKANNYA apalagi MENGGUNAKANNYA dengan BENAR itu sebabnya menggunakannya NGACO-BELO dan BERLAGAK pinter ketika Ditunjukan kesalahannya dan sikap KEKEH jumekeh NGGAK mau pinternya.

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Yang ingin ditunjukkan oleh orang yang berpegang pada analogi tersebut hanyalah bahwa satu dan tiga bisa diterapkan pada satu subyek logis pada waktu yang bersamaan. Tidak lebih. Jadi kalau Allah Kristen Tritunggal, itu bukan ketidakmungkinan.

Ma Kuru menghalalkan segala CARA untuk mencapai tujuannya. Dia bahkan tidak segan-segan MENIPU. Apa tujuannya saat Air dan Es dan Uap SATU hakekat yaitu: H2O? Apa tujuan dia mengajarkan: Ma Kuru dan Esra SATU hakekat yaitu: Manusia? Untuk MEMBENARKAN: Bapa dan Yesus dan Roh Kudus SATU hakekat yaitu Allah. SATU = SAMA. Itulah tujuannya. Dia tidak segan-segan untuk MENiPU bahwa BUKAN ituu tujuannya. MENIPU demi menang DEBAT? HINA sekali ya?

Menjerat Babi Hutan

Kenapa Pdt Budi Asali Mdiv dan umat Kristen MENOLAK digunakannya H2O dan Es dan Uap dan Air untuk menjelaskan doktrin Allah Tritunggal padahal perumpamaan itu SANGAT tepat dan GAMBLANG menjelaskan DEFINISI: Hakekat dan Pribadi (hakekat dengan  karakter khusus)? Karena perumpamaan itu dengan MUDAH mengungkapkan KESESATAN doktrin Allah Tritunggal dari ajaran Alkitab dan dengan GAMBLANG mengungkapkan bahhwa Doktrin Allah Tritunggal itu IRASIONAL sekali. Ha ha ha ha ha ha ......

H2O yang SAMA mustahil ada dalam BENTUK yang BERBEDA pada waku yang SAMA.

A mustahil NON A – pada waktu yang sama

H2O yang SAMA mustahil ada dalam BENTUK Es dan Air dan Uap pada WAKTU yang sama.

Apabila mengambil SATU H2O yang SAMA, misalnya SATU GELAS H2O, maka H2O dalam gelas tersebut MUSTAHIL berbentuk Air dan Es dan Uap pada waktu yang Sama.

Bukankah satu GELAS AIR, 1/3-nya bisa Air dan 1/3-nya bisa Uap dan 1/3-nya bisa Es? Benar. Itu berarti:

1/3 H2O yang menjadi AIR mustahil berbentuk Gas dan uap pada waktu yang SAMA.

1/3 H2O yang berbentuk UAP, mustahil berbentuk Air dan Es pada waktu yang SAMA.

1/3 H2O yang berbentuk ES, mustahil berbentuk Air dan Es pada waktu yang SAMA.

Apakah Es dan Uap dan Gas dalam gelas tersebut adalah TRITUNGGAL? Satu HAKEKAT tiga PRIBADI? Mustahil! Itu namanya TIGA pribadi TIGA hakekat. TIGA pribadi SATU JENIS hakekat.

Kerabatku sekalian, itu sebabnya umat Kristen MENOLAK H2O, Air dan Es dan Uap digunakan untuk menjelaskan DOKTRIN Allah Tritunggal. Tentu saja Ma kuru dan Ma lobo serta Esra Alfred Soru dan GEROMBOLAN Esra Soru Friends Community maupun gerombolan CENTER for LOGICAL DEFENSE of CHRISTIANITY – CLDC, tahu hal demikian, namun mereka terlalu GENIUS untuk lepas dari jeratan hai hai. Ha ha ha ha ha ...

Kerabatku sekalian, baingau alias babi hutan selalu ke air melalui JALAN yang sama. Itu sebabnya sekali menemukan jejak babi hutan menuju Air, dijamin babi hutan tersebut akan menjadi SANTAPAN orang-orang kampung kami. Tinggal pasang JERAT saja maka babi hutan itu pun akan menyerahkan dirinya. Ha ha ha ha ha ... Itu sebabnya hai hai pandai sekali MENJERAT babi hutan alias BAINGAU. Itu sebabnya pula hai hai menjerat GEROMBOLAN itu dengan MUDAH. Ha ha ha ha ha ha ha .... Benar-benar BERJANGGUT tidak BERJUBAH bukan?

