Pertanyaan ini pernah terlontar dari salah seorang teman saya yang berbeda imannya dengan saya. Intinya bahwa Alkitab itu tidak bisa dipertahankan kebenarannya. Kenapa? Karena Firman Tuhan didalam Kejadian 1:3-5 kok tidak sama dengan Kejadian 1:14-19.
1:3. Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.
1:4 Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap.
1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama.
1:14. Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun,
1:15 dan sebagai penerang pada cakrawala biarlah benda-benda itu menerangi bumi." Dan jadilah demikian.
1:16 Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang.
1:17 Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi,
1:18 dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.
1:19 Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat.
Dari kedua ayat inilah, dia tidak percaya bahwa Alkitab itu benar. Karena di satu ayat, Matahari di ciptakan hari pertama, di ayat yang lain dikatakan bahwa matahari diciptakan pada hari keempat.
Saya mau beri tahu kepada para pembaca di SS ini, bahwa PL di dalam Alkitab tidak akan pernah bisa kita mengerti apabila kita tidak pernah minta pimpinan dari Roh Kudus untuk membukakannya.Jangan pernah mengandalkan kekuatan pikiran kita, bila kita mau memahami isi rohani dari PL. Karena yang kita temukan hanyalah pertentangan-pertentangan.2 Kor 3:14-16
3:14 Tetapi pikiran mereka telah menjadi tumpul, sebab sampai pada hari ini selubung itu masih tetap menyelubungi mereka, jika mereka membaca perjanjian lama itu tanpa disingkapkan, karena hanya Kristus saja yang dapat menyingkapkannya.
3:15 Bahkan sampai pada hari ini, setiap kali mereka membaca kitab Musa, ada selubung yang menutupi hati mereka.
3:16 Tetapi apabila hati seorang berbalik kepada Tuhan, maka selubung itu diambil dari padanya.
Kedua hal di atas, Kalau kita lihat dari kacamata jasmani, memang dapat dijadikan sumber bahwa Alkitab itu adalah palsu. Tidak akurat lagi kebenarannya. Tetapi kalau kita lihat dari kacamata rohani:
1. Matahari menghasikan terang (Kejadian 1:16)
2. Tetapi terang yang dihasilkan oleh matahari di hari keempat, berbeda dengan terang yang ada pada hari pertama. Dengan kata lain, ada terang yang berbeda dengan terang yang dihasilkan oleh matahari.
Untuk lebih jelasnya mari kita sama-sama membaca di dalam Wahyu 21:22-24
21:22 Dan aku tidak melihat Bait Suci di dalamnya; sebab Allah, Tuhan Yang Mahakuasa, adalah Bait Sucinya, demikian juga Anak Domba itu.
21:23 Dan kota itu tidak memerlukan matahari dan bulan untuk menyinarinya, sebab kemuliaan Allah meneranginya dan Anak Domba itu adalah lampunya.
21:24 Dan bangsa-bangsa akan berjalan di dalam cahayanya dan raja-raja di bumi membawa kekayaan mereka kepadanya;
Gambarannya:
Terang (Dihari pertama / Awal), dilanjutkan...
Matahari (Menghasilkan terang, hari keempat), dilanjutkan...
Matahari tidak diperlukan lagi (Wahyu 21:23), dilanjutkan...
Terang yang akhir (Wahyu 21:23)
Inilah maksud dari perkataan Yesus di dalam Wahyu 1:17
1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
Yang Awal adalah Terang di hari pertama, dan yang akhir adalah terang setelah matahari tidak diperlukan lagi ( Wahyu 21:23)
Cobalah kita baca di dalam Yohanes 8:12
8:12. Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."
GBU All

>
>
>
>
>
>
>
>
Hiskia22, Tulisan Yang Hebat!
Saudara hiskia22, sebuah tulisan yang habat! bila boleh tahu, anda mempelajarinya dari buku atau kotbah siapa ya? Saya sangat tertarik untuk mempelajari kotbah atau buku orang hebat tersebut.
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
to hai-hai
Nyindir apa muji...(hanya Tuhan yang tahu my friend)...
GBU
to saudaraku hai-hai
Sudah lama ga diskusi lagi ya? gimana kabarnya nih...baik2 aja kan?
GBU
Hiskia22 Memang Tulisan hebat!
Memang tulisan hebat hiskia22! Bila tidak menilainya hebat, maka saya tidak akan menilainya hebat! Saya hanya ingin mempelajari buku tersebut masa nggak boleh?
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Maaf, bukunya ga ada. Dan
Maaf, bukunya ga ada. Dan referansinya saya ambil dari Roh Kudus yang pernah anda sebut setan itu. Dan saya siap kok kalo anda tidak sependapat dengan pemahaman saya.
GBU my friend.
Lho Bila Saya Nggak Sependapat
Wah, bila anda mendapatkan referensinya dari Roh Kudus, berarti pemahaman anda mustahil salah dong? Dan bila saya punya pemahaman lain, pemahaman saya pasti salah. Bila saya menentang pemahaman adna, berarti menentang Roh Kudus dong? Ya, kecuali bila roh yang memberi anda ilham itu bukan roh kudus.
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
@Ko Hai-Hai: ikutan nimbrung donk....
Dear Blogger,
Halo...halo....Bandung...
Halo ko Hai.....halo Hiskia22.....ikutan nimbrung yah.......he he he
Wah, setelah membaca komentar pernyataan Hiskia22 dan ko Hai, penonton juga jadi ikutan penasaran nih (serius nggak bo'ong..).
