Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Apakah Pdt. Dr. Ioanes Rakhmat Penyesat?

Adrina's picture

Beberapa waktu yang lalu, Pdt. Dr. Ioanes Rakhmat menerbitkan buku terbarunya yang berjudul "Membedah Soteriologi Salib: Sebuah Pergulatan Orang Dalam". Buku ini, diantaranya membahas tentang konsep keselamatan yang dianutnya. Tulisan yang kontroversial ini lalu menimbulkan perdebatan dikalangan Kristen. Banyak orang Kristen yang kemudian memberi label pada buku ini sebagai “Buku Sesat”. Gereja Kristen Indonesia (GKI) yang merupakan gereja dari Dr. Ioanes Rakhnat sendiri, telah mengeluarkan 3 surat resmi untuknya. Surat yang terakhir merupakan pernyataan “pembekuan status kependetaan” yang selama ini disandang olehnya.
 
Tetapi yang menjadi pertanyaannya adalah: apakah Pdt. Dr. Ioanes Rakhmat adalah “penyesat”? Apa buktinya? Berikut ini saya akan mengutip pandangan beliau, yang juga merupakan sebagian isi dari bukunya yang berjudul "Membedah Soteriologi Salib: Sebuah Pergulatan Orang Dalam".

“Buku ini (disingkat: MSS) dengan kuat berisi penolakan bulat saya terhadap ajaran utama Kristen tentang keselamatan (=soteriologi) bahwa kematian Yesus di kayu salib menebus orang dari semua dosanya dan menjamin orang yang percaya pada doktrin ini masuk surga. Saya menunjukkan kelemahan-kelemahan fatal doktrin ini dan menghancurkannya; dan saya menyatakan bahwa saya sudah tidak mempercayai soteriologi ini, tetapi, sebaliknya, saya masih bisa hidup sebagai orang Kristen dengan menerima soteriologi- soteriologi alternatif.”



(sumber: Emailnya)

Bagaimana saudara menilai kata-kata dari Ioanes ini? Apakah kalimat tersebut bertentangan dengan doktrin keselamatan dalam Alkitab? Ataukah itu hanyalah merupakan ajaran utama Kristen yang diciptakan oleh para pendeta / teolog Kristen?


Seorang blogger ‘SABDA Space’ yang bernama Hai hai bengcu si bugil, mengatakan bahwa mereka (orang-orang Kristen) yang 'menghakimi' Dr. Ioanes Rakhmat (mengatakan sesat, nabi palsu, dsb), merupakan BADUT  yang YAK-YAK-O  (BADUT yang SOK TAHU). Hai hai bahkan mengatakan Pdt. Ir. Mangapul Sagala, D.Th yang mengkritik pandangan Ioanes tersebut, sama sekali tidak memahami tulisan Pdt. Ioanes Rakhmat, itu sebabnya 'penghakiman' yang dilakukan oleh Pdt. Mangapul Sagala adalah benar-benar mengenaskan. Lebih lanjut, Bengcu Si Bugil ini, lalu melontarkan “bahasa roh”-nya: “Lang kong tang I kong sai”. Yang kemudian dia tafsirkan sebagai: “orang bicara Utara dia bicara Selatan”. Pdt. Ioanes Rakhmat menulis tentang utara, Pdt. Ir. Mangapul Sagala, D.Th menghakiminya sebagai selatan.”

Hmmm…Apakah 'bahasa roh'  dari Hai hai ini memang benar? Ataukah ini hanyalah “bahasa roh” / bualan yang palsu?

Sebelum membahas 'bahasa roh' Hai hai tersebut, saya akan sedikit menanggapi ajaran dari Dr. Ioanes Rakhmat (disingkat: IR) ini. Mari kita simak kembali kata-kata dari IR berikut ini: “Buku ini (disingkat: MSS) dengan kuat berisi penolakan bulat saya terhadap ajaran utama Kristen tentang keselamatan (=soteriologi) bahwa kematian Yesus di kayu salib menebus orang dari semua dosanya dan menjamin orang yang percaya pada doktrin ini masuk surga”

Dari kalimat IR yang singkat ini, saya mendapatkan 2 hal: 

  • IR, menolak secara BULAT ajaran utama Kristen tentang keselamatan (=soteriologi) bahwa kematian Yesus di kayu salib menebus orang dari semua dosanya.
  • Menolak secara BULAT bahwa yang percaya pada ajaran/doktrin ini masuk surga.


Sekarang kita bandingkan ajaran / penolakan IR dengan ajaran Alkitab.

  • Ayat-ayat yang menunjukkan bahwa kematian Kristus adalah untuk menebus dosa manusia

Matius 20:28  “Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang

Mat 26:28 “Sebab inilah darahKu, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa

Rom 5:8  “Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.”

1Pe 1:18-19 “Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.”

1 Kor 15:3  Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci

  • Ayat-ayat yang menunjukkan bahwa setiap orang yang percaya pada Yesus, akan masuk surga

Yoh 3:16  “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya pada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal

Kis 16:31 “Jawab mereka: ‘percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat’…

Kis 13:38-39  “Jadi ketahuilah, hai saudara-saudara, oleh karena Dialah maka diberitakan kepada kamu pengampunan dosa. Dan di dalam Dialah setiap orang yang percaya memperoleh pembebasan dari segala dosa, yang tidak dapat kamu peroleh dari hukum Musa.”

Rom 10:9 “Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan

Saudara sekalian, ada begitu banyak ayat Kitab Suci yang menjelaskan tentang hal ini. Kematian Kristus di atas kayu salib adalah untuk menebus manusia dari dosanya. Rasul Paulus dengan tegas mengatakan bahwa doktrin ini merupakan ajaran yang sangat penting dan sesuai dengan Kitab Suci! Mereka yang percaya / menerima hal ini, akan diselamatkan!

Setelah kita membandingkan ajaran IR dengan Kitab Suci, saya berkeyakinan bahwa IR  adalah penyesat!

Lalu bagaimana dengan 'bahasa roh' dari si bugil tersebut? Dia dengan fasihnya berkata: “Lang kong tang I kong sai” ! Seperti yang sudah dikatakan di atas, melalui “bahasa roh”-nya ini, dia menafsirkan bahwa “Pdt. Ioanes Rakhmat menulis tentang utara, Pdt. Ir. Mangapul Sagala, D.Th menghakiminya sebagai selatan.”

Saudara sekalian, apakah 'bahasa roh' dari Hai hai ini asli atau palsu? Setelah saya melihat tanggapan yang diberikan Pdt. Mangapul Sagala atas ajaran sesat IR disini: www.mangapulsagala.com:



saya yakin 'bahasa roh' Hai hai itu, adalah palsu! Mengapa? Karena Pdt. Mangapul Sagala tidak memberi tanggapan yang bertolak belakang / bertentangan dengan konteks pembahasan yang ada. Jadi, sebenarnya bukan Pdt. Mangapul Sagala yang Yak-Yak-O, tetapi si Bugil ini yang YAK-YAK-O, dia adalah BADUT PEMBUAL yang YAK-YAK-O! Hai hai tidak ada bedanya dengan Dr. Ioanes Rakhmat, sama-sama YAK-YAK-O!


Tetapi, apakah IR hanya mengajarkan 2 point kesesatan seperti yang telah disebutkan diatas? Tentu tidak!

Beberapa hari yang lalu, saya memasukkan tulisan tentang tanggapan saya terhadap 7 ajaran sesat dari Hai hai Bengcu Si Bugil tentang Kristologi dan Allah Tritunggal, di notes Face Book saya. Tulisan ini kemudian menimbulkan “protes” dari pihak IR dan kawan-kawan. Untuk mengetahui kesesatan IR yang lain, berikut ini saya memberikan kutipan perdebatan antara saya Albert Rumampuk (disingkat AR) dengan IR:  

IR:  Lah, doktrin tritunggal bukannya memang doktrin yang lahir belakangan di abad keempat dan kelima, dan tidak ada dasarnya di Alkitab? Lah bukankah kekristenan Yahudi (yang dilabelkan Rasul Paulus sebagai "injil lain") lebih tua dan lebih dekat kepada Yesus dari Nazaret) ketimbang kekristenan helenistik Rasul Paulus? Lah bukankah kekristenan alternatif di luar ortodoksi juga berhak hidup? Lah, bukankah surga dan neraka tidak ada beneren, dan cuma ada dalam khayalan orang beragama? Salam

AR:  Siapa bilang doktrin "Tritunggal" tak ada di Alkitab? Memang kata "Tritunggal" tak ada, tapi ajaran mengenai hal itu, sangat jelas. Mengenai "Kekristenan Yahudi", apa anda pikir karena itu lebih tua maka berarti Paulus telah salah? Anda pikir Paulus itu siapa? Dia adalah penulis Kitab Suci yang diilhamkan oleh Roh Kudus. Jadi, tulisan2nya, jelas benar secara mutlak! Lalu mengenai sorga dan neraka yang menurut anda tidak ada, saya persilahkan anda beri dasar ajaran anda itu berdasar pada Alkitab. Tunjukkan ayat mana yang ngomong seperti itu. Jika ada ayatnya, saya akan ikut ajaran sesat anda itu.

IR:  Saya sedang menulis sbh buku yang kalau terbit nanti (Juni 2010) akan berjudul Doktrin Tritunggal Mengambang. Tunggu saja. Ilham roh kudus itu hanya ada dalam doktrin, dalam fakta kehidupan otak manusialah yang berpikir, entah pemikirannya bagus ataupun pemikirannya buruk. Coba kalau otak anda lepaskan dari kepala anda, apa anda bisa merasakan pimpinan Roh Kudus? Ttg surga dan neraka. Coba kalau otak kita copot dari kepala, apa kita masih bisa merasakan nikmat surga dan sengsara neraka? Nah, apa sesudah kematian otak masih orang bawa-bawa sementara orang sudah tidak bertubuh lagi? Beragama karena iming-iming surga atau karena ketakutan pada neraka adalah beragama pada level kanak-kanak di sekolah minggu. Beragama pada peringkat dewasa dan matang, tidak memerlukan ide ttg surga dan neraka. Salam
.
AR:  Ioanes: Saya sedang menulis sbh buku yang kalau terbit nanti (Juni 2010) akan berjudul Doktrin Tritunggal Mengambang. Tunggu saja.

Albert: Mengapa harus menunggu, coba anda jelaskan sj disini.

Ioanes: Ilham roh kudus itu hanya ada dalam doktrin, dalam fakta kehidupan otak manusialah yang berpikir, entah pemikirannya bagus ataupun pemikirannya buruk. Coba kalau otak anda lepaskan dari kepala anda, apa anda bisa merasakan pimpinan Roh Kudus?
 
Albert: Ya, anda memang harus ngomong seperti itu, karena anda orang yang tak percaya pada "kemahakuasaan" Tuhan. Anda pikir anda siapa? lebih hebat dari Allah karena sudah menggunakan otak anda? Memangnya otak yang anda punyai itu pemberian dari nenek moyang anda???

Ioanes: Ttg surga dan neraka. Coba kalau otak kita copot dari kepala, apa kita masih bisa merasakan nikmat surga dan sengsara neraka? Nah, apa sesudah kematian otak masih orang bawa-bawa sementara orang sudah tidak bertubuh lagi? Beragama karena iming-iming surga atau karena ketakutan pada neraka adalah beragama pada level kanak-kanak di sekolah minggu. Beragama pada peringkat dewasa dan matang, tidak memerlukan ide ttg surga dan neraka. Salam

Albert: Anda hanya ngoceh ndak karuan! Omongan TANPA dasar Kitab Suci = OMONG GEDE alias NOL GEDE!

IR:  Ya, Mas RUMAMPUK, maaf ya, kata-kata anda cepat sekali berubah jadi kasar dan barbar. Sy jadi tidak yakin orang semacam anda ini sudah dibarui roh kudus. Bagi saya, sumber mencari dan menemukan kebenaran ada banyak, Alkitab salah satunya saja bahkan sumber yang kurang penting. Bagi saya, ada sekian sumber berwibawa dalam menemukan kebenaran: akal budi, sains, hukum-hukum alam, pengalaman masa kini dan masa lampau, ideologi-ideologi dunia, hukum nasional dan hukum internasional, alkitab dan kitab-kitab suci lain. Ya, jelas kita tidak bisa bertemu sebab anda adalah seorang penyembah kitab suci, sedangkan saya seorang kritikus kitab suci. Salam ya, dan semoga anda dikarunia kedamaian oleh roh kudus anda.

AR:  Ioanes: Ya, Mas RUMAMPUK, maaf ya, kata-kata anda cepat sekali berubah jadi kasar dan barbar. Sy jadi tidak yakin orang semacam anda ini sudah dibarui roh kudus.

Albert: Tunjukkan mana kata2 saya yang "barbar" itu? Lalu apakah hanya lewat tulisan saja, anda bisa menilai seseorang "barbar"???

Ioanes: Bagi saya, sumber mencari dan menemukan kebenaran ada banyak, Alkitab salah satunya saja bahkan sumber yang kurang penting.

Albert: Ya, ini merupakan salah satu ajaran sesat anda berikutnya: "Alkitab merupakan salah satu sumber kebenaran yang kurang penting". Saya yakin anda memang bukan Kristen!!!

Ioanes: Bagi saya, ada sekian sumber berwibawa dalam menemukan kebenaran: akal ... Lihat Selengkapnyabudi, sains, hukum-hukum alam, pengalaman masa kini dan masa lampau, ideologi-ideologi dunia, hukum nasional dan hukum internasional, alkitab dan kitab-kitab suci lain.

Albert: Akal budi, pengalaman, ideologi, dsb, kalau bertentangan dengan Alkitab, HARUS DITOLAK! Bagi saya Alkitab adalah satu-satunya dasar, BUKAN pada kitab suci yang lain.

Ioanes: Ya, jelas kita tidak bisa bertemu sebab anda adalah seorang penyembah kitab suci, sedangkan saya seorang kritikus kitab suci. Salam ya, dan semoga anda dikarunia kedamaian oleh roh kudus anda.

Albert: Apa dasarnya anda mengatakan saya "penyembah Kitab Suci" ??? Sekalipun Alkitab adalah kata-kata Allah, saya tidak pernah menyembahnya. Yang saya sembah adalah pribadi Allah itu sendiri!

IR: Kata siapa bhw Alkitab adalah alat pengukur semua kebenaran? Ya tentu kata doktrin sekolah teologi anda dan kata suhu anda yang anda muliakan dan setarakan dengan allah sendiri. betul 'kan? Lah, kalau orang memperlakukan alkitab sebagai satu-satunya kitab suci yang tidak bisa salah (inerrant, infallible), bukankah orang ini (anda!) telah memberi  status ilahi kepada sebuah kitab buatan manusia? Memperilah alkitab kan sama dengan menyembah alkitab. Andalah seorang bibliolatris yang bisa menjadi seorang teroris Kristen karena mengikuti teladan allah anda dalam alkitab. Sama seperti seorang jihadis menjadi teroris karena memperilah kitab sucinya. Salam

AR: 
Ioanes: Kata siapa bhw Alkitab adalah alat pengukur semua kebenaran? Ya tentu kata doktrin sekolah teologi anda dan kata suhu anda yang anda muliakan dan setarakan dengan allah sendiri. betul 'kan?

Albert: Orang Kristen yang benar, harus percaya pada Alkitab sebagai satu-satunya kebenaran. Mengapa? Karena Yesus adalah satu-satunya kebenaran (Yoh 14:6). Saya tidak pernah menjadikan "suhu" saya sebagai yang dimuliakan dan setara dengan allah. Ioanes, anda sudah MEMFITNAH saya!

Ioanes: Lah, kalau orang memperlakukan alkitab sebagai satu-satunya kitab suci yang tidak bisa salah (inerrant, infallible), bukankah orang ini (anda!) telah memberi status ilahi kepada sebuah kitab buatan manusia?

Albert: Alkitab memang ditulis oleh manusia, tapi mereka diilhamkan oleh Roh Kudus, mereka sepenuhnya berada dibawah penguasaan Roh Kudus, jadi, apa yang mereka tuliskan benar secara mutlak.

Ioanes: Memperilah alkitab kan sama dengan menyembah alkitab. Andalah seorang bibliolatris yang bisa menjadi seorang teroris Kristen karena mengikuti teladan allah anda dalam alkitab. Sama seperti seorang jihadis menjadi teroris karena memperilah kitab sucinya. Salam

Albert: Saya tidak pernah menjadikan Alkitab sebagai "Allah" apalagi menyembahnya. Ioanes, saya melihat anda tidak punya "otak" karena sudah asal menuduh saya dengan sembrono!

IR:  Wah, kebisaan anda hanya mengulang-ulang satu frasa sakti bak mantra ajaib: ALKITAB TIDAK BISA SALAH! Modal anda cuma frasa ini doang. Sy tidak belajar apapun dari anda. Apapun yang sy katakan, anda akan tangkis dengan frasa yang sama: ALKITAB TIDAK BISA SALAH! Karena kita tidak bisa saling belajar, rasanya tidak ada gunanya anda menjadi seorang friend di akun FB saya ini.

Wah, anda rupanya selama ini hidup HANYA DALAM TEMPURUNG KOMUNITAS ANDA sehingga anda tidak tahu dan tidak belajar bahwa sang Buddha Gautama adalah juru selamat satu-satunya bagi orang Buddhis, bahwa KRISNA adalah juru selamat satu-satunya bagi orang Hindu, bahwa MUHAMMAD adalah nabi terakhir penunjuk ke jalan keselamatan bagi orang Islam. Dst. Bagi anda, di dalam dunia ini hanya ada SATU SUNGAI atau hanya ada SATU JALAN TOL. Bagi saya, jika dunia keadaannya demikian, kehidupan manusia dalam dunia ini tidak akan jalan. Jadi, saya usulkan kembalilah anda ke jalan akal sehat.

