Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Bahasa Roh – Bukti Tidak Beriman

hai hai's picture

Walaupun Alkitab melarang jemaat berbahasa roh di depan umum tanpa penerjemah, namun banyak gereja justru memasukkan berbahasa roh bersama-sama di dalam liturginya. Walaupun Alkitab secara tegas membatasi hanya tiga orang yang boleh berbahasa roh secara bergantian bila ada yang menerjemahkannya, namun banyak gereja justru menjadikan berbahasa roh bersama-sama tanpa penerjemah sebagai bukti kebangunan rohani sebuah gereja. Walaupun Alkitab mengajarkan bahwa bahasa roh adalah karunia yang tidak berguna untuk membangun jemaat namun banyak pengkotbah justru sangat getol mendorong jemaat untuk mengejar karunia bahasa roh. Walaupun Alkitab menyatakan bahasa roh adalah karunia untuk orang tidak beriman namun banyak sekali orang yang justru merasa super beriman dan dewasa rohani karena mampu berbahasa roh. Kenapa ada gereja yang kekeh jumekeh, ada pengkotbah yang kekeh jumekeh dan banyak orang yang kekeh jumekeh MENENTANG apa yang diajarkan Alkitab? Apakah mereka menerima wahyu baru sehingga ajaran Alkitab sudah kadaluarsa atau mereka sudah disesatkan atau memang sengaja menentang Allah?

KETIKA HAMBA ALLAH MENGHAKIMI HAMBA ALLAH

Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah. Sebab tidak ada seorang pun yang mengerti bahasanya; oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia. I Korintus 14:2

Sebab jika aku berdoa dengan bahasa roh, maka rohkulah yang berdoa, tetapi akal budiku tidak turut berdoa. I Korintus 14:14

Jadi, apakah yang harus kubuat? Aku akan berdoa dengan rohku, tetapi aku akan berdoa juga dengan akal budiku; aku akan menyanyi dan memuji dengan rohku, tetapi aku akan menyanyi dan memuji juga dengan akal budiku. I Korintus 14:15

Lalu katanya kepadaku: "Janganlah takut, Daniel, sebab telah didengarkan perkataanmu sejak hari pertama engkau berniat untuk mendapat pengertian dan untuk merendahkan dirimu di hadapan Allahmu, dan aku datang oleh karena perkataanmu itu. Pemimpin kerajaan orang Persia berdiri dua puluh satu hari lamanya menentang aku; tetapi kemudian Mikhael, salah seorang dari pemimpin-pemimpin terkemuka, datang menolong aku, dan aku meninggalkan dia di sana berhadapan dengan raja-raja orang Persia. Daniel 10:12-13

Walaupun saat ini mulai berkurang namun dua dasawarsa yang lalu di Indonesia bangkit banyak pengkotbah bahkan gereja yang kekeh jumekeh mengajarkan doktrin semua orang Kristen harus bisa berbahasa roh. Mereka mengajukan empat alasan yaitu:

Pertama, bahasa roh adalah satu-satunya bukti tak terbantah seseorang dipenuhi Roh Kudus. Ajaran ini didasarkan pada I Korintus 14:2, oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia.

Kedua, bahasa roh adalah bahasa yang hanya dimengerti oleh Allah, bahasa roh adalah bahasa Allah, dengan berdoa dalam bahasa roh, maka Iblis tidak akan memahaminya, karena tidak memahaminya maka Iblis tidak akan MENCEGAT jawaban doa dari Allah. Ajaran ini didasarkan pada I Korintus 14:2 (hanya Allah yang mengerti bahasa roh) dan Daniel 10:12-14 (malaikat yang membawa jawaban doa Daniel dicegat pemimpin kerajaan orang Persia).

Ketiga, bahasa roh berguna untuk membangun iman, oleh karena itu maka setiap orang yang bisa berbahasa roh memiliki jaminan bagi pertumbuhan imannya. Ajaran ini didasarkan pada I Korintus 14:4 (Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri).

Keempat, bahasa roh adalah cara roh manusia berdoa kepada Allah. Ajaran ini didasarkan pada I Korintus 14:14 (jika aku berdoa dengan bahasa roh, maka rohkulah yang berdoa). Manusia terdiri dari tubuh, jiwa dan roh. Tubuh itu jahat karena keinginan daging itu jahat. Ketika manusia menuruti keinginan dagingnya, maka jiwanya langsung menjadi tawanan iblis. Tubuh yang melakukan dosa namun jiwa dan roh yang membayar harganya. Jiwa menjadi tawanan Iblis sedangkan roh manusia kehilangan kemampuan untuk berdoa kepada Allah. Ketika mendapat anugerah bahasa roh, maka roh manusia kembali mendapatkan kemampuannya untuk berdoa. Dengan kemampuan demikian maka roh akan berdoa selama 24 jam karena roh tidak pernah tidur dan roh tidak terpengaruh oleh apa yang dilakukan oleh tubuh dan jiwa. Sementara tubuh dan jiwa tidur, maka roh tetap berdoa. Ketika anda bekerja, maka roh tetap berdoa.

Semua orang Kristen yang telah lahir baru berhak atas anugerah bahasa roh. Syarat pertama untuk mendapatkan anugerah bahasa roh adalah KERINDUAN berbahasa roh. Kedua, MEMINTA bahkan MEMAKSA (mengklaim janji) Allah untuk memberikannya. Ketiga, BERIMAN bahwa Tuhan akan memberikannya bahkan beriman bahwa allah sudah memberikannya (hamil bahasa roh, akan lahir bila waktunya tiba), pemikiran inilah yang mendasari dibukanya kursus bahasa roh. Kerinduan, minta dan iman itu umumnya diwujudkan dalam bentuk pujian doa dan puasa.

Karena Banyak jemaat tetap tidak bisa berbahasa roh walaupun sudah bersungguh-sungguh memenuhi ketiga syarat tersebut maka muncullah ajaran syarat keempat. Hanya orang Kristen yang dipenuhi Roh Kudus yang akan mendapat anugerah bahasa roh. Dipenuhi Roh Kudus itu ibarat gelas yang diisi air hingga luber, bila tidak luber maka tidak akan mendapat anugerah bahasa roh.

Banyak pengkotbah yakin bahwa Roh Kudus di dalam dirinya benar-benar LUBER. Mereka prihatin ketika melihat banyak sekali jemaat yang walaupun memiliki Roh Kudus, namun tidak penuh apalagi luber. Mereka berdoa agar semua orang Kristen di dunia ini dipenui Roh Kudus hingga luber. Allah memperhatikan ketulusan para pengkotbah demikian, Dia lalu memberi mereka karunia membagi-bagikan Roh Kudus. Pengkotbah yang malu-malu membagi-bagikan luberan Roh Kudus-nya dengan cara tumpang tangan, yang lainnya dengan MENGEMBUSI jemaat, beberapa pengkotbah yang paling sakti, misalnya Benny Hinn selain mengembus juga melempar-lemparkan Roh Kudus kepada jemaat yang menghadiri KKR-nya.

Dunia kekristenan gonjang ganjing, saya ingat, saat itu, sang hamba Allah, Pdt. Dr Stephen Tong, berdiri di atas mimbar, wajahnya garang, matanya nyalang namun suaranya parau penuh duka, “Mau dibawa kemana iman generasi ini?” Kebisuan menguasai ruang kebaktian lalu dengan suara datar dia menyebutkan nama beberapa orang hamba Tuhan yang mengaku memiliki kuasa untuk membagi-bagikan Roh Kudus. Dengan tegas dia lalu berkata, “Roh Kudus adalah pribadi ketiga dari Allah Tritunggal, bukan KUASA, bukan ENERGI, Dia adalah pribadi ketiga dari Allah Tritunggal! Hanya Yesus Kristus yang berkuasa membaptis dengan Roh Kudus” Suaranya hampir tersedak, dia terbatuk-batuk hebat lalu mengeluarkan sapu tangan dari kantongnya, menghapus air matanya, menghapus keringatnya lalu menampung dahaknya. Pada saat itulah saya tahu apa itu kemarahan suci. Pada saat itulah saya memahami apa yang terjadi ketika Yesus Kristus murka di bait Allah, “Rumah-Ku akan disebut rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun.”

Ketika seorang hamba Allah menyatakan kesesatan hamba Allah lainnya, dia tidak merasa bangga sama sekali, namun terpaksa melakukannya, rasanya seperti MENEBAS anggota tubuh sendiri, tidak ada kebanggaan sama sekali, hanya perih dan nyeri.

Karena Allah, aku tidak berani tidak menyerang! Aku berdosa, namun tidak berani berbuat jahat, mustahil menentang kehendakNya! Kebaikan dirimu, tak berani kusembunyikan, kejahatan diriku, tak berani kuampuni!

BAHASA ROH BUKAN BAHASA ROH MANUSIA

Bahasa roh yang tercatat di dalam I Korintus 14 bukan bahasa manusia, karena tidak ada manusia yang menggunakannya sebagai alat komunikasi sehingga tidak ada yang mengerti. Walaupun hanya Allah yang mengerti, namun bahasa roh bukan bahasa Allah, bahasa yang digunakan oleh Ketiganya Yang Esa untuk saling berkomunikasi. Ketiganya Yang Esa adalah roh, tidak memiliki wujud. Bahasa roh memiliki wujud, suara dan nada.

Ketika berdoa dengan bahasa roh manusia tidak berdoa untuk hal-hal yang rahasia. I Korintus 14:2 mencatat “oleh Roh ia mengucapkan hal-hal yang rahasia.” Kalimat “mengucapkan hal-hal yang rahasia” diterjemahkan dari kata “Laleo musterion”. Ketika saya mengucapkan hal-hal yang rahasia, itu berarti saya sedang menceritakan hal-hal yang hanya boleh diketahui oleh orang-orang tertentu, namun bukan itu yang dimaksudkan kalimat “Laleo musterion”. Laleo musterion berarti berbicara dengan bahasa misterius, bukan berbicara tentang hal-hal rahasia. Bahasa roh adalah bahasa misterius karena hanya Allah yang mengerti.

I Korintus 14:14 mencatat bahwa ketika seseorang berdoa dengan bahasa roh, maka rohnya yang berdoa, tetapi akal budinya tidak turut berdoa. Kalimat ini tidak boleh ditafsirkan sebagai ketika roh manusia berdoa maka tubuh dan jiwanya tidak ikut berdoa. Apalagi menafsirkan bahwa ketika manusia tidur atau bekerja, rohnya akan berdoa selama 24 jam dengan bahasa roh. Bahasa roh bukan bahasa roh manusia.

DANIEL DAN MALAIKAT DI TEPI SUNGAI TIGRIS

Ketika mengabdi kepada raja Nebukadnezar Daniel menceritakan mimpi raja itu dan menafsirkan artinya (Daniel 2:1-49. Ketika mengabdi kepada raja Belsyazar, Daniel menafsirkan kalimat “Mené, mené, tekél ufarsin” yang tertulis di lantai depan kaki dian ketika raja berpesta dengan menggunakan alat minum yang digunakan di bait Allah (Daniel 5:1-30). Ketika mengabdi kepada raja Darius, orang Media, Daniel dimasukkan ke gua singa, namun Allah mengutus malaikat untuk menjaganya sehingga Daniel selamat (Daniel 6:1-29). Pada tahun pertama pemerintahan raja Belsyazar, Daniel mendapat penglihatan pertama. Bia bertanya kepada salah satu malaikat dan mendapat penjelasan tentang makna penglihatannya (Daniel 7:1-28). Pada tahun ketiga pemerintahan raja Belsyazar, Daniel mendapat penglihatan yang kedua. Malaikat Gabriel yang menjelaskan makna penglihatan itu kepadanya. Ketika berhadapan dengan malaikat Gabriel, Daniel ketakutan hingga pingsan (Daniel 8:1-27). Pada tahun pertama pemerintahan Darius, orang Media, Daniel berdoa sehubungan dengan nubuatan nabi Yeremia tentang penghancuran bait Allah. Allah mengutus Gabriel menjumpainya. Pada perjumpaan kedua itu Daniel tidak mencatat bahwa dia ketakutan apalagi hingga pingsan (Daniel 9:1-27). Pada tahun ketiga pemerintahan Koresh, raja orang Persia, kembali Daniel mendapat penglihatan. Atas penglihatan itu Daniel lalu berkabung selama 21 hari untuk minta pengertian kepada Allah. Allah lalu mengutus seorang malaikat menemuinya di tepi sungai Tigris (Daniel 10:1-21).

Ketika melihat malaikat di tepi sungai Tigris Daniel ketakutan. Dia tahu malaikat itu utusan Allah, namun kenapa dia ketakutan hingga pingsan? Ketika dibangunkan dan mendengar malaikat itu datang membawa pesan dari Allah kenapa dia gemetar ketakutan? Daniel sudah tiga kali bertemu dengan malaikat sebelumnya, bahkan dua kali yang terakhir dia bertemu Gabriel. Pada pertemuan pertama dengan Gabriel dia ketakutan namun pada pertemuan kedua dia menghadapinya dengan tenang. Kenapa kali ini dia begitu ketakutan? Ketika malaikat itu menyatakan tujuan kedatangannya, untuk menjelaskan arti penglihatannya, Daniel menunduk kelu. Ketika dapat berkata-kata, inilah yang diucapkannya:

Tetapi sesuatu yang menyerupai manusia menyentuh bibirku; lalu kubuka mulutku dan mulai berbicara, kataku kepada yang berdiri di depanku itu: “Tuanku, oleh sebab penglihatan itu aku ditimpa kesakitan, dan tidak ada lagi kekuatan padaku. Masakan aku, hamba tuanku ini dapat berbicara dengan tuanku! Bukankah tidak ada lagi kekuatan padaku dan tidak ada lagi nafas padaku?” Daniel 10:16-17

Lalu dia yang rupanya seperti manusia itu menyentuh aku pula dan memberikan aku kekuatan, dan berkata: "Hai engkau yang dikasihi, janganlah takut, sejahteralah engkau, jadilah kuat, ya, jadilah kuat!" Sementara ia berbicara dengan aku, aku merasa kuat lagi dan berkata: "Berbicaralah kiranya tuanku, sebab engkau telah memberikan aku kekuatan." Daniel 10:18

Kenapa Daniel begitu ketakutan sehingga merasa dirinya layak mati? Ketika mendapat penglihatan pertama, Daniel bertanya kepada seorang malaikat dan mendapat penjelasan. Pada penglihatan kedua dia mendapat penjelasan dari. Ketika mendapat penglihatan ketiga, dia tidak bertemu siapapun. Pada penglihatan pertama dan kedua, dia yakin penglihatan itu berasal dari Allah, namun pada penglihatan ketiganya ini Daniel tidak beriman bahwa penglihatan itu datang dari Allah, itu sebabnya dia berkabung, untuk mendapatkan pengertian dan merendahkan diri di hadapan Allah (Dan 10:12). Untuk mendapatkan pengertian karena dia tidak memahami penglihatannya dan merendahkan diri di hadapan Allah mohon belas kasihan karena dia tidak beriman bahwa penglihatan itu datang dari Allah.

kuangkat mukaku, lalu kulihat, tampak seorang yang berpakaian kain lenan dan berikat pinggang emas dari ufas. Tubuhnya seperti permata Tarsis dan wajahnya seperti cahaya kilat; matanya seperti suluh yang menyala-nyala, lengan dan kakinya seperti kilau tembaga yang digilap, dan suara ucapannya seperti gaduh orang banyak. Daniel 10:5-6

Daniel ketakutan karena penampilan malaikat itu sangat garang dan dia menyangka malaikat itu datang untuk menghukumnya karena tidak beriman bahwa penglihatannya berasal dari Allah. Itu sebabnya ketika dapat berbicara hal pertama yang dilakukan oleh Daniel adalah menyatakan bahwa dia layak mati dan menyangka bahwa dia telah mati.

Daniel adalah seorang yang beriman, dia mengasihi Allah dengan segenap hatinya, segenap jiwanya dan dengan segenap akal budinya. Dia seorang rasional, namun bukan rasionalis yang menjadikan akal sebagai standard kebenaran. Namun ketika mendapat penglihatan ketiga dia tidak beriman, namun dia bertindak rasional yaitu mohon pengertian dan merendahkan diri di hadapan Allah.

Para pengkotbah alam roh menafsirkan bahwa roh teritorial kerajaan Persia itu mencegat karena dia mengerti apa yang didoakan oleh Daniel. Orang yang berdoa dengan bahasa roh tidak akan mengalami hal demikian sebab Iblis dan roh-roh jahatnya tidak tahu apa yang didoakan. Penafsiran demikian walaupun nampak logis namun tidak dapat dijadikan doktrin karena Alkitab sama sekali tidak mengajarkan bahwa setiap jawaban doa harus dibawa oleh malaikat. Di samping itu hanya ada satu kisah di dalam Alkitab yang mencatat tentang malaikat pembawa jawaban doa yang dihadang oleh roh teritorial.

IMAN TOMAS

Dari generasi ke generasi banyak pengkotbah yang menuduh Tomas rasul tidak beriman. Mereka lalu mengajarkan agar jemaat tidak meneladani Tomas. Banyak pula yang mengajarkan bahwa Tomas adalah contoh orang rasionalis, orang yang menjadikan akalnya sebagai standard kebenaran.

Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: "Kami telah melihat Tuhan!" Tetapi Tomas berkata kepada mereka: "Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya." Yohanes 20:25

Tomas adalah seorang rasional, dia melihat ketika Tuhan Yesus membangkitkan orang mati, bahkan membangkitkan Lazarus yang telah mati empat hari. Tomas percaya Yesus membangkitkan orang mati namun dia tidak beriman bahwa Yesus membangkitkan diri-Nya sendiri. Namun Tomas bukan seorang rasionalis yang menjadikan akalnya sebagai standard kebenaran, itu sebabnya dia tidak meninggalkan kelompoknya. Siapa saja dapat mengaku dirinya Kristus, namun hanya ada satu Kristus yaitu yang memiliki luka bekas paku di tangan dan bekas tombak di lambung-Nya.

Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah." Yohanes 20:27

Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!" Yohnes 20:28

Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya." Yohanes 20:29

Banyak orang Kristen yang memahami bahwa ucapan "Ya Tuhanku dan Allahku!" adalah pengakuan Tomas bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Allah. Menurut saya itu adalah ucapan seseorang yang kaget, seseorang yang berkata, “Oh my God!” Seseorang yang bereaksi seperti Adam ketika bertemu dengan Hawa, “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.” Sama seperti ketika seseorang berkata, “Astaga…” Lalu dalam hati dia berkata, “Dia Yesus Kristus, guruku yang sudah mati itu!”

Tomas sangat mencintai gurunya, selain setia dia juga bernyali dan berani mati untuk orang yang dicintainya. Alkitab mencatat:

Lalu Tomas, yang disebut Didimus, berkata kepada teman-temannya, yaitu murid-murid yang lain: "Marilah kita pergi juga untuk mati bersama-sama dengan Dia." Yohanes 11:16

Nampaknya selama ini banyak orang Kristen yang salah faham, mereka tidak memahami Tomas sama sekali. Tomas adalah orang yang mengasihi Yesus dengan segenap hatinya, dengan segenap jiwanya dan dengan segenap akal budinya. Ketika dia menyatakan aku tidak percaya, yang dia maksudkan adalah biarkan aku MENGUJINYA.

BAHASA ROH BUKTI TIDAK BERIMAN

Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat. I Korintus 14:4

Karena itu karunia bahasa roh adalah tanda, bukan untuk orang yang beriman, tetapi untuk orang yang tidak beriman; sedangkan karunia untuk bernubuat adalah tanda, bukan untuk orang yang tidak beriman, tetapi untuk orang yang beriman. I korintus 14:22

Bahasa roh adalah TANDA bagi orang Kristen, bukan tanda bagi orang non Kristen. Bahasa roh adalah tanda bagi orang yang percaya bahwa Yesus Kristus adalah juruselamat dunia dan membaptis manusia dengan Roh Kudus. Bahasa roh adalah tanda bagi orang-orang rasional yang tidak beriman bahwa dirinya sudah diselamatkan dan Roh Kudus tinggal di dalam dirinya. Roh Kudus adalah pribadi ketiga Allah Tritunggal, Roh Kudus tidak kelihatan, tidak terdengar, tidak teraba dan tidak terasa, itu sebabnya banyak orang Kristen tidak beriman akan kehadiran-Nya. Orang-orang demikian adalah orang-orang RASIONAL namun bukan RASIONALIS yang menjadikan akal sebagai standard kebenaran.

