Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Yesus Kristus, Adam Kedua

Gedalia Lynch's picture

"Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus." -- Roma 15:5:

----

Adam pertama telah berdosa dan menurunkan dosa ini kepada semua ras manusia. Tetapi kegagalan Adam ini justru menjadi pembenaran bahwa semua keturunan Adam telah berdosa dan jauh dari Allah -- semua orang yang lahir dari keturunan Adam, pasti akan berdosa, bahkan sejak dalam kandungan. Oleh karena itu, Allah sendiri yang datang kepada manusia dengan cara dikandung dan dilahirkan oleh seorang perewan Maria dengan kuasa Roh Kudus. Tujuan cara Allah ini adalah agar manusia memahami Allah dengan cara-cara sederhana dalam misinya untuk menyelamatkan manusia dari kuasa dosa dan pelanggarannya. Kelahiran Yesus adalah bukan oleh keinginan seorang laki-laki. Ia lahir dari perawan melalui rahim Maria tanpa Ayah manusia.  

Tidak mungkin bagi manusia untuk mengidentifikasi Allah, jadi, Allah sendirilah yang memperkenalkan dirinya. Kata Alkitab, "ada banyak allah-alah dan tuhan-tuhan", seperti banyaknya nabi-nabi yang pernah ada, baik yang sejati atau palsu. Dalam kondisi ini, agar manusia mengenal Allah, maka Allah sendiri yang memperkenalkan diri-Nya sendiri kepada manusia, yaitu dengan cara menjadi manusia yang "sempurna" di dalam diri Yesus Kristus.

Apakah Allah tidak sanggup dengan cara yang labih luar biasa lagi untuk menyelamatka manusia? Kalau Ia Allah, maka tidak ada yang mustahil bagi-Nya. Tetapi cara menjadi manusialah yang dipilih-Nya. Karena Ia berurusan dengan manusia. Nah, cara yang sederhana, Allah menjadi manusia inilah yang di tolak oleh orang Yahudi dan diikuti oleh agama-agama lainya. Dalam sumber lain, selain kitab-kitab Yahudi (Nubutan dalam Perjanjian Lama ), Al-Quran juga tidak ada keraguan dalam mengistimewakan tidakkan istimewa Allah ini; Isa al-Maseh (Arab: Maseh = Mesias = Juruselamat), adalah utusan isimewa. Hanya saja kekerasan dan kecemburuan hati pengikutnya saja yang menutup berkat dan karya Allah itu sehingga semakin cemburu, semakin tertutup jugalah mata hati mereka dalam merespon anugerah Allah yang besar melaui Yesus Kristus itu. Bagi kalangan Islam, "dilarang keras" meremehkan nabi Isa yang istimewa ini.

Tindakkan Allah yang sederhana ini yang seharusnya lebih dimengerti oleh manusia, namun, sebaliknya tidak semua memahami, kecuali mereka yang mendapat "rahmat" atau "dipilih" karena percaya saja. Allah yang menjadi "Penebus" inilah nubutan pertama yang diberikan kepada Adam ketika ia telah berdosa.

Bagi seorang Kristen bahkan seorang yang tidak percaya sekalipun akan mengerti pesan kitab suci, bahwa "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia sendiri harus turun ke dalamnya." Analaoginya: Anda tidak akan berhasil menolong seseorang yang sudah tenggelam ke dasar laut yang mematikan jika hanya berteriak. "berenanglah!" atau "ini pelampung, pakailah dan menepilah" atau "berdoalah agar selamat". Untuk menolong orang yang sekarat itu, anda perlu turun dan mengangkatnya, sehingga ia akan segera tersadar dan hidup lagi. Allah di dalam identifikasi Yesus Kristus telah melakukan "seperti" dalam analogi ini untuk menolong dan mengangkat manusia dari kebinasaannya.

Adakah Allah yang kamu kenal lagi, selain Allah yang mentakan dirinya di dalam Yesus Kristus, Allah dan Tuhan Kita. Tuhan inilah yang melakukan perbuatan nyata bagi umat-Nya manusia. Jika Adam pertama telah gagal dan berdosa dan menyebabkan semua keturunannya berdosa -- dosa keturunan atau warisan --, maka kehadiran Allah, Allah menjadi manusia di dalam Yesus Kristus disebut Adam kedua.

