Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

apakah nafas hidup = roh kudus, a question for all especially tante paku

antonic's picture

tante krn kita dah diusir sama bengcu, kita pindah lapak. besi menajamkan besi, saya bertanya utk menajamkan intuisi.

antonic bertanya: 

jika adam itu trikotomi, alias tubuh + jiwa + nafas hidup, lalu mengapa ia disebut binatang padang, alias ular? bukankah semua binatang adalah dikotomi? apa benar nafas hidup=roh kudus?

kej 3:1 Adapun ular  ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: "Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman   ini jangan kamu makan buahnya, bukan?" 

tante paku menjawab: 

 

Sebenarnya kalau membaca blog-blognya Hai Hai yang membahas itu sudah jelas, sayangnya Anda rupanya belum terbiasa membaca hal demikian jadi selalu berulang pertanyaan tersebut.

A : jika adam itu trikotomi, alias tubuh + jiwa + nafas hidup, lalu mengapa ia disebut binatang padang, alias ular?

TP : JIKA ndak usah pakai JIKA, memang Adam dipanggil ular karena memang Adam adalah makluk paling cerdik di antara segala makluk.

A : bukankah semua binatang adalah dikotomi?

TP : Benar, apa ada masalah?

A : apa benar nafas hidup=roh kudus?

TP : Dalam konteks Adam, nafas hidup adalah sebagian YHWH yang bersama dalam diri Adam. Adakah makluk lain yang dapat  hembusan langsung nafas hidup lewat hidungnya?

kej 3:1 Adapun ular  ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: "Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman   ini jangan kamu makan buahnya, bukan?"

TP :Bagaimana si ULAR bisa mengetahui jika TUHAN Allah memberi perintah seperti itu? Kalau kembali kepada kronologis nya jika si ular itu adalah ular sejati, bagaimana caranya dia bisa mengetahui perintah dan larangan yang diberikan oleh TUHAN ALLAH.
?

Silahkan berfikir Antonic, sumonggo.

===================================

tante anda benar memang Adam dipanggil ular karena memang Adam adalah makluk paling cerdik di antara segala makluk. tp masalahnya yg anda tak ketahui adalah bhw SEMUA BINATANG ITU DIKOTOMI, adam dipanggil ular, bahkan sampai ke ujung alkitab, iblis itu disebut, ular tua, naga merah dlsbnya. artinya tanpa ragu kita menarik kesimpulan bhw adam=ular=dikotomi. 

kenapa anda dan hai2 mengajarkan bhw adam itu TRIKOTOMI? saya rasa anda telah terlalu yakin bhw nafas hidup=roh kudus. KARENA JIKA YG DIHEMBUSKAN ADALAH ROH KUDUS, BUKANKAH IA TAK SEHARUSNYA DISEBUT ULAR yg adalah dikotomi yg tak mungkin memiliki roh kudus?

lalu anda 'nekad' menulis: Dalam konteks Adam, nafas hidup adalah sebagian YHWH yang bersama dalam diri Adam. Adakah makluk lain yang dapat  hembusan langsung nafas hidup lewat hidungnya?

tidak ada satu ayatpun yg  menjelaskan bhw nafas hidup adalah sebagian yhwh yg bersama dlm diri adam, kecuali anda dpt menunjukkannya. yg paling parah adalah anda bertanya Adakah makluk lain yang dapat  hembusan langsung nafas hidup lewat hidungnya?

bagi saya tidak masalah entah kah ada mahluk lain yg dpt hembusan langsung lwt hidungnya atau lewat anusnya, yg jd masalah adalah APA KAH YG DIHEMBUSKAN ITU? apa benar yg dihembuskannya adalah roh kudus?

tentu anda hafal benar ayat ini: 1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.
bukankah di ayat ini Allah baru mencipta manusia menurut GAMBARNYA? apa kah gambar allah? jika Allah adalah Roh, bukankah adam baru dicipta Roh nya? bukankah itu yg dihembuskan Tuhan Allah ke dalam debu tanah tsb? roh adam shg ia menjadi mahluk hidup. ruwach / roh membuat anda dan semua binatang hidup. bukan begitu tante?...monggo...

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

Veritas's picture

@ Antonio Banderas.. Anda Lucu :))

bagi saya tidak masalah entah kah ada mahluk lain yg dpt hembusan langsung lwt hidungnya atau lewat anusnya, yg jd masalah adalah APA KAH YG DIHEMBUSKAN ITU? apa benar yg dihembuskannya adalah roh kudus?


Hahahahaha...baunya beda kalau beda lobang :))

 

Btw, mengembusi cuma 2 kali terjadi setahu saya. Pertama waktu Adam lewat hidung, kedua Yesus mengembusi Murid2nya dengan Roh Kudus.

Adam diembusi dengan nafas hidup, murid-murid Yesus diembusi Yesus dengan Roh Kudus.

Nah, setelah diembusi, ada kasus lagi yaitu Pentakosta. Mereka Terima Roh Kudus seperti Lidah Api. Apakah dapat 2 kali?

Apa mungkin kayak kerfur, beli satu dapat 2. Kalau ini dapat satu dapat 2.

Anyway... Saya minta izin jadi penonton duel maut Tante Paku dan Antonio Banderas.

PS : Belakangan ini jadi banyak pertarungan, jagoan2 ga jelas bermunculan. Hmmm..makin asyik banyak tontonan :)

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

antonic's picture

@veritas

dr contoh yg anda ambil jelas sekali yesus berkata: terimalah roh kudus. jadi anda tak perlu bertanya lg APA yg dihembuskan oleh yesus kpd murid2.

sedangkan dlm hal penciptaan adam jelas sekali yg dihembuskan adalah nafas hidup, anda tak dpt mempersamakan nafas hidup adalah roh kudus dr CARA penghembusannya bukan?. krn alibi tsb terlalu lemah. anda hrs mengajukan bukti2 bhw yg dihembuskannya adalah roh kudus, krn saya belum menemukan bhw nafas hidup adalah roh kudus.

anda tau daud bukan? dia tak pernah dihembusi nafas hidup dr hidungnya. tp memang nabi samuel mengurapinya dg minyak, apa anda berani berkata bhw daud tak penuh roh kudus? krn yesus MENGHEMBUSI murid dg roh kudus lalu si tante genit ini menarik kesimpulan nafas hidup=roh kudus? dr contoh daud kesamaan CARA bukanlah ukuran menarik kesimpulan.

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

Tante Paku's picture

Antonic belajarlah membaca yg teliti

Setelah itu traktir Tante ngopi dech.

Kalau begitu langsung saja deh, saya menjawab apa yang ingin kau tahu.

Antonic : tante anda benar memang Adam dipanggil ular karena memang Adam adalah makluk paling cerdik di antara segala makluk. tp masalahnya yg anda tak ketahui adalah bhw SEMUA BINATANG ITU DIKOTOMI, adam dipanggil ular, bahkan sampai ke ujung
alkitab, iblis itu disebut, ular tua, naga merah dlsbnya. artinya tanpa ragu kita menarik kesimpulan bhw adam=ular=dikotomi.

TP : Allah menjadikan segala jenis binatang liar dan segala jenis ternak dan segala jenis binatang melata (REMES) di muka bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Kejadian 1:25

Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: “Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah engkau akan menjalar (HALAK) dan debu tanahlah akan kaumakan seumur
hidupmu. Kejadian 3:14

Ketika mereka mendengar bunyi langkah TUHAN Allah, yang berjalan-jalan (HALAK) dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia dan isterinya itu terhadap TUHAN Allah di antara pohon-pohonan dalam taman. Kejadian 3:8


Perhatikan KETIGA ayat tersebut di atas. HALAK (berjalan) bukan REMES (malata) NACHAS (HALAK) sedangkan ULAR MELATA (REMES).

Semua binatang dikotomi, namun Adam adalah Ular alias NACHAS alias HALAK, sedangkan ULAR MELATA dari kata REMES. Dengan demikian, silahkan tanpa ragu untuk menarik kesimpulan kalau Adam = ular = dikotomi, memangnya Adam bisa melingkar-lingkar
di atas PAGER ya?

Alkitab sama sekali tidak mengajarkan bahwa ULAR adalah Adam. Yang diajarkan Alkitab adalah: NACHAS adalah Adam. Itu sebabnya dikatakan bahwa NACHAS alias ADAM adalah yang PALING CERDIK di antara SEGALA MAHKLUK HIDUP ciptaan TUHAN Allah. Untuk CERDIK perlu AKAL BUDI. Satu-satunya makluk yang berakal budi adalah MANUSIA.

Antonic : kenapa anda dan hai2 mengajarkan bhw adam itu TRIKOTOMI? saya rasa anda telah terlalu yakin bhw nafas hidup=roh kudus. KARENA JIKA YG DIHEMBUSKAN ADALAH ROH KUDUS, BUKANKAH IA TAK SEHARUSNYA DISEBUT ULAR yg adalah
dikotomi yg tak mungkin memiliki roh kudus?

TP : Kalau baca blognya Hai Hai itu YANG TELITI, siapa yang mengajarkan nafas hidup = roh kudus?  Jangan buru-buru menuduh sebelum paham benar dengan apa yang sudah
dituliskan.

Antonic : lalu anda 'nekad' menulis: Dalam konteks Adam, nafas hidup adalah sebagian YHWH yang bersama dalam diri Adam. Adakah makluk lain yang dapat  hembusan langsung nafas hidup lewat hidungnya?

tidak ada satu ayatpun yg  menjelaskan bhw nafas hidup adalah sebagian yhwh yg bersama dlm diri adam, kecuali anda dpt menunjukkannya. yg paling parah adalah anda bertanya Adakah makluk lain yang dapat  hembusan langsung nafas hidup lewat hidungnya?

TP : Memang tidak ada ayat yg menjelaskan itu, namun saya memahaminya demikian. Apakah tidak boleh bertanya seperti itu ketika Anda tidak mampu memahami "kesaktian' YHWH? Ha ha ha ha ha ha.................

Antonic : bagi saya tidak masalah entah kah ada mahluk lain yg dpt hembusan langsung lwt hidungnya atau lewat anusnya, yg jd masalah adalah APA KAH YG DIHEMBUSKAN ITU? apa benar yg dihembuskannya adalah roh kudus?

TP :Kalau tidak ada masalah ya sudah. Sekali lagi, anda juga nekad bertanya dari hal yang tidak dituliskan, benar-benar parah lho.

