Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Taurat Musa bukan hanya Sepuluh Perintah TUHAN saja.

mujizat's picture

Dalam sebuah diskusi, Muji sempat terperangah membaca sebuah jawaban bahwa Taurat hanya terdiri dari 10 Perintah TUHAN saja. Di kesempatan yang lain, Muji pernah mendengar juga seorang Kristen yang berkata bahwa Taurat hanya 10 Perintah TUHAN saja. Berangkat dari sini, saya berkesimpulan bahwa ternyata banyak orang Kristen yang tidak memperoleh pengajaran yang benar tentang Firman Allah, khususnya dalam hal hukum Taurat. Saya anggap ini penting, karena Yesus datang bukan untuk meniadakan Taurat, tetapi untuk menggenapinya.

Hukum Taurat berisi perintah, ketetapan dan aturan yang harus ditaati oleh umat Israel (Ulangan 7:11). Hukum Taurat diberikan secara bertahap oleh TUHAN kepada nabi Musa di Kemah Pertemuan. Saya tidak tahu berapa kali, berapa puluh kali atau berapa ratus kali jumlah pertemuan itu, namun Musa mencatat baik-baik setiap perintah, ketetapan dan aturan yang difirmankan Allah padanya untuk dicatat dan disampaikan kepada umat Israel. Saya belum mencatat berapa puluh atau berapa ratus ayat yang berisi Taurat TUHAN itu, dan seandainya ditulis seluruhnya tentulah akan sangat banyak, karena itu saya akan tuliskan saja beberapa contoh untuk sekedar menunjukkan bahwa Hukum Taurat bukan hanya 10 Perintah TUHAN, melainkan perintah, aturan dan ketetapan yang lain juga. Oh ya, Taurat Musa berbeda dengan adat istiadat Yahudi, sekalipun terkadang ada yang bias tentang masalah ini. Misalnya soal “cuci tangan sebelum makan”, maka itu tidak tertulis di Taurat (?), sehingga jika itu dilakukan oleh orang2 Yahudi, maka hal tersebut termasuk adat istiadat.

Hukum Taurat untuk dosa yang tidak sengaja, jika pelakunya seorang Imam.

1 TUHAN berfirman kepada Musa:

2 "Katakanlah kepada orang Israel: Apabila seseorang tidak dengan sengaja berbuat dosa dalam sesuatu hal yang dilarang TUHAN dan ia memang melakukan salah satu dari padanya, 3 maka jikalau yang berbuat dosa itu imam yang diurapi, sehingga bangsanya turut bersalah, haruslah ia mempersembahkan kepada TUHAN karena dosa yang telah diperbuatnya itu, seekor lembu jantan muda yang tidak bercela sebagai korban penghapus dosa. 4 Ia harus membawa lembu itu ke pintu Kemah Pertemuan, ke hadapan TUHAN, lalu ia harus meletakkan tangannya ke atas kepala lembu itu, dan menyembelih lembu itu di hadapan TUHAN. 5 Imam yang diurapi itu harus mengambil sebagian dari darah lembu itu, lalu membawanya ke dalam Kemah Pertemuan……. dst (Imamat 4:1-12).

 

Jika yang berdosa tidak sengaja segenap umat Israel, menurut Taurat.

13 Jikalau yang berbuat dosa dengan tak sengaja itu segenap umat Israel, dan jemaah tidak menyadarinya, sehingga mereka melakukan salah satu hal yang dilarang TUHAN, dan mereka bersalah, 14 maka apabila dosa yang diperbuat mereka itu ketahuan, haruslah jemaah itu mempersembahkan seekor lembu jantan yang muda sebagai korban penghapus dosa. Lembu itu harus dibawa mereka ke depan Kemah Pertemuan. 15 Lalu para tua-tua umat itu harus meletakkan tangan mereka di atas kepala lembu jantan itu di hadapan TUHAN, dan lembu itu harus disembelih di hadapan TUHAN….. Itulah korban penghapus dosa untuk jemaah.(Imamat 4:13-21)

Jika yang berdosa secara tak sengaja seorang Pemuka, menurut Taurat.

22 Jikalau yang berbuat dosa itu seorang pemuka yang tidak dengan sengaja melakukan salah satu hal yang dilarang TUHAN, Allahnya, sehingga ia bersalah, 23 maka jikalau dosa yang telah diperbuatnya itu diberitahukan kepadanya, haruslah ia membawa sebagai persembahannya seekor kambing jantan yang tidak bercela. 24 Lalu haruslah ia meletakkan tangannya ke atas kepala kambing itu dan menyembelihnya di tempat yang biasa orang menyembelih korban bakaran di hadapan TUHAN; itulah korban penghapus dosa…… sehingga ia menerima pengampunan (Imamat 4:22-26).

Jika yang berdosa secara tak sengaja seorang rakyat jelata, menurut Taurat.