Hiskia22, kamu kok yakin banget sampai bilang bahwa referensi kamu berasal dari Roh Kudus,bagaimana caranya sampai kamu bisa mendapat ide tulisan dari Roh Kudus?
Penonton bukannya berpihak kepada ko Hai lhoo.....
Asli deh, cuma penasaran aja dengan pernyataan Hiskia22 yang menyatakan bahwa tulisan tersebut merupakan hasil dari pemberitahuan Roh Kudus.Bagaimana caranya sampai kamu bisa berkeyakinan tentang hal tersebut? Barangkali ilham tulisan tersebut hanyalah berasal daripada Ilham pikiran Hiskia22 sendiri (tampa ada turut campur Roh Kudus).Jadi sekali lagi penonton hendak bertanya kepada Hiskia22.
Apakah Roh Kudus pernah berbicara langsung kepada Hiskia22, dan mengarahkan Hiskia22 untuk agar menuliskan blog tulisan di Pasar Klewer?
From OZ....far...far...away..
o iya...sebelumnya saya mau
o iya...sebelumnya saya mau beri tahu kepada anda, bahwa saya bukanlah seorang nabi seperti yang telah anda tuduhkan pada saya. Saya hanyalah orang biasa kok, yang sama seperti anda. dan yang juga sama-sama rindu memberitakan Firman Tuhan.itu saja. tidak ada yang lain. Saya tidak tahu siapa anda. Tapi kalau saya membaca artikel2 yang anda tulis, kesimpulan sementara saya, anda adalah seorang pengkothbah. Kalau ini benar, maafkan saya yang tidak pernah mau mendengarkan saran anda.Tetapi yang saya tulis, itu hanya sebatas pemahaman saya.
GBU
Saya Seorang Tionghua Kristen
Saya bukan pendeta atau penginjil bila itu yang anda duga. Saya hanya seorang Tionghua yang dipanggil menjadi Kristen.
Mengajar boleh-boleh saja, namun sebelum mengajar anda harus rajin belajar dulu. Menurut saya hanya Nabi dan Rasul yang menerima Firman langsung dari Roh Kudus. Orang Kristen biasa hanya bisa memahami Alkitab bila mereka belajar dengan rajin dan dengan cara yang benar. Ketika anda mengaku mendapatkannya langsung dari Roh Kudus maka itu berarti anda mustahil salah dan yang anda katakan tidak boleh ditentang sebab menentangnya berarti menentang Roh Kudus.
Namun bagaimana bila pemahaman yang anda terima dari Roh Kudus itu salah? Anda yang salah dengar atau salah lihat? Atau Roh Kudus yang salah ngasih lihat atau salah ngomong?
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
manusia tidak sempurna
ROH KUDUS TIDAK PERNAH SALAH NGASIH ATAU SALA OMONG.KENYATAAN YANG BENAR, MANUSIA TIDAK ADA YANG SEMPURNA SEHINGGA BERMACAM KESALAHAN BISA TERJADI/DIBUAT.
@ Freya, Bisa Tolong jelaskan?
Freya, Roh Kudus tidak pernah salah ngasih atau salah ngomong! Yang Salah manusianya. Bisa tolong jelaskan bagaimana atau kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan oleh manusia sehingga sehingga salah dengar atau salah lihat apa yang diberikan atau dikatakan oleh Roh Kudus?
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
@hiskia-Sy ga ngerti terang yg ke-1
Hiskia, dll,
Saya pernah baca bahwa terang hari 1 adalah Malaikat, ada juga yg lain tp bukan Yesus. Terus terang saya engga ngerti sampai sekarang?. bukannya Aku adalah Aku (yoh 1 : 1).
*Oleh kasih setia-Nya
Mungkin agak panjang kalo
Mungkin agak panjang kalo dijelaskan secara detail. Tapi ini hanya penjelasan singkat dari saya . Kalo ada yang mengatakan bahwa terang yang ada di hari pertama itu bukan Yesus, itu terserah dari yang menjelaskan kepada anda. Saya menjelaskan hanya berdasarkan apa yang sudah saya pahami dan mengerti.
kalau kita baca dari kejadian 1 :1-3, itu sudah berbicara tentang Trinitas. Allah, Roh Kudus dan Terang. Dan terang itu seperti yang dikatakan di dalam Yohanes 8:12
"Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."
Bahkan Lucifer pun berusaha memutarbalikkan fakta itu. Silahkan klik di sini .Dia ingin menjadi terang itu. Jadi bisa kita mengerti bahwa terang di hari pertama itu adalah Yesus.
GBU
@ hiskia22, Allah Menciptakan .... Pada Hari Pertama?
Saudara Hiskia22, saya tidak berdusta ketika memuji tulisan anda luar biasa, sebab tulisan anda memang benar-benar luar biasa.
Pada hari pertama, Allah menciptakan Yesus Kristus? Wow ... Hebat! Hebat! Hebat! Namun Sesat! Sesat! Sesat!
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Hiskia22, Tulisan ngawur..
Wah, Hai hai benar sekali, Hiskia22 ngawur banget deh..Terbukti hiskia22 memang pantas dikecam habis-habisan..
Baca dulu deh tulisan Y-control INI
Hanya dalam tempo 1 minggu 3 hari menjadi anggota Sabda, tulisan Hiskia22 sudah ada 30 tulisan.
Tapi kalo NGAWUR buat apa ya??? Memang benar sebelum mengajar belajar dulu deh..
Hiskia22, Yesus itu BUKAN CIPTAAN tapi Allah, kalo anda ngotot bilang Yesus itu ciptaan maka anda SESAT TOTAL !!