Oh ya, sy sedang mempertimbangkan untuk men-delete anda dari friends FB saya karena saya lihat tidak ada manfaatnya berdiskusi dengan orang seperti anda yang sudah tidak mau memakai akal budinya lagi. Saya sibuk sekali untuk bisa melayani orang seperti anda. Maafkan saya ya. Salam

AR:  Ioanes: Wah, kebisaan anda hanya mengulang-ulang satu frasa sakti bak mantra ajaib: ALKITAB TIDAK BISA SALAH! Modal anda cuma frasa ini doang. Sy tidak belajar apapun dari anda. Apapun yang sy katakan, anda akan tangkis dengan frasa yang sama: ALKITAB TIDAK BISA SALAH! Karena kita tidak bisa saling belajar,

Albert: Diatas sudah saya katakan Yesus adalah SATU-SATUNYA kebenaran (Yoh 14:6). Alkitab adalah Firman Tuhan ('Yesus'), jadi Alkitab jelas TIDAK BISA SALAH!

Ioanes: rasanya tidak ada gunanya anda menjadi seorang friend di akun FB saya ini.

Albert: Tidak berguna atau takut ketahuan kesesatannya???

Ioanes: Wah, anda rupanya selama ini hidup HANYA DALAM TEMPURUNG KOMUNITAS ANDA sehingga anda tidak tahu dan tidak belajar bahwa sang Buddha Gautama adalah juru selamat satu-satunya bagi orang Buddhis, bahwa KRISNA adalah juru selamat satu-satunya bagi orang Hindu, bahwa MUHAMMAD adalah nabi terakhir penunjuk ke jalan keselamatan bagi orang Islam. Dst. Bagi anda, di dalam dunia ini hanya ada SATU SUNGAI atau hanya ada SATU JALAN TOL. Bagi saya, jika dunia keadaannya demikian, kehidupan manusia dalam dunia ini tidak akan jalan. Jadi, saya usulkan kembalilah anda ke jalan akal sehat.

Albert: Yesus Kristus adalah SATU-SATUNYA JALAN (Yoh 14:6)! Tidak ada jalan lain, tidak ada orang lain yang bisa membawa kita ke surga selain HARUS lewat Yesus!

Ioanes: Oh ya, sy sedang mempertimbangkan untuk men-delete anda dari friends FB saya karena saya lihat tidak ada manfaatnya berdiskusi dengan orang seperti anda yang sudah tidak mau memakai akal budinya lagi. Saya sibuk sekali untuk bisa melayani orang seperti anda. Maafkan saya ya. Salam

Albert: Hahaha...... Silahkan di delete! Sudah kapok karena kesesatan anda sudah terbongkar??? Dengan pemahaman anda yang kacau balau seperti itu, saya yakin secara mutlak, anda memang bukan seorang Kristen! Anda tidak pantas mengajar di sekolah Teologi Kristen! Silahkan saja buka sekolah baru dimana anda sebagai pimpinan/ rektornya, dan jangan gunakan Alkitab sebagai dasarnya, jika hanya ingin memutarbalikannya!!!

IR: 
Woow, Mas ALBERT ini memang sudah terkena delusi kalimat sakti "ALKITAB TIDAK BISA SALAH", dan memakai kalimat sakti ini untuk mengklaim diri PALING KRISTEN. Selamat berdelusi, MAS ALBERT. Sy makin yakin anda tidak bisa cocok jadi seorang friend di FB saya. Bye.

AR: 
Alkitab pada naskah aslinya (Autograph) memang TIDAK SALAH! Tetapi terjemahannya memang bisa salah. Anda mau berpatokan pada terjemahannya yang bisa salah? Saya tidak menganggap sebagai yang paling Kristen, tetapi yang tak percaya pada Alkitab sebagai satu-satunya kebenaran, dia BUKAN Kristen!

Jika anda tak ingin berteman dengan saya, silahkan saja.... Saya tak pernah memaksakan orang untuk berteman. EGP.
-------------------------

Dari diskusi saya dengan pak Ioanes Rakhmat ini, saya mendapatkan beberapa ajaran sesatnya yang lain:

  1. Dia menolak doktrin Tritunggal
  2. Menolak eksistensi dari surga dan neraka
  3. Tidak percaya pada “pengilhaman Roh Kudus” kepada para penulis Alkitab
  4. Mengklaim bahwa Alkitab hanyalah salah satu sumber kebenaran yang kurang penting
  5. Yesus Kristus bukan satu-satunya jalan keselamatan

5 point ajarannya ini, jelas merupakan AJARAN SESAT! Mengapa? Karena kelima hal yang ditolaknya itu, merupakan ajaran Alkitab. Menolak hal ini, sama dengan menolak Kitab Suci! Menolak Kitab Suci sama dengan menolak Allah itu sendiri! Lalu dari mana dia dengan sesumbarnya mengatakan akan menghancurkan doktrin Soteriologi Kristen yang jelas merupakan ajaran Alkitab? Sungguh aneh bin ajaib!

Yang parahnya lagi, ketika saya mempertahankan ajaran yang benar (sesuai dengan Kitab Suci), Dr. Ioanes Rakhmat lalu mengklaim bahwa saya (Albert Rumampuk) telah mempermuliakan dan menyetarakan ‘suhu’ saya (mungkin Pdt. Budi Asali) dengan allah, bahkan dia menuduh saya telah memperilah / menyembah Alkitab. Saya tidak habis pikir, bagaimana jalan pikiran Doktor ini? Apakah dia tidak bisa menganalisa/mencermati dengan seksama setiap kata-kata yang telah saya tuliskan itu?  Lalu dari mana dia bisa mengambil kesimpulan yang sembrono seperti itu? Benar-benar Doktor kampungan!

Dr. Ioanes Rakhnat yang saya kasihi, diakhir tulisan ini, saya ingin mengutip sebuah kalimat dari Pdt. Mangapul Sagala: “Saya jadi kasihan melihat IR. Yang benar, bukan dia yang menghancurkan ajaran itu. Tapi dia sedang menghancurkan dirinya sendiri.”

Kesimpulan

Dari keseluruhan ajaran yang sudah di kemukakan oleh Dr. Ioanes Rakhmat, saya dapat menyimpulkan bahwa orang ini adalah BIDAT!

pinokio's picture

@Adrina koq judulnya pakai tanda tanya ?

Setiap manusia dihakimi oleh perkataannya sendiri

__________________

Setiap manusia dihakimi oleh perkataannya sendiri

Adrina's picture

@Pinokio

Pake tanda tanya karena saya ingin mengetahui pendapat saudara sekalian di SS ini.

Perkataan / Klaim BIDAT saya pada Dr. Ioanes Rakhmat itu memang benar. Saya bisa mempertanggung jawabkannya.

pinokio's picture

OK

Pake tanda tanya karena saya ingin mengetahui pendapat saudara sekalian di SS ini.

OK-lah kalau begitu

Perkataan / Klaim BIDAT saya pada Dr. Ioanes Rakhmat itu memang benar. Saya bisa mempertanggung jawabkannya.

nah kalau yg ini gue gak ikutan. biar yg namanya ada di-tag blog ini yang ikutan cek n ricek

 

 

Setiap manusia dihakimi oleh perkataannya sendiri

__________________

Setiap manusia dihakimi oleh perkataannya sendiri

rogermixtin09's picture

@Adrina

Salam Adrina

IR:  Lah, doktrin tritunggal bukannya memang doktrin yang lahir belakangan di abad keempat dan kelima, dan tidak ada dasarnya di Alkitab? Lah bukankah kekristenan Yahudi (yang dilabelkan Rasul Paulus sebagai "injil lain") lebih tua dan lebih dekat kepada Yesus dari Nazaret) ketimbang kekristenan helenistik Rasul Paulus? Lah bukankah kekristenan alternatif di luar ortodoksi juga berhak hidup? Lah, bukankah surga dan neraka tidak ada beneren, dan cuma ada dalam khayalan orang beragama? Salam

Yang ini saya benar-benar bingung.............!!!!!??????

Tuhan Yesus memberkati

Adrina's picture

@rogermixtin, saya juga bingung

Saya juga bingung pada orang ini. Dia bergelar Dr, bahkan dosen teologia. Tapi kok, bisa-bisanya mengatakan seperti itu. Padahal Alkitab sangat jelas mengajarkan tentang konsep Tritunggal, surga dan neraka.

rogermixtin09's picture

@Adrina.

Salam Adrina

Saya kira perlu diluruskan bahwa yang dihakimi suhu hai-hai hanyalah kalimat dibawah ini:

“Buku ini (disingkat: MSS) dengan kuat berisi penolakan bulat saya terhadap ajaran utama Kristen tentang keselamatan (=soteriologi) bahwa kematian Yesus di kayu salib menebus orang dari semua dosanya dan menjamin orang yang percaya pada doktrin ini masuk surga. Saya menunjukkan kelemahan-kelemahan fatal doktrin ini dan menghancurkannya; dan saya menyatakan bahwa saya sudah tidak mempercayai soteriologi ini, tetapi, sebaliknya, saya masih bisa hidup sebagai orang Kristen dengan menerima soteriologi- soteriologi alternatif.”

Jadi menurut saya suhu Hai-hai tidak salah.

mengenai isi bukunya sendiri suhu Hai-hai tidak menyinggunya,itu adalah soal lain lagi.

trims

Tuhan Yesus memberkati

Adrina's picture

@Roger, Hai hai salah.

Jadi menurut saya suhu Hai-hai tidak salah.

mengenai isi bukunya sendiri suhu Hai-hai tidak menyinggunya,itu adalah soal lain lagi.

Tidak salah gimana? Kalimat Ioanes yang anda kutip diatas, jelas merupakan isi buku tersebut. Hai hai salah, karena menuduh Pdt. Mangapul sebagai YAK-YAK-O, padahal Pak Mangapul memberi tanggapan yang benar.

 

 

rogermixtin09's picture

@adrina

Salam Adrina

Suhu Hai-hai menulis

Pdt. Ioanes Rakhmat menerbitkan buku barunya yang berjudul: Membedah Soteriologi Salib: Sebuah Pergulatan Orang Dalam. Pada kesempatan ini kita sama sekali tidak akan membahas isi buku tersebut karena yang akan kita bahas hanya satu paragraf dari emailnya.

 

Selain paragraf tesebut di atas, yang lainnya adalah urusan rumah tangga Gereja Kristen Indonesia (GKI). Biarlah urusan rumah tangga GKI di selesaikan oleh GKI sendiri sesuai dengan Tata Gereja Dan Tata Laksana Gereja Kristen Indonesia. Kita akan menghakimi paragraf tersebut di atas.

 

Adrina bukankah yang dibahas hanya satu paragraf dari e-mailnya,bukan isi bukunya.

 

Trims.

 

Tuhan Yesus memberkati

Adrina's picture

@roger,

Adrina bukankah yang dibahas hanya satu paragraf dari e-mailnya,bukan isi bukunya.

Anda benar, tapi satu paragraf itu, juga adalah isi bukunya. Ketika Hai hai katakan Pdt Mangapul YAK-YAK-O, bukankah justru dia yang YAK-YAK-O? Mengapa? Karena Pdt Mangapul memberi tanggapan yang benar / sesuai dengan konteks yang ada.

hai hai's picture

@ Adrina, BERTOBATLAH!

IR, menolak secara BULAT ajaran utama Kristen tentang keselamatan (=soteriologi) bahwa kematian Yesus di kayu salib menebus orang dari semua dosanya.

Saudara sekalian, ada begitu banyak ayat Kitab Suci yang menjelaskan tentang hal ini. Kematian Kristus di atas kayu salib adalah untuk menebus manusia dari dosanya. Rasul Paulus dengan tegas mengatakan bahwa doktrin ini merupakan ajaran yang sangat penting dan sesuai dengan Kitab Suci! Mereka yang percaya / menerima hal ini, akan diselamatkan!

Adrina BERTOBATLAH! JANGAN ajarkan ajaran SESAT di sini!

Ketika manusia BERDOSA, dia BERHUTANG kepada Allah. Dia HARUS dihukum olah Allah. Ketika Yesus mati, Dia MENGGANTIKAN manusia. Itu artinya YEsus MENEBUS manusia dari Allah.

Yesus mati untuk menebus manusia dari DOSA-DOSANYA?

Ho ho ho ho ho ... Benar-benar ajaran SESAT dari Adrina SI SOK TAHU!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Adrina's picture

@ Hai hai, Bertobat dari Espanyole?

Adrina BERTOBATLAH! JANGAN ajarkan ajaran SESAT di sini!

Ketika manusia BERDOSA, dia BERHUTANG kepada Allah. Dia HARUS dihukum olah Allah. Ketika Yesus mati, Dia MENGGANTIKAN manusia. Itu artinya YEsus MENEBUS manusia dari Allah.

Yesus mati untuk menebus manusia dari DOSA-DOSANYA?

Ho ho ho ho ho ... Benar-benar ajaran SESAT dari Adrina SI SOK TAHU!

 

Baiklah Bengcu si Bugil, saya akan beri anda ayatnya:

1Pe 1:18-19 “Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.”

Ayat ini menjelaskan bahwa Kristus menebus manusia dari DOSANYA! Anda mau apakan ayat ini? Masih mau menyangkalnya???

Siapa yang SESAT dan SOK TAHU? Anda atau saya???

Anda menganjurkan saya bertobat? Bertobat dari Espanyole?

hai hai's picture

@Adrina, MENEBUS VS MEMBEBASKAN

Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, 1 Petrus 1:18

yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan s  dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik. Titus 2:14

Padahal kami dahulu mengharapkan, bahwa Dialah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel. Tetapi sementara itu telah lewat tiga hari, sejak semuanya itu terjadi. Lukas 24:21

Kata Yunani LUTROO hanya digunakan TIGA kali di dalam Perjanjian Baru; di dalam ketiga ayat tersebut di atas. DUA kali diterjemahkan sebagai MEMBEBASKAN dan SATU kali diterjemahkan sebagi MENEBUS. Mana yang lebih tepat? MEMBEBASKAN atau MENEBUS? Tentu saja membebaskan karena untuk kata MENEBUS ada kata yang lebih tepat.

MENEBUS harus BAYAR! MEMBEBASKAN harus PUNYA kuasa! Yesus Kristus MENEBUS manusia dari Allah namun Dia MEMBEBASKAN manusia dari dirinya sendiri.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Adrina's picture

@Hai hai, Emangnya ELOE siapa???

Kata Yunani LUTROO hanya digunakan TIGA kali di dalam Perjanjian Baru; di dalam ketiga ayat tersebut di atas. DUA kali diterjemahkan sebagai MEMBEBASKAN dan SATU kali diterjemahkan sebagi MENEBUS. Mana yang lebih tepat? MEMBEBASKAN atau MENEBUS? Tentu saja membebaskan karena untuk kata MENEBUS ada kata yang lebih tepat.

Gimana dengan kata "MEMPERDAMAIKAN" apa juga SALAH? Anda merasa lebih HEBAT dari para penerjemah Alkitab, sehingga mengatakan kata "MENEBUS" kurang tepat / salah??? Emangnya ELOE SIAPA? Anda mau saya beri ayat-ayat yang lainnya??? 

MENEBUS harus BAYAR! MEMBEBASKAN harus PUNYA kuasa! Yesus Kristus MENEBUS manusia dari Allah namun Dia MEMBEBASKAN manusia dari dirinya sendiri.

Hai hai, gimana kalau Yesus tidak MENEBUS anda dari DOSA-DOSAMU yang sangat banyak itu? Apa anda yakin, akan masuk surga???

hai hai's picture

Adrina, BODOH VS BEBAL

Adrina alias Albert, orang bodoh makin belajar makin pinter. Hal itu terjadi karena mereka mau diajar. Orang BEBAL makin belajar makin BODOH. Hal itu terjadi karena semakin belajar mereka makin kurang ajar.

Ketika manusia berdosa, dia BERSALAH kepada Allah.

Anda boleh menyangkal hal itu sampai kuda gigit JARI. Namun, makin disangkal, makin bebal.

Yang MENGHAKIMI manusia adalah Allah.

Yang MENGHUKUM manusia adalah Allah.

Yang MENEBUS manusia adalah Yesus Kristus.

Dari SIAPA Yesus menebusnya? dari Allah.

apakah dosa-dosa MENGAKIMI manusia? TIDAK!

Apakah dosa-dosa MENGHUKUM manusia? TIDAK!

Apakah cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu, MENGAKIMI manusia? TIDAK!

Apakah cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu, MENGHUKUM manusia? TIDAK!

Nah, Adrina, saya sudah menjelaskannya dengan GAMBLANG. Bila anda dan Pniel mau BEBAL terus menerus SILAHKAN.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Adrina's picture

@Hai hai, sungguh mengenaskan!

Bengcu yang terhormat, perhatikan ayat-ayat berikut ini:

1Pe 1:18-19 “Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.”

Kata “ditebus” berasal dari kata Yunani:   lutroo?

Matius 20:28 : “Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang”

Kata “tebusan” berasal dari kata Yunani: lutron

Mar 10:45  Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."

Kata “tebusan” berasal dari kata Yunani: lutron

Hai hai BERKOTEK: "Kata Yunani LUTROO hanya digunakan TIGA kali di dalam Perjanjian Baru; di dalam ketiga ayat tersebut di atas. DUA kali diterjemahkan sebagai MEMBEBASKAN dan SATU kali diterjemahkan sebagi MENEBUS. Mana yang lebih tepat? MEMBEBASKAN atau MENEBUS? Tentu saja membebaskan karena untuk kata MENEBUS ada kata yang lebih tepat."

