Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Roh Kudus pun ada pada orang yang bukan beragama kristen

5p Arta's picture

Lukas 10 : 25  Pada suatu kali berdirilah seorang ahli Taurat untuk mencobai Yesus, katanya: "Guru, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"

Lukas 10 : 26  Jawab Yesus kepadanya: "Apa yang tertulis dalam hukum Taurat? Apa yang kaubaca di sana?"

Lukas 10 : 27  Jawab orang itu: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."

Lukas 10 : 28  Kata Yesus kepadanya: "Jawabmu itu benar; perbuatlah demikian, maka engkau akan hidup."

Lukas 10 : 29  Tetapi untuk membenarkan dirinya orang itu berkata kepada Yesus: "Dan siapakah sesamaku manusia?"

Lukas 10 : 30  Jawab Yesus: "Adalah seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho; ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya habis-habisan, tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi meninggalkannya setengah mati.

Lukas 10 : 31  Kebetulan ada seorang imam turun melalui jalan itu; ia melihat orang itu, tetapi ia melewatinya dari seberang jalan.

Lukas 10 : 32  Demikian juga seorang Lewi datang ke tempat itu; ketika ia melihat orang itu, ia melewatinya dari seberang jalan.

Lukas 10 : 33  Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan.

Lukas 10 : 34  Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya.

Lukas 10 : 35  Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali.

Lukas 10 : 36  Siapakah di antara ketiga orang ini, menurut pendapatmu, adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?"

Lukas 10 : 37  Jawab orang itu: "Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya." Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, dan perbuatlah demikian!"

orang Samaria bukanlah orang Yahudi. Pada zaman Yesus, orang Samaria tidak bergaul dengan orang yahudi

Yoh 4 : 9  Maka kata perempuan Samaria itu kepada-Nya: "Masakan Engkau, seorang Yahudi, minta minum kepadaku, seorang Samaria?" (Sebab orang Yahudi tidak bergaul dengan orang Samaria.)

Dan orang Samaria adalah orang - orang yang ibadah keagamaannya kacau balau. Silahkan klik di sini

Tetapi, kenapa Yesus menceritakan kisah tentang mengasihi sesama dengan menggunakan perumpamaan seorang Samaria ? Apakah itu hanya suka - sukanya Yesus saja ? Ataukah ada makna khusus yang bisa kita ambil di dalam kisah itu ?

Galatia 5 : 22  Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,

Kasih adalah standar kebenaran kita untuk menilai bahwa orang itu memiliki Roh Kudus atau tidak. Karena kasih adalah buah Roh. Agama apapun yang dianut oleh manusia bukanlah jaminan bahwa Roh kudus ada di dalam dirinya.

Biasanya, orang - orang yang beragama kristen meyakini bahwa Roh Kudus hanya ada di dalam diri orang - orang yang bergama Kristen. Di luar agama Kristen, tidak ada Roh Kudus. Benarkah pemahaman demikian ? tentu saja salah total.

Perumpamaan di atas telah mematahkan pemahaman itu.

Pernahkah anda melihat orang - orang yang bukan beragama Kristen melakukan kasih yang tulus bahkan lebih dari kasih yang dilakukan oleh orang - orang Kristen ? Apabila pernah, maka biasanya orang - orang Kristen akan menghakimi orang - orang itu bahwa mereka mencari Sorga dari amal mereka. Perbuatan mereka sia - sia. hohohohohoho.....apabila anda memiliki pemahaman seperti itu, maka ketahuilah itu salah total. Apabila orang -orang itu melakukan kasih yang tulus, ketahuilah kasih itu berasal dari Roh kudus. Orang Samaria bisa melakukannya dikarenakan oleh Roh kudus. maka mereka pun juga bisa melakukannya dikarenakan di dalam diri mereka juga ada Roh Kudus yang menggerakkan. Sehingga mereka berbuah dan melakukan kasih yang tulus juga. Jangan iri apalagi menghakimi mereka.

GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

jlwijaya's picture

arta;itu hanya pendapat pribadi anda saja?

1)ada ayat apa yang secara eksplisit mendukung pernyataan anda?????

jika tak ada tulisan anda di atas adalah sekedar pendapat anda bukan ajaran alkitab.

 

5p Arta's picture

@jlwijaya

Semoga anda mengerti ketika membaca kisah berikut. Silahkan klik di sini

kata kunci adalah kanaan. Silahkan cari tahu tentang Kanaan. Apabila anda belum mengerti, kita akan berdiskusi lagi.

GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

jlwijaya's picture

arta:tafsiran anda sekedar pendapat pribadi

Maaf ya tulisan anda hanya sekedar pendapatdan tafsiran pribadi bukan ajaran alkitab

5p Arta's picture

@jlwijaya

ok lah....no problem. GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

ebed_adonai's picture

@5p Arta: Hiyaaa...

Hiyaaa, memang patut jadi perenungan mendalam tuh kawan, kisah The Good Samaritan.. Yang lain lewat semua, cuma do'i yang mau nolongin.. Bertahun-tahun saya pp Jogja-Mgl, nggak ketulungan banyaknya pertolongan Tuhan melewati orang-orang yang jelas nggak punya keyakinan yang sama..

PS: Blog ini lebih sip lagi kalau om muji ikut ngomen... Smile

__________________

(...shema'an qoli, adonai...)

iik j's picture

ih ebed... nguber muji mulu...

jiaaaaaaaaaaaaaahhhh... ebed!!! nguber muji mulu... kangen yahhh? hi hi hi hi hi...

bintang seven's picture

ebed

klo ditolong ama org magelang-jogja mank gak susah bilang dia adalah saudara kita jg yg ada roh kudus nya, tp klo DITODONG di perjalanan, pasti doktrinnya bakal berubah. hahah..ahahah....

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

ebed_adonai's picture

@BS: Iya benerrr...

Iya benerrr... Emang bisa lain ceritanya kalau ditodong... Laughing

Kalau "ditodong" cewek cakep minta dianterin gimana lagi refleksinya ya, tambah njelimet, hehehe.... Laughing

__________________

(...shema'an qoli, adonai...)

bintang seven's picture

ebed

klo yg nodong nya cakep, dia pasti SAUDARA, mungkin gw anggap lgs sbg pariban gw, pariban dr bandung, yg jelas penodongan semacam itu akan membuat hati berdebar2, jantung cenat cenut dan keringat dingin mengalir sambil air liur menetes deras kayaknya, gmna dg ebed? hahahaha...hahahah.....

