Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Bengcu Menggugat - Tenaga Dalam Di Mata Seorang Tionghoa Kristen

hai hai's picture

Mengungkap Misteri Perempuan Berselubung Matahari

Tenaga dalam adalah Tenaga KHAYALAN. Itu sebabnya walaupun mampu menghajar tubuh manusia yang beratnya lebih dari 40 Kg hingga mencelat tanpa menyentuhnya namun mustahil memukul sebuah apel terpental tanpa menyentuhnya. Di dunia, semua pendekar tenaga dalam mampu membuat murid-murid dan saudara seperguruan mereka terpental namun tidak ada satu pun yang mampu membuat sebuah benda terpental tanpa menyentuhnya. Karena tenaga dalam adalah tenaga khayalan, lalu apa yang sesungguhnya terjadi dengan orang-orang yang mencelat karena pukulan tenaga dalam? Mereka termakan KHAYALANNYA sendiri.

Master Tenaga Dalam Dipermalukan

YANAGI RYUKEN adalah seorang kiai master ilmu tenaga dalam yang sangat terkenal di dunia. Ribuan muridnya tersebar di lima benua. Dia seorang pendekar yang sangat dihormati karena tidak pernah kalah di dalam ke 200 pertarungan yang pernah dihadapinya. Tenaga dalam yang dilontarkannya mampu membuat penyerangnya terpental. Di dalam demonstrasi, dia menunjukkan kemampuannya menghadapi dua puluh orang lebih dan lontaran tenaga dalamnya membuat lawan-lawannya terjengkang tanpa mampu menyentuhnya apalagi memukulnya. Karena yakin akan kemampuannya dia memberi kesempatan kepada siapa saja yang ingin mengujinya dengan syarat harus membayar uang tantangan sebesar 500.000 Yen, setara dengan 5.000 US$. Apabila mampu mengalahkan Yanagi Ryuken maka uang pendaftaran akan dikembalikan ditambah dengan hadiah 1.000.000 Yen, setara dengan 10.000 US$.

Iwakura Goh bukan pendekar terkenal. Dari caranya bertarung, nampak gamblang bahwa dia hanya memiliki kemampuan bertarung biasa-biasa saja. Artinya, dengan kemampuan demikian, dia tidak akan pernah menjadi juara dalam turnamen ilmu bela diri. Tidak ada sumber pustaka yang menjelaskan alasan dia menantang Yanagi Ryuken namun rekaman pertarungannya benar-benar mengejutkan dunia persilatan terutama para pendekar ilmu tenaga dalam. Dia hanya perlu dua jurus untuk meng-KO Yanagi Ryuken. Anda bisa mendapatkan rekaman pertarungannya di Youtube dengan judul "Kiai Master VS MMA" dan "Kiai Master VS Karateman". Tenaga dalam Yanagi Ryuken yang biasanya dasyat, sama sekali tidak berdampak pada Iwakura Goh. Kenapa demikian? Karena yang disebut tenaga dalam itu khayalan belaka. Sejak pertarungan yang memalukan itu, Yanagi Ryuken mengundurkan diri dari dunia persilatan dan tidak diketahui lagi beritanya. Namun, kisahnya akan menjadi bahan olok-olok entah sampai kapan.

Bambu Kuning alias Yelow Bamboo adalah perguruan ilmu bela diri tenaga dalam. Para pendekarnya mampu membuat para penyerangnya terpental. Bila tenaga dalam itu disalurkan ke sebuah benda, maka orang-orang yang berusaha mencurinya akan mencelat ketika berusaha mengambil barang itu. Pada hakekatnya ilmu bela diri Bambu Kuning sejenis dengan ilmu Yanagi Ryuken. Video dengan judul Yellow Bamboo vs Reality di Youtube menayangkan film tentang seorang petarung jalanan mempermalukan dua orang pendekar Bambu Kuning di pantai Perth Australia.  Kedua pendekar Bambu Kuning itu bukan saja tidak berdaya membuat penyerangnya terpental bahkan tidak sanggup menghadapi jurus kunciannya.  Sebelum meninggalkan para pendekar Bambu Kuning, pendekar tidak dikenal itu mendekati kamera dan berkata, "Delusions." Artinya, khayalan. Benarkah tenaga dalam yang digembar-gemborkan oleh banyak sekali perguruan ilmu bela diri itu hanya KHAYALAN belaka?

Pada tahun 2005, National Geographic melakukan penyelidikan dengan judul: "Is It Real?  Superhuman Powers." Anda dapat menonton Filmnya di Youtube dengan judul tersebut.  Salah satu obyek penelitian mereka adalah tenaga dalam. Salah satu subyek penelitian mereka adalah George Dillman, peringkat Dan sepuluh master ilmu bela diri tenaga dalam dari perguruan Ryukyu Kempo. Hasilnya benar-benar mengenaskan. Walaupun mampu menjatuhkan murid-muridnya seperti daun kering namun para master tenaga dalam itu sama sekali tidak mampu menjatuhkan orang-orang yang bahkan tidak punya kemampuan ilmu bela diri sama sekali.

Ripley's Believe it or Not juga pernah menguji kemampuan Tom Cameron, seorang master tenaga dalam, hasilnya juga mengenaskan. Anda bisa menonton filmnya di youtube dengan judul: "Tom Cameron (Human Stun Gun) on Ripley's Believe it or Not"

James Hydrick mengaku menguasai Qigong dan mampu menggerakkan barang tanpa menyentuhnya. Dia menunjukkan kemampuannya dengan dua cara yaitu menggerakkan pensil dan membalik halaman buku telepon tanpa menyentuhnya. Ketika menghadapi pengujian dari James Randi dalam acara televisi "That's My Line" dia benar-benar dipermalukan. Anda bisa menonton filmnya di youtube dengan judul: "James Randi exposes James Hydrick"

Tiongkok gempar ketika televisi menyiarkan berita tentang seorang suhu kungfu berumur 84 tahun bernama Qiu Fuyi yang kebal golok dan mampu menggerakkan batu bata dan baskom berisi air serta menghancurkan botol dari jarak jauh. Namun suhu kungfu itu benar-benar dipermalukan ketika televisi mengerahkan para pesulap untuk membuatnya tidak berdaya dan membongkar triknya dengan gamblang. Anda bisa menonton film-filmnya di Youtube dengan judul: The Real magic? NOT but chinese FRAUD!

"Ripleys Believe It or Not! A Qigong (chi kung) Master Emits Heat From Hand at Over 200 degrees"  di Youtube bercerita tentang seorang master Qigong di Amerika yang mampu memanaskan handuk basah dengan kekuatan tanaga dalamnya hingga 202 0 F alias 94,4 0 C. Di dalam dunia sulap ilmu demikian disebut Pyrokinesis, artinya penggerak api. Tidak sulit untuk melakukan hal demikian, yang diperlukan hanya menaburkan atau meneteskan Crystal Drano pada handuk basah tersebut. Crystal Drano  adalah campuran sodium hydroxide (lye), sodium nitrate, sodium chloride (garam), dan aluminum.

Darren Brown adalah seorang pesulap yang tidak punya kemampuan tenaga dalam sama sekali. Suatu kali, dia mendemonstrasikan kemampuannya untuk menjatuhkan seorang pendekar kungfu dengan pukulan tanpa menyentuhnya. anda bisa menontonnya di Youtube dengan judul: Derren Brown - One Inch Punch - Kung Fu - NLP Menurut Brown, yang dia lakukan adalah memadukan kemampuannya menyesuaikan diri, pemahaman bahwa manusia umumnya mudah diperintah, kemampuan mewujudkan impian seseorang dan sugesti hipnotis. Dia menyesuaikan diri dengan pendekar tersebut dengan berprilaku dan menyatakan dirinya seorang pendekar tenaga dalam. Dia memerintahkan pendekar itu merasakan (mengkhayalkan) kekuatan tenaga dalamnya sebelum memukul. Dia berusaha mewujudkan harapan pendekar itu untuk merasakan pukulan tenaga dalam sejati. Dia juga mensugesti pendekar itu bahwa dia akan merasakan pukulan tenaga dalamnya yang benar-benar dasyat. Itu sebabnya ketika dia melancarkan pukulan, pendekar itu menanggung akibatnya.

Handai taulan sekalian, apabila tenaga dalam memang ada dan para pendekar tenaga dalam itu memang sakti, kenapa mereka gagal ketika diuji? Kenapa walaupun mampu menjatuhkan sesama pendekar tenaga dalam seperti daun kering namun tidak mampu menjatuhkan orang yang tidak punya kemampuan ilmu bela diri sama sekali? Apabila tenaga dalam itu tidak ada, kenapa para pendekar itu meyakininya dan mereka mampu menjatuhkan sesama pendekar tenaga dalam seperti daun kering? Kenapa orang-orang yang tidak pernah berlatih tenaga dalam mampu melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan oleh para pendekar tenaga dalam ketika berhadapan dengan pendekar tenaga dalam?

Kenapa hai hai Menulis Tentang Tenaga Dalam?

Kenapa hai hai merasa perlu mengungkapkan kebenaran tentang tenaga dalam? Karena banyak pengkotbah yang mengajarkan bahwa tenaga dalam adalah  kuasa kegelapan. Sebab banyak pengkotbah mantan dukun yang membual tentang kemampuan tenaga dalam mereka ketika masih menjadi dukun, contohnya adalah Pdt. Dr. Eku Hidayat MA dan Ev. Daud Tony. Mereka juga membual bahwa itu adalah kekuatan dari setan-setan dan orang Kristen mampu menghadapinya dengan kekuatan dari Roh Kudus. Karena banyak orang Kristen yang bersaksi mampu membuat para pendekar tenaga dalam kehilangan kesaktiannya dengan kekuatan doa, contohnya Pdt. Budi Asali MDiv.

Handai taulan sekalian, saya yakin, sebelum diuji baik Yanagi Ryuken maupun Tom Cameron,  George Dillman dan pendekar-pendekar Bambu Kuning sama sekali tidak tahu bahwa kekuatan tenaga dalam mereka sama sekali tidak berdampak bagi non pendekar tenaga dalam. Ketika mengetahui kebenarannya, Yanagi Ryuken secara jantan mengundurkan diri dari dunia persilatan. Namun sayang baik Tom Cameron maupun George Dillman dan banyak pendekar tenaga dalam lainnya, tetap kekeh jumekeh dengan keyakinannya dan tetap mengajarkannya kepada orang lain.

Saya punya banyak teman yang belajar ilmu tenaga dalam. Mereka adalah orang-orang yang jujur dan rendah hati. Mereka sama sekali tidak menggunakan ilmunya untuk mencari uang atau mencari pujian. Mereka berlatih dan sebagian di antaranya mengajar dengan tujuan baik, untuk kesehatan dan untuk membagikan pengetahuan kepada orang lain. Ketika saya menunjukkan fakta-fakta tentang tenaga dalam kepada mereka, ada sebagian yang lalu berhenti namun lebih banyak yang terus berlatih dan mengajar. Mereka percaya bahwa saya adalah seorang pendekar yang rendah hati yang walaupun memiliki tenaga dalam dasyat sehingga mampu meredam tenaga dalam mereka seolah sebatang jarum yang jatuh ke dalam air namun kekeh jumekeh mengaku tidak punya tenaga dalam sama sekali. Mengenaskan! Namun, itulah faktanya.

Walaupun tidak pernah bergabung dengan perguruan ilmu tenaga dalam namun dari teman-teman, buku dan rekaman film, saya memahami hampir semua ajaran ilmu tenaga dalam dari perguruan-perguruan top di dunia. Falsafah mereka dan teknik yang digunakan untuk membangkitkan tenaga dalam. Saya juga sudah menguji sebagian besarnya.

Tenaga Dalam VS Sistem Pernafasan Manusia

Para pendekar Indonesia menyebutnya tenaga dalam, pendekar Tionghoa menyebutnya Qi (dibaca: Chi), pendekar Tibet menyebutnya lung, pendekar Jepang dan Korea serta Vietnam  menyebutnya Ki, pendekar India menyebutnya Prana, pendekar Hawai menyebutnya Mana, pendekar Yunani menyebutnya Spiritus, pendekar Eropah menyebutnya Vital energy dan di dalam film Star Wars disebut The force.

Para pendekar Tionghoa menyebutnya dantian, artinya lapangan merah sementara para pendekar India menyebutnya cakra. Letaknya dua jari di bawah pusar. Para pendekar meyakininya sebagai pusat tenaga dalam atau Qi manusia.

Para pendekar tenaga dalam meyakini bahwa semua manusia memiliki benih-benih tenaga dalam di dalam tubuhnya. Apabila dilatih dengan baik, maka pada tingkat dasar, tenaga dalam itu berguna untuk melancarkan peredaran cairan tubuh dan menyehatkan badan. Pada tingkat menengah tenaga dalam bisa digunakan untuk memperkuat tubuh sehingga mampu menahan pukulan dan menambah kekuatan sehingga memperkeras pukulan dan tendangan serta meningkatkan kewaspadaan. Tenaga dalam tingkat tinggi bisa digunakan untuk menghajar orang dari jarak jauh dan membentengi tubuh sehingga tidak bisa disentuh lawan serta menyembuhkan berbagai luka dan penyakit. Sebagian pendekar meyakini dan mengajarkan bahwa tenaga dalam juga dapat digunakan untuk mengusir roh-roh jahat, melindungi barang dari pencuri (pencuri akan terpental ketika hendak menyentuh barang) dan menyembuhkan penyakit apa saja dari jarak jauh, bahkan ketika mencapai kesempurnaan, mampu melihat masa depan.

Tenaga dalam adalah kekuatan yang mampu dilontarkan keluar dari tubuh. Itulah definisi tenaga dalam yang kita bahas saat ini.

Semua perguruan ilmu tenaga dalam mengajarkan bahwa tenaga dalam dibentuk dari oksigen yang dihirup. Itu sebabnya melatih pernafasan adalah satu-satunya cara untuk membangkitkan kekuatan tenaga dalam. Secara umum inilah cara untuk melatih tanaga dalam.

Oksigen yang dihirup disalurkan ke dantian atau titik yang letaknya dua jari di bawah pusar. Oksigen itu lalu diputar menjadi sebuah pusaran. Perguruan-perguruan ilmu putih memutarnya searah jarum jam dan menuduh yang memutar dengan arah sebaliknya sebagai ilmu hitam. Menurut cerita, memutar melawan arah jarum jam akan lebih cepat membangkitkan tenaga dalam namun tidak bisa mencapai kesempurnaan. Kesempurnaan tenaga dalam hanya bisa dicapai dengan memutar searah jarum jam. Tenaga dalam harus dibangkitkan sendiri dengan latihan dan meditasi, juga bisa dibangkitkan dengan cara sang guru mengaktivasi muridnya.

Ilmu pengetahuan ilmiah mengajarkan bahwa semua oksigen yang dihirup manusia masuk ke paru-paru. Di paru-paru oksigen bercampur dengan darah. Darah berisi oksigen lalu di sedot oleh jantung dan dipompa ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Kemampuan tertinggi darah menyerap oksigen dan kemampuan tertinggi tubuh memanfaatkan oksigen di dalam darah disebut VO2 max (maximal oxygen consumption; maximal oxygen uptake; peak oxygen uptake). Darah menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah yang memiliki kemampuan maksimal menahan tekanan darah. Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa membuat pembuluh darah pecah. Kemampuan jantung menyemprotkan darah ke seluruh tubuh ada batasnya.

