Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Adam Bukan Manusia Pertama Ciptaan ALLAH (Manusia Dewasa Adalah Gambar Allah)

Tante Paku's picture

 

     MEMPELAJARI tentang Kitab Kejadian sering kita tidak menyadari banyak hal yang tidak ketahui, tetapi sedikit demi sedikit misteri Allah Tritunggal dalam Kitab Kejadian tersebut mulai terkuak lewat hikmat yang diterima oleh mereka yang mampu menangkap hikmatNya dengan baik. Kita tentu tidak menyadari bahwa selama ini Gelap adalah Allah adalah Tuhan Yang Maha Mulia, karena selama ini kita hanya mengenal Allah adalah Terang, kita mengenal Terang karena Allah memang telah memperkenalkan dirinya pada kita agar memahamiNya bahwa "gelap dan terang" dan "Gelap dan Terang" adalah Allah sendiri. Semua ini telah dikupas secara mendalam pada blognya Hai Hai, semoga menjadi berkat bagi yang belum memahaminya, jika mau memahaminya tanpa prasangka terlebih dahulu. Jika belum memahaminya, masih banyak waktu untuk mempelajarinya dan mengujinya.

     Ketika membaca blog Hai Hai "Yesus Bukan Anak Maria-Misteri Peta Teladan Allah", saya tertarik untuk menuliskan blog yang berkaitan dengan penciptaan manusia pertama, yang banyak orang meyakini Adamlah manusia pertama yang diciptakan Allah di taman Eden., benarkah demikian?

Hai Hai : "Sebagian orang Kristen percaya bahwa Adam dan Hawa diciptakan dengan tubuh dewasa sementara yang lainnya percaya bahwa Adam dan Hawa diciptakan sebagai janin yang lalu tumbuh dewasa. Mereka yang percaya Adam dan Hawa diciptakan dengan tubuh dewasa yakin bahwa Allah menciptakan Adam seperti Geppetto menciptakan Pinokio. Allah membuat orang-orangan tanah lalu menghembuskan Nafas Hidup ke hidungnya maka arca itupun berubah menjadi manusia yang sudah bisa berbicara dan berpengetahuan. Alkitab memang tidak mencatatnya secara gamblang namun kita dapat menarik kesimpulan bahwa Adam dan Hawa diciptakan dalam bentuk janin yang lalu tumbuh dewasa. Sesungguhnya kelahiran Kristus menjadi manusia adalah gambaran penciptaan Adam dan Hawa.

     Sebelum kita menentukan apakah Adam dan Hawa diciptakan dengan tubuh dewasa atau sebagai janin, walau Alkitab tidak mencatatnya, namun kita mencoba menelusuri Kitab Kejadian ayat demi ayat untuk mendukung hal penciptaan manusia pertama tersebut.

     Kalau kita melihat Kitab Kejadian 1 : 26 :

     Berfirmanlah Allah : "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

     Dari ayat ini Allah sudah menciptakan manusia menurut gambar rupa Kita (menunjuk pada Allah Tritunggal). Allah sudah menciptakan manusia sebelum Adam diciptakan. Manusia sudah diciptakan di bumi sebelum Taman Eden dibuat. Dalam firmanNya tidak disebutkan berapa jumlah manusia yang diciptakan oleh Allah, tetapi tentu lebih dari seorang, ini merujuk pada kalimat "Kita dan mereka" tentu lebih dari seorang bukan?

     Pada ayat berikutnya, Kitab Kejadian 1 : 27 :

     Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia ; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

     Ayat tersebut semakin mempertegas bahwa Allah telah menciptakan manusia menurut gambar-Nya, laki-laki dan perempuan sekaligus, tanpa dijelaskan "materi" dari apa manusia laki-laki dan perempuan itu diciptakan-Nya. Mereka tidak diciptakan dari "debu tanah" atau dari "tanah". Mungkinkah mereka diciptakan dari "firman" Allah? Karena hanya dengan berfirmanlah Allah menjadikan manusia SEBELUM Adam diciptakan. Laki-laki dan perempuan yang berasal dari "firman" adalah penghuni pertama bumi dan menguasai seluruh bumi, karena memang Allah menginginkan-Nya.

     Kitab Kejadian 1: 28 semakin mempertegas firman di atas :

     Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka : "Beranakcuculah dan bertambah banyak ; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."

     Dari ayat tersebut kita bisa menarik kesimpulan bahwa Allah menciptakan laki-laki dan perempuan dalam wujud "sudah dewasa". Mustahil Allah menciptakan manusia-manusia tersebut dalam bentuk "janin atau bayi" karena firman-Nya secara gamblang mengatakan "menurut gambar dan rupa Kita" Kalau Allah menciptakan dalam bentuk janin atau bayi tidak perlulah Allah mengatakan seperti gambar dan rupa Kita.

     Allah menjadikan laki-laki dan perempuan pertama di bumi dalam bentuk dewasa, oleh sebab itulah Allah berfirman "Beranakcuculah dan bertambah banyak" untuk memenuhi bumi serta mengelola segala isinya, baik binatang-binatang maupun tumbuh-tumbuhan. Ini jelas Allah menciptakan mereka lebih dari sepasang,barangkali saja agar tidak terjadi perkawinan sedarah (incest) yang rupanya Allah sendiri sudah mengaturnya sedemikian sempurna.Jadi kalau menilik sejarah kepurbakalaan tentang ditemukannya jejak atau fosil manusia purba atau binatang purba, bisa jadi adalah ciptaan pertama Allah sebelum Adam dicipta.

     Demikianlah gambaran awal Allah menciptakan manusia pertama.  Tetapi ketika kita melanjutkan pada Kitab Kejadian bab 2 : 1-7, ada hal yang membuat kita bertanya lebih lanjut.

1. Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya.

2. Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu.

3. Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.

4. Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan. Ketika Tuhan Allah menjadikan bumi dan langit,

5. belum ada semak apap pun di bumi, belum timbul tumbuh-tumbuhan apap pun di padang, sebab Tuhan Allah belum menurunkan hujan ke bumi, dan belum ada orang untuk mengusahakan itu ;

6. tetapi ada kabut naik ke atas dari bumi dan membasahi seluruh permukaan itu.

7. ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya ; demikianlah manusia itu menjadi mahluk yang hidup.

     Lalu bagaimana "nasib laki-laki dan perempuan" yang telah diciptakan tersebut? Apakah mereka hidup tanpa makan minum? Karena mereka diciptakan dari firman Allah. Kalau mereka membutuhkan makan apakah mereka hanya makan dari ikan-ikan, burung-burung atau binatang di bumi? Karena tumbuh-tumbuhan belum ada sebab Tuhan Allah belum menurunkan hujan. Dan bagaimana kita menjelaskan tentang Kej. 2 :5 yang mengatakan BELUM ADA ORANG, padahal pada Kej. 1 : 26  Allah sudah menjadikan manusia?

     Kitab Kejadian 2 : 8 mencatat, Tuhan Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur (bagian dari bumi tentunya) dan menempatkan manusia yang dibentuk-Nya dari debu tanah itu.

     Jelas taman Eden adalah bagian dari bumi dan Adam menempati taman tersebut, terpisah dari "pergaulan" manusia bumi lainnya. Secara special Tuhan Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang baik dan menarik untuk dimakan buahnya, dan pohon kehidupan ditengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat. (Kej. 2:9)

     Dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa Adam manusia "pertama" ciptaan Tuhan Allah yang berasal dari "debu tanah" bukan dari "firman Allah". Adam ditempatkan tersendiri tanpa bersentuhan atau bergaul bahkan mengenal manusia-manusia "lain" sebelum dia ada. Adam adalah manusia"ciptaan Allah yang cukup "istimewa" bahkan boleh dikatakan "kesayangan" Tuhan Allah, buktinya dibuatkan tempat tersendiri, jauh dari "manusia ciptaan-Nya" yang lain.

     Adam pun menurut saya diciptakan dalam bentuk manusia dewasa, tentu saja dengan rujukan pada Kitab Kejadian 2:15-16 :

15. Tuhan Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.

16. Lalu Tuhan Allah memberi perintah ini kepada manusia"Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,

     Apakah mungkin jikalau Adam masih "bayi" atau "anak-anak",  Allah memberi perintah demikian? Mengusahakan dan memelihara taman tentu bukan pekerjaan seorang bayi, melainkan seorang laki-laki dewasa.

     Hal tersebut semakin dipertegas pada ayat berikutnya, tetapi bukan ayat 17 (ayat ini Hai Hai sudah menjelaskannya dan masih diperdebatkan oleh yang belum atau ingin lebih jauh memahaminya), melainkan pada ayat 18.

18. Tuhan Allah berfirman :"Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia."

     Pada ayat 19-20, Tuhan Allah membentuk dari tanah segala binatang dan dibawa kepada manusia untuk diberinya nama, toh manusia itu tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.

21. Lalu Tuhan Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, Tuhan Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging.

22. Dan dari rusuk yang diambil Tuhan Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia.

     Disini Tuhan Allah ada yang bertindak sebagai "arsitek" dan juga "dokter bedah" untuk membentuk manusia yang sepadan dengan Adam. Hawa tentulah ciptaan yang "special" untuk Adam, berbeda dengan perempuan-perempuan ciptaanNya yang terdahulu itu. Kata "SEPADAN" inilah yang menjelaskan bahwa Hawa diciptakan sebagai "perempuan dewasa", bukan bayi yang diasuh terlebih dahulu oleh Adam. Mustahil Hawa diciptakan dalam bentuk bayi, sementara Tuhan Allah akan menjadikan penolong yang "sepadan" untuk Adam.

Hai Hai :  " Manusia makluk BELAJAR. Bayi-bayi dilahirkan dengan PENGETAHUAN NOL. Bayi-bayi bertumbuh-kembang dan mendapatkan pengetahuannya dari belajar. Anda bisa membayangkan apa yang akan terjadi apabila Adam diciptakan dengan tubuh lelaki berumur 20 tahun sementara pengetahuannya sama dengan bayi berumur 1 hari? Yang dilakukannya akan membawa akibat yang sangat mengerikan bukan?"

     Jelas Adam tidak diciptakan sebagai manusia dewasa dengan pengetahuan seperti bayi. Bagaimana mungkin Tuhan Allah memberi  perintah kepada manusia untuk mengusahakan dan memeilhara taman kepada laki-laki dewasa dengan pengetahuan seperti bayi? Mana mungkin Tuhan Allah memberi perintah kepada bayi atau anak-anak, jikalau Adam diciptakan dalam bentuk bayi atau anak-anak? Apalagi mengusahakan dan memelihara taman tentu bukan pekerjaan mudah bukan?

Hai Hai : "Adam memiliki PENGETAHUAN NOL ketika diciptakan. Pengetahuannya di dapat dari belajar. Dengan cara demikianlah dia dapat memahami dirinya dan dunianya dengan benar. Hawa diciptakan dalam bentuk bayi yang lalu tumbuh dewasa di bawah perawatan dan pengasuhan Adam. Dengan demikianlah Hawa dapat memahami dirinya dan dunianya dengan benar. Dengan demikianlah manusia dapat memahami sesama manusia dengan benar. Mungkin itulah alasan kenapa Hawa tidak diciptakan bersamaan dengan Adam. TUHAN Allah ingin memberi kesempatan kepada Adam untuk memahami anak-anak dan kesempatan kepada Hawa untuk memahami orang dewasa selama menjadi anak-anak. Dengan demikianlah keduanya bisa saling belajar dan mengajari dengan benar. Learning by doing, belajar dengan melakukannya. Itu sebabnya Adam dan Hawa tidak tahu apa yang baik dan yang jahat sebelum keduanya berbuat jahat.

     Adam memiliki pengetahuan nol saya kira perlu dikaji ulang lagi bila melihat ayat 15,16 dan 18. Demikian juga Hawa bila diciptakan dalam bentuk bayi, tentu tidak sesuai dengan ayat itu juga.

Hai Hai : "Adam belajar tentang alam dengan mempelajari alam. Dia belajar tentang tumbuhan dengan mempelajari tumbuhan. Dia belajar tentang binatang dengan bergaul dengan binatang. Dia belajar tentang manusia dengan bergaul dengan Hawa. Dia belajar tentang Allah dari TUHAN Allah. Adam lalu mengajarkan apa yang dipahaminya kepada Hawa. Hawa belajar dari Adam dan belajar dari lingkungannya.

      Ketika mempelajari alam, Adam tahu bahwa dia bukan bagian dari alam namun lebih hebat dari alam. Dia tidak menemukan penolong yang sepadan di dalam alam.

      Ketika mempelajari tumbuh-tumbuhan, Adam tahu bahwa dia bukan bagian dari tumbuh-tumbuhan namun lebih hebat dari tumbuh-tumbuhan. Dia tidak menemukan penolong yang sepadan di antara tumbuh-tumbuhan.

     Ketika bergaul dengan binatang-binatang pada mulanya Adam menemukan penolong yang sepadan, namun kemudian dia menyadari bahwa dia bukan bagian dari binatang-binatang namun lebih hebat dari binatang. Dia tidak menemukan penolong yang sepadan di antara binatang."

      Pendapat di atas bisa kita terima karena kenyataannya pastilah demikian adanya.

Hai Hai :  "Ketika bergaul dengan Hawa Adam menemukan bahwa pada mulanya Hawa bukan penolong yang sepadan namun dengan berlalunya waktu Hawa semakin sepadan dengan dirinya. Dia menolong Hawa untuk memahami banyak hal dan Hawa menolongnya untuk memahami berbagai hal. Hawa memang penolong yang sepadan namun Hawa juga lawan yang sepadan. Hawa belajar dengan cepat dan mampu memahami dengan baik bahkan Hawa memahami banyak hal yang tidak dipahami Adam. Pada waktu tertentu Hawa mematuhinya namun pada waktu yang lain Hawa menentangnya. Untuk banyak hal Hawa belajar darinya namun ada berbagai hal yang dia pelajari dari Hawa."

     Hawa memang sepadan dengan Adam ketika Hawa diciptakan dalam bentuk dewasa seperti Adam, tetapi kalau Hawa dibentuk seperti bayi, jelas bukan penolong yang sepadan. Tidak mungkin Tuhan Allah memberikan penolong yang sepadan tetapi "menunggu waktu berlalu" hingga Hawa dewasa. Tuhan Allah tentu bekerja DENGAN CEPAT, melebihi kecepatan manusia dalam SEGALA HAL bila dikehendakiNya.

     Saya akan mengambil sebuah illustrasi untuk memudahkan berfikir, jika saya diberi kuasa untuk mencipta, saya akan menciptakan manusia yang segambar dengan saya, mungkin lebih dari satu, agar membantu pekerjaan saya tentunya. Sebagai pencipta saya akan santai-santai saja di rumah, biarkan ciptaan saya itu bekerja sesuai perintah saya. Tentu saja saya juga akan membuat suatu larangan : "Jangan kau pegang buah dada perempuan-perempuan, jika kamu memegangnya, pastilah engkau mati." Ya kalau mereka main perempuan karena menikmati buah dada perempuan kan saya  jadi repot, pekerjaannya terganggu dan setorannya pasti berkurang atau bahkan hilang gara-gara suka main dada perempuan, kan berabe.

     Sebagai pencipta, saya tidak mau repot-repot menciptakan bayi, saya lebih suka menciptakan yang langsung bisa dimanfaatkan atau diperintah. Saya kira Tuhan Allah dalam mencipta manusia laki-laki dan perempuan, juga Adam dan Hawa tidak akan serepot jika menciptakan dalam bentuk bayi. Janin hasil pertemuan sel telur dan sperma adalah kelanjutan dari hasil ciptaanNya. "Beranakcuculah dan bertambah banyak ; penuhilah bumi...(Kej 1:28).

     Sebelum Adam melanggar larangannya, di luar taman Eden ada kehidupan manusia laki-laki dan perempuan. Dari sini bisa terjawab, anak Adam dan Hawa kelak akan menikah dengan anak manusia lain yang bukan keturunan Adam. Adam adalah "blue print" Tuhan Allah untuk kelak kemudian hari salah satu dari keturunannya menjadi "perantara" hadirnya Anak Manusia yang akan menunjukkan Kerajaan Allah yang sesungguhnya.

 

Semoga Bermanfaat Walau Tak Sependapat.

 

 

 

 

 

kabarsukacita's picture

@Tante Paku ... Adam manusia pertama

Saya pernah dengar statement bahwa ada manusia sebelum Adam (kalau tidak salah saya denger dari gereja Berea). Sampai cara menerangkannya juga hampir sama dengan anda.

Dan dasar ayat yang dipakai juga seperti yang anda pakai... tetapi setelah saya mencoba selidiki rasanya kok salah juga kalau Adam bukan manusia pertama.

Kalau Adam yang pertama, seringkali akan dijebak oleh beberapa orang yang mengatakan "Dengan siapa Kain menikah?" he..he...ayo..cari sama2...

Kalau menurut anda, adam bukan yang pertama, mestinya kita harus menghapus ayat2 dibawah ini ... he...he..

(1 Corinthians 15:46)  Tetapi yang mula-mula datang bukanlah yang rohaniah, tetapi yang alamiah; kemudian barulah datang yang rohaniah.

(1 Corinthians 15:47)  Manusia pertama berasal dari debu tanah dan bersifat jasmani, manusia kedua berasal dari sorga.

 Mari kita sama2 uji lagi...he..he...

Tante Paku pernah baca buku "101 Penjelasan atas Tuduhan Kontradiksi Dalam Alkitab" oleh Jay Smith?

Salam Kenal

__________________

.: "Tuhan Yesus adalah Yang Awal dan Yang Akhir.
Dia-lah Jalan, Kebenaran, Kebangkitan, dan Kehidupan." :.

Tante Paku's picture

Adam manusia pertama dari debu tanah.

kabarsukacita, Adam memang manusia pertama yang berasal dari debu tanah. Demikian juga Hawa perempuan pertama dari tulang rusuk.

Lalu bagaimana anda menangkap Firman pada Kejadian 1:26-27 ?

Kain menikah jelas bukan dengan anak Adam yang lain. Tetapi dengan anak manusia yang lain, manusia lain ciptaan Allah pada Kejadian 1:26.

Saya menulis itu dari membaca Kitab Kejadian, tidak tahu/tidak mudeng gereja Berea. Bukankah semua sudah saya jelaskan dengan rujukan Firman Tuhan dalam ayat-ayat Kejadian tersebut? Barangkali ada tambahan biar saya semakin memahami.