Adrina: Cuma satu kali nenek moyangmu??? Anda benar-benar PARAH! Sudah ketahuan kesalahannya, tapi tetap saja BERTERIAK Adrina SESAT, sok tahu, bebal, dsb. Sungguh MENGENASKAN!!!

 

hai hai's picture

@Adrina, Makin Belajar Makin TOLOL

Adrina, anda adalah BUKTI kebenaran ucapan saya:

Adrina alias Albert, orang bodoh makin belajar makin pinter. Hal itu terjadi karena mereka mau diajar. Orang BEBAL makin belajar makin BODOH. Hal itu terjadi karena semakin belajar mereka makin kurang ajar.

Hai hai BERKOTEK: "Kata Yunani LUTROO hanya digunakan TIGA kali di dalam Perjanjian Baru; di dalam ketiga ayat tersebut di atas. DUA kali diterjemahkan sebagai MEMBEBASKAN dan SATU kali diterjemahkan sebagi MENEBUS. Mana yang lebih tepat? MEMBEBASKAN atau MENEBUS? Tentu saja membebaskan karena untuk kata MENEBUS ada kata yang lebih tepat."

Adrina: Cuma satu kali nenek moyangmu??? Anda benar-benar PARAH! Sudah ketahuan kesalahannya, tapi tetap saja BERTERIAK Adrina SESAT, sok tahu, bebal, dsb. Sungguh MENGENASKAN!!!

Adrina, Anda benar-benar TOLOL karena YAKIN bahwa LUTROO adalah LUTRON.

LUTRON  = Kata benda; Lutron = TEBUSAN

1) the price for redeeming, ransom
1a) paid for slaves, captives
1b) for the ransom of life
2) to liberate many from misery and the penalty of their sins

LUTROO = kata kerja; LUTROO = kamu telah ditebus 1, membebaskan 1, untuk membebaskan 1

1) to release on receipt of ransom
2) to redeem, liberate by payment of ransom
2a) to liberate
2b) to cause to be released to one's self by payment of a ransom
2c) to redeem
2d) to deliver: from evils of every kind, internal and external

Adrina, anda tahu kata Lutron hanya digunakan dua kali dalam Perjanjian baru yaitu di dalam kedua ayat yang anda kutip?

Adrina TOLOL, jangan BEBAL. LUTROO bukan LUTRON. Hanya orang-orang TOLOL dan BEBAL seperti anda yang NEKAD mengajarkan LUTRON = LUTROO.

Adrina, anda bukan hanya mengenaskan namun benar-benar TOLOL.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Adrina's picture

@Hai hai, TEK KOTEK, ayam BERKOTEK

Hai hai: Adrina TOLOL, jangan BEBAL. LUTROO bukan LUTRON. Hanya orang-orang TOLOL dan BEBAL seperti anda yang NEKAD mengajarkan LUTRON = LUTROO.

Adrina:

Bengcu, jangan mengalihkan substansi /  inti masalahnya! Sekarang saya Tanya, apa bedanya TEBUSAN dengan DITEBUS? Yesus MENEBUS manusia, apakah berarti manusia tidak DITEBUS? Yesus MENGGANTIKAN manusia dalam memikul hukuman dosa, lalu apakah manusia tidak TERGANTIKAN? Yesus MEMBAYAR hukuman dosa manusia, lalu apakah manusia tidak TERBAYARKAN?

LUTRON dan LUTROO, sekalipun dua kata itu berbeda secara huruf, tetapi SUBSTANSINYA tetap saja sama.

Kata LUTROO dalam 1 Petrus 1:18, oleh LAI diterjemahkan DITEBUS, namun kata LUTROO dalam Titus 2:14 dan Lukas 24:21, oleh LAI diterjemahkan MEMBEBASKAN. Lalu, apakah  anda pikir DITEBUS dengan MEMBEBASKAN itu berbeda? Kristus menebus manusia dari dosanya, apakah berarti manusia tidak terbebaskan dari dosa???   

Ada satu lagi kata Yunani: EXAGORAZO, kata ini diterjemahkan TEBUSAN atau MENEBUS. Secara huruf, kata itu memang berbeda dengan kata LUTRON dan LUTROO. Tetapi apakah INTI persoalan yang dimaksudkan oleh ketiga kata itu berbeda? Tentu tidak! Mengapa? Karena ketiga kata itu sebetulnya membahas hal yang SAMA!


Gimana Beng, masih mau BERKOTEK?   

hai hai's picture

@Adrina, Bagi Orang Bebal

LUTRON dan LUTROO, sekalipun dua kata itu berbeda secara huruf, tetapi SUBSTANSINYA tetap saja sama.

Bagi orang BEBAL seperti anda memang tidak ada perbedaan antara LUTROO dan LUTRON. Namun bagi orang-orang bijaksana, tentu saja substansinya berbeda, itu sebabnya dikatakan, LUTRON adalah kata BENDA sementara LUTROO adalah kata kerja.

Saya kutip kembali apa yang telah saya tulis:

Ketika manusia berdosa, dia BERSALAH kepada Allah.

Anda boleh menyangkal hal itu sampai kuda gigit JARI. Namun, makin disangkal, makin bebal.

Yang MENGHAKIMI manusia adalah Allah.

Yang MENGHUKUM manusia adalah Allah.

Yang MENEBUS manusia adalah Yesus Kristus.

Dari SIAPA Yesus menebusnya? dari Allah.

apakah dosa-dosa MENGAKIMI manusia? TIDAK!

Apakah dosa-dosa MENGHUKUM manusia? TIDAK!

Apakah cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu, MENGAKIMI manusia? TIDAK!

Apakah cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu, MENGHUKUM manusia? TIDAK!

Nah, Adrina, saya sudah menjelaskannya dengan GAMBLANG. Bila anda dan Pniel mau BEBAL terus menerus SILAHKAN.

Adrina, hanya orang-orang TOLOL seperti anda yang dengan GOBLOKNYA mengajarkan bahwa Yesus TIDAK menebus manusia dari Allah karena Dia menebus manusia dari dosa-dosanya.  Hanya orang yang benar-benar BEBAL seperti anda yang mengajarkan bahwa Yesus TIDAK menebus manusia dari Allah karena Dia menebus manusia dari  cara hidupnya yang sia-sia yang diwarisi dari nenek moyangnya.

Anda kembali mengingatkan saya akan kambing bandot yang ASAL nyeruduk dan merasa MENANG karena NYERUDUK TERUS.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Adrina's picture

@Hai hai, Masih mau menyangkal?

Bagi orang BEBAL seperti anda memang tidak ada perbedaan antara LUTROO dan LUTRON. Namun bagi orang-orang bijaksana, tentu saja substansinya berbeda, itu sebabnya dikatakan, LUTRON adalah kata BENDA sementara LUTROO adalah kata kerja.

Sekalipun LUTRON adalah kata benda dan LUTROO adalah kata kerja, tapi apakah MAKNA yang terkandung dalam dua kata itu berbeda? Yesus MENEBUS manusia, apakah berarti manusia tidak DITEBUS?

Apakah  anda pikir DITEBUS dengan MEMBEBASKAN itu berbeda? Kristus menebus manusia dari dosanya, apakah berarti manusia tidak terbebaskan dari dosa???  

Masihmau berkotek lagi? Sungguh menggelikan!

Adrina, hanya orang-orang TOLOL seperti anda yang dengan GOBLOKNYA mengajarkan bahwa Yesus TIDAK menebus manusia dari Allah karena Dia menebus manusia dari dosa-dosanya.  Hanya orang yang benar-benar BEBAL seperti anda yang mengajarkan bahwa Yesus TIDAK menebus manusia dari Allah karena Dia menebus manusia dari  cara hidupnya yang sia-sia yang diwarisi dari nenek moyangnya.


Baiklah Bengcu si Bugil, saya akan kembali beri anda ayatnya:

1Pe 1:18-19 “Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.”

Ayat ini menjelaskan bahwa Kristus menebus manusia dari DOSANYA! Anda mau apakan ayat ini? Masih mau menyangkalnya???

Anda mau katakan penulis surat Petrus ini sebagai orang  yang GOBLOK dan BEBAL??? Sungguh HEBAT!

Anda kembali mengingatkan saya akan kambing bandot yang ASAL nyeruduk dan merasa MENANG karena NYERUDUK TERUS.

Siapa yang KAMBING BANDOT??? hahaha.... Kachian de loe!

hai hai's picture

@Adrina, Silahkan TOLOL Sampai Tua

Adrina, ini terakhir kali saya membalas komentar anda. Bila anda tidak mau bertobat juga, peduli setan.

Ketika manusia berdosa, dia BERSALAH kepada Allah. Karena bersalah, manusia HARUS dihukum oleh Allah. Yesus Kristus MENEBUS manusia dari Allah. TEBUSANNYA adalah diri-Nya sendiri. Artinya Yesus mati MENGGANTIKAN manusia.

Bila anda menentang kebenaran demikian, itu berarti anda orang Kristen paling GOBLOK yang pernah saya temui. Namun, Peduli setan bila anda memang orang demikian.

1Pe 1:18-19 “Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.”

 

Kata DITEBUS dalam ayat tersebut di atas diterjemahkan dari kata LUTROO, kata KERJA, artinya MEMBEBASKAN.

Bagaiman CARA Tuhan Yesus membebaskan manusia dari CARA hidup lamanya? Caranya adalah manusia itu DILAHIRKAN dalam Roh Kudus. Roh Kudus adalah Roh Allah. Agar bisa dilahirkan oleh Roh Kudus, harus DIPERDAMAIKAN dulu dengan Allah. Agar berdamai dengan Allah, HARUS bayar HUTANG dulu. Yesus adalah TEBUSAN yang digunakan untuk MENEBUS manusia dari Allah.

Adrina, Silahkan TOLOL Sampai Tua.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Adrina's picture

@Hai hai, sudah KEOK?

Adrina, ini terakhir kali saya membalas komentar anda. Bila anda tidak mau bertobat juga, peduli setan.

Kenapa Hai? Sudah KEOK?

Ketika manusia berdosa, dia BERSALAH kepada Allah. Karena bersalah, manusia HARUS dihukum oleh Allah. Yesus Kristus MENEBUS manusia dari Allah. TEBUSANNYA adalah diri-Nya sendiri. Artinya Yesus mati MENGGANTIKAN manusia.

Yesus menebus 'manusia'. Saya tanya: apanya manusia yang ditebus? Dosanya atau kebaikannya, atau apa?

Bila anda menentang kebenaran demikian, itu berarti anda orang Kristen paling GOBLOK yang pernah saya temui. Namun, Peduli setan bila anda memang orang demikian.

Sudahlah, coba anda lihat ayat ini lagi:

1Pe 1:18-19 “Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.”

Sudah kelewat jelas khan?

Kata DITEBUS dalam ayat tersebut di atas diterjemahkan dari kata LUTROO, kata KERJA, artinya MEMBEBASKAN.

Oh begitu ya? Ok, silahkan lihat apa jadinya ayat itu:

1Pe 1:18-19 “Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus (membebaskan) dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.”

Jadi manusia MEMBEBASKAN dirinya sendiri dari dosa dengan darah Yesus? Apa jadinya? Kacau balau khan???

Bagaiman CARA Tuhan Yesus membebaskan manusia dari CARA hidup lamanya? Caranya adalah manusia itu DILAHIRKAN dalam Roh Kudus. Roh Kudus adalah Roh Allah. Agar bisa dilahirkan oleh Roh Kudus, harus DIPERDAMAIKAN dulu dengan Allah. Agar berdamai dengan Allah, HARUS bayar HUTANG dulu. Yesus adalah TEBUSAN yang digunakan untuk MENEBUS manusia dari Allah.

Anda yakin Yesus telah MENEBUS dosamu yang banyak itu? Apa dasar keyakinanmu?

Adrina, Silahkan TOLOL Sampai Tua.

Terima kasih, bukankah anda yang TOLOL?

 

KEN's picture

All: Kelihatan ga apa yg dimaksud pak hai?

Kalo masih ga keliatan khususnya oleh Adrina, bener2 kelewatan tuh 'mata'.

Oe colok-colok ajalah lu punya mata Adlina haiyaaaa.... (clok! clok!) Hahahaha....

Adrina's picture

@KEN, Mata loe!

Kalo masih ga keliatan khususnya oleh Adrina, bener2 kelewatan tuh 'mata'.

Oe colok-colok ajalah lu punya mata Adlina haiyaaaa.... (clok! clok!) Hahahaha....

KEN, KEN, kenapa anda dari dulu sama melulu: selalu OMDO! Buka lebar-lebar mata loe, matamu sudah rabun ya karena tak bisa lihat ayatnya? Atau anda hanya ikut-ikutan si engkong Hai hai yang sok tau itu?

 

KEN's picture

Adrina: Pesan Darurat!

Adrina, Anda sedang membahayakan diri Anda sendiri, percayalah.

 

Kenapa?

 

Karna Anda sama sekali tidak mengupayakan diri untuk  membenah diri dalam hal:

1. Membaca tulisan-tulisan orang lain dengan teliti, detil dan saksama.

2. Betul-betul wajib memahami tulisan-tulisan orang lain.

 

 

Adrina, kita dipilih untuk diselamatkan oleh kematian Kristus! Bukannya percaya hal ini dan doktrin itu, lalu diselamatkan! Ketika Kristus menebus dosa manusia, manusia tetap berstatus berdosa sampai kapanpun di hadapan Allah! Tidak ada keselamatan dalam bentuk apapun, bila tidak adanya kerelaan kehendak dari pada Allah!

Adrina's picture

@KEN, hentikan ocehanmu

KEN yang suka OMDO, Kamu mendukung Hai hai bahwa kesimpulan saya tentang kematian Kristus untuk menebus manusia dari dosanya itu SESAT dan SOK TAHU. Saya sudah tunjukkan ayatnya dalam  1Pe 1:18-19. Apa yang dikatakan ayat itu SAMA dengan kesimpulan saya.

Tapi apa jawabanmu? HANYA OMDO dan ngoceh ndak karuan! Kapan mau bertobat dari OMDO???

sandman's picture

@Adrina Prikitiewww....

Saudara sekalian, ada begitu banyak ayat Kitab Suci yang menjelaskan tentang hal ini. Kematian Kristus di atas kayu salib adalah untuk menebus manusia dari dosanya.

Kok kesimpulannya berbeda dari rangkaian ayat yang anda berikan, sepertinya dalam ayat-ayat yang anda sajikan tidak tersurat ataupun tersirat, bahwa Yesus mati buat menebus manusia dari dosa.

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

hai hai's picture

@Sandman, Itu karena ...

Sandman  tentu saya and tidak melihatnya karena anda baru bisa melihatnya setelah MENAFSRIKANNYA dengan jurus TAFSIR 1001 mimpi.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Adrina's picture

@Sandman, Rabun juga

Kok kesimpulannya berbeda dari rangkaian ayat yang anda berikan, sepertinya dalam ayat-ayat yang anda sajikan tidak tersurat ataupun tersirat, bahwa Yesus mati buat menebus manusia dari dosa.

Hahaha... Ternyata si manusia pasir ikut-ikutan RABUN alias buta ya? Kachian deh loe! Masih mau mendukung engkong anda yang SOK TAU itu???

 

 

sandman's picture

@adrina red herring..

red herring nich ye.. :P

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Pniel's picture

Sandman,

Tak mau peduli pada argumentasi lawan, tetapi maunya hanya asal menyerang saja. Ini namanya membabi buta! Ketika ditegur, eh malah sok menggunakan istilah yang dia sendiri tdk tahu penggunaannya. Ini namanya mengenaskan!

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

sandman's picture

@Pniel Rima puisi

Upiel !!

Nyempil!!

Pniel!!

Angel!!

 

 

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Adrina's picture

@Sandman, Sudahlah....

Sandman, anda katakan kesimpulan yang saya berikan BERBEDA dari ayat2 yang saya tuliskan. Saya sudah buktikan bahwa kesimpulan dan ayat yang saya berikan sudah benar / cocok. Lalu apa jawaban anda??? Nol besar alias nonsense. Sudahlah Sand, mending anda mingkem aja ya.....

sandman's picture

@Adrina mingkem? elo aja urus mulut loe...

Adrina, apa yang saya katakan bukan tanpa alasan, karena saya lebih setuju kepada kematian Yesus memperdamaikan manusia dengan ALLAH daripada menebus manusia dari dosa. Jika perlua ayat saya akan sajikan disini, tanpa harus menafsir pake primbon 1001 haripun orang bodoh akan mengerti.

Sebab jikalau kita, ketika masih seteru,  diperdamaikan   dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya !

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Adrina's picture

@Sandman, masih mau pake primbon?

jadi anda tak setuju / MENOLAK ayat ini:

1Pe 1:18-19 “Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.”


Anda masih mau pake TAFSIR PRIMBON anda itu???

sandman's picture

@Adrina siapa yang pake primbon bodoh?

Loh bisakah anda jelaskan maksud ayat tersebut? disitu tidak tercatat jika Yesus mati untuk menbus manusia dari D O S A?  

coba check aja ayat saya, langsung bicara kepada perdamaian Allah dan manusia.

Saya tidak menulis menolak atau tidak setuju. Kacamata anda dipakai?

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Adrina's picture

@Sandman, Beli kacamata jo.....

Loh bisakah anda jelaskan maksud ayat tersebut? disitu tidak tercatat jika Yesus mati untuk menbus manusia dari D O S A? 

