Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Bengcu Menggugat - Ioanes Rakhmat VS GKI? BUKAN! Bandot VS BUNGLON Di GKI 2

hai hai's picture

Bengcu Mengungkap Rahasia Bunglon GKI

JIKA perumpamaannya benar, maka inilah yang terjadi: Hanya Bandot VS BUNGLON di GKI alias PETRUK VS Dasamuka. Hanya seekor kambing bandot yang mengembik, “Dasamuka takut saya meruntuhkan fondasi GKI.” Lalu nyeruduk membabibuta. Hanya MENCAK-MENCAK mengumbar serapah karena jabatannya ditanggalkan. Itukah pemikiran baru bagi peradaban manusia? Mustahil! Itu adigung adiguna. Bagaimana dengan bunglonnya? Ada berapa jumlahnya di GKI? Jahatkah mereka? Kenapa Jemaat GKI membiarkannya? Banyak orang yang tahu bahwa bunglon menyamakan diri dengan lingkungannya hanya karena takut mati.Namun,berapa banyak yang tahu bahwa bunglon juga menyamakan diri dengan lingkungannya agar tidak perlu membunuh.

  1. Kontroversi Temuan Makam Keluarga Yesus - Ioanes Rakhmat -Kompas 5 April 2007
  2. Jemaat GKI Marah
  3. GKI melakukan Penggembalaan umum
  4. Pengakuan dan pernyataan Ioanes Rakhmat - 20 Agustus 2007
  5. Masa tugas pendeta tugas khusus Ioanes Rakhmat berakhir
  6. Ioanes Rakhmat di-emeritus (dipensiun) - Tak ada panggilan bertugas 2 tahun
  7. Membedah Soteriologi Salib – Sebuah Pergulatan Orang Dalam - 2010.
  8. Jemaat GKI Marah
  9. GKI melakukan Penggembalaan Khusus
  10. Ioanes Rakhmat menolak penggembalaan Khusus
  11. Ioanes Rakhmat ditanggalkan jabatannya - 15 Nov 2010

Albertus Patty: 5) Meski tekanan untuk memecat anda sangat tinggi, Sesuai prosedur organisasi, karena mengabaikan panggilan, anda ditempatkan dalam status penggembalaan khusus. Dengan itu, kami masih berharap ada peluang untuk berdialog dan bercakap-cakap dengan anda. Kembali kami melayangkan surat kepada anda sampai tiga kali. Anda abaikan semuanya. Dengan mengabaikan panggilan itu kami berpendapat bahwa anda sudah siap keluar dari lingkungan GKI. Kalau anda bekerja di kantor mana pun, pimpinan memanggil, anda tidak punya pilihan harus datang. Anda menolak, anda akan terkena saksi adminstratif sampai pada pemecatan. Ini juga yang terjadi dalam kasus anda. Kami terpaksa MEMBERHENTIKAN anda. Jadi, asal anda tahu, persoalan sudah bergeser. Bukan lagi soal kebebasan berpikir, tetapi soal pengabaian anda terhadap berbagai surat panggilan yang kami layangkan. Ini bukan diekskomunikasi. Istilah ini untuk mereka yang dikorbankan karena kebebasan berpikir. Anda tidak dalam status itu! Anda diberhentikan karena mengabaikan surat Sinode GKI yang memanggil anda untuk berdialog! Moga menjadi jelas!

Ioanes Rakhmat PENGUMUMAN UNTUK SELURUH GKI (Bagian II)

PATTY, anda terus saja mengulang-ulang sesuatu yang penuh kemunafikan, dan terus saja menulis hal ini seolah teman-teman saya di FB ini tak bisa berpikir kritis dan bisa anda bodohi. Anda terus saja menyatakan bhw pimpinan gki dan tim penggembalaan khusus itu telah mengundang saya dan saya menolak datang. Apakah anda begitu pandir, PATTY, sampai tak pernah bisa memahami duduk perkara yang sebenarnya. Sudah tentu saya tegas menolak datang ke pertemuan anda dkk itu, dan saya sudah menolaknya sebanyak empat kali. Mengapa saya menolak? Karena kalau saya datang, berarti saya menyetujui penilaian sepihak kalian bahwa buku MSS saya itu sesat, sementara belum pernah ada pertemuan apapun dengan saya untuk menguji apakah buku MSS saya itu sesat. CAMKAN hal ini ya, PATTY!!!

Anda dkk anda sudah menyatakan bahwa semua pandangan saya dalam buku MSS saya SESAT (ditulis dalam surat undangan kepada saya) tanpa pernah ada satu kalipun diskusi sebelumnya dengan saya pribadi untuk membuktikan apakah buku MSS saya itu sesat atau malah buku MSS ini menyatakan kebenaran-kebenaran yang paling jujur dari seorang yang mengenal Yesus Kristus. Apakah kalian begitu takut terhadap saya, karena kalian beranggapan bhw saya akan pasti bisa mempertahankan isi buku MSS itu jika saya diminta membahasnya di depan anda sebelum anda memberlakukan status digembalakan khusus atas diri saya? Untuk menutupi kepengecutan kalian semua di gki, kalian langsung saja memakai kekuasaan rezim ORBA yang ada pada kalian untuk menyatakan saya sesat dan berstatus digembalakan khusus. Nah, saya minta anda tak usah mengulang-ulang perihal undangan empat kali kpd saya yang saya sudah tolak mentah-mentah.

Semua orang sudah tahu bahwa penggembalaan khusus dikenakan kepada saya supaya saya pada akhirnya mencabut semua pandangan saya dalam buku MSS itu, jika saya mau menerima pemulihan status saya sebagai seorang pendeta gki. PATTY, sehubungan dg hal ini, saya mau katakan: sampai kiamat pun dunia ini, buku MSS akan tetap benar dan akan tetap saya pertahankan isinya, dan akan terus dicetak ulang dengan revisi-revisi yg makin mempertajam dan mempertegas isinya.

Lalu, tindakan main hakim sendiri yang kedua, yang kalian telah lakukan kpd saya, yang sangat melanggar HAM, adalah pengumuman di hampir semua gereja GKI di Pulau Jawa dan di Pulau Sumatra, di warta gereja masing-masing, bahwa Ioanes Rakhmat telah sesat, telah dicabut kependetaannya, dan telah kehilangan hak-hak tertentunya sebagai seorang warga gki yang sesat. Bagi saya, dan bagi banyak teman saya, tindakan kalian ini adalah suatu pembunuhan karakter, character assasination, terhadap saya, yang sangat melanggar HAM, dan sangat tak bermoral, yang ironisnya kalian telah lakukan atas nama Yesus Kristus dan atas nama dogma penebusan lewat kematian Yesus. Kalau saya adalah seorang Barat, saya akan menuntut kalian secara hukum atas character assasination ini!!

Terakhir, tanpa menyandang jabatan pendeta pun, saya akan terus menulis dengan kritis, ttg banyak hal, termasuk ttg ajaran-ajaran gereja, semuanya, lewat buku-buku saya, makalah-makalah saya, dan lewat blog-blog saya, dan lewat talkshow saya di mana-mana.

Anda dkk sangat pandir ternyata, krn kalian sampai bisa begitu dungu berpikir bahwa dalam zaman teknologi informasi modern masa kini, dalam zaman di mana Internet sudah menjadikan Bumi ini sebagai sebuah kota kecil, bahkan sebuah desa, anda bisa membendung informasi-informasi sains dan knowledge yang berbahaya buat dogma-dogma gereja anda. Anda dkk anda sungguh sangat pandir dan sangat ketinggalan zaman. Agama dan iman anda dkk andalah yang membuat kalian menjadi begitu pandir, dungu dan melawan kemajuan zaman.

Katamu, PATTY, bahwa kamu adalah seorang pendeta pejuang demokrasi dan pluralisme. Ha, OMONG KOSONG!!! Anda adalah orang paling munafik yang telah saya kenal selama ini. Demokrasi dan pluralisme justru mendorong penyebaran semua informasi apapun kepada semua penduduk Bumi, dengan harga yang makin murah. Sebaliknya, PATTY, apa yang anda sedang lakukan, hai pejuang demokrasi dan pluralisme gadungan??? Anda dkk anda berusaha kuat untuk membendung informasi. Saya heran, teman-teman anda di Jaringan Islam Liberal sampai bisa tertipu oleh wajah anda. Bisa jadi mereka tertipu, karena ada memang DASAMUKA.
Salam, Ioanes

Tager dan Talak GKI

Ioanes Rakhmat mengaku menolak 4 surat panggilan, itu berarti pendeta Albertus Patty tidak membual ketika menyatakan Penolakan Penggembalaan Khusus adalah dasar pemecatan Ioanes Rakhmat oleh GKI. Tata Gereja dan Tata Laksana GKI memang mengatur hal demikian. Pendeta yang menolak penggembalaan khusus akan ditanggalkan jabatannya. Bila dialog mustahil dilakukan maka ladam pun dilantak. Bukan untuk membunuh namun membangun jalan agar hidup tetap terjaga.