Terima kasih.

Bereans's picture

@tante paku @kabar sukacita

Salam tante paku.

Saya adalah orang berea, kami memang mengakui ada manusia sebelum adam. Sebenarnya sudah saya tulis selintas dalam komentar saya terhadap pniel mengenai adam dan nephilim dalam kolom komentar blognya hai-hai mengenai kenapa adam dan hawa tidak mati.

Baiknya saya coba jelaskan sedikit mengenai Adam adalah manusia roh pertama, bukan manusia daging pertama.

Kejadian 1:27 katakan:"maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia, laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka."

Allah menciptakan manusia dan binatang pada hari keenam. Tidak ada perbedaan hari antara manusia dan binatang diciptakan. Allah hanya menciptakan jenis kelamin jantan dan betina. Allah menciptakan binatang  jadilah Kejadian 1:24 maka binatang jadi, hidup dan berjalan. Manusia diciptakan oleh Allah pada hari keenam, maka manusia itu laki-laki dan perempuan langsung jadi hidup dan berjalan. Kalau ada yang bilang bahwa manusia belum jadi itu hanya rencana berarti apa? berarti manusia diciptakan oleh Allah lebih rendah dari binatang. Mengapa? karena binatang diciptakan oleh Allah langsung jadi hidup dan berjalan apalagi manusia. Apakah manusia lebih rendah dari binatang?

Mahluk jenis apakah yang diciptakan oleh Allah pada hari keenam? Hari keenam Allah juga menciptakan binatang. Binatang terdiri dari tubuh dan jiwa yang merasa. Binatang hidup bersandar pada panca indera. Oleh sebab itu jika binatang mati maka tubuhnya juga akan lenyap.

Allah menciptakan manusia di hari keenam. Karena diciptakan pada hari yang sama maka manusia juga tidak luput dari jenis kelamin. Manusia diciptakan oleh Allah laki-laki dan perempuan (jamak) dan langsung jadi. Manusia yang diciptakan oleh Allah ini terdiri tubuh dan jiwa saja. Jiwa ini meliputi emosi, intelektual dan keinginan. Karena sudah ada ketiga hal tersebut maka sudah ada moral, etika dan kebudayaan yang tinggi. Karena hanya terdiri dari tubuh dan jiwa saja maka untuk kesalahan mereka, maka hanya dibumi saja penghukuman bagi mereka. Mereka mengenal Allah yang samar-samar maka mereka sebut Elohim. Tidak ada kehidupan setelah kematian karena mereka hanya terdiri dari tubuh dan jiwa saja.

Allah menciptakan manusia laki-laki dan perempuan (jamak). Tugas mereka hanya memenuhi bumi dan makanan mereka adalah tumbuhan yang berbiji dan pohon yang buahnya berbiji. Tugas mereka hanya beranak cucu dan memenuhi bumi maka mereka seperti binatang yang memiliki musim kawin. Karena jika tidak seperti binatang yang memiliki musim kawin untuk apa Allah perintahkan mereka untuk beranak cucu dan penuhi bumi?

Ada selang waktu yang panjang dan lama sekali sampai keturunan mereka laki-laki dan perempuan memenuhi bumi. Kemudian Allah membuat taman di Eden lalu memilih satu dari orang-orang yang memenuhi bumi dan dihembuskan roh, sehingga yang tadinya hanya terdiri dari tubuh dan jiwa saja sekarang menjadi keberadaan roh. Yang tadinya makan dari buah dan tumbuhan yang berbiji sekarang hidup dari perintah Allah juga. Oleh sebab itu Yesus katakan dalam Matius 4:4 manusia bukan hidup dari roti saja tetapi dari firman yang keluar dari mulut Allah. Setelah menjadi keberadaan roh maka manusia yang memiliki roh selain hidup dari tumbuhan yang berbiji dan buah juga firman / perintah Allah.

Setelah satu orang yang dipilih yang lain dikemanakan? Mengapa satu orang yang dipilih? Maleakhi 2:15 katakan bahwa untuk datang nya Yesus dalam Roh. Maleakhi katakan untuk apa Allah menciptakan satu roh, meski disorga dan diangkasa banyak roh? untuk datangnya Yesus dalam roh

Kejadian 2:4-7 Allah menceritakan kembali dari kegelapan munculnya air dari air munculnya daratan dan dari daratan munculnya manusia dimana daratan adalah bahan pembuat manusia, dari manusia munculnya Anak Manusia (Yesus). Tidak ada penciptaan 2X, tidak ada kematian 2X, tidak ada penyaliban 2X. Allah bekerja terus meskipun manusia yang bertemu Allah berganti-ganti, tetapi pekerjaan Allah terus menerus tidak ada yang berulang.

Kejadian 2:7 katakan ketika itulah Tuhan Allah menjadikan manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan roh ke dalam hidungnya sehingga manusia itu menjadi keberadaan roh. Sebelumnya manusia itu hanya bersandar pada kebudayaan dan peradaban setelah dihembuskan roh hidupnya bergantung pada perintah selain dari makanan.

Yang tidak dipilih oleh Allah adalah yang tidak memiliki roh maka mereka dilenyapkan oleh Allah pada air bah zaman Nuh. Mengapa oleh air? karena dari air muncul daratan pada kisah penciptaan. dan daratan inilah yang menjadi bahan pembuat manusia. Setelah manusia menjadi keberadaan roh maka Allah membuat tanda dilangit (pelangi) sehingga setelah menjadi keberadaan roh Allah tidak menenggelamkan manusia dengan air, karena setelah menjadi keberadaan roh binasa hanya dengan api.

Tugas manusia yang memiliki roh itu di taman eden adalah mentaati perintah dari Tuhan Allah. Manusia-manusia di luar taman eden termasuk orang tua Adam tidak bisa masuk ke dalam taman eden karena dijaga oleh malaikat/api yang menyambar-nyambar. Manusia itu sendiri bersama dengan binatang-binatang, tetapi kerena sudah memiliki peradaban dan kebudayaan yang tinggi maka dia bisa memberi nama kepada binatang-binatang.

Kejadian 3:21-25 katakan Allah membangun seorang perempuan lalu dibawa kepada manusia itu. Lalu berkatalah manusia itu, inilah dia tulang dari tulangku dan daging dari dagingku...ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki....sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan akan bersatu dengan istrinya sehingga keduanya menjadi satu daging. Untuk apa keduanya menjadi satu daging? Maleakhi 2:15 katakan: Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi! yaitu Yesus.

Ya, Allah menjadikan Adam dan Hawa untuk datangnya Yesus dalam roh. Oleh sebab itu Allah tidak menciptakan 2 roh tetapi 1 roh yaitu roh adam. Hawa tidak diciptakan sendiri tetapi diambil dari tulang rusuk adam, mengapa? supaya rohnya Hawa dibagikan dari roh adam. Jika Allah menciptakan Adam dan hawa konsekuensinya Allah menciptakan 2 roh. Jika Allah menciptakan 2 roh, Yesus datang dari roh siapa dan Yesus datang untuk menebus dosa roh jiwa siapa? Jadi dasar bahwa Adam dan hawa manusia pertama adalah tidak berdasar sama sekali.

Adam sudah memiliki orang tua, dan adam sendiri dari kampung asalnya juga sebelumnya termasuk orang-orang yang tidak memiliki roh, tetapi dipilih oleh Allah karena paling unggul, orang-orang yang tidak dipilih disebut nephilim dari kata naphal yang artinya gugur/tidak dipilih.

Adam punya orang tua dan puser, tetapi hawa tidak punya orang tua dan puser, jika adam tidak punya orang tua maka Kejadian 3:24 ayatnya akan berubah menjadi seperti ini, Oleh sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya , bersatu dengan istrinya sehingga menjadi satu daging.

Dari ayat itu menunjukkan bahwa adam punya orang tua, tetapi karena sudah menolak adam bukanlah manusia daging pertama maka ayat itu dikatakan untuk pernikahan orang kristen. Sepertinya sanggahannya masuk akal tetapi tidak ada dasarnya. Alkitab adalah cerita Yesus. Alkitab adalah cerita Yesus, Yesus, dan hanya Yesus bukan untuk manusia. Dalam Lukas 24:27 sudah dikatakan oleh Yesus bahwa kitab Musa dan para nabi menceritakan tentang Dia.

Setelah Adam dan Hawa berdosa, adam kembali ke kampung halamannya dalam Kejadian 3:23 dikatakan Lalu Tuhan Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.

Di luar taman Eden Adam kembali kepada orang-orang yang tidak memiliki roh. Kembali bergaul dengan orang-orang yang tidak memiliki roh. Kemudian manusia itu bersetubuh dan melahirkan anak yaitu Kain dan adiknya Habel.

Kain menjadi petani dan Habel menjadi gembala kambing domba. Kalau kita kembali kepada pelajaran sekolah, kita tahu ada manusia jaman batu lama dan manusia jaman batu baru yang mana bedanya 10.000 tahun lebih. Manusia jaman batu lama hidupnya di-goa. manusia jaman batu baru hidupnya mulai dengan bertani dan berternak.

Berarti adam dan anaknya hidup pada jaman batu baru. Jika dikatakan adam manusia pertama berarti adam hidup pada jaman batu lama dan karena anaknya sudah berternak dan bertani berarti anaknya hidup pada jaman batu baru. Apakah mungkin anak dan bapaknya hidup dalam 2 jaman yang berbeda?  yang bedanya 10,000 tahun?

Setelah kain membunuh adiknya Habel, kain begitu takut dengan orang-orang yang akan membunuhnya. Mengapa? karena mereka sudah memiliki peradaban dan kebudayaan yang tinggi, mereka juga sudah bisa membangun menara babel. Jika tidak  memiliki kebudayaan yang tinggi bagaimana bisa? Mereka juga sudah mengenal moral yang tinggi makanya mereka mengenal kasih sayang persaudaraan.

Jika Adam dan Hawa adalah manusia pertama mengapa kain takut dengan orang-orang yang akan ditemuinya setelah dia membunuh adiknya. Setelah Kain membunuh adiknya dikatakan dalam kejadian 4:13 Tuhan, hukumanku itu lebih berat daripada apa yang dapat kutanggung. Engkau mengahalau aku dan sekarang aku menjadi pelarian dan pengembara di bumi dan barangsiapa yang akan bertemu dengan aku tentulah akan membunuh aku. Jika tidak ada manusia selain adam, hawa dan kain untuk apa kain takut? Dan diayat 15 dikatakan Tuhan menaruh tanda pada kain supaya ia jangan dibunuh oleh barangsiapapun yang bertemu dengan dia.

Lalu kain bersetubuh dengan istrinya yang adalah orang-orang yang tidak memiliki roh dan cantik-cantik. Lalu kain mendirikan suatu kota. Jika belum ada manusia untuk apa kain mendirikan suatu kota, jika kain hanya berdua dengan istrinya? jika dinamakan kota berarti sudah banyak manusia, sudah ada aturan batas-batas daerah dll.

Adam punya roh, hawa punya roh, kain punya roh, istrinya tidak ada roh, anak kain tidak memiliki roh. 1x1=1, 1x0=0. Yang punya roh kawin dengan yang punya roh anaknya punya roh. Yang punya roh kawin dengan yang tidak punya roh anaknya tidak punya roh.

Karena terjadi perkawinan campur antara yang punya roh dan tidak maka Allah merasa takut juga karena kalau sampai manusia kawin campur dan manusia hilang rohnya maka Anak-Nya tidak bisa datang dalam roh maka Allah membinasakan manusia yang tidak ada roh dengan air bah zaman Nuh. Hanya 8 orang keluarga Nuh saja yang memiliki roh. Kejadian 6:9 dikatakan Nuh memelihara roh jiwanya/bergaul erat dengan Allah.

Ada yang katakan tidak boleh ada perkawinan sedarah? Tetapi kenyataannya Allah belum menetapkan dosa. karena dengan Hukum taurat Allah baru menetapkan dosa. HT diberikan pada Musa untuk Allah menetapkan dosa.

NB: bagi yang tidak setuju silahkan buat cerita dari kejadian 1-11. Buktikan bahwa Adam dan hawa adalah manusia pertama.

 

 

Dwi Jaya's picture

@ Kristen Berea

Sebelum buku Ki Dong Kim itu, di Gramedia sudah ada buku yg ditulis hamba Tuhan Indonesia yg diterbitkan Andi Offset kalo ndak salah, yg ada gambar Kera yg berevolusi.....

Kisahnya sama dengan kisah anda di atas...

Sangat aneh, ada manusia Jiwa dan Tubuh, lalu Adam=Manusia Jiwa, Tubuh dan Roh, Kain nikah dg manusia yg hanya Tubuh dan Jiwa....

Ehm ajaran aneh dan tidak Alkitabiah, semoga tdk dibuat hanya untuk memuaskan Ilmu FOSIl2.... yg Teori C-14 masih diragukan beberapa ahli /scientist, Kristen yg juga belajar ilmu mengukur usia Fosil....

Kej 1, itu kisah singkat prolog, Kej 2 baru kisah mulai detail karena mau dihubungkan dengan Kejadian 3 soal Kejatuhan Manusia dalam Dosa, Kej 4 Hawa melahirkan Kain, Habel, dan Set, Kej 5 baru cerita singkat nama2 Keturunan Adam dan Hawa, sbg prolog untuk menuju Kej 6 soal Kejahatan Keturunan Adam dan Hawa dan Air Bah.

Teori ini hanya teori, TIDAK ALKITABIAH......

mengenai Manusia selain Kain, ingat Adam dan Hawa punya anak selain Kain, Habel, dan Set, ada anak laki2 dan perempuan, lalu ingat juga usia Adam dan Hawa itu 900an lebih, so anak cucu mereka sangat mungkin sudah beranak cucu, jadi manusia waktu Kain bunuh Habel, sudah banyak.....

Ingat musa selaku penulis 5 Kitab, tentu tidak detail semua hal perlu diceritakan, Roh Kudus bimbing dia catat yg penting2 saja, maka biasanya selalu ada prolog untuk cerita berikutnya.... Kej 4 meski tidak tertulis ada manusia2 lain selain Adam, Hawa, Kain, Habel, bukan berarti benar2 tidak ada, dan hanya ada mereka saja, Kej 5 ayat 1-4 jelaskan adanya manusia2 lain itu.... untuk menuju pembuka ke Kej 6

Matius 6:33

__________________

Matius 6:33

Bereans's picture

@dwi jaya

Salam dwi jaya

Oh, penulis itu toh yang mengatakan ada manusia sebelum adam, saya sudah pernah ketemu dengan orangnya, dia orang kerawang. saya tanya mengapa dia tahu ada manusia sebelum adam? ternyata dia murid Jung Il Kuk. Saya kasih tahu dia Jung il Kuk itu murid guru saya. Saya bilang ke penulis itu jika tidak minta ijin kepada guru saya maka dia akan dituntut melakukan Palgiator. Sejak saat itu bukunya tidak beredar.

Gak ada yang aneh, apanya yang aneh. aneh itu kalau mengambil 1 ayat lalu ditafsirkan bukan dengan Alkitab, tetapi dengan pikiran manusia. Tetapi jika dirangkai menjadi suatu gambar yang utuh apakah aneh. Apakah ada cerita dan ayat yang berbenturan?

Yang aneh itu kalau adam dan hawa manusia pertama. Saya tunjukkan anehnya:

  1. Kalau adam dan hawa manusia pertama berarti ada berapa roh? jika ada dua roh yaitu adam dan hawa berarti Yesus datang dari roh siapa? dan Yesus datang untuk menebus dosa roh siapa?
  2. Kejadian 1:27 tidak disebut adam dan Hawa Kok anda tahu itu adam dan hawa? padahal disebutkan mereka laki-laki dan perempuan?
  3. Kenyataannya kejadian 1:27 disebutkan laki-laki dan perempuan mereka diciptakan, kok di kejadian 2:7 cuma tunggal, apakah Allah kelupaan menciptakan hawa?
  4. Adam diciptakan dahulu, sudah ada bentuknya lalu dihembuskan nafas, lalu hidup. apakah Allah menciptakan mayat? Yang namanya manusia jadi ya langsung jadi, kalau sudah ada bentuk manusia lalu dihembuskan nafas bukankah itu berarti mayat?
  5. Kejadian 1:24 dikatakan laki-laki itu meninggalkan orang tuanya lalu orang tua nya itu siapa?
  6. Kalau kejadian 1 adalah prolog, lalu kisah penciptaan sorga dan angkasa juga prolog lalu kapan Allah menciptakan sorga dan angkasa? lalu kapan Allah menciptakan energi? lalu kapan Allah menciptakan cakrawala dst, apakah semua hanya prolog? kalau semua prolog untuk apa percaya Allah karena Allah ngomong sekarang jadinya entah kapan!?
  7. Kenapa binatang diciptakan langsung jadi tapi manusia nanti nanti jadinya?
  8. kenapa binatang diciptakan pada hari yang sama dengan manusia tetapi binatang jadi dan manusia jadinya nanti? 

Apakah semua itu hanya prolog? apakah itu hanya dongeng belaka? Kenapa binatang yang diciptakan pada hari manusia diciptakan tidak ada roh tetapi binatang bisa hidup ya tanpa roh?

Tidak ada yang aneh, yang aneh adalah jika anda mencela sedangkan anda sendiri tidak bisa menceritakan dari Allah, penciptaan sorga dan angksa, kemerosotan satan, manusia, sampai Yesus datang.

Kalau anda yakin adam dan hawa manusia pertama anda ceritakan dari penciptaan sampai munculnya manusia, adam. setelah anda tulis nanti saya tunjukan kesalahannya.

Dwi Jaya's picture

@ kristen Berean, TP dan Kiem

Sementara, coba baca ini dulu:

SINI, dan SINI, dan SINI

Matius 6:33

__________________

Matius 6:33

Bereans's picture

@dwi jaya

sdr.dwijaya, anda tulis aja mengenai manusia tidak perlu link-link yang bukan pemikiran anda. Jika anda memberikan link-link seperti itu namanya lempar batu sembunyi tangan. Tunjukkan saja pengetahuan firman anda, lalu anda tulis konsepnya, gampang toh. saya tunggu, jangan khawatir!?