Saya tidak menyebut Yesus
Saya tidak menyebut Yesus itu ciptaan. Tunjukkan pada saya apabila saya menuliskan itu. Yang kita bahas adalah terang itu sendiri. Saya memang tidak pandai menulis. Mungkin wajar saja kalau saudaraku debu tanah salah tangkap. Di dalam PL terang itu secara harafiah memang ditulis diciptakan. Tetapi Saya mengajak anda untuk melihat dari sisi rohani. Kata diciptakan berarti ada proses. Dan proses itu bukan penciptaan secara harafiah.kalau sekarang anda sedang berfikir secara jasmani anda tidak akan pernah menangkap maksud saya, karena saya sedang melihat dari sisi rohani. proses itulah yang terjadi di dalam Yohanes 1. Yesus itu adalah Allah sendiri. Jadi tolong samakan dulu alam persepsi kita. Saya melihat dari sisi rohani, bukan harafiah, maupun hurufiah.
GBU
Silahkan baca lagi artikel
Silahkan baca lagi artikel saya,
Saya mau beri tahu kepada para pembaca di SS ini, bahwa PL di dalam Alkitab tidak akan pernah bisa kita mengerti apabila kita tidak pernah minta pimpinan dari Roh Kudus untuk membukakannya.Jangan pernah mengandalkan kekuatan pikiran kita, bila kita mau memahami isi rohani dari PL. Karena yang kita temukan hanyalah pertentangan-pertentangan.2 Kor 3:14-16
3:14 Tetapi pikiran mereka telah menjadi tumpul, sebab sampai pada hari ini selubung itu masih tetap menyelubungi mereka, jika mereka membaca perjanjian lama itu tanpa disingkapkan, karena hanya Kristus saja yang dapat menyingkapkannya.
3:15 Bahkan sampai pada hari ini, setiap kali mereka membaca kitab Musa, ada selubung yang menutupi hati mereka.
3:16 Tetapi apabila hati seorang berbalik kepada Tuhan, maka selubung itu diambil dari padanya.
Hiskia22, jadi tetap ngotot bilang Yesus ciptaan?
Hiskia22,
Jadi tetap ngotot bilang terang pada hari pertama (Kej 1:3) adalah Yesus?
Jadi tetap ngotot bilang Yesus ciptaan?
Saya bukan ngotot. Kata 2
Saya bukan ngotot. Kata 2 ciptaan kalo secara hurufiah memang berarti terang itu diciptakan. Tetapi saya mengajak anda untuk melihat dari sisi Rohaninya my bro.Ciptaan kan ada proses...nah proses itulah yang terjadi di dalam Yoh 1. Sama dengan di dalam kejadian 1:28
Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."
Anda pasti akan berpikir hanya menguasai ikan-ikan, burung-burung di udara, dan binatang yang merayap di bumi kan? Tapi kalau kita cermati secara rohani, sebenarnya Tuhan tidak mau kita hanya memandang sebatas itu saja. yang Tuhan inginkan kita berpikiran luas seperti tulisan yang saya tandai merah. Yaitu menguasai laut,udara dan bumi
Begitu pula saat penciptaan terang. Saya tidak berbicara Yesus diciptakan. Tapi lihatlah secara luas. Proses itu sendiri. Dan Proses itulah yang terjadi di Yohanes 1. Dan saya tetap memandang dari sisi rohani. Terang itu lah terang yang awal. yaitu Yesus.
GBU
Penafsiran ngawur dan sesat..
Salam,
Kejadian 1:3. Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.
Terang dalam Kej 1:3 jelas adalah ciptaan. Jadi tidak mungkin = Yesus dong.
Jadi jangan berdalih yang macam-macam lagi deh.
Allah memang menciptakan terang terlebih dahulu, kemudian benda2 penerang. Baca sini.
to hai-hai
siapa kah yg bisa menilai diri saya? hanya roh saya sendiri. Siapakah yang bisa menilai diri anda? hanyalah roh anda sendiri. Saya memang tidak pernah dapat Wahyu dari Tuhan secara langsung, apalagi untuk memberitakan Firman selain yang ada di Alkitab.Bagi saya Alkitablah pedoman saya untuk bertingkah laku. Tapi saya bisa mengerti isi Alkitab karena Roh Kudus yang telah membukakan mata saya. Jadi saya bukanlah nabi atau apapun juga yang pernah anda tuduhkan.Kalau saya katakan itu dari pemikiran saya, saya sudah membohongi diri saya dan Tuhan. Jadi kalau saya berkata semua dari Roh Kudus, itu bukan berarti saya menerima wahyu baru dari Roh Kudus.Tapi saya bisa mengerti dan menjelaskan, semua itu Roh Kudus yang ada di dalam diri saya yang menuntunnya. GBU
JALAN PINTAS menjadi bijaksana
roh anda menilai anda? roh saya menilai diri saya? Mungkin yang anda maksudkan adalah hati nurani? Atau mungkin saya yang tidak tahu apa yang anda maksudkan?
Alkitab ditulis oleh manusia yang menerima wahyu dari Roh Kudus dan di tulis menggunakan bahasa manusia. Untuk memahami Alkitab, tidak ada jalan lain kecuali mempelajarinya dengan cara yang benar di bawah pimpinan Roh Kudus.
Di Taman Eden Adam dan Hawa belajar untuk mengetahui segala sesuatu namun suatu hari Iblis menawari Hawa JALAN PINTAS untuk menjadi mahatahu seperti Allah, yaitu dengan makan buah pohon pengetahuan yang baik dan jahat. Hawa tergiur untuk menempuh jalan pintas itu, akibatnya dia berdosa.