Tidak tercatat? Hahaha... Mungkin sudah saatnya anda beli KACAMATA. OK??? 

 

 

coba check aja ayat saya, langsung bicara kepada perdamaian Allah dan manusia.

Saya tidak menulis menolak atau tidak setuju. Kacamata anda dipakai?

Hahaha.... Mau menjilat muntahmu ini:

"Adrina, apa yang saya katakan bukan tanpa alasan, karena saya lebih setuju kepada kematian Yesus memperdamaikan manusia dengan ALLAH daripada menebus manusia dari dosa. Jika perlua ayat saya akan sajikan disini, tanpa harus menafsir pake primbon 1001 haripun orang bodoh akan mengerti." Seru Sandman.

Gimana, masih mau menyangkal??? Beli aja kacamata ya....

sandman's picture

@Adrina masih red herring?

Diminta menjelaskan ayat yang anda sajikan dengan kesimpulan Allah menebus dosa aja  susah, RED HERRING terus? HALF TRUTH  terus? malas ah, saya sudah coba sajikan ayat yang memperdamaikan manusia, anda diminta menjelaskan kaitan antara ayat yang anda diberikan dengan kesimpulan aja susahnya minta ampun.

Sangat setuju = tidak setuju / menolak? darimana asalnya itu.

Jika anda mau jujur sama diri anda sendiri, kenapa ayat-ayat berikut tidak anda sajikan juga dalam blog anda?

1. Dan semuanya ini dari Allah, p  yang dengan perantaraan Kristus q  telah mendamaikan kita dengan diri-Nya 1  dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami.

2.Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, z  diperdamaikan a  dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya 1 ! b

3.dan untuk memperdamaikan keduanya, di dalam satu tubuh, dengan Allah oleh salib, q  dengan melenyapkan perseteruan pada salib itu.

4.dan oleh Dialah Ia memperdamaikan u  segala sesuatu dengan diri-Nya 1 , baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, v  sesudah Ia mengadakan pendamaian w  oleh darah x  salib Kristus.

5.Jadi kami ini adalah utusan-utusan s  Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; t  dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah.

Bukankah anda sudah melakukan HALF TRUTH demi kepentingan anda menyerang IR? Memilah ayat-ayat yang mendukung idea anda demi kepentingan anda, apakah itu bisa disebut MENGHAKIMI dengan ADIL?

 

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Pniel's picture

@Sandman,

Sandman...Sandman..anda itu sungguh2 mengenaskan. Hal yang sama koq diributkan seolah2 berbeda dan saling berlawanan!? Tolong pisahkan antara suka/ketidaksukaan pribadi dengan apa yang sedang dibahas. Kesannya anda menyerang membabi buta (babi (pink pig) aja ga buta koq, cuma silinder aja! hehehe...)

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Adrina's picture

@Sandman, Masih mau ikut-ikutan engkong loe?

Diminta menjelaskan ayat yang anda sajikan dengan kesimpulan Allah menebus dosa aja  susah, RED HERRING terus? HALF TRUTH  terus? malas ah, saya sudah coba sajikan ayat yang memperdamaikan manusia, anda diminta menjelaskan kaitan antara ayat yang anda diberikan dengan kesimpulan aja susahnya minta ampun.

Sandman, kelihatannya anda agak idiot, baiklah saya akan menunjukkannya padamu.

1Pe 1:18-19 “Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.”

Perhatikan kata-kata yang saya beri warna merah:

•    Yang pertama:  “kamu” (= manusia)
•    Yang kedua “ditebus”
•    “Cara hidupmu yang sia-sia” (= kejahatan/dosa)
•    “Dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus” (= kematian Kristus)

Kalau saya persingkat ayat itu, maka akan berbunyi: “Manusia ditebus dari dosanya lewat kematian Kristus”

Sekarang anda bandingkan dengan kalimat saya: “Saudara sekalian, ada begitu banyak ayat Kitab Suci yang menjelaskan tentang hal ini. Kematian Kristus di atas kayu salib adalah untuk menebus manusia dari dosanya

Sandman yang HEBAT, apa anda pikir kesimpulan yang saya berikan BERBEDA dengan ayat yang saya tuliskan??? Anda masih mau menggunakan tafsir Primbonmu itu? HEBAT!

 

Sandman: Sangat setuju = tidak setuju / menolak? darimana asalnya itu.

Sandman, mau menjilat muntahmu:

"Adrina, apa yang saya katakan bukan tanpa alasan, karena saya lebih setuju kepada kematian Yesus memperdamaikan manusia dengan ALLAH daripada menebus manusia dari dosa. Jika perlua ayat saya akan sajikan disini, tanpa harus menafsir pake primbon 1001 haripun orang bodoh akan mengerti." Seru Sandman.

Gimana dengan kalimat anda itu???

 

Jika anda mau jujur sama diri anda sendiri, kenapa ayat-ayat berikut tidak anda sajikan juga dalam blog anda?

1. Dan semuanya ini dari Allah, p  yang dengan perantaraan Kristus q  telah mendamaikan kita dengan diri-Nya 1  dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami.

2.Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, z  diperdamaikan a  dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya 1 ! b

3.dan untuk memperdamaikan keduanya, di dalam satu tubuh, dengan Allah oleh salib, q  dengan melenyapkan perseteruan pada salib itu.

4.dan oleh Dialah Ia memperdamaikan u  segala sesuatu dengan diri-Nya 1 , baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, v  sesudah Ia mengadakan pendamaian w  oleh darah x  salib Kristus.

5.Jadi kami ini adalah utusan-utusan s  Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; t  dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah.

Bukankah anda sudah melakukan HALF TRUTH demi kepentingan anda menyerang IR? Memilah ayat-ayat yang mendukung idea anda demi kepentingan anda, apakah itu bisa disebut MENGHAKIMI dengan ADIL?

Hei manusia pasir, yang menjadi sorotan saya adalah masalah PENEBUSAN Kristus, bukan masalah MEMPERDAMAIKAN (sekalipun kedua hal itu berkaitan / sama).  IR menolak bahwa kematian Kristus untuk menebus manusia dari dosanya, lalu saya beri ayat yang menunjukkan hal itu, lalu apa urusannya dengan ayat-ayat tentang “memperdamaikan” ? Justru kalau saya berikan ayat tentang itu, maka menjadi kelihatan 'kurang cocok' dengan penolakan yang dilakukan oleh IR. Karena kalau saya pake ayat-ayat anda itu, bisa saja IR berkata: itu "memperdamaikan" bukan "MENEBUS".

Gimana? Masih mau IKUT-IKUTAN engkong loe si Hai hai???

sandman's picture

@Adrina hargai diri anda sendiri.

“Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.”

Point saya apakah cara hidupmu yang sia-sia itu harus selalu = dosa/kejahatan?

saya lebih setuju apakah berarti menolak atau tidak setuju?ha ha ha  aneh.

Hei manusia pasir, yang menjadi sorotan saya adalah masalah PENEBUSAN Kristus, bukan masalah MEMPERDAMAIKAN (sekalipun kedua hal itu berkaitan / sama).  IR menolak bahwa kematian Kristus untuk menebus manusia dari dosanya, lalu saya beri ayat yang menunjukkan hal itu, lalu apa urusannya dengan ayat-ayat tentang “memperdamaikan” ? Justru kalau saya berikan ayat tentang itu, maka menjadi kelihatan 'kurang cocok' dengan penolakan yang dilakukan oleh IR. Karena kalau saya pake ayat-ayat anda itu, bisa saja IR berkata: itu "memperdamaikan" bukan "MENEBUS".

Loh ketika IR menolak kematian kristus untuk menebus manusia, kenapa anda tidak tanyakan kepada dia apa yang dia percaya? tanyak dong kepada dia kematian kristus buat apa.

Saya pun tidak salah memaparkan ayat2 tersebut diatas, kenapa? karena ketika anda menantang IR yang menolak bahwa kematian Kristus untuk menebus manusia dari dosanya, anda secara tidak langsung berada di sisi yang percaya bahwa kristunsmati untuk menebus manusia dari dosanya.

Kalau anda berada disisi yang sama dengan IR tidak mungkin bukan blog ini bakalan muncul di ss ini ataupun di FB?

Oh yah saya penasaran dengan segala macam provokasi anda, apakah mulut anda ini pembuangan sampah yah? satu lagi hampir lewat, tidak usah bawa bawa orang lain, anda sedang berhadapan dengan saya, cukup saya saja tidak usah sangkut pautkan saya sama orang lain, saya berdiri di atas kaki dan pemahaman saya sendiri.

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Adrina's picture

@Sandman, Saya TANYA

Point saya apakah cara hidupmu yang sia-sia itu harus selalu = dosa/kejahatan?

Lalu harus diartikan APA?

saya lebih setuju apakah berarti menolak atau tidak setuju?ha ha ha  aneh.

Anda lebih setuju MEMPERDAMAIKAN dan kurang setuju dengan MENEBUS. Saya memberi dasarnya dalam 1 Petrus 1:18, kata LUTROO dalam ayat itu = DITEBUS. Yesus telah MENEBUS manusia dari dosanya. Sekarang saya Tanya: berdasarkan ayat itu, anda masih mau KURANG SETUJU?   

Loh ketika IR menolak kematian kristus untuk menebus manusia, kenapa anda tidak tanyakan kepada dia apa yang dia percaya? tanyak dong kepada dia kematian kristus buat apa.

Buat apa saya Tanya lagi ke dia? Yang seharusnya saya lakukan adalah MENUNJUKKAN padanya bahwa berdasarkan Alkitab, apa yang ditolaknya itu SALAH! Dengan saya menunjukkan hal itu, tentu saja mungkin bisa membuat dia menjadi sadar akan kekeliruannya. Menunjukkan KESALAHANNYA adalah hal yang UTAMA, supaya dia tahu bahwa dia memang SALAH! Selanjutnya, jika ingin ditanyakan lebih lanjut, ya boleh-boleh saja.

Saya pun tidak salah memaparkan ayat2 tersebut diatas, kenapa? karena ketika anda menantang IR yang menolak bahwa kematian Kristus untuk menebus manusia dari dosanya, anda secara tidak langsung berada di sisi yang percaya bahwa kristunsmati untuk menebus manusia dari dosanya.
Kalau anda berada disisi yang sama dengan IR tidak mungkin bukan blog ini bakalan muncul di ss ini ataupun di FB?

Ya, ayat-ayat yang anda tunjukkan itu memang TIDAK SALAH! Tetapi anda katakan kesimpulan yang saya berikan BERBEDA dengan ayat yang saya tuliskan. Hal itu yang saya TENTANG dari anda. Sekarang saya Tanya: Anda masih mau MEMPERSALAHKAN kesimpulan yang saya berikan itu???

Oh yah saya penasaran dengan segala macam provokasi anda, apakah mulut anda ini pembuangan sampah yah? satu lagi hampir lewat, tidak usah bawa bawa orang lain, anda sedang berhadapan dengan saya, cukup saya saja tidak usah sangkut pautkan saya sama orang lain, saya berdiri di atas kaki dan pemahaman saya sendiri.

Siap boss, MAAFKAN saya!  Oh ya, satu lagi yang hampir lewat, Saya tanya: anda sudah beli KACA MATA?
 

sandman's picture

@Adrina tidak perlu kacamata sobat..

Saya pribadi kurang setuju jika cara hidup yang sia-sia  itu di samakan dengan kejatahatan/dosa, jika penulis ingin menulis tentang dosa/kejahatan sudah tentu akan menggunakan kata dalam bahasa aslinya yang merujuk kepada dosa/kejahatan.

Jika saya cermati hidup yang sia-sia itu terdiri dari 2 kata dalam bahasa aslinya yaitu, anastrophe dan dan mataios, sedangkan kata  dosa berasal dari hamartia sedangkan kata kejahatan berasa dari kata ra'. Saya bukan ahli bahasa yunani, tapi melihat contoh di atas maka saya bisa simpulkan hidup yang sia-sia itu belum tentu dosa atau kejahatan.  Jadi saya tetap tidak setuju jika ayat 1 petrus itu  di tafsirkan dengan singkat, menajadi "Manusia ditebus dari dosanya lewat kematian Kristus".

Adrina, ketika IR mengatakan menolak  doktrin kematian yesus itu menebus manusia dari dosa-dosanya, apakah berarti dia sesat? bagaimana jika dia mempunyai pengertian kematian Yesus memperdamaikan manusia dengan ALLAH atau pengertian lainnya yang mungkin bisa dia temukan dari alkitab.  Bukankah dalam menyatakan kesalahan seseorang harus jelas duduk perkaranya dulu?

Bicara soal perdamaian maukah anda mencheck ayat di bawah.,

Ia harus mengadakan pendamaian bagi tempat maha kudus, bagi Kemah Pertemuan dan bagi mezbah, juga bagi para imam dan bagi seluruh bangsa itu, yakni jemaah   itu.  Itulah yang harus menjadi ketetapan  untuk selama-lamanya bagimu, supaya sekali setahun  diadakan pendamaian bagi orang Israel karena segala dosa mereka." Maka Harun melakukan seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.

Kalau korban bakaran di atas itu dilakukan memakai lembu atau domba, di perjanjian baru setelah kematian Yesus maka tidak di perlukan lagi korban sembelihan domba atau lembu, karena sudah di gantikan oleh Yesus sekali untuk selamanya.

Saya ada sedikit tergelitik dengan sebutan yang di berikan penulis kitab di bawah ini,

Sebab seorang anak telah lahir   untuk kita , seorang putera telah diberikan  untuk kita; lambang pemerintahan   ada di atas bahunya,   dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib,   Allah yang Perkasa,  Bapa  yang Kekal,   Raja Damai.

Bisakah anda memberitahu kenapa Yesus di sebut raja damai? sedangkan yesus sendiri berkata

"Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai  , melainkan pedang.

Kalau begitu, Raja Damai dimanakah Yesus kalau bukan di bumi?

 

 

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Adrina's picture

Sandman, Harus di artikan apa?

Saya pribadi kurang setuju jika cara hidup yang sia-sia  itu di samakan dengan kejatahatan/dosa, jika penulis ingin menulis tentang dosa/kejahatan sudah tentu akan menggunakan kata dalam bahasa aslinya yang merujuk kepada dosa/kejahatan.

Jika saya cermati hidup yang sia-sia itu terdiri dari 2 kata dalam bahasa aslinya yaitu, anastrophe dan dan mataios, sedangkan kata  dosa berasal dari hamartia sedangkan kata kejahatan berasa dari kata ra'. Saya bukan ahli bahasa yunani, tapi melihat contoh di atas maka saya bisa simpulkan hidup yang sia-sia itu belum tentu dosa atau kejahatan.  Jadi saya tetap tidak setuju jika ayat 1 petrus itu  di tafsirkan dengan singkat, menajadi "Manusia ditebus dari dosanya lewat kematian Kristus".

Apakah sesala sesuatu yang menunjuk pada dosa harus selalu pakai kata Yunani HAMARTIA? Dosa = HAMARTIA, lalu jika saya misalnya katakan: “Dennis telah membunuh seorang anak”, apakah itu bukan merupakan kejahatan / dosa? Apakah kalimat itu harus pakai HAMARTIA? Jadi, sesuatu yang jahat /dosa, tidaklah harus selalu pakai kata HAMARTIA.
Jika anda tidak setuju, lalu kalimat “cara hidup yang sia-sia” harus diartikan apa?

 

Adrina, ketika IR mengatakan menolak  doktrin kematian yesus itu menebus manusia dari dosa-dosanya, apakah berarti dia sesat? bagaimana jika dia mempunyai pengertian kematian Yesus memperdamaikan manusia dengan ALLAH atau pengertian lainnya yang mungkin bisa dia temukan dari alkitab.  Bukankah dalam menyatakan kesalahan seseorang harus jelas duduk perkaranya dulu?

Dalam Alkitab ada begitu banyak kata MENEBUS, DITEBUS, dsb. Yesus datang ke dunia untuk mati dan menjadi TEBUSAN bagi banyak orang.

Matius 20:28  “Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang

Apa yang saya katakan itu sudah sangat jelas duduk perkaranya. Ini adalah perkataan Alkitab / Firman Tuhan. Ketika IR menolak itu, dia sama dengan menolak Alkitab! Orang seperti itu, jelas adalah BIDAT!

 

Bicara soal perdamaian maukah anda mencheck ayat di bawah.,

Ia harus mengadakan pendamaian bagi tempat maha kudus, bagi Kemah Pertemuan dan bagi mezbah, juga bagi para imam dan bagi seluruh bangsa itu, yakni jemaah   itu.  Itulah yang harus menjadi ketetapan  untuk selama-lamanya bagimu, supaya sekali setahun  diadakan pendamaian bagi orang Israel karena segala dosa mereka." Maka Harun melakukan seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.

Kalau korban bakaran di atas itu dilakukan memakai lembu atau domba, di perjanjian baru setelah kematian Yesus maka tidak di perlukan lagi korban sembelihan domba atau lembu, karena sudah di gantikan oleh Yesus sekali untuk selamanya.

Saya ada sedikit tergelitik dengan sebutan yang di berikan penulis kitab di bawah ini,

Sebab seorang anak telah lahir   untuk kita , seorang putera telah diberikan  untuk kita; lambang pemerintahan   ada di atas bahunya,   dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib,   Allah yang Perkasa,  Bapa  yang Kekal,   Raja Damai.

Bisakah anda memberitahu kenapa Yesus di sebut raja damai? sedangkan yesus sendiri berkata

"Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai  , melainkan pedang.

Kalau begitu, Raja Damai dimanakah Yesus kalau bukan di bumi?

