Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Apakah Benar Kutuk Keturunan itu ada??

Anak El-Shadday's picture

Satu hal yang banyak kupelajari dari ajaran-ajaran beberapa pengkhotbah, baik yang secara langsung  aku dengar maupun yang aku dengar melalui media ataupun yang aku baca, bahwa ada semacam hukum kutuk yang secara tidak langsung terkoneksi dengan hukum tabur-tuai. Yaitu bahwa apapun yang diperbuat oleh orang tua, baik itu positif ataupun negatif, akan berimbas secara langsung terhadap keturunannnya. Bahkan ada satu kisah kesaksian dari salah seorang pengkhotbah yang aku dengar bahwa ada seorang anak yang terkena gangguan mental karena bapaknya banyak memiliki dan mempraktekkan penyembahan berhala, selain juga keluarga anak tersebut banyak mengalami ketidakdamaian karena hal negatif tersebut.

 

Pada mulanya aku mengamini ajaran ini. Sehingga dengan semangat 45 aku terus mengingatkan saudara kandungku dan para sepupuku (terutama sepupu dari pihak bapak) untuk tetap ”terjaga”. Perlu diketahui, dari garis bapak ada semacam ”pola kehidupan”, umumnya bapakku dan hampir separuh lebih saudara-saudaranya (yang berarti pakde, bude, paklik dan bu likku dari pihak bapak) baru bisa memiliki keluarga yang ”establish” setelah melakukan perceraian, artinya rumah tangga mereka bisa tertata dengan baik ketika menikah dengan pasangan kedua, dan bukan dengan pasangan yang pertama. Perkecualian untuk kedua pak likku yang paling bontot, mereka bisa membangun rumah tangga yang tertata dengan pasangan mereka yang pertama, meskipun untuk salah satunya masih ada acara cerai (talak-karena seluruh keluargaku dari pihak bapak masih menganut Agama saudara sepupu hehehehe...), tetapi syukur alhamdullillah pak likku ini masih mau rujuk dengan istrinya, dan sekarang rumah tangga mereka lumayan mantap.

 

Dulu ketika sangat mengamini ajaran kutuk keturunan ini, aku memahami bahwa yang terjadi di dalam keluargaku ini adalah suatu kutuk, artinya bahwa ”pola kehidupan” yang terjadi pada bapakku dan mayoritas saudaranya adalah akibat dari suatu sebab yang bersifat spiritual.  Sehingga dengan tak jemu-jemunya (ciehhhh.....) aku mengingatkan saudara kandungku dan para sepupuku dari pihak bapak untuk tetap menjaga mahligai rumah tangganya dengan pasangan pertamanya meskipun mereka tidak kucekoki dengan ajaran bahwa ”cerai itu haram” karena apa yang mereka anut masih memperbolehkan adanya perceraian. Tapi dengan mengajukan ”evidence based”, aku menggiring pola pikir mereka untuk menyadari bahwa ”pola hidup” yang telah terjadi dalam keluarga kami merupakan hal yang tak wajar dan pasti disebabkan oleh hal yang tak wajar pula.

 

Tetapi setelah mulai rutin baca alkitab (thanks to Pdt Jusuf BS untuk Alpetnya) aku menemukan bahwa ajaran kutuk keturunan itu kok ga ada dalil nya yang shohih dalam alkitab. Apalagi setelah aku baca Yehezkiel 18, aku semakin yakin bahwa apa yang menyebabkan ”pola kehidupan” itu adalah bukan hal-hal yang bersifat spiritual, tetapi karena adanya persamaan karakter pada bapak dan saudara-saudaranya yaitu stubborn dan ndak mau kalah and ndak mau ngalah, sehingga dapat dipahami bahwa tiap mereka hidup dengan orang baru (pasangan pertama mereka) akan terjadi perang brotoyudho dan perang itu baru akan reda setelah bapak dan saudara-saudaranya mengalami rasa sakit akibat perceraian dan walhasil yang menikmatinya adalah pasangan kedua mereka.

 

Memang dalam pentateukh ada dijelaskan bahwa Allah akan membalas kejahatan sampai ke keturunan yang nomor 4 (atau berapa tepatnya aku lupa), tetapi aku memahami hal ini sebagai suatu kondisi yang tercipta dari hasil perbuatan itu, yang menyebabkan keturunannya tidak memiliki akses ke problem solvingnya. Dapat dianalogikan, dengan kondisi pendidikan sekarang ini, anak orang miskin akan sangat sulit untuk dapat berprofesi sebagai dokter, karena mereka tidak memiliki akses menuju ke arah situ.