Apa yang terjadi ketika seorang pendekar tenaga dalam menghirup oksigen lalu menekannya ke dantian (titik yang letaknya dua jari di bawah pusar)? Apabila yang terjadi adalah proses normal bernafas, itu berarti ajaran tentang tenaga dalam hanya dongeng belaka.

Apabila oksigen menerobos jaringan tubuh ketika dialirkan ke dantian maka peralatan kedokteran dengan mudah bisa mendeteksinya karena oksigen adalah unsur yang terdeteksi oleh alat kedokteran. Handai taulan sekalian, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, ilmu kedokteran sampai hari ini belum menemukan keberadaan udara yang dialirkan ke dantian tanpa melewati standard prosedur operasi (SOP) pernafasan yang normal. Kenyataan demikian membuktikan bahwa SUMBER daya tenaga dalam itu sama sekali tidak ada. Tanpa sumber daya, mustahil ada tenaga dalam.

Apabila yang diajarkan oleh para pendekar tenaga dalam itu benar, oksigen di tekan ke dantian lalu diolah menjadi energi, itu berarti ketika seorang pendekar menyalurkan oksigen ke dantian, di titik itu akan terdeteksi oksigen yang banyak sekali. Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, hal demikian belum pernah ditemui oleh para dokter dan ilmuwan. Karena PROSES pengolahan oksigen menjadi tenaga dalam sama sekali tidak ada, itu berarti MUSTAHIL ada tenaga dalam.

Tenaga Dalam Adalah Adalah Tenaga Khayalan

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam berlatih tenaga dalam adalah MENGKHAYAL tentang sebuah titik yang letaknya dua jari di bawah pusar. Titik itu disebut DANTIAN.

Langkah kedua adalah MENGKHAYAL tentang udara yang dihirup lalu dikirim ke titik yang disebut DANTIAN.

Langkah ketiga adalah MENGKHAYAL tentang keberadaan sebuah PUSARAN tenaga di DANTIAN yang berputar searah jarum jam.

Langkah keempat adalah MENGKHAYAL tentang suatu TENAGA yang mengalir keluar dari DANTIAN.

Langkah kelima adalah MENGKHAYAL tentang TENAGA yang mengalir keluar dari DANTIAN ke bagian-bagian tubuh sesuai dengan yang dikehendaki.

Langkah keenam adalah MENGKHAYAL tentang TENAGA yang mengalir keluar dari telapak tangan dan membentuk bola.

Langkah ketujuh adalah MENGKHAYAL tentang BOLA TENAGA di telapak tangan semakin lama semakin besar dan padat.

Langkah kedelapan adalah MENGKHAYAL tentang memainkan BOLA TENAGA di telapak tangan.

Langkah kesembilan adalah MENGKHAYAL tentang melontarkan BOLA TENAGA itu ke udara dan melihat bola itu lenyap menyatu dengan udara dan melihat bola itu jatuh kembali dan menangkapnya.

Langkah kesepuluh adalah MENGKHAYAL tentang MERASAKAN sebuah BOLA TENAGA di tangan guru atau saudara seperguruan anda.

Langkah kesebelas adalah MENGKHAYAL tentang BOLA TENAGA yang dilontarkan kepada anda dan berusaha menangkapnya lalu merasakan kekuatannya dan belajar mengendalikannya.

Langkah keduabelas adalah MENGKHAYAL bersama guru atau saudara seperguruan anda bermain lempar dan tangkap BOLA TENAGA.

Langkah ketigabelas adalah menguasai keduabelas langkah sebelumnya dengan baik, tanpa kegagalan sama sekali. Apabila berlatih dengan giat, maka kekuatan tanaga dalam anda akan semakin kuat dari hari ke hari. Demikian pula kemampuan anda untuk mendeteksi kekuatan tenaga dalam guru atau saudara seperguruan anda. Apabila berlatih dengan giat maka anda bisa mengubah tenaga menjadi bentuk apa saja. Pada hakekatnya tenaga dalam itu wujudnya seperti udara atau air.

Salah satu cara untuk melatih kekuatan tenaga dalam adalah dengan melontarkannya menghantam bumi. Ketahuilah, ketika menghantam bumi, tenaga dalam akan mental menghantam diri anda sendiri. Belajarlah untuk mengendalikan tenaga dalam anda. Belajarlah untuk mengukur kekuatan tenaga dalam yang dilontarkan. Belajarlah untuk hanya melontarkan kekuatan tenaga dalam sesuai keinginan dan kebutuhan anda. Belajarlah untuk memukul dengan tepat sasaran yang diinginkan.

Setelah mahir melontarkan tenaga dalam maka mulailah berlatih menjadikan tenaga dalam sebagai perpanjangan tangan. MENGKHAYAL-lah tentang TENAGA yang mengalir keluar dari telapak tangan yang terulur semakin panjang dan semakin panjang. Setelah mampu melakukan hal itu mulailah MENGKHAYAL tentang menggunakan tenaga dalam itu seolah menggunakan tangan yang memanjang. Anda bisa memukul, mencengkram, membanting dan lain-lainnya.

Handai taulan sekalian, pada hakekatnya, itulah yang disebut tenaga dalam oleh para pendekar tenaga dalam. Tenaga dalam adalah TENAGA KHAYALAN. Apabila anda berlatih dengan tekun maka cepat atau lambat, walaupun hanya TENAGA KHAYALAN namun tubuh akan BEREAKSI seolah itu tenaga sungguhan. Itu sebabnya tenaga dalam sama sekali tidak berpengaruh kepada orang-orang yang TIDAK berlatih tenaga dalam.  Sebab mereka tidak terlatih untuk menanggapi tenaga KHAYALAN seolah tenaga benaran.

Para pendekar tenaga dalam mencelat ketika dihajar tenaga dalam alias TENAGA KHAYALAN karena mereka SUDAH terlatih untuk menaggapi tenaga KHAYALAN seolah tenaga benaran. Itu sebabnya tenaga dalam tidak bisa digunakan untuk memukul benda-benda hingga mental karena tenaga dalam hanya tenaga KHAYALAN belaka.

Pukulan Roh Kudus

Bagaimana dengan PUKULAN roh kudus para pengkotbah alam roh? Handai taulan sekalian, cobalah berdiri tegak lalu angkat salah satu kaki anda. Cobalah untuk memperkirakan berapa lama anda bisa berdiri dalam posisi demikian? Lalu cobalah untuk membuktikan bahwa anda memang mampu bertahan selama yang anda perkirakan. Sekarang, berdirilah dengan satu kaki lalu pejamkan mata anda. Benar. Ketika memejamkan mata, keseimbangan anda tidak sebaik ketika melek.

Setelah menemukan posisi berdiri yang nyaman lalu pejamkan mata anda. Walau sedikit, namun keseimbangan anda berkurang. Apabila mendongakkan kepala dalam kondisi mata terpejam maka keseimbangan anda semakin LEMAH! Apabila mendongakkan kepala dalam kondisi mata terpejam sambil mengangkat kedua tangan ke atas dan bernyanyi memuji Tuhan sesuai dengan PERINTAH pengkotbah sementara hati anda gundah-gulana, saat itu keseimbangan anda buruk sekali. Dalam kondisi demikian, sebuah sentuhan hangat di kening akan membuat anda merasa nyaman, terlena dan tidak waspada. Dalam kondisi demikian, maka sebuah dorongan lemah di kening akan membuat anda kehilangan keseimbangan dan terjengkang. Bila anda tidak terjengkang, maka sebuah dorongan dengan bahu yang dilakukan seolah-olah ingin memeluk akan membuat anda terjengkang. Itulah misteri Altar Call pengkotbah alam roh. Mungkin sebagian pengkotbah alam roh tidak mengetahui hal itu namun itulah yang sesungguhnya terjadi.

Anda terjengkang karena kehilangan keseimbangan, bukan karena Roh Kudus bermanifestasi!

Para pengkotbah alam roh menyatakan dirinya berkuasa untuk membaptis dengan Roh Kudus. Mereka mengajarkan bahwa terjengkang dan kelojotan setelah dihajar dengan pukulan roh kudus adalah BUKTI dijamah Roh Kudus. Banyak jemaat yang percaya karena mereka melihat orang-orang terjengkang lalu kelojotan ketika dihajar oleh pengkotbah dengan pukulan roh kudus. Itulah yang dimaksudkan oleh Darren Brown sebagai MENYAMAKAN persepsi.

Jemaat alam roh umumnya merindukan jamahan Roh Kudus. Orang-orang yang kelelahan menghadapi pergumulan hidup umumnya merindukan jamahan Roh Kudus. Itu sebabnya mereka secara tidak sadar akan akan menaati perintah seseorang yang diyakini berkuasa memberikan Roh Kudus untuk percaya bahwa dirinya SEDANG dijamah Roh Kudus ketika seorang pengkotbah alam roh melancarkan pukulan roh kudus. Mereka bukan hanya TAAT pada perintah pengkotbah alam roh namun justru secara tidak sadar MENSUGESTI diri sendiri SEDANG dijamah Roh Kudus. Mereka terjengkang dan kelojotan bukan karena Roh Kudus namun karena MEMASUKI alam hipnosis alias hipnotis.

Pengkotbah dan jemaat alam roh menyebut kondisi demikian sebagai kondisi dipenuhi Roh Kudus. Orang-orang non Kristen menyebutnya kondisi dipenuhi dewa-dewi (shenkung) dan ketika kondisi hipnosis itu sangat dalam sehingga yang bersangkutan kehilangan kesadarannya, disebut kondisi dirasuki dewa-dewi (loktang atau loktung).

Sebuah Kisah Di Sebuah Sekolah Injil

Ada sebuah sekolah Injil yang ketua yayasan merangkap rektornya benar-benar sakti mandraguna sebab pukulan roh kudusnya jarang sekali gagal. Karena tidak tahan maka banyak mahasiswa sekolah itu yang lalu minta petunjuk kepada seseorang. Pertanyaannya kira-kira begini, "Apakah saya berdosa ketika pura-pura tumbang saat beliau melancarkan pukulan roh kudus?" Orang itu menjawab pertanyaan dengan pertanyaan, "Kenapa anda harus pura-pura tumbang?" Setelah berpikir cukup lama, mahasiswa itu menjawab, "Bila tidak tumbang, maka saya harus doa puasa tiga hari tiga malam." Seseorang itu menatap mahasiswa itu lalu berkata, "Lebih baik tumbang dari pada tiga hari tiga malam nggak makan dan nggak tidur bukan? Tuhan Yesus tahu apa yang terjadi dan saya yakin Dia pasti ngakak di sorga ketika melihat apa yang terjadi. Paling-paling Dia akan ngomel, 'dasar anak bengal!'"

Saya sering bertanya, "Apa yang akan terjadi bila ada Singer dan Dancer yang tidak tumbang ketika Philip Mantofa mengayunkan jas-nya menghajar mereka?"

NB.

Anda mau menguji orang ini? Dia ada di Surabaya.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

paulwekwek's picture

Bila mau jujur..

Saya juga tidak tahu pasti ada apa dibalik sentuhan dan jamahan para pendoa ketika mendoakan jemaat di altar. Mungkin tulisan Pak Hai benar.

Waktu itu ketika didoakan dan diiringi lagu Hosanna dgn kunci minornya membuatku sedih meratap. Pikirku waktu itu lagunya pas.

Wajah menghadap atas ketika tumpang tangan, sebelum saya tmn2 didepan saya pada jatuh dilantai. Waktu itu saya menganggap kalau di tumpang tangan dan di jamah Roh Kudus memang begitu adanya. Yah suggesti. Namun yang terjadi ketika tangan pendoa menyentuhku adalah kepala saya didorong dengan lembut. Awalnya saya bertahan agar tidak jatuh, kemudian pendoanya berbisik biarkan Roh kudus bekerja jangan di lawan! ya otomatis daripada pendoanya ngomong dua kali saya ikutin aja dorongan lembutnya. Gubrak! jatuh dilantai. Yang saya rasa waktu itu bukan Jamahan Roh kudus namun bokong yang terbanting ke lantai sangat sakit rasanya.

Sejak itu saya nggak mau lagi tumpang tangan pendoa yang mengaku bisa mengalirkan Roh kudus. Bisa-bisa tulang ekor saya patah-patah. Sejak saat itu juga saya mengundurkan diri dari PMK yang notabene alirannya Kharismatik. 

Memang awalnya saya merasa kayaknya dah kebanyakan dosa, sehingga tidak layak mendapat jamahan Roh Kudus, sebab waktu itu saya sadar betul bahwa jatuhnya saya waktu itu bukan karena Roh Kudus namun karena didorong. Tapi setelah tahu kebenarannya, saya hanya mengucap syukur karena mengetahui misteri dibalik itu semua.

Thanks buat tulisannya Pak hai. Sekalian minta ijin tulisannya saya bagi-bagi ke teman yang masih bingung dengan Pukulan Roh Kudus dari Benny Hinn.

 

 

__________________

Bless all of Us..

alvarez's picture

AJARAN Tonypaulo mengenai BENNY HINN

@paulwekwek, Tonypaulo berkata  : KLIK DISINI

memberikan support kepada Benny Hinn karena memang dihati dipenuhi kasih

atau

memberikan  koreksi kepada Benny Hinn karena memang dihati dipenuhi BENCI.....

Itulah AJARAN Tonypaulo mengenai NABI Benny Hinn

hai hai's picture

@paulwekwek,

paulwekwek, silahkan bagi-bagi ke siapapun. Gratis. Berikutnya mungkin saya akan menulis tentang TEKNIK memanipulasi jemaat dalam KKR secara sistematis walaupun sudah sering membahasnya. Termasuk di dalamnya apa yang saya sebut KERASUKAN diri sendiri.

Karena di sorga yang terbesar adalah Anak-anak.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

paulwekwek's picture

Pukulan Roh kudus Benny H vs Tangan Tuhan Diego( OOT)

 OK ditunggu tulisannya Pak Hai.. soal judul komentarku ini hanya intermezzo aja.. mungkin ada hubungannya hahahah..

__________________

Bless all of Us..

PlainBread's picture

Mantofa

Hahahaha, kalimat terakhir sebagai penutup bikin gue ngakak.

Huanan's picture

Singer and Dancer.

Saya sering bertanya, "Apa yang akan terjadi bila ada Singer dan Dancer yang tidak tumbang ketika Philip Mantofa mengayunkan jas-nya menghajar mereka?"

Philip Mantofa akan mengatakan :" gaji kalian bulan ini akan saya potong, plus doa puasa 3 hari 3 malam !"  :-)

 

hai hai's picture

@ PB dan Huanan, Philip Mantofa

PB dan Huanan, saya pernah melihat dalam rekaman video. Philip Manfota mengayunkan jasnya kepada para singer. Saat itu, salah satu singar sedang menoleh ke ara lain sehingga tidak tahu tentang pukulan roh kudus yang dilancarkan oleh Philip Mantofa. Ketika dia mendapati teman-temannya sudah berjatuhan, dia gelagapan lalu menumbangkan diri. LUCU sekali!

Gara-gara video itulah saya kesulitan mendapatkan video Philip Mantofa lagi.

