Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Dimanakah letak dosa merokok?

Ulah's picture

Berkaitan dengan masalah merokok, telah banyak gereja mendoktrin (kalau tidak dapat dikatakan mencuci otak) para anggota atau jemaatnya dengan dalih bahwa merokok itu berdosa.  Berbagai alasan diajukan dari masalah pemborosan hingga merusak bait Allah yang diidentikkan dengan tubuh.

Dikatakan sebagai pemborosan bahwa para perokok telah menyia-nyiakan uangnya hanya sekedar untuk menghisap asap.  Bahkan tidak jarang ada yang secara terang-terangan meminta para perokok untuk menyumbangkan uang yang biasanya digunakan untuk merokok ke kotak persembahan.  Ide bagus untuk menambah kas gereja.  Bahkan tidak jarang yang lebih arif menyarankan kepada para perokok untuk menghitung uang yang dibelanjakan rokok dan bagaimana ia dapat memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Sebenarnya dari pernyataan tersebut ada sebuah ke-ambigu-an.  Bagaimana bila perokok tersebut orang yang kaya.  Pengeluaran yang digunakan untuk membeli rokok ternyata jauh lebih sedikit dari perpuluhan yang dia berikan ke gereja.  Apakah mereka dibenarkan untuk merokok?

Hal lain adalah para perokok telah merusak bait Allah, yaitu tubuhnya.  Hal ini dapat dipahami ketika si perokok mengalami sakit.  Tetapi bagaimana dengan olah raga yang berlebihan? Seseorang yang berolah raga ataupun makan secara berlebih juga akan mengalami sakit.  Mengapa mereka tidak dikatakan berdosa?  Mereka juga telah merusak tubuhnya.  Bahkan ketika perjamuan kudus, tidak jarang orang yang secara berlebih meminum anggur perjamuan hingga "mabuk".  Bukankah mereka juga boleh dikatakan berdosa.

Sesungguhnya, jika kita mau jujur, ada beberapa kelebihan dari merokok.  Memang saya bukan seorang perokok, sehingga saya tidak tahu persis apa rasanya.  Tetapi menurut beberapa teman sejawat saya yang merokok, mereka sering menemukan jalan keluar atau solusi sambil menghisap rokok.  Karena dengan merokok timbul relaksasi dan kejernihan dalam pemikiran.  Ini menurut seorang perokok lho...

Selain itu, menurut catatan industri rokok dapat menghidupi banyak orang (karyawan, pedagang, bahkan negara).  Cukup banyak tenaga kerja yang diperlukan oleh industri rokok, dan tanpa pendidikan tinggi.  Yang penting cukup bisa me"linting" rokok, maka bisa bekerja di industri rokok, dan akhirnya dapat menghidupi keluarganya.  Cukai rokokpun tidak kecil untuk pemasukan negara. 

Jika saya menyimak hal-hal tersebut ada sebuah pertanyaan yang cukup mengusik sanubari yaitu dimanakah dosa merokok itu?  Sejauh ini saya hanya dapat menemukan satu jawaban yaitu sebagai bagian dari para perusak lingkungan.  Namun demikian, tidak separah dengan polusi yang lain.  Tetap pertanyaan saya... adalah dimanakah letak dosa merokok?

(mungkin para pembaca dapat memberikan jawaban atas pertanyaan ini)

pengunjung's picture

Topik yang Menarik

Ini topik yang menarik, meskipun pertanyaannya dari sejak lama sudah ada, tapi pembahasannya masih pro kontra. Saya tunggu bagaimana komentar teman-teman disini.
Sandi's picture

mungkin ini jawabannya

perlu diingat,saya hanya org kristen biasa,umur saya 20 tahun.

sebelumnya saya jg seorang perokok,tp skrg saya sdh tdk merokok lg.

langsung saja,dlm hal medis,rokok memang dapat melepas stress dan membuat anda lega,tp banyak efek negatif yg ditimbulkan sprti kanker dan penyakit jantung,itu dr segi medis. lalu kenapa merokok bs dianggap berdosa?

perlu diingat :

1.Tuhan tdk ingin ada allah lain dihadapannya (hukum Allah pertama), dgn merokok, kita  sdh menduakan Allah. knp? krn bgitu ada masalah,kita lgsg lari pada rokok (menjadikannya pertolongan pertama) dan kita langsung merasa lega dgn merokok padahal seharusnya kita minta pertolongan Allah dan berdoa.

2.bukankah kita diminta Tuhan untuk menguduskan bait-Nya yg adalah tubuh kita jg..dgn merokok,kita sudah meracuni tubuh kita,memang mungkin ada yg tdk sampai mati, tapi tetap saja racun.

3. Jika rokok dapat membuat anda lebih dekat kpd Allah dan tdk melanggar perintah-Nya,silahkan anda merokok.tp bagaimana kenyataannya? ternyata rokok membuat hidup kita semakin hancur.

aneh yah saya bs blg sprti itu? bukankah pendeta saja merokok?

coba mari kta lihat dari "buahnya",yaitu kehidupan sehari-harinya, benarkah para perokok kehidupannya lebih baik? Manusia melihat yg bs dilihat,tp Allah melihat hati.

apakah pendeta yg merokok bs dijadikan teladan? jika pendetanya saja merokok,jemaatnya psti akan ikut2an.

shg jika ada masalah,jemaatnya bukan lg mengandalkan Tuhan,tp mengandalkan rokok.