Sandman, saya tidak ada masalah dengan persoalan MEMPERDAMAIKAN, Raja Damai, dsb. Hal itu memang benar, tetapi yang ditentang oleh IR adalah masalah PENEBUSAN. Jadi, tentunya saya harus menunjukkan ayat-ayat tentang hal itu, untuk menentang pandangannya yang salah tersebut. Saya sudah katakan ini berkali-kali, belum ngerti juga?

Ada 2 point yang anda tolak dari 1 Petrus 1:18-19, yaitu masalah DITEBUS dan “Cara hidup yang sia-sia”. Jadi menurut anda harus diartikan seperti apa?

 

 

sandman's picture

@adrina last but not least....

Apakah sesala sesuatu yang menunjuk pada dosa harus selalu pakai kata Yunani HAMARTIA? Dosa = HAMARTIA, lalu jika saya misalnya katakan: “Dennis telah membunuh seorang anak”, apakah itu bukan merupakan kejahatan / dosa? Apakah kalimat itu harus pakai HAMARTIA? Jadi, sesuatu yang jahat /dosa, tidaklah harus selalu pakai kata HAMARTIA.
Jika anda tidak setuju, lalu kalimat “cara hidup yang sia-sia” harus diartikan apa?

Bagaimana dengan kalimat di bawah? apakah berarti samuel/elia berbuat kejahatan/dosa? apakah itu merupakan kejahatan?

Tetapi kata Samuel: "Seperti pedangmu membuat perempuan-perempuan kehilangan anak, demikianlah ibumu akan kehilangan anak di antara perempuan-perempuan.  " Sesudah itu Samuel mencincang Agag di hadapan TUHAN di Gilgal.

Ketika Ahab memberitahukan kepada Izebel segala yang dilakukan Elia dan perihal Elia membunuh   semua nabi itu dengan pedang.

 

Ada 2 point yang anda tolak dari 1 Petrus 1:18-19, yaitu masalah DITEBUS dan “Cara hidup yang sia-sia”. Jadi menurut anda harus diartikan seperti apa?

adrina saya tidak menolak, saya hanya bilang saya lebih setuju konsep perdamaian. Yang saya permasalahkan adalah apakah "cara hidup sia sia"  = kejahatan/dosa? salah jika anda berpikir saya menolak 1 pertrus 1:18-19, yang saya tolak adalah tafsiran anda Manusia ditebus dari dosanya lewat kematian Kristus.

Kalau merunut kepada kisah perumpamaan tentang orang yang kaya, yang melakukan 10 perintah taurat, namun tak bisa masuk ke dalam kerajaan surga, saya berpikir hidup yang sia-sia itu tidak harus sama dengan kejahatan/dosa.

Sekarang terserah kepada anda, saya sudah mencoba mensharekan apa yang saya tahu, hai-hai juga sudah memberitahukan apa yang dia tahu. Ok saya cukupkan sampai disini saja diskusi kita. Sekarang saya kembali ke bangku pembaca saja.

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Adrina's picture

@Sandman, Kritik tanpa pertanggung jawaban

Ok, saya tidak akan memperpanjang lagi. Kalau anda memang tidak setuju, lalu harus diartikan apa kalimat "cara hidup sia sia" itu? Anda harus jawab pertanyaan saya ini, agar jelas persoalannya. Jika anda tidak menjawabnya, berarti anda hanya asal mengklaim/menuduh dengan tanpa bisa mempertanggung jawabkannya.

Lalu mengenai masalah penebusan Kristus, saya sudah tunjukkan bahwa kata “ditebus” dalam  1 Petrus 1:18-19, itu berasal dari kata Yunani LUTROO. Darimana asalnya sehingga anda mengubahnya menjadi “diperdamaikan”? Sandman, dalam Alkitab ada banyak ayat-ayat yang menjelaskan tentang penebusan Kristus, misalnya:

Matius 20:28 : “Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang”

Kata “tebusan” berasal dari kata Yunani: lutron

Mar 10:45  Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."

Kata “tebusan” berasal dari kata Yunani: lutron

Apakah anda juga kurang setuju / tidak setuju? Anda ingin saya tunjukkan ayat-ayat yang lainnya?

Sandman, apakah kritikan anda terhadap saya merupakan sesuatu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan? Lalu buat apa anda mengkritik???

PlainBread's picture

Mari saya berperan sebagai Teolog Liberal

Kalo memang Adrina alias ALBERT menyembah alkitab (alias bilang bahwa alkitab adalah satu2nya sumber kebenaran), ALBERT mesti CARI tau siapa2 anggota Septuaginta. Merekalah yang menyusun alkitab seperti sekarang ini.

Kalo anda gak bisa temukan, ya anda berarti kena tipu. Anda mau diberikan kompilasi buku tapi gak dikasih tau siapa yang mengkompilasikan buku2 tersebut? Anda mau dibilang "neh buku bagus, jalan menuju sorga satu2nya", tapi anda gak tau latar belakang buku tersebut?

Masih mending agama Islam, mereka langsung mengklaim kitabnya dari surga. Jadi gak ada bukti juga gpp, wong langsung diserahkan sama malaikat. Kalo ditodong bukti atau alasan, jawabannya simple: "Dari sorga!", "Dikasih malaikat!" Mau ngomong apa lagi? Mending mingkem.

 

IR itu terlalu sopan berdiskusi dengan Adrina. Mungkin karena dia sadar kalo si Adrina aka Albert ini bukan kelasnya. Ibarat tinju, petinju kampung mau nantangin Mike Tyson, si Mike Tyson punya dua pilihan, menonjok langsung jatuh (tapi konsekuensinya, menang juga bakal dicemooh. Kok bergelar doktor dan seorang pendeta, malah nonjok petinju kampung), atau diladenin sambil cengangas cengenges sambil itung2 promosi buku.

Walaupun dia tidak menganggap Alkitab sebagai satu2nya sumber kebenaran, dia jelas lebih bijaksana daripada seorang Albert  Akhirnya dia pilih pilihan kedua, ladenin aja sambil senyum2, itung2 promosi buku. Daripada nonjok sekali langsung jatuh, kalo pun menang juga bakal dicemooh publik karena udah nonjok jatuh lawan yang gak seimbang.

 

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

Adrina's picture

@PB, NGACO !

Kalo memang Adrina alias ALBERT menyembah alkitab (alias bilang bahwa alkitab adalah satu2nya sumber kebenaran), ALBERT mesti CARI tau siapa2 anggota Septuaginta. Merekalah yang menyusun alkitab seperti sekarang ini.

Ketika saya katakan Alkitab adalah satu-satunya kebenaran bagi IMAN saya, apakah berarti saya sudah menyembah Alkitab? PB, anda mau NGACO seperti IR?

Kalo anda gak bisa temukan, ya anda berarti kena tipu. Anda mau diberikan kompilasi buku tapi gak dikasih tau siapa yang mengkompilasikan buku2 tersebut? Anda mau dibilang "neh buku bagus, jalan menuju sorga satu2nya", tapi anda gak tau latar belakang buku tersebut?

Apa anda sudah yakin bahwa saya tidak tahu latar belakang dari Alkitab? Anda NGACO lagi??

Masih mending agama Islam, mereka langsung mengklaim kitabnya dari surga. Jadi gak ada bukti juga gpp, wong langsung diserahkan sama malaikat. Kalo ditodong bukti atau alasan, jawabannya simple: "Dari sorga!", "Dikasih malaikat!" Mau ngomong apa lagi? Mending mingkem.

Anda yang harus mingkem, dari pada NGACO melulu!

IR itu terlalu sopan berdiskusi dengan Adrina. Mungkin karena dia sadar kalo si Adrina aka Albert ini bukan kelasnya. Ibarat tinju, petinju kampung mau nantangin Mike Tyson, si Mike Tyson punya dua pilihan, menonjok langsung jatuh (tapi konsekuensinya, menang juga bakal dicemooh. Kok bergelar doktor dan seorang pendeta, malah nonjok petinju kampung), atau diladenin sambil cengangas cengenges sambil itung2 promosi buku.

Hahaha...Yang TKO siapa mas? Matamu RABUN juga ya, sama seperti KEN dan Sandman???

Walaupun dia tidak menganggap Alkitab sebagai satu2nya sumber kebenaran, dia jelas lebih bijaksana daripada seorang Albert  Akhirnya dia pilih pilihan kedua, ladenin aja sambil senyum2, itung2 promosi buku. Daripada nonjok sekali langsung jatuh, kalo pun menang juga bakal dicemooh publik karena udah nonjok jatuh lawan yang gak seimbang.

Hehehe...Lihat tuh perdebatan kami diatas, karena kesesatannya sudah terbongkar, eh....akhirnya dia langsung NGACIR terbirit-birit alias tak mau berteman lagi. Apa dia hanya mau berteman dengan sesama bidat??? EGP

 

 

bintang seven's picture

hutang piutang

Ketika manusia BERDOSA, dia BERHUTANG kepada Allah. Dia HARUS dihukum olah Allah. Ketika Yesus mati, Dia MENGGANTIKAN manusia. Itu artinya YEsus MENEBUS manusia dari Allah.

klo menurut orang dagang hutang harus dibayar, buktinya kita berhutang/berdosa ya buku utang/taurat.

mending klo hutangnya bisa dibayar, wong hutang darah....hutang nyawa...Yesus si pembayar hutang. hutang siapa? siapa aja yg dikehendakinya. apanya yg dibayar? darah/nyawa....knpa dia milih2? krn Yesus tak berhutang pada siapapun. Raja dunia aja berbelas kasihan masak dia gak sih? knpa gak semua umat? krn gak semuanya mau mendengarnya. krn gak semuanya percaya. krn mereka memilih nyawa mereka sendiri sbg pelunasannya kelak, bukankah murah hati artinya tidak memaksa?

klo dia ngutang/dosa lagi gimana ya? dia kan milik Yesus pasti ngutangnya ama Yesus ya bukan ama penuntut?  Jadi Yesus gak akan menghukum orang ini kali gitu ya..dia kan bukan hakim? tapi diajar spy taat alias gak ngutang lagi? ini juga ajaran YAK YAK O...katanya saat ditebus dan dimateraikan Roh Kudus kita dimerdekakan dari buku hutang tuh. hutang kita gak kecatet? kayaknya kecatet tp gak di buku hutang yg adalah bukti. bukti bagi hakim yg akan menuntut.

hutang piutang emang runyam makanya jgn ngutang klo gak bisa bayar...klo gak bisa bayar cari yg bisa! gitu aja kok repot...hidup YAK Yak o...

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

@PlainBread , Seperti Daud Melawan Goliat

PlainBread, melihat adrina alias Albert menantang IR itu ibarat melihat Goliat menantang Daud. Ketika goliat mengangul-agulkan tubuhnya yang tinggi gede dengan otot meringkel di mana-mana dan senjata ajubilah, Daud mengambil 5 batu SAJA.

Apa yang terjadi pada Adrina persis yang terjadi pada Goliat. SESUMBAR dan jumawa, tau tau otaknya berceceran.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

PlainBread's picture

@Hai: Lima

Hahahaha, elu liat aja soal 5 itu.

Gue baca hasil chatnya sama si IR, yang ada geleng2 kepala.  Walaupun gue gak sepakat sama pahamnya IR, tapi gue gak bakal segegabah itu menyerang IR. Umunya gacoan2 teologi liberal itu punya latar belakang TC (textual criticism), kalo mau nyerang yah kuasai dulu donk TC jangan asal ngebacot aja. Yang ada malah bikin malu diri sendiri.

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

hai hai's picture

@PlainBread, Iblis Protes Ma Tuhan Yesus

@PlainBread, ini hanya cerita burung. Iblis ngirim email ke Tuhan Yesus di sorga karena dia gak bisa ke sorga lagi, takut di smackdown ma Mikhael.

Iblis menuduh Tuhan Yesus main CURANG. Iblis bilang, "gimana gua mau sesatin mereka klo otaknya kayak si Adrina semua? ente main curang ya? Orang-orang Kristen ente ambil IQ-nya?" Tuhan Yesus cuman ngakak lalu bilang, "Gua dah tanemin pepatah, jadi klo mau pinter mereka mikirnya gak pake otak tapi dengkul. Yang masih mau mikir pake otak bagusnya pergi ke pasar tuk beli udang."

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Tante Paku's picture

Besar vc Kecil.

Humor teologi memang sering terjadi tanpa direncanakan sama sekali, itulah yang terjadi.

 

Salam.

Adrina's picture

@TP

TP alias "LS", anda mau ikut-ikutan ENGKONG anda si Hai hai?

sandman's picture

@Adrina sok tahu loe...

SKSD = Sok Kenal Sok Dekat, ha ha ha kalau gw sih bakalan malu, tapi karena urat malunya gak ada saya yakin anda takkan malu. ha ha ha.

Yak Yak O

Yak yak O

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

PlainBread's picture

William Lane Craig vs Bart Ehrman

Buat saya IR itu adalah Bart Ehrman versi Indonesia. Setidaknya banyak view points dia yang oiriginalnya berasal dari buku2 Mr. Ehrman.

Ini mengingatkan saya dengan salah satu dari sedikit debat yang melibatkan teologia liberal, yaitu debat di College of Holy Cross di Massachusetts. Debat antara Bart Ehrman, pengusung teologia liberal, dan William Craig, salah doktor teologi fisafat yang sangat disegani. Topik debatnya adalah membahas soal kebangkitan Yesus. Mr Ehrman bilang itu metafora, Mr Craig bilang itu sungguh terjadi di dalam sejarah.

Anda bisa baca debatnya di sini.

Saran saya, anda gak mesti jadi doktor teologi filsafat untuk menyerang seorang doktor teologi liberal. Kalo pun bisa ya sukur. Tapi setidaknya anda menguasai bahan2nya seperti Mr. Craig dalam berdebat dengan Mr Ehrman. Bacalah debat tersebut baik2, dan lihat rebuttals (cara dan point2 debat) antara mereka berdua. Ambil waktu berhari2, berminggu2. Kalo anda perlu bahan lebih lagi, bisa saya berikan.

 

 

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

dennis santoso a.k.a nis's picture

goblok yang religius [?]

luar biasa si albert ini, luar biasa GOBLOK nya.... di obrolan diatas, IR sangat sangat elegan.

mungkin si albert ini sangat meyakini ayat berikut sampai2 dia membuang otaknya:

1 Kor 1:27 Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat,

 jadi, mungkin bagi dia, makin bodoh, makin afdol buat Allah, hahahaha :-)

M23's picture

@Dennis,

Nis, kalau yang dibawah ini gimana?

People who think by the inch and talk by the yard deserve to be kicked by the foot--Anon

 

 

Not my will, but Yours be done

Adrina's picture

@PIQ, Sok aksi!

Luar biasa si albert ini, luar biasa GOBLOK nya.... di obrolan diatas, IR sangat sangat elegan.

Anda katakan saya GOBLOK, apakah anda lebih ELEGAN dari saya???

mungkin si albert ini sangat meyakini ayat berikut sampai2 dia membuang otaknya:

 

1 Kor 1:27 Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat,

Tahu dari mana saya menggunakan ayat itu, sehingga sampai2 saya MEMBUANG OTAK saya ??? Anda merasa lebih ELEGAN dari IR???

 jadi, mungkin bagi dia, makin bodoh, makin afdol buat Allah, hahahaha :-)

Lihat kata-kata anda yang saya tebalkan, anda merasa lebih ELEGAN dari saya dan IR???

Hei, Dennis Santoso, jangan sok aksi mengatakan orang goblok dan tidak elegan, kalau justru anda yang goblok dan tidak elegan!!!

dennis santoso a.k.a nis's picture

yup adrina

yup albert, gue jauh lebih elegan dari elo yang goblok itu... hal itu bisa dengan jelas ditangkap di comment gue sebelumnya. 

TAPI ga pernah ada kalimat tersurat maupun tersirat dimana gue berkata bahwa gue lebih elegan daripada IR. gue ga tau otak lo yang goblok itu kerjanya gimana sampai bisa2 nya bertanya seperti itu.  

*rumit emang ngomong ama orang goblok yang entah gimana merasa dirinya pintar* 

Adrina's picture

@Dennis, Tanya engkong loe...

yup albert, gue jauh lebih elegan dari elo yang goblok itu... hal itu bisa dengan jelas ditangkap di comment gue sebelumnya. 

TAPI ga pernah ada kalimat tersurat maupun tersirat dimana gue berkata bahwa gue lebih elegan daripada IR. gue ga tau otak lo yang goblok itu kerjanya gimana sampai bisa2 nya bertanya seperti itu. 

Kamu merasa lebih elegan dari Adrina? Hohoho.... Coba anda lihat perdebatan saya dengan IR, apakah saya pernah mengatakan GOBLOK padanya? Namun kamu mengatakan Adrina GOBLOK. Lalu apa dasarnya, anda mengatakan Dennis Santoso lebih ELEGAN dari Adrina??? Coba kamu tanya sama engkong loe itu, siapa yang lebih elegan ENGKONG loe (Hai hai) itu atau IR???

 

Hei, Dennis Santoso, jangan sok aksi mengatakan orang goblok dan tidak elegan, kalau justru anda yang goblok dan tidak elegan!!!

dennis santoso a.k.a nis's picture

@si goblok penghasut

Albert: Ya, anda memang harus ngomong seperti itu, karena anda orang yang tak percaya pada "kemahakuasaan" Tuhan.

menuduh orang percaya sebagai tidak percaya... ini mungkin terdengar elegan, tapi jelas lebih menusuk bin busuk daripada sekedar dibilang goblok.

