Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Iman Yang Diimani Bukan Iman Sejati

hai hai's picture

Pisteuo adalah kata kerja, artinya PERCAYA. Pisteuo berasal dari kata pistis, kata benda yang berarti IMAN. Pistis berasal dari kata peitho, kata kerja yang artinya YAKIN. Apabila percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan yakin bahwa Dia telah menebus dosa manusia, maka anda PASTI masuk surga. Itulah yang disebut iman keselamatan. Apabila percaya bahwa Allah mahakuasa dan yakin bahwa Dia akan mengabulkan doa, maka doa andapun TERKABUL. Itulah iman melakukan mujizat. IMAN adalah KEYAKINAN atau KEPERCAYAAN bahwa harapan anda akan menjadi kenyataan. Iman adalah anugerah karena Allahlah yang membuat anda yakin. Itulah yang diajarkan oleh Teologi Reformed. Itukah yang diajarkan oleh Alkitab? Apabila bukan ajaran Alkitab, kenapa para Teolog Reformed mengajarkannya demikian dari generasi ke generasi? Bukankah para Teolog Reformed selalu gembar-gembor bahwa yang mereka ajarkan adalah ajaran Alkitab?

Iman adalah PERCAYA dan YAKIN. Anda mendengar berita Injil dan mempercayai kebenarannya. Karena percaya maka anda yakin bahwa Yesus adalah Mesias yang telah menebus dosa anda. Anda berdoa mengungkapkan keyakinan itu dan mengakuinya di depan jemaat bahkan mengakuinya kepada siapa saja yang anda temui. Anda tidak boleh memegahkan diri karena Allahlah yang mengaruniakan iman itu kepada anda. Walaupun tidak membanggakan diri namun anda tahu PASTI bahwa Allah MUSTAHIL menyelamatkan tanpa keyakinan anda!

Ketika berlayar anda menemukan sesosok tubuh mengapung di atas gelombang dengan jaket pelampung. Anda berteriak kepadanya, "Anda yakin kami mampu menyelamatkan anda?" Tidak ada jawaban. Anda berteriak lagi, "Kami mampu dan ingin menyelamatkan anda, anda yakin kami mampu dan mau menyelamatkan anda?" Tidak ada jawaban. Anda kembali berteriak dan terus berteriak namun tidak ada jawaban. Karena tidak ada jawaban maka anda terpaksa meninggalkannya dengan hati getun karena tanpa IMANNYA Mustahil menyelamatkannya. Anda harus menghargai KEHENDAK BEBASNYA bukan? Anda hanya menawarkan keselamatan, dialah yang MEMUTUSKAN untuk diselamatkan atau tidak. Itulah konsekuensi bila anda percaya ajaran Armenianisme atau Fundamentalisme bahwa manusia diselamatkan karena dia MEMILIH untuk diselamatkan. Mengenaskan? Benar!

Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Matius 7:21

Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Matius 7:22

Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!" Matius 7:23

Anda mendengar berita Injil dan mempercayai kebenarannya. Karena percaya maka anda yakin bahwa Yesus adalah mesias yang telah menebus dosa anda. Anda berdoa mengungkapkan keyakinan itu dan mengakuinya di depan jemaat bahkan mengakuinya kepada siapa saja yang anda temui. Anda menaati semua ajaran Alkitab bahkan melakukan banyak mujizat. Namun, pada hari penghakiman, Sang Gembala mengusir anda karena Dia tidak mengenal anda. Walaupun BERIMAN namun anda binasa, karena IMAN yang anda miliki adalah IMAN anda sendiri, bukan iman yang dianugerahkan Allah. Itulah yang diajarkan oleh sebagian Teolog Reformed. Tanpa IMAN dari Allah, anda hanya orang-orang sok akrab sok dekat (SKSD, pinjam istilah JF) seperti yang dimaksudkan ayat-ayat Alkitab di atas. Mengenaskan? Benar!

Anda berdoa agar Allah menyembuhkan penyakit panu anda. Anda yakin Allah mampu melakukannya dan yakin Allah pasti melakukannya karena Dia mengasihi anda. Namun sayang, alih-alih sembuh, panu anda justru semakin parah. Walaupun sangat yakin namun anda tidak sembuh sama sekali. Itu berarti keyakinan anda bukan keyakinan yang dianugerahkan Allah, itu hanya keyakinan anda sendiri.

Bagaimana cara untuk membedakan keyakinan sendiri dan keyakinan dari Allah? Saya tidak tahu! Bagaimana saya yakin bahwa keyakinan keselamatan saya dari Allah, bukan keyakinan saya sendiri? Saya tidak tahu!

Iman Kristen Doang


Bila tidak yakin, MUSTAHIL selamat. Bila yakin, mudah-mudahan itu keyakinan dari Allah sehingga kita selamat. Bila tidak yakin, MUSTAHIL sembuh. Bila yakin, mudah-mudahan itu keyakinan dari Allah sehingga kita sembuh. Bila yakin selamat namun tidak selamat, itu berarti keyakinan anda bukan dari Allah. Bila yakin sembuh namun tidak sembuh itu berarti keyakinan anda bukan dari Allah. Mengenaskan? Benar! Namun, itulah yang diajarkan oleh sebagian Teolog Reformed, saya menyebut mereka kaum KRISTEN DOANG. Orang Kristen Doang pasti orang ISRAEL DOANG.

