Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

"HAL MENYESAL"

desfortin's picture

"Tetapi sekarang juga," demikianlah firman TUHAN, "berbaliklah kepadaKu dengan segenap hatimu, dengan berpuasa, dengan menangis dan dengan mengaduh."
Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu, berbaliklah kepada TUHAN, Allahmu, sebab Ia pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia, dan Ia menyesal karena hukumanNya.

(Yoel 2 : 12 - 13)

Coretan singkat dan sederhana ini saya posting karena terinspirasi oleh postingnya saudara Bintang7 mengenai "Perlukah menyesal dalam pertobatan?". Saya pikir sekedar memberikan tanggapan atau pandangan saya tidak salah juga saya pikir. 

In the beginning i inserted one of the verses among the many verses in the scriptures yang ada kaitannya dengan penyesalan. Ayat Firman Tuhan ini bertutur tentang apa yang kita lakukan apabila kita menyesali perbuatan salah yang telah kita lakukan. Firman Tuhan yang dicatatkan dalam kitab Yoel itu, mengajarkan kepada kita untuk segera menyesali perbuatan atau pemikiran salah, apabila kita melakukannya.

Melalui FirmanNya itu, Tuhan mengatakan, bahwa sikap penyesalan harus dinyatakan dengan adanya pengakuan hati bahwa kita tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi. Dalam arti, ada kesungguhan agar kita tidak berbuat kesalahan yang sama di masa yang akan datang.

Menyesal itu merupakan tanda pengakuan serta kesadaran diri, bahwa tindakan salah yang telah dilakukan sebelumnya, merupakan tindakan yang tidak patut untuk dilakukan kembali.

Oleh karena itu, apabila seseorang sudah menyesali perbuatannya, seseorang berani mengungkapkan tanda penyesalan itu sebagai sebuah keinginan besar untuk mengubah  dan merubah perilaku atau pemikiran yang salah.

Dalam kehidupan, banyak pihak yang akan menyambut sebuah sikap menyesal yang ditunjukkan seseorang tersebut.

Tindakan atau pemikiran salah, pada prinsipnya telah menghadirkan kerugian atau keadaan yang tidak menyenangkan untuk individu atau kelompok masyarakat tertentu. Jadi, apabila sikap menyesal tidak segera ditunjukkan seseorang yang berbuat salah, akan menciptakan sebuah penilaian bersalah atau penilaian negatif lainnya, tidak hanya dari individu maupun kelompok masyarakat yang mengalami kerugian atau merasakan adanya tindakan yang tidak menyenangkan, namun juga dalam masyarakat luas.

Yaa... Menyesali sebuah kesalahan memang selayaknya berasal dari dalam diri, karena sebuah kesalahan yang telah disesali, menghadirkan image buruk terhadap pribadi seseorang yang telah berbuat salah, bahkan terkadang, berimbas juga pada anggota keluarganya.

Begitu besar dampak sebuah kesalahan yang tidak disesali. Dan itu semua, secara langsung atau tidak langsung, bisa menciptakan sebuah tindakan penghakiman dari kelompok masyarakat.

Akan tetapi, besar pula pengaruh yang dihadirkan apabila manusia menyesali perbuatannya. Banyak pihak yang menunggu-nunggu, ketika seseorang telah berbuat salah, adanya sebuah penyesalan dari dasar hati pelakunya, mengkoreksi perbuatan yang salah, dan tidak mengulangi perbuatan yang salah, lagi.

Sebuah penyesalan, secara langsung atau tidak langsung, membawa serta pernyataan agar orang lain tidak melakukan perbuatan atau kesalahan yang sama dengan perbuatan atau kesalahan yang telah dilakukan seseorang. Pribadi yang menyesal, pada prinsipnya memberi contoh kepada orang lain untuk tidak mengikuti suatu perbuatan salah, terutama apabila diekspose atau diwacanakan kedalam kelompok masyarakat yang lebih luas lagi.

Just as human, Tuhan juga sangat menantikan sebuah pernyataan menyesali atas kesalahan yang telah diperbuat atau dilakukan anak-anakNya. Bahkan Tuhan mengatakan, ada sukacita besar di Sorga apabila ada anak manusia yang bertobat, menyesali perbuatan salah yang telah dilakukannya.

Sebuah sambutan besar akan dilakukan oleh para malaikat di Sorga, ketika sebuah tanda pengakuan diri berbentuk penyesalahan, diucapkan dan diakui sebagai sebuah tindakan yang tidak patut untuk diulanginya kembali.

Tuhan sungguh-sungguh berharap, manusia mau mengoyakkan hatinya, mengakui kesalahannya, dan memohon ampun atas perbuatan salah yang telah dilakukan, karena Ia, tidak ingin ada satu pun dari anak-anakNya, yang harus menerima hukuman berupa alam maut, apabila tidak menyesali perbuatan salah yang telah dilakukan anak-anakNya.

Oleh karena itu, apabila kita sadar telah berbuat salah, akui kesalahan itu dengan sebuah  sikap menyesal. Akui dan nyatakan dengan sungguh-sungguh kepada Allah yang Maha Pengasih, agar mau mengampuni kesalahan yang telah kita perbuat, agar kesalahan kita itu, tidak diperhitungkan sebagai sebuah dosa.

Apabila kita menyesali kesalahan kita, itu sama artinya, kita sadar dan meruntuhkan segenap tembok pemberontakkan yang telah kita bangun terhadap segenap ketentuan-ketentuan Allah, sehingga kita tidak menghadirkan masalah baru, yaitu tidak terjebak pada dosa serta adanya hukuman bagi orang-orang yang tidak mengindahkan perintah dan ketentuan-ketentuan Allah.

Remember...!! If you are late to regret, it will be useless...

God bless us all.

__________________

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING
AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

jesusfreaks's picture

@des14 : apa itu penyesalan ? Apa itu pertobatan ?

Tuhan pernah menyesal karena menciptakan manusia, apakah itu berarti TUHAN telah membuat kesalahan. Banyak orang yang menyesali kesalahannya, namun sulit sekali bertobat, kenapa ya ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

desfortin's picture

Koment 4 SS (Admin) and Jesus Freaks

Oya sebelumnya aku komen dulu ni buat SABDAspace (admin), tadi malam sekitar pukul 23 Wib kok susah sekali saya log in dan ketika log in dan menulis blog, susah juga ter-posted. Namun kemudian, pas pagi ini saya buka situs ini kok postingan saya yang tadi malam itu jadi double. Saya bahkan nyangka kalau postingannya gak terkirim, eh malah tergandakan. Mohon maaf, saya kurang ngerti apakah cuma saya sendiri yang ngalami atau ini memang karena katanya ada "maintainance server", tapi biasanya pukul 00.00- pukul 06.00, atau komputer saya yang emang error. Ok ya udah, I just want to convey about the inconvenience. That's all.

