Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

TUNGGALTRI (PENDAHULUAN)

Jimmy R.L. Kambey's picture

 

“KARYA PENEBUSAN YESUS KRISTUS DAN PERANAN ROH KUDUS DALAM KESELAMATAN MENURUT AJARAN ALKITAB”
 
PENDAHULUAN
 
          Karya penebusan Yesus Kristus dan peranan Roh Kudus dalam keselamatan, tidak dapat terlepas dari pemahaman dasar tentang Allah Tritunggal ataupun Tunggal Tri. Doktrin Allah Tritunggal merupakan fakta dari wahyu Allah yang melampaui akal dan pikiran manusia sebagai makhluk ciptaan-Nya. Pembicaraan tentang Allah Tritunggal dalam kekristenan senantiasa memahami dan memandang tiga pribadi dimaksud dalam satu kesatuan dan pada kesatuan yang terdiri atas tiga pribadi. Kehidupan Allah sangat jelas dinyatakan dalam Alkitab sebagai kehidupan yang bersifat absolute-personal.
          Walaupun manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah, kepribadian manusia tidak dapat dijadikan tolak ukur sebagai kepribadian Allah juga, namun harus dipahami sebagai emanasi dari sifat-sifat dasar Allah yang adalah pribadi dalam kebenarannya yang mutlak tersebut.
          Kepribadian Allah adalah bentuk cetakan awal, sedangkan kepribadian manusia adalah hasil cetakannya. Kepribadian manusia tidaklah persis sama dengan kepribadian Allah, tetapi masih membawa indikasi-indikasi yang samar dari kepribadian Allah dimaksud.  Berkhof berkata:
“ For us the existence of God is the great presupposition of theology. There is no sense in speaking of the knowledge of God, unless it may be assumed that God exist. The presupposition of Christian theology is of a very definite type. The assumption is not merely that there is something, some idea or ideal, some power or purposeful tendency, to which the name of God may be applied, but that there is a self-existent, self-conscious, personal being, which is the origin of all things, and which transcends the entire creation, but is at the same time immanent in every part of it.”[1]
 
Pernyataan ini memberikan pemahaman bahwa keberadaan Allah merupakan pra-anggapan penting dalam teologi. Berbicara tentang Allah sangat tidak masuk akal, kecuali dapat diandaikan bahwa Allah ada. Pra-anggapan teologi Kristen adalah sebuah pra-anggapan yang amat pasti. Pengandaian ini bukan semata-mata berpendapat bahwa ada sesuatu, suatu ide atau gagasan, suatu kuasa atau sesuatu kecenderungan terarah, yang dapat disebut sebagai Allah, tetapi sungguh ada suatu pribadi yang keberadaan dan kesadaran-Nya bersumber pada diri-Nya sendiri, suatu Keberadaan berpribadi yang merupakan asal mula dari segala sesuatu, yang jauh melampaui makhluk ciptaan, akan tetapi yang pada saat yang sama hadir terlibat dalam segala bagian dari ciptaan-Nya itu.
          Eksistensi Allah dikenal dalam kekristenan sebagai Allah Tritunggal. Doktin Kristen tentang Allah Tritunggal dimaksud telah diperdebatkan sepanjang sejarah kekristenan, walaupun sangatlah disadari bahwa istilah Tritunggal secara eksplisit tidak pernah muncul di dalam Alkitab ataupun manuskrip-manuskrip kuno yang dibahas pada zaman bapak-bapak gereja ataupun zaman pengkanonan Alkitab. Teologi Kristen yang Alkitabiah menegaskan bahwa Allah Tritunggal bukanlah tiga Allah, melainkan Allah memperkenalkan diri-Nya dalam tiga Pribadi sebagai kesatuan yang Esa dan tidak terpecah. Ketiga Pribadi Allah tidak dicipta, tetapi eksis dari kekal sampai kekal serta mempunyai kedudukan dan kuasa yang sama. Ketiga Pribadi Allah terdiri dari: Allah Bapa, Putra (Yesus Kristus), dan Roh Kudus. Peranan-Nya terhadap dan dalam kehidupan manusia berbeda-beda, namun memiliki tujuan yang sama, yaitu mengasihi manusia ciptaan-Nya untuk hidup bersama-sama dengan Allah dan memuliakan nama-Nya.
          Kebenaran di atas ditegaskan oleh Rasul Paulus dalam suratnya untuk jemaat di Roma, “Betapa dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah, sehingga tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan tak terselami jalan-jalan-Nya” (Rm 11:33-36). Hal ini mengindikasikan bahwa apapun usaha manusia untuk memberi dan mereka-reka Allahnya merupakan pekerjaan yang sia-sia, kecuali Allah sendiri yang memperkenalkan segala sesuatu mengenai diri-Nya. Allah memperkenalkan diri-Nya melalui wahyu yang dianugerahkan kepada orang-orang yang diperkenan-Nya dan ditulis dalam literatur yang dikenal sekarang adalah Alkitab.[2]
          Akumulasi dari uraian di atas menghasilkan konsep bahwa ketritunggalan Allah lebih dapat dipahami dalam korelasi kerja tiga pribadi Allah dalam eksistensinya sebagai Allah yang Esa dimana akan nampak jelas pemahaman karya penebusan Yesus Kristus dan peranan Roh Kudus dalam keselamatan.



