Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Kisah desa Sukamaju

rogermixtin09's picture

Tersebutlah sebuah desa yang terkenal dengan keindahan dan sumber dayanya yang melimpah,yang membuat banyak pelancong yang datang mampir didesa tersebut,bahkan tidak sedikit yang memilih untuk tinggal menetap didesa itu.

 

Sukamaju itulah nama desa itu,termasuk diantara salah satu desa dikecamatan sukaraja yang boleh dikatakan paling banyak pengunjungnya dan juga paling banyak penduduknya dibandingkan desa-desa lain dikecamatan sukaraja. Hampir setiap bulan ada saja orang dari luar desa itu yang datang membuka lahan dan menetap didesa tersebut.

 

Didesa sukamaju ada sebuah pasar yang menjual berbagai bahan keperluan sehari-hari. Sebagaimana pasar pada umumnya dinegeri kita,maka begitupulah pasar yang ada di desa sukamaju.Ada toko-toko,kios-kios pedagang kaki lima,satpam dan juga preman pasar.

 

Pasar desa sukamaju dikelola langsung oleh petugas dari kecamatan sukaraja yang sangat toleran terhadap para pedagang.Para pedagang boleh menjual  dagangan apa saja dengan cara mereka masing-masing.Para pedagangpun diberi kebebasan untuk menjajakan barang daganganya dengan berbagai cara asal barang dagangan itu bukan barang tiruan ataupun barang curian,dan para pembelipun diberi kebebasan untuk menawar dagangan yang dijual dengan berbagai cara.Tidak jarang tawar-menawar antara pedagang dan pembeli mengakibatkan terjadi  adu mulut antara pembeli dan pedagang karena ketahuan sang pedagang menjual barang tidak bermutu,atau belum ada kata sepakat.Namun hal ini adalah hal yang biasa terjadi dipasar desa sukamaju dan tidak dijumpai dipasar-pasar kecamatan lain. Bahkan ada penelitian dari sekelompok mahasiswa magang dari universitas Gajahmungkur yang menyatakan bahwa keunikan dari pasar desa sukamaju inilah yang membuat desa sukamaju berkembang dengan pesat dibandingkan desa-desa lain di kecamatan sukaraja,apalagi bila dibandingkan dengan desa-desa di kecamatan lain.

 

Dipasar kecamatan tetangga,para pembeli tidak boleh menawar harga yang sudah ditetapkan para pedagang.Layaknya disupermarket barang yang dijual walaupun tidak layak pakai alias kwalitasnya jelek namun harganya tidak bisa ditawar lagi.Bila ada yang menawar petugas satpam langsung menegur dan bahkan tidak jarang langsung dicekal tidak boleh belanja ditempat itu lagi karena takut mempengaruhi para pembeli yang lain untuk ikut-ikutan menawar.

 

Sebenarnya secara diam-diam para pedagang setempat sudah mulai mengeluh karena rendahnya omset mereka.Bahkan ada beberapa pedagang yang  secara diam-diam  pindah dan membuka lapak dipasar desa sukamaju,dengan harapan omset daganganya nanti bisa meningkat beberapa kali lipat.Namun sayang,mungkin karena sudah kebiasaan dari tempatnya berdagang dimana tidak ada tawar-menawar,maka tabiat ini dibawa juga kepasar sukamaju sehingga sering tawar menawar dengan para pembeli pasar desa sukamaju yang biasanya bebas menawar menjadi tidak kondusif bahkan mereka cenderung menuduh para pembeli pasar desa sukamaju tidak santun,suka memaki dan lain sebagainya.

 

Yang terakhir terjadi beberapa hari yang lalu dimana seorang pedagang dari pasar lain membuka lapak dipasar desa sukamaju.Seperti biasa para pedagang dan pembeli setempat menyambut mereka dengan senang hati.Transaksi perdaganganpun terjadi dengan baik.Namun itu tidak berlangsung lama.Hanya berselang beberapa hari sang pedagang mulai bertingkah seperti pedagang dari pasar lainya sebelum dia.Memprotes cara-cara berdagang dipasar desa sukamaju dan mulai menggurui dengan ajaranya bahwa seharusnya cara berdagang yang baik itu begini dan begitu.Para pedagang dan pembeli setempat pun memperhatikan ajaran sang pedagang tersebut,dan ternyata apa yang diajarkan kemarin berbeda dengan hari ini.

 

Namun begitulah kalau tabiat dari pasar sebelumnya dibawah ke pasar desa sukamaju,maka yang terjadi adalah sang pedagang cuek bebek seperti burung onta yang menyembunyikan kepalanya didalam pasir.Menyangka dirinya aman karena tidak melihat musuhnya.Bahkan mengajarkan kepada para pedagang lain bahwa menghindar dari perbuatan yang sudah ketahuan belangya itu bukan berarti menyerah.Bahkan dengan pongahnya berkata kepada para pedagang lain bahwa para pembeli itu kurang kerjaan dan taunya Cuma membeli dan tidak tahu berdagang.

 

Begitulah kisah di desa sukamaju dengan pasar desanya yang unik.

 

Bersambung

 

 

lapan's picture

Lebay atau degradasi

Sebenarnya tadinya gw juga anggap tony lebay. Tapi setelah liat postingan SF, gw jadi sedikit terkaget. Walaupun gw sendiri gak keberatan (dan seringkali merasa lucu) dengan yang macam2 gitu, apa iya tony yang lebay bukan gw yang uda kena dampak degradasi moral?

Ya sudahlah...

Let them be let me be.

 

__________________

imprisoned by words...

Samuel Franklyn's picture

Ledekan blender otak

Ledekan blender otak dari Hai-hai gua anggap sih lucu berat. Gua nggak menganggap itu ledekan yang kurang ajar seperti yang di omong tonypaulo. Makanya sekalian gua cari video lucu kucing di blender. Kalau cuma liat video itchy dan scratchy aja lu sudah kaget apalagi kalau lihat video happy tree friends? Bwa ha ha ha.

lapan's picture

SF speed reading

weleh... kaget bukan karena content. Lagian gw tulis begini:

Walaupun gw sendiri gak keberatan (dan seringkali merasa lucu) dengan yang macam2 gitu

Kaget karena mirip sudden realization gitu. Ya gak kaget2 amat. Kaget dikit doank. Terhenyak gitu kali ya. Hahahahaha

Soal happy 3 friends gw suka kok, tapi uda bosen karena rusa birunya jarang mati. Padahal gw paling sebel sama dia. Episode fav gw saat kakinya ketimpa poon

Soal blender otak itu seperti gw jelasin ke tony di sini, sebetulnya gak gimana banget, ya cmn apa itu benar2 contoh kekejaman verbal or not, yang pasti kalau video dari lu sih IYA.

Pendapat gw ttg videolu itu, lucu-lucu aja, tapi itu salah or benar. Kok gw bisa suka ya? Gitu aja si

__________________

imprisoned by words...

Samuel Franklyn's picture

Kekejaman kartun

Kenapa saya suka film kartun baik yang kejam ataupun yang biasa saja? Karena saya tahu itu semua bukan kenyataan. Jadi saya mau tertawa atau suka atau sedih saya tetap sadar bahwa itu semua cuma khayalan. Hai-hai memang kepingin blender sana sini orang-orang bebal. Tapi dia sendiri pun menyadari bahwa itu semua cuma khayalan. Orang-orang bebal sama seperti orang-orang miskin akan tetap ada bersama-sama kita dan tidak ada jalan keluar yang gampang menghadapi mereka. Laughing

tonypaulo's picture

@SF coba tanya ke kak Seto

Ledekan blender otak dari Hai-hai gua anggap sih lucu berat. Gua nggak menganggap itu ledekan yang kurang ajar seperti yang di omong tonypaulo. Makanya sekalian gua cari video lucu kucing di blender. Kalau cuma liat video itchy dan scratchy aja lu sudah kaget apalagi kalau lihat video happy tree friends? Bwa ha ha ha.

====

lucu dan mengenaskan.... anda tanya ke Kas Seto atau Komnas perlindungan anak, yang bukan intitusi KRISTEN...

ga ada yang lucu dari video kucing di blender....

kalau dunia berhasil menipu anda, itu urusan anda, kalau nanti kelak anda menikah dan anda rekomendasikan video itchy dan scratchy ke anak anda untuk anda tonton, mungkin anda perlu ikut seminar parenting life

:)

lapan's picture

@SF dan HH

@HH: Iya memang gw nangkepnya juga gitu hahahahaha makanya memang tadinya dengan enteng gw anggep si tony lebay

@SF: Iya hanya kartun, tapi kok bisa suka ya?

Dolo gw pernah nanya hal sejenis ke temen gw, dia bilang karena selera manusia uda tercemar dosa. Yah, terlepas dari kata-katanya alkitabiah atau gak, gw emang ngerasa gak enak beberapa waktu setelah nonton (dan terbahak-bahak).

Dan tadi juga gw ada minta pendapat ke temen gw. Apakah persoalan kartun2 dan joke2 kasar itu hanya masalah perbedaan kebudayaan atau udah bukti degradasi moral? Kalo dia sih emang gak suka dan dia anggapnya degradasi.