Oya sekedar tanggapan buat JF, pengertian menyesal bagiku tidak hanya menyangkut satu hal, bisa hal-hal yang rohani dan dunia dll, tapi bertobat punya pengertian bahwa kita, oleh kuasa dan kehendak/kedaulatan Tuhan, kembali dan berpaling dari dosa serta kembali kepada Yesus Kristus, Tuhan, dengan komitmen untuk hidup terus memuliakan-Nya. Kalau tidak berbalik dan menyerahkan hidup sepenuhnya kepada-Nya, tidak bisa dikatakan telah bertobat, sebagaimana mereka yang ada di luar Kristus. Dan di dalam pertobatan pasti ada penyesalan, yaitu penyesalan terhadap kesalah-kesalahan yang sudah kita lakukan itu dan menyesal dalam bertobatan maknanya tidak negatif. Kita menyesali dosa, bukan menyesali yang lain-lain, misalnya menyesal karena tidak belajar dengan baik sebelum ulangan di sekolah sehingga nilainya jelek, atau menyesal karena diputus pacar dsb, itu menyesal dalam makna yang lain lagi, tentunya kita semua tahu dan mengerti saja akan hal ini. Saya tidak perlu untuk berpanjang lebar akan hal ini.

Dan menurutku kenapa banyak orang yang menyesali dosa dan kesalahannya, namun sulit sekali bertobat, itu karena:

  1. Mengeraskan hatinya, sebab ia pikir dunia saja bisa puaskan dan penuhi keinginannya, jadi ndak perlu bertobat,
  2. Yang poin penting, orang itu mungkin memang belum digerakkan alias disadarkan oleh Tuhan (Roh Kudus). Ya pembiaran Tuhan saja. Kalau sudah waktunya Tuhan tiba, tidak ada ada orang yang bisa nolak untuk balik kepada-Nya, dan
  3. Yang ekstrim, namun saya meyakininya, mungkin memang orang itu tidak pernah akan bertobat / will be perished (mungkin anda faham maksud kalimat saya yang ketiga ini)

I think that's all. Peace dech buat semuanya.

LET'S KEEP ON LEARNING AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH

__________________

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING
AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

jesusfreaks's picture

@des14 : bagaimana dengan malaikat berdosa

Apakah hal ini berlaku juga untuk malaikat ?!?!

boleh tidak malaikat, menyesal dan bertobat ?!?!

apakah kita "will be perish" karena dosa yang kita lakukan ? atau memang karena dari sono nya ?!?!

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

desfortin's picture

Re:Jesus Freaks

Wah sori ne, aku baru on line lagi. Maaf kalau lama jawabnya.

Saya jawab secara singkat:

  1. Oya sdr. JF, sperti bintang7 bilang, status kita beda dg malaikat. Yang diberi kesempatan untuk bertobat cuma kita.
  2. We will be perished kalau kita memang telah ditetapkan untuk binasa (poin ini cukup ekstrim, berkaitan dengan doktrin predestinasi: reprobasi. Mungkin tidak sempat kalau dibahas sekarang, mungkin lain waktu yang khusus saya akan saya postingkan tulisan tentang topik ini, tapi saya pikir untuk sementara tulisan Sdr. Hai2 cukup mewakili, walaupun menurut saya ada poin2 yang harus ditambah/ditegaskan lagi)

LET'S KEEP ON LEARNING AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH

__________________

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING
AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

bintang seven's picture

DES14 good

des14 terimakasih jika anda telah terinspirasi dg blog saya walau jarang orang yg tertarik pada masalah2 yg bersifat doktrinal dan teologis pembahasan kata dan makna ayat... hehe.. bener gak? itulah sebabnya banyak kristen kacangan yg terombang ambing angin pengajaran.... mereka lebih tertarik dg gereja bermusik asik yg heboh dg bahasa Roh dan holy laughter dsb......sungguh saya gak menyesal dg postingan anda ini very good dan saya sadar ini akan berguna amin.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

bintang seven's picture

sekedar buat jf

jf mungkin elo blm pernah denger ini: status kita dg malaikat itu berbeda.....

1. waktu malaikat memberontak pada Allah ia dalam status kekal atau roh sedangkan kita masih dalam kesementaraan/tubuh jasmani jadi masih ada kesempatan bagi kita untuk sadar dan bertobat, maka itu paulus sering bilang rawatlah tubuhmu dan menghubungkannya dg hal2 rohani krn memang berhubungan dg persiapan kita menuju kekelan nanti

2. waktu lahir kita sudah mengandung benih dan bibit dosa ttp malaikat itu suci dan ia memberontak pada Allah, jadi bisa anda bayangkan darimana hal yg demikian bisa timbul dalam hadirat Allah yg maha suci.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

jesusfreaks's picture

@bintang7 : gak mudeng.

I don't get the point. Pertanyaan mana yg hendak lo jawab ? Kok gw gak jelas gitu deh. Bukankah adam pada mulanya suci dan kekal, sama seperti malaikat ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

@JF: Adam tidak kekal

Adam sebelum jatuh dalam dosa tidak kekal. Kalau Adam kekal tidak mungkin Tuhan berkata:

Gen 3:22
(22)  Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."

Yesus pada saat inkarnasi di bumi sebagai Adam kedua dan sebelum mengalami kebangkitan juga bisa mati. Itu sebabnya Dia bisa menyerahkan nyawanya. Baru sesudah Yesus bangkit maka Dia kembali menjadi mahluk yang kekal.

Heb 2:9
(9)  Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.