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

bintang seven's picture

sparta

klo dilihat dr perumpamaan ttg orang samaria itu, lalu dimanakah hubungannya dg penuh roh kudus? di perumpamaan itu tidak ada kalimat ttg roh kudus, terimakasih seblumnya Tuhan memberkati sparta. amin

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

5p Arta's picture

bintang 7

Saya nggak bilang penuh Roh Kudus loh. Laughing

memang bagian tersulit adalah mengajarkan apa yang sudah kita pahami. Tapi cobalah anda kembali mengingat @hai hai pernah berkata, ada banyak orang - orang yang bergama Kristen akan seperti Nabi Yunus. Nabi Yunus tidak bisa menerima kenyataan bahwa Niniwe diselamatkan. Itulah yang terjadi ketika saya menuliskan blog di atas. Saya yakin akan banyak orang - orang Kristen yang tidak bisa menerima kenyataan bahwa Roh Kudus juga ada di dalam diri orang - orang di luar agama Kristen.

Roh Kudus ada di dalam diri manusia, tidak memandang status apalagi agama. Cobalah pahami hal ini dahulu.

Kemudian kembali ke Alkitab. tentang karunia Roh dan buah Roh. karunia Roh salah satunya adalah iman. silahkan pahami kisah ini. ( klik di sini )

Apabila anda bisa memahaminya, maka anda akan memahami blog saya tentang orang samaria. kenapa Yesus menggunakan perumpamaan orang Samaria.

Silahkan pahami dahulu siapa itu orang samaria. Maka anda akan tercengang bahwa orang samaria di dalam perumpamaan Yesus dapat melakukan kasih yang luar biasa. siapakah yang melakukannya ?

ROH KUDUS.

GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

bintang seven's picture

Sparta hai hai jelas ngaco!

memang bagian tersulit adalah mengajarkan apa yang sudah kita pahami. Tapi cobalah anda kembali mengingat @hai hai pernah berkata, ada banyak orang - orang yang bergama Kristen akan seperti Nabi Yunus. Nabi Yunus tidak bisa menerima kenyataan bahwa Niniwe diselamatkan. Itulah yang terjadi ketika saya menuliskan blog di atas.

klo cuma segitu aja quote yg dipake dr kalimat hai2, jelas2 si hai hai NGACO (Tongue outkompor) , kenapa ngaco, krn walau BUKAN termasuk bani israel, tp Injil tetap hrs diberitakan kpd bgs niniwe, yg diberitakan oleh Yunus kpd bgs niniwe, adlah MEREKA HRS BERTOBAT, bukan injil ttg kedatangan Yesus! memang begitulah, injil pada zaman Tuhan Allah, sang penerang besar, hrs bertobat!

nah  menurut blog sparta ini, bukankah orang2 yg sparta bilang, TULUS HATI, SUKA MENOLONG, PENUH KASIH dll, yg adalah buah roh, harusnya adalah SAUDARA? nah pertanyaanya, apakah injil sudah diberitakan pada mereka? jika tidak perlu diberitakan, mengapa Yunus repot2 hrs memberitakan injil pada bgs niniwe? bukankah yg perlu dilakukan adalah membuat bgs niniwe itu PENUH KASIH, SUKA MENOLONG DLL? KNPA PULA MEREka diberitahu mereka hrs bertobat (injil)?

jika injil pd bgs ninwe adlh mereka hrs bertobat, pd org2 jaman ini, apakah injil itu? menurut gw bukan cm itu, tp mereka jg hrs mengenal Anak Allah, sang penerang kecil yg telah datang sbg daging. jika kebaikan adalah ukuran keselamatan, pertanyaannya siapa yg mengukur, sparta? atau Allah? kata firman allah di yeremia, kebaikanmu itu spt kain cemar!

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

5p Arta's picture

@bintang 7

nah  menurut blog sparta ini, bukankah orang2 yg sparta bilang, TULUS HATI, SUKA MENOLONG, PENUH KASIH dll, yg adalah buah roh, harusnya adalah SAUDARA?

5p Arta : Benar sekali saudaraku. mereka yang saat ini belum pernah mendengar tentang injil adalah saudara kita. Bukankah Yesus memberikan perumpamaan bahwa orang Samaria adalah sesama ?

nah pertanyaanya, apakah injil sudah diberitakan pada mereka?

Saya tidak tahu. teapi yang pasti, ketika orang memutuskan menjadi Kristen, memiliki kerinduan untuk memberitakan injil.

jika tidak perlu diberitakan, mengapa Yunus repot2 hrs memberitakan injil pada bgs niniwe? bukankah yg perlu dilakukan adalah membuat bgs niniwe itu PENUH KASIH, SUKA MENOLONG DLL? KNPA PULA MEREka diberitahu mereka hrs bertobat (injil)?

Saya bertanya pada anda saudaraku bintang 7. ketika anda memberitakan injil, dan orang yang anda injili itu bertobat, apakah anda bersukacita ataukah anda merasa jengkel ? Pasti anda akan bersukacita bukan ?  jangankan anda. malaikat di Sorga pun akan bersukacita. Anda tahu kan ayatnya tertulis di Alkitab.

Coba perhatikan sikap Yunus. Bersukacitakah ketika bangsa Niniwe bertobat ?

hahahahaha.......Yunus adalah penginjil yang luar biasa. ketika dia memberitakan injil dan bangs Niniwe bertobat, maka dia menjadi uring - uringan.

jika injil pd bgs ninwe adlh mereka hrs bertobat, pd org2 jaman ini, apakah injil itu?

Injil yang diberitakan jaman sekarang adalah kabar sukacita.

menurut gw bukan cm itu, tp mereka jg hrs mengenal Anak Allah, sang penerang kecil yg telah datang sbg daging. jika kebaikan adalah ukuran keselamatan, pertanyaannya siapa yg mengukur, sparta? atau Allah? kata firman allah di yeremia, kebaikanmu itu spt kain cemar!

Sebenarnya masih ada blog yang sedang saya susun dan saya edit. kedua blog terakhir saya adalah pendahuluan dari blog yang akan saya tuliskan itu. Semoga bisa menjawab pertanyaan anda saudaraku.

GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

bintang seven's picture

sparta

perumpamaan ttg org samaria penolong itu hanya menjelaskan pd ahli taurat itu ttg arti SESAMA MANUSIA, gw rasa sparta telah terlalu jauh menyimpulkan, bhw org samaria itu jg penuh roh kudus.

coba baca kalimat terakhir yesus pd si ahli taurat, PERBUATLAH ITU! jwbn yg pas bukan? krn mgkn si ahli taurat tidak mengganngap org samaria adalah saudara yg perlu DITOLONG. perikop ini tidak berbicara sedikitpun mengenai Roh kudus dan buahnya apalagi ttg keselamatan.

apakah SEMUA org samaria yg menolong org lain pasti penuh dg roh kudus? seharusnya begitu, dan kita ada dlm BAHAYA jika menganggap demikian, krn kebaikan adalah ukuran roh kudus ada pd seseorang atau tidak. seharusnya ukurannya adalah Injil!

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

5p Arta's picture

@bintang 7

Mari kita lihat dengan baik apa yang ditulis oleh Lukas 10 : 25 -37

1. Yesus dicobai tentang pertanyaan cara memeperoleh hidup kekal (ayat 25)

2. Yesus menunjukkan tentang kasih yang tertulis di dalam kitab Taurat (ay 26 -27)

3. Yesus berkata perbuatlah demikian (ay 28)

Sampai sini bukankah jelas saudaraku ? hidup kekal dan kasih.