Tanpa keyakinan, mustahil diselamatkan. Kita hanya bisa diselamatkan dengan keyakinan dari Allah. Keyakinan manusia tidak BERKUASA menyelamatkan. Hanya keyakinan dari Allah yang BERKUASA menyelamatkan. KEYAKINAN timbul karena mendengar INJIL. MENDENGAR Injil karena ada yang MEMBERITAKAN. Walaupun MENETAPKAN orang-orang PILIHAN namun MUSTAHIL Allah menyelamatkan TANPA bantuan MANUSIA yang memberitakan injil kepada orang-orang pilihan tersebut. Allah MEMBERIKAN iman namun IMAN itu SIA-SIA bila orang tersebut TIDAK mendengar Injil. Allah BERKUASA menyelamatkan namun PENGINJIL yang BERDAULAT menyelamatkan.

Itulah INTI ajaran KRISTEN DOANG. Apabila ajaran demikian benar, maka pada hari penghakiman, Anak Manusia akan berkata kepada sebagian besar manusia, "Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa KASIH. Walaupun Allah Bapa telah MENETAPKAN dan MENGARUNIAKAN kalian kepada-Ku namun SAYANG tidak ada seorang Kristen pun yang memberitakan Injil kepada kalian. Dengan berat hati, saya harus berkata, silahkan MASUK neraka JAHANAM!"   

Anak Manusia memang BERKUASA menyelamatkan namun PENGINJILLAH yang BERDAULAT menyelamatkan!


BENAR-BENAR MENGENASKAN! Namun, itulah teologi Kristen Doang. Walaupun mengagul-agulkannya sebagai ajaran Alkitab tentu saja itu bukan ajaran Alkitab sebab ajaran demikian bertentangan dengan ajaran Alkitab. Alkitab mengajarkan bahwa Anak Manusia BERKUASA dan BERDAULAT menyelamatkan! Ada yang diselamatkan dan menikmati ROTI seumur hidupnya ada yang diselamatkan walau hanya memakan REMAH-REMAH seumur hidupnya. Ada yang diselamatkan dan mengenal GEMBALANYA ada yang diselamatkan walau hanya mengenal TERANG. Namun, keduanya diselamatkan KARENA sejak permulaan dunia sudah DITETAPKAN untuk SELAMAT oleh Allah. 

Memberitakan Injil bukan MEMPERSEMBAHKAN jiwa bagi Kristus karena manusia tidak memiliki KUASA untuk mempersembahkan jiwa kepada Kristus. Semua jiwa itu SUDAH diberikan kepada Kristus oleh Allah Bapa dan tidak ada SATU kuasapun yang mampu merebutnya dari Kristus. Setiap manusia HANYA mampu mempersembahkan SATU jiwa bagi Kristus yaitu jiwanya SENDIRI. Kita berkuasa mempersembahkan jiwa kita kepada Kristus karena Dia memberikan jiwa itu kepada kita setelah menyelamatkannya. Memberitakan Injil bukan MENYELAMATKAN jiwa namun MEMBAGI-BAGI ROTI dan AIR HIDUP kepada jiwa-jiwa yang telah DISELAMATKAN Kristus. Membawa jiwa-jiwa kepada Kristus bukan untuk diselamatkan karena mereka TELAH diselamatkan namun agar mereka dapat mendengarkan SUARA gembala dan menikmati ROTI dan AIR seumur hidupnya.

Iman Wayangisme

 
Di dalam dunia wayang semua makluk hidup memiliki DAYA CIPTA. Arjuna mengheningkan cipta karena ingin lebih sakti. Pancaran daya ciptanya membuat alam semesta gonjang ganjing. Para dewa mengirimkan makluk-makluk jelek untuk menakut-nakutinya. Karena Arjuna tetap bertahan para dewa lalu mengirim bidadari untuk merayunya baik dengan kecantikan mereka maupun dengan makanan. Namun Arjuna terus bertahan. Para dewa terpaksa mengabulkan keinginnya, batara Naradha sang raja dewa memberinya pusaka dan ajian. Arjuna pun makin sakti. Para dewa bukan Tuhan namun mereka memiliki kuasa dari Sang Hyang Widhi (Tuhan) untuk mengelola alam semesta dan menggembalakan manusia. Saya menyebut orang-orang yang mempercayai ajaran dunia wayang itu dengan nama WAYANGISME.

Dalam generasi ini ajaran wayangisme disebut The Secret. Setiap manusia memiliki daya cipta. Ketika seseorang memancarkan KEYAKINANNYA maka alam semesta termasuk makluk-makluk di dalamnya akan MENANGGAPINYA dengan mewujudkan keyakinan tersebut.

Dari generasi ke generasi sebagian orang Kristen hidup dengan ajaran wayangisme, saya menyebut mereka Kristen wayangisme. Mereka percaya bahwa Allah TELAH memberikan DAYA CIPTA kepada manusia. Mereka menyebut daya cipta itu IMAN atau KEYAKINAN bahwa keinginannya pasti terwujud. Iman DIGERAKKAN oleh KEYAKINAN. Teologi wayangisme mengelompokkan semua peristiwa dan kondisi yang dihadapi manusia menjadi dua yaitu: BERKAT dan NAAS. BERKAT datang dari Tuhan sementara NAAS datang dari Setan. Walaupun menciptakan dan berdaulat atas Setan namun Tuhan mengizinkannya ptantang-ptenteng MENJAHATI bahkan MENGUASAI manusia. Setan punya kuasa atas manusia, semua dosa berasal dari Setan, MINIMAL, setanlah yang memicu seseorang melakukan dosa. Setan punya kuasa atas alam semesta dan hukum-hukum alam. Yesus mengalahkan Setan melalui penyaliban, kematian dan kebangkitan-Nya. Sebelum naik ke sorga Yesus MEWARISKAN kuasa-Nya kepada orang-orang Kristen atau murid-murid-Nya untuk mengalahkan Setan.