Antonic : tentu anda hafal benar ayat ini: 1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

bukankah di ayat ini Allah baru mencipta manusia menurut GAMBARNYA? apa kah gambar allah? jika Allah adalah Roh, bukankah adam baru dicipta Roh nya? bukankah itu yg
dihembuskan Tuhan Allah ke dalam debu tanah tsb? roh adam shg ia menjadi mahluk hidup. ruwach / roh membuat anda dan semua binatang hidup. bukan begitu tante?...monggo...

TP : Coba baca lagi yang teliti deh, Allah menciptakan baru menurut gambar-Nya, belum menurut rupa-Nya. Lalu ayat mana yg menuliskan Roh Kudus yg dihembuskan TUHAN Allah ke dalam debu tanah?

Ada DUA jenis manusia yang diciptakan oleh Allah. Yang pertama adalah DIA dan yang kedua adalah MEREKA. DIA artinya hanya ada SATU. Mereka artinya LEBIH DARI SATU. DIA tidak disebutkan JENIS kelaminnya. MEREKA jenis kelaminnya LAKI-LAKI dan
PEREMPUAN. DIA diciptakan menurut gambar Allah. MEREKA tidak diciptakan menurut gambar Allah. Siapakah DIA? Siapakah MEREKA?

Sebenarnya blognya Hai Hai sudah mengupas tuntas itu semua, entah kenapa anda belum menemukannya, itu karena kurang ketelitian anda, jadi Bengcu MENGUSIR anda ketika bertanya yang benar-benar parah pertanyaannya. Sebab yang ditanyakan benar-benar menunjukkan anda tidak membaca blognya dengan TELITI, padahal sudah dijelaskan dengan gamblang. 

Yah, apa boleh buat, cara orang belajar itu memang berbeda-beda.

 

__________________

Semoga Bermanfaat Walau Tidak Sependapat

antonic's picture

@tante teliti

soal kopi, sy suka kopi sidikalang. agak mahal dikit ora opo2, asal gw puas, ntar gw traktir ngopi di pojokon.

sebelum ngopi gw mencoba membuka mata gw dg teliti, inilah tulisan tante:

Semua binatang dikotomi, namun Adam adalah Ular alias NACHAS alias HALAK,

lalu tante menulis lagi:

Alkitab sama sekali tidak mengajarkan bahwa ULAR adalah Adam. Yang diajarkan Alkitab adalah: NACHAS adalah Adam.

coba tante plototin tulisan tante sendiri deh krn yg pertama jelas sekali tante menulis adam adalah ular alias nachas yg halak (berjalan), lalu dikalimat kedua tante ini berlaku genit yg bikin pusing, krn mengatakan alkitab tidak mengajarkan ular adalah adam, lalu yg anda tulis adam adalah ular alias nachas, bukan ajaran alkitab donk..haha...tante i m warning u klo mau adu teliti, gualah orang yg tepat utk anda. haha...

tante nachas itu ular loh, krn ketika musa melemparkan tongkatnya, maka tongkatnya berubah jadi NACHAS (ular) loh, gak berubah jd adam... ular adalah ular, adam adalah adam, adam di sebut ular krn kelakuannya bukan?

sbg contoh kecil, waktu saya bilang tante makannya kayak babi, bukankah saya sedang mempersamakan kelakuan MAKAN tante yg rakus SEPERTI babi? tante bukan babi tp kelakuan makannya saya persamakan dg babi, itulah sebabnya saya MENYEBUT tante sbg babi, inti pertanyaan saya di atas adalah mengapa adam di sebut ular atau dipersamakan dg ular?

tp bukan soal kelakuannya saja, krn ayat alkitab lain menjelaskan binatang dan manusia ada kesamaan lainnya yaitu, NASIB, DEBU dan NAFAS nya.

3:19 Karena nasib   manusia adalah sama dengan nasib binatang, nasib yang sama menimpa mereka; sebagaimana yang satu mati, demikian juga yang lain  . Kedua-duanya mempunyai nafas yang sama, dan manusia tak mempunyai kelebihan atas binatang, karena segala sesuatu adalah sia-sia.

3:20 Kedua-duanya menuju satu tempat; kedua-duanya terjadi dari debu dan kedua-duanya kembali  kepada debu.

jika debu dan nafas nya sama, bukankah materi di dalamnya sama, itulah mengapa saya bertanya, mengapa anda nekad mengatakan adam adalah TRIKOTOMI, krn pengkotbah mengatakan dg jelas bhw DEBU dan NAFAS nya sama, alias DIKOTOMI.

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

Tante Paku's picture

Antonic dipersamakan dengan ular to?

Antonic : Alkitab sama sekali tidak mengajarkan bahwa ULAR adalah Adam. Yang diajarkan Alkitab adalah: NACHAS adalah Adam.

coba tante plototin tulisan tante sendiri deh krn yg pertama jelas sekali tante menulis adam adalah ular alias nachas yg halak (berjalan), lalu dikalimat kedua tante ini berlaku genit yg bikin pusing, krn mengatakan alkitab tidak mengajarkan ular adalah adam, lalu yg anda tulis adam adalah ular alias nachas, bukan ajaran alkitab donk..haha...tante i m warning u klo mau adu teliti, gualah orang yg tepat utk anda. haha...

tante nachas itu ular loh, krn ketika musa melemparkan tongkatnya, maka tongkatnya berubah jadi NACHAS (ular) loh, gak berubah jd adam... ular adalah ular, adam adalah adam, adam di sebut ular krn kelakuannya bukan?

sbg contoh kecil, waktu saya bilang tante makannya kayak babi, bukankah saya sedang mempersamakan kelakuan MAKAN tante yg rakus SEPERTI babi? tante bukan babi tp kelakuan makannya saya persamakan dg babi, itulah sebabnya saya MENYEBUT tante sbg babi, inti pertanyaan saya di atas adalah mengapa adam di sebut ular atau dipersamakan dg ular?

TP : Nah, masih bingung kan? Sudah saya duga sebelumnya, ente pasti akan terpaku dengan kalimat itu ha ha ha ha ha....................Bukankah benar Alkitab tidak mengajarkan Ular adalah Adam? Bingung? Ha ha ha ha ha.........TAFSIRAN Nachas
adalah ULAR yang bisa melingker-lingker di atas pager. Bandingkan pula dengan TAFSIRAN bahwa NACHAS adalah ULAR yang DIRASUKI oleh Malaikat JAHAT.

Mana ada ajaran Kelakuan Adam dipersamakan dengan ular?

Ular di dalam Kejadian 3:1 bukan binatang ular yang ada di dunia, bukan ular yang kita ketahui. Semua binatang di bumi tidak memiliki AKAL BUDI itu sebabnya mustahil disebut CERDIK. Kata Ular adalah nama pribadi, bukan nama jenis binatang seperti yang dipahami saat ini. Nama ular diberikan oleh perempuan itu kepada suaminya. Nama itu terus melekat atau digunakan untuk Iblis hingga akhir jaman (Wahyu 12:9). Kenapa demikian?

 Karena Kejadian 2:19 mencatat bahwa TUHAN Allah memberi manusia KUASA untuk memberi nama kepada makluk berjiwa hidup (Nephes chay). Karena laki-laki itu adalah satu-satunya makluk berjiwa hidup (Nephes chay) maka dapat disimpulkan
bahwa laki-laki itulah yang dinamai Ular oleh perempuan itu.

Lalu firman-Nya kepada manusia (Adam) itu: “Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu (ishshah) dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan
bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu: semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu; dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau
debu dan engkau akan kembali menjadi debu.” Kejadian 3:17-19

Adam bukan nama PRIBADI namun nama JENIS makluk hidup yaitu MANUSIA. Itu sebabnya kutukan terhadap ADAM alias manusia tidak hanya dialami oleh manusia pertama saja namun dialami oleh seluruh umat manusia.

Nachas MUSTAHIL Ular:

1. Ular mustahil paling cerdik di antara binatang
2. Ular mustahil paling cerdik di antara makluk hidup
3. Ular MELATA (REMES) bukan BERJALAN (HALAK) dengan perut
4. Ular tidak makan debu tanah
5. Tidak ada permusuhan antara keturunan Hawa dan ular itu sebabnya tidak ada perang manusia VS ular.
6. Yesus tidak pernah meremukkan kepala ular.
7. Yesus tidak pernah digigit ular

 Nachas PASTI Adam PERTAMA

1. Nachas paling cerdik di antara segala makluk
2. Manusia adalah keturunan Nachas namun juga keturunan Perempuan. Itu sebabnya permusuhan dan peperangan selalu terjadi antara manusia VS manusia.
3. Semua manusia yang dilahirkan PEREMPUAN adalah keturunan Nachas
4. Yang dilahirkan PEREMPUAN namun bukan keturunan Nachas adalah Yesus. Itu sebabnya 3 kali Yesus menyangkal diri-Nya disebut manusia sebab Dia adalah ANAK MANUSIA.

Antonic : tp bukan soal kelakuannya saja, krn ayat alkitab lain menjelaskan binatang dan manusia ada kesamaan lainnya yaitu, NASIB, DEBU dan NAFAS nya.

3:19 Karena nasib   manusia adalah sama dengan nasib binatang, nasib yang sama menimpa mereka; sebagaimana yang satu mati, demikian juga yang lain  . Kedua-duanya mempunyai nafas yang sama, dan manusia tak mempunyai kelebihan atas binatang,
karena segala sesuatu adalah sia-sia.

3:20 Kedua-duanya menuju satu tempat; kedua-duanya terjadi dari debu dan kedua-duanya kembali  kepada debu.jika debu dan nafas nya sama, bukankah materi di dalamnya sama, itulah mengapa saya bertanya, mengapa anda nekad mengatakan
adam adalah TRIKOTOMI, krn pengkotbah mengatakan dg jelas bhw DEBU dan NAFAS nya sama, alias DIKOTOMI.

TP : ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang BERJIWA hidup. Kejadian 2:7

Ketika selesai dibentuk dari debu tanah, manusia itu adalah MAKLUK BERJIWA (CHAY <02416>). Setelah menerima Nafas Hidup (N@SHAMAH <05397> CHAY <02416>) maka manusia pun menjadi MAKLUK BERJIWA HIDUP (NEPHES <05315> CHAY <02416>).

