Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

"INJIL" yang Sejati adalah...

_A.Y.R_'s picture

Shalom untuk para Blogger dan pembaca SabdaSpace.

 

Ini adalah tulisan pertama saya di SabdaSpace.

Pada tulisan pertama saya ini, saya tertarik menulis tentang "INJIL". 

Mengapa saya tertarik menulis tentang "INJIL"?

 

Hal ini dilatarbelakangi oleh karena PERTANYAAN dan PERNYATAAN dari seseorang yang mengatakan bahwa:

"INJIL" yang orang Kristen baca dan yakini saat ini adalah "INJIL" Palsu, Bukan "INJIL" yang diberitakan oleh Yesus.

 

Saya pribadi sebenarnya tidak terlalu pusing dengan PERNYATAAN orang tersebut. Karena, menurut saya orang tersebut hanya menganggap ALKITAB itu sebagai Buku DONGENG/CERITA KARANGAN MANUSIA saja. 

Jadi, orang tersebut mau "ngemeng" apa saja juga tidak akan mempengaruhi keyakinan saya terhadap "INJIL" dan Kebenaran yang ada didalam ALKITAB.

Namun, sebagai orang yang percaya dan meyakini bahwa ALKITAB sebagai STANDARD KEBENARAN, haruslah kita mengetahui tentang apa itu "INJIL" yang sebenarnya. Dan, kita harus dapat menjawab dengan BENAR bila ada orang lain yang bertanya tentang kita mengenai "INJIL"

Karena, bagaimana kita dapat memberitakan "INJIL", bila kita tidak mengerti apa arti "INJIL" yang sebenarnya? :)

 

Saya bertanya kepada beberapa teman dalam suatu diskusi (sharing).

Apakah "INJIL" itu menurutmu?

Ada yang menjawab "INJIL" itu adalah "Kabar Baik"

(Saya setuju INJIL adalah "Kabar Baik" bagi mereka yang percaya, namun menurut saya INJIL itu merupakan "Kabar Buruk" bagi mereka yang tidak percaya.) 

Ada yang menjawab "INJIL" itu adalah "Pedoman Hidup", dan lain-lain.

 

Hmm, memang setiap orang masing-masing punya persepsi sendiri tentang INJIL. 

 

Namun, mungkinkah masih ada orang Kristen yang berpikir bahwa "INJIL" itu adalah Injil Matius, Markus, Lukas dan Yohanes??

 

Saya mengajak kita untuk memahami apa arti "INJIL" yang sebenarnya dengan menelusuri ALKITAB. 

Tentunya kita sudah mengetahui bahwa ada 4 Kitab INJIL Kanonik didalam ALKITAB yang kita yakini sebagai STANDARD KEBENARAN. Yaitu diantaranya adalah: Injil Matius, Injil Markus, Injil Lukas, dan Injil Yohanes.

 

Tapi, apakah yang dimaksud dengan "INJIL" itu adalah 4 Kitab INJIL Kanonik tersebut? 

 

Apabila kita ketikkan "Injil" dalam box pencarian Software ALKITAB Elektronik, maka akan kita dapatkan hasilnya bahwa terdapat 124 ayat yang mengandung kata "Injil" di dalam ALKITAB TB LAI.

Alkitab Elektronik 2.0.0  - Alkitab Terjemahan Baru © 1974 Lembaga Alkitab Indonesia

 -- Pencarian di seluruh Alkitab 

 -- Sintaks Pencarian: Injil

 -- Ditemukan : 124 ayat 

 -- Waktu Pencarian : 00:00:01

 

Berikut ini saya kutip beberapa ayat yang mengandung kata "Injil" di dalam ALKITAB Terjemahan Baru terbitan Lembaga Alkitab Indonesia.

Matius  11:1 [TB-LAI]

11:1 Setelah Yesus selesai berpesan kepada kedua belas murid-Nya, pergilah Ia dari sana untuk mengajar dan memberitakan Injil di dalam kota-kota mereka.

Matius 9:35 [TB-LAI]

9:35 Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. 

Markus 8:35 [TB-LAI]

8:35 Karena siapa yang mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku dan karena Injil, ia akan menyelamatkannya. 

Lukas 20:1 [TB-LAI]

20:1 Pada suatu hari ketika Yesus mengajar orang banyak di Bait Allah dan memberitakan Injil, datanglah imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat serta tua-tua ke situ,

 

Dari beberapa ayat kutipan tersebut, maka ada seseorang (yang tidak paham tentang "INJIL") menyimpulkan bahwa "INJIL" yang Yesus ajarkan dan beritakan kepada orang Yahudi (Israel) dulu, BERBEDA dengan "INJIL" yang kita yakini sekarang.

 

Lalu orang tersebut bertanya:

*) Injil manakah yang dimaksud dari ayat-ayat tersebut? 

*) Injil yang mana yang diberitakan YESUS? 

*) Dan Injil mana yg sekarang dibaca oleh umat kristiani saat ini?

*) Berarti ada 2 Kitab Injil dong?? 

   Pertama, INJIL yg diberitakan Yesus sendiri, dan 

   Kedua, INJIL yg dibuat sepeninggal Yesus?

 

 

Mungkin, apa yang dipahami oleh orang tersebut:

"INJIL" itu mutlak haruslah sebuah KITAB!

 

Padahal "INJIL" itu BUKAN berarti "KITAB 4 INJIL Kanonik".

Jadi, apakah "INJIL" yang sebenarnya?

 

Menurut ALKITAB:

INJIL = Kekuatan Allah = Pemberitaan Tentang Salib = Kristus.

 

Inilah apa yang saya ketahui dan yang saya yakini tentang INJIL setelah saya menelusurinya (menurut ALKITAB):

1) INJIL adalah KEKUATAN ALLAH.

Roma 1:16 [TB-LAI]

1:16 Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam INJIL, karena INJIL adalah KEKUATAN ALLAH yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani. (TB-LAI)

 

2) Pemberitaan Tentang Salib adalah KEKUATAN ALLAH.

1 Korintus 1:18 [TB-LAI]

1:18 Sebab PEMBERITAAN TENTANG SALIB memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah KEKUATAN ALLAH.

 

3) KRISTUS adalah KEKUATAN ALLAH dan Hikmat Allah.

1 Koristus 1:21-24  [TB-LAI]

1:21 Oleh karena dunia, dalam hikmat Allah, tidak mengenal Allah oleh hikmatnya, maka Allah berkenan menyelamatkan mereka yang percaya oleh kebodohan pemberitaan Injil.

1:22 Orang-orang Yahudi menghendaki tanda dan orang-orang Yunani mencari hikmat,

1:23 tetapi kami memberitakan Kristus yang disalibkan: untuk orang-orang Yahudi suatu batu sandungan dan untuk orang-orang bukan Yahudi suatu kebodohan,

1:24 tetapi untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, KRISTUS adalah KEKUATAN ALLAH dan hikmat Allah. 

 

  • INJIL                         = KEKUATAN ALLAH
  • Pemberitaan Tentang Salib = KEKUATAN ALLAH 
  • KRISTUS                 = KEKUATAN ALLAH.

KESIMPULANNYA:

INJIL = Pemberitaan Tentang Salib = Kristus = KEKUATAN ALLAH.

 

Yesus Kristus memang BUKAN memberitakan INJIL yang ditulis oleh MATIUS, MARKUS, LUKAS, dan YOHANES seperti yang mungkin dimaksudkan/dipahami oleh orang tersebut. Karena, memang Kitab Injil Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes baru ditulis setelah Yesus Kristus disalibkan, mati, dibangkitkan, dan terangkat ke Sorga kok. :)

 

Lalu, Yesus Kristus memberitakan "INJIL" yang mana?

1) Yesus Kristus memberitakan "INJIL" yang adalah tentang Diri-Nya sendiri yang harus dinaikkan (di-SALIB-kan). [Pemberitaan Tentang Salib]

Yohanes 3:14-15 [TB - LAI]

3:14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan,

3:15 supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.

Yohanes 3:14-15 [BIS-LAI]

3:14 Sama seperti Musa menaikkan ular tembaga pada sebatang kayu di padang gurun, begitu juga Anak Manusia harus dinaikkan,

3:15 supaya semua orang yang percaya kepada-Nya mendapat hidup sejati dan kekal.

 

2) Yesus Kristus memberitakan "INJIL" yang adalah KEKUATAN ALLAH [Diri-NYA sendiri (KRISTUS)] yang menyelamatkan setiap orang yang percaya!

Yohanes 3:16-18 [TB-LAI]

3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

3:17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.

3:18 Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

 

YESUS KRISTUS itu adalah "INJIL" itu sendiri.

1 Korintus 15:1-2 [TB-LAI]

15:1 Dan sekarang, saudara-saudara, aku mau mengingatkan kamu kepada INJIL yang aku beritakan kepadamu dan yang kamu terima, dan yang di dalamnya kamu teguh berdiri.

15:2 Oleh INJIL itu kamu diselamatkan, asal kamu teguh berpegang padanya, seperti yang telah kuberitakan kepadamu -- kecuali kalau kamu telah sia-sia saja menjadi percaya.

Kita diselamatkan oleh  karena kita percaya akan "INJIL" yang adalah "Yesus Kristus" sendiri, BUKAN diselamatkan oleh karena kita punya ALKITAB yg didalamnya terdapat kitab INJIL Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes.  

[Sebab, banyak lho orang yg tidak percaya bahwa Yesus Kristus [Anak Tunggal Allah] sebagai Tuhan dan menerima-Nya sebagai Juruselamatnya juga memiliki ALKITAB.]  

 

Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes disebut "Kitab INJIL" karena kitab Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes menceritakan tentang Riwayat YESUS KRISTUS (KEKUATAN ALLAH) selama IA didunia ini.

Surat-Surat dari Rasul Paulus pun dapat dikatakan sebagai "INJIL", karena Rasul Paulus banyak sekali menceritakan tentang Kristus dalam surat-suratnya.

Bahkan, sebenarnya seluruh kisah-kisah yang terdapat didalam PERJANJIAN LAMA juga dapat dikatakan sebagai "INJIL" karena menggambarkan akan YESUS KRISTUS (Pemberitaan Salib). 

 

Bila mungkin teman-teman mendapatkan pertanyaan seperti ini, mungkin jawaban dari saya dapat sedikit membantu.

Q = Injil yang mana yang diberitakan YESUS? 

A = Injil tentang Diri-Nya sendiri yang merupakan Karya Keselematan dari BAPA melalui Anak-Nya yang Tunggal (Kristus) yang harus disalibkan untuk menyelamatkan manusia. (Yoh 3:16)

= Dan Injil mana yg sekarang dibaca oleh umat kristiani saat ini?

A = INJIL yang dibaca (diyakini) sekarang oleh umat Kristiani adalah INJIL yg sama dengan INJIL yang  diberitakan YESUS.  Alasannya seperti apa yg saya jelaskan diatas.

Q = Berarti ada 2 Kitab Injil dong?? 

  • Pertama, INJIL yg diberitakan Yesus sendiri, dan 
  • Kedua, INJIL yg dibuat sepeninggal Yesus?

A = Salah! Ada banyak Kitab INJIL, namun hanya 4 Kitab INJIL yang di"KANON"kan.

Yesus memberitakan "INJIL", bukan KITAB "INJIL"!

"INJIL" BUKAN dibuat sepeninggalan Yesus, karena INJIL itu adalah YESUS KRISTUS sendiri!

Jadi, yang benar adalah Riwayat Yesus Kristus yang dicatat (dibukukan) menjadi KITAB INJIL.  Dan, didalam ALKITAB terdapat 4 Kitab INJIL yaitu Injil Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes.

 

Kalau orang tersebut masih tidak percaya akan pemberitaan "INJIL" yang adalah Yesus Kristus, yah, cuekin saja. Toh, urusan PERCAYA atau TIDAK PERCAYA adalah HAK masing-masing setiap orang, 'kan?? :)

 

 

KESIMPULANNYA:


Percaya akan "INJIL" adalah Percaya akan "Pemberitaan Salib" yang merupakan Karya Keselamatan dari Allah BAPA, didalam Anak-NYA yang Tunggal [Yesus Kristus].

 

Memberitakan "INJIL" adalah memberitakan tentang "Pemberitaan Salib" yang merupakan Karya Keselematan dari Allah BAPA, didalam Anak-NYA yang Tunggal [Yesus Kristus].

 

 

Sudahkah kita memberitakan "INJIL" yang sebenarnya ini? 

 

Saya tutup dengan beberapa kutipan ayat:

Galatia 1:8-9 [TB-LAI]

1:8 Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.

1:9 Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia.

Galatia 1:8-9 [BIS-LAI]

1:8 Orang yang memberitakan "kabar baik" yang lain daripada Kabar Baik yang telah kami beritakan, biarlah ia dihukum Allah -- sekalipun orang itu kami sendiri atau malaikat dari surga!