Bila anda mengamati KKR kesembuhan, sesungguhnya, banyak sekali hal-hal lucu di sana.

Karena di sorga yang terbesar adalah Anak-anak.

 

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

PlainBread's picture

Kong Hee versi Indonesia

Saya pernah liat videonya hai makanya saya tau penutup di blog anda ini ngomong yang mana :)

Menurut saya Mantofa adalah Kong Hee versi Indonesia, pastor mega church terbesar di Singapore.

whoislikegod's picture

sombong vs tidak tahu

Saya sudah lihat video Kiai Master VS MMA yang Anda beri. Yang aku heran kenapa sang master Yanagi Ryuken begitu nekad memberi tantangan dengan imbalan uang sebegitu besar? Kalo dia tahu bahwa itu khayalan belaka bukankah terlalu beresiko? Apakah dia sendiri tidak tahu atau karena sombong karena berpikir semua orang bisa ditipu?

__________________

·siapa seperti Allah?·

hai hai's picture

@whoislikegod, Mereka Tidak Tahu

whoislikegod, saya yakin, Yanagi Ryuken dan yang lainnya TIDAK tahu bahwa mereka tidak tahu. Mereka baru tahu SETELAH diuji.

Itu sebabnya, George Dillman dan Tom Cameron setelah TIDAK lulus ujian BBC dan Ripley's, walaupun tetap mengajarkan tenaga dalam namun TIDAK berani menerima TANTANGAN.

Yang berani terima tantangan dan brani diuji adalah mereka yang TIDAK tahu bahwa mereka tidak tahu.

Karena di sorga, yang terbesar adalah Anak-anak.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Huanan's picture

@Wilg

WILG, kalo begitu bisa di ibaratkan seorang yang main debus (tidak mempan dibacok),Lalu menantang penonton suruh membawa golok yang tajam dari rumah dan suruh di coba (dibacok)langsung ke tubuh pemain debus tsb. Kira2 begitu kali ya..

whoislikegod's picture

Huanan, Nyawa atau uang

berarti yang satu taruhan uang dan yang lain taruhan nyawa. hahaha...

__________________

·siapa seperti Allah?·

hai hai's picture

@Huanan, Para Pemain Debus Tahu

Huanan, para pemain debus tahu apa yang mereka lakukan.

Bila anda tinggal di Jakarta, cobalah baca tabloid tentang alam gaib. cobalah anda kunjungi pendekar ilmu kebal yang menjanjikan ilmu kebal dengan bayaran 500 ribu.

Dia PASTI akan berpesan bahwa ilmu anda itu TIDAK boleh dicoba karena MENCOBANYA berarti SOMBONG. Bila anda SOMBONG, maka ilmu itu akan HILANG.

Anda percaya bahwa diri anda KEBAL karena sudah membuktikannya sendiri. Anda dibacokin bolak balik namun tidak luka. Sakit sedikit namun tidak luka. Seperti dibacok dengan penggaris.

Untuk membuktikan kebal atau tidak ada dua UJIAN:

1. Periksa goloknya. Bila goloknya memang tajam, berarti triknya adalah di dalam cara membacoknya.

2. Cobalah anda yang membacok dia.

Karena di sorga, yagn terbesar adalah Anak-anak.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

RainLockheart's picture

interesting

Interesting topics ko hai2...dari dulu saya jg bingung soal jamah menjamah gtu...gereja tempat saya ibadah biasa pernah datengin ev Rudy Salam (abang nya Roy Martin) pernah denger katanya kobtah nya menarik jadi saya menyempatkan diri untuk dateng kesana...eh pas di ibadah nya malah buat saya kotbah nya terkesan ngalor ngidul kaga jelas ga ada alurnya trus dia malah suruh orang2 maju buat disembuhin...tapi yg seperti itu kadang2 aneh...kok ada pendeta2 yg mau doain ato bisa dibilang menyembuhkan orang disana bisa bilang gini "saya dapet bisikin Roh Kudus kalo ada ibu/bapak yg ada masalah di (misalnya) perutnya,ayo maju ke depan ibu/bapak" kadang saya mikir itu orang asal tembak aja ato emang dapet bisikan..membingungkan...

tapi terkadang saya berkesimpulan dalam ibadah2 penyembuhan(katanya...kaga tau itu bener atau kaga) misalnya aja ibadah yg dibawakan Benny Hinn...ada cerita2 kalo si mas Benny ini ngibasin jubah orang2 bisa langsung roboh. kesimpulan saya, sepertinya jemaat berada dalam suatu kondisi yang bersifat sugesti...sugesti2 seperti ini "kalo gw gak jatoh berarti gw nolak roh kudus" atau "klo gw gak jatuh jgn2 gw dikira org sesat" ato mungkin juga "klo gw gak jatoh gw aneh ndiri donk,masa samping2 gw jatoh gw ndiri kaga"

makanya saat dipanggil maju seperti itu kok seperti saya seperti kaga ada niat untuk maju dan leih memilih jika dalam pergumulan, saya lebih baik "menikmati kesendirian" berama Tuhan dengan menaikan puji2an,duduk diem dengerin lagu2 Rohani dan berdoa aja sendiri di kamar :D dan saya yakin Tuhan selalu kasih kelegaan dan jalan buat saya....

hanya sekedar sharing semoga bisa jadi berkat yah ^^

hai hai's picture

@RainLockheart, Bisikan Roh Kudus

RainLockheart, "Saya mendapat bisikan, ada seseorang yang membaca blog saya ini dalam waktu dekat yang lalu benar-benar dikecewakan oleh seseorang yang disayanginya."

Anda percaya, banyak orang yang akan menyatakan bahwa BISIKAN yang saya terima itu benar adanya.

Ha ha ha ha ha ha ... Bila memang bisikan Roh Kudus, Dia pasti tunjukkan orangnya, paling sedikit namanya.

Karena di sorga, yang terbesar adalah Anak-anak.
 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

RainLockheart's picture

@hai hai, hahaha

bisa aja si ko hai hai...biasa nya pendeta juga pinter.biasanya dia bilang gini,"saya ga mau nyebut nama anda tapi saya mau kesadaran anda untuk dateng ke hadapan Tuhan." trus kalo uda ada orang yg maju pendetanya bakal ngomong gini dulu, "saya tahu masi ada  orang lagi yg butuh kesembuhan"

kalo ada yg maju pendeta nya ngomong gini," akhirnya anda menjawab panggilan Tuhan" trus dia doain dah ampe jeblak...klo versi Ev Rudy Salam terima pertolongan Tuhan.kalo ga jatoh dia bilang,"jangan kerasin hati kamu,kamu terima aja pertolongan Tuhan" hahahaha

kalo ga ada yg maju,pendetanya ngomong gini, "mungkin anda belum siap tapi anda bisa diam di tempat anda,saya akan mendoakan dari sini"

hahahaha....kok jadi kesannya pendeta jaman sekarang banyak dalihnya yah...padahal menurut saya klo Tuhan mau nyembuhin pasti orangnya langsung di datengin hehehe...

ada pendeta di gereja saya cerita gini...

pas dia dalam 1 persekutuan gtu...ada seorang ibu duduk samping dia.ibu tau klo dia itu pendeta.selesai persekutuan itu.si ibu nanya ke pendeta itu tanpa basa basi.tanyanya gini,"pak pak...saya mau nanya.sekarang ini saya lagi jalanin bisnis.menurut bapak 3 bulan lagi bisnis saya gmn yah pak?"pendetanya jawab enteng gini,"saya aja ga tau nama ibu siapa,usaha ibu bidang apa,kaya gimana usaha ibu bagaimana saya bisa tau usaha ibu 3 bulan lagi.yg saya bisa liat klo ibu pake kalung salib gedeeee banget." hehehe rasain tuh ibu.dikira pendeta sama kaya dukun.emank kaya mama lemon yg bisa tau 2011 bakal gelep.yah emang gelep buat dia,karena dia uda ga ada.hehehe...sekedar sharing aja yah :D

duh maap ko hai hai jadi melenceng dari topik blog :D

hai hai's picture

@RainLockheart, Selalu Punya Alasan

RainLockheart, pendeta selalu punya alasan.

Mereka menyangka telah berlaku CERDIK namun sesungguhnya yang mereka lakukan itu LICIK.

Beberapa orang teman sering menyebut saya BEBAL. Hal itu terjadi karena ketika mereka menceritakan nubuatan atau penglihatan atau bisikan Tuhan kepada mereka untuk disampaikan kepada hai hai.

Saya akan bilang, "Tolong bilang sama Tuhan, dengan hai hai CARANYA nggak berubah. TANPA CALO!"

Ha ha ha ha ha .....

Karena di sorga, yang terbesar adalah Anak-anak.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

RainLockheart's picture

hahaha

betul banget ko hai hai...emank banyak pendeta yg pinter cari2 alesan kaya gtu.

skarang pun jadi jemaat kudu pinter2 milih.jangan ampe salah ajaran :D

bertzzie's picture

Kalau tidak jatuh maka langsung saja...

"kalo gw gak jatoh berarti gw nolak roh kudus" atau "klo gw gak jatuh jgn2 gw dikira org sesat" ato mungkin juga "klo gw gak jatoh gw aneh ndiri donk,masa samping2 gw jatoh gw ndiri kaga"

Kalau tidak jatuh maka langsung saja nyanyikan :

"Walau seribu rebah di sisiku,
Kau tetaplah Allah penolongku..
Walau sepuluh ribu rebah di kananku,
takkan ku goyah, s'bab Yesus sertaku.. "

sekuat mungkin. Bisa aja keadaan jadi berbalik, dan kita akan jadi rohani juga :D

Debu tanah's picture

@ Hai, pantesan

Hmmm. mungkin ini sebabnya waktu dulu ditumpangin tangan saya tidak roboh ya? Kl ditumpangin kaki bar roboh, hehehe..

Para pengkotbah alam roh harusnya menjawab gugatan ini.

 

Btw Hai, menurut saya judulnya kurang pas:

"Bengcu Menggugat Tenaga Dalam Di Mata Seorang Tionghoa Kristen"

Ada makna ganda disini. Menurut saya harusnya cukup: "Bengcu Menggugat Tenaga Dalam" atau "Tenaga Dalam Di Mata Seorang Tionghoa Kristen"

 

Begitu pula dengan blog sebelum ini.

 

 

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

Debu Tanah, thanks

Debu tanah, makasih. soal judul sudah saya perbaiki. Kurang tanda "-"

soal tumpang kaki. Saya yakin bila ada pengkotbah berani tumpang kaki ke anda, dialah yang akan roboh.

Karena di sorga yang terbesar adalah Anak-anak.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

smile's picture

Thanks for usefull blog

Saya sudah menonton...kyai tersebut,..dihajar 2 kali, pukulan ketiga sudah dipisah,...mengenaskan.

Menurut saya, tidak usah orang itu yang melawannya, mungkin orang yang perawakannya kecil pun bisa menjatuhkannya, karena si kyai tersebut, saya lihat counternya lambat sekali,..apa lagi yang dia andalkan? ternyata tenaga dalam yang sama sekali tidak ada.

Bambu kuning di pantai australia itu juga sudah saya lihat....jatuh,....hihihi...

tenaga dalam itu tidak selalu harus memberi, tapi menerima juga. Itu bisa dilakukan dengan latihan menurut saya. Tapi memang bukan mengarah pada tenaga dalam, tapi latihan pernafasan, latihan menahan rasa sakit, dan melatih keseimbangan, itulah yang saya tonton ketika seorang biksu shaolin dihajar dengan sebuah batang phon besar, yang dipegang oleh sepuluh orang termasuk diantaranya saya. dia hanya mundur beberapa langkah,..dan tidak kesakitan..(walau saya tahu...kalau ga ada yang nonton mungkin dia udah teriak,..waduuuhhh......suakit.....gila!)

mengenai bruce lee....saya merenungkannya, menurut saya, pukulan satu inchi bruce adalah tenaga secara fisik, hanya saja, sang pemukul bisa memusatkan semua tenaganya ke bahu dan berakhir pada kepalan tangan, Itu juga butuh latihan dan dilakukan dengan spontan., ditambah dengan sugesti dalam pikiran bawah sadar dia yang mengatakan "ONE INCH PUNCH!!!!"

-------------------------------thanks for your blog, usefull--------------------------------

mengenai manifestasi rohkudus yang dilakuakn hamba hamba Allah terkenal seperti Benny Hinn dll....saya sendiri belum pernah jatuh ketika didoakan,..hanya saja,..memang merasakan damai,..padahal, setiap saya ditumpang tangan dan didoakan pendetanya itu katanya jago merebahkan orang.....

saya mulai mengerti sedikit sedikit tentang manifestasi roh kudus palsu utk merebahkan orang...

thanks...

 

smile

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

hai hai's picture

@smile, tumpang tangan

Smiele, kembali kasih. Soal tumpang menumpang tangan memang masih perlu beberapa tulisan untuk membuatnya gamblang. Mari kita bersama-sama mengumpulkan data dan informasi tentang hal itu.

Karena di sorga, yang terbesar adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

dReamZ's picture

om hai yg cuekin gw, idea of regress n God to terminate it

ini jg argumennya dawkins n gw masi blun ketemu jawabannya ntuk ngebantah si dawkins...

i know lo cuekin gw om, but gw masi ga tau malu n bkal ga pna nyerah ntuk nanya trus ma lo ahahaha :p

yg dah gw pna tulis, atas dasar apa klo konsep Tuhan bisa lepas (immune) dr trik2 seperti ini.

menghayal kalo Tuhan itu ada

menghayal ada Tuhan yang mendengarkan doa kita

menghayal Tuhan akan mendengarkan doa kita

n akhirnya memberikan sugesti ke kita kalo Tuhan ada

n bukannya jg sampai skrang ilmu pengetahuan tidak bisa mendeteksi Tuhan jg?

so atas dasar apa kalo Tuhan itu bisa lepas dr trik2 kyak gini???

hai hai's picture

@dReamZ, Ha ha ha ha ha ..... Aku Ketahuan

Nona, ada dua blogger SABDA Space yang tahu PERASAAN hai hai atas dReamZ. Jadi carilah keduanya dan bertanyalah kepada mereka bila mau tahu. Bila mamanya tidak tahu caranya, si tua bodoh ini mustahil tahu.

Bila cerita, saya yakin, si hannah pasti akan kasih komentar dengan judul: hai hai membual. Bukan karena CEMBURU namun karena dia SAYANG kamu. Si hannah boleh menyangkal sampai daun semangka dikira sirih. Namun, percayalah kepada hai hai, bila perlu kita pukul pantatnya sampai ngaku. Di dalam hatinya yang TERSEPI, ada dReamZ.

Sementara tonypaulo, mungkin akan menulis komentar yang nggak dimengerti siapa-siapa. Jadi lupain aja dia.

dReamZ, rasanya semua blogger lama sudah tahu KELICIKAN si tua bodoh ini. Dia akan cuek ketika tak mempu mengendalikan hati dan perasaannya. Alasannya sich biar tetap bisa bersikap obyektif sebagai blogger SABDA Space.

