Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

BANYAK YANG BELUM TAHU , TUMPENG ITU PERLAMBANG YESUS !

Tante Paku's picture

     Banyak dari kita yang hidup di Bumi Indonesia pasti mengenal TUMPENG, yaitu suatu cara penyajian nasi yang dibentuk kerucut berwarna kuning atau putih untuk suatu acara penting. Tumpeng biasanya disajikan di atas tampah (wadah tradisional yang terbuat dari belahan bambu) dan dialasi daun pisang. Apalagi bulan Agustus ini, tentu banyak tumpeng yang bakal disajikan dengan maksud mendoakan keselamatan negara. Bahkan setiap Ultah Sabda Space juga selalu potong tumpeng untuk mendoakan para blogger agar tidak geger he he he........Kali ini kerucutnya jatuh ke siapa ya?

     Tumpeng memang salah satu budaya khas Jawa, tapi tidak menutup kemungkinan juga dilakukan oleh mereka yang dari luar Jawa. Karena makna tumpeng menyimpan banyak simbol ajaran budi luhur manusia. Dan banyak yang tidak diketahui oleh kita bahwa Tumpeng adalah perlambang "kematian Yesus" untuk manusia.

     Siapa penemu pertama kali nasi Tumpeng ini rasanya sulit dilacak. Tapi bila mengurai arti yang terpendam, saya menduga pertama kali yang menciptakan adalah orang yang memahami ajaran Kristus. Tentu pada saat memperkenalkannya kepada umum, makna yang sebenarnya tidak diuraikan secara gamblang, mengingat mayoritas penduduk Indonesia bukan penganut ajaran Kristus Yesus. Sang penemu Tumpeng barangkali hanya memberi makna simbolik yang mudah diterima masyarakat umumnya, bahwa Tumpeng menggambarkan kekayaan moral yang luhur, kesucian, menunjukkan rasa hormat atau juga untuk mendoakan keselamatan.

     Tumpeng memang banyak variasinya, misalnya Tumpeng Robyong, Tumpeng Pungkur, Tumpeng Nujuh Bulan (Mitoni), Tumpeng Nasi Uduk (Tasyakuran), Tumpeng Putih, Tumpeng Kuning juga Tumpeng Seremonial atau Modifikasi. Semuanya mengandung arti seperti tersebut di atas dalam pelaksanaannya.

     Makna Tumpeng secara rohani tentu saja tidak tertulis di dalam Alkitab, karena para penulis Alkitab zaman dahulu tidak mengenal Tumpeng, jadi tentu tidak menyinggungnya, tapi segala sesuatu tradisi bisa menjadi simbol daripada yang tertulis di dalam Alkitab tersebut, utamanya menunjuk pribadi yang luar biasa yaitu Yesus Kristus beserta ajaranNya.

     Kenapa Tumpeng dibuat kerucut?

     Itulah simbol bukit Golgota.

     Kenapa di puncak kerucut selalu ditancapkan Cabe Merah?

     Itulah simbol Salib Kristus yang berlumur darah merah.

     Kenapa ada daging ayam yang harus muda?

    Itulah simbol Yesus yang berusia muda tatkala disalibkan.

     Sementara bahan-bahan lain yang menyertai Tumpeng, biasanya disebar di bawah kerucutnya adalah simbol lautan manusia yang berkerumun disekelilingnya dalam kerangka menjadi saksi kematian Anak Manusia di kayu salib.

- Perkedel adalah kita.

- Abon adalah kita.

- Kedelai goreng adalah kita.

- Telur dadar/goreng adalah kita.

- Mentimun adalah kita.

- Daun seledri adalah kita.

- Tempe kering adalah kita.

- Serundeng adalah kita.

- Urap kacang panjang adalah kita.

- Ikan asin adalah kita.

- Lele goreng adalah kita.

- Hewan darat adalah kita.

- Sayur mayur adalah kita.

