Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Siapa yang membuat Adam dan Hawa berdosa?

gee's picture

Handai taulan sekalian (ngekor gaya Hai Hai) saya sudah membaca tentang kebinasaan Adam dan Hawa di Sabda Space ini bahkan ada yang mengakui bahwa Adam adalah si naga besar alias iblis. Dan semua itu membuat saya semakin penasaran untuk menyelidiki apa yang membuat Adam dan Hawa jatuh dalam dosa. Disini saya tidak mencoba untuk membela siapapun juga tidak menjatuhkan vonis terhadap siapapun tanpa alasan karena standart kebenaran yang saya pergunakan adalah Alkitab.

Handai taulan sekalian pasti sudah mengetahui tentang kejatuhan Adam dan Hawa, tetapi apakah anda tahu bagaimana itu bisa terjadi? Dan siapa dalang dibalik semua itu?

Mari kita cermati baik-baik.

Kesalahan Firman Allah

Kejadian 1:28 : Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."

Awalnya setelah Adam dan Hawa tercipta untuk mengusahakan dan memelihara taman eden kemudian Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak...".

Tapi bagaimana mungkin itu dapat terjadi, sedangkan mereka berdua tidak memiliki nafsu dalam hati dan pikiran mereka untuk melakukan sex padahal mereka sama-sama telanjang. Jika seseorang ingin memiliki keturunan bukankah harus melakukan hubungan intim dengan lawan jenisnya, akan tetapi bagaimana dengan Adam dan Hawa yang tidak tahu menahu akan hal itu. Ibarat seorang bayi atau balita yang belum tahu apapun tentang sex kecuali ada yang mengajarkan pada mereka, kalauoun sudah diajarkan belum tentu si balita dapat melakukan sex karena respon dari setiap individu berbeda-berbeda. Jika pada manusia normal tidak perlu pelajaran sex, karena itu adalah naluri alami manusia, setelah dewasa pasti akan mengerti dengan sendirinya.

Disini firman Allah belum tergenapi, tetapi yang namanya firman Allah pasti akan tergenapi entah kapanpun itu. Dan firman itu tergenapi setelah Adam dan Hawa diusir dari taman Eden.

Penolong Yang Sepadan Bagi Adam

Kejadian 2:18 : TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia."

Kejadian 2:19 : Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.

Kejadian 2:20 : Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.

Kejadian 2:22 : Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.

Maaf Hai Hai anda keliru. Anda pernah menulis bahwa Hawa bukan seorang penolong yang sepadan bagi Adam. Bahkan anda menuliskan bahwa pada akhirnya kaum hawa hanya menjadi objek pemuas kaum adam.
Menurut Alkitab anda keliru besar karena anda hanya mengutip satu ayat tetapi tidak ada pendukung ayat sebelum dan sesudah ayat tersebut. Jika Hai Hai mau membaca ayat sebelum dan sesudah ayat tersebut maka akan mengetahui kebenarannya.
Dalam Alkitab jelas sekali yang dianggap penolong yang tidak sepadan oleh Adam adalah binatang hutan dan segala burung di udara, bukan Hawa. Karena binatang hutan dan segala burung di udara tidak dapat berbicara, tidak dapat diajak bertukar pikiran dan secara fisik tidak sesempurna Adam.
Lalu bagaimana dengan Hawa? Di Alkitab sama sekali tidak dijelaskan bahwa selama di taman Eden Adam mengeluh karena Hawa bukan penolong yang tidak sepadan.

Disinilah Tuhan Allah menciptakan Hawa.

Larangan Di Taman Eden

Kejadian 2:16 : Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,

Kejadian 2:17 : tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."

Tuhan Allah menciptakan pohon pengetahuan tentang yang baik dan jahat, entah apa maksud atas semua ini. Apakah Tuhan Allah ingin menguji sampai dimana kepatuhan Adam dan Hawa atau ingin mennunjukkan otoritasnya sebagai penguasa taman Eden? Sampai sekarang tidak ada yang tahu alasannya.

Jika memang tidak boleh dimakan lalu untuk apa pohon tersebut diciptakan, apakah hanya untuk hiasan?

Kesalahan Tuhan Allah yang kedua karena menciptakan pohon pengetahuan tentang yang baik dan jahat.

Kematian Adam dan Hawa

Kejadian 2:17 : tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."

Firman Tuhan Allah: "....sebab pada hari engkau memakannya pastilah engkau mati". Tapi pada kenyataannya setelah Adam dan Hawa memakan buah dari pohon terlarang tersebut tidak langsung mati. Justru kematian secara fisik terjadi setelah mendapat kutukan dari Tuhan Allah.

Dan itu tertulis pada Kejadian 3:19 : dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu."

Jadi Adam telah mengalami 2 kali kematian yaitu mati secara rohani dan mati secara fisik. Mati secara rohani karena terputusnya hubungan intim antara dia dengan Allah, mati secara fisik karena kutukan dari Tuhan Allah sendiri.