Bukankah alasan Ioanes Rakhmat menolak segala bentuk penggembalaan karena yakin dirinya tidak bersalah? Bukankah menurutnya buku MSS - Membedah Soteriologi Salib akan tetap benar sampai hari kiamat? Bukankah katanya, menerima penggembalaan khusus artinya mengakui dirinya bersalah? Benarkah penggembalaan khusus hanya menghasilkan satu dari dua hal yaitu: Bertobat atau dalam hal Ioanes Rakhmat, pencopotan jabatan pendeta dan penghapusan keanggotaan GKI? Benarkah penggembalaan khusus hanya bagi mereka yang telah divonis bersalah?

Penggembalaan khusus terhadap pejabat gerejawi dilaksanakan kepada penatua dan pendeta yang: a. Kelakuannya bertentangan dengan Firman Allah dan atau b. Menganut serta mengajarkan ajaran yang bertentangan dengan Firman Allah dan ajaran GKI, termasuk menyalahgunakan dan atau mengingkari jabatannya sehingga menjadi batu sandungan bagi orang lain, agar ia bertobat. Tager & Talak GKI Pasal 37:3 – Penggembalaan Khusus

Jika Majelis Jemaat bersama Badan Pekerja Majelis Sinode sudah melaksanakan secara optimal percakapan pastoral dalam kerangka penggembalaan umum terhadap seorang pendeta emeritus yang dilaporkan (lihat Tata Laksana Pasal 38:5) dan yang bersangkutan tetap tidak bertobat, Badan Pekerja Majelis Sinode melakukan rapat dengan melibatkan Majelis Jemaat yang terkait. Tager & Talak GKI Pasal 46:1 - Prosedur Pelaksanaan Penggembalaan Khusus Terhadap Pendeta Emeritus

Dalam rapat tersebut Badan Pekerja Majelis Sinode menetapkan status penggembalaan khusus atas pendeta yang bersangkutan. Tager & Talak GKI Pasal 46:2 - Prosedur Pelaksanaan Penggembalaan Khusus Terhadap Pendeta Emeritus

Kepada yth. Warga GKI dan komunitas Kristen pada umumnya
Dengan hormat,

Sebagaimana sudah kita ketahui bersama, tulisan saya di lembaran Bentara Kompas 5 April 2007, yang berjudul Kontroversi Temuan Makam Keluarga Yesus, telah menimbulkan banyak reaksi dari kalangan warga gereja. Setelah melewati beberapa percakapan dengan BPMSW GKI Jawa Barat, saya tiba pada kesadaran bahwa adalah tanggungjawab saya untuk mencoba meredakan dan mengatasi pelbagai reaksi itu melalui pengakuan dan pernyataan berikut.

Pertama, saya akui bahwa saya telah bertindak tidak bijaksana ketika mengaitkan paparan temuan makam keluarga Yesus langsung dengan pemahaman iman gereja mengenai kebangkitan Yesus. Atas kejadian ini, saya meminta maaf;

Kedua, saya akui bahwa tulisan saya itu menunjukkan ketidakpekaan saya terhadap penghayatan iman kebanyakan warga gereja yang memahami kebangkitan Yesus sebagai kebangkitan ragawi. Atas kejadian ini, saya meminta maaf;

Ketiga, berdasarkan dua hal di atas, dengan ini saya menyatakan menarik kembali bagian Penutup dari tulisan saya di lembaran Bentara Kompas tersebut di atas; dan bersedia untuk menulis sebuah artikel ilmiah populer yang berisi pertimbangan- pertimbangan kritis saya terhadap penelitian temuan makam keluarga Yesus;

Keempat, saya ingin menegaskan kembali, makam keluarga Yesus di Talpiot sebagai makam keluarga Yesus dari Nazareth adalah sebuah hipotesis;

Kelima, sesuai dengan berita Perjanjian Baru, saya percaya kebangkitan Yesus itu mencakup kebangkitan ragawi natural sekaligus non-ragawi supernatural, berlangsung sebagai kejadian historis sekaligus kejadian trans-historis, dan karena itu merupakan sebuah misteri iman.

Demikian pengakuan dan pernyataan saya.
Jakarta, 20 Agustus 2007
Pdt. Ioanes Rakhmat

Handai taulan sekalian, Ioanes Rakhmat sama sekali tidak pernah menyatakan bahwa dia membuat surat pengakuan dan pernyataan tersebut di atas di bawah PAKSAAN atau dalam kondisi tidak sehat jasmani dan rohani atau sedang tidur lalu mengigau. Mustahil SUPER Pendeta GKI yang telah memangku jabatannya selama 25 tahun tidak tahu Tata Gereja dan Tata Laksana GKI Tager & Talak GKI) bukan? Orang yang mengaku ingin memperbarui pemikiran GKI mustahil tidak tahu Tager & Talak GKI yang ingin diperbaruinya, bukan? Oh ya, SUPER artinya SUdah PERnah. SUPER Pendeta GKI artinya Sudah pernah pendeta GKI.

Kenapa Ioanes Rakhmat dikenai penggembalaan khusus? Benarkah dia dikenai penggembalaan khusus karena menulis buku Membedah Soteriologi Salib (MSS) seperti yang diyakininya? SALAH! Ioanes Rakhmat MEMBUAL. Bila tidak membual itu berarti dia MIMPI di siang bolong lalu mengigau nggak karu-karuan. Kedua ayat Tager & Talak GKI di atas menunjukkan dengan gamblang bahwa alasan dilakukannya penggembalaan khusus adalah karena penggembalaan umum gagal total. Surat Pengakuan dan Pernyataan Ioanes Rakhmat adalah BUKTI bahwa dia ada di dalam STATUS penggembalaan umum. Buku MSS memang salah satu faktor pemicu namun sama sekali bukan DASAR Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) menetapkan penggembalaan khusus atas Ioanes Rakhmat.

Majelis Jemaat bersama Badan Pekerja Majelis Sinode Wilayah yang melakukan penggembalaan umum atas Ioanes Rakhmat MENGAKUI kegagalannya lalu mengembalikan mandat penggembalaan umum yang diterimanya kepada Jemaat. Itulah alasan BPMS menetapkan status penggembalaan khusus atas Ioanes Rakhmat. Silahkan yakin tidak bersalah sampai pohon semangka berdaun sirih, namun itu bukan alasan untuk menolak penggembalaan khusus. Penggembalaan, baik umum maupun khusus adalah cara GKI menyelesaikan masalah, bukan HUKUMAN. Jemaat GKI mendelegasikan haknya kepada BPMS untuk berhadapan dengan jemaat yang dituduh melanggar Tager & Talak GKI, itulah penggembalaan. Bagi yang tidak bersalah, penggembalaan khusus ibarat pengadilan di mana dia diberi kesempatan untuk membuktikan dirinya tidak bersalah. Menolak penggembalaan khusus berarti menolak menyelesaikan masalahnya. Pendeta yang kekeh jumekeh menolak penggembalaan khusus adalah pendeta yang SUDAH menceraikan GKI.

Dalam waktu selambat-lambatnya dua (2) minggu Badan Pekerja Majelis Sinode menerbitkan surat penetapan status penggembalaan khusus atas pendeta yang bersangkutan yang ditujukan kepada pendeta yang bersangkutan dengan tembusan disampaikan kepada Majelis Jemaat yang terkait, Badan Pekerja Majelis Klasis yang terkait  dan Badan Pekerja Majelis Sinode Wilayah yang terkait. Tager & Talak GKI Pasal 46:4 - Prosedur Pelaksanaan Penggembalaan Khusus Terhadap Pendeta Emeritus

Badan Pekerja Majelis Sinode juga memberitahukan secara tertulis hal penggembalaan khusus tersebut kepada semua Majelis Jemaat, semua  Badan Pekerja Majelis Klasis dan Badan Pekerja Majelis Sinode Wilayah. Tager & Talak GKI Pasal 46:5 - Prosedur Pelaksanaan Penggembalaan Khusus Terhadap Pendeta Emeritus

Majelis Jemaat yang terkait mewartakan hal penggembalaan khusus tersebut dalam warta jemaat pada hari Minggu terdekat. Tager & Talak GKI Pasal 46:6 - Prosedur Pelaksanaan Penggembalaan Khusus Terhadap Pendeta Emeritus

Ketiga ayat Tager & Talak GKI di atas adalah bukti bahwa BPMS GKI sama sekali tidak menghasut Jemaat GKI untuk melawan Ioanes Rakhmat seperti tuduhannya. Tujuan BPMS GKI memberitahu jemaat tentang status penggembalaan khusus Ioanes Rakhmat adalah bentuk tanggung jawab mereka sekaligus cara GKI menegakkan demokrasi. Yang tidak setuju dengan status penggembalaan khusus Ioanes Rakhmat bebas menyatakan pendapatnya melalui surat kepada BPMS GKI.