     Nah inilah makna Tumpeng sebagai simbol kematian Kristus di Bukit Golgota dalam kayu salib. Kematiannya untuk menebus dosa-dosa kita adalah ajaran penting tentang keselamatan bagi setiap orang yang menerimaNya. "..........Juruselamat semua manusia, terutama mereka yang percaya. (1 Timotius 4:10)

     Kematian Kristus di kayu salib adalah perdamain Tuhan dan manusia, kematian Yesus adalah untuk mendamaikan manusia dengan Allah. Dan untuk hal inilah seseorang menciptakan Nasi Tumpeng untuk mengingatkan hal itu di negri ini yang masih ada keraguan akan Kristus Yesus Juru Selamat semua umat. "Terpujilah Allah dan Ba[a Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan. (1 Petrus 1:3)

     Kematian Yesus Kristus adalah sempurna seutuhnya bagi orang berdosa. Ia mati di puncak bukit Golgota di kayu salib yang hina untuk dosa-dosa segenap umat manusia. Yesus Kristus mati untuk dosa kita dan secara khusus untuk setiap orang secara pribadi.

     Kalau anda melihat atau memotong Tumpeng, ingatlah akan kematian Yesus di kayu salib di bukit Golgota, sayangnya banyak yang tidak menyadari makna Tumpeng secara rohani, padahal kita sudah menyantap kematianNya dengan nikmat.

                                                                  *****

     Tulisan ini terinspirasi ketika seorang tetangga main ke rumah bermaksud mengajak ke toko buku.

     "Mau cari buku apa, tumben ngajak?" tanyaku

     "Buku tentang tumpeng. Soalnya aku akan ikut lomba menghias Tumpeng mewakili RW ke tingkat Kelurahan, aku bingung mau bikin Tumpeng model apa?"

     "Resepnya Tumpeng yang pas udah punya belum?"

     "Kalau resepnya pasti dijamin!"

     "Begini saja, aku beri ide Tumpeng yang rasanya menarik."

     "Wah, terima kasih kalo gitu jadi irit gak perlu beli buku, kreasi baru ya?"

     "Baru sih enggak, modifikasi dicampur kreativitas kan jadi lain. Siapkan aja Styrofoam, tusuk gigi, kacang panjang yang cukup panjang, daun Sawi yang ada bonggolnya, Mentimun yang warna kulitnya hijau," sambil berkata begitu aku corat-coret sketsa Tumpengnya, beliau mencatat bahan yang nanti diperlukan. Setelah selesai sketsanya, aku berikan sambil menjelasnya tekniknya membuat serta kiatnya nanti di lokasi pertandingan, agar tepat waktu dalam menyelesaikan hiasan Tumpengnya.

     "Anda tahu nggak kalu Tumpeng itu perlambang kematian Yesus di Kayu Salib?" tanya saya kemudian.

     "Ah, apa iya? Bagaimana ceritanya?"

                                           

                                                                     *****

 

Semoga  Bermanfaat  Walau  Tak  Sependapat

 

Salah satu model Tumpeng Copas dari 88 DB.com

 

 

 

 

 

 

 

                                                                   

 

 

sandman's picture

@TP selamat anda layak...

Untuk tulisannya sih biasa-biasa aja karena anda selalu membuat tulisan yang membuat saya berdecak, saya ucapkan selamat karena udah bisa upload gambar sendiri..

 

huray

huray

huray

 

ayo potong tumpengna..

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Tante Paku's picture

Sand, yang biasa kadang bisa jadi luar biasa ya?

Aku seneng bisa pasang gambar, cuma gak puasnya bukan gambar karya sendiri. Aku maunya karyaku sendiri, tapi belum bisa-bisa.