Kalau anda sempat anda jelasin ke saya deh  apa maksud Petrus di 2 Petrus 2:4-5 yang berbunyi:"Sebab jikalau Allah tidak menyayangkan malaikat-malaikat yang berbuat dosa tetapi melemparkannya ke dalam neraka dan dengan demikian menyerahkannya ke dalam gua-gua yang gelap untuk menyimpan mereka sampai hari penghakiman dan jikalau Allah tidak menyayangkan dunia purba, tetapi hanya menyelamatkan Nuh, pemberita kebenaran itu, dengan tujuh orang lain. Ketika Ia mendatangkan air atas dunia orang-orang yang fasik."

Apa maksud Petrus dengan dunia purba? silahkan dijawab dengan Alkitab bukan dengan kata orang.

kabarsukacita's picture

@Berean... Anda Ngarang...Kelihatan Logik tapi Keliru

Berean

1. Ada selang waktu yang panjang dan lama sekali sampai keturunan mereka laki-laki dan perempuan memenuhi bumi. Kemudian Allah membuat taman di Eden lalu memilih satu dari orang-orang yang memenuhi bumi dan dihembuskan roh, sehingga yang tadinya hanya terdiri dari tubuh dan jiwa saja sekarang menjadi keberadaan roh. Yang tadinya makan dari buah dan tumbuhan yang berbiji sekarang hidup dari perintah Allah juga. Oleh sebab itu Yesus katakan dalam Matius 4:4 manusia bukan hidup dari roti saja tetapi dari firman yang keluar dari mulut Allah. Setelah menjadi keberadaan roh maka manusia yang memiliki roh selain hidup dari tumbuhan yang berbiji dan buah juga firman / perintah Allah.

2. Setelah satu orang yang dipilih yang lain dikemanakan? Mengapa satu orang yang dipilih? Maleakhi 2:15 katakan bahwa untuk datang nya Yesus dalam Roh. Maleakhi katakan untuk apa Allah menciptakan satu roh, meski disorga dan diangkasa banyak roh? untuk datangnya Yesus dalam roh

3. Adam punya roh, hawa punya roh, kain punya roh, istrinya tidak ada roh, anak kain tidak memiliki roh. 1x1=1, 1x0=0. Yang punya roh kawin dengan yang punya roh anaknya punya roh. Yang punya roh kawin dengan yang tidak punya roh anaknya tidak punya roh.

Jawaban dan sanggahan saya (KS):

1.Manusia dari tubuh dan jiwa saja pertamanya.... lama2 kayak teori evolusi darwin ini...

2.Wahyu 22:13  Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir."
Siapakah itu? Tentu Tuhan Yesus kan

Yesus datang nunggu roh .... akh yang benar aja? rohana?

ROH ALLAH & FIRMAN ALLAH tidak DIciptakan, sudah ada pada mulanya. Yesus pun datang ke dunia juga dari Roh Kudus. bukan nunggu roh....tambah jadi pusing gue...

Coba kita sama2 baca:

Luk 4:17  Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis:
Luk 4:18  "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku
 

Itu membuktikan Yesus gak nunggu2 roh....ajaran yang aneh...

3.Kain kawin dengan manusia tak punya roh? Aneh lagi......menurut pengertianku ya... roh itu adalah kehidupan... coba sih kalau roh kamu dicabut apakah bisa gerak tubuhmu?

Rom 8:10  Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran.

Roh anda dan saya perlu kelahiran baru oleh RohNya. Mari kita lihat juga pertanyaan Nikodemus kepada Yesus:

Joh 3:5  Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.
Joh 3:6  Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.

Inilah kelahiran baru oleh Roh Tuhan....jangan dibalik...bahaya..jadi sesat..

Mungkin saya gak bisa menerangkan dengan baik...anda coba belajar juga dari gereja2 lain biar komplit...atau biar tambah bingung juga...seperti saya dulu...juga bingung...mana yang bener ini...pusing...sekarang ini saya juga lebih dalam belajar FT karena takut tersesat juga kok...he..he....

NB: Saya tahu ajaran berea sedikit dari teman saya... saya tahu juga bagaimana berea mengajarkan tentang malaikat....itu pernah saya coba test juga akhirnya keliru...jangan tanya yang mana? lain kali kamu terangkan aja tentang malaikatmu versi berea ya...nanti kita test sama2 blogger SS.

__________________

.: "Tuhan Yesus adalah Yang Awal dan Yang Akhir.
Dia-lah Jalan, Kebenaran, Kebangkitan, dan Kehidupan." :.

Bereans's picture

@kabarsukacita

sdr.kabarsukacita, kita sedang membahas Adam dan keturunannya, bukan masalah lain. Hal lain yang anda sebutkan nanti akan datang masanya kita bahas.

Anda bertanya, manusia pertama dari tubuh dan jiwa, saya jawab benar. lalu saya balik bertanya:

  1. Darimana anda tahu laki-laki dan perempuan di Kejadian 1:27 itu sudah memiliki roh? apakah disebutkan?
  2. Dari mana anda tahu laki-laki dan perempuan itu namanya adam dan hawa? jika anda berhenti membaca hingga Kejadian ayat 3?
  3. Jika anda katakan adam dan hawa adalah manusia pertama dan sudah memiliki roh, Petanyaanya adalah Yesus datang untuk menebus dosa roh siapa?Adamkah atau hawakah? Yesus datang mealui roh siapa? adamkah atau hawakah? Kita dibagikan rohnya dari Adamkah atau Hawakah?
  4. Anda bisa jelaskan Maleakhi 2:15 apakah maksudnya keturunan ilahi?

1 Korintus 15:44-45 Yesus yang adalah adam akhir yang menebus dosa roh adam bukan roh hawa loh? Jika anda katakan manusia laki-laki dan peremuan itu sudah ada roh berarti Allah menciptakan 2 roh yaitu 1 roh untuk laki-laki dan 1 roh untuk perempuan. tetapi kenyataannya di korintus Yesus yang adalah adam akhir datang untuk menebus dosa roh adam?  Lantas dosa roh hawa ditebus oleh siapa?

Kalau saya kan bilangnya Allah hanya menciptakan 1 roh dan dihembuskan oleh Allah kepada satu manusia yang sudah dipilih lalu hawa rohnya dibagikan melalui roh adam bukannya diciptakan lagi rohnya diluar adam. Oleh sebab itu dari roh adam dibagikan ke hawa lalun ke anaknya, hingga terus sampai kepada manusia saat ini dan seterusnya makanya dosa roh adam diwariskan hingga kita. Oleh sebab itu semua manusia berdosa karena rohnya diwariskan dari adam.

Jika anda katakan roh kita diciptakan sendiri terlepas dari roh adam, lalu apakah roh kita punya dosa? Sedangkan Alkitab katakan Yesus hanya datang untuk menebus dosa roh jiwa adam kok? bukan menebus dosa roh jiwa kita? kalau kita termasuk dalam warisan roh adam maka kita juga sduah satu paket dengan roh adam.

Tidak ada yang aneh, karena anda belum kenal. Anda tidak perlu takut untuk menafsirkan Alkitab selama roh jiwa anda tidak menyangkal Yesus.

Anda kenal pengajaran berea dari kata orang kenapa anda tidak datang sendiri ke Academy berea dan beli buku guru-guru saya dan anda uji dengan Alkitab, mengapa anda belum tahu anda katakan aneh? Jika belum kenal sudah menghakimi apakah anda Tuhan?? apakah anda bukan pemfitnah??

Sebelum anda tanya mengenai malaikat saya sudah tulis tuh di blog saya mengenai cerita Alkitab. Anda bisa baca. Saya tahu maksud anda mengenai Mlalaikat Yehova Kan? Jika anda ragu anda tulis saja cerita penciptaan sorga dan malaikat dan anda uji sendiri atau kita uji bersama di SS.

 

kabarsukacita's picture

@Bereans ....Kayaknya anda yang mau jadi Tuhan

Kayaknya anda yang mau jadi Tuhan tuh..nih...lihat

Bereans: Anda bertanya, manusia pertama dari tubuh dan jiwa, saya jawab benar

Siapa yang membenarkan itu tulisan anda itu?

Tuhankah anda?

Tersinggung ya...anda bilang bahwa saya memfitnah anda..tetapi anda tidak tahu bahwa anda sedang memfitnah saya...

He..he...

Coba anda baca blog yang saya tulis "Adam adalah Manusia Pertama", ujilah tulisan itu juga kalo anda berminat...

Buku "Si Bisu" aku pernah baca tapi gak tuntas, VCD Introduction tentang Berea aku juga punya, Lee Su Chok juga dari Berea Kan....aku dulu juga punya VCD nya sekarang hilang... 

Tenang Bro, stay calm...ajaran Berea anda sudah saya test namun belum semuanya...saya tahu tentang mujizat2 itu, jangan tertipu juga dengan semua mujizat. Mujizat itu biasa terjadi karena Tuhan Yesus.

Mujizat itu dari Tuhan Yesus, ukuran kebenaran lebih dari sebuah Mujizat. Kenapa Mujizat bisa terjadi? saya sekarang dapet jawabannya, lain kali saya tulis kalo minat.

Ini ada pemikiran yang bisa saya pinjam dari sebuah buku "Beriman atau GR?" karangan Ibu Rita (saya bukan jemaat dia lho ya skrg ini), begini: 

"Yang mempunyai karunia Mujizat aja belum tentu bener apalagi yang tidak mempunyai karunia Mujizat" Dapet makna kata2 itu?

1Korintus 12:28  Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh.

Jadi saya tidak menolak mujizat.

Saya disini tidak ngeblok manapun, saya hanya mau Tuhan Yesus...titik.

Jika pemahaman saya tentang Tuhan Yesus masih kurang, saya mau belajar terus kok.

Saya belajar ajaran2 kristen ini sampai saya mengalami puyeng....banyak yang saya pelajari bro...saling bertentangan...tapi gak papa....nambah pengetahuan..he...he... 

Tolong jangan berpikir negatif dulu dengan saya.

Salah satu pemikiran saya adalah "Anda mungkin tidak tahu anda tersesat atau saya yang tersesat, atau malah keduanya tersesat, tetapi lebih baik cari Tuhan Yesus dari pada lainnnya, termasuk jangan menjadikan hamba2 Tuhan selalu bener" Tolong anda mengerti apa yang saya maksud? Sama2 be open minded dulu lah.

Salam Damai.

 

__________________

.: "Tuhan Yesus adalah Yang Awal dan Yang Akhir.
Dia-lah Jalan, Kebenaran, Kebangkitan, dan Kehidupan." :.

jesusfreaks's picture

@TP sesat kok dipelihara

Pernah dengar istilah ass to ass, oops sori ash to ash. Maaf lancang, saya pegal dgn makhluk smart ass, termasuk kamu. Silahkan cari kalimat ash to ash. Mudah mudahan manusia firman dari hongkong kembali ke firman atau ke hongkong. Soal gelap, ya terserah udel kamu yang sesat deh. Ampunnn... Belum teruji, tidak tersirat eh udah bilang Allah Maha Pendosa eh Maha Gelap.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

dennis santoso a.k.a nis's picture

cara nguji

"Belum teruji, tidak tersirat eh udah bilang..."

cara nguji nya gimana?

tolong lo ujiin dong, sekalian jadi contoh cara menguji.

jesusfreaks's picture

@nies : asemmm lo

Wah gw disuruh mikir yg berat berat. Cape otak gw. Bwi hi hi hi Boleh gak ngujinya, gaya iblis mencobai. Bwi hi hi hi

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Tante Paku's picture

JF kamu juga sesat kan?

Saya nggak butuh istilah smart ass atau apalah istilahmu, karena yg tau kamu sendiri ya bermain-mainlah dengan istilahmu sendiri, enggak gue pikirin.

Soal gelap, sebelum kamu kena dampak KUTUKAN dari buah pengetahuan, apa ente bisa jawab kalau ditanya : "Siapa yang membuatmu hidup?"

Tuhan Allah jangan KAMU batasi dengan pengetahuan kita yang terbatas ini!!!!

Hahaha....saya jadi tertawa kamu dibilang MENCRET........ hahaha.......emang di sini  CRAT, di sana  CRIT di sono CRUT .......Wah wah lucu juga ya JF ini.

Pantasnya JF tuh bukan Jesus Freaks tapi JURUS FUISI. Karena saya lebih suka PUISI kamu daripada komentarmu yang crat-crit-crut itu Huaaaaaaaaaaaaahahahahahaaaaaaa.........(Pinjem ketawanya Mbah Surip).

Terima kasih.

jesusfreaks's picture

Peduli iblis dengan puisi

welcome to the jungle tante...

mau kena KUTUK, mau kena MENCRET, selama itu KEHENDAK DIA, pasrah aja dong. moso mau ngelawan. bwi hi hi hi

 

saya tidak membatasi TUHAN, terserah dia mau jadi GELAP kek. tapi MANAAAAAAAAAAAAAA AYATTTTTTTTTTTTNYAAAAAAAAAAAAAAA....

 

makanya sesatttt jangan dipelihara... apalagi dibungkus PUISIIII...

peduli iblis dengan puisiiiiiii

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Tante Paku's picture

Jf, pelajari ayat gelap ini !

Jf, saya tidak membungkus kesesatan dalam puisi, seperti anda suka membungkusnya dengan puisi, tapi saya tidak mengatakan puisi anda sesat, karena puisi biarlah menjadi puisi itu sendiri. Kalau anda memahami hal ini, tentu anda tidak akan peduli dengan iblis.

BACA ayat di bawah ini baik-baik :

Mazmur 139 : 140 maka kegelapan pun tidak menggelapkan bagi-Mu, dan malam menjadi terang seperti siang; kegelapan sama seperti terang.

Silahkan direnungkan baik-baik dan baca ayat-ayat sebelum dan sesudahnya. Masih mau ayat gelap lagi? Ooo stoknya banyak.

2 Samuel 22 : 12 Dan Ia membuat kegelapan di sekeliling-Nya menjadi pondok-Nya; air hujan yang gelap, awan yang tebal.

Siapakah yang ada di dalam gelap?

Allah yang Maha Gelap atau Allah Yang Maha Terang?  Keduanya MILIK Allah !!!

Suka-suka Allah dong mau jadi Gelap atau Terang, wong Dia yang BERKUASA.

JANGAN DIBATASI ALLAH DENGAN PIKIRAN KITA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

bintang seven's picture

@tp allah terang gelap

ya dah biar adil Allah disebut terang dan juga gelap....gimana klo emang Allah itu terang sekaligus gelap....kayak kesimpulan tritunggal gitu....Dia klo ada gelap gak merasa kegelapan atau buta....dan dalam terang IA pun gak jadi silau...jadi baik terang dan gelap gak masalah buat Dia cuma masalah buat manusia....cuma koment....orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Pniel's picture

TP, bertaruh yuk!

TP, suka-suka Allah donk Dia maunya apa, koq tante membatasinya dengan penafsiran 1001 mimpi??? hehehe....

Allah suka-suka sesuai dengan siapa diriNya sendiri.

Allah ga pernah menyatakan diriNya sbg Allah Maha Gelap. Cari ayatnya di seluruh Alkitab sampai mabok saya jamin anda tdk akan mendapati istilah spt itu. Tante anda sedang melakukan eisegesis thdp ayat tsb. Saya akan beri contoh satu aja ya?

2 Samuel 22 : 12 Dan Ia membuat kegelapan di sekeliling-Nya menjadi pondok-Nya; air hujan yang gelap, awan yang tebal.

Tante memakai ayat ini untuk menjustifikasi bhw Allah Maha Gelap padahal diayat tsb tdk ada istilah tsb baik scr eksplisit maupun implisit. Kegelapan disana tdk pernah diidentikkan dgn pribadi Allah melainkan dengan 'pondok'/'tempat kediamanNya'. Kenapa skrg harus kata di ayat tsb harus diperkosa untuk dikenakan kepada pribadi Allah??? Lagipula apa benar pondok Allah benar-benar gelap???

Lagipula di ayat tsb tdk hanya berbicara mengenai kata 'kegelapan' tetapi juga 'air hujan yang gelap' dan 'awan yang tebal'. Anda sangat jago didalam berpuisi dan anda tahu bhw bahasa puisi bukan bahasa normatif tetapi sering menggunakan bahasa alegori, anthromorpis, dll spt : 'kuingin menghisap madumu dan menjadikanmu layu'. Ini adalah bahasa alegori dengan menggambarkan seakan-akan kita adalah binatang kumbang dan kekasih kita bunganya. Apakah ini lantas bisa diartikan bhw kita benar-benar kumbang dan kekasih kita adalah bunga??? hahaha....jawab sendiri lah! Kalau memakai ayat tsb sbg justifikasi bhw Allah Maha Gelap, kenapa tdk sekalian klaim bhw Allah Maha Air Hujan, Allah Maha Awan ??? Bisa bisa sembarang kata bisa dicomot untuk dikenakan kepada pribadi Allah, misal : Allah Maha Lampu, Allah Maha TP, Allah Maha Hai Hai, Allah Maha Neraka, Allah Maha Iblis, Allah Maha Binatang, Allah Maha Baterai, dll....wah..wah bisa bisa kita sudah berlaku kurang asem kepada Tuhan karena dengan sembarangan menghubungkan pribadiNya dengan seadanya kata yang tidak ada kaitannya sama sekali.

Tante, saya berani bertaruh dengan anda bhw stok ayat yang saya miliki yang menggambarkan bhw Allah itu bukan gelap JAUH LEBIH BANYAK dari stok anda! Mau bertaruh dengan saya?? Hahahaha...hayo taruhannya apa? Hmmm...OK, kalau boleh saya minta taruhannya adalah : kalau saya menang, tante bikinin puisi khusus untuk saya, tetapi kalau saya kalah, maka saya akan buat puisi khusus untuk tante. Hahaha...Apa anda meragukan bhw saya tdk bisa buat puisi??? apa saya tdk punya sisi romantisme??? hahahaha.....Pniel adalah manusia biasa yang mempunyai semua sisi kemanusiaan.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Tante Paku's picture

Lho kok Pniel belum tau gelap?

Itu ayat buat JF, biar dia eisegesis juga, kan seru. Stok Allah Maha Gelap banyak diborong Hai Hai, aku stoknya terbatas kayaknya, cuma buat JF. Tapi kalau kamu mau juga,ayat yang satu  lagi ya ikut dikometarin dong, jangan pilih-pilih, biar aku tau penjelasanmu. Sebetulnya yg aku tunggu penjelasannya JF, dia kan lucu kayak bayinya yang baru. Tapi ndak papa wong anda memang lebih jago daripada JF, jago apa? Yah nanti dipolling dulu hahaha.....