[1] Louis Berkhof, Systematic Theology (Grand Rapids, Michigan: WM. B. Eerdmans Publishing Co. 1965) hal. 20-21.
[2] Alkitab dimaksud merupakan manuskrip-manuskrip hasil pengkanonisasi yang melahirkan Kitab Perjanjian Baru dan Kitab Perjanjian Lama yang ada sekarang. Kanon ialah daftar kitab-kitab yang diakui gereja sebagai yang diilhamkan, yang menentukan bagi iman dan praktek hidup. Lih. Ensiklopedi Alkitab Masa Kini Jld. 1 A-L. s.v. “Kanon”.

www.jimmyrlkambey.co.cc

__________________

Jimmy R.L. Kambey, M.Th

Tou9h T!me Te4cH Tru5T To THee [7-T]

DEDE WIJAYA's picture

to Jimmy tt Posting

saya pernah dinasehati, agar jangan posting sekali banyak dan pernah juga teman2 pendatang baru dinasehati hal yg sama. Demi kenyamanan dan mendapat respon dari pembaca SS.

Jadi saya pikir ada baiknya anda posting jangan sekali banyak. 2-3 artikel dulu saya pikir OK:) just nasehat saja. GBU bro Jimmy. selamat bergabung di dunia SS.

dede wijaya

__________________

dede wijaya

desfortin's picture

Jimmy, anda reformed?

Salam kenal,

Dari referensi yang anda pakai nampaknya anda mengutip tulisan reformed (Louis Berkhof), apakah anda sendiri seorang reformed?

Selamat bergabung dan berjualan di "klewer" ini. Doktrin Allah Tritunggal memang penting dan perlu diajarkan dengan benar dan tuntas, saya pun ada menulisnya di SINI. tapi benar apa yang dikatakan oleh Dede Wijaya, anda sebaiknya tidak posting banyak sekaligus, step by step or day by day aja dulu, ntar pusing bacanya (saya pun punya kebiasaan nulis panjang, tapi sekarang saya mau belajar lagi untuk menulis lebih efektif dan sederhana).

Sola Scriptura

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

__________________

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING
AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

Jimmy R.L. Kambey's picture

Ups.... sowrie para senior

Ups.... sowrie para senior (mas dede and desfortin). maafkan atas ketidaktahuan saya ini. next time will be better.

BTW, mengutip berkhof tidak harus mengindikasikan bahwa saya seorang reformed kan?.   ehm.... saya hanyalah seorang teolog mandiri yang juga belajar dari buku Berkhof.

Thanx folks.

GBU

__________________

Jimmy R.L. Kambey, M.Th

Tou9h T!me Te4cH Tru5T To THee [7-T]

desfortin's picture

Tidak apa-apa x ini bung

Salam saudara, tidak apa-apa, asal tidak keterusan, hehe ...

Saya belum senior juga bung, masih terus belajar. Saya juga belum lama di sini. Kemarin saya buka situs anda dan melihat pic anda. Mungkinkah kita sebaya? 

Tulisan Prof. Louis Berkhof  tentang teologi sangat bagus, 6 seri buku teologi sistematikanya sangat lengkap dan berisi, yang pakai biasanya orang reformed karena dasar Berkhof juga seorang teolog reformed. Makanya saya bertanya apakah anda seorang reformed? Tapi memang ketika diterjemahkan oleh penerbit momentum ke Bahasa Indonesia sepertinya biasa-bianya saja, mungkin perlu direvisi lagi terjemahannya agar lebih kontekstual dengan gaya bahasa Indonesia umum. Bagaimana menurut anda? Sudah berapa lama anda mempelajari buku tersebut.

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

__________________

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING
AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

Jimmy R.L. Kambey's picture

OK d

Ok bro. maklum masih baru dan belum pengalaman soal blog-blogan. Harap dimengerti.

Mempelajari buku berkhof sich udah lama, sejak sekitar 5 tahun yang lalu. sangat baik dan dapat mengimbangi iman dan rasio. kalau ditanya apakah saya seorang reformed, ehm, saya lebih senang disebut evangelical (saya yakin bung des14 tahulah maksud saya) hehehehe.......

Kita sebaya? mungkin. saya sekarang 28 tahun. kalau bung de14 sendiri?

Senang sekali bisa mengasah pemahaman-pemahaman theology dengan bloger2 di SS ini. terima kasih

__________________

Jimmy R.L. Kambey, M.Th

Tou9h T!me Te4cH Tru5T To THee [7-T]

desfortin's picture

Nice to see you

Bung Jimmy,

Maaf saya baru bisa balas sekarang, I was out for more than a week to conduct a research.

Well,

nampaknya anda juga jarang OL juga ya? Mari ikutan komentar, jangan hanya ngeblog. SS memang ajang yang tepat untuk berbagi dan belajar kebenaran. So keep staying here.

Anda injili atau reformed atau reformed injili? Menurut saya, sebaiknya jangan hanya reformed, tapi injili juga. Jangan hanya injili tapi reformed juga. Lengkapnya "reformed injili" dech. Btw, dapat buku-buku reformednya dari mana? Apakah anda keep in touch with penerbit momentum? Tulisan-tulisan Berkhof memang RUARRR BIASA.

Sebaya? Anda ternyata 4 tahun lebih tua dari saya. Nice to see you.

God bless

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

__________________

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING
AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

Jimmy R.L. Kambey's picture

Reformed-Injili

Bung des14,

ehm.... Ide yang bagus. bolehkah saya mendapatkan penjelasan lebih dari istilah dimaksud (reformed injili)?  

jarang OL? benar sekali!!! saya bekerja di salah 1 NGO International yang mengharuskan saya untuk melakukan traveling ke luar kota/provinsi, jadi kalau ada waktu senggang baru bisa OL. sistem internet security di kantor juga mengawasi setiap karyawan cukup ketat, ya gitu dech....

keep in touch dengan momentum sich jarang. tapi kalau Kalam Hidup lebih sering (karena milik denominasi gereja kami "Gereja Kemah Injil Indonesia). Buku-bukunya dapat dari bokap yang kebetulan adalah Gembala Sidang hehehehe.........  (tapi dia calvinis banget) saya setuju tulisan berkhof luar biasa. banyak dogmatikanya mempengaruhi alur berpikir iman saya.

saya akan coba untuk berkomentar. para blogers disini sangat kritis dan untuk mengimbangi mereka perlu waktu untuk berpikir hehehe... you know-lah (masalah waktu ini yang sulit)

tapi tetap terima kasih atas saran, masukan, kritik, dll. saya tetap seorang pembelajar yang akan tetap belajar dari siapa saja.

GBU

__________________

Jimmy R.L. Kambey, M.Th

Tou9h T!me Te4cH Tru5T To THee [7-T]

desfortin's picture

@Jimmy: Mari bergabung dan klik2

Oya?

Saya pikir kalau anda sudah sungguh belajar teologi reformed, mestinya nda perlu tanya saya lagi, apalagi mengetahui tulisan-tulisan Profesor Louis berkhof.

Mari bergabung dan berikan komentar kalau sudah tidak sibuk lagi. Saya sendiri baru hari ini bisa OL lagi stelah semingguan lebih absen dari klewer ini. Well, tentang reformed injili di ss ini ada satu blog informasi sedikit tentangnya, silakan klik di sini, tapi kayaknya si empunya blog sudah tidak aktif lagi atau anda sudah berkunjung ke situs ini?

Terima kasih. God bless!!!

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]

__________________

[*LET'S B' HUMBLE, KEEP ON LEARNING
AND BE TEACHABLE ABOUT THE TRUTH*]