Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Romantisme Rohani Kristiani

manguns's picture

Scaning awal, saya kira SS ajang diskusi kristiani, sesuatu yang saya cari belakangan ini. Tapi setelah seminggu lebih mencermati diskusi seputar tatacara, posting seni, posting mimpi, biografi, dll, tampaknya mungkin bukan disini tempatnya, untuk sharing dan mematangkan aplikasi gagasan kristiani mengurangi masalah sosial, ekonomi lingkungan, budaya dll.

-------------------------------------------------------

Ilustrasi:

Empat hari belakangan ini, setiap subuh saya mengantar anjing saya jalan-jalan. Diseret-seret keluar dari lingkungan kampung kota jakarta memasuki komplek perumahan yang jalan lebar,  bahu jalan luas dan, trotoar yang ditumbuhi pepohonan sumber oksigen. Lokasi ideal si blacky 'berak'.

Dipertigaan yang gelap, berturut empat hari itu, saya jumpai gerobak pemulung dan ibu tua berjilbab yang sedang menyapu jalan. Karena jalan itu adalah pertigaan, yang disapu jauh dari halaman muka rumah, sisi halaman yang memang tidak diurus pemilik rumah. Makin hari makin timbul keheranan, ngapain nich si ibu? Dihari keempat menguat dugaan saya bahwa siibu memang sengaja memarkir gerobaknya dilingkungan yang terisolir, dikomplek yang aman, dibawah pohon rimbun ngurangi hujan (padahal 2 hari lalu berturut2  malam hari hujan rueun sangat lebat), ... dan bermalam disitu.

Oooooo ... rupanya Ibu tua pemulung yang berjilbab, tidur didalam gerobak yang diparkir di jalan. Subuh sebelum lingkungan bangun, siibu mendahului berakfitivas, sekedar nyapu, bermanfaat bagi lingkungan. Sukur-sukur kebagian sarapan.

Kebetulan hari minggu, nanti kegereja ah, mau berdoa kepada Tuhan agar Dia mau menolong siibu. Dan juga sukur2 bisa diusulin masuk ke doa syafaat. Daripada selama ini doanya internasional, segala afrika israel disebut, ini ada kasus deket. Errr....siibu berjilbab... bole nggak yach?

----------------------------------------------------------

Di SS berkumpul banyak penulis kampiun sekaligus seniman. Kalau seniman sich saya sudah ambil sikap jangan didebat karena egocentriknya yang ekstrim, dengerin aja, kalo ngeklik baru nikmati karyanya, kalo nanti kaya, banyak duit, baru koleksi karyanya. Yang seniman jangan marah dulu yach, terkait kristiani, saya punya mimpi semacam sistine chapel ala Jawa misalnya. Kalo nggak mungkin, menghayal kan boleh, yach mulai diskas-diskas deh...sukur2 ditengah jalan ketemu benefactornye.

Demikian juga di SS banyak Teolog yang jalan pertarungannya, very inspiring. Banyak juga yang belajar mau jadi teolog langsung terjun ke arena dan ngacir digebukin. Ada juga yang gathuk-en. Sayang belakangan tema teolog sedang meredup, denger2 ada yang disuruh mengendap.

Dan yang saya lihat ada yang Teolog merangkap Seniman, didebat yang jalan pertarungannya sama sekali nggak bisa saya ikuti, padahal mata udah merah belekan... ini lagi pada ngomong apaan sich? Belakangan, ah positif tinking aja, si bloger sedang guyon.

Scaning,  mungkin belum 10% posting yang ada. Pasti ada model penulis lainnya

Terhadap ilustrasi diatas, ekspektasi awal saya di SS ini rupanya berlebihan, salah sendiri. Berdasarkan uji posting kemarin kira-kira yang akan muncul:

  • Posting anda diturunkan karena memuat kata-kata kotor
  • Tidak boleh membiarkan anjing berak dirumah orang
  • Mulailah dari diri sendiri
  • Ibu itu perlu disematkan (jiwanya), diinjili maksudnya..
  • Jangan salahkan gereja
  • Gunakan tatabahasa yang baik
  • dalam keheningan, ni orang ngomong apaan sich nggak jelas
  • itu bukan masalah saya.

Mungkin disini belum waktunya atau bukan tempatnya merancang tindakan kasih secara MASIF-NonDenominasi, menabur benih menuju keesaan gereja.

Balik lagi ngaskus dan maen travian ahh....Hmmm teringat filem Bruce Almighty nich.. nonton lagi.

