Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Orang Kristen Belum Tentu Menjadi Anak Tuhan

Heryosa Hudoyo's picture

Setelah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, rutin berdoa, beribadah bahkan seabrek kegiatan pelayanan sepanjang waktu, Belum tentu bisa masuk dalam kategori menjadi Anak Tuhan.

TIPE ORANG YANG BELUM MENGENAL ALLAH: (hanya menjadikan kristen sebagai agama ):  

1. Segala orientasi yang dilakukan adalah hanya untuk memuaskan keinginan hawa nafsu (kedagingan )

•        Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. ( Roma 8 : 5)  

Definisi keinginan daging; percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. (Galatia 5: 19-21) atau Keinginan tabiat manusia nyata dalam perbuatan-perbuatan yang cabul, kotor, dan tidak patut; dalam penyembahan berhala dan ilmu guna-guna; dalam bermusuh-musuhan, berkelahi, cemburu, lekas marah, dan mementingkan diri sendiri; perpecahan dan berpihak-pihak, serta iri hati, bermabuk-mabukan, berpesta-pesta dan lain sebagainya.(bahasa sehari-hari )

•        Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. ( I Yohanes 2 : 16 )

•        Orang yang hidup dalam keinginan daging adalah BUKAN ANAK ALLAH ( Roma 9:8)

 2. Selalu berusaha untuk berkenan kepada manusia (Galatia 1 : 10)  

 MENANGGALKAN POLA HIDUP YANG LAMA

Filipi 3: 13-14 : aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

 CIRI-CIRI ORANG YANG DAPAT DISEBUT SEBAGAI ANAK TUHAN

1. MENJADI PRIBADI YANG BARU

• TIDAK SAMA SEPERTI ORANG LAIN.

•        . Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. (Roma 12 :2)

•        DALAM BAHASA SEHARI-HARI: Janganlah ikuti norma-norma dunia ini. Biarkan Allah membuat pribadimu menjadi baru, supaya kalian berubah. Dengan demikian kalian sanggup mengetahui kemauan Allah--yaitu apa yang baik dan yang menyenangkan hati-Nya dan yang sempurna.

•        ii. Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.(II Korintus 5:17)

• HIDUP DIPIMPIN OLEH ROH

i. Semua orang yang dipimpin ROH ALLAH ( Roma 8:14)

 

 

2. MEMPUNYAI ORIENTASI HIDUP PADA TUHAN YESUS

Hidup ini hanya untuk Kemuliaan nama Tuhan Yesus

• Matius 6 : 33 Tetapi carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenaranNya, maka semua akan ditambahkan kepadamu.

• Roma 14:8 Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.

 

3. MEMENUHI PANGGILAN SORGAWI

• Pandanglah YESUS ( Ibrani 3 : 1 )

• Mengejar Keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan ( I Timotius 6: 11)

• Bertanding dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau dipanggil ( I Timotius 6:12)

 

TANDA-TANDA ANAK TUHAN

Kalau kita berkomitmen untuk HIDUP BARU/ HIDUP BENAR di hadapan Tuhan. Kita MAU MENINGGALKAN KEDAGINGAN DAN KEINGINAN-KEINGINAN KEDUNIAWIAN, maka, Tuhan akan menganugerahkan:

1. Kuasa sebagai Anak Allah (Yoh.1:12)

2. Karunia Iman (Roma 12:3-7)

3. Karunia Roh Kudus (Lukas 11:13, Kisah 2:38)

4. Kekudusan (Roma 6:22)

5. Kebahagiaan Kekal (Yesaya 48:18)

6. Berkat berlimpah (Ulangan 30:16, 20)

7. Masa depan & Harapan yang tak mengecewakan(Roma 5:5)

8. Sesuatu yang lebih baik (Ibrani 11:40)

9. Kuasa untuk menyembuhkan orang sakit. Mengusir iblis (Matius 10:5-8)

10. Terkabulnya segala permintaanmu (Yohanes 15:7)

11. Malaikat-malaikatNya menjaga di setiap jalanmu (Mazmur 91:11_

 

Selain itu, Tuhan akan:

1. Berjalan di depan & memimpin jalan hidupmu (Ulangan 31:8)

2. Menyertaimu di sepanjang jalanmu (Ulangan 31:6, Yosua 1: 9)

3. Mengajarkan jalan hikmat dan memimpinmu di jalan yang lurus (Amsal 4:11)

 

BAGAIMANA CARA MENJADI ANAK TUHAN

• Mau dan bersedia merendahkan diri / ego / hati (Daniel 10 : 12 )

Kerendahan hati membut kita bisa menyelami apa yang Tuhan Yesus inginkan.