Penggembalaan khusus dilaksanakan oleh sebuah tim pastoral yang harus dibentuk oleh Badan Pekerja Majelis Sinode selambat-lambatnya dua (2) minggu sesudah penetapan penggembalaan khusus dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut: a. Tim pastoral terdiri dari wakil Majelis Jemaat yang terkait dan Badan Pekerja Majelis Sinode ditambah dengn orang-orang lain yang dianggap perlu. Tager & Talak GKI Pasal 46:7:a - Prosedur Pelaksanaan Penggembalaan Khusus Terhadap Pendeta Emeritus

Penggembalaan khusus dilaksanakan oleh sebuah tim pastoral yang harus dibentuk oleh Badan Pekerja Majelis Sinode selambat-lambatnya dua (2) minggu sesudah penetapan penggembalaan khusus dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut: c. Tim pastoral melaksanakan tugasnya sampai penggembalaan khusus dinyatakan selesai atau yang bersangkutan ditanggalkan jabatan gerejawinya. Tager & Talak GKI Pasal 46:7:c - Prosedur Pelaksanaan Penggembalaan Khusus Terhadap Pendeta Emeritus

Penggembalaan khusus dilaksanakan oleh tim pastoral dalam bentuk percakapan pastoral, pembimbingan, peneguran dan pendampingan agar yang bersangkutan bertobat. Tager & Talak GKI Pasal 46:8 - Prosedur Pelaksanaan Penggembalaan Khusus Terhadap Pendeta Emeritus

Tim pastoral melaporkan secara tertulis setiap tindakan pastoralnya serta evaluasi perkembangan hasil penggembalaan khusus tersebut kepada Badan Pekerja Majelis Sinode dan Majelis Jemaat yang terkait. Tager & Talak GKI Pasal 46:9 - Prosedur Pelaksanaan Penggembalaan Khusus Terhadap Pendeta Emeritus

Dalam waktu paling lama enam (6 bulan) tim pastoral sudah menyampaikan hasil akhir pelaksanaan tugasnya kepada Badan Pekerja Majelis Sinode, Majelis Jemaat yang terkait. Tager & Talak GKI Pasal 46:10 - Prosedur Pelaksanaan Penggembalaan Khusus Terhadap Pendeta Emeritus

Badan Pekerja Majelis Sinode dalam rapatnya yang melibatkan tim pastoral dan Majelis Jemaat yang terkait membahas laporan tim pastoral. Tager & Talak GKI Pasal 46:11 - Prosedur Pelaksanaan Penggembalaan Khusus Terhadap Pendeta Emeritus

Jika dalam rapat yang disebutkan Badan Pekerja Majelis Sinode menyimpulkan bahwa pendeta yang bersangkutan tidak bertobat: a. Badan Pekerja Majelis Sinode menerbitkan keputusan tentang penanggalan jabatan pendeta yang bersangkutan, dengan salinan kepada Majelis Jemaat yang terkait, Badan Pekerja Majelis Klasis yang terkait dan Badan Pekerja Majelis Sinode wilayah yang terkait. Dengan demikian yang bersangkutan tidak diperkenankan untuk membaptiskan anaknya, untuk mengikuti perjamuan kudus, untuk menerima pelayanan pernikahan gerejawi, untuk memilih dan dipilih pejabat gerejawi dan untuk diproses menjadi anggota badan pelayanan jemaat/klasis/sinode wilayah/sinode. Jika yang bersangkutan sudah menjadi anggota badan pelayanan jemaat klasis/sinode wilayah/sinode, keanggotannya dalam lembaga-lembaga tersebut dihentikan. Tager & Talak GKI Pasal 46:13:a - Prosedur Pelaksanaan Penggembalaan Khusus Terhadap Pendeta Emeritus

Jika dalam rapat yang disebutkan Badan Pekerja Majelis Sinode menyimpulkan bahwa pendeta yang bersangkutan tidak bertobat: b. Majelis Jemaat yang terkait mewartakan hal penanggalan jabatan tersebut dalam warta jemaat pada hari Minggu terdekat. Tager & Talak GKI Pasal 46:13:a - Prosedur Pelaksanaan Penggembalaan Khusus Terhadap Pendeta Emeritus

Jika dalam rapat yang disebutkan Badan Pekerja Majelis Sinode menyimpulkan bahwa pendeta yang bersangkutan tidak bertobat: c. Badan Pekerja Majelis Sinode memberitahukan secara tertulis hal penanggalan jabatan tersebut kepada semua Majelis Jemaat, semua Badan Pekerja Majelis Klasis dan semua Badan Pekerja Majelis Sinode Wilayah. Tager & Talak GKI Pasal 46:13:c - Prosedur Pelaksanaan Penggembalaan Khusus Terhadap Pendeta Emeritus

Penggembalaan khusus terhadapnya tetap dilanjutkan terus oleh Majelis Jemaat yang terkait tanpa batas waktu dan yang bersangkutan terus menerus didoakan. Tager & Talak GKI Pasal 46:14 - Prosedur Pelaksanaan Penggembalaan Khusus Terhadap Pendeta Emeritus

GKI bukan warung kopi di mana orang-orang bebas pasang poster dan bagi-bagi selebaran. Warta jemaat GKI bukan brosur di mana orang-orang bebas promosi apalagi menyebar fitnah. Mengirim Salinan Surat keputusan tentang penanggalan jabatan pendeta dan Surat Pemberitahuan Penanggalan Jabatan Pendeta kepada Majelis Jemaat (MJ), Badan Pekerja Majelis Klasis (BPMJK), dan Badan Pekerja Majelis Sinode wilayah (BPMJSW) dan MJ mewartakan Surat Pemberitahuan Penanggalan Jabatan Pendeta dalam warta jemaat, bukan BPMJS menghasut jemaat apalagi menyebar fitnah namun laporan pertanggunganjawab kepada jemaat. Prosedur demikitan tercatat di dalam Tager & Talak GKI.

Apabila penggembalaan khusus adalah HUKUMAN, mustahil pada saat itu jabatan Ioanes Rakhmat belum ditanggalkan, bukan? Tim pastoral bukan hakim namun pencari fakta dan negosiator. Itu sebabnya semua hasil pekerjaannya dilaporkan kepada BPMJS untuk dikaji. Menolak tim pastoral bukan hanya menolak menyelesaikan masalah namun adalah pernyataan pendapat untuk berpisah dengan GKI. Pendeta GKI yang menolak penggembalaan khusus adalah pendeta yang menyatakan tidak mau lagi menjadi pendeta GKI. Itulah alasan BPMJS memutuskan untuk menanggalkan jabatan pendeta Ioanes Rakhmat. Pada hakekatnya, BPMJS hanya MELULUSKAN kehendak BEBAS Ioanes Rakhmat untuk tidak mau lagi menjadi pendeta GKI lagi.

Di GKI ada ratusan ribu jemaat dimana Ioanes Rakhmat hanya salah satunya. Itu sebabnya tidak boleh takabur dan mau menang sendiri. Di GKI ada ratusan ribu keyakinan sementara keyakinan Ioanes Rakhmat hanya salah satunya. Itu sebabnya tidak boleh adigung adiguna. Di GKI ada ratusan ribu kehendak sedangkan kehendak Ioanes Rakhmat hanya salah satunya. Itu sebabnya tidak boleh seenak jidatnya. Di GKI ada Tager & Talak GKI, itu sebabnya penyelesaian masalah tidak pernah dilakukan dengan saling teriak dan gebrak meja apalagi gembar gembor ke seluruh dunia. Di GKI, Bila kesepakatan mustahil dicapai maka votinglah yang digunakan. Itulah yang disebut demokrasi.

