Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Aku Seorang Pelacur

joli's picture

Aku yang di puja dan yang di hina
Akulah si pembawa malu dan keindahan..

Seperti semua pelacur aku lahir sebagai perempuan lugu dan perawan.
Ketika beranjak remaja memimpikan seorang pangeran dari negri seberang, pangeran ganteng yang kaya raya, naik seekor kuda putih dengan jubah melambai… wow…

Itulah sebabnya aku suka dengan pria asing, suka dengan pria kaya…

Pertama kali aku jatuh cinta pada tetangga sebaya.. dia ganteng.. tetapi sama melaratnya denganku.. beraninya hanya melirik-ku, setiap pagi ku-menunggunya keluar dari pintu rumahnya dengan hati berdebar, berharap mendapat senyum-nya.. Seakan suara langkahnyalah yang berdentum-dentum di detak jantungku..

Kedua kalinya aku suka pria,  saudara dari tuan-nya bapakku.. pria setengah baya yang kaya.. dia suka memberi minyak wangi yang mahal harganya.. memberikannya dengan setengah menggenggam tanganku.. terkadang dengan elusan ringan..

Sekarang sudah tidak ada lagi pria yang aku suka.. apalagi cinta...

aku lebih suka mereka yang suka padaku.. aku buat mereka memuja-ku, tergila-gila padaku..

Aku memberikan tubuh seperti yang mereka khayalkan.., aku memenuhinya seperti mimpi-mimpi mereka, termasuk mimpi liarnya..

Kebiasaan di kotaku setiap menjelang awal tahun ada lelang budak dan lelang “putri penghibur” . Aku mempersiapkan diriku sperti tahun-tahun yang lalu, entah mengapa tahun ini aku kepingin lebih dari biasa, kuingin memecahkan rekor besar angka lelang.. kuingin diingat sebagai perempuan mahal. Beberapa tahun lalu aku pernah mendapatkan harga tawar yang sangat bagus 44 keping perak.. termahal waktu itu meski ditukar dengan rasa “sakit” disekujur tubuhku, sejak itu aku berusaha untuk dapat menikmati apa itu “sakit”, kuingin tahu... seberapa besar tubuhku dapat bertahan.. seberapa kuat tubuh dan pikiranku bekerjasama untuk mengubah sakit menjadi nikmat…  dan aku menikmatinya..


Hari itu aku kepang rambutku dengan hati-hati, aku pilin satu persatu…  kulihat di cermin ..sungguh exotic.... kutatap mataku... inilah kelebihanku.... di mataku.. di tatapanku.. kata semua orang.. bisa melihat betapa bening, polos, tajam, dan cerdas...

Kupakai baju yang sudah kusiapkan khusus untuk acara ini... kuingatkan diriku... pecahkan rekor.. ya.. pecahkan rekor... kumohon kepada dewa baal.. untuk mengabulkannya..

Ketika acara akan dimulai.... dikerumunan orang banyak.. aku melihat banyak wajah-wajah lama yang sering muncul di acara serupa.. ada beberapa saudagar dari negeri seberang.. Mataku tertuju kepada seorang pria.. tidak biasa... dan agak aneh.... pria berjubah panjang.... seperti orang baik, sering aku melihat orang berpakaian seperti ini di sinagoge orang Israel.. ketika tanpa sengaja mata kami bertemu.. ada gejolak lain di hatiku.... gejolak asing.. seperti ketika masa remajaku.. kurasa aku bisa jatuh cinta.. tetapi TIDAK.. aku tidak suka dengan orang2 alim, kebanyakan dari mereka SOK, ..seperti beberapa pelangganku dari kalangan mereka.. alim... disiang hari berdoa diperempatan.. tetapi sering sembunyi2 datang kepadaku..  selain munafik....  pelit lagi.. mereka lebih buruk dari pemungut cukai...

Giliranku naik ke undak-undakan menuju panggung.. mereka menyebut namaku ”Gomer”... mulailah beberapa mengajukan tawarannya.. tiba-tiba ada seorang menawarku.. 100 keping perak...wow... 100 keping perak.... kulihat siapa yang mengajukannya.. ternyata pria aneh berjubah.. suasana ramai tiba-tiba senyap.. sepanjang sejarah.. inilah harga terbesar.. mungkin untuk beberapa tahun kemudian ini tetaplah terbesar.. bayangkan 100 keping perak..untuk seorang ”putri penghibur”..
Dulu aku dihina sekarang dipuja...kata batinku..

Ketika dia ditanya mengapa dia bayar mahal untuk seorang Gomer.. sepi.. senyap..semua menunggu jawabannya... untuk kuambil jadi istriku..jawabnya..
Kenapa mengambilnya menjadi istrimu?.. karena perintah dari Allahku.. jawabnya..

Kutundukan kepalaku.. tidak sanggup aku menerima kebaikan ini.. tidak sanggup aku membayangkannya.. tubuhku bergetar karena haru.. tidak berani aku mengangkat kepalaku untuk melihat wajahnya.. dia bukan pangeran berkuda putih.. meski berjubah..dia bukanlah seorang pria yang tampan.. tetapi dia mengambilku menjadi istrinya.. ohh dewa.. inikah kebaikanmu padaku? engkau menyuruh tuhannya untuk memperistriku? ..terima kasih.. beribu-ribu terimakasih..

Dia membawaku pulang.. aku terkenal menjadi pelacur dengan harga tebus yang mahal.. dia terkenal sebagai nabi yang tercela.... aku dipuji.... dia dicela..
sungguh malangnya dia.. aku berjanji dalam hatiku untuk membahagiakannya.. menebus cela yang diterimanya..

Malam hari ketika aku urai kepang-kepang rambutku.. dia menatapku,.. engkau cantik.. lebih cantik tanpa kepang rambut.. katanya sambil menatapku .. aku pandang wajahnya.. matanya.. adakah kutemukan kejijikan.. atau.. kelainan.. tidak ada.. yang ada adalah tatapan keraguan, kebimbangan,dan tatapan kasihan..
Dia tidak menghampiriku dan tidak tidur denganku malam ini.. dia hanya mengatakan.. ku ingin mengenalmu lebih dulu..
Saat itu.. serasa begitu berharganya diriku.. ada seorang pria ingin mengenalku tanpa menyentuhku.. dia memperlakukanku seperti sedang mengawini seorang perawan yang belum pengalaman.. mengenal dan memperkenalkan....

Beberapa malam kemudian dia mendekatiku... hatiku berdebar seperti remaja jatuh cinta.. menyentuhku lembut... seakan aku pualam yang sangat berharga.. malam itu aku juga sudah lupa akan pengalamanku bercinta... aku menikmati malam pertama sejuta rasa.. melebur menjadi satu daging... indahnya...

Aku hamil.. dia bersuka cita.. menyembah kepada allahnya.. mengucap syukur akan karunianya..
Ketika anak kami lahir laki-laki .. dia memberi nama Yizreel.. nama pemberian allahnya Hosea yang adalah bapaknya..

 
 

 

Ini cerita-an yang pertama kali aku buat yang bukan pengalaman sendiri alias karangan.. biasanya aku hanya menulis apa yang aku tahu, apa yang aku alami, .. kali ini agak beda.. belajar mengarang.. meski nilai mengarang-ku pada waktu SD tidak pernah lebih dari nilai 7... Rencananya aku mau buat sequel... setelah ini cerita tentang bagaimana ketika gomer mempunyai anak kedua dan ketiga.. tetapi mengalir berdasarkan commend dari SS member...

======================================

Ketika TUHAN mulai berbicara dengan perantaraan Hosea, berfirmanlah Ia kepada Hosea: "Pergilah, kawinilah seorang perempuan sundal dan peranakkanlah anak-anak sundal, karena negeri ini bersundal hebat dengan membelakangi TUHAN."


Maka pergilah ia dan mengawini Gomer binti Diblaim, lalu mengandunglah perempuan itu dan melahirkan baginya seorang anak laki-laki.

Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Hosea: "Berilah nama Yizreel kepada anak itu, sebab sedikit waktu lagi maka Aku akan menghukum keluarga Yehu karena hutang darah Yizreel dan Aku akan mengakhiri pemerintahan kaum Israel.

Maka pada waktu itu Aku akan mematahkan busur panah Israel di lembah Yizreel.

.............................

.............................

Orang Yehuda dan orang Israel akan berkumpul bersama-sama dan akan mengangkat bagi mereka satu pemimpin, lalu mereka akan menduduki negeri ini, sebab besar hari Yizreel itu.

(HOSEA 1)

Melancholic's picture

Pelacur

wuah...gw jg bacanya berdebar2...wakkaka. untunglah ada tulisan : "ni cerita-an yang pertama kali aku buat yang bukan pengalaman sendiri alias karangan.. biasanya aku hanya menulis apa yang aku tahu, apa yang aku alami, ..kali ini agak beda.. belajar mengarang..meski nilai emngarang-ku pada waktu sd tidak pernah lebih dari nilai 7... Rencananya aku mau buat sequel..setelah ini cerita tentang bagaimana ketika gomer mempunyai anak kedua dan ketiga.. tetapi mengalir berdasarkan commend dari SS member..." kalo ga ada,pikiranku...dashyat juga ne cewek
joli's picture

@melancholic... be cowok dahsyat...

melancholic said:

kalo ga ada,pikiranku...dashyat juga ne cewek

 

Halo melancholic..siapa yang kamu maksud cewek dasyat? joli or gomer?

