Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Genius karena Aktivasi Otak Tengah---Science atau Pseudoscience?

Vantillian's picture

Siapa yang tidak ingin anaknya menjadi genius? Berbagai cara dan teknik telah diuji bahkan telah diterapkan untuk mendongkrak dan mengembangkan potensi anak. Anak bukan objek pendidikan. Anak adalah subjek pendidikan. Karena itu, anak harus diberikan suatu lingkungan ataupun suatu BENTUK supaya ISI dari anak tersebut bisa berkembang dengan luar biasa. Akibatnya muncullah berbagai macam resep MANJUR untuk membuat anak menjadi cerdas bahkan menjadi genius dalam sekejap.

Banyak orang menyangka ada resep jitu yang benar-benar ampuh untuk meningkatkan kemampuan seseorang. Sayangnya resep tersebut hampir tidak ada. Resep yang satu berlaku untuk seorang siswa, belum tentu berlaku untuk siswa yang lain. Resep INSTAN menjadi pintar adalah resep yang sering ditawarkan kepada para orang tua. Berbagai metode ditawarkan secara HEBOH bahkan dengan klaim ILMIAH dan telah diteliti oleh sejumlah peneliti. Beberapa metode bahkan kebla-blasan menerapkan hasil penelitian tentang otak sehingga lahir teori belajar yang juga kebla-blasan.

Orang tua selalu tergoda untuk mencoba berbagai macam resep sehingga anaknya bisa menjadi top markotop. Yang penting jadi genius lah. Cara tidak begitu penting. Dengan metode input apapun, yang penting outputnya mantap. Anak pun akhirnya dijadikan komoditas untuk menunjukkan bahwa sang orang tua telah berhasil meningkatkan kecerdasan anak. Siapa yang tidak bangga dengan anak yang cerdas? Anak yang cerdas tentu merupakan berkah dari Tuhan, orang tua seharusnya bangga terhadap anaknya. Tetapi memaksa supaya anak bisa mencapai tingkat genius dengan STANDAR tertentu adalah hal yang bisa berbahaya bagi perkembangan psikologis anak. Menjadi genius BUKAN tujuan pendidikan. Menjadi genius BUKAN tujuan hidup anak.

Salah satu metode untuk meningkatkan kecerdasan anak bahkan menjadikannya genius adalah metode aktivasi otak tengah. Apa itu aktivasi otak tengah? Dan apa saja manfaat serta kemampuan apa yang ditingkatkan? Mengutip dari situs otak tengah menyatakan bahwa :

Aktivasi Otak tengah adalah  suatu penemuan fenomenal dalam pendidikan anak. Teori penggunaan otak tengah sebenarnya telah banyak dilakukan pada banyak negara negara di Asia terutama Jepang. Jepang telah lama melakukan praktek aktivasi otak tengah pada anak-anak.Seorang anak yang telah diaktivasi otak tengah akan memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan anak yang otak tengahnya belum di aktivasi.

Kegiatan dengan mata tertutup adalah suatu kegiatan yang paling nyata dapat dilihat. Seorang anak yang telah diaktivasi otak tengahnya (Mid Brain Activated) dapat mempunyai kemampuan luar biasa. Kemampuan ini bahkan sering kali dipertontonkan secara menakjubkan dalam program hiburan sulap. Setelah melihat kemampuan anak yang telah diaktivasi, sebagian besar acara pertandingan sulap di The Master menjadi kurang menarik. Karena hal ini dapat dilakukan sendiri oleh anak-anak polos yang hanya mengikuti training aktivasi otak tengah selama 2 hari.

Kemampuan dasar yang dapat dilakukan adalah ‘melihat’ kartu dengan mata ditutup (blind fold). Christofle (9 thn) misalnya, setelah mengikuti training aktivasi otak tengah, dapat mengurutkan seluruh kartu remi sesuai dengan angka, warna dan bentuk gambar kartu dengan mata tertutup. Ia dapat mempergunakan indra raba untuk melihat pola dan warna lengkap dengan angka hanya dengan penglihatan kulit (Skin Vision).

Kemampuan lain yang dapat dilakukan oleh anak-anak ini adalah berjalan dengan mata ditutup, tanpa menabrak. Dilakukan percobaan pada seorang anak yang berjalan dengan mata ditutup kain. Seseorang sengaja menghalangi jalan didepannya. Dia serta merta dapat menghindari rintangan tersebut tanpa menyentuhnya. Seorang anak bahkan dapat mengenali ayahnya diantara kerumunan orang-tua lainnya, tanpa menyentuh dan mendengar suaranya.

Pada tingkatan yang lebih lanjut seorang anak diharapkan dapat ‘melihat’ benda dibalik tembok atau didalam kotak. Ia bahkan dapat menghitung uang yang terdapat dalam dompet seeorang di hadapannya tanpa orang tersebut mengeluarkan dompetnya. Jika seorang anak rajin melatih fungsi otak tengahnya bahkan dia dapat mengharapkan membaca dokumen yang terletak dalam posisi tertutup.

Kemampuan prediksi (memperkirakan apa yang akan terjadi beberapa saat kemudian) adalah kemampuan yang lebih tinggi yang dapat di miliki oleh seorang anak. Seorang anak yang telah mendapat aktivasi otak tengah dapat ‘menduga’ kartu apa yang akan muncul pada saat orang tersebut masih mengocok kartunya. Begitu selesai mengocok, dan memilih sebuah kartu, orang tersebut mengambil sebuah kartu yang ternyata tepat seperti ‘dugaan’ sang anak tersebut.

Aktivasi otak tengah bukanlah suatu hal yang magis atau berbau supranatural. Aktivasi otak tengah dilakukan dengan secara ilmiah. Aktivasi otak tengah ini  banyak mempergunakan gelombang otak Alpha. Gelombang otak Alpha di buktikan secara ilmiah adalah gelombang otak yang muncul dominan pada saat kita dalam keadaan relax dan paling kreatif. Gelombang otak ini biasanya dominan pada saat kita bangun tidur, atau dalam keadaan relax di toilet, atau bahkan sedang berendam air panas di bathtub. Tidak heran mengapa Archimedes menemukan hukum Achimedes pada saat dia mandi. 

Otak tengah yang teraktivasi memancarkan gelombang otak yang mirip seperti radar. Hal ini membuat pemiliknya mampu melihat benda dalam keadaan mata tertutup. Pada dasarnya, gelombang tersebut terletak di bawah hidung. Hanya mampu mendeteksi benda yang terletak sedikit di bawah hidung.

Latihan yang teratur dapat membuat sang anak menjadi lebih kuat dan mampu melihat benda yang terletak lebih tinggi lagi. Bahkan ada beberapa anak yang dapat medeteksi sampai 360 derajat. Hal itu berarti mereka dapat mendeteksi benda yang terletak di belakang, atas dan semua arah.

Training aktivasi otak tengah telah mulai dilakukan di Indonesia. Saat ini belum banyak orang yang mengetahui keberadaan dari training  ini. Training biasanya dilakukan selama 2 hari. Pada saat itu juga biasanya dilakukan training untuk para orang tua. Seperti juga bidang keahlian lainnya, orang tua berperan besar untuk dapat membantu anak mengembangkan potensi otak tengah mereka.

Seorang anak dengan otak tengah yang kuat, diharapkan dapat mengembangkan otak kanan dan otak kiri secara lebih maksimal sehingga mereka dapat masuk kategori jenius. Bukan hanya dalam otak kiri (IQ, intelektual) , atau otak kanan (emosional, EQ) tetapi juga dalam ‘Loving Inteligence’. Mereka adalah individu yang seimbang dan mengasihi orang lain seperti sang pencipta mengasihi dia. Sayangnya training aktivasi otak tengah ini hanya dapat dilakukan untuk anak umur 5 – 15 tahun saja

Ketika otak tengah diaktifkan , anak anda akan memiliki akses yang mudah ke baik otak kiri maupun kanan. Dengan akses mudah ini, mereka akan belajar, membaca dan mengahafal benda-benda dalam kecepatan yang lebih cepat dan dengan demikian meningkatkan keyakinan, minat dan konsentrasi mereka dalam belajar.

Aktivasi otak tengah dilakukan dengan secara ilmiah. Aktivasi otak tengah ini  banyak mempergunakan gelombang otak Alpha. Gelombang otak Alpha di buktikan secara ilmiah adalah gelombang otak yang muncul dominan pada saat kita dalam keadaan relax dan paling kreatif.

Metode ini diklaim dilakukan secara ilmiah dengan mengemukakan fakta tentang gelombang otak. Kemudian di dalam buku Dahsyatnya Otak Tengah, penulis menjelaskan anatomi otak tengah dari sudut pandang biologis. Penjelasannya seakan-akan kelihatan ilmiah karena memuat banyak istilah dan gambar medis-biologi.

Sayang sekali meskipun menggunakan banyak illustrasi menarik tentang kerja saraf bahkan video pengajaran otak, tetapi sama sekali tidak menyinggung tentang KORELASI ILMIAH aktivasi otak tengah dengan FAKTOR GENIUS anak.

Metode aktivasi otak tengah sering memberikan landasan ilmiah untuk menjustifikasi teorinya. Benarkah bahwa metode aktivasi otak tengah adalah metode yang benar-benar menimbulkan efek seperti yang diklaim? Benarkah aktivasi otak tengah akan membuat anak menjadi genius?

Apa itu Otak Tengah?

Dalam definisi yang diberikan oleh lembaga yang mempopulerkan training aktivasi otak tengah, mereka memberikan definisi sebagai berikut :

Apa itu “midbrain” (mesencephalon) dan apa tujuan mengaktifkan otak tengah?

Otak tengah adalah jembatan untuk menghubungkan dan menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan. Mengaktifkannya akan memungkinkan baik otak kiri maupun kanan berfungsi secara normal. Pengaktifan otak tengah mengembalikan kekuatan otak pada keadaan semulanya.

