Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Teologia SABDASpace

rogermixtin09's picture

Didalam dunia teologia khususnya teologia modern,kita mengenal banyak macam aliran teologia yaitu :

Teologia Liberal

Teologia Neo ortodox

Teologia Demitologisai

Teologia Sekularisai

Teologia pembebasan

Teologia pengharapan

Teologia proses

Teologia Neo katolik

Teologia mistik

Teologia fundamental

Teologia Evangelical

Teologia Neo evangelical.

Aliran-aliran teologia diatas dapat dibedakan dari pemahaman akan doktrin-doktrin seperti doktrin Allah,doktrin Alkitab,doktrin dosa,dan doktrin keselamatan.

 

Sebagai contoh teologia liberal memegang doktrin-doktrin sebagai berikut :

 

1. DOKTRIN ALKITAB

 

Alkitab adalah buah pikiran manusia, bukan berita dari Allah. Oleh karena mengandung unsur manusia, maka tidak luput dari kesalahan-kesalahan. Alkitab tidak dapat disebut sebagai Firman Allah, melainkan hanya sebuah buku agama atau buku puisi saja. Bila kita membaca atau menyelidikinya, haruslah menurut akal dan sejarah.

Kaum Liberal menolak urutan sejarah yang dimuat dalam Alkitab, karena tidak sesuai dengan ajaran evolusi dalam sejarah. Fakta-fakta yang terdapat di dalam Alkitab disaring dan dibersihkan dari unsur-unsur yang dianggap bersifat dan berbau khayalan religius. Setelah itu, urutan sejarah dalam Alkitab disusun ulang dan disesuaikan dengan ajaran evolusi dalam sejarah.

Menurut mereka Alkitab hanyalah merupakan pengalaman dan pikiran manusia saja. Dengan demikian, mereka menggantikan Allah dengan pikiran dan perasaan manusia. Mereka mengakui kewibawaan Alkitab, tetapi bukan sebagai Firman Allah, melainkan sebagai sebuah pikiran dan pengalaman keagamaan manusia.

 

2. DOKTRIN TENTANG ALLAH

 

Allah adalah pangkal dari segala sesuatu dan merupakan kekuatan kekal. Allah tidak beroknum, tapi eksistensinya secara obyektif berada dibenak manusia. Segala sesuatu yang ada di dalam dunia ini, pada hakekatnya bukan ciptaan Allah, melainkan memang sudah ada dan secara perlahan-lahan mencapai kemajuan (evolusi).

 

3. DOKTRIN TENTANG YESUS KRISTUS

 

Yesus Kristus bukan Allah dan bukan Anak Allah yang diperanakkan oleh dara Maria. Kebenaran tentang "Firman menjadi Manusia" hanyalah sebuah ilham Filsafat yang dalam. Kebenaran tentang "dilahirkan oleh anak dara" hanyalah cerita alegoris saja.

Mereka tidak menyangkal Yesus sebagai Guru Yang Agung; Orang Saleh yang mempunyai tingkah-laku dan moral yang baik; Manusia yang sempurna. Karena kehidupan Yesus Kristus yang tidak bercacat cela, menimbulkan kekaguman bagi murid-murid dan kemudian meninggikanNya sebagai Allah.

 

4. DOKTRIN TENTANG ROH KUDUS

 

Yang dimaksud dengan Roh Kudus adalah perasaan keadilan yang ada dalam diri manusia dan bukan sebagai Oknum ketiga dari Allah Tritunggal. Dengan kata lain, Roh Kudus adalah hati nurani manusia.

 

5. DOKTRIN TENTANG DOSA

 

Manusia hanya merupakan sebagian dari proses evolusi, tetapi tidak mempunyai kehendak bebas. Manusia tidak pernah berdosa, bahkan makin hari makin maju dan mencapai kesempurnaan. Kesalahan yang dilakukan manusia hanya karena keadaan sosial. Jika keadaan sosial sudah diperbaiki, maka secara otomatis semuanya menjadi baik. Mereka sangat mementingkan gerakan untuk mengadakan perombakan-perombakan yang radikal di bidang sosial. Karena aktivitas di bidang sosial ini, maka gerakan mereka disebut Pekabaran Injil Sosial (Sosial Gospel).

 

6. DOKTRIN TENTANG KESELAMATAN

 

Menurut mereka, manusia harus giat berbuat amal. Amal itu akan mempengaruhi keselamatan manusia. Cerita tragis tentang Yesus Kristus disalib tidak dapat diterima, karena cerita ini berasal dari pengaruh takhyul abad pertengahan. Injil keselamatan dengan darah, sudah ketinggalan zaman. Manusia tidak boleh egois, jangan mengira diri sendiri sudah diselamatkan itu cukup, melainkan juga mementingkan keselamatan orang lain. Tuntutan Tuhan atas diri manusia, yaitu berbuat amal dan menjadi manusia baik.

 

7. DOKTRIN TENTANG PENGHAKIMAN

 

Kaum Liberal dengan berani menyangkal hukuman akibat kesalahan dosa (The Guilt of Sin). Tokoh Liberal Schleiermacher dan Ritschl menolak untuk mengakui keberadaan dosa secara obyektif. Keberadaan dosa hanya bersifat subyektif dari ingatan manusia saja. Ingatan tentang dosa ini, disebabkan kerisauan hati manusia terhadap kemurkaan Allah. Ritschl dalam pernyataannya memberi jaminan dan penghiburan dengan berkata bahwa manusia tidak perlu takut terhadap murka dan hukuman Allah, karena Allah yang Mahakasih tidak mungkin akan marah terhadap manusia dan lebih tidak mungkin sampai menghukum dan membuang manusia ke dalam api neraka.