Jadilah cowok yang dahsyat.. untuk memenangkan cewek dahsyat..

 

 

Melancholic's picture

Bagus

Tp tulisan mu bagus jg....karyanya maksud gw...banyak yg sangat dramatis...

wakaka.apaan tu cow dashyat... 

erick's picture

Ramuan baru

Dulu kalo ga salah Rusdy berulang kali singgung ttg Gomer di SS. (iya kan Rus..... Rudy lagi dimana yah?)

Sempet tarik-tarikan kabel internet lagi sama hai-hai mengenai anak-anak hasil pernikahan Gomer dan Hosea.

Jalan ceritanya tentang Nabi Hosea sih pasti sudah tau, tapi joli meramu tulisannya dengan unik.

Cepet yah di post lanjutannya.....

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

Viesnu's picture

wah cerita pelacur...

ayo dong...sambungannya mana.. kok koyo sinetron ae, pake bersambung...

Lovepeace..uenak..

__________________

Lovepeace..uenak..

hai hai's picture

Aku Pelacur, Hargaku 100 Keping Perak

Nona, gaya bahasa kamu bagus, ide tulisan kamu juga bagus di samping itu keakuratan pemahaman Alkitab kamu tentang Gomer bagus. Namun sayangnya kamu terlalu jaga image. Saya hanya melihat seorang wanita di dalam tulisan kamu, sama sekali tidak melihat seorang pelacur di sana. Menurut saya kamu terlalu cepat mengunggah tulisan itu. Seharusnya biarkan dia selama semalam, lalu kamu membacanya kembali seolah-olah bukan penulisnya. Kalau kamu edit, maka tulisan kamu akan sangat indah. Misalnya, kamu menulis:

Seperti semua pelacur, aku lahir sebagai perempuan lugu dan perawan.

Misalnya, bila kamu edit menjadi:

Seperti semua pelacur, aku lahir sebagai perawan. Sebagai remaja cantik aku merindukan seorang pangeran.  

Namun nona, kamu menulis jauh lebih bagus dibanding dugaanku dan cara kamu menulisnya benar-benar mengejutkanku. Luar biasa! Memberiku banyak isnpirasi. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

joli's picture

@ Hai.. judul yang marketable

Thanks Hai.. untuk dugaanmu yang lebih rendah dari kenyataannya..Cry

Pagi ini aku menulisnya .. langsung mengaliir tak terbendung..sampai nggak bisa kerja..pikiranku dipenuhi gomer Cool

Biasanya aku hanya bisa menulis apa yang aku tahu dan aku alami HAi, so kalau kamu melihat seorang perempuan..belum melihat pelacur didalamnya.. ya aku syukuri sekaligus tertantang menulis yang bukan diriku..

Aku sudah baca 3 kali sebelum aku diunggah..ketika aku mau memperbaikinya..jadi datar..tidak ada rohnya.. so..ya udah... aku langsung menggugahnya.. supaya aku bisa kerja karena gomer sdh tidak memenuhi pikiranku..sdh di pindah ke SS..

Hal pemahaman alkitab ttg gomer ya..sejauh ini masih bisa diterima.. tetapi nanti kalian akan berpikir beda ketika sequel..selanjutnya..di upload.. wah belum tentu.. bisa2 seperti blog-nya rusdi.. nih aku mesti siap2 pakai helm dan baju zirah..supaya tahan dogebugin SS member Tongue out

btw.. terima kasih sekali lagi untuk memberi contoh membuat kalimat yang menarik..

tuh lihat judul dan kalimat pertama aku belajar dari Hai2... buat yang marketable kan Tongue out

 

 

 

 

 

Debu tanah's picture

Kenapa Allah menyuruh Hosea kawin dengan pelacur?

Salam Joli, dan saudara semua, Wah Joli pinter ngarang ternyata, harusnya dapat point 9 tuh.. Saya komentar dikit aja ya: Dalam sebuah buku saya membaca komentar mengenai mengapa Allah memberikan perintah yang aneh kepada Hosea, yaitu untuk mengawini seorang perempuan sundal: Allah berkata kepada Hosea, “Israel telah berdosa...”. Hosea seharusnya berkata, “ Mereka adalah anak-anakMu, anak-anak yang Kau kasihi, ampunilah mereka”. Tetapi Hosea malah berkata: “Tuhan, seluruh dunia adalah milik-Mu, gantikan lah mereka dengan suatu bangsa lain.” Allah berpikir, apa yang akan ku lakukan kepada orang tua ini, supaya dia mengerti? Aku akan menyuruh dia mengawini seorang perempuan sundal, dan memperanakkan anak-anak sundal, lalu akan Kukatakan kepadanya untuk menyuruhnya pergi. Kalo dia sanggup menyuruhnya pergi, maka Aku akan menyuruh Israel pergi. Hosea 1:2 Ketika TUHAN mulai berbicara dengan perantaraan Hosea, berfirmanlah Ia kepada Hosea: "Pergilah, kawinilah seorang perempuan sundal dan peranakkanlah anak-anak sundal, karena negeri ini bersundal hebat dengan membelakangi TUHAN. 1:3 Maka pergilah ia dan mengawini Gomer binti Diblaim, lalu mengandunglah perempuan itu dan melahirkan baginya seorang anak laki-laki. 1:4 Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Hosea: "Berilah nama Yizreel kepada anak itu, sebab sedikit waktu lagi maka Aku akan menghukum keluarga Yehu karena hutang darah Yizreel dan Aku akan mengakhiri pemerintahan kaum Israel. 1:5 Maka pada waktu itu Aku akan mematahkan busur panah Israel di lembah Yizreel." 1:6 Lalu perempuan itu mengandung lagi dan melahirkan seorang anak perempuan. Berfirmanlah TUHAN kepada Hosea: "Berilah nama Lo-Ruhama kepada anak itu, sebab Aku tidak akan menyayangi lagi kaum Israel, dan sama sekali tidak akan mengampuni mereka. 1:7 Tetapi Aku akan menyayangi kaum Yehuda dan menyelamatkan mereka demi TUHAN, Allah mereka. Aku akan menyelamatkan mereka bukan dengan panah atau pedang, dengan alat perang atau dengan kuda dan orang-orang berkuda." 1:8 Sesudah menyapih Lo-Ruhama, mengandunglah perempuan itu lagi dan melahirkan seorang anak laki-laki. 1:9 Lalu berfirmanlah Ia: "Berilah nama Lo-Ami kepada anak itu, sebab kamu ini bukanlah umat-Ku dan Aku ini bukanlah Allahmu. Sesudah Gomer melahirkan dua anak laki laki dan seorang anak perempuan bagi Hosea, Allah berkata kepadanya: “Kamu harus bercerai dari isterimu”. Jawab Hosea: “ Ya Allah, aku mempunyai anak darinya. Aku tak bisa menceraikannya.” Lalu Allah berkata: “Isterimu adalah perempuan sundal, dan kamu tidak tahu bahwa anak-anakmu itu benar-benar anakmu atau bukan. Tetapi kamu menolak untuk menceraikannya? Lalu bagaimana Aku harus bertindak kepada Israel? Mereka adalah anak-anak Abraham, Ishak dan Yakub, dan kamu mengatakan kepada-Ku untuk menggantikannya dengan bangsa yang lain?’ Sesudah itu Hosea sadar akan dosanya, Hosea memohon ampun kepada Allah. Tetapi Allah berkata kepada Hosea, “Sebelum kamu minta ampun untuk dirimu sendiri, mintalah ampun untuk Israel”. Allah tetap setia walaupun Israel tidak setia. II Timotius 2:13 jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya."
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

joli's picture

@Deta ..thanks..

Thank deta.. untuk komen-nya.. aku menarik pelajaran dari cerita "latar belakang" yang tidak ada di alkitab...

Hal kesetiaan akan menjadi tema utama cerita selanjutanya.. 

joli's picture

@Erick, Viesnu ...Sambungannya ..menunggu anda

@erick and viesnu

iya nih lagi baca blognya rusdy "Istri Hosea selingkuh?" melihat tarik-tarikan rusdy n hai2.. menarik..

nah pendapat seperti mereka itu yang aku butuhkan untuk kelanjutan sequel selanjutnya.. 

Ayo erick, viesnu dan rekan-rekan yang lain koment hal karakter gomer bagaimana.. o..kalau tahu sejarah lelang budak diadakan dimana..sebenarnya kau ingin nulis yang ada sejarahnya.. spy kelihatannya kayak sungguhan.. sejarah kekelama israel yang melatarbelakanginya..