Selamat menikmati tumpengnya!

joli's picture

@Tante Paku, slametan dulu sebelum pasang photo

Tulisan yang menarik, Joli juga pernah denger cerita tentang tumpeng ini dari salah seorang pendeta di Semarang, dan dari cerita tumpeng ini, kita bisa mulai masuk ke "penginjilan",  kenapa pakai na lombok merah, kok bukan lombok ijo, kenapa ada ayam yang harus di sembelih, dan menjadi ayam ingung, dll. Hal selametan, sering Joli ikutin, bukan hanya di jawa saja, tahun lalu juga ikutin selametan bedah bumi di Bali,  ada hal2 yang sama.. ada banyak simbul2, perlambang, jadi bukan hanya orang jawa aja othak athik gathuk.. Menarik..

Hal pasang gambar? Joli masih mumet juga di SS (kadang nongol kadang ngilang dewe). Saran dr HAi-hai dan Purnawan klik disini, Tapi sekarang yang Joli lakukan adalah menulis di blog pribadi dulu, di wordpress.com disana fasilitas menulis termasuk memasang photo di blog lebih mudah, bisa unggah langsung photo dari data di komputer kita ke wordpress tanpa harus titip photo ke picasa dulu. Nah dari blog tulisan di wordpress ini bisa copy paste ke SS, kapanpun kita mau. Tante paku kan banyak ide, banyak hal yang kepingin di tulis.. tulis aja dulu di wordpress-nya tante paku, lalu unggah ke SS atur sesuai "waktu"nya.

Dah sign up dulu di wordpress. dan selamat memasang gambar..

 

Tante Paku's picture

Thanks, Joli

Aku sudah liat blog tentang pasang gambar di SS punyanya pa Pur, tapi ya itu gak bisa-bisa, pusing mikirnya, harus pake pembimbing nih biar enak, soale males mikir, mau manggil pembimbing belon ada waktu longgar. Longgarnya malem, mana ada yang mau he he he.......Padahal karya gambarku banyak lho, baik foto maupun coretan lainnya, ada yang bisa buat ngakak deh, sementara kusimpan, belum pernah di publish, entah nanti?

Eh iya, kamu tuh sering nyebutin Rumah Turi, alamatnya mana sih? Kok keliatannya deket ama terminal Tirtonadi ya? Itu hotel apa rumah makan di Solo?

Eh iya Blog Pribadi ama Wordpress itu perbedaannya dimana ya? Cara bikinnya gampang ndak? Sori ya, aku bener-bener nggak ngerti, bukannya pura-pura, emang gaptek tulen.

Ari_Thok's picture

@Tante : Monggo Kirim PM atau email aja

Tante Paku, monggo PM or kirim email aja, nanti bisa belajar bersama tentang Wordpress, tenang aja, tidak akan ada investigasi untuk membongkar identitas dirimu hehehe :)

*yuk comment jangan hanya ngeblog*


*yuk ngeblog jangan hanya comment*

 

__________________

*yuk komen jangan cuma ngeblog*


*yuk ngeblog jangan cuma komen*

Tante Paku's picture

Terima kasih Ari.

Identitasku dibongkar nggak pa-pa kok, kalo ketahuan paling kalian ngakak. Kusediain hadiah satu juta kalo TEPAT!! Kalo nggak tepat, traktir aku aja hahaha....Aku belon pernah nyoba PM atau Email apalagi kotak ijo, kalo ada yg pake namaku, jelas bukan aku!  Aku cuma bisa ngetik doang, ama kemajuan dikit copas gambar itu. Nanti, kapan-kapam aku pasti minta kamu untuk ngajarin aku, bayar nggak ya he he he........

Ari_Thok's picture

@B7 : Sejuta neh .. Gak Usah Dibagi ..

