Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Apa itu Trinity/Trinitas/Tritunggal

PAULUS WHEN's picture

Apa itu Trinity/Trinitas/Tritunggal

Jadi, apa benar Tuhan nya orang kristen itu ada 3? Bapa, Anak dan Roh Kudus?

Kalo cuma satu, kenapa di Kejadian 1 dibilang "baiklah Kita menjadikan manusia" dst dst...

Kalo bener ada tiga, apa kita ndak merasa aneh?

Bagaimana menjelaskan God itu Tritunggal?

Dulu aku sempat punya pandangan bahwa God itu punya 3 mode penampilan. Sama seperti air punya mode padat (es), cair (air biasa) dan gas (uap air). Dulu aku berpandangan bahwa God itu ada 3 mode. Suatu ketika tampil sebagai Bapa yaitu selama Perjanjian Lama, trus pas jalan2 di bumi dia tampil/menitis sebagai Yesus, dan setelah Yesus diangkat Dia tetap ada di tengah2 kita sebagai Roh Kudus. Tapi kukira itu adalah 1 pribadi yg sama. Tadinya.

Trus kupikir2 lagi, lha kalo itu adalah pribadi yg sama, ngapain ya Yesus berdoa kepada Bapa tiap pagi, bahkan lebih jelas lagi di Yohanes 17.

Pemahamanku sekarang tentang God tritunggal adalah sebagai berikut di bawah ini. Aku gak bilang bahwa ini yg paling valid, aku cuma bilang bahwa inilah sejauh yg aku mengerti utk saat ini. Orang bertumbuh dan begitu juga pengetahuan bertambah2, suatu ketika kuharap aku bisa lebih paham tentang Dia.

-----------------------------------------

Bagaimana God Tritunggal itu, apakah ada 3?

Tidak, God itu cuma 1

Jadi kenapa ada 3, Bapa, Anak dan Roh Kudus?

Itu seperti kepala, tangan dan hati. Apakah kepala ini kepalanya awhen?

Ya.

Apakah tangan ini tangannya awhen? Hati ini hatinya awhen?

Itu juga iya.

Jadi apakah awhen ada 3?

Tidak. Awhen tetap cuma 1.

Kalo pas 5 orang tangannya ditaruh di meja semua (misal inspeksi kuku), apakah salah menyebut salah satu tangan itu, "ini awhen" ? Apakah salah menyebut tanganku awhen?

Tidak salah.

Jadi sekarang kamu mengerti kenapa Yesus bilang, Aku patuh kepada Bapa, itu sama seperti tangan patuh kepada otak (kepala), tapi sebetulnya, tangan dan kepala itu adalah satu, itu adalah awhen, Yesus dan Bapa itu adalah satu, itu adalah GOD. Sekarang, contoh lain. Apakah salah menunjuk ke pintu rumahku dan mengatakan "ini rumah awhen" ? Padahal itu cuma pintunya.

Tidak salah. Krn orang langsung mengerti.

Nah, sama spt itu. Bapa (Yehovah), Anak (Jesus Christ) dan Roh Kudus, ketiganya itulah yg disebut GOD. Tapi bukan berarti ada 3 Gods. Sama spt ada pintu, ada jendela, ada kamar, ada kasur, tapi itu semua adalah SATU rumah. Sama seperti menyebut itu rumahku tapi tanganku kebetulan sedang menunjuk ke pintunya, itu valid, atau aku sedang memberi tour kpd seseorang dan setelah berjalan kesana kemari, sampai di kamar tidurku, aku bilang "yah.... inilah rumahku", itu juga valid walaupun itu cuma kamarnya. Seperti itu juga halnya, menyebut Yesus adalah GOD, adalah valid. Menyebut Roh Kudus sebagai GOD, itu juga valid. Menyebut Bapa sebagai GOD, juga valid. Tapi bukan berarti ada tiga Gods (bentuk jamak).

Apa dasarnya di alkitab utk penjelasan spt ini?