1:9 Kami sudah mengatakannya dahulu, sekarang saya mengatakannya sekali lagi: Orang yang memberitakan kepadamu "kabar baik" yang lain daripada Kabar Baik yang sudah kalian terima dari kami, orang itu hendaknya dihukum Allah! 

Matius 24:14 [TB-LAI]

24:14 Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.

Matius 24:14 [BIS-LAI]

24:14 Dan Kabar Baik tentang bagaimana Allah memerintah akan diberitakan ke seluruh dunia, supaya semua orang mendengarnya. Sesudah itu barulah datang kiamat.

 

Oke, itulah apa yang saya pahami tentang "INJIL".

Mungkin bagi semua orang yang membacanya [khususnya para Blogger SabdaSpace] dapat memberikan komentar (dan/atau) koreksi (dan/atau) tambahan (dan/atau) apapun yang menyangkut dengan tulisan tentang "INJIL" ini.

 

Salam Kasih,

+AYR+

 

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

guestx's picture

@arvi, pertamax

lam kenal, arvi. gw suka banget ama tulisan ini. 

ttg injil dlm prjanjian baru gw hundred percent stuju dan ngertinya persis kayak yg elo tulis. tp, gw gak paham ttg :

Bahkan, sebenarnya seluruh kisah-kisah yang terdapat didalam PERJANJIAN LAMA juga dapat dikatakan sebagai "INJIL" karena menggambarkan akan YESUS KRISTUS (Pemberitaan Salib). 

yg gw ngerti, emang ada ayat pjnjian lama yg terkait ttg pemberitaan salib,  sprti yg di kisah kejadian ato yg di yesaya. gimana bisa dibilang seluruhnya dikatakan sbg injil ya ?

__________________

------- XXX -------

_A.Y.R_'s picture

@guestx, Cobalah untuk menyelidikinya.

Salam kenal juga guestx. 

Terima kasih untuk atensinya. :)

 

Seluruh kisah yg terdapat dalam Perjanjian Lama (PL) itu sebenarnya memiliki "penggalan-penggalan cerita"  yg tersembunyi tentang "INJIL" (Kristus).

Sekarang tinggal tergantung pada diri kita, apakah kita mau untuk menyelidiki dan menemukan rahasia-rahasia yg tersembunyi dibalik kisah-kisah yang ada di PL.

 

Amsal  25:2 [TB-LAI]

25:2 Kemuliaan Allah ialah merahasiakan sesuatu, tetapi kemuliaan raja-raja ialah menyelidiki sesuatu.

 

Pada umumnya, ada beberapa kisah di PL yang menggambarkan tentang "INJIL" (KRISTUS) yg sudah dimengerti oleh banyak orang.

Contoh kisah yang umumnya sudah kita pahami adalah ketika Abraham (menggambarkan Allah BAPA) hendak mengorbankan Anaknya yang Tunggal, yaitu Ishak (menggambarkan Yesus Kristus). 

 

Ibrani 11:17-18 [TB-LAI]

11:17 Karena iman maka Abraham, tatkala ia dicobai, mempersembahkan Ishak. Ia, yang telah menerima janji itu, rela mempersembahkan anaknya yang tunggal,

11:18 walaupun kepadanya telah dikatakan: "Keturunan yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut keturunanmu."

 

Namun, sebenarnya banyak kisah lain yang juga menggambarkan tentang "INJIL".

Bila ada kesempatan, saya akan tuliskan dalam BLOG secara khusus mengenai apa yang saya ketahui tentang "INJIL" yg tersembunyi didalam kisah-kisah yg ada di dalam PL.

 

Salam Kasih,

+AYR+

 

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

LamontCoext's picture

Download free private cheats for CS GO

Today we present a unique development. You can download it at [url=https://www.youtube.com/watch?v=K1HdPqZ7fa8]https://www.youtube.com/watch?v=K1HdPqZ7fa8[/url] (Private cheats for CS GO with WH - AIM functions) We have put together only the best and safest cheats that can easily help you defeat any opponent. Nothing more and all the best. Each cheat is regularly checked for relevance, which means that you can never be calculated or banned. This kit contains all the well-known techniques, scripts and improvements over the past 2 years. This is a premium class collection, which up to this point could only be bought in closed areas. But now you can get an absolute advantage over your rivals! We have installed a large number of options for fine-tuning, as well as the ability to disable unnecessary functions. Build cheats changes every 20 minutes. It does not enter the game and works as a separate program, which simply excludes detection. We have selected a special set of functions that will provide you with convenience in the game. Now you can safely compete with experienced gamers. cheats for cs go in cheats for cs go aim cheats for cs go in the console cheats for cs go virus-free #CounterStrike #cheats #CSGO
__________________

[url=http://f0417114.xsph.ru]http://f0417114.xsph.ru[/url]

eppin's picture

Kita bisa berpanjang-panjang

Kita bisa berpanjang-panjang mengucap argumen dan menghabiskan waktu -yang mungkin memang menjadi tujuan si pembuat isu - tanpa ada hasil...

Tapi untuk yang seperti itu cuma ada 2 pilihan untuk mengahadapinya :

1. Berdoa bagi pelakunya... Ini bisa dilakukan jika pelakunya adaah orang yang benar-benar tidak tahu, dan murni oleh kebingungan ...

2. tinggalkan saja ... tidak usah digubris. Tindakan ekstrim ini hanya bagi pelaku yang sudah "menghujat Roh Kudus" .. sepert yang dikatakan Rasul Yohanes. Doa tidak dianjurkan untuk kelompok orang dengan kategori ini.

 

Tindakan selain kedua hal diatas menurut saya hanya akan membuang-buang waktu, membuat kita terseret dalam perdebatan yang tidak ada habisnya ... dan membuat Tuhan tidak berkenan  ... 

Pendapat saya pribadi ... Tuhan tidak membutuhkan pembela ... Barangsiapa percaya akan diberkati .. dan yang tidak percaya akan menghadapi akibatnya sendiri .... tidk ada pilihan antara ... tidak ada kenetralan disini ... Percaya atau tidk percaya..

Kolot memang ..... 

_A.Y.R_'s picture

@eppin, Apologetika

eppin wrote:

1. Berdoa bagi pelakunya... Ini bisa dilakukan jika pelakunya adaah orang yang benar-benar tidak tahu, dan murni oleh kebingungan ...

 

+AYR+ Comment:

Bagaimanakah kita mengetahui orang tersebut tahu atau tidak tentang "INJIL"?

Mungkin mereka hanya sekedar tahu saja, tetapi tidak percaya.

Mengapa mereka tidak percaya akan "INJIL"? 

Mungkin karena mereka tidak mengerti (bingung), atau mungkin karena mereka belum pernah mendengar tentang apa itu "INJIL" yang sebenarnya.

 

Yang perlu kita ingat, tugas kita sebagai Orang yang percaya akan "INJIL" adalah memberitakan "INJIL".

Orang itu mau percaya atau tidak setelah mendengar tentang "INJIL" yang kita beritakan, bukanlah menjadi urusan/tanggung jawab kita lagi. 

 

Namun, sudahkah kita memberitakan "INJIL" yang sebenarnya?

 

Roma 10:13-16 [TB-LAI]

10:13 Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan.

10:14 Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya?

10:15 Dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya, jika mereka tidak diutus? Seperti ada tertulis: "Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!"

10:16 Tetapi tidak semua orang telah menerima kabar baik itu. Yesaya sendiri berkata: "Tuhan, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami?

 

 

eppin wrote:

2. tinggalkan saja ... tidak usah digubris. Tindakan ekstrim ini hanya bagi pelaku yang sudah "menghujat Roh Kudus" .. sepert yang dikatakan Rasul Yohanes. Doa tidak dianjurkan untuk kelompok orang dengan kategori ini.

 

+AYR+ Comment:

 Yesus mengatakan bahwa "menghujat Roh Kudus" adalah Dosa yang tidak akan diampuni.

 

Markus  3:29 [TB-LAI]

3:29 Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal."

Lukas  12:10 [TB-LAI]

12:10 Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni; tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus, ia tidak akan diampuni.

 

"menghujat Roh Kudus" itu seperti apa sih menurut Sdr. eppin?? :)

 

Jadi, menurut anda kita tidak usah berdoa bagi mereka yang belum percaya akan "INJIL"?

 

Sdr. eppin, alangkah baiknya dalam memberikan komentar, anda turut mengutipkan dasar ALKITAB (ayat)nya dimana

Hal tersebut membuat orang yang membacanya dapat lebih mudahmengerti dan dapat ikut menguji kebenaranya.

 

eppin wrote:

Tindakan selain kedua hal diatas menurut saya hanya akan membuang-buang waktu, membuat kita terseret dalam perdebatan yang tidak ada habisnya ... dan membuat Tuhan tidak berkenan  ... 



Pendapat saya pribadi ... Tuhan tidak membutuhkan pembela ... Barangsiapa percaya akan diberkati .. dan yang tidak percaya akan menghadapi akibatnya sendiri .... tidk ada pilihan antara ... tidak ada kenetralan disini ... Percaya atau tidk percaya..

 

 +AYR+ Comment:

Jadi, menurut anda apakah Tuhan hanya berkenan atas 2 (dua) tindakan yang anda katakan?

 

Sdr. eppin dan para pembaca lainnya.

Tuhan mungkin tidak membutuhkan Pembelaan dari kita, karena Tuhan adalah Pembela kita. 

  

Roma 8:33-34 [TB-LAI]

8:33 Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah? Allah, yang membenarkan mereka? Siapakah yang akan menghukum mereka?

8:34 Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita?

 

Tapi, pengharapan yang kita yakini dan ajarkan itu butuh Pembelaan (Apologetika). Kita harus siap untuk mempertanggung jawabkan apa yang kita yakini apabila ada orang yang bertanya kepada kita.

 

I petrus 3:15-16 [TB-LAI]

3:15 Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat,

3:16 dan dengan hati nurani yang murni, supaya mereka, yang memfitnah kamu karena hidupmu yang saleh dalam Kristus, menjadi malu karena fitnahan mereka itu.

 

 

Salam Kasih,

+AYR+

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

rogermixtin09's picture

INJIL SEPENUH

Salam sdr Arvi.

membaca tulisan anda, jadi semakin mengerti apa itu INJIL yang sebenarnya menurut Alkitab.

Melihat pengetahuan anda tentang kata INJIL , saya jadi ingin bertanya kepada anda.

Kalau begitu apa yang dimaksud dengan INJIL SEPENUH ?

Apakah ada perbedaan antara INJIL SEPENUH dengan INJIL yang ditulis dalam ayat-ayat Alkitab ? sebab saya tidak menemukan frase INJIL SEPENUH dalam Alkitab.

Apakah INJIL SEPENUH itu lebih menyelamatkan ? sebab pada kenyataannya didaerah yang sudah mengenal INJIL sebelumnya dan sudah dibaptis, ternyata harus dikabarkan pula INJIL SEPENUH dan jemaatnya dibaptis kembali.untuk jelasnya dapat anda lihat disini

Apakah INJIL saja tidak cukup untuk menyelamatkan manusia sehingga harus ditambah dengan INJIL SEPENUH ?

Terima kasih.

 

_A.Y.R_'s picture

@rogermixtin09, Full Gospel hanya "Istilah"

Salam sdr rogermixtin09.

 

Syukurlah, jika tulisan saya ini dapat menambah wawasan kita dalam mengerti akan "INJIL" yang sebenarnya.

 

INJIL SEPENUH (FULL GOSPEL) itu apa?

Yang saya tahu itu adalah Nama Denominasi sebuah Gereja / Ministry. :D

 

Mungkin, alasan mereka menamakan/memakai "Injil sepenuh" adalah apa yang mereka beritakan itu sepenuhnya Injil (Kristus).

 

Karena, sampai saat ini masih banyak orang yg berpredikat "Hamba Tuhan" yang memberitakan "INJIL", namun masih mencampurkannya dengan Hukum Taurat + syarat-syarat yang lain untuk dapat beroleh KESELAMATAN. 

 

Padahal Keselamatan itu 100% ANUGERAH (Pemberian Allah) dan 0% USAHA MANUSIA (Pekerjaan Manusia).

  

Efesus 2:8-9 [TB-LAI]

2:8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,

2:9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

 

Efesus 2:8-9 [BIS-LAI]

2:8 Sebab karena anugerah kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,

2:9 itu bukan hasil pekerjaanmu, supaya tidak ada orang yang memegahkan diri.

 

 

Menurut saya, INJIL SEPENUH itu hanya "ISTILAH" yang dibuat/digunakan oleh orang-orang tertentu, yg mungkin memiliki tujuan untuk memberitakan "INJIL" yang sebenarnya.

