Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

moment of truth

Mikhael Romario's picture

Moment of truth

Sebuah quiz yang sangat kontroversial di mana demi memenangkan hadiah utama sebesar USD 500.000, kontestan harus menjawab dengan benar 21 pertanyaan tentang pribadi atau bersifat sangat pribadi. Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan turut disaksikan oleh penonton di studio, sanak saudara, teman atau sahabat, rekan kerja bahkan pasangan hidup yang  berada pada lokasi yang sama dengan sepengetahuan kontestan.

Sebelumnya, kontestan akan disuguhi sebanyak 50 sampai 75 pertanyaan seputar pribadi dengan menggunakan alat polygraph (pendeteksi kebohongan) yang hasilnya tidak diberitahu ke kontestan karena benar atau salahnya jawaban pada setiap pertanyaan yang diajukan, paduan kebenarannya adalah hasil dari test mesin polygraph itu sendiri. Kemudian dari 50-75 pertanyaan, hanya dipilih 21 pertanyaan yang akan diajukan selama permainan berlangsung. Kalau kontestan menjawab dengan jujur sesuai hasil polygraph, maka berhak untuk maju ke pertanyaan selanjutnya. Namun jika jawaban yang diberikan salah, atau menolak untuk menjawab pertanyaan, maka permainan akan berakhir. Kalau levelnya belum mencapai USD 10,000, maka kontestan tidak mendapatkan apa-apa, kecuali kalau sudah melewati level USD 25,000, meski salah atau menolak untuk menjawab, kontestan berhak mendapatkan hadiah uang tunai USD 25,000. Kalau berhasil menjawab dengan benar dari 21 pertanyaan yang diajukan, kontestan berhak mendapatkan hadiah utama sebesar USD 500,000!

Semakin lama, semakin dalam pertanyaan yang diajukan mengenai pribadi kontestan. Pernah dalam satu eposide, kontestan diajukan pertanyaan ”Apakah anda pernah menyesal menikah dengan istri anda?”. Si kontestan menjawab ’ya’ dan dia sangat senang karena jawabannya ternyata  benar.

Tidak juga kalah menarik, pada episode yang lain, kontestannya adalah seorang wanita yang ayahnya adalah seorang pendeta. Dia sendiri berprofesi sebagai model. Dengan disaksikan oleh ibunya dan juga pacarnya dia harus menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti ”Apakah anda suka menkonsumsi minuman keras?”, “Apakah anda lebih suka pergi ke bioskop daripada ikut kebaktian gereja?”. Terlihat sangat jelas kekecewaan sang ibu sewaktu anaknya mengiyakan dua pertanyaan itu yang ternyata hasilnya adalah benar. Semakin jauh, pertanyaan yang diajukan semakin ‘berbahaya’ bagi kontestan. Pertanyaan-pertanyaan yang bersifat teramat-sangat pribadi karena bisa mengakibatkan ‘peperangan’ dengan teman, sanak saudara, bahkan pasangan hidup. Pertanyaan seperti ”Apakah anda pernah melakukan hubungan sex untuk karir anda?” dan tak kalah hebatnya ”Apakah anda pernah dibayar untuk sebuah permainan sex?”. Saya bingung melihat expresi wajah pasangan kontestan tatkala pertanyaan seperti itu diajukan. Kaget ketika kontestan juga mengiyakan pertanyaan itu dengan perasaan senang campur bangga karena ternyata jawabannya benar. Senang dan bangga karena jawabannya benar atau karena sudah jujur?

 

 

Damai Kristus

__________________

Damai Kristus

hendra.uzia's picture

ga mau ikutan ahh, hihi,.. ^_^

hoho, ada yach game kaya gitu, ru tau,........

kalau disuruh ikutan, biar hadiahnya berapa milyar juga, ga berani ahh, takut jadi batu sandungan malah, mending ngomongnya private sama temen, saudara, ortu atau calon istri, eh,.. pacar maksudnya, hihi,.. ^_^

 

--- Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.

__________________

---
Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.

Mikhael Romario's picture

@hendra

Hi bro Hendra, salam kenal

hadianh utamanya lumayan besar lho. Kalo di konversi ke rupiah dengan kurs sekarang sekitar 5.5 milyar. Hanya konsekuensinya rahasia anda akan menjadi rahasia umum.

Damai Kristus

__________________

Damai Kristus

erick's picture

Sejauh apa tuntutan?

Sejauh apa tuntutan bagi mereka yang tinggal di aquarium?

Sisik mereka tidak boleh rontok?

Insang mereka harus merah segar?

Ekor mereka tidak diperkenankan pendek?

Hanya kepala rumah tangga bodoh yang menyipkan rumah kaca bagi keluarganya, dan berharap anggota keluarganya mandi dan berganti baju disana.

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

Mikhael Romario's picture

@erick

hallo mbah,

apakah uang/ketenaran dapat membeli semuanya termasuk rahasia yang paling rahasia?

 

Damai Kristus

__________________

Damai Kristus

erick's picture

Engga

Cuma, leher ke iket tali yg ga terlihat, dan ketar-ketir di hati akan sanak famili yang tidak aman keberadaannya

 

 

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

jesusfreaks's picture

Nonton STAR WORLD

game yang menarik untuk di tonton, walaupun banyak pertanyaan dan jawaban yang bikin gw naik darah turun beroh.

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Mikhael Romario's picture

@JF

kabarnya ada yang sampe pisah ranjang gara-gara ikutan acara ini

 

Damai Kristus

__________________

Damai Kristus

hendra.uzia's picture

@erick, koq aku nggak ngerti ya mbah, hihi,........ ^_^

mbah erick, aku koq nggak ngerti ya maksudnya akuarium, trus sanak keluarga mandi sama ganti baju di rumah kaca,........ ^_^ (maklum masih muda mbah, hihi,.. ^_^)

@romario

lam kenal juga,.. ^_^

aku cuma coba untuk belajar tidak menjadikan uang sebagai acuan, maksudnya belajar untuk ga bisa dibeli dengan uang,...... coz beberapa bulan yang lalu aku ditawarin untuk gabung sm seseorang dan ditawarin gaji +bonus yang berlimpah ruah,.... (lebayyyy, hihi,.. ^_^),......... tapi untung Tuhan sadarin aku, makanya sekarang coba untuk ga tertarik n jauh jauh sama yang gitu2an, atut, hihi,.. ^_^ 

 

sebagai bonus ketaatanku, aku dikasih tau beberapa hari kemudian kenapa aku harus nolak tawaran itu, n aku bersyukur banget, hihi,.. ^_^

bonus tambahan lagi, beberapa minggu kemudian, aku dikasih tau kenapa aku harus nolak beberapa tawaran lainnya yang aku tolak beberapa tahun yang lalu, dan aku benar benar bersyukur aku tetap taat sama Tuhan, hihi,.. ^_^  

 

--- Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.

__________________

---
Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.

erick's picture

@ hendra

Hen, nama lu bgs bgt sih......

mungkin ini bisa sedikit memperjelas apa yg gw maksud dgn akuarium.

Kalo masih blom ngejawab pertanyaann kamu, boleh nanya lagi. Kalo punya waktu gw jwb, tapi kalo ga punya waktu....., Hen-hen blajar sendiri yah.

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)