 

Satu hal yang aku dapat ambil sebagai pelajaran adalah ketika kita tetap menggunakan paham kutuk keturunan, maka apa yang kita lakukan adalah cenderung tidak logis. Boro-boro untuk memperbaiki sifat stubborn yang aku akui menetes ke aku hehehehe... tiap malam malah aku dengan semangat berdoa dengan model mengikat, mematahkan dan mengusir dalam Nama Yesus segala kuasa jahat yang menyebabkan ”pola kehidupan” tersebut. Dan sekarang kupikir-pikir kok ya lucu hehehehe..

 

__________________

but the one who endure to the end, he shall be saved.....

marwan's picture

Kutuk Terhadap Keturunan ada Dalam Alkitab.

Menurut Ulangan 28, Kutuk dan Berkat itu BERLAKU untuk Keturunan.

  1. Ulangan 28:18 Terkutuklah buah kandunganmu, hasil bumimu, anak lembu sapimu dan kandungan kambing dombamu.
  2. Ulangan 28:32 Anak-anakmu lelaki dan anak-anakmu perempuan akan diserahkan kepada bangsa lain, sedang engkau melihatnya dengan matamu sendiri, dan sehari-harian engkau rindu kepada mereka, dengan tidak dapat berbuat apa-apa.
  3. Ulangan 28:41 Engkau akan mendapat anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan, tetapi mereka bukan bagi dirimu, sebab mereka akan menjadi tawanan.
  4. Ulangan 28:45 Segala kutuk itu akan datang ke atasmu, memburu engkau dan mencapai engkau, sampai engkau punah, karena engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu dan tidak berpegang pada perintah dan ketetapan yang diperintahkan-Nya kepadamu;46 semuanya itu akan menjadi tanda dan mujizat di antaramu dan di antara keturunanmu untuk selamanya."
  5. Ulangan 28:58 Jika engkau tidak melakukan dengan setia segala perkataan hukum Taurat yang tertulis dalam kitab ini, dan engkau tidak takut akan Nama yang mulia dan dahsyat ini, yakni akan TUHAN, Allahmu,59 maka TUHAN akan menimpakan pukulan-pukulan yang ajaib kepadamu, dan kepada keturunanmu, yakni pukulan-pukulan yang keras lagi lama dan penyakit-penyakit yang jahat lagi lama.
  6. dll.

Kutuk adalah lawan dari Berkat...Kita melanggar kena Kutuk/Hukuman, kita Taat Kena Berkat.

Tetapi yang Penting dari itu adalah Setiapkali ada Pelanggaran Tuhan terbuka untuk Mengampuni kita sehingga kita Terbebas dari KUTUK dosa.

Kita mestinya bertobat setiap saat...

GBU, semoga menolong

Mazmur 146:2 Aku hendak memuliakan TUHAN selama aku hidup, dan bermazmur bagi Allahku selagi aku ada.

__________________

Mazmur 146:2 Aku hendak memuliakan TUHAN selama aku hidup, dan bermazmur bagi Allahku selagi aku ada.

Samuel Franklyn's picture

Anda hidup dibawah PL atau PB?

Anda hidup dibawah Perjanjian Lama atau Perjanjian Baru? Kutuk terhadap  keturunan memang dituliskan dalam Perjanjian Lama akan tetapi sudah tidak berlaku bagi mereka yang hidup dibawah Perjanjian Baru.

Yeremia 31:27-31
(27)  "Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan melimpahi kaum Israel dan kaum Yehuda dengan benih manusia dan benih hewan.
(28)  Maka seperti tadinya Aku berjaga-jaga atas mereka untuk mencabut dan merobohkan, untuk meruntuhkan dan membinasakan dan mencelakakan, demikianlah juga Aku akan berjaga-jaga atas mereka untuk membangun dan menanam, demikianlah firman TUHAN.
(29)  Pada waktu itu orang tidak akan berkata lagi: Ayah-ayah makan buah mentah, dan gigi anak-anaknya menjadi ngilu,
(30)  melainkan: Setiap orang akan mati karena kesalahannya sendiri; setiap manusia yang makan buah mentah, giginya sendiri menjadi ngilu.
(31)  Sesungguhnya, akan datang waktunya, demikianlah firman TUHAN, Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan kaum Yehuda,

