Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Hari Sabat Bukan Hari Sabtu?

hai hai's picture
Selama ribuan tahun bangsa Yahudi merayakan Sabat pada hari ketujuh (Yom Shabbat) sesuai kalender Yahudi. Sementara Umat Kristen sejak abad pertama merayakan Sabat pada hari Minggu (hari pertama) sesuai kalender Masehi. Saat ini sebagian besar umat Kristen merayakan Sabat pada hari Minggu sebagian kecil lainnya merayakan Sabat pada hari Sabtu sesuai kalender Masehi. Merayakan Sabat pada hari Minggu dikaitkan pada pemikiran, bahwa Yesus Kristus bangkit dari kematian pada hari minggu. merayakan Sabat pada hari Sabtu mengaitkannya pada pemikiran, bahwa hari Sabat adalah hari ketujuh, bukan hari pertama. Sebagian Theolog mengajarkan bahwa sejak kebangkitan Yesus Kristus, perintah keempat dari Sepuluh Perintah Allah tidak berlaku lagi. Apakah perintah keempat dari Sepuluh Perintah Allah ini sudah tidak berlaku lagi? Apakah umat Kristen sudah melanggar perintah untuk menguduskan hari sabat?
 

HARI SABAT PERJANJIAN LAMA

Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu. Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya. Keluaran 20:9-11

 

Perayaan hari Sabat adalah peringatan hari ke tujuh, hari Tuhan selesai mencipta alam semesta. Mengingat dan menguduskan hari Sabat adalah perintah keempat dari Sepuluh Perintah Allah. Alkitab Perjanjian Lama mencatat tiga jenis hukum yang berlaku bagi bangsa Yahudi, yaitu Hukum Taurat atau Sepuluh Perintah Allah, hukum tata ibadah dan hukum masyarakat. Sepuluh Perintah Allah dianggap sebagai hukum yang paling suci karena ditulis sendiri oleh tangan Allah pada dua loh batu, sedangkan hukum tata ibadah dan hukum masyarakat diberikan melalui nabi Musa.
 
Perayaan Sabat adalah perayaan agama yang paling suci bagi bangsa Israel. Perayaan Sabat dimulai saat matahari tenggelam pada hari Jumat hingga Sabtu malam ketika 3 bintang muncul di langit. Bangsa Israel merayakan hari Sabat sebagai peringatan atas tiga hal yaitu:
  1. selesainya penciptaan alam semesta oleh Allah pada hari ketujuh.
  2. hari pembebasan dari perbudakan bangsa Mesir.
  3. kerinduan akan kedatangan Mesias.

Bangsa Israel merayakan Sabat dengan melakukan tiga hal yaitu:

  1. menghentikan semua aktivitas sehari-hari. Secara umum ada 39 aktivitas yang pantang dilakukan.
  2. Hanya makan menu tertentu.
  3. melakukan ibadah di Sinagoge pada Jumat Malam dan Sabtu pagi.

BERLAKU HINGGA HARI KIAMAT

Matius 12:1-15 mencatat, Yesus membela murid-muridNya yang memetik gandum pada hari Sabat, bahkan di sinagoge Ia menerima tantangan orang Farisi dan menyembuhkan seorang yang mati sebelah tangan. Lebih lanjut Yesus bahkan menyatakan bahwa Dialah Tuhan atas hari Sabat. Walaupun sebagian orang Kristen menafsirkan kisah tersebut sebagai bukti bahwa perintah keempat dari Sepuluh Perintah Allah, sudah tidak berlaku lagi, namun pendapat tersebut salah sama sekali. Dalam kisah tersebut, Yesus tidak menentang, namun menunjukkan bahwa orang Farisi memiliki pemahaman yang salah tentang perayaan Sabat sekaligus menunjukan makna sebenarnya.
 
Yesus berkata, “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.” Matius 5:17
 
Paulus berkata, “Jika demikian, adakah kami membatalkan hukum Taurat karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya” Roma 3:31

 

Tidak ada satu ayatpun dalam Alkitab Perjanjian Baru yang menyatakan bahwa Perintah mengingat dan menguduskan hari Sabat dihapuskan. Bahkan, Yesus Kristus dengan tegas dan jelas menyatakan bahwa Sepuluh Perintah Allah akan berlaku hingga hari Kiamat. Rasul Paulus menyatakan bahwa iman tidak membatalkan hukum Taurat, justru meneguhkannya.

SABAT PERJANJIAN BARU

Umat Kristen sejak jaman para Rasul merayakan Sabat pada hari minggu. Umat Kristen merayakan Sabat untuk memperingati:
  1. Selesainya penciptaan alam semesta oleh Allah pada hari ketujuh.
  2. Selesainya pekerjaan penebusan oleh Kristus, kebangkitan Kristus dari kematian pada hari ketiga.
  3. Kerinduan akan kedatangan Kristus yang kedua kali
Umat Kristen merayakan Sabat dengan mengikuti kebaktian di gereja pada hari minggu dan menyebut hari itu sebagai Hari Tuhan. 
 
Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung sampai tengah malam. Kisah 20:7
 
Pada hari pertama dari tiap-tiap minggu hendaklah kamu masing-masing -- sesuai dengan apa yang kamu peroleh -- menyisihkan sesuatu dan menyimpannya di rumah, supaya jangan pengumpulan itu baru diadakan, kalau aku datang. I Korintus 16:2

 

Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala, Wahyu 1:10

 

HARI SABAT BUKAN HARI SABTU

Dewasa ini, banyak orang yang menuduh, bahwa umat Kristiani telah melanggar perintah keempat dari Sepuluh Perintah Allah, Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat. Orang-orang demikian sampai pada kesimpulan demikian karena menganggap hari Sabat adalah hari Sabtu, sedangkan orang Kristen ke gereja pada hari minggu dan tetap melakukan banyak kegiatan pada hari minggu. Benarkah hari Sabat adalah hari Sabtu? Hari ketujuh dalam kalender Yahudi dan hari ketujuh dalam kalender masehi? 
 
Alkitab mencatat, Tuhan menciptakan alam semesta dalam enam hari dan berhenti pada hari ketujuh. Namun, kita harus menyadari bahwa tidak ada ayat Alkitab, baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian baru yang menyatakan bahwa hari ketujuh tersebut adalah hari Sabtu dalam kalender masehi atau hari Yom Shabbat dalam kalender Yahudi. 
 
Ketika mempelajari sejarah kalender, kita dihadapkan pada kenyataan, bahwa dari generasi ke generasi baik kalender Yahudi maupun kalender masehi mengalami berbagai penyempurnaan, itu berarti hari Sabtu saat ini belum tentu hari Sabtu beberapa abad yang lalu. Di samping itu, Alkitab hanya mencatat, bahwa Allah memerintahkan bangsa Israel mengingat dan menguduskan hari Sabat, sebagai peringatan Allah berhenti mencipta pada hari ketujuh, namun tidak pernah menyatakan bahwa hari tersebut adalah hari Yom Shabbat dalam kalender Yahudi. Bangsa Israellah yang memilih hari ketujuh dalam sistem kalender mereka sebagai hari untuk merayakan hari Shabat.
 
Ketika para Rasul menetapkan hari Minggu sebagai Hari Tuhan, hari untuk merayakan Sabat, mustahil mereka melakukannya untuk melanggar hukum Taurat, sebab bila hal itu yang terjadi, mustahil Paulus mengajarkan bahwa, Paulus berkata, 
 
“Jika demikian, adakah kami membatalkan hukum Taurat karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya” Roma 3:31

 

Apabila kita membandingkan makna perayaan Sabat Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, maka kita dengan mudah menyimpulkan, bahwa mengubah perayaan Sabat dari hari Sabtu ke hari Minggu jauh lebih masuk akal dibandingkan dengan tetap merayakan Sabat pada hari Sabtu.
 
Bolehkah merayakan hari Sabat pada hari lain selain Minggu? Anda akan mendapatkan jawabannya ketika membaca tulisan Hari Sabat Bukan Hari Minggu, silahkan klik di sini.
__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

garamdunia's picture

Hari Sabat

Artikel yang menarik. Mari kita saling mengingatkan sesama pengikut Tuhan atas keseriusan perintah ini (hari sabat).

Semakin sering saya amati terutama di kalangan muda yang bekerja, karena begitu sibuknya dikejar pekerjaan, maka 'hari istirahat' pun harus digunakan untuk bekerja. Tuhan sendiri pun memberi contoh kepada kita dengan beristirahat (ketika Dia menciptakan dunia), dan terlalu banyak bukti dari dunia kedokteran dan psikologis bahwa manusia butuh istirahat. Tentunya kita semua bisa mengambil pola ini untuk kebaikan kita sendiri?

Tentunya definisi 'istirahat' inipun telah dikemukakan dengan artikel saudara hai-hai di atas.

"(Yesus berkata) Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat" Markus 2:27

Catatan samping: Saudara hai-hai telah  memberi contoh yang sangat baik di dalam mengutip sumber yang memiliki hak cipta. Sebagai pengikut Tuhan, mari kita serius dan menjadi pelopor dalam mengikuti hukum di dalam hal ini (Roma 13:1-6)

hai hai's picture

Bukan artikel hai hai

Wah,

Saudara garamdunia, tulisan tersebut bukan artikel yang saya tulis. Saya hanya memberi sedikit kata pengantar, sisanya adalah kutipan atau salinan dari buku KATEKISMUS WESTMINSTER 2 - G. I WILLIAMSON - PENERBIT MOMENTUM 2006 apa adanya dengan seizin penerbitnya.

salam

hai hai 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Indonesia-saram's picture

Yang Biru

Oh, yang biru itu, ya? Saya sudah sempat menduga sebelumnya. Bagaimanapun juga, saya setuju dengan Bung garamdunia. Secara pribadi, saya sering kecewa dengan kebanyakan orang yang mengambil artikel-artikel tertentu, entah dari bahan tercetak, entah dari situs internet, tanpa mencantumkan sumber tulisannya. Malahan nama penulis pun sering kali tidak disertakan. Ketika hal ini terjadi di lingkungan Kristen -- dan memang sudah terjadi, tentu sangat disayangkan.

Bicara mengenai bibliografi, saya sempat menulis tiga artikel seputarnya. Silakan lihat saya di sini, semoga bisa membantu.

"Karena bahasa Indonesia dahulunya adalah lingua franca"

__________________

_____________________________________________________________
Peduli masalah bahasa? Silakan bertandang ke Corat-Coret Bahasa saya.

Joseph Wise Poriman's picture

jangan serakah

million thanks,

 artikelnya jadi berkat,

memang seharusnya kita hrs lebih lagi menghargai hari Sabat, hari yang dikuduskan oleh Tuhan.

Tanpa melakukan Sabat, jiwa kita akan letih dan lesu; bahkan roh kita akan kering kerontang.

Rohani kita butuh perhentian. Jasmani kita juga butuh perhentian.

 Yg terpenting jgn sampai kita menginjak-nginjak hari sabat, melainkan kita harus menghormatinya maka ada berkat2 yg sedang menanti kita ( Yesaya 58 : 13-14 ).

Klo hari Sabat masih kita curi dari Tuhan, oh itu berarti kita ini orang yg sedekah deh...

Enam hari sudah Tuhan berikan, masa hari ke-7 juga kita rampas ???