4. ahli taurat membenarkan dirinya dengan pertanyaan, siapakah sesamaku ? (ay 29)

Coba bro 7 perhatikan ayat 29. Ahli Taurat membenarkan dirinya. Untuk lebih jelas, silahkan lihat blog saya ( Hukum kasih bukanlah hukum Taurat )

Bukankah pertanyaan tentang siapakah sesamaku adalah pertanyaan pembenaran yang diajukan oleh ahli Taurat. Dan pertanyaan itu juga berhubungan dengan pertanyaan sebelumnya tentang hidup kekal ?

Anda melihat hubungannya saudaraku ?

Hidup kekal, kasih, sesama, orang Israel dan orang Samaria ?

Fokus utama dari Lukas 10 : 25 - 37 ada di mana saudaraku ?

Orang yang dirampok yang ditolong oleh orang Samaria. Kenapa orang Samaria menolong ?

10 : 33  Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan.

Siapakah yang menggerakkan hatinya ?

Untuk memahami ini silahkan klik di sini

Silahkan pahami tentang kisah hati Firaun yang dikeraskan oleh Tuhan, dan hati Firaun Yang dilembutkan.

Kis 15 : 8  Dan Allah, yang mengenal hati manusia, telah menyatakan kehendak-Nya untuk menerima mereka, sebab Ia mengaruniakan Roh Kudus juga kepada mereka sama seperti kepada kita,

GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

KEN's picture

5p Arta: Tidak sia-sia dalam artian apa?

Kalau tidak sia-sia dalam artian kehidupan sehari-hari, oke-oke aja sih. Tapi, kalau tidak sia-sia dalam artian jaminan sorga, itu salah total. Berbuat kasih adalah 'perintah baru', namun bukan yang baru. Perintah untuk berbuat kasih adalah supaya, manusia boleh hidup tertib.
5p Arta's picture

@KEN

Anda tahu kenapa dikatakan perintah baru ?

karena ada perintah lama. itu saja jawabannya. Simple.

Saya beritahu anda, Di dalam Hukum Taurat, kasih sudah tertulis di dalmnya. Tetapi perintah pada saat itu bukanlah perintah untuk mejalankan kasih. Tetapi perintah untuk menjalankan Hukum Taurat. Itulah perintah yang lama. Tetapi pada saat Yesus datang ke dunia, Dia memberikan perintah yang baru. bukan untuk menjalankan hukum Taurat. Tetapi kasih.

GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

KEN's picture

Secara psikologi pengertian ini sangat berpengaruh

Maksudnya apa? Maksudnya adalah, ketika kita hendak berbuat baik karena mau masuk sorga maka, perbuatan kasih itu cenderung tidak tulus dan sarat dengan persyaratan.
5p Arta's picture

@KEN

Bukankah orang - orang yang bergama Kristen banyak melakukan itu ?

Apa alasannya ? tetap mengerjakan keselamatan mereka. hahahahaha.....inilah ayat yang membuat kasih menjadi tidak tulus.

Filipi 2 : 12  Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir,

Tetapi ketika ada orang yang di luar agama Kristen melakukan kasih yang tulus, maka orang - orang yang beragama Kristen mulai menghakimi mereka.

GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

jlwijaya's picture

arta :Roh kudus hanya ada di dalam orang percaya .

Di PB semua ayat justru menyatakan Roh Kudus di berikan kepada orang yang percaya injil bukan yang lain.

Gal 3:2  Hanya ini yang hendak kuketahui dari pada kamu: Adakah kamu telah menerima Roh karena melakukan hukum Taurat atau karena percaya kepada pemberitaan Injil?

 

Joh 7:38  Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."

Joh 7:39  Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.

 

Act 2:38  Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

 

Act 19:2  Katanya kepada mereka: "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya?" Akan tetapi mereka menjawab dia: "Belum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus."

Act 19:4  Kata Paulus: "Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus."

 

Eph 1:7  Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya,

Eph 1:11  Aku katakan "di dalam Kristus", karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan--kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya--

Eph 1:13  Di dalam Dia kamu juga--karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu--di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.

 

Gal 3:14  Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.

 

5p Arta's picture

@jlwijaya

Di PB semua ayat justru menyatakan Roh Kudus di berikan kepada orang yang percaya injil bukan yang lain.

Coba anda perhatikan apa yang anda tulis. Roh Kudus diberikan kepada orang yang percaya injil.

Mohon maaf tanpa mengurangi rasa hormat, pernyataan yang telah anda buat adalah salah total. Anda telah menetapkan syarat kepada Allah. Apabila orang tidak percaya injil, maka Roh Kudus tidak akan diberikan kepada orang itu. Hmmmm....pemahaman orang - orng yang bergama Kristen. Kalau tidak bergama Kristen, kalau tidak dibaptis, maka tidak masuk Sorga. Itulah pemahamanyang telah anda buat.

Bro....saya adalah orang Kristen. Tapi saya bukan orang yang beragama Kristen. anda mengerti apa itu Kristen ? Apa itu orang percaya ? Kristen bukanlah agama Kristen. Percaya injil, tidaklah harus beragama Kristen. Selamat bingung....Laughing

GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

jlwijaya's picture

arta hati anda baik tetapi sayang tak ada ayat yg mendukung anda

1)hati anda cukup mulia mengharap bahwa orang baik dan penuh kasih dari agama lainyang tidak percaya kepada Kristus  juga memiliki roh kudus dan beroleh selamat ,percaya atau tidak saya demikian , Alkitab menyatakan Allahpun lebih dari demikian karena 1 Tim 2:4 Ia menghendaki semua beroleh selamat dan bahkan penganiaya umatnyapun di beri kasih karunia.

Tetapi entah kenapa ,saya tak tahu hanya saya  percaya Allah tak akan salah ka.....pak arta bukan sayametetapkan syarat kepada Allah  tetapi alkitab, Alkitab menetapkan syarat Roh Kudus di terima orang yang percaya dan alkitab yang menyatakan tanpa penumpahan darah tak ada pengampunan dan alkitab yang menyatakan tak ada keselamatan selain di dalam Dia.....arta jangan lah mendirikan kebenaran sendiri sehingga tak taat kepada kebenaran Allah (rom10:3-4)

arata jika anda mau menyalahkan pendapat saya gunakanlah ayat2 alkitab yang jelas jika ada saya akan mengikuti anda.

2)sekali lagi apa yang anda katakan ngak ada ayat2 jelas yang mendukungnya bahkan berpuluh2 ayat yang jelas bertantangan dengan pendangan anda.

jikalau ada bag alkitab yang mendukung anda hanya lah ayat ayat yang bisa di arahkan untuk di artikan demikian tetapi sesungguhnya tidak demikian

3)tentang orang kristen dan agama kristen aku rasa lebih cocok adalah demikian

orang kristen adalah orang yang bukan hanya ktpnya beragama kriten tetapi memiliki Roh kristus .