Pniel, saya tidak nuduh anda tidak bisa berpuisi lho. Semua orang yang bisa baca tulis, pasti bisa menulis puisi kalau dia menganggapnya tulisan tersebut puisi, kenapa anda  sewot bertaruh?

Saya suka Allah Maha Gelap juga suka Allah Maha Terang, apa salahnya? Boleh dong Allah Gelap Gemilang?

Pniel berkata : "Allah Maha Lampu, Allah Maha TP, Allah Maha Hai Hai, Allah Maha Neraka, Allah Maha Iblis, Allah Maha Binatang, Allah Maha Baterai, dll....wah..wah bisa bisa kita sudah berlaku kurang asem kepada Tuhan karena dengan sembarangan menghubungkan pribadiNya dengan seadanya kata yang tidak ada kaitannya sama sekal...."

Ini namanya MEMBATASI Allah dengan Alkitab yang kurang tebal itu?

Apakah Allah hanya setebal Alkitab? Alkitab cukup untuk manusia saja, tapi Allah lebih dari Alkitab yang diperuntukkan untuk manusia. Bagi Tuhan, KITA MEMANG KURANG ASEM !!

Pniel adalah manusia biasa yang mempunyai semua sisi kemanusiaan.

tetapi.....

Tuhan adalah Maha Segala yang manusia tidak tahu.

 

Pniel's picture

TP, biar tambah seru gitu lo. Hahaha...

TP : ... Tapi kalau kamu mau juga,ayat yang satu  lagi ya ikut dikometarin dong, jangan pilih-pilih, biar aku tau penjelasanmu.....

Tante, sungguh anda ingin tahu penjelasan saya mengenai ayat yg satunya lagi? Jangan ditambahi dgn ayat yg lainnya lagi ya agar saya tdk banyak PR...hehehe...

Mazmur 139 : 140 maka kegelapan pun tidak menggelapkan bagi-Mu, dan malam menjadi terang seperti siang; kegelapan sama seperti terang.

Gue muter..muter tujuh keliling sampai gue kira mata gue udah rabun....eh ga tahunya Tante yang salah tulis ayat. Seharusnya Mazmur.139:12.

Ayat 12 didahului oleh ayat 11 yg berbunyi :

Mazmur.139:11 Jika aku berkata: "Biarlah kegelapan saja melingkupi aku, dan terang sekelilingku menjadi malam,"

Mazmur 139 berbicara dalam konteks Allah yang maha tahu, maha hadir dan tdk dibatasi oleh materi atau keadaan apapun. Sebenarnya Tante sudah bisa mengartikan ayat tsb dalam konteksnya. Ini khan spt baca puisi pada umumnya!? Ga usah saya ajari lebih lanjut Tante sudah bisa mengartikannya, khan?

TP :

Pniel, saya tidak nuduh anda tidak bisa berpuisi lho. Semua orang yang bisa baca tulis, pasti bisa menulis puisi kalau dia menganggapnya tulisan tersebut puisi, kenapa anda  sewot bertaruh?

 

Saya sering baca komentar para blogger disini yang seringkali terjebak dengan apa yang nampak dimata mereka. Mereka ngeliat saya sering bertarung dgn semangat 45 dan mayoritas mereka pasti menggambarkan saya (walaupun tdk mereka ungkapkan scr eksplisit) sbg seorang yang tdk punya sisi romantisme dan hanya punya jiwa kompetisi.

Tante..santai aja kale, saya tdk nuduh anda menuduh saya tdk bisa berpuisi. Saya cuma ingin menepis kabut keraguan- diatas -di benak Tante bhw saya ini juga suka berpuisi walaupun tak seindah puisi bikinan Tante.

Kalau anda menganggap tulisan tsb mengarah pada istilah Allah Maha Gelap kenapa anda takut bertaruh? toh taruhannya sangat menyenangkan bukan dgn mengasah kita menjadi seorang pujangga??

TP : Saya suka Allah Maha Gelap juga suka Allah Maha Terang, apa salahnya? Boleh dong Allah Gelap Gemilang?

Apa benarnya? apa manfaatnya? apakah istilah tsb menggambarkan kebenaran yang Alkitab utarakan? kalau tidak, mengapa kita gunakan istilah tsb? suka-suka?? hahaha..toh pada akhirnya ini akan mengarah ke premis yang sudah saya katakan sebelumnya bhw kita ini sering berbuat kurang asem pada Tuhan dan tdk berlaku hormat pada Yang Maha Tinggi.  Pertanyaan introspeksinya adalah : apakah ini pantas?

TP : Pniel berkata : "Allah Maha Lampu, Allah Maha TP, Allah Maha Hai Hai, Allah Maha Neraka, Allah Maha Iblis, Allah Maha Binatang, Allah Maha Baterai, dll....wah..wah bisa bisa kita sudah berlaku kurang asem kepada Tuhan karena dengan sembarangan menghubungkan pribadiNya dengan seadanya kata yang tidak ada kaitannya sama sekal...."

Ini namanya MEMBATASI Allah dengan Alkitab yang kurang tebal itu?

Apakah Allah hanya setebal Alkitab? Alkitab cukup untuk manusia saja, tapi Allah lebih dari Alkitab yang diperuntukkan untuk manusia. Bagi Tuhan, KITA MEMANG KURANG ASEM !!

"Allah memang lebih tebal dari Alkitab tetapi Allah tdk lebih benar dari Alkitab". Apakah Tante mengerti ungkapan saya ini? kalau mengerti, laksanakanlah hal ini dengan sesuka hatimu.

TP : Pniel adalah manusia biasa yang mempunyai semua sisi kemanusiaan.

tetapi.....

Tuhan adalah Maha Segala yang manusia tidak tahu.

TUHAN tdk maha segalanya!

Ga percaya?

Ini buktinya :

Tuhan tdk bisa mati!

Tuhan tdk bisa berhenti menjadi Tuhan!

Tuhan tdk dapat menciptakan diriNya sendiri!

Tuhan tdk bisa berbuat dosa!

dll...

Oh ya, saya ada satu ayat emas yang bagus untuk Tante agar supaya kita menutup mulut tatkala kebenaran diam membisu seribu bahasa.

Ulangan.29:29 Hal-hal yang tersembunyi ialah bagi TUHAN, Allah kita, tetapi hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita dan bagi anak-anak kita sampai selama-lamanya, supaya kita melakukan segala perkataan hukum Taurat ini."

 

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Tante Paku's picture

Pniel, asyik juga.

Oke, Pniel, karena anda tidak mau ditambahin  yang maunya kubikin muter-muter hehehe....tapi permintaan anda, entar kebanyakan pe-er ,agar tidak perlu ditambah ayat lagi, ya udah deh segitu aja sudah cukup. Padahal ayatnya bejibun yang gue belum tahu.

Pniel : "Saya sering baca komentar para blogger disini yang seringkali terjebak dengan apa yang nampak dimata mereka. Mereka ngeliat saya sering bertarung dgn semangat 45 dan mayoritas mereka pasti menggambarkan saya (walaupun tdk mereka ungkapkan scr eksplisit) sbg seorang yang tdk punya sisi romantisme dan hanya punya jiwa kompetisi."

Saya nggak terjebak seperti yang anda katakan, barangkali menyamaratakan mereka yang tidak setuju pendapat anda, saya melihat semua baik-baik saja tuh. Hari ini belum tahu, besok mungkin  jadi tahu. Hari ini belum mampu, suatu hari pasti mampu. Hari ini merasa, besok terasa akhirnya merasakan juga. Semua ada waktunya, Tuhan yang menentukan, manusia berusaha.

Semua orang punya sisi romantis, bahkan penjahat yang di salib bersama Yesus pun ada sisi romantisnya, anda melewatkan itu?

Pniel berkata : "TUHAN tdk maha segalanya!

Ga percaya?

Ini buktinya :

Tuhan tdk bisa mati!

Tuhan tdk bisa berhenti menjadi Tuhan!

Tuhan tdk dapat menciptakan diriNya sendiri!

Tuhan tdk bisa berbuat dosa!

dll..."

Ini yang membuat saya tidak habis pikir, masa Tuhan TIDAK maha segalanya?

Tuhan tidak bisa mati?  Bagaimana dengan Tuhan Yesus?

Tuhan tdk bisa berhenti menjadi Tuhan! Darimana anda tahu, ada ayatnya?

Tuhan tdk dapat menciptakan diriNya sendiri! Manusia aja bisa kloning, masak Tuhan tidak bisa?

Tuhan tdk bisa berbuat dosa!  Yang mengatakan dosa itu Tuhan.

Tuhan Maha Segalanya, kalau DIA mau, cuma kita tidak mau, karena manusia sering membatasi kemahakuasaan Tuhan dengan akal pikirannya yang terbatas. Di Sorga Tuhan mau apa saja, toh kita tidak tahu.

Terima kasih buat ayatnya, wah kalau itu dibahas bisa melebar lagi.

 

Pniel's picture

TP, kalau ditambah I, 'makin asyik aja'.

Hahha...spt slogan salah satu stasiun TV (TPI) : TPI makin asyik aja!...hahaha...

TP : Oke, Pniel, karena anda tidak mau ditambahin  yang maunya kubikin muter-muter hehehe....tapi permintaan anda, entar kebanyakan pe-er ,agar tidak perlu ditambah ayat lagi, ya udah deh segitu aja sudah cukup. Padahal ayatnya bejibun yang gue belum tahu.

Terima kasih atas pengertiannya Tante...saya senang koq diajak jalan-jalan sama Tante. Lain kali kalau ada waktu luang, gantian saya yang ajak Tante jalan-jalan ya?

TP : Ini yang membuat saya tidak habis pikir, masa Tuhan TIDAK maha segalanya?

Justru ini yang membuat saya habis pikir shg ga bisa berpikir lagi untuk menyelami betapa dalamnya Dia dan hanya bisa menaikkan DOXOLOGY bagi kemuliaanNya.

Roma.11:33 O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya!
11:34 Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi penasihat-Nya?
11:35 Atau siapakah yang pernah memberikan sesuatu kepada-Nya, sehingga Ia harus menggantikannya?
11:36 Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!

TP : Tuhan tidak bisa mati? Bagaimana dengan Tuhan Yesus?

Tante, kenapa anda tdk bertanya selangkah lebih jauh secara benar dan kritis, spt : kenapa Yesus harus berinkarnasi, kenapa Yesus tdk mati sebelum Ia menjadi manusia (dalam hakekat keilahianNya), dll ??? Kalau anda bertanya spt ini dan mencari jawabannya di Alkitab (bukan dari guru sesat : Hai Hai) maka anda akan menemukan kenapa Yesus baru bisa mati setelah Ia berinkarnasi, sebelum dan sesudahnya Ia tdk bisa mati.

TP : Tuhan tdk bisa berhenti menjadi Tuhan! Darimana anda tahu, ada ayatnya?

Saya punya stok banyak ! Untuk skrg ini saya berikan cuma beberapa ayat aja yang menggambarkan kekekalan Allah.

Mazmur 102:28 tetapi Engkau tetap sama, dan tahun-tahun-Mu tidak berkesudahan.

Yesaya 48:12 "Dengarkanlah Aku, hai Yakub, dan engkau Israel yang Kupanggil! Akulah yang tetap sama, Akulah yang terdahulu, Akulah juga yang terkemudian!

Ibrani 1:12 seperti jubah akan Engkau gulungkan mereka, dan seperti persalinan mereka akan diubah, tetapi Engkau tetap sama, dan tahun-tahun-Mu tidak berkesudahan."

Ibrani 13:8 Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.


TP : Tuhan tdk dapat menciptakan diriNya sendiri! Manusia aja bisa kloning, masak Tuhan tidak bisa?

Karena Tuhan bukan manusia tetapi ROH.

TP : Tuhan tdk bisa berbuat dosa!  Yang mengatakan dosa itu Tuhan.

Karena Dialah standar kebenaran yang TERTINGGI dan MUTLAK.

TP : Tuhan Maha Segalanya, kalau DIA mau, cuma kita tidak mau, karena manusia sering membatasi kemahakuasaan Tuhan dengan akal pikirannya yang terbatas. Di Sorga Tuhan mau apa saja, toh kita tidak tahu.

Tuhan dibatasi oleh siapa diriNya sendiri.

Saya akan berikan salah satu contoh ayat dimana ada yang tdk mungkin dilakukan oleh Tuhan :

Bilangan 23:19 Allah bukanlah manusia, sehingga Ia berdusta bukan anak manusia, sehingga Ia menyesal. Masakan Ia berfirman dan tidak melakukannya, atau berbicara dan tidak menepatinya?

Kita manusia seringkali membatasi Allah dengan akal pikiran kita yang terbatas bhw Allah adalah spt apa yang kita mau, yaitu : Allah bisa melakukan apa saja.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

jesusfreaks's picture

@TP : sudah ada pendukung kamu selain si sesat

Bwi hi hi hi Alkitab bahasa indonesia jelas kok mengatakan Allah adalah terang. Kenapa musti susah, saya ngelawan ayat ayat tersesat kamu. Gak usah ngeyel kalau gak sanggup belagu, Gak usah belagu kalau gak sanggup ngeyel. Kamu sendiri akhirnya nyerah toh. Dari awal saya sudah cut, kamu nya aza ngeyel. Bwi hi hi hi
__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Tante Paku's picture

JF, Anda sendiri sesat kok nuduh sesat, namanya apa?

Ngeyel itu manusiawi.

Belagu juga manusiawi.

Tapi aku enggak mau ngeyel karena tau diri.

Aku tidak mau belagu kalau memang tidak tau.

Mencoba sekali berarti daripada tidak sama sekali, buat apa melayani kalau ujung-ujungnya sudah kita ketahui?

LEBIH BAIK BERSAMA-SAMA ORANG BIJAKSANA DI NERAKA DARIPADA BERSAMA-SAMA ORANG BODOH DI SORGA. (Peribahasa Yahudi dari bahasa Ibrani).

jesusfreaks's picture

Lebih sial dari si bebal

Lebih baik bersama si bebal di sorga. Dari pada bersama si sok bijak di neraka. (Pepatah JF) Saya gak suka dengan orang yang PD sesat. Saya sesat tapi malu malu.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Tante Paku's picture

Di sorga tidak ada si bebal!

Pepatah ngawur dari JF yang suka ngawur, di sorga tidak ada si bebal, mana ayaaaaaaaaaaaaaatnya? Sok bijak di neraka, mana ayaaaaaaaaaaatnya?

Sesat PD itu namanya ksatria.

Sesat tapi malu-malu itu namanya pengecut.

hai hai's picture

@Pniel, Ngaco Belo

Ada orang yagn menyangka dirinya pinter padahal dia hanya SOK PINTER alias yak-yak-o. Berikut ini adalah tulisan dari orang demikian. Nggak percaya? Ini buktinya.

TUHAN tdk maha segalanya!

Ga percaya?

Ini buktinya :

Tuhan tdk bisa mati!

Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci,  bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci; 1 Korintus 15:3

YAK-YAK-O!

Tuhan tdk bisa berhenti menjadi Tuhan!

Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.Filipi 2:5-8

YAK-YAK-O!

Tuhan tdk dapat menciptakan diriNya sendiri!

 "Kamu inilah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, "dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi. Yesaya 43:10

Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku. Yesaya 43:11

TUHAN telah menciptakan aku sebagai permulaan pekerjaan-Nya, sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala. Amsal 8:22

Sudah pada zaman purbakala aku dibentuk, pada mula pertama, sebelum bumi ada. Amsal 8:23

Sebelum air samudera raya ada, aku telah lahir, sebelum ada sumber-sumber yang sarat dengan air. Amsal 8:24

Sebelum gunung-gunung tertanam dan lebih dahulu dari pada bukit-bukit aku telah lahir; Amsal 8:25

YAK-YAK-O!

Tuhan tdk bisa berbuat dosa!

Jangan membunuh. Keluaran 20:13

Siapa yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan tertumpah oleh manusia, sebab Allah membuat manusia itu menurut gambar-Nya sendiri. Kejadian 9:6

Maka Kuadakan perjanjian-Ku dengan kamu, bahwa sejak ini tidak ada yang hidup yang akan dilenyapkan oleh air bah lagi, dan tidak akan ada lagi air bah untuk memusnahkan bumi. Kejadian 9:11 "

YAK-YAK-O!

Air cucuran atap jatuhnya ke pelimpahan juga. Untuk melihat bagaimana ajaran guru Pniel, Pdt. Budi Asali Mdiv dikuliti helai demi helai sehingga nampak NGAWURNYA, silahkan kllik di sini.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

kabarsukacita's picture

@Hai hai, anda sudah keluar konteks

Hai... anda ini jadi dendam karena dengar nama Pniel tah? Jangan sewot gitu lho...kamu mungkin bisa mengalahkan pniel tapi gak bisa mengalahkan kebenaran.

Yang mati itu kan daging manusiawi Tuhan Yesus lho, sing bener poo... katanya pinter sekarang kok jadi bloon ... jangan karena dendam lho kalo pniel yang ngomong... apapun kebeneran jangan diputar balikkan ...

Firman Allah jadi manusia itu kan untuk pelayanan hamba, jangan aneh2 lagi lah...

Nyadaro poo rek lek salah (Bahasa Suroboyo)

__________________

.: "Tuhan Yesus adalah Yang Awal dan Yang Akhir.
Dia-lah Jalan, Kebenaran, Kebangkitan, dan Kehidupan." :.

Pniel's picture

Hai Hai : ga lepel la yau.

Hahaha..pertanyaan untuk anak Playgroup koq ditanyakan ke saya. Apa ini berarti logika anda masih selepel anak PG??? hahaha...ga lepel sama saya la yau!

Untuk menjawab pertanyaan anda, saya cukup dengan amat santainya sambil makan roti dan minum kopi sembari ongkang kaki (hmmm...nikmatnya), akan berargumentasi dengan menanyakan balik ayat yang anda jadikan senjata untuk menyerang saya :

"Kamu inilah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, "dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi. Yesaya 43:10

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

hai hai's picture

@kabarsukacita & Pniel

Hai... anda ini jadi dendam karena dengar nama Pniel tah? Jangan sewot gitu lho...kamu mungkin bisa mengalahkan pniel tapi gak bisa mengalahkan kebenaran.