Berikut ini adalah makluk-makluk yang dikehendaki oleh Allah agar dikeluarkan oleh BUMI:

-   Makluk Berjiwa Hidup (NEPHES <05315> CHAY <02416>)    - -  
-   Binatang berkaki (B@HEMAH <0929>)
-   Binatang Melata (REMES <07431>)
-   Makluk Berjiwa (CHAY <02416>)

Jadi Antonic, jangan WATON NRYUDUK  wae kalau membuat kesimpulan, apa kalau sudah punya debu dan nafasnya sama itu PASTI SAMA?

Ini saya COPASKAN apa yang sudah ditulis Hai Hai dengan jelas :

"Alkitab mengajarkan dengan gamblang bahwa manusia adalah DIKOTOMI yang terdiri dari TUBUH dan JIWA. Alkitab juga mengajarkan dengan tegas bahwa manusia adalah TRIKOTOMI yang terdiri dari TUBUH dan JIWA serta ROH KUDUS. Namun tidak ada satu ayat Alkitabpun yang mengajarkan bahwa Manusia adalah DIKOTOMI yang terdiri dari PRIBADI dan HAKEKAT."

__________________

Semoga Bermanfaat Walau Tidak Sependapat

antonic's picture

tante sulit mencerna yah?

Adam bukan nama PRIBADI namun nama JENIS makluk hidup yaitu MANUSIA.

anda ngaco! Nachas = ular. buktinya banyak saya kasih contoh ketika musa melemparkan tongkat ke tanah maka tongkat berubah jadi ular (Nachas). ular yg JELAS2 bisa MELINGKAR2 dipagar rumah tante.

jelas hawa MEMPERSAMAKAN adam dg ular, drmana dia tahu ttg ular yg bisa melingkar2 itu? tentu setelah melihat ular yg melingkar2 itu dan memberinya nama.

2:19 Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan   dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan   manusia itu kepada tiap-tiap makhluk   yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.

===============

Ketika selesai dibentuk dari debu tanah, manusia itu adalah MAKLUK BERJIWA (CHAY <02416>). Setelah menerima Nafas Hidup (N@SHAMAH <05397> CHAY <02416>) maka manusia pun menjadi MAKLUK BERJIWA HIDUP (NEPHES <05315> CHAY <02416>).

tante baca dg teliti ketika membentuk binatang hutan dan burung  di kej 2:19 tersebutpun kata tiap-tiap makhluk   yang hidup diterjemahkan dari kata NEPHES CHAY. adam bukan satu2nya makhluk yg memiliki nephes chay.

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

Tante Paku's picture

Ayo ngaco lagi antonic

Antonic :

anda ngaco! Nachas = ular. buktinya banyak saya kasih contoh ketika musa melemparkan tongkat ke tanah maka tongkat berubah jadi ular (Nachas). ular yg JELAS2 bisa MELINGKAR2 dipagar rumah tante.

jelas hawa MEMPERSAMAKAN adam dg ular, drmana dia tahu ttg ular yg bisa melingkar2 itu? tentu setelah melihat ular yg melingkar2 itu dan memberinya nama.

2:19 Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan   dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan   manusia itu kepada tiap-tiap makhluk   yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.

TP : Semua makluk hidup yang DIBENTUK oleh TUHAN Allah (YHWH Elohim) di taman Eden adalah CHAY (makluk hidup), sementara binatang-binatang yang DIJADIKAN oleh Allah di bumi pada hari keenam tidak pernah disebut CHAY. Adam adalah SATU-SATUNYA makluk hidup (chay) yang diberi NAFAS HIDUP (Nashamah Chay).

Biarlah segala yang bernafas memuji TUHAN! Haleluya! Mazmur 150:6

Frasa "Yang bernafas" diterjemahkan dari kata Ibrani NASHAMAH <05397>. Kata TUHAN di dalam ayat tersebut diterjemahkan dari kata Ibrani YAH <003050).  Haleluya diterjemahkan dari dua kata yaitu: HALAL <01984) - MEMUJI dan YAH <03050> - YHWH.

Ada BINATANG, ada MAKLUK BERJIWA (CHAY) dan ada NEPHES CHAY yang memiliki NASHAMAH CHAY. KETIGANYA adalah makluk hidup di dalam pandangan MANUSIA. Yang memuji TUHAN (YHWH) hanya SATU JENIS yaitu NASHAMAH.

Anda semakin ngaco dah,  sudah dijelaskan pada komentar di atas ternyata dilewati begitu saja, Nachas paling cerdik di antara segala makluk, apakah nachasnya si Musa itu cerdik? Dimana kecerdikannya dibandingkan dengan nachas yg di taman eden?

Jangan-jangan ularnya Musa pinjam ularmu yang bisa melingker-lingker jadi simbol apotik tuh?

 

__________________

Semoga Bermanfaat Walau Tidak Sependapat

Veritas's picture

@ TanPa ... Halak

Halak dipakai beberapa kali dan melekat dengan subjek seperti : you dan she 

Alkitab bahasa Inggris mencatat artinya sebagai : Go (pergi).

Go atau pergi adalah netral. Kalau merayap dalam bahasa Inggrisnya adalah creep.

Terjemahan bahasa Indonesia untuk Halak adalah Merayap.

Selain Go bisa juga Walk/Move/Depart, tapi Kitab Bahasa Inggris menerjemahkan sebagai Go bukan walk sebab Nachash ini bukan ular generik seperti snake tapi serpent. Bahasa Inggris tidak pernah menerjemahkan sebagai Creep (merayap).

http://www.sabda.org/sabdaweb/tools/lexicon/?w=03212

Dengan "Torso"-mu engkau akan "Pergi".

Karena kata "Halak" diikuti oleh "gachown" maka terjemahan yang tepat adalah Go bukan walk, sebab identifikasi bahwa serpent merupakan binatang yang assosiasinya ular maka apabila diterjemahkan pakai kata walk menjadi tidak relevan, sebab ular tidak pernah berjalan tapi merayap. Oleh sebab itu pemilihan kata Go lebih relevan.

-------------------------

Monggo dilanjut....

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

antonic's picture

@tante teliti 2

TP : Coba baca lagi yang teliti deh, Allah menciptakan baru menurut gambar-Nya, belum menurut rupa-Nya. Lalu ayat mana yg menuliskan Roh Kudus yg dihembuskan TUHAN Allah ke dalam debu tanah?

Ada DUA jenis manusia yang diciptakan oleh Allah. Yang pertama adalah DIA dan yang kedua adalah MEREKA. DIA artinya hanya ada SATU. Mereka artinya LEBIH DARI SATU. DIA tidak disebutkan JENIS kelaminnya. MEREKA jenis kelaminnya LAKI-LAKI dan
PEREMPUAN. DIA diciptakan menurut gambar Allah. MEREKA tidak diciptakan menurut gambar Allah. Siapakah DIA? Siapakah MEREKA?

heheh...saya itu pernah ngejar si bengcu, guru anda yg menuliskan hal yg sama, klo gak salah lapan jg menanyakan hal yg sama, tp si bengcu berlaku spt bencong yg lari dikejar kamtib. klo dia belum mengajarkan kesalahan apa yg terkandung di dalam kalimat anda yg saya kasih garis tebal diatas, saya akan tunjukkan kpd anda.

1:27 Maka Allah menciptakan  manusia  itu menurut gambar-Nya,   menurut gambar Allah   diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan   diciptakan-Nya mereka.

klo anda teliti terjemahan aslinya maka akan gamblang sekali kesalahan anda dan bengcu.

Maka Allah menciptakan  manusia  itu menurut gambar-Nya, menurut gambar
<0430>         <01254>        <0120>                <06754>                     <06754>
               

Allah        diciptakan-Nya    dia;  laki-laki  dan   perempuan  diciptakan-Nya mereka.
<0430>         <01254>                  <02145>             <05347>           <01254>



tante bukankah anda mengajari saya untuk teliti? apa teliti tidak berlaku buat anda?, dr mana ajaran yg mengatakan ada 2 jenis manusia yg pertama adalah DIA? dan yg ke dua adalah mereka? baca bahasa aslinya, tidak ada KATA dia, bahasa ibrani tidak menulis kata DIA, dan kata mereka, namun bahasa indonesia menterjemahkannya. silahkan anda cek lagi.
apa anda juga berspekulasi spt bengcu, bhw Dia adalah yesus sementara mereka adalah adam dan hawa? saya tegaskan, jika anda teliti justru ayat itu mengajarkan spekulasi itu salah, mungkin anda akan menghindar dan berkata itu bukan ajaran saya, itu urusan anda dan bengcu bukan? krn alkitab mengajarkan tidak ada kata dia dan mereka, artinya yg diciptakan sbg manusia adalah benar LAKI2 dan PEREMPUAN saja, tidak ada Dia dan mereka.


saya takut anda pun berlaku spt bencong dg menuliskan kalimat2 ini:

Antonic : bagi saya tidak masalah entah kah ada mahluk lain yg dpt hembusan langsung lwt hidungnya atau lewat anusnya, yg jd masalah adalah APA KAH YG DIHEMBUSKAN ITU? apa benar yg dihembuskannya adalah roh kudus?

TP :Kalau tidak ada masalah ya sudah. Sekali lagi, anda juga nekad bertanya dari hal yang tidak dituliskan, benar-benar parah lho.

kalau anda mengajarkan apa yg tidak ada di alkitab soal dia dan mereka, itu MASALAH bagi saya. atau saya biarkan saja supaya anda bebas menipu?

========

TP : Coba baca lagi yang teliti deh, Allah menciptakan baru menurut gambar-Nya, belum menurut rupa-Nya. Lalu ayat mana yg menuliskan Roh Kudus yg dihembuskan TUHAN Allah ke dalam debu tanah?

tante jelas2 bengcu mengajarkan adam itu trikotomi, itu artinya jelas2 bhw ia mempersamakan nafas hidup dg roh kudus. ini tulisannya di blog diofitisisme. 

Adam adalah TRIKOTOMI karena terdiri dari tubuh jiwa serta Nafas Hidup (nashamah chay).

Manusia Perjanjian Baru adalah dikotomi karena terdiri dari dari TUBUH (soma) dan JIWA (psuche) namun anak-anak Allah adalah trikotomi karena terdiri dari TUBUH (soma) dan JIWA (psuche) serta Roh (Pneuma) alias ROH alias Roh Kudus. Roh Kudus adalah Anak Allah.


