Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Belajar tentang Kabbalah yuk...

bernAnthony's picture

Hallo teman2 Sabda Space...

Pernah tau ttg aliran spiritual Yahudi ga..? yg namanya Kabbalah..

Kabbalah itu memiliki kitab yg namanya kitab Zohar.. trus ajarannya sendiri berpusat pada Taurat.. Banyak org yg blg klo ajarannya sendiri adlh sesat krn mengajarkan politeisme spt adanya konsep Bapak Surgawi dan Ibu Surgawi dan konsep anak Tuhan (Ben Yah).

 

Sekilas ajaran mrk tentang Tuhan juga mirip dengan Trinitas Kristen.. cuman bedanya, menurut ajaran Trinitas Kristen (yang ak ketahui), Anak dan Roh itu keluar dari Bapa.. shgga ada subordinat dalam ke-Allahan.. Sang Anak tunduk kepada Sang Bapak, Sang Roh tunduk kepada Sang Anak dan Sang Bapak... (klo salah mohon diluruskan..)

klo menurut kabbalah, Tuhan itu adalah dia yg tidak terdefinisi (tidak terbatas..), tapi walaupun demikian, Tuhan yg tidak terbatas itu menyatakan diri  dalam bentuk Sephirot (10 hakikat Tuhan). Ada 10 hakikat Tuhan yg dinyatakan kepada kita.. dan kesepuluh hakikat itu mewakili hakikat-Nya sebagai Bapak, Ibu, dan Anak... Ketiga itu adalah satu.. krn berasal dari satu sumber yaitu Dia, Tuhan yg Tidak terbatas.

 

teman2 ada yg tau ga asal muasal Kabbalah ini?

mengapa skrg booming?

Pararel-nya dengan ajaran Kristen ada nggak??

 

 

Thankss...!!! 

__________________

"You can do everything because you're The Hero"

Anak El-Shadday's picture

paralelnya sama. sama-sama

paralelnya sama. sama-sama lahir dari tradisi semit. tapi intinya tetap berbeda jauh. kaballah lebih cenderung untuk aliran esoterik gitu (semacem tasawuf klo dalam islam). kayaknya ajaran yang gitu itu emang pas untuk jaman kayak gini (BBM naik, kerjaan susah, cari uang sulit) karena mereka punya cara-cara yang esoterik juga untuk mendapatkan shortcut dalam mengatasi masalah hidup. tapi tetap aja ajaran kayak gitu ga bikin cerdas and ga membawa kemajuan. but the one who endure to the end, he shall be saved.....
__________________

but the one who endure to the end, he shall be saved.....

Sigit's picture

Muncul pertama kali di

Hi, mau nambah info, mungkin anda nanti bisa selidiki lebih lanjut dengan lebih detail. Kaballah muncul pada masa-masa Kerajaan Yehuda berada pada masa pembuangan di Babel. Selama kurang lebih 70 tahun, TUHAN sama sekali tidak berbicara kepada bangsa Israel, namun karena kehausan yang sangat, bangsa Israel mulai mencari-cari dan mengorek-ngorek Taurat kembali tanpa bimbingan Roh TUHAN. Dengan kebudayaan yang sudah tercampur dengan kepercayaan babel, maka lahirlah kepercayaan Kaballah tersebut. Walau banyak mengambil dari Taurat, tetapi interpretasinya sudah tercampur dengan kepercayaan babel dan mesopotamia kuno. Salah satunya adalah penyembahan king of heaven, queen of heaven dan heavenly child. Jelas sesat! Lambang yang lahir dari kepercayaan ini adalah the star of david! Lambang bendera Israel yang sekarang ini sebenarnya muncul dari masa pembuangan bangsa Israel di Babel, yang sebenarnya adalah lambang perdukunan Kaballah. Daud sama sekali tidak pernah memakai lambang the star of david tersebut... Jadi? Silahkan dicerna.. Kaballah juga kepercayaan yang mengagungkan seks. Banyak kok artis Holywood yang memeluk kepercayaan ini. Salah satunya adalah Madonna.