Ibrani 8:8-13
(8)  Sebab Ia menegor mereka ketika Ia berkata: "Sesungguhnya, akan datang waktunya," demikianlah firman Tuhan, "Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan dengan kaum Yehuda,
(9)  bukan seperti perjanjian yang telah Kuadakan dengan nenek moyang mereka, pada waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir. Sebab mereka tidak setia kepada perjanjian-Ku, dan Aku menolak mereka," demikian firman Tuhan.
(10)  "Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu," demikianlah firman Tuhan. "Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.
(11)  Dan mereka tidak akan mengajar lagi sesama warganya, atau sesama saudaranya dengan mengatakan: Kenallah Tuhan! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku.
(12)  Sebab Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka."
(13)  Oleh karena Ia berkata-kata tentang perjanjian yang baru, Ia menyatakan yang pertama sebagai perjanjian yang telah menjadi tua. Dan apa yang telah menjadi tua dan usang, telah dekat kepada kemusnahannya.

Nah sekarang saya tanya kalau anda mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dan hidup sesuai dengan keyakinan itu apakah PL dan kutuk keturunan berlaku atas anda? Silahkan dijawab dulu.

Kalau anda tetap yakin bahwa mereka yang hidup dibawah kasih karunia PB masih mengalami kutuk keturunan maka tolong berikan pada saya ayat PB yang menyatakan akan hal ini.
 

marwan's picture

Shalom. Thanks buat

Shalom.

Thanks buat balasannya.

Sebelumnya saya minta MAAF..

Menurut Pertanyaan TS dari JUDULnya adalah : APAKAH Kutuk Keturunan itu BENAR Ada"...Lalu SAYA Jawab ADA..sesuai dengan ALKITAB.

Baiklah ..anda mengemukakan bahwa apakah SAYA hidup di bawah Perjanjian Lama atau Perjanjian Baru?

Pertanyaan yg baik...Selama saya mempelajari Alkitab, TIDAK PERNAH Dosen saya mengajarkan Untuk MEMISAHKAN antar Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru....Keduanya adalah SATU kesatuan yakni Firman TUHAN.

Firman TUHAN dalam Perjanjian Lama HARUS GUGUR? Lalu di GANTI dengan Perjanjian BARU?...wah..saya Masih Pegang firman yg mengatakan "Dahulu sekarang sampai selamnya Tidak Berubah"....

Supaya lebih KLIR..bisakah anda Menunjukkan kepada SAYA ayat MANA yang MENJAMIN bahwa Perjanjian LAMA Gugur karena Perjanjian BARU?

Thanks..

Mazmur 146:2 Aku hendak memuliakan TUHAN selama aku hidup, dan bermazmur bagi Allahku selagi aku ada.

__________________

Mazmur 146:2 Aku hendak memuliakan TUHAN selama aku hidup, dan bermazmur bagi Allahku selagi aku ada.

Samuel Franklyn's picture

Hubungan PL dan PB

Perjanjian Lama masih tetap berlaku sebelum dunia kiamat.

Mat 5:17-18
(17)  "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.
(18)  Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

Orang percaya menerima Roh Kudus dan kasih karunia bukan karena melakukan PL melainkan karena percaya pada pemberitaan Injil.

Gal 3:2
(2)  Hanya ini yang hendak kuketahui dari pada kamu: Adakah kamu telah menerima Roh karena melakukan hukum Taurat atau karena percaya kepada pemberitaan Injil?
Gal 3:5
(5)  Jadi bagaimana sekarang, apakah Ia yang menganugerahkan Roh kepada kamu dengan berlimpah-limpah dan yang melakukan mujizat di antara kamu, berbuat demikian karena kamu melakukan hukum Taurat atau karena kamu percaya kepada pemberitaan Injil?

Orang percaya tidak lagi berada dibawah hukum Taurat. Kenapa karena mereka memiliki Kristus.

Gal 3:23-27
(23)  Sebelum iman itu datang kita berada di bawah pengawalan hukum Taurat, dan dikurung sampai iman itu telah dinyatakan.
(24)  Jadi hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena iman.
(25)  Sekarang iman itu telah datang, karena itu kita tidak berada lagi di bawah pengawasan penuntun.
(26)  Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus.
(27)  Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus.