Saya tidak tahu darimana definisi tentang otak tengah seperti yang dituliskan di atas. Apakah memang benar otak tengah adalah PENGHUBUNG otak kiri dan otak kanan? Sekilas dari kata”tengah” memang ada benarnya.

Namun, jika kita tinjau dari definisi anatomi biologi otak, otak tengah---disebut juga mesencephalon--- adalah bagian otak yang terletak di antara forebrain dan hindbrain. Atau terletak antara otak depan ( besar) dengan otak belakang.

Otak tengah BUKAN otak penghubung antara otak kiri dan kanan. Penghubung antara otak kiri dan kanan adalah CORPUS CALLOSUM. Kesalahan fatal ini membuktikan bahwa secara anatomi, para praktisi otak tengah bahkan secara serampangan menghubungkan otak tengah dengan otak kiri-kanan.

midbrain

Apakah fungsi otak tengah? Otak tengah berfungsi BUKAN sebagai penyeimbang otak kanan atau kiri, tetapi berfungsi dalam pergerakan bola mata, lensa mata, diameter pupil, saraf visual serta gerak motorik. Otak tengah jelas berhubungan dengan fungsi visual, tetapi dengan gegabah menghubungkan bahwa metode menutup mata akan mengaktifkan otak tengah merupakan kesimpulan harus diteliti lebih lanjut.

Penelitian internasional juga membuktikan bahwa otak tengah mempunyai peranan dalam penyusunan memori yang baru bersama dengan organ hipokampus yang dirangsang oleh kadar dopamin otak. Dengan demikian, pembelajaran melibatkan bukan hanya bagian otak tertentu saja, tetapi juga melibatkan hampir sebagian besar otak. Organ penyusun sistem limbic seperti amigdala, hipokampus, hipotalamus jelas berperan penting dalam penyusunan dan recalling memori. Sistem limbic merupakan sistem control emosi dan hormon sehingga proses belajar dapat dilakukan secara simultan. 

Hal yang paling menyesatkan adalah ketika anda berusaha mendukung teori anda dengan seabrek istilah ilmiah bahkan dengan ilustrasi dan foto atau gambar medis sehingga seakan-akan penjelasan akan teori anda akan menjadi ilmiah. Inilah yang saya lihat dari buku maupun situs praktisi aktivasi otak tengah. Sekedar menyajikan fakta dan beragam komentar ataupun kesaksian TIDAK membuat teori aktivasi otak menjadi benar. Apalagi klaim bahwa sudah dibuktikan oleh penelitian ini dan itu.

Berdasarkan informasi mengenai aktivasi otak tengah ini, para penganjur maupun pelopornya TIDAK pernah memberikan SATU buktipun bahwa aktivasi otak tengah TELAH diakui oleh Asosiasi Kedokteran Internasional maupun Jurnal Ilmiah Internasional yang bergengsi. Hal ini cukup mengherankan karena klaim ilmiah yang sering dinyatakan berulang-ulang dalam situs-situs dan ajaran mereka.

Hal lain yang sering menimbulkan kesesatan pikir adalah penyajian istilah maupun fakta medis seringkali hanya untuk memperkuat teori TANPA bisa menunjukkan KORELASI antara fakta dengan klaim mereka. Sebagai contohnya adalah ketika mereka menyatakan bahwa gelombang otak yang telah teraktivasi adalah gelombang Alfa otak. Tidak ada korelasi antara aktivasi otak tengah dengan gelombang otak alfa yang muncul, karena tanpa aktivasi, gelombang ini juga bisa muncul. Tidak ada bukti bahwa aktivasi otak tengah akan memicu gelombang alfa otak. Kecuali para praktisi bisa menunjukkan lewat PET Scan dan MRI, tetapi sampai sekarang, tidak ada korelasi apapun tentang itu.

Para praktisi otak tengah juga sering menjelaskan dan menunjukkan gambar bagaimana neurotransmitter pada syaraf terjadi sebagaimana terjadi dalam otak tengah yang telah diaktivasi. Saya tidak tahu apakah mereka mengira bahwa dunia kedokteran terlalu mudah dibodohi ataupun mereka tidak tahu tapi sok tahu, bahwa untuk menimbulkan suatu reaksi pada syaraf, memang membutuhkan neurotransmitter. Dan ini berlaku pada semua kerja syaraf.

Disini mereka tidak dapat menunjukkan korelasi antara neurotransmitter apa yang ditimbulkan dengan teknik aktivasi otak tengah. Kecuali mereka telah bisa menunjukkan bahwa ada neurotransmitter KHUSUS yang dipancarkan selama aktivasi otak tengah. Itupun masih harus dicari korelasi antara neurotransmitter tersebut dengan genius yang ditimbulkan sebagai hasil dari aktivasi otak tengah. Apa hubungan antara neurotransmitter akibat hasil aktivasi dengan kegeniusan anak?

Nampaknya klaim ilmiah dari metode ini sama sekali NIHIL alias TIDAK ADA. Tidak ada landasan ilmiah sama sekali dalam metode aktivasi otak tengah ini. Karena itu, maka metode ini adalah tergolong pseudoscience dan harus dikritisi dengan keras oleh dunia kedokteran. Untuk membuktikan secara ilmiah suatu penelitian, membutuhkan suatu proses yang panjang sampai diakui oleh dunia internasional. Apalagi sebagai suatu metode yang mengaku serta menggunakan istilah kedokteran sebagai landasan teorinya.

Disini jelas, bahwa teori aktivasi otak tengah menyisakan hampir semua korelasi neuroscience yang belum diteliti, misalnya :

1.    Apa hubungan menutup mata dengan proses aktifnya otak tengah? Bukankah fungsi otak tengah justru untuk mengaktifkan saraf visual?
2.    Apa hubungan antara menutup mata dengan kegeniusan seorang anak?
3.    Apa hubungan antara otak tengah dengan kegeniusan?
4.    Apa hubungan antara gelombang otak dengan kegeniusan anak? Apakah anak yang genius selalu berpikir dalam gelombang alfa otak? Bukankah gelombang siaga otak (beta) justru penting bagi pembelajaran?
5.    Apa hubungan antara antara mendengarkan audio dengan kecerdasan anak? Apakah anak yang mendengarkan musik klasik akan lebih pintar dari anak yang mendengar musik dangdut?

Salah satu cara untuk mengaktifkan otak tengah adalah dengan metode Blindfold reading yaitu metode membaca dengan menutup mata. Bahkan dalam demo, mata anak diikat dengan kain supaya tidak bisa melihat, supaya mereka dapat mencapai tingkat membaca sampai level Skin Vision ( membaca lewat kulit). Inilah salah satu kesaksian metode ini dari kutipan sebuah blog :

Penulis bertanya pada 2 orang anak peserta berusia sekitar 7 tahun yang melakukan demo setelah syaraf otak tengahnya diaktifasi*: dik, pada saat anda memegang kartu dengan mata tertutup, bagaimana cara anda mengetahui angka kartu tersebut dan juga warnanya*? mereka menjawab*: pada saat saya pegang kartu, angka yang tertera pada kartu muncul di otak saya dan warna kartu juga muncul.

Tadi saya melihat anda selain memegang kartu anda mencoba mencium bau kartu dan ada peserta lain yang mencoba mendengar kartu (meletakan kartu ditelinganya) itu untuk apa*? ke 2 orang anak itu menjawab, kadang-kadang pada saat memegang kartu kita belum tahu angka dan warna kartu, kita coba dengan mencium bau kartu dan jika belum berhasil maka dicoba untuk mendengar kartu tersebut. Umumnya pada saat tidak konsentrasi, angka dan warna kartu tidak akan muncul di dalam otak, begitu komentar mereka…

Mengapa anak-anak perlu mencium bau kartu maupun mendekatkan ke telinga? Pertanyaan ini menyisakan suatu tanda tanya besar, benarkah anak-anak bisa membaca dengan mata tertutup? Jawabannya jelas : TIDAK MUNGKIN, kecuali anda mengetahui TRIKnya. Apa triknya? Salah satunya adalah dengan mencium bau kartu maupun mendekatkan ke telinga. Lho, bagaimana mungkin ini bisa disebut trik, bukankah ini adalah HASIL aktivasi otak tengah?

Silakan anda membaca dan melihat video dari para anak-anak yang telah mengikuti training ini. Mengapa mereka perlu mencium dan mendekatkan ke hidung ataupun telinga? Bukankah rahasianya adalah terletak pada kain penutup mata mereka? Apakah kain penutup mata mereka transparan atau tembus-pandang? Tidak mungkin. Lalu dimanakah rahasianya? Mungkin setelah kita melihat foto dan videonya beberapa kali, kita akan tahu mengapa anak-anak tersebut bisa melihat.

Saya tidak tahu apakah anak-anak tersebut ditipu ataukah mereka menipu dirinya sendiri. Yang jelas mereka diajarkan untuk berbohong kepada diri sendiri setelah melalui proses pembohongan massal. Itulah mengapa para orang tua dianjurkan juga jangan menuduh anak mencontek dari bawah karena itu akan mengurangi hasil aktivasi otak tengah.

Itulah sebabnya mereka mengajarkan bahwa mengapa anak-anak harus mencium dan mendekatkan ke hidung. Jika kita bertanya mengapa harus demikian, mereka akan menjawab : Otak tengah yang teraktivasi memancarkan gelombang otak yang mirip seperti radar. Hal ini membuat pemiliknya mampu melihat benda dalam keadaan mata tertutup. Pada dasarnya, gelombang tersebut terletak di bawah hidung. Hanya mampu mendeteksi benda yang terletak sedikit di bawah hidung..

Inikah aktivasi ilmiah yang didengungkan oleh para praktisi ini? Inikah yang dikatakan sebagai ILMIAH? Bagaimana bisa mengetahui bahwa gelombang itu terletak di bawah hidung? Mana penelitian ilmiah yang mendukungnya? Bukankah ini seperti dongeng-dongeng fiksi ilmiah bahkan tergolong pada pseudoscience yang harus terlebih dahulu dibuktikan?