Untuk mempelajari lebih jelas akan aliran-aliran teologia ini,anda dapat mendowloadnya dari situs Sabda gudang buku online (GUBUK ONLINE )

 

Teologia Sabdaspace

 

Sabda space adalah komunitas blogger kristen,yaitu tempat berkumpulnya para blogger kristen dari berbagai aliran denominasi gereja.Sabdaspace menerima siapa saja yang ingin bergabung dalam komunitas ini tanpa memandang gereja ataupun aliran teologia yang diyakini oleh masing-masing blogger,bahkan Sabdaspace sangat senang apabila ada blogger yang bukan kristen yang mau bergabung didalamnya.

 

Tidak bisa dipungkiri bahwa apabila kita melihat latar belakang pengelola YLSA sebagai pemilik situs Sabdaspace maka kelihatannya corak teologia reformed atau Calvinis dapat terlihat dengan jelas.Namun sepertinya ini bukan alasan untuk menjadikan sabdaspace sebagai aliran reformed atau Calvinis,karena pada kenyataanya para blogger sabdaspace dapat dengan bebas berekspresi dengan berbagai macam gaya tulisan baik reformed maupun yang lainya.Untuk itu dalam tulisan ini saya mencoba merangkum bagaimana mayoritas anggota Sabdaspace berteologia berdasarkan keragaman latar belakang dari setiap blogger yang aktif disini.

 

Tulisan ini hanyalah merupakan pandangan dari Rogermixtin berdasarkan pengamatan selama lebih kurang 3 tahun aktif membaca di SS.Oleh sebab itu kemungkinan besar ada blogger lain,core user,ataupun Admin Sabdaspace yang mungkin saja tidak setuju dengan isi dari tulisan ini.Sekali lagi ini hanya pandangan pribadi Rogermixtin.

 

Teologia Sabdaspace mengakui bahwa :

 

1. Alkitab

 

Alkitab yang terdiri dari kitab perjanjian lama dan perjanjian baru dari kitab kejadian sampai kitab Wahyu berjumlah 66 kitab adalah benar-benar wahyu Allah yang menjadi standart atau patokan semua ajaran Kristen.

 

2. Allah

 

Allah adalah pencipta langit dan bumi.Allah menyatakan diri-Nya dalam 3 pribadi yaitu Allah Bapa.Allah putra yaitu Yesus Kristus dan Allah Roh kudus.Tiga pribadi tetapi satu hakekat.Bukan tiga Allah tetapi satu Allah.Keberadaan-Nya bukan hanya dalam pikiran tetapi nyata.Allah adalah penguasa alam semesta.Apapun yang dilakukan-Nya adalah seturut kehendak-Nya sendiri demi kemuliaan nama-Nya.

 

3. Yesus Kristus

 

Yesus Kristus adalah pribadi kedua Allah Tritunggal.Yesus Kristus adalah Allah yang diperanakan yang dikandung dari Roh kudus melalui perawan Maria.Yesus Kristus adalah Allah sejati yang menjelma menjadi manusia.Keberadaan-Nya nyata dalam sejarah manusia.Yahwe dalam perjanjian lama adalah Firman yang menjadi manusia Yesus kristus dalam perjanjian baru.

Yesus Kristus mati disalibkan untuk menebus manusia dari murka Allah Bapa.Dia kemudian bangkit dan naik ke surga dan akan datang kembali ke dunia untuk menghakimi semua manusia.

 

4. Roh kudus

 

Roh kudus adalah pribadi ketiga dalam Allah Tritunggal.Roh kudus keluar dari Allah Bapa dan Allah Putra.Roh kudus menyertai dan melindungi orang-orang percaya.Ketika Yesus kristus naik ke surga,Roh kudus dikirim oleh Allah Bapa dan Yesus Kristus untuk menjadi penolong bagi orang-orang percaya.Roh kudus tidak bisa dilihat dengan mata manusia,namun manusia dapat merasakan kehadiran-Nya dalam kehidupan nyata.

 

5 .Manusia

 

Manusia adalah salah satu ciptaan Allah.Manusia diciptakan dalam keadaan yang sempurna berdasarkan gambar dan rupa Allah.Manusia diciptakan dari debu tanah dan dinamai manusia (Adam).Dari tulung rusuk manusia itu diciptakanlah hawa yang adalah ibu semua manusia lainya.Manusia kemudian jatuh kedalam dosa ketika melanggar larangan Allah untuk tidak memakan buah pengetahuan yang baik dan yang jahat.Akibat dari dosa yang dilakukan manusia itu,maka Allah mengutuk manusia dan manusia harus mengalami hukuman kematian .

 

6. Keselamatan

 

Keselamatan adalah rencana Allah untuk manusia yang harus menghadapi kematian akibat dosa.Allah Bapa menyediakan Allah Putra (Yesus Kristus) sebagai penebus hukuman Allah atas dosa manusia itu.Yesus Kristus disalibkan untuk menebus hukuman Allah atas dosa yang dilakukan oleh manusia.Dengan demikian manusia dapat kembali hidup kekal.

 

7. Penghakiman

 

Penghakiman adalah Ketika Yesus Kristus datang kembali untuk menghakimi semua manusia.Bagi mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan,akan mengalami hidup kekal,tetapi murka dan geram kepada mereka yang mencari kepentingan sendiri, yang tidak taat kepada kebenaran, melainkan taat kepada kelaliman.

 

8. Malaikat

 

Malaikat adalah ciptaan Allah yang termasuk Serafim dan Kerubim yang merupakan pesuruh Allah yang bekerja untuk melayani Allah dan menjalankan perintah-perintah Allah .Malaikat tidak menerima penyembahan manusia melainkan hanya menyembah Allah saja.Mikael dan Gabriel adalah penghulu-penghulu malaikat.Ada 1/3 malaikat yang memberontak terhadap Allah lalu diusir dari sorga.Mereka dikurung dalam dunia kekelaman sampai tiba waktu penghakiman.

 

9. Iblis

 

Iblis adalah musuh besar manusia karena Iblis adalah pendakwa manusia didepan Allah namun juga Iblis penipu dan pemfitnah manusia.Iblis adalah pendusta dan bapa segala dusta.Pekerjaan Iblis ialah menipu manusia agar manusia tersesat dan melawan perintah-perintah Allah.Iblis dapat menyamar menjadi malaikat terang agar manusia tertipu dari kebenaran Allah.Iblis bukan malaikat yang memberontak dan LUCIFER bukanlah nama Iblis.Iblis juga bukanlah setan .