__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

Tante Paku's picture

Antonic dia memang ada kok.

Antonic : tante bukankah anda mengajari saya untuk teliti? apa teliti tidak berlaku buat anda?, dr mana ajaran yg mengatakan ada 2 jenis manusia yg pertama adalah DIA? dan yg ke dua adalah mereka? baca bahasa aslinya, tidak ada KATA dia, bahasa ibrani tidak menulis kata DIA, dan kata mereka, namun bahasa indonesia menterjemahkannya. silahkan anda cek lagi.
apa anda juga berspekulasi spt bengcu, bhw Dia adalah yesus sementara mereka adalah adam dan hawa? saya tegaskan, jika anda teliti justru ayat itu mengajarkan spekulasi itu salah, mungkin anda akan menghindar dan berkata itu bukan ajaran saya, itu urusan anda dan bengcu bukan? krn alkitab mengajarkan tidak ada kata dia dan mereka, artinya yg diciptakan sbg manusia adalah benar LAKI2 dan PEREMPUAN saja, tidak ada Dia dan mereka.

TP : Apakah anda meyakini kalau Yesus Anak Allah? Kalau anda meyakini demikian, Yesus Kristus bukan keturunan MEREKA alias Adam dan Hawa.

1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

 

 

__________________

Semoga Bermanfaat Walau Tidak Sependapat

hai hai's picture

@antonic, LAI Ngaco Belo?

antonic: tante bukankah anda mengajari saya untuk teliti? apa teliti tidak berlaku buat anda?, dr mana ajaran yg mengatakan ada 2 jenis manusia yg pertama adalah DIA? dan yg ke dua adalah mereka? baca bahasa aslinya, tidak ada KATA dia, bahasa ibrani tidak menulis kata DIA, dan kata mereka, namun bahasa indonesia menterjemahkannya. silahkan anda cek lagi.apa anda juga berspekulasi spt bengcu, bhw Dia adalah yesus sementara mereka adalah adam dan hawa? saya tegaskan, jika anda teliti justru ayat itu mengajarkan spekulasi itu salah, mungkin anda akan menghindar dan berkata itu bukan ajaran saya, itu urusan anda dan bengcu bukan? krn alkitab mengajarkan tidak ada kata dia dan mereka, artinya yg diciptakan sbg manusia adalah benar LAKI2 dan PEREMPUAN saja, tidak ada Dia dan mereka.

Kisanak, jadi menurut anda LAI NGACO BELO karena menerjemahkan YANG TIDAK ada menjadi DIA dan MEREKA? Ha ha ha ha ha ha ....... Anda pernah mendengar pepatah, si pincang NGOMEL, "Sialan, jalannya nggak RATA!" anda pernah melihat orang BODOH berkata,
"baca bahasa aslinya, tidak ada KATA dia, bahasa ibrani tidak menulis kata DIA, dan kata mereka, namun bahasa indonesia menterjemahkannya?
Orang BODOH itu bukan saja SOK JAGOAN namun juga SOK PINTER seolah dia MENGERTI bahasa Ibrani. Ha ha ha ha ha ha ha ..... kisanak, kisanak, ketahuilah yang anda LAKUKAN itu bukan TELITI namun GENIUS alias PAULOL. Ha ha ha ha ha ha ....
__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

antonic's picture

BENGCU: Kisanak, jadi menurut

BENGCU: Kisanak, jadi menurut anda LAI NGACO BELO karena menerjemahkan YANG TIDAK ada menjadi DIA dan MEREKA? Ha ha ha ha ha ha ....... Anda pernah mendengar pepatah, si pincang NGOMEL, "Sialan, jalannya nggak RATA!" anda pernah melihat orang BODOH berkata,

"baca bahasa aslinya, tidak ada KATA dia, bahasa ibrani tidak menulis kata DIA, dan kata mereka, namun bahasa indonesia menterjemahkannya?
Orang BODOH itu bukan saja SOK JAGOAN namun juga SOK PINTER seolah dia MENGERTI bahasa Ibrani. Ha ha ha ha ha ha ha ..... kisanak, kisanak, ketahuilah yang anda LAKUKAN itu bukan TELITI namun GENIUS alias PAULOL. Ha ha ha ha ha ha ....
=======
mengomel tidak akan menjelaskan DIA dan MEREKA...wahai bengcu yg mulia...saya tidak menuduh LAI ngaco belo, tidak ada itu saya nuduh lai ngaco! silahkan anda cek kalimat2 saya. justru anda dan tante yg terlalu LIAR.
__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

hai hai's picture

@antonic, Paulol

antonic: mengomel tidak akan menjelaskan DIA dan MEREKA...wahai bengcu yg mulia...saya tidak menuduh LAI ngaco belo, tidak ada itu saya nuduh lai ngaco! silahkan anda cek kalimat2 saya. justru anda dan tante yg terlalu LIAR.

kisanak, anda PAuLOL sekali. Belajar bahasa Ibrani sedikit LOL, agar anda TAHU dari mana para penerjemah LAI menerjemahkan DIA dan MEREKA. Ha ha ha ha ha ...... Bukan hanya paulol tapi juga paublok. ha ha ha ... Kisanak, kalau ngak NGERTI bahasa Ibrani, jangan SOK JAGOAN, paulol. Ha ha ha ha ha ha .....

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

antonic's picture

hai hai

kisanak, anda PAuLOL sekali. Belajar bahasa Ibrani sedikit LOL, agar anda TAHU dari mana para penerjemah LAI menerjemahkan DIA dan MEREKA. Ha ha ha ha ha ...... Bukan hanya paulol tapi juga paublok. ha ha ha ... Kisanak, kalau ngak NGERTI bahasa Ibrani, jangan SOK JAGOAN, paulol. Ha ha ha ha ha ha .....

========

anda sering berkata jika punya kemampuan silahkan unjuk gigi dg ALKITAB sbg sumber pustaka dan standart nya.

tampaknya anda tak suka menjalankan nasihat anda sendiri, krn 2 kali masuk di blog ini, isinya cuma makian. jelaskan bila punya kemampuan, bela lah murid anda, tanpa memperdulikan mana yg benar menurut alkitab?. silahkan!

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

hai hai's picture

@antonic, Anda memang PAULOL

kisanak, saya memang paling MUAK menghadapi orang-orang PAULOL seperti anda yang NGGAK punya pengetahuan namun SOK JAGOAN.

Anda sama sekali nggak punya PENGETAHUAN tentang BAHASA Ibrani namun SOK JAGOAN menuduh LAI menerjemahkan kata DIA dan MEREKA dari NGGAK ADA? Perilaku anda tersebut benar-benar BEJAT (benar-benar JAHAT). anda minta hai hai menghormati anda karena perilaku demikian?

kisanak, SUDAHLAH. Belajar bahasa Irbani dulu baik-baik. 10 atau 20 tahun yang akan datang silahkan kembali lagi untuk MENUDUH. LAI menenerjemahkan kata DIA dan MEREKA dari NGGAK Ada. ha ha ha ha ha ha ...

Anda mau MINTA hai hai mengajari anda bahasa Ibrani? MENGAJARI anda dari mana LAI menerjemahkan kata DIA dan MEREKA? ha ha ha ha ha .... TAK U U ya! HARAM punya murid SOK JAGOAN seperti anda. BELUM punya ilmu saja lagaknya sudah SOK JAGOAN. apa yang akan anda lakukan bila punya ilmu seujung kuku? Ha ha ha ha ha ....

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Tante Paku's picture

Sudah teliti Antonic?

TP : Lho anda sendiri sudah mengatakan "bagi saya tidak ada masalah"

Ya saya jawab : Kalau tidak ada masalah ya sudah.

Memangnya apa yang tidak ada di Alkitab yg saya ajarkan?
Kalau anda BERMASALAH silahkan bermasalah kok terus menuduh orang lain menipu. Kalau tidak mampu memahami ya mungkin memang saat ini bermasalah karena memang belum mampu memahami apa yang diajarkan Alkitab, bukan karena orang lain menipu, itu masalah anda sendiri.

Sekali lagi kalau mengutip tulisan orang yang lengkap dan pahami dengan baik-baik maksudnya, kutipan sudah saya copaskan di komentar atas itu.

Antonic : heheh...saya itu pernah ngejar si bengcu, guru anda yg menuliskan hal yg sama, klo gak salah lapan jg menanyakan hal yg sama, tp si bengcu berlaku spt bencong yg lari dikejar kamtib. klo dia belum mengajarkan kesalahan apa yg terkandung di dalam kalimat anda yg saya kasih garis tebal diatas, saya akan tunjukkan kpd anda.

TP : Kenapa anda berkata menuduh BENGCU SEPERTI BENCONG, bukankah itu PENGAKUAN anda sendiri? Saya baca komentar di blog yang anda sebutkan, TERNYATA SUDAH DIJAWAB semua oleh bengcu kok? Atau anda sendiri memang belum membaca kembali? Atau jawabannya tidak anda pahami, atau memang kurang pas seperti yang ANDA INGINKAN? Ha ha ha ha ha ha ha.....................Bacalah dengan teliti, kalau sudah merasa teliti, tambah lagi dengan HATI-HATI.

__________________

Semoga Bermanfaat Walau Tidak Sependapat

antonic's picture

KOMENTAR GAK MUTU

saya tanya apa ada kata DIA dan MEREKA?, anda  belum jawab tuh .  malah lari ke komen2 gak mutu. bencong yg menyedihkan!

kata Dia dan Mereka  ada kah kisanak? bukankah cuma ada kata laki2 dan perempuan dan 2 kali kata dicipta? saya ajari anda dan bengcu spy pintar: artinya Allah mencipta perempuan dan allah mencipta laki2. itulah artinya kata laki2, perempuan dan 2 kali kata dicipta.

jangan sok mengajari orang teliti, klo ketika anda sendiri di teliti gak bersedia.

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

hai hai's picture

@antonic, Mutu dari hongkong?

antonic, mustahil bicara MUTU dengan orang TIDAK bermutu seperti anda. Anda NGGAK ngerti bahasa IBRANI bagaimana saya menjelaskan kepada anda DARI MANA para penerjemah LAI menerjemahkan kata DIA dan MEREKA? Kalau mau BERMuTU, kisanak, jangan seperti Oen Tay jong yang menyebut dirinya gintara Yongky Wenas dan menggelari dirinya Pst Wenas yang menerjemahkan dengan Google.