Meskipun demikian, mereka masih dapat mengemas teorinya secara komersil. Masih banyak yang langsung percaya bahwa metode ini adalah metode yang sudah diakui secara internasional. Bayangkanlah ilmiahnya jika kita membaca tulisan di bawah ini yang berasal dari situs mereka :

Pada awalnya kemampuan otak tengah merupakan mitos. Beberapa orang ternyata mempunyai kemampuan seperti ini. Dari hasil pengamatan, ada suatu pola kemampuan yang sama. Mereka dapat melihat dengan mata tertutup (tanpa menggunakan mata) mereka dapat melihat dengan kulit (skin vision). Ada juga suatu kemampuan untuk melihat di belakang kepala.

Kemampuan ini banyak dikejar oleh para pelaku olah raga bela diri. Anda pernah menonton film Spiderman yang pertama? Tiba-tiba indera dari Peter Parker (nama orang normal dari Spiderman) dapat merasakan intuisi seperti laba-laba. Pada akhir cerita, musuhnya mengaktifkan kendaraan  di belakang Spiderman yang dapat menusuknya. Tetapi Spiderman dapat melompat menghindari tusukan tersebut, tanpa melihat kebelakang.

Menggunakan contoh Spiderman untuk mendukung teori pembacaan lewat Skin Vision adalah hal terbodoh yang pernah dilakukan oleh seorang ilmuwan. Benarkah kulit kita dapat membaca? Saya tidak tahu apakah para praktisi otak tengah terlalu banyak membaca buku fiksi ilmiah atau komik doraemon. Menggunakan kalimat “penelitian” bukan berarti bahwa penelitian tersebut diakui. Banyak penelitian yang asal-asalan. Banyak juga penelitian yang tidak memenuhi kaidah penelitian ilmiah. Silakan bertanya kepada mereka siapa peneliti dan penelitian apa yang bertaraf internasional sehingga mereka menuliskan seperti di bawah ini :

Istilah yang dipakai bukanlah kemampuan otak tengah. Tetapi setiap usaha memberikan nama tersendiri. Penelitian ternyata mengarah pada suatu bagian otak yang menjadi penyebab semua kemampuan tersebut. Penelitian tentang kemampuan otak tengah ini kurang menarik minat, karena cara pengaktifan-nya yang sulit. Berbagai cara dipakai untuk mengaktifkan otak tengah ini.

Penemuan fenomenal dari otak tengah ini terletak pada metoda aktivasi-nya. Kemampuan otak tengah ini sudah diketahui lama oleh para peneliti dan para praktisi. Banyak pula orang yang berusaha dengan caranya sendiri mengaktifkan otak tengah.

Sampai sekarang, saya masih mencari dan bertanya-tanya, penelitian dari mana dan siapa peneliti yang melakukannya sehingga diakui oleh jurnal internasional seperti Journal of Neuroscience, American Academy of Neurology, Journal of Cognitive and Neuroscience, British Medical Journal, New England Journal of Medicine,  dan masih banyak jurnal Science dan medis yang lainnya.

Itulah sebabnya, ketika Sdr hai-hai menguji metode ini dengan eksperimen sendiri, menyimpulkan bahwa :

Sesungguhnya, dibalik selendang penutup, mata saya sama sekali tidak terpejam. Walaupun NAMPAK tertutup selendang batik, sesungguhnya saya bisa melihat melalui BAGIAN bawah selendang batik tersebut. Saya mampu membedakan dan menebak kartu warna, menebak kartu, mewarnai gambar, membaca, makan, main catur, berjalan di atas papan titian yang lebarnya 8 cm dan naik sepeda bahkan mengendarai motor dan mobil karena saya bisa melihat melalu BAGIAN bawah selendang batik tersebut. Itulah yang disebut Trick sulap. Ketika penonton menyangka selendang batik tersebut menutupi mata saya sesungguhnya yang terjadi adalah hal sebaliknya, selendang itu membut penonton tidak TAHU bahwa dalam kondisi demikian saya bisa melihat.

Handai taulan sekalian, tahukah anda kenapa semua benda-benda yang ditebak dan dimainkan itu diletakkan di bawah mata dan ketika tidak mampu melihat dengan baik, maka benda itu akan didekatkan ke hidung dengan pura-pura menciumnya? Karena Saya melihat dari BAGIAN bawah selendang yang menutupi mata saya. Itu sebabnya ketika melihat benda yang lebih jauh dari tubuh saya, saya perlu mendongak sebab saya melihat dari BAGIAN bawah selendang. Meraba, mendengar, mencium hanya aksi untuk meyakinkan penonton.

Handai taulan sekalian, bagaimana anda tahu yang saya tulis benar? Anda akan tahu setelah mencobanya sendiri. Ambil kain atau selendang atau taplak meja lalu lipatlah menjadi pita dengan lebar kurang lebih 3 jari tangan atau 5 Cm. Pejamkan mata anda kencang-kencang lalu gunakan selendang itu menutupi mata anda. Jangan sampai selendang itu menutupi telinga anda atau bila menutupi telinga terasa nyaman, jangan biarkan selendang itu menutupi semua telinga, biarkan bgian bawah telinga terbuka

Lalu bagaimana kita menyikapi fenomena metode yang heboh ini? Jelas, kalau ini hanya suatu metode yang tanpa dasar ilmiah, kita harus menolaknya. Seandainya ini masih berada dalam tahap penelitian, mengapa dengan gegabah dan serampangan mengajarkannya kepada orang banyak?

Seandainya metode ini telah diakui secara internasional, bukankah mereka HANYA perlu menunjukkan kepada public manakah penelitian bertaraf internasional yang mengakui metode aktivasi otak tengah tersebut? Sayangnya sampai sekarang, para praktisi hanya bisa memakai kedok kalimat pseudoscience yang belum terbukti secara ilmiah medis.

Kesimpulan dari tulisan ini adalah metode aktivasi otak tengah HARUS dikritik secara tajam. Bualan mereka harus dibongkar supaya tidak banyak orang tua yang akhirnya tertipu dan menghabiskan investasi sebesar 3 sampai 3,5 juta untuk training dua hari.

Para orang tua harus diberikan penerangan bahwa TIDAK ADA metode belajar INSTAN yang bisa membuat anak genius seketika. Para orang tua juga harus menyadari, bahwa metode terbaik belajar adalah bagaimana menciptakan suatu lingkungan pembelajaran yang baik serta pendampingan yang baik.

Belajar selalu melibatkan LINGKUNGAN dan INTERAKSI. Proses belajar adalah proses yang berlangsung seumur hidup. Bukan dengan cara instant apalagi dengan cara yang tidak masuk akal. Lingkungan belajar harus diperhatikan baik yang mendukung maupun yang menghambat. Interaksi belajar melibatkan bagaimana, siapa dan dengan apa seorang anak belajar.

Belajar secara menyenangkan tentu akan berbeda hasilnya dengan belajar di bawah tekanan stress. Meskipun masing-masing cara mempunyai aspek negative dan positifnya. Memaksakan suatu cara atau metode belajar serta mengeneralisasikan suatu metode kepada semua anak adalah pemikiran yang keliru. Apalagi mengklaim metode tertentu dapat meningkatkan kecerdasan otak secara mutlak.

Belajar juga selalu melibatkan nilai-nilai kehidupan, bukan hanya sekedar supaya anak menjadi pintar. Menjadi genius adalah efek dari belajar, bukan tujuan pembelajaran. Apalagi kategori genius adalah kategori yang bias. Banyak anak berbakat tidak kelihatan genius. Bahkan banyak orang yang berhasil dalam studi adalah tergolong kategori rata-rata. Genius adalah suatu istilah yang tidak mempunyai standar yang baku. Apakah genius berarti semua mata pelajaran pasti nilainya 100? Apakah genius berarti nilai matematika selalu 100? Apakah genius berarti kreatif dan fleksibel? Apakah genius berarti melulu ber-IQ tinggi? Banyak orang yang dianggap pintar namun kakunya luar biasa. Banyak orang yang kreatif luar biasa namun gagal memenuhi standar naik kelas. 

Kompleksnya proses belajar hanya menyisakan kesimpulan bahwa pembelajaran adalah suatu kegiatan yang bersifat kontinu dan konsisten. Belajar bukan hanya sekedar bisa menghafal fakta, tetapi harus menghubungkan, memahami hubungannya, dan menjelaskan pemahamannya. Penjelasan ini akan menjadi suatu dasar berkembangnya proses belajar berkesinambungan. Proses ini adalah siklus belajar yang harus dilalui oleh setiap orang tanpa kecuali. Tidak ada JALAN PINTAS. Tidak ada CARA INSTAN.  

Tidak ada jalan lain untuk menjadi pintar selain belajar dan belajar. Proses ini harus dilakukan secara berulang-ulang sampai mampu memahami dan mengerti hasil kegiatan belajar. Untuk paham dan melakukannya, perlu suatu tekad dan motivasi dalam proses belajar tersebut. Rasa ingin tahu dan keinginan untuk terus maju adalah factor internal yang harus dipupuk terus oleh orang tua. Bukan dengan cara mencari metode ajaib yang langsung melejitkan kemampuan otak sehingga menjadi genius.

Setiap metode pembelajaran mesti dikritisi dan disikapi dengan hati-hati. Setiap metode berbasis ilmiah harus sudah bisa dibuktikan secara ilmiah. Bukan dengan perkataan omong kosong bak dongeng nan mitos yang dibungkus dalam istilah sains. Tentu saja kita tidak boleh mengganggap sepi semua penelitian ilmiah yang baru tentang otak, namun jika kita hanya menerima suatu metode pembelajaran otak tanpa dasar ilmiah, maka hal itu justru akan menjadi boomerang bagi masa depan generasi bangsa ini.