Hal kebiasaan, adat istiadat jaman itu sangat menarik bila bisa diceritakan..

sayangnya pengetahuanku hal ini terbatas.. coba cerita pelacur di solo.. mengalir deh.. alurnya..

 

AKu tunggu ya.. koment untuk melengkapi cerita selanjutanya.. 

 

 

erick's picture

Pernah liat ttg penjualan budak di film

Kalo ga salah, gambaran mengenai penjualan budak ada di Film "The Great Alexander", "Story of Rome". "The Spartan" dll.

 

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

joli's picture

@Erick..nggak pernah nonton film

Dear Erick

 

Thanks ya informasinya, nanti aku mau sewa dvd-nya, aku tuh jarang nonton film..

dulu ketika masih pacaran aja kl diajak nonton selalu ketiduran di bioskop.. drpada  nonton lebih baik diajak main catur deh.. itulah kegiatanku pada waktu pacaran..ngirit alias hemat sambil asah otak Tongue out tapi biasanya pacar-ku fur satu beteng.. Wink nah itu baru rame..

 

Tapi demi bisa nulis karangan yang ok.. spy kayak beneran ya...mesti harus sewa nih.. 

 

 

Viesnu's picture

film budak

iya klo ga nonton film LITTLE MISSY aja...

tuh film budak jaman aku kecil dulu..

he..he.. 

Lovepeace..uenak..

__________________

Lovepeace..uenak..

jesusfreaks's picture

Memusnahkan pelacur

Mungkin cara tepat, benar n efektif memusnahkan pelacur adalah menikahinya. Namun pertanyaannya : siapa yang mau menikahinya ? Kalau cantik n menarik, kayaknya sih semua co ok2 aza kali ya. TAPI kayaknya tidak boleh sembarangan, sedikit lebih teologis pertanyaannya, SIAPA YANG BOLEH MENIKAHINYA ? Hosea boleh.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Rusdy's picture

Hadir!

@Erick: Hadir!

@Joli: Setuju dengan komentarnya sefu hai-hai, 'pelacur' di cerita mbak Joli sangat (kelewat) baik dibanding di buku Hosea. Tapiii, berhubung ini cerita karangan, yah terserah yang mengarang dong :)

@Deta: Nggak setuju dengan komentarmu di atas, bagian:

"Aku akan menyuruh dia mengawini seorang perempuan sundal, dan memperanakkan anak-anak sundal, lalu akan Kukatakan kepadanya untuk menyuruhnya pergi. Kalo dia sanggup menyuruhnya pergi, maka Aku akan menyuruh Israel pergi"

Alasan:

"KEMUDIAN TUHAN berfirman kepadaku, "Pergilah, jemput lagi istrimu itu. Terimalah dia kembali dan kasihilah dia walaupun ia suka berzinah. Karena Israel tetap dikasihi TUHAN, walaupun ia telah berpaling kepada allah-allah lain dan memberi mereka persembahan-persembahan istimewa." Hosea 3:1 (Firman Allah Yang Hidup)

Bukan Hosea yang tidak sanggup menyuruh istrinya pergi, melainkan Tuhan sendiri yang menyuruh Hosea untuk tetap setia pada istrinya. Sakit? Pasti sakit!

@Jesusfreak:

Nah, itu dia yang masih didebatin antara para teolog. Seorang nabi tidak boleh menikahi perempuan sundal. Konsekuensinya: banyak versi cerita atau interpretasi tentang buku Hosea saat ini. Aye sendiri? Auk ah gelap, bukan teolog sih :)

@All: Apapun interpretasi setiap orang, konklusinya sejauh ini sama, Tuhan tetap setia walau Israel tidak.

Debu tanah's picture

Hosea memang tidak sanggup mengusir istri dan anaknya !

Salam Rusdy, Rusdy menulis: Bukan Hosea yang tidak sanggup menyuruh istrinya pergi, melainkan Tuhan sendiri yang menyuruh Hosea untuk tetap setia pada istrinya. Sakit? Pasti sakit! DeTa tidak sependapat, Pertama itu adalah satu penafsiran kenapa Allah meyuruh Hosea kawin dengan perempuan Sundal. Menurut saya, sikap Hosea dalam penafsiran itu sangat manusiawi ! Sayapun tidak akan sanggup mengusir istri dan anakku! Apa Rusdy sanggup? Bisa jadi Hosea awalnya memang sempat marah kepada Israel karena Israel selalu memberontak kepada Allah, sehingga dia berkata kepada Allah untuk menggantikan bangsa Israel. Sama seperti Yunus juga sempat menolak ketika diutus ke Niniwe Awalnya mungkin Hosea bingung kenapa Allah memberi perintah yang demikian aneh. Namun setelah Hosea memiliki anak dari Gomer, Hosea menjadi sayang pada istri dan anaknya. Sekarang Hosea mengerti kenapa Allah tetap mengasihi Israel walaupun Israel selalu berzinah! Mari kita mengenal hati Allah, dan Allah mencari orang yang sehati dengan Dia. Yunus, 4:9 Tetapi berfirmanlah Allah kepada Yunus: "Layakkah engkau marah karena pohon jarak itu?" Jawabnya: "Selayaknyalah aku marah sampai mati." 4:10 Lalu Allah berfirman: "Engkau SAYANG kepada pohon jarak itu, yang untuknya sedikit pun engkau tidak berjerih payah dan yang tidak engkau tumbuhkan, yang tumbuh dalam satu malam dan binasa dalam satu malam pula. 4:11 Bagaimana tidak Aku akan SAYANG kepada Niniwe, kota yang besar itu, yang berpenduduk lebih dari seratus dua puluh ribu orang, yang semuanya tak tahu membedakan tangan kanan dari tangan kiri, dengan ternaknya yang banyak?

Debu tanah

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Rusdy's picture

Yunus VS Hosea

Hmmm.... menurut saya, kitab Hosea dan Yunus memiliki konteks (inti cerita) yang berbeda. Jadi, kesimpulan kitab Yunus tidak bisa diaplikasi ke kitab Hosea.

Kitab Hosea menceritakan kesetiaan Tuhan kepada umat pilihan-Nya walau mereka tidak setia:

11:7 Umat-Ku betah dalam membelakangi Aku; mereka memanggil kepada Baal dan berhenti meninggikan nama-Ku.
11:8 Masakan Aku membiarkan engkau, hai Efraim, menyerahkan engkau, hai Israel? Masakan Aku membiarkan engkau seperti Adma, membuat engkau seperti Zeboim? Hati-Ku berbalik dalam diri-Ku, belas kasihan-Ku bangkit serentak.
11:9 Aku tidak akan melaksanakan murka-Ku yang bernyala-nyala itu, tidak akan membinasakan Efraim kembali. Sebab Aku ini Allah dan bukan manusia, Yang Kudus di tengah-tengahmu, dan Aku tidak datang untuk menghanguskan.

Sedangkan kitab Yunus adalah kasih Tuhan kepada bangsa yang tidak dapat membedakan mana yang benar, dan mana yang salah (tidak mengenal hukum Tuhan):

4:11 Bagaimana tidak Aku akan sayang kepada Niniwe, kota yang besar itu, yang berpenduduk lebih dari seratus dua puluh ribu orang, yang semuanya tak tahu membedakan tangan kanan dari tangan kiri, dengan ternaknya yang banyak?"

 

Ya, pada akhirnya, semuanya mengenai kasih Tuhan kok, kepada manusia yang sama sekali tidak berhak dikasihi

 

 

Catatan: Ini adalah salah satu contoh ketidak-setujuan di antara pengikut Tuhan tentang interpretasi kasih Tuhan, but not a Gospel issue Wink. Bak bang Jos bilang di blog terdahulu, saklar ON OFF ON OFF, ceklek, putuslah sekringnya

Priska's picture

Kirain...

Ci joli, awal pertama baca... sampai di pertengahan... rasanya berdebar debar bener lho... Wah, tulisan yang keren! Kebetulan, di SMP (sekarang ini), aku mengajar Writing... nah, sebelum aku mengajar anak2 tanggal 14 nanti... boleh donk, minta dibagiin ilmunya dulu... he he he... "I can do all things through Christ who strengthen me"
__________________

"I can do all things through Christ who strengthen me"

joli's picture

idenya dari Oma....sakit yang tidak menyakiti....

Dear Priska..

 

Ketika maret or april yang lalu, kotbah dikebaktian tentang hosea.. sejak itu selalu terpikir terus..seakan-akan akulah gomer..kebetulan hari-hari sebelumnya banyak melakukan dosa.. Sampai sekarang aku apabila melakukannya (dosa) lagi, selalu merasa sebagai sundal

Juga seringkali merasa aneh dan janggal ketika Tuhan menyuruh Hosea mengawini pelacur.. tetapi akhirnya.. aku tahu bahwa .. semuanya adalah tentang ALLAH.. ..Allah yang Maha..

seperti yang aku tulis di Tuhan yang aneh 

 

Kalau yang ini idenya dari Oma

 kuingin memecahkan rekor besar angka lelang..kuingin diingat sebagai perempuan mahal, beberapa tahun lalu aku pernah mendapatkan harga tawar yang sangat bagus 44 keping perak..termahal waktu itu meski ditukar dengan rasa “sakit” disekujur tubuhku, sejak itu aku berusaha untuk dapat menikmati apa itu “sakit”, 

Oma menulis ngrasani tetangga-nya yang kalau malem teriak2 digebuk-in suaminya.. ketika pagi hari dia memuji suaminya yang sangat baik..