Yesus pada saat inkarnasi status kemuliaannya sama dengan manusia yaitu sedikit lebih rendah dari malaikat.

bintang seven's picture

thx sf dan buat jf

sf terimakasih untuk ayat pengingatnya anda sangat pandai dalam hal ini, dan jf dapatkah anda bertanya mengapa malaikat tak diberi kesempatan utk bertobat? klo anda berdosa di bumi n masih hidup berarti lo belum berstatus spt malaikat. artinya klo lo dah di surga/tempat Bapa n lo berdosa maka itu dosa kekal...... tahukah anda kekal? LAWAN DARI KESEMENTARAAN.........itulah bedanya dosa malaikat n dosa manusia............ masih ada jalan bagi kita yg dlm kesementaraan tapi bagi malaikat, ia melakukannya dalam kekekalan........... dan jelas hukumannya SAAT ITU juga kekal.................KARENA DLM HADIRAT ALLAH YG KEKAL SATU NODA SETITIK HARUS SEGERA DISINGKIRKAN KARENA SAMPAI SELAMA2NYA ALLAH ADALAH SUCI, BENAR DAN ADIL........

klo lo baca point pengakuan iman fundamental dede wijaya di bilang disitu penyelesaian dosa  adalah penghukuman, INGAT DOSA=HUKUMAN!!! .......dosa mendatangkan hukuman tapi siapa yg di dalam Kristus bagaimanapun juga mereka tak akan bisa dihukum MENGAPA?..............karena Kristus telah dihukum untuk menanggung dosa manusia DAN TIDAK MUNGKIN HUKUMAN DIJATUHKAN 2X KEPADA KRISTUS DAN LALU JUGA ANDA YG DIDALAM KRISTUS ITULAH KEADILAN ALLAH TAPI YG BELUM DIHUKUM ATO BAGI MEREKA YG DILUAR KRISTUS DOSA MEREKA AKAN DIHUKUM .......dan iblis juga  dihukum, langsung dan tanpa ampun karena tak boleh ada noda dosa setitikpun dalam hadirat Allah yg kekal INGAT YG KEKAL BUKAN SEMENTARA SPT KITA DI BUMI................... ketika kita mati kita semua akan mengalami kekekalan yg satu dlm surga yg kekal karena kasih karunia dan yg kedua neraka bagi iblis dan manusia karena dosa(=HUKUMAN.) MAKA HATI2 BAGI ANDA YG BELUM MENYANGKAL DIRI DAN MASIH HIDUP DILUAR KRISTUS amin. COBA BACA DI ROMA 8

1Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.

2Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.

3Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging, telah dilakukan oleh Allah. Dengan jalan mengutus Anak-Nya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging,

4supaya tuntutan hukum Taurat digenapi di dalam kita, yang tidak hidup menurut daging, tetapi menurut Roh.

KLO LO GAK PERCAYA SEPOL POLNYA ATAU CUMA SETENGAH CUMA SEDIKIT ATAO CUMA KARENA SERING DENGER DI GEREJA TTG KEDATANGAN KRISTUS ITU BHW IA DATANG UNTUK NGEBEBASIN LO DARI NERAKA MAKA ANDA PERLU NGECEK IMAN LO LAGI..... SYALOM

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

jesusfreaks's picture

@sf & bintang 7 : kenapa malaikat dihakimi ?

1 korintus 6 : 3, berkata akan ada penghakiman buat malaikat ? Untuk apa ya kira2 penghakiman itu. Adam pada mulanya kekal, ingat TUHAN berkata begitu ia makan pohon pengetahuan baik dan buruk, adam PASTI MATI. Adam menjadi TIDAK KEKAL setelah makan pohon terlarang.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

Definisi kekal

Mungkin kita perlu tetapkan dulu definisi kekal. Kekal artinya tidak bisa mati. Adam pada saat di ciptakan masih bisa mati itu sebabnya dia dilarang oleh Tuhan untuk makan buah pohon pengetahuan. Kalau Adam kekal maka dia tidak bisa mati. Status Adam bukan kekal tapi tidak berdosa. Karena tidak berdosa maka Adam tidak harus mati tapi bisa mati. Sama seperti Tuhan Yesus waktu di dunia. Tuhan Yesus waktu didunia tidak harus mati akan tetapi Dia bisa mati. Akan tetapi ini tidak berarti Adam tidak bisa berdosa. Adam bisa berdosa dan akhirnya terbukti Adam berbuat dosa. Artinya Adam pada saat diciptakan bukan dalam kondisi kekal sempurna tapi bisa menjadi kekal. Untuk bisa kekal sempurna musti mengalami pengangkatan macam Henokh. Sebenarnya rencana awal Tuhan adalah Adam hidup di taman Eden sambil bergaul dengan Allah. Lalu pada waktunya Tuhan mengangkat Adam masuk kedalam kekekalan seperti Henokh. Sayangnya Adam jatuh dalam dosa. Adam cuma bisa kekal kalau makan buah pohon kehidupan atau bergaul terus menerus dengan Allah seperti Henokh.

desfortin's picture

JF wrote :"Adam pada

JF wrote :

"Adam pada mulanya kekal, ingat TUHAN berkata begitu ia makan pohon pengetahuan baik dan buruk, adam PASTI MATI.

Adam menjadi TIDAK KEKAL setelah makan pohon terlarang."

Wah, ini masalah MATI, tegasin dulu maknanya!

Makna MATI dalam Alkitab menyangkut aspek:

  1. Mati secara fisik (jasmani)
  2. Mati secara terpisah dari Allah (rohani)

Pada waktu Alkitab bicara, upah dosa adalah maut berarti, itu berkaitan dengan aspek 2, aspek 1 sebagai akibat dari kesementaraan manusia yang diciptakan Tuhan dalam dunia (fisik manusia yang tidak kekal, setiap orang akan mengalaminya kecuali atas kehendak Tuhan, seperti Henokh dan Elia yang diangkat Tuhan ke sorga tanpa melalui proses kematian secara fisik/jasmani). 

Lihatlah pada waktu Tuhan katakan pada manusia di taman Eden, jika buah pohon pengetahuan itu dimakan, maka pada hari manusia (Adam dan Hawa) memakannya, mereka akan mati. Tapi realitanya secara fisik Adam dan Hawa tidak mati, tapi secara rohani Manusia itu dikatakan MATI.

Sehingga tidak ada jalan bagi kita untuk kembali dan hidup kepada Allah, kecuali jasa penebusan Yesus Kristus yang pernah jelma menjadi manusia dan menyelesaikan misi dan pengorbanan-Nya di atas kayu salib, untuk menyelesaikan tuntutan Bapa di Sorga

Oya, tentang kekekalan:

Kekal berarti selama-lamanya, dan melampaui ruang dan waktu.