Dr. Arman YurisaldiS, MS, SpS dalam bukunya “Mengungkap misteri otak tengah” menyatakan bahwa : tanpa bukti dan metode penelitian yang benar, maka istilah “pengaktifan otak tengah” adalah istilah yang sama sekali tidak berdasar ilmiah.
Saya menyebutnya sebagai pseudoscience yaitu pernyataan yang seakan-akan ilmiah namun tidak terbukti sebagai ilmiah.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para orang tua dan blogger SS.

Sumber :

Makalah Hai-hai (tidak dipublikasikan): Genius Mind Consultancy (GMC) – Tips or Trick

Buku "Mengungkap misteri otak tengah" oleh dr.Arman Y, MS, S

Buku " Dahsyatnya Otak Tengah" oleh Hartono S

Situs tentang aktivasi otak tengah :

http://otaktengah.com/

http://www.gmc-geniusmind.com/

http://geniusmind-indonesia.com/

http://www.gmc-geniusmind.com/video-gallery.html

http://www.videosurf.com/video/blindfold-driving-73925815

http://www.videosurf.com/video/mmw-blindfold-reading-method-70842435

http://www.videosurf.com/video/blindfold-reading-kl-64510446

http://www.videosurf.com/video/leonice-tang-meile-72238718

http://aespee.wordpress.com/2010/03/04/otak-tengah-diaktifkan-bisa-membaca-tanpa-melihat/

Tante Paku's picture

Sudah saya test.

     Satu hari sebelum blog ini di posting, saya juga dibujuk ikut aktivasi otak tengah di sebuah mall, biayanya memang 3,5 juta untuk 2 hari. Mereka pun menunjukkan hasil dari latihan tersebut dengan anak-anak yang ditutup matanya, memang sepertinya menakjubkan, bahkan membaca KTP yang belum tau pun bisa tepat.

     Timbul selalu penasaran saya dan ingin mengetest kemampuannya yang bisa membuatku semakin terpesona nggak? Tapi hasilnya, sangat mengecewakan. Sampai di rumah saya praktekkan sendiri dan ternyata saya juga bisa dengan trik seperti yang sudah ditulis Vantilian di atas itu ha ha ha ha.....Yang melihat pada terkesima, "Wah tante kok hebat, baru lihat sekali langsung bisa mempraktekkannya!" Kata mereka serempak.

     "Ternyata harus pake mantra!" Jawab saya sekenanya.

     "Apa mantranya? Diajarin dong...." tanya mereka berbarengan.

     "Mantranya begini, BUL TAK KIBAL KIBUL KALO NGIBUL BIAR KABUL PAKE KEMULE MBAH KIMPUL......"

      Semua ngakak, asem tenan!

Vantillian's picture

Tante Paku, metode otak yang kebla-blasan

TP, saya pertama diberitahu oleh Hai-hai mengenai kegiatan aktivasi otak tengah ini. Kemudian saya melihat dan terheran-heran. Masih ada juga penipuan seperti ini. Lalu saya mencoba mencari artikel ilmiah mengenai otak tengah. Saya belum menjumpai satupun artikel ilmiah yang membahas teknik ini. Selama mengajar hampir sepuluh tahun, saya baru pertama kali mendengar otak tengah adalah PENGHUBUNG otak kiri dan kanan. Apakah ilmu biologi otak sudah berubah sehingga istilah biologi juga sudah berubah arti?

Memang tidak dapat dipungkiri ilmu neuroscience berkembang sangat pesat selama 20 tahun terakhir. Banyak hal baru yang selalu muncul berkaitan dengan penelitian tentang otak. Saya sendiri menyenangi ilmu tentang otak. Ilmu tentang otak sudah banyak berkembang sejak ditemukannya fungsi otak kiri dan kanan oleh Roger Sperry. Lalu kemudian dilanjutkan adanya terobosan Otak emosional dan otak sosial oleh Daniel Goleman. Berbagai kategori kecerdasan juga mengalami revolusi seperti adanya teori kecerdasan majemuk.

Teori metode pembelajaran juga mengalami banyak perubahan. Eric Jensen termasuk salah satu pelopor Brain Based Learning. Akhirnya muncul teori Whole Brain Learning yang menggabungkan gaya belajar dengan belahan dominasi otak.

Meskipun banyak terjadi perubahan, namun saya melihat semua metode pembelajaran masih dalam batas yang dilandaskan berbagai penelitian ilmiah yang ada. Buku Eric Jensen termasuk yang bagus untuk dipelajari. Ada dua bukunya yang bagus : Brain based Learning dan Memperkaya Otak. Semua metode selalu berfokus pada faktor LINGKUNGAN dan DIRI supaya otak bisa belajar dengan maksimal. Meskipun demikian, metode ini mengakui nilai-nilai belajar yang tradisional. Tidak ada cara instan dan jalan pintas. Yang perlu diperbaiki adalah faktor lingkungan dan diri tersebut. Faktor apakah yang membuat otak semakin mudah menyimpan memori? Faktor apakah yang menghambat cara kerja otak?

Tetapi untuk metode aktivasi otak tengah, saya melihat ini lebih didasarkan bisnis berkedok ilmiah. Tidak ada metode instan mencetak otak genius. Bahkan tidak ada obat mutakhir yang bisa membuat otak langsung genius. Yang ditawarkan oleh metode otak tengah selain SALAH dalam landasan medisnya, hanya suatu kehebohan semata. Yang membuat saya bertanya-tanya sampai sekarang, bagaimana cara mereka menanamkan cara menipu diri pada anak-anak sehingga mereka menajdi yakin dapat melihat walaupun ditutup dengan kain?

Indonesia memang kerap kali menjadi kambing hitam dan uji coba sejumlah metode tidak bertanggung jawab. Meskipun saya yakin kita tidak bodoh, namun herannya kita masih terpengaruh oleh banyak tahyul yang dibalut oleh marketing ala sains dan medis.

Btw, mantera Tante Paku Mantap..Haha

youth-of-david's picture

Hmmm...

Hmmm.. Sy penasaran, apakah benar ap yg d tu2rkan d post d atas? Tntg alpha wave dan semacamny itu.. Sebenarny sy ingin jg mencobany si. Hehehe.. Tp masa 3,5 jt? Hargany wow tuh... Yah, itupun klo Tuhan berkehendak si... Hehehe...

Mgkn benar jg kali y? Soalny adikny tmn sy bs menebak bentuk dan angka kartuny meskipun dy shuffle be2rp kartu d pantatny (dgn arah pandangan lurus k dpn). Bahkan tmn sy jg bilang klo adikny bs lakuin hal yg sm tp shuffleny d atas kepala.. Mgkn bnran jg kali y? Hoho..

Tp yg ingin sy tekankan d sini adlh: kemgknan org2 yg sdh mempunyai skill tsb akan menjd sombong n menganggap diriny powerful, hingga merasa tdk memerlukan Tuhan lg.. Maka dr itu sy jg sempat berpikir: "Jgn2 ni ajaran iblis yg baru?" Be2rp hal yg scientifically proven kn menyesatkan org. Sy jd sdkt mengurungkan niat stlh mikir gt... 

 

"You wanna see a miracle? Be a miracle!" by GOD in "Bruce Almighty" movie.

__________________

"You wanna see a miracle? Be a miracle!" by GOD in "Bruce Almighty" movie.

Vantillian's picture

Youth, hanya katanya....

Youth, metode ini menghadapi dilema yang besar :

1. Mereka harus menunjukkan bahwa klaim ilmiah metode ini diakui oleh dunia internasional, dimana mereka belum bisa menunjukkan, meskipun banyak menggunakan kata "penelitian".

2. Kalau mereka belum mampu menunjukkan penelitian yang valid tentang metode ini, mengapa mengajarkan dengan yakin bahwa aktivasi ini akan membuat anak genius?

Semua kesaksian dan pengalaman yang dialami anak betapa "HEBATNYA" hanya KATANYA saja...Silakan anda coba sendiri, baik mencoba anak-anak yang sudah diaktivasi maupun langsung mencoba sendiri. Anda akan menjumpai banyak peraturan mengenai cara ikat kain pada mata, sampai jangan menuduh anak-anak itu nyontek. Lagipula untuk orang dewasa, mereka mungkin akan mengatakan otak tengah anda sudah tertutup dan sangat susah untuk aktif. Anda mungkin sudah terlalu banyak menggunakan otak kiri atau otak besar. Sehingga anda TIDAK AKAN PERCAYA pada metode aktivasi ini. Akibatnya hasilnya cuma sedkit yang anda dapatkan. Inilah alasan yang mungkin anda akan dengar. Karena itu mereka membatasi metode ini hanya untuk usia 5-15 tahun.

Youth, ujilah segala sesuatu khususnya berkaitan dengan kata "INSTAN" dan "SUPER CEPAT". Tidak ada jalan pintas belajar. Yang ada adalah bagaimana memanipulasi lingkungan dan diri supaya bisa belajar lebih baik. Ada yang cepat belajar, ada yang lebih lambat.

dReamZ's picture

@vantillian gw suka tulisan lo *wink2*

gw jd teringat ma Carl Sagan, idol gw heheh..

dia jg pna bahas claim2 pseudoscience seperti org yg blg dikunjungin ma extraterrestrials UFO, n ne org claim kl dia bisa berkomunikasi ma makluk UFO.

mengingat makluk2 ini datang jauh2 mengunjungi planet kita, tentunya teknologi mreka dah canggih, n very advanced. so si Sagan, nanyain pertanyaan2 spti fermat's last theorem, goldbach conjecture, n laen (niwei ne teori dah gw pelototin berjam2, berhari2 tp mpe skrang gw masi ga ngerti2 amat ahahaha). N jelasin itu apa coz si makluk UFO kemungkinan besar punya istilah yg beda. Hasilna si Sagan ga pna dapet jawaban dr si makluk UFO.

Ini beda waktu Sagan nanya pertanyaan2 yg "kabur" misalnya ttg gmana seharusnya kita jd org yg lebih baek (kyak moral judgement) br makhluk UFO na semangat jawabin hihihihi....

Vantillian's picture

Dreamz...Carl Sagan...