Lalu aku berpikir ada juga ya wanita bodoh yang suka digebukin.. setelah membaca buku2 ternyata memang ada yang merasakan nikmatnya disakiti..

 

Kalau yang ini :kuingin tahu seberapa besar tubuhku tahan..seberapa kuat tubuh dan pikiranku bekerjasama untuk mengubah sakit menjadi nikmat…

 pengalamanku sendiri ketika operasi myom bulan juli 2006..

Setelah operasi beberapa kali suster bilang kepadaku..kl sakit bilang ya..nanti disuntik..

Aku memang kesakitan ketika malam setelah operasi, sampai keringatan..entah mengapa saat itu aku kepingin tahu sampai dimana kekuatan tubuhku menahannya..aku tahan sakit itu sambil mengitung dan mendengar detik dan detak jam.. luar biasa..sakit..nyut..nyut.. sepulus menit serasa sepuluh jam.. hampir aja aku pencet bel panggil suster.. lalu aku ingat buku anthony de mello... aku mulai belajar menerima rasa sakit itu, tidak menolaknya..aku elus2 perban diatasnya..aku berbicara kepada perutku..kepada rahimku.. aku bilang sekarang kamu sakit..tapi sebentar..karena daging tumbuh myom-nya sudah dikeluarkan..nanti..beberapa hari lagi engkau akan sehat..menstruasi lancar..tidak ada yang mengganggu-mu.. aneh...dan aneh... sakit..itu sudah tidak menyakitiku lagi..

 

esti's picture

Joli ........ bakat terpendam"

 Dear Joli,

Aku memang cengeng 'nangisan", baca tulisanmu aja sudah menetes jantungku, inget penderitaan dari orang2 dekatku. 

Beberapa hari yg lalu ada sahabatku yang lain, anggota PS terbaring di RS tempat pakne tole kerja, dia tanya "aku kurang melayani ya bu".? Dia hidup berkecukupan, masih cukup muda 40 th, suami baik, anak2 nya manis dan sukses sekolahnya, dia juga anggota PS yg rajin.

Tp ada teman2 yg lain mengatakan untuk mengabaikan rasa sakit( jgn dirasa) dan fokus untk melayani sesama. Yang maknanya secara tersirat seolah dia manja dengan sakitnya n kurang rajin dalam pelayanan. Menurutku teman2 ini lumayan kejam, memang sakit bisa tidak dirasakan? memangnya pelayanan thdp suami dan anak2nya kurang apa? makanya waktu mereka semua pergi aku tetap tinggal dan ngobrol berdua saja dg dia.

Lalu saya bilang, bahwa tidak semua sakit itu disebabkan oleh dosa2 kita, mungkin juga karena selama ini sudah dinilai berhasil  dengan pelayanan nya, maka Tuhan punya rencana yang lebih indah lagi, maksudnya digosok biar mengkilat jadi emas murni, kalo gosokannya memang sakit, ya memang sakit, tapi kan tidak melebihi penderitaan Tuhan Yesus.

Karena dia skrg pindah opname ke Siloam utk operasi katanya disana alatnya lebih canggih, n aku belum ketemu lagi, mudah2 an dia cukup tegar seperti Ci Joli ku yang satu ini.  

Ternyata bakat terpendamnya keluar juga ya, bukan cuma bisa bikin terkekeh tapi bikin deg-degan, plus bikin airmata bercucuran.

Semoga tulisannya masuk nominasi.

Lightbulb Idea

Salam"  

 







joli's picture

@Oma..ketika duka bertemu suka... terharu..

Dear Esti..

Semoga tulisannya masuk nominasi.

Tulisanku tidak ikut lomba kok..karena tidak memenuhi kriteria..

 Kemarin  kakak sepupuku meninggal karena kanker payudara.. sebulan sebelum meninggal dia mengalami depresi berat karena belum bisa menerima kenyataan bahwa penyakitnya sudah menyebar kemana-mana, paru-paru terisi cairan... 

Selama ini karena suami sangat cinta, saudara-saudaranya juga sangat mencintainya dan melindunginya... sehingga mereka menutup-nutupi keadaan penyakit sebenarnya.. maksudnya seberapa parahnya dan akibat2nya.. sehingga ketika dia mengetahuinya..shok..

Di keluarga besar dari pihak mamaku.. semua sangat baik, semua memiliki hati yang sangat kecil, alias selalu takut dan kuatir terutama kalau sakit.. dan menghadapi penyakit.

sehingga menutup-nutupi kenyataan menjadi budaya.. dengan alih2 kasihan.. 

Untungnya.. di saat-saat akhir.. dia bisa menerima.. dan pulang kerumah Bapa dengan bahagia..

Hari ini tadi pernikahan keponakannu yang sangat dekat dengan tantenya yang meninggal kemarin.. sang mempelai tidak diberitahu juga (supaya tidak sedih dan shok)

Ketika di pesta pernikahan.. dipimpin doa romo Nino (romo yang baru saja mempimpin doa tutup peti sang tante)... doa yang paling mengharukan ..meski tidak terucap..mendoakan pengantin untuk kuat.. menghadapi apapun..doa yang disampaikan dengan hati campur aduk..doa untuk kebahagiaan di bayangi dukacita yang mendalam.. 

 

Esti...hidup tuh kalau di jalani dengan "rasa" bisa-bisa sakit jatung ya... untunglah aku dilahirkan "cuek"

Bagaimana tekanan darah tingginya? menurut pikiran isengku hal chemistry  mungkin bisa bisa saling menetralisir kalau sering bedekatan dengan Priska yang tekanan darah-nya sangat rendah Wink

 

 

hai hai's picture

Ketika Menghadapi Kemalangan

Ketika mendaki gunung dengan teman-teman, kami tidak memilih jalan, hanya menempuh jalan setapak yang sudah ada. Ketika mendaki gunung dengan membuka jalur baru, kami mengalanisa kountur (permukaan) gunung yang bersangkutan lalu menetapkan arah yang ingin kamu tempuh. Kami pun lalu menempuhnya.

Ada tanjakan, ada tebing yang harus di daki, ada juga jalan yang datar bahkan jalan yang menurun. Kami menyebutnya JALAN, jalan yang harus ditempuh untuk menggapai puncak. Kami tidak memilah-milahnya. Ketika menghadapi jalan yang SULIT kami tidak pernah berkata, inilah COBAAN, inilah UJIAN, apalagi mengatakan, INILAH cara untuk MENGHAJAR saya. Semuanya kami tempuh dengan kesadaran yang SAMA, itulah jalan yang harus kamu tempuh. Bahkan ketika tersandung dan jatuh, kami tidak menilainya macam-macam. Kami bangkit lagi lalu berjalan karena jatuh itu adalah proses untuk menggapai puncak.

Di dalam hidup ini, ada kesuksesan, ada kegagalan, ada kemalangan ada keuntungan, namun semuanya adalah JALAN yang harus dihadapi hingga maut menjelang. Saya heran, sungguh heran ketika orang-orang Kristen memilah-milahnya lalu menafsirkannya macam-macam.

Adik bungsu saya wanita, menderita penyakit LSE. Adik saya yang kedua, wanita menderita LSE selama 17 tahun, 6 kali bertarung dengan maut dan menang, pada kali ketujuh dia pergi ke negeri seberang langit biru. Kepada adik bungsuku, saya sering bertanya, apa pendapatmu tentang seorang manusia yang lahir tanpa kaki kanan?  Apa yang harus dia lakukan? Berusaha hidup seolah-olah orang normal atau memakai tongkat penyanggah? Itulah yang harus kamu lakukan!

Menyembunyikan diagnosa dokter dari pasien, berprilaku solah-olah pasien menderita penyakit biasa padahal dia sedang menghitung hari, menurutku adalah perbuatan BIADAB. Karena walaupun alasannya karena sayang namun perbuatan itu sangat KEJAM!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

joli's picture

@Hai n Rusdy...pelacur juga manusia biasa..

Sebenarnya aku belum punya teman pelacur..tetapi dulu ketika mahasiswa ada temanku yang part-time..artinya bisa dipinjam pakai.. aku mengenalnya sebagai mahasiswi biasa juga..tidak aneh-aneh juga tidak punya karakter yang jelek..hanya have fun aja.. Kalau pelacur, dulu aku pernah menyaksikan di TV malem-malem, lupa acara apa tetapi reality show..dari kesaksian2 mereka juga karakternya ya samalah dengan kita-kita..ada yang melakukannya sebagai pekerjaan profesional untuk membiayai hidup anak2 di desa.. Ini..nih pikiran liar..ku seandainya aku jadi pelacur apa ya kira2..yang aku lakukan? Aku akan melatih tubuhku sedemikian rupa seperti seorang petinju yang melatih tubuhnya.. tidak akan memukul sembarangan..pukul yang dapat point gede..segera bikin KO.. he..he..
hai hai's picture

Kode Etik Penulis Kisah

Ini..nih pikiran liar..ku seandainya aku jadi pelacur apa ya kira2..yang aku lakukan?