Oh ... dReamZ, dReamZ, ....... Ha ha ha ha ha ha ha .........  dReamZ, my only dReamZ. dReamZ yang nggak tau malu. Ha ha ha ha ha ha .......

dReamZ, my only dReamZ, ada blogger SABDA Space yang menulis ini kepada saya: "cuma mau tanya, dreams kalau tanya kok gak di jawab kenapa?" Please dong dReamZ, gimana jawabnya? Gimana kalau kita NGAKAK aja? Ha ha ha ha ha ha .....

dReamZ, i know that you know i cuekin kamu!

Karena di sorga yang terbesar adalah Anak-anak.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

dReamZ's picture

menggugat misteri hai hai cuek

kyakna gw butuh waktu berminggu2 ato berbulan2 ntuk pecahin misterinya ahahha....

tapi jujur, gw dah pelototin nih tulisan tapi tetep no clue... :p

n penasaran sapa tuh 2 orang,, mm...tapi yg pasti bukan tony kan, ga mungkin banget si tony...huehehe  *maap ya ton*  ^^

om hai2 mencurigakan... ahahahha...

hai hai's picture

@dReamZ, Ha ha ha ha ha .....

dReamZ, You are special 2 me.

Beberapa komentar kamu selain merusak jadwal unggah blog-blog saya tentang Iblis adalah Adam. Juga memaksa saya untuk merenungkan banyak hal tentang hidup ini. Ha ha ha ha ha ....

Sebelum membangun gedung kita harus membangun fondasinya. Ketika fondasi dibangun, orang-orang tidak tahu gedung seperti apa yang akan di bangun di atasnya.

Blog ini adalah fondasi untuk gedung itu. I build it for my only dReamZ, you.

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

dReamZ's picture

u too mean a lot 2 me om hai

walu gw ga pna dibelain msalah homoseks *laq* ahahha... :p

ya uda ditunggu blog lanjutan na ya... ato bygrace mo buat blog na jg?

bygrace's picture

@dreamz : pertanyaan yang menggelitik

Kalau ada pertanyaan yang menggelitik, itu adalah pertanyaan dreamz ini. Akibatnya, yang ditanya malah jadi tertawa dan mengajak ngakak bersama. 

Pertanyaan penting...sudah waktunya didiskusikan.

okulasi's picture

hai: alam khayal

Hai-hai :
Tenaga dalam adalah Tenaga KHAYALAN. Itu sebabnya walaupun mampu menghajar tubuh manusia yang beratnya lebih dari 40 Kg hingga mencelat tanpa menyentuhnya namun mustahil memukul sebuah apel terpental tanpa menyentuhnya. apa yang sesungguhnya terjadi dengan orang-orang yang mencelat karena pukulan tenaga dalam? Mereka termakan KHAYALANNYA sendiri.

Okulasi :
mirip mirip sama idenya dreamz
1.Apakah bisa diartikan bahwa hal itu(baca :tenaga dalam/khayalan) adalah omong kosong.
2.Apakah anda mempercayai kalu alam khayal(baca:imajinasi) itu ada,dan dapat berefek pada alam nyata..(menurut pemaparan anda mestinya tidak)
3.kalu saya baca pemaparan anda itu berarti bahwa anda juga tidak mempercayai adanya tuhan...kenapa?karena beliau juga berada dialam khayal
permasalahannya apakah mungkin jika kita melakukan sesuatu di alam khayal kemudian mengujinya dialam nyata?
(bukankah ini tindakan yang kurang bijak?atau lebih kerasnya disebut kebodohan)
Kita percaya bahwa allah adalah roh ini berarti beliau jelas berada pada dimensi alam khayal.taruh kata saya bisa menyembah allah dalam roh (dan kebenaran) seperti yang diajarkan kekristenan .bukankah itu berarti saya sedang berhayal alias jika itu diuji tidak akan terbukti.
kenapa tidak terbukti?..karena anda melakukan pengujian dengan tatacara alamnyata.

bintang seven's picture

hahahahaha

Ada sebuah sekolah Injil yang ketua yayasan merangkap rektornya benar-benar sakti mandraguna sebab pukulan roh kudusnya jarang sekali gagal. Karena tidak tahan maka banyak mahasiswa sekolah itu yang lalu minta petunjuk kepada seseorang. Pertanyaannya kira-kira begini, "Apakah saya berdosa ketika pura-pura tumbang saat beliau melancarkan pukulan roh kudus?" Orang itu menjawab pertanyaan dengan pertanyaan, "Kenapa anda harus pura-pura tumbang?" Setelah berpikir cukup lama, mahasiswa itu menjawab, "Bila tidak tumbang, maka saya harus doa puasa tiga hari tiga malam." Seseorang itu menatap mahasiswa itu lalu berkata, "Lebih baik tumbang dari pada tiga hari tiga malam nggak makan dan nggak tidur bukan? Tuhan Yesus tahu apa yang terjadi dan saya yakin Dia pasti ngakak di sorga ketika melihat apa yang terjadi. Paling-paling Dia akan ngomel, 'dasar anak bengal!'"

hahahahahahah......bengcu gw geli bgt bacanya....nice blog... apalagi penutupnya:

Saya sering bertanya, "Apa yang akan terjadi bila ada Singer dan Dancer yang tidak tumbang ketika Philip Mantofa mengayunkan jas-nya menghajar mereka?"

jawabannya philip mantofa akan cari singer ama dancer yg baru. kemungkinan yg agak pincang supaya gampang tumbang...hahahahahah.....

 

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

smile's picture

Point bagus untuk disharing

tenaga dalam khayalan dan sesuatu yang ada hanya dalam imajinasi atau khayalan....Allah?

tenaga dalam tanpa iman, Allah pake iman
Ngomongin tenaga dalam harus diuji, Allah masa harus diuji?

Point bagus untuk disharing...

sincerely,

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

okulasi's picture

@smile:kamu mundhak akale

eh..ngomong ngomong kamu ternyata mudeng juga ya kalu iman itu trenyata khayal................wakakakaka

kalau ternyata khayal itu gak penting ngapain juga kita memperbincangkan tuhan.....

bertzzie's picture

Bahasa roh juga ?

Mirip dengan kata sis mimpi, maybe bahasa roh-nya orang karismatik juga bisa dikatakan sebagai "sugesti".

Ketika dibaptis, gw tuh satu-satunya orang yang gak terpengaruh, tumbang, atau berbahasa roh. Sampai sekarang juga gak. "Jamahan Tuhan" mungkin pernah merasakan, tapi tidak pernah berbahasa roh, walaupun pernah satu gereja dan satu persekutuan literally semuanya berbahasa roh.

Antara gw yang memang bebal dan tak bisa dijamah Tuhan atau memang otak gw yang kurang 10 ons ini yang gak bisa nerima sugesti-sugestian.. hahaha

So ko hai, what do you think ?

billy chien's picture

kalau tenaga dalam OMDO...

bagaimana dengan ilmu ilmu hitam lainya?

seperti kemarin saya lihat di tv, seorang wanita dipoerasi dan dalam rahimnya keluar benda benda aneh seperti jarum, mur/baut, silet dsb...

bagaimana cara masuknya benda benda ke rahim ibu tsb? mustahil bukan? televisi yang menyiarkan pasti tahu resiko bila menyiarkan berita yg kebenaranya diragukan bukan?

well , seperti hantu, jin dsb kebanyakan orang awam memang tidak bisa merasakan kehadirannya bahkan melihatnya, tetapi dalam alkitab Yesus bisa merasakan adanya roh roh jahat bukan? bahkan Yesus sering bergumul dengan roh roh jahat (berbicara, menghardik,dsb)

bukan tidak mungkin tenaga dalam yang digembar gemborkan di blog ini tidak ada bukan? mungkin namanya saja yang membuat salah faham, kalau benda benda aneh mampu menyakiti perut ibu tsb, bukan tidak mungkin media lain digerakkan oleh sesuatu dan ketika dihempaskan bisa menimbulkan efek yg kelihatanya orang itu yg melakukan nya...

perlu diketahui kenapa ketika diuji secara ilmiah seperti yg tertulis di blog gagal semua itu yg namanya tenaga dalam....

alkitab mencatat bahwa iblis bisa melihat manusia bukan? nah secara logika saja , bagaimana kita mampu mengajak kompromi si iblis untuk tayang dalam suatu acara? pake bukti ilmiah lagi, ya jelas iblis ga akan bekerja saat itu, itu kalo menurutku, coba aja ketika no body knows and watching.... bisa jadi tuh tenaga dalam keluar beneran....

banyak hal mistis yang ada dan benar2 terjadi di dunia, bahkan Yesus seringkali melakukannya juga bukan, atau sejak jaman nabi musa juga dapat melakukan hal2 mistis dan gaib ketika menghadap firaun, masalahnya adalah bukan tenaga dalam itu tidak ada melainkan tenaga dalam itu ada ketika ada kuasa yang masuk dalam diri manusia itu....

mungkin kisah berikut bisa sedikit mencerahkan pembaca...

ada seorang pendeta yang memiliki karunia untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, dan setiap mendoakan orang sakit pasti da selalu sembuh, sang pendeta tahu dan sadar bahwa kuasa yang dia pakai adalah kuasa dari Tuhan, namun seiring berjalannya waktu pendeta menjadi terkenal dan mulai sombong...

berapa waktu kemudian kuasa yang dimilikinya hilang dan tidak bisa lagi menyembuhkan orang seperti sedia kala, jadi hal yang sama pun bisa terjadi kepada orang orang yang mengklaim memiliki tenaga dalam, maybe pembaca yang memiliki tenaga dalam akan mengerti dan mangut mangut, karena orang itu tahu bahwa setiap kemampuan memiliki pantangan dan syarat hanya orang itu dan sang pemilik kuasa yang tahu syarat syarat tsb...

just to share...

__________________

Fuck Everything That Doesn't Make You Happy

hai hai's picture

@billy chien, Apa Nama Acaranya

billy chien, apa nama acaranya? Bila ada fenomena demikian di televisi, tolong kasih tahu saya, biar saya carai filmnya di Youtube untuk kita analisa bersama-sama.

Saat ini, di Jakarta, hampir semua hotel besar dan mal mal dilengkapi metal detektor. Bila santet memang ada, bukankah akan sering terjadi metal detektor tiba-tiba bunyi?

Daud Tony bilang, ketika dideteksi, setan akan mengambil paku bahkan linggis itu ke alam roh lalu mengembalikannya lagi ketika tidak di deteksi.

Bila demikian, itu berarti cara untuk melawan santet adalah nenteng metal dtektor ke mana-mana.

Karena di sorga yang terbesar adalah Anak-anak.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

RainLockheart's picture

@hai hai,bisaaannnn ajeee

si ko hai hai bisaan ajee dehh...kocak kali yah klo orang ke mal saking takut ama setan 1 mal nenteng2 metal detektor...ujung2nya bunyi nya gara2 kawat gigi :P

Viesnu's picture

Jangan mengganggu

Tolong ya Hai Hai..satu guru satu ilmu jangan menggangu...

__________________

Lovepeace..uenak..

penggugat's picture

Ditembaki polisi tidak mempan.

Pernah nonton acara penyergapan di gorontalo?

Disana ada seorang kebal bernama tarsan. meski sudah di berondong ratusan peluru oleh polisi dia masih tegar berdiri dan tak satupun peluru yg tembus ke badannya. Kebetulan momennya direkam oleh trans7

http://www.youtube.com/watch?v=mnrGMKmpscE

http://www.youtube.com/watch?v=lVsBT2UhqI0&feature=related

saya kasih 2 link biar kalo satu gak bisa, bisa pake yg lain.

Gimana pemdapat rekan2 ?

hai hai's picture

@penggugat, Perhatikan

 penggugat, saya sudah analisa FILM itu dengan teliti sebelumnya. Coba anda perhatikan UCAPAN seorang PENONTON ketika TARSAN diikat dan dibawa. Dia bilang HANYA kakinya yang kena tembak.

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

smile's picture

_) penggugat

salam penggugat.........

saya sudah menonton videonya berkali kali setelah diberikan linknya oleh Hai HAi, dulu sekali,....

itu bukan ilmu kebal, itu namanya ilmu tipuan atau sulap,...tujuannya menghibur dan memberikan tontonan kepada pemirsa,....

kalau tubuhnya tahan terhadap peluru, kenapa tak satupun peluru yang mental mengenai tubuhnya? itu karena polisi menembak membabi buta dan tidak kena, makanya yang bolong itu adalah rumahnya,...bukan obyek sasarannya.

coba anda tonton lagi baik baik filmnya,...hal ini dulu sekali sudah dibahas oleh Hai Hai,...

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

penggugat's picture

saya sudah analisa FILM

@ hai hai : :

penggugat, saya sudah analisa FILM itu dengan teliti sebelumnya. Coba anda perhatikan UCAPAN seorang PENONTON ketika TARSAN diikat dan dibawa. Dia bilang HANYA kakinya yang kena tembak.

@ penggugat : :

bukankah dia baru dapat ditembak dikaki setelah cincin yang katanya sumber kekuatannya ditembak oleh sniper? setelah cincinnya lepas barulah dia mempan terhadap peluru.

@ smile : :

itu bukan ilmu kebal, itu namanya ilmu tipuan atau sulap,...tujuannya menghibur dan memberikan tontonan kepada pemirsa,....

@ penggugat : :

Apakah smile tidak salah nonton filmnya? link nya sudah saya kasih kok, coba di liat lagi, mungkin salah link. soalnya itu bukan pertunjukan melainkan penyergapan. endingnya si tarzan meninggal. coba tolong di check lagi ya link nya ...

@ smile : :

kalau tubuhnya tahan terhadap peluru, kenapa tak satupun peluru yang mental mengenai tubuhnya? itu karena polisi menembak membabi buta dan tidak kena, makanya yang bolong itu adalah rumahnya,...bukan obyek sasarannya.

@ penggugat : :

coba perhatikan video yg sudah saya kasih linknya diatas.

perhatikan, bukankah ada banyak polisi yang menembaki si tarzan? ada sekitar 170 peluru sudah dihabiskan untuk menjatuhkan si tarzan ini. dan jarak tembaknya juga sangat dekat. lagipula si tarzan hanya mengandalkan golok bukan senapan laras panjang, sehingga polisi tidak perlu bersembunyi melindungi diri saat menembak. polisi dengan sangat leluasa membidikkan senjatanya mengarah pada sasaran. apakah polisi2 itu begitu tak bergunanya sehingga menembak sasaran dengan jarak yang sangat dekat tak bisa mengenai sasaran?

bahkan seorang sniper dari inggis Craig Harrison mampu menembak tepat sasaran pada jarak 2,5 Km. apakah polisi kita separah itu? hhehee ...

-------------------

saya juga berasal dari kel yg berkecimpung dalam ilmu hitam dan saya juga memegang sertifikat pelatih tenaga dalam (dulu, sekarang sudah bertobat dan semua mantra/jimat diserahkan untuk dibakar). dan salah seorang teman saya, ketika di surabaya dia dikeroyok oleh beberapa orang dengan bersenjata tajam. teman saya ini tiba2 dikuasai sesuatu/tidak sadar diri. ketika ia sadar ternyata para penyerangnya sudah pada tergeletak ditanah dan memohon maaf. percaya tidak percaya tetapi itu nyata.

kita sah-sah saja tidak percaya, tetapi tidak percaya bukan berarti hal tersebut tidak ada.
salah satu cara agar kita tahu bahwa kue tart cokelat itu lezat, ya dengan cara memakannya atau kita cukup tahu dengan cerita mereka yg pernah makan coklat itu. jika ada 100 orang dari 1000 orang yang mengatakan bahwa kue itu rasanya pahit bukan berarti seluruh kue yg dimakan 900 orang lainnya itu pahit rasanya.

kegagalan seseorang master tenaga dalam memperagakan keahliannya tidak bisa dijadikan tolak ukur bahwa semua ahli 2 didunia akan melakukan kegagalan yg sama.