Dreamz...Thanks untuk apresiasinya...Carl Sagan menulis satu buku yang popular " COSMOS". Saya punya bukunya namun belum pernah membacanya, saya hanya melirik sedikit bagian dalam. Mungkin saya kurang cepat dalam memahami tulisannya, hehe...Dia termasuk orang yang brillian. Sayang, saya pernah baca, dia itu agnostik atau ateis humanis.

 

youth-of-david's picture

@Vantillian

Thx 4 the info :) Yah, sebnrny sy tipe org yg sgt menyukai speed, makany sy penasaran sm hal tsb. Hehe... Yah, tp smua hal butuh proses kn? G bs smua itu instan.. I've gotta live with it.. It's the fact. Hahaha... Thx again y kk/cc (anda pria ato wanita sih? Hehe)

"You wanna see a miracle? Be a miracle!" by GOD in "Bruce Almighty" movie.

__________________

"You wanna see a miracle? Be a miracle!" by GOD in "Bruce Almighty" movie.

dReamZ's picture

mm gw jg sbenarnya pengen jd

mm gw jg sbenarnya pengen jd pinter jg si .. makana gw suka kagum org2 pinter kyak Sagan, Feynman, Dawkins n laen2 idols gw. Cm kyakna suka hopeless, otak gw lemot se, kyakna ga bkal mungkin jd sepinter mreka hihihi...

tapi mang speti yg vantillian blg kaga ada yg instan smua ada proses na

kl gw liat si idols gw pada rajin membaca, buku2 yg mrka baca banyak buanget, mungkin itu salah satuna sebab mreka pinter2

Vantillian's picture

Youth...thanks juga

Youth, thanks juga untuk komentarnya...Suka speed ya? Hehe...Ada teori yang mengajarkan cara baca cepat ( speed reading). Awalnya kelihatan hebat, namun akan banyak yang kehilangan gara-gara speed reading. Membaca buku teks yang berbobot tentu saja tidak bisa speed reading begitu saja. Apalagi membaca surat cinta dari pacar. Haha...

Btw, saya pria...Welcome to SS....

dReamZ's picture

waaa Sagan pena loq ngomel2

waaa Sagan pena loq ngomel2 n sewot abiz karna dia diblgin atheist katanya jgn brani2na blgin dia kaga pcaya (tau)  ma Tuhan (mirip2 se, persis na lupa).. hihihi lucu ya Sagan itu, gw suka banget ma dia...

yg gw baca dr buku2na , Sagan ga nolak ntuk pcaya ttg Tuhan, cm jalan pikiran dia scientist abiz se, jd dia pcaya kl sgala ssuatu hrs dibuktikan, so pcaya ma Tuhan buat Sagan itu lebih ke proses pencarian sapa sbenarnya Tuhan.. katanya2 yg gw suka dia blg: "what is love without understanding? and what greater might do we possess as human beings than our capacity to question and to learn?". Ini komentar dia ntuk ayat2 Alkitab yg blg kasihi Tuhan dgn sgenap hati, jiwa, n pikiran (might). Intinya si dia pcaya kl ga perlu ada pemisahan antara religion n science.

laqqq koq gw jd oot ya maap2 hihihi.. niwei tulisan lo mirip2 style na sagan loq, makana gw suka ma tulisan lo hihihi....paan se gw

 

oh ya komentar dikit yg lo blg diatas:

Yang membuat saya bertanya-tanya sampai sekarang, bagaimana cara mereka menanamkan cara menipu diri pada anak-anak sehingga mereka menajdi yakin dapat melihat walaupun ditutup dengan kain?

ada penjelasannya dikit2 di bukuna Sagan yg: the demon-haunted world, science as a candle in the dark *laq Sagan lagi hihihi*. Kalo ga salah di chapter therapy. Jd mang ada tendency manusia yg bisa "dipengaruhi" mpe pcaya ma ssuatu, walupun awalna org itu dah skeptik abiz2an. Kl ga salah kyak false memories gitu yg akhirna jd org itu pcaya.

Yg paling kasian, yg ada 1 bapak yg dituduh perkosa anakna. Awalna dia pcaya kl dia ga lakuin itu karna memory dia blg dia ga pna lakuin itu(karna mang beneran dia kaga lakuin). Tapi org2 disekitar dia tmasuk gereja dia brusaha yakinin dia kl itu pekerjaan iblis, jd dia ga sadar n ga ingat apa2. Akhirna nih bapak pcaya (false memory) kl dia mang perkosa anaknya. Case ini didenger ma psikolog, akhirna psikolog ngasih analisa apa yg terjd sama dia yg intinya buat ni bapak "sadar" kl dia mang ga lakun perkosaan itu. Tapi pdt na blg jgn dibaca hasil analisa psikolog itu, nanti malah buat binun. Akhirna ne org nyerahin diri ke polisi n ngaku bsalah, n dihukum berpuluh2 taun despite kl ga ada physical evidence yg nunjukin kl dia bersalah.

Lengkap na baca sendiri aja hihihi, abiz gw paling ga pinter nerangin sumthin. Kyakna si tony (nick tonypaulo) pna ngasi ebook na  dalam bentuk pdf. Cm gw masi lom cek coz gw dah baca lgs dr buku..nanti de gw cek dulu buku yg sama ga....

Vantillian's picture

Dreamz...Wah...kurang bisa nangkap saya...

Wah, dreamz...saya kurang bisa nangkap penjelasan anda, maafkan saya. Meskipun saya suka sains, namun seringkali saya tidak begitu cepat bisa memahami teori fisika apalagi kimia, haha....Otak udah lemot...tidak bisa upgrade lagi..Masih pentium 3..Hehe...

Kalau boleh, bisakah dreamz kirim pdf-nya ke email saya disini : vantillian29@yahoo.com? Thanks...

dReamZ's picture

@ventil

ga koq, palingan gw aja yg ga bisa nerangin makanya lo ga ngerti...selemot2na lo, palingan lemotan gw. Buktina lo bisa nulis sebagus itu, kl gw mah mana bisa hihihi ..dilarang protes.. * laq* hihihi...

acikk ...jd lo mo baca jg ya? abiz baca nanti kasi komen ya mnurut lo gmana....

dah dikirim tuw..

youth-of-david's picture

Wah.. (2 Dreamz)

Wah, Carl Sagan y? Sepertiny org yg menarik.. Hehe.. Apakah dy msh hidup atau sdh almarhum? Bukuny ad d toko buku g y? Hehehe..

"You wanna see a miracle? Be a miracle!" by GOD in "Bruce Almighty" movie.

__________________

"You wanna see a miracle? Be a miracle!" by GOD in "Bruce Almighty" movie.

dReamZ's picture

@youth-of-david

sagan dah ga ada, dia pegi tawun 96 huhu sedih, byk yg kehilangan dia tu...

oh ya kl bukuna , kl indo ada di periplus buku dia yg varieties of scientific experience, a personal view of the search of God. compiled ma istri dia Ann Druyan.

kl buku dia yg demon haunted world, ada ne pdf na. Gw dah ngecek yg dikasi ma tony. kl lo mau pm aja email lo nanti gw kirim. Vantillian jg kl mao.

keren tu bukuna yg demon haunted, disitu Sagan jg blg kl belajar itu jgn diapal tp hrs dimengerti. trus ada yg mnarik kenapa anak kecil (awal SD) tingkat curiosity mreka ma science tinggi, pas dah teenz tiba2 jd anti ma science, disitu ada dikit2 jg dibahas..

laq koq jd bahas Sagan mulu woaa. maap2 ya Vantil jd oot ne hihihi peace

joli's picture

Yang sering di lupakan ortu

Kompleksnya proses belajar hanya menyisakan kesimpulan bahwa pembelajaran adalah suatu kegiatan yang bersifat kontinu dan konsisten. Belajar bukan hanya sekedar bisa menghafal fakta, tetapi harus menghubungkan, memahami hubungannya, dan menjelaskan pemahamannya. Penjelasan ini akan menjadi suatu dasar berkembangnya proses belajar berkesinambungan. Proses ini adalah siklus belajar yang harus dilalui oleh setiap orang tanpa kecuali. Tidak ada JALAN PINTAS. Tidak ada CARA INSTAN. 


Bagus Vantillian, tulisan ini sangat di tunggu-tunggu, Joli juga sudah mendapatkan tulisan Hai-hai mengenai GMC, dan Joli share kepada teman-teman pemerhati pendidikan anak. Nah sekarang ni mau minta ijin copy tulisan ini ya.

Joli adalah guru anak-anak usia 3-12 tahun, anak TK-SD, seneng sekali melihat tumbuh kembangnya anak-anak, bukan hanya tumbuh kembang phisiknya tetapi perkembangan kepintaran-nya WOW luar biasa. Anak-anak adalah ajaib, di drill apa aja bisa. Waktu Clair berusia 4-5 th hal berhitung luar biasa. Selama menjadi guru, Joli bukan hanya mengajari anak-anak, namun sekaligus mengajar orang tua-nya. Ternyata mengajar orang tua itu jauh lebih sulit, terutama bila persiapan lomba. Tanpa disadari banyak sikap orang tua yang "merusak" anak-anak, maunya anaknya menjadi ajaib, meski harus dibayar pemaksaan-pemaksaan terhadap anak.

Tidak ada jalan lain untuk menjadi pintar selain belajar dan belajar. Proses ini harus dilakukan secara berulang-ulang sampai mampu memahami dan mengerti hasil kegiatan belajar. Untuk paham dan melakukannya, perlu suatu tekad dan motivasi dalam proses belajar tersebut. Rasa ingin tahu dan keinginan untuk terus maju adalah factor internal yang harus dipupuk terus oleh orang tua. Bukan dengan cara mencari metode ajaib yang langsung melejitkan kemampuan otak sehingga menjadi genius.

Memahami bahwa belajar itu adalah proses, dan proses itu adalah hal yang sangat penting buat anak, sering dilupakan oleh ortu tanpa disadari..