Untuk selamat manusia harus MEMANCARKAN keyakinannya bahwa dia percaya Yesus telah menebus dosanya dan dia PASTI selamat. Untuk melepaskan diri dari kuasa Setan manusia harus memancarkan keyakinannya bahwa dia sudah lepas dari kuasa Setan. Untuk TIDAK melakukan dosa manusia harus memancarkan keyakinannya dengan mengusir Setan-Setan yang merasuki KEINGINANNYA. Untuk melepaskan diri dari hal-hal NAAS dia harus memancarkan keyakinannya dengan MENGUSIR setan-setan penyebab kenaasan tersebut dan memancarkan keyakinannya bahwa hal-hal BERKAT itu pasti terjadi. Karena PANCARAN keyakinan manusia, maka Yesus pun mewujudkannya. Namun bila Yesus sedang sibuk dan nggak sempat menjawab doa, maka kita dapat melakukannya sendiri, karena yang terpenting adalah KEYAKINAN kita. Inilah contoh yang dilakukan oleh saudara Mujizat, salah penganut teologi wayangisme.

Saya berdoa: "Tuhan Yesus, sebagaimana Engkau pernah menyembuhkan Mertua Petrus, saat ini kiranya Engkau kiranya juga berkenan sembuhkan mertuaku. Amin!"

Setelah berdoa ternyata mertua saudara Mujizat nggak sembuh sama sekali. Itulah pertanda bahwa Yesus sedang sibuk, atau barang kali Dia sedang tidur karena kejadiannya jam 05 pagi? Inilah yang dilakukan Mujizat.

"Demi nama Yesus Kristus yang aku puja, saat ini aku berkata kepada roh tuli yang membuat mertuaku gak bisa mendengar, kamu harus enyah dari mertuaku, sebab Mertuaku ini juga dipilih oleh Tuhan Yesus sebagai umat-Nya. Demi nama Yesus, KELUARR KAU roh yang bikin tuli! Haleluya, Amin! "

Aku dekatkan mulutku ke telinga mertuaku, berbisik: " Mbah, pripun? Mpun sae dereng, sing diraosaken nopo ? "

Eh, mertuaku manggut-manggut, namun belum bisa ngomong, terus saya kerjakan bagian mulut beliau.


Saya pegang mulut beliau pakai telapak tangan kanan, saya berkata:


"Hayo, sekarang aku berkata kepada roh bisu yang mencengkeram lidah dan bibir mertuaku, sekarang, ENYAH KELUAR , demi nama Yesus, haleluya, Amin ! " (Untuk membaca secara lengkap silahkan klik di sini)

Dari mana mujizat tahu bahwa mertuanya adalah orang pilihan Kristus? Dia tidak tahu dari mana-mana. Dia hanya YAKIN. Keyakinannya benar-benar BERKUASA luar biasa. Hati-hati bila anda berhadapan dengan Mujizat, karena ketika dia BERFIRMAN: "Mertuaku ini juga dipilih oleh Tuhan Yesus sebagai umat-Nya." Maka Allah di sorga pun langsung menanggapinya, "AMIIIN!" 

Walaupun menyebut dirinya Kristen sesungguhnya orang Kristen wayangisme adalah penyembah berhala. Pertama, mereka membuat berhala lalu menamakannya allah dan memberinya KUASA untuk menjawab doa-doa. Kedua, mereka membuat berhala lainnya dan menamakannya yesus serta memberinya KUASA untuk menebus dosa dan menanggung semua kenaasan. Ketiga, mereka membuat berhala lainnya lagi dan menamainya roh kudus dan memberinya kuasa untuk MEMBERI kuasa melakukan mujizat. Keempat, mereka membuat berhala lalu menamakannya Setan serta memberinya kuasa untuk menjadi kambing hitam atas segala kenaasan dan dosa. Walaupun mengaku menyembah ketiga berhala baik dan berperang dengan berhala jahat namun sesungguhnya merekalah yang mengatur keempatnya. Kuasa untuk mengatur keempat berhala itu disebut KEYAKINAN atau IMAN.

CIPTAAN menciptakan dan memberi kuasa kepada CIPTAANNYA untuk menjadi PENCIPTA dan menyembah CIPTAANNYA sebagai PENCIPTA untuk mewujudkan semua keinginan CIPTAAN yang menciptakan SANG PENCIPTA.

CIPTAAN menciptakan dan memberi kuasa kepada CIPTAANNYA untuk menjadi SIJAHAT dan menyerang CIPTAANNYA sebagai SIJAHAT untuk menutupi kejahatan CIPTAAN yang menciptakan SIJAHAT.

Menurut Alkitab, itulah yang disebut penyembahan berhala. Allah sangat membenci prilaku demikian dan menyebutnya kebodohan dan sia-sia sebab prilaku demikian memang BLOONCEST sekali.