@B7: hadiahnya sejuta neh, gak usah dibagi ya .. :p

@Tante : tergantung Tante, wordpress kan ada yang bayar ada yang gratis, tetapi yang jelas, nanti sejutanya kasih aku saja, jangan B7 :D

*yuk comment jangan hanya ngeblog*


*yuk ngeblog jangan hanya comment*

 

__________________

*yuk komen jangan cuma ngeblog*


*yuk ngeblog jangan cuma komen*

bintang seven's picture

ari wakakaak

ari lo gak bakal menang klo ngandelin wordpress doank....rayuan gombal...si tante paku ini gak mempan dirayu gitu terus ngasih tau ari siapa dia....

semalam gw dari gunung lau berguru seribu ilmu rayuan tanpa bayangan...demi sejuta gw puasa semalam suntuk gak makan di mcdonald krn emang gak punya duit ri gw bakal tau dia sapa...ilmu gw gak tertandingi.....

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

bintang seven's picture

tante paku

tante paku...nama yg indah .... seindah blognya luar biasa nya mengalahkan pelangi di langit jingga....tante nick anda penuh makna...bagaikan pohon aras libanon yg rindang...tante ijinkan si pengemis ini bertanya pada sang tante paku nan menawan tau kan caranya pm ke b7? gak usah panjang2 ngetik krn takut tante kecapekan cukup tulis siapa tante sebenarnya...misalnya pm b7 anak partisa...ok may god help u....

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Tante Paku's picture

Rayuan bintang tujuh hi hi hi

Aku belon nyoba PM atau lainnya. Peningkatanku baru copas gambar kok. Jadi aku gak bisa seperti yang kau inginkan he he he.....gak yakin bisa  atau males nyoba, pokoknya baru bisa ngetik yang hapalan doang sambil baca-baca cari ide.  Selamat berburu "mysteri guest", eh jangan-jangan kalian udah tau cuma kura-kura dalam perahu nih?!

pwijayanto's picture

TUMPENG...perlambang Yesus dari Hongkong?

Tapi bila mengurai arti yang terpendam, saya menduga pertama kali yang menciptakan adalah orang yang memahami ajaran Kristus.

Nampaknya DUGAAN anda salah... (silakan tanyakan pada sejarawan yang paham budaya Jawa)

Boleh-boleh saja memberi arti baru untuk sebuah tumpeng...namun apakah benar seperti itu asal mulanya?

lalu.. kenapa alas daun pisang dibagian bawah itu tepinya dibuat lancip (segitiga), itu seperti pola di bagian tepi kain jarit? (memangnya tanpa makna, orang Jawa membuat 'simbol' itu?)

lalu.. kalau tumpeng kemudian diambil bagian puncaknya untuk diberikan pada seseorang, itu artinya apa? (setahu saya... itu sebuah kesalahan dalam "membongkar" tumpeng, sebab tumpeng yang 'asli', bahkan cara membongkarnya-pun ada maknanya..

Jadi ingat orang yang membangun rumah dan memasang bendera di bagian atap yang belum jadi.., nggak tahu asal-usulnya pokoknya pasang bendera merah-putih atau kain merah...

(hm... kesalahkaprahan seperti ini yang membuat orang Kristen banyak yang menganggap Yesus lahir di 25 Desember, padahal itu hari kelahiran Dewa Matahari.... tumpeng di Jawa-pun pada mulanya nggak ada hubungannya dengan Yesus. Atau mau kita hubungkan sekarang... sehingga besok kalau Paskahan gereja wajib bikin tumpeng untuk mengingat Bukit Golgota, daripada bikin telur paskah yang nggak jelas maknanya??)

 

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

__________________

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

Tante Paku's picture

Tumpeng dari hongkong juga ada lho.

Tidak semua Tumpeng memakai pola dari daun pisang yang dibuat lancip.

Puncak Tumpeng sering diartikan atau menandai puncak kehidupan.

Mengatakan "kesalahan" dalam membongkar Tumpeng tanpa memberikan "kebenaran" yang benar adalah "kesalahan" juga. Kalau hanya berdasarkan "setahu saya" saja, semua orang bisa mengatakan demikian. Kalau hanya menyuruh "silahkan tanya pada sejarawan", semua orang juga bisa mengatakan demikian.