- Be Sharp and Be Wise -

__________________

- Be Sharp and Be Wise -

Tofik's picture

Magen David (Bintang Daud) tidak dilahirkan dari Kaballah!

Ternyata, Magen David tidak berasal dari Kaballah.  Menurut Wikipedia, "...The earliest archaeological magen David national symbol is on a Babylonian bas relief carving, in the 6th century BCE...". Kabbalah hanya MENGGUNAKAN simbol tersebut, BUKAN MENEMUKAN / MELAHIRKAN simbol tersebut. Cek Wikipedia untuk investigasi lebih lanjut ...

 

!!! WARNING : ANTI - SEMIT == NAZIISM !!!

bernAnthony's picture

Kaballah katanya sesat but boleh kah dipelajari?

Anak2 El-Shaddai ngomong klo Kaballah itu memang cocok muncul di jaman susah ky gini.. karena mrk punya ajaran yg instan.. tapi, spt yg Saudara Sigit bilang, artis2 Hollywood yg tajir2 malah lg pd gandrung dengan ajarannya.. Ada yg punya artikel atw pernah baca2 buku ttg kaballah ga?? share donk disini.. bhs inggris jg ga pa2.. Klo dari situsnya sih kaballah itu: bukan filsafat atau theosofi. Kabbalah adalah sebuah gaya hidup. Setiap pengikut kabbalah pada jaman dahulu adalah orang2 yang aktif bertindak, membagikan kemurahan dari kota ke kota dan mengajak org2 agar menjadikan hidup ini menjadi lebih baik. Jadi, mereka itu bukanlah orang2 yg hanya berwacana saja. (www.kabbalah.com/02.php) Menurut kabbalah, alam semesta itu tidak bermula dari atom atau dari partikel subatom melainkan dari pikiran Tuhan. Pikiran Tuhan ini menciptakan dunia sedemikian rupa sehingga manusia yg hidup didalamnya bisa merasakan kebahagiaan yang total dan penuh, bebas dari penderitaan dan kekacauan. Hal inilah yang semula Pencipta kita inginkan dan rencanakan untuk kita. Agar kita bisa mewujudkan hal itu secara sempurna, kita perlu melangkah menuju inti diri kita. Dalam pikiran, perasaan, dan tindakan kita, kita perlu menghapuskan hal2 yg merugikan dan menggantikan kegelapan dengan cahaya. Inilah tujuan pokok dari Kabbalah. Ajaran dan Fasilitas yang dimiliki Kabbalah adalah untuk tujuan tersebut. Salah satu fasilitas terbesar yg dimiliki oleh Kabbalah adalah kitab Zohar. Sama seperti Alkitab, kitab Zohar juga memiliki struktur yang berbentuk percakapan dan pedoman hidup. Hanya saja, daya jangkau kitab Zohar melebihi dunia fisik dan menyentuh hal2 yg semula tersembembunyi. Zohar dalam bahasa Ibrani nya berarti "berkelap kelip" atau "bersemarak" adalah sumber spiritual penting yg tak terbatas. Ketika kita mempelajari kitab Zohar baik dari bahasa aslinya maupun terjemahannya, kita akan menemukan bahwa kita terhubung dengan Cahaya Pencipta yg berwujud. Sebagaimana dalamnya kita mempelajari kitab Zohar, begitu pula lah besarnya kesadaran kita berkembang. Secara spiritual, kita tumbuh dan berkembang menjadi diri kita yg diinginkan oleh Pencipta, yaitu penuh dengan kebahagiaan dan sesuai dgn kehendakNya. Kitab Zohar itu bagaikan cermin dimana memantul harapan dan keinginan kita. Ada yg mengatakan bahwa kitab Zohar itu hanyalah sebuah teks, tak berbeda dari teks lainnya. Dan ada jg yg berpendapat bahwa dia itu adalah buku spiritual. Tapi, bagi para sarjana, kitab Zohar itu sangat sukar dan tersembunyi. Namun, kitab Zohar ternyata menyimpan berbagai pemikiran besar dalam sejarah spt, phytagoras dr yunani kuno sampai Newton pd abad 17 sampai pula pd pengetahuan modern ttg arsitektur fisika dan biologi. Para murid Kabbalah menemukan kesamaan yg menakjubkan antara kebijakan dan informasi di kitab Zohar dengan fakta ilmu ilmu pengetahuan modern. (http://www.kabbalah.com/11.php) itu katanya dari situs kabbalah.. maaf klo terjemahannya banyak yg keliru.. sekali lg maaf... heheheheee.... "You can do everything because you're The Hero"
__________________