Mungkinkah para penyembah berhala Kristen itu bernubuat? Mungkin! Mereka bernubuat namun dari diri mereka sendiri.  Itu namanya coba-coba melempar manggis alias tebak-tebak siapa tahu dapat. Apabila yang mereka nubuatkan terjadi, itu karena tebakan mereka sesuai dengan rencana Allah bukan karena mereka memiliki kuasa bernubuat. Mungkinkah para penyembah berhala Kristen itu mengusir setan demi nama Kristus? Mungkin!  Roh-roh jahat tidak tahu pasti mana yang domba dan mana yang serigala, itu sebabnya mereka TAAT ketika diusir dalam nama Yesus. Mungkinkah penyembah berhala Kristen itu melakukan mujizat kesembuhan ilahi? Tidak mungkin karena tidak ada satu manusia pun yang memiliki kuasa untuk melakukan mujizat. Ketika para nabi dan rasul serta orang Kristen melakukan mujizat mereka ibarat orang yang bernyanyi lipsing. Manusia cuap-cuap namun Allahlah yang menyanyi. Para nabi melakukan mujizat karena Allah memerintahkannya. Para murid Kristus melakukan mujizat karena Kristus memerintahkannya. Para rasul melakukan mujizat karena Roh Kudus memerintahkannya. Di luar semua itu kita hanya bisa berdoa seperti Kristus berdoa di taman Getsemani. Berdoa lalu pasrah.

Kristen wayangisme yang terhormat, apabila anda sekalian tidak membual sehingga yang anda ajarkan adalah kebenaran Alkitab, tolong beritahu kami, berapa ribu yang telah kalian tumpangi tangan dan berapa banyak yang benar-benar sembuh? Kenapa tidak mendirikan klinik penyembuhan ilahi saja?

IMAN Dalam Kehidupan Sehari-hari

Apakah keyakinan kita memberi sumbangsih atas peristiwa-peristiwa yang kita alami selama ini? Ketika menghadapi ujian anda yakin lulus. Apakah keyakinan anda yang membuat anda lulus? Tidak! Yang membuat anda lulus adalah nilai dari guru atau dosen. Guru dan dosen menilai berdasarkan hasil ujian anda. Hasil ujian anda ditentukan oleh jawaban-jawaban anda. Jawaban-jawaban anda ditentukan oleh pengetahuan anda atau pilihan anda. Ketika menghadapi pilihan ganda, walaupun pengetahuan anda mentok namun anda tetap memillih dengan pertimbangan. Ketika tidak mampu menimbang lagi anda memilih asal memilih. Setelah ujian anda berdoa minta Tuhan meluluskan anda dan beriman bahwa Allah akan mengabulkan doa anda. Anda lulus. Apakah keyakinan atau iman anda yang membuat anda lulus? Apakah keyakinan atau iman anda yang membuat jawaban anda benar? Apakah keyakinan atau iman anda yang menggerakkan Allah untuk memerintahkan malaikat untuk mengubah jawaban salah menjadi benar? Apakah keyakinan atau iman anda yang memacu Allah untuk menggerakkan dosen memberi nilai bagus walau jawaban anda salah semua? BUKAN! Anda lulus karena kinerja anda, jawaban anda benar dan pilihan anda atas soal pilihan ganda benar walaupun hanya cap cip cup. Iman atau keyakinan anda sama sekali tidak memberi sumbangsih atas kelulusan anda namun membuat anda merasa nyaman selama menunggu pengumuman hasil ujian.

Anda bertanya kepada seorang teman, kereta apa yang harus ditumpangi untuk ke Bandung? Teman itu bilang kereta api Parahiyangan. Anda membeli tiketnya lalu naik kereta itu. Ketika di kereta anda baru ingat bahwa teman yang anda tanyai itu sering menipu. Anda tidak mempercayainya dan kuatir setengah mati bahwa dia juga menipu anda. Anda kuatir setengah mati dan longok kanan kiri namun tidak bertanya kepada penumpang lainnya karena takut dianggap kampungan. Walaupun tidak yakin akan sampai ke Bandung namun anda sampai Bandung karena kereta Parahiyangan memang jurusan Jakarta Bandung. Kekuatiran anda atau TANPA iman anda membuat anda kuatir setengah mati di jalan namun anda tetap sampai Bandung.

Anda bertanya kepada seorang teman lain kereta yang harus anda tumpangi untuk ke Bandung. Dia bilang, Arga Wilis. Anda membeli tiketnya lalu naik. Anda yakin setengah mati teman itu tidak menipu karena dia pendeta anda. Anda yakin pasti sampai di Bandung, jadi selama dalam perjalanan anda menikmati semuanya, pemandangan yang indah, suara roda kereta menghajar sambungan rel yang penuh misteri dan pelayanan restorasi yang ramah dan makanan yang enak. Apakah anda akan sampai di Bandung? Tidak! Anda akan sampai di Solo karena kereta Arga wilis menuju Solo. Iman atau keyakinan anda sama sekali tidak punya sumbangsih pada turunnya anda di Solo dan kegagalan anda sampai Bandung. Namun, Iman anda membuat anda nyaman selama dalam perjalanan.

Anda meninjamkan uang Rp. 100 juta kepada si Doel anak Betawi yang berjanji untuk membayarnya bulan depan. Anda yakin dia akan mengembalikannya. Karena yakin, maka anda merasa nyaman, tidak kuatir sama sekali. Si Doel membayar hutangnya tepat pada waktunya. Apakah keyakinan anda yang membuat si Doel membayar hutang tepat waktu atau dia memang orang jujur yang menepati janjinya?