Kabar sukacita, bukankah saya hanya menyatakan yang benar serta mununjukkan kesalahan Pniel? silahkan bikin slogan namun jangan menentang ajaran Alkitab.

Yang mati itu kan daging manusiawi Tuhan Yesus lho, sing bener poo... katanya pinter sekarang kok jadi bloon ... jangan karena dendam lho kalo pniel yang ngomong... apapun kebeneran jangan diputar balikkan ...

Yesus MATI lalu dikuburkan. Alkitab mencatat hal demikian dengan gamblang. Apabila ada orang yang mengajarkan bahwa Allah tidak bisa mati, berarti dia sedang menyangkal ajaran Alkitab. Alkitab mencatat, Yesus mati dan dikuburkan. Apabila Dia tidak MATI, maka mustahil Dia bangkit dari kematian.

Untuk menjawab pertanyaan anda, saya cukup dengan amat santainya sambil makan roti dan minum kopi sembari ongkang kaki (hmmm...nikmatnya), akan berargumentasi dengan menanyakan balik ayat yang anda jadikan senjata untuk menyerang saya :

Anda benar Pniel, tidak sulit untuk menjawab pertanyaan saya. Namun yang jadi masalah adalah anda YAK-YAK-O. coba baca kembali komentar saya, apakah saya bertanya kepada anda? Menjawab sebelum ditanya, inilah yagn tercatat di dalam Alkitab tentang orang demikian.

Jikalau seseorang memberi jawab sebelum mendengar, itulah kebodohan dan kecelaannya. Amsal 18:13

"Kamu inilah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, "dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi. Yesaya 43:10

Anda bertanya tentang ayat tesebut di atas? Saya sudah menjelaskannya panjang lebar di blog lain. Silahkan klik di sini untuk membacanya sekalian anda akan tahu kesalahan Pdt. Budi Asali ketika menafsirkan ayat tersebut dengan jurus tafsir 1001 mimpi.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Pniel's picture

Hai Hai, pedagang....

Hahaha...anda persis spt pedagang yang jualannya ga laku lalu dengan memelas menyuruh orang mengunjungi kios anda yang banyak sampahnya untuk sekedar meliriknya dan berharap pengunjung membelinya....hahaha...sori la yau, gue ga nyari barang rongsokan tetapi emas permata. Anda memang lebih pantas jadi pedagang barang rongsokan daripada pedagang emas permata.

Kalau anda pedagang emas permata, silahkan jawab ayat yang anda gunakan itu!

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

jesusfreaks's picture

@TP : jangan bikin malu tata bahasamu

Pernah dengar istilah MERUJUK. Silahkan baca ayat ayat yang kamu RUJUK ke saya, Kira kira kata yg mengandung "gelap" MERUJUK kemana ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Tante Paku's picture

JF, lagu lama.

Kenapa takut bikin malu?

Aku tidak malu kalau salah, tapi jelaskan saja yang sejelas-jelasnya, jangan muter-muter seperti biasanya. Toh kita ada juga dari kegelapan, kalau Tuhan tidak memberi terang, apa kita manusia tau kalau ada terang? Gitu aja kok repot.

 

Debu tanah's picture

Adam manusia pertama

TP:

Dari ayat ini Allah sudah menciptakan manusia menurut gambar rupa Kita (menunjuk pada Allah Tritunggal). Allah sudah menciptakan manusia sebelum Adam diciptakan. Manusia sudah diciptakan di bumi sebelum Taman Eden dibuat. Dalam firmanNya tidak disebutkan berapa jumlah manusia yang diciptakan oleh Allah, tetapi tentu lebih dari seorang, ini merujuk pada kalimat "Kita dan mereka" tentu lebih dari seorang bukan?

 

DETA:

Kemarin saya nge-google ajaran guru Bereans, Kim Ki Dong, setelah disukysi dalam blog Bereans. Saya menemukan link INI. Menurut diskusi di situ, Kim Ki Dong juga berpendapat seperti tulisan di atas. Jawaban forum itu atas ajaran itu adalah:

I Korintus 15:45 Seperti ada tertulis: "Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup", tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.

Ayat di atas jelas berkata bahwa Adam adalah manusia pertama.

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Tante Paku's picture

Adam manusia pertama dari Allah.

Terima kasih Deta atas link yang diberikan, saya baru tahu ada pendapat serupa dari theolog Kim Ki Dong.

I Korintus 15:45 Seperti ada tertulis: "Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup", tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.

Ayat tersebut untuk mendukung bahwa Adam manusia pertama. Tetapi kalau kita melanjutkan ke ayat berikutnya, bisa menjadi bukti manusia lain sebelum Adam walau bukan berasal dari debu tanah. Saya percaya Adam manusia pertama tetapi berasal dari debu tanah.

1 Korintus l5:46 Tetapi yang mula-mula datang bukanlah yang rohaniah, tetapi yang alamiah; kemudian barulah datang yang rohaniah.

1 Korintus 15:47 Manusia pertama berasal dari debu tanah dan bersifat jasmani, manusia kedua berasal dari sorga.

1 Korintus 15:48 Mahluk-mahluk alamiah sama dengan dia yang berasal dari debu tanah dan mahluk-mahluk sorgawi sama dengan Dia yang berasal dari sorga.

1 Korintus 15:49 Sama seperti kita telah memakai rupa dari yang alamiah, demikian pula kita akan memakai rupa dari yang sorgawi.

Manusia pertama memang bukan dari debu tanah ini tetapi sama dengan manusia yang berasal dari debut tanah.

Kejadian 1:26 Berfirmanlah Allah : "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita,...

Kejadian 1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

Bagaimana anda menangkap "makna" ayat tersebut? Apakah laki-laki dan perempuan yang diciptakan sebelum Adam itu "bukan" manusia? Karena tidak ada materi yang berupa debu tanah dalam proses menciptakannya. Allah hanya berfirman, maka jadilah manusia menurut gambar-Nya. Bukankah ayat itu sudah begitu gamblangnya tanpa kita perlu menafsirkan bahwa itu "bukan manusia" yang diciptakanNya? Apa kita perlu membatasi KUASA Allah untuk mencipta manusia?

Yang membentuk manusia sebelum Adam adalah Allah.

Yang membentuk manusia dari debu tanah adalah Tuhan Allah.

Keduanya tertulis secara jelas dalam Kitab Kejadian.

 

 



Debu tanah's picture

@ TP, Penciptaan manusia


Kejadian 1:26 Befirmanlah Allah : "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita,...

Kejadian 1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

Kejadian 1:26 adalah diskusi di antara Allah Tritunggal (menggunakan kata Kita), Kemudian dalam Kejadian 1:27 berkata bahwa Mereka menciptakan manusia menurut gambar dan rupa Mereka (Allah Tritunggal).

Kejadian 2:7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

Jadi dalam Kejadian 1:27, diceritakan secara ringkas, dalam Kejadian 2:7 diceritakan secara detail dan teknis bagaimana Allah menjadikan manusia dari debu tanah. Tidak disebutkan dalam Kejadian 1:27 Allah berkata: “Jadilah manusia!”

Bila kita teliti, memang rencana dan konsep menciptakan manusia memang dilakukan oleh Allah Tritunggal secara bersama-sama (Kejadian 1:26-27), tetapi dalam teknisnya, yang membentuk manusia dari debu tanah adalah TUHAN Allah (Kejadian 2:7), bisa jadi adalah = Anak Allah seperti penemuan Mr. Hai itu.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Tante Paku's picture

Deta, ringkas tapi diciptakan.

Jadi dalam Kejadian 1:27, diceritakan secara ringkas, dalam Kejadian 2:7 diceritakan secara detail dan teknis bagaimana Allah menjadikan manusia dari debu tanah. Tidak disebutkan dalam Kejadian 1:27 Allah berkata: “Jadilah manusia!”

Deta, walau diceritakan secara ringkas tapi jelas dikatakan LAKI-LAKI dan PEREMPUAN DICIPTAKAN-NYA MEREKA.

Apakah diciptakan itu baru "rencana" Allah? Kalau baru "rencana dan konsep" kenapa dikatakan DICIPTAKAN ???

Sedangkan pada Kejadian 1:27 Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah. Membentuk satu manusia  yang kita sebut Adam. Memang benar Allah tidak mengatakan "jadilah manusia!" melainkan MENGHEMBUSKAN NAFAS HIDUP  ke dalam hidungnya; demikianlah MANUSIA itu MENJADI MAHLUK yang HIDUP.

Jadi Allah menciptakan laki-laki dan perempuan sebelum Adam.

Tuhan Allah membentuk manusia yang disebut ADAM.

Allah tidak membuat konsep. Tuhan Allah tidak membuat rencana. Ayat-ayat yang telah disebutkan hanya mengatakan "BERFIRMAN" dan 'MEMBENTUK".

Samuel Franklyn's picture

Tante Paku: Belajarlah bahasa Ibrani

Tumben Tante Paku menulis tulisan yang bersifat teologis. Tapi saran saya kalau mau menulis tulisan teologis sebaiknya belajar bahasa Ibrani supaya jangan tersesat. Kata manusia dalam Kejadian 1:26-27 dalam bahasa Ibrani adalah Adam. He he he.

http://alkitab.sabda.org/verse.php?book=Kej&chapter=1&verse=27

Lalu kenapa kata Adam kadang-kadang diterjemahkan manusia dan kadang-kadang diterjemahkan Adam? Ini masalah konteks. Soalnya kata Adam bisa diterjemahkan sebagai umat manusia secara keseluruhan dan bisa juga merujuk ke manusia pertama. Nah dengan memahami akan hal ini maka jelas bahwa teori anda gugur.

Teori anda dibangun diatas perbedaan kata manusia dan Adam. Sedangkan dalam bahasa Ibrani keduanya adalah satu kata yang sama. Kenapa mereka satu kata yang sama? Karena dalam konsep Firman semua umat manusia adalah keturunan Adam.

Kisah 17:26
(26)  Dari satu orang saja Ia telah menjadikan semua bangsa dan umat manusia untuk mendiami seluruh muka bumi dan Ia telah menentukan musim-musim bagi mereka dan batas-batas kediaman mereka,

Kenapa dinyatakan sudah tercipta laki-laki dan perempuan sedangkan pada waktu itu cuma ada pribadi Adam? Karena perempuan itu sebenarnya bagian dari Adam.

Kejadian 2:21-23
(21)  Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging.
(22)  Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.
(23)  Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki."

Efesus 5:28
(28)  Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri.

 

KEN's picture

TP: Dan itu berarti

Kain menikah dengan adik kandungnya sendiri

Dwi Jaya's picture

@ Tante Paku, Teori Ngawur manusia pra Adam

Ada baiknya kita baca Alkitab Kejadian dalam bhs Ibrani Pada mulanya Elohim menciptakan Langit dan Bumi, Kej 2:4 YAHWEH Elohim membentuk adam dari Deta

jadi Musa, membuka kitab pertamanya dengan menulis itu kej 1:1 sehingga semua suku2 bangsa di dunia mengaminkan, adanya Tuhan alias pencipta. Lalu kej 2 Musa terangkan siapa nama Elohim/Pencipta itu yaitu YAHWEH. Jadi YAHWEh yg adalah Elohim/Allah bangsa-bangsa seluruh dunia itu adalah YAHWEH. Tuhan pencipta alam semesta ini namanya YAHWEH.

jadi kita tidak perlu bingung lagi dengan

Yang membentuk manusia sebelum Adam adalah Allah = ELOHIM

Yang membentuk manusia dari debu tanah adalah Tuhan Allah. (yg benar Alkitab LAI TUHAN Allah)=YAHWEH Elohim

kalo ada manusia pra Adam, Yesus tdk perlu repot mati di Kayu Salib, karena ada manusia Pra Adam yg tdk berdosa, ngapain Yesus capek2 datang ke dunia, toch ada manusia lain selain Adam dan Hawa sebelum Pra Adam.

Pengajaran ki Dong Kim, dll yg bukunya ada di Gramedia tt Adanya manusia Pra Adam dan Hawa, sungguh menyesatkan dan bisa mengaraj ke BIDAT/SEKTE...

Matius 6:33

__________________

Matius 6:33

Tante Paku's picture

Kalo tidak mau repot ya tidak usah mencipta.

Dwi Jaya : "kalo ada manusia pra Adam, Yesus tdk perlu repot mati di Kayu Salib, karena ada manusia Pra Adam yg tdk berdosa, ngapain Yesus capek2 datang ke dunia, toch ada manusia lain selain Adam dan Hawa sebelum Pra Adam."

Manusia lain selain Adam adalah "pelengkap" tokoh bentukan TUHAN Allah yaitu Adam. Dan sebagian besar dari mereka sudah dimusnahkan dalam insiden "air bah" tinggallah keturunan Nuh. Manusia pra Adam yang tidak berdosa tidak tertulis dalam Alkitab !!!

Karena TUHAN Allah sudah membuat "perjanjian" dengan Nuh, Yesus Kristuslah yang menjadi "perantara" kita dengan Allah Bapa, sudah tertulis dalam skenario-Nya.

Allah Bapa tidak repot, lha wong SEMUA CIPTAANNYA, dunia dan seisinya adalah skenario-Nya kok. Kita saja yang belum tahu ending dari kehidupan besar ini. Makanya sering mengatakan ngawur atau sesat  tanpa arah yang jelas, dalam arti belum memahami semua ending dari skenario-Nya. Yang repot itu jelas kita manusia berdosa ini, Allah Bapa tidak mungkin repot, masak PENCIPTA direpotkan oleh ciptaan-Nya?

Tante Paku's picture

Sam, saya percaya.

Terima kasih atas sarannya, tetapi jelas saya tidak mampu untuk mempelajari bahasa Ibrani. Saya mempelajari Kitab yang berbahasa Indonesia saja, ini karena saya percaya bahwa penterjemahnya terdiri dari "banyak" ahli. Memang idealnya untuk belajar teologis harus memahami bahasa induknya. Tapi apakah dengan mempelajari Kitab yang sudah ditermahkan kita pasti tersesat?

Samuel : "Lalu kenapa kata Adam kadang-kadang diterjemahkan manusia dan kadang-kadang diterjemahkan Adam? Ini masalah konteks. Soalnya kata Adam bisa diterjemahkan sebagai umat manusia secara keseluruhan dan bisa juga merujuk ke manusia pertama. Nah dengan memahami akan hal ini maka jelas bahwa teori anda gugur."

Wah saya jelas tidak membangun sebuah teori, tetapi mencoba memahami apa yang sudah tertulis pada Alkitab tersebut secara apa adanya, yang berbahasa Indonesia saja.

Kejadian 1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

Kejadian 1:27 Maka Allah menciptakan Adam itu menurut gambar-Nya,...

Sam, saya ingin bertanya kepada anda, dalam konteks di atas apakah yang dimaksud MANUSIA itu ADAM ?

Kalau benar yang dimaksudkan Adam, bagaimana dengan kalimat berikutnya? Laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya MEREKA .

Apakah yang menterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia keliru?

Kemudian pertanyaan berikutnya, Adam dibentuk pada Kejadian 2:7, lalu siapa yang diciptakan-Nya pada Kejadian 1:27?

Kisah 17:26
(26)  Dari satu orang saja Ia telah menjadikan semua bangsa dan umat manusia untuk mendiami seluruh muka bumi dan Ia telah menentukan musim-musim bagi mereka dan batas-batas kediaman mereka,

Saya kira apa yang diucapkan rasul Paulus di Atena sebagai bahasa perlambang untuk memudahkan penjelasannya tentang Allah. Andaikata rasul Paulus mengatakan "Dari tidak ada Ia menjadikan umat manusia untuk mendiami seluruh muka bumi..." Apakah kita tidak mempercayainya?

Semua itu hanya untuk menegaskan tentang keberadaan manusia yang berasal dari keturunan Allah. Tapi kita juga bisa menangkapnya satu orang yang dimaksudkan itu adalah Adam. Dan itu benar, karena Adam lah yang menjadi FOKUS Allah untuk menurunkan keturunanNya, bukan manusia laki-laki dan perempuan ciptaan-Nya yang lain.

Untuk itu semua pasti akan menunjuk Adam sebagai manusia pertama. Benar manusia pertama yang menjadi INTI cerita keberadaan Allah adalah Adam. Tetapi kalau kata Adam bisa diterjemahkan sebagai umat manusia keseluruhan, bagaimana dengan kata DICIPTAKAN dan DIBENTUK ?

 

                        

 

 

Samuel Franklyn's picture

Tante Paku: Penjelasan lebih lanjut

Sam, saya ingin bertanya kepada anda, dalam konteks di atas apakah yang dimaksud MANUSIA itu ADAM ?

Betul Adam.

Kalau benar yang dimaksudkan Adam, bagaimana dengan kalimat berikutnya? Laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya MEREKA .

Adam walaupun satu pribadi tapi juga adalah dua pribadi. Hal ini terbukti dari penjelasan di Kejadian 2. Hawa dikeluarkan dari Adam. Sebelum Hawa dikeluarkan dari Adam bukankah Hawa ada didalam Adam? Jadi Adam adalah mereka. Adam mengandung gen laki-laki dan perempuan. Pada saat ini seiring dengan kemajuan pengetahuan maka kita mengetahui bahwa laki-laki mempunyai kromosom XY dan perempuan kromosom XX. Bukankah ini adalah salah satu bukti bahwa ajaran Alkitab benar? Didalam Adam ada Hawa.

http://en.wikipedia.org/wiki/XY_sex-determination_system

Apakah yang menterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia keliru?

Yang menterjemahkan tidak keliru. Sebab kalau diterjemahkan Allah menciptakan manusia ya tidak keliru. Pada saat itu di Kejadian 1 maka Adam dan umat manusia adalah satu hal yang sama.

Kemudian pertanyaan berikutnya, Adam dibentuk pada Kejadian 2:7, lalu siapa yang diciptakan-Nya pada Kejadian 1:27?

Kejadian 1:27 adalah ringkasan dan Kejadian 2:7 adalah rincian. Keduanya mengacu pada peristiwa yang sama.

Untuk itu semua pasti akan menunjuk Adam sebagai manusia pertama. Benar manusia pertama yang menjadi INTI cerita keberadaan Allah adalah Adam. Tetapi kalau kata Adam bisa diterjemahkan sebagai umat manusia keseluruhan, bagaimana dengan kata DICIPTAKAN dan DIBENTUK ?