 

Soal baptisan ulang, dan lainnya, menurut saya hanyalah salah satu dari sekian banyak doktrin yg ada. Dan, saya tidak ingin membahasnya lebih lanjut disini.

 

 

Salam Kasih,

+AYR+

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

rogermixtin09's picture

Injil yang sebenarnya ?

Menurut saya, INJIL SEPENUH itu hanya "ISTILAH" yang dibuat/digunakan oleh orang-orang tertentu, yg mungkin memiliki tujuan untuk memberitakan "INJIL" yang sebenarnya.

Itulah masalahnya sdr Arvi. Apabila definisi anda demikian, maka secara tidak langsung, orang yang sudah mengenal Injil tapi yang bukan INJIL SEPENUH itu berarti belum mengenal Injil yang sebenarnya ?

Anyway,trims jawabanya.

 

_A.Y.R_'s picture

@rogermixtin09, Mengenal INJIL adalah mengenal KASIH KARUNIA!

Masalahnya apa Sdr. Rogermixting09??

 

Orang yang sudah mengenal "INJIL" dengan BENAR adalah orang yang sudah mengenal "Kasih Karunia" (Yesus Kristus) dengan BENAR!

 

Orang yang BELUM mengenal (mengerti) "Kasih Karunia" dengan BENAR tidak dapat dikatakan sebagai orang yang SUDAH mengenal (mengerti) "INJIL" yang sebenarnya.

 

INJIL = Yesus Kristus = Kasih Karunia (Anugerah Allah).  

 

Efesus 2:8-9 [TB-LAI]

2:8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,

2:9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

 

Efesus 2:8-9 [BIS-LAI]

2:8-9 Allah mengasihi kalian, itu sebabnya Ia menyelamatkan kalian karena kalian percaya kepada Yesus. Keselamatan kalian itu bukanlah hasil usahamu sendiri. Itu adalah anugerah Allah. Jadi, tidak ada seorang pun yang dapat menyombongkan dirinya mengenai hal itu.

 

Menurut saya, "INJIL SEPENUH" itu HANYA "istilah" yang digunakan oleh sekumpulan orang untuk mengembalikan pemberitaan INJIL yang sebenarnya, dimana Keselamatan itu adalah 100 % Anugerah [oleh karena percaya kepada YESUS] dan 0% Usaha Manusia [Perbuatan baik].  

 

 

Salam Kasih,

+AYR+

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

rogermixtin09's picture

@AYR

Menurut saya, "INJIL SEPENUH" itu HANYA "istilah" yang digunakan oleh sekumpulan orang untuk mengembalikan pemberitaan INJIL yang sebenarnya, dimana Keselamatan itu adalah 100 % Anugerah [oleh karena percaya kepada YESUS] dan 0% Usaha Manusia [Perbuatan baik]. 

Heem,melihat jawaban anda diatas,sepertinya anda kurang memahami latar belakang sejarah dan apa sebenarnya INJIL SEPENUH itu.Sebab setahu saya justru kebanyakan (tidak semua) gereja yang menganut Injil sepenuh itu masih sangat kuat mengandalkan usaha manusia daripada anugerah.Mereka justru cenderung Arminian.

Salam

 

_A.Y.R_'s picture

@rogermixtin09, Menurut saya itu hanya ISTILAH.

+AYR+ wrote:

Menurut saya, "INJIL SEPENUH" itu HANYA "istilah" yang digunakan oleh sekumpulan orang untuk mengembalikan pemberitaan INJIL yang sebenarnya, dimana Keselamatan itu adalah 100 % Anugerah [oleh karena percaya kepada YESUS] dan 0% Usaha Manusia [Perbuatan baik]. 



rogermixtin 09 wrote: 

Heem,melihat jawaban anda diatas,sepertinya anda kurang memahami latar belakang sejarah dan apa sebenarnya INJIL SEPENUH itu.Sebab setahu saya justru kebanyakan (tidak semua) gereja yang menganut Injil sepenuh itu masih sangat kuat mengandalkan usaha manusia daripada anugerah.Mereka justru cenderung Arminian.

 

+AYR+ comment:

Hehehe...

Saya tidak tertarik untuk mencari tahu tentang latar belakang Sejarah "Denominasi" atau "Ministry" yang memakai istilah "INJIL SEPENUH" atau "FULL GOSPEL".

 

Saya hanya dapat mengasumsikan, mungkin alasan mereka memakai "ISTILAH" itu adalah seperti yang sudah saya ungkapkan sebelumnya. :)

 

Soal mereka lebih cenderung ke Arminian kek, lebih cenderung ke Calvin kek, atau lebih cenderung ke "siapapun"  kek, dalam hal memberitakan "INJIL" itu adalah urusan mereka.

 

Tapi, menurut saya pribadi, siapa pun yang memakai istilah "INJIL SEPENUH" atau "FULL GOSPEL"  atau "KABAR BAIK SEPENUH" dengan maksud meberitakan "INJIL", namun TIDAK mengajarkan KESELAMATAN itu hanya karena 100% ANUGERAH dan 0% USAHA,  berarti orang tersebut BUKAN memberitakan "INJIL" Sejati. [Seharusnya mereka tidak usah menggunakan istilah tersebut; Namun biarlah, itu urusan mereka.]

 

Btw, menurut anda sendiri, apa sebenarnya "INJIL SEPENUH" (FULL GOSPEL) itu??

 

Salam Kasih,

+AYR+

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

rogermixtin09's picture

@AYR

Tapi, menurut saya pribadi, siapa pun yang memakai istilah "INJIL SEPENUH" atau "FULL GOSPEL"  atau "KABAR BAIK SEPENUH" dengan maksud meberitakan "INJIL", namun TIDAK mengajarkan KESELAMATAN itu hanya karena 100% ANUGERAH dan 0% USAHA,  berarti orang tersebut BUKAN memberitakan "INJIL" Sejati. [Seharusnya mereka tidak usah menggunakan istilah tersebut; Namun biarlah, itu urusan mereka.]

Kalau yang ini saya setuju .

Thanks.

smile's picture

A.V.R

A.V.R....salam kenal dari smile,....

Saya pribadi sebenarnya tidak terlalu pusing dengan PERNYATAAN orang tersebut. Karena, menurut saya orang tersebut hanya menganggap ALKITAB itu sebagai Buku DONGENG/CERITA KARANGAN MANUSIA saja.
 

jika tidak terlalu pusing,...mungkin anda terlalu terganggu yah, ...sampai menulis sebuah blog tentang apa yang anda tidak ambil pusing,....

sekali lagi,.salam kenal...

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

_A.Y.R_'s picture

@smile, A.Y.R bukan A.V.R Hehehe... :)

Salam kenal untuk  Mr. Smile  :-) 

(Jadi, ingat akan salah satu jenis "topeng" yang ada didalam salah satu Game Online [MMORPG] yang pernah saya mainkan dulu)

 

Btw, A.Y.R  bukan A.V.R !

A.Y.R itu inisial dari nama lengkap saya. 

Ada "makna spesial" dalam inisial tersebut.  :)

 

Hehe...  :D
maksud saya "tidak terlalu pusing" disini, adalah PERNYATAAN orang tersebut yang notabene hanya menganggap ALKITAB sebagai tulisan karangan manusia tidak membuat saya menjadi ragu akan Kebenaran berita "INJIL" yang ada didalam ALKITAB.

 

Terlalu terganggu?? Hehe, itu bukan alasan saya menulis BLOG ini. :)

Saya menulis BLOG tentang "INJIL" ini dengan harapan dapat membuka/menambah wawasan bagi setiap orang yang membacanya; Umumnya bagi setiap orang yang ingin mengetahui tentang "INJIL", dan khususnya bagi orang Kristen yang mungkin masih belum begitu paham tentang "INJIL".

 

Karena kalau dipikir secara awam:

Jika "INJIL"  yang diberitakan YESUS itu adalah sebuah "KITAB INJIL" yang diturunkan/dipercayakan kepada YESUS. Berarti saat ini orang Kristen membaca "KITAB INJIL" yang BERBEDA dengan "KITAB INJIL" yang diturunkan kepada YESUS!!!  :D  

Apakah "KITAB INJIL" yang YESUS beritakan adalah Kitab Injil Matius, Markus, Lukas, & Yohanes???  TIDAK MUNGKIN!!!

Lalu, dimanakah KITAB INJIL yang YESUS beritakan dulu??

Jangan-jangan "KITAB INJIL" ASLI yang YESUS beritakan dulu sudah dibakar/ dimusnahkan?? :D

Karena, didalam ALKITAB  hanya terdapat 4 KITAB INJIL yaitu INJIL MATIUS, INJIL MARKUS, INJIL LUKAS, & INJIL YOHANES.

Hahahahaha...

  

Apabila Orang kristen yg masih "awam" tidak mengerti akan apa itu "INJIL" yang sebenarnya, bisa saja ia dapat terpengaruh dengan pola pemahaman tersebut, yang akhirnya dapat membawanya kepada "KERAGUAN" akan "KEBENARAN" yang tertulis dalam ALKITAB.

 

Oke, segitu saja TANGGAPAN dari saya yang menurut saya cukup "Panjang" atas PERNYATAAN anda yang menurut saya cukup "Singkat" tetapi mengandung "Sindiran".
 

Harap maklum apabila ada pemilihan kata yang kurang tepat dalam blog pertama saya ini. Saya sedang belajar untuk menulis blog dengan baik dan benar.

Sudilah kiranya bro smile, dan para SS-er yang lainnya untuk membantu saya dengan memberikan "koreksi" atas tulisan saya.

 

Anyway, terima kasih ya sudah memberikan komentar. (Walaupun komentar anda tidak ada kaitannya dengan "INJIL")

 

Sekali lagi "juga", salam kenal "juga"... 

Keep Smile, bro Smile!  :-)

 

Salam Kasih,

+AYR+

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

smile's picture

AYR BUKAN AVR

maaf, bro _A_Y_R,...kelihatan seperti " V "

thank u, sebenarnya anda sangat peduli,...dan menurut saya orang orang diluar sana membuat anda peduli,sampai akhirnya menulis blog,...

Jika anda tidak peduli, tidak akan anda menulis yang berkaitan tentang itu, bro,.....tapi dibalik semua itu, pasti ada hikmah dan pelajaran yang bisa diambil,

Saya sendiri tidak bisa mengatakan seperti yang mujijat katakan :

Nice, helpful.

Penjelasan yang sederhana tapi helpful buat menghadapi para kepala batu.

Shalom,

pake shaloom, pake kepala batu pula...emang menurut anda, kepala batu yang disebutkan muji itu seperti apa yah?

saya sebagai pembaca hanya bisa mengatakan blognya bisa nambah ilmu walau pendek, daripada panjang tapi ga berbobot, dan yang pasti,...itu tulisan anda sendiri, bukan saduran atau contekan dan copasan....

tapi kalimat yang saya tulis dalam komen pertama itulah yang agak mengganggu saya, tapi karena anda telah menjelaskan ya sudah, case is closed.

 

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

_A.Y.R_'s picture

@smile, Kepala Batu dan FARISI

Hehehe... iya, memang "Y"-nya kelihatan seperti "V".

 

Thanks buat komentarnya.

BLOG ini tulisan saya sendiri kok.

Saya sedang belajar untuk menuliskan dan menjelaskan (share) tentang apa yang saya pahami.

ALKITAB yang menjadi "Sumber Contekan" saya.

Hehehe...

 

 

Menurut saya, mungkin para "kepala batu" yang dimaksudkan Sdr. Mujizat adalah orang-orang yang tidak mau mendengarkan (tidak percaya) berita "INJIL", namun suka mengolok-ngolok/mencari-cari kesalahan "INJIL".

 

Mereka seperti orang "Farisi", yang banyak bertanya bukan karena mereka ingin belajar untuk mengerti dan memahaminya, namun hanya untuk mencari-cari kesalahan dengan pertanyaan-pertanyaan yang menjebak.

 

Matius  22:15 [TB-LAI]

22:15 Kemudian pergilah orang-orang Farisi; mereka berunding bagaimana mereka dapat menjerat Yesus dengan suatu pertanyaan.

Matius 22:15 [BIS-LAI]

22:15 Kemudian orang-orang Farisi pergi berunding bersama-sama mengenai bagaimana mereka bisa menjebak Yesus dengan pertanyaan-pertanyaan.

 

Tanpa kita sadari, kita pun (termasuk saya) dapat dikategorikan sebagai orang Farisi bila kita suka bertanya-tanya dengan motivasi hanya untuk "menjebak".

 

 

Matius  23:13 [TB-LAI]

23:13 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, karena kamu menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang. Sebab kamu sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yang berusaha untuk masuk.