Anda pasang togel nomor sancipa (378), nomor untuk penipu, karena semalam bermimpi memblender hai hai sampai luluh lalu menguleknya sampai lumat dan memitesnya dengan kuku jempol sampai ludes lalu menyerahkannya kepada malaikat untuk di panggang di neraka. Anda merasa puas sekali melakukan hal itu kepada seorang penyesat generasi ini. Sebagai orang Kristen ngeroh anda yakin itulah penglihatan. Anda pasang togel karena utang dana pembangunan gereja yang jumlahnya 6 milyard nggak kebayar-bayar. Anda beriman nomor yang anda pasang pasti CUN (tepat). Nomor yang anda pasang keluar. Apakah IMAN anda yang membuat nomor sancipa keluar?   

Apa sumbangsih anda ketika YAKIN Tuhan akan mengabulkan doa anda untuk lulus? Wuwei! Pasrah! Do nothing! Anda tidak melakukan apa-apa untuk membuat anda lulus! Anda tidak mohon belas kasihan dosen apalagi berusaha menyogoknya. Apa yang anda lakukan ketika kuatir tidak sampai Bandung walau menumpang kereta Parahyangan? Wuwei! Pasrah! Do nothing!  Anda tidak melakukan apa-apa untuk membuat anda sampai ke Bandung. Apa yang anda lakukan ketika yakin sampai Bandung walau menumpang kereta Arga Wilis? Wuwei! Pasrah! Do nothing! Anda tidak melakukan apa-apa untuk membuat anda sampai Bandung. Apa yang anda lakukan ketika yakin si Doel anak Betawi akan membayar hutangnya tepat waktu? Wuwei! Pasrah! Do nothing! Apa yang anda lakukan ketika yakin nomor togel yang anda pasang pasti keluar? Wuwei! Pasrah! Do nothing! Karena wuwei alias pasrah alias do nothing, bolehkah mengklaim bahwa anda lulus karena beriman? Anda sampai ke Bandung karena tidak beriman? Anda tidak sampai ke Bandung karena beriman? Anda dapat togel karena beriman? Tidak bisa! Iman atau kepercayaan atau keyakinan sama sekali tidak punya sumbangsih apapun atas peristiwa-peristiwa yang anda alami tersebut.

Bayangkan, anda mengendarai mobil kesayangan memasuki sebuah kota asing tanpa penunjuk jalan untuk mengunjungi seorang teman yang tidak anda ketahui alamatnya. Anda beriman akan menemukannya. Wow … Ruaaarrr Binasa!

Bayangkan, anda memasuki stasiun kereta api Gambir namun buta huruf sehingga tidak bisa membaca sama sakali dan tuli sehingga tidak bisa mendengar sama sekali. Anda beriman! Anda mendatangi loket lalu membayar harga ticket dan menaiki kereta yang paling keren. Anda beriman akan sampai ke Yogya besok pagi. Wow … Ruaaarrr Binasa!

Bayangkan, anda mau ke Monas dengan menumpang bis kota dari jalan Daan Mogot. Anda buta huruf total dan tuli total. Anda menyetop bis lalu naik dan berharap sampai di monas karena anda beriman pasti sampai Monas. Wow … Ruaaarrr Binasa!

Bayangkan, mbah Surip ngakak He he he he … lalu nyanyi … tak gendong ke mana-mana .. sementara dia memegang pisau operasi untuk mengoperasi jantung anda. Anda beriman, Tuhan akan memberkatinya ketika mengoperasi jantung anda dan menyembuhkan sakit jantung anda, karena Kristus sudah menanggung bilur-bilur kita. Bila saya kebetulan ada di samping anda saat itu, paling-paling saya akan bilang, "Prend, pengkotbah bilang Yesus menanggung bilur-bilur kita, bukan penyakit jantung lho. Emang jantung kamu bilur-an?" Ho ho ho ho … Cuman dua kata, "Selamat jalan!"

Di dalam kehidupan sehari-hari Iman tidak punya SUMBANGSIH apapun atas peristiwa-peristiwa yang kita hadapi. Iman hanya memberi rasa NYAMAN.

Anda Harus Dilahirkan Kembali

Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah." Yohanes 3:3


Kata Nikodemus kepada-Nya: "Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?" Yohanes 3:4


Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. Yohanes 3:5

Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. Yohanes 3:6

Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali. Yohanes 3:7


Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh. Yohanes 3:8

Samuel Franklyn mengajarkan:
Manusia dihakimi sebagai kambing atau domba. Coba perhatikan awal perumpamaan Yesus. Yesus langsung memilih sekelompok orang sebagai domba dan sekelompok orang sebagai kambing. Coba kita pikirkan baik-baik. Bagaimana caranya domba bisa menjadi domba? Ini kelihatannya pertanyaan konyol. Tapi inilah kuncinya. Suatu mahluk cuma bisa jadi domba kalau dia dilahirkan oleh domba lagi. Domba melahirkan domba. Kambing melahirkan kambing. Sekalipun domba mencoba berperilaku seperti kambing tetapi domba tidak bisa merubah dirinya menjadi kambing. Domba tetap domba dan kambing tetap kambing. Dengan kata lain perbedaan diantara mereka disebabkan oleh kelahiran. Ini sesuai dengan ajaran Yesus Kristus: (Untuk membaca tulisannya secara lengkap silahkan klik di sini)

Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau engkau tahu tentang karunia Allah dan siapakah Dia yang berkata kepadamu: Berilah Aku minum! niscaya engkau telah meminta kepada-Nya dan Ia telah memberikan kepadamu air hidup." Yohanes 4:10

Jawab Yesus kepadanya: "Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi, tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal." Yohanes 4:13-14


Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup." Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.  Yohanes 7:38-39

Setiap kali Yesus mengajar dengan perumpamaan, Alkitab akan mencatatnya sehingga kita tahu bahwa itu adalah perumpamaan. Setiap kali Dia mengajar dengan cerita, Alkitab mencatatnya sehingga kita tahu bahwa itu adalah cerita. Tanpa penjelasan bahwa itu adalah perumpamaan atau cerita maka yang Yesus ajarkan adalah FAKTA. Apa yang Yesus ajarkan tentang dilahirkan kembali bukan perumpamaan dan cerita namun FAKTA.