Ha ha ha ha ha ha ha BELAJAR bahasa Ibrani kisanak. Setelah anda BELAJAR sedikit SAJa, maka anda akan tahu bahwa TUDUHAN anda itu NGACO belo dan anda sama sekali nggak TELITI namun paulol bin paublok.

Jadi kapan mau mulai belajar bahasa Ibrani agar BERMUTU, kisanak? ha ha ha ha ...

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

antonic's picture

memang

saya memang tak bermutu menurut anda. tp tak jg anda menjelaskan kej 1:27. ttp anda suka sekali bersumpah serapah. saya akui deh sumpah serapah anda lumayan mutunya.

saya ingat sekali kata2 ini: jika punya kemampuan silahkan unjuk gigi dg alkitab sbg sumber pustaka dan standart kebenarannya. tampaknya hrs diubah gak perlu alkitab yg penting sumpah serapah yg bermutu.

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

hai hai's picture

@antonic, Dasar Sialan

antonic: saya ingat sekali kata2 ini: jika punya kemampuan silahkan unjuk gigi dg alkitab sbg sumber pustaka dan standart kebenarannya. tampaknya hrs diubah gak perlu alkitab yg penting sumpah serapah yg bermutu.

Kisanak, anda memang sialan. Yang saya ajari adalah untuk KEMAMPuaN bukannya SOK JAGOAN. Balajar bahasa ibrani dulu baik-baik setelah BISA baru unjuk KEMAMPUAN bahasa IBRANI anda. hai ya ...... Apa yang anda lakukan? NGGAK becus bahasa ibrani sudah SOK JAGOAN menghakimi LAI menerjemahkan DIA dan MEREKA dari NGGAK ada di bahasa aslinya? ha ha ha ha ha .... JADI orang harus punya MALU! Biar kemaluannya Kecil tetap haru punya MALU.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Tante Paku's picture

Sudah KALAP nih?

Lhoh sudah dijawab dan ditebalkan katanya tuh, coba pake kacamatanya deh. Sampai dimana komentar BERMUTU ANDA nih?

Maka Allah menciptakan u  manusia v  itu menurut gambar-Nya, w  menurut gambar Allah x  diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan y  diciptakan-Nya mereka. z

Yang diciptakan itu apa antonic? Gambar atau Rupa?
Kalau sudah KALAP tidak bisa memahaminya, good bye dah, percuma mengulang-ulang saja dan tidak mau membaca komentar dengan teliti.

__________________

Semoga Bermanfaat Walau Tidak Sependapat

antonic's picture

baca lg tante

saya ajari anda dan bengcu spy pintar: artinya Allah mencipta perempuan dan allah mencipta laki2. itulah artinya kata laki2, perempuan dan 2 kali kata dicipta.

TETAP sesuai dg terjemahan LAI. krn yg dicipta adalah manusia laki2 dan perempuan, bukan DIA dan mereka.

tante bukankah anda sudah berlaku nekad menyamakan DIA sbg yesus anak Allah dan MEREKA sbg adam dan hawa?

bukankah jika dia = yesus, maka yesus dicipta sbg manusia? silahkan dijawab.

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

Tante Paku's picture

Sekali lagi yg teliti Antonic

saya ajari anda dan bengcu spy pintar: artinya Allah mencipta perempuan dan allah mencipta laki2. itulah artinya kata laki2, perempuan dan 2 kali kata dicipta.

TETAP sesuai dg terjemahan LAI. krn yg dicipta adalah manusia laki2 dan perempuan, bukan DIA dan mereka.

tante bukankah anda sudah berlaku nekad menyamakan DIA sbg yesus anak Allah dan MEREKA sbg adam dan hawa?

bukankah jika dia = yesus, maka yesus dicipta sbg manusia? silahkan dijawab.

 

TP : Komentar yg anda tebalkan itu memang CIRI KHAS anda yang NEKAD dan WATON BENGOK plus WATON NYRUDUK namun mengelak ketika dikatakan TIDAK TELITI dan HATI-HATI dalam membaca. Bagaimana mau menjawab pertanyaanmu yang bukan dari pernyataanku? ANEH., anda memang pintar membolak-balik kalimat yang bukan saya tulis seperti itu.

Males ah.

__________________

Semoga Bermanfaat Walau Tidak Sependapat

antonic's picture

tante anda lah yg nekad nyeruduk sama spt guru anda.

TP : Apakah anda meyakini kalau Yesus Anak Allah? Kalau anda meyakini demikian, Yesus Kristus bukan keturunan MEREKA alias Adam dan Hawa.

1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

mudah sekali menjawab pertanyaan anda, ttp diatas sudah saya kasih referensi bahasa aslinya. bukankah benar tidak ada kata DIA dan MEREKA? tak perlu lari ke perjanjian baru dulu, apakah saya percaya kalau yesus anak allah bgmna kalau saya ini ateist misalnya?..haha...krn saya mempertanyakan ajaran anda ttg 2 jenis manusia yaitu DIA dan MEREKA dr ayat kejadian 1:27. bukankah benar tidak ada kata dia dan mereka? hanya ada kata laki2 dan perempuan dan 2 kali kata dicipta?

saya jawab pertanyaan anda, yesus itu bukan = Dia di kejadian 1:27. Yesus/firman tuhan allah itu dicipta lbh awal. dan kej 1:27 hanya menjelaskan Allah  mencipta manusia laki2 dan perempuan menurut gambarnya. jika  Dia =yesus bukankah yesus itu dicipta sbg MANUSIA/ adam mnrt kej 1:27? ketika dilahirkan oleh MARIA, yesus itu tidak BERUBAH JENIS JADI MANUSIA, dia tetap allah, dia tetap TERANG SORGA, namun yesus hanya BERUBAH BENTUK jadi manusia. itulah sebabnya saya MEMPERMASALAHKAN anda mengajarkan 2 jenis manusia yaitu DIA dan MEREKA.

BACA AMSAL 8 :23-30. AKU telah ada sebelum IA membuat bumi, sebelum MENGGARIS LANGIT pada permukaan samudera raya. dan anak2 manusia menjadi kesukaanku. kapan Allah menggaris langit pd permukaan samudera raya? setelah ia mencipta terang. he is/they are the light. paham?

 

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

Tante Paku's picture

Antonic pokoke nyruduk

Antonic :

mudah sekali menjawab pertanyaan anda, ttp diatas sudah saya kasih referensi bahasa aslinya. bukankah benar tidak ada kata DIA dan MEREKA? tak perlu lari ke perjanjian baru dulu, apakah saya percaya kalau yesus anak allah bgmna kalau saya ini ateist misalnya?..haha...krn saya mempertanyakan ajaran anda ttg 2 jenis manusia yaitu DIA dan MEREKA dr ayat kejadian 1:27. bukankah benar tidak ada kata dia dan mereka? hanya ada kata laki2 dan perempuan dan 2 kali kata dicipta?

saya jawab pertanyaan anda, yesus itu bukan = Dia di kejadian 1:27. Yesus/firman tuhan allah itu dicipta lbh awal. dan kej 1:27 hanya menjelaskan Allah  mencipta manusia laki2 dan perempuan menurut gambarnya. jika  Dia =yesus bukankah yesus itu dicipta sbg MANUSIA/ adam mnrt kej 1:27? ketika dilahirkan oleh MARIA, yesus itu tidak BERUBAH JENIS JADI MANUSIA, dia tetap allah, dia tetap TERANG SORGA, namun yesus hanya BERUBAH BENTUK jadi manusia. itulah sebabnya saya MEMPERMASALAHKAN anda mengajarkan 2 jenis manusia yaitu DIA dan MEREKA.

BACA AMSAL 8 :23-30. AKU telah ada sebelum IA membuat bumi, sebelum MENGGARIS LANGIT pada permukaan samudera raya. dan anak2 manusia menjadi kesukaanku. kapan Allah menggaris langit pd permukaan samudera raya? setelah ia mencipta terang. he is/they are the light. paham?

TP : Wow wow ternyata antonic lebih berkuasa menganggap LAI tidak menterjemahkan bahasa aslinya dengan baik. Kalau anda atheist ya silahkan ha ha ha ha....saja.

Kalau tidak ada kata dia dan mereka, silahkan surati LAI untuk merevisi terjemahannya. Kalau tidak boleh lari ke Perjanjian Baru, memang Alkitab itu hanya Perjanjian Lama ya? Bagaimana bisa menjelaskan soal dia dan mereka kalau tidak boleh lari-lari ke ayat yang lain? Kalau memang itu maumu, ya sudah nguplek-nguplek yg kau mau saja ha ha ha ha.....

Antonic : Yesus/firman tuhan allah itu dicipta lbh awal.

TP : Wah, bisa dijelaskan kapan Yesus/firman tuhan diciptakan lebih awal? Anda ingin merujuk Yohanes 1:1? Itu Perjanjian Baru lho, jangan lari-lari ke sana nanti digaruk trantib lho ha ha ha ha ha...............

Rupanya anda milih Amsal untuk menunjuk pada Yesus kah? Ha ha ha ha .......Bukankah itu dia yang di Kejadian 1:27?

__________________

Semoga Bermanfaat Walau Tidak Sependapat

antonic's picture

saya gak pernah nyalahin LAI ttp anda yg berpikiran liar

saya gak pernah nyalahin LAI ttp anda yg berpikiran liar, itulah sebabnya saya kasih link dlm bahasa aslinya.

diatas saya sudah tulis:

saya ajari anda dan bengcu spy pintar: artinya Allah mencipta perempuan dan allah mencipta laki2. itulah artinya kata laki2, perempuan dan 2 kali kata dicipta.

tetap sesuai dg terjemahan LAI. krn yg dicipta adalah manusia laki2 dan perempuan, bukan DIA dan mereka.

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

hai hai's picture

@antonic, Nggak Menyalahkan LAI?

Lho bukankah anda yang NGOTOT bilang LAI menerjemahkan kata DIA dan MEREKA dari NGGAK ADA? kalau nggak ada di bahasa aslinya, lalu dari mana LAI menerjemahkan kedua kata tersebut? Dari hongkong?