Kiai Master VS MMA itu sebabnya karena MMA nya emosinya stabil, karena momennya bukan duel sungguhan, melainkan hanya sebuah kompetisi. Cara kerja beberapa aliran tenaga dalam adalah mengandalkan emosi lawan. jika lawan emosi baru dapat dikendalikan, makanya kalau duel lawan orang2 yg ngaku memiliki tenaga dalam jangan emosi/marah. tenang trus gampar dia, dijamin tembus. tapi jangan emosi sampai meluap2 bisa bisa anda terpental. biasanya pada peragaan murid2 disuru konsentrasi dan kumpulkan emosi baru boleh nyerang. kalau tidak ya kaya kejadiannya si bambu kuning yg memalukan perguruan itu hehehehehee ...

saya juga dulu gitu, saya disuruh mukul sebuah korek api yg diisi tenaga dalam. saya biasa pukul dan koreknya terlempar. kejadiannya persis seperti peristiwa si bambu kuning tersebut. tapi saya disuruh emosi, saya mulai mengumpulkan perasaan marah/emosi, trus saya hantam pake tangan dan alhasil tangan saya sendiri yg terpental. bahkan ketika dibuat sebuah lingkaran, saya tidak bisa menembus lingkaran itu dalam keadaan marah/emosi.

juga tenaga dalam/ilmu hitam ada tingkatannya. bisa saja si MMA memiliki tingkat yg lebih tinggi. Ini hanya asumsi.

jika tenaga dalam hanyalah tenaga khayalan, bro hai2 bisa coba praktekan. kalo bro pernah ikut aliran tenaga dalam sebaiknya coba minta tolong salah satu kawan broo yg belum pernah ikut aliran tenaga dalam. suruh dia membayangkan tenaga itu, kumpulkan di tangan trus alirkan ke sebuah benda misal korek. trus suruh teman lainnya, atau broo sendiri memukul benda itu. kalo teman terpental berarti pendapat broo hai2 bahwa tenaga dalam hanya sebuah tenaga hayalan teruji.

salam.

hai hai's picture

@penggugat, Selongsong Peluru

penggugat, ketika senapan angin ditembakkan, TIDAK ada selongsongnya. Kenapa demikian? Karena peluru senapan angin ditembakkan dengan ANGIN. 

Senapan polisi ditembakkan dengan MESIU, itu sebabnya setiap kali ditembakkan ada selongsongnya. 

107 peluru lebih ditembakkan, tapi mana selongsongnya?

bila peluru membentur benda, akan menimbulkan kerusakan. bila bendanya KERAS maka pelurunya akan MENTAL.

Perhatikan Film itu, CARILAH berapa banyak barang yang RUSAK dan berapa PELURU yang mental?

Tarzan MEMBUNUH polisi! Ketika diangkut DIA belum MATI!

cocokkan dengan BERITANYA.

Cincinnya PECAH maka tubuhnya jadi TIDAK kebal lagi.

Kenapa JARI tangannya tidak BERDARAH?

Anda mampu membuat KOREK API mental dengan TENAGA dalam? Itu berarti saudara-saudara seprguruan anda JUGA mampu. Tolong KENALKAN saya dengan saudara-saudara seperguruan ANDA lalu kita bisa MENGUJI  mereka bersama-sama.

Mudahnya adalah ANDA unggah remakamnnya, saya nonton lalu kita TENTUKAN, apakah PERLU pengujian lebih LANJUT? Atau tidak perlu lagi karena akan bikin mereka MALU.

Saya tidak MENGAMBIL kesimpulan hanya berdasarkan 2 FIlm tersebut. Namun berdasarkan PENGUJIAN berkali-kali ATAS berbagai perguruan TENAGA dalam yang ada di Indonesia.

Anda pilih orangnya dan anda UJI. bila memang JAGO bru kita uji bersama-sama. Bagaimana?

Bila bisa MEMBUAT orang mental, PASTI bisa membuat segelas Aqua MENTAL.

Itu hukumnya.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

smile's picture

penggugat -)

penggugat, yang bener itu 107 PELURU, bukan 170 peluru....ya kalau ditembak jarak deket harusnya kena bukan? pelurunya mental dong dari tubuh,...ini kok suaranya aja,.......saya perhatikan dibelakang si tarsan...tembok rumah kayu tarsan kalau meleset bolong semua dong tembok dari kayunya,......dan lagi, bagaimana disebut penyergapan bukan tontonan kalau menghadapi seorang yang cuma bawa golok aja harus diberondong ( dengan erap kali peluru hampa)...kalau ngadepin teroris justru harus lebih takut, karena dia pakai santet bom...bukan ilmu kebal,...ingat drama penyergapan 18 jam yang ujung ujungnya mati juga? berapa ratus polisi nyergap berapa orang? ah, anda seperti bukan orang Indonesia saja,....

salam penggugat,...

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

ferrywar's picture

telekinesis dll

 Hai hai,

Saya juga sering berusaha merasionalisasi fenomena tenaga dalam. Tapi tidak selalu berhasil karena TERNYATA dengan mata kepala sendiri saya sering melihat fenomena itu.

1. Saya kenal dengan sesorang ahli chikung dari Surabaya yang bisa mengeluarkan setrum dari badannya, sambil mengobati pasien dengan cenciu (tusuk jarum). Kebetulan yang jadi pasien itu teman baik saya. Terjadi di hotel Borobudur. Ia melakukan tusuk jarum di bagian punggung. Biasanya ahli akupunktur memakai listrik yang diproduksi dari sebuah alat yang dihubungkan dengan jarum2 tsb. Tapi waktu itu dia melakukannya tanpa alat. Listrik itu begitu kuat sehingga perlu di "grounding" dengan cara si pasien memegang tangan istrinya, istrinya memegang tangan temannya (yang teman saya juga) dan teman saya itu memegang tangan saya dan saya memegang dinding untuk menyalurkannya ke tanah. Saya merasakan aliran listrik cukup kuat ketika membantu "grounding" itu.

Lalu saya berbincang-bincang dengannya tentang chikung, dan dia sempat menyuruh saya memegang "tan tian" nya (1 chun diatas pusar) dan ternyata terasa sekali setrumnya. Sebelumnya sudah diperingatkan supaya saya menyentuhnya dengan cepat supaya tidak terlalu kuat sentakan setrumnya.

2. Masih tentang orang yang sama, pada kesempatan lain, tapi di hotel yang sama, saya melihat dia didatangi banyak orang yang meminta advis soal keris. Beberapa orang membawa keris yang minta saran-saran kepadanya soal keris tsb. Ia bisa berkata kepada sebuah keris kecil dan keris itu melompat setinggi lk. 40-50 cm. Ia juga berbicara dengan keris lain, dan keris itu bisa bergerak berputar sekitar 60-90 derajat. Posisi keris diletakkan diatas sarung kerisnya dan bertumpu pada bagian tengahnya sehingga membentuk posisi "+".

Ini dilakukan berulang ulang kepada beberapa keris. Dan saya melihatnya pada jarak kurang dari 2 meter. 

3. Merpati Putih. Suatu aliran ilmu silat yang memakai apa yang disebut "getaran". Dengan melatih getaran, orang buta ada bisa "melihat", menyebutkan tulisan di KTP orang, menaiki sepeda melewati patok2.  Ini sudah umum diketahui khalayak dan bisa dilihat ketika diadakan demo2 pada event2 tertentu. 

Pemukulan benda keras juga nyata dibuktikan. Besi, Es, Bis Beton dll. Saya melihat dengan mata kepala sendiri. Milis Merpati Putih masih saya ikuti dan mereka membicarakan hal tsb bukan sebagai klenik atau sulap karena betul- betul ada. Latihannya juga rasional, bukan klenik. 

4. Kalimasada. Suatu aliran lain lagi yang melatih tenaga dalam. Saya tidak tahu langsung, tetapi melalui saudara sepupu saya yang melihat langsung. Bolam lampu yang diisi dengan "tenaga" bisa dijatuhkan dari ketinggian lk 1,5-2 meter dan mental mental seperti bola, tidak pecah.

5. Ada suatu ilmu lagi yang pemimpinnya sekarang sudah di Inggris. Namanya Jimmy. Ia dulu melatih di Surabaya. Adik saya melihat sendiri kemampuannya. Ia bisa menghantam badannya dengan keras sekali dengan katana (pedang jepang) tanpa cedera. Pukulan-pukulan dengan tongkat mengarah ke badan dan kepala sudah biasa didemontrasikan. Bahkan istrinya juga sudah mencapai kemampuan itu. Kadang kadang ia masih bertegur sapa dengan saya di facebook.

6. Seorang kakak angkatan saya ketika sekolah dulu bisa tenaga dalam mementalkan murid2nya. Saya amati sendiri bahwa murid2nya menendang samping dengan loncat (tobi yokogeri) dan seperti ada "kaca" yang membuat tendangannya berhenti dan jatuh kebawah. Jadi bukan karena sugesti atau semacam itu. Ia sangat klenik, bertapa di kuburan dsb, tapi ilmu mementalkan serangan itu nyata saya lihat dan bukan muridnya "mementalkan diri". :)

Saya adalah orang yang skeptis juga untuk hal-hal seperti itu, tetapi kenyataan yang terpampang di depan mata membuat saya tidak berani meremehkan bahwa itu cuma trik atau cara ini dan cara itu.

Ada yang kita tidak ketahui karena ilmu pengetahuankita belum sampai. Dan kita tidak bisa lantas mengatakan itu bukan nyata.

hai hai's picture

@ferrywar, Grounding

1.  ferrywar, bila cara yagn and praktekkan itu bis grounding, bukankah itu berarti semua manusia yang kesetrum tidak akan MATI, sebabnya akhirnya listrik di tubuhnya GROUNDING lewat benda-benda yang disentuhnya? Anda mau jadi manusia listrik? Berapa dana yang anda sediakan? Nanti saya referensikan seorang teman untuk mengajari anda ilmu demikian.

2. Keris yang bagus memiliki keseimbangan yang bagus, itu sebabnya bisa berdiri ketika diletakkan pada sarungnya atau tempat yang datar. Trik keris melompat juga tidak sulit. Bila anda tinggal di yogya, saya bisa referensikan seorang guru untuk mengajari anda ilmu-ilmu kesaktian demikian. Bila anda tinggal di Jakarta, sekali sekali ikutlah kopdar agar saya bisa menunjukkan KESAKTIAN saya kepada anda.

3. Ilmu getaran Merpati Putih? Sebaiknya anda bca blog sya tentang BLINDFOLD READING berikut ini. Tentang mematahkan besi dan beton? Coba ganti besi COR-nya dengan BESI biasa, yang kecil aja, misalnya BESI untuk beton. coba lihat apakah mreka mampu mematahkannya? Atau gini saja, anda ambil sebuah gulung koran lalu gunakan itu untuk memukul besi COR yang mereka pukul. Lihatlah akibatnya. Mungkin setelah itu anda akan berani melakukannya dengan tangan kosong. Mungkin dengan melapisi besi itu dengan handuk agar tangan anda nggak sakit? Lalu benar-benar tangan kosong.

4. Kalimasada. Kenapa anda tidak mencobanya sendiri? Letakkan sebuah keramik, di atas dua buah bata, letakkan pas UJUNG kedua keramik itu. Lalu jatuhkan bohlam lampu di atas keramik itu. Jatuhkan PAS di tengah-tengah keramik itu. Beberapa kali latihan akan membuat anda ahli. Setelah itu anda boleh cerita ke teman-teman bahwa bohlam yang anda gunakan diisi dengan TENAGA Roh Kudus.

5. Kateda dan Matahari adalah dua pergurunan di Indonesia yang melatih KEKUATAN tubuh untuk menahan pukulan. Yang ini agak sulit, artinya harus DILATIH dengan baik. Cara kerja ilmu ini adalah mintalah sesoernag memukul lengan atas anda lalu tahanlah. bila anda berlatih maka otot anda akan bereaksi secara reflek dan anda akan makin lama makin tahan pukul.

6. Coba anda perhatikan orang-orang yang MENTAL dalam demontrsi tenaga dalam dengan orang-orang yang MENTAL ketika latihan American Food ball dengan menabrak tembok busa. Setelah mengamatinya dengan teliti anda akan melihat perbedaannya. Ada yang mental karena REFLEK mengelak dan ada yang mental karena MEMBENTUR. Cara metnalnya BEDA.

SKEPTIS saja TIDAK cukup namun anda harus jadi DEBUNKER. Untuk jadi DBUNKER anda harus punya pengetahuan dan KEMAMPUAN untuk melakukan hal yang SAMA bahkan melakukannya BERSAMA-SAMA mereka. Dengan cara itulah anda baru BISA membangun reputasi untuk disebut SUHU.

 

 

 

 

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

ferrywar's picture

belum semua terjawab.

 1. Listrik yang saya rasakan waktu itu, nyata. Dan cukup kuat dirasakan oleh 3 orang yang saling berpegangan tangan itu. Akupunkturis itu tidak memakai alat karena terlihat dia hanya memakai celana boxer tipis dan kaos oblong biasa. Tidak ada tempat menyembunyikan alat.

2. Saya ingin tahu bagaimana "ilmu keris melompat" itu. Anda tidak usah mengajarkan kepada saya, cukup menunjukkan bahwa anda bisa.

3. Getaran Merpati Putih cukup nyata. Orang buta bisa naik sepeda. Kalau pemecahan besi cor memang untuk tingkat pemula. Untuk balok es cukup tinggi (tingkat "balik" kalau tidak salah).

5. Kateda itu mirip MP. Menahan nafas dan mengeraskan seluruh tubuh, terutama bagian yang terkena impact. Cuma kalau bisa menahan tabasan katana, saya tidak yakin sembarang orang bisa. Latihan fisik seberapa lamapun tidak akan membuat badan lebih keras daripada kayu atau bambu.

6.Saya tidak tahu apa yang dimaksud dengan mental seperti American Food ball. Tapi yang pasti tendangan melayang tidak mudah dihentikan oleh diri sendiri karena lintasannya jelas, parabolis. Saya melihat dari jarak cukup dekat. Waktu itu kalau tidak "sungkan" saya ingin menjajal menendang. Tapi karena waktu itu latihan mereka dalam lingkungan intern, kesannya "sok" kalau tiba tiba mau coba coba "nantang". Yang menyaksikan bukan saya sendiri, ada bebarapa orang luar.

 

 

 

smile's picture

-) ferrywar sama "debunker"

Ferrywar...pesan Hai Hai sama ...jadilah Debunker,....xixixi..

saya juga selalu sangsi,...dan tidak bisa yakin dengan semua yang berbau seperti itu.