So persiapkan diri tuk lakukan sabat ( bukan hy persiapan tuk pertemuan di Plaza Semanggi...:)

 

jo 

 

Pengunjung's picture

kontra

salam kenal...mungkin dari sisi kontra tulisan ini anda bisa melihat di www.dianweb.org/Sabat/MON_1.HTM terimakasih...
Harold's picture

Sabat itu hari Sabtu dan bersifat Kekal

Alkitab mengisahkan secara gamblang asal muasal orang Yahudi dengan segala adat istiadat dan kebiasaannya. Kok masih diragukan kalau Hari Sabat itu adalah hari Sabtu? Kalau esensi penyucian mungkin mereka telah menyimpang sehingga Yesus perlu luruskan. Tapi kalau harinya kayaknya itu tidak mungkin berubah. Kejadian 1 : 14 menyatakan bahwa sejak penciptaan benda-benda langit itu fungsinya untuk menunjukkan hari, masa dan tahun yang TETAP. Semua kalender versi apapun pasti mengacu pada gerakan benda langit, termasuk kalender Yahudi. Sejak penyucian pertama di Eden oleh Adam karena penciptaan, bangsa Israel pasca perbudakan karena kelepasan, masa menungu kedatangan mesias yang dijanjikan sejak zaman Adam (Kej. 3 : 15 yang akhirnya datang dalam Wujud Yesus Kristus yang tidak mereka akui mesias) perayaan Sabat tetap dilakukan oleh Bangsa Yahudi secara turun temurun, karena dasar penyuciannya adalah ketiga hal itu ; penciptaan, penebusan/pembebasan, kedatangan. Dari asal usul kata untuk segala bahasa juga menunjukkan hari Sabtu. Perihal hukum Sabat dihapuskan sejak kenaikan rasanya tidak fair, karena hingga saat ini menyembah ilah lain, membuat patung untuk disembah, menyebut nama Tuhan dengan sembarangan, membunuh, bersinah, mencuri, berdusta, ternyata belum dihapuskan. Sebenarnya dasar pemerintahan Allah adalah KASIH. Segenap surga memahami dan mempraktekkannya sehingga tidak perlu ditulis kitab. Ketika manusia jatuh dalam dosa, KASIH masih disampaikan secara tertulis, tapi kejahatan terus bertambah. Akhirnya diperjelas dengan dibuat turunan undang2 yang namanya Undang-undang Kasih kepada Allah dan Kasih Kepada Manusia. Karena tidak dipahami lagi, akhirnya dibuat uraian turunannya lagi dalam bentuk 2 loh batu, dengan 4 hukum pertama dan 6 hukum kedua. Karena masih perlu dijabarkan lagi, Musa diperintahkan untuk membuat jabarannya dalam bentuk peraturan2. Akhirnya para nabi menguraikannya dalam bentuk ayat-ayat alkitab selama perjanjian lama. Karena peraturan sudah memberatkan dan sangat menyimpang, Yesus datang menjadi Firman yang hidup, menunjukkan kembali Kasih kepada Allah dan kasih kepada Manusia lewat sabda dan kehidupanNya yang mengutamakan kasih kepada Allah dan kasih kepada manusia. Atas dasar itulah orang meniadakan sepuluh hukum, padahal itu sama saja dengan ketika undang2 dan peraturan daerah berlakukan syariat islam akhirnya mengancam keutuhan NKRI, maka ada seorang pemimpin mengeluarkan dekrit kembali ke Pancasila. Bukan berarti UUD 45 dan UU serta peraturan pemerintah yang sesuai dengan Pancasila tidak berlaku lagi. Yang dipalangkan di kayu salib itu adalah yang setara dengan undang2 syariat yang bertentangan dengan hukum Kasih. Karena pada akhirnya akan tinggal 3 hal, iman, pengharapan, dan kasih. Iman dan pengharapan akan berakhir, tapi kasih tidak berkesudahan. Saat memasuki kerajaan Kasih, kita akan tunduk pada Undang-Undang kerajaan itu, yaitu Kasih- kepada Allah dan makhluk ciptaan. Sebab sama seperti langit yang baru dan bumi yang baru yang akan Kujadikan itu, tinggal tetap di hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN, demikianlah keturunanmu dan namamu akan tinggal tetap. Bulan berganti bulan, dan Sabat berganti Sabat, maka seluruh umat manusia akan datang untuk sujud menyembah di hadapan-Ku, firman TUHAN. Yesaya 66:22, 23 Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap peribadatan pada hari lainnya, Allah telah menyiapkan hari dimana Ia secara khusus ingin bertemu dengan umatNya secara penuh yang meninggalkan segala kepentingan dunia untuk menyembah Khaliknya dalam sehari penuh. Kita tidak akan dihakimi oleh karena makanan, minuman, atau hari, tetapi palu pengadilan sorga akan diketuk atas dasar hukum kerajaan Kasih, apakah kita benar-benar mengasihi Allah karena mau mendengar firmanNya atau tidak. Ketika Hawa makan buah, kejatuhannya bukan pada makanan, tapi karena dia meragukan yang diucapkan Allah. Ketika Kain mempersembahkan korban makanan, kejahatannya bukan karena persembahannya yang busuk, tapi karena tidak mau melakukan yang diucapkan Tuhan. Ketika Uza menahan tabut perjanjian, ia tidak melanggar hukum manapun kecuali kata yang diucapkan Tuhan. Jika firman yang keluar dari mulut Tuhan Ingatlah dan Kuduskanlah Hari Sabat, kita tidak perlu berlogika seperti Hawa, Kain atau Uza untuk mempertahankan argumen kita. Ikuti saja kata Tuhan. Semoga bermanfaat
hai hai's picture

Hari Sabat Bukan Hari Sabtu

Harold, anda salah. Saya sama sekali tidak meragukan bahwa hari Sabat adalah hari Sabtu. Yang benar adalah saya yakin bahwa hari Sabat bukan hari Sabtu, bahkan saya juga yakin bahwa hari Sabat bukan hari Minggu, juga bukan hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis atau Jumat.

 

Saya merayakan Sabat pada hari Minggu, bila ada orang lain yang merayakan Sabat pada hari Sabtu, Jumat atau hari-hari lainnya, saya sama sekali tidak keberatan. Alasan saya merayakan Sabat pada hari Minggu karena gereja saya merayakan Sabat pada hari Minggu.

Anda benar, kalender apapun menjadikan benda-benda langit yang nampak dengan mata telanjang sebagai standard pencatatan waktu. Seiring dengan perkembangan teknologi, maka manusia semakin akurat dalam mengamati peredaran benda-benda langit tersebut, hal itu menjadikan sistem pencatatan waktu (kalender dan jam) semakin akurat pula. Baik kelender Masehi, kalender Yahudi, kalender Arab maupun Kalender Tionghua sejak ditemukan hingga saat ini telah mengalami koreksi dan penyempurnaan berkali-kali.

 

Hari Sabat bukan hari Sabtu, juga bukan hari Minggu. Setiap empat tahun sekali kita mengalami tahun kabisat di mana jumlah hari dalam setahun bertambah 1 hari. Nah, Harold, bila anda yakin hari Sabat adalah hari Sabtu, sehingga tidak merayakan hari Sabat pada hari Sabtu berarti melanggar Sepuluh Perintah Allah, maka sebenarnya anda telah melanggarnya juga. Setiap kali merayakan Sabat pada hari Sabtu, manusia melanggar 0,25 : 365 hari. Silahkan anda hitung, sejak ditemukan kalender hingga saat ini, sudah berapa hari pelanggaran itu berakumulasi?

 

Anda juga benar ketika menyatakan, bahwa tidak ada hukum yang meniadakan Sepuluh Perintah Allah, itu berarti Sepuluh Perintah Allah berlaku hingga hari kiamat.

 

Namun anda jelas salah karena menyangka umat Kristen meniadakan Sepuluh Perintah Allah, khususnya meniadakan Perintah menguduskan hari Sabat. Tuhan Yesus secara tegas menyatakan, bahwa kedatanganNya ke dunia adalah untuk menggenapkan Hukum Taurat. Faktanya hingga hari ini gereja masih berusaha sekuat tenaga untuk menggenapi Hukum Taurat (Sepuluh Perintah Allah) dan merayakan serta menguduskan hari Sabat.

 

Jika firman yang keluar dari mulut Tuhan Ingatlah dan Kuduskanlah Hari Sabat, kita tidak perlu berlogika seperti Hawa, Kain atau Uza untuk mempertahankan argumen kita. Ikuti saja kata Tuhan. Semoga bermanfaat.

Harold, apabila anda maksudkan kalimat-kalimat tersebut di atas sebagai himbauan untuk mengingat dan menguduskan hari Sabat, maka itu adalah perbuatan mulia. Namun bila kalimat tersebut dimaksudkan untuk menuduh umat Kristen yang merayakan Sabat pada hari Minggu telah melanggar perintah Allah untuk mengingat dan menguduskan hari Sabat, menurut saya anda salah alamat.

 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

kontra nabi palsu's picture

kontra nabi palsu

kalau tanggal bisa diadjust. tapi kalau hari tidak diadjust. dari dulu sampai sekarang, habis hari ke-1, ya, hari ke-2, dstnya. pas hari ke-7, balik lagi ke-1, begitu seterusnya. kalau ada yang mau rubah-rubah, jangan-jangan ini nabi palsu. Ini ada nubuat yang mengatakan bahwa ada yang berusaha mengubah waktu Daniel 7:25 Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.
hai hai's picture

Tulisan Lain Tentang Hari Sabat

Saudara kontra nabi palsu, selain tulisan ini, mengenai hari Sabat masih ada 2 tulisan lain, maukah anda membacanya juga:

Hari Sabat Bukan Hari minggu dan Hari Sabat VS Hari Tuhan Mungkin setelah anda membaca kedua tulisan lainnya kita dapat mendiskusikan pandangan anda tentang hari Sabat?

Hari ke        1 2 3 4 5 6 7

Tanggal ke  1 2 3 4 5 6 7

Apabila hari ke 4 adalah hari kamis dan tanggal 4, lalu saya mengadakan penyesuaian bahwa hari itu bukan tanggal 4 namun tanggal 5 bukankah itu berarti hari itu adalah hari jumat, hari ke 5? Apabila saya hanya mengubah tanggalnya tanpa mengubah harinya bukankah itu namanya tidak seimbang? Itu sama dengan jual beli mobil tanpa mengubah BPKB-nya.  

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

gkmin's picture

Sabat tidak hanya Sabtu

Berkaitan dengan (untuk mendukung) tulisan "Yesus tidak di salib hari Jumat" ( http://gkmin.net/?p=20 ) saya tulis juga secara singkat "Sabat tidak hanya Sabtu" di http://gkmin.net/?p=16 salam, gkmin
__________________

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

yefta's picture

Hari Sabat 4ever

Tuhan Yesus mati pada hari Jumat,dan orang Israel pada jaman itu beristirahat pada hari sabat,dan Dia bangkit pada hari pertama minggu itu( tertulis pada kitab Lukas)jadi tak perlu lagi meragukan hari SABAT itu adalah hari SABTU
hai hai's picture

Sabat dan Kebangkitan Kristus

Alkitab mengajarkan bahwa Kristus bangkit pada hari Minggu. Kebangkitan  Kristus pada hari minggu dan keinginan untuk berbeda dengan orang Yahudilah yang menjadi dasar bagi orang Kristen merayakan Sabat pada hari  Minggu.

Setahu saya, hingga hari ini tidak ada satu orang Kristen pun yang menentang kebenaran bahwa orang Yahudi merayakan Sabat pada hari  Sabtu. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

avles's picture

hari sabat tidak boleh diubah..


Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.” Matius 5:17..

 

JADI JELAS DI SINI TIDAK ADA SATU PUN PERKARA YANG BOLEH DIUBAH DALAM KITAB TAURAT TERMASUKLAH HARI SABAT IAITU HARI "SABTU" DALAM KALENDAR SEKARANG INI.

hai hai's picture

Perayaan Sabat Tidak Boleh Ditiadakan

Orang Israel merayakan hari Sabat pada hari Sabtu. Orang Kristen merayakan Sabat pada hari minggu. Perintah Allah yang mana yang dilanggar oleh orang Kristen yang merayakan Sabat pada hari minggu?

Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

ekanz's picture

yang dilanggar..

"Keluaran
20:8 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:
20:9 Enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,
20:10 tetapi hari Ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.
20:11 Sebab Enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya."
 

 

hukum inilah yang dilanggar,, karena hari minggu bukan hari ketujuh,, tetapi hari pertama.. itu saja.. 

lain halnya jika anda mengatakan "hari minggu hari untuk ke gereja" ato yang lainnya.. karena jelas hari sabat = hari ketujuh..

 

 

salam

hai hai's picture

Hari Sabtu Atau Hari Jumat?

Siapa yang menentukan bahwa hari Sabtu adalah hari ketujuh? Hari sabtu di Indonesia adalah hari Jumat di Amerika. Hari ketujuh di Indonesia adalah hari keenam di Amerika. Mana yang benar, hari ketujuh itu hari Sabtu atau Hari Jumat?

Kapan Tuhan berhenti bekerja? Pada hari Sabtu atau hari Jumat?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

ekanz's picture

jika menggunakan pengertian

jika menggunakan pengertian anda,, hari minggu di Indonesia berarti hari sabtu di US,, berarti orang kristen di US harus berhari - sabat hari sabtu.. begitu?? tidak bukan?? orang di kristen d US tetap gereja pada hari minggu...

para mingguis juga tetap menggunakan kalender pada tempat mereka masing2.. tidak membuat mingguis di US bergereja pada hari sabtu, dan orang mingguis di Indo bergereja pada hari minggu....

kita berbakti menurut apa yang ada pada kita.. kenapa harus memikirkan orang yang di US??

pada kalender di Indo,, hari ketujuh adalah hari sabtu,, pada kalender di US hari ketujuh juga hari Sabtu.. apakah perbedaan waktu menjadikan hari ketujuh di Indo hari sabtu dan hari ketujuh di US hari jumat??

apakah orang Islam di Indo sholat jumat dan membuat orang Islam di US sholat kamis??

anda bertanya:

"Kapan Tuhan berhenti bekerja? Pada hari Sabtu atau hari Jumat?"

Tuhan "berhenti" pada hari ketujuh.. apakah Tuhan dibatasi dengan dengan perbedaan waktu di Indo dan di US?? karena sudah pasti juga berbeda waktu surga dan waktu dunia..