Pertanyaan yang sampai sekarang belum pernah terjawab. Mengapa Adam dan Hawa sama sekali tidak diberi kesempatan untuk hidup lagi di taman Eden pada saat itu, tetapi kenapa justru diusir dari taman Eden? Hanya Tuhan Allah yang tahu jawabannya.

Dari semua kesimpulan di atas kita dapat mengetahui secara gamblang siapa yang membuat Adam dan Hawa berdosa, adalah:

1. Tuhan Allah
2. Pohon pengetahuan yang baik dan jahat
3. Iblis??

Jadilah Hawa sebagai kambing hitam dan Adam sebagai terdakwa.

 

Yohanes Paulus's picture

Nyeruduk

Ini blog langsung nyeruduk aja. Coba dibongkar dulu pengertian-pengertian dasarnya:

Apa itu dosa?

Apa itu terpisah dari Allah?

Apa itu Gambar dan Rupa Allah?

Apa itu mati?

Apa itu baik dan jahat?

gee's picture

@ yohanes paulus

Pengertian dosa menurut Alkitab:

Roma 3:23 : Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,

Roma 6:20 : Sebab waktu kamu hamba dosa, kamu bebas dari kebenaran.

Roma 6:23 : Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

1 Yohanes 5:17 : Semua kejahatan adalah dosa, tetapi ada dosa yang tidak mendatangkan maut.

Terpisah dari Allah:

Roma 3:23 : Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,

1. Karena dosa kita terpisah dari Allah
2. Karena dosa kita telah kehilangan kemuliaan Allah.

Gambar dan rupa Allah:

Kejadian 1:26 : Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

Menurut gambar dan rupa Allah disini maksudnya secara fisik dan roh sama dengan Tuhan Allah (YHWH), karena yang terlihat adalah Tuhan Allah, sedangkan Allah tidak terlilhat.

Apa itu mati

Roma 6:23 : Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Mati adalah buah dari dosa.

Apa itu baik dan jahat

Baik adalah segala sesuatu yang layak dan berkenan dihadapan Allah, sedangkan jahat adalah segala sesuatu yang tidak layak dan tidak berkenan dihadapan Allah.

 

 

Yohanes Paulus's picture

bongkar muatan

Anda sudah mengutip Alkitab. Karena ayat-ayat Alkitab sangat padat maknanya, dan karena padat, musti dibongkar muatannya.
gee's picture

@ yohanes paulus..sudah jelas

Anda sudah mengutip Alkitab. Karena ayat-ayat Alkitab sangat padat maknanya, dan karena padat, musti dibongkar muatannya.

Semuanya sudah jelas dan tidak ada yang bisa dibongkar, diutak-atik, dirubah-rubah lagi.


 

AllahKita.LuarBiasa's picture

Coba Saya Jawab

Kenapa Tuhan menciptakan Pohon itu? dan kenapa Tuhan sudah menciptakan pohon itu, tapi tidak boleh dimakan buahnya
Tuhan sebenarnya ingin mengetest kesetiaan Adam dan Hawa. Tuhan sudah memberikan Adam dan Hawa suatu perintah "Jangan makan buah itu", seperti Tuhan memberikan 10 Perintah Allah dan jangan ada yang melanggar itu, pertanyaan, ada tidak yang tidak melanggar perintah Allah itu? Apakah Tuhan yang membuat pelanggaran itu?

Tuhan tidak menciptakan Dosa dan Tuhan juga tidak mau kita jatuh dalam Dosa. Kl Tuhan ingin manusia semuanya berdosa. Kenapa Dia harus cape cape turun ke surga dan mati bagi kita di atas kayu salib supaya kita bisa bebas dari dosa.

Thanks

Salam Damai, Tuhan Memberkati

Al.Kira

Yohanes Paulus's picture

Tuhan ga pede?

Ketika saya membuat sesuatu, misalnya membuat meja kayu, saya tes apa sudah pas. KEtika memasak sayur sop, saya pun mencobanya apakah sudah pas atau belum.

Namun jika tuhan musti ngetes hasil ciptaannya, apakah Tuhan tidak bisa menebak kinerja dari buatannya sendiri? MEngapa musti dites? (dan adam pun gagal pula)

gee's picture

@ AllahKita.LuarBiasa

Tuhan sebenarnya ingin mengetest kesetiaan Adam dan Hawa. Tuhan sudah memberikan Adam dan Hawa suatu perintah "Jangan makan buah itu", seperti Tuhan memberikan 10 Perintah Allah dan jangan ada yang melanggar itu, pertanyaan, ada tidak yang tidak melanggar perintah Allah itu? Apakah Tuhan yang membuat pelanggaran itu?