 

Sampai disini dulu pembahasan saya mengenai Teologia sabdaspace ini,bagi yang ingin menambahkan ataupun membantahnya dipersilahkan dengan senang hati.

 

Salam.

guestx's picture

this is good

tulisan ini mnrt gw baik, bukan krn gw sepenuhnya setuju dan merasa isinya sudah benar, tapi krn roger menginisiasi upaya mengeksplisitkan atau mendaftarkan scr sistematis pokok-pokok pemahaman bersama. ini yg sdh lama gw ingin tahu, apakah perdebatan antara SS-ers sebenarnya adalah soal-soal yg tak begitu mendasar, sedangkan yg fundamental sebenarnya sehati sepikiran ? atau mungkin sebaliknya, yg diperdebatkan adalah hal-hal yg hakiki dalam iman Kristen dan pada pokoknya para SS-er berdiri di atas dasar yg berbeda.

 

gw berharap sebelum mendebat tulisan ini, para komentator memperkenalkan dulu posisinya, dimana dia sepaham dan dimana dia berseberangan dengan roger. dgn demikian, para pemirsa bisa lebih berpengetahuan tentang nuansa dan keragaman komunitas ini. semoga.

__________________

------- XXX -------

Miyabi's picture

@Guestx

Kalo hasilnya sudah sama, diskusinya berhenti. Cara pandang dan cara mengkajinya beda-beda, makanya hasilnya lain-lain.
__________________

".... ...."

rogermixtin09's picture

@Miyabi.

Miya,bagaiman dengan anda.Kira-kira point-point mana yang anda setuju dan mana yang belum sepaham dengan anda ?

Thanks.

Miyabi's picture

@roger

Detik ini juga sedang ada obrolan soal scriptura oleh perkantas di radio RPK jakarta. Saya sdg pake hp. Susah ngetik panjang2. Jempolnya pegel. (alesan)
__________________

".... ...."

Miyabi's picture

Sola

Sola*
__________________

".... ...."

rogermixtin09's picture

@Miyabi.

Miya saya setuju dengan semua point anda,terutama yang nomor 7

Saya kira itu semua adalah fakta yang tidak bisa dibantah.adapun hubunganya dengan point 1 dalam blog saya,sepertinya pandangan anda tidak menyinggung bahwa Alkitab adalah firman Tuhan atau bukan.saya kira anda perlu mempertegas hal itu.

Trims.

Miyabi's picture

@roger

Keyakinan mendahului pengetahuan. Karena itu, ketika mengkaji, saya mengesampingkan apa yang saya yakini. Ketujuh poin di blog saya itu sudah dikaji dan siap untuk kembali diyakini (setelah tadi dikesampingkan terlebih dahulu).

"Alkitab adalah Firman Allah" adalah ungkapan iman. Untuk mengujinya, keyakinan dikesampingkan dulu, supaya tidak menggaggu kajian. Naaah, saya masih belum bisa membuktikan dalam sebuah kajian, bahwa Alkitab adalah Firman Allah.

Saya berusaha tertib dalam pengujian. Bukankah Martin Luther pun menulis thesis dan bukan menulis daftar keyakinan?  Kalau menulis daftar keyakinan, anak sekolah minggu pun bisa menulis daftar apa sja yang ia yakini seoal kekristenannya.

__________________

".... ...."

rogermixtin09's picture

Miya,bukti

Miya,begitu banyak bukti temuan arkeolog sejak jaman perjanjian lama yang ternyata cocok dengan apa yang ditulis dalam Alkitab.Bahkan banyak Arkeolog menjadikan Alkitab sebagai acuan dalam mencari dan mengggali situs-situs kuno.

Alkitab juga telah membuktikan dirinya sendiri mampu bertahan dari jaman bahula sampai sekarang.

Alkitab juga telah membuktikan betapa pengaruh ajaran dalam Alkitab itu telah termanifestasi dalam hukum-hukum manusia disetiap negara dunia

Alkitab juga telah membuktikan ajaran didalamnya dapat merubah tingkah laku seseorang.

Tidak ada buku didunia ini selain Alkitab yang memuat tulisan yang berkesinambungan dalam kurun waktu penulisan selama ribuan tahun oleh puluhan penulis dalam budaya dan tempat yang berbeda-beda pula.

Bagi saya itulah bukti Alkitab adalah firman Tuhan.

Tapi silahkan mengkaji miya,semoga anda cepat selesai mengkajinya dan bisa berkata bahwa Alkitab memang benar-benar firman Tuhan...he he he

rogermixtin09's picture

Gustx,thanks

Gustx,terima kasih atas atensinya.

Saya juga menunggu dan siap menjawab apabila ada rekan-rekan yang mungkin tidak sependapat dengan point-point diatas.

joli's picture

Roger, tanya?

Setuju ama guestx (sering setuju-nya kalau ama mr guest satu ini). Tulisan roger ini bagus. Ada macam-macam teologia yang baru denger sekarang ini.

tanya Ger,

Apa itu teologia proses?

Apa itu teologia mistik?

rogermixtin09's picture

Ci Joli

wah,ngerendah nih ci Joli....ha ha ha

 

baiklah pertanyaan harus dijawab :

 

Munculnya Teologia Proses merupakan respon terhadap teologia liberal dan neo ortodoks serta keadaan yang skeptis saat itu. Para teolog ini mencoba menjelaskan tentang teori keberadaan Allah dan karya-Nya yang diharapkan dapat memuaskan kaum intelektual jaman itu.

 

Salah satu pemikiran teologia proses adalah : Tuhan dalam Teologia Proses adalah Tuhan yang tidak bertentangan dengan pemikiran ilmiah sehingga terbuka untuk diselidiki.