Roma 10:4
(4)  Sebab Kristus adalah kegenapan hukum Taurat, sehingga kebenaran diperoleh tiap-tiap orang yang percaya.

Walaupun PL masih berlaku akan tetapi mereka yang percaya pada Yesus Kristus tidak lagi berada dibawah hukum Taurat. Mereka berada dibawah Yesus Kristus sebagai Tuhan. Mereka tidak lagi menyembah berdasarkan hukum PL akan tetapi menyembah berdasarkan roh dan kebenaran.

Yohanes 4:23-24
(23)  Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.
(24)  Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Inilah bukti nyata kita tidak berada dibawah PL lama lagi. Kita tidak lagi menyembah Tuhan dengan mempersembahkan korban bakaran dan korban sembelihan. Karena korban kita sudah dipersembahkan yaitu Anak Domba Allah. Walaupun PL masih berlaku akan tetapi PL sama sekali tidak berkuasa atas mereka yang hidup dibawah PB. Mereka yang hidup dibawah PB tidak lagi dikuasai oleh hukum apapun yang ada dalam PL. Yang menguasai mereka yang hidup dibawah PB adalah hukum kasih.

Joh 13:34
(34)  Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.
 

marwan's picture

Kembalikan Ayatnya ke konteksnya..sudah terlalu jauh.

Quoted:

Inilah bukti nyata kita tidak berada dibawah PL lama lagi. Kita tidak lagi menyembah Tuhan dengan mempersembahkan korban bakaran dan korban sembelihan. Karena korban kita sudah dipersembahkan yaitu Anak Domba Allah. Walaupun PL masih berlaku akan tetapi PL sama sekali tidak berkuasa atas mereka yang hidup dibawah PB. Mereka yang hidup dibawah PB tidak lagi dikuasai oleh hukum apapun yang ada dalam PL. Yang menguasai mereka yang hidup dibawah PB adalah hukum kasih.

Anda terlalu jauh mengutip ayat..lah ngomongin KUTUK Keturunan kok malah LARI Ke Penyembahan...Konsen mas...

Saya sudah katakan bahwa KEMUNGKINAN BESAR anda KELIRU Menafsirkan IBRANI 8: 13..Tolong BACA BAIK-baik...

Mazmur 146:2 Aku hendak memuliakan TUHAN selama aku hidup, dan bermazmur bagi Allahku selagi aku ada.

__________________

Mazmur 146:2 Aku hendak memuliakan TUHAN selama aku hidup, dan bermazmur bagi Allahku selagi aku ada.

marwan's picture

sesuaikan konteksnya.

Quoted:

Nah sekarang saya tanya kalau anda mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dan hidup sesuai dengan keyakinan itu apakah PL dan kutuk keturunan berlaku atas anda? Silahkan dijawab dulu.

Darimana Yesus Membatalkan PERJANJIAN Lama? Jika Perjanjian LAMA Batal maka Firman Tuhan Batal.

Darimana Kutuk di BATALKAN?..JIka KUTUK Batal maka OTOMATIS BERKAT BATAL...karena keduanya MERUPAKAN HUKUM yang SALING Terkait...

Jika bukan BERKAT maka KUTUK...tidak ada Kata lain...dapatkah saudara mengatakan jika Tidak Ada Berkat maka antara Berkat dan Kutuk jadi ABU-abu?

Kemungkinan besar anda keliru Menafsirkan AYAT 13 dari kitab IBRANI...

Ibrani 8:13 Oleh karena Ia berkata-kata tentang perjanjian yang baru, Ia menyatakan yang pertama sebagai perjanjian yang telah menjadi tua. Dan apa yang telah menjadi tua dan usang, telah dekat kepada kemusnahannya.

Disitu dikatakan telah dekan kepada Kemusnahannya. Disitu TIDAK mengatakan SUDAH di MUSNAHKAN atau Sudah MUSNAH secara Otomatis...

Melihat sekilas ayat itu, MEMANG seolah-olah Telah Musnah...tetapi dengan TELITI di selidiki..Ternyata masih pada tahap "DEKAT Pada KEMUSNAHANNYA"....

Apakah sudah MUSNAH??? Silahkan anda MENAFSIRKANNYA sendiri.

 

Quoted:

Kalau anda tetap yakin bahwa mereka yang hidup dibawah kasih karunia PB masih mengalami kutuk keturunan maka tolong berikan pada saya ayat PB yang menyatakan akan hal ini.