Yesus adalah Adam kedua atau Adam terakhir. Ia diindentifikasikan sebagai Adam kedua karena dikontraskan dengan Adam pertama, manusia pertama. Adam pertama adalah manusia ciptaan Allah yang telah berdosa dan gagal mengemban mandat Allah, tetapi Yesus Kristus adalah Adam kedua yang melalui-Nya berkat-berkat Allah dan anugerah Keselamatan diberikan kepada Manusia keturunan Adam pertama.

Roma 15:5:
"Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus."

Roma 15:22:
"Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus."

I Korintus 15:45
"Seperti ada tertulis: "Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup", tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan."

Lynch

jesusfreaks's picture

ALLAH MENCIPTAKAN ADAM UNTUK PERTOBATAN LUCIFER

Dear Sister lynch, cuma mau tanya : kira-kira kenapa ya ALLAH menciptakan ADAM ? ATAU kenapa ya ALLAH menciptakan manusia ? apakah ALLAH cuma mau bersenang-senang ? atau itu bagian dari hobby ALLAH ? atau ALLAH kurang kerjaan? di blog gw dengan judul ALLAH menciptakan langit & bumi untuk Lucifer. kayaknya ALLAH juga menciptakan manusia untuk pertobatan LUCIFER. coba dibaca deh... Jesus Freaks, "Live X4J, die as a martyr"
__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Gedalia Lynch's picture

Allah Kurang Kerjaan

TUJUAN PENCIPTAAN

Karena segala sesuatu diciptakan oleh Tuhan, maka siapakah yang memiliki semua dan segala sesuatu? Tentu ini berarti bahwa segala sesuatunya adalah milik Tuhan karena Dia adalah Pencipta segalanya.

Mengapa Tuhan menciptakan segala sesuatu ini? Ia menciptakannya untuk kemuliaan-Nya. Alkitab mengatakan:

"... yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku ...." (Yesaya 43:7)
"... segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia." (Kolose 1:16)

Melalui ciptaan-Nya, Tuhan juga telah menyatakan kuasa, kemuliaan dan hikmat-Nya. Alkitab mengatakan:

"...langit menceritakan kemuliaan Tuhan dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya." (Mazmur 19:1)

Karena Tuhan adalah Pencipta segala sesuatu, maka Dia sajalah yang patut atau layak dipuji dan disembah. Apakah arti penyembahan itu? Penyembahan adalah ungkapan kasih, penghormatan dan ketaatan yang patut diberikan kepada Tuhan. Kita tidak boleh menyembah manusia, malaikat, makhluk ataupun benda-benda lain. Alkitab mengatakan:

"Engkau harus menyembah Tuhan, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!" (Matius 4:10)

"Ya Tuhan, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa, sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan." (Wahyu 4:11)

-----------------

PERTANYAAN ANDA

"Kira-kira kenapa ya ALLAH menciptakan ADAM?
ATAU kenapa ya ALLAH menciptakan manusia?

---------

Analogi pertanyaan anda adalah: "Mengapa Anda Menulis Blog?"
Anda punya segudang jawaban, bukan? Tetapi seringkali jawaban yang mulia dan baik serta bertanggungjawablah yang akan anda kemukakan. Bukan begitu?

--------------

Saya, mengarahkan anda untuk mulai memikirkan pertanyaan Anda dengan kutipan di bawah ini:

"Karena Allah mahabijak dan mahakuasa, Ia tidak bergantung dan mecukupi dirinya sendiri, Ia tidak perlu menciptakan apa-apa, termasuk umat manusia. Mengapa, kemudian Ia menciptakan mereka? Kita seharusnya berhati-hati ketika mengevaluasi motivasi Allah, meskipun para teolog mugkin saja benar ketika mereka menjawab bahwa motivasi penciptaan itu hanya untuk menyenangkan Allah. Sebuah penciptaan, khususnya penciptaan ras manusia, yang memancarkan gambar-Nya, akan memberi Allah kemuliaan dan sukacita yang lebih besar daripada yang dimiliki-Nya. Demikian tujuannya." (Sumber: Dr. Rick Cornish, 5 Menit Teologi).