 

hai hai's picture

Hari Ketujuh Itu Hari Apa?

Tuhan berhenti bekerja pada hari ketujuh. Hari ketujuh itu hari Apa? Anda bilang hari ketujuh itu hari Sabtu. Siapa yang MENETAPKAN hari ketujuh itu hari Sabtu?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

ekanz's picture

mohon anda jawab dulu,,

mohon anda jawab dulu,, kenapa orang mingguis di Indo bergerja hari minggu,, dan orang mingguis di di US juga bergereja hari minggu?

anda bertanya,,

Siapa yang MENETAPKAN hari ketujuh itu hari Sabtu?

saya juga ingin bertanya,, Siapa yang MENETAPKAN "hari ketujuh - hari sabat" itu hari minggu?

 

selama saya sharing dengan orang2 kaum mingguis dan kaum sabtuis,, mereka smua sepakat bahwa hari ketujuh saat ini adalah hari sabtu.. perbedaanya adalah,,

kaum mingguis percaya bahwa hari ketujuh - hari sabat itu sudah di genapi dengan Yesus mati di kayu salib,, sehingga dihapuskan dari sepuluh hukum..

 

ini saya kutip dari www.gotquestions.org/Indonesia/Sabat-Sabtu-Minggu.html

Hari Sabat diberikan kepada Israel, bukan kepada gereja. Hari Sabat tetap adalah hari Sabtu, bukan hari Minggu dan tidak pernah diubah. Namun Sabat adalah bagian dari Hukum Taurat Perjanjian Lama, dan orang-orang Kristen bebas dari belenggu Hukum Taurat (Galatia 4:1-26; Roma 6:14). Orang Kristen tidak perlu memelihara Sabat – baik itu Sabtu ataupun Minggu. Hari pertama dalam minggu itu, hari Minggu, hari Tuhan (Wahyu 1:10).

 

sedangkan kaum sabtuis percaya,, bahwa 10 hukum tidak ada yang dihapuskan..

 

nah,, kaum mingguis telah mengatakan bahwa "hari ketujuh-hari sabat" adalah hari sabtu, tetapi tidak perlu lagi memelihara sabat karena merupakan hukum taurat perjanjian lama..

 

sekarang anda menyebutkan hari minggu = hari sabat,, hari minggu yang anda gunakan itu hari keberapa??

hai hai's picture

Doktrin Sabat Kaum Sabtuis

Saudara Ekanz, nampaknya anda sama sekali tidak paham tentang doktrin Sabat kaum Sabtuis. Baiklah saya akan menjelaskannya.

Kaum Sabtuis percaya bahwa hari Sabat harus dirayakan pada hari Allah berhenti bekerja.  Tidak boleh lebih, tidak boleh kurang, harus pada hari  Allah berhenti bekerja. Selanjutnya mereka percaya bahwa hari itu adalah hari ketujuh, hari Sabtu. Dengan ajaran demikian, maka mereka kekeh jumekeh  menyatakan bahwa Seluruh umat Allah di dunia HARUS merayakan Sabat pada WAKTU yang SAMA yaitu hari Sabtu, seperti orang Israel.

Ketika kekeh jumekeh mempertahankan doktrinnya, kaum Sabtuis TIDAK sadar bahwa di dunia ini ada PERBEDAAN Waktu. Mereka menegakkan doktrinnya dengan kesadaran SIANG dan MALAM di seluruh dunia ini SAMA.

Teori yang mengajarkan bahwa Hukum keempat dari Sepuluh Perintah Allah sudah digenapi sehingga tidak berlaku lagi BERTENTANGAN dengan ajaran Alkitab. Anda harus membaca ketiga tulisan saya tentang Sabat dan komentar-komentarnya dengan teliti agar dapat memahami ajaran Alkitab tentang Sabat dan kenapa orang Kristen merayakannya pada hari Minggu dan kenapa orang Kristen boleh merayakannya pada hari lain.

Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

DEDE WIJAYA's picture

tt SABAT dan MINGGU

Hari SABAT dari dulu sekarang sampai selamanya ya TETAP hari SABTU. Orang Kristen Perjanjian Baru tidak merayakan hari SABAT lagi, Para Rasul pergi ke Sinagoge pada hari SABAT untuk Memberitakan Injil pada Orang2 Yahudi, dan Para Rasul dan para murid2 mula2 mengadakan Kebaktian pada hari Minggu (ketik saja Minggu di Softaware). Hari Minggu di Wahyu 1:10 disebut sbg hari Tuhan oleh Rasul Yohanes.

Mat. 28:1 Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.
Mrk. 16:2 Dan pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu, setelah matahari terbit, pergilah mereka ke kubur.
Mrk. 16:9 Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.
Luk. 24:1 tetapi pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu mereka pergi ke kubur membawa rempah-rempah yang telah disediakan mereka.
Yoh. 20:1 Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur.
Yoh. 20:19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"
Kis. 20:7 Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung sampai tengah malam.
1Kor. 16:2 Pada hari pertama dari tiap-tiap minggu hendaklah kamu masing-masing--sesuai dengan apa yang kamu peroleh--menyisihkan sesuatu dan menyimpannya di rumah, supaya jangan pengumpulan itu baru diadakan, kalau aku datang.
 

Why. 1:10 Pada hari Tuhan (maksudnya Minggu) aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala,

jadi Orang Kristen berkebaktian pada hari Minggu berdasar pada Hari Kebangkitan Yesus Tuhan. Kita tidak terikat pada hukum SABAT harus kebaktian hari Sabtu yg dipercaya Yahudi dan ADVENTISME hingga hari ini. 

Kita gereja kebaktian di hari Minggu, tidak terikat pada Hari Sabtu atau SABAT, dan sesungguhnya Ibadah kita tidak terikat hari Senin, Minggu, atau Sabtu. Ibadah Perjanjian Baru adalah Ibadah dalam Roh dan Kebenaran dan tidak dibatasi oleh waktu dan tempat lagi seperti Perjanjian Lama. Jadi mau kebaktian hari Senin atau hari apa saja OKE. 

mengapa banyak yg kebaktian hari Minggu, itu semata2 mencontoh pada Para Rasul yg menggunakan Hari Minggu untuk bersekutu.

kita tidak terikat pada 10 hukum Taurat lagi, karena kita terikat pada Hukum yg terutama (Kasih pd Allah dan Sesama). Jadi hukum Taurat dalam pengertian moral diangkat lebih tinggi dalam hakikatnya bukan harfiahnya.

dede wijaya

__________________

dede wijaya

ekanz's picture

nha,, berarti anda yang

nha,, berarti anda yang kurang paham dengan kaum sabtuis...

anda boleh search di google,, seventh day adventist,, mereka tidak pernah mengatakan,, 1 dunia harus serentak merayakan hari sabat secara bersamaan.. melainkan, menurut kaum sabtuis hari ketujuh-hari sabat itu hari sabtu,, dan hari sabat tetap ada sampai selamanya... untuk orang di Indo,, mereka harus berhari sabat pada hari sabtu pada waktu Indo,, dan untuk orang di US harus berhari sabar pada hari sabtu pada waktu US,,, karena memang ada perbedaan waktu di dunia..

kaum sabtuis,, mirip dengan orang yahudi,, hanya saja kaum sabtuis percaya pada Yesus,, sedangkan orang yahudi tidak percaya pada Yesus.. jadi anda harus merubah pemahaman anda tentang kaum sabtuis..

saya baru mendengar tentang kaum sabtuis yang mengatakan bahwa hari sabat harus secara serantak seluruh dunia merayakannya... mungkin anda bisa memberi sumbernya yang mengatakan hal tersebut??

 

setahu saya kaum mingguis adalah seperti yang saudara DEDE WIJAYA katakan bahwa kaum mingguis tidak terikat pada 10 hukum Taurat lagi... sehingga tidak berhari sabat.... gereja pada hari minggu tersbut tidak disebut sebagai hari sabat,, melainkan disebut hari Tuhan karena berdasarkan Wahyu 1:10. 

perbedaan dengan kaum sabtuis adalah kaum sabtuis tetap percaya 10 hukum tetap berlaku...dan tetap berhari sabat - hari ketujuh dan hati ketujuh pada kalender adalah hari sabtu... itu bukan saya yang katakan,, tetapi kalender,, dan memang kalender demikian adanya... urutan hari pada kalender adalah 

1minggu

2senin

3selasa

4rabu

5kamis

6jumat

7sabtu

itu bukan saya yang katakan,, tetapi memang dari sononya udh begitu urutan harinya dan tidak bisa dibolak balik,, kalau hari ini sabtu tidak mungkin 24 jam kedepan menjadi hari rabu...

 

jika anda katakan hari sabat tetap ada,, dan anda berhari sabat hari minggu,, berarti anda berada di tengah2 kaum sabtuis dan kaum mingguis.... anda percaya hari sabat tetap ada seperti kaum sabtuis,, dan anda merayakan bergereja pada hari minggu seperti kaum mingguis...

 

salam

king heart's picture

@ekanz & dedew : aneh ketemu aneh

Ibr. 4:3Sebab kita yang beriman, akan masuk ke tempat perhentian seperti yang Ia katakan: "Sehingga Aku bersumpah dalam murka-Ku: Mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Ku," sekalipun pekerjaan-Nya sudah selesai sejak dunia dijadikan.

Bukankah perhentian itu sama dengan sabat ? Mengapakah sabat harus diartikan hanya hari sabtu saja ? Sabtu itu sabat namun sabat tak hanya berarti hari sabtu

Untuk bung Dedew, sejak kapankah 10 Hukum dibatalkan, coba kasih contoh manakah dari 10 hukum tersebut yang sudah tidak berlaku lagi ? Siapa bilang kita sudah tak terikat lagi terhadap hukum itu ? Jika presuposisi anda tertuju pada dispensasi waktu di Alkitab maka menjadi seperti itulah penafsiran yang diambil. Ironis, anda menasehati Hai hai mengenai cara menafsir namun semestinya nasehat tersebut lebih cocok untuk anda pakai.

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

DEDE WIJAYA's picture

to King Heart Baca LUKAS 16:16

Mat. 5:17 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Luk. 16:16 Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.
__________________

dede wijaya

ekanz's picture

saya bingung,, yang aneh

saya bingung,, yang aneh apakah saya dengan dede,, atau anda yang aneh..

saya kaum sabtuis dan DEDE kaum mingguis menentang anda,, dan sepakat bahwa hari sabat adalah hari sabtu,, yang merupakan hari ketujuh pada kalender yang kita gunakan..

tetapi,,

saya dan anda (kaum sabatis kalau saya boleh bilang),,,menentang DEDE,, dan sepakat bahwa hari sabat tidak pernah dihapus dari hukum taurat dan tetap ada sampai selamanya...

tetapi juga,,

anda dan DEDE (kaum mingguis) menentang saya,, dan sepakat bahwa bergereja harus pada hari minggu...

bolehkah saya tahu anda bergereja di gereja apa denominasi apa??
 

saya bergereja di gereja seventh day adventist church aka gereja masehi advent hari ketujuh...

 

salam

 

hai hai's picture

Takut Dihukum VS Mewujudkan Kodrat Manusia

Saudara Ekanz, apabila anda membaca tulisan saya dengan teliti, maka anda akan menemukan  beberapa link yang ditulis oleh kaum Sabtuis tentang hari Sabat.  Mereka mengajarkan bahwa kita harus merayakan Sabat pada hari Sabtu karena pada HARI tersebutlah Allah BERHENTI mencipta. Bagi mereka, Sabat adalah ULANG HARI Allah berhenti mencipta. Itu sama seperti anda merayakan ULANG TAHUN, harinya harus tepat.

Apabila anda lahir tanggal 13 Februari di Indonesia, sementara anda merayakan ulang tahun pada tanggal 13 Februari di Amerika, maka itu berarti anda terlambat satu hari. Apabila Allah berhenti mencipta pada hari SABTU waktu Indonesia, maka itu berarti Allah berhenti mencipta pada hari JUMAT waktu di Amerika. Apabila Sabat adalah ULANG HARI Allah berhenti mencipta, bukankah itu berarti Seluruh umat manusia harus merayakannya pada waktu yang SAMA?

SABAT adalah hari untuk MERAYAKAN Allah berhenti mencipta, Bukan merayakan ULANG HARI Allah berhenti mencipta. Bangsa Israel merayakan SABAT pada hari ketujuh di dalam Kalender mereka. Hari ketujuh di dalam kelender Yahudi bukan ULANG HARI Allah berhenti mencipta,namun hari yang ditetapkan untuk merayakan Allah BERHENTI mencipta.

