Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Api

hiskia22's picture

2 Tes 2:3

2:3. Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa, 

Murtad dapat terjadi karena  tidak berakar, sehingga saat terjadi penganiayaan dan penindasan terjadilah murtad (Markus 4:17)

4:17 tetapi mereka tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila kemudian datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu, mereka segera murtad. 

Akibat durhaka, maka kasih akan menjadi dingin (Matius 24:12), Inilah keadaan manusia pada akhir zaman. Atau dengan kata lain, tidak tahu mengasihi (1 Tim 3:3)

24:12 Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin. 

baca perikopnya 2 Tim 3:3-..... (Keadaan manusia pada akhir zaman)

3:3 tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik,

karena itu, kita perlu sesuatu untuk kasih yang sudah dingin itu.

Mari kita lihat peristiwa penyangkalan Simon Petrus.Dia memasang "API" karena hawa dingin (Yohanes 18:18)

18:18 Sementara itu hamba-hamba dan penjaga-penjaga Bait Allah telah memasang api arang, sebab hawa dingin waktu itu, dan mereka berdiri berdiang di situ. Juga Petrus berdiri berdiang bersama-sama dengan mereka.

Jadi orang-orang yang kasihnya sudah dingin, mereka membutuhkan "API" supaya kasih itu kembali menjadi panas, yaitu:

1. Firman Tuhan (Yeremia 23:29)

2. Allah (Ibrani12:29)

3. Roh Kudus (Kis 2:3-4) 

Yeremia 23:29 Bukankah firman-Ku seperti api, demikianlah firman TUHAN dan seperti palu yang menghancurkan bukit batu? 

Ibrani 12:29 Sebab Allah kita adalah api yang menghanguskan.

Kis 2:3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. 

Kis 2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. 

Jangan sampai kita memasang api yang lain / asing selain dari ketiga hal di atas ( FT, Allah dan Roh Kudus).Karena api asing itu akan membuat kita mati (Imamat 10:1-2)

10:1. Kemudian anak-anak Harun, Nadab dan Abihu, masing-masing mengambil perbaraannya, membubuh api ke dalamnya serta menaruh ukupan di atas api itu. Dengan demikian mereka mempersembahkan ke hadapan TUHAN api yang asing yang tidak diperintahkan-Nya kepada mereka.

10:2 Maka keluarlah api dari hadapan TUHAN, lalu menghanguskan keduanya, sehingga mati di hadapan TUHAN.

GBU all 

__________________

GBU