Tantangan kemudian muncul apakah kita memenuhi tujuan keberadaan kita? Memilih untuk memuliakan Allah atau memuliakan diri kita sendiri?

----------

Mungkin anda bisa menambahkannya dengan komentar Anda sendiri:

ALLAH cuma mau bersenang-senang?
hobby ALLAH?
ALLAH kurang kerjaan?

Lynch
jesusfreaks's picture

Dear Mod yang nyuruh gw baca

Dear Mod yang nyuruh gw baca blog ini lagi, yang katanya gedalia punya jawaban, ternyata dia cuma ngutip. itupun tidak memberi jawaban. wah mod lo benar-benar butuh PESTA nih kayaknya, kalau mengarahkan orang yang benar dong. lo bilang ada jawabannya... mana??? Dear MOD & GEdalia, Gedalia mengutip : "Karena Allah mahabijak dan mahakuasa, Ia tidak bergantung dan mecukupi dirinya sendiri, Ia tidak perlu menciptakan apa-apa, termasuk umat manusia. Mengapa, kemudian Ia menciptakan mereka? Kita seharusnya berhati-hati ketika mengevaluasi motivasi Allah, meskipun para teolog mugkin saja benar ketika mereka menjawab bahwa motivasi penciptaan itu hanya untuk menyenangkan Allah. Sebuah penciptaan, khususnya penciptaan ras manusia, yang memancarkan gambar-Nya, akan memberi Allah kemuliaan dan sukacita yang lebih besar daripada yang dimiliki-Nya. Demikian tujuannya." (Sumber: Dr. Rick Cornish, 5 Menit Teologi). Berikut kesimpulan KEJADIAN - WAHYU : 22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. 22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. 22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. 22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi." KALAU KITA MAU MEMAHAMI ALLAH, KITA HARUS MEMAHAMI KASIH. KASIH MELEBIHI KEMULIAAN & SUKACITA YANG DIINGINKAN ALLAH. KASIH ADALAH ALLAH, ALLAH ADALAH KASIH. Mengapa sulit sekali menerima DASAR KASIH INI. bukankah segala sesuatu yang terjadi didunia ini memiliki hubungan dengan kasih. MANUSIA MENOLONG MANUSIA KARENA KASIH. BAPA MEMBERIKAN PENDIDIKAN YANG BAIK PADA ANAKNYA KARENA KASIH. AKU MENIKAHI ISTRIKU KARENA KASIH. ISTRIKU MELAHIRKAN ANAKKU KARENA KASIH. AKU MEMBERI MAKAN ISTRI & ANAKKKU KARENA KASIH. BAPA MEMBUNUH ANAKNYA KARENA TIDAK PUNYA KASIH. BAPA MEMPERKOSA ANAKNYA KARENA TIDAK PUNYA KASIH. IBU MEMBUNUH ANAKNYA KARENA TIDAK PUNYA KASIH. IBU MEMBUANG ANAKNYA KARENA TIDAK PUNYA KASIH. SUAMI SELINGKUH KARENA KASIH YANG PALSU. ISTRI SELINGKUH KARENA KASIH YANG PALSU. MENGAPA SULIT SEKALI MEMAHAHI SEBAB-AKIBAT KASIH. MENGAPA SULIT SEKALI MEMAHAMI ALLAH MENCIPTAKAN LANGIT DAN BUMI KARENA KASIH. KASIH KEPADA SIAPA ? MENGAPA SULIT SEKALI MEMAHAMI ALLAH MENCIPTAKAN EDEN & ADAM KARENA KASIH. KASIH KEPADA SIAPA ? SEKALI LAGI : ALLAH MENCIPTAKAN LANGIT, BUMI, EDEN & MANUSIA KARENA KASIH ALLAH KEPADA LUCIFER. LUCIFER WAS A GREAT WORSHIPPER. LUCIFER DULU ADALAH KESAYANGAN ALLAH. LUCIFER DULU SERING KELUAR MASUK KERUANG MAHA KUDUS ALLAH. Yohanes 4:22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi. 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. SEKALI LAGI : ALLAH MENURUNKAN YESUS KE BUMI KARENA KASIH ALLAH KEPADA MANUSIA. MANUSIA YANG MANA ? YANG MENYEMBAH DALAM ROH DAN KEBENARAN. Yohanes 4:22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi. 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. SEKALI LAGI : ALLAH MENCURAHKAN ROH KUDUS KE BUMI KARENA KASIH ALLAH KEPADA MANUSIA. MANUSIA YANG MANA ? YANG MENYEMBAH DALAM ROH DAN KEBENARAN Yohanes 4:22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi. 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. BERIKUT PERTANYAAN GW BUAT MOD & GEDALIA (PERTANYAAN INIPUN GW BUAT KARENA KASIH) : 1. APAKAH LO MENYEMBAH ALLAH YANG LO KENAL ? 2. ATAU LO MENYEMBAH ALLAH YANG TIDAK LO KENAL ? 3. APAKAH LO MENGENAL ALLAH ? 4. APAKAH LO SUDAH MENYEMBAH DALAM ROH DAN KEBENARAN ? SEBAB BAPA MENGHENDAKI PENYEMBAH-PENYEMBAH YANG DEMIKIAN. (LUCIFER PERNAH MENJADI SALAH SATU PENYEMBAH YANG DEMIKIAN) SALAM KASIH ALLAH BAPA, JAYAPURA 4 FEBRUARI 2008 Jesus Freaks, "Live X4J, die as a martyr"
__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Mox's picture