Selamat Beribadah Minggu bagi yang merayakannya

nisa's picture

kami tidak peduli dengan masalah sosial

salah satu bahasan tentang "konflik" gereja (kristiani) dengan masyarakat setempat (sosial) dapat dilihat pada link ini.

tapi kamu benar, sekaligus salah...

kamu benar ketika berkata bahwa site ini tidak terlalu peduli tentang masalah sosial... di saat yang sama, kamu salah karena berharap pada site kristiani untuk membahas masalah sosial. seharusnya mungkin kamu pergi ke site katolik.

kami kaum kristiani (protestan) lebih peduli pada keabsahan sebuah doktrin. kami lebih suka ribut dan memecah diri menjadi banyak denominasi. kami adalah ekstrim kanan.

orang2 katolik (bukan lembaga keuskupan nya), lebih peduli pada kemanusiaan. saking pedulinya, mereka kadang mixed up dan terkesan mengkompromikan ketuhanan Kristus dengan kemanusiaan. mereka adalah ekstrim kiri.

nah... kamu dimana? tinggal pilih aja, mau kanan atau kiri :-)

manguns's picture

@nisa: akur makmur

itu sebabnya, saya mau buru-buru kegereja berdoa, mohon agar Tuhan menolong siibu, dan kasih masukan ke daftar doa syafaat gereja, biar lebih afdol

ebed_adonai's picture

@manguns: jangan buru-buru.. :)

Jangan buru-buru ambil kesimpulan seperti itu kekasih..

Kan jamnya orang surfing berbeda-beda. Ada yang aktif. Ada yang sesekali. Tergantung sikon hidupnya masing-masinglah. Sekali tempo ntar akan datang juga berinteraksi kekasih-kekasih yang punya interes yang sama. Mungkin banyak dari mereka yang belum membaca artikel bro mangun. Kata temin-temin yang sudah berpengalaman, pinter-pinterlah dalam membangun tag artikel, supaya orang yang kebetulan punya ketertarikan di bidang yang sama akan gampang dalam menemukan blog kita.

Dunia kekristenan memang punya banyak warna kawan. Pendapat user nisa di atas adalah salah satu contohnya. Ini satu shining pointnya SS.

Soal seniman, saya bisa memahami kalau mereka (sering) dianggap egois. Tapi umumnya mereka orang-orang yang open heart juga kok. Bisa mengapresiasi keindahan yang ada dalam karya orang lain juga, walau itu bukan bidangnya. Tidak peduli apakah keindahan itu berasal dari golongan atau kepercayaan lain. Kadar solidaritas mereka juga tergolong tinggi. Banyak itu paguyuban seni yang saling tolong-menolong membantu hidup sesama anggotanya dalam soal hidup sehari-hari. Termasuk juga dalam kepedulian sosial, seperti kasus bencana Merapi beberapa waktu lalu.

Selamat Hari Minggu juga bro manguns (dan kekasih-kekasih lainnya).. Tuhan Yesus memberkati..Smile

__________________

(...shema'an qoli, adonai...)

manguns's picture

@ebed: mungkin ...

Yup... masih berpendapat mungkin ....

sahabat's picture

Nikmati saja apa yg ada.

Nikmati saja apa yg ada.
__________________

"Aku yakin dengan sepenuhnya bahawa Berita Baik itu kuasa Allah yang menyelamatkan semua orang yang percaya kepada Yesus, mula-mula orang Yahudi, dan juga orang bukan Yahudi" - Roma 1: 16

lapan's picture

banyak kok

yang gak ngomongin teologi tok di sini. ya memang sih postingan demikian gak rame (dari segi hit dan komentar), tapi jempolnya banyak Laughing

 

 

*banyak berarti lebih dari 1 Tongue out

__________________

imprisoned by words...

joli's picture

Google map Sabdaspace..

Manguns salam kenal ^.^

Ni ku kasih map pasar klewer..

Hal kesaksian pelayanan cari dengan klik2 disini si bapak satu ini bisa di tanya juga kalau hal proposal2 :)

pengalaman penanganan lapangan sudah teruji sejak gempa Jogja dan letusan Merapi kemarin

Hal pelayanan diakonia gereja, dan lika-likunya, anda dapat klik2 disini, carilah di blog-blog lawas-nya. Anda akan menemukan TIP2s indah yang cerdik..

Hal pelayanan penginjilan silahkan klik2 disini cara-cara pendekatan dan cerita-cerita nya sangat mendarat

Hal cinta dan keluarga saya tetep pilih tulisan Hai-hai.. karena di SS buanyak bisa dilihat by katagori di sini

 

Geadley Lian's picture

denominasi

Denominasi bukan penghalang utk berterus terang tentang arti perikemanusiaan.Bagi gw kalo terlalu ekstrimis juga salah,karna terlalu keperibadian.

__________________

geadley