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

Jurus Kambing Bandot

Kerabatku sekalian, di dalam ilmu debat ada SATU jurus yang saya sebut JURUS KAMBING BANDOT. Di kampung kami, kambing jantan yang digunakan untuk BIANG alias bibit disebut PEMACAK (PEJANTAN). Itu adalah kambing-kambing jantan terbaik di kampung kami. Yang disebut kambing BANDOT di kampung kami bukan PEJANTAN namun kambing-kambing jantan yang TIDAK boleh KAWIN karena BIBIT BOBOT BEBET-nya JELEK. Dia tidak boleh KAWIN karena akan menurunkan KETURUNAN yang JELEK. Kambing pejantan tidak akan sembarangan menyerang binatang lain apalagi orang.  Dia hanya menyerang ketika merasa terancam. Kambing bandot beda. Dia akan menyerang makluk hidup apa saja yang ada di dekatnya untuk menunjukkan KEBANDOTANNYA namun TAKUT sekali kepada kambing PEJANTAN. Itu sebabnya kambing BANDOT nggak bisa untuk kambing PETARUNG sebab dia PENGECUT bila ketemua lawan sepadan dia NGACIR lintang pukang.

Seperti yang sering saya katakan, kambing bandot bodoh sekali. Ketika menyerang dan membentur tembok atau membentur pohon, kambing bandot akan bangun sempoyongan namun mengembik merayakan kemenangan. Itu sebabnya kami sering bilang, “Kambing bandot YAKIN menang karena dia SUDAH nyeruduk sedangkan lawannya KALAH karena nggak nyeruduk. Nyeruduk PASTI menang.” Itulah alasan kenapa anak-anak suka sekali MENGGODA kambing bandot. Karena gayanya yang TAKABUR namun bodoh sekali. Ha ha ha ha .... Benar-benar menyebalkan namun menggemaskan.

Apa yang disebut JURUS KAMBING BANDOT dalam debat? Ketika kalah debat para pendekar KAMBING BANDOT akan merayakan KEMENANGAN dan MENGEJEK lawannya BODOH dan SOK TAHU. Dengan takabur dia lalu mengajar bahwa MUSTAHIL lawannya tahu APA ARTI semua yang DIA KATAKAN sebab dia sama SEKALI tidak MEMBERITAHU lawannya apa ARTI dari semua yang telah DIKATAKANNYA. Lawannya BODOH sekali karena menyangka TAHU semua yang telah dikatakan PENDEKAR KAMBING BANDOT padahal yang disangka lawannya itu SALAH semua.

Bila dibiarkan atau diberi kesempatan maka PENDEKAR KAMBING BANDOT pun akan menjelaskan DEFINISI dari SETIAP perkataannya sambil MENGEJEK lawannya SOK TAHU karena MENYANGKA si KAMBING BANDOT maksudkan BEGITU. Dengan Takabur si KAMBiNG BANDOT akan menuduh selama ini lawannya ASYK dengan pikirannya SENDIRI dan MENYERANG pikirannya sendiri. Dia lalu menasehati lawannya dengan murah hati bahwa perilaku demikian sama sekali IRASIONAL alias nggak MASUK AKAL.

Kisanak, bagi si KAMBING BANDOT Anda MUSAHIL TAHU apa yang dia MAKSUDKAN ketika berkata:

Esra dan Makuru SATU hakekat yaitu MANUSIA

Sebelum dia MENJELASKAN artinya kepada anda.

Apabila anda bilang, maksud kalimat itu adalah Esra dan Ma kuru memiliki SATU hakekat manusia, maka si KAMBING bandot pun akan NGAKAK dan menuduh anda SOK TAHU sebab yang dia maksudkan adalah:

Esra dan Ma Kuru punya SATU hakekat yang sama yaitu MANUSIA

Ha ha ha ha .... kerabatku sekalian, nampaknya Ma kuru benar-benar PUTUS ASA dan HILANG akal itu sebabnya dia pun lalu mementang jurus KAMBING BANDOT untuk membela diri. Ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ....