4. Hiduplah berguna bg org lain dan jadilah teladan. Jika anda merasa dengan merokok hidup anda jd lebih baik,mungkin anda benar. tp bagaimana dgn hidup org lain?

bukankah dgn merokok anda dapat menyebabkan org disebelah anda menjadi perokok pasif?

ingat bhw,perokok pasif jg punya resiko kematian,itu berarti secara tdk langsung anda sdh membunuh org disebelah anda bkn?

mungkin anda akan mengelak dan berkata "saya akan merokok ditempat yg sepi dan tdk ada org".

tapi bukannya anda jg telah menyebabkan polusi lingkungan.

pedulilah terhadap hidup org lain,jgn terfokus pada diri sendiri..

ingat,kasihilah sesamamu sprti engkau mengasihi dirimu sendiri.

5. hal sekecil apapun dapat menjadi berhala bg kita tanpa kita sadari.

uang, bermain game berlebihan, rokok, obat tidur, bahkan bekerja dan belajar pun bs menjadi berhala jika semua hal itu membuat kita melupakan Allah dan fokus kita bukan lg kpd Allah tp kpd semua brg fana itu.

bersandarlah pada Tuhan yg kekal, yg telah menciptakanmu. Jgn bersandar pd pengertianmu sendiri, krn engkau tdk tahu siapa dirimu.

 

saya mohon,siapa pun yg membaca pesan ini, perhatikanlah dan renungkanlah..

mungkin anda akan menolak pernyataan saya dan tetap bersikeras membenarkan diri anda bhw merokok tdk apa2 bwt anda.

tp cobalah jawab dgn jujur, apakah tdk ada hati kecil anda yg berbisik bhw merokok itu adalah salah..ingat,itu adl perkataan roh kudus, dan roh kudus msh tinggal di  dalammu.

jadilah terang dalam kegelapan,dan jadilah garam bagi dunia,

dan bukan sebaliknya anda malah menjadi batu sandungan bg org lain.

Tuhan Yesus mengampuni ANDA. 

 

 

 

imankita's picture

Terima kasih untuk

Terima kasih untuk penjelasannya yang begitu lengkap.

Saya jadi mengerti sekarang.

Saya saat ini mulai berusaha untuk berhenti merokok.

Mohon dukungan doa dari semua rekan-rekan agar saya bisa berhenti merokok. Dan saya yakin, Tuhan Yesus Kristus akan membuat saya berhenti merokok.

Terima kasih Tuhan Yesus Kristsus, karena telah membawa saya pada pengertian ini, bahwa merokok itu adalah tindakan meracuni diri sendiri secara perlahan (kontinu), dan tindakan meracuni diri adalah dosa dimata TUHAN.

Aku berserah penuh kepada TUHAN Yesus Kristus, agar aku diberi kekuatan untuk berhenti dari merokok. Terima kasih TUHAN Yesus Kristus.

 

__________________

TUHAN Yesus Kristus Juruselamat manusia

dennis santoso a.k.a nis's picture

ngerokok yuk? ;-)

ngerokok dosa? hahahaha ... ajaran "membabi-buta" mah ga usah dipercaya lah  Wink

anyway, pendapat saya udah (pernah) tertuang di link ini

Antonius C.Tiwow's picture

komentar merokok tidak dosa

Firman Tuhan mengatakan "Kuduslah kamu sebab Aku kudus".  Merokok melanggar Kekudusan Tuhan karena merokok sama sekali tidak ada keuntungannya.  Merokok seringkali diasumsikan dan diidentikan dengan hal-hal yang negatif. Biasanya orang yang memakai narkoba dibarengi juga dengan merokok.  Orang yang berjudi ditemani dengan rokok. Orang yang suka main perempuan juga ditemani dengan rokok.  Jadi daripaa merokok lebih baik uangnya diberikan kepada penginjilan. 
St.J.Sihombing's picture

Apakah merokok berdosa???

Menurut saya.

Kembali ini menurut saya,tolong dicamkan

Menurut saya merokok itu berdosa apabila karena merokok itu membuat orang lain sakit hati.artinya kita harus mempertimbangkan kondisi dan waktu.Kalau kita tau saudara kita akan membenci kita karena merokok,maka kita yang merokok berdosa.Karena rokok itu membuat Roh Iblis menguasai hati dan pikiran saudara kita.Jadi kalau ada orang untuk minta saya mematikan rokok saya?akan saya lakukan tanpa saya harus bertanya kenapa???

Saya kalau bertamu kerumah seseorang kalau dia tidak menyukai orang perokok merokok dirumahnya ,maka saya tidak akan merokok.Tapi kalau mereka menyediakan asbak,maka saya akan merokok itulah ciri2nya,artinya mereka tidak akan menjadi tersandung kalau orang merokok dirumahnya pada saat itu.Kalau mereka tidak menyediakan asbak ,saya tidak akan merokok.

Apakah merokok itu melanggar perintah Tuhan???,menurut saya tidak karena 1.Tidak ada firman Tuhan yang dengan secara jelas dan Tegas menyebut itu,kalau ditafsir2 yah bisa ada tapi itu menurut pemahaman manusia ,bukan pemahaman Tuhan.2. selama kita bisa menguasai diri kita (kita yakin tidak menyebabkan kita jatuh sakit pada saat kita mau merokok)dan tidak membuat kita menjauh dari Tuhan dan bahkan  lupa kepada Tuhan.Kalau berzinah yach berdosa ,membenci saudara,oranglain berdosa hal itu cukup jelas dan Tegas disebut  dalam alkitab.

 

Aries Yunarta's picture

My Opinion

Saya akan mengomentrari per paragraf:

Mode mengomentari dengan sok tau "ON"

Paragraf 1

Saya setuju karena dotrin gereja bnyk yg spt itu.