Untuk mendapat gelar Sarjana Theologia, diperlukan waktu minimal 4 tahun belajar giat siang dan malam. Melalui pengkotbah alam roh, Iblis menawarkan JALAN PINTAS menjadi BIJAKSANA. Caranya adalah dengan JANGAN belajar, JANGAN berpikir, pokoknya PERCAYA saja. Setiap kali dapat ilham, maka percayalah bahwa itu dari Roh Kudus dan itulah kebenaran.
Yang didapat dengan belajar giat dianggap tidak berharga, yang didapat dari antah berantah dianggap kebenaran.
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Terima kasih sarannya. ya
Terima kasih sarannya. ya mungkin karena anda lebih senior dari saya, maka saya tidak bisa berkata apa2. kalo anda sudah melewati 4 tahun itu, saya memang tidak sebanding dengan anda. Karena saya baru melewati 6 bulan. Jadi mohon maaf kalau saya lancang kepada anda. Tetapi bagi saya...walaupun 4 tahun sudah belajar, kalau cuma pengetahuan, akhirnya jadinya seluruh jemaat pada tidur. Sedangkan yang bukan siapa2 kalau dia memang dipenuhi Roh Kudus, seluruh jemaat berdiri melaksanakan altar call, dan lahir baru. 4 tahun dijalani sebenarnya hanya untuk mendapat pengakuan dari manusia. Tetapi yang setiap hari berpetualang dan berjalan bersama Yesus, dialah yang akan mendapat pengakuan dari Allah.
Dan saya mohon maaf kepada saudaraku hai-hai,tidak semua penulis di SS ini keluaran dari sekolah 4 tahun itu. Mereka hanyalah orang biasa yang belajar memberitakan FT.Seandainya di SS ini hanya orang-orang yang keluaran 4 tahun itu saja yang merasa paling benar, maka biarlah admin yang menjelaskannya lebih detail lagi.ok?
Dan setahu saya, apabila lulusan 4 tahun itu seorang lulusan yang benar, dia tidak akan pernah menggunakan kata2 yang tidak dikehendaki oleh Tuhan. GBU
Hiskia2, Paulus Belajar 8Tahun ...
Saudara hiskia22, walaupun impian itu indah, namun tetap impian. Alkitab mencatat, para rasul belajar selama 3 tahun kepada Yesus Krsitus secara sistematis siang dan malam. Menurut sejarah gereja, Rasul Paulus belajar dulu selama 8 tahun sebelum dia pergi memberitakan Injil.
Tidak ada jalan pintas! Jalan pintas hanya iming-iming Iblis. Anda harus belajar atau anda akan menyesatkan. Saya bukan sarjana Theologia, itu sebabnya butuh lebih dari 30 tahun untuk belajar sebelum saya mulai menulis. Mungkin anda menyangka telah mengajarkan kebenaran-kebenaran Alkitab di pasar Klewer ini. Namun bila cukup rendah hati untuk merenungkan komentar-komentar atas tulisan anda, maka anda harus mengakui bahwa hampir semua tulisan anda mendapat komentar negatif. Namun kesombongan diri anda tidak mau menerima teguran-teguran itu, anda berprilaku seolah diri anda adalah rasul atau nabi yang menerima wahyu dari Tuhan sehingga mustahil salah!
Konghucu berkata, “Siapakah yang kita tipu? Ketika kita menipu manusia, saat itu kita sedang menipu Tuhan”
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
to hai-hai
Kalau begitu tolong jelaskan kepada saya tentang artikel yang telah saya tulis agar saya tidak menyesatkan banyak orang. Karena saya juga ingin mengerti apa maksud terang di hari pertama itu dan juga yang dimaksud dengan benda2 penerang di hari keempat. biar saya semakin dicerahkan.
GBU
to :hiskia
salam hiskia,
kamu menulis :
1:3. Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.
Bahkan Lucifer pun berusaha memutarbalikkan fakta itu. Silahkan klik di sini .Dia ingin menjadi terang itu. Jadi bisa kita mengerti bahwa terang di hari pertama itu adalah Yesus.
kemudian kamu menulis lagi :
Saya tidak menyebut Yesus itu ciptaan. Tunjukkan pada saya apabila saya menuliskan itu. Yang kita bahas adalah terang itu sendiri.
kalimat ini sangat bertentangan dengan kalimat sebelumnya.
melihat semua tulisan kamu itu ......bagaimana mungkin yang baca tulisan kamu ,tidak beranggapan bahwa Tuhan Yesus diciptakan ?
ada baiknya saran dari teman-teman yang ada kamu dengar sebelum membuat suatu tulisan yang benar.
saya percaya Roh Kudus bisa langsung berbicara dengan orang yang dikehendakiNya.
tetapi untuk pemahaman kamu ini ..rasanya bukan dari Roh Kudus
peace
to kairos
Saya sadari bahwa saya memang tidak pandai menulis. Saran sudah saya terima. Saya sudah berusaha menjelaskan dari sisi rohaninya. Dan saya juga tidak pernah berfikiran bahwa Yesus itu diciptakan. Mungkin saya akan balik bertanya pada anda. Menurut anda Terang di dalam kej 1:3 itu apa? Dan silahkan baca lagi di dalam Kej 1:14-19, matahari baru diciptakan pada hari keempat. tolong cerahkan saya. karena saya ingin tahu lebih jauh lagi.
GBU
to :hiskia
salam hiskia,
mungkin tulisan pdt.Budi Asali ini dapat membantu kamu,
saya suka membaca eksposisi dari bapak pendeta ini.