Sharing dan ngerumpi bersama para ortu murid, ketika menunggui anak-anak sekolah adalah saat yang paling pas(tepat)  untuk jualan, baik berjualan makanan maupun jualan ide. Itu dulu yang sering Joli lakukan

youth-of-david's picture

@Cc Joli and Kk dReamZ

@Cc Joli: Wah, bijak kali Cc Joli y (gw panggil "cc" biar g cpt tua.. Hahaha). Dpt masukan nih klo udh nikah nanti.. Hehehe.. Pdhl msh 3 SMA.. Wkwkwk..

@Kk.dReamZ: Eh? Boleh2.. Minta dungs.. Tp bole d print g y? Lbh sk bc d kertas drpd d monitor.. Takutny hak cipta melarang.. O y, ni ak pm emailq

"You wanna see a miracle? Be a miracle!" by GOD in "Bruce Almighty" movie.

__________________

"You wanna see a miracle? Be a miracle!" by GOD in "Bruce Almighty" movie.

dReamZ's picture

@youth-

email lo paan se?

kl msalah hak cipta ga tau gw, nanya ma tony aja kan dia yg ngasi ke gw, cm bisa di print , bentuk pdf file na

niwei lo jg cowo or cewe se? kl gw cewe ..

Vantillian's picture

Cik Joli, belajar adalah mandat

Cik Joli, senang tulisan saya dapat menjadi bahan masukan. Tulisan ini belum mengkaji sangat dalam mengenai metode otak tengah ini. Tetapi hanya MEMPERTANYAKAN metodenya. Makalah dari hai hai cukup untuk menelanjangi bahwa metode aktivasi otak tengah adalah suatu TRIK belaka.

Belajar memang adalah proses yang kompleks. Banyak teori pembelajaran mutakhir yang sudah dirumuskan dan diterapkan. Dari teori yang mempunyai landasan ilmiah sampai yang hanya bersifat psikologis semata. Hasil penelitian tentang otak akhir2 ini memang banyak menimbulkan ekses yang ekstrim. Ada teori belajar yang memanfaatkan teori fungsional otak dan kemudian mengklaim bahwa metodenya sudah berdasarkan penelitian ilmiah. Padahal metodenya BELUM dibuktikan secara ilmiah dan TIDAK ADA hubungannya dengan penelitian otak tersebut.

Banyak sekolah yang memasang gambar MULTIPLE INTELLIGENCE dan OTAK KIRI serta OTAK KANAN tanpa tahu dasar ilmiahnya. Ada buku pembelajaran yang mencopy gambar-gambar ilmiah tentang otak kemudian mengklaim teorinya sudah memenuhi standar ilmiah. Salah satunya adalah buku DAHSYATNYA OTAK TENGAH karya Hartono S. Sekilas di dalam bukunya kelihatan "sangat ilmiah" karena memuat banyak ISTILAH dan GAMBAR biologi otak. Tetapi jika kita teliti, sang penulis bahkan TIDAK MAMPU menunjukkan SATUPUN penelitian tentang AKTIVASI otak tengah yang diakui dunia internasional. Bahkan sang penulis tidak membahas KORELASI ILMIAH dalam fungsi aktivasi otak tengah dengan kegeniusan anak. Bahkan penulis banyak memperingati orang tua bagaimana menanggapi reaksi negatif terhadap teori ini, seakan-akan penulis tahu teori ini masih kontroversial.

Cik Joli, saya rasa, metode aktivasi otak tengah harus DIPERTANYAKAN sampai kepada forum resmi kedokteran dan ditanggapi oleh dunia medis secara ilmiah. Kalau hanya trik palsu, maka harus diproses oleh dunia akademik dan hukum. Kalau benar bisa begitu, maka harus DIBUKTIKAN dulu oleh dunia internasional.

Kasus metode otak tengah mirip dengan penelitian MASARU EMOTO dalam bukunya Hidden Message from Water, True power of Water yang mengklaim air dapat merespon lingkungan luar sehingga kristalnya bisa berbeda-beda sesuai dengan MOOD yang dimasukkan ke air tersebut. Bukunya menjadi hits dan kelihatan sangat ilmiah, apalagi memakai kedok penelitian ilmiah. Tetapi akhirnya banyak penelitian ULANG yang dicoba oleh peneliti lain dan ternyata tidak mendapat hasil yang sama. James Randi, seorang pembongkar pseudoscience, menawarkan hadiah 1 juta dolar untuk siapa yang bisa membuktikan kebenaran teori Masaru Emoto tersebut. Sampai sekarang berita hebohnya sudah lenyap ntah kemana. Setahu saya, James Randi tidak kehilangan uangnya.

Mungkin metode aktivasi otak tengah ini akan dihadiahi juga 1 juta dolar oleh james Randi jika dia mendengar bualan omong kosong para praktisi dan melihat videonya. Haha...

Penerbit VisiMedia sedang gencar-gencarnya mempromosikan buku Hartono tersebut dari kota ke kota dalam bentuk workshop/seminar, dibarengi dengan buku Dahsyatnya Hipnosis.

Jelas, metode otak tengah masih MENTAH, bahkan terlalu MENTAH untuk dijadikan sebagai teori dan diajarkan kepada umum. Saya belum menjumpai artikel ilmiah dari jurnal ilmiah sains yang bergengsi membahas tentang hal ini. Salah satu artikel yang bagus membahas tentang AKTIFITAS ( bukan AKTIVASI)  otak tengah dalam hubungannya dnegan organ hipokampus dan kadar dopamin di midbrain melalui pembentukan memori baru. Jika tertarik, Cik Joli boleh klik disini untuk membacanya. Disitu kita dapat melihat bahwa penelitian korelasi ilmiahnya jelas. Bahkan dilengkapi dengan pencitraan otak. Sedangkan untuk metode Blindfold atau GMC, jelas belum TERBUKTI secara ilmiah.

Bagi saya, belajar adalah mandat seumur hidup. Manusia harus mengelola alam dan mengusahakannya seumur hidupnya. Belajar adalah bagian dari iman Kristen. Tidak ada Kristen Instan atau cara cepat. Tidak ada Kristen dipimpin Roh Kudus namun malas belajar.

Cik Joli adalah guru? Wow, sampai sekarang? Saya sendiri adalah guru SMA hampir sepuluh tahun. Kemudian bersama dengan teman-teman mendirikan sekolah TK Kristen. Sebelum mendirikan, saya mesti belajar banyak teori pembelajaran. Mulai dari tokoh Tony buzan, Eric Jensen, Paulo F, Jean Piaget, Glen Doman, sampai teori kecerdasan majemuk, brain based learning, learning style, dominasi otak, whole brain learning, CTL dan masih banyak lagi. Sampai sekarang saya masih terus belajar bagaimana memahami kerja otak dan hubungannya dengan belajar.

Namun, saya mendapati hikmat dari Alkitab sangat luar biasa. Prinsip pendidikan anak dalam Alkitab sangat prinsipil. Pdt Stephen Tong membahas prinsip pendidikan yang luar biasa dalam seminar Quo Vadis pendidikan. Saya menontonnya dari televisi dan belajar banyak bagaimana beliau memandang pendidikan khususnya dari pembinaan karakter berdasarkan prinsip penderitaan.

Semoga tulisan ini dapat disempurnakan oleh yang terbeban dan berkompeten dalam membongkar bualan teori-teori pembelajaran yang tidak bertanggung jawab. Orang tua adalah KUNCI penting dalam pendidikan anak. Semoga orang tua dapat memilah mana yang benar dan yang salah dalam mendidik anak-anaknya.

youth-of-david's picture

@Cc dReamZ

Emailq dh q PM kok k km cc dReamZ.

Ak cowo kok.. Hoho...

"You wanna see a miracle? Be a miracle!" by GOD in "Bruce Almighty" movie.

__________________

"You wanna see a miracle? Be a miracle!" by GOD in "Bruce Almighty" movie.

minmerry's picture

Van Van...

Van van, minta izin share di blog min ya. Bole? Huehue huehue hehe.

 

 

logo min kecil

__________________

logo min kecil

Ari_Thok's picture

OOT : Tentang Kuasa Perkataan

Kasus metode otak tengah mirip dengan penelitian MASARU EMOTO dalam bukunya Hidden Message from Water, True power of Water yang mengklaim air dapat merespon lingkungan luar sehingga kristalnya bisa berbeda-beda sesuai dengan MOOD yang dimasukkan ke air tersebut. Bukunya menjadi hits dan kelihatan sangat ilmiah, apalagi memakai kedok penelitian ilmiah. Tetapi akhirnya banyak penelitian ULANG yang dicoba oleh peneliti lain dan ternyata tidak mendapat hasil yang sama. James Randi, seorang pembongkar pseudoscience, menawarkan hadiah 1 juta dolar untuk siapa yang bisa membuktikan kebenaran teori Masaru Emoto tersebut. Sampai sekarang berita hebohnya sudah lenyap ntah kemana. Setahu saya, James Randi tidak kehilangan uangnya.

OOT : Kalau tidak salah, seingat saya teori dalam buku Masaru Emoto juga pernah dijadikan salah satu dasar tentang kotbah kuasa perkataan (cmiiw). Sepertinya sangat meyakinkan. Apalagi manusia sebagian besar tubuhnya dipenuhi darah atau cairan, sehingga ketika dikata-katain yang jelek2 maka jadinya juga jelek demikian juga sebaliknya. Alhasil semakin berhati-hati ketika mengucapkan kata-kata.