Anda nggak BISA bahasa Ibrani lalu dari mana anda TAHU dalam bahasa Aslinya nggak ada kata DIA dan MEREKA? tahu dari hongkong ya? ha ha ha ha ha ....

kisanak, bila diri sendiri paulol sebaiknya belajar dulu baik-baik jangan SOK jagoan menuduh orang lain NGGAK PINTER. Itu perbuatan paublok lah yao.

anda NGGAK ngerti bahasa IBRANI sedikit pun oleh karena itu JANGAN SOK JAGOAN main bahasa ASLI dan MENUDUh sembarangan. diri sendiri paublok kok sembarangan menuduh orang lain PAULOL? Ha ha ha ha ha ha ....

Anda dapat penglihatan? anda bernubuat? anda dapat wahyu baru? itu sebabnya TAHU di dalam bahasa aslinya nggak ada kata DIA dan MEREKA? Ha ha ha ha ha ha ... Sudahlah kisanak, JANGAN dilanjutkan LAGI. makin dilanjutkan makin ketahuan paulolnya lho. ha ha ha ha ....

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Tante Paku's picture

Yang liar belum tentu salah

Antonic : saya ajari anda dan bengcu spy pintar: artinya Allah mencipta perempuan dan allah mencipta laki2. itulah artinya kata laki2, perempuan dan 2 kali kata dicipta.

TP : Siapa yang menciptakan laki2 dan perempuan? Baca Kejadian bab berikutnya.

__________________

Semoga Bermanfaat Walau Tidak Sependapat

antonic's picture

tante yg mencipta

TP : Siapa yang menciptakan laki2 dan perempuan? Baca Kejadian bab berikutnya.

jawab: ALLAH dan TUHAN ALLAH= KITA!

Allah mencipta laki2 dan perempuan menurut gambarnya. dan TUhan ALlah menjadikan laki2 dr debu tanah dan perempuan dibangun dr laki2.

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

antonic's picture

tante tulisan tante


TP : Apakah anda meyakini kalau Yesus Anak Allah? Kalau anda meyakini demikian, Yesus Kristus bukan keturunan MEREKA alias Adam dan Hawa.

hahah.... bukankah benar anda mengajarkan MEREKA = ADAM DAN HAWA. lalu anda berkata yesus kristus bukan keturunan mereka = Dia.

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

Tante Paku's picture

Itu kan tafsiranmu

TP : Apakah anda meyakini kalau Yesus Anak Allah? Kalau anda meyakini demikian, Yesus Kristus bukan keturunan MEREKA alias Adam dan Hawa.

hahah.... bukankah benar anda mengajarkan MEREKA = ADAM DAN HAWA. lalu anda berkata yesus kristus bukan keturunan mereka = Dia.

 

TP : Itu kan TAFSIRANMU bukan? Saya kan belum menyelesaikan apa yang saya tulis, baru memberi sedikit saja agar dikau menjawab seperti yang aku duga. Padahal jawabannya bukan itu tuh ha ha ha ha ha........................Tapi berhubung anda mau mengajari saya, ya artinya percuma memberitahu anda, nggak bakal mau tahu.

__________________

Semoga Bermanfaat Walau Tidak Sependapat

antonic's picture

hahaha...murid konyol

TP : Apakah anda meyakini kalau Yesus Anak Allah? Kalau anda meyakini demikian, Yesus Kristus bukan keturunan MEREKA alias Adam dan Hawa.

hahah.... bukankah benar anda mengajarkan MEREKA = ADAM DAN HAWA. lalu anda berkata yesus kristus bukan keturunan mereka = Dia.

 

TP : Itu kan TAFSIRANMU bukan? Saya kan belum menyelesaikan apa yang saya tulis, baru memberi sedikit saja agar dikau menjawab seperti yang aku duga. Padahal jawabannya bukan itu tuh ha ha ha ha ha........................Tapi berhubung anda mau mengajari saya, ya artinya percuma memberitahu anda, nggak bakal mau tahu.

 

==============

itu memang tafsiran saya, tp bukankah itu tulisan tante?

Yesus Kristus bukan keturunan MEREKA alias Adam dan Hawa.
kita lg bahas ttg dia dan mereka bukan tante? yg jelas adalah anda menulis mereka alias adam dan hawa. dan ujug2 anda menuliskan yesus kristus bukan keturunan mereka alias adam dan hawa. berarti yesus = Dia. silahkan anda teruskan deh klo belum selesai..saya mau nyanyi dulu..
murid konyol ya begini lagunya...YAK YAK O. HAHAHA....
__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

Tante Paku's picture

MBANYOL lah terus Nic.

Kalau memang bisanya cuma segitu dan maunya memang apa maumu. Sudahlah, menulislah apa yang KAU MAU. Saya tak perduli apa kata banyolanmu yang GARING itu. Memang yang dibahas cuma dia dan mereka saja? BACA LAGI blogmu sendiri dan semua komentar yang saya tulis, bila tidak NYAMBUNG memang sudah dari blog pertamamu lagakmu memang SEPERTI ITU. Anda memang sok hebat dan mudah sekali menyalahkan yang tidak dipahami diri sendiri.

GOOD bye.

__________________

Semoga Bermanfaat Walau Tidak Sependapat

Debu tanah's picture

SAMA TOLOL NYA

Pertanyaan Antonic hanya ini:

[ tante anda benar memang Adam dipanggil ular karena memang Adam adalah makluk paling cerdik di antara segala makluk. tp masalahnya yg anda tak ketahui adalah bhw SEMUA BINATANG ITU DIKOTOMI, adam dipanggil ular, bahkan sampai ke ujung alkitab, iblis itu disebut, ular tua, naga merah dlsbnya. artinya tanpa ragu kita menarik kesimpulan bhw adam=ular=dikotomi. 

kenapa anda dan hai2 mengajarkan bhw adam itu TRIKOTOMI? saya rasa anda telah terlalu yakin bhw nafas hidup=roh kudus. KARENA JIKA YG DIHEMBUSKAN ADALAH ROH KUDUS, BUKANKAH IA TAK SEHARUSNYA DISEBUT ULAR yg adalah dikotomi yg tak mungkin memiliki roh kudus? ]

 

Kenapa diskusi ini tidak nyambung dan berakhir tanpa ada kejelasan ?

Karena yang bertanya dan yang menjawab SAMA TOLOL nya !

 

@ TP apa sih sulitnya menjelaskan ajaran TOLOL kamu tentang ular adalah Adam ? Tidak  mampu menjawab adalah satu INDIKASI ketololan !

@ Antonic, jangan mau diputer-puter, kembali ke pertanyaan awal kamu apa yang ingin kamu clear kan soal ajaran TOLOL si TP cs ?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Tante Paku's picture

Ini Dia Super Tolol

@ TP apa sih sulitnya menjelaskan ajaran TOLOL kamu tentang ular adalah Adam ? Tidak  mampu menjawab adalah satu INDIKASI ketololan !

TP : Lhoh sudah dijawab di atas dengan jelas kok, mana yang membuat Deta nampak tolol dengan penjelasan ular adalah Adam?

__________________

Semoga Bermanfaat Walau Tidak Sependapat

Veritas's picture

@ All, Santai dikit lah...

Menurut Westminster Leningrad Codex_vowels :

Kata dia dalam Kejadian adalah : athu <H853>

Kata mereka dalam kejadian adalah : athm <H853>

Kata laki-laki dalam kejadian adalah : zkr <H2145>

Kata perempuan dalam kejadian adalah : unqbe <H5347>

Jadi kata dia dan mereka berasal dari akar kata yang sama.

Dia mengacu kepada manusia, mereka mengacu kepada perempuan dan laki-laki

Saya tidak setuju dengan penciptaan 2 Type manusia yang dianut TP dan Hai-Hai.

Tapi kalau kasus ular = adam, saya masih tahap pendalaman karena ada clue-nya di Alkitab.

Cluenya adalah di Kejadian 2.

1. Pada saat TUHAN memberi perintah, hewan-hewan belum diciptakan waktu itu sehingga mustahil "ular" tahu perintah Allah dan mustahil bisa memutarbalikkan perintah tersebut.

2. Ular disebut paling cerdik. Istilah cerdik hanya milik manusia bukan hewan. Didalam dunia saat ini, hewan tidak pernah ada yang cerdik.

3. Istilah cerdik tersebut berasal dari pengalaman (menjadi semakin cerdik). Ini terlihat dari terjemahannya (More Subtle)

Dari ketiga alasan diatas, maka bisa dipastikan ular ini bukanlah binatang. Didalam urutan penciptaan yang diceritakan di Alkitab, tidak ada penyebutan makhluk lain yang diciptakan selain 3 jenis yaitu : Hewan, Tumbuhan dan manusia.

Ular tidak termasuk kategori Tumbuhan. Ular juga bukan kategori hewan karena tidak cerdik dan juga pastinya tidak tahun perintah TUHAN apalagi memanipulasinya.

Satu-satunya tersangka utama adalah manusia.

-----

 

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

guestx's picture

@veritas, bagaimana penjelasannya ?

1. Pada saat TUHAN memberi perintah, hewan-hewan belum diciptakan waktu itu sehingga mustahil "ular" tahu perintah Allah dan mustahil bisa memutarbalikkan perintah tersebut.

2. Ular disebut paling cerdik. Istilah cerdik hanya milik manusia bukan hewan. Didalam dunia saat ini, hewan tidak pernah ada yang cerdik.

3. Istilah cerdik tersebut berasal dari pengalaman (menjadi semakin cerdik). Ini terlihat dari terjemahannya (More Subtle)

.... maka bisa dipastikan ular ini bukanlah binatang. 

vs

kej 3:1 Adapun ular  ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah

.... maka dari Alkitab dalam Bahasa Indonesia bisa dipastikan ular ini adalah binatang.

 

bagaimana penjelasannya agar yang ditulis Alkitab tetap logis dan konsisten ?

__________________

------- XXX -------

Veritas's picture

@guestx..Chaiya...Chaiya... :)

Kata Binatang disitu adalah : chay<2416>

Manusia juga disebut nephesh <H5315> chay<H2416>

Manusia ini masuk kedalam Golongan chay <H2416>.

Jadi chay ini sebenarnya terjemahan tepatnya adalah Hidup (Makhluk Hidup)

Cuma kayaknya karena bergandengan dengan ular maka penerjemah LAI memakai kata binatang. Padahal ular pun adalah makhluk hidup.

Karena diterjemahkan sebagai ular, maka muncullah cerita fiksi yang ga karu-karuan menurut saya.

Kalau LAI menerjemahkan nachash (ular) dengan terjemahan yang mirip dengan akar katanya maka bisa menjadi cerita yang memang logis.

