Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Hidup yang ‘Diberkati’ (3)

John Adisubrata's picture

Oleh: John Adisubrata

MAKMUR ‘MELAYANI’

Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.” (Matius 6:24)

Pernah sekali melalui surat yang ditujukan kepada Timotius, rasul Paulus memperingatkan agar murid kesayangannya itu tidak terpengaruh oleh orang-orang yang tidak lagi berpikiran sehat dan yang kehilangan kebenaran, yang mengira ibadah itu adalah suatu sumber keuntungan. (1 Timotius 6:5) Ia juga memperingatkan akibat-akibatnya: Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.” (1 Timotius 6:9)

Paulus meneruskan: Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.” (1 Timotius 6:10)

Perhatikanlah teladan-teladan yang diberikan oleh Kristus kepada para pengikut-Nya ketika Ia masih melayani di dunia. Apabila harta kekayaan merupakan tujuan utama kehidupan umat kristiani di dunia, pasti Ia sudah mengajarkan hal itu kepada mereka. Namun alkitab membuktikan kebalikannya! (Matius 6:11, Lukas 22:34) Karena selama itu Tuhan Yesus justru hidup sederhana sekali. Matius mencatat perkataan-Nya sendiri: “Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya.” (Matius 8:20)

Berlawanan sekali dengan kebiasaan orang-orang kristiani yang terpandang di akhir zaman ini, Ia tidak berkecimpung hanya dengan orang-orang yang berpengaruh, intelektuil, atau yang kaya raya saja, yang bisa menguntungkan diri-Nya, tetapi Ia justru menghabiskan banyak waktu dengan mereka yang diabaikan oleh masyarakat, yang sangat membutuhkan pertolongan-Nya.

Selain itu seperti keadaan sekarang, para murid dan pengikut-pengikut Kristus dahulu juga berasal dari pelbagai lapisan masyarakat, dari orang-orang yang tergolong cendekiawan sampai yang tak berpendidikan, dari orang-orang yang sangat berada sampai yang miskin sekali. Kecuali salah seorang murid-Nya, alkitab mencatat, bahwa mereka selalu meneladani tingkah laku-Nya. Hanya murid itu saja yang berani mengkhianati dengan menjual Dia, terdorong oleh rasa tamak akan keping-keping uang perak. (Matius 26:14-16)

Belajar melalui sejarah yang tertulis di dalam firman Tuhan, terutama melihat konsekuensi tragis yang harus ditanggung oleh murid tersebut (Kisah Para Rasul 1:16-20), tentu kita tidak ingin diasosiasikan dengan perbuatan-perbuatannya! Lagi pula, … terus terang saja, siapakah yang mau disetarakan dengan pribadi Yudas Iskariot, dan dijuluki sebagai ‘orang-orang Kristen yang serakah masakini’?

Sampai sekarang kami masih terus menerima surat-surat permohonan sumbangan dari salah seorang televangelist termasyhur di dunia yang pernah kami dukung pelayanannya, ... kurang lebih 8 tahun lamanya.

Berbeda sekali dengan keberhasilan pelayanan Bunda Theresa di kota Kalkuta, India yang amat sederhana dan prihatin untuk orang-orang miskin berpenyakit kusta yang sudah diabaikan negara itu, masyarakat dunia mengenal dia sebagai seorang penginjil antarbangsa yang sukses, yang hidup mewah penuh kelimpahan.

Penyajian acara-acara televisinya sangat modern, dibuat di dalam studio-studio yang dilengkapi dengan peralatan-peralatan yang canggih sekali. Bangunan besar di mana kegiatan-kegiatan itu direkam dan dirakit, dibeli olehnya menggunakan dana sumbangan uang berjuta-juta dolar, yang dikumpulkan dari para partners-nya dan juga penggemar-penggemar pelayanannya yang tersebar di seluruh dunia. Proses yang sama juga berhasil dilakukan ketika ia berniat untuk membeli sebuah pesawat udara pribadi untuk meningkatkan taraf pelayanan nasionalnya di Amerika.