Manusia itu diciptakan secara kekal, kekekalan yang diberikan dalam hati manusia. You can find the verse in the scripture. Namun berbeda dengan kekekalan Allah. Kalau kekekalan Allah itu tidak ada awal dan tidak ada akhirnya. Allah ada dan bergantung dengan diri-Nya (The Self-Dependent Word of God). Sedangkankekekalan manusia ada awalnya, namun tidak ada akhirnya. Kita dicipta dari Allah, itulah awal kekekalan kita. Setelah kita mati (secara fisik) kita tidak berhenti, tapi masih bereksistensi. Namun dua saja kemungkinannya, di sorga bersama Allah atau di neraka terpisah dari Allah.

Jadi sekali lagi:

Walaupun di dunia manusia bisa mati (pemahaman ini yang membuat kita berargumen manusia tidak kekal) tapi manusia memiliki kekekalan di alam setelah kematian fisik, di sorga atau di neraka.

Thanx for now by Desfortin in Palangka Raya

LET'S KEEP ON LEARNING AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH

__________________

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING
AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

jesusfreaks's picture

@sf : kedaulatan dong.

Buat gw kekal tidak kekal, adalah daulat TUHAN. kekal tidak berarti tidak bisa mati. Kalau begitu malaikat harusnya tidak bisa mati dong. Kan katanya kekal.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@sf : kedaulatan dong.

Buat gw kekal tidak kekal, adalah daulat TUHAN. kekal tidak berarti tidak bisa mati. Kalau begitu malaikat harusnya tidak bisa mati dong. Kan katanya kekal.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

Malaikat memang tidak bisa mati seperti manusia

Malaikat memang tidak bisa mati seperti manusia yaitu mati fisik. Tapi malaikat tetap bisa mati rohani yaitu terpisah dari Allah sampai selama-lamanya. Saat ini malaikat-malaikat yang memberontak terhadap Tuhan belum dibinasakan. Tapi nanti akan ada saatnya mereka dilempar masuk ke lautan api dan terpisah dari Tuhan selamanya. Manusia bisa mati secara fisik dan rohani.

Apa maksudnya kekal tidak kekal daulat Tuhan? Aku nggak ngerti.

jesusfreaks's picture

@sf : 2 kali mati

Kasihan sekali manusia. 3 kali mati. Mati rohani, mati daging, dan kelak di neraka mati lagi. Terus kalau manusia sudah mati rohani, berarti tinggal tunggu neraka dong. Adam masuk neraka dong. Kekal dan tidak kekal, adalah daulat TUHAN alias terserah TUHAN.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

Tuhan sendiri sudah menyelamatkan Adam

Tuhan sendiri sudah menyelamatkan Adam. Adam di kasih Tuhan pakaian dari kulit binatang. Ini berarti ada binatang yang dikorbankan. Korban binatang adalah simbol pengorbanan Yesus. Adam pakai kulit binatang yang dikorbankan artinya Adam secara simbolik menerima pengorbanan Yesus. Adam diselamatkan Yesus.

Manusia mati cuma 2 kali: mati rohani dan mati jasmani.  Manusia yang mati rohani kalau menerima anugrah keselamatan akan mengalami kebangkitan secara rohani lalu nanti pada saat Yesus datang akan mengalami kebangkitan secara jasmani juga lalu hidup bersama Yesus selamanya. Manusia yang tetap mati rohani sampai dia mati jasmani akan dibangkitkan pada saat penghakiman terakhir, diadili lalu dimasukkan kedalam lautan api yaitu neraka.

Yang namanya kehidupan itu sumbernya cuma 1 yaitu Tuhan Yesus Kristus.

jesusfreaks's picture

@des14 : status bagaimana ?

Saya masih blur soal pendapat status statusan. Mana lebih tinggi, manusia atau malaikat ? Mana lebih mulia, manusia atau malaikat ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

desfortin's picture

Mungkin jawaban Bintang7

Mungkin jawaban Bintang7 bisa mewakili.

Thanx

LET'S KEEP ON LEARNING AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH

__________________

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING
AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

jesusfreaks's picture

@des14 : kamu yakin jawaban bintang7

Bintang7 bilang, nanti kita masuk sorga statusnya kayak malaikat. Terus kalau nanti di sorga berdosa, kitapun dibuang lagi ke neraka. Kok bisa ya udah masuk sorga terus ke neraka ?! Kamu ngasal ya setuju2 pendapat orang.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

desfortin's picture

 Saudar JF, mohon maaf

 

Saudar JF, mohon maaf kalau saya membuat anda salah menanggapi, saya tidak asal. Saya sendiri juga tidak memaksudkan semua jawaban Bintang7, tapi yang saya maksud ini (anda sudah baca kan?). Komentar ini dia tujuakan ke anda.

Saya kutip ya, mohon maaf ga ada ijin langsung dar penulis yang bersangkutan:

jf mungkin elo blm pernah denger ini: status kita dg malaikat itu berbeda.....

1. waktu malaikat memberontak pada Allah ia dalam status kekal atau roh sedangkan kita masih dalam kesementaraan/tubuh jasmani jadi masih ada kesempatan bagi kita untuk sadar dan bertobat, maka itu paulus sering bilang rawatlah tubuhmu dan menghubungkannya dg hal2 rohani krn memang berhubungan dg persiapan kita menuju kekelan nanti

2. waktu lahir kita sudah mengandung benih dan bibit dosa ttp malaikat itu suci dan ia memberontak pada Allah, jadi bisa anda bayangkan darimana hal yg demikian bisa timbul dalam hadirat Allah yg maha suci.

Memang saya ga baca semua komennya Bintang 7, saya juga ga setuju kalau dia bilang begitu. Karena waktu di sorga kita tidak akan bisa berdosa lagi (impossible to commit sin). Dan di sorga iman itu tidak berlaku lagi karena kita sudah disempurnakan (konsumasi). Tapi iman waktu kita di dunia ini jadi hal yang penting.

Makasih, semoga jelas.

LET'S KEEP ON LEARNING AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH

__________________

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING
AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

jesusfreaks's picture

@des14 : supaya tidak salah paham

Dear bro, Tidak salah mengutip koment, silahkan saja, nda perlu minta izin, yang penting dikasih tahu namanya. Ternyata kita salah paham, coba kamu baca koment bintang7 yg judul : thx sf dan buat jf.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

desfortin's picture

Ok, I've read it

Ok bro, memang ada salah paham di antara kita. Saya baru baca komentarnya, kalau saya baca di sana  bintang7 mengandaikan dan membedakan.

kalau lo masih di bumi berarti status loe blm brstatus sprt malaikat. Tapi kalau di sorga lo berdosa itu dosa kekal (ini yang gue ga setuju), karena kita di sorga tidak mungkin lagi berdosa, karena kita sudah mengalami konsumasi. Dia mengandaikan jika manusia dulu seperti malaikat yang ada dalam kekekalan melakukan dosa maka kita juga akan mengalami seperti malaikat. Cuman itukan cuma spekulasi, faktanya kita adalah manusia yang memang diciptakan berbeda dan kita di bumi bukan di sorga. Dan tentunya dosa kita dengan dosa malaikat beda dong. Ga usah disama-samain!