 

Dalam konteks Teologia Mistik, istilah "mistik" tidak diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan kuasa kegelapan, tapi kepada sesuatu hubungan rohani yang tidak dapat dijelaskan secara akal.

 

Jika istilah "mistik" ini dihubungan dengan cara hidup seseorang yang saleh, disiplin dan penuh pengabdian kepada kehidupan rohani, maka contoh-contoh diberikan kepada orang-orang seperti: Augustinus, Fransis Asisi, Bernard of Clairvaux. Thomas Aquinas dll. Ajaran Teologia Mistik ini kemudian dikenal hampir sepanjang sejarah gereja, terutama berbarengan dengan lahirnya tokoh- tokoh gereja yang memiliki ajaran dan kehidupan kesalehan yang ketat. Namun pada akhir abad-abad modern, ajaran ini berkembang menjadi ajaran yang ditentang oleh gereja-gereja yang menjunjung tinggi otoritas Alkitab sebagai satu-satunya wahyu Allah yang tertulis (orthodoks).

 

salam

joli's picture

cocok

Roger : Tuhan dalam Teologia Proses adalah Tuhan yang tidak bertentangan dengan pemikiran ilmiah sehingga terbuka untuk diselidiki.

Ok dah cocok, Joli akan ikut teologia proses (sementara), krn pengenalan akan Tuhan kan proses juga.

Lalu sampai dimana prosesnya ini? jadi nggak punya doktrin nho ya? kan masih berproses terus?

bener-bener tertarik nich Ger, tentang pokok2 teologia liberal kan sudah Roger ulas.

Lalu  :

Apa kata teologia proses tentang Alkitab?

Apa kata teologia proses tentang Allah, Yesus Kristus, Roh Kudus?

Apa kata teologia proses tentang keslamatan?

Apa kata teologia proses tentang dosa?

 

rogermixtin09's picture

Ci Joli.Filsafat

Ok dah cocok, Joli akan ikut teologia proses (sementara), krn pengenalan akan Tuhan kan proses juga.

Lalu sampai dimana prosesnya ini? jadi nggak punya doktrin nho ya? kan masih berproses terus?

bener-bener tertarik nich Ger, tentang pokok2 teologia liberal kan sudah Roger ulas.

Lalu  :

Apa kata teologia proses tentang Alkitab?

Apa kata teologia proses tentang Allah, Yesus Kristus, Roh Kudus?

Apa kata teologia proses tentang keslamatan?

Apa kata teologia proses tentang dosa?

 

Ci Joli.

 

Pada dasarnya teologia proses berpijak dari pemikiran para ahli filsafat seperti Alfred North Whitehead dan Charles Hartshorne yang mendasari pemikiran mereka dari luar Alkitab karena mungkin saja ini disebabkan mereka memang bukan Teolog.

Saya tidak menemukan pembahasan mereka tentang Alkitab demikian juga dengan keselamatan yang behubungan dengan akhir jaman.

Pokok pembahasan mereka hanya tentang Allah yang hidup dalam dunia yang mengalami proses evolusi  dan Allah yang TERGANTUNG dari tindakan bebas manusia dan tidak memiliki kedaulatan penuh atas dunia ini.

 

Menurut saya pribadi aliran pemikiran ini sah-sah saja asal tidak diajarkan diatas mimbar gereja karena menurut saya ini bertentangan dengan firman Tuhan dalam Alkitab.

 

Salam.

Daniel's picture

tentang teologi proses

Cik, kata "proses" dalam teologia proses bukan mengacu pada pengenalan akan Tuhan yang bertumbuh seiring waktu, melainkan pada Tuhan itu sendiri.

dalam teologia proses, Tuhan (atau segala sesuatu yang bersifat metafisika, karena teologia proses ini sebenarnya tidak berasal dari kekristenan, melainkan dari filsafat) dipahami bukan sebagai "divine being" atau sesuatu yang sudah ada dalam kekekalan, maha kuasa dan tidak berubah, melainkan sebagai "divine becoming" yaitu sesuatu yang terus berubah dan berproses, saling berinteraksi dengan dunia, alam semesta dan manusia.

menurut teologi ini, Yesus bukan Tuhan seperti yang dipahami oleh kekristenan mainstream, melainkan ketuhanan itu ada dan mengalir di dalam setiap manusia, dan Yesus (kebetulan) adalah orang yang menyadari sepenuh-penuhnya relasi itu, dan jadilah dia Kristus.

kurang lebih begitu, bisa terjadi kesalahan dalam menjelaskan karena aslinya dalam bahasa filsafat yang ruwet dan rumit, karena itu tolong dikoreksi. CMIIW

joli's picture

Roger n daniel, Contoh teologia proses adalah Hai-hai?

Roger dan Daniel..

Oo theologia proses tuh maksudnya tuhan-nya berproses menjadi tuhan, dan manusia juga berproses menjadi tuhan juga??

Kalau begitu contoh di SS ini yang ditulis hai-hai bahwa allah tidak maha tahu berproses dengan belajar lalu menjadi tahu, itu adalah termasuk theologia proses??

rogermixtin09's picture

@Joli

He he he..ci Joli,mungkin perlu diluruskan nih.

Menurut saya yang tidak maha tahu itu YHWE atau Yesus Kristus.

Salah satu contohnya yaitu :

Matius 24:36  Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri."

Ternyata Yesus memang tidak maha tahu...he he he

 

tonypaulo's picture

satu lagi tafsiran "ala" HH (ala dudul)

Menurut saya yang tidak maha tahu itu YHWE atau Yesus Kristus.

YHWE atau Kristus?

YHWE yah YHWE

KRISTUS ya KRISTUS

 

Salah satu contohnya yaitu :

Matius 24:36  Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri."