Tomas sama sekali tidak meragukan kemampuan Yesus Kristus untuk bangkit dari kematian, dia hanya tidak beriman bahwa Yesus melakukannya, dia tidak beriman bahwa Yesus akan bangkit di dalam wujud manusia, di dalam wujud darah daging.

Daniel sama sekali tidak meragukan Allah juga tidak meragukan bahwa Allah sanggup memberinya penglihatan, namun dia tidak beriman bahwa penglihatan terakhirnya berasal dari Allah karena tidak ada malaikat yang memberinya penjelasan akan penglihatan itu.

Baik Daniel, Tomas maupun orang Kristen baru itu TIDAK BERIMAN, itu sebabnya mereka melakukan TINDAKAN iman, merendahkan diri di hadapan Allah dan memohon diberi pengertian. Dan ketiganya mendapat anugerah dari Allah. Daniel bertemu dengan malaikat, Tomas bertemu dengan Yesus Kristus dan orang Kristen baru mendapat anugerah berbahasa roh.

Orang Kristen tidak beriman itu mendapat TANDA. Dia berbahasa roh. Dia sadar sesadar-sadarnya, dia tidak mengerti apa yang diucapkannya namun dia sadar dirinya mengucapkannya dan dia sadar kepada siapa kalimat-kalimat itu diucapkan. Dia bisa mengendalikannya, itulah tanda bahwa dia tidak mengigau dan tidak kerasukkan. Dia tidak bisa menjelaskannya namun dia tahu apa yang dilakukannya. Dia berbahasa roh, oleh Roh Kudus dia mengucapkan bahasa yang tidak dipahaminya. Dia tidak melihat, tidak mendengar juga tidak merasakan dan tidak menyentuh, namun dia tahu Roh Kudus ada di dalam dirinya. Selanjutnya dia menjadi orang yang beriman dan ketika dia beriman, maka dia tidak perlu lagi bahasa roh.

Saya tidak bisa bahasa roh karena tidak mendapat anugerah itu. Ketika dipanggil untuk mengikut Kristus di dalam sebuah Kebaktian Kebangunan Rohani, saya tidak mengalami hal-hal ajaib. Saat itu saya sudah mempelajari Alkitab, sudah membaca Alkitab dari Kejadian 1:1 hingga Wahyu 22:21 namun menolak untuk mempercayainya. Saat itu saya memutuskan dengan sadar, sesadar-sadarnya untuk mempercayainya karena tidak punya pilihan lain selain mempercayainya. Saya tidak takut mati juga tidak takut neraka karena saya yakin jauh hari sebelum hari itu bahwa bila mati, maka nerakalah tempat yang pantas bagi saya. Saya seorang rasional, saat itu saya sadar, bila menolak menjadi orang Kristen maka saya adalah seorang PEMBUAL, seorang MUNAFIK dan seorang PENGECUT yang tidak berani mengakui KEBENARAN.

Saya menjadi orang Kristen dan beriman bahwa Alkitab adalah Firman Tuhan dan beriman bahwa Yesus Kristus sudah menggantikan saya menerima murka Allah dan saya harus hidup benar, menaati firman Allah, karena itulah KODRAT saya. Maka saya menjalaninya, mengujinya dari hari ke hari dan semakin meyakininya.

Saya tidak perlu tanda bahwa Yesus sudah menyelamatkan saya dan Roh Kudus ada di dalam diri saya. Saya tidak melihat Roh Kudus, tidak mendengar suara-Nya, meraba-Nya dan merasakan-Nya, namun saya tahu Dia ada di dalam diri saya.

Saya tidak bisa bahasa roh, namun banyak handai taulan bahkan adik-adik saya mendapat anugerah itu. Tentu saja, “sadar sesadar-sadarnya” adalah syarat yang saya ajukan. Saya bertanya dan mereka menjawab dengan jujur. Mereka bilang, hanya sekali, yang pertama, tidak ada yang menyamai yang pertama.

KESIMPULAN

Bahasa roh adalah anugerah bagi orang Kristen bukan non Kristen. Bahasa roh adalah anugerah bagi orang Kristen yang tidak beriman, bukan bagi orang Kristen beriman. Bahasa roh adalah bukti ketiadaan iman, bukan bukti dipenuhi Roh Kudus. Bahasa roh tidak boleh dilakukan di depan umum (kebaktian) tanpa penerjemah. Bila ada penerjemah, bahasa roh hanya boleh dilakukan oleh maksimal tiga orang secara bergantian.

Bahasa roh adalah tanda untuk orang Kristen tidak beriman. Setelah berbahasa roh imannya dibangunkan, setelah beriman dia tidak memerlukan TANDA lagi, karena tidak butuh tanda, maka dia tidak perlu bahasa roh lagi. Itu sebabnya saya YAKIN bahasa roh hanya diberikan SATU kali. Walaupun yang mendapat anugerah tidak melupakan cara mengucapkannya, namun ketika mengulanginya, itu bukan bahasa roh lagi. Walaupun mengucapkan kata-kata yang sama, namun itu bukan bahasa roh lagi, hanya ucapan-ucapan tanpa arti.

Apabila tidak mengerti bahasa yang anda ucapkan, maka anda menjadi orang asing bagi diri sendiri. Itu sebabnya Alkitab melarang jemaat berbahasa roh tanpa penerjemah dan membatasi maksimal tiga orang yang boleh melakukannya secara bergantian dengan syarat ada orang yang menerjemahkannya. Ucapan-ucapan tanpa makna tidak ada gunanya sama sekali. Namun, bila anda merasa nyaman untuk berbahasa roh, maka biarlah anda melakukannya sendirian di dalam kamar.


__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

siburukrupa's picture

hai..berbahsa roh di gereja sih penting kali y.

kk hai2,pada umumnya gereja2 betel dan sebagainya selalu setiap kebaktian pasti ada bahsa rohnya.. btw,saya rasa berbahasa roh di gereja penting dech... waktu berbahasa roh sambil menyanyikan lagu2 gereja,membuat seperti ada suatu energi yg gak bisa dibendung dalam lagu yg dinyanyikan. pernah ngerasain gak?? ketika semua orang berbahasa roh ada suatu energi yang bisa bikin bulu kuduk merinding.. btw,bahasa roh memang sih..kalo menurut saya itu mungkin hanya luapan perasaan2 bahagia yg gak bisa diungkapin dgn kata2 waktu kita berdoa/bernyanyi... gak jauh beda ketika orang lagi stress trus teriak2,akhirnya lega deh... hehehe.. gbu.
hai hai's picture

Saya Tidak Melarang Berbahasa Roh Di Gereja

Siburukrupa, saya tidak melarang berbahasa roh di gereja, namun Allah melarangnya dan itu tercatat dengan tegas dan jelas di dalam Alkitab. Ayat-ayatnya bisa anda baca sendiri bila tidak percaya bahwa kutipan saya benar. Dalam hal ini, saya hanya mengingatkan apa yang tercatat di dalam Alkitab.

Apabila anda menganggap berbahasa roh di gereja itu penting, maka saya anjurkan, sebelum melakukannya cobalah minta WAHYU baru kepada Allah untuk menggantikan wahyu yang tercatat di dalam Alkitab. Sebab, bila anda melanggar apa yang diperintahkan Allah, maka itu namanya DOSA.

Siburukrupa, anda pernah mengonsumsi ekstasi? Saya pernah. Menurut saya bila pendeta dan semua jemaat mengonsumsi ekstasi sebelum kebaktian dimulai, maka acara pujian dan penyembahan serta bahasa roh dan kotbah akan berlangsung LUAR BIASA, penuh energi yang benar-benar nggak bisa dibendung, energi penuh kasih dan kebahagiaan yang MUSTAHIL bisa dirasakan tanpa bantuan pilekstasi.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

abdi's picture

Salam kenal

Salam kenal semuanya, saya Abdi dari Jakarta.

i've no comment untuk bahasa rohnya. And also tidak menentang atau anti terhadap bahasa roh. Saya beribadah di GRII, namun juga punya pengalaman dengan persekutuan dari denominasi yang lain.

Di Jateng, ada seorang pimpinan gereja berbasis Mennonite, yang pernah suatu ketika mengalami pengalaman berbahasa roh. Saya yakin beliau adalah pimpinan yang memahami betul teologi dan doktrin yang baik. Walau demikian saya percaya karunia tersebut adalah karunia yang khusus dan tidak sembarang.

Saya dulu kuliah di jurusan psikologi. Manifestasi yang diklaim sebagian orang kristen masa kini sebagai gerakan roh kudus atau lawatan Allah, ternyata juga ada dalam agama lain. Seperti dalam Islam, ada dzikir. Dalam beberapa sekte tertentu juga ada praktek2 yang manifestasinya serupa: kondisi psikologis yang disebut sebagai 'trans' (kondisi psikologis yang mengawang2 dengan perasaan bahagia).

Apakah tanda sejati dari pekerjaan Roh Kudus? Kalau dibaca dalam bukunya J.Edwards, perasaan2 emosi yang timbul pada saat berdoa mau pun bernyanyi, bukanlah tanda sejati dari pekerjaan Roh Kudus. Siapakah Jon.Edwards? Beliau dikenal sebagai Pengkotbah yang mengadakan KKR besar di Amerika sekitar 180 tahun yang lampau. Pada saat ia berkotbah, ada banyak jemaat yang kemudian tertawa histeris, mengaum seperti singa, berbicara dalam bahasa yang tidak diketahui. Mirip seperti Toronto Blessing.

Edwards, menekankan bahwa tanda sejati dari pekerjaan Roh Kudus, bukanlah manifestasi tersebut. Tanda sejati dari pekerj.Roh adalah pertobatan, semangat untuk kembali kepada Firman Tuhan (Alkitab) dan Meninggikan Yesus Kristus.

Well. Saya tidak menolak manifestasi, hanya menggarisbawahi bahwa manifestasi tidak sepenting esensi keimanan pada Kristus.

Salam

Abdi

 

 

 

 

__________________

"Abdi-TOYOTA 0813.1559.7037"

hai hai's picture

@ Abdi, Buku Jonathan Edwards

Halo Abdi, saya tidak tahu apakah wajah anda memang mirip Jacki Chen atau itu memang fotonya? Menurut saya anda bijaksana karena bergabung di gereja yang secara ketat mengajarkan kebenaran Alkitab dan memutuskan untuk membaca buku-buku yang baik. Dua buku dari Jonathan Edwards telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan diterbitkan oleh Penerbit Momentum, judulnya God At Work – Signs of True Revival – Allah Ssedang Berkarya – Tanda-Tanda Kebangunan Rohani Sejati dan Pengalaman Rohani Sejati. Menurut saya, walaupun gaya bahasa terjemahan kedua buku itu sangat kaku dan kurang asyk, namun isi kedua buku tersebut sangat bermutu. Saya merekomendasikan handai taulan untuk membaca kedua buku tersebut.

Bertolak belakang dengan tuduhan yang selama ini saya terima, saya sama sekali tidak menentang karunia bahasa roh, namun menentang pemahaman yang salah dan pelaksanaan bahasa roh yang bertentangan dengan ajaran Alkitab.  
   
Sebagai sarjana psikologi, tentu saja anda tahu betapa mudahnya memanipulasi emosi dan perasaan manusia memasuki suasana mistik (trans) yang saat ini disebut manifestasi roh. Saya menunggu tulisan-tulisan dan penilaian-penilaian sehubungan dengan disiplin ilmu psikologi. Selamat bergabung Abdi, semoga anda betah di pasar Klewer ini.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

siburukrupa's picture

saya rasa banyak cara yg bisa dilakukan tanpa mengkonsumsi pil..

waduh.... mas hai-hai... ekstasi??sampai sejauh ini sih tidak pernah mengkonsumsinya. kk,maksud saya..ya kita anggap pencurahan hanya sekali. namun untuk selanjutnya... bahasa roh memang sih..kalo menurut saya itu mungkin hanya luapan perasaan2 bahagia yg gak bisa diungkapin dgn kata2 waktu kita berdoa/bernyanyi... nah...ketika kita meluapkan/melepaskan/meluapkan semua itu mungkin ada yg berteriak2,lalu menular(umumnya latah) ke jemaat lain.. nah..akan memberikan kekuatan(dalam artian membuat lagu lebih-lebih menggigit). menurut saya,mungkin banyak cara yg dilakukan orang untuk meluapkan perasaannya,salah satunya dgn cara berbahasa roh yg kayak gitu dan tanpa bantuan pil ekstasi... dan terima kasih pak... mengingatkan kami untuk menjauhi narkoba. salam. gbu.
hai hai's picture

Apa Tujuan Ke Gereja?

Kita ke gereja untuk BERBAKTI kepada Allah, itu sebabnya disebut kebaktian! Ajaran bahwa ketika kebaktian kita harus GEMBIRA, BERSUKACITA itu di dasarkan kepada kisah dimana Daud ikut menyanyi dan menari ketika menyambut Tabut Allah.

Daud dan seluruh kaum Israel menari-nari di hadapan TUHAN dengan sekuat tenaga, diiringi nyanyian, kecapi, gambus, rebana, kelentung dan ceracap. 2 Samuel 6:5

Kebaktian hari minggu itu adalah perayaan Sabat untuk mengingat bahwa Allah berhenti mencipta pada hari ke tujuh dan untuk mengingat bahwa Yesus Kristus menggenapi karya penyelamatannya setelah bangkit pada hari ketiga, bukan menyambut Tabut Allah.

Kebaktian adalah kebaktian, bukan ajang mencari SENSASI atau EFORIA (nyaman secara jasmani dan rohani). Apabila hanya mencari Eforia, maka nyanyikanlah lagu Almarhum Gombloh 12 kali diiringi seseorang yang membaca teks Sumpah Pemuda.

Indonesia merah darahku
putih tulangku
bersatu dalam semangatku
Gebyar-gebyar ke langit biru

Saya yakin semua jemaat akan penuh energi dan mengaku belum pernah merasakan betapa cintanya pada negeri ini, dan bahwa negeri ini adalah anugerah yang harus dibangun dan dipelihara. Namun ketika pulang kerumah, semua PERASAAN EFORIA itu semakin berkurang dan berkurang, hari senin mereka mersa biasa-bisa saja. Sampai hari minggu lagi dan menyanyi lagu gombloh lagi.

Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu, dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu! Itulah yang benar! 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

paulwekwek's picture

minta permisinya ya ko...wkwkwk

mo kukirimin ma tmn2 yang bingung2 ..jadi saya minta izin CoPas nya yakk..jgn kwatir Linknya juga kok..wkwkwk

thanks b4.

 

Bless all of Us..

__________________

Bless all of Us..

hai hai's picture

Paulwekwek, Silahkan!

Paulwekwek, silahkan copy paste. Semua tulisan saya terbuka untuk di copy paste maupun diprint. Satu hal yang perlu dilakukan adalah biarkan orang lain tahu bahwa tulisan itu aslinya ada di SABDASpace.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@SBR : Cuma sensasi sesaat

Pernah lewat kuburan merinding... pernah dengar orang nyanyi bagus merinding... pernah dengar cerita tragis merinding... pernah merasakan trance... bahasa roh... roh yang mana... roh kita... atau roh kudus... kalau bahasa roh kita... ya kayak bahasa tubuh kali ya...

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@hai2 : tanya dong...

Dear Brother, digereja gw, gw sih fine2 aza dengan bahasa roh mereka. cuma ada beberapa hal yang menjadi pertanyaan soal bahasa roh : 1. saat ibadah digereja gw kenapa ekpresi mereka yang berbahasa roh sedih terus, maksud gw pakai nangis2. sebenarnya itu bahasa, bikin sukacita atau stress sih. kalau lihat cerita alkitab, kan orang ngelihatnya kayak mabuk anggur. yang gw tahu kalau mabuk anggur, ya pasti ketawa ketiwi. 2. nah setelah penyembahan, biasanya sang ibu gembala, mendapatkan penglihatan. awanlah, airlah, temboklah, apilah, tongkatlah, sosoklah, tanganlah. pokoknya banyak deh, dan uniknya berbeda-beda. sempat terpikir bahwa itu ibu ngarang, tapi kok beda-beda ya. hebat juga tuh ibu, punya perbendaharaan penglihatan yang cukup luas. gimana koment lo ? 3. bahasa roh istri gw, agak berbeda dari yang "reguler" gw dengar, agak oriental gitu, kayak bahasa cina. pengen sih gw rekam, tapi boleh gak ya ? ntar gw disentil Roh Kudus lagi... nah kalau istri gw, ekspresinya berbeda - beda. baik digereja maupun dirumah. gw gak pernah berbahasa roh versi mereka, kalau versi roh gw sering lah...

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

Bukan Mabuk Tetapi Gila

Jadi, kalau seluruh Jemaat berkumpul bersama-sama dan tiap-tiap orang berkata-kata dengan bahasa roh, lalu masuklah orang-orang luar atau orang-orang yang tidak beriman, tidakkah akan mereka katakan, bahwa kamu gila? IKorintus 14:23

Bahasa Yunani "mainomai" artinya gila, bukan mabuk!

Karena sering melakukannya maka merasa nyaman, karena merasa nyaman ketika melakukannya maka menanggapnya kebenaran!

JF, menurut saya itulah yang terjadi! Sebelum Kharismatik masuk ke Indonesia, ajaran tentang MANUSIA BERDOSA sangat populer di gereja-gereja Pentakosta, saat itu PENGAKUAN dosa sangat populer. Setiap kali berdoa, ngaku dosanya abis-abisan. Nah, saat itulah gereja Pentakosta di kenal juga dengan gereja NANGIS-NANGIS. Setiap kali kebaktian pasti penuh air mata.

Tahun 1984 mulai ada gerakan untuk bersukacita. Kemudian berkembang ajaran AKU anak Raja. Apalagi ketika masuk ajaran TERTAWA dalam roh. Namun, masih banyak gereja Pentakosta yang masih menangis, apalgi bila pendetanya sudah tua?

Penglihatan. Coba kamu catat penglihatan itu lalu tanyakan artinya kepadanya. Biasanya itu dianggap sebagai nubuatan, dan bila ada kejadian yang bisa dicocokkan, Wow ... Bila tidak terjadi, ya ... Nggak ada yang protes. Katanya sich kasih dan tidak boleh menghakimi? Apalgi salah lihat itu kan masalah biasa?

Ada kasus, seseorang berbahasa roh, kemudian diterjemahakan oleh seorang lainnya. Isinya pujian-pujian kepada Yesus Kristus dan Allah. Luar Biasa! Semua jemaat bersuka cinta dan menyanyi dengan penuh energi. Ada seorang jemaat yang tidak mainomai, dia merekam bahasa roh itu lalu memberikannya kepada seorang profesor ahli bahasa untuk dianalisa. Hasilnya, ternyata bahasa yang digunakan adalah bahasa dari sebuah suku kecil antara Eropah Afrika. Isinya PENGHUJATAN kepada Allah dan Kristus. Bertolak belakang dengan yang diterjemahkan.

Jadi, kalau mau merekam lalu mengujinya, nggak ada salahnya. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

joli's picture

Print artikel..

Saya print artikel ini, lalu saya kasih anakku si Clair.. untuk dibahas bersama besok..

Gerejaku dan gerejanya Clair berbeda.. saya GKI dan Clair GBI.. ketika pekan pentakosta kemarin saya hadir di GBI bersamanya tetapi tidak duduk bersamanya .. dia bersama teman-teman remaja.. seperti saya ceritakan disini

Setelah pulang gereja Clair bercerita bahwa dia merasakan sukacita yang luar biasa, demikian juga teman-temannya sehingga tertawa-tawa.. kebetulan memang saya juga melihat beberapa orang-orang didekat saya duduk juga tertawa dan menari pada waktu firman tuhan disampaikan.. 

Sepanjang perjalanan pulang kami diskusi.. dan belum ada titik temu... 