Tapi ya gitu deh, paling ntar juga gw nonton lagi... Asik main lumpur... Abis mandi memang seger tapi emang dasar babi sukanya main di lumpur.

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@Lapan, Bukan Kejam

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Daniel's picture

Itchy & Scratchy

hai hai, itu bukan Tom & Jerry tapi Itchy & Scratchy, tokoh kartun di dalam kartun The Simpsons... tapi memang itu parodi dari Tom & Jerry, dan memang sudah terkenal dengan over-the-top-violence-nya

hai hai's picture

The Simpsons

mas daniel, nggak pernah ngefans the simpsons, nggak ada lucu lucunya. Sejak SD sampai blom nikah saya langganan majalah yang ada kisah Tom and Jerry.

Setelah punya anak, mulai nonton lagi nemenin anak ngakak.

Di dalam Tom and Jery, nggak pernah ada yang Mati. Itulah kartun.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Daniel's picture

satire & sarkasme

ooo, saya mengacu pada film kartun pendek yang diembed oleh Samuel Franklyn, hai...

btw, The Simpsons lumayan lucu juga, kalau bisa tahan pada komedi satire dan sarkasme yang berlebihan, banyak kritik sosial bagus di dalamnya, tapi konteksnya memang dunia barat, khususnya budaya Amerika.

tonypaulo's picture

jaka sembung bawa golok...

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

hai hai's picture

Sinchan

mas daniel, no komentar karena blom pernah nonton dengan serius. tokoh tokohnya tampangnya jelek.

Saya suka sinchan. ha ha ha ha ha ...

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

rogermixtin09's picture

Bro JF,Gimana kabarnya ?

@roger : apakah kamu tidak bisa melihat SISI POSITIF tonypaulo ? (bukankah dengan demikian, kamu berlaku MENYEBELAH) bwi hi hi hi... piss...

JF,tentu saja saya melihat sisi positifnya yaitu Tonypaulo ingin SS lebih

memberkati katanya.

Tapi saya lebih setuju dengan pernyataan hai-hai yaitu "sipincang ngomel jalanan nggak rata " padahal jalannya sebenarnya baik-baik saja.

Coba anda perhatikan sejak blog soal mefiboset itu.sampai saat ini kata TOLOL dan PAULOL itu tetap saja mengikutinya.

Mengapa hal ini harus terjadi sampai saat ini,seharusnya ada introspeksi

Apakah jalannya memang nggak rata ,atau kakinya pendek sebelah.Kalau jalanya memang nggak rata ya memang wajib diberitahukan sama admin untuk meratakanya,tapi kalau ternyata kakinya yang pendek sebelah,adminpun tidak bisa berbuat apa2 bukan ?

Bro JF,Gimana kabarnya,anda tahun baruan di manado ya ? dalam rangka apa ada disana ?

tonypaulo's picture

@roger, jelaskan kepada saya

Tapi saya lebih setuju dengan pernyataan hai-hai yaitu "sipincang ngomel jalanan nggak rata " padahal jalannya sebenarnya baik-baik saja.

Coba anda perhatikan sejak blog soal mefiboset itu.sampai saat ini kata TOLOL dan PAULOL itu tetap saja mengikutinya.

Mengapa hal ini harus terjadi sampai saat ini,seharusnya ada introspeksi

Apakah jalannya memang nggak rata ,atau kakinya pendek sebelah.Kalau jalanya memang nggak rata ya memang wajib diberitahukan sama admin untuk meratakanya,tapi kalau ternyata kakinya yang pendek sebelah,adminpun tidak bisa berbuat apa2 bukan ?

===

@roger sampai saat ini anda tidak mempunyai keberanian untuk menjawab

"blender otak" itu term yang

a. sangat sopan sekali

b. sopan sekali

c. sopan

d. kurang sopan

e. sedikit kurang ajar

f. kurang ajar

g. terlalu vulgar

h. sarkastic

i. sadistic

j. tidak tahu

k. tidak perduli

l. takut pada suhu hai bin yhwh

m. .................................(kalau masih ada yang belum saya sebut mohon disi sendiri)

kalau anda pun telah dibutakan hati nuraninya ttng ini, saya bisa bilang apa lagi? karena memang anda sama sekali tidak menangkap esensi dari apa yang saya sampai SAAT INI DALAM KONTEKS "BLENDER OTAK"

apa saya masih bisa berharap bahwa anda memiliki nurani? saya rasa saya masih bisa berharap

:)

rogermixtin09's picture

@Tonypaulo

Pak Tony,saya kan sudah menjawab ketika kita diskusi di kotak hijau,tapi sekarang akan saya jawab disini supaya lebih jelas.Saya hanya mengulangi jawaban saya di kotak hijau waktu itu.

Menurut saya kita harus melihat latar belakang mengapa komentar itu keluar.

Coba anda perhatikan video ini,lalu pelajari ajaran Paulus tentang bahasa roh.

Apakah yang dilakukan oleh kedua orang itu cocok dengan apa yang diajarkan Alkitab atau bertentangan dengan Alkitab ?

Kalau bertentangan dengan Alkitab apakah itu bukan sebuah sandiwara yang sangat kejam ? mengapa saya katakan sangat kejam,karena seandainya itu bertentangan dengan Alkitab maka apa yang dilakukan oleh mereka adalah penipuan besar terhadap diri sendiri dan jemaat yang hadir saat itu.

bagi jemaat biasa,mungkin kita bisa maklum karena mereka kurang mengerti.Tapi dua orang itu adalah pengkhotbah,mungkin mereka itu pendeta jemaat.

Menurut saya "Blender otak" buat mereka itu masih wajar.Karena saya sendiri tidak setuju dengan apa yang mereka lakukan namun tidak bisa lagi mengungkapkan kekecewaan saya dengan gambaran kata-kata.

Menurut saya Mereka benar-benar keterlaluan.Kasihan jemaat yang ada disitu telah ditipu mentah-mentah oleh mereka.

 

tonypaulo's picture

@roger, tidak ada "jemaat biasa" dalam alkitab

Kalau bertentangan dengan Alkitab apakah itu bukan sebuah sandiwara yang sangat kejam ? mengapa saya katakan sangat kejam,karena seandainya itu bertentangan dengan Alkitab maka apa yang dilakukan oleh mereka adalah penipuan besar terhadap diri sendiri dan jemaat yang hadir saat itu.

===

mari ajukan EKSPOSISI secara ALKITABIAH atau TEOLOGIS, hal2 mana yang saudara sebut bertentangan dengan Alkitab

kalau cuma "kalau" bisa dijadikan argumen pondasi untuk anda melakukan fitnah dan menuduh ada penipuan besar ya repotlah...sekedar "kalau" bisa menjadi pondasi argumen pamungkas atau mumpuni untuk menyerang kelompok lain

 

bagi jemaat biasa,mungkin kita bisa maklum karena mereka kurang mengerti.Tapi dua orang itu adalah pengkhotbah,mungkin mereka itu pendeta jemaat.

===

saya sungguh "tidak mengerti" arti dari kata "jemaat biasa" karena dalam Alkitab tidak bisa saya temukan ada kata "jemaat biasa" yang ada hanya JEMAAT itupun bukan jemaat biasa tetapi LUAR BIASA

1Co 1:26  Ingat saja, saudara-saudara, bagaimana keadaan kamu, ketika kamu dipanggil: menurut ukuran manusia tidak banyak orang yang bijak, tidak banyak orang yang berpengaruh, tidak banyak orang yang terpandang.
1Co 1:27  Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat,
1Co 1:28  dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti,

 

Menurut saya "Blender otak" buat mereka itu masih wajar.Karena saya sendiri tidak setuju dengan apa yang mereka lakukan namun tidak bisa lagi mengungkapkan kekecewaan saya dengan gambaran kata-kata.

===

bisa jelaskan mengapa saudara menyebut "blender otak" yang orang tak bertuhanpun tahu itu sebagai "kekerasan verbal tingkat sadis"?

karena jika nilai yang saudara anut lebih rendah daripada nilai2 dunia ini, tanpa bermaksud memegahkan diri saya diatas saudara, saya rasa itu PERSOALAN BESAR buat anda secara pribadi dan buat kerumunan di blogs ini secara umum

 

Menurut saya Mereka benar-benar keterlaluan.Kasihan jemaat yang ada disitu telah ditipu mentah-mentah oleh mereka.

===

itu hanya "perasaan" anda saja kan?

 

:)

rogermixtin09's picture

Pak Tony,Eksposisi

Pak Tony,soal "jemaat biasa" itu kan hanya ungkapan untuk membedakan yang bukan pengkhotbah dan pendeta dengan mereka yang pekerjaanya memang pendeta atau pengkhotbah.Masa untuk hal segitu saja anda tidak paham.

Demikian juga istilah "blender otak" itu cuma ungkapan kekesalan saja.Apa anda sudah pernah melihat orang yang otaknya diblender pak Tony ? terlepas dari itu sarkastic atau tidak tetap saja itu cuma ungkapan yang tidak akan pernah menjadi kenyataan.

Soal Eksposisi teologia tentang hal mana yang saya anggap bertentangan dengan Alkitab itu,saya kira sudah banyak yang melakukany di SS ini termasuk saya sendiri.Yang paling mutakhir soal itu adalah blog barunya tante paku soal rujak itu.