5p Arta's picture

@jlwijaya

wah....anda sudah tahu rupanya kalau hati saya baik. Jadi malu ah...Smile

Karena itu saya mempelajari Alkitab dan mencari tahu kebenaran yang ada di dalamnya. Ternyata memang demikian adanya. Roh Kudus juga ada di dalam diri orang yang bukan beragama Kristen. Roh Kudus juga dimiliki oleh orang - orang yang bukan beragama Kristen.

Ayat - ayat yang anda berikan justru mendukung apa yang saya pahami dan apa yang saya tuliskan.

Kita sepakati dulu siapa itu orang percaya, siapa itu mereka yang percaya injil. Nanti kita berdiskusi lagi.

Mengenai baptisan, saya akan membuat blog tersendiri. Kita akan membahas di blog itu. Mohon bersabar ya bro.

GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

jlwijaya's picture

arta :yg anda tulis :menafsir & menyesuaikan firman dgn opini U

yang anda tilis adalah menggunakan alkitab untuk mendukung pendapat anda....sekilas sangat cocok dan logis tetapi itulah yang dikatakan oleh petrus menafsir menurut kehendak sendiri.

Kita sepakati dulu siapa itu orang percaya, siapa itu mereka yang percaya injil. Nanti kita berdiskusi lagi.

ok pak ? siapa?

jlwijaya's picture

arta :yg anda tulis :menafsir & menyesuaikan firman dgn opini U

yang anda tilis adalah menggunakan alkitab untuk mendukung pendapat anda....sekilas sangat cocok dan logis tetapi itulah yang dikatakan oleh petrus menafsir menurut kehendak sendiri.

Bukti bahwa pandangan anda salah jelas ada ayat2 jelas yang bertentangan dengan pendapat anda dan tak ada ayat2 jelas yang mendukung anda.

Kita sepakati dulu siapa itu orang percaya, siapa itu mereka yang percaya injil. Nanti kita berdiskusi lagi.

ok pak ? siapa?

5p Arta's picture

@jlwijaya

Ada 2 kisah yang saya berikan kepada anda yaitu kisah orang Samaria dan perempuan Kanaan. Saya memberikan kisah itu agar anda menemukan mutiara di dalamnya. Tetapi sepertinya anda tidak membaca kisah itu dan menelitinya secara hati-hati. Baiklah kalau begitu akan saya jelaskan secara perlahan - lahan.

Ada 2 kesamaan dari kisah di atas. Yaitu menggunakan orang-orang yang menyembah berhala.

1. Orang Kanaan.

2. Orang Samaria.

Anda tahu siapa itu orang Kanaan ? Silahkan klik di sini untuk mengetahuinya

Anda tahu siapa itu orang Samaria ? silahkan klik di sini

Kenapa saya memberikan anda kedua kisah diatas ? agar anda bisa merenungkan kenapa Yesus berkata kepada perempuan Kanaan.

Matius 15 : 28  Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

Dan kenapa Yesus memberikan perumpamaan tentang orang Samaria yang murah hati ketika menjelaskan tentang hidup kekal.

Lukas 10 : 25  Pada suatu kali berdirilah seorang ahli Taurat untuk mencobai Yesus, katanya: "Guru, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"

Lukas 10 : 28  Kata Yesus kepadanya: "Jawabmu itu benar; perbuatlah demikian, maka engkau akan hidup."

Lukas 10 : 29  Tetapi untuk membenarkan dirinya orang itu berkata kepada Yesus: "Dan siapakah sesamaku manusia?"

Lukas 10 : 33  Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan.

Yang menjadi pertanyaan:

1. Siapa yang memberikan iman kepada perempuan kanaan itu, sehingga Yesus berkata "besar imanmu" ?

2. Siapa yang menggerakkan hati orang Samaria itu sehingga memiliki belas kasihan yang demikian besar ?

Bukankah Alkitab berkata bahwa Iman kepada Yesus adalah dari Roh Kudus ?

1 Kor 12 : 9  Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan.

Bukankah Alkitab mengajarkan bahwa kasih adalah buah Roh. Bukankah yang dirasakan oleh Yesus itu juga yang dirasakan oleh orang Samaria ketika melihat sesamanya menderita ?

Silahkan klik di sini untuk memahami kisah hati yang tergerak oleh belas kasihan

Galatia 5 : 22  Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,

Semoga anda mendapatkan mutiaranya. Tetapi apabila tidak, bagi saya no problem. Ada lagi kisah yang menggambarkan siapa itu orang percaya.

silahkan klik di sini

Coba perhatikan ayat 39 -42.

GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

jlwijaya's picture

arta:lagi2 tafsir di jadikan dasar bukan ayat yang jelas.

-tafsiran anda tentang orang samaria dan perempuan kanaan sangat logis dan sangat bagus sekali.TETAPI ingat di dunia ini sudah banyak yang menafsir 2 hal itu dengan sangat logis dan baik bahkan lebih lengkap dan lebih banyak ayat pendukungnya tetapi isinya lain dengan anda ......LALU siapa yang benar donk?????

JADI PAK ARTA PENJELASAN ANDA TENTANG SAMARIA DAN KANAAN ITU HANYALAH TAFSIR YANG LOGIS DAN BAIK TETAPI BUKAN AYAT YANG JELAS

NIH SAYA KASIH CONTOH AYAT YANG JELAS:

Rom 6:23  Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

artinya perbuatan dosa upahnya maut.

Joh 3:18  Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.
artinya : yang percaya Tuhan Yesus tidak di hukum

Joh 3:18  Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

ARTINYA : YANG TIDAK PERCAYA SUDAH ASALNYA ADA DI BAWAH HUKUMAN DAN PERCAYA ADALAH CARA UNTUK MELEPASKAN ORANG YANG BERADA DI BAWAH HUKUMAN.

JANGAN NIRU HAI2 PAK , KALAU PANDANGAN SENDIRI MAKA DI KATAKAN ITULAH PENGERTIAN ALKITAB KALAU PENDANGAN ORANG LAIN YANG TIDAK SESUAI DENGAN DIRINYA DI BILANG TAFSIRAN ........NAH DARIPADA KITA NGOTOT TAFSIR ATAU MENGERTI SEKARANG SAYA MINTA AYAT2 YANG JELAS PAK ARTA .....KARENA AYAT YANG JELAS YANG SAYA TAHU BERTENTANGAN DENGAN TAFSIRAN BAPAK YANG SANGAT LOGIS DAN BAIK ITU.

