Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Beer motivator pertumbuhan peradaban

manguns's picture

Baru nonton discvery channel ‘How beer save the world”, yang memaparkan teori dan fakta pendukungnya

Peradaban manusia ditaksir mulai 100.000 tahun lalu. 90.000 tahun umumnya mulai dari cave man, nomad, hunter/gather. Apa yg memotivasi nomaden ini mulai menetap? Film ini mengajukan teori: butiran barley secara tak sengaja oleh pemburu yg gathering barley u tambahan nutrisi, ditaruh kesebuah wadah. Datang hujang membasahi/melembab-i butiran, butir tumbuh/berkecambah dg produk sampingan gula. Kemudian turun hujan lagi merendam butiran dan gula memulai proses fermentasi, menghasilkan alkohol. Selang beberapa hari pemburu itu mencicipi air rendaman barley...wow nikmat...hidup jadi menarik. Sekian juta tahun evolusi, dapet Hadiah dari dewa. Hidup jadi indah

Mulailah proses itu ditiru, disempurnakan, kebutuhan barley mulai muncul, sehingga pemburu didorong untuk bertani dan menetap- di Mesopotamia. Kebutuhan barley meningkat, tanah ternyata perlu diBAJAK (PLOW), kurang cukup juga perlu diairi, muncul IRIGASI. Indonesia yg agraris .. thanks to beer.  Semakin banyak manusia, semakin luas tanah yang ditempati, muncul masalah distribusi beer. Terciptalah roda.

Kebutuhan beer membutuhkan perhitungan antisipasi barley yang ditanam, tanah yang dibutuhkan mendorong terciptanya MATEMATIKA.

Tapi yang terbesar adalah kebutuhan bookkeeping produksi, mendorong terciptanya WRITING. Mustahil ? tapi lempeng liat tulisan tertua mencantumkan produksi dan distribusi beer. Lempeng liat ini adalah cikalbakal tulisan/WRITING. Karakter yg bergambar kendi beer muncul diberbagai writing awal.

10.000 tahun lalu peradaban manusia di mulai,  beer adalah nutrisi utama.

Budaya mesir dg Dewa RA-nya mencatat bahwa diperlukan banyak beer utk after life, sehingga dibutuhkan tempat besar utk kebutuhan ini, dibangun piramid. Pembangunannya membutuhkan beer. Beer adalah makanan utama org mesir. Pekerja mesir ‘diet’ nya mengandalkan beer. Bahkan anak bangun tidur diberi asupan beer. Beer rendah alkohol, kaya nutrisi dan gizi yang diperlukan bagi kesehatan dan kekuatan manusia padang pasir. Pengupahan per hari dilakukan dg token yg dituker dg 2 kendi bir., butuh 231jt galon bir tuk upah bikin piramid. Bir mendorong tercpitanya CURRENCY

Yg lebih mengejutkan penelitian mummy, menemukan TETRACYCLIN pada tulang, suatu zat yg dianggap penemuan keajaiban dunia modern, antibiotik yg ditemukan 1948. Bagaimana mungkin zat rekayasa ini ditemukan pd mumi berusia 3.000 th. Dimungkinkan berdasarkan konsumsi tiap hari menu beer. Uji coba resep beer mesir kuno mengkonfirmasi hal itu (kata film itu lho...) ... Mesir kuno, 3000 th lalu telah mengalahkan temuan medis modern –antibiotik (Alexander Fleming, pemenang nobel 1928)

Beer menyelamatkan peradaban jaman pertengahan di eropa. Pertumbuhan jumlah penduduk dieropa pra industri, mengakibatkan pencemaran lingkungan, terutama sungai/telaga/kolam sebagai sumber air. Bangkai dan kotoran dibuang sembarangan. Wabah penyakit terus menerus merebak. Air kotor adalah sumber penyakit. Secara tak sengaja konsumsi beer menyelamatkan jutaan penduduk. Krn proses pembuatan bir membunuh seluruh bakteri berbahaya spt e-coli, dalam air kotor. Manusia tidak menyadari karena mengkonsumsi beer mereka terhindar dari wabah penyakit.

Abad 16 eropa, rata=rata orang mengkonsumsi 300lt/th laki,perempuan dan anak. Gereja kaya krn komoditi ini, karya para biarawan (MONK=bukan pendeta) pembuat bir...master brewery ..God send, kenikmatan dari Tuhan. Beer produk biarawan ini adalah motivator lain penduduk datang ke gereja, mereka dapet bir yang paling enak. Pekabaran Injil disukseskan oleh beer.

Industri bir mendorong terciptanya dasar kapitalieme modern, produksim distribusi matematika, currency, pasar.

Beer menciptakan america. Founding father greatest nation:  George Washington, Thomas Jeffersong , Sam Adam, semuanya adalah brewer. “Beer is proof that God Love us and want us to be happy” kata Benyamin Franklin. Mereka memfermentasikan the new nation” land of free, home of the brace”.