Ternyata Yesus memang tidak maha tahu...he he he

 

mirip tafsiran orang muslim yg ingin menyerang kekristenan dengan menyatakan Yesus tidak maha tahu

anda kebanyakan disesatkan oleh HH sih, jadi jangan sok tahu dengan ayat tersebut

baca konteksnya

1. Yesus membicarakan hal itu dalam konteks DIA MASIH MENJADI MANUSIA

2. dalam kontek DIA MASIH MENJADI MANUSIA, PENGETAHUANNYA TERBATAS

3. KETIKA DIA SUDAH MENYELESAIKAN MISINYA, IA MENJADI TAK TERBATAS LAGI. (tidak bisa lapar lagi, tidak bisa buang air besar lagi, dsb)

4. YESUS KRISTUS ADALAH ALFA DAN OMEGA, DALAM RANGKAIAN ALFA DAN OMEGA ITU TIDAK MUNGKIN DIA TIDAK TAHU KAPAN SAATNYA (KETIKA DIA SUDAH MENYELESAIKAN MISINYA)

terbukti bahwa apa yang anda ketahui tentang teologi ternyata hanya SAMPAH dan NOL BESAR

 

nb: kalo ada muslim yg baca ini mereka bertepuk tanggan, Yesus tidak maha tahu sebagai TUHAN? ..

rogermixtin09's picture

Ampun DJ...

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

tonypaulo's picture

dipahami saja dengan baik

Jadi maksud anda waktu Yesus didunia dia cuma MANUSIA bukan TUHAN begitu ya pak Tony ????...hebat,anda sungguh hebat.

===

biasakan baca lengkap....

kalau otak anda sudah teracuni doktrin's sesat HH memang susah untuk membaca secara baik

darimana anda bisa berhalunisasi bahwa saya pernah menyampaikan dia cuma MANUSIA bukan TUHAN?

sudah jelas di point ke 4

4. YESUS KRISTUS ADALAH ALFA DAN OMEGA, DALAM RANGKAIAN ALFA DAN OMEGA ITU TIDAK MUNGKIN DIA TIDAK TAHU KAPAN SAATNYA (KETIKA DIA SUDAH MENYELESAIKAN MISINYA)

 kok bisa luput dari pengamatan anda?

 mana ada manusia yang ALFA DAN OMEGA

kekonyolan anda jelas hanya "mem-potret" bukan "mem-videokan", jadi kesimpulan anda PREMATUR dan TIDAK KOMPREHENSIF

betul ketika Yesus Kristus yang adalah Tuhan yang menjadi manusia DIA tidak bisa tahu semua, namun ketika DIA sudah menyelesaikan misi-Nya semua KAPASITAS KEILAHIAANYA termasuk KEMAHA-TAHUANNYA kembali melekat kepada-Nya setelah IA NAIK KE SORGA

tapi apa ada gunanya menjelaskan kepada anda? tidak

saya menjelaskan bukan hanya untuk anda, tapi untuk khalayak SS, yg masih bisa memahami apa yang saya sampaikan dengan hati yang bersih

walau saya berharap itu masih tersisa di hidup anda, yah saya hanya bisa berharap saja kan?

:)

rogermixtin09's picture

@Tonypaulo

nah,begitu dong pak tony,ini baru diskusi namanya....

Meskipun tetap kelihatan kejengkelan anda sama hai-hai seperti kalimat anda dibawah ini tapi agak lumayanlah.

kalau otak anda sudah teracuni doktrin's sesat HH memang susah untuk membaca secara baik

Sebelumnya saya ingin menegaskan bahwa saya bukan anak kecil yang gampang diombang-ambingkan oleh berbagai ajaran yang bertentangan dengan Alkitab.

Jadi coba baca kembali kalimat anda itu,kira-kira memberkati atau tidak ?

Menurut saya apa yang diajarkan hai-hai juga tidak bisa dikatakan sesat sebelum kita bisa membuktikannya dengan argumen yang dapat mematahkan ajaranya.

Sebagai orang yang ber-IQ tinggi seharusnya anda bisa menunjukan dimana sesatnya hai-hai dengan argumen yang jelas atau membuat blog khusus untuk membantahnya.Kalau cuma teriak-teriak sesat tanpa menunjukan kepada kami dimana letak kesesatanya,justru anda jadi bahan olok-olok.

kesimpulan saya berdasarkan Firman yang jelas tertulis,sedangkan kesimpulan anda berasal dari tafsiran anda sendiri dan tanpa didukung oleh firman.jadi coba anda bandingkan mana yang lebih baik,kesimpulan saya atau anda ?

Jadi tolong jangan lagi menuduh orang sembarangan agar kita bisa diskusi dengan baik.OK

Salam.

tonypaulo's picture

mari jelaskan posisi anda

kesimpulan saya berdasarkan Firman yang jelas tertulis,sedangkan kesimpulan anda berasal dari tafsiran anda sendiri dan tanpa didukung oleh firman.jadi coba anda bandingkan mana yang lebih baik,kesimpulan saya atau anda ?

===

saya tidak suka basa-basi dan bertele2

kesimpulan anda bukan berdasarkan Firman yang jelas tertulis, karena anda meletakan konteks pada jalur yang salah

saya persingkat saja

Yesus Kristus pada saat ini adalah TUHAN yang Maha Tahu ?

a. ya            b. tidak

mari jelaskan posisi anda

:)

 

rogermixtin09's picture

@Tony

Waktu Yesus di dunia Dia bilang Dia tidak tahu.Itu jelas dan tidak bisa dibantah

Salahkah saya dengan itu ?

Sekarang Yesus Kristus di surga,apakah sekarang Dia maha tahu ? jawabanya saya tidak tahu.Kalau saya menjawab ya atau tidak itu namanya membohongi diri sendiri dan jemaat.

Anda tidak boleh memaksa saya bilang ya atau tidak.Itu tindakan Paulol memaksakan kehendak namanya.

tonypaulo's picture

manipulatif dan sampah

Waktu Yesus di dunia Dia bilang Dia tidak tahu.Itu jelas dan tidak bisa dibantah

Salahkah saya dengan itu ?

===

di dunia  itu ga ada dalam kalimat anda sebelumnya

Menurut saya yang tidak maha tahu itu YHWE atau Yesus Kristus.