Thanx GBU

LET'S KEEP ON LEARNING AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH

__________________

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING
AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

bintang seven's picture

@ all malaikat

duh jadi rame......tp gw jd banyak belajar juga ttg banyak ayat............ buat des14 gw setuju dg lo emang ketika di surga nanti kita akan spt malaikat tp tidak mungkin atau mustahil berdosa kembali krn diberikan tubuh yg baru/konsumasi gw cuma memberikan pengandaian agar si jf ngerti......... yup setuju dg tubuh yg baru....... di dalam kekekalan markus12:25

25Sebab apabila orang bangkit dari antara orang mati, orang tidak kawin dan tidak dikawinkan melainkan hidup seperti malaikat di sorga.

1 kor 15:33 Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.Sadarlah kembali sebaik-baiknya dan jangan berbuat dosa lagi! Ada di antara kamu yang tidak mengenal Allah. Hal ini kukatakan, supaya kamu merasa malu.

Tetapi mungkin ada orang yang bertanya: "Bagaimanakah orang mati dibangkitkan? Dan dengan tubuh apakah mereka akan datang kembali?"

Hai orang bodoh! Apa yang engkau sendiri taburkan, tidak akan tumbuh dan hidup, kalau ia tidak mati dahulu.

Tetapi mungkin ada orang yang bertanya: "Bagaimanakah orang mati dibangkitkan? Dan dengan tubuh apakah mereka akan datang kembali?"

Hai orang bodoh! Apa yang engkau sendiri taburkan, tidak akan tumbuh dan hidup, kalau ia tidak mati dahulu.

Dan yang engkau taburkan bukanlah tubuh tanaman yang akan tumbuh, tetapi biji yang tidak berkulit, umpamanya biji gandum atau biji lain.

Tetapi Allah memberikan kepadanya suatu tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya: Ia memberikan kepada tiap-tiap biji tubuhnya sendiri.

Bukan semua daging sama: daging manusia lain dari pada daging binatang, lain dari pada daging burung, lain dari pada daging ikan.

Ada tubuh sorgawi dan ada tubuh duniawi, tetapi kemuliaan tubuh sorgawi lain dari pada kemuliaan tubuh duniawi.Kemuliaan matahari lain dari pada kemuliaan bulan, dan kemuliaan bulan lain dari pada kemuliaan bintang-bintang, dan kemuliaan bintang yang satu berbeda dengan kemuliaan bintang yang lain.

Tetapi Allah memberikan kepadanya suatu tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya: Ia memberikan kepada tiap-tiap biji tubuhnya sendiri.

gitu lo jf jadi malaikat tidak memiliki tubuh spt adam, yg maksud gw dicipta dr debu tanah, tapi malaikat dlm tubuh kemuliaan  rohani itu, mereka berdosa memberontak pada Allah........ dan Allah memutuskan menghukum mereka dlm kekekalan  pembedaan penghakimannya karena status yg berbeda itu tp soal kesalahan mereka semua ttp dihukum,  tp dlm kekekalan Allah berkehendak menyelamatkan manusia yg masih dlm debu tanah itu sampai kekal selama lamanya........dan memberi mereka tubuh kemuliaan..........yg tak lagi ada dosa dan godaan.......

klo lo baca si hai hai,  bukan malaikat gak diberi kesempatan tp krn tubuh malaikat beda dg kita maka ia tak mungkin dapat menyesal sadar dan bertobat.......... klo mungkin malaikat menyesal pasti Tuhan kasi kesempatan. buktinya ia selalu menggoda manusia untuk melawan Allah dr sejak jatuh sampe skg.........adam jatuh krn digoda iblis dan mengikutinya tp iblis jatuh dosa gak ada yg menggodanya.......parah........amin

 

 

 

 

 

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

jesusfreaks's picture

@sf : bangkit 2 kali ?!?!

1. Kamu yakin manusia bangkit 2 kali ? 2. Wah enak jadi manusia ya, mati rohani bisa bangkit. Terus malaikat mati rohani, tidak bisa bangkit. Kenapa ya anugerah keselamatan tidak ada pada malaikat. 3. Tapi kenapa ya malaikat dihakimi ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

Bangkit bersama Yesus atau bangkit untuk dihakimi

Manusia bangkit dari kematian terbagi dua kelompok. Firman mengenai  kebangkitan di PB ada 2 konteksnya: Bangkit bersama Yesus atau bangkit untuk dihakimi.

1 Tesalonika 4:16-17
(16)  Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;
(17)  sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

Wahyu 20:4-5
(4)  Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun.
(5)  Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan pertama.

Wahyu 20:11-13
(11)  Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya lenyaplah bumi dan langit dan tidak ditemukan lagi tempatnya.
(12)  Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.
(13)  Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.

Ayat di 1 Tes 4:16-17 merujuk ke Wahyu 20:4. Dan ini disebut kebangkitan pertama. Karena ada kebangkitan pertama berarti ada kebangkitan ke dua. Lalu kapan kebangkitan kedua? Pada saat penghakiman terakhir.

Kuncinya bukan soal mati rohani tapi masalah penebusan dan masalah segambar dan serupa dengan Allah. Prinsip penebusan adalah substitusi.  Yesus harus menjadi manusia menggantikan kita menerima murka Allah. Yesus bisa menjadi manusia karena manusia itu memang dirancang sedemikian rupa sehingga mirip Allah. Sedangkan malaikat itu tidak dirancang demikian sehingga Yesus tidak bisa jadi malaikat untuk menebus malaikat.

Malaikat dihakimi karena malaikat sudah melanggar perintah Allah sama seperti manusia. Semua mahluk apapun jenisnya pasti dihakimi kalau melanggar perintah Allah.

jesusfreaks's picture

@sf : Kamu Setuju malaikat dihakimi

Dear sf,

kalau malaikat dihakimi, konsekuensinya gimana ? sorga atau neraka.

malaikat yang dimana yang dihakimi ?

 

Kenapa mandat Yesus, beritakanlah injil ke segala makhluk ya ? apakah malaikat tidak termasuk.