Matius  23:13 [BIS-LAI]

23:13 "Celakalah kalian guru-guru agama dan orang-orang Farisi! Kalian tukang berpura-pura. Kalian menghalangi orang untuk menjadi anggota umat Allah. Kalian sendiri tidak mau menjadi anggota umat Allah, dan orang lain yang mau, kalian rintangi.

 

Semoga kita yang ada disini tidak tergolong kedalam kumpulan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi yang YESUS maksudkan. 

 

 

Salam Kasih,

+AYR+

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

mujizat's picture

@A.V.R. Topik lama dengan uraian bagus

Nice, helpful.

Penjelasan yang sederhana tapi helpful buat menghadapi para kepala batu.

Shalom,

http://gkbigombong.wordpress.com

__________________

 Tani Desa

_A.Y.R_'s picture

@mujizat, ber-"Apologetika"-ria

 Shalom,

 

Terima kasih atas atensinya.

 

Btw, A.Y.R bukan A.V.R!

A.Y.R itu inisial dari nama lengkap saya.

 

Mungkin menurut anda dan orang lain yang membacanya bukan hal yang penting untuk mengkoreksi "Inisial".

Tapi menurut saya merupakan hal yg penting untuk mengoreksinya, karena inisial tersebut punya "Makna Spesial".  :D

 

Huh... memang sih huruf 'Y' nya nampak seperti 'V'... :(

Hehehe... 

 

Anda benar, Topik yang saya angkat memang adalah "Topik Lama". Sebuah Topik yang masih terus dibahas dan akan terus dibahas sejak dari zaman Rasul Paulus masih hidup.

Hehehe...

 

Saya cukup senang bila ternyata blog saya yg sederhana ini cukup membantu untuk ber-"Apologetika"-ria.  :P

 

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih .

 

Salam Kasih,

+AYR+

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

mujizat's picture

@ A.Y.R , oh, maap

Hmm, ber-apologetika memang sisi lain peng - INJIL - an.

Muji cukup menikmati, tetapi akhir2 ini rada2 kecewa lantaran beberapa situs apologetik tertentu diblokir (pemerintah?).

Maaf, A Y R kukira A V R.

Arnold Yosua Rolos 

.......

Tapi puji Tuhan, kalau kita memutuskan untuk memiliki NIAT untuk memberitakan INJIL ( baca = Yesus) , Tuhan kirimkan orang2 (non Kristen) untuk share soal agama.

Belum ada dua minggu ini, dua pemuda berpakaian ala Amrozi "menginjil" ke rumah saya. Terpaksa Muji pakai hikmat.

Kalau Muji layani, bisa ramai, ... Tapi demi "keamanan negara" Muji bilang kalau Muji ke gereja. Rupa2nya dia ngotot, esoknya balik lagi "salamualaikuuum", katanya.

Muji lagi asyik nge-net, pura2 ngak denger, sampai mereka pulang sendiri.

Bwi hi hiiii.

Shalom

Mujizat

__________________

 Tani Desa

_A.Y.R_'s picture

@mujizat, Hehehe.. No Problem.

Oh ya?? 

Mungkin ada oknum-oknum tertentu yang tidak suka dengan situs-situs apologetik tersebut.

 

Hehehe... No Problem.

Memang huruf 'Y' nya terlihat seperti huruf 'V' sih.

 

Arnold Yosua Rolos = A.Y.R = Abba Yeshua (Yesus) Roh kudus.

Hehehe... 

 

 

Wah, saya belum pernah tuh kedatangan 'penginjil' seperti itu...

Mereka sudah mulai mengutus para 'Missionaris'nya ya sekarang??

 

Yang ada, dulu pernah datang "penginjil" dari aliran Kristen yang mengaku sebagai "Saksi Jehova".  Namun, bukannya ia  yang "menginjili", malah dia yang  di-"INJIL"-i  oleh Bapak saya.

Hehehe...

 

 

Salam Kasih,

+AYR+

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

eppin's picture

Numpang Komen

Yang ini :

kalau kita memutuskan untuk memiliki NIAT untuk memberitakan INJIL ( baca = Yesus) , Tuhan kirimkan orang2 (non Kristen) untuk share soal agama.

Kalau dihubungkan dengan ini :

dua pemuda berpakaian ala Amrozi "menginjil" ke rumah saya. 

Kok Jadinya gini :

pura2 ngak denger, sampai mereka pulang sendiri. 

Sayang Juga .... padahal mungkin aja tuh kesempatan memenangkan jiwa ...... hehe ...  cuman komen aja gan .....  

Penginjilan ke "sebelah" memang rada susah ...  rata2 yang sukses cuma penginjil yang berasal dari sebelah juga .... maksud sy yang dulunya memang dr sono aka pindahan ... 
 

_A.Y.R_'s picture

@eppin, Mereka telah di-DOKTRIN!

Hehehe...

 

Cobalah tanyakan langsung kepada Sdr. Mujizat mengapa ia berkata demikian.

 

Btw, mau tau alasannya mengapa memberitakan "INJIL" (Penginjilan)  ke "sebelah" itu rada susah??  Banyak alasannya!

Salah satu alasannya, yaitu karena mereka telah di-DOKTRIN untuk PERCAYA bahwa "INJIL" orang kristen yang ASLI itu sudah dibakar/dimusnahkan.

Mereka juga telah di-DOKTRIN untuk TIDAK PERCAYA akan KEBENARAN yang terdapat di dalam ALKITAB, dan hanya menganggap ALKITAB sebagai BUKU BIASA karangan Manusia yang didalamnya terdapat dongeng, cerita porno, bualan, dan sebagainya.

 

Jadi, menurut saya:

Hanya Kekuatan Allah ("INJIL" Sejati) sendirilah yang dapat MENGUBAH PARADIGMA mereka sehingga mereka dapat percaya akan "INJIL".

 

  

I Korintus 12:3 [TB-LAI]

12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus.

I Korintus 12:3 [TL-LAI]

12:3 Sebab itu aku menyatakan kepada kamu, bahwa dari antara orang-orang yang berkata-kata dengan ilham Roh Allah itu, tiada seorang pun mengatakan "Yesus itu laknat," dan tiada seorang pun dapat mengatakan "Yesus itu Tuhan" melainkan dengan Rohulkudus.

 

 

Salam Kasih,

+AYR+

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

teograce's picture

nyeletuk dikit

tergelitik untuk ngomong.. hehehe... :p 

AYR :

Salah satu alasannya, yaitu karena mereka telah di-DOKTRIN untuk PERCAYA bahwa "INJIL" orang kristen yang ASLI itu sudah dibakar/dimusnahkan.

Mereka juga telah di-DOKTRIN untuk TIDAK PERCAYA akan KEBENARAN yang terdapat di dalam ALKITAB, dan hanya menganggap ALKITAB sebagai BUKU BIASA karangan Manusia yang didalamnya terdapat dongeng, cerita porno, bualan, dan sebagainya.
 

teograce:

orang kristen juga udah di doktrin buat percaya alkitab .. (orang kristen yang dari kecil).. juga termasuk orang kristen yang tiap minggu ke gereja.. hahahaha...

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

_A.Y.R_'s picture

@teograce, Apakah anda RAGU akan ALKITAB?

teograce wrote:

orang kristen juga udah di doktrin buat percaya alkitab .. (orang kristen yang dari kecil).. juga termasuk orang kristen yang tiap minggu ke gereja.. hahahaha...


+AYR+ Comment:

Hahahaha...

Maaf Sdr. Teograce, saya kurang mengerti apa maksud anda memberikan komentar tersebut?

Bisakah lebih diperjelas?

 

Anda berbicara seolah-olah anda MERAGUKAN (tidak percaya) akan "KEBENARAN" yang ada di dalam ALKITAB?

 

Apa anda juga berpikir sama seperti mereka yang menyangka bahwa ALKITAB itu hanyalah BUKU BIASA karangan manusia?

 

Kalau anda RAGU (tidak percaya), berarti anda tidak dapat disebut sebagai orang "Kristen".

 

Menurut saya, orang kristen tanpa disadarai telah di-DOKTRIN untuk percaya 100% akan DOKTRIN "pendeta-pendetanya" tanpa menyelidiki (menguji) apakah DOKTRIN yang diajarkan "pendeta-pendetanya"nya itu sudah sesuai dengan AJARAN ALKITAB yang Sejati atau tidak.

 

I Timotius  4:16 [TB-LAI]

4:16 Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.

 

I Timotius  4:16 [BIS-LAI]

4:16 Awasilah dirimu dan awasilah juga pengajaranmu. Hendaklah engkau setia melakukan semuanya itu, sebab dengan demikian engkau akan menyelamatkan baik dirimu sendiri maupun orang-orang yang mendengarmu.

 

 

Salam Kasih,

+AYR+ 

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

eppin's picture

teograce menulis : orang

teograce menulis :

orang kristen juga udah di doktrin buat percaya alkitab .. (orang kristen yang dari kecil).. juga termasuk orang kristen yang tiap minggu ke gereja.. hahahaha... 

+AYR+ Comment:
 

Maaf Sdr. Teograce, saya kurang mengerti apa maksud anda memberikan komentar tersebut?

Bisakah lebih diperjelas?
 

Saya Numpang Komen :

Mungkin maksud teograce, baik orang kristen maupun orang "sebelah" sama2 telah didoktrin .... tentu dengan versi masing2,....  Ini berarti bahwa belum tentu yang dipegang orang2 kristen adalah murni iman yang dihasilkan dari membaca kitab suci ....  dengan kata lain pengertiannya didapat dari "luar" dirinya (bandingkan dengan gelas yang diisi air)  dan bukan tumbuh dari "dalam" diri sendiri (bandingkan dengan tanaman) .....

 

_A.Y.R_'s picture

@eppin, versi mana yang benar?

eppin wrote:

Mungkin maksud teograce, baik orang kristen maupun orang "sebelah" sama2 telah didoktrin .... tentu dengan versi masing2,....  Ini berarti bahwa belum tentu yang dipegang orang2 kristen adalah murni iman yang dihasilkan dari membaca kitab suci ....  dengan kata lain pengertiannya didapat dari "luar" dirinya (bandingkan dengan gelas yang diisi air)  dan bukan tumbuh dari "dalam" diri sendiri (bandingkan dengan tanaman) .....

 

+AYR+  comment:

Terima kasih sdr. eppin sudah membantu menjelaskan kepada saya apa yang MUNGKIN dimaksudkan oleh sdr. teograce.

[Harusnya teograce yang berterima kasih kepada anda ya??]

 

DOKTRIN itu apa sih?

doktrin n ajaran (tt asas-asas suatu aliran politik, keagamaan; pendirian segolongan ahli ilmu pengetahuan, keagamaan, ketatanegaraan)

[Sumber:  KAMUS BAHASA INDONESIA hal. 362]

indoktrinasi n pemberian ajaran secara mendalam (tanpa kritik) atau penggemblengan mengenai suatu paham atau doktrin.

[Sumber: KAMUS BAHASA INDONESIA hal. 584]

 

Saya setuju dengan komentar anda yang saya BOLD,  "... baik orang kristen maupun orang "sebelah" sama2 telah didoktrin.... tentu dengan versi masing2,...." -eppin-

 

Namun, menurut anda, VERSI nya siapa yang Benar? [tentu bukannya versi "sebelah" kan?]  :D

Lalu, apalah anda (kita) sudah yakin 100% bahwa VERSI anda (kita) yang BENAR?

Meskipun anda (kita) mengatakan YAKIN (namun tidak 100%), tetapi masih ada RAGU-RAGU 1% saja, itu berarti BUKAN makna "YAKIN" (PERCAYA) yang sebenarnya.

 

Komentar anda selanjutnya:

"Ini berarti bahwa belum tentu yang dipegang orang2 kristen adalah murni iman yang dihasilkan dari membaca kitab suci ..."  -eppin-

 

Orang Kristen sejati adalah orang yang menggunakan ALKITAB (Kitab Suci-nya) sebagai STANDARD KEBENARAN.

 

Sdr. eppin, KITAB SUCI itu ada BANYAK.  Namun, KITAB SUCI mana yang anda (kita) PERCAYA (YAKIN 100%)??



Tertulis di dalam ALKITAB bahwa "Iman timbul dari pendengaran, [Kok bukan karena pembacaan KS ya??], dan pendengaran oleh firman Kristus. [Kok kenapa gak ditulis firman Allah ya??]

 

Roma 10:17 [TB-LAI]

10:17 Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

 

Roma 10:17 [BIS-LAI]

10:17 Itu sebabnya orang-orang menjadi percaya karena mereka mendengar berita, dan berita didengar karena ada orang yang memberitakan tentang Kristus.

 

YESUS KRISTUS pun juga tidak hanya diberitakan di dalam KITAB SUCI (ALKITAB) saja. Di "Kitab Suci" yang lain pun [bahkan BUKU-BUKU "AJARAN BARU"] memberitakan tentang YESUS KRISTUS.

