Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

ABC Tirai Bambu's blog

ABC Tirai Bambu's picture

DI CHINA ; SALJU TIDAK HANYA BERWARNA PUTIH


DI CHINA ; SALJU TIDAK HANYA BERWARNA PUTIH

ABC Tirai Bambu's picture

Chi Fan Le Mei You? Sebuah Kata Simpati China yang Tergeser Nilainya

Chi Fan Le Mei You? (?????)/Sudah Makan Belum?

Chi fan le mei you dalam bahasa Indonesia berarti “Sudah makan atau belum?”. Pada waktu kami pertama kali datang di negeri ini (Tiongkok, propinsi HN kota CS), saya sering menerima pertanyaan orang?“Chi Fan le mei you?” Secara spontan saya menjawab ?Sudah Makan” atau kadang saya jawab “Belum Makan” sesuai kondisi waktu pertanyaan itu ditanyakan. Pertanyaan seperti itupun tidak jarang saya jumpai sewaktu di Indonesia, khususnya sewaktu mau mengerjakan seseuatu di saat jam makan. Maksud orang yang bertanya kemungkinan bisa berarti kalau belum makan sebaiknya makan dulu baru pergi atau mengerjakan sesuatu. Atau juga bisa berarti makan dulu dan berhenti sejenak dulu dari pekerjaan yang sedang dilakukan supaya ada cukup tenaga atau tidak sakit maag. Pertanyaan tersebut juga bisa berarti orang yang bertanya mau mengajak kita makan bersama, dan masih banyak arti lainnya. Sekarang kami melayani di Bei Fang (sebutan untuk Tiongkok bagian Utara), di propinsi Hebei, dan pertanyaan Chi Fan Le Mei You tetap kerap kami terima dan kami dengar.

ABC Tirai Bambu's picture

Jangan Panggil Saya Guru

JANGAN PANGGIL SAYA GURU

ABC Tirai Bambu's picture

Karakter FU

? FU/BERKAT

 

Karakter bahasa Chinese sunguh sangat menarik, hampir semua bagian mempunyai arti dan salah satunya karakter Fu yang berarti berkat. Semua orang senang dengan apa yang namanya berkat dan karakter fu sungguh bisa menjelaskan apa sebenarnya arti dibalik kata berkat.

ABC Tirai Bambu's picture

MObil Selamat Ulang Tahun

MOBIL SELAMAT ULANG TAHUN Kami menamakannya ,”Mobil Selamat Ulang Tahun”. Mobil ini bukan mobil yang mempromosikan asesoris dalam merayakan ulang tahun. Juga bukan menjual Kue Tart Ulang Tahun. Mobil ini juga bukan mobil yang sedang dipakai dalam merayakan ulang tahun seseorang. Juga bukan even organizer yang bisa di panggil untuk merayakan ulang tahun. Mobil ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan ulang tahun. Ia adalah mobil tangki bermuatan sekitar 5000 liter air tetapi kalau berjalan selalu mengumandangkan musik selamat ulang tahun (happy birthday to you).