GKI adalah Badan Hukum BERIMAN. GKI bukan warung kopi di mana yang berteriak paling nyaring dan gebrakan mejanya paling garang serta paling keras kepalannya menjadi pemenang. Pendeta, Tua-tua, Majelis, Badan Pekerja Majelis adalah Jemaat GKI yang dipilih secara demokrasi untuk melaksanakan tugas kepemimpinan guna menjalankan roda organisasi. Di GKI tidak ada pembagian laba atau keuntungan juga bonus tahunan di mana yang menduduki jabatan paling tinggi mendapat porsi paling besar. Di GKI para pejabat gerejawi tidak berkuasa untuk menentukan jumlah gajinya sendiri dan sampai kapan dia mau menduduki jabatannya apalagi jabatan yang diingininya. Di GKI tidak ada orang yang berkuasa apalagi paling berkuasa. Para pejabat GKI adalah anggota jemaat di sebuah gereja. Misalkan, walaupun menjabat ketua Sinode GKI namun dia adalah anggota jemaat di sebuah gereja. Bila dia adigung adiguna maka Majelis jemaat gereja di mana dia tercatat sebagai jemaat akan menggembalakannya sebagai jemaat. Di GKI tidak ada jabatan seumur hidup. Melakukan kampanye apalagi politik uang untuk menduduki sebuah jabatan di GKI adalah perbuatan sia-sia. Berseteru untuk menduduki sebuah jabatan di GKI adalah tindakan bodoh. Itu sebabnya, para legenda GKI BUKAN mereka yang paling berbakat namun yang paling rendah hati. Mereka dihormati bukan karena jabatannya namun karena PERILAKUNYA.

Menuduh BPMJS menanggalkan jabatan pendeta Ioanes Rakhmat untuk melanggengkan kekuasaan dan demi uang bukan hanya ngaco-belo namun bodoh sekali. Saat ini, sebagian yang menandatangani surat keputusan penanggalan jabatan pendeta Ioanes Rakhmat sudah tidak menduduki jabatannya lagi. mereka tidak menduduki jabatannya lagi bukan karena kualat telah menanggalkan jabatan Ioanes Rakhmat namun karena masa jabatannya sudah berakhir.

Punya pemikiran baru? Itu bagus! Bukankah Ioanes Rakhmat sudah menyatakan apa yang dia sebut pemikiran baru yang berguna bagi peradaban manusia? Namun, bila sebagian besar Jemaat GKI menolak pemikiran baru dan memilih untuk tetap menyukai pemikiran lamanya, itu tidak bisa dijadikan alasan untuk menghina mereka semena-mena. Ratusan ribu Jemaat GKI mendelegasikan kebebasan mereka kepada BPMJS dan tim pastoral penggembalaan khusus untuk melakukan negosiasi menghadapi kebebasan Ioanes Rakhmat. Ratusan ribu Jemaat GKI menolak Ioanes Rakhmat sebagai pendeta. Negosiasi dilakukan dan hasilnya adalah Ioanes Rakhmat di-emeritus. Berapa banyak jemaat GKI yang tidak puas dengan keputusan itu namun DIAM karena menghormati diri sendiri yang sudah mendelegasikan kebebasan mereka kepada BPMJS? Memang, sebagian dari mereka kurang bijaksana dan melampiaskan kekesalannya dengan memaki-maki para negosiator GKI.

Jabatan pendeta Ioanes Rakhmat sudah ditanggalkan saat ini. Berapa banyak Jemaat kurang bijaksana yang menganggap keputusan itu terlambat bertahun-tahun lalu melampiaskannya dengan memaki BPMJS? Saya, hai hai, Jemaat GKI Siliwangi tanpa tedeng aling-aling memaki mereka bunglon. Namun mereka adalah bunglon-bunglon yang terhormat, itu sebabnya saya sangat menghormati keputusan mereka. Kenapa Ioanes Rakhmat tidak menghormati diri sendiri dengan menaati hasil negosiasi yang dilakukannya sendiri?

Mustahil mamasung kebebasan berpikir dan menyatakan pendapat seseorang. Juga mustahil memberangus keyakinannya apalagi  memaksanya untuk meyakini sesuatu yang tidak diyakininya. Bila tidak MENYATAKAN beriman bahwa Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru adalah Firman Allah yang menjadi dasar dan norma satu-satunya bagi kehidupan gereja, mustahil seseorang menjadi jemaat Sidhi GKI. Hanya jemaat Sidhi GKI yang berhak memilih dan dipilih untuk menduduki jabatan gerejawi. Apa yang terjadi bila orang tersebut, seperti Ioanes Rakhmat, setelah menduduki jabatannya lalu ternyata tidak BERIMAN seperti apa yang dinyatakannya di depan Jemaat ketika sidhi?

Penggembalaan Khusus dilaksanakan oleh tim pastoral dalam bentuk percakapan pastoral, pembimbingan, peneguran dan pendampingan agar yang bersangkutan bertobat. Tager & Talak GKI Pasal 46:9 - Prosedur Pelaksanaan Penggembalaan Khusus Terhadap Pendeta Emeritus

Menjadi jemaat GKI ibarat menjadi anak GKI atau menikah dengan GKI. Jemaat yang tidak beriman lagi bahwa Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru adalah Firman Allah yang menjadi dasar dan norma satu-satunya bagi kehidupan gereja, ibarat pasangan yang selingkuh. GKI tidak akan menceraikan mereka walaupun mereka sudah mati. Orang-orang demikian ibarat anak-anak tidak berbakti. GKI tidak akan menyangkal mereka meskipun mereka sudah mati. Selama mereka masih hidup, GKI akan terus mencari cara untuk membimbing mereka, siapa tahu, bila waktunya tiba, mereka berubah setia. Itulah yang disebut PENGGEMBALAAN. Percakapan pastoral, pembimbingan, peneguran dan pendampingan. Tidak ada penghukuman apalagi balas dendam.

Banyak Jemaat Kristen bahkan Jemaat GKI sendiri yang menganggap perilaku GKI demikian nggak FAIR. Kerabatku sekalian, cinta memang nggak fair, bila mau fair dagang saja. Hubungan GKI dan Jemaat serta hubungan Jemaat dengan Jemaat bukan hubungan dagang namun hubungan cinta kasih. Itu sebabnya nggak fair sama sekali. Bila demikian, bukankah itu berarti setiap Jemaat GKI boleh bertindak seenak jidatnya? GKI punya Tager & Talak GKI untuk mencegah jemaat bertindak sewenang-wenang. Bukankah Ioanes Rakhmat sudah mengalaminya?

Pendeta GKI adalah Jemaat GKI. Selama menyangkal imannya dan mengajarkan iman GKI, jabatan pendeta mereka tidak akan dipermasalahkan apalagi ditanggalkan. Bukankah itu berarti mereka adalah bunglon? So what gitu lho? Selama mereka masih melakukan tugasnya dengan baik, tidak ada Jemaat yang akan dirugikan. Selama mereka masih mengajarkan iman GKI, tidak ada yang keberatan. Siapa tahu dengan cara itulah mereka akan terus belajar dan akhirnya memahami iman GKI lalu berhenti selingkuh? Bukankah orang-orang demikian adalah BUNGLON? Bukankah pemangku jabatan di GKI bahkan Jemaat GKI yang membiarkan hal demikian juga BUNGLON? Itu sebabnya sebagai Jemaat GKI Siliwangi, saya tidak pernah keberatan disebut BUNGLON. Ha ha ha ha … Cinta memang nggak FAIR, kawan.

Selama ini, banyak orang menyangka bunglon menyamakan diri dengan lingkungannya karena takut mati. Mereka sama sekali belum tahu bahwa bunglon juga menyamakan diri dengan lingkungannya agar tidak perlu membunuh. Adakah cara yang lebih baik dari pada memberi tugas kepada pendeta GKI yang selingkuh untuk terus mempelajari Alkitab dan mengajarkannya sebagai Firman Allah yang menjadi dasar dan norma satu-satunya bagi kehidupan gereja dan berdoa agar mereka menemukan kebenaranya?

Adakah cara yang lebih baik selain memberi kesempatan kepada Jemaat yang tidak berbakti agar terus mendengarkan kotbah bahwa Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru adalah Firman Allah yang menjadi dasar dan norma satu-satunya bagi kehidupan gereja sambil berdoa agar mereka menemukan kebenaranya?

Cerdik seperti merpati dan tulus seperti ular. Itulah BUNGLON GKI. Ketika berlaku cerdik yang anda sebut LICIK, dia tulus seperti merpati. Ketika tulus, yang hai hai sebut BUNGLON, dia cerdik yang anda sebut LICIK seperti ular. Untuk sebuah ungkapan yang lebih baik, “Namanya juga usaha!” Ha ha ha ha ha …. Walaupun dengan kalimat yang berbeda, “Tulus seperti merpati dan cerdik seperti ular”, bukankah itulah yang diajarkan oleh Yesus ketika Dia di dunia? Itu sebabnya Yesus memberi mereka makan, bukan karena mereka baik, namun karena mereka LAPAR dan ada bersama-Nya untuk mendengarkan kotbah-Nya? Itu sebabnya, Paulus mengajarkan bahwa “Iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus”.