Mau dipercaya, susah, tidak dipercaya banyak terjadi,tapi kalau saya sendiri hanya percaya namanya manipulasi, sugesti dan hipnotis.....

karena orang indonesia sangat suka dengan mistik, jadi semuanya dihubungan dengan supranatural,...

-)

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

hai hai's picture

@ferrywar, Manusia Listrik

ferrywar, manusia listrik memang mengeluarkan listrik dan bila orang yang dia pegang di pegang lagi maka yang megang juga akan merasakan listriknya. Tapi bila listrik itu dapat anda tahan, itu berarti listrik itu juga bisa DITAHAN oleh manusia listrik itu. 

anda tidak pegang alat namun bisa mengalirkan listrik. Listrik itu dari mana? dari manusia listrik. Jadi anda hanya PERLU menemukan sumbernya. Anda memikirkan sebuah ALAT pemancar listrik. Alat apakah yang anda pikirkan? Berapa BESAR alat itu? Bisa ditaruh di mana sajakah alat itu? Bagaimana bila itu hanya listrik dari batere A3 yang disimpan di SOL sepatu atau sendal?

Apabila anda ambil sebatang rambut uban maka itu tidak akan kelihatan di tempat terang. Bila anda mengikuti perkembangan ilmu keris melompat dan berputar maka anda akan tahu bahwa itu baru TERJADI dalam dasawarsa ini. 2 Dasawarsa yang lalu dukun hanya tunjukkan Keris bisa berdiri. Sejak dua dasawarsa yang lalu di Indonesia sudah beredar TALI yang tidak kelihatan. Satu paketnya berisi 5 tali.

Orang Buta naik sepeda, itu bukan hal aneh. Saya pernah punya teman orang buta yang hobynya naik motor. Di surabaya dulu saya pernah mengantaar 7 orang buta pulang ke rumahnya masing-masing, 4 tempat yang berbeda karena yang 6 orang suami istri. Saya orang baru di Surabaya, nggak tahu jalan blas dan 7 orang itu benar benar buta. Saya juga punya teman orang buta yang tukang service jam dan radio.

Saya latihan Cimande dan Kempo serta Kungfu sejak kelas 3 SD. Sejak kelas 3 SD guru-guru saya selalu gebuk saya dengan penggaris kayu untuk papan tulis. Mereka gebuk di punggung seenak jidatnya sehingga penggarisnya patah dan saya tidak merasakan sakit sama sekali. Teman-teman juga boleh tonjok perut saya, dada saya dan punggung saya seenak jidat anda. Ketika muncul film Kungfu, klo gak salah pemainnya Chen Kuan tai yang penjahatnya bisa menyembunyikan BURUNGNYA ketika ditendang, maka saya pun mulai mempelajari triknya. Setelah menguasainya teman teman juga bisa menendang burung saya seenak jidatnya tanpa saya merasa sakit. Waktu kuliah saya menonton demonstrasi Kateda dan Matahari dan melakukan trik yang sama.

Perhatikan TENDANGANNYA anda akan tahu rahasianya. Perhatikan dengan seksama. Sebelum itu berlatihlah menendan dulu. untuk latihan tendang, saya anjurkan, Taekwondo yang terbaik.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

ferrywar's picture

chikung dan "gunung"

 Ada suatu kata kata, semacam pantun dalam latihan tenaga dalam Cina. Saya tidak tahu bahasa Mandarinnya apa. Tapi dalam bahasa Indonesia kurang lebih begini:

Pikiran mengendalikan nafas - Nafas sampai.

Nafas mengendalikan chi - chi sampai.

Jadi dalam latihan chikung, adalah WAJAR memakai pikiran yang anda sebut sebagai "KHAYALAN" itu. Jadi MEMANG khayalan. Tapi dalam bahasa yang sekarang kita pakai adalah "visualisasi".

Saya belum pernah tahu pengajar chikung yang tidak memakai sarana visualisasi. Visualisasl ini JUGA dilakukan pada saat penyembuhan2 oleh pendeta, pastur, dukun, "orang sakti", praktisi chi, dll itu. Choa Kok Sui yang di Filipina itu juga menekankan perlunya visualisasi itu. 

Lebih lanjut, ada fenomena lain tentang AURA. Ternyata visualisasi itu bisa mempengaruhi aura. Aura bukan barang klenik, karena bisa dibuktikan lewat teknik fotografi dan dengan alat tertentu.

Yang anda komentari itu belum menjelaskan BAGAIMANA itu dilakukan, hanya menjelaskan bahwa itu BISA dilakukan oleh si A, B, C dsb.

Tentang teknik menyembunyikan "barang" itu, di Surabaya ada orangnya yang bisa, namanya Jing Hai. Tapi setahu saya dia tidak bisa menurunkan kepada anak muridnya. CMIIW. Dan konon teknik itu berpengaruh negatif terhadap fisik-kejiwaan.

Kalau pikiran bisa mengontrol chi, maka itu sudah suatu yang hebat. Setahu saya perlu waktu SANGAT lama dan memerlukan bakat serta kebetulan2. Kalau anda tahu caranya, silakan dibuka disini. :)

Yang pasti bukan cuma visualisasi itu saja, misalnya membayangkan batere keluar setrum. Tidak sesederhana itu. Yang pernah anda paparkan berupa bola chi, itu adalah pelajaran standar. Tu-mo ren mo muter muter dari pai hui sampai ke pai hui lagi itu disetiap pelajaran chikung ya lebih kurang seperti itu visualisasinya. Tapi kalau sampai bisa TELEKINESIS menggerakkan benda, meskipun seringan rambutpun, itu baru saya angkat topi tinggi-tinggi. Apalagi menggerakkan keris. Apalagi "pukulan jarak jauh" misalnya "mengubak kubakan naga" seperti ceritanya Yan Mintaraga. :mengubak kubakan naga" itu juga bukan karangan saja, tetapi ada dasar pengalamannya. Aliran silat dari kakak angkatan saya waktu sekolah yang bisa mementalkan muridnya itu, mengenali ilmu itu. Kalau dirunut lama lama memang menjadi seperti DONGENG. Tapi saya belum mampu menunjuk mana batasnya - batas dongeng dan kenyataan itu.

Orang Surabaya yang saya sebut bisa mengeluarkan setrum itu BISA pukulan jarak jauh itu. Ia juga bisa membakar kertas jarak jauh bukan dalam saat demonstrasi, hanya iseng di rumah makan. Yang menyaksikan juga ada beberapa. Saya memang tidak menyaksikan sendiri.

Saya masih belum berani mencerca tenaga dalam sebagai trik, tipuan, kebohongan, sulap karena banyak yang masih belum terjawab.

Kalau teknik tendangan, tidak terlalu sejalan dengan tenaga dalam. Saya tidak menganggap Taekwondo yang terbaik karena dalam pertandingan perkelahian bebas, seperti Pride, K1, UFC dll jago Taekwondonya jarang yang mampu sampai ke semifinal. Masing masing ada kekurangannya. Silakan lihat permainan dari Cung Le yang orang Vietnam itu. Ia justru besar dari kungfu (Sansou). Di Youtube ada banyak. Dia nyaris tak terkalahkan. Kalau suka bisa tanya tanya via facebooknya. Silakan lihat CrisJon juga, petinju kita. Dia juga memakai dasar kungfu untuk permainan tinjunya. Dia juga tak terkalahkan.

Di atas langit masih ada langit. Puncak gunung dan kaki gunung menjadi sama tingginya kalau dibandingkan dengan langit yang biru pucat itu. Saya sendiri lebih suka kaki gunung, bahkan lebih suka "pemandangan" laut. Bukan cuma karena rendahnya yang tidak bisa lebih rendah lagi. Juga karena dalamnya, yang tidak bisa diketahui dengan sekali lihat. Apalagi cuma dilihat dari puncak gunung.

 

 

 

 

 

hai hai's picture

@ferrywar, FAKTANYA

ferrywar, saya sudah memberitahu anda FAKTA-FAKTANYA. Mau percaya silahkan bila mau KEKEH JUMEKEH percaya kepada KAHYALAN anda dan BUALAN para pembual itu juga silahkan.

Bila ada yang MENGAKU punya tenaga DALAM. mintalah dia MEMUKUL segelas AQUA tanpa menyentuhnya.

Bila ada orang yang MENGAKU punya tenaga dalam LISTRIK, anda bisa PERIKSA alias GELEDAH dia lalu mintalah dia mempraktekkan tenaga dalamnya sambil BERENDAM di air.

Bila ada yang bisa membakar KERTAS dengan tenaga dalam, pergilah ke TUKANG sulap lalu belilah RAMUANNYA.

Bila ada orang yang BISA memegang HANDUK BASAH lalu handuknya menjadi panas hampir mendidih, pergilah ke TUKANG dryclean dan mintalah ramuannya kepada mereka.

Bila ada orang yang KEBAL senjata tajam, PERIKSALAH senjata yang dia gunakan SECARA teliti. Periksa dengan TANGAN ketajamannya.

Bila ada yang memang benar-benar JAGOAN tolong beritahu dia bahwa di dunia ini BANYAK sekali hadiah DUIT asal dia bisa MEMBUKTIKAN kesaktiannya. Contohnya adalah James Randy menyediakan 1 JT US$ dan dia SUDAH pernah memuktikan BUALAN Merpati putih tentang ILMU getaran.

VISUALISASI = WAYANGISME 

Arjuna bertapa lalu bumi gonjang ganjing. Itu artinya manusia punya DAYA cipta. Itu hanya terjadi di dunia DONGENG dan WAYANG, nggak terjadi di dunia NYATA.

Anda baca dulu dech blog-blog saya ini dan ini dan ini sebelum komentar lagi.

Bila orang sakti di Surabaya yang anda maksudkan adalah ini, sebaiknya lupakan saja. Bila anda mau memiliki SEMUA kemampuannya, tolong beritahu saya BERAPA dana yang SIAP anda keluarkan nanti saya minta teman saya untuk kalkulasi, cukup nggak?

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Samuel Franklyn's picture

@Hai-hai: Duitnya buat beli peralatan sulap kan?

Bila orang sakti di Surabaya yang anda maksudkan adalah ini, sebaiknya lupakan saja. Bila anda mau memiliki SEMUA kemampuannya, tolong beritahu saya BERAPA dana yang SIAP anda keluarkan nanti saya minta teman saya untuk kalkulasi, cukup nggak? 

Duitnya buat beli peralatan sulap kan? 

ferrywar's picture

Koh John

 Wah terimakasih anda kasih link youtube nya, Hai. Saya juga sudah baca semua link2 yang anda berikan.

Betul, dia adalah orang yang saya maksud. Saya panggilnya Koh Jiang. :)

Dia adalah praktisi chikung yang paling hebat yang pernah saya lihat selama saya hidup. Tolong jelaskan mengapa anda katakan:

"Bila orang sakti di Surabaya yang anda maksudkan adalah ini, sebaiknya lupakan saja. "?

Apakah karena anda tahu "rahasianya"?. Saya pernah mencoba menyentuh tan tiannya, dan merasakan setrumnya. Juga soal cenciu itu, saya melihatnya sendiri. Video itu sepertinya diambil ketika ia masih agak muda, padahal wajahnya tidak banyak berubah dari tahun ke tahun. Agak aneh kalau saya melihat angka tahun uploadnya 2009. Entah kapan video itu dibuat.

Kalau anda mau mengujinya, saya bisa atur pertemuan dengannya. Ia adalah sahabat dari sahabat saya. Tentu saja perlu biaya, hotel, transportasi dsb. Dia sering ke Jakarta dan dia menginap di kamar yang sama. Kalau kebetulan sedang di Jakarta mungkin bisa diatur pertemuan. Dari video di youtube itu malah makin meyakinkan, bukan? :)

Tolong jelaskan mengapa anda bilang "lupakan saja".

 

 

hai hai's picture

@ferrywar, Meyakinkan dari hongkong

 ferrywar, MEYAKINKAN dari hongkong?

Video itu diambil akhir dasawarsa 80-an. Dia belajar selama 18 tahun. Nah anda berani BAYAR berapa untuk MENGUASAI semua ILMU yang dia MILIKI tanpa perlu LATIHAN 18 tahun?

MENGUJI John Chang? Ha ha ha ha ha ... Anda tanya dulu dech, dia berani nggvak DIUJI? 

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

ferrywar's picture

jadi bagaimana?

 Iya, saya tahu bahwa itu perlu latihan belasan tahun. Tidak ada hubungannya dengan saya berani bayar berapa untuk menguasai ilmu itu. Saya juga tidak berminat belajar lama untuk menguasai ilmu itu.

Tapi maksud anda bagaimana, ilmunya dia itu tipuan atau memang "genuine"?

"Meyakinkan dari Hongkong" itu maksudnya bagaimana?.

Saya masih lebih yakin dia melakukannya benar2, bukan tipuan. Kalau anda yakin sebaliknya, maka diskusi kita jadi menarik. Kalau anda JUGA meyakini kemampuannya adalah "genuine", maka keyakinan itu sama seperti saya, dan tidak lagi menarik karena tidak ada yang diperdebatkan lagi. Bukan begitu?

dennis santoso a.k.a nis's picture

usulan kopdar chikung

ayo ayo ayo, kita bikin kopdar yang seru... ahli chikung vs hai2... food court TA pasti penuh dengan anak2 SS.

Purnawan Kristanto's picture

Kopdar 26 Nopember

Bagaimana kalau kopdar tanggal 26 Nopember? Saya ada tempat di Museum Mandiri, Kota Tua, bisa dipakai gratis...tis!

__________________

 

Tulisan PurnawanFoto Purnawan  Video karya Purnawan

ferrywar's picture

waktu dan biaya

 Kalau  soal kapan waktunya, tentunya mesti tanya ahli chikungnya dulu. Dan atas kepentingan apa dia mau datang. Dulu saya pernah hampir memfasilitasi perdebatan semacam dengan memakai cara TARUHAN. Ada sejumlah uang yang dipertaruhkan. Yang kalah bayar semua berikut ongkos2nya. 

Kalau mau murah, tunggu sampai ahli chikung itu datang, lalu didaulat untuk datang berkunjung. Kan ongkosnya lebih murah.

 

dennis santoso a.k.a nis's picture

tanya dulu deh

ok, tanya aja dulu ke si koh jiang itu, bilang ke dia bahwa ada segerombolan orang skeptis yang ingin membuktikan bahwa dia hanya pembual alias penipu. kalo dia mau unjuk kebolehan nya, maka kita bahas lagi detailnya.

ferrywar's picture

masih menunggu

 Saya akan coba kontak dia kalau sudah jelas bahwa dia dituduh menipu. Makanya saya tanya lagi supaya lebih jelas, dia dikira melakukan trik ataukah kemampuan "genuine"?. Kalau jelas, baru enak selanjutnya.

