Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Bagaimana Keadaan Blog untuk Waktu Mendatang?

Ry4n's picture

Kemajuan teknologi hari-hari ini tidak dapat dimungkiri semakin membuat 'heran' para pengguna dan penikmat teknologi. Semua hal menjadi sesuatu yang mudah untuk didapat dan dipelajari. Kita juga bisa mengekspresikan diri kita tanpa mengenal batas waktu bahkan biaya. Dengan berkembangnya teknologi-teknologi modern adalah sebuah keuntungan tersendiri untuk mereka yang gila untuk mengeksplorasi jiwa kreatif yang ada dalam hidup mereka. Pasalnya sekarang banyak kreator kreatif yang menemukan ide baru dan mewarnai jagad maya dengan menggunakan alat-alat modern yang ada.Contohnya, Vlog (Video Blog) yang marak beredar di situs Youtube akhir-akhir ini adalah salah satu cara mereka untuk menggunakan teknologi secara kreatif, produktif, dan efesien.

Vlog sendiri adalah kegiatan berbagi pikiran atau apa pun yang ingin dibagi dengan orang lain, namun dalam bentuk video. Namun, sadarkah Anda jika Vlog yang kita buat atau kita tonton merupakan hal yang secara tidak langsung mengurangi eksistensi dari apa yang namanya Blog?
Tentu saja keberadaan Blog lebih dulu daripada Vlog. Pada awal kemunculannya, para pengguna internet di Indonesia sebagian besar menggunakan Blog untuk menulis curahan hati atau perjalanan hidup sang blogger itu sendiri. Namun, setelah media sosial mulai marak, para blogger memanfaatkan blognya untuk memberikan konten-konten yang menarik yang tematik sehingga kegiatan blogging bukan lagi menjadi hal yang dikesampingkan, akan tetapi bisa menjadi sumber penghasilan mereka.

Nah, sekarang pertanyaannya akankah keberadaan Vlog akan menggantikan Blog? Menurut saya, sebagai penikmat, sebenarnya kedua media ini, baik Vlog ataupun Blog, sama-sama memberikan ide/gagasan, rekaman pengalaman yang dapat menginspirasi orang lain, namun hanya disajikan dalam bentuk hasil yang berbeda. Tapi ada sebuah hal yang ingin saya sampaikan melalui tulisan saya ini bahwa kegiatan membaca adalah hal yang tidak akan pernah bisa dihilangkan dari kegiatan manusia karna membaca adalah cara terbaik untuk berkomunikasi -- setidaknya kita pasti akan mendapatkan pengetahuan baru. Juga membaca adalah cara yang mendalam untuk mengumpulkan sebuah informasi. Dapat dikatakan bahwa sebenarnya eksistensi Blog di waktu mendatang akan lebih konsisten dalam segi penggunanya karna hal membaca tidak akan pernah pudar dari kehidupan manusia. Serta, jika dalam Vlog kreator lebih cenderung menampilkan dunia sosial seperti gaya hidup, trending topic, dll., dan Blog justru lebih bisa menyajikan hal-hal informatif yang lebih banyak ragamnya. Pada sebuah buku Elegant Themes Blog mengutip sebuah kalimat bahwa The digital publishing landscape changes fast. So who knows what the future holds?