1) Hari pertama (Kej 1:3-5).
a) Allah menciptakan ‘terang’ (Kej
1:3).
Ada yang mengatakan
‘terang’ itu sebagai ‘ketertiban dan kemungkinan untuk hidup’. Penafsiran ini
bukan hanya tidak berdasar, tetapi juga tidak sesuai dengan kontex! Bacalah Kej
1:3-5 yang menghubungkan terang itu dengan gelap, juga dengan pagi dan petang.
Jadi ‘terang’ di sini harus diartikan secara hurufiah, yaitu betul-betul adalah
‘terang’.
Keberatan yang
sering diajukan terhadap penafsiran hurufiah ini adalah: bagaimana bisa ada
terang, siang dan malam, padahal belum ada matahari?
Jawabnya: Tidak ada
yang mustahil bagi Allah! (Luk 1:37). Memang setelah ada matahari maka Allah
memberikan terang dengan menggunakan matahari, tetapi sebelum ada matahari
Allah bisa memberi terang tanpa matahari.
b) Ada pertanyaan: Mengapa dalam ay 5b
‘night / petang / malam’ disebut dulu baru ‘day / pagi / siang’?
Jawab: Yang menulis
Kitab Kejadian adalah Musa yang adalah orang Israel. Berbeda dengan kita yang
mempunyai pergantian hari pada pukul 12 malam, maka orang Israel / Yahudi mempunyai
pergantian hari pada pukul 6 sore. Jadi, bagi mereka suatu hari dimulai dengan
‘night / petang / malam’ dan baru sesudah itu ‘day / pagi /
siang’. Karena itu tidak aneh kalau Musa menyebut ‘petang / malam’ dulu, baru
‘pagi / siang’.
Saudara mungkin
berkata: ‘Tetapi yang melakukan penciptaan adalah Allah, bukan Musa’. Memang
ya, tetapi Tuhan, yang sudah merencanakan untuk mewahyukan hal itu kepada Musa,
menyesuaikan penciptaan dengan pemikiran Musa, supaya tidak membingungkan. Ini
sama saja dengan nama-nama malaikat Gabriel, Mikhael, dsb yang ada dalam bahasa
Ibrani. Mengapa digunakan bahasa Ibrani? Karena itu dinyatakan kepada orang
Israel / Yahudi, maka namanya diberikan dalam bahasa mereka!
c) Pertanyaan: Apakah 1 hari di sini
sama dengan 24 jam?
·
Ada yang mengatakan 1 hari di sini sama dengan
1 masa yang lamanya jutaan tahun. Penafsiran ini lagi-lagi ingin menyesuaikan
Alkitab dengan ‘ilmu pengetahuan’.
·
Ada yang menganggap bahwa sebelum ada
matahari, 1 hari sama dengan 1 masa, tetapi setelah ada matahari (hari ke 4),
maka 1 hari sama dengan 24 jam.
·
Ada yang menganggap semua hari dalam Kej 1
adalah 24 jam. Saya setuju dengan pandangan ketiga ini. Alasannya: dalam Kitab Suci tidak ada ‘hari’ yang
berarti ‘masa’. Juga istilah ‘jadilah
petang dan jadilah pagi’
menunjukkan bahwa 1 hari di sini sama dengan 24 jam.
Catatan:
Perlu juga diketahui bahwa pandangan pertama dan kedua muncul lagi-lagi karena
manusia ingin menyesuaikan Kitab Suci dengan ‘ilmu pengetahuan’, padahal yang
disebut ‘ilmu pengetahuan’ itu belum tentu benar!
2) Hari kedua (Kej 1:6-8).
Allah menciptakan
cakrawala. Cakrawala adalah segala sesuatu yang terbuka di atas kita. Jadi
cakrawala ini bukannya sesuatu yang tipis, tetapi tebal sekali. Bandingkan
dengan Kej 1:14 yang mengatakan bahwa Allah meletakkan benda-benda penerang
‘pada cakrawala’. Ini tentu tidak mungkin terjadi kalau cakrawala itu tipis.
Cakrawala ini
berfungsi untuk memisahkan air di atas dan air di bawah (Kej 1:7). Ada yang
mengatakan bahwa dalam peristiwa banjirnya Nuh, air di atas cakrawala inilah yang diturunkan ke bumi oleh
Tuhan (bdk. Kej 7:11b - ‘terbukalah
tingkap-tingkap di langit’).
Dalam Kej 1:8a dikatakan bahwa ‘Allah menamai cakrawala itu langit’, mungkin karena tidak ada batas antara
cakrawala dengan langit.
ketiga (Kej 1:9-13).
Allah memisahkan antara lautan dengan daratan dan menumbuhkan
tumbuh-tumbuhan. Perhatikan bahwa tumbuh-tumbuhan sudah ada sebelum matahari
ada! Kita tahu bahwa tumbuh-tumbuhan membutuhkan matahari untuk bisa hidup.