Karena SABAT adalah hari untuk MERAYAKAN Allah berhenti mencipta, maka anda bebas untuk menentukan hari untuk merayakannya. Hari Sabat diadakan untuk manusia, bukan manusia diciptakan untuk hari Sabat. Apabila anda kekeh jumekeh menyatakan bahwa Sabat harus dirayakan pada hari Sabtu dan semua orang Kristen harus MERAYAKAN Sabat pada hari Sabtu, bukankah itu berarti anda melanggar Firman Allah karena mengajarkan bahwa Manusia diciptakan untuk hari Sabat?

Di dalam tulisan saya yang berjudul Hari Sabat VS Hari Tuhan, saya menjelaskan, kenapa orang Kristen merayakan Sabat pada hari Minggu. Untuk membacanya silahkan klik di sini.

Pada hari Minggu saya MERAYAKAN Sabat, Allah berhenti mencipta pada hari ketujuh dan MERAYAKAN hari Tuhan, Hari kebangkitan Yesus Kristus.  Karena Hari Tuhan dan Hari Sabat DIADAKAN untuk manusia, maka setiap orang Kristen BEBAS merayakannya pada hari apa saja. Pada hari MINGGU saya berhenti BEKERJA dalam arti MENCARI uang. Pada hari Minggu saya menikmati hasil pekerjaan saya dan bersekutu dengan Allah dan bersilahturami dengan keluarga dan handai taulan.

Saya tidak menentang kaum Sabtuis merayakan Sabat pada hari Sabtu, namun saya menentang ajaran mereka yang menyatakan bahwa TIDAK merayakan Sabat pada hari Sabtu berarti melanggar Sepuluh Perintah Allah.

Saya tidak menentang kaum Mingguis merayakan Sabat dan Hari Tuhan pada hari Minggu. Namun saya MENENTANG mereka yang mengajarkan bahwa orang Kristen TIDAK perlu merayakan SABAT (Tuhan berhenti mencipta pada hari ketujuh) karena SUDAH merayakan hari Tuhan sementara Sepuluh Hukum Allah tidak berlaku lagi setelah Yesus datang ke dunia.

Orang Perjanjian Lama manaati Sepuluh Perintah Allah karena mereka TAKUT dihukum sementara orang Perjanjian Baru menaati Sepuluh Perintah Allah karena MENYADARI bahwa itulah KODRAT manusia sebagai peta teladan Allah. Mengasihi Allah dan mengasihi sesama manusia.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

ekanz's picture

HARI SABAT SATU PAKET DGN HARI PENCIPTAAN DUNIA INI

Hari penciptaan itu bukan 6 hari saja tetapi termasuk hari Sabat  Allah ciptakan untuk peringatan hari penciptaan yang Allah telah kerjakan selama 6 hari. Kejadian 2:1-4 Sejak dunia dijadikan umat manusia menyucikan hari Sabat sampai waktu Musa menerima 10 hukum yang ditulis oleh jari Allah sendiri, Allah mengingatkan kembali agar umat-Nya jangan melupakan hari Sabat yaitu hari yang ketujuh. Oleh sebab itu hukum ke 4 berbunyi "Ingatlah akan hari Sabat" karena sebelum itu memang mereka menyucikan hari Sabat. Allah hanya minta satu hari saja yaitu hari Sabat agar kita mengingat 6 hari Allah menciptakan langit & bumi dengan segala isinya. Bangsa Israel setelah keluar dari Mesir mendapat makan dari Allah yaitu Manna dihari Jumat memperoleh 2kali lipat jatahnya karena pada hari Sabat tidak ada Manna yang turun dari Allah.  Jangan kita mengatakan hari Sabat boleh hari apa saja, karena hari Sabat itu hari peringatan antara Allah dengan manusia(Jehz.20:12,20) atas penciptaan dunia ini, apa boleh hari peringatan kemerdekaan Indonesia tgl 17 Agustus kita ganti dengan tanggal yang lain?  Kortrofersi hari Sabat ini memang sengaja Iblis buat supaya manusia jangan menyucikan sesuai yang Allah perintahkan.  Hari Sabat ini bukan saja hanya orang Yahudi atau sebagian orang Kristen yang menurut sesuai 10 hukum, tetapi di dalam Alquran sendiri umat Islam juga harus menyucikan juga. baca An-Nahl surah 16:123,124; An-Nisa 4:47; Al-Baqarah 2:65,66.  Hari Sabat sebagai hari perhentian dirubah ke hari Minggu oleh kaisar Konstantin pada tanggal 7 Maret 321 TM karena hari Minggu itu sangat populer di kalangan pemuja matahari dan juga di kalangan Kristen inilah undang-undang hari Minggu pertama kali sebagai hari libur. Pada tahun 364 TM Konsili Laodikea oleh Gereja Katolik Roma dalam Kanon 29 ketentuan gereja menyatakan bahwa orang-orang Kristen haruslah memuliakan hari Minggu dan jika mungkin janganlah bekerja pada hari itu. Jadi jelas hari Minggu itu sebagai hari perbaktian adalah buatan manusia. Kita kalau mencari kebenaran harus ada satu pekagangan atau ketentuan yang jangan menyimpang dari Firman Tuhan (Johanes 17:17) jika kita sudah menyimpang dari Firman Tuhan tidak akan bertemu kesepahaman.
 

ekanz

 

hai hai's picture

Akenz, Alkitab Adalah Standard Kebenaran

Saudara Akenz, kenapa menggunakan Alquran sebagai standard kebenaran? Apabila anda menggunakan satu ayat Alquran sebagai Standard kebenaran, maka itu berarti anda harus mengakui seluruh Alquran sebagai Standard kebenaran.

Tuduhan bahwa Kaisar Konstantin yang mengubah perayaan Sabat ke hari Minggu pada tahun 321 adalah ISAPAN JEMPOL para PEMBUAL yang dipercayai oleh orang-orang yang tidak belajar sejarah gereja dengan benar. Kaum Sabtuis getol sekali menggunakan BUALAN itu untuk menuduh bahwa kaum Mingguis melakukan kebaktian pada hari Minggu karena DISESATKAN untuk menyembah dewa matahari.

Justinus Martyr (100-165) hidup satu abad sebelum Konstantinus. Di dalam bukunya, The Apology, bab 67, dia menulis tentang ALASAN orang Kristen melakukan KEBAKTIAN pada hari Minggu. Tulisan tersebut adalah BUKTI bahwa kebaktian pada hari MINGGU sudah menjadi tradisi gereja bahkan satu abad sebelum Konstantin dilahirkan.

Saudara Akenz, tanggal 17 Agustus di Indonesia adalah tanggal 16 Agustus di Amerika. Sebenarnya Indonesia MERDEKA tanggal 16 atau tanggal 17 AGustus?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Bram Ander's picture

Saudara Hai hai, anda itu

Saudara Hai hai, anda itu masih anak2 atau sudah dewasa ? kenapa masih bingung soal perbedaan waktu antara di Amerika dengan Indonesia, satu hari itu 24 jam sedangkan perbedaan waktu antara Amerika Indonesia cuma 12 jam jadi ada waktu beberapa jam yang tanggal nya sama.

Sebagai orang kristen itu jangan sombong hanya cuma bisa baca Alkitab, baca juga Alquran dan buku2 dari agama2 yang lain sebagai wawasan kita supaya kita bisa mencari kebenaran yang sesungguhnya.

Kebenaran yang sesungguhnya jangan karena tradisi atau mayoritas pengikutnya kita jangan mengikuti tradisi atau mayoritas penganutnya yang harus kita ikuti apa yang firman Allah katakan(Johanes 17:17b) Allah sudah mengirim Yesus agar umat manusia dapat mengikuti teladan hidup-Nya.  Jika kita mengundang Roh Kudus(sebagai ganti Yesus) tinggal dalam hati/kehidupan kita niscaya kita akan melakukan seperti waktu Yesus masih ada didunia ini dia menyucikan hari Sabat dan ke Sinagog pada hari Sabat.

hai hai's picture

Bram Ander, Anda FASIH Berbahasa Indonesia?

Saduara Bram Ander, anda FASIH bahasa Indonesia?

Adakah kalimat baik dalam tulisan utama saya maupun komentar saya yang MENYATAKAN bahwa saya BINGUNG soal perbedaan waktu di Amerika dan Indonesia?

Adakah kalimat yang menyatakan bahwa saya hanya bisa baca Alkitab?

Adakah kalimat yang menyatakan bahwa saya MENJADIKAN tradisi MAYORITAS sebagai STANDARD kebenaran?

Adakah kalimat yang menyatakan bahwa saya mengajarkan agar kita MENGIKUTI tradisi mayoritas alih-alih menaat firman Tuhan?

Kalimat ini sering sekali saya kutip, Yesus mengajarkan bahwa, "Hari sabat diadakan untuk MMANUSIA, bukan manusia diciptakan untuk hari Sabat." Anda paham makna kalimat tersebut?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

johan_candra's picture

hari sabat

Hallo pak hai_hai

 

salam knl,,,

 

kejadian 1:5

Dan Allah menamai terang itu siang dan gelap itu malam.jadilah petang dan jadilah pagi,itulah hari pertama.

 

bagaimana sseorang bsa beranggapan hri sabtu adlh hr sabat?ribuan tahun org krusten mempringati hr sabat adlk pd hr sabtu...padhl itu adlh menrut pengkalenderan yahudi,ddlm kelener tsb dgnakan 1hari=24jam untuk sebagai tanda pergantian pergantian hari......

 

bagaimana mereka yakin bahwa 1 hr (dlm sajarah penciptaan tsb)=24jm?pdahal Tuhan menciptakan siang dan malm pada hri pertama...

dan apabila mereka yakin apbila hari sabtu adlh hari sabat,akn ttp ap mereka yakin jika hari sabtu bnr2 bertepatan dng hari ke7 dmn Allahh tlh slsai dlm penciptaan?

Menrt saya akn lbh logis ji9ka hari sabat dipringati pd hr mggu,krn pd hri itulah Tuhan Yesus menang atas maut.......

 

 

 

Yesus memberkati....

 

johan_candra's picture

tak pikir

pertama kali tk pikir pak hai2 itu cewk...ternyata cowk...

 

hihihihihihihihi.........

 

oya pak hai2 kbtulan papa saya jg ktrnrn tionghua dr marga oen.....tp tk sedikitpun kebudayaan cina yg q mengerti....

 

tk pkir klu usia pk hai masih belasan tahun...

 

 

hihihihi,,,,,,cz usia q jg br 18 thn......

hai hai's picture

johan_candra, Sabar

johan_candra, saat ini saya benar-benar fokus pada blog-blog tentang Adam. Jadi maafkan bila saya tidak bisa menangapi komentar anda dengan panjang lebar.

Setelah Tulisan tentang Adam selesai, saya akan mengatur waktu untuk menulis sebuah blog tentang hari SABAT. Saya yakin setelah blog itu muncul, maka sesungguhnya kita tidak perlu lagi berdebat tentang hari Sabat itu hari sabtu atau hari minggu.

Tolong bersabarlah kawan.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mencari kebenaran's picture

Kecongkakan Terbesar adalah merubah HUKUM TUHAN

Alkitab mengajarkan bahwa Kristus bangkit pada hari Minggu. Kebangkitan  Kristus pada hari minggu dan keinginan untuk berbeda dengan orang Yahudilah yang menjadi dasar bagi orang Kristen merayakan Sabat pada hari  Minggu.

kok keinginan berbeda dengan orang yahudi. yang harusnya menjadi dasar bukannya firman Tuhan. saya rasa alasan ini tidak cukup kuat untuk merubah hari, kembali lagi ke sejarah yg anda pasti sudah tau kenapa hari sabath beralih ke hari minggu
memang waktu itu rasa anti Yahudi di Roma  sangat kuat, dan dan waktu ke waktu semakin kuat saja. Reaksi terhadap sentimen kebangsaan ini, orang-orang Kristen yang diam di kota itu berusaha membedakan diri mereka dari orang Yahudi. bukannya itu sudah salah.
klo membenci adat kebiasaan yahudi silahkan..

tapi jng merubah ajaran. ajaran tradisi yahudi gak semuanya benar (contohnya sampai sekarang mereka masih menunggu Mesias karena menolak Yesus yg lahir di kandang)..

tetapi masalah memelihara sabat saya acungin jempol tangan dan kaki.. tetapi itupun mereka terlalu ekstreem.. meludah ke rumput aja dosa karena dianggap bekerja (kan menyirami rumput).. makanya yesus menegor kebiasaan mereka dengan menyembuhkan pada hari sabat.

dan perlu diingat pada waktu itu beberapa orang Kristen secara sukarela memelihara Hari Minggu sebagai hari "PERBAKTIAN", bukan sebagai hari "PERHENTIAN"

lagi pula harus anda akui kalau kepopuleran dan pengaruh penyembahan matahari  dari budaya  kekafiran Kekaisaran Romawi memegang penanan penting dalam pemeliharaan Hari Minggu, yang semakin bertumbuh penerimaannya sebagai hari perbaktian.