Saya sudah kembalikan ayat 13 dari Ibrani 8..Tolong Tafsirkan dengan TELITI dan BENAR....

Jika MANUSIA sudah TIDAK ada KUTUK KETURUNAN, maka MANUSIA sudah Hidup KEKAL....

Contoh:

  • Kutuk tentang Permpuan Melahirkan akan Mengalami Susah payah engandung dan Banyak Penderitaan Bersalin..kejadian 3:16...ITU KUTUK secara TURUN TEMURUN tak PERNAH HILANG..baik Anda yg Hidup dalam Perjanjian yang BARU maupun HAWA yg Hidup dalam Perjanjian Yang LAMA...Sama sama SAKIT saat Melahirkan...KENAPA? Karena KUTUK dari DOSA HAWA lalu TUrun TEMURUN Menjadi WARISAN.
  • Kutuk tentang SUSAH PAYAH Mencari REZEKI...Kej 3:17-19..itu JUGA KUTUK Keturunan..Baik Mereka yg Hidup ZAMAN Perjanjian Lama maupun Anda yg HIDUP dalam Perjanjian BARU Tetap SAMA....sama sama SUSAH PAYAH Mencari REZEKI...

Nah...bagaimana anda Memberikan Pencerahan MENGENAI Kedua KUTUK Keturunan diatas??? APakah anda MAU BATALKAN keduanya???

Silahkan BERIKAN ayatnya pula yg membatalkan kutuk keturunan diatas.

Mazmur 146:2 Aku hendak memuliakan TUHAN selama aku hidup, dan bermazmur bagi Allahku selagi aku ada.

__________________

Mazmur 146:2 Aku hendak memuliakan TUHAN selama aku hidup, dan bermazmur bagi Allahku selagi aku ada.

Samuel Franklyn's picture

PL sudah digenapi dalam kematian Yesus

Saya kan sudah bilang bahwa PL tetap berlaku. PL tetap berlaku tapi tidak buat orang percaya. Yesus tidak membatalkan PL. Yesus menggenapinya supaya kita tidak usah lagi menggenapinya. Sebagai manusia yang berdosa maka saya tidak mampu menggenapi PL.  Yesus menggenapi PL. Jadi karena Yesus sudah menggenapinya maka saya tidak lagi perlu menggenapinya. Hukuman dosa apapun yang dijatuhkan berdasarkan PL sudah ditanggung oleh Yesus.

Kolose 2:13-14
(13)  Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita,
(14)  dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib:

Hukuman dosa yang ditanggung Yesus termasuk kutuk keturunan. Saya mengakui bahwa Yesus Kristus sebagai Juruselamat saya sudah menanggung semua hukuman atas dosa-dosa saya termasuk kutuk keturunan. Kalau anda menganggap bahwa Yesus tidak menanggung semua hukuman atas semua dosa anda ya terserah. Tapi itu artinya Dia tidak sepenuhnya menjadi Juruselamat dalam hidup anda. He he he.

Soal hidup kekal maka Yesus sudah memberikannya pada saya karena saya percaya kepada FirmanNya:

Joh 11:25-26
(25)  Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati,
(26)  dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"

Dalam iman saya sudah memperoleh hidup kekal. Walaupun misalnya saya di kemudian hari mati akan tetapi saya akan mengalami kebangkitan. Inilah harapan luar biasa yang di anugrahkan Yesus pada saya.

Oh ya. Anda belum memberikan ayat PB mengenai kutuk keturunan. He he he. Selamat mencari.

 

marwan's picture

Anda mulai oleng....

Dalam jawaban Pertama anda diatas, anda katakan:

QUOTED:

Anda hidup dibawah Perjanjian Lama atau Perjanjian Baru? Kutuk terhadap  keturunan memang dituliskan dalam Perjanjian Lama akan tetapi sudah tidak berlaku bagi mereka yang hidup dibawah Perjanjian Baru.

dalam Tulisan TERAKHIR anda diatas anda KATAKAN:

QUOTED: Saya kan sudah bilang bahwa PL tetap berlaku. PL tetap berlaku tapi tidak buat orang percaya. Yesus tidak membatalkan PL. Yesus menggenapinya supaya kita tidak usah lagi menggenapinya. Sebagai manusia yang berdosa maka saya tidak mampu menggenapi PL.  Yesus menggenapi PL. Jadi karena Yesus sudah menggenapinya maka saya tidak lagi perlu menggenapinya. Hukuman dosa apapun yang dijatuhkan berdasarkan PL sudah ditanggung oleh Yesus

NAH..Mana YANG MENJADI PEGANGAN Anda dari Kedua STATEMEN anda diatas...