Bagaimana kalau anda saja yang melakukan Eksposisi soal ayat dibawah ini :

1 Korintus 14:2  Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorangpun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia.

1 Korintus 14:4  Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat.

 

 

1 Korintus 14:18  Aku mengucap syukur kepada Allah, bahwa aku berkata-kata dengan bahasa roh lebih dari pada kamu semua.

1 Korintus 14:19  Tetapi dalam pertemuan Jemaat aku lebih suka mengucapkan lima kata yang dapat dimengerti untuk mengajar orang lain juga, dari pada beribu-ribu kata dengan bahasa roh.

 

Saya tunggu Eksposisi anda.

tonypaulo's picture

@roger, tolong untuk belajar konsisten

Pak Tony,soal "jemaat biasa" itu kan hanya ungkapan untuk membedakan yang bukan pengkhotbah dan pendeta dengan mereka yang pekerjaanya memang pendeta atau pengkhotbah.Masa untuk hal segitu saja anda tidak paham.

==

jangan suka loncat2, dan saya juga belum bapak2 kok, jadi bisa sebut saya tony saya itu sudah baik buat saya

saudara sebelumnya menyatakan apa?

------

Kalau bertentangan dengan Alkitab apakah itu bukan sebuah sandiwara yang sangat kejam ? mengapa saya katakan sangat kejam,karena seandainya itu bertentangan dengan Alkitab maka apa yang dilakukan oleh mereka adalah penipuan besar terhadap diri sendiri dan jemaat yang hadir saat itu.

------

apa maksud anda anda bisa seret2 "alkitab" sesuka hati anda, sebentar menurut alkitab sebentar menurut anda "hanya ungkapan"?

jadi sebenarnya yang saudara maksud dengan Kalau bertentangan dengan Alkitab   itu sesuka hati anda saja?

enak yah jadi anda?

jadi saya harus introspeksi juga atas apa yg saya sampaikan dibawah ini?

saya sungguh "tidak mengerti" arti dari kata "jemaat biasa" karena dalam Alkitab tidak bisa saya temukan ada kata "jemaat biasa" yang ada hanya JEMAAT itupun bukan jemaat biasa tetapi LUAR BIASA

1Co 1:26  Ingat saja, saudara-saudara, bagaimana keadaan kamu, ketika kamu dipanggil: menurut ukuran manusia tidak banyak orang yang bijak, tidak banyak orang yang berpengaruh, tidak banyak orang yang terpandang.
1Co 1:27  Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat,
1Co 1:28  dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti

 

 

 

jadi menurut anda saya yang salah atau anda yang salah? jemaat atau jemaat biasa? soalnya saya tidak bisa menemukan jemaat biasa di alkitab saya? ITU FAKTAnya

bisa kan anda belajar untuk KONSISTEN TERHADAP SETIAP PERKATAAN ANDA?

kalau tidak saya rasa percuma berdiskusi dengan anda

 

Demikian juga istilah "blender otak" itu cuma ungkapan kekesalan saja.Apa anda sudah pernah melihat orang yang otaknya diblender pak Tony ? terlepas dari itu sarkastic atau tidak tetap saja itu cuma ungkapan yang tidak akan pernah menjadi kenyataan.

===

ternyata anda tidak paham terhadap term "kekerasan verbal" atau "pembunuhan karakter" ...pantas sulit sekali anda paham maksud saya

kekerasan verbal tidak mesti terjadi namun secara psikologis itu sudah merupakan tindakan mematikan karakter orang lain dengan kata2 yang vulgar, sarkastik dan kejam, atau me-SUBLIMASI orang-orang untuk berprilaku sarkastik dan sadis dalam alam ide yang merupakan pemicu untuk terkadang menjadi suatu kenyataan

dan anda tidak perlu mengajari saya ttng tidak akan pernah menjadi kenyataan.

kalau anda tidak paham arti "kekerasan verbal" harusnya anda cari dulu definisinya, ga perlu berbelit2 seperti ini demi membela suhu anda itu

 

Soal Eksposisi teologia tentang hal mana yang saya anggap bertentangan dengan Alkitab itu,saya kira sudah banyak yang melakukany di SS ini termasuk saya sendiri.Yang paling mutakhir soal itu adalah blog barunya tante paku soal rujak itu.

===

jangan bermain "loncat2an"lah,

saya merespon karena anda pernah menyampaikan ini

Kalau bertentangan dengan Alkitab apakah itu bukan sebuah sandiwara yang sangat kejam ?

kok jadi anda kabur dari apa yang sudah anda sampaikan?

kalau anda ga bisa kasih eksposisi bilang saja tidak bisa, dan kalau anda tidak bisa mempertangungjawabkan argumen anda yang ini

Kalau bertentangan dengan Alkitab apakah itu bukan sebuah sandiwara yang sangat kejam ? kata  Alkitab saya sarankan diganti dengan "super core imajinasi saya" biar pas

 

rogermixtin09's picture

@Tony

Ya sudah pak Tony,saya sudah menjelaskan bahwa istilah itu hanya untuk membedakan orang yang pekerjaanya pendeta atau pengkhotbah.anda mau terima atau tidak itu terserah anda.

Saya kira diskusi kita juga cukup sampai disini sajalah,soalnya kalau dilanjutkan nggak bakalan ada habisnya.Ada banyak blog baru yang belum sempat saya baca karena sibuk membalas komen anda.

Terima kasih sudah mau meramaikan blog saya ini.

Semoga kita tetap bersaudara dalam Tuhan Yesus.

jesusfreaks's picture

@roger : berseluncur di blognya Tonypaulo

Dear Roger,

natal & tahun baru, saya dimanado, liburan keluarga.

istri saya orang manado, di tikala.

 

soal tonypaulo, kalau kamu hanya melihat blog mefiboset, ya jelas, TERLALU SEMPIT RASANYA, soal TOLOL dan PAULOL mengikuti dia, gak juga tuh, itukan cuma segelintir orang saja.

coba kamu berselancar ke blog tonypaulo yang lain, MUNGKIN saja kamu akan MENDAPAT BERKAT lebih banyak, daripada cuma dipusingkan oleh MEFIBOSET, TOLOL dan PAULOL.

 

sudah baca ini :

http://www.sabdaspace.org/dalam_segala_hal_aku_berkelimpahan

http://www.sabdaspace.org/ini_masa_mudaku_untuk_mu

http://www.sabdaspace.org/kata_hatiku_hitam

 

dll dsb

 

shalom,

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Miyabi's picture

@Rusdy: OOT dikit

Ngelanjutin diskusi kita soal etika (kita? perasaan gue aja kali hehehe).

Kita bisa mengatakan menurut Alkitab suatu perbuatan dikatakan benar bisa karena  di Alkitab Allah mengatakan hal tersebut benar. Kita bisa mengatakan menurut Alkitab suatu perbuatan dikatakan salah bisa karena di Alkitab Allah mengatakan hal tersebut salah.

Allah berkuasa menentukan mana yang ia anggap salah dan mana yang benar, dengan begitu sesuatu dikatakan benar atau salah adalah karena Allah menyatakan demikian, dan bukan karena sesuatu itu memang salah atau memang benar.

Apakah menggunakan kata-kata kasar itu salah ataukah benar ataukah bebas nilai?

Yesus menggunakan kata-kata kasar. JIka menggunakan kata-kata kasar itu bersalah, berarti berkata-kata kasar itu salah. Yesus tidak pernah salah(?), jadi menggunakan kata-kata kasar tidak salah.

Menggunakan kata-kata kasar itu tidak salah karena Yesuspun melakukannya.

Orang-orang yang tidak setuju dengan penggunaan kata-kata kasar di SS tidak berhasil membangun argumen yg baik untuk mematahkan itu. Malah terjadi serangan balik mematikan, yaitu selalu berhasil dibuktikan bahwa mereka yang anti kata-kata kasar justru berasal dari kalangan yang "tidak jujur, licik, picik dll".

Tiap kata hampir dapat digunakan  secara kiasan. Ini artinya sama seprti katakata kasar, kata-kata yang tidak kasar pun bisa digunakan untuk menyerang. Penyerang yang jeli tentu dapat memilih kata-kata yang biasa saja namun berdampak luar biasa.

Tonypaulo sejak pertama datang ke SS langsung dicap tolol oleh beberapa orang. Persoalan kecerdasan kayaknya menjadi tema yang sensitif bagi TonyPaulo. Berbagai istilah sudah bermunculan dan yg terakhir ini adalah "blender otak".

Apakah lelucon blender otak adalah sesuatu yang menyakitkan? Tentunya jangan tanya ke pengamat. Karena bagi pengamat mungkin ini lelucon yang lucu sekali.

Bagaimana menilai suatu perbuatan, dari dampaknya kah? Dampak langsung? dampak tidak langsung? Dari sudut pandang pelaku? niat pelaku? tujuan pelaku? Ataukah dari sudut pandang korban? Kerugian yang dirasa korban?

Korban bisa merasa dirugikan dalam hal anu, anu, dan anu  sebesar sekian dan sekian. Pelaku juga bisa merasa berjasa bertujuan baik anu, dengan niat anu dan menunjukkan berbagai manfaat anu, anu dan anu.