Salah satu contohnya yaitu :

Matius 24:36  Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri."

Ternyata Yesus memang tidak maha tahu...he he he

ada anda tulis seperti itu kan? berarti anda tidak membatasi bahwa Yesus tidak maha tahu...baik didunia, atau sesudah Yesus di dunia

kalau mau ralat, ralat saja ga usah pake gengsi, manipulatif sekali corak "ngeles" anda ini, jelas blogs ini blogs sampah

 

Sekarang Yesus Kristus di surga,apakah sekarang Dia maha tahu ? jawabanya saya tidak tahu.Kalau saya menjawab ya atau tidak itu namanya membohongi diri sendiri dan jemaat.

Anda tidak boleh memaksa saya bilang ya atau tidak.Itu tindakan Paulol memaksakan kehendak namanya.

===

untuk berani menjawab saja tidak sanggup?

jemaat? apa hubungannya dengan jemaat? anda termasuk jemaat allah hai-hai kah? kok pake bawa rombongan jemaat? aneh banget

anda bisa sampai tidak tahu?

saya permudah untuk anda YESUS KRISTUS itu ALFA dan OMEGA tidak?

a. ya

b. tidak

c. tidak tahu

d. pokoknya saya selalu benar

 

pilih yg mana ? suka2 hati anda saja...tokh ini kan juga blogs suka2...alias sampah

:)

 

Daniel's picture

sepertinya bukan

Oo theologia proses tuh maksudnya tuhan-nya berproses menjadi tuhan, dan manusia juga berproses menjadi tuhan juga??

hehe, bukan begitu cik, tuhan ya tuhan, manusia ya manusia, tapi lebih tepatnya, tidak ada "tuhan" sebagai pribadi dalam pengertian klasik, karena -- sekali lagi -- teologi proses ini sebenarnya bukan "teologi" dalam sense yang biasa kita pahami, tapi lebih condong pada filsafat, yaitu cara pandang semesta.

Kalau begitu contoh di SS ini yang ditulis hai-hai bahwa allah tidak maha tahu berproses dengan belajar lalu menjadi tahu, itu adalah termasuk theologia proses??

Saya tidak tahu teologi hai hai seperti apa. Tapi kata "proses" di sini mungkin lebih tepat diartikan sebagai "interaksi" antara unsur2 semesta dalam menciptakan peristiwa2, jadi bukan proses belajar.

Wapannuri's picture

Bagus sekali !

Bagus sekali blog ini ! Benar - benar memberkati. Poin yang saya tangkap, secara garis besar sebenarnya tidak ada perbedaan mendasar antara kita semua. Yang ada hanyalah perbedaan - perbedaan kecil ! 

Keep writing bro....! 

__________________

Dunia di mata Wapannuri.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

rogermixtin09's picture

@Wapannuri

Wapannuri terima kasih pujianya.

Semoga yang kecil-kecil itupun nantinya bisa disepakati bersama....he he he

Salam

ebed_adonai's picture

@roger: berolahpikir..

Pemaparan yang bagus om roger. Kita jadi bisa membandingkan satu dengan yang lain. Sebenarnya tidak semua dari teman-teman yang tergolong liberal, sungguh-sungguh mengimani buah pemikirannya sendiri. Kalau dibaca dari beberapa jurnal atau buku dari teolog-teolog yang dikenal liberal, yang mungkin kurang begitu populer, tampaknya masih banyak juga dari mereka yang tergolong Kristen tradisional. Mungkin mereka hanya memuaskan hasrat berolahpikirnya saja. Kalau pak IR misalnya, memang jelas-jelas mengungkapkan kalau beliau sudah menanggalkan perspektif lama..
__________________

(...shema'an qoli, adonai...)

rogermixtin09's picture

Kang Ebed.

Terima kasih kang Ebed.

Menurut saya,kalau melihat isi doktirn Liberal,ini bukan hanya sekedar pemikiran tetapi penyangkalan terhadap Firman Tuhan.

Ketika saya membayangkan bagaiman seorang Teolog Liberal memimpin ibadah diatas mimbar,( kita tahu bersama yang namanya khotbah diatas mimbar diawali dengan doa dan diakhiri juga dengan doa bukan ? ) bukankah mereka sedang berlaku munafik ?

Bagaimana mungkin seseorang berdoa memohon berkat dan lain sebagainya kepada Allah yang tidak diakui keberadaanya ? Bukankah itu omong kosong ?

Kebebasan berpikir harus dijunjung tinggi,tetapi bagi yang ingin bebas tentunya juga harus berani menanggalkan jabatannya sebagai pendeta agar tidak menipu diri sendiri dan jemaat.

Salam

ebed_adonai's picture

@roger: status...

Di situlah dilematisnya om roger...Frown

Di kampung kita, produk tamatan sekolah-sekolah teologia sering diidentikkan dengan berkiprah dalam tugas pelayanan di gereja sebagai pak/bu pendeta, atau jatuh-jatuhnya jadi guru (agama). Dari mau masuk pun biasanya harus pakai surat pengantar dari gereja. Cari beasiswa, mulai dari S1 sampai S3, umumnya juga dengan sokongan gereja. Ada semacam invisible term/agreement di situ. Padahal hati nurani kadang berkata lain. Tapi kalau mau jujur 100% dari awal, gereja mana yang mau kasih surat pengantar? Siapa yang mau kasih beasiswa?

__________________

(...shema'an qoli, adonai...)

tonypaulo's picture

@roger,, ngarang bebas

kalau sekedar berpendapat saja, bolehlah...tapi agak lucu juga kalau TEOLOGI YANG TIDAK KONTEKSTUAL yang sering tampil atau termanifes di SS ini tidak anda bahas?

kalau boleh nanya teologi yang dianut oleh suhu anda hh "jenis" teologi apa? kalau saya sih punya pandangan jenis KESESATAN yang membosankan

tapi ini lumayanlah ada sedikit kemajuan

 

:)

rogermixtin09's picture

@Tony.please deh ah....

waduh bakalan rame lagi nih blog ....

maaf pak Tony saya NO COMMENT lah.

tonypaulo's picture

ah roger masa anda tidak tahu?