Tetapi sebetulnya matahari bukanlah sumber hidup tumbuh-tumbuhan! Allahlah yang
adalah sumber hidup dari tumbuh-tumbuhan! Ini Ia buktikan dengan menciptakan
tumbuh-tumbuhan sebelum matahari. Demikian juga dengan terang. Kita selalu
menganggap bahwa matahari sebagai sumber terang. Tetapi sebetulnya Allahlah
yang merupakan pemberi terang dan ini Dia buktikan dengan menciptakan terang
lebih dahulu dari pada matahari.
untuk admin ,mohon maaf karena saya langsung copy paste dari sumber nya.
peace
to Kairos
Jujur saja, saya belum dicerahkan dengan apa yg ada di komentar anda (Masih bingung) Kalau boleh tahu, anda mengambil darimana ya? tolong sertakan alamat websitenya. Karena saya juga ingin mempelajarinya. GBU forever
to: hiskia
salam hiskia,
saya juga mau jujur sama kamu
kalau pembahasan sejelas itu kamu masih bingung
berarti bukan kamu tidak mengerti
tapi kamu tidak mau mengerti
kita bisa beda pemahaman
bilang saja memang pemahaman kita berbeda
tapi kalau bilang masih bingung....
wah....
peace
to Kairos
Mungkin saja pemahaman saya yang berbeda.tapi saya akan welcome kalau saya bisa dicerahkan.karena itu tolong cerahkan saya.ok? saya sangat senang sekali kalau saudaraku kairos bisa membantu.Saya tidak mau berdebat. saya hanya mau belajar.
GBU
to debu tanah
Kalau begitu tolong cerahkan saya dengan terang yang dimaksud di dalam Kej 1:3 dengan benda2 penerang yang baru diciptakan pada hari ke empat (Kej 1:14-19) Tolong dijawab ya? biar saya bisa mengerti lebih lagi.
GBU
Hiskia, terang dalam Kejadian 1:3
Saya sudah pernah jawab dalam:
http://www.sabdaspace.org/mengapa_allah_menciptakan_manusia#comment-8556
Saya kutip deh:
Menurut Alkitab, Allah terlebih dahulu menciptakan Terang (cahaya)
baru kemudian menciptakan benda-benda penerang, seperti matahari &
bintang. Hal ini dianggap orang yang menyerang Alkitab bahwa Alkitab kita
salah! Mereka mengatakan bagaimana mungkin ada TERANG pada hari pertama
bila tidak ada sumbernya, karena benda penerang baru diciptakan pada
hari ke 4 ?
Pada zaman kita ini, kita mengetahui bahwa TERANG atau cahaya adalah
gelombang elektromagnetik yang kelihatan oleh mata manusia (visible),
dan merupakan suatu spectrum yang terdiri dari banyak panjang gelombang
dan merupakan elemen yang paling cepat yaitu 300.000.000 m/detik.
Jadi Alkitab kita tidak salah. Tidak ada yang lebih cepat dari pada
TERANG (cahaya)! Jadi Allah terlebih dahulu menciptakan elemen yang
tercepat baru kemudian Allah menciptakan benda-benda penerang &
benda-benda yang lain.
Tambahan:
Dalam menafsirkan Alkitab, kita harus pegang KEBENARAN UTAMA dulu, misalnya kebenaran bahwa YESUS adalah Allah, jadi TAFSIRAN yang menentang kebenaran bahwa Yesus adalah Allah tentu saja NGAWUR, begitu.
Contohnya seperti dalam tulisan anda ini. Dalam Kejadian 1:3 disebutkan bahwa "Allah menjadikan (menciptakan) TERANG", maka TAFSIRAN yang mengatakan bahwa TERANG itu adalah Yesus, tentu saja NGAWUR total.
Satu lagi, PENGETAHUAN manusia bersifat ankumulatif, apa yang kita belum mengerti kemungkinan besar sudah pernah di selidiki oleh orang lain, maka Hiskia perlu baca buku2 rohani deh, tinggal kita analisa lagi, apa benar demikian, jadi kita tidak perlu menganalisa dari awal lagi kan.
Mudah-mudahan menjadi pencerahan. GBU
Saya ingin sekali
Saya ingin sekali mengetahui kebenaran di dalam kitab kejadian itu sendiri. Seperti yang anda tulis:
Jadi Allah terlebih dahulu menciptakan elemen yang
tercepat baru kemudian Allah menciptakan benda-benda penerang &
benda-benda yang lain.
Mungkin ada ayat pendukung yang lainnya? atau anda pernah membaca di website atau buku2 yg lain. Tolong beritahukan kepada saya. Saya ingin sekali mengetahuinya. Karena jujur aja, dari komentar yg anda tulis, saya belum dicerahkan. Dan ini juga bisa jadi referensi saya kalau ada pertanyaan dari orang yang bertanya pada saya. GBU
Ayatnya sangat jelas.
TB, Kejadian 1:3 Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi
KJV, Genesis 1:3 And God said, Let there be light: and there was light.
Ayat diatas SANGAT jelas. Seharusnya tidak mungkin salah tafsir, kecuali mengada-ada seperti tulisan anda di atas.
Tentu kita bertanya kenapa Allah menciptakan terang dulu? Fakta ilmu pengetahuan ternyata mendukung kebenaran dalam Kejadian 1:3 diatas.
Mengenai penejelasan ini saya pernah baca dalam satu bukunya Richard Whumbrand: "100 Permenungan dari balik terali besi". Dan saya setuju dengan penjelasan ini. Mungkin ada buku lain tentang tafsir ayat ini silakan dicari sendiri.
to Deta (Debu tanah)
Maksud saya, ada ayat pendukung lainnya ga yang deta bisa jelaskan kepada saya.bahwa Allah menciptakan partikel yang lebih cepat dahulu baru yang biasa (Selain yang ada di Kejadian)
GBU.
Hiskia, Itulah kata Alkitab
Salam,
Hiskia22:
Maksud saya, ada ayat pendukung lainnya ga yang deta bisa jelaskan
kepada saya.bahwa Allah menciptakan partikel yang lebih cepat dahulu
baru yang biasa (Selain yang ada di Kejadian)
Deta:
Alkitab bukan buku Ilmu pengetahuan. Dan Alkitab tidak perlu menjelaskan semuanya secara detail. Nyatanya Allah hanya mau menyingkapkan seperti Alkitab kita sejarang ini. Masalahnya anda mau percaya atau tidak.