Ini yang dulu saya maksud sebagai masalah etika. Pertanyaan-pertanyaan di atas adalah persoalan etika. Orang kristen menurut saya perlu mengembangkan etika, mengembangkan etika maksudnya mempertanyakan dan mencari solusi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Persoalan tersebut musti dijawab dalam kerangka iman kristen. Jika tidak, maka kita akan terbawa arus oleh jawaban-jawaban dari pemikiran di luar Kristen, entah itu utilitarianisme (melihat sesuatu dari manfaatnya) ataukah relativisme dan lain-lain.

@roger: numpang OOT yah

__________________

".... ...."

lapan's picture

@Miyabi, Jangan mencemooh

Hehehehe...

Tampaknya ada yang perlu dilurusin.

Begini Mia. Masalah komunikasi yang sering dipersoalkan sebaiknya jangan ditekankan pada penggunaan kata-kata ya.

Mungkin kita-kita ini masih pada kurang pandai merangkai kata, sehingga kesannya kita hanya menekankan penggunaan kata-kata. Jadinya adalah argumen soal kata kasar, kata lembut, masalah kebudayaan, ayat-ayat alkitab tentang anjuran lemah lembut, dsb.

Anti kata kasar: Kenapa kamu kasar? Bukankah itu tidak mencerminkan kekristenan? Di mana kasihnya? Bukankah alkitab mengajarkan kita untuk lemah lembut? (carilah ayatnya sendiri ya :p)
Pro/neutral kata kasar: Bagaimana dengan Yesus dan Paulus? Bukankah mereka (carilah ayatnya sendiri ya :p)? Apakah kamu lebih suka sindiran dikemas kata-kata halus? Bukankah tidak pintar dan tolol itu sama artinya?

Menurut pengamatan gw yang sotoy ini, buntutnya jadi memperdebatkan soal yang lain karena masing-masing pihak lepas kendali. Awalnya sekedar mengungkapkan keberatan/pendapat/saran, tapi jadinya malah saling membela diri sendiri. Pembahasan bergeser dari pertanggungjawaban individu menjadi persoalan mana yang benar dan mana yang salah.

Inti sebenarnya sih gw rasa adalah jangan mencemooh/menghina.

Kata-kata adalah alat, kalimat yang sama digunakan dengan nada berbeda dan sikon berbeda jadinya juga akan bermakna berbeda. Ketika ditanya pertanggungjawaban individu terhadap penggunaan kata-katanya, kalau bersedia menjawab, jawab aja dengan jujur.

Apa benar kita menggunakan kata-kata itu karena kita peduli? Apakah benar kita menggunakan kata tolol karena berharap orang yang kita anggap tolol akan menjadi pintar? Apakah benar kita bukan sekedar mencemooh dan menghina?

Ketika kita menyebut seseorang sesat apakah karena kita peduli supaya dia sadar atas kesesatannya atau karena kita hanya ingin memuaskan keinginan untuk merasa lebih baik (mau itu lebih baik dari orang itu ataupun cuman melampiaskan kekesalan)?

Budaya memang mempengaruhi banget. Bahasa ada bahasa formal, ada bahasa gaul, ada bahasa alay, ada bahasa sehari-hari. Tiap orang punya standar keberatan yang berbeda-beda. Tapi standar kesopanannya sama. Kata makian ya tidak sopan. Tapi keberatan gaknya itu tergantung tiap pribadi. Ada yang keberatan, ada yang biasa aja.

Kalo yang keberatan, mungkin buat mereka itu adalah cemoohan dan hinaan. Buat yang biasa aja, mungkin bisa melihat lebih jauh dan membedakan apakah itu hinaan/cemoohan atau peringatan/teguran.

Kenapa para pro/neutral yang tidak keberatan dengan kata-kata kasar gak mau berbaik hati pada sesama yang keberatan? Jelaskan aja dengan baik-baik. Apalagi kalao uda keliatan mereka lagi panas. "Ini teguran, maaf kalau saya melangkahi batas kenyamananmu, tapi saya peduli padamu." (cieee)

Kalau bukan itu alasannya, kalau memang niatannya mencemooh dan menghina, ya, kalau memang mau jujur, silakan. Kalau gak mau jujur ya udah, lebih baik mingkem aja? :p

Gw sendiri kalau menggunakan kata-kata tersebut adalah lebih sebagai cemoohan atau hinaan. Jadi gw menghindari penggunaan kata-kata tersebut (dimulai dari sini :p).

Bukan berarti gw udah bisa berhenti total dan bukan berarti gw anti kata-kata kasar, dan bukan berarti gw gak jujur. Tapi gw cuman tau itu salah kalo gw yang ucapkan, jadi gw usahain gak lakukan. Ya kalo gw masih lakukan (dan belum lama ini hihihi), yang harus gw ubah itu kelakuan gw. Prinsip gw yang udah benar (gpp donk, benar buat gw) cuman perlu lebih ditegakkan. Dan gw harap kalau ada sesama yang kesandung ya jangan langsung dilempari batu "standar ganda" atau "gak konsisten" lah... Namanya juga manusia. Hehehehe

Ya ya ya gw tau kita gak bisa mengubah orang lain dan gak baik memaksakan pendapat. Tapi kalo gak ngomong, rasanya kaya gatel gak digaruk. Jadi, seperti penutup di artikel Anthony de Mello yang gw baca tadi pagi:
Say your thing and get out of here. And if they profit, that's fine, and if they don't, too bad!

Btw, ngelanjutin OOT nih... :p



__________________

imprisoned by words...

Miyabi's picture

@lapan: knapa?

Mencemooh itu jangan... alasannya apa? Trus mana yang mencemooh dan mana yang bukan itu gimana bedainnya?

A mencemooh B. <== yang menentukan apa betul perbuatan itu mencemooh siapa? Tuhan? Alkitab? pengamat? saksi ahli? Pelaku? korban?

__________________

".... ...."

lapan's picture

@miyabi

Maksud gw tuh inti dari protes-protes itu sebenarnya "jangan mencemooh lah", kenapa? 

Menurut lu mencemooh itu sifat yang baik gak? Secara umum aja udah ketauan kok jeleknya, tapi kalau lu mau bukti di alkitab, mungkin lu bisa search di alkitab sabda dengan keyword "pencemooh".

Salah satunya yang paling simple:

Ams 29:8 Pencemooh mengacaukan kota, tetapi orang bijak meredakan amarah.

Di mata gw, kami-kami yang protes ini karena menganggap itu hinaan/cemoohan. Padahal mungkin bukan cemoohan tapi teguran. Mungkin yang lain bisa bantu dengan menjelaskan baik-baik. Tapi kalau memang maksudnya mencemooh ya sudah. Tidak ada yang melarang, namun memang itu gak sesuai kekristenan kan hahaha

 

*oh ya, komentar gw di atas untuk menyikapi bagian komentarmu yang soal protes para anti kata kasar. kalau soal joke blender otak otak encer, itu masih gw pikirkan sih, apakah ketidakkeberatan kita (gw juga anggap lucu) adalah karena kebiasaan menolerir kekerasan (walaupun kartun) atau memang si tony yang lebay :p

__________________

imprisoned by words...

rogermixtin09's picture

Miya,Blender

Miya,soal "Blender otak" ceritanya begini :

Sebenarnya istilah itu tidak ada hubunganya dengan Tonypaulo,melainkan tanggapan hai-hai soal video bahasa roh di blognya Mujizat.

Istilah ini kemudian oleh Tonypaulo dijadikan bahan untuk menggugat hai-hai dimana menurutnya itu bahasa Sarkastic.

Karena istilah ini diulang-ulang terus oleh Tonypaulo dalam gugatanya terhadap hai-hai,akhirnya istilah ini justru ditujukan buat dirinya sendiri.

Jadi sebenarnya blender otak itu bukan buat dia.

Miyabi's picture

@roger

Ok, lelucon itu ditujukan untuk Mujizat. TonyPaulo adalah pengamat. Saya sedang mengajak berpikir apakah ada rumusan untuk menilai suatu perbuatan.

 

 

 

__________________

".... ...."

rogermixtin09's picture

Miya.

Miya,itu juga bukan untuk Mujizat,tapi untuk pelaku di video itu.

Miyabi's picture

@roger: si badu dan si fulan

Ok. Si Badu berbuat sesuatu terhadap si Fulan.

Perbuatan si Badu itu bisa baik bisa buruk.

Bagaimana menilai perbuatan Badu tersebut? Ada rumusannya atau tidak. Gitu aja. Kalau ga ada rumusannya menurut Alkitab, ya sudah, berarti pakai rumusan buatan orang lain.

__________________

".... ...."

tonypaulo's picture

@niyabi, kata dalam alkitab sih...

Ok, lelucon itu ditujukan untuk Mujizat. TonyPaulo adalah pengamat. Saya sedang mengajak berpikir apakah ada rumusan untuk menilai suatu perbuatan.