 

Anyway sebenarnya saya juga percaya dan akan bersuka cita sekali kalau Allah berkenan mengaruniakannya (bahasa roh) kepadaku.. merupakan kerinduan saya untuk dapat menikmati persekutuan pribadi, bersatu dengan Sang Pecipta, berbicara dengan Bapa dalam bahasaNYa..  tetapi apabila tidak bisa berbahasa roh pun juga tidak apa karena sering kali didalam keheningan DIA menyapaku.. didalam keheningan ada suana yang illahi.. di dalam keheningan bisa manunggal kalian Gusti...

 

 

hai hai's picture

Bahasa Roh Bukan Bahasa Allah

Nona, silahkan print dan diskusikan dengan bijaksana!

merupakan kerinduan saya untuk dapat menikmati persekutuan pribadi, bersatu dengan Sang Pecipta, berbicara dengan Bapa dalam bahasaNYa..  

Bahasa roh bukan bahasa Allah. Sukacita atau rasa yang ditimbulkannya ketika mendapat anugerah bahasa roh, bukan bahasa roh itu sendiri, namun KESADARAN atau TERBANGUN-nya Iman.

ADa banyak musik, ada musik klasik, ada musik jazz, ada musik dangdut, ada musik keroncong ada musik Rock, ada juga gending-gending jawa. Siapa bilang, gending-gending jawa dan kroncong adalah musik tanpa suka cita, dan musik klasik adalah musik untuk akal? Sedangkan musik jazz paling cocok untuk segala emosi?

Joli, persekutuan paling indah yang selalu saya alami dengan Allah adalah ketika berjalan sendirian di hutan waktu mendaki gunung. Mencium bau humus tanah yang segar, udara yang dingin segar menerpa kulit. Pepohonan bersiul ditiup angin, sepi, terkadang terdengar suara burung dikejauhan, terkadang  suara gemerisik entah apa, terkadang suara air di kejauhan. Tanpa suara, namun akrab sekali, tanpa pujian karena karena memang tidak dibutuhkan.  

Atau ketika berada di puncak gunung sendirian. Sepi, cakrawala membentang, langit biru, awan-awan bercanda dengan angin. Angin menerpa kulit, dingin, segar. Matahari bersinar, hangat. Terkadang suara gemerisik entah apa. Tanpa pujian, karena memang tak diperlukan. Tidak perlu memacu diri, karena memang tidak butuh. Aku dan alam di hadapan Sang Agung.

Joli, ketika menjelajah hutan dan gunung sendirian, saya selalu berbahasa roh, tanpa suara, tanpa nada, tanpa wujud.   

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

joli's picture

tanpa pujian karena memang tidak dibutuhkan....

Hai2 said: 

persekutuan paling indah yang selalu saya alami dengan Allah adalah ketika berjalan sendirian di hutan waktu mendaki gunung. Mencium bau humus tanah yang segar, udara yang dingin segar menerpa kulit. Pepohonan bersiul ditiup angin, sepi, terkadang terdengar suara burung dikejauhan, terkadang  suara gemerisik entah apa, terkadang suara air di kejauhan. Tanpa suara, namun akrab sekali, tanpa pujian karena karena memang tidak dibutuhkan.  

Atau ketika berada di puncak gunung sendirian. Sepi, cakrawala membentang, langit biru, awan-awan bercanda dengan angin. Angin menerpa kulit, dingin, segar. Matahari bersinar, hangat. Terkadang suara gemerisik entah apa. Tanpa pujian, karena memang tak diperlukan. Tidak perlu memacu diri, karena memang tidak butuh. Aku dan alam di hadapan Sang Agung.

 

Hai.. kata-kata yang indah.. memang salah satu bakatmu "pandai mengata-ngatai" ya..

Serasa..ikut di alam raya.. membaui harumnya sawah.. mendengar deru air yang dipompa untuk mengairinya.. mengamati bekicot yang tak pernah mengeluh kekurangan waktu.. kicau burung yang riang gembira...

Merasakan, mendengarkan, melihat karyaNya.. hadir bersamaNYA 

 

hai hai's picture

Hanya Menceritakan apa Yang Saya alami

Joli, terima kasih atas pujiannya. Saya hanya menceritakan apa yang saya alami dan saya rasakan ketika mendaki gunung sendirian dan menceritakannya sesingkt mungkin. Bila anda anggap itu anda, maka itulah anugerah Allah kepada saya, pandai cerita.

Kapan-kapan kalau ke solo kita bisa menjelajah alam bersama-sama. Liburan akhir tahun lalu saya ke Solo juga, lalu mampir ke rumah teman di desa, 14 km dari arah solo ke boyo lali. jam 10 malam kembali ke Yogya, di bawah guyuran hujan lebat, menembus jalan di tengah-tengah hamparan sawah. Gelap, hujan, namun suara katak terdengar jelas, sekali-sekali suara ular mengerit. Ketika hujan berhenti, bunyi tonggeret dan jangkrik bersahut-sahutan sementara kunang-kunang beterbangan di pematang sawah. Mobil kami meluncur pelan, dengan kaca terbuka, bau humus tanah dan pupuk kandang tercium jelas. Satu hal yang sngat khas, bau tlethong sapi.

Ah udah ah, kalau ngomong soal alam aku selalu merasa Jakarta sumpek banget.   

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Aries Yunarta's picture

Lagi - lagi bahasa Roh

Di Gereja tempat saya berbakti kebetulan alirannya Pentakosta nih. Emang sih ada bahasa Roh, namun sangat jarang sekali bahasa itu keluar pada saat kebaktian Minggu ato kebaktian di rumah jemaat (paling klo lg KKR). Paling sering "muncul" bahasa Roh tuh pas jam-jam doa yang diadakan, seperti doa mingguan, doa pelayan, doa semalaman dll. Itu pun biasanya orang2 tertentu saja, ato yang lg punya masalah (imannya sedang terguncang) ato yang sudah berhasil melewati masalah (mengucap syukur pada Tuhan).

Kalo menurut Bung Hai Hai Gereja Pentakosata itu gereja nangis - nagisan dan penuh air mata itu bener banget, tapi jangan diidentikan dengan kesedihan ato dukacita. Karena tidak sedikit orang di gereja tempat saya berbakti itu menangis bukan karena sedih tetapi karena mereka bahagia ketika mendengarkan Firman Tuhan ato ungkapan kelegaan mereka krn Tuhan menjawab doa mereka. Bahkan ada juga beberapa orang ( termasuk saya ) sering kali mengeluarkan air mata tanpa sadar dan tanpa alasan sama sekali (tau-tau keluar aja gitu).

Menurut saya tulisan bung Hai Hai itu adalah Tulisan yg bagus dan mudah - mudahan banyak orang yang sadar dan ngak "ngasal" berbahasa Roh.

GBU ALL

Laughing

__________________

Jesus Love Me and You

hai hai's picture

Iya, Aries, Bahasa Roh Lagi

Saya pernah berjanji untuk menulis sebuah tulisan khusus bahasa roh, nah, baru saat ini dapat memenuhi janji tersebut. Terima kasih untuk pujiannya Aries.

Kepribadian orang itu berbeda-beda, luapan emosi orang juga berbeda-beda. Saya jemaat GKI, ketika kebaktian dan menyanyikan lagu-lagu saya sering secara reflek mengangguk anggukkan kepala atau mengetuk-ngetuk bangku atau mengetuk-ngetuk lantai dengan kaki, bahkan terkadang menjentikkan ibu jari. Ketika ikut kebaktian di gereja kharismatik atau Pentakosta, saya tidak selalu ikut tepuk tangan, namun kalau lagunya cocok dan bernyanyi sambil berdiri, saya akan menggoyang tubuh bahkan berdansa.

Yang mau nangis, silahkan nangis, yang mau tertawa silahkan tertawa, yang mau tepuk tangan, yang mau dansa, silahkan. namun baiklah kita melakukan semuanya dengan wajar, karena ketika mengikuti kebaktian kita tidak sendirian.

Bung Aries, saya tidak pernah menjuluki gereja pentakosta gereja nangis atau gereja air mata lho. Saya tidak tahu siapa yang mulai namun julukan itu umum digunakan, saya hanya mencari tahu kenapanya.  

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Mengenai Tomas

Mengenai Tomas saya sama sekali tidak meragukan kasihnya pada Yesus. Akan tetapi jelas sekali Tuhan Yesus bilang Tomas bukan termasuk orang yang tidak melihat tapi percaya. Terus jelas sekali Tuhan Yesus memberikan berkat bagi mereka yang tidak melihat tapi percaya. Maka kita-kita ini orang-orang yang percaya sama Tuhan Yesus tapi tidak pernah melihat Yesus memiliki berkat tersendiri yang tidak dimiliki Rasul Tomas. Puji Tuhan. Saya tidak melihat tapi saya percaya Yesus.
hai hai's picture

Tomas Melihat Dan Dia Bahagia

Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!" Yohanes 20:19

Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan. Yohanes 20:20

Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ.Yohanes 20:24

aka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: "Kami telah melihat Tuhan!" Tetapi Tomas berkata kepada mereka: "Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya." Yohanes 20:25

ata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya." Yohanes 20:29

Samuel Menulis:
Akan tetapi jelas sekali Tuhan Yesus bilang Tomas bukan termasuk orang yang tidak melihat tapi percaya. Maka kita-kita ini orang-orang yang percaya sama Tuhan Yesus tapi tidak pernah melihat Yesus memiliki berkat tersendiri yang tidak dimiliki Rasul Tomas. Puji Tuhan. Saya tidak melihat tapi saya percaya Yesus.

Menurutku dalam Yohanes 20:29, Tuhan Yesus TIDAK membandingkan orang yang melihat lalu percaya dan orang yang tidak melihat namun percaya. Juga tidak menyatakan bahwa orang yang tidak melihat namun percaya LEBIH BAIK atau LEBIH BERBAHAGIA dibandingkan dengan yang melihat baru percaya, sehingga orang-orang yang tidak melihat namun percaya akan mendapatkan BERKAT khusus yang tidak akan diperoleh oleh mereka yang melihat baru percaya.

Menurut saya itu adalah pemberitahuan kepada murid-muridNya bahwa bila saatnya tiba Dia tidak akan menampakkan diri dalam wujud (raga) lagi kepada manusia. Bila saat itu tiba, maka orang-orang yang BERBAHAGIA adalah yang percaya walau tidak melihatNya. Pernyataan Yesus Kristus itu adalah sebuah PENGUMUMAN, bukan PERBANDINGAN. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Penafsiran yang bagus

Hai hai itu penafsiran yang bagus. Apa ada ayat yang menyatakan"Berbahagialah mereka yang melihat dan percaya"? Lagipula bukankah definisi iman adalah :

Heb 11:1
(1)  Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Iman Tomas bukan iman yang didefinisikan dalam Ibrani ini kan? 

hai hai's picture

SAKSI - Pertanyaan Yang Sangat Kritis

Pertanyaan yang sangat kritis Samuel. Tidak ada ayat demikian di dalam Alkitab, juga tidak ada ayat yang menyatakan, "Berduka citalah mereka yang melihat lalu percaya!"

Harusnya kamu mengajukan ayat ini:

Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya. Markus 16:14

Masih ingat diskusi kita tentang Karunia Jabatan Rasul atau Rasul Kristus? Mereka adalah orang-orang yang dipanggil secara khusus. Masih ingat pertanyaan saya tentang satu-satunya Rasul yang beriman?

Dan orang yang melihat hal itu sendiri yang memberikan kesaksian ini dan kesaksiannya benar, dan ia tahu, bahwa ia mengatakan kebenaran, supaya kamu juga percaya. Yohanes 19:35

Dialah murid, yang memberi kesaksian tentang semuanya ini dan yang telah menuliskannya dan kita tahu, bahwa kesaksiannya itu benar. Yohanes 20:24

Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Lukas 24:46-47

Kamu adalah saksi dari semuanya ini. Lukas 24:48 


Samuel, apa pendapat anda tentang saksi yang berkata, “Katanya sich …” Yohanes menulis, “Saya nggak lihat sich, namun katanya si anu …”

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Kesaksian dan Iman

Iman memang harus ada dasarnya. Salah satu dasar dari iman kita akan kebangkitan Kristus Yesus memang kesaksian para Rasul. Saya secara fakta belum pernah melihat Yesus. Dasar saya percaya Yesus salah satunya memang kesaksian para Rasul Yesus. Tapi ada dasar yang lain. Dasar yang lain adalah saya percaya pada apa yang tidak bisa saya lihat tapi saya ketahui itu adalah benar yaitu kesaksian Roh Kudus. Saya baca Firman sebenarnya sudah sejak kecil. Pada waktu saya kecil saya sekolah minggu di GKI. Di sekolah minggu saya sering sekali menang lomba menghafal Alkitab :-) Tapi saya percaya Firman itu benar terutama karena melihat kehidupan ibu saya yang amat rohani. Tapi walaupun saya percaya Firman itu benar tapi saya masih tetap mau menjalankan rencana saya sendiri dalam hidup saya. Sejak SMP selalu ada dorongan Roh Kudus dalam hati saya yang meminta saya untuk hidup sesuai rencana Yesus. Dorongan itu terus menerus dan makin lama makin kuat sampai akhirnya saya menyerah pada dorongan Roh Kudus pada saat kelas 2 SMA. Jadi fondasi saya percaya bukan semata-mata pada Firman yang terlihat  baik dalam bentuk tertulis atau dalam kehidupan ibu saya tapi pada yang tidak terlihat yaitu kesaksian Roh Kudus. Saya menghargai dan yakin  akan kesaksian manusia seperti kesaksian para Rasul dan ibu saya tapi saya lebih yakin akan kesaksian Roh Kudus yang tidak terlihat.
nazareno's picture

koment

pernahkah anda membaca ayat-ayat yang berisi kata-kata bahasa roh di dalam bahasa aslinya ok kalo udah apakh itu artinya bahasa Roh saya ndak mau menggurui tapi saya ingin kita belajar bersama-sama tentang hal ini. GBU all
hai hai's picture

Nazareno, Silahkan Komentar

Saudara Nazareno, saya tidak pernah belajar bahasa Yunani dan tidak pernah membaca Alkitab dalam bahasa Yunani sama sekali. Bisa dikatakan pengetahuan bahasa Yunani saya hanya bergantung pada kamus bahasa Yunani untuk membaca Alkitab.

Selamat bergabung di pasar Klewer alias SABDAspace, di sini semua orang bebas memberi komentar atau memasang tulisan selama tidak bertentangan dengan policy. Untuk mengetahui policy, silahan baca sendiri kawan.

Silahkan memberi komentar kawan, silahkan sumbangkan pemahaman anda agar kita semua dapat memahaminya bersama-sama. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Apakah Rasul Paulus tidak beriman?

Hai hai berkata: Bahasa roh adalah tanda untuk orang Kristen tidak beriman. Setelah berbahasa roh imannya dibangunkan, setelah beriman dia tidak memerlukan TANDA lagi, karena tidak butuh tanda, maka dia tidak perlu bahasa roh lagi. Samuel Franklyn berkata: Ini penafsiran yang cukup menarik. Akan tetapi penafsiran Firman harus konsisten kan? Rasul Paulus berkata: 1 Korintus 14:18 (18) Aku mengucap syukur kepada Allah, bahwa aku berkata-kata dengan bahasa roh lebih dari pada kamu semua. Rasul Paulus bertobat sekitar tahun 36. http://en.wikipedia.org/wiki/Road_to_Damascus Lalu surat Korintus ke 1 ditulis sekitar tahun 53-57. http://en.wikipedia.org/wiki/First_Epistle_to_the_Corinthians Jadi pada waktu surat Korintus 1 ditulis maka Rasul Paulus sudah bertobat sekitar 17-21 tahun. Tapi setelah hidup sebagai orang Kristen selama 17-21 tahun Rasul Paulus masih tetap berbahasa roh. Bahkan Rasul Paulus berkata bahwa dia berkata-kata dengan bahasa roh lebih dari seluruh jemaat Korintus. Kalau menurut penafsiran Hai-hai maka Rasul Paulus masih tidak beriman sehingga dia masih perlu berkata-kata dengan bahasa Roh. Hai-hai apakah Rasul Paulus tidak beriman sehingga dia tetap berkata-kata dengan bahasa Roh?
hai hai's picture

Samuel F, Iman adalah Iman

Samuel franklyn, IMAN adalah iman. Ada Iman bahwa dosa manusia di ampuni karena Yesus Kristus sudah menanggung hukumannya. Ada iman bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan. Ada iman bahwa Yesus Kristus sudah MEMBAPTIS dunia dengan Roh Kudus pada hari Pentakosta. Ada juga iman bahwa Roh Kudus tinggal di dalam hati orang-orang Kristen.

Nah, Iman yang dimaksudkan oleh Alkitab sehubungan dengan karunia roh kudus adalah Iman bahwa Roh Kudus tinggal di dalam hati manusia. SEbagian orang-orang Kristen yang tidak beriman bahwa Roh Kudus tinggal di dalam hatinya akan diberi anugerah berbahasa roh. Itu sebabnya setelah iman mereka dibangunkan, dan percaya bahwa Roh Kudus ada di dalam hatinya, dia tidak perlu bahasa roh lagi.

Aku mengucap syukur kepada Allah, bahwa aku berkata-kata dengan bahasa roh lebih dari pada kamu semua. 1 Korintus 14:18

Atas dasar apa anda menafsirkan ayat tersebut di atas dengan Paulus berbahasa roh lebih LAMA dan masih berbahasa roh saat itu? Bukankah lebih bijaksana bila menafsirkan bahwa Paulus berbahasa roh lebih DASYAT di banding jemaat Korintus?

di samping itu, yang mengajarkan bahwa bahasa roh adalah karunia untuk orang tidak beriman bukan saya itu ajaran Alkitab. Bahasanya jelas dan tegas. Silahkan anda baca kembali tulisan saya dan baca jgua dengan teliti kutipan aya yang menyatkan hal itu.

Iya, pada awalnya Paulus tidak beriman bahwa Roh Kudus tinggal di dalam dirinya. Itu sebabnya dia diberi anugerah bahasa roh. apabila Paulus beriman sejak awal bahwa Roh Kudus tinggal di dalam dirinya, maka dia tidak akan mendapat anugerah bahasa roh. ATau dia tidak akan mengajarkan bahwa bahasa roh adalah anugerah untuk orang tidak beriman.

Saya hanya menjelaskan apa yang tercatat di dalam Alkitab, tidak menafsirkan atau menganalisanya sama sekali karena ayatnya jelas dan tegas.    

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Bahasa roh tetap diperlukan saat ini

Hai-hai berkata:

Nah, Iman yang dimaksudkan oleh Alkitab sehubungan dengan karunia roh kudus adalah Iman bahwa Roh Kudus tinggal di dalam hati manusia. SEbagian orang-orang Kristen yang tidak beriman bahwa Roh Kudus tinggal di dalam hatinya akan diberi anugerah berbahasa roh. Itu sebabnya setelah iman mereka dibangunkan, dan percaya bahwa Roh Kudus ada di dalam hatinya, dia tidak perlu bahasa roh lagi.

Samuel berkata:

Kalau perkataan kamu seperti ini sepertinya kamu mengatakan bahwa iman sehubungan dengan bahasa Roh itu seperti logika boolean yaitu cuma ada 2 kondisi: 1. Beriman 2. Tidak beriman. Jadi awalnya tidak beriman lalu diberi anugerah bahasa Roh terus kondisinya berubah menjadi beriman karena sudah beriman maka nggak perlu lagi. Jadi mirip bak air. Tadinya kosong terus di kasih air lalu akhirnya penuh. Karena bak penuh maka nggak perlu di kasih air lagi. Benar begitu logikanya? Bwa ha ha ha ha ha. Lucu banget dan ngawur banget. Saya akan jelaskan ngawurnya dimana:

1. Iman itu bukan kondisi boolean yang cuma ada 2 kondisi. Iman itu lebih mirip ukuran. 

Rom 12:3
(3)  Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.

Karena iman itu ukuran maka ada orang yang tidak beriman, kurang beriman, beriman dan besar imannya.