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

Setuju malaikat dihakimi

Tergantung malaikatnya. Kalau malaikat yang taat sih memang sudah ada di sorga. Malaikat yang memberontak itu ada 2 tempatnya:

  1. Ada yang dimasukkan dalam dunia kekelaman. Ini adalah malaikat yang menyebabkan kehancuran dunia dalam jaman Nuh. Pada jaman Nuh malaikat-malaikat ini bersetubuh dengan manusia. Inilah yang dimaksud dengan meninggalkan kediaman mereka. Malaikat itu tempat kediamannya bukan di dunia.

    Yudas 1:6
    (6)  Dan bahwa Ia menahan malaikat-malaikat yang tidak taat pada batas-batas kekuasaan mereka, tetapi yang meninggalkan tempat kediaman mereka, dengan belenggu abadi di dalam dunia kekelaman sampai penghakiman pada hari besar,

    Kejadian 6:4
    (4)  Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi, dan juga pada waktu sesudahnya, ketika anak-anak Allah menghampiri anak-anak perempuan manusia, dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka; inilah orang-orang yang gagah perkasa di zaman purbakala, orang-orang yang kenamaan.
     
  2. Ada yang berada di sorga tingkat kedua. Dalam konsep Ibrani sorga ada 3 tingkat:
    1. Atmosfir Bumi
    2. Luar Angkasa
    3. Tempat Kediaman Allah
    Iblis pertama-tama diusir dari tempat kediaman Allah. Lalu diusir dari luar angkasa nanti diakhir zaman. Akhirnya dibuang ke lautan api.

    Wahyu 12:7-8
    (7)  Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya,
    (8)  tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga.

    2 Korintus 12:2
    (2)  Aku tahu tentang seorang Kristen; empat belas tahun yang lampau--entah di dalam tubuh, aku tidak tahu, entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya--orang itu tiba-tiba diangkat ke tingkat yang ketiga dari sorga.

    Yehezkiel 28:15-17
    (15)  Engkau tak bercela di dalam tingkah lakumu sejak hari penciptaanmu sampai terdapat kecurangan padamu.
    (16)  Dengan dagangmu yang besar engkau penuh dengan kekerasan dan engkau berbuat dosa. Maka Kubuangkan engkau dari gunung Allah dan kerub yang berjaga membinasakan engkau dari tengah batu-batu yang bercahaya.
    (17)  Engkau sombong karena kecantikanmu, hikmatmu kaumusnahkan demi semarakmu. Ke bumi kau Kulempar, kepada raja-raja engkau Kuserahkan menjadi tontonan bagi matanya.

    Wahyu 20:10
    (10)  dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.

Firman itu harus dibaca dan dimengerti sesuai konteksnya.

Markus 16:15-16
(15)  Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.
(16)  Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.

Ayat 16 jelas menjelaskan bahwa yang dimaksud mahluk itu manusia bukan malaikat atau binatang.

Udah ah cape. Aku nggak mau jawab lagi pertanyaan kamu. Dari pertanyaan kamu kelihatan banget kamu nggak baca Firman dengan tekun

hai hai's picture

Samuel Franklyn, Atas Dasar Apa?

Samuel menulis:

Ada yang dimasukkan dalam dunia kekelaman. Ini adalah malaikat yang menyebabkan kehancuran dunia dalam jaman Nuh. Pada jaman Nuh malaikat-malaikat ini bersetubuh dengan manusia. Inilah yang dimaksud dengan meninggalkan kediaman mereka. Malaikat itu tempat kediamannya bukan di dunia.

Samuel, bagaimana cara anda menarik kesimpulan demikian dari Kejadian 6:4?

Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Ini memang ayat yang kontroversial

Ini memang ayat yang kontroversial. Kata utamanya adalah anak Allah.

Kejadian 6:4
(4)  Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi, dan juga pada waktu sesudahnya, ketika anak-anak Allah menghampiri anak-anak perempuan manusia, dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka; inilah orang-orang yang gagah perkasa di zaman purbakala, orang-orang yang kenamaan.

Ayub 2:1
(1)  Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap TUHAN dan di antara mereka datang juga Iblis untuk menghadap TUHAN.

Di Ayub 2:1 kata anak Allah ini merujuk ke malaikat yang memberontak yaitu Iblis dan pengikutnya. Kata yang sama di pakai di Kejadian 6:4. Tapi memang ada penafsiran lain bahwa anak Allah bukan merujuk ke malaikat akan tetapi manusia. Mungkin juga kesimpulan saya salah. Bagaimana pemikiran kamu?
 

hai hai's picture

SF, Saya pernah Menulisnya

SF, saya pernah menulis komentar tentang hal itu, untuk membacanya silahkan klik di sini dan di sini.

Supaya jelas dan laiin gampang mencarinya, saya akan membuat tulisan tentang hal itu.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

desfortin's picture

Manusia setelah mati secara

Manusia setelah mati secara fisik dari dunia ini, ia tetap bereksistensi setelah kematian fisiknya, yaitu hidup dalam kekekalan bersama Allah atau terpisah di dalam kekekalan di neraka, yaitu bagi mereka yang memang akan binasa.

Pada awal diciptakannya, setiap manusia hidup baik di hadapan Allah, namun kemudian jatuh. Yang menarik adalah cerita selanjutnya. Yaitu, orang kristen dan non kristen. Menjadi orang kristen itu paling unik, secara rohani, ketika adam berdosa, sebelum Kristus menebus kita, kita telah mati di dalam dosa. Kemudian ketika Kristus datang menebus kita, kita hidup sekali lagi di dalam anugerah-Nya, dan ketika kita mati secara fisik, fungsi seluruh tubuh jasmani berakhir, tapi bukan akhir eksistensi segalanya dari manusia, rohani kita tidak mati tapi hidup selamanya.

Tapi bagi orang yang di luar Kristus, hidup secara fisik waktu di dunia, namun mati secara rohani, karena tidak ada penebusan Kristus dan pada saat hidupnya di dunia secara fisik berakhir, kemudian harus mengalami penghukuman kekal di neraka) .