 

Paragraf 2

Menurut saya merokok memang pemborosan, karena banyakan ruginya dari pada untungnya. Lebih baik memang memberi ke Gereja untuk pekerjaan Tuhan, anggap saja kita sedang menabur "uang".

 

Paragraf 3

Walau orang kaya tetap saja akan mendapat ruginya rokok, jd tetap pemborosan, walau perpuluhannya lebih banyak dari uang rokoknya kan kalo tidak merokok bisa kasih lebih banyak lagi :P.

 

Paragraf 4

Hal - hal yang anda sebutkan itu juga salah kok, jadi bukan merokok saja yang dosa, hal -hal yang anda sebutkan itu juga dosa.

 

Paragraf 5

Saya juga setuju jika merokok itu ada "untung"nya. Tapi bagaimana dengan Ganja atau putau, itu juga bikin efek relaks loh?

 

Paragraf 6

 Memang benar industri rokok menghidupi banyak orang, bahkan hampir semua event olahraga di Indonesia disponsori rokok. Tp jika suatu saat ada perusahaan yang memproduksi ganja secara legal danmenghidupi lebih banyak orang, bagaimana pendapat anda?

 

Paragraf 7

Yang saya tahu Dosanya merokok itu karena merusak bait ALLAH yang notabene adalah tubuh kita.

 

Kesimpulan

Walaupun ada untungnya bahkan dikatakan menghidupi banyak orang tapi dosa yang tetap didosa.

"As long as I know no such thing called white sin"

Mode mengomentari dengan sok tau "OFF"

GBU ALLLaughing

__________________

Jesus Love Me and You

murasawa's picture

Merokok bikin kecanduan

secara medis merokok akan membuat perokoknya tergantung pada nikotin untuk dapat mendapatkan 'keuntungan' seperti mendapatkan inspirasi, menemukan solusi, hingga berprestasi dalam olahraga. dengan kata lain perokok hanya menemukan potensi normalnya saat dia merokok, saat tidak merokok perokok hanyalah orang dengan kapasitas yang lebih rendah dari normal, mereka bakal ngga bisa temuin solusi yang uda didepan mata karena kadar nikotin yang rendah dalam tubuhnya membuat otaknya minta tambahan nikotin lagi, jadinya solusi ato inspirasipun ga bakal nongol. Jb us
Ari_Thok's picture

Berguna atau Tidak?

Sederhana saja, dari sisi kesehatan, semua pada sudah tahu efek buruknya. Kalo tubuh kita sehat, gak banyak keluhan  yang disebabkan rokok, toh kita bisa pakai untuk melayani Tuhan dan  mengerjakan pekerjaan yang Dia percayakan dengan lebih maksimal. Kalau itu membuat kecanduan atau membuat orang jadi ketergantungan, kenapa tidak memilih untuk jadi orang bebas saja. Masalah kenikmatan,  ada banyak hal lain yang juga nikmat yang tidak merugikan kita atau merusak tubuh kita.

Btw, meskipun tidak secara detail disebutkan di Alkitab, ya mungkin rokok zaman itu belum ada sih, pinter-pinter saja memilih apa yang baik untuk tubuh dan hidup kita. Dosa or tidak? mmm .. saya lebih memilih "berguna atau tidak" dan "merugikan diri sendiri dan orang lain atau tidak". Cool
__________________

*yuk komen jangan cuma ngeblog*


*yuk ngeblog jangan cuma komen*

Indonesia-saram's picture

Ikut Bersuara

Dulu saya pernah mendengar tiga prinsip berikut. Pertama, apakah tindakan itu bermanfaat bagi kita. Kedua, apakah tindakan itu bermanfaat bagi orang lain. Ketiga, apakah tindakan itu dikehendaki Allah. Alkitab memang bukan SPBU yang memasang tanda "Dilarang Merokok". Tapi Alkitab tidak pernah melegalkan merokok.

___________________________________________________________
Peduli masalah bahasa? Silakan bertandang ke Corat-Coret Bahasa saya.

__________________

_____________________________________________________________
Peduli masalah bahasa? Silakan bertandang ke Corat-Coret Bahasa saya.

c4ndr4w1j4y4's picture

dosa atau tidak....?

Gak jelas juga apakah merokok, minum arak/alkohol dosa atau tidak. Di negara Barat minuman beralkohol/arak berfungsi untuk mengusir hawa dingin di musin salju/dingin ini juga susah dikatakan dosa atau tidak. Yang terpenting jika itu merusak bait suci Allah hendaknya kita gak melakukannya, seperti merokok ini. Kita liat aja akibat dari merokok ini, asap yang kita hisap dan keluarkan lagi sunggh membuat diri kita dan lingkungan kita terganggu akibat polusi dari asap tadi. sebaiknya kita sebagai orang yang percaya Tuhan, janganlah merokok, karena akibatnya yaitu merusak bait suci Allah. Itu sudah melanggar kehendak Tuhan. Dimana kita disuruh menjaga kok malah kita merusaknya (melanggarnya). Walaupun sumbangsihnya begitu besar bagi negara.

Itu semua tergantung pribadi masing2 deh. Muliakanlah Allah dengan tubuhmu

1 Korintus 6:19-20 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

 

__________________

J3SUS Above All Names

Rusdy's picture

Devil's Advocate #2

Maen 'Devil's Advocate' lagi ah:

Kubu 1:

Tubuh kita adalah Bait Allah. Maka sepantasnya kita menjaga fisik kita, karena ini adalah milik Allah. Kesimpulan, semua kegiatan yang merusak tubuh fisik kita, menentang kehendak Allah.