===

menarik, namun saya garisbawahi bukan perbuatan melainkan perkataan (argumen), mari kita lihat apa yang dikatakan dalam Firman

Mat 15:18  Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.
Mat 15:19  Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat

nah saya "permudah" apakah term "blender otak" itu memiliki intensi apa?

a. baik

b. jahat

c. biasa aja

saya kasih cluenya ttng "kekerasan/kekejaman/kesadisan secara verbal"

:)

Miyabi's picture

@tonypaulo

Menurut saya "blender otak" itu lucu sekali. Sama lucunya dengan membaca tulisan-tulisan sinis-sewot anti-yahudinya Martin Luther, yg lebih lucu dibanding membaca komentar Tata Marceli di blog Kompasiana-nya Zulkarnain El-Madury. Namun lucu itu kan cuma ada di otak saya (dan otak orang-orang lain yg sepikiran dengan saya).

Mat 15:18-19 tidak membuktikan apa-apa.

Pikiran jahat timbul dari hati. Trus? Ga bisa membuktikan apa-apa. Bagaimana cara membaca isi hati orang? Hati maupun pikiran orang tidak bisa dibaca.

Bahkan saya sendiri tidak mengetahui 100% isi hati saya sendiri. Ada wilayah abu-abu yg baru nampak jelas ketika peristiwa sudah terjadi dan dampak perbuatan sudah kelihatan. Kalau dampaknya tidak kentara, berarti wilayah itu akan tetap abu-abu.

 

__________________

".... ...."

tonypaulo's picture

@miya, pikiran Kristus

Menurut saya "blender otak" itu lucu sekali. Sama lucunya dengan membaca tulisan-tulisan sinis-sewot anti-yahudinya Martin Luther, yg lebih lucu dibanding membaca komentar Tata Marceli di blog Kompasiana-nya Zulkarnain El-Madury. Namun lucu itu kan cuma ada di otak saya (dan otak orang-orang lain yg sepikiran dengan saya).

====

saya tidak pernah menganggap subtansi yang saya bawa itu lucu atau bukan, seinggat saya

tapi seperti yang saudara sampaikan "lain yg sepikiran dengan saya" ketika concern saya hanya pada kekerasan verbal dalam tingkat sadistik, sedang saudara dalam hal lucu2an, jelaslah kita "berangkat" dari titik yang berbeda

 

Mat 15:18-19 tidak membuktikan apa-apa.

Pikiran jahat timbul dari hati. Trus? Ga bisa membuktikan apa-apa. Bagaimana cara membaca isi hati orang? Hati maupun pikiran orang tidak bisa dibaca.

Bahkan saya sendiri tidak mengetahui 100% isi hati saya sendiri. Ada wilayah abu-abu yg baru nampak jelas ketika peristiwa sudah terjadi dan dampak perbuatan sudah kelihatan. Kalau dampaknya tidak kentara, berarti wilayah itu akan tetap abu-abu.

====

1Co 2:16  Sebab: "Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?" Tetapi kami memiliki pikiran Kristus

nah konteksnya saya ingin kembalikan, ketika Nikodemus bicara dengan Tuhan Yesus

Joh 3:9  Nikodemus menjawab, katanya: "Bagaimanakah mungkin hal itu terjadi?"
Joh 3:10  Jawab Yesus: "Engkau adalah pengajar Israel, dan engkau tidak mengerti hal-hal itu?

atau kalau kita ganti menjadi

 Engkau adalah pengajar Israel, dan perlu "diblender otaknya biar encer"?

jelas perbedaan yang sangat amat mencolok antara pikiran Kristus dengan pikiran Hai-hai

padalah hai-hai ini mengaku ngaku BIN YHWH?

 

Miyabi's picture

@tonypaulo

Berpendapat sih boleh-boleh saja. Saya berpendapat itu lelucon lucu, sama lucu dengan kesewotan Luther terhadap Yahudi. Anda berpendapat blender otak adalah kekerasan verbal yang sadis. Namun pendapat kita adalah pendapat pengamat.

 

Hai-hai menyampaikan lelucon blender otak ditujukan kepada orang-orang dalam video di blog mujizat.

  1. Hai-Hai  = pelaku
  2. menyampaikan lelucon  = perbuatan  
  3. orang-orang dalam video  = korban  

 

Kalau kita perhatikan, korban dari lelucon itu adalah "korban yang tidak hadir". Mereka nggak tahu bahwa mereka telah jadi korban sebuah lelucon. TonyPaulo, Anda mau menjerat Hai-Hai?

  1. Anda harus buktikan bahwa Hai-hai berniat jahat  
  2. Anda harus buktikan bahwa lelucon itu adalah sesuatu yang menimbulkan kerusakan  
  3. Anda harus buktikan bahwa korban mengalami kerugian  

 

Cuma tiga itu saja: pelaku, perbuatan, korban. Saya, Anda dan yang lain cuma pengamat. Boleh saja ngomong, tapi itu cuma jadi pendapat belaka.

__________________

".... ...."

tonypaulo's picture

@roger, "basa-basi" retoris semata

Miya,soal "Blender otak" ceritanya begini :

Sebenarnya istilah itu tidak ada hubunganya dengan Tonypaulo,melainkan tanggapan hai-hai soal video bahasa roh di blognya Mujizat.

Istilah ini kemudian oleh Tonypaulo dijadikan bahan untuk menggugat hai-hai dimana menurutnya itu bahasa Sarkastic.

====

sekarang anda sudah jadi pengacara hai2? ...tapi tolong jangan pernah anda ambil hak saya untuk mewakili saya bahwa anda merasa saya mengugat hai2?

saya bukan mengugat saya menyatakan pernyataan hai2 ttng "blender otak" itu kekejaman verbal

kalau anda juga belum bisa paham apa arti "kekejaman verbal" karena terbiasa dengan gaya antagonis suhu anda itu, saya kasih sedikit link untuk anda bisa paham arti kekerasan verbal

http://www.tabloidbintang.com/gaya-hidup/psikologi/5875-jaga-diri-dan-keluarga-dari-kekerasan-verbal-di-dunia-maya.html

http://putrahulu.multiply.com/journal/item/51

tapi menurut saya "blender otak" itu bukan sekedar kekerasan verbal, melainkan kesadisan verbal

dan saya mengomentari sesuatu bukan karena apakah ada hubungan dengan saya, apa saya harus mengomentari sesuatu kalau itu berhubungan dengan saya pribadi?

ingat anda belum berani menjawab pilihan ganda ttng "blender otak" kan?

 

Karena istilah ini diulang-ulang terus oleh Tonypaulo dalam gugatanya terhadap hai-hai,akhirnya istilah ini justru ditujukan buat dirinya sendiri.

Jadi sebenarnya blender otak itu bukan buat dia.

 anda terlalu picik kalau menyangka saya merespon segala sesuatu karena itu buat saya atau tidak, saya tidak perduli tentang itu menyangkut saya atau bukan kok, jadi sekali lagi jangan ambil hak asasi saya untuk mewakili diri saya sendiri dalam menyampaikan apa yang saya pikirkan dan rasakan

bukankah anda mau meminta maaf karna salah menyangka saya sebagai super core admin?

ternyata hanya "basa-basi" retoris semata

:)

 

rogermixtin09's picture

@TONY,INTROSPEKSI pak

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

tonypaulo's picture

@roger, sudah ketularan

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

rogermixtin09's picture

Sipincang ngomel jalan nggak rata

bukankah anda mau meminta maaf karna salah menyangka saya sebagai super core admin?

Sejak kapan saya pernah mengatakan anda super core ADMIN,silahkan anda cek semua komentar saya apa ada saya mengatakan bahwa anda super core ADMIN?

Wah,ternnyata IQ anda memang terlampau tinggi pak Tony

Kalau super core user ia,dan saya sudah minta maaf soal itu di sini

Kelihatanya ada yang memfitnah nih,,,! Tapi nggak perlu minta maaf pak Tony

Saya maklum lah kalau sipincang ngomel jalan nggak rata.

tonypaulo's picture

daripada sibuta yang mengatai2 si pincang

bukankah anda mau meminta maaf karna salah menyangka saya sebagai super core admin?

Sejak kapan saya pernah mengatakan anda super core ADMIN,silahkan anda cek semua komentar saya apa ada saya mengatakan bahwa anda super core ADMIN?

Wah,ternnyata IQ anda memang terlampau tinggi pak Tony

Kalau super core user ia,dan saya sudah minta maaf soal itu di sini

===

minta maaf yang berbelit-belit maksud anda itu permintaan maaf?

 

Kelihatanya ada yang memfitnah nih,,,! Tapi nggak perlu minta maaf pak Tony

Saya maklum lah kalau sipincang ngomel jalan nggak rata.

===

mana bisa sibuta mengatai "sipincang ngomel jalan nggak rata"

oh ya gimana ajakan saya untuk tes IQ bareng? kok ga ada tanggapan?

:)

 

rogermixtin09's picture

Tes IQ

terserah anda saja,yang jelas roger sudah minta maaf karena salah menyangka pak tony sebagai sebagai super coreuser padahal dia bukan super coreuser Melainkan  MODERATOR.

Nah sekarang,apakah pak Tony berani mengakui fitnahanya yang mengatakan bahwa roger menyatakan dia sebagai super core ADMIN ,padahal sebenarnya yang dinyatakanya adalah super coreuser bukan super core ADMIN ?

oh ya gimana ajakan saya untuk tes IQ bareng? kok ga ada tanggapan?