Allah menciptakan manusia dengan dibentuk dari tanah liat dan dihembuskan nafas hidungnya. Kejadian 1:1 adalah ringkasan dari Kejadian 1:2 dan seterusnya. Lalu Kejadian 1:26-31 adalah ringkasan dari Kejadian 2 dan seterusnya.

Perhatikan juga ada perbedaan nama Allah yang digunakan Kejadian 1 menggunakan nama Allah sebagai Elohim. Sedangkan Kejadian 2 menggunakan nama Allah sebagai Yahweh Elohim.

Tante Paku's picture

Adam yang utama bukan yang pertama.

Samuel mengatakan bahwa : "Kejadian 1:27 adalah ringkasan dan Kejadian 2:7 adalah rincian. Keduanya mengacu pada peristiwa yang sama."

Dalam hal ini saya punya pendapat berbeda, bahwa Kejadian 1: 1-31 bukan ringkasan melainkan "proses" awal Allah Tritunggal dalam membentuk suatu "skenario" besar yang menjadi awal  permulaan suatu cerita kehidupan. Ayat per ayat adalah tahap demi tahap dalam proses "menciptakan" dari yang ada menjadi ada.

Kemudian Kejadian 2 : 1-25 adalah "membentuk" tokoh yang akan menjadi sentral cerita yang sudah menjadi cerita kelanjutan dari skenario awal tadi. Kemudian Kejadian 3 dan seterusnya, mulailah "drama kecil" untuk menuju "drama besar" kehidupan.

Ada peristiwa yang sama tetapi BERBEDA dalam materinya.

Untuk itu semua pasti akan menunjuk Adam sebagai manusia pertama. Benar manusia pertama yang menjadi INTI cerita keberadaan Allah adalah Adam. Tetapi kalau kata Adam bisa diterjemahkan sebagai umat manusia keseluruhan, bagaimana dengan kata DICIPTAKAN dan DIBENTUK ?

Samuel menjawab : "Allah menciptakan manusia dengan dibentuk dari tanah liat dan dihembuskan nafas hidungnya. Kejadian 1:1 adalah ringkasan dari Kejadian 1:2 dan seterusnya. Lalu Kejadian 1:26-31 adalah ringkasan dari Kejadian 2 dan seterusnya."

Anda harus membedakan kalimat MENCIPTAKAN/DICIPTAKAN/MENJADIKAN dengan MEMBENTUK/DIBENTUK/DIBANGUN, karena ini penting untuk memahami kerja Allah dan Tuhan Allah.

Menciptakan/diciptakan/menjadikan adalah membuat sesuatu dari yang TIDAK ADA menjadi ADA.

Membentuk atau dibangun adalah membuat sesuatu DENGAN materi yang  SUDAH ADA atau tersedia.

Kejadian 1:26 Allah BERFIRMAN MENJADIKAN manusia.

Kejadian 1:27 Allah MENCIPTAKAN manusia.

Coba anda bandingkan dengan :

Kejadian 2 : 7 Tuhan Allah MEMBENTUK manusia itu dari DEBU TANAH.

Kejadian 2 : 22 Dan DARI RUSUK yang diambil Tuhan Allah dari manusia itu, DIBANGUN-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.

Apakah kita tidak bisa melihat perbedaan yang jelas dari ayat-ayat tersebut?

Samuel menambahkan : "Perhatikan juga ada perbedaan nama Allah yang digunakan Kejadian 1 menggunakan nama Allah sebagai Elohim. Sedangkan Kejadian 2 menggunakan nama Allah sebagai Yahweh Elohim"

Ya, karena saya sudah memperhatikan hal tersebut, saya bisa membedakan antara MENCIPTAKAN dan MEMBENTUK.

Memang mereka yang menganut Adam only, selalu yakin 1001 keyakinan yang sudah mengakar, beroyot dan begitu kuat menghujam pikiran kita bahwa Adam adalah manusia pertama ! Tidak ada yang lain sebelum Adam!!  Saya tidak menolak anggapan tersebut, tetapi kini saya terbuka mata hati setelah membaca dengan hati-hati pada Kitab Kejadian tersebut, bahwa Tuhan menciptakan "manusia laki-laki dan perempuan" sebelum Adam dibentuk, sebelum Hawa dibangun. Memang Adam manusia pertama, tetapi bukan yang dicipta melainkan yang dibentuk dari debu tanah.

Untuk menguatkan pendapat tersebut, mereka mengutip ayat seperti di bawah ini :

I Korintus 15:45 Seperti ada tertulis: "Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup", tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.

Ayat tersebut untuk mendukung bahwa Adam manusia pertama. Tetapi kalau kita melanjutkan ke ayat berikutnya, bisa menjadi bukti manusia lain sebelum Adam walau bukan berasal dari debu tanah. Saya percaya Adam manusia pertama tetapi berasal dari debu tanah.

1 Korintus l5:46 Tetapi yang mula-mula datang bukanlah yang rohaniah, tetapi yang alamiah; kemudian barulah datang yang rohaniah.

1 Korintus 15:47 Manusia pertama berasal dari debu tanah dan bersifat jasmani, manusia kedua berasal dari sorga.

1 Korintus 15:48 Mahluk-mahluk alamiah sama dengan dia yang berasal dari debu tanah dan mahluk-mahluk sorgawi sama dengan Dia yang berasal dari sorga.

1 Korintus 15:49 Sama seperti kita telah memakai rupa dari yang alamiah, demikian pula kita akan memakai rupa dari yang sorgawi.

Manusia pertama memang bukan dari debu tanah ini tetapi sama dengan manusia yang berasal dari debu tanah.

Untuk membuktikan bahwa ada manusia lain sebelum Adam, kita harus menelusuri lebih jauh ayat-ayat dalam Kitab Kejadian yang paralel dengan ayat yang sudah disebutkan di atas.

Kemudian bagi yang hakulyakin bahwa Adam manusia pertama dan tidak ada manusia sebelumnya, bagaimana kita bisa menjawab dengan benar dan alkitabiah bila ditanyakan : "Kawin dengan siapakah anak-anak Adam?"

Apakah anak Adam mengawini anak Adam? Di dalam Alkitab tidak disebutkan, tetapi kita harus memahami dengan apa yang sudah dituliskanNya, tidak ada "rinciannya" tetapi kita harus memahami dari ayat-ayat yang saling berkaitan tersebut.

Kejadian 4:1 Hawa baru melahirkan anak pertama laki-laki dinamakannya Kain.

Kejadian 4:2 Hawa melahirkan Habel adik Kain.

Kejadian 4:16 Kain pergi di tanah Nod, sebelah timur Eden.

Kejadian 4:17 Kain bersetubuh dengan istrinya, melahirkan Henokh. dan seterusnya sampai ayat 22, berkisah tentang keturunan Kain yang silih berganti melahirkan.

Dari sini kita bisa bertanya : "Anak siapakah istri Kain?"

Kejadian 4:25 Adam kembali mempunyai anak-anak laki-laki yang dinamakannya Set. Dan pada ayat 26, lahir lagi adiknya Set yaitu Enos, juga laki-laki.

Dari cerita tersebut di atas, jelas anak-anak Adam baru 4 dan semua laki-laki. Ketika melahirkan Set umur Adam 130 tahun. Ketika umur Adam 800 tahun, barulah ia melahirkan anak-anak lagi, lelaki dan perempuan, tanpa disebutkan jumlah anak-anaknya itu.

Jadi, bagaimana mungkin anak-anak Adam mengawini anak Adam yang lain? Sedangkan Adam mempunyai anak perempuan ketika berusia 800 tahun, dan anak yang lahir lebih dulu sudah menikah?

Mau tidak mau, suka tidak suka, cocok tidak cocok, setuju dan tidak setuju, anak-anak Adam pastilah kawin dengan anak manusia yang lain. Siapakah manusia yang lain itu?

Kembali ke Kejadian 1 : 26 Berfirmanlah Allah : "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

dan Kejadian 1 : 27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut  gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia ; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

dan Kejadian 5 : 2 laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Ia memberkati mereka dan memberikan nama "Manusia" kepada mereka, pada waktu mereka diciptakan.

1 Korintus 15:48 Mahluk-mahluk alamiah sama dengan dia yang berasal dari debu tanah dan mahluk-mahluk sorgawi sama dengan Dia yang berasal dari sorga.

Dari kutipan-kutipan ayat di atas, Alkitab dengan gamblang menunjukkan bahwa ADA manusia SEBELUM ADAM, kalau tidak ada mustahil anak-anak Adam kawin dengan anak-anak Adam juga.

Allah Tritunggal telah begitu sempurna menjadikan manusia, tentu mustahil Allah membuatnya tidak sempurna kembali. Bukankah akan ada "resiko" keturunan bila terjadi perkawinan sedarah (incest) ?

Bila anak Adam menikah dengan anak Adam yang lain,   berarti  Allah mengijinkan perkawinan "Phedofilia" atau "incest" , dalam arti ciptaan Allah menjadi tidak sempurna.

Allah telah menciptakan manusia sebelum Adam dan memberkati mereka untuk menguasai bumi dan beranakcuculah serta bertambah banyak. Bahkan sebelum taman Eden dibuat, di belahan bumi yang lain sudah ada nama-nama tempat. Seperti nama sungai-sungai, Pison, Gihon, Tigris, Efrat. Juga ada nama tempat, seperti Hawila, Kush, Asyur. Siapakah yang memberi nama-nama tempat tersebut? Yang pasti bukan Adam, karena Adam belum dibentuk. Tentunya manusia lain yang sudah DICIPTAKAN Allah dan DIBERKATI Allah juga.

Tetapi walau sudah ada manusia lain sebelum Adam, Adamlah tokoh UTAMA dan MANUSIA PERTAMA yang menghuni taman Eden, yang merupakan manusia "kesayangan" Tuhan Allah pada saat itu dan setelah berbuat dosa pun masih diberkati juga hingga kelak kemudian hari Allah sendiri akan memakai keturunan Adam sebagai sarana untuk turun ke dunia sebagai Anak Manusia.

Bukankah semua ini bukti bahwa ajaran Alkitab benar?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dwi Jaya's picture

@ Tante kontradiksi

TP kutip:

1 Korintus 15:47 Manusia pertama berasal dari debu tanah dan bersifat jasmani, manusia kedua berasal dari sorga.

TP said:

Manusia pertama memang bukan dari debu tanah ini tetapi sama dengan manusia yang berasal dari debu tanah.

---------------------------------0000----------------------------

ini namanya Kontradiksi A = bukan A. ada baiknya kita tidak urusin Teori2 ngawur alias TIDAK ALKITABIAH kayak judul blog ini.

Matius 6:33

__________________

Matius 6:33

Tante Paku's picture

Dwi Jaya juara ngawur.

Dwi Jaya said :

ini namanya Kontradiksi A = bukan A. ada baiknya kita tidak urusin Teori2 ngawur alias TIDAK ALKITABIAH kayak judul blog ini.

Kalau TIDAK ALKITABIAH , tunjukkan yang Alkitabiah doong....

Kalau ini teori ngawur, tunjukkan yang tidak ngawur dooong...

Anda coba baca ada blog yang DULU dibantai, diserang kiri kanan, seiring berlalunya waktu, kok menjadi TEORI BARU? Dan Alkitabiah lagi.

Jangan kutip satu ayat terus menuduh ngawur, bukankah blog anda juga banyak yang "dituduh" ngawur, tetapi anda tetap ngotot juga kan?

Tidak sependapat, bagi saya tidak masalah, saya belajar, dianggap ngawur pun kalau ada pembelajarannya, akan saya telusuri, perkara tidak cocok, tidak masalah.

Sudahkah anda memperbaiki sifat anda sendiri ????

 

Dwi Jaya's picture

@ TP

Pernyataan anda di atas JELAS2 KONTRADIKSI......

Alkitabiahnya Begini Adam dan Hawa adalah Manusia Pertama dan Kedua yg Tuhan Ciptakan, lalu jatuh dalam dosa, makanya butuh JURUSELAMAT.

Percaya bahwa manusia diciptakan sesuai dengan Rupa dan Gambar YHWH (Kej 1:29; 5:1; 9:6), bukan hasil evolusi. Percaya bahwa setiap orang yang dilahirkan dari keturunan Adam dan Hawa menempati/mewarisi POSISI orang berdosa atau Nature (sifat hati) yang berdosa adalah ALKITABIAH karena Adam dan Hawa telah jatuh ke dalam dosa dan telah kehilangan kemuliaan Tuhan, (Rom.3:10,23).

Percaya bahwa Manusia adalah suatu Pribadi ciptaan Allah yang diberi kemampuan berpikir, kesadaran diri, kehendak bebas, dan ketika jatuh dalam dosa, hanya kehilangan Kemuliaan Allah dan hubungan/komunikasi dengan pencipta. Manusia tetap mempunyai kehendak bebas

Percaya bahwa hanya ada satu cara untuk membereskan dosa yaitu dengan penghukuman. Dosa tidak dapat dihapus dengan perbuatan baik, ritual ibadah dan berbagai kerajinan keagamaan. Percaya bahwa Hanya ada SATU CARA untuk Menyelamatkan manusia dari PENGHUKUMAN, yaitu dengan mengirim JURUSELAMAT untuk dihukumkan sebagai pengganti manusia berdosa adalah ALKITABIAH, tegasnya DOSA hanya dapat diselesaikan melalui PENGHUKUMAN (II Kor.4:23, Rom.6:23).

Matius 6:33

__________________

Matius 6:33

Tante Paku's picture

Dwi Jaya, jauh dari topik.

Saya tidak menuliskan manusia hasil dari evolusi. Jawaban anda tidak nyambung dengan blog maupun jawaban komentar-komentar saya yang lain. H

Komentar anda ini cuma menceritakan bahwa manusia bla bla bla...ujung-ujungnya Juru Selamat Yesus Kristus, itu sih banyak yang sudah tahu. Karena blog ini pun ujung-ujungnya ya  ke Yesus.

Coba baca lagi dengan lebih teliti, berikut ayat-ayatnya, satu persatu, jangan dipenggal-penggal yang disukai saja. Tidak usah melebar ke dosa dan lain-lainnya, baca judul blog saya, itulah garis besar pemahaman yang saya bicarakan.

Samuel Franklyn's picture

Tante Paku: Penjelasan mengenai incest

Dari cerita tersebut di atas, jelas anak-anak Adam baru 4 dan semua laki-laki. Ketika melahirkan Set umur Adam 130 tahun. Ketika umur Adam 800 tahun, barulah ia melahirkan anak-anak lagi, lelaki dan perempuan, tanpa disebutkan jumlah anak-anaknya itu.

Tante Paku untuk bisa memahami hal ini maka kita harus paham kebiasaan budaya bangsa Yahudi. Bangsa Yahudi sebagai bangsa yang patriarkhal terbiasa cuma mencatat silsilah hanya lewat jalur ayah. Hanya wanita tertentu yang dicatat namanya dalam silsilah. Silahkan baca Matius 1-17 dan Lukas 3:23-38. Dalam daftar silsilah Lukas tidak dicatat sama sekali nenek moyang perempuan dari Yesus. Sedangkan dalam daftar silsilah Matius hanya dicatat wanita tertentu saja yang menjadi nenek moyang Kristus. Jadi bisa disimpulkan bahwa Kejadian 4 yang anda sebutkan tidak mencatat nama istri anak-anak Adam bukan berarti mereka tidak dilahirkan oleh Adam.

Allah Tritunggal telah begitu sempurna menjadikan manusia, tentu mustahil Allah membuatnya tidak sempurna kembali. Bukankah akan ada "resiko" keturunan bila terjadi perkawinan sedarah (incest) ?

Kalau kita mempelajari Alkitab maka kita akan menemukan bahwa pada awalnya incest tidak dilarang oleh Tuhan. Buktinya dimana? Buktinya adalah Abraham melakukan incest.

Kejadian 20:11-12
(11)  Lalu Abraham berkata: "Aku berpikir: Takut akan Allah tidak ada di tempat ini; tentulah aku akan dibunuh karena isteriku.
(12)  Lagipula ia benar-benar saudaraku, anak ayahku, hanya bukan anak ibuku, tetapi kemudian ia menjadi isteriku.

Sara istri Abraham adalah benar-benar saudara kandung Abraham yang satu ayah tapi lain ibu. Ini adalah incest. Tuhan memberkati perkawinan Abraham dan Sara. Bahkan Tuhan berkata bahwa anak yang dijanjikan itu haruslah berasal dari Sara. Dari sini jelas terlihat bahwa Tuhan merestui incest Abraham dan Sara.

Incest baru mulai dilarang oleh Tuhan sejak Tuhan melarangnya dalam kitab Imamat.

Imamat 18:9
(9)  Mengenai aurat saudaramu perempuan, anak ayahmu atau anak ibumu, baik yang lahir di rumah ayahmu maupun yang lahir di luar, janganlah kausingkapkan auratnya.

Soal resiko keturunan disebabkan oleh incest ada penjelasan yang sangat rinci dari Arthur Custance mengenai hal ini:

Cain's Wife and The Penalty of Incest

Inti penjelasannya adalah kenapa incest pada awalnya diperbolehkan akan tetapi ribuan tahun kemudian lalu dilarang oleh Tuhan? Karena pada awalnya gen manusia masih cukup sempurna sehingga tidak ada pengaruh buruk akibat incest.

Apakah perkawinan dengan kerabat pasti mengakibatkan anak yang cacat? Tidak. Perlu diingat bahwa Alkitab mengajarkan bahwa banjir besar di zaman Nuh mengakibatkan cuma keluarga Nuh yang selamat.

Kejadian 7:13
(13)  Pada hari itu juga masuklah Nuh serta Sem, Ham dan Yafet, anak-anak Nuh, dan isteri Nuh, dan ketiga isteri anak-anaknya bersama-sama dengan

Kejadian 7:23
(23)  Demikianlah dihapuskan Allah segala yang ada, segala yang di muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang melata dan burung-burung di udara, sehingga semuanya itu dihapuskan dari atas bumi; hanya Nuh yang tinggal hidup dan semua yang bersama-sama dengan dia dalam bahtera itu.