 

Namun, hanya "Kitab Suci orang KRISTEN" (ALKITAB) yang mengatakan YESUS KRISTUS adalah TUHAN. 

 

Jadi, KITAB SUCI/BUKU manakah yang anda (kita) Percaya? 


Lalu, anda (kita) mau memberitakan YESUS KRISTUS ("INJIL Sejati") sebagai TUHAN dan PENYELAMAT bagi mereka yang mau percaya, atau memberitakan YESUS KRISTUS  sebagai manusia biasa (nabi) atau yang lainnya??

 

Hehehe...

 

Salam Kasih,

+AYR+ 

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

teograce's picture

ayat?

"Namun, hanya "Kitab Suci orang KRISTEN" (ALKITAB) yang mengatakan YESUS KRISTUS adalah TUHAN. "

ayatnya dimana? 

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

_A.Y.R_'s picture

@teograce, Anda Kristen bukan?

+AYR+ wrote:

"Namun, hanya "Kitab Suci orang KRISTEN" (ALKITAB) yang mengatakan YESUS KRISTUS adalah TUHAN. "

teograce wrote: 

ayatnya dimana? 



+AYR+ comment:

Ayat mengenai apa?

 

Kalau maksud PERTANYAAN anda, dimana ayat di dalam ALKITAB yang menyatakan YESUS KRISTUS adalah TUHAN?

Jawabannya: Ada banyak!

 

Nih saya kutipkan salah satunya.

Yohanes 13:13 [TB-LAI]

13:13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.

Ayat tersebut adalah PERNYATAAN (konfirmasi) langsung dari Yesus sendiri bahwa DIA (YESUS) adalah TUHAN.

Anda mau percaya silahkan, tidak percaya juga silahkan!  :)

 

 

Kalau maksud PERTANYAAN anda adalah dimana ayat didalam ALKITAB yang menyatakan "hanya ALKITAB lah satu-satunya KITAB SUCI yang mengatakan YESUS KRISTUS adalah TUHAN."

Jawabannya:  Tidak ada!

 

Bila maksud anda demikian, hanya Satu kata dari saya untuk anda:

"MENGGENASKAN"!

[mengadopsi dari kata yang sering dikatakan oleh "Suhu" SS]

Hehehehe.... :D

 

Kelihatan sekali, ANDA (teograce) memang ASAL KOMENTAR!

 

 

 

Salam Kasih,

+AYR+ 

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

bintang seven's picture

kristen atau bukan

ayr gak aneh lo nanya gitu, ayr sekedar info teograce bukan kristen dia atheist yg tersesat, tolong diarahkan ya....hahahaha...rasain lo teo...

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

teograce's picture

@ b7..

eh, b7.. masih dendam ajah.. ckckck... dasar.. kejam... hahaha...

kalo lagu nih : "teganya teganya teganya..." hahaha...

 

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

teograce's picture

hakim

Yohanes 13:13

"You call me Teacher and Lord, and you say well, for [so] I am. 

Lord kan tuan.. :D

rekan kerja saya yang saksi yehovah bilang : ga ada satu ayat pun dalam alkitab yang bilang secara explisit kalo Yesus adalah Tuhan (yang didukung oleh alkitab versi King James).. saya sih ga merhatiin.. kalo ayr tahu, mungkin boleh taro ayatnya di sini untuk dilihat.. :D

kelihatan sekali bahwa ayr hanya pintar menghakimi!

 

 

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

_A.Y.R_'s picture

@teograce, saya bukan "Hakim", coz saya butuh "Pembela"

Lord artinya banyak kok:
 
Kalau mba grace klik disini.
 
Trus mengisikan Lord, maka mba Grace akan mendapatkan hasil terjemahan:
 

Terjemahan Inggris ke Bahasa Indonesia

Tuhan
 
 
diikuti dengan terjemahan lainnya:
 
nomina
  1. raja
  2. bangsawan
  3. pejabat tinggi
  4. penguasa tertinggi
 
Lho, mba Grace nanya ke Saksi Yehovah rupanya?? Pantesan jadi "tersesat!. Hahaha,,,
 
 
Berikut saya kutip sebagian tanggapan dari Dr. Steven E. Liauw dalam tulisannya yang membahas tentang Saksi Yehovah.
 
5. Yesus adalah Tuhan
Yesus Kristus sering sekali disebut “Tuhan” dalam Perjanjian Baru. Kata untuk “Tuhan” adalah kurios. Organisasi Menara Pengawal sering meremehkan fakta ini. Mereka mengatakan bahwa kata kurios bisa diartikan “tuan” dan mengacu kepada manusia. Memang benar bahwa kata kurios bisa berarti seorang tuan manusia, tetapi apakah itu pemakaian dominan kurios dalam Perjanjian Baru?
 
Apakah itu arti pemakaian kurios pada Yesus Kristus?
Ketika para penulis Perjanjian Baru mengutip Perjanjian Lama, mereka harus menerjemahkan atau menyatakan beberapa nama atau istilah ilahi. Untuk elohim, mereka memakai theos, dan untuk adonai, mereka memakai kurios. Lebih menarik lagi, untuk Yehovah, mereka juga memakai kurios.
Bahkan, ketika para penerjemah Alkitab menerjemahkan Perjanjian Lama ke dalam bahasa Yunani (LXX), mereka memakai kurios untuk menggantikan kata Yehovah.
 
Dalam Perjanjian Baru, Yesus Kristus disebut kurios sebanyak lebih dari 600 kali! Ini adalah penekanan yang luar biasa. Harus diingat bahwa penulis Perjanjian Baru kebanyakan adalah orang Yahudi. Orang Yahudi sangat keras berpegang pada monoteisme, dan juga tidak mengakui manusia
sebagai ilah ataupun mau sujud pada manusia. Bahwa mereka menyebut Yesus kurios mengindikasikan sesuatu. Bahwa kata kurios juga dipakai untuk menyatakan Yehovah memberikan bukti yang tidak terbantahkan lagi. Pemakaian kurios pada Yesus Kristus dalam konteks Perjanjian Baru, justru adalah bukti yang sangat kuat bahwa Ia adalah Yehovah.
 
Sumber: Tulisan dari Dr. Steven E. Liauw
 
 
 
Mba Grace, ada banyak ayat di PB yang menyatakan bahwa Yesus adalah Tuhan. Silahkan anda cari sendiri... ^^
 
 
Btw, saya bukan Hakim lho mba Grace, karena saya membutuhkan YESUS [Sang ANAK] sebagai PEMBELA saya.
 
 
 
Roma 8:33-34 [TB-LAI]
8:33 Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah? Allah, yang membenarkan mereka? Siapakah yang akan menghukum mereka?
8:34 Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita?
 
 
 
Salam Kasih,
+AYR+
 
 
NB:
Btw, mohon maaf saya baru sempat membalas komentar anda sekarang. Dua bulan yang lalu saya disibukkan dengan sebuah "ACARA" yang menyita banyak waktu saya, sehingga tidak sempat membalas komentar dari anda dan teman-teman BLOGGER SS lainnya yang mampir di "kios" saya... :D
__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

teograce's picture

swt

bilang aja ga mo jawab.. :D
cape ah.. 
__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

eppin's picture

A.Y.R : menurut anda, VERSI

A.Y.R :

menurut anda, VERSI nya siapa yang Benar?

pendapat saya :

jawaban saya adalah : Tidak ada keraguan bahwa Injil "versi Kristen" lah yang benar ....  

tambahan pendapat pribadi sy yaitu orang2 yang menyebut bahwa injil yang sekarang "beredar" di kalangan umat Kristen adalah injil yang "palsu" ....  mereka sedang menuduh Allah .... 

mereka sedang menuduh Allah tidak becus menjaga "keaslian" injil ...

mereka sedang menuduh Allah telah "kalah" terhadap manusia - yang hanya darah & daging & hembusan nafas ini saja - ... kalah terhadap usaha manusia untuk "memalsukan" injil ... 

Menurut saya lagi ....  mereka ini (yang menuduh inji sekarang adalah "palsu" ) adalah orang2 yang paling pantas dikasihani sekarang ini ....  sebab  -- jika mereka tetap berpendapat demikian sampai mati  .... di masa penghakiman nanti ...  penyesalan dan malu-nya sungguh akan hebat ....

Masih menurut saya lagi ....  orang 2 kristen harusnya berdoa tidak putus2 agar pintu kebenaran dibukakan bagi orang2 semacam ini .... pintu yang menuju pengetahuan & pengertian akan kebenaran dibuka bagi mereka ...

Tuhan ... bukakan ...  Amin

 

teograce's picture

didoktrin

AYR, anda lucu sekali.. hanya dengan 2-3 kalimat dari saya, anda langsung mengambil hipotesa (atau kesimpulan?) yang rasa-rasanya sih cukup panjang.. Apakah Anda sedang menjadi hakim?

saya tidak memiliki maksud terselubung dalam memberi komentar, hanya mengatakan apa yang saya pikirkan..

sekarang bayangkan, AYR berasal dari keluarga kristen, setiap hari diajar berdoa, diberi tahu Alkitab itu firman Tuhan, tidak mungkin salah, dst.. apa bedanya dengan orang-orang lain yang sejak kecil mendengar : "Alkitab itu sesat"?

 

sama saja kan, yang satu didoktrin Alkitab itu sesat, yang satu didoktrin Alkitab itu benar.

tidak baik memakai standard ganda.. 

 

sedangkan alkitab sendiri mengatakan : 

Ulangan

6:5 Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. 
6:6 Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, 
6:7 haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun. 
6:8 Haruslah juga engkau mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu, 
6:9 dan haruslah engkau menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu

diajarkan berulang-ulang, dibicarakannya berulang-ulang,itu namanya apa kalau bukan didoktrin?

 

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

_A.Y.R_'s picture

@teograce, Anda (kita) percaya 100% atau TIDAK?

teograce wrote:

AYR, anda lucu sekali.. hanya dengan 2-3 kalimat dari saya, anda langsung mengambil hipotesa (atau kesimpulan?) yang rasa-rasanya sih cukup panjang.. Apakah Anda sedang menjadi hakim?

+AYR+ comment:

Saya lucu sekali??  Hahahaha...

(Tertawa dong kalau memang begitu) :D

 

Maafkan saya, jika menurut anda itu saya telah "menghakimi" anda.

Tetapi, coba tolong anda tunjukkan kata-kata saya yang "menghakimi" anda?

[mungkin saya tidak sadar].

 

Setahu saya, MENGHAKIMI itu adalah "menyatakan BERSALAH atau TIDAK BERSALAH".

Apakah ada kata-kata saya yang menyatakan ANDA (teograce) BERSALAH??

 

Menurut saya, komentar anda itu SEOLAH-OLAH anda itu MERAGUKAN (tidak percaya) akan "KEBENARAN" yang ada di dalam ALKITAB?

Justru karena komentar anda seperti itulah yang membuat saya bertanya kepada anda (meminta penjelasan [klarifikasi] dari anda langsung atas komentar anda).

 

 

teograce wrote:

saya tidak memiliki maksud terselubung dalam memberi komentar, hanya mengatakan apa yang saya pikirkan..

+AYR+ comment:

"Hahahaha..." 

Kalau tidak ada "maksud", berarti anda hanya "ASAL KOMENTAR" ya?

Hahahaha... 

 

 

teograce wrote:

sekarang bayangkan, AYR berasal dari keluarga kristen, setiap hari diajar berdoa, diberi tahu Alkitab itu firman Tuhan, tidak mungkin salah, dst.. apa bedanya dengan orang-orang lain yang sejak kecil mendengar : "Alkitab itu sesat"?

sama saja kan, yang satu didoktrin Alkitab itu sesat, yang satu didoktrin Alkitab itu benar.

tidak baik memakai standard ganda.. 

 +AYR+ comment:

Tidak perlu saya bayangkan, karena saya memang berasal dari keluarga kristen, dan setiap hari diajar berdoa, dan diberitahu ALKITAB itu adalah Firman Tuhan, dan tidak mungkin Salah! 

[NB: Saya kurang setuju dengan istilah "salah terjemahan" pada ALKITAB, meskipun memang tidak tertutup kemungkinan bahwa MUNGKIN ada pemilihan kata yang  "kurang tepat" oleh para penerjemah ALKITAB.]

 

 

"apa bedanya dengan orang-orang lain yang sejak kecil mendengar : "Alkitab itu sesat"? -teograce-

JELAS BERBEDA!

Yang satu men-DOKTRIN  bahwa ALKITAB itu STANDARD KEBENARAN (Firman Tuhan).

Yang satu lagi men-DOKTRIN bahwa ALKITAB itu BUKU BIASA karangan Manusia yang didalamnya terdapat dongeng, cerita porno, bualan, dan lainnya.