Penyembahan matahari memegang peranan penting selama sejarah purbakala. Ini merupakan “sebuah komponen yang paling tua dari agama Romawi....dan bagian awal abad kedua Masehi, aliran Sol Invictus  sangat dominan di Roma dan di pelbagai bagian kerajaan itu.

ini sejarah.. ini kan jamanya socrates. masak socrates bohong
lha kenapa semakin banyak.. kan orang kafir (yg nyembah matahari maksudnya) juga bisa jadi kristen.. banyak malah... WAJIB malah. mereka milih berbakti hari minggu donk sesuai dengan kebiasaan yg dulu.

jadi waktu itu socrates nulis dunia dipenuhi orang orang kristen yang berbakti hari sabtu dan minggu...  bisa di cek sendiri

Nah, Pada abad keempat undang-undang hari Minggu mulai diperkenalkan. Undang-undang hari Minggu yang pertama dikeluarkan dan kemudian menjadi undang-undang hari Minggu yang bersifat religius. Undang-undang sipil pertama mengenai hari Minggu didekritkan oleh kaisar Konstantinus I pada tanggal 7 Maret 321 M. Dengan melihat bahwa hari Minggu itu sangat populer di kalangan pemuja matahari dan juga di kalangan Kristen, sehingga Konstantin berharap bahwa dengan menjadikan hari Minggu itu sebagai hari libur, ia dapat memastikan dukungan dan kedua konstituensi ini bagi pemerintahannya.
biasa lah.. waktu itu politik sudah ada.. gak hanya sekarang aja.. cari pengikut, semua usaha dihalalkan termasuk "Kristenisasi"

Sampe disini saya mo bilang bahwa tidak ada "Kecongkakan" yang paling besar didunia ini selain dari merubah "HUKUM" Tuhan sendiri.. ckckck hebat hebat

Loh, terus kemana orang2 yg menyucikan Sabath mula mula. ya mereka tergeser lah... hidup di tempat terpencil..dan saya yakin Tuhan terus menuntun mereka.
kecuali orang2 yahudi loh ya.. mereka tuh bukan kristen.

Selama ribuan tahun bangsa Yahudi merayakan Sabat pada hari ketujuh (Yom Shabbat) sesuai kalender Yahudi. Sementara Umat Kristen sejak abad pertama merayakan Sabat pada hari Minggu (hari pertama) sesuai kalender Masehi.

Perasaan Sabath sudah ada jauuuh sebelum eden.. Orang yahudi penganut taurat paling extrem, dengan arti, hari yang mereka pegang dari dulu dapat menjadi acuan orang kristen (pengikut kristus)
anda salah lagi. Tidak ada bukti perbaktian Kristen pada hari Minggu dalam minggu itu sebelum abad  kedua, akan tetapi bukti menunjukkan bahwa pada pertengahan abad itu beberapa orang Kristen secara sukarela memelihara Hari Minggu sebagai hari "PERBAKTIAN", bukan sebagai hari "PERHENTIAN" seperti yg saya dh bilang di atas (undang undang masih belum keluar)

sempat anda katakan bisa jadi hari sabtu sekarang bukan sabtu yang dulu karena perhitungan kalender yang salah.. klo gitu kenapa merayakan hari minggu.. klo hari sabtu aja geser "menurut saudara"

itu artinya bukannya hari minggu juga geser.. aneh. sebetulnya yg anda tuduhkan itu apa sih? nyalahin kita, tapi anda juga kena...
pelajari susunan kalender. meskipun revisi, "tidak ada hari yang terlupakan" kalender hanyalah perhitungan manusia untuk mempermudah perhitungan waktu.

coba misal anda bangun pagi.. dengan bingung tanya ke istri.. hari apa ini.. masak istri anda lupa.. taruh lah istri anda juga lupa.. kan bisa tanya pak RT. dijamin pak RT gak akan lupa.. lha wong dia punya banyak anak buah.. taruhlah pak RT lupa.. kan masih ada Pak camat.. klopun smua lupa.. saya yakin presiden Barak Obama gak akan lupa. yg saya maksud.. MUSTAHIL lah ada hari yg bergeser sejak jaman adam. kalopun gak ada catatan.. feelling mereka masih kuat.. kan cuman ngapalin 7 hari yg diulang ulang.
gak perlu itung itung kalender.. itu kan rumit. klo tinggal kutip anak saya juga bisa
saya juga sudah pelajari kok.. memang ada revisi.. bukan revisi salah hari. itungannya beda tapi harinya genap dan gak geser.. tolong hal ini jangan diperdebatkan lagi.. apalagi pake asumsi, para ahli kan gak cuman satu yg kerjain kalender

SABAT PERJANJIAN BARU
Umat Kristen sejak jaman para Rasul merayakan Sabat pada hari minggu. Umat Kristen merayakan Sabat untuk memperingati:

   1. Selesainya penciptaan alam semesta oleh Allah pada hari ketujuh.
   2. Selesainya pekerjaan penebusan oleh Kristus, kebangkitan Kristus dari kematian pada hari ketiga.
   3. Kerinduan akan kedatangan Kristus yang kedua kali

Umat Kristen merayakan Sabat dengan mengikuti kebaktian di gereja pada hari minggu dan menyebut hari itu sebagai Hari Tuhan.

HIHI.. selesai penciptaan bukannya hari jumat.. yg ke 7 istirahat

KENAPA GAK HARI JUMAT SEKALIAN AJA.. BUKANNYA ITU JUGA PENTING.. MANA ADA HARI KEBANGKITAN ITU KLO GAK ADA HARI KEMATIAN. BUKANYA KITA DITEBUS OLEH KEMATIAN.. BUKAN KEBANGKITAN.

ayoo kenapa gak waktu YESUS LAHIR SEKALIAN.. (memangnya ada yg tau Yesus lahir.. ..25 Des? ah asumsi seenaknya lagi, itu mah dewa matahari yang lahir kalii, klo ini mak fakta sejarah)
gak usah banyak alasan.. HARI TUHANmu ITU MUNCUL DARI SEJARAH YG SAYA TULIS DIATAS... yang anda tulis tuh pembenaran buat kalian aja.
saya bahkan mau kasih predikat "sarjana alasan" ke saudara. habis pinter banget saudara muter baliknya.. sumpah saya salut.. salut aja.. tapi tetep gak ngena..

mangkanya jauh2 hari hari hukum keempat agak exklusive nulisnya.
saya pikir Tuhan itu "bodoh"
semua hukum ditulis "JANGANLAH" jangan ini jangan itu.. lha hukum ke 4 ko ditulis "INGATLAH"  buat saya hukum apaan ini.. kok ingatlah.. kayak gak teges aja
saya baru sadar sekarang.. karena Tuhan tau bakalan "BANYAK YANG LUPA"

bayak orang seenaknya mengartikan disesuaikan dengan keinginan mereka
saya sudah baca link dari anda
http://www.gotquestions.org/Indonesia/Sabat-Sabtu-Minggu.html
pada ngawur dari konteks, ini garis besarnya

Sabat buat orang israel? ngawur abisss

(Roma 14:5) Kita beribadah kepada Tuhan setiap hari, bukan hanya pada hari Sabtu atau Minggu. ya iyalah.. saya beribadah malah tiap hari.. soalnya Yesus juga.. rasul2 juga
dan malah diharuskan orang kristen beribadah tiap hari.. tapi HARI PERHENTIAN, PENYUCIAN, PENGKUDUSKAN, PENGASINGAN, tetep hari Sabtu.

Alkitab tidak pernah menyebut orang-orang percaya berkumpul untuk bersekutu atau beribadah pada hari Sabat (Sabtu) manapun. Namun demikian, ada ayat-ayat yang dengan jelas menyebut hari pertama dalam minggu itu. Contohnya, Kisah Rasul 20:7 menjelaskan bahwa “Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti” (Kisah 20:7).
ketahuan gak Nyimak Alkitab (saya bilang nyimak loh, bukan baca).. ya buaaaanyak banget lah ayat Alkitab klo hari sabath tuh hari ke 7. ya kebalik mana ada hari sabat hari pertama ditulis.
saya tantang nih. sebutkan SATU AYAT SAJA dalam alkitab klo hari sabat tuh hari minggu dan harus dikuduskan.. saya akan pindah bareng bareng keluarga saya.
mecah mecah roti mangnya hari sabath.
bukannya dari kecil kebiasaan Yesus pergi ke rumah ibadah (sinagog) pada hari sabat bersama org yahudi untuk berbakti, dan membuat para imam tercengang karena mengajarkan hukum musa diluar kepala. GIMANA SIH.. hari minggu yesus kerja bantuin saudaranya jadi tukang.

Perjanjian Baru memperlihatkan empat hal penting kepada kita: 1) Setiap kali Tuhan Yesus menampakkan diri dalam tubuh kebangkitanNya dan harinya disebut, selalu adalah hari pertama dalam minggu itu (Matius 28:1, 9, 10; Markus 16:9; Lukas 24:1, 13, 15; Yohanes 20:19, 26). 2).
ya iyalah.. klo menampakkan hari sabtu ke siapa.. mereka kan lagi beribadah smua. memangnya Yesus mau bikin heboh di rumah ibadah.. justru Yesus menampakkan diri pada waktu murid2nya sedang melakukan perjalanan yg jaraknya berjauhan (artinya mereka gak lagi ibadah)
lagian ini ni yg lucu.. ayat ini kan gak penting buat alasan untuk merubah sabat ke minggu.. aduh aduh...

Sabat orang Yahudi telah dihapuskan di atas salib ketika Kristus “menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita” (Kolose 2:14).
owowow... memangnya hari sabat orang yahudi cuman satu, ingat ada sabat mingguan ada sabat tahunan.. tradisi mereka banyak
jangan juga bilang hukum taurat dah sisalibkan.. sapa yg bilang.. klo Taurat sudah disalibkan artinya gak berlaku lagi, saya bebas membunuh dan berzinah donk.. wuih wuih..

Taurat memang tidak menyelamatkan. tapi taurat tuh seperti cermin yg ngasih tau muka kita ternoda atau gak.. kita salah atau benar..

saya sarankan klo mau mengutip ayat Alkitab jangan sepenggal sepenggal.. satu pasal baca abis baru anda akan mengerti maksudnya, dan yg paling penting.. sisakan tempat buat Roh Kudus untuk menuntun anda. percumah menggali dengan otak saja.
apa lagi mengutip kata2 paulus... wuii ngerii... saya akuin masih belum sanggup saya. klo tulisan petrus gampang.. pendidikan mereka jauuh bedaa..

saya kasih contoh nih..
paulus bilang.. CELAKALAH KAMU DIBAWAH HUKUM TAURAT
apa anda langsung hujat tuh hukum taurat.. penafsirannya luasss bangeeett

sapa sih manusia yg bisa jalanin hukum taurat coba.. GAK ADA!!!! karena ini bukan kaya pelajaran. klo anda gagal satu maka gagal semua.. klo anda gagal anda sudah milik setan
JADI pantas lah klo paulus ngomong demikian. CELAKA..!! lha siapa yg sanggup jalanin taurat
tapi ajaran paulus mengatakan keselamatan itu oleh iman.. see
jadi kita tuh "under Jesus" kita tuh sudah selamat, tiket ke surga sudah kita pegang. hanya saja anda mau pake tuh tiket ato engga? TERSERAH
karena udah selamat ya kita turut perintahNya dnk
"IF YOU LOVE ME, KEEP MY COMMANDMENT"
apa sih tu perintahnya.. ya sepuluh hukum tadi.. semua firmanNya

jadi anda melakukan hukum taurat karena sudah dapat "TIKET KESELAMATAN" rasanya akan ringan dan beda kalo "MELAKUKAN TAURAT UNTUK SELAMAT"

anda menginjil untuk selamat..? SALAH.. kita menginjil karena udah diselamatkan
anda berhari sabat untuk selamat..? SALAH.. kita kuduskan hari sabath karena udah diselamatkan

klo kita balik apa kita sudah diselamatkan? klo kita masih merasa BERAT menguduskan hari sabat, kasih perpuluhan, menginjil..  ya tandanya belumm.. kita akan ringan melakukan segala sesuatu untuk YESUS jika kita sudah merasa diselamatkan.
NAH.. BEDA KAN..?

masih banyak lagi tulisan paulus yg seolah olah bertentangan. masalah makanan juga yg seolah oleh bertentangan dengan buku imamat 11. banyak lagi
sebenarnya kutipan yg saudara kasih kebanyakan tulisan paulus supaya jangan menghakimi orang lain yg belum kenal kebenaran dengan standart kita. gimana mau masuk kristen klo kita udah debatin kebiasaan mereka. Ingat, waktu itu perkembangan orang kristen sangaaat pesaaat.

dan juga karena penghakiman hanya hak prerogatif Tuhan. siapa kita?