Pahamilah predestinasi Tuhan Allah. Doktrin predestinasi jangan hanya kita pahami bahwa Allah hanya kasih saja tapi juga Ia harus dipahami  sebagai Allah yang adil, yang menghakimi manusia atas dosanya tanpa kompromi. Kalau kita mengerti dengan baik intergrasi dan konsep kasih dan keadilan Allah, maka tidak sulit untuk kita menerima doktrin tersebut. Di manakah kasih Allah nampak terbukti dan bertemu? yaitu ketika di atas kayu Salib. Yesus Kristus adalah yang menjadi sasaran penghukuman (Keadilan Allah), meskipun Ia sendiri tidak berdosa, tapi oleh karena kita, Ia dijadikan berdosa (betapa agungnya prinsip ini, sehingga melampaui mahrifat kita, bagaimana kita mengerti Yesus yang adalah Allah sendiri rela menanggung penghukuman itu? tapi itulah sebabnya Ia jelma menjadi manusia untuk menggantikan kita karena kita tidak akan mampu membayar utang dosa kita itu, tapi Yesus Kristus dengan tuntas dan lunas membayarnya). Ia mendapatkan hukuman karena kita. Knp? karena Ia mengasihi kita (Kasih Allah). Jadi, selain Ia Maha Kasih, Ia juga maha adil. Tak bisa dipisahkan.

LET'S KEEP ON LEARNING AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH

__________________

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING
AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

hai hai's picture

Iblis MUSTAHIL Bertobat

Menyesal = Merasa KECEWA (karena telah melakukan sesuatu).

Bertobat = Memutuskan untuk melakukan sesuatu dengan cara lain (cara yang benar).

Ketika Tuhan menyesal, itu artinya Tuhan merasa kecewa, bukan karena Dia telah melakukan sesuatu yang salah. hal yang sama juga berlaku bagi manusia.

Semua orang yang bertobat pasti menyesal. Namun tidak semua orang yang menyesal pasti bertobat.

Semua orang jahat yang menjadi baik pasti BERTOBAT, namun tidak semua orang yang bertobat lalu menjadi orang baik.

Malaikat tidak memiliki KEBAJIKAN itu sebabnya tidak disebut peta teladan Allah. Manusia memiliki kebajikan, KEBAJIKAN itulah peta teladan Allah.KEBAJIKAN itu terdiri dari:

  1. Cinta kasih
  2. Keadilan dan Kebenaran
  3. Membedakan yang baik dan yang jahat atau BIJAKSANA
  4. Perasaan malu

Keempat hal itu tidak dimiliki oleh malaikat, itu sebabnya malaikat yang melawan Allah MUSTAHIL bertobat.

KENAPA manusia bertobat? Manusia bertobat karena dia merasa MALU. Manusia MALU karena sudah melakukan hal yang JAHAT. Kenapa Malu karena berbuat jahat? Karena perbuatan jahat tidak sesuai dengan KEADILAN dan KEBENARAN. Kenapa perbuatan yang tidak BENAR dan ADIL membuat manusia MALU? Karena secara naluri manusia ingin MENCINTAI Allah dan DICINTAI Allah. Untuk DICINTAI dan MENCINTAI Allah manusia harus hidup dalam KEADILAN dan KEBENARAN.

Iblis MUSTAHIL bertobat karena di dalam dirinya tidak ada KEBAJIKAN. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@hai2 : masih soal teori mangada-ngada lo

Sejak kapan manusia bisa membedakan yang baik & yang jahat ?

kata lo sejak diciptakan.

alkitab berkata :

Kejadian 3:22. Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."

 

Sejak kapan juga manusia punya perasaan malu.

kata lo sejak diciptakan juga.

alkitab berkata :

Kejadian 3:11. Firman-Nya: "Siapakah yang memberitahukan kepadamu, bahwa engkau telanjang? Apakah engkau makan dari buah pohon, yang Kularang engkau makan itu?"

 

ayolah jangan kekeh jumekeh, kalau mengada-ngada.

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

Mengada-Ada Dari hongkong?

JF, tahu dalam arti PENGETAHUAN dan tahu dalam arti  sudah MENGALAMI adalah dua hal yang berbeda. Sebelum makan buah, Adam dan Hawa tahu bahwa yang baik adalah menaati perintah Allah dan yang jahat adalah melanggar perintah Allah. Namun setelah mengalaminya, mereka TAHU apa rasanya berbuat JAHAT.

Punya PERASAAN malu dan MERASA malu adalah dua hal yang berbeda. Sebelum makan buah terlarang Adam dan Hawa sudah punya PERSAAN MALU namun setelah makanlah keduanya MERASA Malu.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@hai2 : sejak kapan manusia bajik ?

1. Dari ke4 kebajikan yang dimiliki manusia, sejak kapan dimilikinya, apakah pada mulanya diciptakan ? 2. Siapakah iblis ? Apakah semua malaikat pemberontak disebut iblis. Kenapa mereka tidak DIBERI KESEMPATAN bertobat ? Padahal mereka pernah melayani TUHAN. DIMANA TUHAN YANG ADALAH KASIH, MENGHUKUM TANPA MEMBERI KESEMPATAN. 3. Lalu malaikat yang dihakimi, malaikat yang mana ya ? Kenapa DIHAKIMI, TIDAK DIHUKUM, apakah masih ada pertimbangan ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

Sejak Diciptakan

Sejak kapan manusia memiliki kebajikan? Sejak diciptakan.

Iblis artinya penentang Allah. Di dalam Alkitab kata itu digunakan untuk menyebut malaikat yang mengangkat dirinya menjadi Allah dan membujuk sepertiga malaikat untuk  MELAYANINYA sebagai TUHAN. Iblis juga digunakan untuk menyebut manusia yang menentang  Allah.

Iblis dan malaikat-malaikatnya BUKAN tidak diberi KESEMPATAN untuk bertobat namun TIDAK memiliki KAPASITAS untuk bertobat. Mereka tidak bertobat karena TIDAK punya kebajikan.

Malaikat berdosa TIDAK akan dihakimi lagi karena penghakiman atas mereka sudah DILAKUKAN. Mereka akan menjalani HUKUMAN pada akhir jaman nanti bersama orang-orang berdosa.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@hai2 : malaikat mana yg dihakimi ?

Kenapa alkitab berkata malaikat dihakimi ? Alkitab juga kayaknya tidak mengajarkan ttg kebajikan yg dimiliki manusia, LO MENGADA NGADA. Alkitab juga tidak mengajarkan penghukuman, tanpa kesempatan bertobat. LO MENGADA NGADA LAGI.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

Malaikat Dihakimi

JF, pahami dulu arti kata MENGHAKIMI.