Anda BELUM Menjawab Pertanyaan saya Mengenai Kedua KUTUK Keturunan dari PL diatas...??? Apakah anda yg HIDUP dalam PB sudah BEBAS dari KUTUK Keturunan dalam Kejadian 3:17-19???

Bagaimana Pencerahan anda...??? Simpel saja jawabnya..gak usah lari ayat ini ayat itu..ntar ANDA malah SALAH TAFSIR...

Anda juga belum menanggapi apakah anda SUDAH Benar Menafsirkan Ibrani 8:13 diatas...

Maaf..pertanyaan desakan anda pada jawab pertama anda sudah saya JAWAB...bagaimana dengan pertanyaan saya?...saya pengen melihat ANDA MELETIN saya lagi...terima KASIH...

Silahkan..saya TUNGGU

Mazmur 146:2 Aku hendak memuliakan TUHAN selama aku hidup, dan bermazmur bagi Allahku selagi aku ada.

__________________

Mazmur 146:2 Aku hendak memuliakan TUHAN selama aku hidup, dan bermazmur bagi Allahku selagi aku ada.

Samuel Franklyn's picture

Dua statement diatas bagi

Dua statement diatas bagi saya tidak bertentangan. Statement pertama dijelaskan oleh statement kedua. PL tidak berlaku buat mereka yang hidup dibawah PB karena Yesus sudah menggenapi PL. Kedua statement diatas saya gabung dan menjadi pegangan saya. Paham?

Anda perlu lebih teliti membaca Firman.

Kejadian 3:17-19
(17)  Lalu firman-Nya kepada manusia itu: "Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu:
(18)  semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu;
(19)  dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu."

Coba dibaca baik-baik siapa yang dikutuk. Menurut Firman maka yang dikutuk adalah tanah: "terkutuklah tanah karena engkau". Jadi Kejadian 3:17-19 menceritakan Allah mengutuk tanah. Yang ditebus oleh Kristus adalah manusia bukan tanah. Jadi kutuk atas tanah tetap berlaku. Karena itulah maka bumi dan langit ini nanti akan dimusnahkan Allah dan diganti dengan bumi dan langit yang baru.

2Pe 3:10
(10)  Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.

2Pe 3:13
(13)  Tetapi sesuai dengan janji-Nya, kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran.

Saya nggak bakal menjawab tanpa pakai ayat. Saya cinta Firman.

Saya tidak menafsirkan Ibrani 8:13.

Nih saya meletin lagi

Penantian anda sudah berakhir. He he he.
 

marwan's picture

Saya akan Baca sebaik-baiknya.

QUOTED:

Coba dibaca baik-baik siapa yang dikutuk. Menurut Firman maka yang dikutuk adalah tanah: "terkutuklah tanah karena engkau". Jadi Kejadian 3:17-19 menceritakan Allah mengutuk tanah. Yang ditebus oleh Kristus adalah manusia bukan tanah. Jadi kutuk atas tanah tetap berlaku. Karena itulah maka bumi dan langit ini nanti akan dimusnahkan Allah dan diganti dengan bumi dan langit yang baru.

Saya mau BACA lagi..anda juga yah:

17 Lalu firman-Nya kepada manusia itu: "Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu:

18 semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu;

19 dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu."

Ayat 17 Mengatakan bahwa Terkutuklah TANAH KARENA ENGKAU (ADAM)...Akibat KUTUKNYA adlah "SUSAH PAYAH Mencari REJEKI"...Sampai SEKARANG TUHAN YESUS sudah MENEBUS Manusia Tapi MASIH JUGA SUSAH PAYAH mencari Rezeki...siklus hukumnya TETAP sama saat PL sampai PB...DAAAANNN akan berakhir sesuai IBRANI 8:13...tetapi SEKARANG tetap Kutuk itu Berlaku...ataukah anda sudah BEBAS dari SUSAH PAYAH mencari Rezeki...coba baca KJV-nya.

Jadi KUTUK atas TANAH Yg di AKIBATKAN oleh Manusia TETAP Berlaku Bagi MANUSIA...tak PEDULI mau Hidup sesuai PL atau PB..selagi BELUM di MUSNAHKAN hukumnya sesuai Ibrani 8:13, maka TETAP Berlaku...