Tuhan sebenarnya ingin mengetest kesetiaan Adam dan Hawa

Adam dan Hawa sewaktu masih ada di taman Eden tidak perlu dites akan kesetiaannya pada Allah. Karena sejak awal mereka diciptakan memang telah sesempurna Tuhan Allah kecuali untuk mengetahui yang baik dan yang jahat. Sebenarnya yang benar adalah Allah belum sempurna dalam menciptakan Adam dan Hawa karena tidak mengetahui yang baik dan jahat sehingga mudah terbujuk iblis.

pertanyaan, ada tidak yang tidak melanggar perintah Allah? Apakah Tuhan yang membuat pelanggaran itu?

Yang tidak melanggar perintah Allah, jawabnya ADA

Apakah Tuhan yang membuat pelanggaran itu, jawabnya BENAR (Nanti ini akan saya jadikan bahan blog lagi, jadi tidak akan saya jelaskan)

Samuel Franklyn's picture

Perhatikan perkataan pertama Adam kepada Hawa

Perhatikan perkataan pertama Adam kepada Hawa. Adam jelas mengatakan bahwa Hawa adalah sebagian dirinya. Yang sebagian jelas tidak sepadan dengan yang penuh. 

Yohanes Paulus's picture

sepadan bukan sebanding, bukan setara, bukan serupa

  Kalau ga salah, arti kata sepadan itu tidak sama artinya dengan sebanding, sama dengan, mirip, serupa, sejenis, setingkat, sehakekat, selevel dll.

Dalam matematika, sudut sepadan adalah sudut yang melengkapi. Supaya genap menjadi lurus (180derajat), padanan dari 60 derajat adalah 120 derajat, padanan 45 derajat adalah 135 derajat. Atau untuk bidang lingkaran (360derajat), padanan juring  60 derajat adalah juring 300 derajat.

Untuk menjadi lurus sempurna atau lingkaran sempurna, sudut dan juring butuh padanannya.

Adam dan Hawa tidak sama, tapi sepadan. Sekrup dan baut tidak sama, tapi sepadan. Lingga dan Yoni tidak sama, tapi sepadan. Panci dan tutupnya tidak sama, tapi sepadan. Jelana jeans dan t-shirt tidak sama tapi sepadan.

Jadi terjadi kepenuhan sitaksis antara Adam dan Hawa. Mereka sepadan, dan berdua menjadi klop.

 

 

Samuel Franklyn's picture

Penolong yang sepadan

Yang dibutuhkan Adam adalah penolong yang sepadan. Dalam hal apa Hawa menolong Adam?Silahkan dijawab berdasarkan Alkitab. 

Yohanes Paulus's picture

tidak berdasarkan Alkitab

Berarti kata sepadan jangan dipakai. Gunakan kata dari bahasa aslinya saja, karena makna kata sepadan menurut bahasa Indonesia (dan matematika) mungkin tidak sesuai dengan yang dimaksud Alkitab.

gee's picture

@ Samuel Franklyn

Adam jelas mengatakan bahwa Hawa adalah sebagian dirinya

Kejadian 2:23 : Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki."

Adam tidak mengatakan bahwa Hawa adalah sebagian dirinya. Jadi sudah di pastikan Hawa adalah penolong yang sepadan bagi Adam sendiri, karena selama hidup bersama dengan Hawa di taman Eden Adam tidak pernah mengeluh seperti saat Tuhan Allah memberikan penolong bagi Adam berupa binatang di hutan dan burung-burung di udara.

Hawa memiliki kesempurnaan seperti Adam. Manusia menolong manusia.

Binatang di hutan dan burung di udara dapat menolong Adam namun terbatas, alias kurang fleksibel. Makanya Adam mengeluh.

Anda bertanya dalam hal apa Hawa menolong Adam.

Di Alkitab tidak dijelaskan sama sekali, itulah ajaran yang sesuai Alkitab.

Kalau ingin tahu jawaban versi saya sendiri adalah Hawa dapat diajak komunikasi, bercanda, berpikir, mengisi kekosongan hari-hari Adam.

Memang enak kalau berpikir semau gue....ga ada beban asal jawab aja....

 

 

Samuel Franklyn's picture

Hawa tidak sesempurna Adam

Hawa tidak sesempurna Adam. Adam menerima rohnya langsung dari Jehovah Elohim. Sedangkan roh Hawa berasal dari Adam. Darah alias jiwa adalah sesuatu yang terbentuk ketika roh bertemu benda fisik. Jiwa Adam terbentuk ketika Jehovah Elohim menghembuskan rohnya ke debu tanah. Tubuh Hawa dibentuk cuma dari iga Adam. Iga itu tulang dan daging. Itu sebabnya Adam berkata Hawa adalah tulang dan daging milik dia. Tapi darah Hawa bukan berasal dari Adam. Darah Hawa terbentuk ketika Jehovah Elohim memasukkan roh Adam ke iga Adam. 