Karena sering mengikuti acara-acaranya, saya tahu, bahwa Kristus dan kuasa Roh Kudus selalu menjadi pusat setiap pelayanannya. Tetapi selain itu mau tak mau saya juga bisa menarik kesimpulan, bahwa … ajaran-ajarannya selalu berkisar pada berkat (kekayaan) dan kemakmuran hidup umat Tuhan, terutama partners dan para pemirsa kristiani lainnya yang bersedia membantu dia di bidang keuangan untuk mendukung pelayanannya yang bersifat internasional tersebut.

Karena sudah terlanjur tertera di dalam database mereka, sekalipun kami telah mengundurkan diri bertahun-tahun lamanya, sampai sekarang kami masih terus dihubungi secara rutin. Seperti biasa, surat-suratnya selalu berisi janji-janji berkat (kekayaan) yang akan dicurahkan atas kami, jika kami mau membantu dia dan timnya menutupi defisit keuangan mereka yang terjadi hampir setiap akhir tahun pembukuan.

Menurut dia, kami akan diberkati dan menjadi bebas dari akibat keterpurukan ekonomi dunia (Global Financial Crisis), jika kami bersedia membantu pekerjaan Tuhan melalui pelayanannya itu. Sering kali menggunakan ayat yang sudah dibahas di atas sebelumnya, Lukas 6:38, ia menjanjikan, bahwa semakin besar jumlah uang sumbangan kami untuk pelayanannya, semakin besar (berlipat-lipat ganda) janji-janji berkat (material) yang akan dicurahkan oleh Tuhan atas kami. Ironisnya, pada mulanya ia sendiri mengalami defisit keuangan gara-gara musibah tersebut, yang sudah mengakibatkan banyak sekali pendukung-pendukung pelayanannya kehilangan mata pencaharian mereka.

Saya ingat sekali akan pernyataannya sendiri, bahwa apabila kami meragukan ajaran yang ia berikan, kami dianjurkan untuk membandingkannya dengan isi firman Tuhan. Dan jika ternyata maknanya berbeda, kami harus percaya pada alkitab, … bukan dia. Sungguh suatu pernyataan yang patut sekali dikagumi!

Beberapa tahun yang lalu, tidak lama sesudah GFC, di antara kiriman-kiriman korespondensinya yang datang secara teratur, kami menerima sepucuk surat yang isinya cukup mengejutkan! Karena desperate sekali, di situ ia menganjurkan menggunakan alasan-alasan yang amat ‘menggelikan’, agar para partners-nya memberikan perpuluhan hak gereja lokal mereka kepada dia dan pelayanannya. Terpana saat membacanya, tahu bahwa hal itu sama sekali tidak alkitabiah, kami langsung mengambil keputusan untuk mengakhiri hubungan kami dengan pelayanannya.

Kami menyadari, bahwa masih ada banyak sekali pelayanan hamba-hamba Tuhan lainnya di dunia, yang hidup secara sederhana, tetapi selalu mendahulukan kepentingan orang-orang yang mereka layani. Yang tidak menggunakan dana sumbangan orang-orang untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pribadi terlebih dahulu, atau untuk menutupi ongkos-ongkos pelayanan yang tidak perlu sama sekali.

Membandingkan pelayanan Kristus dengan pelayanan hamba Tuhan tersebut sekarang, kami bisa langsung menyaksikan kekontrasannya. Karena itu mudah sekali bagi kami untuk menarik kesimpulan, … ajaran siapakah yang harus kami ikuti!

Pelayanan-pelayanan sederhana tapi berarti sekali, yang mempunyai pengaruh sebesar pelayanan Bunda Teresa semasa hidupnya, … itulah yang seharusnya didukung dan ditanggung bersama oleh orang-orang Kristen, agar kabar keselamatan dan juga kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, bisa diberitakan ke seluruh penjuru bumi.

“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” (Matius 28:19-20)

(Bersambung)

HIDUP YANG ‘DIBERKATI’ (4)

BERKAT-BERKAT SORGAWI