Orang Kristen bukan orang yang MEMAHAMI Injil lalu MEMILIH untuk menjadi pengikut Kristus dan membina dirinya untuk menjadi orang baik. Orang Kristen adalah orang yang dilahirkan kembali dari AIR dan ROH. Orang Kristen adalah orang yang dilahirkan kembali dari Allah Tritunggal. AIR adalah Roh Kudus. Ketika Yohanes Pembaptis membaptis Kristus dengan air, Allah membaptis-Nya dengan AIR (Roh Kudus). Karena Allah membaptis Kristus dengan Air, itu sebabnya selama di dunia Yesus Kristus adalah Air. AIR adalah Kristus dan Roh Kudus. Roh adalah Allah Bapa. Itu sebabnya Yohanes 7:38-39 mengajarkan kepada kita bahwa AIR di dalam Yohanes 3:5 bukan air namun Air (Roh Kudus).

Tuhan Yesus mengajarkan bahwa yang lahir dari daging adalah daging, yang lahir dari Roh adalah roh. Yang lahir dari manusia adalah anak-anak manusia yang lahir dari Allah adalah anak-anak Allah. Samuel Franklyn mengajarkan, domba hanya dilahirkan oleh domba sementara kambing dilahirkan oleh kambing. Domba tidak melahirkan kambing demikian juga sebaliknya. Orang Kristen bukan orang yang mendapat PENCERAHAN lalu BERIMAN. Orang Kristen adalah orang yang dilahirkan kembali dari Air dan Roh. Orang Kristen adalah orang yang dilahirkan kembali dari Allah Tritunggal. Itu sebabnya, lebih lanjut Yesus Kristus mengajarkan hal-hal berikut ini.

Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi. Yohanes 4:22

Maka kata mereka kepada-Nya: "Di manakah Bapa-Mu?" Jawab Yesus: "Baik Aku, maupun Bapa-Ku tidak kamu kenal. Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku." Yohanes 8:19

Barangsiapa berasal dari Allah, ia mendengarkan firman Allah; itulah sebabnya kamu tidak mendengarkannya, karena kamu tidak berasal dari Allah." Yohanes 8:47

Jawab Yesus: "Jikalau Aku memuliakan diri-Ku sendiri, maka kemuliaan-Ku itu sedikitpun tidak ada artinya. Bapa-Kulah yang memuliakan Aku, tentang siapa kamu berkata: Dia adalah Allah kami, padahal kamu tidak mengenal Dia, tetapi Aku mengenal Dia. Dan jika Aku berkata: Aku tidak mengenal Dia, maka Aku adalah pendusta, sama seperti kamu, tetapi Aku mengenal Dia dan Aku menuruti firman-Nya. Yohanes 8:54-55

John Calvin mengajarkan:
Kecuali ada pengetahuan, maka bukan Allah yang kita sembah, tetapi setan atau berhala. Lebih lanjut dia mengajarkan: Bila menghendaki agama kita disetujui oleh Allah, maka agama kita harus bersandarkan pada pengetahuan dari firman-Nya.


Berdasarkan ajaran John Calvin tersebutlah kaum Kristen Doang mengajarkan bahwa di dalam Yohanes 4:22, Yesus menyatakan kepada perempuan Samaria yang ditemui-Nya bahwa bangsa Samaria menyembah berhala karena mereka menyembah Allah yang tidak mereka kenal namun bangsa Yahudi menyembah Allah sejati karena mengenal Allah yang mereka sembah.

Salah satu Teolog Kristen doang, Pdt. Budi Asali mengajarkan: Mengapa orang Samaria dikatakan tidak mengenal Allah? Karena mereka memotong Kitab Suci/Firman Tuhan. Dari seluruh Perjanjian Lama mereka hanya mengakui/menerima Pentateuch (= 5 kitab Musa, yaitu Kejadian - Ulangan).

Yang diajarkan oleh John Calvin SALAH. Yang diajarkan oleh Pdt. Budi Asali benar-benar MENGENASKAN. Saya katakan pemahaman John Calvin salah karena Yesus Kristus mengajarkan dalam Yohanes 8:19, 47, 54-55 bahwa bangsa Israel walaupun memiliki kitab suci yang adalah firman Allah namun sama sekali tidak mengenal Allah yang mereka sembah. Nikodemus walaupun seorang ahli kitab namun tidak mengenal Allah yang disembahnya.