Namanya juga usaha! Ha ha ha ha ha …. BUNGLON GKI, itu sebabnya TAHAN Uji! Ha ha ha ha …

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Mey Weh's picture

Ko hai...Bunglon

Ko hai bukan kah bunglon jg jika dia sedang mencari mangsa akan menyamakan diri dengan lingkungannya? Kalo sy tau, bunglon itu begitu ada musuh dia menyamarkan diri,ada mangsa juga menyamarkan diri.Nah loh.......gimana tuh? Ah...iya yah namanya juga usaha.....:P
irwanda.bobby's picture

@hai hai

Dari yg saya baca nampaknya ada kesalahpahaman yg besar pada komunikasi antara bpk Albert Patty dgn bpk Ioanes,sampai akhirnya saya menyimpulkan perdebatan antara keduanya aneh karena gk nyambung. 

Dari penjelasan Bpk Patty yg saya baca dari thread pak hai2 sebelumnya sampai skrg, saya tidak melihat Bpk Patty menyerang "kesesatan" buku bapak ioanes sebagai alasan pemecatan beliau, malah dia mengundang pak ioanes utk duduk berdiskusi dengan dewan GKI. Tapi pak ioanes tetep ngotot bahwa pandangan GKI atas bukunya yg "sesat" adalah alasan pemecatannya.

Yg masih saya pertanyakan mengenai cap munafik pak ionnes terhadap pak patty, drmn pak ioanes menyimpulkan bahwa pak patty munafik, karena dari awal diskusi mereka aja gk nyambung...

Kalo baca episode 1 dan 2 ini jadi mirip kyk Ketoprak Sabda Spacenya tante paku.

^ ^. 

Btw pak hai2, saya lebih suka episode 1 dari pada episode 2 di seri Ioanes vs GKI. 

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna

hai hai's picture

@irwanda.bobby, Bandot VS Bunglon

irwanda.bobby, Iones Rakhmat menghina GKI dan Jemaat GKI. Bagaimana cara dia menghina? dia menyebut Alkitab yang DIIMANI oleh GKI sebagai Firman Allah sebagai MITOS Kristen.

Pdt. Albertus Patty, ketika mengomentari salah satu blog saya di FB, berkata, bahwa TRITUNGGALISME Calvinis SUDAH ketinggalan SETATUS lebih TAFSIR ulang. Itu sebabnya dia MARAH alang bukan kepalang, ketika saya bertanya,

"Pdt. Albertus Patty apakah anda main sinetron karena dibayar? Itu sebabnya setiap minggu NENTENG Alkitab dan mengajar dari MIMBAR bahwa Alkitab adalah Firman Allah, padahal SUDAH ketinggalan SERATUS lebih TAFSIR ulang agar berguna bagi MASYARAT seperti yang anda YAKINI?" 

Akibat pertanyaan saya itu, Pdt. Albertus Patty lalu NGAKAK dan NGACIR. Saya pun DIBRANGUS dari daftar TEMAN FB-nya.

Dalam bukunya BERDAMAI dengan SALIB - Membedah Ioanes Rakhmat dan menyapa umat, Pdt. Joas Adiprasetya mengajarkan kita-kira begini. 

Doktrin Yesus mati menggantikan manusia MENANGGUNG hukuman dari Allah, HANYA salah satu doktrin Soteriologi yang kita miliki. Ioanes Rakhmat hanya menyerang satu dari BANYAK doktrin soteriologi kita. Jangan kuatir. Baru diserang SATU. Kita masih punya BANYAK stock.

Anda paham sekarang kenapa Ioanes Rakhmat menuduh Pdt. Albertus Patty Munafik alias Dasamuka alias BUNGLON bukan?

Yang satu meyakini Alkitab sebagai MITOS sementara yang lainnya meyakini Alkitab sudah ketinggalan SERATUS lebih TAFSIR ulang.

irwanda.bobby, "Bengcu Menggugat - Ioanes Rakhmat VS GKI? BUKAN! Bandot VS BUNGLON Di GKI" adalah TRILOGI. Di blog pertama, saya menulis sebagai PENGGAJI yang NGAMUK karena karyawannya yang di-PHK baik-baik ternyata nggak tahu diri dan menyebar FITNAH di mana-mana.

Di dalam blog kedua, blog ini, saya menulis sebagai jemaat GKI untuk semua Jemaat GKI yang kurang memahami kejadian sebenarnya dan kepada seluruh orang Kristen dan siapa saja yang ingin tahu FAKTA kisah pemecatan Ioanes Rakhmat.

Di dalam blog ketiga nanti, Saya menulis sebagai hai hai. Ha ha ha ha ..... Masing-masing orang bebas untuk memilih salah satu dari trilogi.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

irwanda.bobby's picture

@hai hai

banyak istilah yang saya tidak mengerti sih pak, seperti tritunggal calvinisme dan doktrin soteriologi.

 

Tapi mengenai cap munafik albert patty dari ioanes saya mulai mengerti pak hai. ^ ^. 

Saya tunggu bagian terakhir dari trilogi Ioanes rahmat vs GKI-nya.

hehehe. GBU.

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna

hai hai's picture

@irwanda.bobby, Soteriologi

irwanda.bobby, soteriologi salib yang dimaksudkan dengan Ioanes rahmat adalah: Doktrin Yesus mati di atas kayu salib untuk MENGGANTIKAN manusia menanggung HUKUMAN dari Allah.

Tritunggalisme Calvinis adalah doktrin tentang Tiga Pribadi, satu Hakekat. Saya khusus menulis dua BLOG untuk mengulitinya. Silahkan klik di sini dan di sini untuk menikmatinya.

  1. Bengcu Mengugat – Tritunggalisme Calvinis Di Mata Seorang Tionghoa Kristen
  2. Bengcu Menggugat - Tritunggalisme Calvinis Di Atas PASIR
__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

irwanda.bobby's picture

@hai hai

terima kasih utk penjelasannya pak. ^ ^.

GBU

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna

tonypaulo's picture

bloger sampah

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

guestx's picture

@hai, kalau begitu siapa yg jadi pemimpin rohani?

Selama menyangkal imannya dan mengajarkan iman GKI, jabatan pendeta mereka tidak akan dipermasalahkan apalagi ditanggalkan.

buat gw ini pernyataan yg lucu dan getir. lucu, krn terbalik dr apa yg slama ini gw bayangkan bhw para pendeta adalah org2 yg terpanggil utk mengajarkankan apa yg diimaninya. hai2 memporak-porandakan pengertian gw dgn bilang bhw, pendeta tak perlu punya iman bahkan boleh punya iman yg bertentangan dgn apa yg diajarkannya, yaitu apa yg diinstruksikan oleh sang majikan (jemaat). getir, krn gw sadar itu adalah yang sebenarnya terjadi dlm kontrak antara gereja dan pendeta. gw jadi mikir lagi, benarkah seorang pendeta layak disebut sbg pemimpin rohani? kalau dia cuma dipandang sbg orang upahan, mnrt gw, jabatan pendeta tak ada bedanya dgn jabatan guru atau dosen.

kalau begitu, siapakah sebenarnya pemimpin jemaat ? the real leader who knows the way, shows the way and goes the way ? siapakah yang menjadi bapa rohani bagi umat?

mudah2an hai2 akan menyinggung ini di akhir triloginya.

 



__________________

------- XXX -------

hai hai's picture

@guestx, The Real Leader

guestx: kalau begitu, siapakah sebenarnya pemimpin jemaat ? the real leader who knows the way, shows the way and goes the way ? siapakah yang menjadi bapa rohani bagi umat?

Manusia dihormati karena PERILAKUNYA bukan karena JABATANNYA.

Pada jaman Perjanjian Lama, Di Israel ada 3 GEMBALA yaitu:

  1. Raja
  2. Hakim
  3. Imam yang sedang melayani Mesbah

Ketiganya memiliki KUASA untuk membunuh siapa saja yang tidak TAAT atau menghujat mereka. Yang tidak TAAT harus di hukum mati.

Pada zaman nabi Zakaria, ketiga jabatan itu DITANGGALKAN oleh YHWH (TUHAN). Itu sebabnya sejak itu tidak ada Raja, Imam dan Hakim dengan kuasa demikian.

Pada zaman perjanjian baru, jabatan ketiga gembala itu tidak pernah dibangkitkan lagi.

Ke 10 Rasul (minus Tomas) memiliki kuasa HAKIM. Selain itu tidak ada lagi yang memiliki jabatan ketiga gembala tersebut. Kenapa demikian? Karena setiap manusia adalah GEMBALA bagi dirinya sendiri. Setiap manusia adalah RAJA, HAKIM dan IMAM atas diri-Nya sendiri.