Settler pertama tidak mungkin mencapai daratan america melalui berbulan2 dilaut tanpa persediaan bir. Air akan membusuk saat pelayaran, tapi beer terlindungi oleh alkohol. Beer ala america tercipta, menciptakan jaringan komunikasi : TAVERN. Revolusi america dicetuskan 1773 di Green Dragon Tavern-Boston, setelah minum-minum beer. Dibakar alkohol: mediskusikan penindasan, kekejaman, ketidakadilan, membahas treason (kepd kerajaan inggris). Di tavern dg minum Beer: discuss, debate, plot, plan America Revolution.

Lagu kebangsaan america, dirubah dari drinking song ditavern. Suatu lagu yg sengaja diciptakan utk menguji kewarasan seseorang setelah minum beer “sobrierety tes”. Kalo org itu masih bisa menyanyikan lagu itu dg benar, dia boleh nambah mesan beer. Sekarang jadi StarSplanded Banner

Dijaman modern, beer mendorong terciptanya keajaiban medis. Pasteurisasi  oleh Louis Pasteur. Orang menyangka didorong oleh kebutuhan mengawerkan susu, pdhal sebenarnya adalah utk beer. Komoditi y pertamakali dipasteurisasi adalah beer. Pasteur mencoba meneliti kenapa beer kadang2 membusuk, dia menemukan: BEER adalah HIDUP, eehhhh ada organisme kecil (untung nggak di gantung gereja), selanjutnya ditemukan organisme kecil yg hidup merusak beer yaitu “BAKTERI”. Pertanyaan si pasteur kalau bakteri bisa bisa membuat beer sakit (pasteur menyangka beer adalah hidup), bisakah membuat manusia juga sakit?

Munculah Germ Theory, mikroorganisme mengakibatkan banyak penyakit. Teori yg mulai mematahkan tahyul dari gereja: penyakit dari udara buruk dan evil spirit. Jangan lupa: jaman pertengahan/kegelapan/belengu kebebasan: berpikir, science adalah gereja.

Mulailah perburuan penyembuhan: vaksin, mencuci tangan, (jaman itu, dokter setelah megang mayat, ngorek luka langsung saja bisa nolong kelahiran, motong ari, akibatnya ibu dan anak ketularan)

Perkembangan beer, LAGER yg membutuhkan fermentasi bersuhu dingin. Karena repot bawa es dari kutub, dan ketergantungan musim, mendorong terciptanya refrigator/kulkas, dan ac pada akhirnya. Jadi penggemar es krim: thanks to beer. Refrigator memungkinkan penyimpanan makanan dan pembuatan obat, transfer organ

Sumbangan penting lainnya adalah terciptanya PABRIK –otomatisasi jalur produksi, umumnya org menyangka pabrik pertama adalah bikinan ford utk produksi mobil, tp sebenarnya Michaenl Owen 1904 menciptakan mesin untuk produksi BOTOL Beer, 10 tahun sebelum pabrik ford. Efek otomatisasi ini menghilangkan CHILD LABOR dalam 6-10 th, kondisi normal home indsutri saat itu. Hal ini mentransformasi amarika ke otomatisasi - menjadi raksaksa industri, CHANGE THE WORLD

Wah... nyesel juga nich nggak bisa merasakan nikmatnya beer

Rusdy's picture

Spekulasi Bir

"pemburu itu mencicipi air rendaman barley...wow nikmat...hidup jadi menarik"

Saya sih meragukan spekulasi ini. Pertama kali saya mencicipi bir rasanya terlalu pahit (mungkin bir jaman jadul laen kali). Bau minuman fermentasi juga memuakkan. It's an acquired taste, maksud saya, seperti terasi, bagi orang bule memuakkan, tapi bagi yang doyan, nikmaaaat.

Genetik orang asia (katanya) juga lebih nggak tahan sama alkohol (bukannya nggak bisa minum, tapi lebih nggak tahan). Makanya, kebanyakan orang asia ketika minum, mukanya langsung merah padam kayak kepiting masak.

 

Purnawan Kristanto's picture

Kata orang Jawa: "Urip iku

Kata orang Jawa: "Urip iku mung mampir ngombe"

Angkat gelasmu, kawan! Mari kita bersulang

__________________

------------

Communicating good news in good ways

lapan's picture

Manguns, apakah kamu

Manguns, apakah kamu memakai MSWord untuk nulis di SS?

Kalau iya, sebaiknya pakai editor lain, karena format MSWord gak cocok untuk format web jadinya keseluruhan tampilan SS bisa rusak kalau ada yang ngeblog/komen dengan text dari MSWord. hehehehe

__________________

imprisoned by words...

manguns's picture

ok dipahami

trims.

nb sedang membiasakan pemahaman vs penafsiran