Albert: Anda hanya ngoceh ndak karuan! Omongan TANPA dasar Kitab Suci = OMONG GEDE alias NOL GEDE!

bilang orang lain nol gede padahal dirinya ga menyimak... apakah ini elegan? bukan, kalo goblok sih iya.

terus... koq bisa2 nya si hai2 dikait2kan? disini hanya gue dan elo yang ngobrol, wahai albert si tolol... hai2 ada comment sendiri dan gue ga ikut2an disitu. ga beranikah kamu menghadapi gue tanpa bawa2 orang lain?

udah GOBLOK.... PENGHASUT pula...

Adrina's picture

@Pig, Payah kamu!

menuduh orang percaya sebagai tidak percaya... ini mungkin terdengar elegan, tapi jelas lebih menusuk bin busuk daripada sekedar dibilang goblok.

Pig, coba anda lihat kata-kata Ioanes ini:

Ioanes: Ilham roh kudus itu hanya ada dalam doktrin, dalam fakta kehidupan otak manusialah yang berpikir, entah pemikirannya bagus ataupun pemikirannya buruk. Coba kalau otak anda lepaskan dari kepala anda, apa anda bisa merasakan pimpinan Roh Kudus?

Saya mengatakan Paulus adalah penulis Kitab Suci yang diilhami Roh Kudus, lalu IR katakan "ilham Roh Kudus hanya ada dalam doktrin", "otak manusialah yang berpikir". Bukankah IR tidak percaya pada kesanggupan Tuhan untuk memimpin Paulus dalam menulis?

bilang orang lain nol gede padahal dirinya ga menyimak... apakah ini elegan? bukan, kalo goblok sih iya. 

IR menolak keberadaan surga dan neraka, lalu saya tanya mana ayatnya? eh...dia hanya ngoceh TANPA dasar sama sekali. Bukankah dia NOL GEDE? Wah....Payah kamu! Coba lihat kata-katamu yang saya tebalkan? Anda merasa lebih elegan ketimbang saya?

 

terus... koq bisa2 nya si hai2 dikait2kan? disini hanya gue dan elo yang ngobrol, wahai albert si tolol... hai2 ada comment sendiri dan gue ga ikut2an disitu. ga beranikah kamu menghadapi gue tanpa bawa2 orang lain?

udah GOBLOK.... PENGHASUT pula...

 

Lihat kata-katamu itu? Apa merasa lebih elegan dari saya???

dennis santoso a.k.a nis's picture

alasan kenapa adrina itu GOBLOK

adrina, sekali2 cobalah berpikir dari sudut pandang orang lain, jangan melulu memaksa orang lain untuk berpikir sesuai sudut pandang kamu saja. 

IR benar... walau Roh Kudus mengilhami siapapun (termasuk Paulus), Dia selalu bekerja melalui orang yang hidup. bila otak dicopot, kamu pasti mati dan kalo kamu mati, maka kamu tidak akan bisa menulis apapun. kamu harus dihidiupkan dulu sebelum kamu bisa menulis lagi. kira2 itulah yang gue tangkap dari perkataan IR.

tentang surga dan neraka... dia hanya berkata bahwa iming2 surga dan neraka cuma cocok buat newbie. dia tidak sama sekali berkata bahwa dua itu tidak ada. dia hanya menolak spekulasi tentang keduanya untuk dijadikan landasan berpikir. 

sama seperti masalah bimbingan RK diatas, tentang surga dan neraka ini pun kamu reaktif sekali. alih2 mencoba berpikir, mencoba memahami ucapan IR, kamu langsung berteriak2 menuduh ini dan itu.

itulah kenapa gue bilang lo GOBLOK. 

di pengertian gue, elegan adalah ketika bisa menanggapi sesuatu sesuai makna dari sesuatu itu. dan kamu sama sekali tidak begitu. gue lebih elegan dari kamu bukan karena penggunaan kata2 semu yang tidak berarti, gue lebih elegan karena gue mengerti terlebih dahulu apa maksud kamu dan gue tahu sebab ke-GOBLOK-an kamu itu.

senada dengan TP, masalah kamu adalah karena kamu, entah kenapa, cuma bisa melihat sesuatu dari sudut kamu sendiri. dan kamu terlalu arogan untuk mencoba melihat masalah dari sudut pandang orang lain. entah kenapa, kamu merasa bahwa diri mu lah yang terbenar.

inilah kenapa gue sangat sangat memahami kenapa IR merasa hopeless untuk berdiskusi dengan kamu. malah, sebenarnya, walau kamu udah lama di SS, satu kali pun kamu belum pernah berdiskusi. kamu selalu hanya memaksakan pendapat kamu dan ketika ada yang ga setuju, kamu berteriak2 bahwa orang itu adalah penyesat.

Adrina's picture

@Dennis, Seenak dengkulmu

adrina, sekali2 cobalah berpikir dari sudut pandang orang lain, jangan melulu memaksa orang lain untuk berpikir sesuai sudut pandang kamu saja. 

Saya sudah melihat sudut pandanya IR. Disitu saya temukan kesesatannya. Apa yang saya klaim ini, bukan hanya merupakan sudut pandang saya, tapi merupakan sudut pandang Alkitab.

IR benar... walau Roh Kudus mengilhami siapapun (termasuk Paulus), Dia selalu bekerja melalui orang yang hidup. bila otak dicopot, kamu pasti mati dan kalo kamu mati, maka kamu tidak akan bisa menulis apapun. kamu harus dihidiupkan dulu sebelum kamu bisa menulis lagi. kira2 itulah yang gue tangkap dari perkataan IR.

Pig, coba kamu lihat kata-kata IR ini: "Ilham roh kudus itu hanya ada dalam doktrin, dalam fakta kehidupan otak manusialah yang berpikir,"

IR tidak mengatakan "walau Roh Kudus mengilhami siapapun (termasuk Paulus). Yang dia katakan "Ilham Roh Kudus HANYA ADA DALAM DOKTRIN. Lebih lanjut dia katakan "dalam fakta kehidupan, OTAK manusialah yang berpikir". Anda mau artikan apa kalimat IR ini? Mau ditafsirkan seenak dengkulmu???

tentang surga dan neraka... dia hanya berkata bahwa iming2 surga dan neraka cuma cocok buat newbie. dia tidak sama sekali berkata bahwa dua itu tidak ada. dia hanya menolak spekulasi tentang keduanya untuk dijadikan landasan berpikir. 

sama seperti masalah bimbingan RK diatas, tentang surga dan neraka ini pun kamu reaktif sekali. alih2 mencoba berpikir, mencoba memahami ucapan IR, kamu langsung berteriak2 menuduh ini dan itu.

Lihat kata-kata IR: "Ttg surga dan neraka. Coba kalau otak kita copot dari kepala, apa kita masih bisa merasakan nikmat surga dan sengsara neraka? Nah, apa sesudah kematian otak masih orang bawa-bawa sementara orang sudah tidak bertubuh lagi? Beragama karena iming-iming surga atau karena ketakutan pada neraka adalah beragama pada level kanak-kanak di sekolah minggu. Beragama pada peringkat dewasa dan matang, tidak memerlukan ide ttg surga dan neraka."

IR adalah orang yang menolak ilham Roh Kudus dan HANYA mementingkan/menekankan OTAKNYA! Jadi, dia sebetulnya berkata bahwa surga dan neraka itu TIDAK MASUK DI OTAK!!! Pig, anda masih mau menafsirkan seenak DENGKULMU???

itulah kenapa gue bilang lo GOBLOK. 

di pengertian gue, elegan adalah ketika bisa menanggapi sesuatu sesuai makna dari sesuatu itu. dan kamu sama sekali tidak begitu. gue lebih elegan dari kamu bukan karena penggunaan kata2 semu yang tidak berarti, gue lebih elegan karena gue mengerti terlebih dahulu apa maksud kamu dan gue tahu sebab ke-GOBLOK-an kamu itu.

Yang GOBLOK siapa? Eloe atau gue??? Hahahaha.....

senada dengan TP, masalah kamu adalah karena kamu, entah kenapa, cuma bisa melihat sesuatu dari sudut kamu sendiri. dan kamu terlalu arogan untuk mencoba melihat masalah dari sudut pandang orang lain. entah kenapa, kamu merasa bahwa diri mu lah yang terbenar.

Pig, saya tidak hanya melihat dari sudut saya sendiri, tapi saya juga melihat sudut ALKITABNYA.

inilah kenapa gue sangat sangat memahami kenapa IR merasa hopeless untuk berdiskusi dengan kamu. malah, sebenarnya, walau kamu udah lama di SS, satu kali pun kamu belum pernah berdiskusi. kamu selalu hanya memaksakan pendapat kamu dan ketika ada yang ga setuju, kamu berteriak2 bahwa orang itu adalah penyesat.

Yang saya tuduh penyesat siapa? Apakah ditujukan untuk SEMUA ORANG? Pig, janganlah SOK MENUDUH orang, kalau anda memang tukang fitnah!

 

dennis santoso a.k.a nis's picture

ilham RK membutuhkan campur tangan manusia

ya memang, ilham RK itu emang cuma doktrin, pada prakteknya, ilham RK tidak akan bisa bekerja tanpa otak manusia. 

"tidak bisa" disini tepatnya adalah bahwa Dia, entah kenapa, tidak mau melakukan hal2 yang Dia lakukan dulu ketika semuanya dengan mudahnya Dia ciptakan dengan berfirman. 

coba pikir, andai Dia mau, apa sih susahnya untuk berfirman bahwa semua manusia selamat tanpa perlu Yesus pake acara mati di kayu salib segala? tapi sejarah mencatat bahwa Dia memilih jalan yang paling ga masuk akal untuk menyelamatkan manusia.

Dia, entah kenapa, membuat diriNya memerlukan manusia untuk melakukan segalanya.

gini deh, kamu ambil pistol lalu tembak kepala kamu, lalu buktikan sendiri apakah RK masih akan memakai kamu atau tidak. kalau RK ternyata masih memakai kamu, maka gue dengan sukarela akan menganggap kamu sebagai Tuhan dan kamu boleh bicara atau melakukan apa aja ke gue.

Adrina's picture

@Pig, Jangan ubah kalimat IR

ya memang, ilham RK itu emang cuma doktrin, pada prakteknya, ilham RK tidak akan bisa bekerja tanpa otak manusia. 

Hey, jangan suka mengubah kalimat IR. IR jelas menolak ilham Roh Kudus dan hanya mementingkan OTAKNYA.  Anda mau ikut-ikutan dia?

"tidak bisa" disini tepatnya adalah bahwa Dia, entah kenapa, tidak mau melakukan hal2 yang Dia lakukan dulu ketika semuanya dengan mudahnya Dia ciptakan dengan berfirman. 

coba pikir, andai Dia mau, apa sih susahnya untuk berfirman bahwa semua manusia selamat tanpa perlu Yesus pake acara mati di kayu salib segala? tapi sejarah mencatat bahwa Dia memilih jalan yang paling ga masuk akal untuk menyelamatkan manusia.

Dia, entah kenapa, membuat diriNya memerlukan manusia untuk melakukan segalanya.

Salah besar! Dia tidak memerlukan manusia untuk melakukan SEGALANYA!

gini deh, kamu ambil pistol lalu tembak kepala kamu, lalu buktikan sendiri apakah RK masih akan memakai kamu atau tidak. kalau RK ternyata masih memakai kamu, maka gue dengan sukarela akan menganggap kamu sebagai Tuhan dan kamu boleh bicara atau melakukan apa aja ke gue.

Kamu aja yang coba sendiri!

 

dennis santoso a.k.a nis's picture

100 deh

si IR nulis gini: Ilham roh kudus itu hanya ada dalam doktrin, dalam fakta kehidupan otak manusialah yang berpikir, entah pemikirannya bagus ataupun pemikirannya buruk. Coba kalau otak anda lepaskan dari kepala anda, apa anda bisa merasakan pimpinan Roh Kudus? 

gue nulis gini: ilham RK itu emang cuma doktrin, pada prakteknya, ilham RK tidak akan bisa bekerja tanpa otak manusia. 

apanya yang berubah? susunan katanya rubah jadi lo anggap artinya berubah? haiyaaaaa....

udah deh... lo udah tau yang sebenarnya, cuma lo mengeraskan hati aja entah kenapa. nikmatilah kekerasan hatimu itu, albert.

Adrina's picture

@Dennis, Ckckck...

si IR nulis gini: Ilham roh kudus itu hanya ada dalam doktrin, dalam fakta kehidupan otak manusialah yang berpikir, entah pemikirannya bagus ataupun pemikirannya buruk. Coba kalau otak anda lepaskan dari kepala anda, apa anda bisa merasakan pimpinan Roh Kudus? 

gue nulis gini: ilham RK itu emang cuma doktrin, pada prakteknya, ilham RK tidak akan bisa bekerja tanpa otak manusia. 

apanya yang berubah? susunan katanya rubah jadi lo anggap artinya berubah? haiyaaaaa....

Kalimat anda dan IR yang saya beri warna biru itu, memang sama. Tapi lihat yang warna merah: IR bilang dalam FAKTA / KENYATAANNYA, OTAK manusia yang berpikir. Artinya apa? IR menolak ilham Roh Kudus dan hanya menekankan/menggunakan OTAKNYA. Yang aneh adalah anda! setelah mengatakan ilham RK cuma doktrin / teori (artinya PRAKTEKNYA tidak ada), lalu anda katakan ilham RK harus bekerja dengan otak manusia. Bukankah itu bertentangan? Ckckck... 

udah deh... lo udah tau yang sebenarnya, cuma lo mengeraskan hati aja entah kenapa. nikmatilah kekerasan hatimu itu, albert.

Gimana dengan kekerasan hatimu ini:

Dennis: Dia, entah kenapa, membuat diriNya memerlukan manusia untuk melakukan segalanya.

Selamat mengeraskan hati Pig.

bygrace's picture

Adrina : Beragama pada peringkat dewasa dan matang

Salam, Adrina

Ada banyak hal yang Adrina tuliskan dalam blog ini. Saya tidak bermaksud menangggapi karena saya tidak begitu paham konsep-konsep seperti inerrancy dan infallability-nya Alkitab, Doktrin Tritunggal dsbnya. Tetapi, hal yang satu ini benar-benar menggelitik dan mengganggu pikiran saya, karena Pak IR menulis :

Beragama karena iming-iming surga atau karena ketakutan pada neraka adalah beragama pada level kanak-kanak di sekolah minggu. Beragama pada peringkat dewasa dan matang, tidak memerlukan ide ttg surga dan neraka.

Saya baru sadar, per definisi di atas, saya masih pada level kanak-kanak di sekolah minggu. Bagi saya, alasan beragama ( = mengikut ajaran Kristus) adalah karena saya dijanjikan kehidupan yang kekal ( = surga) dan terhindar dari hukuman yang kekal ( = neraka). Untuk alasan yang lain, seperti untuk ilmu mencari nafkah, ilmu mencari ketenangan batin, ilmu membangun hubungan sosial yang baik, ilmu mendidik anak,...dsbnya, saya bisa dapatkan dari ajaran lain, tidak perlu harus ikut Yesus (atau beragama). Bagi saya nih, kalau pertanyaan ini

Lah, bukankah surga dan neraka tidak ada beneren, dan cuma ada dalam khayalan orang beragama?

adalah sebuah pernyataan tentang kebenaran, saya akan berhenti menjadi Kristen, berhenti belajar (mencari tahu) apa yang menjadi petunjuk/ajaran Tuhan bagi manusia, dan kemungkinan besar EGP tentang Tuhan.

Saya jadi ingin tahu lebih lanjut tentang orang-orang yang sudah 'dewasa dan matang', bagaimana sih cara mereka beragama ? Barangkali saja saya masih sanggup belajar dan 'naik kelas' dangan merevisi alasan saya beragama.

Menurut Adrina sendiri, bagaimana ajaran Kristen mengenal konsep 'dewasa dan matang' dalam beragama ? Thanks,ya.

Adrina's picture

@bygrace, konsep beragama

Salam, Adrina

Ada banyak hal yang Adrina tuliskan dalam blog ini. Saya tidak bermaksud menangggapi karena saya tidak begitu paham konsep-konsep seperti inerrancy dan infallability-nya Alkitab, Doktrin Tritunggal dsbnya. Tetapi, hal yang satu ini benar-benar menggelitik dan mengganggu pikiran saya, karena Pak IR menulis :

Beragama karena iming-iming surga atau karena ketakutan pada neraka adalah beragama pada level kanak-kanak di sekolah minggu. Beragama pada peringkat dewasa dan matang, tidak memerlukan ide ttg surga dan neraka.

Mungkin kita perlu mendefinisikan dulu, apa itu ‘beragama’.  Menurut saya, pengertian ‘beragama’ dalam konteks Kristen adalah ‘beriman pada Yesus Kristus’ atau seperti yang anda katakan “mengikut ajaran Kristus”. Pada saat seseorang memutuskan untuk menjadi Kristen (beragama Kristen), berarti orang itu seharusnya telah ‘beriman kepada Yesus’. Sekarang persoalannya adalah mengapa atau apa alasan orang tersebut menjadi Kristen / beriman pada Yesus? Memang ada banyak ayat-ayat Alkitab yang menjelaskan bahwa pada saat beriman / percaya pada Yesus, maka kita akan selamat / hidup kekal (misalnya Yoh 3:16). Tetapi, ‘percaya’ dalam hal apa? Banyak orang yang mengaku telah percaya pada Yesus, tapi apakah mereka sudah pasti ke surga?

Kis 16:31  Jawab mereka: "Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu."