Pada Parjanjian Lama, ada Nabi. Pada zaman Perjanjian Baru ada dua jenis Rasul yaitu:

  1. Rasul Yesus
  2. Rasul Allah alias Kristus Yesus

Ke 11 Rasul termasuk di dalamnya Petrus adalah Rasul Yesus dan Hamba Tuhan alias Hamba Yesus.

Rasul Paulus adalah Rasul Kristus Yesus dan Hamba Allah.

Jabatan Rasul sudah tidak ada lagi. Rasul = Dipanggil secara PRIBADI oleh Yesus di depan SAKSI.

Pemberita Inji dan Guru Injil itu jabatan yang ada di Perjanjian Baru. Yang mengurusi jemaat namanya Diaken dan Tua-Tua.

Di GKI, gaji pendeta dan Tua-Tua tidak pernah dianggap atau disebut GAJI. Itu sebabnya ketika hendak menjadi pdt. tidak ada NEGOSIASI berapa gajinya.

Kami menyebutnya JAMINAN Kebutuhan Hidup Pendeta. Sistem ini memang tidak akan membuat pendeta kaya raya namun juga tidak akan membiarkan pendeta KEKURANGAN.

Bila anda bertanya, Who is the leader? Jawabannya adalah ROH KUDUS!

Dalam DASAWARSA ini saya melihat ada banyak Pendeta yang MULAI membangun TEOLOGI PERJANJIAN (Covenant) dimana PENDETA adalah pemimpin perjanjian antara Gereja dan Allah. 

Itu sebabnya mereka getol sekali menyebut dirinya GEMBALA dan mengajarkan bahwa dia juga adalah IMAM. Di antara mereka Padriadji adalah yang paling SESAT. Selain mengaku dirinya adalah SATU-SATUNYA IMAM di dunia, juga satu-satunya IMAM di sorga. Benar-benar SESAT dan KURANG AJAR.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

tonypaulo's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

hai hai's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

malas bertanggung jawab?

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

tonypaulo's picture

-

komentar dihapus karena melanggar Policy SABDA Space

bintang seven's picture

hai hai

Di blog pertama, saya menulis sebagai PENGGAJI yang NGAMUK karena karyawannya yang di-PHK baik-baik ternyata nggak tahu diri dan menyebar FITNAH di mana-mana.

bro setahuku, IO malah menantang buku MSS nya dikupas oleh para sesepuh gki, yg beralasan buku mss itu adalah puncak dr tidak bisa lg dibinanya si IO,krn sudah teramat yakin.

ok lah klo dia dipecat sbg anggota GKI, sah2 aja menurut gw, tp sbg petarung, bukankah si IO  ini sedang menghunus pedang MSS, menunggu utk bisa dipatahkan? yg membuat sesupuh lain agak gemetar, krn si intelektual luar biasa ini? klo bisa patah tuh pedang gw rasa dia akan diem dg sendirinya.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

@bintang seven, Ioanes Rakhmat

Penganut TOLOLISME memaksa orang lain TOLOL agar dirinya kelihatan PINTER. Penganut KODOKmorphisme mengharuskan semua KERBAU menjadi KECEBONG agar dirinya yang kodok nampak BESAR. Penganut KENTUTISME memberangus kentut orang lain agar kentutnya sendiri yang terdengar dan tercium. 

Iones Rakhmat boleh gambar-gembor sampai hari kiamat bahwa MSS akan tetap BENAR namun, FAKTANYA, jangankan sampai kiamat, sebelum sampai Ioanes Rakhmat dipecat GKI pun. buku MSS nggak LEBIH dari definisi-definisi tersebut di atas.

Bila selama ini hai hai diam, itu bukan karena nggak mampu mengulitinya apalagi takut dengan MSS, namun karena hai hai adalah Jemaat GKI dan KASUS Ioanes Rakhmat sedang ditangani oleh Tim Pastoral Penggembalaan Khusus. Namun tim pastoral sudah selesai dengan pekerjaannya dan Badan Pekerja Majelis Sinode GKI pun sudah menyelesaikan pekerjaannya. Itu sebabnya hai hai mulai angkat MUKA.

Tunggu saja kawan. Tunggu saja. Kita akan lihat seberapa JUJUR dan berpikir lurus serta berintegritasnya Ioanes Rakhmat? 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

bintang seven's picture

hai hai

Yang berisi emang layak ditunggu, hehehe...mau kopdar ama io nih? lwt net aja deh biar gampangan, yg gw takut ntar kayak albert patty, belum masuk materi udah di kick dluan, klo hai di kick, namanya dipecat dr status fb io donk, hehe..lg musim pecat2an nih.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Mey Weh's picture

Setuju sama B7..

Iya aku jg nungguin kapan tuh yg trhormat pak IO mau ngerumpi ma Ko hai ya? Kalau belum di apa2in aja udah maen 'pecat' kerjanya,kaya perawan tua yg jueedees nya ga ketulungan baru di colek dikiiiii....it aja udah maen gampar,ya kapan lakunya atuuuh.Menanti 'GERHANA' atau 'Crop Circle' tercipta :D
ferro's picture

membaca artikelnya bp hai

membaca artikelnya bp hai hai......., saya pikir pak hai hai merasa dirinya jauh lebih pintar daripada semua hamba Tuhan..., sehingga isinya hanya mengkritik semua hamba Tuhan bahkan mungkin gereja.

__________________

ferrobm

hai hai's picture

@ferro, Jangan Mikir

ferro, belajar tanpa berpikir, sia-sia. Berpikir tanpa belajar, berbahaya. Nah, anda sudah berfikir menurut saya sebaiknya mulai BELAJAR. Dengan demikian maka anda akan TAHU apakah yang ditulis oleh hai hai itu BENAR atau OMONG kosong? Bila yang ditulisnya BENAR, itu bukan BUKTI bahwa dia lebih PINTER namun karena yang dia TULIS itu benar.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

ferro...hai tidak mengkritik

ferro saya rasa hai tidak mengkritik namun sedang mengekspresikan aktualisasi eksistensial dirinya sendiri...biarkan sajalah....kita dukung bp hai hai untuk menjadi bloger no1 di indonesia...smangat bp hai hai---anda pasti bisa----

jlwijaya's picture

hai2:Over Confident

-Apa ngak over confident hai ,emang tulisan kamu siapa yang pernah mengujinya?

 

hai hai's picture

@jlwijaya , Tentu Saja

jlwijaya, mohon maaf, tanpa megurangi rasa hormat, hai hai memang PERCAYA diri, namun dia benar-benar BERISI.

Siapa yang pernah menguji tulisan hai hai? Tentu saja walaupun menghendakinya namun and BELUM mampu untuk mengujinya. Jadi silahkan, belajar dulu baik-baik, siapa tahu nantinya anda akan MAMPU mengujinya?

Ha ha ha ha ha ...

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

hai2:buatlah seminar jika anda berisi?

Buatlah seminar jika anda berisi ,saya janji akan meluangkan waktu untuk ikut mengujinya?

Kalau lihat tulisan kamu memeng berisi tapi isinya isapan jempol.

Alkitab itu 66 kitab terlalu tebal untuk di bahas secara tulisan.

toh akhirnya Yulia O and max menghentikan kesesatan kamu dkk.

aku tahu kamu rajin belajar Alkitab ,berisi tapi sayang salah tetapi sepanjang sejarah buanyak yang seperti kamu,tetapi bagaimanapun kamu penulis yang baik .

memang kamu cukup jeli melihat buanyak kesalahan pada reformed ,karismatik dll tetapi kamu malah jatuh dalam kesalahan yang lebih parah dari mereka.

siapa orang berbobot yang pernah menguji tulisan kamu ????terutama secara lisan ?

king heart's picture

@jlwijaya

Anda mengulangi kesalahan yang sama yang berulang ulang juga dilakukan oleh banyak orang di SS. Ini tidak akan bermanfaat hanya akan menjadi "prasasti" sampah yang pasti tidak mencerdaskan pembacanya.

Anda pernah "menguji" tulisan ferriwar, pendapat saya cukup baik di luar hasilnya yang tidak tuntas.

Mengapa anda tidak menjadi orang berbobot pertama yang menguji tulisan Hai Hai, seperti anda menguji tulisan ferriwar, persis sama. Hasilnya biar pembaca yang menilai.

Blog ini seperti namanya adalah blog yang untuk menjadi blog mesti ditulis, mengapa mesti dipindahkan menjadi seminar. Jika Hai Hai menyajikan isi pemikirannya dengan mengadakan seminar maka pengujiannya menjadi sahih dengan lisan. Jika tidak setuju dengan pengujian secara tulisan di sini, maka tunggu saja sampai suatu saat Hai Hai berani membuat seminar. Sebelum saat itu terjadi mendingan nikmati tulisannya atau jangan membacanya jika anda tidak berkenan. Tentu saja sambil menutup mulut karena diri sendiri kurang berbobot.