 

sama saja kan, yang satu didoktrin Alkitab itu sesat, yang satu didoktrin Alkitab itu benar." -teograce-

Apanya yang SAMA?

SAMA dalam hal "SAMA-SAMA di-DOKTRIN (di-AJARKAN)"??

IYA, Benar!

Tapi, apakah AJARAN (DOKTRIN) kedua-duanya itu SAMA menurut anda?

[Jelas BERBEDA dan Tidak SAMA!] 

 

 

"tidak baik memakai standard ganda.." -teograce-

Lalu maksud anda kita harus menyamakan STANDARD AJARAN "Sebelah" dengan STANDARD AJARAN orang Kristen (ALKITAB)?

 

 

"diajarkan berulang-ulang, dibicarakannya berulang-ulang,itu namanya apa kalau bukan didoktrin?"

Jadi, maksud dari KOMENTAR anda hanya MENYANGKUT arti kata "di-DOKTRIN" (di-AJARKAN) saja??

Oke, saya setuju jika hanya itu maksud anda!  [CASE CLOSED!]

 

Tapi, sebagai sesama ORANG KRISTEN saya hanya mengingatkan, JANGAN pernah berpikir bahwa  AJARAN KRISTEN sama saja dengan AJARAN "sebelah" dan ?AJARAN-AJARAN lainnya. (Sama-sama belum tentu BENAR).

Jika anda sampai berpikir demikian (RAGU akan "KEBENARAN" yang terdapat dalam ALKITAB), mending anda tidak usah PERCAYA Sama Sekali (tidak usah jadi orang Kristen).

 

 

Btw, anda belum menjawab PERTANYAAN dari saya.

[Saya ulangi kembali.]

 

APAKAH Anda RAGU akan ALKITAB???

  

Inilah penutup komentar dari saya sekaligus menjadi PERTANYAAN saya bagi anda dan semua orang yang membaca BLOG ini (yang merasa dirinya orang "KRISTEN").

"Anda (kita) PERCAYA (YAKIN 100%) akan "KEBENARAN" yang terdapat dalam ALKITAB atau TIDAK PERCAYA (MASIH ADA KERAGUAN)??"

 

  

Salam Kasih,

+AYR+

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

teograce's picture

thaa

ayr :
Tetapi, coba tolong anda tunjukkan kata-kata saya yang "menghakimi" anda?

teograce :
eh pak, saya pake tanda tanya lho, bukan titik.. saya copas ulang kalimat saya : "Apakah Anda sedang menjadi hakim?" tau kan tanda tanya artinya apa?

ayr paham ga sih maksud "ada maksud terselubung" dengan "tidak ada maksud terselubung"?

saya ga punya kewajiban jawab pertanyaan ayr, ini kan bukan blog saya.. saya tidak perlu menjelaskan apapun, tapi dari yang saya baca.. saya pikir ayr perlu banyak belajar membaca.. tanggapan saya, kalimat saya diinterpretasikan secara melebar..

dari comment ayr, saya lihat, ayr kasih ceramah singkat/pidato singkat/kotbah singkat.. terserah lah apa namanya.. yang jelas, kalau saya bukan kristen nih, saya ketemu orang kek situ, keknya saya ga mau jadi kristen.. meskipun mungkin juga sih kalo saya ketemu orang kek saya, lebih ga mau jadi kristen..
dan keknya bung agak aneh.. kotbah kq di komunitas blogger kristen.. emang ayr doank yang baca alkitab.

hahahaha...

terserah deh mo anggap pikiran saya tentang alkitab atau kekristenan kek apa.. saya males nanggepinnya.. udah dapat gambaran soalnya, ayr ini orang kek apa..
thaa...

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

_A.Y.R_'s picture

@teograce, Teograce Teograce DTG TAK DIUNDANG, PERGI TAK DIUSIR!

teograce wrote:

eh pak, saya pake tanda tanya lho, bukan titik.. saya copas ulang kalimat saya : "Apakah Anda sedang menjadi hakim?" tau kan tanda tanya artinya apa?

+AYR+ comment:

Tidak perlu anda copas kembali, saya juga bisa baca.

Anda pikir saya tidak membaca dengan teliti setiap kata-kata dari anda?

 

Anda bertanya: Apakah Anda sedang menjadi hakim?

Oke, sekarang saya jawab: Saya tidak merasa sedang menjadi hakim!

 

Hakim TUGASnya adalah MENGHAKIMI.  SEDANG "menjadi HAKIM" berarti "Sedang MENGHAKIMI".

 

Sekarang saya mau BERTANYA kepada anda (teograce):

Apakah anda (teograce) MERASA saya (AYR) SEDANG menJADI HAKIM?!


Kalau jawaban anda: IYA (anda merasa saya sedang menjadi hakim [sedang menghakimi]), maka tepatlah tanggapan-tanggapan saya, dan pertanyaan saya yang meminta anda untuk menunjukkan dimana kata-kata saya yang "menghakimi" anda.

Kalau jawaban anda: TIDAK (anda tidak merasa saya sedang menjadi hakim [sedang menghakimi]).  Lantas, BUAT APA ANDA BERTANYA DEMIKIAN?

 

 

teograce wrote:

ayr paham ga sih maksud "ada maksud terselubung" dengan "tidak ada maksud terselubung"?

+AYR+ comment:

Saya paham!

Justru karena saya paham, maka saya berasumsi anda mempunyai maksud terselubung dibalik komentar-komentar anda yang semakin lama semakin "ANEH".

teograce, mana ada sih orang yang punya maksud terselubung, terus teriak-teriak memberitahu orang bahwa ia punya maksud terselubung!

Sepertinya anda harus lebih memperhatikan lagi apa yang akan anda tuliskan.

"saya tidak memiliki maksud terselubung dalam memberi komentar, hanya mengatakan apa yang saya pikirkan.. -teograce-

Anda memang benar-benar hanya mengatakan (menulis komentar) berdasarkan apa yang anda pikirkan rupanya! Sampai-sampai anda hanya main ASAL TULIS saja dalam memberi komentar!

Ckckckckc...

 

 

teograce wrote:

saya ga punya kewajiban jawab pertanyaan ayr, ini kan bukan blog saya.. saya tidak perlu menjelaskan apapun, tapi dari yang saya baca.. saya pikir ayr perlu banyak belajar membaca.. tanggapan saya, kalimat saya diinterpretasikan secara melebar..

+AYR+ comment:

Hahahaha...

Teograce.. teograce.. LUCU sekali kata-katamu!

 

Mungkin Anda bisa sampai begitu keadaanya akibat terlalu BANYAK BELAJAR membaca ya??

Ajari saya untuk belajar membaca dong teograce! :D

[ngakak dulu deh gw... wkwkwkwkwk...]

 

??

teograce wrote:?

dari comment ayr, saya lihat, ayr kasih ceramah singkat/pidato singkat/kotbah singkat.. terserah lah apa namanya.. yang jelas, kalau saya bukan kristen nih, saya ketemu orang kek situ, keknya saya ga mau jadi kristen.. meskipun mungkin juga sih kalo saya ketemu orang kek saya, lebih ga mau jadi kristen..
dan keknya bung agak aneh.. kotbah kq di komunitas blogger kristen.. emang ayr doank yang baca alkitab.

hahahaha...?

+AYR+ comment:

Saya BUKAN sedang Berkhotbah/Berpidato disini bung! Melainkan saya sedang membagikan (sharing) tentang apa yang saya pahami dengan cara menulis BLOG! 

Btw, kalau bertemu dengan anda pun, saya juga TIDAK AKAN BERMINAT menjadikan anda menganut AGAMA KRISTEN!  Sebab, Orang yang beragama KRISTEN saja banyak kok yang TIDAK PERCAYA akan "INJIL".  [saya pikir salah satunya itu anda jika pada KTP anda tertulis KRISTEN sebagai AGAMA anda].

Saya BERMINAT untuk memberitakan "INJIL" yang sejati kepada semua orang.

Dan berharap semoga TUHAN memakai aku melalui apa yg aku lakukan ini, sehingga ada orang yang percaya akan "INJIL" setelah mendengarkannya (membaca tulisan saya). Atau MINIMAL, melalui tulisan saya ini, saya dapat menguatkan teman-teman saya yang MUNGKIN sempat "RAGU-RAGU" akan berita "INJIL".?

 

 

Bung TEOGRACE,

APA YANG ANEH kalau saya Sharing ("khotbah" menurut anda) di KOMUNITAS BLOGGER KRISTEN?? 

Anda mengerti apa itu artinya KOMUNITAS tidak??

Saya ORANG KRISTEN!  

Anda ORANG KRISTEN bukan?!

Apa benar seperti kata Sdr. Bintang Seven bahwa anda seorang ATHEIST?!

Yang ANEH itu ANDA bila anda BUKAN seorang KRISTEN namun ikut-ikutan dalam KOMUNITAS BLOGGER KRISTEN.!

Ckckckck...

"MENGGENASKAN!"

 

 

 

teograce wrote:

 

terserah deh mo anggap pikiran saya tentang alkitab atau kekristenan kek apa.. saya males nanggepinnya.. udah dapat gambaran soalnya, ayr ini orang kek apa..

thaa...?

 

+AYR+ comment:

 

?Males nanggepinnya?? 

LAGI-LAGI JAWABAN YANG LUCU!

[Ngakak lagi deh gw, wkwkwkwkkwk...]

Ngapain anda komentar kalau anda malas nanggepinnya?? Ckckckck...

Anda seperti orang FARISI yang banyak bertanya (berkomentar) BUKAN karena ingin BELAJAR, namun hanya ingin mencari-cari kesalahan dengan pertanyaan-pertanyaan yang menjebak!

 

Pesan saya untuk teograce:

BERTOBATLAH teograce! 

Ubahlah Paradigmamu!

[Jika kamu BUKAN seorang KRISTEN, Berdoalah kepada TUHAN SEMESTA ALAM, mintalah agar DIA menyatakan DIRI-NYA sendiri langsung kepadamu!]

Karena biasanya TUHAN itu akan menyatakan Diri-NYA justru kepada orang yang TIDAK PERCAYA.

Yohanes  20:27-28 [TB-LAI]

20:27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah."

20:28 Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!"?

20:29 Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."

?

 

Thaa juga... Teograce!

Teograce... Teograce...  DATANG Tak DIUNDANG,, PERGI Tak DIUSIR!

wkwkwkwk... [just joke]

? 

 

NB: 

MOHON MAAF bung, bila ada (pasti ada) ?kata-kata saya yang menyinggung hati anda.

Saya memang SENGAJA berkata demikian, dengan harapan supaya anda "SADAR" dan Pikiran anda menjadi TERBUKA, sehingga anda PERCAYA akan "INJIL".  Namun, bila anda tidak PERCAYA juga, itu adalah HAK ANDA! :)

 

?

Salam Kasih,

+AYR+

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

guestx's picture

@arvi & teograce, what's up?

gw baca2 ulang lg silang komentar antar arvi dan theo, krn bingung apa yg dipersoalkan sampe2nya ber"thaa-thaa" dan "datang tak diundang, pergi tak diusir". what's up ?

benarkah theo tak prcaya injil? atau atheis (ini gara2nya si b7 yg kasi clue)? atau dari awal lg main farisi-farisian utk menjebak arvi? atau asal komen?

bbrapa diskusi di ss antara org2 'baik-baik' (mnrt pengamatan gw) jd brantakan krn trlalu cepat buat kesimpulan dan salah duga ttg motivasi dan background si partner diskusi. ada kesan gw, bbrp org kristen cenderung 'sensi' (-tif) berlebihan, kurang sense of humor dan kurang sabaran, terutama thd sesama kristen. keknya, kalo si partner diskusi rada2 mulai terasa nyeleneh mikirnya, perlu ditegur cepat2 dan dgn keras agar tak jatuh ke dalam pencobaan. di sisi lain, kalo ada yg diingatkan, cepat-cepat menolak dan bilang  'jangan menghakimi'.

mnrt gw ide ttg injil AYR /arvi di blog ini sesuai ajaran alkitab yg gw yakini (maka gw suka). mnr gw teograce gak lg asal komen, isu ttg doktrin dan indoktrinasi bukan krn menolak injil, tp lg ngajak utk liat apa yg trjdi di kelompok iman seberang dan bhw  sbgn org kristen (bukan AYR) tak beda dgn mereka. 

sori ikutan nimbrung.

o ya, arvi, si teograce itu cewe (cakep lg), baca dong profilnya sebelum manggil dia "bung". teo, jngn ngambek ya...(bisa ngakak si 8 dan bilang kena lo). ha...ha...