Sabat itu meterai/stempel dari Tuhan yang membedakan kita dengan orang lain. Waktu Tuhan datang tingal melihat apakah meterai itu sudah ada pada kita apa tidak.. itu saja kok
Sapa bilang hari menguduskan hari sabat itu berat... Itu hari kesukaan buat saya.. sepertinya klo hari sabat matahari terbit lebih terang buat saya.. (buat saya loh)

saya minta maaf banyak kekhilafan di tulisan atas, sebagai manusia biasa yg merasa terusik dengan wacana yg memojokkan hari sabat Tuhan saya. Tetapi saya tidak minta maaf atas perbedaan yang saya tulis karena itulah yang menurut saya sesuai dengan firman di Alkitab.
saya orang biasa, yang kadang2 bolong hari sabatnya, tapi juga sanggup meninggalkan 6 sks ujian akhir semester, bahkan pekerjaan yg jatuh pada hari sabtu, dan herannya saya merasa super LEGAAAA waktu itu
saya juga yakin perdebatan tidak menghasilkan sesuatu yg baik, tidak akan mengurangi iman yang terhina kok dan tidak akan menambahkan kemuliaan bagi mereka yang mengagung agungkan kepercayaannya.

Blessed Sabath Day

 

hai hai's picture

@mencari kebenaran, Socrates, Plato, Aristotteles?

Pada mulanya kaum SABTUIS (merayakan Sabat pada hari Sabtu) menuduh orang Kristen yang merayakan Sabat pada hari Minggu (Mingguis) telah melanggar Perintah ke 4 dari Sepuluh Perintah Allah.

Ketika diberitahu oleh kaum Mingguis bahwa mereka bukannya tidak merayakan Sabat namun merayakan Sabat pada hari Minggu. Kaum Sabtuis lalu mengajarkan bahwa Sabat harus di rayakan pada hari SABTU karena pada hari itulah Allah berhenti dari segala pekerjaan penciptaan-Nya.

Apabila yang diajarkan oleh kaum Sabtuis itu benar, Allah berhenti mencipta pada hari Sabtu, itu berarti seluruh dunia harus merayakan Sabat pada WAKTU yang sama.

Kaum Sabtuis juga mengajarkan bahwa merayakan Sabat pada hari Minggu berarti melestarikan tradisi penyembahan Dewa Matahari bangsa Romawi.

Mencari kebenaran: Penyembahan matahari memegang peranan penting selama sejarah purbakala. Ini merupakan sebuah komponen yang paling tua dari agama Romawi....dan bagian awal abad kedua Masehi, aliran Sol Invictus  sangat dominan di Roma dan di pelbagai bagian kerajaan itu.

Tidak perlu menjadi ahli sejarah Romawi untuk memahami bahwa orang yang menulis kalimat-kalimat di atas sedang MEMBUAL.  Abad kedua MUSTAHIL paling tua. Bila paling tua mustahil dibilang ngetop awal abad kedua Masehi. Anda mau tahu bualannya yang lain? Ini:

Mencari kebenaran: dan perlu diingat pada waktu itu beberapa orang Kristen secara sukarela memelihara Hari Minggu sebagai hari "PERBAKTIAN", bukan sebagai hari "PERHENTIAN"

Mencari kebenaran: Nah, Pada abad keempat undang-undang hari Minggu mulai diperkenalkan. Undang-undang hari Minggu yang pertama dikeluarkan dan kemudian menjadi undang-undang hari Minggu yang bersifat religius. Undang-undang sipil pertama mengenai hari Minggu didekritkan olekaisar Konstantinus I pada tanggal 7 Maret 321 M. Dengan melihat bahwa hari Minggu itu sangat populer di kalangan pemuja matahari dan juga di kalangan Kristen, sehingga Konstantin berharap bahwa dengan menjadikan hari Minggu itu sebagai hari libur, ia dapat memastikan dukungan dan kedua konstituensi ini bagi pemerintahannya. biasa lah.. waktu itu politik sudah ada.. gak hanya sekarang aja.. cari pengikut, semua usaha dihalalkan termasuk "Kristenisasi"

Mencari kebenaran: Sampe disini saya mo bilang bahwa tidak ada "Kecongkakan" yang paling besar didunia ini selain dari merubah "HUKUM" Tuhan sendiri.. ckckck hebat hebat

Coba anda bandingkan frasa yang tebal dan bergaris bawah. Itulah cara PEMBUAL LICIK berdiskusi. Ketika menulis "Beberapa orang" dia MEMBUAL  bahwa saat itu kebaktian minggu tidak populer karena hanya dilakukan oleh beberapa orang.

Namun sayangnya dia BODOH seperti pengakuannya sendiri, namun hendak berlagak PINTER itu sebabnya dia SOK mengutip sumber pustaka yang tidak lebih dari copy paste dari Wikipedia dia sama sekali tidak tahu bahwa kutipannya MENENTANG pernyataannya semula, sebab frasa "hari Minggu itu sangat populer di kalangan pemuja matahari dan juga di kalangan Kristen" jelas bertentangan dengan frasa "Beberapa orang"

Dia sangan LICIK karena tidak mengutip kalimat ini dari Wikipedia:

Undang-undang hari Minggu Konstantin membayangkan latar-belakangnya selaku penyembah matahari. “Pada Hari pemujaan Matahari (venerabili die Solis) hendaknya para hakim dan penduduk yang tinggal di kota-kota beristirahat dan tempat-tempat kerja ditutup. Di pedesaan, penduduk yang berhubungan dengan pertanian dapat dengan bebas dan didukung undang-undang meneruskan usaha mereka.”

Handai taulan sekalian, Mari kita lihat apakah dia SEBODOH yang dia akui?

saudara mencari kebenaran, apakah Socrates yang anda maksudkan adalah guru dari Plato, guru Aristoteles yang terkenal itu?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mencari kebenaran's picture

ckckck..

Pada mulanya kaum SABTUIS (merayakan Sabat pada hari Sabtu) menuduh orang Kristen yang merayakan Sabat pada hari Minggu (Mingguis) telah melanggar Perintah ke 4 dari Sepuluh Perintah Allah.

Ketika diberitahu oleh kaum Mingguis bahwa mereka bukannya tidak merayakan Sabat namun merayakan Sabat pada hari Minggu. Kaum Sabtuis lalu mengajarkan bahwa Sabat harus di rayakan pada hari SABTU karena pada hari itulah Allah berhenti dari segala pekerjaan penciptaan-Nya.
 

lagi lagi ngarang indah.. (itu statement anda atau gimana.. seolah olah anda hidup jaman itu) ckckck... disatu sisi anda ngejek saya ngutip dari wikipedia.. tapi disisi lain anda ngutipin buat saya juga.. klo bilang wikipidia salah ya jangan dipake.. tapi apa iya tulisan di wikipedia salah kaprah dan tulisan anda yang Te O Pe Be Ge Te.. alias TOP BANGET..

 

Coba anda bandingkan frasa yang tebal dan bergaris bawah. Itulah cara PEMBUAL LICIK berdiskusi. Ketika menulis "Beberapa orang" dia MEMBUAL bahwa saat itu kebaktian minggu tidak populer karena hanya dilakukan oleh beberapa orang.

"hari Minggu itu sangat populer di kalangan pemuja matahari dan juga di kalangan Kristen" jelas bertentangan dengan frasa "Beberapa orang"

ea.. bodohnya.. bukannya saya lagi mengomentari anda yang bilang hari minggu sudah mulai abad pertama.. pengikut kristus mula mula ya masih hari sabtu.. dan orang2 kristen yg hidup di roma mulai "membedakan" diri dari yahudi karena rasa anti yahudi mereka.. ya mulanya sedikit donk dan samar samar. mangkanya gak ada bukti hari sabat ke minggu sebelum abad ke dua.. baru setelah abad kedua itu populerlah minggu kalian...jadi yang saya tulis "BEBERAPA ORANG" dan "POPULER" jaraknya ratusan tahun.. mo ngomong apa lagi Kau..!]

se tolol ini kah kau ngartiin postinganku diatas.

Handai taulan sekalian, Mari kita lihat apakah dia SEBODOH yang dia akui?

ya kita lihat siapa yang tertawa paling akhir sekarang..hehe

lagian klo gak mau pake sejarah ya sudahlah.. asal juga jangan pake argumen "menurut saya, menurut profesor saya, menurut pendeta pintar yg suka ngelawak saya" mangnya tulisanmu cukup berbobot untuk jadi sejarah nantinya.. atau deface aja situs wikipedia dan masukin postinganmu disitu..

banyak pendeta mingguis kalian aja mengakui keabsahan hari sabat itu hari sabtu, hanya saja mereka dapat nafkah "besar" dari situ. ya kaliin aja perpuluhan orang kaya yg kalian bodohi disitu. ya pilih nyangkal dan bikin argumen yg bertele tele dari pada kehilangan duit.

lain kali yang Alkitabiah ya... kebanyakan denger lawakan di gereja ya... 

 

hai hai's picture

@mencari kebenaran,

Mencari kebenaran: dan perlu diingat pada waktu itu beberapa orang Kristen secara sukarela memelihara Hari Minggu sebagai hari "PERBAKTIAN", bukan sebagai hari "PERHENTIAN"

Mencari kebenaran: Sampe disini saya mo bilang bahwa tidak ada "Kecongkakan" yang paling besar didunia ini selain dari merubah "HUKUM" Tuhan sendiri.. ckckck hebat hebat

MK, bukankah melalui kalimat-kalimat tersebut di atas anda sedang mengajarkan bahwa kaisar Constantine-lah yang berlaku CONGKAK dan mengubah hukum Tuhan tentang menguduskan hari sabat? Bukankah melalui pernyataan sebelumnya anda mengajarkan bahwa saat itu hanya ada beberapa orang Kristen secara sukarela memelihara Hari Minggu sebagai hari "PERBAKTIAN", bukan sebagai hari "PERHENTIAN"   Karena Constantine-lah maka orang Kristen merayakan Sabat pada hari minggu.

Saudara MK, anda mau menyangkal apa yang anda ajarkan? Ha ha ha ha ha .... Silahkan mas!

Nggak ada salahnya mengutip Wikipedia, namun lakukanlah dengan bijaksana. Anda mengutip untuk menunjukkan kepintaran anda namun yang anda kutip justru menentang pernyataan anda. Itulah yang membuat saya ngakak. Ha ha ha ha ...

Bila hendak berbicara tentang sejarah, gunakan sumber pustaka secara benar. Mengutiplah dengan akurat dan pahami dengan benar. Anda mengagul-agulkan diri JAGO sejarah namun MENYATAKAN orang Kristen merayakan SABAT pda hari Minggu gara-gara Constantine? Hua ha ha ha ha ....

Mencari kebenaran: Penyembahan matahari memegang peranan penting selama sejarah purbakala. Ini merupakan sebuah komponen yang paling tua dari agama Romawi....dan bagian awal abad kedua Masehi, aliran Sol Invictus  sangat dominan di Roma dan di pelbagai bagian kerajaan itu.

Tidak perlu menjadi ahli sejarah Romawi untuk memahami bahwa orang yang menulis kalimat-kalimat di atas sedang MEMBUAL.  Abad kedua MUSTAHIL paling tua. Bila paling tua mustahil dibilang ngetop awal abad kedua Masehi.

MK, Sol Invictus itu bukan ALIRAN, anda harus belajar sejarah lagi untuk memahaminya. Ha ha ha ha ha ...

saudara mencari kebenaran, apakah Socrates yang anda maksudkan adalah guru dari Plato, guru Aristoteles yang terkenal itu?

Saudara MK, bila hendak MENGAJAR sebaiknya anda belajar dulu baik-baik. Setelah paham baru mengajar. Bila hendak MENUDUH orang sembarangan sebaiknya lakukan dengan terang-terangan, jangan berkedok hendak MENGAJAR. Prilaku demikian sungguh-sungguh mengenaskan.

Mengagul-agulkan diri jago sejarah tidak membuat anda jadi ahli sejarah benaran. Menuduh orang lain tidak pakai sejarah sama sekali bukan BUKTI bahwa orang lain tidak paham sejarah. Buktinya saya jauh lebih PAHAM sejarah dibanding anda.

 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mencari kebenaran's picture

kesandung kok sampe 3 kali, keledai aja enggak..!!

""""'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''' """"""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""'''''''''''''' Mencari kebenaran: dan perlu diingat pada waktu itu beberapa orang Kristen secara sukarela memelihara Hari Minggu sebagai hari "PERBAKTIAN", bukan sebagai hari "PERHENTIAN"

Mencari kebenaran: Sampe disini saya mo bilang bahwa tidak ada "Kecongkakan" yang paling besar didunia ini selain dari merubah "HUKUM" Tuhan sendiri.. ckckck hebat hebat

MK, bukankah melalui kalimat-kalimat tersebut di atas anda sedang mengajarkan bahwa kaisar Constantine-lah yang berlaku CONGKAK dan mengubah hukum Tuhan tentang menguduskan hari sabat? Bukankah melalui pernyataan sebelumnya anda mengajarkan bahwa saat itu hanya ada beberapa orang Kristen secara sukarela memelihara Hari Minggu sebagai hari "PERBAKTIAN", bukan sebagai hari "PERHENTIAN"   Karena Constantine-lah maka orang Kristen merayakan Sabat pada hari minggu.