Daniel 10:12 Lalu katanya kepadaku: "Janganlah takut, Daniel, sebab telah didengarkan perkataanmu sejak hari pertama engkau berniat untuk mendapat pengertian dan untuk merendahkan dirimu di hadapan Allahmu, dan aku datang oleh karena perkataanmu itu.

Artinya:

Segala pikiran/logika/analisa-analisa yang dihasilkan oleh otak manusia SEMUA DITAKLUKKAN DI HADAPAN TUHAN YESUS. Karena segala hal kehidupan tidak bisa diukur secara logika/analisa manusia, karena otak manusia terbatas. Pemikiran secara manusia akan membatasi kuasa/mujizat Tuhan Yesus dalam kehidupan kita.

 

• Peka terhadap suara-NYA

Untuk peka mendengar suara-Nya, jangan mengeraskan hati dan keinginan kita sebagai manusia. Mau tunduk di hadapan Tuhan Yesus (keinginan manusia) biasanya berorientasikan pada hal-hal duniawi).

Cara untuk peka mendengar suara-Nya adalah :

• Membaca Firman Tuhan & bersaat teduh sebagai suatu kebutuhan bukan rutinitas

• Melalui puji-pujian

• Melalui kesaksian

Kepekaan terhadap suara-Nya membawa kita pada pengenalan yang benar sehingga kita mampu mendefinisikan setiap realita yang terjadi.

• Aktualisasi dari buah-buah Roh Kudus

 

Jika kita mau dipimpin oleh Roh Allah maka:

• Rahasia Allah disingkapkan (Daniel 2 : 19 – 20; Yesaya 48 : 3)

• Tuhan mengajar dan menuntun dijalan yang harus ditempuh (Yesaya 48 : 17-18. Yes 58 : 11).

• Tuhan akan menuntun pada KEMENANGAN (Yesaya 41:10)

 

Tuhan Yesus memberkati & Roh Kudus memberi pengertian

Geadley Lian's picture

kesadaran

Memang pada dasarnya,apa yg kita lakukan utk Tuhan sebenarnya belum cukup & yg paling disesali adalah,ada orang terlibat dalam pelayanan hanya karna mau dikenal rame jemaat berbanding terlibat dengan hati terbuka utk Tuhan bahkan ada orang mengaku dirinya kristen,tapi sifatnya sama saja seperti orang yg bukan kristen.Perkara semacam ini sungguh mengecewakan kita sebagai umat Allah bahkan tidak perlu melihat contoh lain,lihat saja dalam situs ini.Mereka mengaku baca alkitab & sudah cukup memahaminya,tetapi sebenarnya utk memahami sesuatu bacaan dalam alkitab butuh waktu yg lama & mereka tersalah faham akan isi alkitab itu.

Orang seperti ini,seolah-olah tidak menyadari tanggungjawabnya sebagai orang kristen.Tidak sedikit yg merasakan dirinya benar dalam banyak hal & itu adalah salah satu punca pada ketidaksefahaman antara sesama & percayalah,iblis sedang tertawa.Dari sudut pertobatan,ia haruslah dimulai dari hati yg jujur di hadapan Tuhan karna Dia mengenal isi hati kita.Disini saya tidak menyalahkan siapa2 yg melayari situs ini karna ia tidak melibatkan semua & sekiranya ada yg "memakan cili,dialah terasa pedasnya".Pertobatan bukan hanya sekali tetapi berkali-kali saat kita datang pada Tuhan & sering mengaku kelemahan yg ada pada diri sendiri.

Tidak sedikit juga orang kristen yg keras kepalanya & orang semacam itu tidak bisa ditegur.Namanya juga orang biasa & sudah menjadi lumrah hidup di dunia.Di sini saya bukan mau bilang jadi orang yg syok tau karna ini adalah kenyataan yg terpaksa diterima.Semua kita adalah orang berdosa,tiada seorangpun yg terkecuali.Tuhan mengenal isi hati kita,Dia tahu apa yg kita pikirkan.Kekristenan mengajar arti pengampunan,kasih & menggesa umatnya berusaha menuju kesempurnaan & kita sedang berusaha sedaya upaya,tapi oleh karna terbatas,ia terhalang.

