Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Kesalahan Penulisan dalam Alkitab membuat saya Belajar.

Tian's picture

ini tulisan kedua saya,

Markus 5:1 Lalu sampailah mereka di seberang danau, di daerah orang Gerasa. 5:2 Baru saja Yesus turun dari perahu, datanglah seorang yang kerasukan roh jahat dari pekuburan menemui Dia.

bandingkan dengan cerita yg sama dlm kitab

Matius 8:28 Setibanya di seberang, yaitu di daerah orang Gadara, datanglah dari pekuburan dua orang yang kerasukan setan  menemui Yesus. Mereka sangat berbahaya, sehingga tidak seorangpun yang berani melalui jalan itu.

dalam satu cerita yg sama, terdapat Perbedaan yg mencolok dr kedua kitab ini, apa sikap kita? Jika alkitab dipandang sbg Kitab suci, sbg pedoman, apakah kita Malu mengakui adanya kerancuan atau kesalahan penulisan? adanya pertentangan tidak selalu membuat malu namun kadang mendatangkan rasa syukur.

sebagai seorang murid kita belajar, termasuk dr teks2 yg rancu krn bertentangan satu dengan yg lain, ketika yesus mengajarkan kpd umum, ia kadang tidak memberitahukan maksud nya, kecuali pengajaran khusus pada murid2NYA, contoh ia mengajarkan hanya ttg gandum dan ilalang tp kpd murid, ia mengajar secara khusus ttg maksud dr perumpamaan tsb.

saya tak malu mengakui adanya kesalahan penulisan dlm jumlah orang di gerasa, entah mana yg benar. satu atau dua orang yg kerasukan setan. namun saya juga mendapati BANYAK PERSAMAAN DARI KEDUA KITAB TSB.

saya mendapati bhw keduanya menceritakan Yesus yg sama yg Mengusir roh jahat dr orang tsb, bahwa dicatat keduanya menuliskan orang2 didaerah itu Takut lewat disitu krn org gerasa yg kerasukan tsb.

Jika saja kita sibuk menjawab pertanyaan mengapa ada perbedaan jumlah orang yg kerasukan, saya mengakui adanya perbedaan itu, biarlah untuk orang yg umum, yg sibuk mempertanyakan Alkitab sbg Firman Allah, biarlah para murid secara khusus mencari pelajaran, melihat persamaan dimana ada hal tertentu yg ingin teks itu kita mengerti sebagai murid, bukan sebagai Peragu.

c u next time.

jlwijaya's picture

tian :ngak ada kesalahan ,bacalah lagi dan merenung labih dalam

-mat mengatakan 2 orang karena memang ada 2 orang dan selanjutnya dia berbicara secara umun.

.mrk dan luk bukan berkata hanya satu orang seolah menentang apa yang dikatakan mat tetapi mrk dan lukas mengatakan ada seorang..........artinya di antara 2 orang yang datang itu markus dan lukas hanya menceritakan salah satunya yang lebih spesifik yaitu yang .......dan .........

kalau kamu kurang jelas aku nanti kasih cont

baca lagi ya.

Tian's picture

@jl wijaya memastikan

saya heran, bagaimana anda memastikan bhw ada 2 orang bukan satu? bagaimana anda memastikan bhw markus dan lukas, hanya ingin menceritakan salah satunya? bukankah artinya Yesus itu 'koplo' alias bodoh? krn org2 gerasa takut melewati pekuburan itu, kalau hanya 1 yg disembuhkan bukankah jalan itu masih menakutkan? 

sama spt dlm persidangan, seorang saksi dpt tidak bercerita persis sama dg saksi lain, namun kesaksiannya dpt dianggap sah, apabila hal2 yg ESENSI yg ingin didapat oleh hakim, terdapat persamaan yg esensial, krn mungkin saja saksi yg satu melihat dr jarak 1 meter sedang yg lain melihat dr jarak 20 meter, misalnya.

 yg saya percaya memang telah terjadi kesalahan penulisan, namun tak membuat alkitab menjadi kehilangan otoritasnya, bukan hal yg esensial.

apa yg ingin diajarkan alkitab adalah hal2 yg jauh lebih penting, daripada sekedar kesalahan penulisan.

jesusfreaks's picture

@tian : bukan kesalahan

kali ini saya setuju sama jlwijaya.

itu bukan kesalahan kok. cuma beda ARAH PANDANG.

ibarat kalau motor sama tronton tabrakan tergantung saksi melihat sisi mana.

tapi bukan berarti bertentangan loh...

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Tian's picture

jf

berarti ada yg salah liat, salah liat jg kesalahan loh.

jlwijaya's picture

Tian:aku beri cont

-sabtu malam saya baru pulang dari soe kupang sewaktu mau tidur saya berkata pada istri saya ;kemarin selama 3 hari di soe ada 3 orang sakit datang kehotel setelah di doakan ketiganya sembuh ,luar biasa tuhan kita.

-Paginya ,hari minggu saat saya di suruh bersaksi saya berkata kepada jemaat :kemmrin selama 3 hari di soe ada seorang yang sakit lumpuh datang ke hotel setelah kami dengar penyebab kelumpuhannya ,yang ternyata karena dia sewaktu Tugas di kemuiliteran.............bla.bla,bla.......setelah kami doakan dia sembuh yang tadinya jalan pakai tongkat dan di papah olah istrinya sekarang bisa jalan tanpa tongkat bahkan bisa jongkok dan lomcat2 ,luarbisas Tuhan kita.

Tian saya waktu bilang tiga orang 100% benar waktu saya bilang ada seorang juga benar .......

aku ngak usah panjang2 semoga kamu mengerti...........

Tian's picture

iya deh

kalau sudah nggak mau panjang2 ya sudah deh, pokok nya kamu yg benar iya kan? beginikah cara menerima kebenaran? repot deh.

 

jlwijaya's picture

tian:oh ...

-kamu masih belum mengerti?

begini : waktu saya ngomong 3 orang saya bicara total orang yang datang selama saya di soe, waktu saya bilang ada seorang saya tidak sedang menyatakan hanya satu orang yang datang selama di soe tetapi satu di antara tiga yang ada keadaan khusus????

mengerti kalau tidak baca lagi dengan seksama dan renungkan kalau tetap ngak bisa mengerti silakan hub saya by skype :jlwijaya atau send private massage no telp kamu nanti aku hub by phone.