Nona, andaikata kamu jadi pelacur (semoga Allah menjauhkan hari hari demikian dari kehidupanmu) maka yang kamu lakukan adalah menjual KENIKMATAN, orang-orang lebih suka menyebutnya menjual DIRI. Mustahil menjadi pelacur namun menjual ikan asin kan?
 
Pelacur. Saya pernah menjelajah Komplek pelacuran Saritem di Bandung, Sunan Kuning di Semarang, Sanggrahan di yogyakarta, Doly di Surabaya dan Canang di Medan, namun belum pernah menjelajah komplek pelacuran Kramat Tunggak dan Kali Jodoh di Jakarta. Saya pernah berkunjung ke hampir semua tempat pelacuran di sepanjang jalan Bogor ke Puncak, saya juga pernah menjelajah banyak sekali night club yang menyediakan pelacur dan kamar juga berkali-kali menonton pertunjukkan streptees.

Saya tidak pernah menghitungnya namun yakin sudah pernah bertemu mengamati dan ngobrol dengan ratusan pelacur dan mendengarkan kisah mereka, baik yang amatir, maupun semi profesional atau profesional. Pelacur tetap manusia biasa, ada banyak alasan kenapa seseorang menjadi pelacur, namun apapun alasannya mereka tetap pelacur.

Pada zaman nabi Hosea, penzinah harus dihukum rajam, namun dalam kenyataannya jarang sekali ada perempuan yang mati karena dihukum rajam. Pada zaman itu kehidupan sangat sulir bagi seorang janda namun seorang suami Israel berhak menceraikan istrinya asal memberi surat TALAK. Nampaknya, pada zaman itu kebanyakan pelacur adalah wanita-wanita hamil di luar nikah dan janda-janda yang ditinggal mati atau diceraikan oleh suaminya.

Ketika membuat sebuah KISAH yang melibatkan seorang tokoh, sebuah kota, sebuah kebudayaan yang benar-benar ADA, maka umumnya para penulis terikat pada kode etik,  HARUS menuliskan fakta yang sebenarnya. Kode etik itu ada agar sebuah kisah FIKSI tidak mengacaukan SEJARAH. Misal, ketika menulis keberadaan lelang budak dan lelang penghibur di kota tempat tinggal Gomer, Joli terikat kode etik tidak mengacaukan sejarah. Benarkah acara lelang itu memang ada di Israel? Apakah hukum di Israel pada saat itu memungkinkan perayaan demikian?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

joli's picture

@ ALL ..apa beda pelacur dan sundal?

Wah Si Om Hai-hai ini benar-benar luar biasa.. bukan hanya penakluk gadis kampus tetapi juga penakluk...

Pada zaman nabi Hosea, penzinah harus dihukum rajam, namun dalam kenyataannya jarang sekali ada perempuan yang mati karena dihukum rajam.

Iya Hai aku juga sering baca ha.l itu ..pezinah dihukum rajam..

@ALL.....aku coba search di sabda.org dengan kata sundal dan pelacur.. kayaknya istilah sundal sudah dikenal sejak di kitab kejadian..kalau sundal berzinah..kok mereka ada terus ya.. bahkan yefta juga anak seorang sundal (Hak 11:1).. bagaimana dengan pelacur?...sundal sama atau tidak ya dengan pelacur.. rahab juga seorang pelacur pahlawan..

Ketika membuat sebuah KISAH yang melibatkan seorang tokoh, sebuah kota, sebuah kebudayaan yang benar-benar ADA, maka umumnya para penulis terikat pada kode etik,  HARUS menuliskan fakta yang sebenarnya. Kode etik itu ada agar sebuah kisah FIKSI tidak mengacaukan SEJARAH.

Benar..kepingin juga sih seperti itu.. menulis fiksi yang tidak(agak) mengacaukan sejarah..

Banyak penulis2 luar yang menulis dengan sungguh-sungguh, mereka belajar sejarah, membaca literatur berminggu2 bahkan bulan2.. untuk latar belakang kisah tulisannya.. wah kl bisa gitu nggak akan kalah-lah dengan Dan Brown dengan Da Vinci Code..nya.. 

Sayang-nya kapasitasku tuh limit banget.. 

Ok deh akan baca buku and pinjam vcd -nya erick dulu..

hai hai's picture

Bunga Sedap Malam

Sundal adalah nama bunga yang sangat harum pada malam hari, bunga itu juga dikenal dengan nama “Sedap Malam”. Dalam perkembangannya sundal lalu digunakan untuk menyebut wanita penjaja cinta atau penjaja kenikmatan.

Pelacur berasal dari kata lacur, bila tidak salah artinya “celaka, buruk, tidak baik, nakal”. Pelacur dan Sundal digunakan secara khas untuk menyebut wanita penjaja cinta atau penjaja kenikmatan.

Istilah WTS, Wanita Tuna Susila dihilangkan karena  dianggap terlalu kejam kemudian digantikan dengan WPS, Wanita Pekerja Sex.

Saat ini umumnya orang menganggap ungkapan “Sundal” sangat KASAR padahal itulah ungkapan yang paling indah untuk seorang wanita penjaja kenikmatan.  
 
Burit, artinya belakang, buritan kapal artinya bagian belakang kapal. Pemburit adalah lelaki yang melakukan hubungan sex dengan leleki, nah anda tahu kenapa disebut demikian bukan?

Banyak teman-teman yang suka membeli KENIKMATAN, itulah alasan kenapa saya sering keliling tempat pelacuran. Sementara mereka jajan, maka saya duduk minum bir. Di tempat yang sudah sering dikunjungi, para promotor atau germo umumnya sudah tahu bahwa saya bukan pembeli, itu sebabnya mereka membiarkan saya sendiri. Beberapa wanita sering mendekatiku. Saya melayani mereka ngobrol dengan sopan namun selalu tegas menolak ketika mereka mendekat apalagi main tangan. Bila mereka tidak paham juga, maka saya akan membentaknya.

Ketika bekerja di perusahaan konsultan manajemen dulu, salah satu clien kami adalah night club dan saya adalah konsultan yang melayani perusahaan itu. Di sana saya melakukan survei guna menyusun sistem operasional yang dapat memberikan pendapatan maksimal bagi perusahaan. Ketika sistemuntuk perusahaan selesai, namun kontrak belum selesai, saya pun mulai berpikir bagaimana para HOSTES meningkatkan pendapatannya. Saya tidak suka sebutan hostes, maka saya mengusulkan agar digunakan istilah DANCER. Usul itu diterima dengan baik, begitupun dengan usulan agar para Dancer dilatih dansa. Pemilik perusahaan bahkan meningkatkan pelatihannya dengan hal-hal yang lain. Pemilik perusahaan itu adalah seorang lelaki setengah umur yang baik dan alim. Banyak Dancernya yang akhirnya lalu menjadi wanita baik-baik.

Saya punya seorang teman yang bekerja di Night Club, dia sering mengundang kami ke Night Clubnya. Dia sering bercerita tentang prilaku tamu yang buruk. Mereka memesan perempuan namun tidak membeli dagangannya, akhirnya perempuan-perempuan itu kehilangan kesempatan untuk mendapat uang karena hanya mendapat tip sedikit karena dianggap nggak diapa-apain, hanya diajak ngobrol. Juga banyak teman yang mengeluh tidak bisa membeli kenikmatan dari wanita yang ditaksirnya karena wanita itu sedang menemani tamu yang lain. Akhirnya saya menemukan sistem Signbox. Semua wanita diberi NOMOR. Di ruangan Night Club dipasang sebuah Signbox yang menampilkan nomor. Nomor yang tampil memberi tahu Dancer bahwa dia sedang di pesan. Bila Dancer sedang melayani tamu lain dan nomornya tiba-tiba menyala, maka dia dapat meninggalkan tamunya dengan berbagai alasan untuk melayani pesanan. Saya juga memberi tahu teman yang kerja di Night Club itu bahwa dia harus mendidik para PROMOTOR untuk mengenali pelayanan dari para Dancernya dan mengkomunikasikannya kepada para pelanggan. Hal itu untuk menghindari terjadinya salah faham dari para tamu dan menghindarkan para Dancer dari tindakan-tindakan yang tidak disukainya.

Tindakan saya yang demikian itulah salah satu alasan teman-teman meragukan kekristenan saya sebab menurut mereka mustahil orang Kristen mendukung pelacuran. Bagi saya sendiri, bila pelacuran tidak dapat dihilangkan, maka baiklah dia dikelola dengan cara yang baik agar memberikan kepuasan semaksimal mungkin serta meminimalkan kehancuran yang diakibatkannya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

esti's picture

@ Joli..siapakah pelacur itu?....