Luk 9:41
(41)  Maka kata Yesus: "Hai kamu angkatan yang tidak percaya dan yang sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu dan sabar terhadap kamu? Bawa anakmu itu kemari!"

Mat 8:26
(26)  Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?" Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali.

Joh 12:46
(46)  Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.

Mat 8:10
(10)  Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel.

2. Tujuan bahasa roh diberikan bukan untuk membangun iman jemaat secara kolektif melainkan iman jemaat secara pribadi. Dan pembangunan iman secara pribadi ini perlu tetap dilakukan sampai berjumpa dengan Tuhan Yesus.

1Co 14:4
(4)  Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat.

Jud 1:20-21
(20)  Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.
(21)  Peliharalah dirimu demikian dalam kasih Allah sambil menantikan rahmat Tuhan kita, Yesus Kristus, untuk hidup yang kekal.

Kata membangun dalam dalam dua ayat diatas adalah kata yang sama. Konteks kitab Yudas adalah mengenai tetap beriman sampai akhir. Maksudnya beriman sampai akhir adalah sampai orang percaya tersebut meninggal atau Tuhan Yesus datang menjemput.

Hai-hai berkata:

Atas dasar apa anda menafsirkan ayat tersebut di atas dengan Paulus berbahasa roh lebih LAMA dan masih berbahasa roh saat itu? Bukankah lebih bijaksana bila menafsirkan bahwa Paulus berbahasa roh lebih DASYAT di banding jemaat Korintus?

Samuel berkata:

Perkataan anda kali ini tidak benar. Kalau anda baca baik-baik posting saya maka saya tidak pernah bilang lebih lama dan juga tidak pernah bilang lebih dahsyat. Saya cuma berkata: "Bahkan Rasul Paulus berkata bahwa dia berkata-kata dengan bahasa roh lebih dari seluruh jemaat Korintus". Kenapa saya tidak berkata lebih lama ataupun lebih dahsyat? Karena saya sudah membaca kata yunani yang dipakai. Kata yunani yang dipakai adalah :

mal'-lon
Neuter of the comparative of the same as G3122; (adverb) more (in a greater degree) or rather: - + better, X far, (the) more (and more), (so) much (the more), rather.

Jadi saya sudah paham bahwa kata lebih yang dimaksud adalah secara kualitas/"better". Jadi kalau menurut kata yunani ayat tersebut Rasul Paulus memang berkata dengan bahasa Roh lebih baik dibandingkan jemaat Korintus bukan lebih lama.

Saya menafsirkan bahwa Rasul Paulus masih berkata-kata dalam bahasa Roh pada saat itu berdasarkan ayat ini:

1Co 14:15
(15)  Jadi, apakah yang harus kubuat? Aku akan berdoa dengan rohku, tetapi aku akan berdoa juga dengan akal budiku; aku akan menyanyi dan memuji dengan rohku, tetapi aku akan menyanyi dan memuji juga dengan akal budiku.

1Co 14:15
(15)  What G5101 is G2076 it then? G3767 I will pray G4336 with the G3588 spirit, G4151 and G1161 I will pray G4336 with the G3588 understanding G3563 also: G2532 I will sing G5567 with the G3588 spirit, G4151 and G1161 I will sing G5567 with the G3588 understanding G3563 also. G2532

Nah kata it then G3767 adalah

oon
Apparently a primary word; (adverbially) certainly, or (conjugationally) accordingly: - and (so, truly), but, now (then), so (likewise then), then, therefore, verily, wherefore.

Jelas  sekali berdasarkan ayat ini bahwa Paulus masih berbahasa Roh dan akan/lalu/"then" berbahasa Roh. Kenapa? Karena berbahasa roh membangun imannya secara pribadi. 

Saya setuju dengan pernyataan anda bahwa berbahasa Roh itu tidak boleh dilakukan di depan umum tanpa penterjemah. Tapi saya menentang penafsiran anda bahwa sesudah kita berbahasa roh maka kita jadi beriman lalu tidak perlu lagi berbahasa roh. Ini penafsiran ngawur habis.

Hai hai berkata:

di samping itu, yang mengajarkan bahwa bahasa roh adalah karunia untuk orang tidak beriman bukan saya itu ajaran Alkitab. Bahasanya jelas dan tegas. Silahkan anda baca kembali tulisan saya dan baca jgua dengan teliti kutipan aya yang menyatkan hal itu.

Samuel berkata: 

Bahasa roh itu memang tanda untuk orang tidak beriman. Itu memang Firman dan saya tidak menentang pernyataan anda itu. Yang saya tentang habis adalah perkataan anda ini:

"Setelah berbahasa roh imannya dibangunkan, setelah beriman dia tidak memerlukan TANDA lagi, karena tidak butuh tanda, maka dia tidak perlu bahasa roh lagi."

Ini ngawur habis. Kenapa ngawur? Karena orang tetap perlu membangun iman pribadinya terus menerus sampai Tuhan Yesus datang kembali. Anda sering ngomong perlu terus membina diri. Membina diri itu memang bagus tapi lebih penting membangun iman. Apa iman kita sudah sampai tingkat sempurna? Belum kan? Karena itu perlu tetap membangun iman dan berbahasa roh adalah salah satu sarana membangun iman selain membaca Firman. 

hai hai's picture

Bahasa roh Tidak Membangun Iman

Samuel Franklyn, anda benar. Kebenaran yang tidak konsisten bukan kebenaran sejati. Mari kita lihat seberapa konsistennya pemahaman hai hai tentang bahasa roh.

Di dalam tulisan utamanya, Bahasa Roh – Bukti Tidak Beriman hai hai menulis:

Bahasa roh adalah tanda untuk orang Kristen tidak beriman. Setelah berbahasa roh imannya dibangunkan, setelah beriman dia tidak memerlukan TANDA lagi, karena tidak butuh tanda, maka dia tidak perlu bahasa roh lagi. Itu sebabnya saya YAKIN bahasa roh hanya diberikan SATU kali. Walaupun yang mendapat anugerah tidak melupakan cara mengucapkannya, namun ketika mengulanginya, itu bukan bahasa roh lagi. Walaupun mengucapkan kata-kata yang sama, namun itu bukan bahasa roh lagi, hanya ucapan-ucapan tanpa arti.


Ketika menjawab komentar Joli, Bahasa Roh Bukan Bahasa Allah, hai hai menulis (untuk mengujinya, silahkan klik di sini):

Bahasa roh bukan bahasa Allah. Sukacita atau rasa yang ditimbulkannya ketika mendapat anugerah bahasa roh, bukan bahasa roh itu sendiri, namun KESADARAN atau TERBANGUN-nya Iman.

Ketika menjawab komentar hai hai, Samuel F, Iman adalah Iman, hai hai menulis (untuk mengujinya, silahkan klik di sini):

Nah, Iman yang dimaksudkan oleh Alkitab sehubungan dengan karunia roh kudus adalah Iman bahwa Roh Kudus tinggal di dalam hati manusia. SEbagian orang-orang Kristen yang tidak beriman bahwa Roh Kudus tinggal di dalam hatinya akan diberi anugerah berbahasa roh. Itu sebabnya setelah iman mereka dibangunkan, dan percaya bahwa Roh Kudus ada di dalam hatinya, dia tidak perlu bahasa roh lagi.

Cukup konsisten bukan? Bahasa roh adalah TANDA buat orang yang tidak beriman (bahwa Roh Kudus tinggal di dalam hatinya), untuk membangunkan IMANnya. Setelah imannya bangun, dia tidak perlu TANDA lagi, itu berarti dia tidak perlu bahasa roh lagi.
Samuel Franklyn, anda mengelompokkan Iman dalam 4 tingkatan. Saya akan mencoba untuk membantu pembaca lainnya untuk memahami apa yang anda ajarkan. Setelah mereka mengetahui dasar yang anda gunakan untuk mengelompokkan iman itu maka besar harapan saya mereka akan memiliki PENGETAHUAN dan KEMAMPUAN untuk menguji TINGKATAN iman mereka, setelah itu, maka mereka juga dapat menguji TINGKATAN iman handai taulannya.

1. tidak beriman

Maka kata Yesus: "Hai kamu angkatan yang tidak percaya dan yang sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu dan sabar terhadap kamu? Bawa anakmu itu kemari!" Luk 9:41

2. kurang beriman

Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?" Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali. Mat 8:26

3. beriman

Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan. Joh 12:46

4. besar imannya

Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel. Matius 8:10

Maaf, saya tidak setuju dengan pengelompokkan iman anda dan lebih suka dengan pemahaman saya sendiri. Beriman VS tidak beriman.

Samuel Franklyn menulis:

2. Tujuan bahasa roh diberikan bukan untuk membangun iman jemaat secara kolektif melainkan iman jemaat secara pribadi. Dan pembangunan iman secara pribadi ini perlu tetap dilakukan sampai berjumpa dengan Tuhan Yesus.

Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat. 1 Korintus 14:4

Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus. Yudas 1:20

Maafkan saya Samuel Franklyn, bagaimana anda menyimpulkan dari kedua ayat tersebut di atas bahwa, “bahasa roh akan MEMBANGUN iman orang Krsiten menjadi BESAR?” MEMBANGUN diri dan MEMBANGUN iman adalah dua hal yang berbeda. Kena Dech!

Samuel Franklyn, anda dan mungkin kebanyakan pembaca tulisan saya menyangka bahwa saya memahami “bahasa roh adalah TANDA buat orang yang tidak beriman (bahwa Roh Kudus tinggal di dalam hatinya), untuk membangunkan IMANnya” berdasarkan 1 Korintus 14:4?

Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat. I Korintus 14:4

Anda salah sangka bung! Umumnya orang Kristen memahami ayat tersebut di atas sebagai MEMBANGUN IMAN. Pemahaman demikian SALAH. Bahasa roh, BUKAN alat untuk MEMBANGUN IMAN. Saya juga sering terbawa pemahaman demikian. Silahkan baca tulisan terutama komentar saya sehubungan dengan bahasa roh, mungkin anda akan menemukannya. saya mendasarkan pemahaman saya akan fungsi bahasa roh pada ayat I Korintus 14:22.

Karena itu karunia bahasa roh adalah tanda, bukan untuk orang yang beriman, tetapi untuk orang yang tidak beriman; sedangkan karunia untuk bernubuat adalah tanda, bukan untuk orang yang tidak beriman, tetapi untuk orang yang beriman. I korintus 14:22

Itu sebabnya kata yang saya gunakan adalah MEMBANGUNKAN iman, bukan MEMBANGUN iman atau MEMBUAT iman menjadi TEGUH atau KUAT atau BESAR.

Jadi, apakah yang harus kubuat? Aku akan berdoa dengan rohku, tetapi aku akan berdoa juga dengan akal budiku; aku akan menyanyi dan memuji dengan rohku, tetapi aku akan menyanyi dan memuji juga dengan akal budiku. 1 Korintus 14:15

What G5101 is G2076 it then? G3767 I will pray G4336 with the G3588 spirit, G4151 and G1161 I will pray G4336 with the G3588 understanding G3563 also: G2532 I will sing G5567 with the G3588 spirit, G4151 and G1161 I will sing G5567 with the G3588 understanding G3563 also. G2532 1Co 14:15


Nah kata it then G3767 adalah: Apparently a primary word; (adverbially) certainly, or (conjugationally) accordingly: - and (so, truly), but, now (then), so (likewise then), then, therefore, verily, wherefore.

Jelas sekali berdasarkan ayat ini bahwa Paulus masih berbahasa Roh dan akan/lalu/"then" berbahasa Roh. Kenapa? Karena berbahasa roh membangun imannya secara pribadi.

Samuel Franklyn, apakah I Korintus 14:15 sedang mengajarkan kepada kita bahwa KADANG-KADANG Paulus berdoa dengan rohnya, lalu di waktu lain dia berdoa dengan akal budinya? Mari kita baca I Korintus 14:14 hingga I Korintus 14:17 untuk mendapatkan pemahaman yang lebih lengkap dan jelas.

Sebab jika aku berdoa dengan bahasa roh, maka rohkulah yang berdoa, tetapi akal budiku tidak turut berdoa. Jadi, apakah yang harus kubuat? Aku akan berdoa dengan rohku, tetapi aku akan berdoa juga dengan akal budiku; aku akan menyanyi dan memuji dengan rohku, tetapi aku akan menyanyi dan memuji juga dengan akal budiku. Sebab, jika engkau mengucap syukur dengan rohmu saja, bagaimanakah orang biasa yang hadir sebagai pendengar dapat mengatakan "amin" atas pengucapan syukurmu? Bukankah ia tidak tahu apa yang engkau katakan? Sebab sekalipun pengucapan syukurmu itu sangat baik, tetapi orang lain tidak dibangun olehnya. I Korintus 14:14-17

Anda melihat satu paradoks di dalam I Korintus 14?

Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat. I Korintus 14:4

Sebab sekalipun pengucapan syukurmu itu sangat baik, tetapi orang lain tidak dibangun olehnya. I Korintus 14:17

Dalam I Korintus 14:4 dikatakan bahwa bahasa roh membangun diri sendiri, namun di dalam I Korintus 14:17 di katakan bahwa bahasa roh tidak membangun orang lain. Kenapa bahasa roh tidak membangun orang lain? Karena orang lain tidak MENGERTI bahasa roh. Bukankah orang yang berbahasa roh juga tidak mengerti bahasa roh? Karena tidak mengerti, bagaimana dia di bangun? Tentu saja dia juga TIDAK dibangun! Karena dia juga tidak MENGERTI!

Sekarang anda tahu kenapa Paulus kekeh jumekeh menentang berbahasa roh di dalam kebaktian? Boleh berbahasa roh asal NGERTI yang diucapkan. Ada yang berbahasa roh, ada yang menerjemahkan. Bagaimana kita TAHU bahwa terjemahannya BENAR? Roh Kudus akan memberi tahu kita! Bagaimana Roh Kudus memberi tahu kita? Dengan JURUS membedakan roh. Bagaimana kita tahu jurus itu BENAR? Kita pasti tahu! Bagaimana kita tahu? Kita akan merasa NYAMAN atau SEJAHTERA! Dengan apa kita merasa nyaman dan sejahtera? Dengan perasaan kita! PERASAAN adalah STANDARD kebenaran.

Kita bisa menguji apa yang diucapkan oleh penerjemah itu dengan ajaran Alkitab! Benar, namun itu tidak menjamin bahwa apa yang diucapkan oleh penerjemah tersebut adalah apa yang diucapkan oleh orang yang berbahasa roh.

Orang yang mendapat anugerah bahasa roh TIDAK akan lupa cara mengucapkan kata-kata yang dia ucapkan ketika berbahasa roh. Dia bisa mengucapkannya, dia bisa mengendalikannya dan dia MERASA nyaman ketika melakukannya. Jadi silahkan berbahasa roh sendirian!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Membangun diri tidak perlu?

Hai-hai berkata:

Maaf, saya tidak setuju dengan pengelompokkan iman anda dan lebih suka dengan pemahaman saya sendiri. Beriman VS tidak beriman.

Samuel berkata:

Baiklah kalau begitu kita setuju untuk tidak setuju Laughing

Hai-hai berkata:

Maafkan saya Samuel Franklyn, bagaimana anda menyimpulkan dari kedua ayat tersebut di atas bahwa, “bahasa roh akan MEMBANGUN iman orang Krsiten menjadi BESAR?” MEMBANGUN diri dan MEMBANGUN iman adalah dua hal yang berbeda. Kena Dech!

Samuel berkata:

Baiklah. Membangun diri memang beda dengan membangun iman. Lalu apakah membangun diri tidak perlu?

1 Korintus 14:4-5
(4)  Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat.
(5)  Aku suka, supaya kamu semua berkata-kata dengan bahasa roh, tetapi lebih dari pada itu, supaya kamu bernubuat. Sebab orang yang bernubuat lebih berharga dari pada orang yang berkata-kata dengan bahasa roh, kecuali kalau orang itu juga menafsirkannya, sehingga Jemaat dapat dibangun.

Yudas 1:20-21
(20)  Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.
(21)  Peliharalah dirimu demikian dalam kasih Allah sambil menantikan rahmat Tuhan kita, Yesus Kristus, untuk hidup yang kekal.

Kalau menurut Firman dalam kitab Yudas hal itu dinasihatkan untuk dilakukan. Nah bagaimana pendapat kamu?

Hai-hai berkata:

Orang yang mendapat anugerah bahasa roh TIDAK akan lupa cara mengucapkan kata-kata yang dia ucapkan ketika berbahasa roh. Dia bisa mengucapkannya, dia bisa mengendalikannya dan dia MERASA nyaman ketika melakukannya. Jadi silahkan berbahasa roh sendirian!

Samuel berkata:

Yap saya melakukannya sendirian. Bukan untuk merasa nyaman tapi untuk membangun diri sesuai dengan yang tertulis dalam Firman.

hai hai's picture

Bahasa roh Tidak Membangun Diri

Samuel Franklyn, nampaknya anda masih berhutang penjelasan kepada saya. Bagaimana cara kamu menentukan TINGKAT iman kamu? Dan bagaimana kamu menentukan TINGKAT iman orang lain? Tidak beriman, kurang beriman, beriman, beriman besar?

Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus. Peliharalah dirimu demikian dalam kasih Allah sambil menantikan rahmat Tuhan kita, Yesus Kristus, untuk hidup yang kekal. Yudas 1:20-21

Saya sudah menjelaskan paradoks di dalam I Korintus 14. Bahasa roh adalah TANDA bagi orang tidak beriman. Setelah imannya dibangunkan, bahasa roh tidak berguna lagi kecuali membuat orang yang berbahasa roh merasa nyaman.

Walaupun di mulai dengan pernyataan bahwa bahasa roh berguna untuk membangun diri (bukan membangun iman), memang bahasa roh berguna untuk membangun diri, bahasa roh diberikan untuk membangunkan iman orang yang tidak beriman bahwa Roh Kudus tinggal di dalam hatinya. Akhirnya Paulus menyatakan bahwa bahasa roh tidak berguna sama sekali untuk membangun diri karena syarat untuk berguna adalah MENGERTI.

Itu sebabnya saya berkata, bahasa roh setelah iman seseorang dibangunkan, hanya membuat orang merasa nyaman. Jadi silahkan berbahasa roh namun, jangan membuat orang lain tidak nyaman. Anda salah bila menganggap berbahasa roh akan membuat iman anda menjadi KUAT dan BESAR, juga jangan mengajarkan kepada orang lain bahwa bahasa roh berguna untuk membangun iman (menjadikan iman tumbuh menjadi KUAT) apalagi mengagul-agulkannya sebagai bukti dipenuhi Roh Kudus. Karena bukan itu yang diajarkan oleh Alkitab tentang bahasa roh.

Apakah Yudas 1:20-21 menasihati orang untuk berbahasa roh? TIDAK! Berdoa dalam Roh Kudus, itulah yang diajarkan oleh Yudas, bukan berbahasa roh.
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Apa maksudnya berdoa dalam Roh Kudus?

Hai-hai berkata:

Samuel Franklyn, nampaknya anda masih berhutang penjelasan kepada saya. Bagaimana cara kamu menentukan TINGKAT iman kamu? Dan bagaimana kamu menentukan TINGKAT iman orang lain? Tidak beriman, kurang beriman, beriman, beriman besar?

Samuel berkata:

Saya tidak pernah menentukan tingkat iman saya. Saya juga tidak pernah menentukan tingkat iman orang lain. Kenapa demikian? Soalnya walaupun iman itu ada ukurannya tapi yang berhak menentukan itu Tuhan Yesus.  Dari hasil belajar saya akan Firman saya tahu bahwa satu-satunya pribadi yang berkata iman seseorang besar atau kurang itu adalah Tuhan Yesus. Rasul Paulus sekalipun cuma menyatakan agar seseorang menguasai diri menurut ukuran iman yang dikaruniakan Allah. Tapi disisi lain walau Rasul Paulus tidak pernah bilang iman seseorang besar atau kecil tapi dia bisa membedakan mana orang yang beriman.

Rom 12:3
(3)  Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.