Tentang teori kuasa perkataan sejak awal sempat meyakinkan saya (apalagi dengan menghubungkannya bahwa Allah menciptakan di masa 6 hari penciptaan dengan perkataan-Nya), namun belakangan semakin tidak percaya akan kuasa perkataan, bisa kacau dunia ini jika orang "ngebacot" sembarangan dan semuanya bisa atau akan terjadi. :D

*yuk comment tapi jangan nyampah*


*yuk ngeblog tapi jangan nyampah*

__________________

*yuk komen jangan cuma ngeblog*


*yuk ngeblog jangan cuma komen*

billy chien's picture

@ari

ari:Tentang teori kuasa perkataan sejak awal sempat meyakinkan saya (apalagi dengan menghubungkannya bahwa Allah menciptakan di masa 6 hari penciptaan dengan perkataan-Nya), namun belakangan semakin tidak percaya akan kuasa perkataan, bisa kacau dunia ini jika orang "ngebacot" sembarangan dan semuanya bisa atau akan terjadi. :D

ari...

bukankah dunia sudah kacau???

gua paling jaga nih satu lidah tak bertulang yang dikendalikan oleh otak dan manifestasi dari roh gue....

secara ga langsung kenapa gua takut ngebacot sembarangan???? karena gua tahu dalam perkataan memiliki kuasa... baik positif atau negativ...

 

__________________

Fuck Everything That Doesn't Make You Happy

Ari_Thok's picture

Billy Chien : kacau dalam artian ..

Billy, maksud saya kacau dalam artian begini lho. Orang-orang jadi merasa punya kuasa dalam perkataan mereka. Lalu mulai berkata dan praktek ucapkan dulu, makin sering makin bagus, ucapkan dengan iman, lalu jadilah sesuai perkataanmu, jadilah sesuai imanmu. Sama seperti kisah penciptaan di kitab Kejadian.

Bayangkan juga orang yang mengutuki sesamanya. Misal semoga ketabrak truk tuh orang, semoga tujuh turunan gak punya anak, dsb. Bayangkan jika semua itu terjadi, bayangkan semua ucapan orang apa saja bisa terjadi. Hehe. Bisa kacau (makin kacau) kan dunia ini. Bapak yang memaki anaknya dengan kata goblok terus menerus, apakah anaknya otomatis juga jadi goblok?

Pemakaian kata "kuasa" dalam perkataan ini menurutku yang tidak pas dan dilebih-lebihkan. Sepertinya perkataan kita bisa menciptakan sesuatu yang luar biasa.

*yuk comment tapi jangan nyampah*


*yuk ngeblog tapi jangan nyampah*

__________________

*yuk komen jangan cuma ngeblog*


*yuk ngeblog jangan cuma komen*

Vantillian's picture

Ari, kuasa perkataan

Ari, mengenai penelitian oleh Masaru, saya sering singgung dalam kelas yang saya ajarkan. Pertama kali bukunya diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, saya sudah melihat banyak kejanggalan dalam penelitiannya. Apakah air dapat di[pengaruhi oleh suasana hati manusia? Ada benar, ada salahnya juga. Air dalam tubuh BISA dipengaruhi oleh hormon dan kadar stress organ tubuh. Namun jika diperluas pemahaman ini sampai seperti yang diyakini Masaru, maka itu namanya teori keblas-blasan. Mungkin suatu saat akan ada penelitian yang lebih ilmiah tentang itu, tetapi tentu tidak berdasarkan klaim Masaru tersebut. Klaim Masaru adalah pseudoscience. Sama seperti klaim AKTIVASI otak tengah. Semoga orang tua tidak termakan tipuan murahan seperti ini.

mengenai kuasa lidah atau kata-kata, pada tahun 80-90an ada gerakan Word-Faith yang meyakini suatu ajaran : Name it and Claim it. Kuasa kata-kata sangat ditekankan bila berdoa dan memohon sesuatu kepada Tuhan. Bahkan ada yang mengajarkan bahwa ketika meminta kepada Tuhan, kita harus menvisualisasikan dengan sangat "tepat" supaya Tuhan tidak salah kasih. Gerakan ini popular di kalangan karismatik. Bagi saya, ini cuma bualan murah untuk menarik massa dan mengajarkan sesuatu yang tahyul. Apalagi ketika Daud Tony mempopulerkan kuasa KUTUK sumpah serapah. Bayangkan betapa hebatnya kutuk ini bekerja di jalan lalu lintas. Saya rasa tempat yang paling banyak dikutuk adalah dijalan-jalan. Bayangkan betapa banyak orang yang hidup di bawah kutuk karena kuasanya bekerja. Ada kawan saya yang mengajarkan harus selalu pakai kata-kata yang penuh berkat kepada anak-anak supaya mereka menjadi pintar dan diberkati Allah. Sekilas ada benarnya, namun Alkitab sama sekali tidak mengajarkannya.

Apakah perkataan kita mempunyai kuasa? Amsal dan Yakobus jelas mengajarkan lidah sangat berbahaya, namun BUKAN karena kuasa berkat atau kutuknya. Namun karena digunakan secara BENAR atau SALAH. Bahkan efeknya bisa mempengaruhi hidup secara drastis. Lidah bisa dipakai untuk memberkati namun juga bisa mengutuki. Jelas KUASA berkat dan kutuk HANYA berasal dari Tuhan, namun yang disoroti di Amsal dan Yakobus adalah apakah lidah digunakan secara benar?

Amsal  18:21 Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya.
Amsal  16:1 Manusia dapat menimbang-nimbang dalam hati, tetapi jawaban lidah berasal dari pada TUHAN.

Yakobus 3:9 Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah,
Yakobus 3:10 dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi.
Yakobus 3:11 Adakah sumber memancarkan air tawar dan air pahit dari mata air yang sama?

billy chien's picture

@vant

Kemampuan prediksi (memperkirakan apa yang akan terjadi beberapa saat kemudian) adalah kemampuan yang lebih tinggi yang dapat di miliki oleh seorang anak. Seorang anak yang telah mendapat aktivasi otak tengah dapat ‘menduga’ kartu apa yang akan muncul pada saat orang tersebut masih mengocok kartunya. Begitu selesai mengocok, dan memilih sebuah kartu, orang tersebut mengambil sebuah kartu yang ternyata tepat seperti ‘dugaan’ sang anak tersebut.

Seringkali Ketika saya dan istri menonton tayangan tv , idola cilik, indonesian idol, sepak bola, kuis dsb....

saya selalu dan pasti bisa menebak atau memprediksi siapa juaranya atau pemenangnya..... dan itu tepat 100%, istri saya sering iseng setiap ada moment seperti itu selalu saya dipanggil dan ditanya.... dan jawabanya selalu tepat.... aneh dan kadang mengerikan.....

yang terakhir adalah program undian mobil di antv....

seorang bapak menebak angka 18.... dan saya berteriak ITU MOBIL!!!!!.... beberapa saat kemudian TEPAT bapak tsb memenangkan sebuah mobil mewah....

istrku hanya bisa geleng2 melihat kebiasaan saya.... dia sudah pernah bertanya darimana "kemampuan" itu....

saya pun tidak bisa menjelaskan dengan pasti....

yang pasti kecepatannya luarbiasa dan tidak bisa di rencanakan.... ya begitu tiba tiba terlintas di otak saya....(ada yang mudeng???)

istri saya sering biloang "felling kamu tajam sekali"....

bahkan ketika ada orang hendak mendekati saya.... dari jarak kurang dari lima meter saya sudah bisa memiliki firasat....orang ini mau berbuat apa kepada saya (baik/buruk) .....(some times) hehehehe belive or not....????

just to share heeheheh.... semoga saja semuanya kebetulan belaka.....

 

__________________

Fuck Everything That Doesn't Make You Happy

Vantillian's picture

Billy, Cold reading...

Billy, kemampuan untuk "membaca" ataupun "meramalkan" adalah kemampuan yang bisa dipelajari tekniknya. Tekniknya disebut cold reading. Anda bisa berlatih dan bisa menggunakan segala macam info UMUM yang perlu untuk mendeskripsikan yang KHUSUS. Peramal menggunakan kata-kata yang bersayap umum untuk menggambarkan keadaan yang khusus. Lalu kerja memori manusia yang cukup terbatas merupakan satu kesempatan yang baik bagi peramal dan ahli prediksi. Anda mengatakan satu ramalan besar, kemudian anda kasih jarak waktu, kemudian setelah waktu tersebut tiba, yakinlah, hampir tidak ada orang yang mengingat ramalan anda KECUALI jika terjadi. Kalau tidak terjadi? Yakinlah, gak ada yang menuntut kamu kok...karena lupa...Hehe..

Lalu bagaimana dengan kemampuan bisa meramal HEADLINE NEWS suatu suratkabar dengan benar seperti yang dilakukan Deddy? Anda harus bertanya kepada Roy Suryo karena dia tahu triknya..hehe..

billy chien's picture

@vant - bapaknya ternyata si anji drive

ingat kasus shella marcia?

jauh jauh dulu... sebelum bapaknya ngaku...

saya sudah mengetahui dalam hati kalo bapaknya diantara 3 orang suspect adalah si anji drive....gua tahu darimana? sekali lagi saya tidak bisa menjelaskan... pokoknya ya itu yang saya rasakan.

kemarin fakta dan kebenaran terungkap....

jujur ... gua sendiri juga kaget... eh ternyata "tebakan" ku benar lagi.....

apakah saya memiliki kemampuan supranatural?? i don't know...

dan saya ga brani mengkaliam memiliki itu...

tetapi saya "menikmati" memiliki kemampuan itu....

sadar atau tidak sejak smp saya sering main di game seperti timezone,g-fan de el el... kenapa saya selalu lebih beruntung dari teman2 lain? karena setiam main hanya modal 10.000 saya bisa membawa pulang sekantung keresek hadiah baik dari boneka , stiker atau gantungan kunci,....

well... semua kembali kepadaNya ....

maybe some days saya akan bertanya langsung kepada sang empunya hidup...

__________________

Fuck Everything That Doesn't Make You Happy

matahari's picture

@ BC: Bisa Tolong Bantu?

Melihat kemampuan unik anda, rasanya saya perlu minta advice soal saham nih... kalo feeling anda bagus dan tepat rasanya kita bisa bisnis dan menghasilkan keuntungan....