Apakah dia mau atau tidak juga belum pasti. Tapi kalau ada "kompensasi" hadiah hasil taruhan, mungkin ia tertarik juga. Tentu saja nanti mesti diatur uang taruhannya diletakkan di tempat netral, misalnya di notaris.

dennis santoso a.k.a nis's picture

sudah jelas

frase "meyakinkan dari hongkong" berarti sama dengan b-u-l-l-s-h-i-t; so dengan lain perkataan, koh jiang sudah dituduh sebagai penipu di blog ini.

anyway, buatlah sebagai acara "calon pertemanan"... kalo harus pake notaris segala, gue malah jadi curiga bahwa lo berusaha mempersulit usaha pembuktian ini.

kalo sekedar pake duit, hayo aja lah... tapi ga usah pake notaris segala rupa. cukup direkam dan ditaro di youtube aja.

ferrywar's picture

lho...

 lho belum apa-apa sudah curiga. Notaris kan mempermudah penjaminan orang bayar taruhan. Toh biaya ditanggung yang kalah.

dennis santoso a.k.a nis's picture

iya dong...

iya dong, ibaratnya lagi ngobrol di warung kopi tiba2 diajak ke lawyer... ga tau menurut lo, menurut gue itu aneh.

enough said, follow up dulu sono ke si koh jiang.... baru laporan lagi disini.

ferrywar's picture

taruhan

 Bukan ngobrol di warung kopi. Gw akan bilang ke temen2 gw yang pernah menyaksikan, berani taruhan gak membuktikan sama yang gak percaya, berapa rupiah dia berani, berapa biaya akomodasinya juga, berapa biaya notarisnya. Kalau OK, nanti dia telpon orangnya. Kalau orangnya mau, nanti gw kasih tahu disini. Perlu dipertegas juga mana yang mau di demo kan. Cukup satu yang dipilih atau berapa banyak. Dan berapa kira kira taruhannya. Bagaimana kriteria "berhasil atau gagal"nya.

 

dennis santoso a.k.a nis's picture

GET SIMPLE

taruhan berapapun emang ga akan membuktikan apa2 kalo orangnya GA MAU datang. 

jadi PASTIKAN DULU DIA MAU, abis itu baru kita bahas detailnya... apa yang mau didemokan, gimana cara membuktikan, dsb sampai ke apa sangsi buat pihak yang kalah taruhan. 

repot juga ngomong ama elo... muter2 mulu... GET SIMPLE please.

kontak dulu si koh jiang; perlu berapa lama sampe dia bisa jawab iya atau nggaknya? 1 minggu? 2 minggu? 1 bulan? kabarin dan keep updating kita di blog ini. 

ferrywar's picture

kayaknya gak mau

 tadi kata temennya kemungkinan besar dia gak mau :(

besok dikabari lagi.

dennis santoso a.k.a nis's picture

merpati putih vs jref

smile's picture

gentLe

kalau benar benar tertarik...tentunya akan berusaha keras untuk mempertemukan kedua duanya,...sama halnya dengan Bruce Lee yang selalu mendatangi dan didatangi orang yang penasaran terhadap ilmunya.

Kalau Ferrywar benar benar penasaran, ide untuk yang kalah menanggung beban dan semua ongkos boleh juga.

Kalau sampai terjadi,...diharapkan yang kalah akan gentle, seperti kiai master yang langsung mengundurkan diri dari dunia beladiri,....

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

ferrywar's picture

keyakinan

 Saya pribadi cukup yakin bahwa dia "genuine", bukan pakai trik. Bukan saya yang "penasaran". :)

Soal "mengundurkan diri" itu diluar urusan ini. Dia juga bukan praktisi beladiri seperti Bruce Lee. Meskipun waktu masih muda dia juga latihan macam-macam kuntau dsb. Jadi "mengundurkan diri" apanya.

 

hai hai's picture

@ferrywar, Genuine OMONG KOSONG

 Koh Jiang alias John Chang adalah PENIPU!  Tanya DIA berani nggak MENGHADAPI suhu hai hai UNTUK membongkar PENIPUANNYA.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

ferrywar's picture

OK

 OK, Nanti saya coba hubungkan ya. 

Hannah's picture

Hai2 omong gede doang

Aneh.. ada orang berkoar-koar bilang orang lain penipu tapi malah menyuruh orang yang dituduh untuk membuktikan bahwa dia bukan penipu.
Kalo Hai2 benar-benar pemberani, sono gih datengi yang lo tuduh/fitnah sebagai penipu dan buktiin bahwa orang itu memang penipu seperti yang lo tuduhkan.
Sendiri yang berkoar-koar eeh sendiri yang minta orang lain buktiin :p

Gw berani tarohan Hai2 kagak punya NYALI untuk nemuin langsung orang yang dia fitnah dan kagak bakal bisa membuktikan orang itu penipu tapi Hai2 pasti bisa berkoar-koar DARI JAUH kesana kemari bahwa orang itu penipu dengan bukti-bukti kosong hahahahaha

Oya jangan lupa bawa saksi orang ketiga seperti Ferry dan Wawan sekaligus video rekaman ya biar publik bisa mendengar cerita dari 2 pihak dan melihat langsung kejadiannya, bukan cuma dari omong besar 1 orang saja.

__________________

“The Roots of Violence: Wealth without work, Pleasure without conscience, Knowledge without character, Commerce without morality, Science without humanity, Worship without sacrifice, Politics without principles.” - M. Gandhi

hai hai's picture

@hannah, TOLOL!

 Hannah, anda MAKIN TOLOL! Bukankah saya sudah membuktikan bagaimana CARA John Chang membangkitkan listrik di tubuhnya dan menyalakan kertas dengan tangan kosong SEJAK di dalam BLOG saya?

Bila kamu nggak PERCAYA dengan TULISAN saya itu, maka TUGAS kamulah untuk membuktikannya TOLOL!

Karena Fery nggak PERCAYA maka TUGAS dialah untuk MEMBUKTIKANNYA TOLOL! Dia bilang KENAL John Chang itu sebabnya saya MENANTANGNYA! 

Koh Jiang alias John Chang adalah PENIPU!  Tanya DIA berani nggak MENGHADAPI suhu hai hai UNTUK membongkar PENIPUANNYA.

TOLOL kok dipiara toh??

HANYA orang-orang TOLOL yang MEYAKINI bahwa SETIAP kali ada DUKUN yang memamerkan ilmunya lalu mengaku dirinya SAKTI, HARUS dibuktikan oleh hai hai PENIPUANNYA barulah bisa DIAKUI dunia bahwa dukun itu PENIPU dan PEMBUAL.

Benar-benar TOLOL! nggak ketulungan dech lu!

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Hannah's picture

Hai2 menuduh tanpa bukti

Halah elo mo katain gw apa kek, gak ada yang perduli karena kenyataannya elo ibarat tukang obat yang cuma bisa OMONG GEDE doang.
Elo beraninya bilang si A penipu, si B penipu dllsb dengan alasan yang gak jelas dan berdasarkan apa kata lo doang tp elo GAK BERANI menghadapi ybs berhadapan muka untuk membuktikan langsung bahwa mereka itu benar2 penipu seperti yang lo tuduhkan.

Elo mah gak ada apa2nya dibanding Ferry yang uda bertemu langsung ma si oom John dan bisa jadi saksi hidup bahwa ybs memiliki sesuatu yang sulit diterima akal. Lha elo?? 

Orang Farisi aja berani mendatangi Yesus untuk MEMBUKTIKAN sendiri Yesus itu penipu (biarpun mereka gak pernah bisa menemukan bukti selain bukti yang dibuat-buat) tapi elo LEBIH PARAH dari orang Farisi.
Elo kesana kemari menyebar tuduhan tapi malah nyuruh orang lain yang buktiin kredibilitas tuduhan elo itu.
SEBELUM menuduh dan memfitnah orang mbok datengi dulu ybs dan buktiin dulu gitu lho. Gw hampir yakin 100% bahwa elo belum pernah sekalipun ketemu langsung ma si oom John tapi elo cuma generalisir doang antara ilmu oom John dengan ilmu tukang sulap di pasar.

Sekali lagi, kalo elo emang punya nyali sono datengi si oom John dan buktiin dia penipu di kandangnya sendiri. Kalo terbukti si oom John tekuk lutut ma lo dan mengakui dia sudah menipu publik baru deh gw angkat topi ma elo.
Tapi kalo elo cuma bisa OMDO yah gw cuma bisa ketawain aja orang-orang model kek elo dan orang-orang yang termakan BUALAN elo karena menuduh tanpa bukti itu sama dengan FITNAH dan fitnah itu HARAM hukumnya. Orang non Kristen aja tau hal ini kok masak gw harus ingetin elo seh? :-) hihi

__________________

“The Roots of Violence: Wealth without work, Pleasure without conscience, Knowledge without character, Commerce without morality, Science without humanity, Worship without sacrifice, Politics without principles.” - M. Gandhi

ferrywar's picture

khas banget

 Hai, gak usah "tolol-tolol" gitu. Biasa aja kenapa sih? Ada kalanya Hannah setuju ada kalanya tidak. Kalau lagi tidak setuju yang gak usah ditolol-tololin gitu.

Nanti isinya atmosfir forum ini jadi penuh dengan kata kata "tolol" kan gak enak.

hai hai's picture

Ferry, TOLOL ya TOLOL!

 FErry, si hannah memang TOLOL! bukan hanya TOLOL tapi PAULOL!

Masak hai hai HARUS menghadapi SETIAP tukang obat pinggir jalan dan membongkar TIPUAN mereka untuk MEMBUKTIKAN bahwa mereka hanya PENIPU yang pura-pura SAKTI?

Anda telah berlaku SAMA TOLOLNYA dengan hannah menganggap prilakunya itu TIDAK TOLOL namun sekedar nggak SETUJU!

Bila TOLOL saya katakan TOLOL! oleh sebab itu JANGAN TOLOL ketika berhadapan dengan hai hai dan ngak mau di sebut TOLOL!

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

dennis santoso a.k.a nis's picture

"logika kronologis" - to: ferry; cc: hannah

ferry, gue rasa lo terlalu alergi dengan kata tolol dan segala bentuk yang lo anggap kasar sampai2 lo ga bisa lagi melihat mana yang benar dan mana yang salah secara logika kronologis.

tuduhan hannah bahwa hai2 pengecut bener2 salah alamat.

sejak awal, yang mengusulkan acara pembuktian adalah GUE.

gue berpendapat bahwa dalam hal teologis, kita bisa berdebat lewat obrolan dan tulisan, tapi dalam soal tenaga dalam, kita sama sekali ga bisa memperdebatkan nya. kita hanya bisa mengujinya secara langsung.

itulah sebabnya gue "menjebak" hai2.

gue komporin dia sampai dia mengeluarkan statement eksplisit bahwa koh jiang adalah penipu. mungkin di benak hai2 dia berkata begini, "sialan si dennis, dia yang pengen liat pertunjukan, gue yang diumpanin jadi pancingan". 

itulah kenapa dia sebel ga kepalang tanggung waktu hannah nuduh bahwa dia yang nantang2in si koh jiang.

buat gue, ga ada resiko sama sekali. tapi buat hai2 dan koh jiang, acara ini beresiko besar bagi kredibilitas pihak yang kalah. kenyataan ini gue rasa semakin bikin sebel si hai2 waktu si hannah nuduh tadi itu.

inilah logika kronologisnya. 

fer, apa kamu ga ngerti atau kamu emang ga peduli dengan logika kronologis ini sehingga kamu hanya menyalahkan kata2 tolol si hai2 tanpa mengkoreksi si hannah?

Hannah's picture

@Dennis: lo ngomong paan seh?

Gw terus terang gak ngerti kenapa elo menghubung-hubungkan diri lo dengan postingan gw ke Hai2..

IMO 'logika kronologis' elo juga gak nyambung bangetkarena menurut gw sebelum seseorang nuduh orang lain 'penipu' di muka umum, orang itu harus punya bukti yang jelas dulu karena selain bisa merusak nama baik orang lain dan bisa menyebabkan ybs harus berhadapan ma hukum karena sudah menuduh/memfitnah sembarangan.
Kalo ada 2 tukang sulap dan salah satunya terbukti penipu, itu gak membuktikan bahwa tukang sulap kedua adalah penipu juga.
Hai2 bisa bilang si oom John itu penipu buktinya apa? Sejauh ini yang gw liatin dia cuma punya TEORI doang tuh :p

Dennis: itulah kenapa dia sebel ga kepalang tanggung waktu hannah nuduh bahwa dia yang nantang2in si koh jiang.

Hannah: Yang nantangin itu memang dia dengan menyebarkan tuduhan DI MUKA UMUM bahwa oom John penipu padahal Ferry adalah saksi mata yang udah ketemu dan berhadapan langsung ma ybs.
Tapi Hai2 cuma berani teriak2 dari jauh tanpa berani mendatangi orang yang ditantang.

Gw liatin elo juga cuma OMDO tuh. Begitu Ferry mo melibatkan notaris, elo ngibrit kayak doggie yang lari ngumpet dengan buntut di antara kaki belakangnya :p
Kalo serius mo taruhan, pake notaris itu jalan yang paling pas supaya ada pihak ketiga yang bisa dipercaya untuk megang duit taruhannya tapi elo mah paling juga mo menyelesaikan taruhan secara 'kekeluargaan' kalo lo kalah atau malah mungkin kabur pas ditagih makanya takut ma notaris hahahaha

__________________

“The Roots of Violence: Wealth without work, Pleasure without conscience, Knowledge without character, Commerce without morality, Science without humanity, Worship without sacrifice, Politics without principles.” - M. Gandhi

dennis santoso a.k.a nis's picture

"penjelasan kenapa lo disebut TOLOL" - to: hannah; cc: ferry

>Gw terus terang gak ngerti kenapa elo menghubung-hubungkan diri lo dengan postingan gw ke Hai2..

ok, gue terangin kenapa gue melibatkan diri... gue di acara ini adalah semacem event-organizer alias EO. hai2 adalah pihak pertama yang sudah OK ikutan acara ini. so... gue ga enak dong ke hai2 kalo gara2 gue yang pengen ada acara tau2 ada orang out of nowhere kayak elo yang datang dan nuduh2 dia aneh2.

>IMO 'logika kronologis' elo juga gak nyambung bangetkarena menurut gw sebelum seseorang nuduh orang lain 'penipu' di muka umum, orang itu harus punya bukti yang jelas dulu karena selain bisa merusak nama baik orang lain dan bisa menyebabkan ybs harus berhadapan ma hukum karena sudah menuduh/memfitnah sembarangan.
Kalo ada 2 tukang sulap dan salah satunya terbukti penipu, itu gak membuktikan bahwa tukang sulap kedua adalah penipu juga.
Hai2 bisa bilang si oom John itu penipu buktinya apa? Sejauh ini yang gw liatin dia cuma punya TEORI doang tuh :p

saat koh jiang pertama kali disebut, hai2 hanya bilang "lupakan saja". hai2 membawa seabreg contoh, tapi nama koh jiang tidak disebut dalam salah satunya. lalu ferry lah yang pertama kali membawa nama koh jiang. lalu hai2 berujar begini tentang koh jiang:

"Bila orang sakti di Surabaya yang anda maksudkan adalah ini, sebaiknya lupakan saja. Bila anda mau memiliki SEMUA kemampuannya, tolong beritahu saya BERAPA dana yang SIAP anda keluarkan nanti saya minta teman saya untuk kalkulasi, cukup nggak?"

lihat? hai2 tidak menuduh apapun... bahkan ferry lah yang seharusnya membuktikan klaim nya tentang koh jiang (dengan cara bujuk si koh jiang agar ikutan, kalo dia bersedia).

