Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Tidak baik mengawinkan "kebenaran Firman" dengan "hal yang duniawi"

mujizat's picture

Enam bulan lewat dari semenjak bertobat, selama itu juga Ibu Penatua - oleh kebaikan Tuhan Yesus - peka mendengar suara Roh Kudus. Pada waktu itu beliau masih bekerja sambilan di sebuah sanggar senam di Bandung dan cukup sukses, animo masyarakat cukup baik dilihat dari banyaknya peserta senam. Sampai suatu hari Roh Kudus berbicara kepada beliau untuk meninggalkan pekerjaannya itu dan sepenuhnya melayani Tuhan. Beliau masih "menawar",...

"Ah, mungkin karena lagu-lagu yang dipakai mengiringi senam adalah lagu-lagu duniawi, sehingga Tuhan tidak berkenan" pikir beliau saat itu.

Lalu beliau menggunakan lagu-lagu rohani Kristen sedikit demi sedikit sebagai pengiring gerakan-gerakan senam. Mencoba pakai hikmat sendiri, dan agar tidak menyolok, menggunakan lagu-lagu berbahasa Inggris, dan ada yang baitnya berisi kata-kata "haleluya".

Setelah dicoba, nampaknya berhasil juga, dan beberapa peserta yang notabene non-Kristen mulai menyukai lagu-lagu bernuansa Kristen itu, dan pernah ada yang tanya: "Bu, kenapa ngak pakai lagu yang kemarin saja, yang ada haleluya nya?" tanya seorang ibu,...

Tetapi Roh Kudus berkata: "No,.. no,... kamu harus tinggalkan sanggar senam itu, dan layani Tuhan dengan sepenuh waktu..."

Ibu penatua mentaati suara Tuhan itu, dan beliau serahkan pekerjaan sebagai guru senam itu untuk dikembalikan kepada pemilik sanggar.

Dan memang berbeda, kata beliau, karena sejak itu penyembahan menjadi lebih enak dan suara Tuhan jadi lebih "clear" (sampai hari ini - Muji).

Saya mungkin pernah menulis disini, bahwa ketika beliau belum bertobat, dan saat itu menjadi guru senam, justru beliau mengalami gangguan jantung dalam usia yang relatif masih muda.

"Latihan badani terbatas gunanya, tetapi (latihan) ibadah itu berguna dalam segala hal " (1 Tim 4:8)

Namun ketika beliau membereskan kehidupan ibadahnya, maka manfaatnya juga ternyata sampai dalam hal kesehatan badan juga.

Kabar terakhir, waktu beliau beranjangsana dengan beberapa sahabat yang "duniawi" yang sedang melakukan pemeriksaan kesehatan, beliau didesak untuk check kesehatan, sehingga beliau "menyerah" dan dicheck kesehatan beliau dengan peralatan yang dapat dipercaya.

"Wah, hebat sekali kamu, dalam usia 55 tahun semua organ tubuhmu bagus " decak sahabat-sahabat beliau yang rata-rata seusia beliau, karena baik jantung, paru, ginjal maupun organ lainnya memang terdeteksi normal. Tentu saja Tuhan yang hebat, karena Tuhan sendiri yang menjamin kesehatan seseorang yang mengasihi Dia, kecuali jika diijinkan sakit untuk tujuan2 tertentu yang memang jelas, dan bukan penyakit yang didatangkan Tuhan sebagai teguran karena pelanggaran Firman.

Akhirnya, senam dan olah raga lainnya "mungkin" perlu, namun kita tidak dapat mengandalkan itu untuk memperoleh tubuh yang sehat. Latihan jasmani terbatas gunanya, kata Paulus, dan memang terbukti benar. Adjie Mas Said adalah sebuah contoh dari sekian banyak kasus orang yang kondisi kesehatannya tidak terjamin oleh latihan badani. Tetapi latihan ibadah sampai menemukan pola ibadah yang benar dan tetap melakukannya dengan tekun dan melalui itu hubungan seseorang dengan Tuhan menjadi hubungan yang SEHAT, maka dari keadaan inilah diperoleh tubuh yang sehat dan tentu saja tubuh rohani yang sehat.

Puji Tuhan.