Act 14:8-10
(8)  Di Listra ada seorang yang duduk saja, karena lemah kakinya dan lumpuh sejak ia dilahirkan dan belum pernah dapat berjalan.
(9)  Ia duduk mendengarkan, ketika Paulus berbicara. Dan Paulus menatap dia dan melihat, bahwa ia beriman dan dapat disembuhkan.
(10)  Lalu kata Paulus dengan suara nyaring: "Berdirilah tegak di atas kakimu!" Dan orang itu melonjak berdiri, lalu berjalan kian ke mari. 

Hai-hai berkata:

Saya sudah menjelaskan paradoks di dalam I Korintus 14. Bahasa roh adalah TANDA bagi orang tidak beriman. Setelah imannya dibangunkan, bahasa roh tidak berguna lagi kecuali membuat orang yang berbahasa roh merasa nyaman.

Samuel berkata:

Saya tidak setuju karena jelas juga tertulis bahwa barangsiapa berkata-kata dalam bahasa roh dia membangun dirinya. Tidak ada tertulis dalam Firman bahwa dengan berbahasa roh membuat orang merasa nyaman. Apa anda mengajarkan sesuatu yang tidak ada dalam Firman? Memang dengan berbahasa roh orang bisa merasa nyaman tapi itu sama sekali nggak pernah diajarkan sebagai tujuan berbahasa roh dalam Firman.

Hai-hai berkata:

Walaupun di mulai dengan pernyataan bahwa bahasa roh berguna untuk membangun diri (bukan membangun iman), memang bahasa roh berguna untuk membangun diri, bahasa roh diberikan untuk membangunkan iman orang yang tidak beriman bahwa Roh Kudus tinggal di dalam hatinya. Akhirnya Paulus menyatakan bahwa bahasa roh tidak berguna sama sekali untuk membangun diri karena syarat untuk berguna adalah MENGERTI.

Samuel berkata:

Saya tidak setuju. Paulus tidak pernah menyatakan bahasa roh tidak berguna untuk membangun diri. Yang dikatakannya adalah bahasa roh tidak berguna sama sekali untuk membangun orang lain.

1Co 14:4
(4)  Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat.

1Co 14:17
(17)  Sebab sekalipun pengucapan syukurmu itu sangat baik, tetapi orang lain tidak dibangun olehnya.

Anda berkata  "syarat untuk berguna adalah MENGERTI." Ini saya tidak setuju. Banyak hal yang saya tidak mengerti tetap berguna bagi saya. Apa kamu yakin kamu mengerti semua hal yang berguna buat kamu? Banyak obat tidak dimengerti sepenuhnya cara kerjanya oleh para ilmuwan tapi mereka tetap berguna.

Hai-hai berkata:

Itu sebabnya saya berkata, bahasa roh setelah iman seseorang dibangunkan, hanya membuat orang merasa nyaman. Jadi silahkan berbahasa roh namun, jangan membuat orang lain tidak nyaman. Anda salah bila menganggap berbahasa roh akan membuat iman anda menjadi KUAT dan BESAR, juga jangan mengajarkan kepada orang lain bahwa bahasa roh berguna untuk membangun iman (menjadikan iman tumbuh menjadi KUAT) apalagi mengagul-agulkannya sebagai bukti dipenuhi Roh Kudus. Karena bukan itu yang diajarkan oleh Alkitab tentang bahasa roh.

Apakah Yudas 1:20-21 menasihati orang untuk berbahasa roh? TIDAK! Berdoa dalam Roh Kudus, itulah yang diajarkan oleh Yudas, bukan berbahasa roh.

Samuel berkata:

Saya tidak setuju. 1 Korintus 14 dan Yudas 1 menggunakan kata yunani yang hampir  sama 

Di 1 Kor 14 digunakan kata:

G3618
oikodomeo?
oy-kod-om-eh'-o
From the same as G3619; to be a house builder, that is, construct or (figuratively) confirm: - (be in) build (-er, -ing, up), edify, embolden.

Di Yudas 1 digunakan kata:

G2026
epoikodomeo?
ep-oy-kod-om-eh'-o
From G1909 and G3618; to build upon, that is, (figuratively) to rear up: - build thereon (thereupon, on, upon).

Saya yakin 1 Korintus 14:4 dan Yudas 1:20 merujuk ke hal yang sama. Memang ini penafsiran. Tapi bukan penafsiran tanpa dasar.

Kalau anda yakin bahwa Yudas 1:20 tidak merujuk ke hal yang sama dengan 1 Korintus 14:4 maka saya minta penjelasan anda apa maksudnya berdoa dalam Roh Kudus? Apa bedanya berdoa biasa saja dan berdoa dalam Roh Kudus?

hai hai's picture

Berdoa Dalam Roh Kudus Bukan Berbahasa Roh

Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing. Roma 12:3

Samuel Franklyn, kenapa anda tidak mempertimbangkan bahwa “ukuran iman” di dalam ayat tersebut di atas bukannya, “tidak beriman, kurang iman, beriman, iman besar” namun berapa BANYAK hal yang diimani? Mungkin definisi iman ini bisa membantu?

Iman adalah KERELAAN untuk Menerima SESUATU sebagai KEBENARAN dan hidup dengan KEYAKINAN demikian.

Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat. I Korintus 14:4

Demikianlah juga kamu yang berkata-kata dengan bahasa roh: jika kamu tidak mempergunakan kata-kata yang jelas, bagaimanakah orang dapat mengerti apa yang kamu katakan? Kata-katamu sia-sia saja kamu ucapkan di udara! I Korintus 14:9

Tetapi jika aku tidak mengetahui arti bahasa itu, aku menjadi orang asing bagi dia yang mempergunakannya dan dia orang asing bagiku. I Korintus 14:11

Sebab, jika engkau mengucap syukur dengan rohmu saja, bagaimanakah orang biasa yang hadir sebagai pendengar dapat mengatakan "amin" atas pengucapan syukurmu? Bukankah ia tidak tahu apa yang engkau katakan? I Korintus 14:16

Sebab sekalipun pengucapan syukurmu itu sangat baik, tetapi orang lain tidak dibangun olehnya. I Korintus 14:17

Karena itu karunia bahasa roh adalah tanda, bukan untuk orang yang beriman, tetapi untuk orang yang tidak beriman; sedangkan karunia untuk bernubuat adalah tanda, bukan untuk orang yang tidak beriman, tetapi untuk orang yang beriman. I Korintus 14:22

Samuel Franklyn, bukankah ayat-ayat tersebut dengan gamblang menjelaskan apa yang saya maksudkan? Mulanya Paulus mengatakan bahwa bahasa roh berguna untuk membangun diri. Kemudian dia menjelaskan bahwa bahasa roh TIDAK membangun orang yang TIDAK mengerti. Bukankah ketika seseorang berbahasa roh dia menjadi orang ASING bagi dirinya sendiri, karena dia tidak mengerti apa yang diucapkannya? Bila tidak mengerti, atas dasar  apa dia MENGAMINI? Bahasa ada, bahasa roh MEMBANGUN namun tidak MEMBANGUN. Paulus menjawabnya dengan jelas dan tegas dalam ayat 22, bahasa roh hanya TANDA untuk orang tidak beriman, bukan untuk untuk orang beriman.

Saya ulangi apa yang saya tulis: Apakah Yudas 1:20-21 menasihati orang untuk berbahasa roh? TIDAK! Berdoa dalam Roh Kudus, itulah yang diajarkan oleh Yudas, bukan berbahasa roh.

Berdoa dalam Roh Kudus artinya berdoa di bawah pimpinan Roh Kudus, bukan berbahasa roh.
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Lebih baik kita setuju untuk tidak setuju

Hai-hai berkata:

Samuel Franklyn, kenapa anda tidak mempertimbangkan bahwa “ukuran iman” di dalam ayat tersebut di atas bukannya, “tidak beriman, kurang iman, beriman, iman besar” namun berapa BANYAK hal yang diimani? Mungkin definisi iman ini bisa membantu?

Iman adalah KERELAAN untuk Menerima SESUATU sebagai KEBENARAN dan hidup dengan KEYAKINAN demikian.

Samuel berkata:

Hai-hai saya tidak setuju dengan penjelasan anda karena kata ukuran dalam Roma 12:3 adalah metron/meter. Meter itu jelas dipakai bukan untuk mengukur sesuatu yang diskrit seperti jumlah. Meter dipakai untuk mengukur sesuatu yang sifatnya sinambung/continous seperti jarak.

G3358

metron

An apparently primary word; a measure (“metre”), literally or figuratively; by implication a limited portion (degree): - measure.

Definisi iman anda tidak saya terima. Bagi saya definisi iman tetap Ibrani 11:1. Silahkan anda berpegang pada definisi iman anda. Saya akan berpegang pada Firman.

Hai-hai berkata:

Samuel Franklyn, bukankah ayat-ayat tersebut dengan gamblang menjelaskan apa yang saya maksudkan? Mulanya Paulus mengatakan bahwa bahasa roh berguna untuk membangun diri. Kemudian dia menjelaskan bahwa bahasa roh TIDAK membangun orang yang TIDAK mengerti. Bukankah ketika seseorang berbahasa roh dia menjadi orang ASING bagi dirinya sendiri, karena dia tidak mengerti apa yang diucapkannya? Bila tidak mengerti, atas dasar  apa dia MENGAMINI? Bahasa ada, bahasa roh MEMBANGUN namun tidak MEMBANGUN. Paulus menjawabnya dengan jelas dan tegas dalam ayat 22, bahasa roh hanya TANDA untuk orang tidak beriman, bukan untuk untuk orang beriman.

Samuel berkata:

"MEMBANGUN namun tidak MEMBANGUN". Bwa ha ha ha. Lucu banget. Penjelasan anda tidak saya terima karena kontradiktif.  Yang jelas Firman tetap berkata bahasa roh bermanfaat untuk membangun diri tapi nggak berguna untuk membangun orang lain. Firman tidak pernah berkata bahasa roh "MEMBANGUN namun tidak MEMBANGUN".

Hai-hai berkata:

Berdoa dalam Roh Kudus artinya berdoa di bawah pimpinan Roh Kudus, bukan berbahasa roh.

Samuel berkata;

Saya tidak setuju. Bagi saya ayat dalam Yudas 1:20 adalah merujuk ke hal yang sama dengan 1 Korintus 14:4. 

Akhir kata lebih baik kita setuju untuk tidak setuju. Silahkan para pembaca Sabdaspace menilai sendiri mana pendapat yang berdasarkan Firman dan konsisten dan mana yang kontradiktif.

 

hai hai's picture

Samuel F Memang Konsisten

Hai-hai saya tidak setuju dengan penjelasan anda karena kata ukuran dalam Roma 12:3 adalah metron/meter. Meter itu jelas dipakai bukan untuk mengukur sesuatu yang diskrit seperti jumlah. Meter dipakai untuk mengukur sesuatu yang sifatnya sinambung/continous seperti jarak.

Kalau begitu, maka pembagian Iman kamu yang: “tidak beriman, kurang beriman, beriman, beriman besar” juga tidak tepat. Mungkin anda harus mulai memikirkan ukuran yang digunakan oleh edy, YG SEMATA KAKI, YG SELUTUT, YG SEPINGGANG
YG SEDADA, YG TERAKHIR MELUBER YA. Bukankah lebih mendekati meter? Atau kenapa tidak menggunakan meter sekalian?

Definisi iman anda tidak saya terima. Bagi saya definisi iman tetap Ibrani 11:1. Silahkan anda berpegang pada definisi iman anda. Saya akan berpegang pada Firman.

Terserah anda mau menggunakan definisi iman yang mana kawan. Namun mustahil anda membantah bahwa definisi Ibrani 11:1 adalah FUNGSI iman, bukan iman itu sendiri.

"MEMBANGUN namun tidak MEMBANGUN". Bwa ha ha ha. Lucu banget. Penjelasan anda tidak saya terima karena kontradiktif.  Yang jelas Firman tetap berkata bahasa roh bermanfaat untuk membangun diri tapi nggak berguna untuk membangun orang lain. Firman tidak pernah berkata bahasa roh "MEMBANGUN namun tidak MEMBANGUN".

Samuel Franklyn, terserah anda mau menerima penjelasan saya atau tidak, Namun anda tahu bahwa saya tidak mengada-ada karena ayat-ayatnya jelas dan tegas menyatakan demikian. Bila anda menilainya kontradiktif, maka itu berarti anda menilai ayat-ayat Alkitab tersebut kontradiktif. Anda menilainya lucu banget? Tertawakanlah Alkitab anda Samuel. 

Firman tidak pernah berkata bahasa roh "MEMBANGUN namun tidak MEMBANGUN".

Samuel Franklyn, pernyataan anda tesebut di atas benar-benar lucu! Di samping itu juga menunjukkan betapa KONSISTENNYA anda dengan jurus kekeh jumekeh anda yang tidak logis dan kekanak-kanakan itu. Namun itu pilihan anda dan anda bebas memilih.

Samuel Franklyn, di dalam Yudas 1:20 Firman Allah TIDAK berkata “bahasa roh?” kenapa anda MEMAKSA menafsirkannya seolah-olah ada kata “bahasa roh?” Anda sebut itu KONSISTEN? Baiklah anda memang KONSISTEN!

Oh ya, terima kasih, Anda baik sekali! Anda memulai diskusi ini dengan menyebut saya NGAWUR namun mengakhirinya dengan menyebut saya LUCU, namun anda mau SETUJU untuk TIDAK SETUJU dengan saya. Oh ya, sebagai ucapan terima kasih saya, maka saya lampirkan daftar ayat-ayat yang juga memakai kata oikodomeo dan Epoikodomeo, supaya anda juga dapat menggunakan ayat-ayat tersebut untuk merujuk ke 1 Korintus 14:4, dengan demikian maka anda memiliki banyak ayat untuk mendukung keyakinan anda tentang bahasa roh.

oikodomeo
Matius 7:24, Matius 7:26, Matius 16:18, Matius 21:33, Matius 21:42, Matius 23:29, Matius 26:61, Matius 27:40, Markus 12:1, Markus 12:10, Markus 14:58, Markus 15:29, Lukas 4:29, Lukas 6:48, Lukas 6:49, Lukas 7:5, Lukas 11:47, Lukas 11:48, Lukas 12:18, Lukas 14:28, Lukas 14:30, Lukas 17:28, Lukas 20:17, Yohanes 2:20, Kisah Para Rasul 4:11, Kisah Para Rasul 7:47,

Epoikodomeo
Kisah Para Rasul 20:32, 1 Korintus 3:10, 1 Korintus 3:12, 1 Korintus 3:14, Efesus 2:20, Kolese 2:7
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

Samuel Franklyn, Terima Kasih

Maaf, Samuel Franklyn, saya lupa satu hal lagi. Terima kasih anda telah membuktikan bahwa definisi iman saya benar.

Iman adalah KERELAAN untuk Menerima SESUATU sebagai KEBENARAN dan hidup dengan KEYAKINAN demikian.

Bukan masalah mengerti atau tidak mengerti, namun masalahnya adalah rela atau tidak rela.  

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Definisi iman dalam Firman itu apa?

Hai-hai berkata:

Iman adalah KERELAAN untuk Menerima SESUATU sebagai KEBENARAN dan hidup dengan KEYAKINAN demikian.

Samuel berkata:

Hai-hai itu definisi iman menurut kamu bukan menurut Firman. Anda berani bilang bahwa Ibrani 11:1 bukan definisi iman. Nah apa anda bisa kasih saya definisi iman yang ada dalam Firman?

hai hai's picture

Saya Sudah Beritahu Anda

Samuel Franklyn saya sudah beritahu anda, namun anda menganggapnya bukan definisi Iman, saya mau apa lagi? Ha ha ha ... Anda mau bilang karena tidak tertulis maka itu bukan definisi iman? ingat, Allah tritunggal juga tidak ada di dalam Alkitab, namun anda tahu itu ajaran Alkitab kan?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

Hai hai, ada berapa macam iman?

Hai hai menulis:

Samuel franklyn, IMAN adalah iman. Ada Iman bahwa dosa manusia di ampuni karena Yesus Kristus sudah menanggung hukumannya. Ada iman bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan. Ada iman bahwa Yesus Kristus sudah MEMBAPTIS dunia dengan Roh Kudus pada hari Pentakosta. Ada juga iman bahwa Roh Kudus tinggal di dalam hati orang-orang Kristen.

Nah, Iman yang dimaksudkan oleh Alkitab sehubungan dengan karunia roh kudus adalah Iman bahwa Roh Kudus tinggal di dalam hati manusia. Sebagian orang-orang Kristen yang tidak beriman bahwa Roh Kudus tinggal di dalam hatinya akan diberi anugerah berbahasa roh. Itu sebabnya setelah iman mereka dibangunkan, dan percaya bahwa Roh Kudus ada di dalam hatinya, dia tidak perlu bahasa roh lagi.

 

Hai hai menulis lagi (menyanggah pendapat SF, bahwa ada tingkatan iman):

Maaf, saya tidak setuju dengan pengelompokkan iman anda dan lebih suka dengan pemahaman saya sendiri. Beriman VS tidak beriman.


Deta komentar:

Maaf Hai hai saya jadi bingung nih, sepertinya agak kontradiktif nih komentar Hai hai sendiri. Dalam komentar pertama anda mengatakan bahwa ada macam-macam iman, artinya bisa saja seorang beriman itu hanya mempunyai satu macam iman saja, ada orang lain yang punya 2 macam dan seterusnya. Bukankah sama saja Hai hai juga sebenarnya mengakui bahwa ada tingkatan iman?

Sedangkan dalam komentar kedua Hai hai hanya mengelompokkan: beriman vs tidak beriman. Bila hanya 2 kondisi, lalu kenapa dalam komentar pertama ada macam-macam iman?

Mohon penjelasannya, terima kasih.


__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

Definisi Iman

 

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Ibrani 11:1

Umumnya, masalah utama yang dihadapi ketika berdiskusi tentang IMAN adalah orang-orang yang berdiskusi itu tidak MENDEFINISIKAN kata IMAN dengan benar. Ayat tersebut di atas selalu digunakan untuk definisi IMAN yang akurat menurut Alkitab, namun apakah ayat tersebut mendefinisikan apa itu iman? TIDAK! Ayat tersebut di atas hanya mendefinisikan FUNGSI dari iman. Berikut ini adalah DEFINISI iman yang saya buat berdasarkan pemahaman saya akan Iman yang tertulis di dalam Alkitab dan .

Iman adalah KERELAAN untuk Menerima SESUATU sebagai KEBENARAN dan hidup dengan KEYAKINAN demikian.

Ada yang beriman secara SADAR, ada yang beriman TANPA menyadarinya ada pula yang beriman secara REFLEK. Ketika naik pesawat terbang, anda beriman tanpa menyadarinya. Anda menerima semua yang berhubungan dengan pesawat tersebut sebagai kebenaran dan hidup dengan keyakinan demikian tanpa menyadarinya. Anda beriman bahwa Alkitab adalah Firman Tuhan, dan benar 100%. Itu sebabnya setiap kali membaca ayat-ayat Alkitab walaupun tidak memahaminya, namun anda secara REFLEK mengimaninya. Ketika anda mempertanyakan sesuatu yang anda YAKINI itulah yang disebut beriman dengan SADAR.

Menurut saya mustahil MENGUKUR kualitas iman lalu mengelompokkannya sebagai, “tidak beriman, kurang beriman, beriman, beriman besar.” Menurut saya yang ada adalah BERIMAN atau TIDAK BERIMAN. Anda tidak bisa mengatakan:

Saya kurang beriman bahwa Yesus Kristus adalah satu-satunya jalan keselamatan.
Saya beriman bahwa Yesus Kristus adalah satu-satunya jalan keselamatan.
Saya Beriman besar bahwa Yesus Kristus adalah satu-satunya jalan keselamatan.

Bagaimana membedakan ketiga tingkat iman itu? Menurut saya yang ada adalah, anda beriman atau tidak beriman bahwa Yesus Kristus adalah satu-satunya jalan keselamatan. Apabila anda tidak RELA menerima itu sebagai KEBENARAN dan hidup dengan KEYAKINAN demikian, maka itu berarti anda TIDAK beriman, bukanya kurang iman atau imannya kurang besar.