Tidak usah dites pak Tony,saya percaya IQ anda jauh diatas IQ saya....he he he he

 

sandman's picture

@Roger mending ini...

Coba kalian berdua test banyak2an DQ KQ aja ...

__________________

tonypaulo's picture

@roger....masa percaya saja?

terserah anda saja,yang jelas roger sudah minta maaf karena salah menyangka pak tony sebagai sebagai super coreuser padahal dia bukan super coreuser Melainkan  MODERATOR.

Nah sekarang,apakah pak Tony berani mengakui fitnahanya yang mengatakan bahwa roger menyatakan dia sebagai super core ADMIN ,padahal sebenarnya yang dinyatakanya adalah super coreuser bukan super core ADMIN ?

oh ya gimana ajakan saya untuk tes IQ bareng? kok ga ada tanggapan?

Tidak usah dites pak Tony,saya percaya IQ anda jauh diatas IQ saya....he he he he

===

 

supercore user dengan moderator itu beda jauh

supercore user dengan supercore admin hanya beda adimin dan user, buat saya maafkan kesalahan saya menuduh anda yang memfitnah saya sebagai supercore admin padahal yang anda maksudkan super core user

namun yang pertama yang memulai sayakah? 

masa anda percaya saja? bukankah sebagai pengikut hai anda harus percaya kepada hai bin yhwh semata? hehehe

 

:)

n4th4n_andy's picture

ada kalimat yang .....

TOLOL

mana bisa sibuta mengatai "sipincang ngomel jalan nggak rata"

 

buta itu gk ngeliat om, mulutnya masih  bisa mengatai , belom bisu ...

 


__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

tonypaulo's picture

nah itu dia

TOLOL

mana bisa sibuta mengatai "sipincang ngomel jalan nggak rata"

 

buta itu gk ngeliat om, mulutnya masih  bisa mengatai , belom bisu ...

===

dari apa yang tidak bisa dilihat, bagaimana bisa sibuta "melihat" si pincang? apa sibuta itu meraba2 si pincang? kalau yang dirabanya bisa melihat bahwa yang dirabanya ternyata patung yang pincang....nah itu dia sibuta mana bisa "ngatain" pincang, ngelihat aja ga bisa

jadi ada kalimat yang...........?

kira2 maksudnya apakah?

hai hai's picture

SUPER Moderator Test IQ

tonypaulo: oh ya gimana ajakan saya untuk tes IQ bareng? kok ga ada tanggapan?

Bos: Anda yakin ini hasil test IQ SUPER MODERATOR?

psikolog: Masalahnya bukan yakin pak, namun takut.

Bos: Anda takut? apa yang anda takutkan?

psikolog: Saya takut bila mengisi FAKTA yang sesungguhnya nanti akan dituduh melakukan kekerasan verbal dalam tingkat sadistik. Takut dilaporkan ke Kak Seto dan Komnas Anak.

Bos: Memangnya FAKTANYA kenapa? Dia TOLOL sekali?

psikolog: Itulah masalahnya Bos. Kalau hanya TOLOL saja sich Kak Seto dan Komnas Anak masih paham.

Bos: Memangnya apa hasilnya?

psikolog: Off the record ya pak?

Bos: Janji! Off the Record!

psikolog: Off the record ya pak? Bener ya pak, off the record!

Bos: Janji! Off the Record!

psikolog: Ini hasilnya pak! Bapak baca sendiri dech!

Bos: PAULOL (off the record)!

psikolog: Sssttt, jangan keras-keras bacanya pak. kekerasan verbal dalam tingkat sadistik

Bos: maaf-maaf! Lalu bagaimana penanganannya?

psikolog: Usulan penanganannya ini pak. Bapak lihat sendiri aja dech.

Bos: Lho kok gambar BLENDER? Dan ini? bukannya ini gambar otak-otak?

psikolog: Yang ada sekarang OTAK-OTAK pak, siapa tahu kalau diblender bisa jadi otak, ENCER?

Bos: Wah ... Kalau begitu kasusnya, itu bukan kekerasn verbal dong!

psikolog: Lho, bila bukan kekerasan VERBAL lalu apa namanya pak?

Bos: Itu namanya KEKERASAN makanya harus DIBLENDER biar ENCER dan nggak KERAS lagi.

psikolog + Bos:Ha ha ha ha ha ha ha ha ha ....... SUPER Moderator!

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

@hai...makin ga jelas

kira2 dari racauan atau gigauan anda diatas, hal apa yg bisa direspon selain terlihat bahwa memang anda dipenuhi kebencian dan hal-hal yang tidak penting sama sekali?

atau hai2 anda mau mengantikan roger tuk tes IQ? bareng saya? gmn? daripada omong besar dan maen ledek2an kayak gini?

kan anda dianggap suhu disini, walaupun secara pribadi menurut saya anda hanya penyesat dan pembual belaka saja

:)

hai hai's picture

tonypaulo, Test IQ

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

rogermixtin09's picture

PENGUMUMAN

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

tonypaulo's picture

@roger...anda salah baca tuh

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

rogermixtin09's picture

menyembah berhala

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

hai hai's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

guestx's picture

miyabi, etika dan iman

Pertanyaan-pertanyaan di atas adalah persoalan etika. Orang kristen menurut saya perlu mengembangkan etika, mengembangkan etika maksudnya mempertanyakan dan mencari solusi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

menurut gw juga gitu. dasarnya adalah berbagai ajaran Yesus dan penerusNya.

Persoalan tersebut musti dijawab dalam kerangka iman kristen. 

bingungnya di sini. gimana membangun suatu sistem etika berbasiskan iman ? 

__________________

------- XXX -------

king heart's picture

Blender

Coba kalau blendernya diganti juicer, mungkinkah ada gugatan juga ? ha ha ha

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

Miyabi's picture

@tonypaulo: melawan Hai Hai?

Sebenarnya Hai-Hai sudah berkali-kali memberi petunjuk bagaimana caranya mengalahkan dia. Hai Hai sering bilang, bahwa dia nggak pintar-pintar amat, namun logis dan teliti.

Jadi kalau mau imbang dengan hai hai minimal harus sama-sama logis dan sama-sama teliti.

Tapi repotnya memang banyak orang yang tidak teliti. Misalnya dalam kata "skeptis" di blognya psikologila. Psikologila mengutip definisi dari kamus sabda, dan di definisi itu sudah ada keterangan "a" singkatan dari ajektiva alias kata sifat. Kalau memang kata benda, tentu kamus sabda akan mencantumkan "n" nomina.

Namun dari 3 orang (psikologila, ferrywar dan lapan) yang menghadapi Hai Hai, nggak ada yg mudeng dengan huruf a (singkatan dari ajektiva itu). Lalu Hai Hai mengajukan argumen yg dia dapat dari buku etimologi yang langka yang cuma dimiliki kalangan Sastra Indonesia.

Kalau mau adu logis-logisan, lha karena itu perdebatan di blog psikologila, maka definisinya hak prerogratif si pengarang blog, yaitu pakai definisi kamus sabda. Lagipula blog itu ditulis di sabdaspace.

Tentu lebih logis menerima definisi dari kamus sabda yang bisa diakses sama-sama ketimbang definisi dari sumber yg "tidak hadir" walaupun itu katanya dari kalangan bergengsi jurusan Indonesia. Ferrywar harusnya menyadari informal fallacy macam begini untuk kemudian menyusun argumen yg sah melawan Hai Hai, namun ferry malah tergoda untuk ngeledekin Hai Hai.

Saya baca itu semua ketawa ngakak-ngakak, maunya nanti mo berkomentar soal itu. Tapi trus saya lupa.

Mau lawan hai-hai:

1. musti logis (kayaknya susah buat tonypaulo)

2. musti teliti (tonypaulo sering ngga akurat ketika ngetik nama atau istilah)

3. jangan lupaan (kayaknya sih tonypaulo inget apapun yg diomongin hai hai)

4. cari sendiri dah....

Saya terus terang bingung, kalau misalnya TonyPaulo berIQ tinggi, tapi kenapa argumentasinya sering nggak valid sehingga jadi bulan-bulanan Hai Hai?

__________________

".... ...."

rogermixtin09's picture

miya,si Tony

Tonypaulo cuma jago teriak SESAT karena argumenya selalu dipatahkan hai-hai.

Untuk membuktikan bahwa dia nggak TOLOL maka diajaklah orang untuk tes IQ,,wkwkwkwkwk

Ketika tes IQ tidak ditanggapi maka yang keluar adalah " antek-antek yang menyembah hai-hai "

Sungguh kasihan.Benar-benar mengenaskan.

tonypaulo's picture

@roger anda bisa diamuk sama orang2 psikologi

Tonypaulo cuma jago teriak SESAT karena argumenya selalu dipatahkan hai-hai.

===

 

salah kale...slalu saya kasih penjelasan bukan teriak2 seperti anda dan suhu anda hai. dan apa pernah ada respon dari hai? tidak hanya makian histeris dan teriakan mrip orang stres

 

 

Untuk membuktikan bahwa dia nggak TOLOL maka diajaklah orang untuk tes IQ,,wkwkwkwkwk

Ketika tes IQ tidak ditanggapi maka yang keluar adalah " antek-antek yang menyembah hai-hai "

====

ya parameter seseorang bisa dikatakan cerdas atau terbelakang setahu saya hanya tes IQ bukan karena SABDA tuan anda hai...

ah yang benar saja kawan...masa sabda tuan anda hai bisa menentukan cerdas atau tidaknya seseorang? nanti anda bisa diamuk oleh orang2 psikologi sedunia loh..