Samuel Franklyn's picture

Tubuh manusia dalam Alkitab

Tubuh manusia dalam Alkitab digambarkan terdiri dari 3 bagian utama: tulang, daging dan darah. Tulang dan daging Hawa sama dengan Adam. Adam sendiri mengatakan demikian. Bedanya Adam dan Hawa adalah di darah. Jiwa terkandung dalam darah itulah ajaran Alkitab.

gee's picture

@ Samuel Franklyn

Bedanya Adam dan Hawa adalah di darah. Jiwa terkandung dalam darah itulah ajaran Alkitab.

Eeeehhmmm.......

Maaf ya bagian mana yang tertulis Adam dan Hawa beda darah? Apa golongan darah Adam dan Hawa? Terus tinggian mana Adam dan Hawa? Lurus mana rambut Adam atau Hawa? Gendut siapa Adam atau Hawa?

Tidak dijelaskan sama sekali dalam Alkitab. Jadi maaf saya tidak bisa menjawab pertanyaan anda, bisakah anda menjawab semua pertanyaan saya tadi di atas?

Kalau bisa Jempol hadiahnya buat anda.

Yohanes Paulus's picture

Belum khatam

Kalo belum khatam baca Alkitab, jangan nulis analisa. Bikin renungan aja, kayak blogger-blogger berjas_dasi. Cool

Kejarlah Kasih's picture

@Samuel, sendi dan sumsum

Komentar yg mengingatkan tentang ayat tentang sendi dan sumsum, pertimbangan pikiran hati, dsb.. Apa tulang bisa diurai menjadi sendi dan sumsum?
__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

hai hai's picture

Penolong Yang Sepadan?

Tidak baik manusia itu seorang DIRI.

Aku akan menciptakan penolong yang SEPADAN baginya

TUHAN Allah lalu membangun perempuan itu dari tulang Adam

Perempuan itu namanya Hawa

Lelaki itu lalu dinamakan Adam oleh bangsa Israel dan orang Kristen

PERTANYAANNYA ADALAH:

Yang perlu PENOLONG SEPADAN itu lelaki atau UMAT manusia? bila yang perlu HANYA lelaki BISA jadi WANITA adalah PENOLONG yang dimaksudkan. Namun bila yang PERLU adalah UMAT manusia, mustahil yang dimaksudkan itu adalah makluk bernama WANITA bukan?

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

gee's picture

@ Hai hai

PERTANYAANNYA ADALAH:

Yang perlu PENOLONG SEPADAN itu lelaki atau UMAT manusia? bila yang perlu HANYA lelaki BISA jadi WANITA adalah PENOLONG yang dimaksudkan. Namun bila yang PERLU adalah UMAT manusia, mustahil yang dimaksudkan itu adalah makluk bernama WANITA bukan?

Jawabnya adalah:

Yang perlu PENOLONG SEPADAN itu lelaki atau UMAT manusia?

Kita harus melihat dari segi drama reality show-nya, saat itu Adam berada dimana ketika dia membutuhkan penolong yang sepadan bagi dirinya. Tentu saja ketika dia masih berada dalam taman Eden.

Namun lain halnya ketika Adam dan Hawa terusir dari taman Eden, Hawa tidak dapat menolong lebih, hanya sebagai ibu dari anak-anak Adam.

bila yang perlu HANYA lelaki BISA jadi WANITA adalah PENOLONG yang dimaksudkan

Hai hai anda ingin menjerumuskan saya pada pertanyaan anda. Hawa memang diciptakan oleh Tuhan Allah sebagai perempuan, dan alasannya juga tidak jelas kenapa memilih perempuan sebagai penolong yang sepadan.

Bukankah anda memahami Yin dan Yang dalam ajaran Tao. Ada baik dan jahat, ada laki-laki dan permpuan, ada negatif ada positif. Semua saling melengkapi satu sama lain. Itulah mengapa Tuhan Allah menciptakan Hawa sebagai perempuan.

Namun bila yang PERLU adalah UMAT manusia, mustahil yang dimaksudkan itu adalah makluk bernama WANITA bukan?

Semua laki-laki membutuhkan wanita untuk melengkapi hidupnya. Bukankah Hai hai juga butuh wanita? Kalau tidak kenapa anda menikah? Jadi seluruh pria hidung belang di dunia membutuhkan wanita bukan? karena untuk memuaskan nafsunya.

Lain halnya dengan pria hidung belang, setiap manusia baik itu laki-laki maupun wanita pasti ingin memiliki keturunan.

Semua umat manusia perlu dan membutuhkan wanita. Contoh Maria, dia melahirkan Yesus, bagaimana jika tidak ada Maria pasti yang dicari adalah wanita lain. Namun pada intinya Yesus dilahirkan melalui rahim seorang wanita. Jika tidak ada wanita apa jadinya dunia.