 

 

jlwijaya's picture

arta :baca baik2 gal 3:2&5 (pengertiannya jelas sekali)

Gal 3:1  Hai orang-orang Galatia yang bodoh, siapakah yang telah mempesona kamu? Bukankah Yesus Kristus yang disalibkan itu telah dilukiskan dengan terang di depanmu?
Gal 3:2  Hanya ini yang hendak kuketahui dari pada kamu: Adakah kamu telah menerima Roh karena melakukan hukum Taurat atau karena percaya kepada pemberitaan Injil?
Gal 3:3  Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging?
Gal 3:4  Sia-siakah semua yang telah kamu alami sebanyak itu? Masakan sia-sia!
Gal 3:5  Jadi bagaimana sekarang, apakah Ia yang menganugerahkan Roh kepada kamu dengan berlimpah-limpah dan yang melakukan mujizat di antara kamu, berbuat demikian karena kamu melakukan hukum Taurat atau karena kamu percaya kepada pemberitaan Injil?

1)DI AYAT 2:PENGERTIANNYA adalah kita menerima Roh karena percaya kepada pemberitaan injil ,bukan karena melakukan hukum taurat jadi sekalipun hukum taurat baik dan rohani dan isinya adalah mengasihi Allah (ul 6:5 ; mat 22:37 ;luk 10:27) dan mengasihi manusia seperti dirinya sendiri tetapi manusia tak dapat menerima Roh karena melakukan hukum taurat ,melainkan karena percaya kepada pemberitaan injil.

2) Di ayat 5 :paulus tanya .....apakah Ia yang menganugerahkan Roh kepada kamu dengan berlimpah-limpah dan yang melakukan mujizat di antara kamu, berbuat demikian karena kamu melakukan hukum Taurat atau karena kamu percaya kepada pemberitaan Injil?  ARTINYA :kita menerima Roh adalah karena percaya kepada pemberitaan injil dan bukan karena melakukan hukum taurat.

mengapa kamu (arta) lebih suka mengikuti pengertian kamu sendiri ketimbang firman Tuhan yang jelas

5p Arta's picture

@jlwijaya

Mohon maaf, bolehkah saya bertanya agar saya merasa pasti. Anda menulis :

jadi sekalipun hukum taurat baik dan rohani dan isinya adalah mengasihi Allah (ul 6:5 ; mat 22:37 ;luk 10:27) dan mengasihi manusia seperti dirinya sendiri tetapi manusia tak dapat menerima Roh karena melakukan hukum taurat ,melainkan karena percaya kepada pemberitaan injil.

ARTINYA :kita menerima Roh adalah karena percaya kepada pemberitaan injil dan bukan karena melakukan hukum taurat.

Apakah pengetian anda melakukan kasih = melakukan hukum Taurat ?

apakah kasih = hukum Taurat ?

GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

jlwijaya's picture

arta:

arti perkataan paulus adalah satu manusia tak menerima roh karena perbuatan tetapi karena percaya.

percayalah yang membuat orang menerima Roh

hari ini master chen di budha suchi begitu penuh kasih terhadap sesama ,apakah dia menerima Roh kalau dia tidak percaya kristus?

 

5p Arta's picture

@jlwijaya

Saya akan memberitahu satu rahasia besar yang saya yakin anda belum pernah mendengarnya. Ketika Yesus berkata bahwa hukum yang terutama dan tertulis di kitab taurat adalah mengasihi Allah dan sesama, adakah orang israel melakukannya?

Apa yang mereka lakukan ? mereka melakukan hukum Taurat. Sungguh aneh bukan? Apabila memang mengasihi sudah tertulis di hukum Taurat seperti yang Yesus katakan di dalam:

Lukas 10 : 25  Pada suatu kali berdirilah seorang ahli Taurat untuk mencobai Yesus, katanya: "Guru, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"

Lukas 10 : 26  Jawab Yesus kepadanya: "Apa yang tertulis dalam hukum Taurat? Apa yang kaubaca di sana?"

Lukas 10 : 27  Jawab orang itu: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."

Lukas 10 : 28  Kata Yesus kepadanya: "Jawabmu itu benar; perbuatlah demikian, maka engkau akan hidup."

Tetapi kenapa Yesus harus mengulanginya lagi di dalam ayat 28

"Perbuatlah demikian"

bayangkan saja. Seorang ahli Taurat tetapi tidak mengerti apa yang tertulis di dalam kitab Taurat. Kenapa bisa terjadi demikian ?

apabila anda mau merendahkan hati sedikit, saya yakin anda akan menemukan mutiaranya.

GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

jlwijaya's picture

arta :kamu harus ngaku kamu ngak ada bukti ayat yang mendukung

-kamu harus ngaku bahwa tidak ada ayat jelas yang mendukung kamu ?ok

l-aku kita lanjut dengan tafsir

-aku bisa jawab kok tafsiran kamu yang salah asal kamu ngaku dulu kamu ngak ada ayat jelas yang dukung pernyataan kamu dan semua ayat jelas menentang kamu.

-arta gimana kamu ngaku tidak?

Nb;kalau kamu ngaku kamu ngak ada ayat jelas saya akan jelaskan kamu sesungguhnya pakai skype lebih enak.

 

5p Arta's picture

@jlwijaya

Apa yang harus saya akui ?

Bukankah ayat - ayat Alkitabnya gamblang dan mudah dimengerti. Bagian blog mana yang membuat anda bingung ?

hohohohohoho......

 

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

5p Arta's picture

@jlwijaya

arti perkataan paulus adalah satu manusia tak menerima roh karena perbuatan tetapi karena percaya.

percayalah yang membuat orang menerima Roh

5p Arta :

Percaya dahulu baru menerima Roh. sungguh pandangan yang salah saudaraku. Orang bisa percaya karena Roh Kudus yang melakukannya. Bukankah itu berarti Roh Kudus ada di dalam diri orang yang tidak percaya ?

1 Kor 12 : 3  Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus.

Demikian juga, orang bisa melakukan kasih yang tulus karena Roh Kudus yang bekerja di dalam orang itu.

GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

jlwijaya's picture

arta; Roh Kudus bekerja di dalam orang yang tidak percaya

Roh Kudus adalah diri Allah yang maha hadir di alkitab menyatakan bahwa segala sesuatu ada di dalam Allah dan Allah ada di dalam segala sesuatu.

pekerjaan pertama Roh Kudus pada manusia adalah mengisafkan manusia berdosa .Roh Kudus dan Firman membuat Orang beriman kepada Kristus atau percaya kepada injil tak ada orang bisa percaya dan menerima Kristus tanpa pekerjaan dari Roh dan Firman apalagi dalam zamannnya paulus<sekalipun Roh Kudusbekerja di dalam orang tak beriman tetapi itui bukan yang di katakan oleh PB dberdiam di dalam orang beriman ,itu adalah pekerjaan awal atas manusia agar dia bertobat da percaya,setelah dia percaya maka baru yang di katakan dia menerima Roh Kudus ,dan Roh Kudus berdiam didalam dia.

5p Arta's picture

percayalah yang membuat orang

percayalah yang membuat orang menerima Roh

Bukankah anda yang menulis pernyataan demikian ? Roh diterima karena orang itu percaya. Atau karena seseorang percaya, maka orang itu menerima Roh. bukankah pengertiannya demikan ?