Coba searching kata nachash (ular), maka akan didapat :

H5172  nachash  naw-khash'

a primitive root;

properly, to hiss, i.e. whisper a (magic) spell; generally, to prognosticate.


KJV: X certainly, divine, enchanter, (use) X enchantment, learn by experience, X indeed, diligently observe.

Terjemahan KJV adalah divine, enchanter... yang semuanya berhubungan dengan MAGIC alias ilmu "sihir" ?

Jadi mustahil ular adalah binatang yang seperti kita kenal.  Ular TUA, alias Satan di kitab Wahyu adalah bukan binatang seperti yang kita kenal.

Kalau begitu, darimana datangnya makhluk ini? Padahal TUHAN dalam urutannya tidak pernah mencipta secara khusus "binatang" ini?

Jawaban satu-satunya adalah Manusia. Hanya manusia yang bisa belajar dan cerdik. Hanya manusia yang punya gambar dan rupa Allah.

-just my 2 cents-

 

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

guestx's picture

veritas, boleh juga penjelasannya, tapi....

penerjemahan yg kurang pas...boleh jadi satu penjelasan untuk munculnya "ular" di peristiwa kejatuhan manusia ke dalam dosa.

tapi, ketika memberikan hukuman di TKP pada para pelaku kejahatan tersebut, Tuhan menjatuhkan vonis kepada TIGA oknum, yaitu ular, Adam dan Hawa. 

mudah-mudahan ada lagi penjelasan tentang ini.

yg juga cukup mengganggu adalah : mengapa penulis Kitab Kejadian tidak menulis dengan jelas siapakah si"ular" ? (kalau benar) "ular" adalah Adam , mengapa hal tersebut tak ditulis eksplisit? mungkinkah reporter ini sengaja menyembunyikan fakta ? adakah konspirasi di sini?

siapa nara sumber bagi reporter Kitab Kejadian mengenai peristiwa yg sesungguhnya tak pernah disaksikan sendiri oleh penulis kitab ini? apakah hanya ada SATU saksi, yaitu si nara sumber, selain para terdakwa? adakah saksi lain? apakah nara sumber tersebut tidak punya "hidden agenda"?

repot juga ya memahami kejadian di masa lalu dari sejumput berita. jadinya, simpang siur pemahaman pembacanya. 

__________________

------- XXX -------

Veritas's picture

@ Guestx.. Y**H adalah Inspiratornya

Yang menjadi inspirator penulisan kitab MUSA adalah Y**H. Sebab Y**H adalah yang selalu bersama-sama Musa. (Fakta 1)

Y**H hidup melintasi zaman jadi wajar tahu sejarah manusia dan memberi inspirasi kepada Musa untuk dituliskan (Fakta2)

Kitab Musa sendiri adalah gabungan dari sejarah Bangsa Israel keluar dari Mesir+kisah awal kehidupan manusia+aturan-aturan+sejarah pasca keluar dari Mesir.

Untuk Sejarah keluar dari Mesir dan Pasca Keluar dari Mesir, mungkin Musa tidak perlu Y**H untuk menceritakannya, sebab Musa adalah saksi hidup. Namun untuk menuliskan kisah awal kehidupan manusia, Musa butuh Y**H sebagai inspirator.

Kitab ini sepertinya diterima mentah-mentah oleh bangsa Israel sebagai kebenaran jadi tidak ada yang pernah mencoba untuk mengubah ataupun menambahinya.

Mengapa tidak explisit? Hanya Y**H dan Musa yang tahu. Silahkan menduga-duga sendiri :)

Mengenai 3 tersangka, saya kasih penjelasan begini :

1. Adam ditanya, dia menjawab (ngeles)

2. Hawa ditanya, dia menjawab (ngeles)

3. Ular ga pernah ditanya langsung dihukum

Apakah TUHAN lupa atau membabibuta menghukum?

Jika ular memang tersangka lain, harusnya dia ditanya juga dong...

" Ular, kenapa kau lakukan ini? " Harus ada azas praduga tak bersalah :)

Jika ada tersangka lain yakni ular, menurut anda cukup adilkah menghukum ular tanpa pernah ditanya atau didengarkan kesaksiannya?

Jangan bilang : "Suka-suka TUHAN lah, kan dia TUHAN" hahahaha

kalau jawabnya gitu, ya wess ntar ketemu ABCDEFG jawabnya suka2 TUHAN.

 

 

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

Debu tanah's picture

@ Veritas, Tidak bisa santai

Maaf ya kl sudah begini tidak bisa santai lagi. Kl memang TOLOL, apa salah nya mengatakan bahwa itu TOLOL. Ajaran TOLOL kl di ulang-ulang dan muter-muter yg baca kan juga bisa MUAK toh ?


[ Satu-satunya tersangka utama adalah manusia. ]

Saya kasih clue lain:

Yohanes  8:44 Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.

I Yohanes  3:8a barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya.

 

Tersangka lain adalah IBLIS. Baca blog saya yang INI.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Veritas's picture

@ DETA... Santailah... Iblis kan Sebutan :)

Hi DETA, kita telaah pelan-pelan ya... :)

1. Iblis pertama kali disebut di kitab 1 Taw 21:1. Selanjutnya di kitab Ayub (JOB).

    artinya adalah : penyerang, penuduh (Accuser).

   
H7853  satan  saw-tan'

a primitive root;

to attack, (figuratively) accuse.


KJV: (be an) adversary, resist.

2. Didalam kisah Kejatuhan manusia (kejadian 3), Adam lah yang pertama-tama menuduh (Accuser). Coba perhatikan pelan-pelan : Manusia itu menjawab: "Perempuan yang Kautempatkan di sisiku, dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan."

Itulah tuduhan pertama yang terjadi dalam sejarah manusia. Maka menurut saya, Adam pantas disebut Accuser alias penuduh alias SATAN alias ADVERSARY

Lagian bukankah dia pembunuh dari sejak mulanya? Dia membunuh istrinya sendiri alias Hawa dengan membujuk memakan buah pohon. Dia juga bunuh diri dengan memakan buah pohon pengetahuan. (dengan catatan Ular = Adam)

 

ps : Yang saya tangkap baru sebatas eksplorasi, jadi mari kita bersikap santai untuk memecahkannya sehingga urutan cerita kitab kejadian menjadi cerita yang benar2 hidup, bukan fantasi dan fiksi dan imajinasi sekelompok orang yang mengaku "pintar"

 

 

 

 

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

jesusfreaks's picture

tritunggal : adam, hawa dan anak-anaknya

Saya coba kasih keliaran : adam = Allah Bapa, hawa = Yesus Kristus, anak-anaknya = Roh Kudus.

Allah Bapa tidak Mencipta Yesus Kristus, Adam tidak mencipta Hawa.

Yesus keluar dari Bapa, Hawa keluar dari Adam.

Bapa dan Yesus tidak mencipta Roh Kudus, Adam dan Hawa tidak mencipta anak anaknya.

Roh Kudus keluar kesepakatan Bapa dan Yesus, anak anak keluar kesepakatan Adam dan Hawa

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Debu tanah's picture

@ Veritas, Tidak bisa santai 2

Hmm kamu orang baru sih yaa.. Blog Hai hai tentang iblis adalah Adam sudah lebih dari 2 tahun yang lalu. Jadi kamu tidak tahu duduk perkaranya, silakan dibaca komentar2 dalam blog tsb.

Setiap ada yang membantah maka yang ada hanya debat kusir mempertahankan KETOLOLAN !

Saya kira cukup lah ketololan itu jangan diperpanjang lg.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Veritas's picture

@ DETA... Santailah om... Kasih Alasan dari mana ular tahu ?

Jika Ular yang anda maksud adalah makhluk lain, kasih saya 1 saja alasan dari mana ular tahu tentang perintah TUHAN yang disampaikan kepada Adam? 

Jika ular itu makhluk lain alias binatang, maka ga mungkin dia tahu perintah TUHAN kepada Adam karena dia baru diciptakan setelah perintah TUHAN keluar.

Sementara kita tahu dari kejadian 1-3, makhluk yang diciptakan di Bumi hanyalah binatang, tumbuhan dan manusia. Jika anda menyebut si penghasut alias ular alias iblis adalah makhluk lain selain kategori itu, lalu siapa ular itu?

Oya, satu hal lagi, bahwa ucapan ular ternyata diaminkan oleh Y**H Elohim !

Y**H ELOHIM :

Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."

ULAR :

tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat."

 

Harus ada penjelasan mengapa ucapan ular ternyata diaminkan Y**H Elohim? Jangan2 Ular dihasut oleh Y**H Elohim seperti Y**H Elohim dihasut oleh Iblis di kitab Ayub ?

PS : Ini hanya eksplorasi...mari kita gali...jangan sampai tersesat !

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

bintang seven's picture

@veritas ular tahu.

ULAR :

tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat."

Harus ada penjelasan mengapa ucapan ular ternyata diaminkan Y**H Elohim? Jangan2 Ular dihasut oleh Y**H Elohim seperti Y**H Elohim dihasut oleh Iblis di kitab Ayub ?

+++++

veritas analisa yg bagus, namun infonya masih kurang. jika veritas baca kejadian 2 jelas sekali, ketika Tuhan Allah menempatkan adam di eden LALU Tuhan Allah menumbuhkan berbagai POHON, termasuk pohon pengetahuan dan kehidupan. jadi ADAM TAHU persis siapa yg menanam pohon2 tsb.

semua pohon boleh dimakan buahnya kecuali pohon pengetahuan.
bukankah adam tahu rasa nya semua pohon yg boleh dimakan kecuali pohon pengetahuan?

juga kita ketahui, adam memberi nama kpd binatang dan burung udara, berarti adam punya pengetahuan ttg nama binatang dan burung.

jika ada yg tidak diketahui adam bukankah itu akan membangkitkan rasa ingin tahunya? itulah sebabnya adam menelaah atau berfikir sendiri bhw ketika ia memakannya ia akan TAHU spt ALLAH. tahu ttg yg jahat dan baik. mengapa seperti Allah? krn sepengetahuan adam memang Tuhan Allah lah yg menanam semua pohon itu, jika dia sudah punya pengetahuan ttg semua binatang, burung, buah, pohon, bukankah dia belum punya pengetahuan ttg Tuhan Allah, itulah yg mendorongnya berkata matamu akan terbuka dan menjadi spt ALlah tahu ttg yg baik dan jahat.