Contoh lain: Arroyo presiden wanita filipina, megawati presiden RI. Masyarakat memilih mereka untuk menjadi presiden karena diharapkan adanya perubahan.


hai hai's picture

@Gee, Parakletos

Parakletos artinya Penolong.

Gee, diskusi dengan orang-orang yang ilmunya baru seujung kuku namun lagaknya setinggi langit seperti anda memang menyebalkan. Orang-orang seperti anda menyangka dirinya HEBAT karena MAMPU menjawab pertanyaan walaupun JAWABAN itu diambil dari ENTAH berentah dan isinyangaco belo. Yang penting sudah JAWAB.

PARAKLETOS adalah penolong yang SEPADAN yang akan DIJADIKAN (ASAH) oleh TUHAN Allah dalam Kejadian 2:18. Yesus MENGETAHUINYA dan MENJANJIKAN PARAKLETOS karena Dia membaca Kejadian 2:18.

Penolong SEPADAN umat  manusia mustahil PEREMPUAN karena perempuan tidak di-ASAH namun DIBANGUN (BANAH), juga mustahil binatang karena binatang itu DIBENTUK (YATSAR) dari tanah.

satu-satunya PENOLONG yang DI-ASAH (dijadikan) oleh TUHAN Allah = Yesus Kristus = Tuhan Allah, adalah PARAKLETOS alias Roh Kudus.

kisanak, tidak sulit bukan untuk memahami ajaran Alkitab? Yang penting adalah GALI Alkitab lebih dalam secara ILMIAH.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

gee's picture

@ Hai hai, penolong

Mr. Hai hai yang baik hati dan pandai sekali, memang ilmu saya masih seujung kuku, tapi menurut saya anda pun terlalu jauh mengartikan penolong yang sepadan.

Konteks saya tidak jauh-jauh amat sebatas kejadian perjanjian lama dimana ketika Adam dan Hawa diciptakan, bukan perjanjian baru.

Kalau yang anda maksudkan roh kudus, itupun saya tahu. Tapi Roh kudus ada setelah Yesus turun kebumi. Dan disebut sebagai roh penghibur, roh penolong.

Ya maklum lha wong saya bukan pendeta Laughing

jesusfreaks's picture

kayaknya bakalan seru nihhh

nonton ahhh (mode on : nongkrong dikamar mandi)

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Yohanes Paulus's picture

pengertian sepadan

Jadi pengertian "sepadan" itu apa? Mengapa LAI menggunakan kata "sepadan" jika yang dimaksud berbeda dengan pengertian Bahasa Indonesia?

manguns's picture

sex / intercourse =dosa ? copulation pasti berdosa?

"Beranakcuculah dan bertambah banyak...".

Tapi bagaimana mungkin itu dapat terjadi, sedangkan mereka berdua tidak memiliki nafsu dalam hati dan pikiran mereka untuk melakukan sex padahal mereka sama-sama telanjang. Jika seseorang ingin memiliki keturunan bukankah harus melakukan hubungan intim dengan lawan jenisnya, akan tetapi bagaimana dengan Adam dan Hawa yang tidak tahu menahu akan hal itu. Ibarat seorang bayi atau balita yang belum tahu apapun tentang sex kecuali ada yang mengajarkan pada mereka

Tidak selalu intercourse harus didasarkan nafsu dan dikatakan berdosa.

Nafsu, birahi, dosa adalah terminologi manusia beradab. Yang tidak beradab, apakah manusia atau non manusia, tidak berlaku konsep nafsu/dosa, tapi hanya fungsi biologis dan dorongan naluri.

Balita pun (manusia) walaupun sudah diajari sex dan kamasutra, ditambah lagi diberi viagra, pasti tidak bisa intercourse, karena tidak memungkinkan secara biologis.

Phitecantropus Erectus atau Neadenthral sekalipun bisa beranakcuku tanpa dikenakan konsep nafsu dan dosa.

Jadi ayat 'beranakcuculah ..." tidak dapat dijadikan dasar bahwa Allah yang membuat Adam/Hawa berdosa. Sebelum makan buah pohon pengetahuan, bisa saja intercourse, toh bagi mereka belum dikenakan konsep baik buruk, dosa tidak.

Hmmm.. coba adam kreatif dikit, nyoba dulu makan daun pohon pengetahuan pake sambel terasi.

 

gee's picture

@ manguns

Balita pun (manusia) walaupun sudah diajari sex dan kamasutra, ditambah lagi diberi viagra, pasti tidak bisa intercourse, karena tidak memungkinkan secara biologis.

Kata siapa tidak mungkin, buktinyapun ada bahkan beritanya pun pernah masuk higga media massa. Bahkan lebih parah dari itu.

Phitecantropus Erectus atau Neadenthral sekalipun bisa beranakcuku tanpa dikenakan konsep nafsu dan dosa.