Anda harus konsisten dong.

kenapa anda menulis:

Roh Kudus dan Firman membuat Orang beriman kepada Kristus atau percaya kepada injil tak ada orang bisa percaya dan menerima Kristus tanpa pekerjaan dari Roh dan Firman apalagi dalam zamannnya paulus

Katanya percaya dulu baru menerima Roh. nah....itu anda menulis Roh yang membuat orang percaya.

jangan muter - muter dong brother.

GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

jlwijaya's picture

ARTA KAMU YANG TIDAK MENGERTI MUNGKIN

-Roh kudus bekerja di dalam orang kafir bukan berarti berdiam di dalam Dia

-Tetapi akibat dari pekerjaan Roh Kudus di dalam orang kafir maka dia akan bertobat dan percaya seperti anda dan saya lalu Roh Kudus di berikan Tinggal di dalam kita sebagai meterai dan hidup baru kita dan dia memimpin dan membawa kita ada persekutuan dengan Nya itulah yang dikatakan Roh Kudus tinggal dan menyertai kita selamanya.

jadi ngak pernah dikatakan di alkitab bahwa Roh kudus diam di dalam orang kafir seperti didalam orang percaya .Roh ada di dalam kita karena kita milik Kristus

Rom 8:9

 

Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.

Gal 4:6

Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: "ya Abba, ya Bapa!"

 

5p Arta's picture

@jlwijaya

Nah...benang merah perbedaan pandangan kita adalah tentang hasil dari pekerjaan Roh kudus di dalam diri manusia.

Anda berpandangan bahwa hasil pekerjaan Roh Kudus adalah percaya. ketika percaya, maka Roh kudus berdiam di dalamnya. Atau dengan kata lain, orang itu menerima Roh Kudus. Apakah seperti itu saudaraku ?

Sedangkan di dalam pandangan saya, Roh Kudus ada di dalam orang ketika orang itu memperlihatkan buah - buah Roh. Salah satunya adalah kasih. (orang samaria).salah duanya adalah karunia Roh yaitu iman.(Perempuan Kanaan)

Dan anda tidak menyetujui pandangan saya karena di dalam pandangan anda, bukti yang menunjukkan bahwa Roh kudus ada di dalam diri orang adalah percaya.

apakah seperti itu saudaraku ?

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

jlwijaya's picture

arta;

-apakah kamu percaya kepada kematian Tuhan Yesus adalah untuk menebus dosa kamu?

 

5p Arta's picture

@jlwijaya

OMG......apakah anda meragukan saya ?

 

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

jlwijaya's picture

arta penting:saya perlu jelas karena kita ngak pernah ketemu?

arta saya ingin tanya ;

apakah kamu telah menerima Tuhan Yesus sebagai juru selamat kamu?

dan apakah kamu percaya Tuhan Yesus mati di salib untuk menanggung dosa mu?

5p Arta's picture

@jlwijaya

hahahahaha......apakah anda meragukan saya ?

percayalah bro. Saya adalh orang Kristen sejati yang percaya bahwa Tuhan Yesus adalah juruselamat saya. bukan cuma saya. Tapi semua umat manusia. Dan saya juga percaya Tuhan Yesus disalib menanggung dosa saya dan dosa seluruh umat manusia. Anda tidak perlu meragukan saya.

Saya adalah seorang Kristen sejati. Sama seperti orang - orang Kristen sejati lainnya. Saya adalah orang Kristen yang pergi beribadah ke Gereja. Saya adalah Orang Kristen yang menuruti hukum kristus. Saya adalah pengikut jalan Tuhan. Saya adalah orang Kristen yang senantiasa memberitakan injil tentang pengampunan dosa oleh Yesus Kristus, dan hidup yang kekal. tetapi perlu anda ketahui....saya bukanlah orang yang beragama Kristen.

GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

jlwijaya's picture

saya orang kristen bukan orang beragama kristen?

tidak baik mengatain orang yang percaya tak ada keselamatan di luar Kristus adalah agama kristen

kata itu adalah sebuah kesombongan

ORANG KRISTEN TENTU BERAGAMA KRISTEN BAGI PEMERINTAH TETAPI ORANG BERAGAMA kRISTEN BELUM TENTU ORANG KRISTEN

JANGAN BIKIN ISTILAH BARU.

5p Arta's picture

@jlwijaya

hahahahahaha.....saya beneran kok. saya adalah orang kristen yang beribadah ke gereja. Tapi saya bukan orang yang bergama Kristen.

Anda pasti akan merinding apabila saya katakan ad orang Kristen yang beribadah ke masjid.

ada orang Kristen yang beribadah ke Pura.

ada orang kristen yang beribadah ke Pura.

Apa yang dicari, diajarkan, dan dipraktekkan oleh orang - orang Kristen demikian ?

HUKUM KRISTUS

Anda tahu hukum Kristus ?

 

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

jlwijaya's picture

arta ;

kamu kaget kalau saya jelasin apa itu hukum Kristus:

kalau kamu jawabnya pasti kasih :100% benar tetapi seperti apa itu yang terjadi di dalam orang Kristen hinggga 1 yoh 3:14 berkata demikian.

Gal 2:20

namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.

Col 3:4

When Christ, who is  our life, shall appear, then shall ye also appear with him in glory.

Php 1:21 For to me to live is  Christ, and to die is gain.

 

Joh 1:4 In him was life; and the life was the light of men.

Kristus adalah Allah yang hidup didalam kita sebagai hidup kita yang baru ,hidup ini memiliki hukumnya sendiri dan hukum ini adalah hukum dari hidupnya dan ia mau kita hidup oleh hidupnya hingga hidup adalah Kristus dan bukan aku sendiri yang hidup tetapi Kristus yang Hidup .demikianlah baru ada kasih sejati di dalam hidup kita dan inilah orang kristen(orang yang hidup oleh kristus yang hidup di dalamnya) bukan orang beragama kristen(orang yang hidup meniru Kristus berdasarkan kekuatan sendiri)

5p Arta's picture

@jlwijaya

Kenapa saya harus kaget ?

Apa yang anda tuliskan benar sekali. kasih adalah hukum kristus. Siapakah yang melakukan hukum kristus ? mereka yang melakukan kasih Kristus. itulah yang disebut orang Kristen. Tapi bukan agama Kristen. Walaupun Agama Kristen mengajarakan tentang kasih, tetapi agama Kristen tidak membuat orang menjadi Kristen, dalam pengertian melaksanakan kasih. (Kasih di sini bukan usaha kita.Kita hanya bisa melihatnya dari buah - buahnya)

GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

jlwijaya's picture

arta:

buah Roh adalah buah dari Roh

2Co 3:18

But we all, with open face beholding as in a glass the glory of the Lord, are changed into the same image from glory to glory, even as by the Spirit of the Lord.