Dear Joli,

Aku tadi buka2 dapur orang trus ketemu artikel pdt Timotius, beliau menulis tentang siapa saja yang termasuk pelacur itu ini lho tak comot dikit :

Hanya seorang pelacur yang bercinta tanpa rasa cinta! Yang ada adalah keintiman yang berangkat dari uang di matanya dan tumpukan dollar di perutnya!

Demikian juga bila anak-anak Tuhan bersekutu dengan Tuhan tidak berangkat dari rasa cinta tetapi hanya berangkat karena berkat maka ia tidak ubahnya melacurkan diri.

Padahal setiap anak Tuhan bukanlah pelacur melainkan mempelaiNya Tuhan! untuk saat ini semua anak Tuhan yang ada di bumi masih merupakan tunangannya ( 2 Kor 11:2).

Bila sudah menjadi mempelai maka harta suami menjadi milik istri. Demikian juga kekayaan Tuhan akan menjadi kekayaan umat Allah bila umatNya tidak sedang melacurkan diri tetapi mendekat intim karena kasih yang mendalam!

Pelacur-pelacur dalam gereja melakukan hubungan intim dengan Tuhan selalu berangkat dari berkat dalam otaknya dan menggendong seluruh mujizat dan kesembuhan dalam perasaannya! Tidak salah harapan dan cita-cita tersebut tetapi itu bukanlah target utama, keintiman harus berangkat dari kasih yang mendalam bukan imbalan apapun juga!

kayaknya kita perlu introspeksi diri masing2 kali ya? apakah kita ini termasuk dalam kategori yang dimaksud apa bukan? motivasi intrinsik kita apa ya?

 

Salam

 

KEN's picture

Bak Pengarang Novel

@joli: Kenapa gak ngarang novel aja, kayaknya udah bisa disetarakan dengan pengerang-pengarang novel yang lain. (ini menurutku loh).

>>>=GOD=LOVE=YOU=>>

 

 

 

joli's picture

@Ken..sang penggebuk drum

Dear Ken... Tulisan Ken juga bagus.. pasti deh ken kamu bisa jadi pemain drum national bahkan international.. yang penting ikutan lombanya dulu ken lombanya..kabari ya nanti aku akan nonton deh.. Ken aku lihat pendalaman Alkitab-mu juga Ok.. Eh menurutmu, enaknya kelanjutan cerita Gomer mempunyai anak yang kedua, anaknya siapa ya? maksudnya sama siapa? btw sakit gigi-ku sembuh lho tanpa merokok..tapi gigit bunga cengkeh.. dan kumur-kumur air sirih.. boleh coba deh..
KEN's picture

Masih Perlu Banyak Belajar

Iya, nanti aku undang deh, tapi bukan di perlombaan, tapi di gereja he..he..he.. Hmmm... siapa ya? Anak keduanya Lo-Ruhama juga dari Hosea. (barusan buka Alkitab, ketahuan belangnya :P). Syukurlah, iya kalo sakit gigi aku coba deh... tapi jangan deh sampe sakit gigi he.. he.. he.. sakitnya ampun-ampun.

>>>=GOD=LOVE=YOU=>>

 

 

 

Louise M's picture

@Joli,"Butuh berapa lama buat part 2 nya?"

Ayo, dong part 2 nya kapan muncul, udah nggak sabar..., kalau harus belajar etika penulis kisah nanti kelamaan lho, emang bener sih kata sdr. hai-hai, kode etik penulis kisah harus berhubungan dengan sosial budaya setempat, makanya di fak.sastra kita di ajarin yang namanya sosiologi sastra and ada juga psikologi sastra ( luas ya ilmu sastra itu ) tapi untuk sekarang berhubung pembaca udah nggak sabaran so ayo dong..dilanjut lagi cerita selanjutnya.
joli's picture

@Louise ..nih pertama kali....ayo berkolaborasi..

Dear Louise Lihat Note..ini pertama kali..nya aku nulis karangan..setelah diupload and lihat koment anda2..jadi grogi..lah.. Soal mau baca ..lihat vcd ..dan mau belajar lagi...itu strategi buying time... Louise.. Makanya ini nunggu kalian koment..so..sambungannya merupakan kolaborasi seluruh member SS.. (walah ini alsan lagi..wong belum tahu mau nulis apa?)
Inge Triastuti's picture

Cerita tentang pelacur di kota Solo

Ibu Joli, selamat datang di ranah novelis. Senang melihat ada seorang blogger di sini membuat cerita bersambung sehingga saya tergoda untuk menulis usul. Ah, tepatnya komplen. Karakter komplen ini adalah saya bisa bicara tetapi saya sendiri tidak bisa melakukannya. Seperti kalau saya mengkomplen rasa tumis kangkung buatan ibu saya. Kurang inilah, kurang itulah. Tetapi ketika saya memasak sendiri, saya sendiri tidak suka. Saya membuang ke halaman belakang. E, kambing tetangga yang sedang merumput di sana juga tidak suka. Saya kecewa (Jawa: gelo) membaca bagian ke-1 itu. Ibu Joli tergesa-gesa bercerita. Enggak asyik Bu. Jangan peduli komen blogger pria yang pinginnya cepat-cepat finish. Wah, statement ini bisa memancing perang gender. Bagian pertama itu masih bisa dipilah-pilah menjadi beberapa bagian. Misalnya bagaimana masa kecil Gomer yang kelak membentuk kepribadian remajanya. Kemudian masuk bagian ke-2 bercerita tentang pernikahan pertamanya. Bagian ke-3 tentang pernikahannya yang kedua. Bagian ke-4 Gomer berselingkuh sehingga ia dijual menjadi pelacur alih-alih dirajam sampai mati. Jika “terbit”nya bagian-bagian ini berselang 3 hari atau 1 minggu, pasti membuat pembaca penasaran dan setiap hari mencari blog Ibu sambil menggerutu, “Kapan sih bagian berikutnya muncul.” Pakai teknik sinetron Bu, akhiri satu sekuel pada saat cerita mencapai klimaksnya. Ibu Joli berkomentar, “coba cerita pelacur di solo.. mengalir deh.. alurnya.” Aduh Ibu, komentar ini saja sudah membuat pembaca mengumbar imajinasi, “Ibu Joli ini dulu apa pernah buka biro jasa escort lady ya? Masih punya nomor-nomor hape mesra enggak ya?” Dengan pengetahuan ini, Ibu Joli bisa mengulur-ulur cerita tentang Gomer ketika jadi PSK yang juga membuat pembaca jadi gemes-mes. Namun demikian usulan rekan-rekan lain tentang pendalaman Alkitab dan budaya Israel purba jangan dilupakan. Saya pernah melihat kamus Alkitab bergambar terbitan luar negeri yang isinya komplit. Saya tidak ingat judul lengkapnya, hanya saja judul itu mengandung kata “Lion”. Mungkin Ibu bisa meminjam dari pendeta untuk mencari tahu tentang budaya di sana. Terus menulis Bu. Salah sedikit salah banyak jangan dipikir dulu. Andai kata nanti ada yang komen “jelek ah” jangan berhenti. Setidak-tidaknya Ibu sudah menyelesaikan “benang merah”nya. Nanti bila sudah selesai seluruh cerita, suatu saat bisa di”renovasi” lagi. Diperluas, penambahan pernik-pernik asesori juga bisa dilakukan. Akhir kata, Ibu Joli jangan lupa, saya bisa komplen tetapi jangan berharap saya sendiri bisa melakukannya. Bye. Hai Gomer, di manakah kamu? Cepat kemari! Kamu ditunggu Ibu Joli.
joli's picture

@Inge.. usul yang bagus.. bisnis dancers

Dear Inge..

Thanks Inge untuk usulnya.. tapi udah terlanjur tuh jangan gelo ya..gomer part 2 tentang gomer mempunyai anak no 2 ..supaya tetap seperti cerita alkitab dengan bumbu2...dan dari sudut pandang gomer..

Ibu Joli berkomentar, “coba cerita pelacur di solo.. mengalir deh.. alurnya.” Aduh Ibu, komentar ini saja sudah membuat pembaca mengumbar imajinasi, “Ibu Joli ini dulu apa pernah buka biro jasa escort lady ya? Masih punya nomor-nomor hape mesra enggak ya?”

Nah ini juga usul yang bagus Inge..kebetulan Om hai2..juga canggih dalam hal management bisnis malam..jadi dah aku mau buat perusahaannya nih, tolong bantuin ngrayu hai2 untuk setting awal the dancers..ya.. asik tuh kelihatannya..

 

Sekali lagi terima kasih supportnya ya Inge.. 

 

joli's picture

@Oma ...tertawalah diatas perderitaanku..