Apakah orang yang mengimani BANYAK hal berarti IMANNYA lebih BESAR dari orang yang mengimani sedikit hal? Bagaimana kita tahu berapa banyak hal yang diimani seseorang? Bagaimana kita TAHU bahwa apa yang dia imani hari ini masih akan dia imani besok dan apa yang tidak diimaninya hari ini akan dia imani besok? Kita tidak tahu.

Berapa banyak hal yang anda IMANI secara SADAR dan BENAR, (menurut saya) sangat menentukan berapa nyaman anda menjalani hidup. Banyak orang menyangka, semakin banyak menghadapi PENDERITAAN akan membuat IMAN seseorang menjadi semakin TEGUH. Saya bukan saja TIDAK percaya DOKTRIN demikian bahkan saya MENENTANGNYA. Karena doktrin demikian bertentangan dengan ajaran Alkitab. Penganut doktrin demikian yang paling FANATIK yang pernah saya temui adalah Josua Bin Nun. Demi dia saya sedang menulis sebuah blog yang mempertanyakan, Kenapa Orang Kristen Mendertia? Semoga setelah membaca blog saya tersebut dia dan banyak orang Kristen lainnya akan lebih NYAMAN menjalani hidup walaupun menghadapi banyak kesulitan. 
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

Definisi iman Hai hai

Hai hai mendefinisikan iman:

Iman adalah KERELAAN untuk Menerima SESUATU sebagai KEBENARAN dan hidup dengan KEYAKINAN demikian.



Deta komentar:

Bila demikian definisinya, maka BANYAK nya iman seseorang tentu tergantung kepada PENGETAHUAN orang tersebut bukan? Bila saya rajin membaca Alkitab maka iman saya semakin banyak macamnya. Dan tentu saja benar/tidak dari PENGETAHUAN orang tersebut tergantung kepada PENAFSIRAN orang tersebut kepada PENGETAHUAN yang diperoleh dari Alkitab sebagai sumber dalam mengimani SESUATU itu.

Nah, karena tergantung penafsiran, sedangkan penafsiran orang bisa berbeda-beda, bisa benar dan bisa juga salah, maka bisa saja dong IMAN orang tersebut salah atau mengimani yang salah? Apa ini juga bisa disebut iman?

Padahal Alkitab mengatakan orang benar akan hidup oleh iman! Apakah orang yang iman nya salah itu bisa disebut sebagai orang benar juga? Bagaimana ini hai?

Dan apakah ada banyaknya iman minimal, sehingga orang tersebut bisa disebut orang beriman? Misalnya orang tersebut: Percaya bahwa Yesus Kristus menebus manusia, tetapi bagaimana bila dia tidak percaya bahwa Yesus adalah Tuhan, apakah orang ini bisa disebut orang beriman juga? Dst.

Mohon penjelasan lagi. Terima kasih.

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

Ketetapan Allah BERDASARKAN Pilihan Manusia - Ngawur

Iman adalah KERELAAN untuk Menerima SESUATU sebagai KEBENARAN dan hidup dengan KEYAKINAN demikian.

Mana pernyataan yang benar di bawah ini?

Ketetapan Allah dan Pilihan Manusia
Ketetapan Allah VS Pilihan Manusia
Ketetapan Allah atau Pilihan Manusia

Debu tanah MENOLAK ketiganya dan mengajarkan hal baru.

Ketetapan Allah BERDASARKAN Pilihan Manusia

Allah mahatahu, itu sebabnya Dia tahu siapa yang akan MEMILIHNYA dan siapa yang akan MENOLAKNYA. Dengan pengetahuan itu Allah lalu MEMILIH dan MENETAPKAN orang yang Dia tahu akan MEMILIHNYA. Allah demikian adalah Allah PEMBUAL. Manusia yang MEMILIH,  namun Allah SOK BERDAULAT dan MENYATAKAN bahwa Dia yang MEMILIH dan MENETAPKAN.

Debu tanah, kapan anda menjadi Kristen dan kapan anda memiliki Iman demikian? Iman orang Kristen bertumbuh bukan menjadi tambah TEGUH namun tambah BANYAK yang diimani.  

Ketetapan Allah bahasa Inggrisnya Predestinasi adalah ajaran Alkitab. Apakah Debu Tanah TIDAK paham atau TIDAK mengerti ajaran demikian? Dia PAHAM ajaran demikian. Dia MENGERTI ajaran KETETAPAN Allah dengan mudah. Apabila dia menyatakan bahwa ajaran demikian TIDAK MASUK akal, atau TIDAK LOGIS, dia sendang membual. Apa yang terjadi dengan debu tanah? Kenapa walaupun dapat memahaminya namun dia TIDAK meyakininya? Yang terjadi pada debu tanah adalah dia bukannya TIDAK paham, namun dia TIDAK RELA.

Iman adalah KERELAAN untuk Menerima SESUATU sebagai KEBENARAN dan hidup dengan KEYAKINAN demikian.

Alkitab adalah STANDARD Kebenaran. Namun banyak orang Kristen yang Alih-alih menjadikan Alkitab sebagai STANDARD Kebenaran justru menjadikannya kitab NUJUM yang boleh ditafsirkan semau-maunya. Bagi orang-orang demikian, TAFSIRAN adalah STANDARD kebenaran, bukan Alkitab. Sebagian yang lain menjadikan Alkitab sebagai kitab PENDUKUNG yang mereka lakukan adalah MEMBUAT teori lalu mencari ayat-ayat PENDUKUNG di dalam Alkitab. Yang harus kita lakukan adalah MEMAHAMI Alkitab, bukan MENAFSIRKANNYA. Untuk membaca secara lengkap pandangan saya tentang hal ini, silahkan klik di sini.

Debu tanah, anda benar, dalam generasi ini banyak orang Kristen yang imannya nggak BERES. Apabila anda mempelajari definisi iman yang saya buat, maka anda akan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan anda yang tidak saya jawab. 
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

STANDARD KEBENARAN

 

Karena Hai hai tidak mau menjawab, Deta tidak mengerti sebenarnya apa definisi iman Hai hai diatas yang tentunya diperoleh Hai hai dari PEMAHAMAN Alkitab (bukan penafsiran yang ngawur!

Hai hai menulis:

Alkitab adalah STANDARD Kebenaran. Namun banyak orang Kristen yang Alih-alih menjadikan Alkitab sebagai STANDARD Kebenaran justru menjadikannya kitab NUJUM yang boleh ditafsirkan semau-maunya. Bagi orang-orang demikian, TAFSIRAN adalah STANDARD kebenaran, bukan Alkitab. Sebagian yang lain menjadikan Alkitab sebagai kitab PENDUKUNG yang mereka lakukan adalah MEMBUAT teori lalu mencari ayat-ayat PENDUKUNG di dalam Alkitab. Yang harus kita lakukan adalah MEMAHAMI Alkitab, bukan MENAFSIRKANNYA.

Deta komentar :

Hai hai selalu mengatakan Alkitab sebagai standard kebenaran. Tetapi kembali tidak menyadarai atau memang sengaja tidak fair kepada orang lain, bahwa yang Hai hai gunakan sebagai standard kebenaran adalah PENAFSIRAN Hai hai sendiri sebagai STANDAR KEBENARAN !

Tidak perlu di utarakan contoh2 nya, Hai hai banyak berbeda pendapat dengan saudara-saudara yang lain dalam Sabda ini, dan Hai hai selalu mengatakan: “Alkitab sebagai standard kebenaran”.

Hai hai sering mengatakan: Yang harus kita lakukan adalah MEMAHAMI Alkitab, bukan MENAFSIRKANNYA.

Padahal Hai hai sendiri selalu mengatakan bahwa bahwa penafsiran orang lain NGAWUR berdasarkan PEMAHAMAN Hai hai atas Alkitab! Hai hai selalu mengklaim bahwa pendapatnya adalah “PEMAHAMAN” yang pasti benar, sedangkan pendapat orang lain adalah PENAFSIRAN yang NGAWUR!

Contoh yang nyata adalah Definisi Iman versi Hai hai :

Iman adalah KERELAAN untuk Menerima SESUATU sebagai KEBENARAN dan hidup dengan KEYAKINAN demikian.

Supaya konsisten tentu Hai hai akan mengatakan bahwa definisi di atas adalah PEMAHAMAN Alkitab yang pasti BENAR (tidak peduli orang lain TIDAK MEMAHAMI, Hai hai pasti menuduh mereka TIDAK RELA menerima, bukan tidak paham), sedangkan orang lain yang punya pendapat yang lain sudah pasti PENAFSIRAN yang NGAWUR!

Contoh kedua adalah masalah tingkatan iman.

Hai hai hanya mengatakan bahwa kondisi iman hanya 2 macam: beriman vs tidak beriman. Tetapi ada macam-macam iman. (terus terang baru dengar di sini).

Supaya konsisten tentu Hai hai akan mengatakan bahwa tingkatan iman tidak ada adalah PEMAHAMAN Alkitab yang pasti BENAR, sedangkan orang lain yang punya pendapat yang lain sudah pasti PENAFSIRAN yang NGAWUR!

Karena Hai hai mengatakan bahwa banyak iman orang lain yang TIDAK BERES, tentu hanya iman Hai hai yang BERES??

Begitu ya Hai?

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

Debu Tanah, Anda Benar

Debu tanah, anda benar. Itu penafsiran anda. Namun sayang itu hanya penafsiran anda. Karena anda hanya menafsikan berdasarkan kalimat-kalimat yang anda kutip tanpa menyertakan konteks ketika kalimat-kalimat itu saya tulis. Maka jadilah demikian.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

freya's picture

bahasa roh vs bahasa mandarin

sepertinya saya lebih interest dengan bahasa mandarin daripada bahasa roh yang simpang siur ajarannya/membingungkan umat.kalau bahasa mandarin jelas tulisannya dan bunyinya serta bisa les dimana-mana kalau mau belajar lebih serius.bahasa mandarin lebih universal karena orang cina di mana mana, tp bhs roh cuma orang tertentu yg bisa dan org tertentu yg ngerti. bahasa cina kalau serius dipelajari akan banyak gunanya, tp bahasa roh kayaknya makin serius makin bingung,yang ngomong bingung, yang dengar bingung.nah!
hai hai's picture

Yang Diajarkan Alkitab Sederhana

Freya, ajaran tentang bahasa roh menjadi rumit bukan karena Alkitab tidak mengajarkannya dengan sederhana. ajarannya menjadi rumit karena banyak orang Kristen yang tidak mempelajari Alkitab dengan benar lalu mulai mengajarkannya sebagai kebenaran.

Bahasa roh adalah bahasa yang tidak ada kamusnya. Menurut Alkitab tidak ada manusia, maupun malaikat yang mengerti.

Bahasa mandarin adalah bahasa untuk berkomunikasi sedangkan bahasa roh bukan bahasa untuk berkomunikasi. Tentu saja bahasa roh makin dipelajari makin ruwet. Jadi mari kita belajar bahasa mandarin rame-rame.  

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Raissa Eka Fedora's picture

Belajar mandarin

untuk bahasa roh, aku nggak ngerti-ngerti amat, nggak dalem, jadi daripada asal nyeplos eh ternyata berdosa, mending tutup mulut

 

belajar mandarin malah disuruh sama nenek, tapi nenek ada di palembang, wes belajar sama hai hai aja.. boleh kan ??

 

-anak kecil berbicara, didengarkah?-

__________________

Satu lagi pendapat seorang anak kecil yang tersasar ke dunia orang dewasa dan memberanikan pendapat.
-anak kecil berpendapat, didengarkah?-

edy's picture

@FREYA,

BHS ROH BUKAN UNTUK KOMUNIKASI DGN MANUSIA. BHS ROH TDK BISA DIPELAJARI SEPERTI BHS MANDARIN. SAYA IBARATKAN BHS ROH ITU SEPERTI ORGASME PADA WANITA. ORGASME TERJADI KETIKA BERHUBUNGAN INTIM DGN MANUSIA. BHS ROH TERJADI KARENA HUBUNGAN INTIM DGN MEMPELAI PRIA YAITU YESUS TUHAN KITA. JADI SEMAKIN INTIM SEMAKIN BANYAK BHS ROH/ORGASME ITU. MAAF TIDAK BERMAKSUD JOROK TAPI HANYA UNTUK MENJELASKAN SAJA.
edy's picture

SEPERTINYA TINGKATAN IMAN ITU ADA DEH

ITU LHO YG SEMATA KAKI YG SELUTUT YG SEPINGGANG YG SEDADA YG TERAKHIR MELUBER YA
king heart's picture

Bahasa Roh

Pernah saya baca buku ( lupa judulnya ), di sana diceritakan seorang pemuda berasal dari Afrika yang sedang studi di AS. Suatu hari ia beribadah di gereja yang selalu menggunakan "bahasa roh ", ketika sedang berlangsung doa "bahasa roh" karena ia tidak bisa berbahasa roh maka ia berdoa Bapa Kami dalam bahasa ibunya. Ada seorang yang disebelahnya yang kemudian menterjemahkan doanya itu namun dengan kata yang berbeda jauh dengan isi doa Bapa Kami. Ketika kebaktian selesai si orang Afrika ini bertanya kepada yang menterjemahkan doanya itu bagaimana ia bisa menterjemahkan doanya. Orang itu menjawab bahwa Tuhan mengaruniakan karunia menterjemahkan kepadanya sehingga kata kata keluar dari mulutnya untuk menterjemahkan doa tersebut. Ketika dijelaskan bahwa ia sedang berdoa bapa Kami, orang itu bersikeras bahwa kata kata yang keluar dari mulutnya berasal dari Tuhan.
__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

jesusfreaks's picture

BAHASA ROH ADALAH DISFUNGSI BAHASA "DAGING"

Gak banyak koment, bahasa Roh adalah disfungsi bahasa "DAGING". silahkan direnungkan...

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

handoko's picture

KARUNiA

Karunia berbeda2, tapi kan hendaklah saling melengkapi, bukannya saling perang. Sdr. Hai ini TIDAK bisa menghormati karunia lainnya.
hai hai's picture

@ Handoko, Atas dasar apa?

Atas dasar apa anda menuduh saya tidak menghormati karunia lainnya? apakah karunia harus dihormati? Karunia itu apa sehingga harus dihormati? 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Ayok's picture

Fact of Bahasa Roh

Maap maap kata boleh ya.....
Menurut saya bahasa ROh adalah bahasa yang dpahami pleh semua orang...coba baca kitab suvi lagi bae bae jo...ehhee...

bahasa yang tidak dimengerti oleh dirinya sendiri atau orang lain..jelas bukan bhasa Roh, kenapa? lah apa gunanya? Semua Kemuliaan Tuhan melulu untuk dapat dimenegrti, dirasakan, dan dilihat oleh orang banyak.


Jadi bahasa apakah yang dimengerti semua orang, tante, nenek, kakek, orang Afrika, orang Eskimo..?
Bukan bahasa susukuraba raba.....melainkan..Bahasa Cinta saudara saudari yang terkasih dalam Yesus Kristus!

Dalam KKR, atau kebaktian yang kemudian memicu "trance" saya tidak menggunakan istilah histeria... atau lazim disebut "abreaction" hal ini bisa dipicu.

Mengapa tidak semua orang dalam suasana demikian mampu berbahasa roh? Karena tidak semua orang Sugestif, hanya orang yang sugestiflah yang mampu menuju "trance/somnambulism/kondisi sugestif ekstrim" .

Stanford Univeristy pun telah meneliti fenomena ini dengan membagi sebagai berikut:

Stanford Susceptibility Scale (SSS) meneliti bahwa :
- 5% orang, sulit utk memasuki Trance State
- 10% orang, mudah utk memasuki Trance State
- 85% orang, termasuk orang yg rata2....


Trance sendiri ada light trance, Deep Trance, yang bila di skalakan oleh Dave Husband saya potong saja ya soalnya ada 30 keadaan trance, kita ngomongin yang level bener2 trance aja...:

- 23 : Complete Somnabulism
- 24 : Complete Somnabulism
- 25 : Positive vusual hallucinations (PH)
- 26 : Positive auditory hallucinations (PH )
- 27 : Systematized PH amnesias
- 28 : Negative auditory hallucinations (PH)
- 29 : Negative visual hallucinations (PH)
- 30 : Hyperesthesia

faktor yg mempengaruhi Depth trance level adalah :

- Kondisi psikologis (kejiwaan) obyek
- Tingkat keaktifan berpikir obyek
- Suasana dan Kondisi Lingkungan
- Ketrampilan seorang Fasilitator
- Waktu
- Tingkat Kepercayaan Obyek terhadap seorang Fasilitator.

Mari memuji nama Allah tidak dengan membangun anak lembu emas baru, melainkan berbahasa cinta yang satu dan dimengerti segala mahluk. Halelujah
 

erick's picture

Bahasa cinta

Halo pa Ayok, lengkap sekali penelitiannya.... jadi malu untuk menyanggah.

Aku selalu memiliki kesulitan berbahasa cinta. Lagi blajar keras ni...

Berbahasa roh aku tak bisa, dan skala sugestif ku kecil sekali

Jika ada orang yg memuji nama Allah dengan membangun anak lembu emas baru, yang hadir adalah amarah dan hal ini membuat aku gagal berbahasa cinta. Ingin aku menghalaunya dengan bahasa-bahasa dan dialek yang ku kuasai, namun ternyata akulah yang harus lebih pandai lagi berbahasa cinta.

Ema ku mengusai dengan baik bahasa cinta ini, (jadi inget iklan produk bayi yang melodinya mengalunkan phrasa  "...ibu tahu,.... bahasa cinta"


__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

hai hai's picture

@ Ayok, Terima Kasih

Saudara Ayok, selamat bergabung dengan pasar Klewer alias Komunitas Blogger Kristen SABDASpace. Terima kasih untuk komentarnya yang berisi pengetahuan yang sangat berguna untuk melengkapi tulisan saya tentang bahasa roh.

Apabila tidak terlalu pelit, maka saya menghimbau anda untuk mengembangkan komentar anda ini menjadi sebuah blog. Saya yakin, blog demikian akan laris manis dan sangat berguna bagi saya dan para pengunjung Klewer lainnya.

Akhir-akhir ini televisi di Indonesia sering sekali memberitakan tentang kasus-kasus KERASUKAN masal. Sudah lama saya ingin menulis tentang hal demikian, namun pengetahuan saya sangat terbatas itu sebabnya perlu banyak belajar lagi sebelum berani menulisnya. Saya yakin pengetahuan anda lebih dari cukup untuk  menulis tentang fenomena demikian. Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, maukah anda menulis tentang hal demikian agar saya dan handai taulan yang lain dapat belajar?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Ayok's picture

Fenomena

Yang tekasih dalam Yesus, Saudara Hai Hai,

 

Bahagia sekali diberi kesempatan berbagi dalam tatanan Kekudusan.

Tanpa bermaksud mencari laris manis kendang kimpul, bila hal tersebut  membuahkan hal yang baik, saya ingin sekali berbagi tentang apa yang saya tahu, mungkin tidak seluas harapan, dan bayangan Saudar hai-hai, but i'll do the best to make it tonight..

 

 

hai hai's picture

Kita Tunggu Dengan Sabar Ayok

Wow ... Luar Biasa saudara Ayok. Kami akan tunggu tulisan-tulisan anda dengan sabar.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

vincent's picture

Pak hai, Apa bedanya?

Pak Hai, dalam tulisan bapak, bapak banyak menulis bahwa kita harus menjadi orang Kristen yang rasional. Bisakah bapk memberikan penjelasan bagaimana orang Kristen yang rasional tersebut? apa perbedaan yang mencolok antara orang yang rasional dengan orang yang rasionalistis? Mohon dijawab

Thanks

hai hai's picture

@ Vincent, Tubuh, Jiwa dan Roh

Vincent, orang rasional adalah orang yang selalu berpikir dengan cara yang sehat. Orang rasionalis adalah orang yang menganggap PENGETAHUANNYA sebagai standard kebenaran, di dalam Alkitab orang demikian disebut orang yang bergantung pada HIKMAT manusia.

Watchman Nee mengajarkan bahwa manusia itu terdiri dari tiga bagian (trikotomi) yaitu:

  1. Tubuh
  2. Jiwa
  3. Roh

Nafas, darah, daging, tulang adalah bagian dari tubuh.