>Gw liatin elo juga cuma OMDO tuh. Begitu Ferry mo melibatkan notaris, elo ngibrit kayak doggie yang lari ngumpet dengan buntut di antara kaki belakangnya :p

tentang notaris, gue cuma heran aja kenapa ferry membawa2 notaris walo si jiang belum jelas bersedia atau nggak. gue bilang ke ferry bahwa kalo si jiang mau, detail berikutnya akan kita bahas.

notaris adalah detail berikutnya itu. kalo jiang memang hanya akan mau bila pake notaris, so be it. tapi kalo ferry membawa isu notaris di depan, tanpa menunggu si jiang mau ikut atau nggak, wajar dong kalo gue merasa ferry mempersulit proses ini.

Hannah's picture

@Ferry: Hai2 tukang obat

Hai2 itu ibarat tukang obat dan gw ibarat calon pembeli yang minta bukti dulu sebelum gw membeli barang dagangannya tapi tukang obat marah-marah karena ternyata tukang obat GAK BISA membuktikan obatnya benar2 semanjur bualannya jadi calon pembeli cuma bisa ketawa aja waktu tukang obat marah2 dan ngatai calon pembelinya 'tolol'.
Tipikal penjual obat di pasar gitu lho :-) hihihi

__________________

“The Roots of Violence: Wealth without work, Pleasure without conscience, Knowledge without character, Commerce without morality, Science without humanity, Worship without sacrifice, Politics without principles.” - M. Gandhi

dReamZ's picture

ferry, biased ?

kata2 elo diatas kesannya kenapa biased sekali yah? Sorry kalo penilaian gw salah.

Apa bedanya kata tolol dr hai2, dgn kata hannah yg blg hai2 omong gede, ga ada nyali, n laen2?

Masing2 kita disini (ato manusia in general) tentunya mempunyai persepsi yg beda2 dgn apa yg namanya kasar, keras, n laen2. Jadi kalo elo ato bbrapa mempunyai persepsi kalo kata tolol identik dgn ssuatu yang negatif, tapi ada bbrapa org laen yg tidak mempunyai persepsi negatif akan kata tolol. Begitu jg sebaliknya dgn kata2 hannah ke hai2, bisa dianggap kasar jg, n hannah 'mentolol-tololin' hai2.

Yg gw suka di SS ini beda dgn komunitas kristen yang laen yg gw tau. Intervensi dr admin minim banget. Org disini mempunya kebebasan ntuk mengekspresikan n mengungkapkan apa saja. Bisa diblg mungkin 'freedom of speech.'  Tentunya dalam batasan tertentu misalnya plagrism ga boleh.

Org bisa saja mengungkapkan apa saja dalam bentuk tulisan disini, tmasuk jg sama2 berhak ntuk berekspresi dgn style mreka sendiri. Style si hai2 memang dia hobi make kata tolol. N pertanyaan gw, lepas dr ketidaksetujuan elo dgn style si hai2, apa lo ga bisa liat esensi dr penjelasan hai2 kenapa hai2 blg si hannah tolol. Misalnya kata tolol si hai2 diganti dgn kata ga nyambung, apa elo ga ngeliat inti dr komen hai2 ke hannah itu apa?

 

-edit-

kata ferry yg ini:

Hai, gak usah "tolol-tolol" gitu. Biasa aja kenapa sih? Ada kalanya Hannah setuju ada kalanya tidak. Kalau lagi tidak setuju yang gak usah ditolol-tololin gitu.

Nanti isinya atmosfir forum ini jadi penuh dengan kata kata "tolol" kan gak enak.

ferrywar's picture

he he he

 Ya sudahlah. Saya hendak menghentikan pembicaraan ini agar kata kata keras tidak makin marak disini.

ferrywar's picture

Berita terakhir dan mohon maaf

Berita terakhir, tanggung untuk tidak saya utarakan terakhir kali, saya mendapatkan nomor telepon Pak John yang lama dari teman saya, sehingga setelah dihubungi nampaknya sudah tidak merespons. Teman saya berjanji akan mencarikan info lebih lanjut ke orang orang terdekat beliau dan akan mengabari saya. Tayangan pada youtube yang diberikan linknya oleh Hai Hai itu sudah pernah dilihat oleh teman saya tsb dan malah menambahkan bahwa bukan cuma itu, ada berita yang saya hampir lupa bahwa Pak John pernah ke Las Vegas mendatangi Mike Tyson si leher beton dan Mike sempoyongan hanya disentuh lehernya. Itu terjadi ketika Mike baru mulai terkenal. Mike terkagum-kagum sampai memberikan tandatangannya.

Kata Pak John, ia cuma mengerahkan tenaga 3 persen saja.

Dia pernah di test di London juga dengan semacam alat pengukur. Alat alat itu RUSAK semua karena mendapatkan beban diluar dugaan. Mungkin juga orang2 yang tampil di video you tube itu juga yang melakukan test tsb, saya tidak pasti.

Ketika saya tanya ke temansaya itu apakah kira kira beliau mau diundang untuk mengadakan semacam demo di Jakarta dengan sejumlah kompensasi, teman saya sangat yakin bahwa beliau tidak akan mau lagi. Saya tanya kenapa, dia bilang pastilah, karena sudah bertambah umur dan tidak mungkin bernafsu lagi untuk pamer semacam itu. Ia malah menertawakan saya mau mengurusi hal seperti itu seperti anak muda yang berdarah panas saja. :) Saya agak malu jadinya. he he he...

Tapi masih ada harapan. Ibu saya menderita sakit dibawah giginya, Sekitar gusi - pipi. Kata dokter tidak mungkin sembuh karena usia sudah tua. Saya ingin mencoba memberobatkannya pada ahli akupunktur. maka saya akan coba menghubungi Pak John untuk keperluan itu. Saya yakin kalau untuk keperluan pengobatan beliau bersedia. Jadi setelah saya dapat lampu hijau saya akan ke Surabaya bersama dengan ibu saya menemui dia, Saat itu SEKALIAN saya akan menanyakan apa ia bersedia mengadakan demo di Jakarta. Saya harus sedikit "putar otak" dan "bersilat lidah" untuk membujuk dia agar mau, tanpa merasa dia menyombongkan diri.

Sementara ini, untuk menjaga suasana dengan adab diskusi yang baik, saya mohon pembicaraan ini ditutup dulu. Saya tidak ingin ambil bagian dalam suasana diskusi yang tidak saya kehendaki.

Saya minta maaf karena telah berkomentar sesuatu menceritakan pengalaman saya sehubungan dengan topik yang diangakat Hai Hai ini sehingga menyebabkan ketegangan.

Bila tetap dianggap memulai "keramaian", mohon komentar saya dari awal sampai akhir dianggap tidak ada dan mohon semua kembali kepada suasana semula. Hanya ini yang saya bisa lakukan untuk menarik partisipasi saya dalam diskusi ini.

Salam bagi semua. Semoga sekalipun semua bisa melihat Thaysan menjulang, semua menyadari bahwa diatas gunung masih ada langit dan diatas langit masih ada langit. Semoga semua makhluk terhindar dari kejumawaan.

okulasi's picture

mak nyus

 Pemilhan kata yang bagus....siiip.....adem

hai hai's picture

Hannah Si Wanita Licik namun TOLOL

 Hannah adalah wanita LICIK! Itu sebabnya dia mengajarkan: Ada dukun yang rahasianya terbongkar belum tentu menjamin bahwa semua dukun pasti tukang sulap.

Bila ada dua tukang sulap yang terbongkar rahasia trik salah satunya, itu bukan berarti yang lain tidak punya ilmu sejati.

JURUS licik itu juga digunakan oleh Genius Mind Consultancy (GMC) ketika mengajarkan bahwa BLIND FOLD reading yang hai hai bongkar BUKAN blindfold reading yang dilakukan oleh anak-anak GMC. Mereka lalu menantang hai hai untuk DATANG ke tempat mereka guna MEMBUKTIKAN kebenarannya. 

Ketika hai hai MENOLAK, mereka sebut hai hai PENGECUT dan tukang obat bahkan tukang FITNAH. PERSIS Hannah. Ketika hai hai terima tantangannya, mereka NGACIR sambil berteriak bahwa hai hai SIRIK. Mereka lalu mulai lagi dari AWAL. 

Walaupun hai hai SUDAH berkali-kali MEMBONGKAR trik anak-anak GMC (Semua trik yang ada videonya di Youtube) namun ITU bukan BUKTI bahwa TIDAK ada anak-anak GMC yang punya kemampuan BLINDFOLD READING sejati.

Mereka lalu mengklaim bahwa yang dilakukan anak-anak mereka adalah BLINDFOLD reading sejati.

Anda tahu kenapa saya sebut si Hannah WANITA LICIK? Karena jurusnya sama dengan jurus orang-orang GMC.

Walaupun LICIK namun si Hannah adalah WANITA TOLOL! Itu sebabnya dia TIDAK pernah MAU belajar walaupun SUDAH berkali-kali DIBONGKAR KELICIKANNYA. Seperti IBLIS dia selalu MENUNGGU kesempatan yang disangkanya baik lalu MENYERANG kembali dengan KETOLOLAN dan KELICIKAN yang sama.

Handai taulan sekalian, itulah HANNAH. Itu sebabnya hai hai tidak pernah TEDENG aling aling terhadapnya setiap kali dia MENYERANG dengan LICIK namun TOLOLNYA.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

@fery, Inilah TANTANGAN hai hai

 Saudara Ferry, jangan lupa INILAH tantangan hai hai:

Koh Jiang alias John Chang adalah PENIPU!  Tanya DIA berani nggak MENGHADAPI suhu hai hai UNTUK membongkar PENIPUANNYA.

Masa menguji John Chang sudah berlalu bertahun-tahun yang lalu. Ini adalah SAAT untuk MENANTANGNYA guna MEMBONGKAR penipuannya.

Tahun 80 an, di Indonesia mulai marak dengan ilmu TENAGA LISTRIK. Di Jakarta muncul seorang ahli tusuk jarum yang memiliki kekuatan listrik. Dia hanya mampu melakukan trik LISTRIKNYA ketika pasien berbaring di atas tempat tidur dan dia ada di dekat tempat tidur.

Kenapa demikian? Karena alat pembangkit listriknya ada di tempat tempat tidur, menggunakan ACCU.

Awal tahun 90 an muncul orang-orang dengan kemampuan REFLEKSI LISTRIK. Orang itu melakukan terapi refleksi sambil sesekali mengeluarkan listriknya. Alatnya di simpan dipinggang atau di bawah SOL sepatu atau sendal.

Tenaga dalam bukan BARANG baru. Namun tenaga dalam yang MAMPU mengeluarkan LISTRIK baru ada di Indonesia tahun 80 an.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

phrack's picture

clana dalem klo yg dilawan soang & ayam gmana?

Dear koh Hai2

Bgini koh gw si stuju2 ajah sama ide tenaga dalam dari khayalan..

tp kyaknya gw kurang setuju kalo semua tenaga dalam dari khayalan.. brati itu mengabaikan kekuatan setan/ kegelapan..

soalnya bgini critanya:

dulu saya waktu smp punya temen yg otaknya emang 'singit' ikut perguruan silat.. dia belajar tenaga dalam, tp krn tenaga dalam gurunya diperjual belikan, jadinya temen sy tuh bisanya cuman beli.. dia ikut  silat di daerah pd. gede bekasi..

waktu pelajaran agama islam dia ma sy keluar (maklum qt kristen), wktu itu dia mempraktekan ilmunya sama soang (bebek putih leher pjg), dia samperin sekawanan soang, berhubung ntu soang2 esmosinya tinggi nyosor lah mereka! dalem ati buset brani bner dia! padahal resiko disosor kan kulit bisa sobek parah! ntu soang dah esmosi bener! nyorongnya sambil tereak!  orang digangguin nya parah, la orang gak diganggu aja suka nyorong! temen gw keluarin tuh ilmu lewat telapak tangan seakan bilang stop pake tangan satu. Ntu soang yg tadinya mo nyorong kaki jadi miring2 kepalanya kaya gak sampe2 ke tujuan! soang nyorong lagi mereng2 lagi kepalanya! sampe tuh soang2 pamit karena lemes!

laen waktu temen  sy yg 'gokil' itu coba ambil anak ayam!  itu induk ayam ngamuk! dia mo loncat kayak gak berdaya! trus sekali berhasil loncat sayapnya susah ngepak! jadinya cuman loncat gak jelas! sampe akhirnya tuh induk ayam nyerah juga!

tp lupa juga waktu itu temen ngetes esmosi manusia gak! tapi berhubung ilmunya bisa ditransfer dia jadi calo ilmu.. dia beli ma gurunya berapa trus dijual lag ma temen! jadi rame dah tuh sekolah pada beradu ilmu!

ilmu itu ada pantangannya tp gak terlalu ribet! resikonya juga cuman ilmunya ilang. Syaratnya baca2 n merapal tulisan arab!

jadi saya gak setuju kalo semua tenaga dalam dari khayalan! lha kalo gitu tenaga dalam ga ada gunanya dong buat bela diri! kalo kebetulan kita dirammpok sama orang ga dikenal kita kena tikam donk! la kan rampoknya ga kenal kita! tapi soal tenaga dalam listrik gw juga pernah dapet info tuh dari majalah intisarijaman dulu! tp dari intisari juga saya dapet info klo ada orang2 yg dari lahir punya tenaga dalam yg gak kekontrol! contohnya tuh orang suka menimbulkan api sendiri jadinya rumah kebakaran!

jd gitu ajah.. mohon pertanggung jawaban dari blog & penjelasannya.. hehheehe..

__________________

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

hai hai's picture

@phrack, Generasi Ilmu Pengetahuan

phrack, zaman ini adalah zaman ilmu pengetahuan, artinya segala klaim bisa diuji dengan ilmu pengetahuan.

Bila tenaga dalam ada, itu berarti ADA tenaga yang DILONTARKAN. Bila tenaga bisa membuat orang MENTAL itu berarti ada TENAGA yang MENDORONG atau MELONTARKANNYA.

Tinggal PASANG chip lalu mengukurnya. Itu sudah dilakukan dan hasilnya adalah NIHIL! alias OMONG KOSONG.

Dengan memasang CHIP maka GERAKAN tubuh bisa DIREKAM. Itu sudah dilakukan dan HASILNYA? Orang-orang yang MENTAL karena tenaga DALAM tidak MENTAL karena MEMBENTUR atau DILONTARKAN namun karena BERGERAK mengelak atau MEREDAM.

Anda bisa bayangkan PASUKAN TNI yang punya ilmu KEBAL dan TENAGA dalam akan menjadi PASUKAN tak terkalahkan di dunia?

Kenapa pasukan demikian tidak ada?

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

PlainBread's picture

Dijajah Belanda

Kalau memang ada tenaga dalam atau ilmu kebal atau ilmu menghilang, pastinya Belanda gak akan bisa menjajah Indonesia selama 3 1/2 abad.

phrack's picture

@ hai, gimana penjelasan soang menceng kepalanya

 

Ok, tapi jelasin dong gimana kok bisa? menurut saya KOh Hai sembarang bicara! Soal api yang muncul dari tubuh orang? saya baca di intisari kayaknya gak sembarangan dah! 

Logikanya apa gunanya tenaga dalam kalo cuma bisa melawan orang yang kenal aja! kalo ada perampok percuma dong gak bisa mental?  
 

__________________

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)