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

rogermixtin09's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

hai hai's picture

Pengakuan Iman hai hai

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

sumpah serapah atau uneg2?

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

minie's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

hai hai's picture

@tonypaulo, Mending hai hai

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

mending jadi penyesat?

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

rogermixtin09's picture

--

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

tonypaulo's picture

racauan tak jelas

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

rogermixtin09's picture

TONYPAULO CC ADMIN

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

tonypaulo's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

guestx's picture

@tony, kapan nulis yg serius lagi ?

roger telah menulis apa yg dia tahu dan apa yg dia yakini. krn dia melempar bola pertama untuk bersama-sama mendefinisikan apa yg jd pemahaman bersama komunitas ini mengenai ajaran kristen ('teologi sabdaspace') dia membuka lebar-lebar pintu diskusi.
mengapa tony tidak membahas ttg apa yg dituliskan roger sj ? atau, kalo perlu membahas panjang lebar, mengapa tidak menulis blog dan memaparkan posisi elo, ton?
in my humble opinion :-), roger dan tony tidak punya perbedaan cara pandang tentang doktrin kristen sebagaimana yg dituliskan roger di blog ini. please prove or at least explain that i'm wrong. daripada ngomongin sampah yg gak ada ujungnya, ayo, ton, buktikan roger memang ngaco. btw, ton, kok elo skrg jarang nulis blog di ss ?
__________________

------- XXX -------

tonypaulo's picture

terima kasih atas atensinya

roger telah menulis apa yg dia tahu dan apa yg dia yakini. krn dia melempar bola pertama untuk bersama-sama mendefinisikan apa yg jd pemahaman bersama komunitas ini mengenai ajaran kristen ('teologi sabdaspace') dia membuka lebar-lebar pintu diskusi.
mengapa tony tidak membahas ttg apa yg dituliskan roger sj ? atau, kalo perlu membahas panjang lebar, mengapa tidak menulis blog dan memaparkan posisi elo, ton?
===
terima kasih atas atensinya, posisi saya suatu saat akan saya sampaikan dalam sebuah blogs namun tidak dalam waktu dekat ini, karena tentu saya harus mengumpulkan bahan dan referensi supaya setidak kualitas yg saya tampilkan tidak cuma sampah belaka
in my humble opinion :-), roger dan tony tidak punya perbedaan cara pandang tentang doktrin kristen sebagaimana yg dituliskan roger di blog ini. please prove or at least explain that i'm wrong. daripada ngomongin sampah yg gak ada ujungnya, ayo, ton, buktikan roger memang ngaco. btw, ton, kok elo skrg jarang nulis blog di ss ?
====
kalau untuk sekedar membahas apa yg disampaikan roger buat saya kurang menarik, karena akar tulisan roger berasal dari suhu-nya hai-hai, namun secara singkat dan padat saya sudah sampaikan subtansi kengacoan roger dalam blogs ini
seperti yg dia bilang Yesus Kristus tidak tahu? Yesus Kristus saat ini sudah di sorga dan MAHA TAHU, termasuk kapan waktu DIA harus kembali
mengenai saya jarang menulis di SS, karena terus terang memang karena kesibukan, dan saat ini gaya tulisan saya "tidak cocok" untuk ada ditampilkan di SS, saya masih menulis dan itu saya publish di FB saya...
sekali lagi terima kasih atas atensinya guestx...u're so nice
Gbu
hai hai's picture

@tonypaulo, SUPER Moderator

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

rogermixtin09's picture

ijin ngakak,,,ha ha ha ha ha

ha ha ha ha,,,waduh perut sampe sakit gara-gara ketawa nih ko hai.

hai hai's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

joli's picture

weladalah, termasuk pengakuan iman Hai-hai

hai hai MENGAKU menganut teologi GOMER karya joli

weladalah, termasuk pengakuan iman Hai-hai??
ha..ha..ha.. bisa-bisa ikutan mbah surip bilang lop yu pol ha..ha..

tonypaulo's picture

ironis...

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

rogermixtin09's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

tonypaulo's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

Veritas's picture

@Om Paul, Definisi : LOL

laughing out loud  or laugh out loud= LOL

Jadi Pak PaulLOL artinya Paul yang suka ketawa kencang..

Apa ini sindiran... silahkan om PAUL menafsirkannya :D

eh, jangan ditafsir, dipahami aja  wakakakaka

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

tonypaulo's picture

cuma buat lucu2an aja

eh, jangan ditafsir, dipahami aja  wakakakaka

===

iya kalau teologia lucu-lucuan macam ini kan memang kelasnya untuk di wakakaka-an saja?

mari semua ber wkakaka ria

:)

minie's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

bintang seven's picture

tony

heheh diketawain aja yah?

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

esti's picture

banyak alirannya

Banyak banget aliran Teologi di SS, berantem melulu,  tapi boleh juga sih disini berantem nggak perlu pake otot, jadi nggak babak belur sampe masuk ICU,   perlu juga sih ngintip jurus2nya ….

Thx nya sudah pada keluarin jurus uniknya ...

 


 


rogermixtin09's picture

@Esti

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

phrack's picture

Teologi tingkat 12

Sabdaspace teologi tingkat 12. klo gw msh tingkat 4. Bis si tukang sruduk vs tukang maki aj ga da kta spkat gmn gw?
__________________

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

jesusfreaks's picture

@roger : teologi alpa omega - anti kemapanan

Itu teologi saya, awalnya Yesus, akhirnya Yesus. Teologi anti kemapanan, tidak pandang bulu, apalagi bulu ketek. Itu teologi diatas teologi yang kamu sebutkan. Saya setuju dengan tony paulo, mungkin kita harus pahami apa itu teologi. Kalau itu hanya sebuah aliran ilmu, maka gak ngefek, gak menyelamatkan BUKAN ?!?! One way, Jesus Christ, apa masih kurang ? @roger : menurut kamu apa buktinya Yesus adalah Pribadi kedua Allah ? Apa itu kata hatimu atau kata alkitab ? Bwi hi hi hi
__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

rogermixtin09's picture

JF.Bapa-Nya

JF

Ketika Yesus berada di dunia Dia sering berdoa kepada BAPA-Nya.