Kejadian 1:3-5 mengatakan dengan eksplisit bahwa Allah menjadikan terang terlebih dahulu (hari pertama), kemudian Kejadian 1:14-19 mengatakan dengan eksplisit bahwa Allah menciptakan benda-benda penerang.
Saya percaya, saya tidak merasa perlu ada ayat pendukung lainnya. Saya percaya dulu bahwa Alkitab itu benar, kemudian ternyata Ilmu pengetahuan mendukung kepada kebenaran ini.
ITULAH KATA ALKITAB. Anda percaya atau tidak pada Alkitab? Pertanyaan saya, bila tidak ada ayat pendukung apakah anda tidak akan percaya kepada FAKTA yang telah orang lain temukan penjelasannya (yang tidak ada dalam ayat Alkitab)?
Wah banyak sekali hal-hal yang tidak ada ayatnya dalam Alkitab, gimana dong?
to debu tanah
Saya tidak mau berdebat. Saya hanya ingin belajar. terus terang saya mempunyai pemahaman yang berbeda dengan saudara Deta. Kalau saya sebagai orang Kristen saja tidak bisa mengerti, bagaimana saya akan mejelaskan kepada orang yang di luar iman saya? Betul ga saudaraku Deta. Pokoknya percaya saja. Wah...bukan itu jawabannya. Di sini saya mau belajar kebenaran yang saudaraku Deta yakini. biar menjadi referensi saya.Sehinga saya tidak menyesatkan. Mungkin saudaraku Deta belum membaca artikel saya? Kalau belum silahkan klik di sini.
Trus saya mau bandingkan dengan kitab Lucifer. Silahkan saudaraku Deta klik di sini
Yang tahu secara persis kejadian penciptaan itu hanya Allah dan malaikat-malaikat.Termasuk lucifer. Lucifer itu tahu FT. Tetapi penggunaannya selalu diputarbalikkan. Contohnya ketika menggoda Hawa dan Tuhan Yesus ketika berpuasa. Kalo tadi saudaraku deta baca kitabnya Lucifer, dia mengaku bahwa dia adalah terang itu. Berarti ada pemutar balikkan fakta kan? Yang seharusnya terang itu Yesus, diakui oleh Lucifer bahwa terang itu adalah Lucifer.
Sudah saya katakan, tolong berfikir secara rohani. Kalau saudaraku deta tidak bisa menyertakan ayat pendukungnya, saya hanya berfikir bahwa itu dari pemikiran saudaraku deta saja.
Penciptaan terang itu suatu proses, dan proses itu yang terjadi di Yoh 1. Jangan mengartikan penciptaan secara hurufiah.
GBU saudaraku deta
@Hiskia22, Anda Tidak Pernah Salah
Saudara hiskia22, anda benar-benar kekeh jumekeh! Seharusnya saya membiarkan anda menyatakan semua kebobrokan ajaran anda dulu sebelum memberi tahu anda cara membaca kisah penciptaan yang benar. Semoga anda dapat mengambil pelajaran. Berpikir secara rohani itu tidak ada hiskia22, yang ada adalah berpikir secara logis atau berpikir secara ngawur.
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
@hiskia22 : Apakah kamu siap di cerahkan ?
Dear hiskia22,
tidak bermaksud menyinggung kamu, cuma gw berpikir 2 kali untuk berdiskusi dengan lo.
1. karena lo kurang memahami OTORITAS ALKITAB.
2. nah ketika lo di uji, lo kelihatan DEFENSE.
Kalau lo siap, ya mudah2an gw bisa bantu.
Jesus Freaks,
"Live X4J, Die As A Martyr"
-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-
to JF
saya siap.JF. Agar saya semakin dicerahkan.GBU
@Hizkia22: Coba Nulis Yang Lain
Halo Hizkia22, saya cuma usul, coba nulis yang lebih ringan dan santai-santai donk, gak melulu model kotbah. Sekalian pelajari dulu medan SS seperti apa, hehe, emang perang :p. Maksud saya, saya sendiri lebih banyak diam dan memilih menulis content yang benar-benar saya kuasai ataupun berkomentar yang benar-benar saya pahami. Tak tunggu nggih tulisan Anda yang lain, yang model cerita ya, nggak kotbah. Hehe, ceritanya aku pesen blog ke kamu neh, kayak di restoran :).
*yuk comment jangan hanya ngeblog*
*yuk ngeblog jangan hanya comment*
to ari_thok
Saran akan saya laksanakan saudaraku ari. Tapi model kothbah juga masih boleh kan? GBU
Hiskia22, Bila Anda Rendah Hati ...
Hiskia22, Mungkin anda menganggap diri hebat, karena baru 6 bulan, saya tidak tahu 6 bulan jadi orang Kristen atau 6 bulan sekolah anda sudah mampu memecahkan misteri yang tidak dipahami orang-orang selama ini. Pemahaman yang sangat lucu!
Apabila anda sedikit rendah hati, mungkin anda akan menyadari bahwa Alkitab sudah selesai dicatat sejak abad pertama. Selama 2000 an tahun Alkitab sudah dipelajari habis-habisan oleh orang-orang Kristen dan sudah dibahas habis-habisan. Umumnya, semua pembahasan dan pemahaman itu dicatat dan diwariskan kepada generasi sebelumnya.