Dear Esti yang suka nangisan,

Sungguh sangat lembut hatimu, jadi kepingin menghibur supaya Oma Esti dapat tertawa atas penderitaanku..karena aku juga sering mentertawakannya..ketika dia (penderitaan) mejadi sahabatku..aku tidak merasakan kehadirannya

Ini nih ide ketika

Beberapa malam kemudian dia mendekatiku...hatiku berdebar seperti remaja jatuh cinta..menyentuhku lembut...seakan aku pualam yang sangat berharga.. malam itu aku juga sudah lupa akan pengalamanku bercinta...aku menikmati malam pertama sejuta rasa..melebur menjadi satu daging...indahnya...

ini kisah malam pertamaku.. suamiku menyentuhku hati-hati....lembut...tetapi bukan karena aku bak pualam berharga......tetapi karena hati-hati supaya tidak kena perban di perutku..karena aku juga habis operasi myom yang pertama.. jadi dia mesti hati2..kalau nyenggol wah bisa teriak aku.. maka-nya perlu memperpanjang malam pertama sampai berhari-hari.. tuh contoh sakit membawa nikmat..

Nah Oma Esti.. pelajaran yang kami dapat adalah bisa bergaya apa saja... untuk menghindari luka Tongue out

joli's picture

@Oma ...tertawalah diatas perderitaanku..

Dear Esti yang suka nangisan,

Sungguh sangat lembut hatimu, jadi kepingin menghibur supaya Oma Esti dapat tertawa atas penderitaanku..karena aku juga sering mentertawakannya..ketika dia (penderitaan) menjadi sahabatku..aku tidak merasakan kehadirannya

Ini nih ide ketika

Beberapa malam kemudian dia mendekatiku...hatiku berdebar seperti remaja jatuh cinta..menyentuhku lembut...seakan aku pualam yang sangat berharga.. malam itu aku juga sudah lupa akan pengalamanku bercinta...aku menikmati malam pertama sejuta rasa..melebur menjadi satu daging...indahnya...

ini kisah malam pertamaku.. suamiku menyentuhku hati-hati....lembut...tetapi bukan karena aku bak pualam berharga......tetapi karena hati-hati supaya tidak kena perban di perutku..karena aku juga habis operasi myom yang pertama.. jadi dia mesti hati2..kalau nyenggol wah bisa teriak aku.. maka-nya perlu memperpanjang malam pertama sampai berhari-hari.. tuh contoh sakit membawa nikmat..

Nah Oma Esti.. pelajaran yang kami dapat adalah bisa bergaya apa saja... untuk menghindari luka Tongue out

joli's picture

@Hai ..Biadab

Hai2 said

Ada tanjakan, ada tebing yang harus di daki, ada juga jalan yang datar bahkan jalan yang menurun. Kami menyebutnya JALAN, jalan yang harus ditempuh untuk menggapai puncak. Kami tidak memilah-milahnya. Ketika menghadapi jalan yang SULIT kami tidak pernah berkata, inilah COBAAN, inilah UJIAN, apalagi mengatakan, INILAH cara untuk MENGHAJAR saya. Semuanya kami tempuh dengan kesadaran yang SAMA, itulah jalan yang harus kamu tempuh. Bahkan ketika tersandung dan jatuh, kami tidak menilainya macam-macam. Kami bangkit lagi lalu berjalan karena jatuh itu adalah proses untuk menggapai puncak.
 

Hai2..benar..sering kali kita memilah dan memilih akhirnya menilai macam-macam.. terutama orang kristen..

Hai2 said: 

Menyembunyikan diagnosa dokter dari pasien, berprilaku solah-olah pasien menderita penyakit biasa padahal dia sedang menghitung hari, menurutku adalah perbuatan BIADAB. Karena walaupun alasannya karena sayang namun perbuatan itu sangat KEJAM!

Hari kamis kemarin aku mengantar mama-ku ke dokter, diagnosanya adalah lemah jantung karena denyut darahny sangat kurang 32-40, itu sangat berbahaya kata dokter. Beberapa bulan lalu sempat pingsan dan lupa sama siapa saja termasuk anak-anaknya, itu pas kondisi jumlah detak jantung 32 sehingga suply oksigen ke otak sangat kurang mengakibatkan black out.  Kata dokter ini adalah suatu keajaiban yang Tuhan berikan (dokternya kristen) karena biasanya tidak bisa kuat seperti mama-ku ..juga bisa sembuh seperti sekarang, tidak stroke, atau pangsui (mati separo)..benar keajaiban..katanya..

Meskipun kesehatannya sekarang baik ...tetap disarankan untuk pakai peacemaker.. karena kejadian black out akan bisa terulang sewaktu-waktu...

Mamaku menangis.. takut.. seakan sudah ada vonis tidak tersembuhkan dan akan merepotkan anak-anaknya, dia juga kuatir biaya rumah sakitnya apabila operasi dan dia kuatir banyak hal-hal lainnya. Aku bilang ke mamaku, bersyukur dan mengucapkan syukur atas pertolongan Tuhan, dan keadaan sekarang yang masih memungkinkan bisa tahu sedini mungkin dan bisa berusaha untuk mengatasinya dengan berobat dan pasang peacemaker..

Mamaku tidak mau.. dia takut dan tidak mau menyusahkan anak-anak, ..aku marah... justru  kalau bertindak seperti ini.. sangat menyusahkan anak-anak dan dirinya sendiri .. kataku..

Dia sampai di rumah menangis..menangis.. telpon adik-adikku seakan hari terakhirnya, lalu adik-adik-ku meng-komplain-ku katanya aku kejam terhadap mama, mengapa langsung di beritahu keadaan penyakitnya... mengapa aku marah pada mama... dll

Mereka berpikir kakaknya sangat KEJAM.. tidak kasihan sama mamanya...

 

joli's picture

Aku.. takut..

Kemarin aku di telpon dari rumah.. mengabarkan kalau mama-ku pingsan di pasar ketika beli buah..

Langsung aku pulang ngebut.. sepanjang perjalanan aku  kuatir..  aku takut...

Untunglah cepat sadar.. dokter kemarin juga bilang akan sering black out.. tiba-tiba.. karena suply oksigen ke otak kurang lancar..

Meski sudah tahu... aku tetap takut.. takut ditinggal mamaku...

 

hai hai's picture

Rasa Takut dan Khawatir

Suatu hari di dalam mobil, dalam perjalanan mengejar setoran, aku mendengar beberita seseorang akan menghadapi operasi jantung dan membutuhkan donor darah. Ketika namanya disebut, aku tahu bahwa itu papa seorang teman. Teman itu sangat menyebalkan itu sebabnya sudah lama aku nggak pernah berhubungan dengannya. aku segera banting setir dan pergi ke rumah sakit untuk mengunjungi papa temanku itu sebab dia adalah temanku juga.

Setelah ngobrol-ngobrol, papa temanku, aku menyapanya om, bertanya padaku, dari mana aku tahu dia ada di rumah sakit dan akan dioperasi? aku bilang, aku tahu dari radio dan aku segera datang karena kuatir nggak sempat lagi mengunjunginya. Dia memandangku aneh lalu bertanya, apakah menurutku operasi yang dihadapinya berbahaya? Kami lalu diskusi tentang operasi jantung dan resikonya. Ketika hendak pulang aku berkata kepadanya” Om, jaga-jaga bila kita nggak ketemu lagi.” Aku lalu memeluknya, dia membalas pelukkanku.

Setelah pelukkan itu dia lalu menyuruhku duduk kembali dan dia mulai cerita tentang handai taulannya bahkan pendetanya yang datang membesuk serta menyatakan kepadanya agar jangan kuatir karena Tuhan mampu melakukan mujizat dan segala janji iman lainnya. Dia menatap saya lalu bertanya, “Gil, kamu percaya apa yang mereka katakan agar jangan kuatir itu benar?” Saya menatapnya lalu tertawa, “Om, yang mereka katakan itu memang benar, mereka tidak khawatir sama sekali tentang operasi jantung karena tahu yang menghadapi resikonya adalah om, bukan diri mereka!” Om itu menatap diri saya lalu dia ngakak.

Setelah tawa kami reda, saya lalu melanjutkan, “Om, kalau saya jadi om, maka saya pasti khawatir. Itu sebabnya saya akan berusaha menjaga kondisi tubuh sehingga prima ketika dioperasi. Saya juga akan bertanya kepada dokter-dokter yang terlibat, apakah mereka sehat jasmani dan rohani, penuh semangat dan konsentrasi? Bahkan mengingatkan mereka untuk membuat cecklist bila perlu agar setelah operasi nggak ada barang yang ketinggalan.”

Khawatir dan rasa takut adalah naluri untuk mengingatkan agar manusia WASPADA.

 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Ebdat Agung Dapti's picture

Hay Joli..

Keren bangat karangan kamu.... awal aku baca tulisan kamu, aku pikir ini kisah pengalaman pribadi....... tapi setalah aku baca terus baru tahu deh... kalo itu satu kisah lama(MALAM) yang diangkat kembali sama kamu.. keren abis deh... aku sudah ngga sabar tunggu kisah selanjutnya. ok? "Hidup tidak hanya sekedar kata-kata"
Louise M's picture

@Joli biarkan mengalir....