"You can do everything because you're The Hero"

pius desmond's picture

pelarian

manusia memang pada lagi nyari pelarian ... itu makanya banyak tarisi spiritualitas lama yang digali lagi kejenuhan eropa terhadap kristianitas dan kebijakan rezim barat yang cenderung menyerang islam (dan sebaliknya juga, gencarnya serangan teroris berwajah islam) justru membawa orang pada keinginan mencari keyakinan lain yang lebih bersifat humanis.
shinysite's picture

info untuk semua ^_^

halo semua. baru gabung ni.. maaf kalo komentarnya ga nyambung. cuma mau kasih info untuk temen2 yg suka belajar tapi DENGAN PIKIRAN JERNIH.. hehe.. aku tadinya ga sengaja masuk ke website ini: www.submission.org kalo yg tertarik, coba deh buka... pelajari pelan2... hehe.. banyak hal yg menggelitik pemikiran lho (ato mungkin cuma pikiran aku aja x) hehe.. bantuin pelajari yuk! ^_^ terima kasih banyak salam kalo mo share/kasi pendapat, boleh ke: shinysite@gmail.com
liong's picture

Kaballah

Hallo semuanya,

Setahu saya waktu ke Cairo dan Turki , disana Kaballah mulai menyebar meskipun 99% penduduknya beragama Islam, banyak juga kaum cendekiawan muslim yang mempelajarinya. Bahkan berdasarkan bukti sejarah juga menyatakan bahwa Ibn Arabi dalam menulis buku-bukunya seperti Fusus Al Hikam dan sebagainya juga terpengaruhi Teologi Kaballah.

Sebenarnya Kaballah ini sudah diserongkan oleh Gerakan New Age menjadi seperti bentuk Occultism padahal sebenarnya tidak, Kaballah sebenarnya mempelajari bagaimana manusia bisa selaras dengan kehendakNya yang dalam pelajarannya Nama-Nama Tuhan itu didalami dan berusaha disatukan dalam kekudusan, namanya ada banyak tapi yang paling suci dibungkus dalam kode Tetragrammaton. YHVH.

Pada intinya Kaballah sama tuanya dengan jaman Adam karena yang pertama kali mendapat wahyu Kaballah ini adalah Adam Kadmon sendiri.

Kaballah artinya "receiving" - menerima wahyuNya dan berjalan sesuai dengan wahyuNya.

Prinsip Utamanya : Tikkun Olam : yakni meluruskan Ohr / Nur / Cahaya Ilahi yang ada dalam diri kita, jika Ohr ini selaras dengan Ein Soph Tuhan yang Transenden Imanen maka manusia beroleh 'salvation'.

Metode pembelajaran Kaballah yakni melalui kontemplasi terhadap Sephirot, Zohar, dan terakhir kepada Ohr Ein Soph Cahaya Ketuhanan dengan cara membaca buku-bukunya, saat teduh khusus dengan pembacaan  nama-nama Tuhan yang Agung.

Jika dalam jangka waktu 3 bulan kita melakukan disiplin rohani itu maka Cahaya Ketuhanan dalam diri tiap manusia akan terluruskan dan kembali selaras dengan kehendakNya serta membantu tiap manusia untuk berjalan denganNya.

Mungkin demikian penjelasan singkat dari saya, jika ada yang berminat terhadap teks-teks kaballah dari Rabbi Michael Laitman saya bisa menyediakannya ,  bisa menghubungi ke liongbudiwan@yahoo.com