Pasti 100% Phitecanthropus Erectus juga punya nafsu, jika tidak mana mungkin akan beranakcucuk. Hewan saja punya nafsu apalagi yang lebih sempurna dari hewan.

Lain halnya dengan cacing, binatang ini termasuk hermaphrodite karena memiliki jenis kelamin ganda dan dapat membelah diri sendiri.

Omong-omong anda punya nafsu tidak?

 

manguns's picture

@gee: nggak defend statement nya? nafsu/dosa vs naluri/biologis

Anda kan bikin 3 statement: yg 1 menyalahkan Allah atas perbuatan DOSA Adam dan Hawa. Sy counter : nafsu dan dosa hanya berlaku bagi manusia yg berbudaya. Buat hewan atau balita, tidak berlaku aturan nafsu/dosa, tapi semata biologis/naluri. Bagi Adam/Hawa yg belum makan buah pohon pengetahuan, belum apply aturan dosa, krn intercourse masih sebatas naluri dan biologis.

Tertulis juga Adam/Hawa telanjang bak binatang, nggak memahami konsep malu telanjang.

Ataukah anda mau bilang: hewan dan balita punya nafsu (SEX) sehingga ber dosa (SEX)? utk mendukung statement anda: Allah yang membuat Adam/Hawa berdosa dengan perintahNya di ayat "beranakcuculah ..." valid sbg penyebab dosa adam/hawa.

Kalau memang begitu: so be it: perbedaan adalah rahmat. Alkitab boleh sama Tuhan belum tentu sama.

 

manguns's picture

Larangan is larangan, kalo nggak suka minggat

Tuhan Allah menciptakan pohon pengetahuan tentang yang baik dan jahat, entah apa maksud atas semua ini. Apakah Tuhan Allah ingin menguji sampai dimana kepatuhan Adam dan Hawa atau ingin mennunjukkan otoritasnya sebagai penguasa taman Eden? Sampai sekarang tidak ada yang tahu alasannya.

Jika memang tidak boleh dimakan lalu untuk apa pohon tersebut diciptakan, apakah hanya untuk hiasan?

Kesalahan Tuhan Allah yang kedua karena menciptakan pohon pengetahuan tentang yang baik dan jahat.

Bbe gue bikin rokok. lalu memberi larangan di rumah, 'dilarang menghisap rokok".

Sy yg menerima perintah larangan, (anggap aja masih balita) SAAT ITU tidak merasa perlu tahu lebih lanjut apa itu rokok, bagaimana dan mengapa dilarang dll. larangan is larangan. Mending maen ps.

Ketika suda dewasa, (mulai setara dg babe) mulai ngerti rokok itu dibuat untuk diisep, dijual, dan jatah preman.

Yang belum paham kenapa Allah menciptakan pohon pengetahuan, artinya masih jauh dari setara. (sama dung). Tapi pasti bukan untuk menguji atau sekedar unjuk kuasa. Ngapain juga nebak2 buah manggis mending berkarya.

Jadi pohon pengetahuan bukan juga alasan adam/hawa berdosa

Samuel Franklyn's picture

Penolong yang sepadan bagi Adam

Penolong yang sepadan bagi Adam (Umat manusia) adalah Roh Kudus bukan Hawa. Hawa tidak menolong Adam. Hawa malah memberikan buah terlarang ke Adam. Jelas itu bukan tindakan menolong. Tolong dong kalian baca Alkitabnya jangan sepotong-potong. Dibaca dari Kejadian sampai Wahyu. Kalau sudah diulang baca lagi. Sampai kalian paham gambaran besarnya bukan cuma kepingan.

Yohanes Paulus's picture

Jangan dikasih tau dulu

Samuel, Anda ga sabaran nih wkwkwkwk.

 

Rahasia ini harus ditemukan sendiri oleh seseorang.

teograce's picture

@ gee, g heran

udah lama ga buka ss, tau tau udah rame..

cuma g heran sama statement ini :

Dari semua kesimpulan di atas kita dapat mengetahui secara gamblang siapa yang membuat Adam dan Hawa berdosa, adalah:

1. Tuhan Allah
2. Pohon pengetahuan yang baik dan jahat
3. Iblis??

jelas-jelas yg mengambil keputusan untuk mengambil buah pohon itu manusia, kenapa yang laen yang disalahin.

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

gee's picture

@ teograce, sama heran

Sama saya juga heran, kenapa bisa begitu.... Tapi menurut anda siapa yang patut disalahkan?

teograce's picture

@gee

g bukan heran kenapa bisa begitu.. g heran karena g liat di profil loe, loe co.. tapi kaga ada logikanya sama sx.. menurut g sapa yang patut disalahkan? capcay dah.. g ada tulis x di comment sebelumnya.. ngomong-ngomong.. blog ini ga kalah luar biasa kq sama statement loe yang di http://www.sabdaspace.org/ajaran_iblis_kekristenan_instan#comment-92188 . Luar biasa.. Loe mikirnya pake organ hati sih x yah.. makanya kaga logis.. :p

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

manguns's picture

@teograce: pantesan

@gee: INGAT: Jika ingin selamat jangan memakai logika akan tetapi pakailah hati, karena Yesus ada di hati kita.