27 Jikalau yang berbuat dosa dengan tak sengaja itu seorang dari rakyat jelata, dan ia melakukan salah satu hal yang dilarang TUHAN, sehingga ia bersalah, 28 maka jikalau dosa yang telah diperbuatnya itu diberitahukan kepadanya, haruslah ia membawa sebagai persembahannya karena dosa yang telah diperbuatnya itu seekor kambing betina yang tidak bercela. 29 Lalu haruslah ia meletakkan tangannya ke atas kepala korban penghapus dosa dan menyembelih korban itu di tempat korban bakaran. 30 Kemudian imam harus mengambil dengan jarinya sedikit dari darah korban itu, lalu ….. sehingga ia menerima pengampunan (Imamat 4:27-31).

Masih banyak lagi Hukum Taurat yang mengatur tentang dosa, bagaimana ancaman hukumannya, atau untuk dosa tertentu, bagaimana caranya seorang pembuat dosa untuk dapat diampuni dosanya.

Untuk lengkapnya, silahkan pembaca baca dengan teliti kitab-kitab Musa, khususnya kitab Imamat, Bilangan dan Ulangan.

Saya tidak bermaksud memperdebatkan isi Taurat, namun ingin sekedar menunjukkan bahwa Taurat Musa tidak hanya terdiri dari 10 Perintah TUHAN yang ini:

Keluaran 20:2-17

2 "Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan. 3 Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.

4 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. 5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku, 6 tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.

7 Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.

8 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: 9 enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, 10 tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu. 11 Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

12 Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

13 Jangan membunuh.

14 Jangan berzinah.

15 Jangan mencuri.

16 Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.

17 Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apapun yang dipunyai sesamamu."

tetapi juga segala perintah, ketetapan dan aturan yang telah ditetapkan TUHAN untuk bangsa Israel.

Shalom.

rogermixtin09's picture

Bang Muji,setuju

Di kesempatan yang lain, Muji pernah mendengar juga seorang Kristen yang berkata bahwa Taurat hanya 10 Perintah TUHAN saja. Berangkat dari sini, saya berkesimpulan bahwa ternyata banyak orang Kristen yang tidak memperoleh pengajaran yang benar tentang Firman Allah, khususnya dalam hal hukum Taurat. Saya anggap ini penting, karena Yesus datang bukan untuk meniadakan Taurat, tetapi untuk menggenapinya.

Saya setuju dengan anda bang Muji.ternyata memang banyak yang belum mengerti apa itu hukum taurat dan 10 perintah Tuhan termasuk anda sendiri.......wkwkwkwkwk

mujizat's picture

Rogermixtin

Shalom,

Ya, I was,...

Kalau boleh saya bandingkan, Indonesia punya Pancasila sebagai dasar negara, sebagai sumber hukum, tetapi rincian nya diuraikan di UUD-45 dan undang-undang lain, sepeti KUHP dan lain sebagainya,

Lalu,...

Sepuluh Perintah Tuhan bagaikan "Dasa Sila" , atau "dasar negara" kerajaan Allah, yang berdasarkan itu disusunlah hukum Taurat yang sekian banyak pasal.

Sila 1 s/d 4 dari 10 Perintah TUHAN mengatur hubungan vertikal, antara manusia dengan TUHAN, dan sila 5 - 10 mengatur hubungan horizontal, yakni antar manusia.

Hmm, sekedar contoh lain, Yesus pernah ditanya, bermakna begini:

"Tuan, manakah hukum yang terutama?" tanya seseorang.

Yesus menjawab: "Kasihilah TUHAN, Allahmu dengan segenap hatimu, jiwamu, akal budimu dan kekuatanmu".

Jawaban Yesus itu tidak scr eksplisit tertulis di 10 Perintah TUHAN, namun implisit. Sedangkan eksplisitnya tertulis di Kitab Taurat Musa.

Jadi,...

Ternyata selama ini banyak orang Kristen yang tidak tahu bahwa hukum Taurat BUKAN HANYA 10 Perintah TUHAN, tetapi lebih dari itu, tentu saja TIDAK termasuk Anda, tuan Rogermixtin, he he,...

Shalom.

rogermixtin09's picture

Mujizat.10 hukum

Bang Muji.

10 perintah Tuhan ditulis dalam 2 loh batu.Loh batu yang pertama berisi hukum pertama dan keempat yang mengatur hubungan antara manusia dan Tuhan Allah.Sedangkan loh batu yang kedua berisi hukum ke lima dan ke sepuluh yang mengatur hubungan manusia dengan manusia lainya.Sejak pertama hukum ini diberikan, YAHWE ELOHIM tetap KONSISTEN.

loh batu yang pertama oleh Yesus Kristus disebut hukum yang pertama dan yang terutama yaitu : Kasihilah Tuhan Allahmu

Sedangkan loh batu yang kedua berisi hukum kedua yang sama dengan hukum pertama: kasihilah sesamamu manusia.

10 hukum dan hukum kasih adalah sama dan tetap berlaku sepanjang masa.

Tetapi hukum-hukum yang mengatur tata kehidupan dan tata ibadah bangsa Israel tidak berlaku lagi untuk kita.

Itulah sebabnya Tuhan Yesus berani merevisi beberapa aturan hukum ini

Contohnya : dalam hukum taurat Israel ada beberapa binatang yang dianggap haram sedangkan Yesus mengajarkan semua makanan halal.

Ini ada tulisan saya tentang itu coba diklik disini

Salam