Konsekuensinya:

  1. Obat-obatan, miras, rokok dosa, karena jelas-jelas merusak tubuh 
  2. Naik Bajaj atau motor dosa, karena menghirup polusi udara Jakarta yang sangat berpotensial merusak tubuh kita
  3. Tidak sikat gigi dosa, karena merusak gigi kita
  4. Nonton sinetron dosa, karena bikin stress (nangis atau teriak-teriak mlulu), sehingga merusak fisik pula
  5. Kurang tidur dosa, karena merusak kesehatan
  6. Pelayanan di gereja hingga tengah malam dosa, karena kurang tidur
  7. Makanan tidak sehat dosa, karena tidak menjaga tubuh, sehingga merusak fisik
  8. Paulus berdosa ketika ia masuk penjara, karena tidak makan makanan sehat

(Tentu saja yang diperdebatkan di sini, definisi apa itu merusak fisik? Dimana kita tarik garis batas mana yang merusak fisik atau tidak?)

Kubu 2, 3, ...:

nanti dulu ah, pengen pulang dulu Sealed

Catatan serius: Ketika membaca Alkitab, harap dibaca pula beberapa pasal sebelum dan sesudah

aryajaneka's picture

Itulah Kelemahan Hukum Kristen

Ya itulah kelemahan hukum Agama Kristen, Masak tubuh manusia dikatakan Bait 'rumah' tuhan. Apakah tuhan itu bersemayam di dalam setiap tubuh manuisa? jika jawabannya 'ya' berarti banyak sekali tuhan di dunia ini. jika manusia itu mati, maka mati jugalah tuhan itu.

'Tuhan kok mati' ?

Cry

erick's picture

Pemikiran Terbatas

Dear aryajaneka yang baik, memiliki pemikiran ada tuhan bersemayam ditubuh manusia artikanlah secara rohani. Sehingga jika manusia mati, tidak berarti tuhan yang bersemayam dalam jiwa manusia itu mati.

Tidak usah sedih dengan Tuhan yang mati. Kami mengerti kesulitan pemikiran anda.

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

Cuma Lewat's picture

Belajar donk

Buat aryajaneka, Anda perlu belajar lagi tentang kekristenan. Paling tidak Anda paham dan bisa mengerti tentang Kekristenan. Jangan takut untuk belajar, ikut milis kristen, atau diskusi saja di sini, atau jika ingin belajar bertahap, ikut aja PESTA tuh, cukup bagus, kursus gratis, langkah demi langkah mengenal kekristenan. Cool
waskami's picture

Kurang satu

Buat Kubu 1 tak tambahi 9. Terlalu lama duduk di gereja dosa karena terlalu lama duduk menyebabkan peredaran darah tidak lancar 10. Berusaha nahan kantuk di gereja dosa karena tubuh yang capek perlu segera ditidurkan dapat diintip di sini atau di sini
__________________

Nyari beasiswa di sini aja

Pengunjung's picture

Kurang Satu Lagi

Buat kubu 1 tambah satu lagi dech

11. Bernafas itu dosa, sebab Ogsigen akan meracuni sel-sel tubuh sehingga menjadi aus (tua) dan mati. Proses penuaan terjadi karena racun yang diakibatkan ogsigen.  

Daniel's picture

Untuk urusan seperti ini

Untuk urusan seperti ini saya biasanya membaca Roma 14.

Paulus mulai dengan mengatakan "Terimalah orang yang lemah imannya tanpa mempercakapkan pendapatnya. (ayat 1)

Ayat-ayat selanjutnya saya beri catatan redaksional sesuai dengan konteks yang sedang kita bicarakan: "Yang seorang yakin, bahwa ia boleh makan segala jenis makanan (baca: merokok), tetapi orang yang lemah imannya hanya makan sayur-sayuran saja (baca: tidak merokok). Siapa yang makan (baca: merokok), janganlah menghina orang yang tidak makan (baca: tidak merokok), dan siapa yang tidak makan (baca: tidak merokok), janganlah menghakimi orang yang makan (baca: merokok), sebab Allah telah menerima orang itu...." (ayat 2-3)

Lalu Paulus melanjutkan dengan contoh lain mengenai hari baik dan hari tidak baik. Ini yang menjadi dasar bagi saya untuk memberanikan diri melakukan ekstensi dari makan ke merokok, karena bagi Paulus itu hanyalah contoh saja. Yang lebih penting bagi Paulus adalah motivasi setiap tindakan, yaitu untuk Allah dan dengan mengucap syukur kepada Allah. (red: bagaimana caranya merokok untuk Allah?)

Karena itu, menurut Paulus, jangan saling menghakimi, karena hanya satu yang pantas memberi penghakiman, yaitu Allah, yang kepadanya kita semua akan memberi pertanggungjawaban atas semua tindakan kita.

Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi! Tetapi lebih baik kamu menganut pandangan ini: Jangan kita membuat saudara kita jatuh atau tersandung! (ayat 13)

Bagi orang Kristen tidak ada sesuatu yang najis atau haram. Semuanya kudus. Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman (red: dan rokok), tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. (ayat 17)

Bagi yang merokok, silakan merokok, tapi jangan sampai menjadi batu sandungan bagi saudara2 kita yang lemah iman. Jangan menyakiti hati mereka.

Bagi yang tidak merokok, jangan bimbang, tetaplah teguh dalam keyakinan Anda, tapi jangan menghakimi saudara2 kita yang merokok.

Wah, kok jadi terlalu serius ya? Hehe... udah ah, merokok dulu, eh enggak ding, wong saya tidak merokok :)

Chipurru's picture

Giliran cewe...