__________________

------- XXX -------

teograce's picture

@ guestX

thx you guestX.. some people are just so smart and lovable.. one of them is you.. :p

saya bukan orang sabaran sih..daripada jadi naek darah.. karena saya udah liat ujungnya dimana, mending cao dah.. :D kata orang, yang waras ngalah.. ngomong sepatah kata dibilang sesat.. disuru bertobat.. kalo ngomong lebih panjang lagi, ntar ditengking.. wakakakkakaka...

 

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

mujizat's picture

@Eppin, SERANGAN KEDUA !!

Yang ini :

kalau kita memutuskan untuk memiliki NIAT untuk memberitakan INJIL ( baca = Yesus) , Tuhan kirimkan orang2 (non Kristen) untuk share soal agama.

Kalau dihubungkan dengan ini :

dua pemuda berpakaian ala Amrozi "menginjil" ke rumah saya. 

Kok Jadinya gini :

pura2 ngak denger, sampai mereka pulang sendiri. 

Sayang Juga .... padahal mungkin aja tuh kesempatan memenangkan jiwa ...... hehe ...  cuman komen aja gan .....  

Penginjilan ke "sebelah" memang rada susah ...  rata2 yang sukses cuma penginjil yang berasal dari sebelah juga .... maksud sy yang dulunya memang dr sono aka pindahan ...

Muji:

Iya. Sekitar tahun lalu, "gereja" yang sama mengirim "Missionarisnya" kepada Muji, waktu itu Muji ladenin, terus mereka MINGKEM , lalu ngeloyor pulang, biasa, kalah debat,....

Ketika Muji cerita sama my daughters, mereka ketakutan kalau2 ada "pasukan" yang nyerbu, bisa berabe. Kalau Muji sich ngak papa (pan udah pernah kawin, he he hee - joke) tapi anak2 gadis Muji???

Lalu yang kemarin ini, dua orang yang berbeda tetapi memperkenalkan diri dari "gereja" yang sama. Walau Muji udah jelasin kalau Muji ibadah di "Masjid" bertanda salib (maksud Muji = krezten),...

Eh, besoknya ngotot dateng juga, sambil ngetuk pintu "salamualaikuuum".

Muji takut "kepancing" debat di sarang Muji,...

Hi hiii, kalau Muji yang "nglurug" misalnya di suatu tempat yang - mereka ngak usah ngerti rumah Muji - mungkin Muji siap sampai berdarah-darah, ha haa,...

Yha, mungkin keputusan Muji "ngumpet" salah juga.

Thanks, GBU.

Mujizat

__________________

 Tani Desa

eppin's picture

GBU 2 

GBU 2 

_A.Y.R_'s picture

@mujizat, ber-"Apologetika"-ria

 Shalom,

 

Terima kasih atas atensinya.

 

Btw, A.Y.R bukan A.V.R!

A.Y.R itu inisial dari nama lengkap saya.

 

Mungkin menurut anda dan orang lain yang membacanya bukan hal yang penting untuk mengkoreksi "Inisial".

Tapi menurut saya merupakan hal yg penting untuk mengoreksinya, karena inisial tersebut punya "Makna Spesial".  :D

 

Huh... memang sih huruf 'Y' nya nampak seperti 'V'... :(

Hehehe... 

 

Anda benar, Topik yang saya angkat memang adalah "Topik Lama". Sebuah Topik yang masih terus dibahas dan akan terus dibahas sejak dari zaman Rasul Paulus masih hidup.

Hehehe...

 

Saya cukup senang bila ternyata blog saya yg sederhana ini cukup membantu untuk ber-"Apologetika"-ria.  :P

 

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih .

 

Salam Kasih,

+AYR+

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

SAMMY SIGA's picture

menebak

 A.Y.R itu Allah Bapa, Yesus Kristus n Roh Kudus ya..

salam

__________________

_A.Y.R_'s picture

@SAMMY SIGA, Suka main tebak-tebakan ya?

A.Y.R =  Abba,  Yeshua (Yesus),  Roh kudus.

 

Tebakan anda tepat.  :)

 

Hehehe...

Inisial nama lengkap saya = Inisial TRINITAS.

 

Btw, komentar tidak bisa dihapus ya?

Atau bisa dihapus oleh Admin/SuperUser?

 

 

@Admin/SuperUser:

Sepertinya Server SabdaSpace [sekitar jam 3 pagi kurang] 'error'.

Saya tidak dapat membalas komentar, tapi begitu saya cek sekarang, komentar saya terpost 3x.  :(

Jadi, mohon 2 komentar yang sama (tidak berguna) dihapus saja.

 

Terima kasih.

 

 

Salam Kasih,

+AYR+

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

Kiem's picture

@_A.V.R_, blog ini luar biasa, tapi apa benar umur baru 8 th ?

Salam Damai Sejahtera dan Salam Kenal

Saya sangat tertarik dengan blog ini, dan saya sangat suka

Tetapi saya melihat bio datanya, kelahiran 10 Desember tahun 2002, berarti umurnya baru 8 tahun.

Rasanya mustahil bisa membuat tulisan sebaik ini kalau umur baru 8 tahun.

Kalau umurnya itu salah, saya sarankan diperbaiki saja, agar tidak ada "KEBOHONGAN" atau DUSTA dalam pemberitaan injil yang anda lakukan.

Maju terus dalam pemberitaan mengenai SALIB KRISTUS

Semoga kita dapat saling berbagi dalam pemberitaan mengenai SALIB KRISTUS, sebagaimana kebanggaan Rasul Paulus dalam memberitakan Injil, dia bermegah dalam SALIB KRISTUS.

Sekedar perkenalan, silahkan kunjungi blog saya dan komentari disana :

www.sabdaspace.org/blog/kiem

Tuhan Yesus memberkati

_A.Y.R_'s picture

@Kiem, Terima kasih atas atensinya.

Shalom dan Salam kenal dari saya untuk Mr. Kiem.

 

Terima kasih atas atensinya.

 

"Birthday" saya memang bukan 10 Desember 2002.

Sebelumnya saya memasukan Okt-12-2002 di kolom Birthday.

[Terlihat 10/12/2002]

 

Rupanya saya salah memasukan data!

 

Seharusnya saya memasukan Okt-27- 2002.

[Itu adalah tanggal saat saya "DIBAPTIS" selam].

 

Jadi, tidak salah juga dong kalau saya memasukannya sebagai "BIRTHDAY" saya?  :P  Hehehe...

[NB: Saya memiliki alasan pribadi untuk tidak mencantumkan tanggal lahir saya yang sebenarnya].

Bukankah ada pendapat yang mengatakan "Seseorang itu dapat dikatakan 'Lahir Baru' setelah ia DIBAPTIS SELAM"??

 

Meskipun menurut saya, "Lahir Baru" itu sebenarnya adalah "MISTERI" kapan terjadinya.

Karena, hanya TUHAN yang tahu kapan tepatnya kita sudah "Lahir Baru".

 

Anyway, thanks untuk sarannya.

Kalau ada kesempatan, saya akan mengomentari blog-blog anda juga. :)

 

 

Salam Kasih,

+AYR+

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

Kiem's picture

@AYR, sama dong, yang diingat-ingat adalah hari lahir kembali

Salam Damai Sejahtera

AYR :

Seharusnya saya memasukan Okt-27- 2002.

[Itu adalah tanggal saat saya "DIBAPTIS" selam].

Kiem :

Saya juga sekarang tidak mengingat-ingat lagi hari lahir dari Ibu, tetapi saya ingat hari lahir kembali, sebagaimana saya tuliskan DISINI

Semoga kita dapat saling mengisi di SS ini.

Tuhan Yesus memberkati

PlainBread's picture

Membuktikan iman kristen yang benar, bukan iman agama lain

Apa yang dibilang Teograce di atas sebenarnya sah2 saja, karena kenyataannya memang begitu kan. Seharusnya AYR menyikapinya dengan bijak, menerimanya sebagai suatu kenyataan. Bukan malah mempertanyakan posisi teograce. Di dalam suatu agama, mempertanyakan apa yang dipercaya atau diimani seseorang itu secara gak langsung sudah merupakan "Talak Tiga", alias kalo tidak percaya, berarti "You are NOT one of us".

 

Daripada langsung lompat ke talak tiga, mendingan dibahas dengan santai, bahwa kenyataan yang ada itu tidak seharusnya berhenti sampe di situ:

Kalo memang iman ternyata subyektif, baik itu iman kristen dan iman non-kristen, berarti langkah selanjutnya adalah membuktikan atau menyatakan bahwa iman yang kita pegang itulah yang benar, bukan iman orang lain. Ada juga yang mungkin bisa bilang,"Loh, iman itu sendiri kan adalah bukti, masa mau membuktikan bukti?" Well, benar, kalo kita mau bermain dengan kosa kata. Tapi secara kita berbicara realita.

Kalo dulu iman orang2 Israel dibuktikan dengan tampak mata, misalnya Elia meminta api dari langit untuk korban bakarannya ternyata apinya nyamber. Sementara iman nabi2 palsu yang bertarung dengan Elia ternyata tidak mendatangkan api sama sekali. Mati deh mereka.

Lalu di jaman Yesus juga begitu. Iman orang2 membuahkan peristiwa2 luar biasa.

Apakah di jaman sekarang ini mungkin mesti diberlakukan seperti itu, supaya terlihat mana yang benar dan mana yang salah? Bisa jadi. Mungkin harus lewat mujizat. Mungkin harus lewat logika, ilmu pengetahuan, atau juga filsafat.

Kalo memang mau ngomong soal kebenaran, mungkin jalannya seperti itu. Kalo tidak yah mungkin mirip 2 orang buta yang bertengkar gak habis2nya mengenai sesuatu.

_A.Y.R_'s picture

@PlainBread, Membuktikan IMAN?

Salam kenal dari saya untuk PlainBread.

Terima kasih telah ikut memberikan komentar pada BLOG saya.

 

PlainBread wrote:

Apa yang dibilang Teograce di atas sebenarnya sah2 saja, karena kenyataannya memang begitu kan. Seharusnya AYR menyikapinya dengan bijak, menerimanya sebagai suatu kenyataan. Bukan malah mempertanyakan posisi teograce. Di dalam suatu agama, mempertanyakan apa yang dipercaya atau diimani seseorang itu secara gak langsung sudah merupakan "Talak Tiga", alias kalo tidak percaya, berarti "You are NOT one of us".

+AYR+ comment:

Salahkan saya mempertanyakan posisi teograce??

Hmm.. menurut anda SABDA SPACE itu tempat apa sih bro??

Bukankah SABDA SPACE (KOMUNITAS BLOGGER KRISTEN) adalah Kumpulan (kesatuan) para penulis Blog [Blogger] yang beragama KRISTEN?

Teograce merupakan salah satu Blogger SabdaSpace.

Jadi, tidak salah dong kalau saya menganggap si Teograce ini orang KRISTEN!?



Namun, setelah saya melihat dari komentar-komentarnya, saya melihat teograce seperti BUKAN seorang KRISTEN. Karena, dari komentarnya seolah-olah teograce menyatakan bahwa dirinya juga RAGU (baca: TIDAK PERCAYA) akan "KEBENARAN" yang terdapat di dalam ALKITAB.

Kalau dia NGAKU-NGAKU sebagai seorang KRISTEN tapi RAGU-RAGU akan ALKITAB (Kitab Sucinya orang KRISTEN), mending tidak usah jadi orang KRISTEN.

Oleh sebab itu saya jadi bertanya kepada teograce, APAKAH teograce seorang KRISTEN atau BUKAN!?

Akhirnya saya ketahui setelah Sdr. Bintang Seven memberitahu saya bahwa si teograce itu Atheist yang "tersesat" ke kumpulan orang-orang Kristen.

 

PlainBread wrote:

Kalo memang iman ternyata subyektif, baik itu iman kristen dan iman non-kristen, berarti langkah selanjutnya adalah membuktikan atau menyatakan bahwa iman yang kita pegang itulah yang benar, bukan iman orang lain. Ada juga yang mungkin bisa bilang,"Loh, iman itu sendiri kan adalah bukti, masa mau membuktikan bukti?" Well, benar, kalo kita mau bermain dengan kosa kata. Tapi secara kita berbicara realita.

+AYR+ comment:

Ibrani 11:1 [TB-LAI]

11:1 Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Bagaimana caranya Manusia membuktikan "IMAN"nya bro?

Mungkin, kalau manusia memiliki "MESIN WAKTU" yang bisa membawanya pergi baik ke Masa Lalu maupun Masa Depan yang belum pernah dilihatnya, barulah manusia dapat dikatakan bisa membuktikan "IMAN" nya itu bro. 

 

PlainBread wrote:

Kalo dulu iman orang2 Israel dibuktikan dengan tampak mata, misalnya Elia meminta api dari langit untuk korban bakarannya ternyata apinya nyamber. Sementara iman nabi2 palsu yang bertarung dengan Elia ternyata tidak mendatangkan api sama sekali. Mati deh mereka.