@gee: Kalau membicarakan hati sudah pasti yang ada dalam organ tubuh. Hati yang berfungsi memberikan perasaan2 yang selama ini kita alami, seperti senang dan sedih. Juga ketika menangis bagaimana rasa hati teograce? perih, serasa teriris? Kalau teograce bisa mengalami semua itu maka teograce akan tahu letak hati.

@gee: Lalu bagaimana dengan roh, adakah roh memiliki hati? Saya jawab roh tidak memiliki hati

Rupanya otak @gee belum tahu, 'hati' sebagai kiasan dalam bhs Ind (mis patah hati) menunjuk organ liver. Yang dalam kiasan bhs Ingris adalah heart (eng) = (mis broken heart)  menunjuk organ jantung.

Atau menurut @gee : perasaan manusia indonesia ada di liver, perasaan manusia amerika/inggris ada di jantung ... no comment dach

Kalo misalnya @gee diooperasi cangkok hati dg donor organ hati @julia perez, yg perih, serasa teriris ... siapa yach? atau kalau ada tuhan di hati juve, ikut pindah krn operasi nggak yach?

 

gee's picture

@ teograce, bahaya

Loe mikirnya pake organ hati sih x yah.. makanya kaga logis.. :p

Sebenarnya anda keliru kalo ngatain saya gak logis. Anda bisa baca semua ayat yang ada pada blog saya ini. Terus anggap aja seperti pertama kali anda membaca Alkitab, anggap aja diri anda awam tentang Alkitab, maka dari situ anda akan memiliki pemikiran sendiri. Renungkan baik-baik.

Awalnya sayapun tidak pernah melakukan hal seperti itu, baca asal baca, trus tidak pernah saya cermati dan analisa dengan seksama. Karena saya tertarik untuk ikut menganalisa isi Alkitab seperti senior2 yang ada di SS, maka saya melakukan hal itu, seolah olah saya orang awam yang barusan kenal dengan Alkitab, dan mencoba untuk tidak memahaminya sebagai orang kristen.

Menurut saya itulah logika. Karena logika itulah maka ketika semua manusia membaca Alkitab maka yang timbul adalah penafsiran maupun pemahaman yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain.

Dan berbahayanya mengurai semua isi Alkitab dengan logika adalah ketidak konsistenan yang terjadi, tetapi belepotan. Sebaliknya jika mengurai isi Alkitab menggunakan akal budi maka kebenaran akan didapatkan.

Akal budi tidak sama dengan logika. Akal budi adalah hasil dari hikmat yang diberikan oleh Allah, namun logika adalah hasil dari pemikiran manusia pribadi.


Debu tanah's picture

Gee, definisi aza salah

[Akal budi tidak sama dengan logika.

Akal budi adalah hasil dari hikmat yang diberikan oleh Allah,

namun logika adalah hasil dari pemikiran manusia pribadi. ]

 

Ngomong ama lu kayak ngomong ama anak TK, kagak nyambung!

Definisi dari mana itu? Baiknya kamu lihat kamus dulu apa itu akal budi & logika.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

gee's picture

@ debu tanah, jelaskan

Ngomong ama lu kayak ngomong ama anak TK, kagak nyambung!

Definisi dari mana itu? Baiknya kamu lihat kamus dulu apa itu akal budi & logika.

Kan udah tahu kalo saya anak TK, jadi tolong dijelaskan apa pengertian akal budi & logika menurut anda. gampang to gitu aja kok repot.

Debu tanah's picture

Gee, tidak tahu

[Kan udah tahu kalo saya anak TK  ]

 

Saya kan bilang "kayak", saya tidak tahu kl kamu anak TK, TK mana? Apa satu kelas ama anak saya ? Kl anak TK kenapa ngeblog di sini? Embarassed

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

teograce's picture

@gee, with all respect

with all respect, loe menilai diri loe terlalu tinggi. g harap loe bukan pengajar di gereja/komsel/sejenisnya. berusaha menggali alkitab ga ada salahnya. semua orang boleh. tapi yang salah adalah kalo udah salah kaga bisa dibilangin.

ngomong-ngomong, justru karena g baca blog loe, makanya g bilang loe ga logis. g rasa loe bukan co, tapi ce, as literally.

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

gee's picture

@ teograce, amazing

ngomong-ngomong, justru karena g baca blog loe, makanya g bilang loe ga logis. g rasa loe bukan co, tapi ce, as literally.

Emangnya kenapa kalo cowok atau cewek? anda alergi sama cowok ya? Embarassed

Huanan's picture

Kesalahan Tuhan ?