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Teman saya memberi tahu apa yang dikatakan si Bencong di sini. Rupanya dia kembali melakukan kesalahan yang sama. Dia pikir kalau ada kata 'satu' dimana saja, maka satu itu merujuk kepada apa yang dia pikirkan, sehingga dia terus-menerus asyik menyerang apa yang dia pikir. Padahal yang dia pikirkan bukanlah yang orang lain maksudkan. Dia berakhir dengan menyerang diri sendiri. Sudah saya katakan berulang-ulang dan saya ingin katakan lagi bahwa orang yang berpegang pada analogi Tritunggal menganalogikan esensi dengan rumus kimia air. Nah wujud air itu hanya satu yaitu H2O. Si Hai Hai Bencong protes tanpa menunjukkan dimana salahnya mengatakan bahwa esensi air hanya satu. Dia terus-menerus mengata-ngatai lawan tetapi tanpa argumen.

Demikian juga saat mengikuti dia dan mengatakan bahwa pribadi manusia cuma punya satu hakekat, dia tidak terima. Mungkin memang benar Hai Hai si Bencong punya lebih dari satu esensi. Mungkin esensi Hai Hai dan pengikutnya adalah manusia, kuda, setan, kambing sehingga dia tidak terima bahwa saya dan orang lain cuma punya satu esensi? Mungkin juga demikian. Kalau kita dapat menggunakan perilakunya sebagai data untuk mengambil kesimpulan tentang esensinya, maka kemungkinannya besar bahwa Hai Hai Bencong dan pengikutnya memiliki lebih dari satu esensi, yaitu bukan manusia saja. Apa yang salah dengan mengatakan bahwa saya dan Esra Soru atau siapapun hanya memiliki satu hakekat? Dia tidak memberi tahu. Yang dia lakukan hanya mengeluh-eluh seperti anak kecil tetapi tidak tau apa yang dikeluhkan. Dia hanya mengulang-ulang apa yang dia katakan tanpa arti.

Dia mengatakan bahwa dia tidak mempertanyakan apakah tiga dan satu bisa dipredikatkan pada subyek logis tertentu. Well, tentu saja saya tidak mengatakan bahwa dia mempertanyakan itu. Yang saya katakan adalah bahwa itulah yang dapat dibuktikan oleh analogi air, yaitu bahwa Tritunggal bukan sebuah kemustahilan logis. Apa dia memperhatikan semua diskusi ini ataukah dia sudah mabuk karena argumennya dipatahkan semua? Well, tampaknya demikian!

Hal yang tidak diperhatikan oleh Hai Hai Bencong adalah bahwa saya juga sedang menjawab temannya Si Versace. Nah karena temannya tersebut tidak dia tegur kalau ada yang salah, bahkan mereka saling memuji satu dengan yang lain, maka tentunya aman untuk berpandangan pandangan Versace adalah pandangan si Bencong juga. Jadi jangan salahkan saya kalau saya mengatakan sesuatu yang kau rasa bukan pandanganmu, saya menyerang Versace dengan pemahaman bahwa lu setuju apa yang dikatakannya. Hence, pandangannya adalah pandangan loe.

Hanya begini saja kemampuan Hai Hai Bencong dan kawan-kawannya. Dia mengata-ngatai lawan, tanpa argumentasi. Kalaupun ada argumentasi, semua mengalami sesat pikir!

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Tentu saja mungkin salah mengatakan bahwa esensi H2O hanya satu kalau kita menggunakan apa yang dipahaminya sebagai definisi. Tetapi apa definisi yang dipakai? Kita tidak tau sama sekali.

Tetapi walaupun misalnya dia benar saat menggunakan definisinya, kita di sini tidak membahas definisinya atau menggunakan definisinya sebagai acuan. Jadi dia menyerang argumen orang lain dengan asumsi bahwa orang lain menggunakan definisi yang sama dengan dia. Ini adalah penipuan. Bukan hanya menipu orang banyak, tetapi juga menipu diri sendiri.

Kasian si Bencong!

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

Doktrin Allah Tritunggal Hanya ANALOGI Doang

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Jelas bahwa komentar ini menyerang argumen yang menganalogikan tiga sifat air yang berbeda-beda (cair, uap air, dan es) walaupun rumus molekulnya sama yaitu H2O dengan Ketritunggalan Allah dimana Allah memiliki tiga pribadi walaupun esensinya satu/sama.