 

Sungguh kasihan.Benar-benar mengenaskan.

===

cermin dirumah sudah rusak kah?

hehehe

hai hai's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

lapan's picture

Ralat Sedikit tentang psikologila

Miyabi:
Namun dari 3 orang (psikologila, ferrywar dan lapan) yang menghadapi Hai Hai, nggak ada yg mudeng dengan huruf a (singkatan dari ajektiva itu). Lalu Hai Hai mengajukan argumen yg dia dapat dari buku etimologi yang langka yang cuma dimiliki kalangan Sastra Indonesia.

 

Mia, kali ini kamu yang gak teliti :p

Psikologila sejak awal udah menyatakan soal hurup a itu. Nih tak rangkumin kronologisnya secara singkat... 

 

HH: SKEPTIS itu prilaku, bukan MAU!
HH: psikologila, tolong jangan mengagul-agulkan diri SKEPTIS. 

P: Hai2 bisa menggantikannya dengan kata "ragu-ragu". Seperti definisi kamus SABDA

HH: psikologila, SKEPTIS adalah TERJEMAHAN literal dari SCEPTIC.
HH: SKEPTIS alias SCEPTIC adalah kata BENDA, bukan kata SIFAT atau kata KERJA.

P: Aku menganggap kata SKEPTIS itu "adjektif", sebab begitulah yang tertulis dalam KBBI (dapat dilihat dari keterangan /a/ (adjektif) di depan kata itu).
P: Memang sering rancu karena kata SKEPTIK (kata benda) belum terdaftar dalam KBBI Hai2.

FW: Saya juga sudah telanjur dianggap skeptis (sebagai kata benda), padahal saya memaksudkan diri merasa skeptis (sebagai kata sifat)

HH: SKEPTIS bukan kata SIFAT.
HH: SKEPTIS itu setara dengan BERSIFAT sinis.
HH: Sinis = kata sifat
HH: bersifat sinis = kata BENDA

FW: SKEPTIS = Sifat tidak percaya (sebagai kata sifat)
FW: SKEPTIS = Orang yang tidak percaya (sebagai kata benda)
FW: Jadi psikologila benar.

8: Kalau dilihat di kamus bahasa inggris, sceptical adalah kata sifat. Sceptic baru diartikan kata benda (tapi bisa adj juga kayanya). 
8: Kalau pake google translate memang terjemahan ke Indonesia untuk keduanya sama-sama diartikan skeptis.
8: Jadi sebenarnya memang skeptis bisa menjadi kata sifat dan kata benda. 

 

Kemudian, ini yang paling penting.

HH: Psikologila memang seorang WANITA dan dia adalah wanita yang TABAH juga wanita yang cerdas dan pandai menganalisa.

 

end of story :D 


 

__________________

imprisoned by words...

tonypaulo's picture

@miya..bukti anda salah

ini salah satu bukti anda salah, dan entah logika pemahaman apa yang anda gunakan sehingga mengira hai2 "Lalu Hai Hai mengajukan argumen yg dia dapat dari buku etimologi yang langka yang cuma dimiliki kalangan Sastra Indonesia."

 

@miya....kalau saya punya "buku etimologi" (buku apa pula itu) yang lebih langka dari yang dipunya hai....saya bisa se-enak udel mengubah definisi yang dipahami secara umum?

kalau begitu benar2 mistis, mirip dunia persilatan kalau seseorang punya kitab jurus telapak matahari dan ceker naga tak ada yang dapat mengalahkan pendekat sakti itu?

ah yang benar sajalah

:)

Miyabi's picture

@tonypaulo sang penemu

Dan penemunya adalah tonypaulooo horeeeee.

 

Dari sekian orang yang menganalisa Hai Hai tak ada satupun yg menemukan kesalahan logika HaiHai, sekalipun cuma logika informal setitikpun... Tapi Tonypaulo dengan hebatnya bisa menunjukkannya dengan telunjuknya sendiri.

__________________

".... ...."

tonypaulo's picture

@miya....hai2 itu sendiri ga pernah lgis

Saya baca itu semua ketawa ngakak-ngakak, maunya nanti mo berkomentar soal itu. Tapi trus saya lupa.

Mau lawan hai-hai:

===

anda salah sangka, saya ga berniat ngelawan hai, saya hanya menunjukan kesesatan hai belaka (anda salah satu ya)

 

 

1. musti logis (kayaknya susah buat tonypaulo)

===

hehehe...anda sendiri ga bisa  paham logis itu apa? pernah saya sampaikan kepada lapan bahwa hai cuma "jago" di etimologis belaka, padahal kalau mau ber-epistemologis ria secara ontologis dan filsafat model apapun, yang disampaikan hai2 selalu absurd adanya

http://id.wikipedia.org/wiki/Epistemologi

http://id.wikipedia.org/wiki/Ontologi

ketika hai dipancing untuk memahami sesuatu secara ontologis atau bahkan ke area eksistensialisme selalu berkelit ke etimologis yang secara model logika ga bisa kepake kecuali untuk menjelaskan asal usul kata tersebut, setelah itu memaki-maki tolol ga karuan

http://id.wikipedia.org/wiki/Etimologi

anda pikir itu logis? aneh definisi logis anda (anda salah 2 kali)

 

2. musti teliti (tonypaulo sering ngga akurat ketika ngetik nama atau istilah)

===

nah lihat anda terjekan dengan kata "sering" saya tunggu bukti dari anda, untuk membuktikan "sering"?

setahu saya saya jarang sekali untuk salah dalam hal istilah

kalau anda tidak bisa membuktikan (anda salah tiga kali)

 

3. jangan lupaan (kayaknya sih tonypaulo inget apapun yg diomongin hai hai)

===

yg diomongin hai cuma itu2 aja kok, absurd, sesat dan dangkal, mudah kok mengingatnya lalu poin ini logisnya dimana sebagai sesuatu yang dipakai "lawan hai"?

 

 

4. cari sendiri dah....

Saya terus terang bingung, kalau misalnya TonyPaulo berIQ tinggi, tapi kenapa argumentasinya sering nggak valid sehingga jadi bulan-bulanan Hai Hai?

===

saya mau tanya apa kepada apa ukuran valid atau tidaknya sebua argumen? lucunya lagi banyak orang yang tertipu karena gertak sambal hai, bahwa sama sekali hai tidak berargumen melainkan "mendongeng"

karena kebanyakan dari kerumunan ini suka dongeng, hai laris manis

 

jadi sungguh2 aneh apa yang anda katakan "LOGIS" itu mistis dan subyektif adanya, tapi saya maklum, lama2 di SS bisa menyebabkan gejala2 yang demikian

:)

Miyabi's picture

@tonypaulo: epistomolis

TONYPAULO: anda salah sangka, saya ga berniat ngelawan hai, saya hanya menunjukan kesesatan hai belaka (anda salah satu ya)

MIYABI: Saya bilang kalau: "Jadi kalau mau imbang dengan hai hai minimal harus sama-sama logis dan sama-sama teliti "

Saya bilang kalau, menandakan pengandaian. 

Kalau monyet punya sayap.... Itu berarti monyet tidak punya sayap, tapi diandaikan kalau seandainya seumpama. 

--------------------------------------------------------------------------


1. musti logis (kayaknya susah buat tonypaulo)

===

hehehe...anda sendiri ga bisa paham logis itu apa? pernah saya sampaikan kepada lapan bahwa hai cuma "jago" di etimologis belaka, padahal kalau mau ber-epistomolis ria secara ontologis dan filsafat model apapun, yang disampaikan hai2 selalu absurd adanya

ketika hai dipancing untuk memahami sesuatu secara ontologis selalu berkelit ke etimologis, setelah itu memaki-maki tolol ga karuan

anda pikir itu logis? aneh definisi logis anda (anda salah 2 kali)

MIYABI: Epistomolis? Epistemologis mungkin maksudnya ya? Jadi terbukti kan tonypaulo sering tidak akurat ketika ngetik istilah? 

Mau logika yang seketat apa? Logika matematis? Logika verbal? Ga usah yang susah-susah. Pake logika matematika SMP aja. Jangan yg susah-susah ntar salah ngetik lagi.

Hai-hai maki-maki itu melanggar logika? Ad hominem? Masih termasuk kategori informal fallacy, jadi dimaafkan. Tapi perhatikan bagaimana dengan tonypaulo:

Tonypaulo: mana bisa sibuta mengatai "sipincang ngomel jalan nggak rata"

N4than_Andy: buta itu gk ngeliat om, mulutnya masih bisa mengatai , belom bisu ...


Buta itu tidak bisa melihat.

Bisu tidak bisa ngomong.

Tonypaulo mempertanyakan "mana bisa sibuta mengatai". Jelas ini salah.

Mmempertanyakan "mana bisa sibisu mengatai..." Ini baru betul.