Jika hanya membaca Alkitab LAI dianggap tidak tahu YHWH, apakah ini juga tidak DUGAAN saja? Apakah harus membaca Alkitab dari Hongkong untuk tahu YHWH he he he.....

Anda tidak tahu di Hongkong Tumpengnya juga enak. Di sana juga ada Yesusnya kok, jadi anda benar......benar-benar belum tahu hongkong ha ha ha........

pwijayanto's picture

@Tante Paku, judulmu itu lho.. pakai tanda "!" segala...

kenapa saya perlu menjelaskan 'yang saya tahu' tentang tumpeng?

terus terang judul anda yang "menghakimi" itu membuat sy tidak tertarik menjelaskan 'pengetahuan' saya.. sebab nampaknya akan percuma beradu pendapat "yang saya tahu" dengan "yang anda tahu".

Anda juga mengomentari "signature" saya dibawah, itu bukan DUGAAN, tapi fakta. Bisakah anda menunjukkan kepada saya, adakah Alkitab terbitan LAI yang memuat kata "YHWH"?

Maaf tante, judul anda itu yang membuat saya mau berkomentar, lebih baik jika anda menawarkan 're-interpretasi' makna tumpeng, daripada menganggap orang lain tidak tahu 'makna' demikian.

Ayah saya seorang majelis gereja di desa di jawa, kalau menjadi 'imam' dalam acara yang pakai tumpeng, juga memaknai tumpeng kurang lebih sama dengan yang anda tulis diatas, tapi ayah saya sadar, bahwa tumpeng pada awalnya bukan bermakna seperti itu. Itu hanya re-interpretasi untuk 'inkulturasi' budaya (kalau tidak mau disebut sinkretis)

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

__________________

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

Tante Paku's picture

Bukan menghakimi pak Pwi.

Kalau tanda seru dalam judul anda anggap "menghakimi", padahal saya hanya "promosi" dan tak terpikirkan menghakimi, apakah tidak lebih bijak kalau anda tidak meledek tapi memberi informasi?

     Padahal anda sudah berprasangka dengan kata "percuma beradu pendapat" padahal belum mencobanya, apakah ini bentuk menghakimi juga? Lebih bahagia kalau banyak informasi tentang tumpeng walau dengan ilmu "gothak-gathuk entuk" dari berbagai sisi, entah tradisi maupun kepercayaan yang lain, yang ikut melengkapi blog saya tersebut.

    Tapi kalau sudah pesimis dan menganggap enteng umat Kristen yang dengan artikel tersebut bisa kalang kabut, sungguh anda sangat perlu merenung kembali. Anda belum membaca blog tsb dengan hati tenang. Saya percaya kalau hati-hati dalam membaca tentu anda tidak lekas mengambil kesimpulan. Lebih bijaksana kalau anda mengoreksi seraya melengkapi agar isinya semakin berisi. Tidak perlu membawa contoh hari kelahiran Yesus sama dengan hari Kelahiran Dewa Matahari, kalo emang sama mau apa? Apa enggak boleh lahir mereka barengan? He he he....I Love You Full.....

bygrace's picture

@pwijayanto : Reinterpretation of Christianity

.... sehingga besok kalau Paskahan gereja wajib bikin tumpeng untuk mengingat Bukit Golgota, daripada bikin telur paskah yang nggak jelas maknanya??

Ha...ha...usulan yang baik.

Pak Wijayanto, bukankah orang Kristen sudah terbiasa dengan memberi makna Kristiani terhadap segala sesuatu yang sebelumnya tak terkait langsung dengan kekristenan ? Mulai dari merayakan Natal tanggal 25 Desember, pohon Natal, sinterklas, telur paskah,... Sebentar lagi akan muncul penabalan tokoh dari luar Alkitab menjadi nabi baru, kitab di luar kanon Alkitab menjadi kitab suci,... tentulah tak aneh jika simbol yang tak pernah disebut dalam Alkitab menjadi perlambang Yesus atau tritunggal atau janji keselamatan...