Kesalahan Tuhan Allah yang kedua karena menciptakan pohon pengetahuan tentang yang baik dan jahat.

di Kejadian 2:17 dikatakan : "tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."  

Jelas2  si Adam yg melanggar perintah Tuhan, kok jadi Tuhan yg anda salahkan ?


Jika memang tidak boleh dimakan lalu untuk apa pohon tersebut diciptakan, apakah hanya untuk hiasan?

Saya kutip dari pernyataan anda : "Hanya Tuhan Allah yang tahu jawabannya."

Pertanyaan yang sampai sekarang belum pernah terjawab. Mengapa Adam dan Hawa sama sekali tidak diberi kesempatan untuk hidup lagi di taman Eden pada saat itu, tetapi kenapa justru diusir dari taman Eden?

Tuhan mempunyai suatu ketetapan /rule/system. Ngak kayak kita manusia :" yah uda deh gw maapin". Bukankah setelah kejatuhan Manusia di tamen eden Tuhan sudah mempersiapkan Adam yg ke 2 ( Yesus) yg dikorbankan untuk menebus dosa dari nenek moyang kita si Adam ? dan untuk  mengembalikan manusia kembali pada rancangan Allah semula ?

 


__________________

Huanan

gee's picture

@ Huanan, bukan 100% kesalahan Tuhan

Jelas2  si Adam yg melanggar perintah Tuhan, kok jadi Tuhan yg anda salahkan ?

Adam memang melanggar perintah Tuhan dengan makan buah pengetahuan yang baik dan jahat. Tapi disini juga bukan 100% keslahan Tuhan.

Ketika di taman Eden sebelum Adam dan Hawa makan buah pengetahuan yang baik dan jahat mereka tidak memiliki pengetahuan tentang yang baik dan jahat. Tetapi bagaimana dengan Tuhan Allah? Dia mengetahui yang baik dan jahat. Ini yang membuat saya semakin penasaran.

Ataukah mungkin seperti halnya manusia terkadang keliru dalam bicara, atau berjanji tapi meleset. Sperti itulah yang ada dalam benak saya.

Tuhan mempunyai suatu ketetapan /rule/system. Ngak kayak kita manusia :" yah uda deh gw maapin". Bukankah setelah kejatuhan Manusia di tamen eden Tuhan sudah mempersiapkan Adam yg ke 2 ( Yesus) yg dikorbankan untuk menebus dosa dari nenek moyang kita si Adam ? dan untuk  mengembalikan manusia kembali pada rancangan Allah semula ?

Betul sekali. Bagaimana kalau ternyata Tuhan turun kebumi guna alih-alih tidak hanya menebus dosa manusia tapi juga menebus kesalahan-Nya juga sewaktu Dia keliru di taman Eden. Mungkinkah?


nich.tantan's picture

@ gee

pertanyaan buat u gee...

kamu percaya ga sih sepenuhnya ama Tuhan?

teograce's picture

@nich.tantan

kalo ga salah, terakhir x g nanya loe, apakah loe orang lama yg pake nick baru.. eh loe ga jawab.. so? kepo aja sih..

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

Yohanes Paulus's picture

suka

suka stok lama ya? kok nanya-nanya?

teograce's picture

curiousity

curiousity kills the cat.. i don't want it to kill me.. :p

penasaran aja sih.. keknya g tau orangnya.. gaya ngomongnya itu lhoo... n statement awal dia tntng menjadi berkat.. tentang kalimat "orang kristen saling menyerang", bla3...

it simply is curiousity.. :D

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

gee's picture

@ nich.tantan, 100% ya

kamu percaya ga sih sepenuhnya ama Tuhan?

Tolong jangan tanyakan hal yang satu itu, karena memang saya percaya dengan Tuhan 100%. Karena Tuhan adalah segalanya bagiku, tanpa Dia hidupku tak kan berarti, aku hanya mengandalkan Dia, karena Dia satu-satunya yang paling berharga bagiku.

I loves Jesus Christ

jesusfreaks's picture

@gee : TUHAN tidak bisa disalahkan

Gee...gee...

TUHAN tidak bisa disalahkan, tapi bisa jadi DIA merasa bersalah, makanya DIA korbankan AnakNYA Yesus. heheheh

Maaf koment iseng azaaa...

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

gee's picture

@ jesusfreaks, setuju

TUHAN tidak bisa disalahkan, tapi bisa jadi DIA merasa bersalah, makanya DIA korbankan AnakNYA Yesus. heheheh

Setuju sekali, kuran lebih seperti itulah yang saya pikirkan. Smile

smile's picture

Gee,become faith crisis

Ah, Gee, make it simple,....jangan jadi bahan pemikiran, biasanya ga bertumbuh, malah bisa jadi krisis iman....

just sharing...

Smile

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"