Joh 14:6  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Kis 16:31 menjelaskan bahwa manusia harus percaya pada Yesus sebagai Tuhan, maka akan diselamatkan (perhatikan: percaya pada Tuhan Yesus adalah hal yang harus dilakukan manusia agar selamat). Lalu Yoh 14:6 mengatakan bahwa Yesus adalah satu-satunya Juruselamat / pengantara kepada Bapa / surga. Jadi, pada saat seseorang  beragama Kristen / beriman pada Yesus, itu karena orang tersebut percaya/yakin bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat dan bukan karena supaya masuk surga. Mengapa? Karena tanpa manusia percaya pada Yesus, maka dia tidak akan mendapatkan surga.  

Percaya pada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, seharusnya merupakan alasan yang utama, ketika seseorang beragama Kristen. Jadi, alasan seseorang beragama Kristen karena dijanjikan hidup kekal, adalah alasan yang salah!   
 

Saya baru sadar, per definisi di atas, saya masih pada level kanak-kanak di sekolah minggu. Bagi saya, alasan beragama ( = mengikut ajaran Kristus) adalah karena saya dijanjikan kehidupan yang kekal ( = surga) dan terhindar dari hukuman yang kekal ( = neraka). Untuk alasan yang lain, seperti untuk ilmu mencari nafkah, ilmu mencari ketenangan batin, ilmu membangun hubungan sosial yang baik, ilmu mendidik anak,...dsbnya, saya bisa dapatkan dari ajaran lain, tidak perlu harus ikut Yesus (atau beragama). Bagi saya nih, kalau pertanyaan ini

Lah, bukankah surga dan neraka tidak ada beneren, dan cuma ada dalam khayalan orang beragama?

adalah sebuah pernyataan tentang kebenaran, saya akan berhenti menjadi Kristen, berhenti belajar (mencari tahu) apa yang menjadi petunjuk/ajaran Tuhan bagi manusia, dan kemungkinan besar EGP tentang Tuhan.

Kita jangan terburu-buru mengaminkan pandangan orang. Semuanya harus di cek lagi ke Alkitab. Ketidakpercayaan pak IR terhadap surga dan neraka, jelas merupakan tindakan yang bukan hanya ngawur tapi juga ngaco!

 

Saya jadi ingin tahu lebih lanjut tentang orang-orang yang sudah 'dewasa dan matang', bagaimana sih cara mereka beragama ? Barangkali saja saya masih sanggup belajar dan 'naik kelas' dangan merevisi alasan saya beragama.

Menurut Adrina sendiri, bagaimana ajaran Kristen mengenal konsep 'dewasa dan matang' dalam beragama ? Thanks,ya.

Menurut saya, alasan seseorang beragama Kristen adalah karena dia percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat. Selanjutnya, kehidupan Kristen semakin hari harus semakin bertumbuh ke dalam kedewasaan. Kita dituntut untuk semakin mengenal-Nya lewat Firman Tuhan.

 

bygrace's picture

@adrina : amin, tetapi....

Saya setuju dengan ini

Percaya pada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, seharusnya merupakan alasan yang utama, ketika seseorang beragama Kristen.

Tetapi, mengapa manusia harus mempercayai Tuhan ? Sepenglihatan saya, banyak orang yang tidak percaya adanya Tuhan (atau tidak percaya Yesus adalah Tuhan) hidupnya di bumi "fine-fine" saja, bahkan kadang-kadang lebih baik (lebih sejahtera, lebih damai, lebih manusiawi) daripada orang yang percaya Yesus adalah Tuhan.

Menurut saya, alasan seseorang beragama Kristen adalah karena dia percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat. Selanjutnya, kehidupan Kristen semakin hari harus semakin bertumbuh ke dalam kedewasaan. Kita dituntut untuk semakin mengenal-Nya lewat Firman Tuhan.

Saya masih belum mengerti  tentang yang dimaksud dengan 'bertumbuh ke dalam kedewasaan'. Bisa memberi contoh ? Trims.

Adrina's picture

@bygrace, Kita pasti akan merasakan "fine" yg sesungguhnya

Tetapi, mengapa manusia harus mempercayai Tuhan ? Sepenglihatan saya, banyak orang yang tidak percaya adanya Tuhan (atau tidak percaya Yesus adalah Tuhan) hidupnya di bumi "fine-fine" saja, bahkan kadang-kadang lebih baik (lebih sejahtera, lebih damai, lebih manusiawi) daripada orang yang percaya Yesus adalah Tuhan.

Jika manusia tidak percaya pada keberadaan Tuhan, menurut anda apa jadinya? Pasti 'kacau balau' khan? Saya kira Atheis itu tidak ada. Setiap manusia pasti ada / punya kepekaan untuk menyembah, itulah yang dikatakan Calvin. Kita jangan melihat orang yang tidak percaya Yesus "fine-fine" aja, lalu ikut-ikutan mereka menjadi tak percaya. Kehidupan rill, tidak bisa menjadi tolok ukur. Sekalipun mereka "fine-fine" aja, tapi kalau mereka tak percaya Yesus, mereka pasti ada di neraka! Mungkin hidup kita tidak "lebih baik" dari mereka, tapi jika kita sungguh2 percaya pada Yesus, kita pasti akan merasakan "fine" yang sesungguhnya.


Saya masih belum mengerti  tentang yang dimaksud dengan 'bertumbuh ke dalam kedewasaan'. Bisa memberi contoh ? Trims.

Banyak sekali, misalkan saja: saat percaya Yesus sebagai Tuhan, kita harus tahu, Dia "Tuhan" yang bagaimana? Lalu bagaimana pengertian "keselamatan" dalam Kristen? Manusia selamat karena berbuat baik atau iman? Apakah keselamatan itu bisa hilang?, dan sebagainya. Bagaimana cara kita mengenal / mengetahuinya? Tentunya harus belajar Alkitab. Dengan belajar Alkitab, kita pasti akan dapat bertumbuh semakin dewasa dalam Tuhan.

 

smile's picture

Adrina : kenapa tidak seperti yang smile pikirkan?

Adrina :
mengenaskan. Lebih lanjut, Bengcu Si Bugil ini, lalu melontarkan “bahasa roh”-nya: “Lang kong tang I kong sai”. Yang kemudian dia tafsirkan sebagai: “orang bicara Utara dia bicara Selatan”. Pdt. Ioanes Rakhmat menulis tentang utara, Pdt. Ir. Mangapul Sagala, D.Th menghakiminya sebagai selatan.”

smile : Adrina,...kenapa harus emosi membabi buta,..yang akhirnya menunjukkan anda adalah seorang emosian, Anda menulis sampai tidak sadar dengan apa yang anda tulis.

Bagaimana seorang yang berbahasa roh bisa mengartikannya sendiri?hihihihihi.....

Adrina bagi smile itu seorang yang pandai, yang suka menulis panjang panjang dan menyita waktu orang untuk membacanya,,,tapi kenapa justru anda jadi menunjukkan kalau ternyata anda itu tidak pandai seperti yang smile pikirkan?

Tahukah anda kenapa anda jadi kelihatan tidak pintar lagi? karena anda dibakar api cemburu,..eh salah,..api amarah....

Jika memisalkan sesuatu pun harus bisa berdasar pada logika dan daya pikir orang yang membacanya, agar apa yang anda sindirkan bisa dimnegerti orang dan tidak menjadi pemikiran baru yang tidak sesuai dengan apa yang anda maksudkan sendiri untuk orang mengertinya

Banyak kebobrokan, hanya segelintir yang berani mengutarakannya,..banyak yang lebih takut kepada manusia daripada kepada Tuhan...
Bagi smile,.aliran itu membuat perbedaan dan membuat perpecahan yang merugikan,..dan semua yang dipikirkan manusia,..semua yang dikemukakan manusia tentang kebenaran, tak ada satupun yang sempurna,...

 

sincerely,
smile

 

Penakluk sejati adalah orang yang bisa menaklukkan dirinya sendiri

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

Adrina's picture

@Smile, Anda berani?

smile : Adrina,...kenapa harus emosi membabi buta,..yang akhirnya menunjukkan anda adalah seorang emosian, Anda menulis sampai tidak sadar dengan apa yang anda tulis.

Smile, siapa yang emosi? Anda tahu dari mana saya emosi? Coba anda buktikan?

Bagaimana seorang yang berbahasa roh bisa mengartikannya sendiri?hihihihihi.....

Hahaha...Itulah HEBATNYA suhu Hai hai, setelah melontarkan bahasa andalannya itu, dia langsung tafsirkan. Tetapi anehnya, tafsirannya SALAH! Oleh karena itu, saya yakin "bahasa roh"-nya itu PALSU!

Adrina bagi smile itu seorang yang pandai, yang suka menulis panjang panjang dan menyita waktu orang untuk membacanya,,,tapi kenapa justru anda jadi menunjukkan kalau ternyata anda itu tidak pandai seperti yang smile pikirkan?

Terimaksih atas pujiannya. Smile, silahkan anda menilai saya sesuai dengan apa yang anda yakini. Saya akan terima itu sebagai satu masukan yang berarti buat saya  

Tahukah anda kenapa anda jadi kelihatan tidak pintar lagi? karena anda dibakar api cemburu,..eh salah,..api amarah....

Saya juga berterimakasih atas "pujian" anda ini. Tapi sekali lagi saya tanya: dari mana anda tahu saya terbakar api amarah???

Jika memisalkan sesuatu pun harus bisa berdasar pada logika dan daya pikir orang yang membacanya, agar apa yang anda sindirkan bisa dimnegerti orang dan tidak menjadi pemikiran baru yang tidak sesuai dengan apa yang anda maksudkan sendiri untuk orang mengertinya

Saya kira apa yang saya "sindirkan" pada Hai hai, sudah cukup bagus kok... 

Banyak kebobrokan, hanya segelintir yang berani mengutarakannya,..banyak yang lebih takut kepada manusia daripada kepada Tuhan...

Smile, kalimat anda ini yang SANGAT saya SUKA! Gimana kalau kita bekerjasama menghancurkan setiap "kebobrokan" yang ada di SS? Anda berani??? 

Bagi smile,.aliran itu membuat perbedaan dan membuat perpecahan yang merugikan,..dan semua yang dipikirkan manusia,..semua yang dikemukakan manusia tentang kebenaran, tak ada satupun yang sempurna,...

Benar, tak ada satu aliranpun yang sempurna, termasuk aliran yang saya anut sekarang; REFORMED!

 

smile's picture

Adrina : saatnya nanti akan tiba

Tuh kan, adrina masih emosi dan jadinya ngelamun yah....

Smile, siapa yang emosi? Anda tahu dari mana saya emosi? Coba anda buktikan?

Bagaimana seorang yang berbahasa roh bisa mengartikannya sendiri?hihihihihi.....(bukankah ini jawabannya Adrina???)

Sudah jelas jelas berarti Hai Hai tidak berbahasa Roh,...karena mana ada yang bisa mengartikan bahasa roh yang diucapkannya sendiri? Yang Ko Hai ucapkan itu :

"Dia dengan fasihnya berkata: “Lang kong tang I kong sai” ! Seperti yang sudah dikatakan di atas, melalui “bahasa roh”-nya ini, dia menafsirkan bahwa “Pdt. Ioanes Rakhmat menulis tentang utara, Pdt. Ir. Mangapul Sagala, D.Th menghakiminya sebagai selatan.”

Adrina, itu bukan bahasa ROH, itu bahsa ARAB,..hihihi....

Banyak kebobrokan, hanya segelintir yang berani mengutarakannya,..banyak yang lebih takut kepada manusia daripada kepada Tuhan...

Smile, kalimat anda ini yang SANGAT saya SUKA! Gimana kalau kita bekerjasama menghancurkan setiap "kebobrokan" yang ada di SS? Anda berani??? 

adrina....
smile sedang berusaha menaklukkan diri smile terlebih dahulu,...baru bisa menghancurkan kebobrokan yang ada,...
Mungkin langkah awal adalah seperti itu, yang kemudian secara kongkrit smile keluar dari semua aliran yang ada dalam KE -KRISTEN-AN

Langkah selanjtunya setelah melakukan dua langkah diatas,smile belum tahu apa yang harus smile perbuat,..karena menyingkap itu butuh mempersenjatai diri...jangan sampai smile dikatakan TONG KOSONG NYARING BUNYI nya...

 

sincerely,
smile

*Penakluk sejati adalah orang yang mampu menaklukkan dirinya sendiri*

 

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

Adrina's picture

@Smile, Sampai kapan?

Tuh kan, adrina masih emosi dan jadinya ngelamun yah....

Bagaimana seorang yang berbahasa roh bisa mengartikannya sendiri?hihihihihi.....(bukankah ini jawabannya Adrina???)

Sudah jelas jelas berarti Hai Hai tidak berbahasa Roh,...karena mana ada yang bisa mengartikan bahasa roh yang diucapkannya sendiri? Yang Ko Hai ucapkan itu :

"Dia dengan fasihnya berkata: “Lang kong tang I kong sai” ! Seperti yang sudah dikatakan di atas, melalui “bahasa roh”-nya ini, dia menafsirkan bahwa “Pdt. Ioanes Rakhmat menulis tentang utara, Pdt. Ir. Mangapul Sagala, D.Th menghakiminya sebagai selatan.”

Adrina, itu bukan bahasa ROH, itu bahsa ARAB,..hihihi....

Smile,anda ngerti tidak, fungsi dari tanda petik dua ("....") ? Apa anda pikir saya sedang memaksudkan "bahasa roh" dalam arti yang sebenarnya? Tidak. Itu hanya semacam 'sindiran' pada Hai hai, agar jangan SOK aksi menggunakan bahasa nenek moyangnya itu, kalau ternyata SALAH tempat!

adrina....
smile sedang berusaha menaklukkan diri smile terlebih dahulu,...baru bisa menghancurkan kebobrokan yang ada,...
Mungkin langkah awal adalah seperti itu, yang kemudian secara kongkrit smile keluar dari semua aliran yang ada dalam KE -KRISTEN-AN

Langkah selanjtunya setelah melakukan dua langkah diatas,smile belum tahu apa yang harus smile perbuat,..karena menyingkap itu butuh mempersenjatai diri...jangan sampai smile dikatakan TONG KOSONG NYARING BUNYI nya...

Baguslah kalau anda ingin membenahi diri sendiri dulu, tapi sampai kapan? Bukankah anda sudah berani MENENTANG bahasa roh yang palsu? Bukankah itu bagus (bukan hanya TONG KOSONG yang nyaring)? Gimana kalau anda bekerjasama dengan saya untuk MENGHANCURKAN para PENYESAT di SS ini???

 

 

smile's picture

Adrina ; duh....masih pake ngotot.....

Dia dengan fasihnya berkata: “Lang kong tang I kong sai” ! Seperti yang sudah dikatakan di atas, melalui “bahasa roh”-nya ini, dia menafsirkan bahwa “Pdt. Ioanes Rakhmat menulis tentang utara, Pdt. Ir. Mangapul Sagala, D.Th menghakiminya sebagai selatan.”

Adrina, itu bukan bahasa ROH, itu bahsa ARAB,..hihihi....

Smile,anda ngerti tidak, fungsi dari tanda petik dua ("....") ? Apa anda pikir saya sedang memaksudkan "bahasa roh" dalam arti yang sebenarnya? Tidak. Itu hanya semacam 'sindiran' pada Hai hai, agar jangan SOK aksi menggunakan bahasa nenek moyangnya itu, kalau ternyata SALAH tempat!

adrina,..jangan terlalu serius dan emosi dong....smile nih ga bloon bloon amat,..cuma senang bercanda kok...semua juga tahu itu bahasa mandarin,...masak bahasa arab,..smile juga tahu itu sindiran,..duh..adrina...ga bisa bercanda yah???

liat dong smile tulis disitu bahasa arab??? ya ga mungkin lah,..semua juga tahu itu bahasa mandarin,...ditambah lagi, ada "hihihi" apa adrina ga ngerti juga kalau hihihi itu artinya sedang tertawa???

maksud smile bercanda............masa hidup harus serius terus sih??? kan harus liat konteks nya dulu,...kalau serius terus ya mending adrina aja sendirian,..karena smile ga mau terus menerus serius dalam menghadapi segala sesuatu...

Adrina menulis :

 

Baguslah kalau anda ingin membenahi diri sendiri dulu, tapi sampai kapan? Bukankah anda sudah berani MENENTANG bahasa roh yang palsu? Bukankah itu bagus (bukan hanya TONG KOSONG yang nyaring)? Gimana kalau anda bekerjasama dengan saya untuk MENGHANCURKAN para PENYESAT di SS ini???

Adrina, bagaimana sih jika disebut penyesat? bukankah yang menuliskan, membuat teori tenatng tafsirnya mengenai alkitab ke khalayak umum, sehingga jika salah orang menjadi tersesat dibuatnya?

smile mau menghancurkan semua penyesat,...tapi lagi lagi,..bukankah kita juga harus bersenjatakan ketulusan, kebaikan, dan pengetahuan yang cukup serta memiliki kasih untuk bisa mewujudkan semuanya itu?

Menghancurkan dalam hal ini adalah mematahkan segala teori dan pemikirannya yang menyesatkan dan mengembalikan kepada kebenaran,...itu bukan hal yang biasa dan mudah saja.....pengetahuan kita akan kebenaran itu sendiri harus mantap.

Alangkah bahagianya bila Tuhan sendiri yang mengkaruniakan segala akal budi untuk bisa mengungkapkan tentang kebenran dan mengembalikan domba yang tersesat itu.