---------------------------------

2. musti teliti (tonypaulo sering ngga akurat ketika ngetik nama atau istilah)

===

nah lihat anda terjekan dengan kata "sering" saya tunggu bukti dari anda, untuk membuktikan "sering"?

setahu saya saya jarang sekali untuk salah dalam hal istilah

kalau anda tidak bisa membuktikan (anda salah tiga kali)

MIYABI: Ngetik, tony, ngetik.  Bukan memahami. Saya nggak nuduh Anda salah memahami istilah. Saya nuduh anda sering salah ngetik. Dan itu di atas sudah ada kejadian lagi. 

 

__________________

".... ...."

tonypaulo's picture

@miya....jadi ini yang dimaksudkan logika?

MIYABI: Epistomolis? Epistemologis mungkin maksudnya ya? Jadi terbukti kan tonypaulo sering tidak akurat ketika ngetik istilah? 

Mau logika yang seketat apa? Logika matematis? Logika verbal? Ga usah yang susah-susah. Pake logika matematika SMP aja. Jangan yg susah-susah ntar salah ngetik lagi.

Hai-hai maki-maki itu melanggar logika? Ad hominem? Masih termasuk kategori informal fallacy, jadi dimaafkan. Tapi perhatikan bagaimana dengan tonypaulo:

Tonypaulo: mana bisa sibuta mengatai "sipincang ngomel jalan nggak rata"

N4than_Andy: buta itu gk ngeliat om, mulutnya masih bisa mengatai , belom bisu ..

====


baca lagi apa yang saya ketik

hehehe...anda sendiri ga bisa  paham logis itu apa? pernah saya sampaikan kepada lapan bahwa hai cuma "jago" di etimologis belaka, padahal kalau mau ber-epistemologis ria secara ontologis dan filsafat model apapun, yang disampaikan hai2 selalu absurd adanya

http://id.wikipedia.org/wiki/Epistemologi

http://id.wikipedia.org/wiki/Ontologi

ketika hai dipancing untuk memahami sesuatu secara ontologis atau bahkan ke area eksistensialisme selalu berkelit ke etimologis yang secara model logika ga bisa kepake kecuali untuk menjelaskan asal usul kata tersebut, setelah itu memaki-maki tolol ga karuan

http://id.wikipedia.org/wiki/Etimologi

anda pikir itu logis? aneh definisi logis anda (anda salah 2 kali)

 sudah saya ralat tuh....mana yang salah?

logika matematika SMP? mau smp, sd atau sma tetap itu namanya logika matematis, lalu logika matematis mana yang diajukan hai pada blogs ini yang bisa mematahkan logika teman diskusinya? aneh

yah ampun Miya karena buta itu gk ngeliat om


mana bisa dimengatai orang lain pincang? orang pincang itu adalah seseorang yang bisa dilihat pincang, jadi kalau ada orang buta maki2 orang pincang...itu KONYOL banget deh...atau hai2 yang sedang maki2 ketololan orang lain yang termanifestasi dalam dirinya sendiri

udah paham yah hal2 common sense seperti ini

saya sederhanakan buat anda, orang yang ga bisa ngeliat ga bisa maki2 sesuatu yang tidak bisa dilihatnya

walau si bisu tidak bisa memaki, tapi setidaknya kalau ia bisa melihat, dia tak perlu mengatai orang pincang, karna memang dia melihat bahwa orang itu pincang

 

MIYABI: Ngetik, tony, ngetik.  Bukan memahami. Saya nggak nuduh Anda salah memahami istilah. Saya nuduh anda sering salah ngetik. Dan itu di atas sudah ada kejadian lagi.

===

seringnya itu berapa kali?

a. 10

b. 1000

c. 1000000

nah mari tentukan ukuran logis dari "sering" menurut logika matematis (yang smp juga ga papa)

 

btw tak ada respon dari

hehehe...anda sendiri ga bisa  paham logis itu apa? pernah saya sampaikan kepada lapan bahwa hai cuma "jago" di etimologis belaka, padahal kalau mau ber-epistemologis ria secara ontologis dan filsafat model apapun, yang disampaikan hai2 selalu absurd adanya

http://id.wikipedia.org/wiki/Epistemologi

http://id.wikipedia.org/wiki/Ontologi

ketika hai dipancing untuk memahami sesuatu secara ontologis atau bahkan ke area eksistensialisme selalu berkelit ke etimologis yang secara model logika ga bisa kepake kecuali untuk menjelaskan asal usul kata tersebut, setelah itu memaki-maki tolol ga karuan

http://id.wikipedia.org/wiki/Etimologi

anda pikir itu logis? aneh definisi logis anda

 


 

 

Miyabi's picture

@epistomopispaulol: edit komen niyeee

Diskusi kok komentarnya diedit. Saya udah save print screennya lho. Jadi barang buktinya ada, tonypaulo menulis epistomolis.

====

Saya bilang sekali lagi Tonypaulo sering tidak akurat dalam mengetik istilah.

BUktinya sudah saya simpan sebagai printscreen. Para admin atau coreuser pun bisa lihat komen tonypaulo sebelum diedit.

====

Anda mau buktikan bahwa HaiHai TIDAK pernah logis?

Silakan tulis notasi matematikanya. Pilih blog hai hai yang mana saja lalu tuliskan notasi matematikanya bahwa Hai Hai tidak pernah logis.

 

 

__________________

".... ...."

rogermixtin09's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

tonypaulo's picture

lebay banget deh ah

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

rogermixtin09's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

minie's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

hai hai's picture

@tonypaulo, Terima kasih!

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

Miyabi's picture

@tonypaulo

Tonypaulo: sekali lagi saya sampaikan "A" diartikan sesuka hati menjadi "&%&#&^"

masa saya harus minta anda baca dan baca lagi?

baca lagi apa yang saya ketik

 

MIYABI: jadi ga ngaku ya bahwa tonypaulo telah menulis bahwa "Hai-hai tidak pernah logis?" 

A adalah A

Saya bilang sekali Tonypaulo menulis : "Hai hai tidak pernah logis" 

@miya....hai2 itu sendiri ga pernah lgis
Oleh tonypaulo (Sen, 2011-01-10 19:49)

 

Kamu ga bisa ngedit yang itu, soalnya sudah keburu ada yg balas.

Kamu menuduh  saya mengartikan A (Tonypaulo menulis : "Hai hai tidak pernah logis") sebagai bukan A? Sayangnya ga sempat kamu edit ya? kasian deh....

====================

Soal orang buta dan orang pincang... duh kasian deh padahal kamu. 

Ada 2 teori:

1. Teorinya Nathan Andy:

Orang buta bisa mengatai orang pincang karena dia masih punya mulut.

2. Teorinya TonyPaulo:

Orang buta tidak bisa mengatai orang pincang karena dia (orangbuta) tidak bisa melihat untuk memastikan seseorang itu pincang atau tidak.

Kasian deh.... kamu, tonypaulo. 

1. Teory Nathan Andy  

Semua yang punya mulut bisa mengatai.

Orang buta punya mulut. Kesimpulan, orang buta bisa mengatai.

2. Teori TonyPaulo

 Orang buta tidak bisa melihat apakah seseorang pincang atau tidak

Mengetahui seseorang itu pincang atau tidak bisa dengan cara:

- melihat

- meraba

- mendengar kesaksian orang lain

Kesimpulan: Orang buta bisa mengetahui seseorang itu pincang atau tidak

Tonypaulo bilang: mana bisa orang buta mengatai orang pincang, dan omongan tonypaulo ini nggak valid.

Tonypaulo berteori untuk mendukung argumennya. Namun teori dia lebih rumit dibanding teori Nathan Andy.  Hahahahaha

Kasian deh lo.   

================

Masih nuntut bahasan soal Hai Hai itu ahli argumentum ad absurdum? Saya kasihan ma kamu Tony. Bukannya Hai hai yang absurd. Elunya aja yang ga ngerti.

Mau ngoreksi epistemnya hai hai? Ya ampun. Teori Nathan versus Theori Paulol kamu itu aja udah membuktikan bahwa kamu lebih absurd dari orang lain. 

=======

Masih nuntut penjelasan soal seberapa sering kamu salah ngetik?

Saya dan kamu. Seberapa sering kamu salah ngetik? Ataukah kamu jarang, kadang-kadang, selalu. atau tidak pernah?

Saya bilang kamu sering.  Mau dibandingin ma siapa? sama saya? sama hai-hai? Sama minie?

Kamu mo buktikan bahwa kamu salah ngetik itu cuma kadang-kadang? Atau sama sekali nggak pernah salah ngetik? Atau mau buktikan bahwa kamu selalu salah ketik?

Saya bilang kamu sering salah ketik. Tahu kan arti kata sering?  

Selalu, sering, kadang-kadang, tidak pernah. 

10, 100, 1000 Hahahaha.

 

Si badu salah ngetik sekian per waktu.

Si Fulan salah ngetik sekian per waktu

Menentukan mana yang sering salah ngetik adalah dengan membandingkannya dengan orang lain. 

Kamu mo dibandingin ma siapa di SS sini? Sebut aja deh. Apakah betul kamu sering salah ngetik? Yakin mau dibuktikan? 

__________________

".... ...."