Nah bukankah cucu dari Nuh kawin dengan cucu Nuh yang lainnya? Jadi di zaman Nuh mereka saling kawin antara saudara sepupu?

Perkawinan antara kerabat memang bisa meningkatkan resiko cacat keturunan pada saat ini. Itulah sebabnya Tuhan akhirnya melarang hal tersebut sejak jaman Taurat diturunkan akan tetapi tidak begitu keadaannya pada saat awal peradaban manusia.

 

Tante Paku's picture

Keturunan Adam.

Sam, bagaimana dengan ayat berikut ini :

Kejadian 5:1 Inilah daftar keturunan Adam. Pada waktu manusia diciptakan oleh Allah, dibuat-Nyalah dia menurut rupa Allah;

2 laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Ia memberkati mereka dan memberikan nama "Manusia" kepada mereka, pada waktu mereka diciptakan.

Apakah ayat ini tetap menunjuk pada Adam dan Hawa doang? Siapa mereka itu? Bukankah yang MEMBENTUK adam dan MEMBANGUN Hawa Tuhan Allah?

Samuel Franklyn's picture

Tante Paku: Dalam bahasa Ibrani tidak ada kata mereka

Tante Paku silahkan membaca baik-baik mapping dari bahasa Ibrani ke terjemahan Indonesia disini:

http://dev.bible.org/indolinear/heb2tb/detail.php?id=108

Kalau anda baca maka dalam bahasa Ibrani tidak ada kata mereka. Dari manakah kata mereka berasal? Dari si penterjemah. He he he.

Kalau misalkan kata-kata dari penterjemah dihapus maka ayat tersebut dalam bahasa Indonesia akan berbunyi :

laki-laki perempuan diciptakan-Nya memberkati memberikan nama Manusia (Adam) waktu diciptakan

Jadi laki-laki+perempuan=Adam sebelum Hawa dikeluarkan dari Adam

 

Huanan's picture

@SF... Istrinya Kain

Hallo Bro SF,

Saya mau tanya nih mengenai ayat di kejadian :4:16-17 (kutipan dari TP)

Kejadian 4:16 Kain pergi di tanah Nod, sebelah timur Eden.

Kejadian 4:17 Kain bersetubuh dengan istrinya, melahirkan Henokh. dan seterusnya sampai ayat 22, berkisah tentang keturunan Kain yang silih berganti melahirkan.

Bukankah Adam dan Hawa hanya mempunyai anak Kain dan Habel. Mengenai Istrinya. kok tiba2 bisa muncul begitu saja dari mana yah..? Mungkin Anda bisa membantu menjelaskannya . Thank's !

GBU

Samuel Franklyn's picture

Huanan: Tidak tercatat bukan berarti tidak ada

Tidak tercatat bukan berarti tidak ada. Darimanakah anda menyimpulkan bahwa anak Adam dan Hawa hanyalah Kain dan Habel? Bukankah dengan menggunakan logika kalau tidak tercatat berarti tidak ada.

Alkitab hanya mencatat Kain dan Habel karena nama keturunan Adam dan Hawa yang perempuan tidak dicatat. Adam dan Hawa memiliki anak-anak  perempuan.

Kalau misalkan logika tidak tercatat maka berarti tidak ada diterapkan ke silsilah Tuhan Yesus di Lukas 3 maka kita bisa mengajukan pertanyaan lucu. "Bagaimana mereka bisa punya anak sedangkan mereka tidak punya istri?" He he he.

Tante Paku's picture

Mereka tidak ada?

Kalau begitu penterjemahnya yang keliru juga kan? Kemarin saya bertanya soal itu, anda menjawab tidak keliru, ternyata ada yang keliru juga. Kalau memang demikian, akhirnya semua mengarah ke Adam.

Dari membaca link-link yang diberikan itu, memang agar iman kristen tidak goyah, pemahaman tentang manusia sebelum Adam tidak ada, apapun alasannya, begitukah?

Kemudian tentang anak-anak Adam tetap kawin dengan anak-anak Adam. Kakak kawin dengan adik, adik kawin dengan adiknya lagi, Om kawin dengan keponakannya, Simbah kawin dengan cucunya dan seterusnya. Anak Adam anggap saja banyak, maklum umurnya walau sudah tuwir,  bunda Hawa masih bisa melahirkan. Bahkan kalau tiap tahun melahirkan, berapa jumlah anak Adam? Tentu sangat banyak sekali.

Adam dan anak cucunya bisa bersama-sama "mencangkul" untuk membuat keturunan agar banyak sesuai Firman Allah. Dan hal ini dilanjutkan oleh Nuh.

Terima kasih, untuk sementara cukup di sini saya kira pemahamannya, karena kalau toh "ngeyel" akan terjadi debat kusir yang bagi saya malah tidak produktif. Siapa tahu, suatu hari kelak ada pemahaman baru yang membuat kita kembali memperdalam yang sudah pernah dibicarakan.

Terima kasih kepada yang telah berpartisipasi dalam kios ini, kalau masih betah, silahkan menikmati hidangan yang tersedia.

 

Huanan's picture

@SF,@TP ==>getting confused

Tante Paku, Seperti kita ketahui Mulai dari Adam, Abraham, Nuh dan Musa adalah keturunan dari Bangsa Israel. Nah bagaimana dgn suku2 atau Ras2 Bangsa yang ada di dunia sekarang ini seperti: Bangsa kulit putih(Amerika,eropa) , Hitam(Afrika), kuning (Asia), Arab, melayu dll. apakah keturunannya Adam setelah ribuan tahun lamanya mengalami proses perubahan Gen (genetika) seperti perubahan kulit, hidung,mata ?

Bangsa China juga contohnya, memiliki sejarah ribuan Tahun bahkan sebelum Yesus di lahirkan (BC), bangsa Han ini sudah exist. Mungkin Tante Paku atau Bro SF bisa menjelaskan secara logikanya. Terimakasih  !

GBU

Samuel Franklyn's picture

Huanan: Tiga Anak Nuh

Huanan kalau kamu berminat mempelajari akan hal ini bisa membaca buku Arthur Custance: Tiga Anak Nuh (Noah's Three Sons)

Bangsa Yahudi adalah keturunan dari Sem, bangsa Mongoloid dan Negroid adalah keturunan Ham dan bangsa Kaukasia adalah keturunan Yafet. Dalam buku Custance dijelaskan peran ketiganya dalam panggung dunia.

Huanan's picture

@SF, xie xie

Thank's Bro for the link. it's really helpful.

GBU

Samuel Franklyn's picture

Tante Paku: Penterjemah tidak keliru

Dari segi bahasa si penterjemah tidak keliru karena perempuan dan laki-laki memang adalah 2 pribadi dan bisa disebut mereka. Sebagai info semua terjemahan bahasa Inggris yang saya miliki juga melakukan hal yang sama. Satu-satunya terjemahan yang berbeda adalah Terjemahan Indonesia Lama:

Kejadian 5:2 (TL)
Dan dijadikannya dia laki-laki dan perempuan, lalu diberkatinya dan dinamainya manusia pada hari yang dijadikannya itu.

http://alkitab.sabda.org/verse.php?book=1&chapter=5&verse=2

Lalu kesalahannya dimana? Kekeliruannya adalah pada mereka yang mencoba membangun suatu pemikiran semata-mata diatas hadirnya satu kata dalam satu ayat. Cara inilah yang melahirkan tafsir 1001 mimpi. Sebelum kita membangun suatu pemikiran mengenai Firman kita harus memahami konteks Firman tersebut dan apa dampaknya kalau pemikiran tersebut benar.

Pemikiran bahwa Adam bukan manusia pertama akan memiliki dampak teologis yang luar biasa. Sebagai contoh kitab Roma perlu kita buang dari Alkitab karena berisi dusta.

Kiem's picture

@ Samuel, mohon dijelaskan

Salam Damai Sejahtera Saudara Samuel Franklin

Samuel Franklin menulis :

Pemikiran bahwa Adam bukan manusia pertama akan memiliki dampak teologis yang luar biasa. Sebagai contoh kitab Roma perlu kita buang dari Alkitab karena berisi dusta.

Kiem bertanya :

  1. Apakah anda mengakui bahwa Adam bukan manusia mertama?
  2. Dusta apa yang terkandung dalam Kitab Roma, jika Adam bukan manusia pertama?

Tuhan Yesus memberkati

Samuel Franklyn's picture

Kiem: Adam adalah manusia pertama

Saya mengakui bahwa Adam adalah manusia pertama.

Kitab Roma menjelaskan bahwa penebusan Kristus diperlukan oleh karena dosa Adam menyebabkan maut menjalar ke semua manusia. Kalau memang Adam bukan manusia pertama lalu bagaimana caranya Adam menularkan maut ke manusia sebelum dia? Bukankah manusia sebelum Adam tidak mengalami maut kalau Adam bukan manusia yang pertama?


Kiem's picture

@ Samuel, Manusia sebelum Adam, tanpa roh

Salam Damai Sejahtera Saumel Franklin.

Manusia sebelum Adam adalah manusia tanpa roh, (lihat komentar saya kepada Tante Paku dibawah ini).

Yang ada pada manusia sebelum Adam adalah tubuh dan jiwa, itulah sebabnya, manusia purba, pekerjaannya hanya berperang memperebutkan makanan dan kekuasaan.

Manusia diberikan roh oleh Tuhan, baru di Taman Eden, kepada Adam

Kejadian  2 : 7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

Oleh karena belum mempunyai roh, maka kematiannya sama dengan kematian binatang, yaitu tidak diperhitungkan oleh Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati
 

Kiem's picture

@ Tante Paku, Tidak benar Anak Adam kawin dengan Saudaranya

Salam Damai Sejahtera Tante Paku

Banyak perdebatan kalau topiknya yang spektakuler begini.

Kalau Adam bukan manusia pertama, dikatakan tidak alkitabiah???

apalagi jika mengatakan Anak Adam kawin dengan Saudaranya??? (siapa?)

Perhatikan ayat ini :

Kejadian 6 : 1 - 2, 4 (Indonesia terjemahan baru)

6:1 Ketika manusia itu mulai bertambah banyak jumlahnya di muka bumi, dan bagi mereka lahir anak-anak perempuan,

6:2 maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka.

6:4 Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi, dan juga pada waktu sesudahnya, ketika anak-anak Allah menghampiri anak-anak perempuan manusia, dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka; inilah orang-orang yang gagah perkasa di zaman purbakala, orang-orang yang kenamaan.

Genesis 6 : 1 - 2, 4 (English Contemporary Version)

6:1-2 More and more people were born, until finally they spread all over the earth. Some of their daughters were so beautiful that supernatural beings came down and married the ones they wanted.

6:3 Then the LORD said, "I won't let my life-giving breath remain in anyone forever. No one will live for more than one hundred twenty years."

6:4 The children of the supernatural beings who had married these women became famous heroes and warriors. They were called Nephilim and lived on the earth at that time and even later.

Terjemahan Bahasa Ingris (= terjemahan Bahasa Batak juga), bahwa ada orang-orang yang gagah perkasa pada jaman purbakala, disebut sebagai NEPHILIM

Nephilim ini diartikan sebagai manusia purba, manusia tanpa roh atau manusia sebelum Adam.

Tuhan Yesus memberkati


 

Debu tanah's picture

@ Kiem, berpikirlah yang logis

Pak Kiem, berpikirlah yang logis, silakan baca 1 Korintus 15:45 & Kisah 17:26.

Kurang eksplisit apa coba ayat tsb? Ayat itu jelas berkata bahwa Adam adalah manusia pertama.  Lalu Kain kawin dengan siapa? Kita simpulkan ya sama anak perempuan Adam dong = saudaranya, masak ama monyet? Hehehe

Aneh, kenapa mempermasalahkan ayat yang tidak jelas (tidak eksplisit) ?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Kiem's picture

@ Deta, kita ini membahas, sy bukan ahli kitab & ahli purbakala

Salam Deta

Deta menulis :

silakan baca 1 Korintus 15:45 & Kisah 17:26.

Kurang eksplisit apa coba ayat tsb? Ayat itu jelas berkata bahwa Adam adalah manusia pertama. 

Kiem menjawab :

Memang Adamlah manusia pertama menjadi makhluk yang hidup, karena kepada Adamlah pertama diberikan nafas hidup (roh)

dalam King James Version :

1 Corinthians15:45 And so it is written, The first man Adam was made a living soul (jiwa yang hidup); the last Adam was made a quickening spirit.
 

Kisah 17 : 26

Dari satu orang saja... mendiami seluruh bumi, ...

Itu memang kenyataannya sekarang, karena manusia yang bukan keturunan Adam sudah MUSNAH waktu air Bah (zaman Nuh)

Deta menulis :

Lalu Kain kawin dengan siapa? Kita simpulkan ya sama anak perempuan Adam dong = saudaranya, masak ama monyet? Hehehe

Aneh, kenapa mempermasalahkan ayat yang tidak jelas (tidak eksplisit) ?

Kiem menjawab :

Anak Adam yang mana?, dan menurut siapa?, mana buktinya?

Tuhan Yesus memberkati.

 

NB.

Sebagaimana telah saya sampaikan kepada Tante Paku, bahwa sebenarnya saya sudah lebih dahulu ingin menuliskan ini, tetapi saya berpikir, pembahasan ini lebih banyak ruginya daripada untungnya.

Ruginya, jemaat yang banyak bisa ragu lagi/goyah

Untungnya : ahli purbakala bisa bertobat (hanya itu gunanya)

Debu tanah's picture

@ Kiem, ingin bukti?

KIEM:

Kisah 17 : 26

Dari satu orang saja... mendiami seluruh bumi, ...

Itu memang kenyataannya sekarang, karena manusia yang bukan keturunan Adam sudah MUSNAH waktu air Bah (zaman Nuh)

 

DETA:

Berbicara dengan orang yg menafsirkan ayat demikian emang harus teliti. Mari kita TELITI.

Kisah 17:26 Dari satu orang saja Ia telah menjadikan semua bangsa dan umat manusia untuk mendiami seluruh muka bumi dan Ia telah menentukan musim-musim bagi mereka dan batas-batas kediaman mereka,
 

Emang ayat diatas berkata KENYATAAN SEKARANG SAJA?

Ayat di atas bekata: SEMUA BANGSA & UMAT MANUSIA YANG MENDIAMI SELURUH MUKA BUMI. Jumlah manusia yang pernah hidup di MUKA bumi adalah sekitar 106 MILIAR lebih (termasuk yang sudah mati).

Kesimpulan nya bila ada manusia lain itu, maka mereka BUKAN MANUSIA atau hidupnya BUKAN DI MUKA BUMI.

 

KIEM:

Anak Adam yang mana?, dan menurut siapa?, mana buktinya?

 

DETA:

Ini adalah kesimpulan bila kita memegang kebenaran bahwa Adam adalah manusia pertama.

Wah pak Kiem ingin bukti?

Saya juga ingin bukti apa benar Pak Kiem adalah benar2 keturunan NUH?

Jangan2 pak Kiem keturunan Nephilim nih? Karena ternyata ada keturunan Nephilim yang selamat dari air Bah, karena mereka juga membangun perahu yang lain, hanya tidak tercatat di Alkitab

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Kiem's picture

@ Deta, kita bukan mau berdebat, jawablah pertanyaan dasar ini

Salam Damai sejahtera :

Supaya kita tidak adu ngeyel, apa jawaban anda terhadap pertanyaan awal ini, ini saya copy lagi :

  • Anda pernah dengar Fosil manusia berumur jutaan tahun??, padahal Adam  baru berumur 6000 tahunan sampai sekarang. Kalau anda mengatakan itu salah, maka anda akan berhadapan dengan Antropolog, orang kimia dan orang Fisika nuklir.
  • Kain dan Habil menikah dengan siapa??
  • Siapa yang ditakuti kain? ketika dia mengatakan dalam kejadian 4:14 Engkau menghalau aku sekarang dari tanah ini dan aku akan tersembunyi dari hadapan-Mu, seorang pelarian dan pengembara di bumi; maka barangsiapa yang akan bertemu dengan aku, tentulah akan membunuh aku.", kalau menurut pengertian umum, bahwa manusia waktu itu tinggal Adam, Hawa dan Kain sendiri.
  • Manusia diciptakan laki-laki dan perempuan, dan ini sebelum Adam masuk ke Taman Eden, sedangkan Pengertian umum, Adam diciptakan sendiri di taman Eden baru menyusul Hawa dari tulang rusuknya:

Tuhan Yesus memberkati

NB. kembali saya sampaikan :

Sebagaimana telah saya sampaikan kepada Tante Paku, bahwa sebenarnya saya sudah lebih dahulu ingin menuliskan ini, tetapi saya berpikir, pembahasan ini lebih banyak ruginya daripada untungnya.

Ruginya, jemaat yang banyak bisa ragu lagi/goyah

Untungnya : ahli purbakala bisa bertobat (hanya itu gunanya)

Debu tanah's picture

@ Kiem, kita tidak berdebat toh?

Oh saya kira kita dari tadi lagi berdebat pak Kiem, ya sudah kalo gitu saya tidak akan menjawab pertanyaan pak Kiem.

 

Tapi kalo Pak Kiem mau lanjut berdebat, pak Kiem jawab dulu pertanyaan saya berikut ya:

Pak Kiem percaya Alkitab adalah kebenaran? Percaya Kisah Para Rasul 17:26 adalah benar? Atau pak Kiem berprasangka bahwa Rasul Paulus BERDUSTA ?

Bila pak Kiem tidak percaya Alkitab adalah benar, memang kita tidak perlu lanjutkan diskusi kita ini. Seperti sering diucapakan Suhu Hai hai di Sabda ini Alkitab adalah standar kebenaran !

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Kiem's picture

@ Deta, saya setuju semua pertanyaan anda diatas

Salam Damai Sejahtera Deta

Saya sependapat dengan anda mengenai pertanyaan anda diatas, dan saya tidak berprasangka bahwa Rasul Paulus berdusta.

Soal diskusi kita tidak kita lanjutkan apabila kita mengakui bahwa Alkitab adalah standar kebenaran, saya tidak sependapat, karena saya berpikir bahwa Pengertian kita tentang alkitab, belum tentu mencapai standar kebenaran, dan masih banyak yang perlu diluruskan. Selain itu, saya berpikir, siapa tahu Tante Paku terbeban untuk menginjili ahli purbakala.