Makanya saya bilang Perhatikan Penafsiran anda...

Bagaimana dengan Penafsiran Ibrani 8:13??? Apakah anda sudah MENDAPAT Pencerahan dari Penafsirannya? Saya Masih Tunggu!! BUKANKAH dengan PDnya anda mengutip Ibrani 8 untuk membatalkan Perjanjian Lama...sesui dengan statemen anda yg pertama?

Saya kira anda sudah TELEDOR mengutip sana sini tanpa Memahami Maknanya...makanya lidah ente..sudah keleleran melet..hehehe..

Mazmur 146:2 Aku hendak memuliakan TUHAN selama aku hidup, dan bermazmur bagi Allahku selagi aku ada.

 

__________________

Mazmur 146:2 Aku hendak memuliakan TUHAN selama aku hidup, dan bermazmur bagi Allahku selagi aku ada.

Samuel Franklyn's picture

Kutuk atas tanah bukan kutuk keturunan

Anda berkata:

"Ayat 17 Mengatakan bahwa Terkutuklah TANAH KARENA ENGKAU (ADAM)...Akibat KUTUKNYA adlah "SUSAH PAYAH Mencari REJEKI"...Sampai SEKARANG TUHAN YESUS sudah MENEBUS Manusia Tapi MASIH JUGA SUSAH PAYAH mencari Rezeki...siklus hukumnya TETAP sama saat PL sampai PB...DAAAANNN akan berakhir sesuai IBRANI 8:13...tetapi SEKARANG tetap Kutuk itu Berlaku...ataukah anda sudah BEBAS dari SUSAH PAYAH mencari Rezeki...coba baca KJV-nya.

Jadi KUTUK atas TANAH Yg di AKIBATKAN oleh Manusia TETAP Berlaku Bagi MANUSIA...tak PEDULI mau Hidup sesuai PL atau PB..selagi BELUM di MUSNAHKAN hukumnya sesuai Ibrani 8:13, maka TETAP Berlaku..."

Saya berkata:

Betul sekali. Kutuk atas tanah yang berlaku bukan kutuk keturunan. Yang kita bicarakan kutuk keturunan dan bukan kutuk atas tanah. Sedangkan Kejadian 3:17-19 berbicara kutuk atas tanah.

Anda berkata:

"Apakah anda yg HIDUP dalam PB sudah BEBAS dari KUTUK Keturunan dalam Kejadian 3:17-19???"

Yap saya sudah bebas kutuk keturunan oleh penebusan Yesus. Karena Kejadian 3:17-19 bukan kutuk keturunan tapi kutuk atas tanah. Karena saya hidup diatas tanah yang sudah kena kutuk maka saya tetap harus bekerja keras.

Anda berkata :

"Bagaimana dengan Penafsiran Ibrani 8:13??? Apakah anda sudah MENDAPAT Pencerahan dari Penafsirannya? Saya Masih Tunggu!! BUKANKAH dengan PDnya anda mengutip Ibrani 8 untuk membatalkan Perjanjian Lama...sesui dengan statemen anda yg pertama?"

Saya berkata:

Saya tidak pernah mengatakan PL batal lho. Coba baca lagi baik-baik semua pernyataan saya. Saya cuma bilang PL tidak berlaku buat orang percaya yang hidup dibawah PB. Ini pernyataan yang beda jauh dengan saya bilang PL batal. Tidak berlaku bukan batal. PL tidak berlaku buat orang yang percaya akan penebusan Kristus. Tanpa penebusan Kristus dan iman akan penebusan itu PL tetap berlaku. Itu sebabnya kutuk keturunan sebenarnya berlaku tapi bukan buat orang percaya melainkan buat orang yang tidak percaya akan penebusan Kristus.

Pernyataan saya adalah :

"Kutuk terhadap  keturunan memang dituliskan dalam Perjanjian Lama akan tetapi sudah tidak berlaku bagi mereka yang hidup dibawah Perjanjian Baru."

Coba baca baik-baik. Apakah saya bilang PL batal? Saya bilang tidak berlaku. Tidak berlaku itu bukan batal. Kenapa PL tidak berlaku? Karena penebusan Kristus.

Sebagai orang yang percaya penebusan Kristus maka saya percaya saya sudah ditebus dari semua kutuk.

Gal 3:13
(13)  Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"