Kepada yth. Jesusfreaks di

Kepada yth. Jesusfreaks di tempat,

Jesusfreaks tidak menemukan jawabannya? Itu karena Jesusfreaks kurang teliti Jesusfreaks kurang teliti dalam membaca jawabannya Gedalia Lynch. Gedalia Lynch sudah menuliskan :

Mengapa Tuhan menciptakan segala sesuatu ini? Ia menciptakannya untuk kemuliaan-Nya. Alkitab mengatakan:

"... yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku ...." (Yesaya 43:7)
"... segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia." (Kolose 1:16)


Melalui ciptaan-Nya, Tuhan juga telah menyatakan kuasa, kemuliaan dan hikmat-Nya. Alkitab mengatakan:

"...langit menceritakan kemuliaan Tuhan dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya." (Mazmur 19:1)


Inilah tujuan manusia diciptakan.
Kalau Jesusfreaks yakin bahwa Tuhan menciptakan manusia karena kasih, maka Tuhan menciptakan manusia karena kasih kepada diri-Nya sendiri, dan hal itu adalah untuk kemuliaan Tuhan.

Jika Jesusfreaks yakin kalau Tuhan menciptakan langit, bumi, eden & manusia karena kasih Tuhan kepada Lucifer, lalu apa tujuan Tuhan menciptakan Lucifer? Dan Lucifer itu apa / siapa?

Tolong berikan referensi ayat Alkitab yang menyebutkan kalau Lucifer dulunya adalah malaikat yang memberontak kemudian disebut iblis. Karena rasanya Jesusfreaks sangat yakin 100% kalau Lucifer itu adalah iblis, dan iblis itu dulunya adalah malaikat.

 

1. APAKAH LO MENYEMBAH ALLAH YANG LO KENAL ?
2. ATAU LO MENYEMBAH ALLAH YANG TIDAK LO KENAL ?
3. APAKAH LO MENGENAL ALLAH ?
4. APAKAH LO SUDAH MENYEMBAH DALAM ROH DAN KEBENARAN ?



Jesusfreaks perlu lebih dulu menjelaskan dengan pemahaman Jesusfreaks dengan kata KENAL. Pemahaman Nosid dengan kata KENAL : Pengalaman Pribadi, ada relasi interaksi. Kalau Pemahaman Jesusfreaks sama seperti ini, maka semua orang mengenal Allah. Karena semua manusia memiliki pengalaman pribadi, dan ada relasi interaksi, baik secara sadar maupun tidak sadar.

Selain saya SKSDST, saya juga TKSDSMPSMU.

 

Humans are like ****in the sky