Tuhan Yesus memberkati

NB. kembali saya sampaikan :

Sebagaimana telah saya sampaikan kepada Tante Paku, bahwa sebenarnya saya sudah lebih dahulu ingin menuliskan ini, tetapi saya berpikir, pembahasan ini lebih banyak ruginya daripada untungnya.

Ruginya, jemaat yang banyak bisa ragu lagi/goyah

Untungnya : ahli purbakala bisa bertobat (hanya itu gunanya)

Debu tanah's picture

@ Kiem, bila setuju

Konsisten dong, bila setuju, kenapa pak Kiem tidak percaya Kisah 17:26. Kenapa malah percaya ama omongan tukang gali tulang?

Prinsip menafsirkan Alkitab, anda harus pegang KEBENARAN UTAMA, bila anda TIDAK PERCAYA bahwa Kisah 17:26 adalah benar TETAPI malah percaya omongan tukang gali tulang, ya silakan saja!

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Kiem's picture

@ Deta, saya kan punya pengertian sendiri, yg tadi sy sampaikan

Salam Damai Sejahtera Deta

Deta menulis :

Konsisten dong, bila setuju, kenapa pak Kiem tidak percaya Kisah 17:26. Kenapa malah percaya ama omongan tukang gali tulang?

Kiem menjawab :

Saya, kan sudah sampaikan bahwa pengertian saya tersendiri, apalagi jika dikaitkan dengan ayat 27, 28, 29, bahwa keturunan Allah, lalu Adam......., dan seterusnya, karena Adamlah yang pertama memiliki roh, dan dialah yang diperhitungkan sebagai anak Allah.

Lukas 3 : 23 - 38, baca ayat 38 

3:38 anak Enos, anak Set, anak Adam, anak Allah.
 

Supaya pemahaman anda terhadap tukang gali tulang tidak terlalu picik, silahkan cari kata NEPHILIM pakai google, ada videonya disitu, sebab saya tidak bisa memuatnya di SS ini. Mohon maaf, saya baru belajar internet.

atau LIHAT di FB saya, sudah saya bagikan di dinding saya, nama saya Makimpos

NB. kembali saya sampaikan :

Sebagaimana telah saya sampaikan kepada Tante Paku, bahwa sebenarnya saya sudah lebih dahulu ingin menuliskan ini, tetapi saya berpikir, pembahasan ini lebih banyak ruginya daripada untungnya.

Ruginya, jemaat yang banyak bisa ragu lagi/goyah

Untungnya : ahli purbakala bisa bertobat (hanya itu gunanya)

Debu tanah's picture

@ Kiem, mengenai Nephilim

Saya sudah mencarinya dalam komentar pertama saya ke TP.

Dalam link INI disebutkan:

NEPHILIM adalah manusia biasa, NEFILIM (Ibrani) diterjemahkan ke KJV sebagai GIANT, dalam bahasa Indonesia  = RAKSASA.

Kejadian 6:4 Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi, dan juga pada waktu sesudahnya, ketika anak-anak Allah menghampiri anak-anak perempuan manusia, dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka; inilah orang-orang yang gagah perkasa di zaman purbakala, orang-orang yang kenamaan.

 

Hehehe.. percaya Alkitab kok dituduh picik? Bila percaya Alkitab butuh BUKTI maka cepat atau lambat pak Kiem pasti murtad nih.

Bagi saya buktinya adalah IMAN:

Ibrani  11:3 Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.

Ibrani 11:1 Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

 

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Kiem's picture

@ Deta, apa sudah lihat videonya?

Salam sejahtera Saudara Deta

Apakah anda sudah melihat video nephilim?

Kalau sudah lihat, tentunya semakin menghargai temuan-temuan para akkeolog (ahli purbakala), sehingga tidak lagi mengatakan merekan sebagai "penggali tulang". Ilmu mereka diakui di seluruh dunia, lho.

Kalau pertanyaan dasar yang saya tuliskan tadi dipertanyakan lagi oleh mereka kepada anda, yang nota bene sudah mengatakan bahwa anda PERCAYA FIRMAN, maka kemungkinan anda akan menjawab :

"Hai, kamu para penggali tulang, kamu itu menyesatkan orang-orang kristen yang sudah memiliki kitab suci (kitab sakti) ALKITAB",

"pergi kamu semua, ilmu kamu itu palsu semua, karena bertentangan dengan kitab sakti saya".....dst.

"SAYA SUDAH PERCAYA FIRMAN LHO"

Saya kira anda akan mengatak demikian kepada mereka, padahal, saya mengatakan bahwa : "Debu tanah sendiri yang tidak mengerti kitabnya", lalu mengatakan : "ilmu orang lain yang salah"

Pikirkanlah itu, dan lihatlah videonya itu.

Tuhan Yesus memberkati

 

NB. kembali saya sampaikan :

Sebagaimana telah saya sampaikan kepada Tante Paku, bahwa sebenarnya saya sudah lebih dahulu ingin menuliskan ini, tetapi saya berpikir, pembahasan ini lebih banyak ruginya daripada untungnya.

Ruginya : jemaat yang banyak bisa ragu lagi/goyah

Untungnya : ahli purbakala bisa bertobat (hanya itu gunanya)

 

sandman's picture

@Kiem Kirain..

Kirain anda kasih video para nephilim joget2 atau gimana gitu.. ternyata cuma evidence aja.. lagian disitu dibuat judul "THE MYSTERY and THE MYTH" artinya MITOS dan MISTERI dari NEPHILIM itu bukan sebuah kebenaran. Sama aja seperti HAI-HAI bilang "Misteri bla bla blla"  semua masih sebuah PANDANGAN.

 

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Kiem's picture

@ Sandman, minimal menunjukkan bahwa nephilin itu benar ada

Salam Damai Sejahtera Sandman

Yang saya tanggapi dalam video itu adalah, bahwa benar ada manusia raksasa, ukuran tulang kakinya saja hampir setinggi manusia/separoh dari penemunya, dan usianya dikatakan ada yang sampai jutaan tahun.

Tuhan Yesus memberkati

NB. kembali saya sampaikan :

Sebagaimana telah saya sampaikan kepada Tante Paku, bahwa sebenarnya saya sudah lebih dahulu ingin menuliskan ini, tetapi saya berpikir, pembahasan ini lebih banyak ruginya daripada untungnya.

Ruginya : jemaat yang banyak bisa menjadi ragu/goyah/bimbang

Untungnya : ahli purbakala bisa bertobat (hanya itu gunanya)

Debu tanah's picture

@ Kiem, apa anda kira.

Saya blm nonton, bila sempat saya tonton.

Silakan baca juga Alkitab vs Ilmu Pengetahuan.

 

Saya percaya hanya ada 1 macam manusia tidak ada macam yang lain. Saya percaya yang diajarkan Alkitab bahwa Allah meciptakan MANUSIA menurut RUPA & GAMBAR Allah dengan cara membentuk debu tanah dan menghembuskan NAFAS HIDUP ke dalam hidungnya. TITIK !

Kl pak Kiem mau macam-macam, terserah saja.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Kiem's picture

@ Deta, Yang anda percayai itu, apa sudah dianalisa?

Salam Damai Sejahtera Deta

Deta menulis :

Saya percaya hanya ada 1 macam manusia tidak ada macam yang lain. Saya percaya yang diajarkan Alkitab bahwa Allah meciptakan MANUSIA menurut RUPA & GAMBAR Allah dengan cara membentuk debu tanah dan menghembuskan NAFAS HIDUP ke dalam hidungnya. TITIK !

Kl pak Kiem mau macam-macam, terserah saja.

Kiem menajwab :

Soal alkitab, saya juga percaya alkitab, tetapi pengertian alkitab perlu pembahasan.

Coba baca komentar-komentar saya kepada Hai-Hai di blog ini juga, saya menjawab dengan alkitab King James Version,

Yang jelas-jelas berbeda pengertiannya, apakah itu salah?

Bagaimana pandangan anda?

Kalimat anda yang terakhir inilah yang menunjukkan ssuasana diskusi tidak elegan lagi.

Barangkali terbawa suasana diskusi dengan Hai-Hai?

Tuhan Yesus memberkati

NB. kembali saya sampaikan :

Sebagaimana telah saya sampaikan kepada Tante Paku, bahwa sebenarnya saya sudah lebih dahulu ingin menuliskan ini, tetapi saya berpikir, pembahasan ini lebih banyak ruginya daripada untungnya.

Ruginya : jemaat yang banyak bisa ragu lagi/goyah

Untungnya : ahli purbakala bisa bertobat (hanya itu gunanya)

Debu tanah's picture

@ Kiem, silakan tulis blog sendiri

Silakan tulis blog sendiri. Mungkin lebih fokus ke bukti2 NEFILIM.

Saya tidak enak sama TP, kurang leluasa "MENGHAJAR" anda di lapak orang lain !

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

sandman's picture

@Deta do not worrie

Yang punya lapak sudah mempersilahkan baca aja.. :P

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Kiem's picture

@ Deta, kata-kata anda tidak sopan

Salam Damai Sejahtera Saudara Deta.

Anda ini sudah mengeluarkan kata-kata "Menghajar", jadi tidak perlu ditanggapi, Sorry.

Tuhan Yesus memberkati

 

NB. kembali saya sampaikan (sikap saya) :

Sebagaimana telah saya sampaikan kepada Tante Paku, bahwa sebenarnya saya sudah lebih dahulu ingin menuliskan ini, tetapi saya berpikir, pembahasan ini lebih banyak ruginya daripada untungnya.

Ruginya, jemaat yang banyak bisa ragu lagi/goyah

Untungnya : ahli purbakala bisa bertobat (hanya itu gunanya)

Debu tanah's picture

@ Kiem, saya MINTA MAAF..

Tadinya saya menulis:

Saya tidak enak sama TP, kurang leluasa "MENGHAJAR" anda di lapak orang lain !

 

DETA:

Saya minta maaf bila saya sudah tidak sopan, saya akan meniru cara anda berkomentar di SINI.

Saya ralat menjadi:

Saya tidak enak sama TP, kurang leluasa "mencounter" pandangan anda yang TERLALU PICIK di lapak orang lain !

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Kiem's picture

@ Deta, saya minta maaf juga

Salam Damai Sejahatera Saudara Debu Tanah

Permintaan maaf anda saya terima.

Sama, saya juga minta maaf, karena saya mengatakan bahwa anda picik.

Itu sebenarnya karena anda merendahkan bidang ilmu arkeolog dengan sebutan "tukang gali tulang belulang", saya berpikir, bahwa mereka juga banyak yang sudah menjadi Profesor, dan ilmu mereka diperoleh dengan kerja keras.

Mungkin istilah saya seharusnya bukan "picik", tetapi "merendahkan arkeolog".

Sebagaimana catatan saya NB seperti dibawah ini, saya juga tidak berkehendak untuk membahas topik ini, sehingga kalau ada lagi kata-kata "menghajar", saya mau langsung melarikan diri saja. Coba kalau topiknya sangat menarik perhatian saya dan topik yang bermanfaat bagi orang banyak, saya pasti layani baik, walau dengan kata-kata kasar sekalipun, saya akan usahakan menjawab dengan tenang.

Okelah, saya ingin bersahabat dengan anda di dunia maya yang lain, sebagaimana komentar saya pada tulisannya IIk tentang Kopdar kalian, saya tunggu.

Tuhan Yesus memberkati

NB. kembali saya sampaikan (Sikap saya):

Sebagaimana telah saya sampaikan kepada Tante Paku, bahwa sebenarnya saya sudah lebih dahulu ingin menuliskan ini, tetapi saya berpikir, pembahasan ini lebih banyak ruginya daripada untungnya.

Ruginya, jemaat yang banyak bisa ragu lagi/goyah

Untungnya : ahli purbakala bisa bertobat (hanya itu gunanya)

Dwi Jaya's picture

@ Teori Ngauw Pak Hai2

Hai2 wrote: .....Alkitab memang tidak mencatatnya secara gamblang namun kita dapat menarik kesimpulan bahwa Adam dan Hawa diciptakan dalam bentuk janin yang lalu tumbuh dewasa. Sesungguhnya kelahiran Kristus menjadi manusia adalah gambaran penciptaan Adam dan Hawa.

komentarku: Sejauh kita baca Alkitab, Hawa itu dibuat Tuhan dari ambil tulang rusuk Adam, lalu bentuklah Perempuan bernama Hawa, Masak Hawa dan Adam bentuk JANIN, yg Benar SAJA?????? Janin mah belum bertulang sampai beberapa bulan baru ada kelihatan bentuk janin.....

Pak Hai2 berpikir bebas boleh, namun lihat tafsiran anda sinkron tdk dengan apa kata Alkitab. Anda buat teori dan jual di SS, btw anda cuma mau cari sensasi baru dg teori baru.....? Tanya kenapa?

Matius 6:33

__________________

Matius 6:33

sandman's picture

@Dwi..u kali ngauw2..

Maaf, anda salah lobang... :P

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Dwi Jaya's picture

@ kutipan Hai2

u kali Ngawur, maksudku...

Kutipan tadi ada di artikel blog Tante Paku.. so tdk salah lobang kan?

Matius 6:33

__________________

Matius 6:33

Dwi Jaya's picture

@ Siapa Istri Kain

Dalam Buku PESONA ALKITAB, saya pernah bahas dalam satu artikel/pasal buku itu, Masih ada kayaknya diskusi itu di antara 142 artikel Dede Wijaya di Blog SS. Coba cek....

Adam dan Hawa Manusia pertama dan Kedua, Kej 5 bagian awal coba baca

Matius 6:33

__________________

Matius 6:33

Debu tanah's picture

@ Dwi Jaya, blog Dede Wijaya di blokir.

Kagak bisa dibuka, blog Dede Wijaya diblokir, karena sering melanggar policy!


__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Dwi Jaya's picture

@ Deta @ Admin

Diblokir, namun 142 artikelnya masih ada kok, maybe bisa u cari dengan ketik kata kunci di Fungsi CARI di kanan atas,

atau maybe Admin bisa kembali aktifkan 142 artikel sehingga begitu nama Dede Wijaya di Klik akan muncul 142 artikel itu dengan mudah, tanpa perlu cari satu per satu dengan ketik judul......

kalo bingung juga masih tdk ketemu, ketik saja DI Google Search, kalo dak salah, judul artikelku SIAPAKAH ISTRI KAIN? or cari di bloh dedewijaya.blogspot.com, bagian PESONA ALKITAB

Matius 6:33

__________________

Matius 6:33

hai hai's picture

@Dijaya, Ngawur

komentarku: Sejauh kita baca Alkitab, Hawa itu dibuat Tuhan dari ambil tulang rusuk Adam, lalu bentuklah Perempuan bernama Hawa, Masak Hawa dan Adam bentuk JANIN, yg Benar SAJA?????? Janin mah belum bertulang sampai beberapa bulan baru ada kelihatan bentuk janin.....

Pak Hai2 berpikir bebas boleh, namun lihat tafsiran anda sinkron tdk dengan apa kata Alkitab. Anda buat teori dan jual di SS, btw anda cuma mau cari sensasi baru dg teori baru.....? Tanya kenapa?

dwijaya, bagi RESIDIVIS seperti anda memang tidak ada kebenaran selain yang anda miliki. Itu sebabnya anda tidak pernah merasa salah, karena di dalam diri anda tidak ada KEBENARAN.

Tulang rusuk Adam untuk membentuk Hawa. Berapa batang yang diambil Allah? Satu batang, dua batang atau sebanyak untuk membentuk JANIN? Adam jelas dibentuk dari DEBU tanah. Debu tanah lebih dari satu butir disebut DEBU-DEBU. Walaupun dibentuk dari SATU debu tanah, namun banyak ayat yang mencatat bahwa Allah membentuk manusia dari TANAH, bahkan TANAH LIAT.

Tujuan Allah membentuk manusia adalah untuk BEKERJA, mengusahakan bumi. Namun apa yang tercatat di dalam Amsal 8?

aku ada serta-Nya sebagai anak kesayangan, setiap hari aku menjadi kesenangan-Nya, dan senantiasa bermain-main di hadapan-Nya;
aku bermain-main di atas muka bumi-Nya dan anak-anak manusia   menjadi kesenanganku. Amsal 8:30-31

Kenapa Hikmat bermain-main? Bukankah seharusnya Dia bekerja? Dia bermain-main dengan anak-anak mausia. Bermain-main hanya untuk anak kecil.

Bukankah Adam adalah gambaran Kristus? Bila Kristus dibentuk dari JANIN, kenapa GAMBARNYA ujug-ujug dewasa? Ho ho ho ho ...

Maaf ya, Dwi jaya alias pedang roh alias Kefas Simon Petrus, saya tidak seperti anda yang mukanya setebal tembok Cina demi sensasi kosong.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Dwi Jaya's picture

@ Hai2 ngawurnya

Pak Hai anda ngawurnya di sini: namun kita dapat menarik kesimpulan bahwa Adam dan Hawa diciptakan dalam bentuk janin yang lalu tumbuh dewasa.

Matius 6:33

__________________

Matius 6:33

Kiem's picture

@ Tnt.Paku, sy sdh tahu teori ini, tapi tdk perlu dipublikasikan

Salam Damai Sejahtera Tante Paku

Saya sudah tahu teori ini sejak tahun 2002, dan sayapun sudah dapat menjawab segala pertanyaan yang menolak tulisan anda ini, tetapi saya berpendapat, bahwa teori ini tidak baik untuk dipublikasikan, dengan alasan :

  1. Sudah lebih banyak yang meyakini bahwa Adam adalah manusia pertama adalah Adam, sehingga kalau dimunculkan lagi teori lain, akan lebih banyak ruginya daripada untungnya, banyak yang buyar/goyah imannya.
  2. Sangat sedikit orang yang dapat memahami pembahasannya.
  3. Sangat sedikit manfaat yang diperoleh jika membahas ini, dibandingkan ruginya, lebih banyak ruginya, nanti bisa dikatakan Pendeta sesat.

Teori ini hanya berguna untuk mendukung :

  1. Ilmu antropologi (fosil-fosil)
  2. Menginjili ahli antropologi, ahli Fisika atom atau ahli kimia nuklir.

Hal ini sudah pernah kami perdebatkan secara sekilas dengan Risdo, tetapi kami hentikan Klik Disini sampai tiga komentar di bawahnya (sampai komentar ke empat KLIK DISINI Penjelasan saya

Tuhan Yesus memberkati