Sebagai orang percaya,saya tidak nafikan persoalan ini sedang menghantui pikiran sebahagian besar orang.Tidak kurang juga ada orang yg jarang2 dalam pelayanan bahkan membaca alkitab tapi bisa dibilang punya sifat terpuji,persis seperti sebahagian orang kristen.Saya percaya ini sebagai kesadaran bagi paca bloggers yg membacanya.Salam..............

__________________

geadley

Heryosa Hudoyo's picture

Re_kesadaran

SYalom bro Geadley... siiip bener..... kesadaran itu penting banget untuk membangun suatu hubungan yg erat bersama dg TUHAN YESUS.  Thx......

Puji Syukur pada Tuhan Yesus.... ketika sy menulis artikel ini, sy juga melihat keseharian dari orang2 Kristen di sekitar sy.... persis sama yg bro blg, "ada orang terlibat dalam pelayanan hanya karna mau dikenal rame jemaat berbanding terlibat dengan hati terbuka utk Tuhan bahkan ada orang mengaku dirinya kristen,tapi sifatnya sama saja seperti orang yg bukan kristen."

Sy s7 bnget bro "Pertobatan bukan hanya sekali tetapi berkali-kali saat kita datang pada Tuhan & sering mengaku kelemahan yg ada pada diri sendiri.".

Inilah sebuah realita dlm kehidupan org2 Kristen yg prnh sy kenal... sy rindu, bagi siapapun yg membacanya mendapat lawatan TUhan YEsus untuk dijamah & benar-benar KRISTUS ada di dalam hatinya.

TUhan Yesus memberkati bro Greadley... 

5p Arta's picture

Anak Tuhan juga belum tentu

Anak Tuhan juga belum tentu orang Kristen..... hehehehe...salam kenal
__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

Heryosa Hudoyo's picture

Re_anak Tuhan jg belum tentu

Syalom, salam kenal juga.......

klu menurut saya sih, MENURUT IMAN KRISTEN..... Anak Allah tentu orang Kristen, orang kristen yg belum tentu jadi anak Allah.

Karena Kristen adalah sebutan bagi murid2 (dimana menjadikan YEsus sebagai guru), atau bisa juga disebut pengikut Yesus.

Kisah Para Rasul  11:26 "Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen".

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ? Anda bisa membaca artikel saya Kemana tujuan hidupmu ??????...........

Thx

Tuhan Yesus memberkati & Roh Kudus memberi pengertian.....

5p Arta's picture

@ Heryosa Hudoyo

ok lah kalau menurut anda begitu. tidak masalah bagi saya. Tapi saya berkomentar juga nggak asal-asalan loh. Ada anak Tuhan yang bukan orang Kristen. Untuk hal ini saya tidak akan membahas lebih lanjut. Karena kita hanya berbeda pandangan saja. Sukses ya. GB

Visit my blog

GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

Heryosa Hudoyo's picture

Syalom...... Siip... gpp bro,

Syalom...... Siip... gpp bro, nyantai aja.....  Tuhan Yesus memberkati Anda & ROH kudus Memberi pengertian.......

yozhaprivateweb.blogspot.com

Geadley Lian's picture

Yg terpenting

Apa yg terpenting adalah saling memperingati satu sama lain karna itu adalah tanggungjawab kita sebagai orang kristen.Dengar atau tidak yakni baca atau tidak,terpulang pada individu itu sendiri.Saya bukanlah seorang yg membaca alkitab sehari-hari,tapi bukan berarti saya meninggalkan iman/mengetepikan ajaran Yesus di alkitab.Salah satu kelemahan orang kristen adalah sifat membenci sesamanya & merendah-rendahkan orang lain,sedangkan Yesus mengajar kita utk mengasihi musuh yakni berdoa bagi musuh.Perubahan harus dimulai dari diri sendiri trus ke orang lain,bahkan berani tampil berbeda dari temen2 dari agama lain.

Bagi saya,kekristenan bukan agama tetapi sekumpulan orang2 percaya & menjadi saksi bagi banyak bangsa.

__________________

geadley