Akal budi, emosi dan kehendak adalah bagian dari jiwa (soul).

Hati nurani dan perasaan menyatu (contact) dengan Tuhan adalah bagian dari roh (spirit).

Lebih lanjut dia mengajarkan bahwa binatang memiliki tubuh dan jiwa namun tidak memiliki roh sementara manusia memiliki tubuh, jiwa dan roh. Ajaran tersebut bertentangan dengan ajaran Alkitab.

Siapakah yang mengetahui, apakah nafas manusia naik ke atas dan nafas binatang turun ke bawah bumi. Pengkotbah 3:21

NAFAS dalam ayat tersebut di atas diterjemahkan dari kata Ibrani RUWACH yang juga diterjemahkan sebagai ROH.

Apabila yang diajarkan oleh Watchman Nee benar, itu berarti binatang juga memiliki AKAL BUDI, apabila binatang memiliki akal budi, itu berarti binatang mampu mewariskan pengetahuannya kepada binatang lain. Itu berarti semakin hari, anjing akan semakin pinter. Mungkin suatu hari kita akan ketemu anjing yang pinter lalu kuliah dan jadi Insinyur seperti si Doel anak Betawi.

Ajaran watchman Nee tersebut lalu dikembangkan oleh para pengkotbah alam roh. Ketika pengkotbah alam roh mengajarkan agar orang Kristen tidak MENGANDALKAN akal, yang mereka maksudkan adalah jangan menggunakan akal budi untuk memahami ajaran Alkitab. Biarkan ROH menerima kebenaran itu dari Roh Kudus.

Saudara vincent, tentu saja apa ayng diajarkan oleh para pengkotbah alam roh itu salah karena Alkitab mengajarkan bahwa DENGAN aal budilah kita MAMPU memahami firman Tuhan. Silahkan anda cari sendiri ayat-ayatnya. Hal itu akan mengasykan bagi anda. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

@hai-hai: Ini bukan ajaran Watchman Nee

Lebih lanjut dia mengajarkan bahwa binatang memiliki tubuh dan jiwa namun tidak memiliki roh sementara manusia memiliki tubuh, jiwa dan roh. Ajaran tersebut bertentangan dengan ajaran Alkitab.

Hai-hai ajaran diatas saya yakin bukan ajaran Watchman Nee. Ajaran Watchman Nee mengenai trikotomi tercantum dalam bukunya The Spiritual Man. Ini pengajaran trikotomi paling lengkap dari Watchman Nee. Dalam buku tersebut tidak ada ajaran diatas. Saya sudah baca buku ribuan halaman ini 2 kali. Kalau hai-hai bilang Watchman Nee mengajarkan hal diatas maka dalam buku apa dia mengajarkan hal tersebut? Apakah anda membaca buku tersebut atau anda mendengar orang lain mengatakan bahwa Watchman Nee mengajarkan hal tersebut? Mohon penjelasannya. Ingat lho hai-hai saya cuma menggunakan prinsip anda yang selalu minta bukti dan saksi. Bwa ha ha ha. Saya anggap prinsip anda itu sangat baik sehingga saya adopsi.

vincent's picture

Pak Hai, Mohon penjelasan yang lebih jelas?

Pak sya kurang mengerti tentang penjelasan Bapak tentang ajran watchman Nee ? Bolehkah Bapak memprjelsnya?

Thanks

hai hai's picture

SF, Bila Anda Yakin

Lebih lanjut dia mengajarkan bahwa binatang memiliki tubuh dan jiwa namun tidak memiliki roh sementara manusia memiliki tubuh, jiwa dan roh. Ajaran tersebut bertentangan dengan ajaran Alkitab.

Hai-hai ajaran diatas saya yakin bukan ajaran Watchman Nee.

Samuel Franklyn, bila anda yakin kenapa tidak menjelaskan apa yang diajarkan oleh Watchman Nee?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Garis besar singkat "The Spiritual Man"

Pembukaan buku ini bercerita apa itu tubuh, jiwa dan roh. Pembagian tubuh, jiwa dan roh didasarkan pada :

1 Thesalonika 5:23
(23)  Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Lalu menjelaskan pentingnya membedakan jiwa dan roh melalui Firman Tuhan. Ini didasarkan pada:

Ibrani 4:12
(12)  Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Hebrew 4:12 (KJV)
(12)  For the word of God is quick, and powerful, and sharper than any twoedged sword, piercing even to the dividing asunder of soul and spirit, and of the joints and marrow, and is a discerner of the thoughts and intents of the heart.

Bagian kedua menjelaskan apa itu daging dan hidup menurut daging. Kuasa salib untuk mematikan daging. Kesombongan menurut daging dan sikap yang harus diambil oleh orang percaya terhadap daging.

Bagian ketiga menjelaskan apa itu jiwa, ciri-ciri orang yang hidup menurut jiwa, pentingnya untuk melepaskan jiwa demi Kristus didasarkan pada

Matius 10:39
(39)  Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.

Matius 10:39
(39)  He that findeth his life shall lose it: and he that loseth his life for my sake shall find it.

Kata nyawa dalam ayat diatas sama dengan kata jiwa dalam 1 Thes 5:23. 

Bagian ke empat menjelaskan apa itu roh, Bagian kelima analisa lebih lanjut mengenai fungsi dari roh yaitu: intuisi, persekutuan/communion dan hati nurani. Bagian ke enam bagaimana cara hidup menurut roh.

Kalau mau di bikin lebih ringkas lagi intinya adalah: orang percaya harus meninggalkan cara hidup menuruti hawa nafsu yaitu hidup menurut daging, juga meninggalkan cara hidup menuruti jiwa yaitu hidup hanya berdasarkan apa yang dia pikirkan, rasakan dan ketahui dan belajar hidup menurut Roh. Hidup menurut Roh di jelaskan sebagai hidup berdasarkan iman kepada Yesus Kristus, iman kepada Firman Tuhan. Untuk bisa hidup menurut Roh seseorang harus memperbaharui cara pikir dan tingkah lakunya supaya sesuai dengan Firman. Dia juga harus menjaga dan memperhatikan supaya cara berpikir dan perilakunya sesuai dengan Firman. Untuk bisa melakukan hal ini maka dia bertindak berdasarkan Firman bukan perasaan. Baik merasa senang ataupun merasa susah maka bila Firman memerintahkan hal tersebut maka dia akan melakukan hal tersebut. Orang percaya tersebut juga berusaha hidup sesuai dengan hati nurani yang bersih. Rasa bersalah sekecil apapun karena hal apapun harus segera di tanggapi dan diatasi baik dengan mengaku dosa, meminta maaf pada orang lain ataupun mengganti kerugian. Dia juga berusaha menjaga damai sejahtera dalam dirinya. Pertimbangannya dalam melakukan sesuatu juga  bukan semata-mata benar atau salah, bermoral atau tidak, etis atau tidak. Walaupun apa yang ingin dia lakukan itu sesuatu yang benar, etis dan bermoral sekalipun tapi jika dia merasa hal itu mengganggu damai sejahtera dalam dirinya maka dia tidak akan melakukan hal tersebut. Tentu saja hal-hal yang bertentangan dengan Firman tidak akan dilakukannya tapi orang yang hidup menurut Roh pertimbangannya lebih mendalam lagi. Dia juga memperhatikan apakah Tuhan senang akan apa yang dia lakukan.

Yah itu kira-kira apa yang saya tangkap sesudah membaca buku "The Spiritual Man" dua kali. Siapa tahu disini ada yang sudah baca dan bisa menjelaskan lebih baik. Tolong bantu saya dengan mengutarakan apa yang sudah ditangkap.

Yah garis besar singkatnya memang tidak singkat soalnya buku ini memang buku paling panjang yang ditulis oleh Watchman Nee. Buku ini ditulis oleh Watchman Nee pada saat dia merasa ayalnya sudah dekat karena sakit. Jadi semua pengetahuan rohani yang sudah dia pelajari sampai pada saat itu dia coba tuliskan semua. Ternyata Tuhan bermurah hati dan Watchman Nee disembuhkannya. Sesudah itu setahu saya Watchman Nee tidak pernah lagi menulis buku sepanjang ini.

hai hai's picture

@SF, Lalu Kesalahan Saya ...

Samuel Franklyn, lalu kesalahan komentar saya di mana?

Lebih lanjut dia mengajarkan bahwa binatang memiliki tubuh dan jiwa namun tidak memiliki roh sementara manusia memiliki tubuh, jiwa dan roh. Ajaran tersebut bertentangan dengan ajaran Alkitab.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Buku tersebut sepertinya tidak membahas binatang

Buku tersebut sepertinya tidak membahas apa yang dimiliki binatang. Memang Watchman Nee menjelaskan makna jiwa/psiche sebagai "animal life" tapi penjelasannya tersebut sesuai dengan penjelasan dalam kamus Strong. Setahu saya penjelasan kamus Strong cukup dapat dipercaya. Apakah kamus Strong salah? Watchman Nee menjelaskan manusia terdiri dari tubuh, jiwa dan roh tapi dalam buku tersebut tidak ada membahas binatang terdiri dari apa saja.

hai hai's picture

Samuel Franklyn, Saya

Samuel Franklyn, saya belum pernah baca buku yang anda referensikan hingga tuntas karena terlalu tebal. Namun saya tidak membual tentang ajaran Watchman Nee. Dan itu bukan saya dapatkan hanya dari ucapan Pdt. Dr. Stephen Tong.

The Latent Power of the Soul, setelah di copy ke word, hanya 35 halaman, terdiri dari 3 bab. NAmpaknya tulisan itu ditulis setelah Watchman Nee menulis The Spiritual Man. Itulah yang saya baca hingga tuntas. Ini yang tercatat di dalam buku itu.

What is the spirit? That which makes us conscious of God and relates us to God is the spirit. What is the soul? It is that which relates us to ourselves and gives us self-consciousness. What is the body? It causes us to be related to the world. C. I. Scofield, in his reference Bible, explains that the spirit gives God consciousness, the soul self-consciousness, the body world-consciousness. Horse and ox are not conscious of God because they have no spirit. They are only conscious of their own beings. The body causes us to sense the world-such as our seeing the things of the world, our feeling hot or cold, and so forth.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Implikasi dari binatang memiliki roh

Ok berarti Watchman Nee memang mengajarkan binatang tidak memiliki roh.

Hai-hai apakah sudah pernah memikirkan apa implikasi dari pernyataan binatang memiliki roh?

Stephen Tong bilang binatang memiliki roh dengan mengajukan ayat

Ecc 3:21
(21)  Who knoweth the spirit of man that goeth upward, and the spirit of the beast that goeth downward to the earth?

Kalau demikian apakah makna roh dalam ayat diatas sama dengan makna roh manusia. Sebagai contoh bisakah binatang menyembah Allah dalam roh dan kebenaran? Hi hi hi.

Ataukah makna roh yang dimaksud oleh Stephen Tong dan Watchman Nee berbeda?

Menurut pendapat saya ayat di Pengkhotbah tersebut bukan berbicara roh sebagai suatu elemen kesadaran dari suatu mahluk melainkan roh sebagai sumber kehidupan.

glitter's picture

setuju sam

Nyawa binatang bersifat roh dong masak materi lagi .tapi pengertian Nya jelas lain dengan manusia

jesusfreaks's picture

@SF : Amunisi buat LO

Kejadian 2:7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

Amsal 20:27. Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya. 
 
I Korintus 2:11 Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah. 
 

----------------

Manusia tergolong binatang.

Nah kebetulan manusia disebut diatas dikasih roh, sehingga menjadi makhluk yang hidup.

 

simple kan, gak jlimet...

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

glitter's picture

Apa artinya binatang tidak punya roh dan jiwa man bkn roh?

Baik nyawa binatang maupun jiwa manusia bersifat roh tapi keduanya tidak sama dengan roh manusia.oleh karena itu untuk singkatnya di katakan binatang tidak punya roh dan jiwa bukan/tidak sama dengan roh.

ruach (H7307) menpunyai banyak arti :

1)spirit :Spirit of God(kej1:2), spirit of Jacob(man)(kej45:27),spirit of evil (1 sam 16:15)
2)Breath(kej 6:17),wind(1Rj 18:45),quarters(1 taw 9:24)
-Jadi kata ruach mempunyai banyak arti , yg artinya rohpun bukan berarti mempunyai sifat yang sama,roh manusia tidak sama dengan Roh Allah  dan tidak sama dengan roh malaikat, juga tidak sama dengan roh jahat.
-Nyawa binatang bersifat roh (rohaniah)dan jiwa manusiapun bersifat roh(rohaniah) Tapi bukan berarti sama dengan roh manusia . Karena itu yang di maksud binatang tidak mempunyai roh adalah tidak mempunyai roh manusia dan jiwa manusia bukan roh manusia bukan berarti jiwa bukan bersifat roh.(jadi nyawa binatang dan jiwa manusiapun bersifat roh tapi ke duanya tidak sama dengan roh manusia).
-Yang di maksud WN dengan roh manusia adalah Hati Nurani,Intusi roh dan persekutuan. 3 bag ini adalah roh manusia  yg dilahir ulangkan oleh Roh Kudus (YOH 3:6)dan  roh ini bersatu dengan Roh Kudus(1 kor 6:17)
-jadi Pengkotbah 3:21 sudah jelas ya ,dan WN top.
hai hai's picture

@ SF, Ruwach Allah Menyembah Dalam roh dan Kebenaran?

Hai-hai apakah sudah pernah memikirkan apa implikasi dari pernyataan binatang memiliki roh?

Siapakah yang mengetahui, apakah nafas manusia naik ke atas dan nafas binatang turun ke bawah bumi. Pengkotbah 3:21


Catatan: kata bernyawa dan nafas delam ayat-ayat tersebut di atas diterjemahkan dari kata RUWACH.

Samuel Franklyn, glitter dan Jesus Freaks, serta handai taulan yang terhormat, apabila Alkitab mengajarkan bahwa binatang memiliki roh, maka itulah yang harus kita pahami. Binatang memiliki roh (ruwach) BUKAN pernyataan saya juga bukan pernyataan Pdt. Dr. Stephen Tong, namun PENYATAAN Allah dan tercatat GAMBLANG di Alkitab. Bila hendak mengajarkan hal yang berbeda, tolong EDIT dulu Alkitabnya atau nyatakan bahwa diri anda NABI atau RASUL karena mendapat wahyu baru untuk MENGUBAH wahyu lama.

Kalau demikian apakah makna roh dalam ayat di atas sama dengan makna roh manusia. Sebagai contoh bisakah binatang menyembah Allah dalam roh dan kebenaran? Hi hi hi. Ataukah makna roh yang dimaksud oleh Stephen Tong dan Watchman Nee berbeda?  Menurut pendapat saya ayat di Pengkhotbah tersebut bukan berbicara roh sebagai suatu elemen kesadaran dari suatu mahluk melainkan roh sebagai sumber kehidupan.

Samuel Franklyn yang terhormat, glitter yang mulia dan Jesus Freaks yang agung, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, nampaknya anda bertiga kurang memahami Sistem Kasta Alam Semesta yang diajarkan Alkitab. Izinkan saya mengusulkan agar paduka yang mulia klik di sini untuk membaca tulisan tersebut untuk mempelajari apa itu Sistem Kasta Alam Semesta?

Alkitab mengajarkan, ada RUWACH Allah, ada RUWACH malaikat, ada RUWACH manusia dan ada RUWACH binatang. Ketika Allah menghukum dunia dengan air bah, saat itu yang mati adalah makluk-makluk ber- RUWACH di dunia yang tidak ada di bahtera Nuh yang binasa. 

Sebab sesungguhnya Aku akan mendatangkan air bah meliputi bumi untuk memusnahkan segala yang hidup dan bernyawa di kolong langit; segala yang ada di bumi akan mati binasa. Kejadian 6:17
    
Handai taulan yang terhormat, izinkan saya bertanya, SIAPA yang mengajarkan bahwa RUWACH itu adalah: "Hati nurani dan perasaan menyatu (contact) dengan Tuhan atau bahasa Inggrisnya adalah God consciousness."? Watchman Nee yang terhormat, BUKAN Alkitab. Wow … ho ho ho … Walaupun tidak secara gamblang namun anda bertanya atau lebih tepatnya menyatakan bahwa, "Bila binatang memiliki RUWACH maka binatang PASTI mampu menyambah Allah dalam roh dan kebenaran seperti manusia (hei, yang mampu menyembah Allah dalam roh dan kebenaran hanya manusia PILIHAN). Para sahabat yang terhormat, walaupun seolah-olah nampak LOGIS namun pertanyaan anda sebenarnya KURANG (maaf) pinter.

Wathcman Nee hanya manusia biasa, dia bukan nabi juga bukan rasul yang mendapat wahyu baru apalagi Allah. Kenapa anda sekalian menjadikan ajarannya:  "Hati nurani dan perasaan menyatu (contact) dengan Tuhan atau bahasa Inggrisnya adalah God consciousness." Sebagai standard kebenaran walaupun tidak tercatat di dalam Alkitab?

Apabila pertanyaan Samuel Franklyn itu LOGIS dan yang diajarkan oleh Watchman Nee itu benar, maka kita bisa bertanya, Siapakah yang akan disembah dalam roh dan kebenaran oleh RUWACH Allah?

Izinkan saya tertawa,  he he he he ...

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Bagaimana dengan penjelasan kamus Strong?

Baiklah, penjelasan Watchman Nee tidak ada dalam Firman dan bisa dinyatakan salah. Tapi bagaimana dengan penjelasan kamus Strong? Di Thesalonika 5:23 yang mengandung kata tubuh, jiwa dan roh maka penjelasan kamus Strong membedakan antara pneuma/roh dan psyche/jiwa. Padahal setahu saya kamus Strong bukanlah doktrin melainkan semata-mata penjelasan kata Yunani. Bukankah ini berarti bahasa Yunani sendiri mendukung trikotomi? Lalu kenapa trikotomi di katakan salah oleh Stephen Tong? Kalau seseorang mempercayai trikotomi berdasarkan 1 Thes 5:23 dan Ibrani 4:12 apakah dia sesat?

jesusfreaks's picture

@ruwach haihai : jlimet

Dari penjelasan lo yang jlimet, simple aza : YESUS masuk kasta mana ya ? Yesus dikotomi atau trikotomi atau monotomi ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@ SF, Ajaran Stephen Tong

Samuel Franklyn, yang ditentang oleh Pdt. Dr. Stephen Tong adalah ajaran trikotomi Watchman Nee, bukan kamus strong. Apabila anda mengetahui lebih lanju apa yang diajarkan oleh Pdt. Dr. Stephen Tong tentang Dikotomi dan Trikotomi, silahkan klik di sini.

Tentang roh, agama Tiongkok kuno mengajarkan:

  1. Tian shen = roh Tuhan
  2. Shen = roh yang tidak pernah menjadi manusia
  3. Qi = roh manusia yang masih hidup
  4. Gui = arwah = roh orang mati

Tentang manusia agama Tiongkok kuno mengajarkan:

  1. Ti = tubuh
  2. po = nyawa atau jiwa
  3. Qi = roh

Ketika manusia mati, tubuhnya (TI) membusuk jadi tanah, nyawa atau jiwa (PO) MUSNAH tanpa bekas, sementara Qi kembali kepada penciptanya lalu disebut GUI = arwah.

Ketika manusia mati, Qi atau GUI atau rohnya TETAP memiliki akal budi, emosinya dan kehendak. Itu sebabnya Qi juga disebut Zhi Qi = roh yang bijaksana.