Welcome to the jungle of  the newly defined Christianity. Tertarik untuk ikutan, Pak ?

GBU

pwijayanto's picture

Orang Jawa bilang itu "othak-athik gathuk"

@bygrace,

Orang Jawa bilang itu "othak-athik gathuk"

Apakah itu termasuk mengganti YHWH menjadi Allah? ( Allahuakbar.. Allahuakbar....Allahuakbar.....-- bukankah Allah Maha Besar ??)

hm.. sy tak tertarik ikut. Ikut mengomentari dan tersenyum kecut saja..

bukankah Yesus itu tetap selamanya?

 

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

__________________

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

whoislikegod's picture

arti tumpengku dari Hai Hai

Kenapa Tumpeng dibuat kerucut?

Kenapa di puncak kerucut selalu ditancapkan Cabe Merah?

Tumpeng dibuat kerucut dan dipuncak ditancap cabe merah adalah lambang buah yang dijamah hawa dan adam ikut menikmatinya. Itulah sebabnya saat tutup tumpeng dibuka orang sekeliling pada kebat kebit untk meikmatinya. Untuk keterangan lebih lanjut tanya Hai-Hai karena pemikiranku ini bersumber dari Hai Hai... hahaha it's just a joke....

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

bintang seven's picture

tante paku

tante paku makin hari makin menghibur nih blog kelihatannya serius tapi lucu, lucu tapi serius, asik , fun berwarna n byk belajar klo tumpeng dibuat kerucut simbol golgota gak papalah... gw gak marah beneran tante p...asli yg penting kan kita jadi ingat ama golgota ama salib knpa jg hrs kayak orang israel zaman dulu ya pake2 istilah roti dan anggur klo gw lebih pas gorengan ama teh botol....makna bukan simbol yg lebih penting kok ribut...tante gw pengen tanya klo b7 ada dibarisan depan saat tumpeng mo dipotong sambil ngelus2 perut itu perlambang apa ya?

 

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Tante Paku's picture

Perlambang baik B7.

Dan perlambang sehat, masih mau makan ha ha ha......Aku masih banyak belajar terus, masih banyak yang belum aku ketahui, soalnya makin banyak membaca betapa aku tuh semakin keliat bodohnya.

Tante Paku's picture

Horee tumpangnya juara 3

Sore ini aku dapat sepiring nasi kuning dan rombongan lauknya plus 2 kg klengkeng dari ibu yang ikut lomba tumpeng kemerdekaan di atas karena meraih juara 3 se kelurahan.

     "Padahal semua penonton mengatakan ini pasti juara 1 atau 2 lho, aku lihat nilainya dari juri Kecamatan rata-rata nilainya 80-85, sudah pasti menang. Tapi juri yang "kuper" tapi "ngeyel" yang menjatuhkan nilaiku dengan alasan yang subyektif banget! Tumpengku banyak yang memfotonya, banyak yang merubungnya, wah pokoknya banyak yang tanya-tanya cara membuatnya. Lagian tumpengku yang gak pake staples, semua alami bahannya dan sesuai biaya yang ditentukan, eh cuma dapat juara 3 dari 22 peserta!"

     "Jurinya yang kutu kampret itu bu "anu" itu to? He he he....dia masak aja kagak enak rasanya kok jadi juri........"

     "Yang juara satu tuh istrinya pa Lurah, padahal hiasannya cuma gudangan doang, nggak seni kok menang. Yang juara 2 juga pejabat Kelurahan, wah kayaknya nggak fair sama penilaian semua penonton deh!"

     "Ha ha ha.....jurinya takut ama bu Lurah kali!"

joli's picture

@tantepaku.. mau lihat juaranya..