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Hai Hai Bencong, loe tunjukkan kebodohan lu aja di mana-mana. Dikasih taupun sama saja dengan memberikan mutiara kepada mulut babi. Supaya lu tau, sama dan satu bukanlah dua hal yang tidak bisa berada bersama. Hakekat air, uap air, dan es adalah sama yaitu hanya H2O. Dan hakekatnya juga hanya satu yaitu hanya H2O bukan H2O + H2SO4 + NaCl, misalnya. Atau H2O + CaCl2 + CaCO3. dll dst.

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Terus saja melakukan Strawmen. Hanya itu yang lu bisa lakukan. Orang bicara A, lu bicara B lalu berasumsi bahwa lu sedang berbicara tentang A. Okelah lu angkat contoh baru. Tentu saja saya dan Esra Soru tidak sama. Tapi kami memiliki satu hakekat saja yaitu manusia. Bukan seperti lu yang memiliki dua hakekat yaitu manusia dan setan.

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Ya, seperti yang saya bilang saya dan Esra Soru hanya memiliki satu hakekat yaitu kemanusiaan sedangkan lo dan pengikut-pengikut lu memiliki dua esensi yaitu manusia dan iblis. Lu ulang-ulang saja kebohongan lo.

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Juga harus diingat bahwa yang namanya analogis tidak harus semua aspek sama. Mengharapkan bahwa semua aspek sama adalah sebuah kesalahan. Kalau dua hal dibandingkan dan semuanya sama, maka itu bukan analogi lagi tetapi keduanya identik alias hal yang sama. Tentunya Tritunggal bukan air, jadi tidak apa-apa kalau ada yang tidak terwakili. Namanya saja analogi.

Ma Kuru Paijo Budiwidayanto: Yang ingin ditunjukkan oleh orang yang berpegang pada analogi tersebut hanyalah bahwa satu dan tiga bisa diterapkan pada satu subyek logis pada waktu yang bersamaan. Tidak lebih. Jadi kalau Allah Kristen Tritunggal, itu bukan ketidakmungkinan.

Kerabatku sekalian, di dalam debat kita mencari KEBENARAN, bukan KEMENANGAN. Itu sebabnya ketika lawan mengungkapkan KEBENARAN kita harus MENGAKUINYA dan MENERIMANYA. Menolak kebenaran yang diungkapkan lawan adalah kebodohan yang diakibatkan oleh hati yang dengki, jiwa yang picik dan pikiran yang degil.

ANALOGI:  n 1 persamaan atau persesuaian antara dua benda atau hal yg berlainan; kias: 2 Ling kesepadanan antara bentuk bahasa yg menjadi dasar terjadinya bentuk lain; 3 Mik sesuatu yg sama dl bentuk, susunan, atau fungsi, tetapi berlainan asal-usulnya sehingga tidak ada hubungan kekerabatan; 4 Sas kesamaan sebagian ciri antara dua benda atau hal yg dapat dipakai untuk dasar perbandingan;

MENG-ANALOGI-KAN: v membuat sesuatu yg baru berdasarkan contoh yg sudah ada; mereka-reka bentuk kata baru dng mencontoh bentuk yg telah ada

Apa itu ANALOGI? Tersebut di atas adalah definisi ANALOGI menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ma Kuru Paijo Budiwidayanto benar 100% ketika mengajarkan bahwa ANALOGI mustahil menggambarkan dengan sempurna FAKTA yang dianalogikannya. Mustahil MENUNTUT sebuah analogi 100% IDENTIK dengan yang di-ANALOGIKAN.

Tidak ada salahnya bila Ma Kuru meng-ANALOGI-kan “Bapa dan Yesus dan Roh Kudus satu hakekat yaitu Allah” dengan “air dan uap dan es satu hakekat yaitu: H2O” dan “Makuru dan Esra dan Bejo satu hakekat yaitu: manusia” bahkan mustahil menyalahkan Ma Kuru bila dia menganalogikan Bapa dan Yesus dan Roh Kudus satu hakekat yaitu Allah dengan “Tai dan mencret dan kentut satu hakekat yaitu: bau.”

Di samping itu, bukankah tujuan Ma Kuru adalah menjelaskan bahwa SATU dan SAMA bisa ada bersama dan SATU dan TIGA bisa diterapkan pada satu subyek logis pada waktu yang bersamaan.