Bila ada yang meninggal, orang naik ke atap rumah dan berteriak “Pulanglah” berkali-kali. Dengan menyertakan makanan dan daging mereka lalu membungkus jenasah dengan kain. Jenasah menatap langit, dikubur dalam tanah. Ti (Tubuh) dan po (nyawa) turun ke bawah, Zhi Qi (roh yang cerdas) naik ke atas. Jenasah dimakamkan dengan posisi kepala di utara, yang hidup memandang dari selatan. Ini dilakukan sejak purbakala. Li Ji VII:I:7 - Li Yun

Menurut Kongzi, itulah ajaran Tiongkok kuno yang dia pelajari dari kitab-kitab kuno yang diajarkannya kembali. Selain hal tersebut di atas, Kitab dinastiongzi juga mengajarkan:

Hanya Tian  dan Di  Ayah Bunda berlaksa wujud, hanya manusialah yang memiliki ling  (bijaksana) di antara berlaksa wujud. Orang yang paling tulus, cerdas dan bijaksana dijadikan pemimpin. Pemimpin itu ibarat ayah bunda rakyat jelata.  Shujing V:IA:3 - Zhoushu - Tai shishang

Saya tidak tahu kapan dan siapa yang memulainya, namun guru-guru Tiongkok kuno generasi-generasi berikutnya lalu mengajarkan bahwa BINATANG hanya memiliki PO = jiwa namun tidak memiliki Qi = roh. Itu sebabnya, banyak guru-guru yang menafsirkan huruf LING dalam ayat tersebut di atas sebagai LINGHUN = roh yang bijaksana. Pada awalnya saya juga terpengaruh oleh ajaran demikian dan mengajarkan bahwa agama Tiongkok Kuno mengajarkan bahwa binatang tidak punya roh. Namun ketika harus menerjemahkan ulang ayat tersebut di atas karena terjemahan yang lama hilang ketika harddisk saya rusak, saya merenungkannya kembali dan meyakini bahwa ayat tersebut di atas sama sekali tidak mengajarkan bahwa binatang tidak memiliki roh namun binatang tidak memiliki BIJAKSANA. 

Saudara Samuel Franklyn, saya menceritakan hal tersebut di atas dengan harapan mungkin berguna bagi anda.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

Penjelasan Stephen Tong masih ada kelemahan

Penjelasan Stephen Tong masih ada kelemahan. Kelemahannya adalah tidak membahas Ibrani 4:12

Ibrani 4:12
Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Kalau memang jiwa dan roh itu cuma digunakan untuk merujuk ke aspek manusia yang tidak terlihat mengapakah Firman Allah memisahkan jiwa dan roh? Berarti walaupun memang benar bahwa jiwa dan roh mengacu kepada aspek manusia yang tak terlihat akan tetapi mereka ada perbedaan.

Stephen Tong menyatakan

Theologi Reformed menyetujui dikotomi, bukan trikotomi. Kenapa? Karena dukungan untuk pemikiran trikotomi hanyalah satu ayat.

Padahal ayat dalam Ibrani 4:12 juga mendukung trikotomi karena ayat ini membedakan antara jiwa dan roh juga. Perbedaan antara jiwa dan roh juga didukung oleh bahasa Yunani yang digunakan dalam PB.

Misalkan ajaran Watchman Nee mengenai trikotomi dianggap salah. Akan tetapi pemikiran trikotomi bukanlah pemikiran sesat tanpa dasar Firman.

Samuel Franklyn's picture

Kelemahan Trikotomi

Dalam penjelasan Stephen Tong dia menuliskan begini:

Kesadaran mengenai dunia materi berada di dalam tubuh, kesadaran mengenai eksistensi diri berada di dalam jiwa, dan kesadaran mengenai eksistensi Allah berada di dalam roh. Ini tafsiran anthropologi orang trikotomi. Pikiran, emosi dan kemauan diletakkan di wilayah jiwa. Benarkah? Apakah roh tidak ada pengetahuan, tidak ada emosi, tidak ada kemauan? Apakah roh tidak mempunyai fungsi intelektualitas, tidak mempunyai fungsi benci-kasih? Allah itu roh atau jiwa? Jika Allah itu Roh, apakah Allah tidak memiliki intelektualitas, emosi, dan kemauan? Di sini Saudara langsung melihat kelemahan konsep trikotomi. Kalau roh itu hanya God-consciousness and moral-consciousness saja, di dalam jiwa manusia ada intelektual, bagaimana mengerti Allah yang adalah kebenaran, Allah tidak ada jiwa, hanya Roh saja? Maka jangan memisahkan secara paksa jiwa dan roh, menurut penguraian trikotomi.

Menurut pendapat saya pemikiran ini juga kurang tepat. Manusia adalah mahluk trikotomi. Allah adalah mahluk yang jenisnya berbeda dengan manusia. Jadi Roh Allah dan roh manusia jelas berbeda. Pembagian fungsi ini adalah roh, fungsi ini adalah jiwa, fungsi ini adalah badan bisa diterapkan kepada manusia karena manusia adalah mahluk trikotomi. Tapi jelas pembagian ini nggak bisa diterapkan kepada Allah karena jenis mahluknya berbeda. Bagaimana?

KEN's picture

@SF

Allah memang roh.

Bagaimana dengan Yesus yg ada tubuh, jiwa dan roh Allah itu sendiri?

Pendapat saya, fungsi emosi dan intelektual Allah terdapatt di dalam Yesus Kristus.

Sebab kita tahu bahwa Allah dan Yesus adalah Satu.

>>>=GOD=LOVE=YOU=>>

          If Not Us, Who?

         If Not Now, When?

 

    * yuk, jangan asal ngeblog *

____________________________

   * yuk, jangan asal comment *

Samuel Franklyn's picture

Mungkin kita fokus di trikotomi dan dikotomi dulu

Mungkin kita fokus di trikotomi dan dikotomi dulu. Soalnya kalau bicara Tuhan Yesus maka Tuhan Yesus itu adalah manusia dan pada saat bersamaan adalah juga Allah. Ini bakalan terlalu rumit. Lebih baik kita membahas manusia saja. Apakah manusia itu trikotomi atau dikotomi?

KEN's picture

@SF

kita ambil contoh binatang.

Saya ambil contoh kasus pak Tong saja. Beliau pernah menceritakan bahwa pada saat beliau hendak peleyanan ke Singapura, di dalam pesawat, beliau sambil membaca koran. Di koran yg beliau baca terdapat berita ttg monyet yg bisa menghitung buah Apel. Dan hali itu membuat beliau cekikikan kecil, sambil memaling kanan kiri untuk memastikan bahwa beliau tidak diperhatikan orang lain sedang sekikikan tanpa sebab.

Nah @SF, sang monyet menghitung buah Apel itu sampai 9 buah, ketika 9 buah Aple itu di ambil 1 buah tanpa sepengetahuan sang monyet, ketika monyet itu menghitung kembali, si monyet tahu dan berang, monyet tahu bahwa buah Aplenya tinggal 8 buah dan telah hilang/berkurang 1 buah.

Nah @SF, bagaimana? Ini kesaksian dari pak Tong sendiri. Apakah monyet mempunyai intelek atau tidak?

 

>>>=GOD=LOVE=YOU=>>

          If Not Us, Who?

         If Not Now, When?

 

    * yuk, jangan asal ngeblog *

____________________________

  * yuk, jangan asal comment *

KEN's picture

@SF

Mungkin dari contoh di atas, mungkin kita bisa menarik kesimpulan, bahwa manusia itu dikotomi atau trikotomi???

 

>>>=GOD=LOVE=YOU=>>

          If Not Us, Who?

         If Not Now, When?

 

    * yuk, jangan asal ngeblog *  

____________________________

   * yuk, jangan asal comment *

Samuel Franklyn's picture

Menarik kesimpulan itu dari Firman

Menarik kesimpulan itu dari Firman. Kita lagi berdiskusi dari Firman disini. Apakah menurut Firman manusia itu trikotomi atau dikotomi?

glitter's picture

Satu lagi kesalahan pendapat manusia DIKOTOMI

Dalam penjelasan Stephen Tong dia menuliskan begini:

Kesadaran mengenai dunia materi berada di dalam tubuh, kesadaran mengenai eksistensi diri berada di dalam jiwa, dan kesadaran mengenai eksistensi Allah berada di dalam roh. Ini tafsiran anthropologi orang trikotomi. Pikiran, emosi dan kemauan diletakkan di wilayah jiwa. Benarkah? Apakah roh tidak ada pengetahuan, tidak ada emosi, tidak ada kemauan? Apakah roh tidak mempunyai fungsi intelektualitas, tidak mempunyai fungsi benci-kasih? Allah itu roh atau jiwa? Jika Allah itu Roh, apakah Allah tidak memiliki intelektualitas, emosi, dan kemauan? Di sini Saudara langsung melihat kelemahan konsep trikotomi. Kalau roh itu hanya God-consciousness and moral-consciousness saja, di dalam jiwa manusia ada intelektual, bagaimana mengerti Allah yang adalah kebenaran, Allah tidak ada jiwa, hanya Roh saja? Maka jangan memisahkan secara paksa jiwa dan roh, menurut penguraian trikotomi.

JAWABAN atas PERKATAAN PAK S T: 

1)Allah berkata: mata-KU (29 ayat),tangan-Ku(52ay),telinga-Ku(3ay),kaki-Ku(8 ayat)

Allah mengatakan demikian apakah berarti Allah mempunyai tubuh?

2)Siapa yg bilang bahwa roh hanya God-consciousness dan moral-consciousness saja ?:Watchman Nee berkata indra roh manusia pada bag intuisi roh (dr buku Manusia Rohani 2 bag kelima: analisis roh, intuisi hal 431-462):

 

 

 

Mar 2:8

And instantly knowing in His spirit that they reasoned so within themselves, He said to them, Why do you reason these things in your heart?

Mar 8:12

And He sighed deeply in His spirit and said, Why does this generation seek a sign? Truly I say to you, There shall no sign be given to this generation.

Joh 11:33

Then when He saw her weeping, and also the Jews who came with her weeping, Jesus groaned in the spirit and troubled Himself.

Joh 13:21

 

When Jesus had said this, He was troubled in spirit, and testified and said, Truly, truly, I say to you that one of you shall betray Me. Act 17:16 But awaiting them in Athens, Paul's spirit was pained within him, seeing the city full of idols.

Act 18:25

This man was instructed in the way of the Lord. And being fervent in the spirit, he spoke and taught the things of the Lord diligently, knowing only the baptism of John.

Act 19:21

After these things were ended, passing through Macedonia and Achaia, Paul purposed in the spirit to go to Jerusalem, saying, After I have come there, I must also see Rome.

1Co 2:11

Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.

1Co 14:15

Jadi, apakah yang harus kubuat? Aku akan berdoa dengan rohku, tetapi aku akan berdoa juga dengan akal budiku; aku akan menyanyi dan memuji dengan rohku, tetapi aku akan menyanyi dan memuji juga dengan akal budiku.

2Co 2:13

I had no rest in my spirit because I did not find Titus my brother. But taking my leave of them, I went from there into Macedonia.

 

 DAN LAIN LAIN

 

 

 

 

 

hai hai's picture

@ Glitter, Ujuk Ujuk ...

Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Kejadian 1:2

Tetapi ketika mereka menyampaikan kepadanya segala perkataan yang diucapkan Yusuf, dan ketika dilihatnya kereta yang dikirim oleh Yusuf untuk menjemputnya, maka bangkitlah kembali semangat Yakub, ayah mereka itu. Kejadian 45:27

Lalu berkatalah hamba-hamba Saul kepadanya: "Ketahuilah, roh jahat yang dari pada Allah mengganggu engkau; 1 Samuel 16:15

Sebab sesungguhnya Aku akan mendatangkan air bah meliputi bumi untuk memusnahkan segala yang hidup dan bernyawa di kolong langit; segala yang ada di bumi akan mati binasa. Kejadian 6:17

Siapakah yang mengetahui, apakah nafas manusia naik ke atas dan nafas binatang turun ke bawah bumi. Pengkotbah 3:21

Maka dalam sekejap mata langit menjadi kelam oleh awan badai, lalu turunlah hujan yang lebat. Ahab naik kereta lalu pergi ke Yizreel. 1 Raja-raja 18:45

Ke arah empat mata angin ditempatkan penunggu-penunggu pintu gerbang itu, yakni ke arah timur, barat, utara dan selatan. 1 Tawarikh 9:24

Saudara glitter, ayat-ayat tersebut di atas mengajarkan: Ada RUWACH Allah, ada RUWACH manusia ada RUWACH jahat, ada RUWACH binatang. KENAPA ujuk-ujuk MUNCUL pengajaran BINATANG tidak punya ROH?

NB. PAda awalnya ayat 1 Raja-raja 18:45 tercatat 1 Raja-raja 15:45. Itu keteledoran. Saya mengedit agar kesalahan tersebut tidak berdampak buruk. Saya menyatakannya agar para pembaca tahu bahwa saya BISA melakukan kesalahan, itu sebabnya TOLONG bantu saya agar tidak melakukan kesalahan KONYOL walaupun tanpa sengaja.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

glitter's picture

Ujuk ujuk ada maksudnya hai ?

-hai memang kelihatannya ujuk ujuk tapi bacalah dengan teliti dan TUGAS kamu adalah menghubungkannya.

-Aku sedang menjawab tentang pengkotbah 3:21 .tentang roh binatang.

glitter's picture

hai hai dari kjv+

 

 

H7307
????
ru?ach
roo'-akh
From H7306; wind; by resemblance breath, that is, a sensible (or even violent) exhalation; figuratively life, anger, unsubstantiality; by extension a region of the sky; by resemblance spirit, but only of a rational being (including its expression and functions): - air, anger, blast, breath, X cool, courage, mind, X quarter, X side, spirit ([-ual]), tempest, X vain, ([whirl-]) wind (-y).
 
 
Gen 1:2 And the earthH776 wasH1961 without form,H8414 and void;H922 and darknessH2822 was uponH5921 the faceH6440 of the deep.H8415 And the SpiritH7307 of GodH430 movedH7363 uponH5921 the faceH6440 of the waters.H4325
 
Gen 45:27 And they toldH1696 H413 him(H853) allH3605 the wordsH1697 of Joseph,H3130 whichH834 he had saidH1696 untoH413 them: and when he sawH7200 (H853) the wagonsH5699 whichH834 JosephH3130 had sentH7971 to carryH5375 him, the spiritH7307 of JacobH3290 their fatherH1 revived:H2421
 
1Sa 16:15 And Saul'sH7586 servantsH5650 saidH559 untoH413 him, BeholdH2009 now,H4994 an evilH7451 spiritH7307 from GodH430 troublethH1204 thee.
 
Gen 6:17 And, behold,H2009 I, even I,H589 do bringH935 (H853) a floodH3999 of watersH4325 uponH5921 the earth,H776 to destroyH7843 allH3605 flesh,H1320 whereinH834 is the breathH7307 of life,H2416 from underH4480 H8478 heaven;H8064 and every thingH3605 thatH834 is in the earthH776 shall die.H1478
 
Ecc 3:21 WhoH4310 knowethH3045 the spiritH7307 of manH120 thatH1931 goethH5927 upward,H4605 and the spiritH7307 of the beastH929 thatH1931 goethH3381 downwardH4295 to the earth?H776
 
1Ch 9:24 In fourH702 quartersH7307 wereH1961 the porters,H7778 toward the east,H4217 west,H3220 north,H6828 and south.H5045
 

 

hai hai's picture

@glitter, Saya Salah cantumkan alamat Ayat

Saudara glitter, copy paste anda sama sekali tidak berguna karena tidak mengajarkan apapun. Bukankah saya sudah mengingatkan anda, "Bila tidak punya waktu untuk menulis sebaiknya jangan beri komentar atau anda akan dianggap membual.

Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Kejadian 1:2

Tetapi ketika mereka menyampaikan kepadanya segala perkataan yang diucapkan Yusuf, dan ketika dilihatnya kereta yang dikirim oleh Yusuf untuk menjemputnya, maka bangkitlah kembali semangat Yakub, ayah mereka itu. Kejadian 45:27

Lalu berkatalah hamba-hamba Saul kepadanya: "Ketahuilah, roh jahat yang dari pada Allah mengganggu engkau; 1 Samuel 16:15

Sebab sesungguhnya Aku akan mendatangkan air bah meliputi bumi untuk memusnahkan segala yang hidup dan bernyawa di kolong langit; segala yang ada di bumi akan mati binasa.

Siapakah yang mengetahui, apakah nafas manusia naik ke atas dan nafas binatang turun ke bawah bumi.Pengkotbah 3:21

Maka dalam sekejap mata langit menjadi kelam oleh awan badai, lalu turunlah hujan yang lebat. Ahab naik kereta lalu pergi ke Yizreel. 1 Raja-raja 18:45

Ke arah empat mata angin ditempatkan penunggu-penunggu pintu gerbang itu, yakni ke arah timur, barat, utara dan selatan. 1 Tawarikh 9:24

Sauara glitter, untuk mengetahui strong dan versi KJV, anda tinggal klik tulisan berwarna biru tersebut di atas.

Saya melakukan kesalahan mencantumkan 1 Raja-raja 18:45 dengan 1 Raja-raja 15:45 dalam komentar tersebut di atas. Itu keteledoran.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

pencarikebenaran's picture

Salam Kenal

Memang kontoversi tentang bahasa roh ini sudah ada sejak lama, dan rupanya sampai sekarang juga ya. (Kalau yang dimaksud dengan bahasa roh = bahasa lidah = bebricara dalam lidah asing = glosolalia? http://id.wikipedia.org/wiki/Glossolalia, menurut saya istilah bahasa roh itu hanya untuk memudahkan kita menamainya).

Beberapa pengajar yang mendasarkan pada Kis 2:33 di mana Petrus mengatakan tanda orang yang dipenuhi Roh Kudus adalah dapat dilihat dan dengar.

DAPAT DILIHAT, biasanya manifestasi tertentu sepeti rebah, menangis, dan sebagainya. Saya tidak anti dengan manifestasi, tetapi menurut saya itu reaksi dari pribadi masing-masing saat merasakan jamahan Roh Kudus.

DAPAT DIDENGAR, ya itu tadi, bahasa roh. Masalahnya adalah ada yang meniru-niru saja. Atau dahulu pernah memperoleh karunia bahasa roh, kemudian hilang karena tidak dipelihara, imannya tidak tumbuh, tetapi MASIH BISA berbahasa yang sama, tetapi hanya sekedar sisa-sisa kebiasaannya dahulu.

Bahasa Roh tidak dapat dipelajari. Bahasa roh bila diucapkan di depan jemaat yang banyak, tentunya kurang atau bahkan tidak memberikan manfaat, karena tidak dimengerti, selain hanya efek emosional tertentu yang melegakan. Manfaatnya adalah bagi pribadi, kecuali sebagai karunia, yang diterjemahkan. Sepanjang yang saya tahu, Penterjemahan hanya dilakukan pada saat-saat tertentu, dan penterjemahan itu merupakan karunia juga.

Terlepas dari segala kontroversi, bahasa roh rupanya sangat berfaedah bagi yang telah merasakannya, khususnya dalam doa pribadi, ini menjadi "sarana" dimana umat Tuhan bisa berdoa dan mengungkapkan sesuatu yang tidak dapat terkatakan. Tetapi bukan artinya kalau seorang percaya belum dipenuhi Roh Kudus dan belum bisa berbahasa lidah, kemudian tidak dapat berdoa kepada Allah dan apalagi sampai dikatakan bahwa Roh Kudus belum bekerja di dalam seseorang tersebut!

Yang paling penting, bukan bahasa rohnya, bukan saat-saat dimana seseorang dipenuhi Roh Kudus saja, tetapi dalam kehidupan keimanan selanjutnya. Maksud saya, hidup dipenuhi dengan Roh Kudus, itu berbeda dengan hidup yang senantiasa dipenuhi dan dipimpin Roh Kudus. Ada orang yang mengaku dipenuhi Roh Kudus, bisa berbahasa Roh, tetapi hidupnya tidak cocok dengan Firman Tuhan. Bisa jadi itu memang kelemahan manusiawi. Dan rasanya memang sulit untuk menjadi orang yang senantiasa 24 jam sehari dipimpin Roh Kudus dan tidak bercacat cela, tetapi pimpinan Roh Kudus merupakan fasilitas yang disediakan Allah bagi kita. Setidaknya, Roh Kudus dapat mengingatkan segala kesalahan kita. Dan, tidak cukup bagi seseorang hanya berbahasa roh saja kemudian dapat membangun iman atau membangun diri atau apapun istilahnya, kalau tanpa pengertian dan makanan rohani kita, Firman Tuhan.

Demikian, Tuhan Cinta Kita Semua.