Bila anda tidak SOK TAHU dan SOK PINTER, maka mudah sekali untuk mencari tahu apa yang sesungguhnya terjadi dengan penciptaan terang pada hari pertama dan keempat. Namun anda telah dibutakan oleh ilah zaman ini sehingga menjadi SOMBONG dan menyangka anda mendapat PENCERAHAN dari Roh Kudus. Padahal anda sedang disesatkan oleh Iblis. Jadi, silahkan hidup dengan pemahaman ROHANI anda bahwa Terang yang diciptakan pada hari pertama adalah PROSES. Proses apakah itu? Tidak tahu, sebab itu hanya bisa dipahami secara rohani. Pokoknya Proses seperti yang terjadi di Yohanes 1. Pokoknya PROSES, dan harus dipahami secara rohani. Memahami secara rohani itu bagaimana? Pokoknya ROHANI.
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
to my brother hai-hai
Karena itu, tolong jelaskan pada saya. Saya juga ingin tahu dari penjelasan anda.agar saya bisa bertumbuh sesuai dengan yang diharapkan oleh Tuhan. GBU
@hiskia22 : Namanya SIANG ?
Dear brother,
kenapa ya kok terang itu dinamai SIANG ???
tidakkah terang yang dimaksud adalah terang dalam artian terang yang berlawanan dengan kegelapan.
lihatlah terang lampu, lihatlah terang matahari, itu bukan Yesus tapi itu terang.
Jesus Freaks,
"Live X4J, Die As A Martyr"
-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-
To JF
Saya masih agak bingung. kalau bisa mungkin ada alamat website yang anda ketahui atau buku yang pernah anda baca tentang hal ini. Karena saya benar2 ingin mengetahui yang sebenarnya.Atau penjelasan yang lain. Biar saya semakin dicerahkan. GBU JF
Konsistensi Dalam Kisah Penciptaan
Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Kejadian 1:2
Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi. Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap. Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama. Kejadian 1:3-5
Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun, dan sebagai penerang pada cakrawala biarlah benda-benda itu menerangi bumi." Dan jadilah demikian. Kejadian 1:14-15
Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang. Kejadian 1:16
Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi, dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat. Kejadian 1:17-19
Kata BARA di dalam bahasa Ibrani artinya menciptakan dari tidak ada menjadi ada (creatio at nihilo). Kata ASYAH artinya membuat dari bahan yang sudah ada atau membentuk atau mengatur. Di dalam kejadian 1:16 kata yang digunakan adalah ASYAH, bukan BARA. TERANG sudah di BARA pada hari pertama itu sebabnya pada hari keempat hanya di ASYAH untuk menjadi sistem waktu yang konsisten dan supaya benda-benda langit itu dapat digunakan oleh manusia untuk menghitung dan mencatat waktu. Adam di-BARA sedangkan Hawa di-BANAH, artinya dibangun atau dibentuk (Rebuild).
7 Hari dalam seminggu adalah 7 benda langit yang dapat dilihat dengan mata telanjang. 1 bulan dihitung dengan bulan sebagai panduan. 1 hari adalah terbit dan tenggelemnya matahari.
Saudara hiskia22 dan handai taulan sekalian, salah satu hal yang umumnya dianggap enteng ketika membaca Alkitab adalah KEMAMPUAN berbahasa Indonesia. Padahal kemampuan berbahasa Indonesia adalah MODAL utama ketika kita membaca Alkitab terjemahan LAI. Apabila kemampuan bahasa Indonesia anda baik maka secara naluri anda akan mempertanyakan ketika menemukan kata yang berbeda untuk HAL yang selama ini dipahami sama. MENCIPTAKAN, MENJADIKAN dan MEMBANGUN adalah tiga kata yang selama ini dipahami sebagai mencipta.
Tanpa mengurangi rasa hormat, hiskia22, pernahkah anda mendengar kesaksian dari para PETUALANG roh tentang cara memahami ayat Alkitab dengan cara sederhana demikian?
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
to my brother hai-hai
Wah...saya sngat berterima kasih sekali kepada saudaraku hai-hai. Pengertian yang seperti ini memang belum pernah saya dapatkan.Saya tahu memang saya harus banyak belajar lagi. Sekali lagi terima kasih my bro.
GBU
Kembali Kasih hiskia22
Saudara hiskia22, anda sudah memahami kisah penciptaan dengan cara yang benar. apabila anda membaca kembali kisah penciptaan tersebut, anda akan menemukan kesan yang berbeda, jauh lebih mengasykkan di bandingkan dengan teknik PEMAHAMAN ROHANi anda.
Anda juga bisa membandingkan pemahaman yang benar dan pemahaman rohani anda. Semoga hal ini membuka hati anda untuk mau mempelajari Alkitab dengan cara yang benar. Pemahaman Alkitab yang benar akan membuat hidup lebih indah dan lebih mudah untuk dijalani.
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
terima kasih lagi atas
terima kasih lagi atas penjelasannya.
Jesus love u and bless u
@hiskia22 : gw cuma punya bible
Sebenarnya tidak susah kok memahami,
kamu kan lihat sendiri dalam kehidupan nyata, mana yang terang, mana yang gelap.
coba kamu tenang, singkirkan dulu yang namanya benda-benda penerang.
pada malam haripun, kamu masih bisa lihat terang lewat lampu.
kan gak susah memahaminya kan.
terang yang dimaksud ya terang, cahaya, polarisasi...
Jesus Freaks,
"Live X4J, Die As A Martyr"
-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-
to JF
Saya sudah dicerahkan kok oleh saudara hai-hai. to JF thanx juga ya.GBU