 

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Debu tanah's picture

@ Veritas, oke kita diskusi

Baik, karena kamu bertanya saya akan menjawab, walau diskusi ini akan terlihat TOLOL sekali. Tetapi tolong jangan menjawab seperti TP cs yang menjawab seolah-olah orang lain juga TOLOL seperti dirinya sendiri !

[ Jika Ular yang anda maksud adalah makhluk lain, kasih saya 1 saja alasan dari mana ular tahu tentang perintah TUHAN yang disampaikan kepada Adam? ]

Karena iblis yang merasuki ular itu ada di Taman Eden.

[ Jika ular itu makhluk lain alias binatang, maka ga mungkin dia tahu perintah TUHAN kepada Adam karena dia baru diciptakan setelah perintah TUHAN keluar.

Sementara kita tahu dari kejadian 1-3, makhluk yang diciptakan di Bumi hanyalah binatang, tumbuhan dan manusia. Jika anda menyebut si penghasut alias ular alias iblis adalah makhluk lain selain kategori itu, lalu siapa ular itu? ]

Binatang ular memang diciptakan setelah perintah TUHAN keluar. Binatang ular tidak bisa ngomong, tetapi ular yang cerdik adalah ular yang dirasuki oleh makhluk roh bernama iblis !

Dalam kitab Ayub, iblis memang bisa mengelingi bumi dan mengamati manusia, iblis juga bisa menghadap Tuhan.

Ayub
1:6 Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap TUHAN dan di antara mereka datanglah juga Iblis.
1:7 Maka bertanyalah TUHAN kepada Iblis: "Dari mana engkau?" Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: "Dari perjalanan mengelilingi dan menjelajah bumi."
1:8 Lalu bertanyalah TUHAN kepada Iblis: "Apakah engkau memperhatikan hamba-Ku Ayub? Sebab tiada seorang pun di bumi seperti dia, yang demikian saleh dan jujur, yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan."
1:9 Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: "Apakah dengan tidak mendapat apa-apa Ayub takut akan Allah?
1:10 Bukankah Engkau yang membuat pagar sekeliling dia dan rumahnya serta segala yang dimilikinya? Apa yang dikerjakannya telah Kauberkati dan apa yang dimilikinya makin bertambah di negeri itu.
1:11 Tetapi ulurkanlah tangan-Mu dan jamahlah segala yang dipunyainya, ia pasti mengutuki Engkau di hadapan-Mu."
1:12 Maka firman TUHAN kepada Iblis: "Nah, segala yang dipunyainya ada dalam kuasamu; hanya janganlah engkau mengulurkan tanganmu terhadap dirinya." Kemudian pergilah Iblis dari hadapan TUHAN.

Dari mana iblis tahu bahwa Allah membuat pagar sekeliling Ayub dan rumahnya ? Tentu karena iblis berkeliling dan menjelajah bumi untuk mengamati manusia !!

Sebelum lanjut, sampai di sini kamu masih berpikir bahwa iblis adalah Adam ? Bahwa Adam bisa gentayangan sampe ke jaman Ayub ?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Veritas's picture

@ DETA... Mau Diskusi Ko pake Tolol2an :)

Kalau DETA merasa diskusi ini kelihatan Tolol, sebaiknya jangan diskusi karena saya tidak mau bertolol tolol ria hahahaha kecuali anda menetapkan aturan bertolol dan menetapkan referensi maka saya akan ikut referensi anda.

Baiklah Saya akan mulai !

1. Teori yang anda sampaikan bahwa Ular kerasukan Iblis baru pertama kali saya dengar. Selama ini yang saya tahu hanya roh jahat (Demon) yang merasuki. Saya sudah cari diseluruh Alkitab bahwa Satana/Satan/Iblis tidak pernah merasuki.

2. Apakah tidak ada kemungkinan lain misalnya roh jahat dari Elohim? Sama seperti Saul yang dirasuki oleh roh jahat dari Elohim? (1 Samuel 18:10)?

Jadi kalau anda berteori, maka saya pun bisa berteori. Malah teori saya memiliki bukti di Alkitab bahwa Ruawch Elohim Ra merasuki Raja Saul !

Mana kasus dari teori anda di Alkitab bahwa Iblis/Satan/Satana merasuki ? Bisa kasih contoh di Alkitab?

Mana lebih logis? roh Jahat Elohim merasuki Ular atau Iblis merasuki Ular? Alkitab punya bukti kalau roh Jahat Elohim merasuki, sedangkan Iblis tidak ada bukti pernah merasuki.

Menjelajah bumi tidak membuktikan bahwa Iblis bisa tahu segalanya.

Punya komentar bung DETA?

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

Debu tanah's picture

@ Veritas, contoh iblis merasuki

[ Mana kasus dari teori anda di Alkitab bahwa Iblis/Satan/Satana merasuki ? Bisa kasih contoh di Alkitab? ]

Oke nih, saya kasih contoh:

Yohanes  13:27 Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis. Maka Yesus berkata kepadanya: "Apa yang hendak kauperbuat, perbuatlah dengan segera."

 

Eh, kenapa tidak menjawab pertanyaan saya di atas:

Sebelum lanjut, sampai di sini kamu masih berpikir bahwa iblis adalah Adam ? Bahwa Adam bisa gentayangan sampe ke jaman Ayub ?

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Veritas's picture

@ DETA,.. Memang Iblis merasuki Yudas versi Yohanes.

Saya akan pakai standar anda untuk menjawab anda. Jika anda bilang Iblis bisa merasuki, maka saya juga bisa katakan roh Jahat Elohim bisa juga merasuki. Yang menjadi pertanyaan adalah diantara keduanya apa alasan anda memilih Iblis?

Kedua, dalam kisah Ayub, bisa kita baca bahwa Iblis bekerjasama dengan Y**H untuk menguji Ayub sama seperti ROH bekerja sama dengan Iblis untuk menguji YESUS. Apakah anda tidak terpikir bila Ular itu dirasuki Iblis karena kerjasama dengan Y**H untuk menguji ADAM?

Hipotesis anda sangat lemah mengatakan Iblis merasuki Ular. Iblis merasuki Yudas memang tertulis tapi bukan berarti dia juga yang merasuki Ular. Sama hal dengan roh Jahat Elohim merasuki Saul ada tertulis tapi bukan berartu dia juga yang merasuki ular.

Saya bukan mencari-cari alasan, tapi karena hipotesis itu sangat lemah. Saya sendiri masih dalam tahap eksplorasi sebab tidak ada hipotesis yang sangat kuat yang memastikan bahwa ADAM= ULAR. Tapi hipotesis ADAM=Ular masih lebih kuat dibanding Hipotesis Ular dirasuki Iblis.

Masalah gentayangan, pemahaman saya bahwa nafas hidup sifatknya kekal. Nafas hidup bisa melintasi zaman karena nafas hidup adalah milik TUHAN karena berasal dari TUHAN. Karena saya masih tahap eksplorasi maka saya tidak bisa menjawab pertanyaan anda selain daripada yang saya sebutkan diatas.

OK, tak perlu kita debat atau diskusi karena saya sudah bisa menduga orang seperti apa anda :)

Satu hal yang anda harus renungkan baik-baik. Kenapa IBLIS merasuki Yudas justru setelah Yesus memberi Roti?

-Semoga mendapatkan manfaat bukan mudarat-

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

Debu tanah's picture

@ Veritas, Yudas dirasuki versi Yohanes ?

[ Saya bukan mencari-cari alasan, tapi karena hipotesis itu sangat lemah. Saya sendiri masih dalam tahap eksplorasi sebab tidak ada hipotesis yang sangat kuat yang memastikan bahwa ADAM= ULAR. Tapi hipotesis ADAM=Ular masih lebih kuat dibanding Hipotesis Ular dirasuki Iblis. ]

Waduh, katanya minta dicarikan contoh di Alkitab iblis merasuki manusia. Sudah dikasih, sekarang pake ALASAN bahwa itu hanya versi Yohanes dan hipotesis saya sangan lemah? Emang ada itu versi Yohanes doang ya, bukan versi Alkitab yang benar? Trus kita diskusi pake standar apa lagi? Cry

 

[OK, tak perlu kita debat atau diskusi karena saya sudah bisa menduga orang seperti apa anda :) ]

Lho, yang tadi ngajak diskusi siapa ?

Kebalik laa, saya yang sudah tahu anda orang seperti apa: Anda orang yang tidak konsisten !



[ Satu hal yang anda harus renungkan baik-baik. Kenapa IBLIS merasuki Yudas justru setelah Yesus memberi Roti? ]


Emang ada bedanya, Yudas dirasuki setelah diberi ROTI ? Saya yakin SETELAH dikasih PIZZA pun, Yudas bisa jg dirasuki iblis !!  Piye mas ??

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

bintang seven's picture

@deta: pembunuh.

kata pembunuh di yoh 8:44 hanya dua kali digunakan.

Yohanes  8:44 Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.

I yoh 3:15 Setiap orang yang membenci saudaranya,  adalah seorang pembunuh   manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal  di dalam dirinya.

krn hanya 2 kali dipakai bukankah deta seharusnya MENG ASOSIASIKAN pembunuh = orang yg membenci saudaranya? jika iblis itu adalah adam, lalu siapa kah saudara yg dibenci nya? siapa saudara adam? kan mustahil hawa, wong dia bersetubuh kok, gimana rasanya klo bersetubuh sambil nggerutu membenci mungkin agak kurang asoy kali yeh..haha...

iblis itu beneran adam, ayat ini pun, yg deta pakai untuk meruntuhkan nya JUSTRU MENGUATKAN NYA.

bukankah yesus pernah berkata siapa yg melakukan kehendak Allah, adalah SAUDARANYA laki2 dan perempuan? (matius 12:50)

adam itu dicipta oleh Allah, Adam adalah KEHENDAK Allah, berarti dia adalah saudara nya Tuhan.

kata membenci pun  digunakan juga dlm LUKAS 16:13 yg artinya MENGACUHKAN/TIDAK MENGINDAHKAN.

Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon

ketika ia ingin makan buah pengetahuan yg baik dan jahat, ADAM mengacuhkan  saudaranya. dan menanggung akibatnya. he is A killer, dlm pengertian rohani, bukan yg mungkin kita bayangkan dg menghunus belati ke jantung manusia.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.