Saya asumsikan saja misalnya untuk besok tgl 13-April-2010 (Selasa):

1) Manakah saham Grup Bakrie dibawah ini, manakah yang akan naik diatas 3% pada tanggal 13-April-2010 (Selasa)? pilihannya: BUMI, UNSP, ELTY, BNBR, DEWA, BTEL, ENRG ? (anda boleh tunjukkan lebih dari 1)

2) Dari saham kelas 2 dibawah ini, manakah yang dalam minggu ini (13-April-2010 sd 16-April-2010) akan digoreng / naik lebih dari 10% dalam 1 hari? pilihannya: KIJA, MLPL, COWL, PRAS, NIKL, FPNI, PLAS, TRAM, APLI, KARK, RAJA, IKAI, BDKP, DGIK, BUDI, BIPI, VRNA, RALS, TRAM, OKAS, MRAT, SULI, DOID, ETWA, PTPP, SDRA?  (anda boleh tunjukkan lebih dari 1)

Ini saya serius, bukan bercanda, saham yg anda tunjukkan berpotensi naik akan benar2 saya beli, jadi saya bukan cuma menguji (sekedar test dulu), tapi sekaligus membuktikan shg langsung bisa ketahuan manfaatnya secara real. 

Terimakasih jika anda mau menanggapi permintaan saya....

 

billy chien's picture

@matahari&PB

matahari, seandainya saya bisa mengendalikan "kemampuan" saya, saya pasti lebih kaya dari bill gates...

dari setiap kasus yang pernah saya "tebak" semuanya tidak saya rencanakan terlebih dahulu, dan semuanya tidak mendatangkan keuntungan bagiku, semua mengalir saja seperti air...

saya pastikan saya tidak bisa mendebak saham mana yang akan naik atau turun, karena sekali lagi , setiap "kemampuan" itu datang, biasanya sepersekian detik melintas di otak saya dan itu tidak bisa di renacanakan...

yang sering muncul adalah ketika ada seseorang hendak berlaku jahat kepada saya secara otomatis "kemampuan" ini sangat kuat saya rasakan, dan ini sejak kecil sudah saya alami....

ketika saya sd, saya seorang anak yang rajin menabung, hingga suatu ketika saya membawa uang sekitar 300rb dan semuanya pecahan sepuluh ribu saat itu, tiba tiba ada seorang bapak becak menarik narik tanganku dan berkata "minta uang! minta uang!" saya yang hanya anak sd seharusnya saya takut bukan?

tiba tiba "kemampuan" ini datang, sepintas saya bisa melihat apa yang akan terjadi 5mnt lagi...dan yang terlintas itu adalah (saya digeledah dan uang yang akan saya tabung dirampasnya) , beruntung "kemampuan" itu memberitahu dahulu sehingga saya mengambil langkah memberi dia uang dengan cara lain.

saya berkata kepada bapak becak itu "kamu mau uang? oke antar saya ke toko A, dan samapai disana saya akan memberi kamu uang...

dan toko A tsb adalah toko papa saya, setibanya di toko A saya memberi dia sejumlah uang dan bapak itu berlalu begitu saja... sampai di toko , papa kaget "loh kenapa kamu ke sini?" saya hanya tersenyum ... ga apa apa , cuman kangen saja sama papa.... (meski tidak jadi menabung, ga masalah yang penting uang itu selamat)

jadi buat PB dan matahari... kalau mau menguji kemampuan saya rasanya mustahil, karena saya sering mencoba menggunakan "kemampuan" ini dengan cara sengaja dan di rekayasa ternyata gagal, rasanya "kemampuan" ini adalah semacam malaikat , dia ada dan dia hidup dan yang terpenting dia nga bisa diajak kompromi dan di bohongi

nb:kalo masalah saham kita bisa Saling share....ngomong2 @matahari sudah berapa lama jadi investor??? ikut di "kios" mana??? saya juga seorang investor kecil kecilan hehehe

nice to share...

__________________

Fuck Everything That Doesn't Make You Happy

PlainBread's picture

BC: "Blink" dan "Think"

Saya pernah baca 2 buku, masing2 judulnya "Blink" dan "Think" dari 2 penulis yang berlainan. 2 buku yang bagus menurut saya, yang isinya terkesan berlawanan.

"Blink" menyajikan puluhan contoh dan ratusan kisah nyata, bagaimana manusia bisa bertindak berdasarkan intuisi. Dijelaskan kenapa dan bagaimana itu terjadi, yang ternyata walaupun prosesnya cepat (memakan hitungan beberapa detik atau kurang), tapi bisa dijabarkan tahapan2nya. Bahkan juga disajikan contoh2 yang sepertinya hasil intuisi tapi hasilnya malah keliru bahkan merenggut nyawa orang lain.

Sebaliknya, "Think" menekankan proses pengambilan keputusan yang jelas tahapan2nya karena waktunya tidak secepat keputusan2 yang diambil berdasarkan intuisi. Juga dilengkapi dengan contoh dan kisah2 nyata.

Keduanya buku bagus, karena menyajikan bahwa semuanya itu dapat dijelaskan dan merupakan 2 cara otak manusia bekerja, walapun tampak berlawanan, tapi dua2nya benar.

Kalo billy chien belum pernah baca buku2 tersebut, saya rekomendasikan untuk dibaca.

One man's rebel is another man's freedom fighter

Vantillian's picture

Billy, data memori otak..

Billy, banyak hal yang bekerja DI BELAKANG LAYAR otak manusia ketika dia berpikir. Saya pernah mengalami peristiwa de javu yang sangat jelas. Saya juga pernah mempunyai intuisi yang kuat terhadap sesuatu hal. Namun itu semuanya hanya suatu cara kerja memori otak yang kompleks. Apakah anda yakin bisa tahu bahwa ayah anak dari shella itu anji drive kalau otak anda tidak menyimpan memori tentang KONEKSI data-data tentang mereka? Memori data yang masuk ke otak begitu banyak, sedangkan koneksi antar data kadang hanya terpakai sekali-kali. Sehingga memunculkan KESAN bahwa kita mempunyai kemampuan yang "lebih". Lagipula sebenarnya begitu banyak yang bisa anda "tahu" namun begitu banyak yang juga gagal anda prediksikan dimana anda tidak menyebutkannya.

Saya yakin kemampuan anda hanya seperti kemampuan futurolog seperti John naisbit yang menulis Megatrend. Itu hanya kemampuan menganalisa data baik secara ilmiah maupun tidak/spontan. Kemampuan anda bahkan bukan suatu karunia nubuat seperti yang ada dalam Alkitab. Jadi tidak ada hubungannya dengan Tuhan. Itu bukan kemampuan rohani yang dari Atas. Itu hanya suatu prediksi dari koneksi memori data otak PLUS iman akan sesuatu yang mistis. Jadilah kemampuan seperti yang anda miliki.

PlainBread's picture

@Bc: Gimana Kalo diuji aja?

Gimana kalo diuji aja? Misalnya kita bahas kasus kriminal atau kasus apa aja yang belum ketahuan siapa dalangnya, lalu anda beritahukan menurut anda siapa dalangnya. Nanti kita bisa liat bareng2, apakah perkiraan anda betul.

Atau kalo mau lebih seru, tebak skor sepak bola, atau tebak apa aja yang AKAN terjadi dalam waktu dekat (headline news, kasus kriminal yang bakal masuk koran, kematian orang terkenal, dll). Anda tuliskan di depan publik (misalnya blog) mengenai perkiraan anda, jadi semua bisa mengujinya.

Gimana?

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

minmerry's picture

Teman Teman Brainuser who may concern... hehe

Teman-teman, Min mendapat tanggapan dari seorang penulis buku dengan judul "Dahsyatnya Otak Tengah " disini. Silahkan dibaca. ^^ Semoga setelah dia mengunjungi SS, dia bisa memberi tanggapan lebih lanjut dan memberi pencerahan disini.

Cheers.

 

 

logo min kecil

__________________

logo min kecil

Vantillian's picture

Salah satu tanggapan orang tua

Dear Bapak Tommy Wijaya,

terima kasih telah menuliskan blog yang sedemikian lugas dan komprehensif mengenai kritisi terhadap pengaktivan otak tengah. Saya termasuk salah seorang ibu yang prihatin dengan fenomena ini dan sering mencegah teman-teman saya untuk menempuh jalan pintas dan tidak berlandas ilmiah ini.  Tulisan Bapak membuat saya merasa tidak sendiri dan tidak aneh di antara teman-teman saya yang lain.

Saya sepakat, untuk menjadikan anak-anak Indonesia yang mumpuni dan berjaya di masa depan, justru kita sebagai orang tua (dan para guru) lah yang punya andil sangat besar dalam mendidik dan membangun daya juang dan daya saing anak-anak, dengan belajar dari tantangan, piawai melihat tantangan, dan berempati sosial.

Kebetulan, salah satu anak saya memiliki kecerdasan superior secara natural, yang sempat membuat kami sebagai orangtua bingung bagaimana menghadapi dan mendidik nya sampai kami perlu konsultasi ke psikolog anak untuk memahami perkembangan intelektual dan sosial nya serta menangani nya dengan bijaksana sehingga (mudah-mudahan) bisa menjadi manusia indonesia yang berguna dan membanggakan. Pengalaman kami, memodifikasi perilaku kami sendiri sebagai orangtua (bukan memodifikasi perilaku anak) sangat menyita energi dan fokus perhatian, untuk menghadapi anak yang cerdas, tidak terkira beratnya dan tantangannya.   Orang tua yang berambisi memiliki anak super secara instan tidak menyadari bahwa menjadi orangtua dari anak super itu memerlukan energi dan kebijaksanaan yang sangat tinggi agar anaknya bertumbuh secara alami dan mampu menghadapi dunia dengan segala tantangannya ini dan bukan serta merta cukup merasa bangga bahwa anaknya jenius. Anak yang mumpuni adalah anak yang berkembang optimal sesuai multi-talenta nya (teori Howard Gardner) dan mampu mengatasi tantangan di dalam hidupnya serta bermanfaat bagi masyarakat.

salam,
Sarilani Wirawan