Anda tahu kenapa saya menyebut ajaran Pdt. Budi Asali MDiv tentang Yohanes 4:22 benar-benar MENGENASKAN? Yang diajarkannya bukan ajaran Alkitab. Tidak ada satu ayat Alkitab pun yang mengajarkan secara gamblang maupun tersirat bahwa bangsa Samaria menyembah Allah yang tidak mereka kenal karena hanya mengakui ke 5 kitab Musa sebagai Firman Tuhan. Abad ke 7 SM kanonisasi Alkitab versi Samaria selesai, isinya adalah 5 kitab Musa. Abad ke 2 SM, kanonisasi Alkitab teks Yunani yang disebut Septuaginta selesai, isinya adalah 39 kitab. Tahun 95 masehi kanonisasi Alkitab Yahudi yang disebut Tenakh selesai, isinya adalah 24 kitab yang isinya sama dengan Perjanjian Lama saat ini. Karena hanya mengakui 5 kitab Musa sebagai kitab suci maka bangsa Samaria TIDAK mengenal Allah. Berapa banyak kitab yang diakui oleh Musa dan Josua? Karena hanya mengakui 5 kitab, bukankah itu berarti keduanya juga tidak mengenal Allah? Berapa jumlah kitab yang diakui oleh Daud dan Daniel? Berapa jumlah kitab yang diakui oleh nabi-nabi dari berbagai generasi?

Pdt. Budi Asali MDiv dengan penuh percaya diri mengunggah karya-karyanya di situs Golgotha Ministry. Seorang Teolog yang memajang tulisan Eksposisi kitab Yohanes di websitenya tentulah sudah mempelajari keseluruhan kitab tersebut dengan serius dan teliti. Namun sayang! Walaupun menyebut dirinya reformed sejati namun Pdt. Budi Asali MDiv tidak lebih dari pendeta Yak-yak-o (sok jago). Walaupun bergelar Master of Divinity namun  Pdt. Budi Asali MDiv tidak lebih dari teolog bondo nekad (bonek, modal nekad). Itu sebabnya dia mengajarkan yang tidak diajarkan oleh Alkitab sebagai kebenaran Alkitab dan membuat pernyataan supertolol. Di samping itu, eksposisi kitab Yohanesnya benar-benar mengenaskan. Walaupun tahu bahwa Yesus Kristus dalam Yohanes 8:19, 47, 54-55 mengajarkan dengan gamblang bahwa bangsa Israel sama sekali tidak mengenal Allah yang mereka sembah namun dia kekeh-jumekeh nekad menyangkal ajaran Kristus itu dengan mengajarkan bahwa bangsa Israel mengenal Allah yang mereka sembah.

Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." Yohanes 4:23-24

Karena salah memahami Yohanes 4:22 mustahil mampu memahami Yohanes 4:23-24 dengan benar. Itu sebabnya para pengkotbah alam roh mengajarkan bahwa menyembah dalam roh adalah menyembah Allah dengan roh kita, menyembah Allah dengan bahasa roh.

Itu sebabnya Pdt. Budi Asali mengajarkan: Kata ‘menyembah dalam roh’ di sini dikontraskan dengan ‘menyembah secara lahiriah’. Contoh penyembahan yang lahiriah adalah: Penekanan tempat tertentu untuk ibadah, doa dsb (dalam kontex ini jelas inilah yang dimaksud. Bdk. ay 21). Dari sini jelas bahwa: orang kristen tidak punya tempat/kota suci. Yerusalem, maupun Israel/Kanaan bukan merupakan tempat suci bagi orang kristen! orang kristen tidak harus berbakti di gedung gereja. Rumah, restoran, ruang senam, lapangan, atau tempat manapun/apapun, boleh dipakai sebagai tempat untuk berbakti. pemberkatan pernikahan tidak harus dilakukan di gedung gereja. orang kristen tidak perlu pergi ke suatu tempat tertentu (misalnya bukit doa) kalau mau berdoa. Memang kita harus mencari tempat yang sunyi, tetapi bukan tempat tertentu. orang kristen tidak perlu pergi ke tempat tertentu untuk menda­pat berkat tertentu. Karena itu adalah lucu kalau ada banyak orang yang pergi ke Toronto untuk mendapatkan Toronto Bless­ing. Bandingkan dengan ajaran Kitab Suci sendiri yang menun­jukkan bahwa walaupun pencurahan Roh Kudus pertama kali terjadi di Yerusalem, tetapi tidak ada keharusan pergi ke Yerusalem untuk mendapatkan Roh Kudus. external worship (= penyembahan/ibadah lahiriah). Yang dimaksud di sini adalah orang yang berpandangan bahwa yang penting ia sudah pergi ke gereja, dan sepanjang kebaktian tubuhnya ada di gereja. Bagaimana dan dimana hati dan pikiran­nya pada saat itu, tidaklah terlalu jadi soal. Ingat bahwa sebetulnya yang penting adalah kesungguhan, semangat dan kasih dalam hati si penyembah. Jadi kalau orang hanya sekedar muncul dan berbakti di gereja, tetapi hati dan pikiran­nya tidak sungguh-sungguh berbakti, maka sebetulnya ia tidak berbakti kepada Tuhan. keharusan posisi tubuh tertentu dalam berdoa/berbakti. keharusan bagi orang yang berdoa/berbakti untuk menghadap ke arah tertentu. Liturgi yang dilaksanakan dengan terlalu ketat, sehingga tidak dijiwai. Demikian juga pembacaan doa/pengakuan iman yang sekedar diucapkan oleh mulut. Ini banyak terdapat dalam gereja Protestan dan Katolik.
 