__________________

 Tani Desa

king heart's picture

Teologi Tempat Sampah

Saya mungkin pernah menulis disini, bahwa ketika beliau belum bertobat, dan saat itu menjadi guru senam, justru beliau mengalami gangguan jantung dalam usia yang relatif masih muda.

"Latihan badani terbatas gunanya, tetapi (latihan) ibadah itu berguna dalam segala hal " (1 Tim 4:8)

Namun ketika beliau membereskan kehidupan ibadahnya, maka manfaatnya juga ternyata sampai dalam hal kesehatan badan juga.

 

Wow, hebat, RS Adventist penang bakal kekurangan pasien Kristen he he he he

 

Tentu saja Tuhan yang hebat, karena Tuhan sendiri yang menjamin kesehatan seseorang yang mengasihi Dia, kecuali jika diijinkan sakit untuk tujuan2 tertentu yang memang jelas, dan bukan penyakit yang didatangkan Tuhan sebagai teguran karena pelanggaran Firman.

 

Tentu selalu ada pintu / jalan keluar alias pintu penyelamatan, khas Muji. Bang Mudji semakin cerdas he he he he

 

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

mujizat's picture

@Juragan "KERBAU",.. yuk main catur

KH:

Tentu selalu ada pintu / jalan keluar alias pintu penyelamatan, khas Muji.

Muji:

Dua tahun digembleng  di pasar klewer,.. belajar main catur, mikir dua langkah setelah ini, belon bisa lima langkah seh,... wakakaaa

__________________

 Tani Desa

Geadley Lian's picture

hanya segelintir

Bukan semua orang kristen bisa merasa pengalaman yg sama.Seorang hamba Tuhan juga harus bersenam demi utk meneruskan perjuangan pelayanannya seperti Billy Graham ketika beliau masih muda.

__________________

geadley

mujizat's picture

bisa bergelintir-gelintir

Kalau ada seseorang yang punya pengalaman SEHAT tanpa senam TAPI dengan latihan ibadah, LALU ada orang-orang lain yang MENGIKUTI langkah yang sama dan TERNYATA juga alami hal serupa, maka ini sesungguhnya merupakan PELUANG bahwa "SEMUA" orang Kristen sebenarnya DAPAT mengalami hal serupa.

Tokoh-tokoh "besar" dalam hal tertentu perlu kita tiru "keberhasilannya" dan tidak kita ikuti "kelemahannya", supaya kita tidak belajar "memuja" manusia melainkan memuja Tuhan.

Kalau Billy Graham memiliki hal-hal yang "menonjol" maka sisi inilah yang kita perlu belajar, tetapi tidak serta merta seluruh pola hidupnya otomatis baik untuk kita teladani

Shalom.

__________________

 Tani Desa

Geadley Lian's picture

Bukankah

Bukankah terlibat dalam pelayanan secara aktif perlukan kesehatan yg baik dengan senam.

__________________

geadley

mujizat's picture

Senam tidak dilarang, tetapi tubuh sehat kalau jiwa sehat

Shalom.

Alkitab tidak melarang senam, tentu saja, selama dilakukan dalam batas-batas yang wajar, misalnya bukan "senam erotic" dan lain sebagainya.

Namun, sekali lagi, senam (latihan badani) terbatas gunanya, tetapi jiwa yang sehat, yaitu jiwa yang cukup makan Firman dan hidup dalam pujian penyembahan yang benar, yakni hubungan yang sehat dengan Tuhan lah yang pada akhirnya mendatangkan kesehatan jasmani juga, bukan hanya jantung, tetapi juga pembuluh darah, kolesterol, ginjal dan apapun nama organ tubuh manusia yang dapat disebut.

Kalau relasi kita dengan Tuhan itu sehat, dan Tuhan berkenan pada kehidupan kita, sehingga Dia menghendaki kita sehat, apa sih susahnya Tuhan membuat kita sehat? Terlalu sulitkah bagi Tuhan untuk menormalkan tekanan darah, ukuran kolesterol, kerja ginjal, paru, hati ???

Salam.

__________________

 Tani Desa

Geadley Lian's picture

Pak

Memang Tuhan bisa lakukan sesuatu tapi atas usaha seseorang gitu.........

__________________

geadley