Ibaratnya biarkan ikan air tawar berenang dan hiudup di air tawar, jangan memaksa pindah ke air atau sekedar air payau.

Mari yang merasa berbobot silakan mulai menguji, sudah lama "pertunjukan" bagus tidak tayang di pasar Klewer.

 

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

hai hai's picture

@@jlwijaya, Tepuk Tangan

jlwijaya: Buatlah seminar jika anda berisi ,saya janji akan meluangkan waktu untuk ikut mengujinya?

hai hai buat SEMINAR? Ha ha ha ha ha ha ha ...... Bila hai hai bikin seminar, mampukah anda membayar MAHAL? Bila nggak mampu maka anda nggakkan diizinkan masuk oleh panitia.

jlwijaya: Kalau lihat tulisan kamu memeng berisi tapi isinya isapan jempol.

Jadi sampai hari ini anda hanya MAMPU melihat tulisan hai hai? Mengenaskan! Banyak orang yang telah memahaminya lau mengujinya dan menemukan fakta bahwa yang ditulisnya benar.

jlwijaya: Alkitab itu 66 kitab terlalu tebal untuk di bahas secara tulisan.

John Calvin sudah MATI dan tubuhnya sudah MEMBUSUK menjadi tanah semuanya. Apa yang dia tinggalkan? Tulisan-tulisannya. Paulus sudah MATI dan tubuhnya sudah membusuk menjadi tanah semuanya. Apa yang dia tinggalkan? Tulisan-tulisannya. Bila hai hai MATI dan tubuhnya membusuk jadi TANAH, maka tulisan-tulisannya akan terus dibaca orang. Itu sebabnya hai hai MENULIS dari pada pentang bacot dari seminar ke seminar.

jlwijaya: toh akhirnya Yulia O and max menghentikan kesesatan kamu dkk.

Yulia O dan max yang mana yang anda maksudkan? Apakah anda sudah melakukan KONFIRMASI? Tanpa BUKTI namanya FITNAH. Bila hai hai nggak menuntut, itu namanya anda MEMBUAL!

jlwijaya: aku tahu kamu rajin belajar Alkitab, berisi tapi sayang salah tetapi sepanjang sejarah buanyak yang seperti kamu,tetapi bagaimanapun kamu penulis yang baik .

Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat. Bila yang TULISANNYA seperti hai hai sudah banyak, mustahil anda nggak COPY PASTE tulisan-tulisan yang menguliti tulisan mereka untuk menguliti tulisan hai hai, bukan?

jlwijaya: memang kamu cukup jeli melihat buanyak kesalahan pada reformed ,karismatik dll tetapi kamu malah jatuh dalam kesalahan yang lebih parah dari mereka.

Anda baru MAMPU melihat tulisan hai hai, Mustahil MAMPU menemukan kesalahannya. Bila anda MEMANG mampu menemukan kesalahannya, MUSTAHIL belum menuliskannya, bukan?

jlwijaya: siapa orang berbobot yang pernah menguji tulisan kamu ???? terutama secara lisan ?

Itulah MASALAH yang dihadapi oleh hai hai. Banyak orang MENYATAKAN dirinya BERBOBOT, bukankah itu yang anda lakukan? Namun sayangnya, BELUM ada satupun yang benar-benar BERBOBOT seperti yang diakuinya. Itu sebabnya blog-blog hai hai NANGKRING 24 jam setiap harinya TANPA TANDING.  Beberapa anak buah Pdt. Budi Asli MDiv memang pernah MENATNANG hai hai untuk berdebat secara lisan. Namun, siapakah Budi Asali itu? Kenapa anda tidak ke WEBSITENYA untuk membuktikan bahwa jumlah total HITS yang dituainya sejak Nopember 2007 sampai hari ini, Masih jauh dari 24.000 sementara dalam waktu yang hampir sama, blog-blog hai hai di SABDA Space sudah menuai 1,2 juta hits lebih. Mustahil 1,2 juta hits lebih VS 24.000 hits, bukan? Bila bertarung HARUS seimbang. Kenapa anda TIDAK mencarikan LAWAN-LAWAN seimbang untuk MENGULITI tulisan-tulisan hai hai? Ha ha ha ha ha ha ha ... Nggak MAMPU? Atau anda BELUM menemukannya? Ha ha ha ha ha ha ... Mungkin lho mereka sudah MEMBACA blog-blog hai hai dan TAHU pasti setelah MENGULITINYA dengan Alkitab sebagai STANDARD kebenaran, mereka TIDAK menemukan KESALAHANNYA. Ha ha ha ha ha ...

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jlwijaya's picture

King Heart; Hai2 itu sangat berisi sekalipun???

HAI 2 itu berisi terlepas dari tulisan dan pendapatnya itu benar atau salah ,sesat atau tidak, berharga atau sampah.

Hai2 berisi dalam arti dia adalah seorang yang buanyak bahkan sangat buanyak baik membaca alkitab atau buku/tulisan2 yang ada.karena itu terhadap alkitab dia memiliki pandangan yang terintegrasi ala hai2.tulisan yang dia buat adalah bag2 kecil yang terhubung dengan worldview hai2 sehingga mau mematahkan pandangannya bukan perlu 1-5 blok seperti tulisan Ferrywar.saya tahu saya tak tuntas menyelesaikan ferrywar tapi seseungguhnya untuk menuntaskannya saya hanya perlu tulis 2 blok lagi dan paling2 banyak 3-4 blok tapi tidak demikian untuk tulisan hai2.perlu perdebatan yang sangat panjang untuk mematahkan pandangan hai2 apalagi dengan tulisan lebih mudah melebar kemana2.karena itu lebih mudah jika lisan .Dan lagi pandangannya terlalu "kurang berharga" jika harus bahas dengan mengeluarkan waktu sebanyak itu .

King heart kamu bawa aja tulisan hai2 ke orang yang kamu anggap berbobot ,coba lihat apa tanggapannya ......coba deh bawa ke yosua lee,benyamin intan ,hendra g dsb lihat apa reaksi mereka?sucipto S di surabaya dsb

king heart's picture

@jlwijaya

Santai aja, bro,

Terlepas Hai hai berisi atau tidak ngawur atau tidak, yang pasti tulisannya terpampang di sini dan sampai saat ini sayangnya banyak orang berbobot tidak mau / belum mau mematahkan argumen dia. Ini poin saya.

Anda suka dia atau tidak, anda menganggap tulisannya sampah atau tidak, sayangnya anda hanya mencela tanpa mau berkorban waktu untuk itu. Anda malah lebih suka berkorban waktu untuk mencela Hai Hai bukan menjungkir balikan worldviewnya. Ini juga poin saya.

Tulisan ferriwar seperti anda tulis lebih mudah diselesaikan, kalau boleh berkesimpulan tentu tulisan Hai Hai lebih sulit dan lebih berpotensi menyesatkan bukan? Ingat lho beberapa orang  di SS bahkan setuju dengan pemahaman Hai Hai meski tentu dengan kadar yang berbeda.

Saya tahu anda mempunyai kapasitas dan bobot lebih jlwijaya. Bukankah tidak ada deadline untuk mematahkan tulisan Hai Hai sepanjang tulisannya masih tertampang dengan jelas jika anda bersedia mengorbankan sedikit banyak waktu. Anda mengatakan tulisan Hai Hai salah ( sesat ) tanpa mau menunjukkan, bukankah akan menimbulkan pertanyaan yang mana dan mengapa? Anda sudah memulai tentu anda meskipn bukan kewajiban anda untuk menuntaskan jika anda bersedia.

Itu sebabnya jika anda tidak mau berkorban ntuk itu semua, saya menyarankan stop saja deh komentarnya. Kita tunggu saja orang berbobot mana yang berkenan mengorbankan waktunya. ha ha ha

Saya menyukai bobot dan kapasitas anda bukan caranya, maaf.

 

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

jlwijaya's picture

king heart:cukup sedikit teriakan :waspadalah waspadalah.

-Tulisan hai2 tak akan berdampak apa2 buat kekristenan kok,percaya atau tidak saksikan saja.

-Teriakan kecil cukup untuk anak2 Tuhan yang sejati untuk hati2. Tuhan akan menjaga mereka karena ada pengurapan minyak yaitu Roh kebenaran yang akan menuntun anak2 Tuhan mengetahui yang yang Benar dan salah.

1Jo 2:20  Tetapi kamu telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus, dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya.