Sekarang giliran cewe nih yang mau ngomong soal rokok. menurutku, jangan mengukur masalah rokok dengan ukuran dosa ato tidak berdosa, soalnya ujung-ujungnya cuma kembali ke pengertian kita sendiri. bener seh kalo di Alkitab ga ada ayat yang nyebut dengan jelas kalo "Merokok adalah DOSA!" tapi ga ada salahnya kita liat di sini sebentar..

So, kembali ke diri kita masing-masing aja, kalo mang pengen ngerokok n ngerasa mampu untuk beli, ya biarin tho. masalah kesehatan dirinya, mau sadar kek, enggak kek, kan udah banyak tuh peringatan pemerintah tentang hal ini, ya pasti dia ngerti lah cuma mungkin udah ngerasain "ketergantungan" ma rokok jadi mang susah nglepasin, kecuali kalo mang ada kesadaran pengen nglepasin, kalo kita tau mbok ya dibantu. 

Bicara ketergantungan, pasti ada yang mau komentar, monggo... Wink

 

han's picture

kok repot...

kepentingannya bukan sekedar masalah keuntungan, atau kerugian tapi menurutku ya... 1. apa yang sudah dimengerti namun tidak dilakukan = dosa (PADA SETUJU GAK?) 2. ada yang bilang merokok itu rasanya enak, tetapi semua yang enak belum tentu bermanfaat dan benar (mau setuju ataou tidak ya terserah...) 3. nDablek itu sifat... lha mau di bilangin, dinasehatin, dikomentarin, dst... kalo dasar nDablek ya...NDABLEK=mirip dengan bebal...(gak setuju ya wiss..damai coy) 4. mau lepas atau tidak dari masalah rokok itu soal N.I.A.T. N=Nurani (kata hatimu mengatakan apa seehhhh...) I=iman (punya kemauan dan keyakinan untuk lepas dari masalah gak?) A=Aturan (aturan ngerokok itu gimana.. apa ada aturannya? peringatannya banyak bukan?) T=Tuhan (mo ngapain lagi kalo dah di coba tapi blg tdk bisa..ya hanya anugerah Tuhan,) GUSTI mberkahi... CU...
hai hai's picture

Aku Mulai Kecanduan Rokok

Saya belajar merokok waktu duduk di kelas 2 SD, pada waktu yang sama saya juga mulai minum bir. Waktu kelas 3 SMA aku mabok karena alkohol, maka sejak itu berjanji nggak akan pernah mabok lagi. Sampai hari ini aku tetap memegang janji itu.

Ketika lulus SMA, aku berhenti merokok, 5 tahun kemudian merokok lagi selama 1 tahun lalu berhenti lagi. Ketika berpisah dengan istriku, aku mulai merokok lagi, hingga kini, padahal sempat berjanji akan berhenti ketika anakku lahir. Hingga saat ini aku masih merokok, walaupun menganggap diri perokok sopan.

Aku tidak merokok ketika bekerja, aku tidak merokok ketika stress, aku tidak merokok di mall, aku tidak merokok di dekat anak-anak, aku tidak merokok di rumah sebelum anakku tidur, aku hanya merokok di ruang AC kalau tidak ada orang yang keberatan, aku tidak merokok di dalam ruangan kecil (ruang tamu) yang sirkulasi udaranya kurang bagus. Tetapi aku merokok banyak sekali untuk menghentikan otakku berpikir macam-macam, aku merokok secara reflek, aku merokok banyak sekali ketika ketemu lawan merokok.

Saudara Willy Sitompul di pesta mengatakan, di dalam rokok ada 19 zat racun. Tanpa mengurangi rasa hormat, apa yang ditulisnya itu benar-benar ngawur! Yang benar adalah, di dalam rokok ada 125 zat beracun (Salah satu adik saya yang dokter pernah memintaku untuk membantunya mengedit makalah seminarnya tentang rokok). 19 macam racun yang dikatakan oleh saudara Willy Sitompul itu hanya racun yang bersifat akumulatif, artinya, akan terus bertambah seiring jumlah rokok yang anda hisap.

Terima kasih ulah, sudah menulis tentang rokok di sabdaspace. Terima kasih teman-teman yang memberi komentarnya. Tadinya saya bermaksud berhenti merokok akhir tahun ini. Saat ini saya masih memiliki 43 batang rokok, setelah itu, saya tidak akan merokok lagi.

Kenapa saya harus berhenti merokok? Karena saya merasakan akibat rokok pada tubuh saya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

waskami's picture

Perokok

Dulu saya juga gemar merokok, sampai mencuri waktu segala hehe. Tapi berhenti sejak kelas tiga smu. Sampai pas kuliah teman saya pernah ngledekin kalau mulut saya masih perawan hehe. Sampai saat ini saya masih belum mau merokok karena saya memang masih belum mau merokok; selain itu istri saya juga tidak suka orang yang merokok. Jadi bukan karena alasan dosa atau alasan Alkitabiah lainnya yang coba dikira-kira oleh manusia. Siapa sih manusia yang sedemikian mudahnya menentukan ini dosa itu tidak? dapat diintip di sini atau di sini
__________________

Nyari beasiswa di sini aja

Waskita's picture

Saya mau ikut komentar, cuma

Saya mau ikut komentar, cuma masih bingung ... cuma bisa bengang-bengong di depan komputer sambil kebal-kebul, ngrokok. Tapi lumayan lah sekarang cuma 1 batang sehari, betapapun pingin berhenti, bukan apa-apa sih biar bisa irit duwit. Tapi klo langsung berenti kadang dada saya sering sakit, nyeri, kepala pusing, rambut jadi hitam trus kulit berubah sawo matang, jadi ya dikebuli lagi dikit, pelan-pelanlah.
__________________

kalau saya tida ada di rumah, cari saya di sini

waskami's picture

Kamu

Waskita kamu sudah merokok. Kamu BERDOSAAAA!!!! dapat diintip di sini atau di sini
__________________

Nyari beasiswa di sini aja

Waskita's picture

Waduh ...Waskami, apa yang

Waduh ...Waskami, apa yang harus ku lakukan? bagaimana ini? tolong Waskami, TOLONG!!! tolong ikut ngabisin rokok ku yang tinggal separo doang ...

ndak usah ngintip masuk aja.. 