Lalu di jaman Yesus juga begitu. Iman orang2 membuahkan peristiwa2 luar biasa.

 

Apakah di jaman sekarang ini mungkin mesti diberlakukan seperti itu, supaya terlihat mana yang benar dan mana yang salah? Bisa jadi. Mungkin harus lewat mujizat. Mungkin harus lewat logika, ilmu pengetahuan, atau juga filsafat.

 

 

+AYR+ comment:

Membuktikan "IMAN" dengan Mujizat?

Memang, ada orang-orang yang baru menjadi PERCAYA setelah melihat Mujizat [Orang kristen suka menjuluki orang-orang yang demikian dengan istilah "Kristen Tomas", karena baru percaya setelah melihat]



Yohanes 20:25-29 [TB-LAI]

20:25 Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: "Kami telah melihat Tuhan!" Tetapi Tomas berkata kepada mereka: "Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya."

 

20:26 Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!

 

20:27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah."

 

20:28 Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!"

20:29 Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."

 

 

Melihat Mujizat pun TIDAK MENJAMIN seseorang menjadi PERCAYA bro!



Matius 11:20-21 [TB-LAI]

11:20 Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya:

11:21 "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung.

 

Sebagai orang Kristen yang percaya akan "INJIL", kita hanya dapat BERUSAHA memberitakan "INJIL" tersebut kepada orang lain, dan BERDOA semoga TUHAN tidak mengeraskan hati orang tersebut.

Keluaran 7:3 [TB-LAI]

7:3 Tetapi Aku akan mengeraskan hati Firaun, dan Aku akan memperbanyak tanda-tanda dan mujizat-mujizat yang Kubuat di tanah Mesir.

 

Orang tersebut mau percaya atau tidak setelah mendengarkannya, itu bukan menjadi urusan kita.


Roma 10:13-15 [TB-LAI]

10:13 Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan.

10:14 Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya?

10:15 Dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya, jika mereka tidak diutus? Seperti ada tertulis: "Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!"

 

 

Salam Kasih,

+AYR+

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

hai hai's picture

@_A.Y.R_ , Alkitab

_A.Y.R_ , Alkitab. Dari mana kita tahu bahwa ini Alkitab dan itu BUKAN Alkitab? 

Kanonisasi.

Apa yang menjadi dasar KANONISASI? AKAL BUDI manusia.

Adakah pimpinan Roh Kudus? Adakah yang MENENTUKAN kanon sambil MENGAKU dia mendapat ILHAM? Tidak Ada.

Alkitab MUSTAHIL salah WAHYU artinya, mutahil Roh Kudus SALAH memberi Wahyu.

Alkitab MUSTAHIL salah waktu DITULIS karena para penulis hanya MENULIS berdasarkan ILHAM Roh Kudus.

Pertanyaannya adalah SALINAN Alkitab TERTUA yang saat ini kita GUNAKAN berasal dari ABAD ke 4 (EMPAT).

SALINAN!
SALINAN KEBERAPA?

Adakah aliran Teologi yang MEYAKINI bahwa PENYALINAN Alkitab MUSTAHIL SALAH?

YAKIN bahwa Alkitab adalah Firman TUHAN!

Apa yang dimaksudkan dengan YAKIN?

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

_A.Y.R_'s picture

@hai hai, Jadi anda YAKIN atau TIDAK dgn ALKITAB yang sekarang?

==============
Hai Hai Wrote:
==============
_A.Y.R_ , Alkitab. Dari mana kita tahu bahwa ini Alkitab dan itu BUKAN Alkitab? 
Kanonisasi.
 
Apa yang menjadi dasar KANONISASI? AKAL BUDI manusia.
 
==============
+AYR+ Comment:
==============
Hmm... Ok.  Tapi bukankah AKAL BUDI manusia berasal dari Allah?
 
 
==============
Hai Hai Wrote:
==============
Adakah pimpinan Roh Kudus? Adakah yang MENENTUKAN kanon sambil MENGAKU dia mendapat ILHAM? Tidak Ada.
 
==============
+AYR+ Comment:
==============
Jadi, menurut anda tidak ada pimpinan dari ROH KUDUS pada saat KANONISASI??
 
Suka-sukanya "Bapak Gereja" dong ya??
 
==============
Hai Hai Wrote:
==============
Alkitab MUSTAHIL salah WAHYU artinya, mutahil Roh Kudus SALAH memberi Wahyu.
 
Alkitab MUSTAHIL salah waktu DITULIS karena para penulis hanya MENULIS berdasarkan ILHAM Roh Kudus.
 
==============
+AYR+ Comment:
==============
Oke, saya setuju.
 
 
==============
Hai Hai Wrote:
==============
Pertanyaannya adalah SALINAN Alkitab TERTUA yang saat ini kita GUNAKAN berasal dari ABAD ke 4 (EMPAT).
 
SALINAN!
SALINAN KEBERAPA?
 
==============
+AYR+ Comment:
==============
Iya, benar. 
Saya belum tahu pak.
Apakah anda sudah tahu salinan keberapa pak?
Bila sudah, dapatkah anda memberitahukannya kepada saya?
 
 
==============
Hai Hai Wrote:
==============
Adakah aliran Teologi yang MEYAKINI bahwa PENYALINAN Alkitab MUSTAHIL SALAH?
 
YAKIN bahwa Alkitab adalah Firman TUHAN!
 
Apa yang dimaksudkan dengan YAKIN?
 
 
==============
+AYR+ Comment:
==============
 
Namanya yang menyalin masih manusia, mungkin saja saat menyalin bisa Salah sedikit. :D
 
Tapi, bukankah Allah turut bekerja dalam segala sesuatu kan??
 
 
Roma 8:28 [TB-LAI]
8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.
 
 
 
Dapatkan kita mengatakan Allah juga turut bekerja pada saat penyalinan ALKITAB??
 
Bila Allah turut bekerja, MUSTAHIL terjadi kesalahan pada saat penyalinan ALKITAB!
 
Bila memang mungkin terjadi kesalahan pada saat penyalinan ALKITAB, pastilah sudah seizin daripada-NYA.
 
Mungkin saja ada maksud-NYA yang tersembunyi.
 
 
Menurut pak Hai Hai sendiri bagaimana pak?? :)
 
 
yakin a 1 percaya (tahu, mengerti) sungguh-sungguh (merasa pasti tidak salah lagi); 2 sungguh;
[KAMUS BAHASA INDONESIA - hal 1819]
 
Jadi, anda YAKIN atau TIDAK dengan ALKITAB yang sekarang?
 
 
 
Btw, maaf baru membalas sekarang.
Dua bulan lalu saya disibukan oleh sebuah "ACARA" banyak menyita waktu saya. Sehingga saya tidak dapat bersenang-senang di SabdaSpace ini.
 
 
 
 
Salam Kasih,
+AYR+
 
__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

okulasi's picture

 Lukas 20:1 [TB-LAI] 20:1

 Lukas 20:1 [TB-LAI]

20:1 Pada suatu hari ketika Yesus mengajar orang banyak di Bait Allah dan memberitakan Injil, datanglah imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat serta tua-tua ke situ,

menurut AYR  berdasar dari beberapa ayat kutipan tersebut, maka ada seseorang (yang tidak paham tentang "INJIL") menyimpulkan bahwa "INJIL" yang Yesus ajarkan dan beritakan kepada orang Yahudi (Israel) dulu, BERBEDA dengan "INJIL" yang kita yakini sekarang.

Menurut orang yang tidak paham tersebut ada 2 macam injil yaitu:

       - Injil yang diberitakan Yesus

      - Injil yang digunakan kristen sekarang (4 kitab yang sudah dikanonisasi)

menurut AYR:

-injil =Yesus sendiri.dan ini juga yang dipahami sebagian orang         kristen, mungkin termasuk saya.

Jika Injil =Yesus sendiri , berdasar kitab lukas 20:1 berarti benar jika sampai muncul pertanyaan .....lalu yang diberitakan yesus itu injil yang mana? 

Jika Yesus =injil .Maka secara otomatis Dia tidak perlu memberitakan dirinya sendiri,sama dengan kebenaran yang tidak perlu membenarkan dirinya sendiri untuk disebut menjadi benar.

Jadi menurut Matius 11:1,Matius 9:35,Markus 8:35,Lukas 20:1 [TB-LAI]

Injil yang mana yang sedang Yesus Beritakan?

kalau berdasar cerita di ke 4 kitab injil kanonik, maka yang diberitakan yesus adalah tentang  Perjanjian lama dengan pengertian yang benar (misalnya: mengenai sunat , dan makanan haram)dan penggenapan beberapa kitab yang ada disitu (misalnya kitab Yesaya) .

jadi jika yang dipaparkan seperti diatas maka berarti belum menjawab pertanyaan  secara gamblang(lugas) alias masih muter muter.

jadi bagaimana kalu yang disebut kitab injil adalah alkitab....

secara tidak lansung penulis telah menyampaikan hal ini ....tetapi kenapa tidak dengan gamblang saja disampaikan demikian?

......takut  jadi boomerang......hehehehe

 

 

 

_A.Y.R_'s picture

@okulasi, ALKITAB merupakan kitab yg berisi cerita tentang INJIL

============
Okulasi wrote:
============
kalau berdasar cerita di ke 4 kitab injil kanonik, maka yang diberitakan yesus adalah tentang  Perjanjian lama dengan pengertian yang benar (misalnya: mengenai sunat , dan makanan haram)dan penggenapan beberapa kitab yang ada disitu (misalnya kitab Yesaya) .
 
jadi bagaimana kalu yang disebut kitab injil adalah alkitab....

secara tidak lansung penulis telah menyampaikan hal ini ....tetapi kenapa tidak dengan gamblang saja disampaikan demikian?

 

==============

+AYR+ Comment:

==============

ALKITAB (Kejadian s.d. Wahyu) memang menceritakan YESUS KRISTUS (INJIL) .

Dalam mengajar dan memberitakan INJIL (Diri-NYA sendiri), YESUS memang menggunakan PL.

 

Contohnya:

Lukas 4:17-21 [TB-LAI]

4:17 Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis:

4:18 "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku

4:19 untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."

4:20 Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya.

4:21 Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya.

 

Jadi, ALKITAB memang merupakan sebuah Buku / Kitab yang menceritakan "INJIL"

Akan tetapi, tetap saja yang disebut Kitab INJIL adalah Kitab Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes. Karena kitab Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes menceritakan secara SPESIFIK tentang Riwayat YESUS KRISTUS (KEKUATAN ALLAH) selama IA didunia ini.

 

Salam Kasih,

+AYR+

 

NB:

Btw, mohon maaf saya baru sempat membalas komentar anda sekarang. Dua bulan yang lalu saya disibukkan dengan sebuah "ACARA" yang menyita banyak waktu saya, sehingga tidak sempat membalas komentar dari anda dan teman-teman BLOGGER SS lainnya yang mampir di "kios" saya... :D

__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]

KEN's picture

AYR: Pala lu palsu!

Hal ini dilatarbelakangi oleh karena PERTANYAAN dan PERNYATAAN dari seseorang yang mengatakan bahwa:

"INJIL" yang orang Kristen baca dan yakini saat ini adalah "INJIL" Palsu, Bukan "INJIL" yang diberitakan oleh Yesus.

 

 

Jawab aja begitu ke orangnya.

Jujur, saya bukan hanya berani berkata demikian di SS, tapi di kenyataanpun saya berani "semprot" orang demikian.

 

Otaknya udah kecangkok ama otak anjing tuh, makanya mulutnya cuma bisa dipakai buat menggonggong!

_A.Y.R_'s picture

@Ken, Mending kita DIAM saja bro!

 Wah, kalau kita jawab seperti itu. Yang ada orang itu tidak akan mau "BELAJAR" lagi bro...
 
 
I Petrus 3:15-16

3:15 Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat,
3:16 dan dengan hati nurani yang murni, supaya mereka, yang memfitnah kamu karena hidupmu yang saleh dalam Kristus, menjadi malu karena fitnahan mereka itu.
 
Biarlah kita menjelaskannya dengan penuh KASIH. 
 
Kalau kita belum dapat mengendalikan emosi kita, lebih baik kita cuekin orang tersebut saja.
 
 
Salam Kasih,
+AYR+
 
 
NB:

Btw, mohon maaf saya baru sempat membalas komentar anda sekarang. Dua bulan yang lalu saya disibukkan dengan sebuah "ACARA" yang menyita banyak waktu saya, sehingga tidak sempat membalas komentar dari anda dan teman-teman BLOGGER SS lainnya yang mampir di "kios" saya... :D

 
__________________

Efesus 6:14-17
6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,
6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera;
6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,
6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,
[TB-LAI]