Gile bener...keren banget bu..., menurut saya biarkan saja mengalir dulu ceritanya ( kan ini cerita bersambung), sisipan pesan2x seperti usul Sdr.De-ta nanti aja belakangan ( tergantung endingnya mau spt apa juga sih ( open endingkah?- jadi pesan pengarang dan ending penutupnya di kembalikan ke pembacanya, atau endingnya di matikan sendiri dengan menyisipkan pesan2x pengarang yang ingin di sampaikan, so up to u..), oh ya kalau ini di anggap oleh pembaca sebagai pengalaman pribadimu biarkan saja anggap aja ini pujian bahwa pengarangnya berhasil menyelami tokoh nya, hua..ha..ha..ha.., lha gimana lagi coy ( wah kok saya sok akrab ya, maaf ya bu..), atau category nya yang di tambah ya, ada kategori fiksi, truth story, testemoni,auto biografi, bible story ( jadi yang baca jelas dia lagi baca kisah nyata atau fiksi atau testemoni, atau apalah..bingung juga.., aku yakin ada yang miss deh di kategori, soalnya di tagged mu itu kan cinta, kisah, pelacur, selingkuh). Atau sebelum masuk cerita, tulis gini aja: kalau ada yang anggap ini cerita pengalaman pribadi gw....Awas lu...hua..ha...ha... But anyway..ayo buat lanjutannya lagi, atau di jadwal aja ya..setiap rabu dan minggu ngeluarin sambungannya.., atau coba di buat naskah drama aja kalee.., seru tuh entar tayangnya di acara mimbar rohani tiap minggu sore, atau sinetron rohani tiap minggu malam, hehehehehe. ( becanda lho tapi serius juga sih ---sekedar ide gila).
Louise M's picture

@Joli ..bu maaf comment saya salah tempat..

Wah maaf bu..maksudnya mau buat comment nya di blog sambungannya/part 2 nya yang ibu buat ( aku ingin selingkuh )tapi kok malah di part 1 nya yg saya tulis.., maaf..( anggap sama aja ya.., maklum di sambi kerja, hehehehehehe )
Josua Manurung's picture

tentang perempuan malam...

setiap malam pulang dari sekolah saya selalu pulang lewat Tegal Rotan /Garot salah satu lokalisasi yang terkenal di Bintaro-Ciputat... mampir tentu pernah tapi tidak untuk jajan... melihat teman dikerjai pelacur dimana dia harus mambayar 50 ribu untuk sebotol teh botol.... dan tukang teh botol yang setengah memaksa dan memanggil teman-teman preman-nya... dulu di jalan banyak pelacur... mahakam blok m, tempat kami nongkrong... ada kesedihan di sana... di mata mereka ketika ada tetangga atau saudara yang mengenali... tapi bagaimana.... hidup harus berjalan terus.... dan mereka sudah menjadi terbiasa untuk mendapatkan uang dengan tubuhnya.... rusak sudah pasti... mereka tahu itu... mereka juga berdoa dan sembahyang walau tidak teratur... demi anak katanya, demi bedak dan kontrakan katanya... tapi bukankah TUHAN selalu memberi kesempatan kedua, ketiga bahkan berkali-kali kesempatan agar kita dapat melihat betapa setianya TUHAN di tengah ketidaksetiaan kita... bukankah kita semua orang berdosa adalah terhitung sebagai pelacur di hadapan-Nya... semua orang berdosa.... lalu bila kita pulang pagi ini dari melacurkan diri.... janganlah cukup dengan berkata.... TUHAN, maafkanlah aku dengan dosaku.... sungguh tidak cukup... berbicaralah dari hatimu ke Hati-Nya... sadarilah dosamu.... dengarkanlah apa yang TUHAN inginkan.... dan lakukanlah itu.... bila besok kau masih melacur lagi dengan dosamu.... maafkan aku... aku tidak dapat berkata lebih banyak.... karena aku juga seorang pelacur... yang ingin sekali dan kuat sekali keinginan untuk bertobat.... tapi kita sama-sama tahu keinginan saja tidak cukup... tubuh memang lemah tapi ROH kuat! jadi berdoalah agar ROH-mu lebih dikuatkan... jangan lupa doakan aku juga ya... :) BIG GBU!
__________________

BIG GBU!

joli's picture

kehidupan wanita malam

Josua, terus terang ku tak tahu kehidupan wanita malam yang sesungguhnya, meski pulang malam menjelang pagi pernah kualami di hari-hari terakhir. Hanya untuk ngobrol, menemani kongkow-kongkow. ketika hati tak rela bercakap, rasanya memang seperti pelacur, wanita malam beneran :(

Josua : bukankah kita semua orang berdosa adalah terhitung sebagai pelacur di hadapan-Nya... semua orang berdosa.... lalu bila kita pulang pagi ini dari melacurkan diri.... janganlah cukup dengan berkata.... TUHAN, maafkanlah aku dengan dosaku.... sungguh tidak cukup... berbicaralah dari hatimu ke Hati-Nya... sadarilah dosamu.... dengarkanlah apa yang TUHAN inginkan.... dan lakukanlah itu....

Ya, benar, setiap kali melakukan dosa, mengulang dosa yang sama, mengulang dan mengulang.. Merasa seperti pelacur, sedihnya seperti istri tak setia yang pulang kerumah, takut mengakui, takut tak terampuni, sekaligus, menyesali kenapa candu dosa sedemikian kuat mengikat..

Josua : karena aku juga seorang pelacur... yang ingin sekali dan kuat sekali keinginan untuk bertobat.... tapi kita sama-sama tahu keinginan saja tidak cukup... tubuh memang lemah tapi ROH kuat! jadi berdoalah agar ROH-mu lebih dikuatkan...

hmm sesama pelacur tak boleh saling mendahului, tak boleh saling berebut dosa, tetapi saling mendoakan begitu??

Note: thanks to tante paku, mengangkat pelacur kembali..

Horbo's picture

rame juga dsini,, maaf tes

rame juga dsini,, maaf tes posting, hihi salam kenal
edy's picture

tentang pelacur

saya mau tanta nih. apa bedanya pelacur yg demi uang atau menghidupi keluarga dgn pacaran muda mudi kemudian having fun katanya karena love dan suami atau istri yg berselingkuh katanya demi kepuasan atau karena bosan mau ganti menu atau apapun alasannya atau seperti bangsa israel yg katanya melacurkan diri dari Tuhan ? Bagaimana menurut pandangan manusia dunia ? Bagaimana menurut pandangan Tuhan ? N B : Pelacur itu bisa pria atau wanita. Maaf cuma mau nanya aja nih tidak ada maksud laen.
hai hai's picture

Hosea Nabi Allah - Sundal Ibuku

Pelacur sampai ke sumsum tulang
melacur hingga tulang belulang
masih adakah tempat untuk cinta?

Dusta adalah hidupnya
nista kebanggaannya
adakah bangga
melihat gelinjangnya?

Hati hyna
melangkah singa
menatap garang
nyali mengerang
suara lantang 
akal menantang
kalimat menunjuk
laku ditunjuk

tubuh kecil
mungil ringkih
mata bening
suci pualam
gerak lentur
ringkih risih
itukah jantanku?
atau hanya jalangku?

Celoteh riang anakku
Hosea nama bapakku
nabi Allah kerja ayahku
Gomer binti Diblaim nama ibuku
sundal, ia dipanggil tetanggaku
Yizreel nama pemberian Allahku
haram jadah, ku dipanggil temanku

Hosea namaku
nabi Allah, aku
aku bukan milikku

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

minmerry's picture

@ joli : ini yg ke 3 kali

Jol, ini ke 3 x g baca blog joli tentang Gomer , dan masi sangat suka. dan masih kaget dengan darah shakespare nya ko hai hai.

asyik. menurut g, ceritanya asyik, karena penulisan Joli bikin deg deg an. bikin kaya larut dalam cerita. asyik. .. it.

Joli menulis :

 

Beberapa malam kemudian dia mendekatiku... hatiku berdebar seperti remaja jatuh cinta.. menyentuhku lembut... seakan aku pualam yang sangat berharga.. malam itu aku juga sudah lupa akan pengalamanku bercinta... aku menikmati malam pertama sejuta rasa.. melebur menjadi satu daging... indahnya...

===== rasanya pas min baca ini, pipi min langsung blushing jadi pink...hehe...

kalo di film kan seru jg ya.

kira kira sapa yang akan pernanin Gomer dan Hosea?

kata semua orang.. bisa melihat betapa bening, polos, tajam, dan cerdas... = Natalie Portman ?
Mataku tertuju kepada seorang pria.. tidak biasa... dan agak aneh.... pria berjubah panjang.... seperti orang baik... = ?

hehe

 

^-^

__________________

logo min kecil

joli's picture

@Minmerry.. buat Novel

Thanks Minmerry..

Min kan juga menulis cerita kan? coba upload aja di buat sequel kayak Gomer ini.. bisa buat semua pipi para jomblo juga merona merah kuning hijau..