Coba baca Yohanes 1. Mungkin akan lebih mudeng kalo ditulis dalam bahasa sehari2 spt ini: Pada mulanya adalah Firman (Yesus). Firman itu bersama2 dgn GOD (kesatuan Bapa, Yesus, RK) dan Firman itu sendiri adalah GOD. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia (Firman/Yesus) dan tanpa Dia semua yg kita lihat sekarang ini tidak akan ada (di Kejadian 1 pada waktu penciptaan, GOD BERFIRMAN, so tanpa Firman tidak ada penciptaan). Ia telah ada di dalam dunia, dan dunia dijadikan olehNya, tapi dunia tidak mengenalNya. Disini terkandung makna trinity. Tentang bagaimana Yesus disebut Firman, ada di banyak bagian lain, cari pasti ketemu...

Bagaimana dgn orang2 yg mempertanyakan iman kristen dgn menggunakan topik trinitas ini? Apakah penjelasan ini akan masuk akal bagi mereka?

Mungkin tidak akan diterima. Tapi sekedar utk kita sendiri tau, supaya iman kita jangan digoyahkan oleh pertanyaan2 sepele spt ini. Bedakan antara orang bertanya dan orang mempertanyakan. Orang yg mempertanyakan itu berarti sedang berusaha menggoyahkan, abaikan saja dan tidak perlu berusaha menjawab, tidak perlu capek2 debat dgn orang spt ini. Tidak perlu buang2 tenaga. Tapi utk orang yg betul2 bertanya, jika dia benar2 ingin tau, berikan penjelasan sejauh yg dia bisa terima. Kalau sudah mulai mengarah ke debat, jangan dilanjutkan. GOD tidak biasa menggunakan perdebatan utk memperkenalkan diriNya. Kalau memang itu jatahnya orang itu mengenal GOD, dia akan bertanya baik2 dgn ingin tahu/ingin belajar, bukan dgn nada mempertanyakan. Yesus sendiri, waktu orang2 agamawi mempertanyakan Dia, Dia tidak menjawab/tidak berusaha mati2an utk meyakinkan mereka/memenangkan perdebatan. Tapi waktu ada orang2 yg benar2 bertanya krn ingin belajar, Dia menjelaskan to the point spt di Yohanes 3. Dan terus baca alkitab terutama Perjanjian Baru krn terlalu banyak hidden treasure terkandung didalamnya. Hikmat yg menunggu ditemukan... :)

mas_bule's picture

Halo PAulus When

Di situs http://kpdrd.gkin.org ada juga penjalasan tentang Allah Tritunggal...

Ini linknya: http://kpdrd.gkin.org/index.php?option=com_content&task=view&id=152&Itemid=45

GBU

Mas Bule

king heart's picture

@paulus when

Penjelasan mengenai Trinitas tak akan pernah bisa tuntas dengan menggunakan analogi seperti yang anda ambil. Pintu, jendela, dll tetap bukan rumah bukan ? sekalipun itu semua bisa dipakai untuk "pembentukan" rumah. Bapa adalah Tuhan, Yesus adalah Tuhan dan Roh Kudus adalah Tuhan tetapi tetap satu Tuhan. Satu Tuhan tapi tiga pribadi. Analpgi lain yang lebih mendekati ( tetap punya kelemahan ) adalah api unggun, jika satu ranting diambil tetap ia adalah api unggun, dipindah separuh ia tetap api unggun yang pindahpun tetap api unggun. Semua analogi bagaimana baiknya tetap punya kelemahan sehingga sulit sekali untuk menerangkan Trinitas dengan tuntas. Yang diterangkan ( Tuhan ) adalah Pencipta yang adalah tak terbatas sedang analoginya dengan menggunakan ciptaan yang sangat terbatas. Yang terbatas tidak akan mungkin menerangkan yang tak terbatas dengan tuntas
__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