1Jo 2:27  Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu--dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta--dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.

Joh 14:26  tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Heb 8:11  Dan mereka tidak akan mengajar lagi sesama warganya, atau sesama saudaranya dengan mengatakan: Kenallah Tuhan! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku.

Joh 7:17  Barangsiapa mau melakukan kehendak-Nya, ia akan tahu entah ajaran-Ku ini berasal dari Allah, entah Aku berkata-kata dari diri-Ku sendiri.

Roh Kudus akan memimpin anak2 Tuhan yang hidup dalam persekutuan dengan Tuhan ,tetapi mereka yang menyangka rasionya sebagai patokan menentukan apa yang benar dan salah akan jatuh kepada ajaran yang salah. memang benar kitamemahami kebenaran dengan Rasio tetapi tanpa Roh maka dia akan tersesat.

 

 

king heart's picture

@jlwijaya : ini yang terakhir

Ketika seseorang memperingatkan orang yang lain bahwa akan terjadi sesuatu bahaya, tidak cukup rasanya hanya berteriak saja. Tentu harus dijelaskan pula mengapa akan terjadi bahaya.

Jika sekiranya dan umpama tulisan Hai Hai tidak berdampak apa apa terhadap Kekristenan maka rasanya teriakan untuk waspada pun terlalu berlebihan, dibiarkan saja toh lambat laun akan mati sendiri. Anda pun tak perlu banyak mengomentarinya terlalu panjang bukan ?

Beberapa waktu lalu ( cukup lama juga ) , ketika membahas "gerakan apologetika" yang dilakukan oleh Pdt Budi Asali, saya ingat betul Hai Hai memujinya. kalau tidak salah saat itu sedang gencar masalah berkenaan Unitarian. Saya sedikit berbeda pendapat karena saya merasa pesimis debat / seminar tersebut ada banyak kegunaannya ( baca : menyadarkan mereka ). Terbukti biarpun banyak orang meyakini Pdt Budi Asali menang telak dalam debat tersebut namun bantahan bahkan buku mengenai Unitarian tetap diterbitkan oleh orang / tim yang sama.

Bagi saya mendebat ajaran macam Unitarian, Jesus Only, pengagung Yahwe sampai berdebat mengenai Ketuhanan Yesus seperti yang dilakukan Pdt Budi Asali tidak mempunyai dampak besar  kalau tidak boleh disebut hanya "menguatkan" kalangan sendiri. Tanpa bermaksud mengecilkan pelayanan Pdt Budi Asali, saya percaya ia bahkan telah mengerjakan dengan sangat baik, rasanya jika mengikut kata kata anda di atas, apa yang telah Pdt Budi Asali kerjakan sia sia belaka.

"Sesuatu yang tak berdampak apa apa kok diurusi?" mungkin begitu yang ada dalam benak beberapa orang. Tapi nyatanya itu tetap dikerjakan dengan setia oleh Pdt Budi Asali. Sayapun mengamati bagaimana Pdt Budi Asali melumat Tjantana Jusman. Bagaimana komentar dan kata yang dipakainya dalam menyeset ajaran TJ. Begitu pula saya menyaksikan melalui DVD, bagaimana Pdt Budi Asali begitu sabar dan santai menanggapi lawan debatnya yang jeals jelas sangat menghina Pdt Budi Asali termasuk Kekristenan tentunya.

Cuma saya tak habis mengerti mengapa Pdt Budi asali begitu cepat berubah dalam menghadapi seorang Hai Hai. Sungguh ini membuat saya cukup terperangah, terlepas sekali lagi tulisan Hai Hai itu bermutu atau tidak, sesat atau tidak. Karena secara pribadi saya melihat para lawan debat yang telah dihadapi Pdt Budi Asali mempunyai kualitas tidak lebih baik dari Hai Hai. Bahkan dalam debatnya dengan Mokoginta cs, kualitasnya sungguh sangat mengenaskan. Itupun dilayani Pdt Budi Asali dengan kesabaran tinggi.

Ayat yang anda tulis di atas ingin juga saya kirimkan kepada Pdt Budi Asali agar beliau tidak terlalu membuang waktu dan tenaga melayani ajaran yang tidak berisi dan berdampak bagi Kekristenan

 

 

 

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

jlwijaya's picture

king heart: hai2 dan budi azali

1)untuk menyenangkan hati pengagum hai2 maka anggap saja budi azali takut menghadapi Hai2 secara tulisan karena budi azali tak pernah mau menanggapi hai2 dan untuk menyenangkan pengikut budi azali maka adalah benar hai2 juga takut menghadapi budi azali secara lisan.

2) waktu itu berharga king heart maka mau keluar waktu untuk sesuatu perlu di nilai dulu apakah pantas.

3)tingkatan peringatan itu banyak ada yang perlu mendetail, ada yang perlu hanya sekilas ,jadi tergantung perkaranya.

4)Ada banyak ajaran yang menyimpang diantaranya ada yang berbahaya ada juga yang bodoh jadi menurut saya ngak semua harus di hadapi dengan cara yang sama.

 

king heart's picture

Penutup

1. Budi Asali takut menghadapi Hai hai ? ha ha ha itu mimpi di siang bolong kawan. Pdt Budi Asali, saya yakin, tidak takut menghadapi apa atau siapapun. Saya hanya kuatir beliau termakan kata katanya sendiri untuk tidak akan melayani Hai Hai karena dianggapnya bodoh dan ngawur. Jadi no point return. Menyenangkan hati ? ha ha ha inipun menggelikan cuma dengan begitu bisa menyenangkan hati?

2. Biar waktu itu sendiri yang membuktikan, bukan anda apalagi saya ha ha ha

3. Its ok jika itu yang anda pegang.

4. Lagi lagi biar waktu yang menjawab, toh semua terpampang jelas di mata kita semua. Benar atau tidak, konsisten atau tidak, juga ngawur atau tidak.

 

Ah, mungkin seperti menunggu  Godot, biarlah dalam perjalanan waktu ada orang berbobot berkenan membagi sedikit bahkan banyak waktunya untuk menguliti ajaran Hai Hai. Barangkali jika benar benar berbobot, rambut hai Hai pun ikut tercukur juga ha ha ha ha

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

hai hai's picture

@king heart, jlwijaya TOLOL Sekali

king heart, orang-orang yang MENANTANG dan mengharapkan debat lisan hai hai VS Budi Asali walaupun MENYANGKA dirinya pandai namun sesungguhnya TOLOL sekali. Anda lihat sendiri bukan salah satunya? Walaupun menyangka dirinya pinter namun perilaku jlwijaya, TOLOL sekali! Kenapa demikian?

Debat hai hai VS Budi asali.

Apa bahan DEBAT-nya?

Bukankah sesungguhnya DEBAT itu sudah terjadi?

Budi Asali mengungah blog-blognya di Situsnya lalu hai hai MENGUTIP blognya kemudian MENGULITINYA helai demi helai seperti menguliti bawang bombai di depan orang banyak dengan Alkitab sebagai STANDARD kebenaran.

jlwijaya mengharapkan hai hai DEBAT LISAN dengan Budi Asali. Debat tentang apa? Tentang blog-blog hai hai yang MENGULITI blognya? Apakah yang diungkapkan oleh hai hai KURANG GAMBLANG dan TEGAS sehingga diperlukan data dan Informasi yang lebih TEGAS dan GAMBLANG lagi? Sampai HARI ini Budi Asali sama sekali TIDAK menambah Informasi ke dalam blog-blognya yang DIKULITI hai hai, itu berarti PENGETAHUAN dia tentang yang ditulisnya di blog itu memang HANYA segitu.

Kita ambil contoh:

Budi Asali bilang PENDULUM bergerak karena digerakkan oleh Setan. Hai hai bilang pendulum bergerak karena Ideomotor Efect.

Adakah yang bisa diperdebatkan lagi? Tidak ada! Budi Asali bisa saja COPY paste tulisan-tulisan para Teolog dan dukun-dukun yang mengajarkan bahwa pendulum bergerak karena digerakkan oleh setan namun semuanya itu tidak ada gunanya.  Kenapa demikian? Karena faktanya pendulum bergerak karena IDEOMOTOR EFECT.

Itu berarti SETIAP orang HIDUP akan menyebabkan PENDULUM bergerak. apabila si jlwijaya tidak TOLOL, maka dia pasti MENCOBANYA sendiri untuk membuktikan benarkah pendulum bergerak karena IDOMOTOR EFECT?

king heart, itu hanya salah satu contoh orang yang BERTINDAK dan NGOMONG tanpa BERPIKIR. Itulah yang disebut ASBUN alias asal NGEJEBLAK.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak