Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Kemana Tujuan Hidup mu????????

Heryosa Hudoyo's picture

Tiap kita selalu mempunyai tujuan dalam hidupnya.  Tapi bagaimana tujuan hidup bila ditinjau sudut pandang Firman Tuhan...

A. DEFINISI
Orientasi adalah arah, pandangan.
Orientasi Hidup adalah arah atau pandangan kemana dan apa tujuan kehidupan.

Menurut Kamus Bahasa Indonesia (versi online) menyatakan : (1) peninjauan untuk menentukan sikap (arah, tempat, dsb) yg tepat dan benar; (2) pandangan yg mendasari pikiran, perhatian atau kecenderungan


B. MACAM ORIENTASI HIDUP
MULTI ORIENTED HIDUP
, seluruh aktivitas kehidupan diarahkan kepada masing-masing aspek kehidupan dimana, satu dg yg lainnya berjalan sendiri. Ciri khususnya, keterlibatan Kristus pada dasarnya hanyalah menjadi salah satu aspek dalam kehidupan.

BEBERAPA ALASAN:
1. Kristus
Ciri-ciri
a. Percaya & menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan & juru Selamatnya.
b. Rajin beribadah, membaca FT, berdoa.
Alasan: Sadar bahwa Tuhan telah menciptakan segala sesuatu
2. Having Fun
Ciri-Ciri: Tidak mau susah & selalu mencari kenikmatan hidup
Alasan : Hidup ini hanya sementara, nikmati hidup selagi masih bisa
3. Kedudukan
Ciri-ciri : Selalu mengutamakan kedudukan & bahkan rela menomorsekiankan hubungan pribadi dengan Tuhan & bahkan meninggalkan Tuhan demi memperoleh kedudukan.
Alasan : Pengen dipandang hebat dari segi apapun.
4. Materi
Ciri-ciri : Selalu mengutamakan bagaimana mencari uang & rela menomorsekiankan hubungan pribadi dengan Tuhan & bahkan meninggalkan Tuhan demi memperoleh harta / uang. Hidup untuk mendapatkan uang.
Alasan : Hidup butuh uang, tanpa uang tidak ada yang bisa dilakukan.
5. Lawan Jenis
Ciri-ciri : Tiada hari tanpa mencari & mengejar-ngejar lawan jenis.
Alasan : Tuhan menciptakan manusia berpasangan, mumpung ada lawan jenis cakep yang PDKT dsb.
6. Ambisi
Ciri-ciri : selalu mempunyai ambisi bagaimana mendapatkan keuntungan untuk membanggakan diri sendiri.
Alasan : pengen selalu dihargai & dihormati orang lain.



SINGLE ORIENTED




Menjadikan Allah sebagai satu-satunya otoritas kehidupan kita.

MENGAPA HARUS ARAHNYA KE SALIB?.
1. “dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.. (Filipi 3:14-16).
2. Carilah & pikirkanlah perkara yang di atas (Kolose 3:1-4)
3. Melakukan dgn mata tertuju pada Yesus (Ibrani 12:2)
4. Marilah kita mengangkat hati & tangan kita kepada Allah di sorga (Ratapan 3:41)
5. Berkenan pada Allah & Jadi hamba Kristus (Galatia 1 : 10)
6. Mengikuti keinginan ROH dan bukan keinginan daging (Galatia 5:16)

LANTAS BAGAIMANA DG SEMUANYA?
1. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah & kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. (Matius 6:33)
2. Allah menyediakan segala sesuatu yang lebih baik bagi kita ( Ibrani 11 : 40 ).
3. Tuhan akan pulihkan keadaanmu ( Yeremia 29::14)
4. Tuhan akan membawamu masuk ke dalam negeri yang berlimpah (Ulangan 8:7-10)

RESIKO NYA :
1. Kita akan dilihat oleh dunia sebagai orang aneh?. Mengapa?. Setiap orang yang bertobat & mengalami pembaharuan budi, ia akan BERBEDA dengan pandangan dunia. Karena “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. ( Roma 12 : 2)
2. Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku, ( Matius 24:9)
3. Aku ditolak dengan hebat sampai jatuh, tetapi TUHAN menolong aku.( Mazmur 118:13)
4. kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia (Filipi 1:29)

WALAUPUN ADA RESIKONYA, TETAPI ......
1. Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya.( 1 Petrus 5:10)
2. Tetapi tidak sehelaipun dari rambut kepalamu akan hilang. (Lukas 21:18)
3. Sebab Aku akan mendatangkan kesembuhan bagimu, Aku akan mengobati luka-lukamu, demikianlah firman TUHAN, sebab mereka telah menyebutkan engkau: orang buangan, yakni sisa yang tiada seorangpun menanyakannya.(Yeremia 30:17)
4. kuatkan dan teguhkanlah hatimu.Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi." (Yosua 1:9)
5. dan dikuatkan dengan segala kekuatan oleh kuasa kemuliaan-Nya untuk menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar, (Kolose 1:11)
6. Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. ( 1 Yoh 4:4 )
7. Karena itu siapa yang menolak ini bukanlah menolak manusia, melainkan menolak Allah yang telah memberikan juga Roh-Nya yang kudus kepada kamu. ( 1 Tesalonika 4 : 8)
8. Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan (Yeremia 29:11)
9. Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.( Pengkhotbah 3:11)

Oleh karena itu:
Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus. (Kolose 2:8)

 

Tuhan YEsus memberkati.

Geadley Lian's picture

garam & terang

Menjadi garam & terang dunia adalah kerinduan setiap orang kristen.Seseorang yg terpilih utk memegang sesuatu jawatan yg terpenting jika dia seorang yg merendahkan diri di hadapan Tuhan yakni melakukan kehendaknya,nescaya seseorang itu akan sukses dalam pekerjaannya.

__________________

geadley

ferrywar's picture

garam dan terang dunia

Arti "menjadi garam dan terang dunia" adalah berpengaruh positif terhadap SESAMA, bukan berarti "merendahkan diri di hadapan tuhan".

"Merendahkan diri di hadapan tuhan" mungkin punya istilah lain, tapi bukan istilah "garam dan terang dunia".

kasjim's picture

tidak mengerti

memang tulisannya dia sendiri tidak mengerti, kalau ditanya dia langsung hilang...

__________________

semua sia-sia

Heryosa Hudoyo's picture

re_garam & terang

Syalom bro Lian..... salam kenal....

setuju banget, kita harus selalu mempunyai kerinduan untuk menjadi garam dan terang. Kolose  3:23 Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

sukses terus dalam Tuhan bro.. JBU

Heryosa Hudoyo's picture

re_garam& terang dunia

Syalom,

Arti "menjadi garam dan terang dunia" adalah berpengaruh positif terhadap SESAMA, bukan berarti "merendahkan diri di hadapan Tuhan".

klu menurut saya sih, untuk menjadi garam & terang, harus mempunyai kerendahan hati, baik di hadapn Tuhan & manusia.  Karena ketika Firman Tuhan di"PRAKTEK"kan butuh kerendahan hati untuk menerima sebuah perintah itu adalah kebenaran yg harus dilakukan.

Yang paling utama adalah bagaimana menerima perintah Tuhan dalam kitab sebuah kebenaran untuk dipraktekkan. Terkadang kita mengalami perang logika... dg mengatakan "tak mungkin tak masuk akal/logika"....  tp ini butuh kerendahan hati.

Sebagai contoh: perintah TUhan ttg orang yg memusuhi kita, dmn kita harus tetap mengasihinya, dan memberkatinya. Nah ini butuh kerendahan hati untuk menjalankan perintah Tuhan ini.

 

Tuhan Yesus memberkati.......... & Roh Kudus yg memberi pengertian.

 

Geadley Lian's picture

memegang jawatan

Memegang sesuatu jawatan itu bukan mudah karna dipercayakan.Orang bisa saja mengkritik dari belakang tanpa seseorang itu tau.Makanya harus hati2 dalam memegang sesuatu jawatan,bukan menggunakan kuasa dengan sesuka hati saja.Bagi saya,"menjadi garam & terang dunia" dengan "merendahkan diri dihadapan Tuhan" ada hubungannya,karna perlu mempraktekkan firman Tuhan sepanjang memegang sesuatu jawatan.

Seseorang itu diperhatikan kelakuannya tanpa dia sendiri menyadarinya.Saya percaya memang ada.Kita tidak bisa mau lebih tinggi dari Tuhan karna sudah jelas bahwa Tuhanlah yg tertinggi dari manusia didunia ini,meskipun seseorang itu pemimpin yg terhormat.Adalah menjadi suatu kewajiban bagi seseorang yg dipercayakan memegang suatu jawatan itu "merendahkan diri dihadapan Tuhan" karna Tuhan mengenal isi hati manusia & mana mungkin Tuhan bisa salah memilih seseorang yg bisa dipercayakan.

__________________

geadley