Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Domba vs Serigala

GODARMY's picture

Matius
10:16 "Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.
10:17 Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya.

Apa yang sebenarnya ada di benak saya ketika melihat ayat ini:
10:16 "Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.

Lihatlah sekeliling kita, kita adalah domba, dan dunia, masalah serta manusia diluar Kristus, termasuk iblis adalah serigala, bagaimanakah jika di dunia nyata domba diadu dengan gerombolan serigala? secara fisik sekuat apapun domba pasti dibantai oleh serigala yang buas.
Adalah hal yang mustahil bagi manusia dipikir secara nalar, jika domba bakal menang di tengah-tengah serigala (kawanan serigala).

Hidup kekristenan tidak ubahnya domba di tengah-tengah serigala, dirongrong dari dalam dan luar kekristenan, karena itu Tuhan mengatakan cerdiklah seperti ular dan tulus seperti merpati. Saya pikir apa maksudnya cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati? hal yang tidak masuk akal bagi saya. Tapi apa yang dikatakan Tuhan itu adalah benar seperti keadaan kita saat ini.

Kita tiap hari dihadapkan pada masalah baik dari orang-orang dunia maupun dari orang-orang yang menyesatkan.

Domba di tengah serigala adalah hidup dalam TEROR itu yang dapat saya simpulkan.
Sama seperti kita hidup di tengah singa yang mengaum-ngaum dan mencari orang yang dapat ditelannya adalah hidup dalam TEROR.  
kenapa saya mengatakan hal ini?

Jangan membayangkan jika saudara saat ini adalah hidup dalam damai sejahtera tidak kurang suatu apapun lantas senyum bergembira, ingatlah selama kita hidup di dunia ini maka kita akan hidup di tengah-tengah serigala/terror yang siap menyerang anda kapan saja...

Berapa banyak orang kristen yang mengalami aniaya? berapa banyak gereja dibakar? berapa banyak tiap hari kita menghadapi masalah baik dalam usaha maupun rongrongan orang diluar Kristus, berapa banyak teror yang ditimbulkan orang-orang yang hidup tanpa Roh Kudus pada kita? berapa banyak iblis mencobai kita melalui orang-orang seperti ini? berapa banyak orang-orang di luar Kristus yang mengolok-olok anda, saat anda menenteng alkitab dan pergi ke gereja? berapa banyak anak-anak Tuhan dirusak oleh dunia?berapa banyak iblis memecah belah jemaat dan gereja? ini yang harus kita renungkan.

Menjadi domba bukan berarti tidak melawan, tetapi melawan dengan kecerdikannya/akal yang seperti ular, dan memiliki hati yang tulus saat melakukan perlawanan (jangan membenci orang-orang yang menganiaya kamu), dengan kecerdikannya domba bertahan hidup, akan tetapi dengan segala kelicikan, kekerasan dan kebiadabannya serigala itu hidup untuk selalu memangsa kawanan domba. Dengan iman dan keyakinan domba-domba Allah itu hidup, sedangkan serigala hidup dengan naluri buasnya sama seperti bapanya iblis. Hidup orang percaya ibarat domba dan dunia beserta orang-orang jahat adalah serigala.

Seperti juga serigala yang taat pada pemimpinya iblis, domba harus hidup dalam ketaatan yaitu gembala Kristus dan segala firmanNya. Seperti juga iblis yang selalu menjadi terror tanpa henti dan pembunuh sejak semula, demikian juga Yesus tidak akan diam melihat domba-dombaNya terus-menerus dianiaya, Ia memberikan hidup dan perlindungan bagi domba-dombaNya.

Saudara kita tidak mungkin menghindari serigala tiap saat tiap waktu. Jika serigala itu telah datang:

Ingatlah apa yang dikatakan Yesus saat kamu dianiaya (baik secara jasmani dan rohani) oleh dunia (dari luar):

II Tim
3:12 Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya,
3:13 sedangkan orang jahat dan penipu akan bertambah jahat, mereka menyesatkan dan disesatkan.
3:14 Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu.
3:15 Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.
3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.
3:17 Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.

Ingatlah jika kamu dicobai (dari dalam):

kis
20:29 Aku tahu, bahwa sesudah aku pergi, serigala-serigala yang ganas akan masuk ke tengah-tengah kamu dan tidak akan menyayangkan kawanan itu.
20:30 Bahkan dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar dan supaya mengikut mereka.
20:31 Sebab itu berjaga-jagalah dan ingatlah, bahwa aku tiga tahun lamanya, siang malam, dengan tiada berhenti-hentinya menasihati kamu masing-masing dengan mencucurkan air mata.
20:32 Dan sekarang aku menyerahkan kamu kepada Tuhan dan kepada firman kasih karunia-Nya, yang berkuasa membangun kamu dan menganugerahkan kepada kamu bagian yang ditentukan bagi semua orang yang telah dikuduskan-Nya.

Nah saudara-saudara hiduplah jangan menjauh dari Kristus, apalagi di akhir jaman ini, dunia dan seisinya akan bertambah jahat dan serigala bertambah banyak, hiduplah sebagai domba yang secerdik ular dan setulus merpati hingga ajal menjemput, hiduplah dalam ketaatan hingga Hakim yang Adil itu datang, untuk meraih Piala Kemenangan sebagai domba-domba Allah.

GBU.

 

__________________

JESUS IS GOD