 

sincerely,
smile

*Penakluk sejati adalah orang yang mampu menaklukkan dirinya sendiri*

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

Adrina's picture

@Smile, OKB

Smile:

adrina,..jangan terlalu serius dan emosi dong....smile nih ga bloon bloon amat,..cuma senang bercanda kok...semua juga tahu itu bahasa mandarin,...masak bahasa arab,..smile juga tahu itu sindiran,..duh..adrina...ga bisa bercanda yah???

liat dong smile tulis disitu bahasa arab??? ya ga mungkin lah,..semua juga tahu itu bahasa mandarin,...ditambah lagi, ada "hihihi" apa adrina ga ngerti juga kalau hihihi itu artinya sedang tertawa???

maksud smile bercanda............masa hidup harus serius terus sih??? kan harus liat konteks nya dulu,...kalau serius terus ya mending adrina aja sendirian,..karena smile ga mau terus menerus serius dalam menghadapi segala sesuatu...

Adrina:

Lalu bagaimana dengan kalimat anda ini:

 

smile : Adrina,...kenapa harus emosi membabi buta,..yang akhirnya menunjukkan anda adalah seorang emosian, Anda menulis sampai tidak sadar dengan apa yang anda tulis.

Bagaimana seorang yang berbahasa roh bisa mengartikannya sendiri?hihihihihi.....

Adrina bagi smile itu seorang yang pandai, yang suka menulis panjang panjang dan menyita waktu orang untuk membacanya,,,tapi kenapa justru anda jadi menunjukkan kalau ternyata anda itu tidak pandai seperti yang smile pikirkan?

Tahukah anda kenapa anda jadi kelihatan tidak pintar lagi? karena anda dibakar api cemburu,..eh salah,..api amarah....

Tuh kan, adrina masih emosi dan jadinya ngelamun yah....

Bagaimana seorang yang berbahasa roh bisa mengartikannya sendiri?hihihihihi.....(bukankah ini jawabannya Adrina???)

Sudah jelas jelas berarti Hai Hai tidak berbahasa Roh,...karena mana ada yang bisa mengartikan bahasa roh yang diucapkannya sendiri?

Smile, anda katakan Adrina seorang emosian yang membabi buta, tidak sadar dengan apa yang ditulisnya, tidak pandai, karena bahasa roh tidak bisa diartikan sendiri. Anda menganggap itu sebagai lelucon? Yah...Mungkin saya salah mengartikan "lelucon" anda itu. Kalau memang demikian, OKB (Okelah Kalau Begitu).


Adrina, bagaimana sih jika disebut penyesat? bukankah yang menuliskan, membuat teori tenatng tafsirnya mengenai alkitab ke khalayak umum, sehingga jika salah orang menjadi tersesat dibuatnya?

Penyesat adalah mereka yang tidak mengakui Yesus Kristus sebagai Allah dan satu-satunya Juruselamat itulah salah satu contohnya. Ketika ada tulisan seseorang yang menolak ke-Tuhan-an Yesus dan karya penebusan-Nya, orang yang belum mengerti Alkitab, pasti ada kemungkinan untuk disesatkan. Tugas kita sebagai orang yang sungguh-sungguh percaya pada-Nya, adalah mempertanggung jawabkan iman kita / memberitakan Injil bagi para penyesat itu, dan memberitahu bahwa apa yang diajarkannya itu salah / bertentangan dengan Alkitab. Dengan demikian, kita juga bisa menolong orang lain agar tidak ikut tersesat.

smile mau menghancurkan semua penyesat,...tapi lagi lagi,..bukankah kita juga harus bersenjatakan ketulusan, kebaikan, dan pengetahuan yang cukup serta memiliki kasih untuk bisa mewujudkan semuanya itu?

Menghancurkan dalam hal ini adalah mematahkan segala teori dan pemikirannya yang menyesatkan dan mengembalikan kepada kebenaran,...itu bukan hal yang biasa dan mudah saja.....pengetahuan kita akan kebenaran itu sendiri harus mantap.

Alangkah bahagianya bila Tuhan sendiri yang mengkaruniakan segala akal budi untuk bisa mengungkapkan tentang kebenran dan mengembalikan domba yang tersesat itu.

Okelah kalau begitu. Sobat, saya tetap menunggu anda...

 

smile's picture

Adrina : saya bertanya

Adrina...penyesat bagi anda adalah :

Penyesat adalah mereka yang tidak mengakui Yesus Kristus sebagai Allah dan satu-satunya Juruselamat

itulah salah satu contohnya. Ketika ada tulisan seseorang yang menolak ke-Tuhan-an Yesus dan karya penebusan-Nya, orang yang belum mengerti Alkitab, pasti ada kemungkinan untuk disesatkan. Tugas kita sebagai orang yang sungguh-sungguh percaya pada-Nya, adalah mempertanggung jawabkan iman kita / memberitakan Injil bagi para penyesat itu, dan memberitahu bahwa apa yang diajarkannya itu salah / bertentangan dengan Alkitab. Dengan demikian, kita juga bisa menolong orang lain agar tidak ikut tersesat.

Jika benar demikian, mustahil di sabda space ini ada penyesat, karena semuanya kemungkinan besar mengakui Yesus Kristus sebagai tuhan dan juruslamat.

Apakah penyesat mempunyai arti yang lain bagi anda? harap bisa dijelaskan.

Kenapa saya bertanya seperti itu? karena bagi saya di SS ini banyak sekali yang mengatakan si a sesat dan si b sesat. bukankah yang harus dinamakan sesat jika menurut pengertian anda adalah orang orang diluar kristen?

saya suka sekali dengan paham dari : Ernst  Troeltsch,

Jadi apa yang harus saya lakukan dengan para penyesat? apa penyesat itu sesuai dengan apa yang anda mengerti? siapa saja bagi anda di Sabda Space ini yang disebut sebagai penyesat?

Bisakah anda memberitahu saya, karena saya tulus bertanya, karena saya lama kelamaan menjadi bingung dengan arti kata sesat, penyesat, tersesat dan disesatkan....

 

sincerely,
smile

*Penakluk sejati adalah orang yang mampu menaklukkan dirinya sendiri*

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

Adrina's picture

Smile: HANCURKAN ajaran sesat

Jika benar demikian, mustahil di sabda space ini ada penyesat, karena semuanya kemungkinan besar mengakui Yesus Kristus sebagai tuhan dan juruslamat.

Anda yakin demikian? Apa dasar keyakinan anda itu? Apakah semua orang yang mengaku Yesus Tuhan dan Juruselamat sudah pasti benar / bukan penyesat?

Apakah penyesat mempunyai arti yang lain bagi anda? harap bisa dijelaskan.

Contoh yang lain: Menolak doktrin Tritunggal dan mengatakan manusia selamat karena iman dan perbuatan baik.

Kenapa saya bertanya seperti itu? karena bagi saya di SS ini banyak sekali yang mengatakan si a sesat dan si b sesat. bukankah yang harus dinamakan sesat jika menurut pengertian anda adalah orang orang diluar kristen?

Tidak, bukan hanya mereka yang diluar Kristen, di Kristen sendiri juga banyak.

saya suka sekali dengan paham dari : Ernst  Troeltsch,

Jadi apa yang harus saya lakukan dengan para penyesat? apa penyesat itu sesuai dengan apa yang anda mengerti? siapa saja bagi anda di Sabda Space ini yang disebut sebagai penyesat?

Yang anda harus lakukan adalah HANCURKAN ajaran mereka! Saya sudah memberi beberapa contoh ajaran sesat, itu bukan hanya menurut pemahaman saya, tapi itu adalah ajaran Alkitab. Contoh penyesat yang ada di SS: Pak Hai hai!

Bisakah anda memberitahu saya, karena saya tulus bertanya, karena saya lama kelamaan menjadi bingung dengan arti kata sesat, penyesat, tersesat dan disesatkan....

Terinakasih untuk pertanyaannya.

 

Pniel's picture

Red Herring ala IR!

AR: Siapa bilang doktrin "Tritunggal" tak ada di Alkitab? Memang kata "Tritunggal" tak ada, tapi ajaran mengenai hal itu, sangat jelas. Mengenai "Kekristenan Yahudi", apa anda pikir karena itu lebih tua maka berarti Paulus telah salah? Anda pikir Paulus itu siapa? Dia adalah penulis Kitab Suci yang diilhamkan oleh Roh Kudus. Jadi, tulisan2nya, jelas benar secara mutlak! Lalu mengenai sorga dan neraka yang menurut anda tidak ada, saya persilahkan anda beri dasar ajaran anda itu berdasar pada Alkitab. Tunjukkan ayat mana yang ngomong seperti itu. Jika ada ayatnya, saya akan ikut ajaran sesat anda itu.

IR: Saya sedang menulis sbh buku yang kalau terbit nanti (Juni 2010) akan berjudul Doktrin Tritunggal Mengambang. Tunggu saja. Ilham roh kudus itu hanya ada dalam doktrin, dalam fakta kehidupan otak manusialah yang berpikir, entah pemikirannya bagus ataupun pemikirannya buruk. Coba kalau otak anda lepaskan dari kepala anda, apa anda bisa merasakan pimpinan Roh Kudus? Ttg surga dan neraka. Coba kalau otak kita copot dari kepala, apa kita masih bisa merasakan nikmat surga dan sengsara neraka? Nah, apa sesudah kematian otak masih orang bawa-bawa sementara orang sudah tidak bertubuh lagi? Beragama karena iming-iming surga atau karena ketakutan pada neraka adalah beragama pada level kanak-kanak di sekolah minggu. Beragama pada peringkat dewasa dan matang, tidak memerlukan ide ttg surga dan neraka. Salam

Membaca diskusi diatas, saya sempet berpikir apa bener orang ini doktor atau lulusan SD koq ditanya jawabannya ga nyambung alias RED HERRING ?? Kalau ga bisa jawab, mending akui saja daripada ngomong ngalor ngidul ga fokus.

IR : Sy jadi tidak yakin orang semacam anda ini sudah dibarui roh kudus.

Yang lebih kacau lagi adalah rupanya otak IR ini ga jalan. Sembari dia menolak eksistensi dari pimpinan RK, dia juga menyatakan dan percaya pada kuasa pembaharuan RK pada orang Kristen. Pernyataannya : dia percaya pada ilham/pimpinan RK atau tidak? jawabannya tidak jelas, sama tidak jelasnya dengan logikanya yang kacau luar biasa.

Apakah logika Espanyole ini yang disanjung dan disembah oleh IR yang memimpinnya berpikir tidak sehat lagi???

Sementara ini saja komentar saya. Yang lain menyusul.

Salut untuk Adrina. GBU sis!

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

dennis santoso a.k.a nis's picture

goblok koq ga tanggung2

pniel, IR disitu jelas berkata bahwa pimpinan RK bekerja melalui otak manusia. itu yang dia katakan... dan ini sama sekali bukan berarti dia menolak eksistensi pimpinan RK.

kalo yang gini2 aja kalian (pniel dan adrina) ga paham, maka wajarlah kalo IR menolak melayani kalian.... jagoan ga perlu berhadapan dengan para kroco seperti kalian.

Pniel's picture

@Dennis

Anda itu ngapain datang-datang kesini pake acara marah2 segala? Masih muda tetapi sudah kena hipertensi...kasihan...ntar cepet kena stroke lho!

Kalau baca, buka kacamata loe, lalu bersihkan sampai bersih baru baca kembali dan berkomentar ya? Atau kalau minusnya nambah, silahkan ganti dengan yang baru yg minusnya cocok untuk mata loe.

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

dennis santoso a.k.a nis's picture

ngeles aja pake bilang gue marah

alih2 membahas inti comment gue, lo malah mengalihkan isu dengan isu bahwa gue marah. pniel, apakah dengan menyatakan bahwa kamu itu gobloknya setengah mati berarti gue marah? tidak terpikirkah kemungkinan bahwa gue sedang mengejek kamu saja? hahaha... dasar manusia TOLOL

Pniel's picture

@Dennis, udah @#$% ?

Kemarahan loe membuat loe udah tdk bisa berpikir normal lagi(alias : @#$%, silahkan isi sendiri dengan empat huruf yg cocok untuk anda) bahkan loe udah tidak bisa menilai diri sendiri apakah loe marah atau tidak. Makanya gue saranin sebelum debat dengan gue, kompres kepala loe dengan es batu agar dalemnya juga adem, kalau perlu masukin kepala loe ke kulkal seharian biar cool abis...karena percuma layanin debat dgn orang yg kena gangguan hipertensi!

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

dennis santoso a.k.a nis's picture

tuhan baru

buset, jadi rupanya pniel ini sudah serupa dengan Tuhan yah... pniel (merasa) tahu isi hati gue yang terdalam yang bahkan gue sendiri tidak mengetahuinya.... LUAR BIASA... yah sudah lah, nikmati saja ketololanmu... uups, maksud gue, ketuhananmu.

bintang seven's picture

lucu

AR: 

Ioanes: Saya sedang menulis sbh buku yang kalau terbit nanti (Juni 2010) akan berjudul Doktrin Tritunggal Mengambang. Tunggu saja.

Albert: Mengapa harus menunggu, coba anda jelaskan sj disini.

LALU PAK IONES PUN MELAKUKAN YG DIMINTA ADRINA

Ioanes: Ilham roh kudus itu hanya ada dalam doktrin, dalam fakta kehidupan otak manusialah yang berpikir, entah pemikirannya bagus ataupun pemikirannya buruk. Coba kalau otak anda lepaskan dari kepala anda, apa anda bisa merasakan pimpinan Roh Kudus?

SEKARANG PAK IOANES GANTIAN MEMINTA SESUATU PADA ADRINA:

Ioanes: Ttg surga dan neraka. Coba kalau otak kita copot dari kepala,

ADRINA LO BELUM MELAKUKANNYA, COPOT NGAPA KEPALA LO. ADRINA LO MEMINTA YG RINGAN DAN SI IOANES R MEMINTA YG LO GAK SANGGUP, hahah..haha lucu permintaan orang hebat.

 

 

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Adrina's picture

@B7, Lucu juga si B7

Ioanes: Saya sedang menulis sbh buku yang kalau terbit nanti (Juni 2010) akan berjudul Doktrin Tritunggal Mengambang. Tunggu saja.

Albert: Mengapa harus menunggu, coba anda jelaskan sj disini.

LALU PAK IONES PUN MELAKUKAN YG DIMINTA ADRINA

Ioanes: Ilham roh kudus itu hanya ada dalam doktrin, dalam fakta kehidupan otak manusialah yang berpikir, entah pemikirannya bagus ataupun pemikirannya buruk. Coba kalau otak anda lepaskan dari kepala anda, apa anda bisa merasakan pimpinan Roh Kudus?

B7, anda pikir pak Ioanes sudah melakukan permintaan saya???

 

SEKARANG PAK IOANES GANTIAN MEMINTA SESUATU PADA ADRINA:

Ioanes: Ttg surga dan neraka. Coba kalau otak kita copot dari kepala,

ADRINA LO BELUM MELAKUKANNYA, COPOT NGAPA KEPALA LO. ADRINA LO MEMINTA YG RINGAN DAN SI IOANES R MEMINTA YG LO GAK SANGGUP, hahah..haha lucu permintaan orang hebat.

B7, elo tahu nggak, itu berarti Ioanes TIDAK PUNYA OTAK, karena sudah menolak eksistensi dari surga dan neraka. Seharusnya OTAKNYA yang sudah TERCOPOT, bukannya meminta Adrina mencopot otaknya.

HOohohoho........................ LUCU JUGA SI B7 ini!

billy chien's picture

@Albert cc smile

Albert say's Smile, kalimat anda ini yang SANGAT saya SUKA! Gimana kalau kita bekerjasama menghancurkan setiap "kebobrokan" yang ada di SS? Anda berani??? 

sory numpang nyela...

kayaknya ada yang saltum alias salah kostum nih...

adrina aka albert masuk dalam suatu forum atau komunitas nga usah banyak polah, cukup ngikut aja kemana alurnya yang pasti filter tetap ada pada diri masing masing, nga perlu lah sok ngatur forum ini ya nga bert...?? alhasil usaha anda mau posting sampai jari keriting atau keyboard pada mampet pun akan sia sia belaka, sekian dulu mas albert...

menghancurkan setiap kebobrokan SS....

pengkotbah 5:2 Karena sebagaimana mimpi disebabkan oleh banyak kesibukan, demikian pula percakapan bodoh disebabkan oleh banyak perkataan.

__________________

Fuck Everything That Doesn't Make You Happy

Adrina's picture

@BC, Usaha / kerja keras

sory numpang nyela...

kayaknya ada yang saltum alias salah kostum nih...

adrina aka albert masuk dalam suatu forum atau komunitas nga usah banyak polah, cukup ngikut aja kemana alurnya yang pasti filter tetap ada pada diri masing masing, nga perlu lah sok ngatur forum ini ya nga bert...?? alhasil usaha anda mau posting sampai jari keriting atau keyboard pada mampet pun akan sia sia belaka, sekian dulu mas albert...

Saya tidak sok ngatur koq. Mengenai kalimat saya pada Smile, saya hanya menawarkan 'kerjasama' padanya. Terserah dia, mau terima atau tidak. Memang tiap orang ada 'filter', tapi apakah kita harus terus membiarkan para bidat berkeliaran dengan bebas? Gimana dengan orang2 yang belum mengerti Alkitab? Apakah mereka tidak akan tersesat juga?

Saya kira usaha saya untuk membuat tulisan tidak akan sia-sia. Walaupun mungkin mayoritas orang tak setuju, saya rasa toh masih ada yang menerimanya, dan itu sudah terbukti.

Yang Tuhan lihat bukan pada RESPON orang terhadap suatu tulisan, tapi pada USAHA / kerja keras kita untuk menyatakan KEBENARAN.