Paulus menyebut-Nya Bapa-Nya Yesus dan dan Bapa kita juga.

Itulah Allah Bapa dan Yesus sebagai Allah putra

Kalau hanya Yesus lalu siapa itu Bapa-Nya Yesus ? Bwi hi hi hi

Gina Imaniar's picture

Teologi

Saya lihat dari judulnya, tentang teologi. Tapi ternyata yang dibicarakan tentang psikologi atau sifat-sifat orang. Sebagian besar lain dari judulnya. Kenapa ya?.
sandman's picture

@Gina Imaniar Ajarin...

Saya mau dong di ajarin YOGA sama anda....

__________________

Gina Imaniar's picture

Hubungannya

Tidak ada hubungannya dengan komentarku, Sandman.
rogermixtin09's picture

@Gina Imaniar.

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

Gina Imaniar's picture

Moderator

Apa tidak ada admin atau moderatornya ya Roger?
rogermixtin09's picture

@Gina

Admin tentu ada.Makanya saya coba membuat komen dengan CC Admin.Kalau Moderator disini tidak ada.Justru si tonypaulo itu dulunya Moderator di tempat lain....tapi entah kenapa sudah diturunkan pangkatnya.

hai hai's picture

@Gina Imaniar, Admin

Gina Imaniar, Admin SABDA Space sibuk sekali itu sebabnya nggak sempat untuk MENGATUR siapa  BERKATA apa DI MANA dan KAPAN.

Kami menyebut Komunitas Bloger Kristen SABDA Space = Pasar Klewer

Pasar Klewer adalah salah satu pasar Tradisional di kota Solo.

yang menulis Blog disebut pemilik LAPAK atau Kios.

yang membaca blog atau komentar disebut PEMBELi.

Yang menulis komentar mungkin PENJUAL juga mungkin PEMBELI

Ada yang ke pasar untuk belanja. Ada yang ke pasar untuk mejeng. Ada yang ke pasar untuk cari jodoh. Ada yang ke pasar untuk senggol-senggolan. Ada yang ke pasar untuk membual. Ada yang ke pasar untuk mencopet. dll, dll, dll, bahkan ada juga orang gilanya.

Nona, itulah Komunitas Blogger Kristen SABDA Space. Bila hendak memahaminya dengan baik, silahkan sekali-sekali berkunjung ke pasar Tradisional.

Bila demikian, apa tugas Admin? Admin adalah yang TIDAK melakukan apapun di SABDA Space namun MEMBUAT segalanya berjalan dengan baik.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Rusdy's picture

Topeng Monyet Klewer

Mo nambahin komennya si preman hai ah (nggak mao kalah terkenal):

  • Pasar klewer juga adahansip pasar (Core User). Tugasnya yang paling terkenal buat ngawasin para penjual yang copas. Kalo ada yang copas, jualannya langsung digrebek. Contrary to popular belief, hansip tugasnya bukan ngawasin suasana sosial pasar, jadi yang tonjok2an, jedug2an nggak ditertibin (kecuali berlebihan, walau threshold dimana tonjok2an sampe mesti ditertibin emank grey area so far)
  • Kalo ada yang merasa di-bully, harap toughened up. Namanya juga pasar, nggak ada guru yang berbaik hati yang akan menegur para bullies. Siap2 berantem sendiri, jangan ngandelin orang tua (alias moderator).
  • CC to admin in comments are no use. Kalo mao contact admin, harap gunakan link 'Laporan / Masalah' di paling bawah.
  • Banyak 'topeng monyet' di pasar klewer. Rame, riuh, gaduh. Harap maklum, namanya juga pasar.

Saya sendiri punya list para penulis yang saya sukai. Kalo penulis ini lagi jualan, langsung saya beli. Contoh top two saya (subjektif loh yah): Purnomo dan Inge Triastuti. Yang namanya barang kesukaan, mampir pasar juga nggak sering2 banget.

Saya juga menyukai acara 'topeng monyet' di pasar ini. Walau saya nggak butuh buat hidup, tapi mengasyikkan.

admin's picture

Send message to admin

Memang admin tidak akan mampu membaca semua komentar satu per satu tanpa bantuan core user dan pengguna biasa yang membantu admin. Selain kotak laporan di bagian bawah, ada juga kotak surat admin yang bisa digunakan untuk memberikan laporan.

tonypaulo's picture

welcome to the jungle

selamat datang di hutan belantara, eh salah di pasar

saya sepakat ini bukan blogs teologi, blogs psikologi apa lagi, ini hanya sampahlogi

:)

tonypaulo's picture

satu Allah?

Allah adalah pencipta langit dan bumi.Allah menyatakan diri-Nya dalam 3 pribadi yaitu Allah Bapa.Allah putra yaitu Yesus Kristus dan Allah Roh kudus.Tiga pribadi tetapi satu hakekat.Bukan tiga Allah tetapi satu Allah

===

mo ngetes dikit ah

dalam konotasi manakah atau apakah yang anda maksudkan dengan satu Allah?

a. ordinal  b.nominal     c. rasio        d. tidak tahu       e. tidak perduli

karena dalam pernyataan anda "Bukan tiga Allah tetapi satu Allah" mengandung pengertian yang artifisial

:)

 

rogermixtin09's picture

murid bawel

He he he...pak guru Tony membuat soal lalu menentukan jawabanya a,b,c,d dan e.Murid tidak boleh memilih f atau g karena sudah ditentukan hanya a sampai e.

Kasian amat si murid.....wkwkwkwk

Yohanes 10:30  Aku dan Bapa adalah satu."

1 Yohanes 5:7  Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.