__________________

kalau saya tida ada di rumah, cari saya di sini

waskami's picture

Saya tidak mau

Ada tertulis: Jangan kamu merokok karena merokok merusak iman. Merokok boleh saja asal ada artinya. dapat diintip di sini atau di sini
__________________

Nyari beasiswa di sini aja

Waskita's picture

Ah Waskami, ini kan karena

Ah Waskami, ini kan karena dulu aku masih bujangan .... bujangan ....

ngak usah ngintip masuk aja

__________________

kalau saya tida ada di rumah, cari saya di sini

Rusdy's picture

Waskita VS Waskami

Duh ini be-2-an bikin aye terpingkal-pingkal
Pengunjung's picture

tidak tahu dosa apa tidak,

tidak tahu dosa apa tidak, tapi menjadi batu sandungan bagi orang lain, apalagi jika pendeta merokok, silakan baca tulisan: Pak Pendeta, jangan merokok dong!? di http://gkmin.net/?p=17
hanS's picture

oooooooooooooo....

dasa merokok ya...di ME to mas n mbak... 1.Mencemari ...& 2.en'snare
billyjoe's picture

rokok, coba deh

sebenarnya merokok itu ada nikmatnya sendiri, ada sensasi, ada gaya. tapi jika ada disekililng kita yang tidak suka rokok kita jadi tidak nikmatin, coba saja lihat orang yang merokok pasti dinikmatin dengan gayanya sendiri, coba deh. tapi saya bisa berhenti merokok kapan saja dan semua orang juga pasti bisa, tinggal mau apa tidak saja. nanti kalau Tuhan mau kita berhenti juga dipaksa berhenti. mau coba? coba deh
samijan's picture

aku tidak anti rokok

Aku sendiri tidak anti orang merokok, selama mereka bisa menempatkan diri. Jangan merokok di tempat umum, apalagi jika tempat itu penuh orang, seperti pengalamanku ketika ikut acara kawinan. Ada tamu undangan yang dengan santai mengambil rokok dan menyalakannya. Aku cuma bisa menutup hidung, berharap dia mengerti. Tapi ternyata tamu itu cuma melirik dan meneruskan rokoknya.
hai hai's picture

Salah Hidung

Mas Samijan, anda menutup hidung sendiri dan si perokok hanya melirik dan meneruskan rokoknya. Saya jamin, kalau yang anda tutup itu hidung si perokok, dia pasti tidak akan melirik apalagi meneruskan rokoknya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Waskita's picture

wa.. ha...ha ...

Wa... ha...ha...ha.. Mas hai hai gara-gara baca comment sampean, saya malah jadi yang dilirik teman sekantor.

Hla di siang bolong tiba-tiba saya ketawa.

Lucu ... lucu banget. Asem tenan. ha...ha...ha... 

__________________

kalau saya tida ada di rumah, cari saya di sini

hai hai's picture

Wah kok ikutan ketawa?

Lha wong saya nulisnya juga sambil ketawa kok mas! itung itung obat ngantuk dech!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Lamtze's picture

mas ulah yg imut.... kalo

mas ulah yg imut.... kalo merokok itu dosa,berarti makan mie instan jg dosa to.... kata hai hai didlm rokok terdpt 125 zat beracun,nah kalo dalam mie instan ada bahan pengawetnya.(apa bahan pengawet tdk berbahaya bwat tubuh kt?) merokok itu ga dosa,kalo merokoknya 1th sekali.Tp kalo merokoknya 1 jam sekali,itu baru namanya dosa. berarti kalo makan mie instan sehari 3X dosa jg donk??????
Pengunjung's picture

rokok...?

Aku sih dulunya merokok tapi sekarang gak lagi.... kalau yg dibilang gini-gitu ya aku sih gak banyak komen.. yang pasti yang aku tau cuman 1....! kalau ngerokok itu..... NAFSU DUNIAWI.......!!!!!!!!!!!!!!!
Once's picture

Ngomongin Apa sich?

Wee... hla, ternyata rokok itu bisa bikin ketawa juga ya.... kalau g da rokok > g da mslh rokok > g da yg diomongin > g jd ketawa dech.... Bersukacitalah....!!! he.he.he....
udel's picture

so ayo merokok!!!!?!hehehehe

so ayo merokok!!!!?!hehehehe =( ... kalo bersukacita.. ya sukacita ae ta? ndak ada hubnya dg rokok....hehehe mbok wis yang ngrokok biar ngrokok... yang tidak ndak usah coba2... tahu dosa atau tidak.. kan nanti tahunya kalo pas Tuhan Yesus datang.. gitu aja koq repot...hehehe
Lucky's picture

Dosa ga ya?