Tante paku, mana coba, Joli lihat, kasih photo juara satu  dan juara tiga nya kayak apa? pasang photonya gih..

Tante Paku's picture

Aku nggak motret, Joli.

Maaf, aku nggak melihat apalagi memotretnya. Ibu tersebut juga nggak membawa kameranya, saking "kemrungsung" katanya. Coba nanti tak tanya bisa dapat gambarnya yang juara 1, 2 da 3 ndak? Tapi aku, dari ceritanya beliau, aku sudah dapat membayangkannya. Lagian kalo dapat fotonya, mana aku bisa pasang di sini, aku kan belum bisa Jol? Bisanya baru copas doang.

joli's picture

Tante Paku.. hal pasang photo

Walah, hal pasang photo, bila tantepaku ada YM YAhoo Messenger, PM aja IDnya, nanti  Joli ajarin sampai bisa,.....  nggaya,...  padahal Joli juga lum mahir, sering pasang gambar/photo sakti, bisa ngilang sendiri, tanpa di tengking.. he.. he..

 

Tante Paku's picture

Tengkyu kalo mo ngajarin,Joli.

Kapan-kapan aja aku diajarin, oleh siapa aja aku mau, aku sukanya langsung praktek ketimbang teori, pusing ngingetnya he he he.....Rumah Turi tuh mana sih?

joli's picture

TAnte PAku, ke Rumah teman

Tante Paku, di Solo kan?

Rumah Turi itu terletak di kampung TURISARI, perempatan Apartment Paragon, ke Utara, pertigaan pertama ke kanan. alamat bisa dilihat *********.com

Rumah Turi adalah tempat bertemu dengan para teman dan friend, se-nyaman hotel se-hangat rumah. Temen2 designer dan seniman sering ketemuan disana, perpaduan hangat dan nyaman juga asri sangat kental, asik untuk ber-meditasi sekaligus menunggu inspirasi. Kalau lagi sumpek Joli mampir ke sana hanya untuk ambil napas dan mencicip setuguk es tamarin.

Tante Paku dolan lah ke sana, bila berjodoh, anda bisa ketemu dengan mas Sadrah yang kadang muncul di sana, dia pinter tentang blog juga, dia akan dengan senang hati mengajari dan mempraktekkan cara upload photo..

Nanti Joli kasih tahu, bahwa mas Tapa (TAnte PAku) dari SS akan mampir ke sana..

 

 

Tante Paku's picture

Oke kapan-kapan aja.

Sekali lagi terima kasih, kapan-kapan aja deh nyarinya, kalo waktunya longgar, kalo pas ke Solo he he he.....Eit namaku bukan Tapa, ngarang kamu hi hi hi....

GODARMY's picture

tante pelit :'(

gua gak dikasih, tinggal tatakan tumpeng doang , padahal sudah ngiler hikss

 

 

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

Tante Paku's picture

Godarmy, kamu kan udah jago masak.

Kamu jarang nongol, tumpengnya udah diserbu para "lapar" yang kesasar he he he....tapi masakanmu pastinya lebih mantep deh!

GODARMY's picture

tante paku

bisa aja nih hahaha.., kalo ga nongol biasalah ada tugas:D nih malam juga melekan buat kerja besok hahah., buat sang juara.......saya ucapkan.. Photobucket

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

martha pratana's picture

Sarana Penginjilan yang Kontekstual

Artikel yang baik.

Walaupun asal usul tumpeng tidak jelas (kemungkinan berasal dari pemahaman "Kejawen"), namun tumpeng bisa dipakai untuk ilustrasi penginjilan yang kontekstual dan bersahabat dengan budaya Jawa.

 

Sama dengan wayang kulit yang sarat dengan simbol-simbol non-kristiani; namun bisa saja wayang kulit dipakai untuk sarana penginjilan.

__________________

"I do not try to dance better than anyone else. I only try to dance better than myself." - Mikhail Baryshnikov, ballet dancer