Saudara MK, anda mau menyangkal apa yang anda ajarkan? Ha ha ha ha ha .... Silahkan mas!..""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""   """"""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""

ea..aih aih... disimak yaa.. beberapa orang kristen (khususnya daerah roma.. yg ditobatkan dari kafir) sukarela pindah karena rasa "anti yahudi".. klo saya bilang congkak.. masih wajar kan meskipun yg melandasi rasa anti yahudi... lha kalo saya bilang Constantine Lebih congkak apa juga salah karena secara simbolis mengundang undangkan hari minggu... memangnya indonesia berhenti perang dan merdeka tanggal 17 agustus? itu kan karena proklamasinya tanggal segitu..

""""" hai hai : Coba anda bandingkan frasa yang tebal dan bergaris bawah. Itulah cara PEMBUAL LICIK berdiskusi. Ketika menulis "Beberapa orang" dia MEMBUAL bahwa saat itu kebaktian minggu tidak populer karena hanya dilakukan oleh beberapa orang.

"hari Minggu itu sangat populer di kalangan pemuja matahari dan juga di kalangan Kristen" jelas bertentangan dengan frasa "Beberapa orang"

MK : ea.. bodohnya.. bukannya saya lagi mengomentari anda yang bilang hari minggu sudah mulai abad pertama.. pengikut kristus mula mula ya masih hari sabtu.. dan orang2 kristen yg hidup di roma mulai "membedakan" diri dari yahudi karena rasa anti yahudi mereka.. ya mulanya sedikit donk dan samar samar. mangkanya gak ada bukti hari sabat ke minggu sebelum abad ke dua.. baru setelah abad kedua itu populerlah minggu kalian...jadi yang saya tulis "BEBERAPA ORANG" dan "POPULER" jaraknya ratusan tahun.. mo ngomong apa lagi Kau..!"""""

yang ini kok gak dikomentari... klo merasa salah ya ditarik dnk kata2nya... kok kesannya jadi cuman cari cari kesalahan doank sih... tukang becak juga bisa... jago malah.. klo gini saya jadi tukang revisi aja dunk...

"""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""

MK, Sol Invictus itu bukan ALIRAN, anda harus belajar sejarah lagi untuk memahaminya. Ha ha ha ha ha ...

"""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""

kenapa tertawa hai.. ada yang lucu.. klo bukan aliran apa nama tepatnya buat kepercayaan terhadap dewa dewa khususnya dewa matahari.. kalaupun semisal nih ya.. sol sepatu itu bukan aliran.. bukankah masih tidak mengurangi makna yg saya berikan.. lha memang sol sepatu lagi populer di roma waktu itu meskipun itu aliran atau bukan... bukannya ini bener2 berkesan klo anda cari cari kesalahan doank.. hus jangan ketawa lagi

kalau anda tanya apa saya mau menyangkal apa yg saya ajarkan.. lho ngapain ajaran Tuhan saya sangkal... pertanyaan itu saya kembalikan ke anda hai?

"""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""''' saudara mencari kebenaran, apakah Socrates yang anda maksudkan adalah guru dari Plato, guru Aristoteles yang terkenal itu?

""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""

tuh kan.. kebiasaan "cari kesalahan" sekarang lari ke "kebiasaan menjebak".

eh hai... socrates tuh nama umum.. memangnya di jawa nama budi cuman satu.. nama ponakan saya Einstein karena bokapnya ngefans sama Einstein yg hidup jauh sebelumnya. lha memangnya sejarawan gak boleh punya nama kembar.. kali aja mamaknya suka sama ajarannya plato yg suka cerita tentang gurunya itu. gimana sih...

"""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""'' Saudara MK, bila hendak MENGAJAR sebaiknya anda belajar dulu baik-baik. Setelah paham baru mengajar. Bila hendak MENUDUH orang sembarangan sebaiknya lakukan dengan terang-terangan, jangan berkedok hendak MENGAJAR. Prilaku demikian sungguh-sungguh mengenaskan.

""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""

lho.. yang posting kan anda.. konteks mengajar lebih tepat dituduhkan ke anda.. saya kan cuman tukang sanggah yang eneg dng postingan anda... lagian saya nuduh anda gimana..?? klo saya bilang anda serigala berbulu domba yang berseru seru Tuhan Tuhan... tapi Tuhan bilang Enyahlah.. itu baru nuduh namanya..!! lha klo memang "kebetulan" nyatanya demikian ya bukan tuduhan lagi namanya.. itu fakta nyata yg kena fonis..!! urusan menghakimi ya biar Tuhan saja lah...

""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""" Mengagul-agulkan diri jago sejarah tidak membuat anda jadi ahli sejarah benaran. Menuduh orang lain tidak pakai sejarah sama sekali bukan BUKTI bahwa orang lain tidak paham sejarah. Buktinya saya jauh lebih PAHAM sejarah dibanding anda.

"""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""

saya GAK PERNAH bilang saya jago sejarah (asbun nih bocah). saya memang tukang copas.. lha memang males ketik.. klo yg di copas benar kenapa enggak.. toh mereka juga mikir berat buat bikinnya... klo menurut anda, anda lebih PAHAM sejarah daripada saya ya terserah..itu kan menurut anda..saya bisa ngomong apa, tapi bukannya pisau itu nusuk anda sendiri yang barusan finah saya ngomong jago sejarah... sekarang anda lah yang sombong. coba.. yang ini model pertanggungjawaban saudara atas fitnah anda bagaimana.

Maaf cakap ya, Klo memang sudah merasa jauh terjerumus ya gak ada salahnya balik kok.. gak heran Tuhan jauh jauh hari sudah kasih amaran klo Allah sayang dengan umatnya yang sesat.

Allah menyatakan mereka yang di dalam Babel adalah "umatKU",               Seruan Allah kepada mereka "Pergilah kamu, hai umat-Ku, pergilah dari padanya (Babel)...supaya kamu jangan mengambil bagian dalam dosa-dosanya, dan supaya kamu jangan turut ditimpa malapetaka-malapetakanya."Wahyu 18:4

Tobatlah hai nabi palsu...


hai hai's picture

@mencari kebenaran, Hari Sabat

Sabat adalah hari PERHENTIAN. apakah orang Kristen merayakan Sabat. Benar. Orang Kristen merayakan Sabat pada hari Minggu. Mereka menyebutnya Hari Tuhan. Ketika merayakan Sabat, orang Kristen abad pertama melakukannya dengan memecah-mecah roti.

Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung sampai tengah malam. Kisah 20:7
 
Pada hari pertama dari tiap-tiap minggu hendaklah kamu masing-masing -- sesuai dengan apa yang kamu peroleh -- menyisihkan sesuatu dan menyimpannya di rumah, supaya jangan pengumpulan itu baru diadakan, kalau aku datang. I Korintus 16:2

Apakah orang Kristen merayakan Sabat pada hari Sabtu? Tidak ada catatan tentang hal demikian. Namun Alkitab mencatat kisah para rasul pergi ke Sinagoge pada hari Sabat alias hari Sabtu.

Dari Perga mereka melanjutkan perjalanan mereka, lalu tiba di Antiokhia  di Pisidia. Pada hari Sabat mereka pergi ke rumah ibadat, lalu duduk di situ. Kisah Para Rasul 13:14

Kaum Sabtuis menuduh orang Kristen tidak merayakan Sabat itu berarti melanggar Sepuluh Perintah Allah. Alkitab juga mencatat kisah orang-orang Yahudi Kristen yang menghendaki agar orang Kristen menjalankan kehidupan seperti orang Yahudi, termasuk di dalamnya merayakan Sabat pada hari Sabtu. Pada generasi ini Kaum Sabtuis melakukan hal yang sama. Tentang hal itu Alkitab mengajarkan:

Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat; semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus.Kolose 2:16

Orang Kristen tidak boleh membiarkan dirinya DIHUKUM karena makanan atau pun hari raya dan hari Sabat.

Yang seorang menganggap hari yang satu lebih penting dari pada hari yang lain, tetapi yang lain menganggap semua hari sama saja. Hendaklah setiap orang benar-benar yakin dalam hatinya sendiri. Siapa yang berpegang pada suatu hari yang tertentu, ia melakukannya untuk Tuhan. Dan siapa makan, ia melakukannya untuk Tuhan, sebab ia mengucap syukur kepada Allah. Dan siapa tidak makan, ia melakukannya untuk Tuhan, dan ia juga mengucap syukur kepada Allah. Roma 14:5-6

Ayat di atas memberitahu kita bahwa kita boleh menganggap satu hari lebih baik dari hari yang lainnya demi Tuhan, namun kita juga bebas menganggap semua hari sama demi Tuhan. Itu berarti kita boleh merayakan Sabat pada hari apa saja.

Tetapi sekarang sesudah kamu mengenal Allah, atau lebih baik, sesudah kamu dikenal Allah, bagaimanakah kamu berbalik lagi kepada roh-roh dunia yang lemah dan miskin dan mau mulai memperhambakan diri lagi kepadanya? Kamu dengan teliti memelihara hari-hari tertentu, bulan-bulan, masa-masa yang tetap dan tahun-tahun. Aku kuatir kalau-kalau susah payahku untuk kamu telah sia-sia. Galatia 4:9-11

Paulus mengatakan bahwa susah payahnya menjadi sia-sia bila kita masih MEMELIHARA hari-hari tertentu. bukankah itu berarti pekerjaan Paulus juga menjadi sia-sia bila orang Kristen kekeh jumekeh memelihara hari SABTU sebagai hari tertentu atau memelihara hari MINGGU sebagai hari TERTENTU?

Nama-nama hari di dalam kalender Romawi menggunakan nama dewa-dewi. Hari Minggu adalah hari dewa Matahari. Apakah semua orang Romawi menyembah dewa matahari pada hari minggu? Tidak! Orang Romawi bebas memilih dewa-dewi pujaannya sendiri. Umumnya dewa yang dipuja oleh raja yang bertahta adalah yang paling banyak dipuja pada saat itu. siapakah dewa matahari bangsa Romawi? Appolo alias Helios. Apollo adalah dewa para atlit.

Tidak ada catatan sejarah sama sekali bahwa para penyembah Apollo atau Helios HANYA menyembahnya pada hari Minggu. Juga tidak ada catatan sejarah bahwa para penyembah dewa Apollo MENGUDUSKAN hari Minggu.

Apabila anda mempelajari sistem penyembahan dewa-dewi bangsa Romawi maka anda akan menemukan kenyataan bahwa penyembahan dewa-dewi diadakan setiap hari. Mereka memasang dupa dan lilin. Mereka merayakan hari ulang tahun dewa yang disembahnya dengan meriah. Hari ulang tahun Apollo adalah tanggal 28 Desember.

Pemikiran bahwa karena hari Minggu artinya hari matahari dan dewa Matahari adalah Apollo alias Helios berarti hari Minggu adalah hari penyembahan Apollo sama sekali tidak masuk akal karena sejarah sama sekali tidak mencatat hari Minggu adalah hari untuk menyembah Apollo alias Helios alias dewa  matahari.

Apakah orang Kristen melakukan kebaktian pada hari Minggu karena mengikuti tradisi penyembahan dewa Apollo? TIDAK! Orang Kristen merayakan Hari Tuhan pada hari Minggu karena hari itulah hari kebangkitan Tuhan Yesus. Di samping itu, karena tidak ada tradisi menyembah dewa matahari pada hari Minggu di dalam sejarah Romawi, bagaimana  mungkin DITIRU?

Kaisar Constantine menentukan hari Minggu sebagai hari libur. Inilah kira-kira bunyi dekritnya:

Undang-undang sipil yang pertama mengenai hari Minggu, diberlakukan oleh Kaisar Constantine di Roma tanggal 7 Maret tahun 321 M, yang berbunyi : "Pada Hari Matahari yang dihormati hendaknya para pembesar dan rakyat yang bertempat tinggal di kota berhenti, dan hendaknya semua bengkel ditutup. Namun di pedesaan, orang-orang yang bertani boleh dengan bebas dan sah meneruskan pekerjaan mereka." (History of the Christisn Church, edisi tahun 1902, jilid 3, hal 380). silahkan klik di sini dan di sini.

Namun, kaisar Constantine sama sekali tidak menyatakan hari Minggu sebagai hari untuk MEMUJA dewa matahari. Tuduhan bahwa orang Kristen tidak boleh merayakan Sabat pada Hari Minggu karena hari itu adalah hari penyembahan dewa matahari bukan saja tidak masuk akal namun benar-benar MENGENASKAN karena terlalu mencari-cari yang tidak ada di dalam sejarah.