Altur Palentinus's picture

Dear 5p arta,

Saya tidak membaca semua comment, karena saya kira sudah mengerucut ke hal-hal lain, dan saya mau kembali ke pokok pembicaraan dari blog yang saudara tulis Smile....

Menurut saya judulnya yang ambigu, maka di salah satu balasan dari comment anda,  anda harus kembali menjelaskan tentang agama Kristen atau Non-Kristen, Konteks dari Agama Kristen yang anda maksud ditulisan mungkin kesannya masih kabur belum jelas. Apakah Kristen disini Hanya berhubungan dengan Agama yang sebatas Lembaga, atau memang menyatakan Pengikut Kristus (Isa Almasih) atau sering kita sebut Orang Percaya, tetapi saya meyakini maksud anda adalah Orang Percaya, nah permasalahannya ditulisan anda, anda menekankan orang-orang Kristen secara Lembaga, secara status KTP beragama Kristen, makanya anda berani mengatakan bahwa Roh Kudus juga ada di luar orang Kristen, kalau dalam hal ini saya setuju, bahwa Roh Kudus tidak berbicara tentang agama secara Lembaga, tetapi berbicara mengenai iman, saya memiliki kenalan yang tidak pernah secara gamblang mengakui bahwa dia seorang Kristen secara lembaga, tapi dia mengakui bahwa dia Pengikut Isa Almasih (Yesus Kristus), dan cara hidupnya tidak sama dengan orang2 "Kristen" lain yang setiap minggu kegereja dan melakukan aktifitas rohani "Kristen" seperti biasa yang cenderung mengadopsi tata cara barat, tapi intinya dia seorang Kristen secara iman, dan tentu dia memiki Roh Kudus dalam hidupnya, karena sudah pasti Tuhan mengaruniakan Roh Kudus saat manusia percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan menjadi Kristen secara Iman.

Ingat peristiwa Pentakosta?Roh kudus tercurah kepada murid2-Nya yang adalah Orang Kristen secara iman, tidak semua orang mendapat anugerah khusus itu, dan coba bandingkan apa yang dilakukan murid2-Nya saat sebelum menerima pencurahan Roh Kudus dan sesudah menerima Roh Kudus, ada hal2 yang akhirnya mereka pahami saat menerima RK (Roh Kudus) yaitu apa yang diajarkan oleh Yesus, tentang kebaikan, dll... Artinya juga tidak lantas kita menyimpulkan semua orang baik pasti ada RK dalam dirinya, kebaikan itu nature-nya manusia karena semua manusia diciptakan seturut dan segambar dengan Allah (dosa juga akhirnya menjadi nature-nya manusia, saat jatuh kedalam dosa) dan itu adalah anugerah umum yang di anugerahkan kepada semua manusia tanpa terkecuali, tapi berbeda dengan RK yang adalah anugerah khusus yang diperuntukan bagi orang2 percaya, karena tidak semua orang memilih dan mau anugerah itu, kalau berbicara tentang kebaikan, penjahat sekalipun punya rasa itu setidaknya dia mengasihi orang2 terdekatnya, tapi kalau ada RK, kenapa dia tidak bertobat dari segala kejahatan, seolah-olah RK seperti membiarkan kejahatannya. Laughing

Menurut saya Ayat alkitab yang anda gunakan untuk menyimpulkan seperti yang menjadi Judul blog anda terlalu cepat, dan kurang kuat kalau konteksnya tadi orang Kristen secara iman, dalam kisah itu Yesus sedang berbicara tentang aplikasi ketika kita sudah menjadi orang percaya yaitu mengasihi, dalam Roma pasal 3 (coba baca semua isinya deh,,,Laughing) penekanannya sangat jelas bahwa hukum taurat (termasuk kebaikan ) itu tidak menyelamatkan, keselamatan tidak bisa dipisahkan dari RK.

mengenai orang samaria, diayat itu tidak ada info bahwa dia adalah orang percaya atau bukan, bisa saja dia orang percaya walau dia bukan Kristen (baca:Yahudi), banyak kok kisah di Alkitab yang adalah orang percaya tapi bukan Yahudi, contoh Raja Abimelekh yang ternyata takut akan Tuhan,dan banyak kisah2 lain, tetapi mereka adalah Orang Percaya, yang artinya juga Roh Kudus juga dianugerahkan kepada semua orang yang mau percaya pada Yesus, belum tentu juga orang Kristen secara Lembaga memiliki anugerah Khusus (baca : Roh Kudus).

Begitulah kira-kira menurut saya,

 

Salam Kenal dari Padang...Wink

__________________

____________________________

Menulis Itu Belajar, Menulis Itu Mengajar

5p Arta's picture

@Altur Palentinus

Bro...salam kenal

Di dalam pemahaman saya, orang Kristen bukanlah orang yang beragama Kristen. Orang boleh mengaku beragama Kristen. Tetapi orang itu belum tentu Kristen. Saya anggap anda sudah mengetahui dan mengerti apa arti sebenarnya dari Kristen.

Apabila anda memahami ini, maka anda akan memahami isi blog saya.

kelemahan ajaran di dalam agama Kristen adalah tentang keselamatan, yaitu terlalu mengkerdilkan Allah. kenapa saya katakan begitu ?

Kalau tidak masuk agama Kristen, maka tidak akan selamat.

kalau tidak dibaptis maka tidak akan selamat.

Kalau tidak mengakui Yesus sebagai Tuhan dengan mulut, maka tidak akan selamat.

Dan Roh Kudus hanya dimiliki oleh - orang - orang yang beragama kristen. tanda-tanda yang paling sering digunakan adalah bahasa roh, mujizat kesembuhan.

itulah keempat inti di dalam ajaran agama Kristen yang saya pahami.

Padahal Alkitab berkata lain.

Apakah selamat harus beragama kristen ?

Apakah selamat harus dibaptis ?

Apakah mengakui Yesus harus selalu dengan mulut kita?

dan....Roh Kudus ternyata dimiliki oleh orang - orang yang bukan beragama Kristen.

Pemahaman ajaran Agama Kristen saat ini adalah Israel = agama Kristen. Diluar Israel tidak mungkin selamat. Demikian juga, diluar agama Kristen tidak mungkin selamat.

Yahudi = Israel sejati = Orang Kristen

Samaria = Bukan israel sejati = bukan orang Kristen

Banga lain = bukan Israel = bukan orang Kristen.

Itulah pemahaman agama Kristen saat ini.

GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

jlwijaya's picture

arta:bagaimana pendapat anda dengan tiga poin pernyataan saya?

1)Kalau tidak masuk agama Kristen, maka tidak akan selamat.

pendapat di atas tentu tidak tepat karena tentu yang menyelamatkan bukan agamanya toh......apa ada banyak ya jemaat yang seperti itu????

2)tetapi tentunya benar jika yang di maksud adalah keselamatan ada hanya karena penebusan Tuhan Yesus ?