Pada saat Iblis mengangkat dirinya menjadi Tuhan dan membujuk sepertiga malaikat untuk melayaninya sebagai Tuhan, pada saat itulah Allah menghakiminya dan malaikat-malaikatnya. VONISnya BERDOSA, hukumannya DIBUANG ke bumi sampai hari kiamat untuk dihukum bersama manusia berdosa.

Bukankah Allah TIDAK pernah memberi KESEMPATAN kepada manusia untuk bertobat? Nampaknya anda sudah lupa ajaran Predestinasi. Allah MEMILIH setelah manusia MEMILIH.

Berapa kali seorang maling ayam harus mencuri untuk disebut MALING? SATU kali. Apakah ketika dihakimi, maling itu berkata bahwa dia MENYESAL lalu dia dibebaskan? TIDAK! Apakah hakim akan menghitung AMAL baiknya? TIDAK! Dia dihakimi karena kasus MALING ayam.

Mengada-ada? Tidaklah Yao...!

Peta Teladan Allah = Kebajikan

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

desfortin's picture

Nambahin aja Tentang Peta Teladan Allah

Dalam Efesus 4:24

Kalau kita pelajari ada tiga poin penting di dalam diri manusia sebagai Peta dan Teladan Allah:

  1. Kebenaran (unsur rasio)
  2. Keadilan (unsur hukum)
  3. Kekudusan (unsur moral)

Jadi, manusia beda banget ma makhluk yang lain karena kita dicipta oleh Allah sesuai gambar-Nya/rupa-Nya (peta dan teladan Allah).

LET'S KEEP ON LEARNING AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH

__________________

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING
AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

KEN's picture

Pak Hai bener bro JF

Kita adalah peta teladan Allah, yg paling mirip sekali dengan Allah.

Tidak ada mahluk lain ciptaan Allah yg sehebat dan semulia manusia.

 

 

>>>=GOD=LOVE=YOU=>>

 

 

 

jesusfreaks's picture

@hai2 : 2 tongkat

Saya tidak lupa predestinasi. Mungkin pemahaman saya yg mulai berkembang. Sudah sejak lama saya mau buat tulisan predestinasi, tapi belum menemukan waktu dan penjabaran yang pas. Ingat tongkat yg lo ajarkan, mungkin itu juga bisa mengambarkan predestinasi. PREDESTINASI : MEMILIH PARA PEMILIH. Nanti kalau ada waktu, gw tulis. Kembali ke malaikat. Alkitab berkata orang2 kudus akan menghakimi MALAIKAT.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

Menulislah JF

JF, menulislah dengan menulis elu bisa sharing pengetahuan denan kita semua.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@hai2 : tolong jelaskan ayat ini ?

I Korintus 6:3 Tidak tahukah kamu, bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat? Jadi apalagi perkara-perkara biasa dalam hidup kita sehari-hari.

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@sf : tanya apa, jawab apa

Saya tanya bentuk penghakimannya bagaimana ?

misalkan ke sorga kah, ke neraka kah.

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

Kamu masih nggak paham

Kamu masih nggak paham. Malaikat yang taat tidak akan dihakimi lalu masuk sorga. Mereka tetap ada di surga karena mereka taat. Malaikat bukan manusia yang perlu mengalami kebangkitan tubuh baru bisa masuk sorga. Malaikat tidak punya tubuh. Malaikat yang taat terus menerus ada di sorga. Malaikat yang tidak taat sudah diusir dari sorga tingkat ke tiga (tempat kediaman Allah) mereka berada di sorga tingkat kesatu dan kedua (atmosfir bumi dan luar angkasa). Nanti mereka akan diusir lagi dari sorga tingkat kedua dan jatuh ke bumi. Akhirnya mereka akan dilemparkan ke lautan api. Malaikat yang berontak sudah dihakimi bukan akan dihakimi akan tetapi hukuman terhadap mereka bertahap. Mereka tidak langsung dimasukkan lautan api.

bintang seven's picture

@jf gw nanya

gw nanya malaikat bisa mati gak? klo bisa dimana kuburannya?........... n krn gak bisa mati dia tak bisa lagi bertobat jadi keputusan Allah melemparnya ke neraka berarti itu suatu hal yg lumrah, adil dan masuk akal.

karena itu penghakiman Allah lah yg adil atas manusia dan malaikat dan kita mengetahuinya lewat alkitab........  ketika manusia digodai terutama yg telah menerima Kristus diberi Roh Kudus dan Firman Allah untuk tidak mengikuti iblis ke neraka........ tanpa Roh Kudus dan Firman Allah mustahil kita mengerti semua itu.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

@ JF, Malaikat Aja Gua Hakimin

JF, I Korintus 6:3 tidak berbicara tentang PENGHAKIMAN pada hari kiamat namun penghakiman di dalam kehidupan sehari-hari. apabila anda pelajari baik-baik I Korintus 5 dan 6, maka anda akan paham, betapa SOK tahunya orang-orang Kristen yang menyatakan bahwa orang Kristen tidak boleh menghakimi karena hanya Allah yang boleh menghakimi.

Dengan Alkitab sebagai standard kebenaran, kita menghakimi manusia dan malaikat, bahkan kita menghakimi Allah. I Korintus 6:3 adalah pembelaan Paulus, dalam bahasa sehari-hari dia akan berkata, "Siapa bilang gua nggak boleh menghakimi Daud Tony dan Gilbert Lumoindong? Malaikat aja gua hakimin."

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@SF : Siapa yang menghakimi malaikat ?

Siapa yang menghakimi malaikat ?

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

desfortin's picture

To JF .....Asking...Asking

Maaf bro, why do you just keep on asking others?

LET'S KEEP ON LEARNING AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH

__________________

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING
AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

bintang seven's picture

@ hai setuju bgt

hai menulis: Dengan Alkitab sebagai standard kebenaran, kita menghakimi manusia dan malaikat, bahkan kita menghakimi Allah. I Korintus 6:3 adalah pembelaan Paulus, dalam bahasa sehari-hari dia akan berkata, "Siapa bilang gua nggak boleh menghakimi Daud Tony dan Gilbert Lumoindong? Malaikat aja gua hakimin."

klo emang salah apa hrs nunggu Tuhan yg ngeplak wah masa Tuhan gak bisa pakai orang2 lain unutuk kesalahan pendeta2 itu? klo nunggu, keburu banyak yg disesatin orang kristen n akhirnya menyalahkan Tuhan..........padahal tuh pendeta yg salah tafsir atau ngaku2 ketemu Yesus tadi malam pake sandal jepit......... gawat............

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.