Kl ga terikat& beralih ke yg lbh parah (ganja/extacy) ya may, may be yes, may be no :-) yg pst kl trikat jgn smpe aj kecanduan &jd merokok di surga.. ntar bau asap rokok 2h surga :-) aplg smpe nge extacy disana kan ga ditulis di alkitab jd blh donk extacy :-) kl kecanduan?? mgkn d surga jg msh make extacy.. trs kl semua hrs ad dl dialkitab kykny hrs tambah satu kitab lg deh :-) or mgkn be2rapa. gmn kl slh 1 nama kitabnya hai2 aj? (senior kt) :-)
No Problemo's picture

Surga gak punya Kios Rokok

1. Rokok 100% racun, mie instant bisa ganjel perut, dan bukan 100%racun, pengawet pada batas tertentu memang diperbolehkan

2. Apa yang kamu ikat di bumi akan terikat di Surga

makanya saya bilang di Surga gak punya Kios Rokok

nah loh yang pecandu rokok gak bakalan betah neh di surga ha..ha..ha

no problemo,

just me, my God, n'my semifrozen Beerz

ah..ya...'s picture

Yg no. 2 betul, di surga ga

Yg no. 2 betul, di surga ga ada tukang rokok dan pasti tidak betah di surga. Tapi di neraka perokok juga ga perluin korek api ya mas? karena api banyak dimana-mana...hahaha.

Saya perokok tapi mau berhenti merokok, sampai sekarang belum berhasil. Tentang dosa atau tidak, memang tidak tertulis di Alkitab secara nyata, tapi di Alkitab mengatakan bahwa kita harus dapat menguasai diri. Nah kalau perokok sampai kecanduan, lalu bisakah menahan diri untuk tidak merokok? itu problemnya kan, jadi itu bukan kehendak Tuhan. Dan bagi saya yg penting, apa yang dikatakan oleh hati nurani saya. Dan mengatakan bahwa saya harus berhenti merokok, cepat atau lambat, yg jelas sebelum Tuhan datang, karena semua itu akan terlambat. Masalahnya tidak ada seorangpun yang tahu, bahkan malaikat di surga tidak tahu, kapan Tuhan Yesus datang kembali untuk mengadili perbuatan-perbuatan kita.

Gbu all!

docil's picture

Kecanduan

Sebetulnya yg harus dipertanyakan adalah siapa menguasai siapa, apa kita yakin bahwa yg menguasai kebiasaan merokok itu kita atau malah sebenarnya kebiasaaan itu yg sudah menjadi tuan atas diri kita.

Saya sering mendengar banyak perokok berkata ini adalah rokok terakhir saya, ini bungkus rokok terakhir saya, minggu depan saya berhenti merokok, dll tapi sebetulnya mereka tidak pernah benar2 bisa melepaskan diri dari ketergantungan/keterikatan itu.

Ada suatu cerita demikian :

Suatu ketika ada seorang musafir sedang berkelana dipadang gurun ditemani dengan seekor unta, dan suatu malam dia berhenti dan mendirikan berkemah. Di tengah malam unta itu bertanya kepada tuan-nya bolehkah dia memasukan kepalanya kedalam kemah karena dia kedinginan; karena berpikir tidak apa2 musafir itu membolehkan. Kemudian tak lama unta itu kembali bertanya bolehkan dia memasukan kedua kakinya kedalam kemah karena dia kedinginan, karena berpikir tidak apa2 musafir itu membolehkan. Tak lama juga unta itu kembali bertanya bolehkah dia memasukan kedua kaki belakangnya kedalam kemah, karena dia kedinginan, dan musafir itu pun membolehkan. Akhirnya malam itu yg terjadi adalah musafir tsb tidur diluar kemah, dan si-unta lah yg tidur di dalam kemah.

Jika tubuh di-ibaratkan kemah atau bait Allah, dan rokok di-ibaratkan dosa, masihkah kita berkompromi dengan dosa??

Jadi Sungguh-kah anda tidak terikat/ addicted/ kecanduan oleh rokok?

Berapa banyak para pekerja kasar & kalangan bawah yg kecanduan merokok, yg kalo mereka sadar total pengeluaran mereka utk rokok sudah mengambil porsi yg besar dibandingkan dengan total pendapatan mereka.

Bagaimana porsi pendapatan yg seharusnya utk keluarga mereka, utk anak mereka dikurangi dari yg seharusnya demi membela & memuaskan keinginan merokok.

Jadi kalau mau dibandingkan, saya yakin total pengeluaran yg harus dikeluarkan dan ditanggung, oleh jumlah orang yg menderita dan ikut menanggung akibat buruk dari rokok termasuk utk pengobatannya jauh lebih besar dibandingkan total penghasilan pajak, total penghasilan perusahaan, dan total penghasilan karyawan pabrik rokok dan distribusinya.

Rokok seperti yg sudah disebutkan mengandung 125 zat beracun yg sebagian besar diantaranya bersifat karsinogenik, dan memicu radikal bebas, yg membuat tubuh lebih rentan dalam menghadapi penyakit dan termasuk kerusakan sel dan penuaan dini.

Rokok juga pasti turut membebani kerja paru-2 dalam menyaring udara, dimana kondisi udara sekarang jg sudah semakin rusak akibat pencemaran pabrik, kendaraan, kebakaran hutan dll.