3) dan tentunya benar bukan bahwa mereka yang menolak percaya injil dan yang mengharapkan keselamatan tergantung dari bebaikan sendiri dan amal ibadahnya pasti 100% binasa.

kucing penyayang's picture

@5p : sedikitnya saya bisa mengerti maksud anda

mungkinkah anda membaca ayat2 ini?
"(8)
Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;(9) akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;(10) akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;(11) akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum." Yohanes 16:8-11

pemahaman paling penting yang harus dimengerti adalah kapan Roh kudus ada didalam diri seseorang? sebelum orang insaf(percaya), pada saat orang insaf(percaya), atau setelah orang insaf(percaya)?? insaf(percaya) dan dimasuki Roh kudus mana yang duluan?insaf(percaya) lalu didatangi Roh Kudus atau didatangi Roh kudus lalu insaf(percaya)?

tapi saya juga tidak setuju kalau seseorang yang baik otomatis dinilai memiliki Roh kudus...yang memiliki Roh kudus pasti punya kasih tapi sejauh mana kasih itu dinilai datang dari Roh kudus? Hanya Allah yang mengetahui kedalaman hati orang tersebut.

-jika salah mohon koreksi-

 

__________________

Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanMu itu

5p Arta's picture

@kucing penyayang

Salam kenal, syukurlah kalau anda sedikit mengerti blog saya. Walaupun sedikit ga masalah.hehehehehehehe....Laughing

mengenai Roh Kudus yang ada pada diri seseorang saya hanya bisa menilainya dari perbuatannya. Perbuatan itu ibarat buah pada sebuah pohon. Alkitab mencatat bahwa buah yang dihasilkan oleh Roh Kudus adalah kasih.

Anda percaya tidak, kalau kita melaksanakan kasih bisa dalam keadaan sadar (tahu sedang mengasihi) atau tidak sadar (Tidak tahu kalau sedang mengasihi) ? kalau anda tahu maka anda pasti mengerti apa yang saya tuliskan. kalau tidak saya tidak berjanji. Tapi apabila ada waktu, saya akan menuliskan blog tersendiri. Tetapi tidak secepat itu. karena masih ada blog yang harus saya edit. dan blog ini adalah salah satu dasar untuk memahami blog - blog saya selanjutnya.

GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

kucing penyayang's picture

@5p : salam kenal juga

penganut Israel only meyakini keselamatan tidak ada di luar bangsa israel sedangkan Christian only meyakini keselamatan tidak ada di luar agama Kristen

banyak dari orang kristen percaya kalau Roh kudus hanya ada pada orang yang SUDAH percaya
"(8) Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;(9) akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;(10) akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;(11) akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum." Yohanes 16:8-11

hahaha saya sudah coba tanya bagaimana dengan ayat diatas tapi tak ada satupun yang berpendapat kalau Roh kudus datang pada orang tidak percaya agar mereka menjadi percaya

percaya adalah ciri bukan syarat

masalah menilai kasih itu datang dari Roh kudus atau kepentingan pribadi, anda tak bisa hanya melihat, tapi dengan mengenal orang tersebut atau menguji kasihnya

__________________

Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanMu itu

5p Arta's picture

@kucing penyayang

Anda boleh berpendapat apa saja mengenai kasih. Tapi anda tidak akan pernah bisa menyangkal bahwa kasih adalah buah Roh. Dan kasih adalah standar kita untuk menilai bahwa Roh Kudus bekerja di dalam orang itu.

Itulah yang kita gunakan. Kenapa ? karena kasih ada di semua ajaran agama di muka bumi ini.

kasih adalah standar kita untuk memuji orang lain, walaupun orang itu bukan orang Kristen. kasih adalah standar kita untuk mengasihi orang lain, walaupun orang itu bukan orang Kristen.

Ketika ada orang yang bukan beragama Kristen melakukan kasih, apakah salah apabila saya mengatakan bahwa Roh kudus bekerja di dalam orang itu untuk melakukan kasih ? Tentu saja tidak. kenapa ? karena dia melakukan kasih dengan standar kasih yang ada di dalam agamanya.

kenapa orang yang beragama Kristen melakukan kasih ? jawabannya Sorga.

Kenapa orang yang bukan beragama kristen melakukan kasih ? jawabannya Sorga

Bagaimana cara orang yang beragama Kristen melakukan kasih ? Dengan melakukan kebaikan terhadap sesama.

Bagaimana cara orang yang bukan beragama Kristen melakukan kasih ? Dengan melakukan kebaikan terhadap sesama.

Apakah ada perbedaan? tidak.

kenapa semua itu berlaku di dalam ajaran agama manapun di muka bumi ini ?

Karena Roh Kudus yang bekerja di dalamnya.

kenapa kita harus menghakimi orang lain, sedangkan orang itu malakukan kasih dengan tujuan yang sama dan cara yang sama dengan kita ? Bukankah mereka juga berbakti kepada Bapa di Sorga ?

GB

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

mujizat's picture

5p_Arta, tidak setiap kasih adalah buah Roh Kudus

Shalom.

Ada perkataan Yesus yang maknanya begini:" Kalau kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, maka apakah bedanya kamu dengan orang dunia? Karena mereka pun melakukan hal seperti itu ,.." Sayangnya skrg aku gek pakai komputer kantor, jadi ngak bisa ngasih ayatnya.

"Orang dunia" mengasihi anak2 mereka; orang dunia mengasihi kelompok mereka, tapi apakah itu berarti bahwa dalam diri mereka ada Roh Kudus? Belum tentu !!

Tanpa Roh Kudus, ada orang2 yang SIAP MATI bagi agama yang dibelanya, siap memberikan "apa saja" bagi keperluan kelompoknya, bukankah mereka juga punya "kasih" ??

Tapi keberadaan Roh Kudus akan nyata, sebagaimana kata sebuah surat (Paulus??)

"Karena tidak mungkin seseorang berkata: Terkutuklah Yesus! Jika ada Roh Kudus di dalam dirinya. .."

Dan keberadaan Roh Kudus dalam jiwa seseorang akan membangun sebuah keyakinan bahwa Yesuslah Tuhan !! (Cari sendiri ayatnya).

"Dan Ia (Roh Kudus - Roh Kebenaran - Roh Penghibur) akan bersaksi tentang Aku " (Injil Yohanes).

Jadi, tidak semua kasih adalah buah Roh Kudus, tetapi penguasaan Roh Kudus yang tinggal dalam diri seorang "Kristen" itulah yang akan membuahkan kasih (agape). Pengakuan bhw Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat, yaitu Mesias, itulah meterai sejati keberadaan Roh Kudus.

Hati2 terhadap paham theologi abu2 yang menyamakan semua agama sebagai yang membawa keselamatan. Banyak jalan menuju Roma, dst, karena keselamatan sejati memang hanya melalui penebusan Yesus Kristus, itulah yang diajarkan Alkitab Firman Tuhan.

Shalom.

__________________

 Tani Desa