Sol Invictus artinya matahari yang tidak terkalahkan. Di dalam sejarah bangsa Romawi, Sol Invictus sama sekali tidak pernah digunakan untuk gelar dewa Apollo. Sol Invictus juga tidak pernah digunakan untuk menyebut agama para penyembah dewa Apollo. Sol Invictus adalah semboyan angkatan bersenjata Roma, "inventori lucis soli invicto augusto" artinya "Untuk pencipta terang, kaisar matahari yang tak terkalahkan." Juga gelar-gelar bagi raja Romawi.

saya GAK PERNAH bilang saya jago sejarah (asbun nih bocah). saya memang tukang copas.. lha memang males ketik.. klo yg di copas benar kenapa enggak.. toh mereka juga mikir berat buat bikinnya... klo menurut anda, anda lebih PAHAM sejarah daripada saya ya terserah..itu kan menurut anda..saya bisa ngomong apa, tapi bukannya pisau itu nusuk anda sendiri yang barusan finah saya ngomong jago sejarah... sekarang anda lah yang sombong. coba.. yang ini model pertanggungjawaban saudara atas fitnah anda bagaimana.

Ho ho ho ho .... ternyata anda bisa juga ya berlaku jujur dan ksatria ya? Anda bukan ahli sejarah itu sebabnya tidak boleh menghakimi dengan kalimat-kalimat ini:

lagian klo gak mau pake sejarah ya sudahlah.. asal juga jangan pake argumen "menurut saya, menurut profesor saya, menurut pendeta pintar yg suka ngelawak saya" mangnya tulisanmu cukup berbobot untuk jadi sejarah nantinya.. atau deface aja situs wikipedia dan masukin postinganmu disitu..

Karena anda sudah mengaku bukan ahli sejarah namun TUKANG copy paste, maka saya mau mengajari anda.

eh hai... socrates tuh nama umum.. memangnya di jawa nama budi cuman satu.. nama ponakan saya Einstein karena bokapnya ngefans sama Einstein yg hidup jauh sebelumnya. lha memangnya sejarawan gak boleh punya nama kembar.. kali aja mamaknya suka sama ajarannya plato yg suka cerita tentang gurunya itu. gimana sih...

Ha ha ha ha ... Silahkan jujur kepada diri sendiri dan Tuhan kawan. Ketika anda menulis tentang Socrates, bukankah yang anda pahami saat itu adalah Socrates gurunya Plato yang bermurid Aristoteles?

Perasaan Sabath sudah ada jauuuh sebelum eden.. Orang yahudi penganut taurat paling extrem, dengan arti, hari yang mereka pegang dari dulu dapat menjadi acuan orang kristen (pengikut kristus)

saudara mencari kebenara, tolong jangan mengucapkan kalimat tersebut di atas lagi. Itu hanya menunjukkan bahwa anda sama sekali nggak ngerti apa yang anda katakan.

Sabat itu meterai/stempel dari Tuhan yang membedakan kita dengan orang lain. Waktu Tuhan datang tingal melihat apakah meterai itu sudah ada pada kita apa tidak.. itu saja kok

Kalimat tersebut di atas juga jangan pernah diucapkan kali karena itu menunjukkan bahwa anda sama sekali belum belajar tentang apa itu METERAI. Di dalam Perjanjian Lama hanya ada satu METERAI yaitu SUNAT sedangkan di Perjanjian Baru Meterainya adalah Roh Kudus.

Belajar baik-baik sebelum membuat pernyataan ya dik?

saya minta maaf banyak kekhilafan di tulisan atas, sebagai manusia biasa yg merasa terusik dengan wacana yg memojokkan hari sabat Tuhan saya. Tetapi saya tidak minta maaf atas perbedaan yang saya tulis karena itulah yang menurut saya sesuai dengan firman di Alkitab.

Saudara mencari kebenaran, walaupun mulut anda manis sekali namun prilaku anda benar-benar menyebalkan. Minta maaf karena SADAR banyak melakukan kekhilafan di dalam tulisannya namun MENYANGKAL ketika di tunjukkan kesalahannya sambil diajarin yang benar hanya menunjukkan bahwa anda orang LICIK atau orang MUNAFIK.

Anda merayakan Sabat pada hari Sabtu, saya tidak melarangnya. Anda merayakan Sabat seperti orang Yahudi merayakan Sabat, itu terserah anda. Namun bila hendak menghakimi orang lain, lakukanlah dengan adil. Belajar dulu baik-baik sebelum anda mengajar. Copy paste tidak membuat anda pinter kawan. Mengutip tulisan orang lain boleh saja, namun anda harus paham dulu tentang apa yang anda kutip itu.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

91289's picture

:(

saya merasa campur aduk ketika membaca komen2 dari saudara hai2 dan saudara mk. Sampai saat ini saya masih bingung hari Sabat itu Sabtu atau Minggu.

tapi ketika membaca komen yang saling berbalas2an dari saudara hai2 & mk, saya jadi merasa sedih dan prihatin karena teringat yang diajarkan oleh dosen saya waktu kuliah tadi, tentang hukum Allah.

Ayatnya dari Matius 5:22 :"Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala."

menurut yang diajarkan dosen saya, kata kafir dan jahil berasal dari bahasa Yunani yang jika diartikan ke bahasa Inggris sama saja dengan: "Foolish, Empty-Headed", atau "bodoh" dalam bahasa Indonesia.

dari apa yang saya baca dan tangkap dari tulisan2 di atas, saudara hai-hai dan mk daritadi secara tersirat maupun terbuka menganggap bahwa lawannya itu bodoh dan tidak tahu kebenaran yang sebenarnya (tidak tahu apa-apa). Maka secara tidak langsung saudara2 sudah melanggar Hukum Tuhan, termasuk juga saling menghakimi (Yakobus 4:11-12).

Apalah gunanya mengikuti hukum yang satu tapi melanggar hukum yang lain. Soal kebenaran, hanya Tuhan yg tahu, dan hanya Tuhan satu-satunya hakim atas kita. Sebagai manusia, baiklah kita melakukan sesuai kepercayaan masing-masing, biar Tuhan yang menentukan hasilnya.

Sebagai orang Kristen, dari aliran apapun, marilah kita saling mengasihi yang memang adalah karakteristik kita, bukannya saling berdebat yang tidak ada ujungnya,

 

__________________

Gbu

hai hai's picture

@91289, Coba blog Ini Dulu ya?

91289, coba blog ini dulu ya? silahkan klik di sini.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

91289's picture

I've read ur blog

thanx bwt reply nya saudara hai2,,,,,

saya sudah baca blog anda mskipun dengan agak cepat,,,,,

saya bisa menangkap maksud yang ingin anda sampaikan dari tulisan tersebut dan saya merasa setuju dengan poin2 yang anda sebutkan dan uraikan. Saya masih awam dalam soal pemahaman alkitab. Hingga saat ini, saya baru membaca alkitab sampai kitab Yeremia.

saya menulis komentar (bahkan mendaftar jadi anggota blog) karena merasa tergelitik melihat 2 saudara dalam Kristus berdebat di blog sampai terbawa emosi,,,hehe,,,

eniwei,,,thx 4 the reply,,,

nice 2 meet u :) 

 

__________________

Gbu

hai hai's picture

@91289, Tiada Dusta Di Antara Kita

Saudara 91289, teruslah membaca Alkitab karena itulah sumber pengetahuan dan standard kebenaran Kristiani. Bila anda membacanya dengan seksama, maka anda akan menemukan bagaimana cara para nabi mengajar. Di Perjanjian Baru anda juga akan menemukan bagaimana cara Yesus mengajar dan para rasul mengajar serta saling MENGOREKSI.

Komunitas Blogger Kristen SABDA Space, anggotanya adalah orang-orang Kristen. Apapun yang anda temukan di sini, itulah kenyataan Kekristenan generasi ini.

Orang-orang yang saya maki, menegur saya dan menuduh saya tidak Kristiani namun mereka melakukannya dengan MAKIAN. Lucu bukan? Mereka MENGERITIK namun MELAKUKAN apa yang mereka kritik.

Di dalam hidup saya hanya menjalaninya dengan SEJUJUR mungkin. Bila anda menyebalkan, maka saya tidak akan memaksa diri untuk pura-pura senang dengan anda. Namun saya juga tidak akan memusuhi anda. Jadi, yang saya lakukan adalah menjalani hidup saya dan membiarkan anda menjalani hidup anda. 

Saya ngomong yang saya tahu, saya ngomong yang saya mau. Anda ngomong yang anda mau, anda ngomong yang anda tahu. bila tidak sepakat, kita akan ngomong lagi.

Selama masih ngomong, kita tidak akan saling membenci karena selama ktia ngomong, kita saling mengenalkan diri dan saling mengenali yang lainnya.

Selamat bergabung dengan Komunitas Blogger Kristen SABDA Space. Jadilah diri anda sendiri. Bila anda menganggap apa yang anda pahami dan jalani itu baik, bagikan kepada yang lainnya.

Tiada dusta di antara kita. Bila anda anggap saya menyebalkan, ungkapkan saja. Saya tidak akan sakit hati. Saya akan introspeksi, bila saya memang menyebalkan, saya akan membina diri. Bila anda salah sangka, saya juga akan membina diri sehingga tidak bias ketika mengenalkan diri. Dengan demikian anda bisa mengenal saya dengan benar.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

91289's picture

dear pak hai2,,,,, thanx 4

dear pak hai2,,,,,

thanx 4 ur reply,,,,

saya jd tergerak untuk mmbaca lg tentang mefiboset setelah mmbaca tulisan anda ttg buku pdt. Gilbert. Dan saya rasa, pdt. Gilbert memang telah salah paham tentang Mefiboset,,,, Trimakasih sdh meluruskan. Jika banyak yg mengkritik tulisan bpk, mungkin karena language & tone yg bpk gunakan terkesan terlalu memojokkan pdt. Gilbert,.,,,

tapi tulisan pak hai2 mmg bnar adanya,,,,

keep on the spirit pak!!

God bless u n family :)

__________________

Gbu

hai hai's picture

@91289, Bila Anda Yang Menulis

Saudara 91289, kembali kasih!

Bila anda yang menulis tentang Mefiboset seperti yang ditulis Pdt. Gilbert Lumoindong, saya akan menaggapinya TIDAK seperti saya menanggapi tulisn Gilbert Lumoindong. Kenapa demikian? Karena anda tidak mengagul-agulkan diri sebagai Master Theologi dan Nabi Indonesia yang tebesar. Saya berlaku TEGAS dan KERAS kepada Gilbert Lumoindong sebab ketika saya menegur kesalahannya lewat email, dia pura-pura tidak tahu dan tidak mau tahu.

Pura-pura tidak tahu dan tidak mau tahu serta TERUS mengajarkan ajaran SESAT seolah itu kebenararn Alkitab. Itulah sebabnya saya menulis seperti saya menulis saat ini. TEGAS dan KERAS.

Hal yang sama juga saya lakukan kepada Daud Tony dan Budi Asali. Bila ditegur dengan lembut tidak didengarkan, tegurlah dengan KERAS dan TEGAS. Bila ditegur dengan TEGAS dan KERAS tetap tidak mau mendengar, KUCILKAN dia agar tidak menyesatkan jemaat. Itulah yang diajarkan oleh Alkitab, itulah yang saya lakukan. Itulah yang dilakukan oleh para nabi, Yesus Kristus dan para Rasul.

Pada mulanya Paulus menegur Petrus dengan lembut, namun ketika Petrus berlaku bebal, Paulus mempermalukannya dengan TEGAS dan KERAS.

Saudara 91289, anda harus menguji semua yang saya tulis. Karena belum tentu yang saya tulis itu benar. Ujilah dengan Alkitab sebagai standard kebenaran.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Jan Rumpaidus's picture

Sabat adalah hari Sabtu

Maaf... saya ingin komentar sedikit tentang hari Sabat.

Dari Kata saja kita bisa tau nama-nama hari kira2 nama hari apa yg mirip dg Sabat... Sabat = Sabtu, Sabaton, Sabbath. Sedangkan dalam Bahasa saya (Suku Biak Numfor, Papua), Sabtu = Mnaisu artinya perhentian sedangkan minggu = beponi artinya pertama.

Yesus disalibkan pada hari Jumat yaitu hari persiapan dan hari Sabat mayatnya di masukkan dalam kubur lalu pada hari minggu Yesus bangkit. Markus 15:42, Lukas 23:54, 56, Lukas 24:1.

 

rogermixtin09's picture

@Jan Rumpaidus.Selamat bergabung di SS

Halo sdr Jan Rumpaidus, selamat natal 2010 dan tahun baru 2011 dan selamat bergabung di SS.

Bersabarlah,komentar anda pasti dijawab oleh suhu hai-hai sang pemilik blog.

untuk mengisi waktu, anda boleh klik disini dan disini

 

Salam