Setelah mengetahui begitu banyak akibat buruk dari rokok, masihkah kita ingin merokok? itu semua kembali berpulang kepada diri kita.

aku hanyalah domba kecil, yg mau taat pd Gembala-ku; yg membimbingku & menjagaku dgn setia, dgn gada & tongkat-Nya

__________________

aku hanyalah domba kecil, yg mau taat pd Gembala-ku; yg membimbingku & menjagaku dgn setia, dgn gada & tongkat-Nya

Sandi's picture

tambahan..

oia lupa satu lagi, bagi yg masih merokok, ayo..jadilah orang yg tdk suam2 kuku..jadilah orang yg radikal jgn kompromi dgn dosa. jika hal merokok saja anda masih kompromi,dosa anda bs berlanjut ke alkohol,obat2an terlarang,dan mungkin sex bebas. hidup begitu pendek,dan cuma sekali,jgn sampe anda menyesal disaat hari penghakiman. jgn pernah mencoba hal2 yg terlihat samar2 di alkitab,seprti merokok. kalo nanti anda mati dan ternyata anda br tau bhw merokok dilarang Allah,bgmn donk? terlambat kan..lebih baik dimulai dr sekarang aja,.stop rokok,ikut Allah,dan jadilah murid-Nya. bagi yg tdk merokok,juga dimohon untuk tidak berkata kasar kpd yg masih merokok,tp saling membangunlah dalam kasih. Amen.. God Bless You All..!!!!!
KEN's picture

Suara terbanyak hayoo...

Dari sekian banyak pendapat: - Ada yang bilang merokok berdosa. - Ada yang bilang merokok tidak berdosa. Jadi, mungkin kita pakai ala PEMILU aja yah buat "malantik" merokok itu dosa... bagaimana? (he 3x). Btw, ada seorang temenku (tidak merokok) pernah baca buku tentang "merokok" bilang bahwa rokok itu mencegah sakit gigi loh, asap/zat2 yang terdapat di rokok itu bisa membunuh kuman bau dalam mulut, tapi harus dengan dosis dan kadar tertentu, bukan dengan membabi buta. Logis sekali, tembakau itu ciptaan Tuhan loh? Mungkin dari temen2 ada yang tau fungsi dari ciptaan Tuhan yang satu ini?

>>>=GOD=LOVE=YOU=>>

 

 

 

KEN's picture

Saya ada comment lain...

Ini khusus jenis tumbuhan ya: Tuhan "hanya" melarang manusia untuk mengkonsumsi buah terlarang, yaitu buah dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat, dan yang lain boleh kita makan, berarti termasuk tembakau (rokok) dong? Atau... tembakau (rokok) itu memang termasuk jenis dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat? Karna menarik perhatian? Bingung juga ding, gak berani comment terlalu jauh (he 3x). So, other people write some comment please...

>>>GOD=LOVE=YOU>>

 

 

 

gkmin's picture

Silakan merokok, jika itu pilihan Anda...

SILAKAN MEROKOK, asal...

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

__________________

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

Puput Manis's picture

Bukan Rokoknya Yang Menjadikan Dosa

Amsal 25:28 Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya.

Orang yang udah kecaduan Nikotin dalam tembakau (rokok) itu berarti udah tak mampu mengendalikan dirinya. Dia tahu bahwa rokok itu berbahaya untuk kesehatan dan tidak ada manfaatnya sedikitpun, bahkan yang ada hanya mudaratnya, namun tetap tak mampu berhenti merokok, karena udah ketagihan Nikotin. Untuk mendapatkan Nikotin ini dia terpaksa juga harus menghisap ratusan zat lain yang tidak berguna, bahkan yang membahayakan dirinya maupun orang lain. Apakah ada teman-teman yang tahu, di mana pabrik yang memproduksi Nikotin tempel? Atau Nikotin tablet/ permen? Atau siapa yang mau membangun bisnis ini? Daripada memproduksi rokok, buat aja Nikotin yang ditempel seperti plester (koyok), atau permen (tablet hisap). Saya koq percaya di masa mendatang orang yang menghisap rokok akan tampak idiot, blo'on, dan konyol. Jadi pabrik Nikotin tablet / tempel pasti akan berkembang pesat.

 

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

__________________

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

gkmin's picture

Nikotin mematikan?

sy pernah membaca tulisan yang mengkaitkan rokok dengan ayat berikut: Ayub: 20:12 Sungguhpun kejahatan manis rasanya di dalam mulutnya, sekalipun ia menyembunyikannya di bawah lidahnya, 20:13 menikmatinya serta tidak melepaskannya, dan menahannya pada langit-langitnya, 20:14 namun berubah juga makanannya di dalam perutnya, menjadi bisa ular tedung di dalamnya. 20:15 Harta benda ditelannya, tetapi dimuntahkannya lagi, AllahTuhan yang mengeluarkannya dari dalam perutnya. 20:16 Bisa ular tedung akan diisapnya, ia akan dibunuh oleh lidah ular. 20:17 Ia tidak boleh melihat batang-batang air dan sungai-sungai yang mengalirkan madu dan dadih. 20:18 Ia harus mengembalikan apa yang diperolehnya dan tidak mengecapnya; ia tidak menikmati kekayaan hasil dagangnya. katanya... NIKOTIN itu yang = bisa ular katanya... jika NIKOTIN dari sebatang rokok DISUNTIKKAN langsung ke pembuluh darah seseorang, orang bisa mati

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

__________________

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

edy's picture

rokok dosa ?

Dosa. Tidak. Dosa. Tidak. Dosa. Tidak. Dosa. Tidak. Hasil sementara draw. Jangan golput ya.
jesusfreaks's picture

@st.j.sihombing : KALAU MENGGULINGKAN PENDETA

Dear st.j.sihombing, Kalau dasar dosa itu harus jelas dialkitab. Wah makan babi jelas2 dosa. Nah menggulingkan pdt dosa tidak ? Biasanya banyak sintua2 kurang ajar yg menggulingkan pendetanya.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-