Para teolog Kristen tidak pernah menyangkal bahwa Alkitab tidak pernah mengajarkan doktrin Allah Tritunggal. Alkitab tidak mengajarkan bahwa Allah itu TIGA pribadi yaitu: Bapa dan Anak dan Roh Kudus. Alkitab juga tidak mengajarkan bahwa Bapa dan Anak dan Roh Kudus SATU hakekat yaitu Allah.

Karena Alkitab TIDAK mengajarkannya bolehkah umat Kristen MENGANALOGIKAN Allah dan Bapa dan Anak dan Yesus dan Roh Kudus yang diajarkan oleh Alkitab dengan doktrin Allah Tritunggal? TIDAK ada hukum yang MELARANG hal demikian!

Adakah hukum yang MENGHARUSKAN doktrin Allah Tritunggal 100% IDENTIK dengan Allah dan Bapa dan Anak dan Yesus dan Roh Kudus yang diajarkan oleh Alkitab? TIDAK ada!

Bila demikian, kenapa banyak sekali orang yang SIRIK lalu menuduh ajaran doktrin Allah Tritunggal SESAT karena bertentangan dengan ajaran Alkitab? Tentu saja karena mereka TIDAK tahu Mustahil MENUNTUT sebuah analogi 100% IDENTIK dengan yang di-ANALOGIKAN. Karena mereka tidak tahu bahwa doktrin Allah Tritunggal TIDAK LEBIH HANYA menjelaskan bahwa SATU dan SAMA bisa ada bersama dan SATU dan TIGA bisa diterapkan pada satu subyek logis pada waktu yang bersamaan.

Allah Tritunggal = SATU dan TIGA diterapkan pada satu subyek logis pada waktu yang bersamaan

Allah Tritunggal = SATU Allah dan SATU Tritunggal = Allah SAMA Tritunggal = SATU dan SAMA ada bersama

Kerabatku sekalian, dengan ini hai hai MENGHIMBAU anda sekalian agar TIDAK mempermasalahkan apalagi menuduh DOKTRIN Allah Tritunggal SESAT karena bertentangan dengan ajaran Alkitab. Kenapa demikian? Karena Alkitab sama sekali TIDAK mengajarkan Doktrin Allah Tritunggal. Alkitab hanya mengajarkan tentang: Allah dan Bapa dan Anak dan Yesus dan Roh Kudus.

Karena Alkitab tidak mengajarkannya, kenapa orang Kristen MENGAJARKANNYA? Lho .......? Kan orang Kristen hanya meng-ANALOGI-kan Allah dan Bapa dan Anak dan Yesus dan Roh Kudus yang diajarkan oleh Alkitab dengan Doktrin Allah Tritunggal? Mustahil menuntut Bapa dan Anak dan Roh Kudus di dalam doktrin Allah Tritunggal 100% IDENTIK dengan  Bapa dan Anak dan Roh Kudus yang diajarkan Alkitab la yao! Analogi kok disuruh IDENTIK? Kalau IDENTIK bukan analogi la yao!

Bukankah doktrin Allah Tritunggal itu HENDAK mengajarkan bahwa Bapa dan Yesus dan Roh Kudus itu TIGA pribadi SATU hakekat? Tentu saja bukanlah YAO! Doktrin Allah Tritunggal itu HANYA untuk menjelaskan bahwa:

sama dan satu bukanlah dua hal yang tidak bisa berada bersama

SATU dan TIGA bisa diterapkan pada satu subyek logis pada waktu yang bersamaan

Nah, kerabatku sekalian, mulai hari ini JANGAN meributkan doktrin Allah Tritunggal lagi ya, sebab itu hanya ANALOGI doang. Ha ha ha ha ha ha ha ha ...

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Erin Naibaho's picture

ma kuru

wah..padahal sebelum aku kenal sabda space ini, aku banyak banget baca tulisan Makuru..dan saya simpan semua tulisannya di hardisk saya. ternyata..

__________________

pemalas

lisna's picture

Erin Naibaho ; Bahen pandapotmu ???

Shalom Erin .

Dalam beberapa komen anda, saya melihat anda hanya sekedar mengundang org lain utk debat ( halus diskusi ) sementara anda tidak memberikan masukan atau pendapat anda sendiri. ( seperti provokator )

atau mungkin anda anggap bloger sabbda space ini masih kacangan hanya enak jadi tontonan ??? 

mungkin saya salah menilai, tetapi dari sekian komen anda itulah yg saya simpulkan.

horas...horas...horas