mas_bule's picture

Tuntas

Hallo King heart, Aku tahu penjalan mengenai Trinitas di situs kpdrd.gkin.org nggak tuntas...itu hanya (sedikit) penjelasan tentang Tritunggal...karena intro artikel itu: "Alkitab mengajarkan bahwa Bapa adalah Allah, bahwa Yesus adalah Allah dan bahwa Roh Kudus adalah Allah. Alkitab juga mengajarkan bahwa hanya ada satu Tuhan. Mungkin kita bisa memahami beberapa fakta tentang hubungan antara tiga Pribadi dalam Allah Tritunggal, tetapi pada akhirnya pikiran manusia tidak mampu menjangkau hal ini. Hal ini tidak berarti bahwa doktrin Allah Tritunggal tidak benar atau bahwa doktrin ini tidak didasarkan pada Alkitab." Artikel ini tentang orang yang tidak percaya Tritunggal (sebagai tertulis: "Walaupun para skeptisi mengejek doktrin ini sebagai hal yang tidak mungkin secara matematis, tetapi doktrin ini adalah ajaran Alkitab dan pada dasarnya realistis, baik dipandang dari segi trial-and-error maupun segi ilmiah.") Aku 100% setuju kami nggak tuntas...itu hanya penjelasan dari ayat2 Alkitab. GBU Mas Bule
gkmin's picture

@king heart, Anda benar

Analogi Paulus When, tidak selalu dapat diterima, seorang Kristen kalah debat dan menjadi muslim, gara-gara menganalogikan Tuhan dengan Rokok, ada batang rokok, api dan asap. batang rokok BUKAN rokok api BUKAN rokok asap BUKAN rokok, (ada buku "kesaksian"nya, saya pernah baca....) padahal Bapa (YHWH) = Tuhan Yesus = Tuhan Roh Kudus = Tuhan, coba baca Kejadian 3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah YHWH Elohim: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya." Gimana? satu Tuhan? banyak Tuhan? satu tapi banyak? banyak tapi satu? satu kesatuan?

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

__________________

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

mantofa's picture

SALAH 1 dr KITA

menjadi sala1 dr kita maksudnya secara fisik ?
king heart's picture

Satu Tuhan tiga pribadi

Kejadian 1 :26-27 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." 27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

Ayat di Kejadian 3:22 menjelaskan mengenai manusia yang dicipta menurut gambar dan rupa Tuhan yang sekaligus mengkonfirmasikan ketrinitasan Tuhan sekalipun tidak sejelas di dalam PB, oleh sebab itu anggapan yang mengatakan Trinitas adalah kesalahan orang Kristen dalam penafsiran PB tanpa melihat PL jelas keliru dan ngawur. Satu Tuhan, ya ; tiga Tuhan tidak ; tiga pribadi, ya.

GBU

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

andryhart's picture

Trinitas merupakan misteri

Santo Agustinus pernah berpikir seperti kita tentang Trinitas. Karena tidak menemukan jawaban-Nya, beliau pergi ke pantai untuk merenung dan berdoa. Di pantai, beliau menemukan seorang anak kecil yang lari bolak-balik mengisi lubang kecil di pinggir pantai dengan air laut. Santo Agustinus bertanya, "Nak, apa yang kamu sedang lakukan?" Anak itu menjawab, "Mengisi lubang kecil ini." Santo Agustinus spontan meresponsnya, "Ya... enggak mungkin lha. Lubang kecil ini bisa menampung air laut sebesar itu." Dan anak tersebut menjawab lagi, "Begitu pula otak manusia. Mana mungkin otak manusia yang sangat kecil bisa menampung misteri Allah yang luar biasa?" Sehabis mengatakan ini, anak kecil itu menghilang! Jadi jika kita pengikut Kristus yang baik, kita terima saja ajaran Allah Trinitas sebagai iman kepercayaan kita tanpa terlalu pusing memikirkannya. andryhart
__________________

andryhart

mantofa's picture

ROh & Firman

Roh & Firman adalah 1, kalo tidak 1 ya... kacau. 3tunggal dalam arti roh, bukan fisik. bapa (esa), putra (saat ini byk putraNya ?), roh kudus (ada dimana-mana) bila ke-3 itu tidak sinkron, maka BAPA tidak bisa memanifestasikan karya2Nya di bumi ini.