Menyembah dalam kebenaran. Ini perlu ditambahkan pada ‘menyembah dalam roh’, karena hanya benar secara batin (yaitu ada kasih, kesungguhan dsb) belumlah cukup. Harus juga ada kebenaran, seperti pemikiran/pengertian yang benar, kepercayaan yang benar, cara ibadah yang benar dsb.  Ini lagi-lagi menekankan perlunya belajar Firman Tuhan! Menyembah dalam roh dan kebenaran. Ini menunjukkan bahwa kedua hal ini harus diperhatikan. Ada orang yang tidak mempedulikan kedua hal ini. Mereka tidak mempunyai pengertian yang benar, dan mereka juga tidak punya semangat dan kesungguhan. Ada juga orang yang hanya menekankan hanya salah satu saja seperti: Yang dipentingkan hanyalah kesungguhan dan semangat; sedangkan kalau caranya/pengertiannya salah tidak apa-apa. Ini sering ada pada orang Kharismatik/Pentakosta! Yang dipentingkan adalah pengertian dan cara yang benar, tetapi dalam hati tidak ada semangat/kesungguhan maupun kasih. Ini sering ada pada orang Protestan! Saudara termasuk yang mana? Maukah bertobat? Untuk membaca secara lengkap silahkan klik di sini.

Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Yohanes 14:6

Alkitab adalah satu kesatuan yang saling kait mengait. Apabila salah memahami satu bagian dari Alkitab, maka kesalahan itu akan memicu kita untuk salah memahami bagian Alkitab yang lainnya. Itu sebabnya ketika memahami satu bagian dari Alkitab kita harus mengujinya dengan bagian yang lainnya. Itulah yang dimaksdukan dengan: Kebenaran yang tidak konsisten bukan kebenaran sejati!

Allah menginginkan manusia menyembah-Nya dalam Roh dan Kebenaran. Hanya orang-orang yang menggunakan jurus tafsir 1001 mimpi yang menafsirkan bahwa menyembah Allah dalam Roh dan Kebenaran berarti menyembah Allah dengan bahasa roh. Dengan jurus tafsir 1001 mimpi yang sama pula Pdt. Budi Asali MDiv mengajarkan bahwa menyembah Allah dalam Roh dan Kebenaran berarti tidak menyembah Allah secara lahiriah namun menyembah Allah dengan kesungguhan, semangat dan kasih dalam hati si penyembah serta pemikiran/pengertian yang benar, kepercayaan yang benar, cara ibadah yang benar dsb. Sungguh mengenaskan! Pdt. Budi Asali yang Master of Divinity justru menafsirkan Alkitab dengan jurus tafsir 1001 mimpi sementara kita dapat memahaminya dengan mudah. Itu sebabnya saya sering berkata, jangan menafsirkan Alkitab namun pahamilah!

Menyembah Allah dalam Roh dan Kebenaran berarti menyembah Allah dalam Roh Kudus dan Kristus karena Yohanes 14:6 mengajarkan dengan gamblang bahwa Yesus adalah Kebenaran. Sejak Kristus naik ke sorga, Roh Kudus yang membawa kita kepada Kristus dan Kristus yang membawa kita kepada Allah Bapa. Pengenalan Allah tidak tergantung pada pengetahuan kita akan ajaran Alkitab namun karena Roh Kudus yang ada di dalam kita. Roh adalah Roh Kudus, Kebenaran adalah Kristus. Menyembah Allah dalam Roh berarti menyembah Allah dalam Roh Kudus. Menyembah Allah dalam Kebenaran berarti menyembah Allah dalam Kristus. Itulah yang dikehendaki Allah dari anak-anak Allah.

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. Efesus 2:8-9

Ayat tersebut di atas adalah jawaban Paulus ketika jemaat bertanya kepadanya, "Apa sumbangsih manusia dalam keselamatannya?"

Jemaat bertanya, "Apa maksudnya?"

Jawab Paulus, "maksudnya, itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah."

Jemaat bertanya bingung, "Kenapa begitu?"

Paulus menjawab, "Karena itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri."

Mungkin setelah menjawab Paulus ngakak pake gaya Samuel Franklyn, "Bwa ha ha ha!"

Kenapa Paulus ngakak? Karena dia melihat orang-orang TOLOL berjalan pulang dengan jumawa sambil mengagul-agulkan diri diselamatkan karena YAKIN dirinya pasti selamat. Walaupun dengan GAMBLANG Paulus mengajarkan: Itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah; itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri! Namun, orang-orang TOLOL itu berjalan pongah membusungkan dada karena yakin dirinya selamat karena dia YAKIN pasti diselamatkan.

Iman atau kepercayaan atau keyakinan manusia tidak punya sumbangsih apapun dalam keselamatan, karena iman atau kepercayaan atau keyakinan manusia tidak memiliki KUASA dan tidak diperhitungkan sama sekali oleh Allah. Namun Iman atau kepercayaan atau keyakinan Kristus dan Roh Kudus BERKUASA.

Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah , yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah. Yohanes 1:13

Kami berasal dari Allah: barangsiapa mengenal Allah, ia mendengarkan kami; barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh kebenaran dan roh yang menyesatkan. 1 Yohanes 4:6


Jikalau orang itu tidak datang dari Allah, Ia tidak dapat berbuat apa-apa." Yohanes 9:33

Atas pimpinan Roh Kudus, Yohanes memberi kesaksian bahwa yang bukan dari Allah tidak bisa berbuat apa-apa, atas pimpinan Roh Kudus pula orang yang buta sejak lahir memberi kesaksian. Kesaksian Alkitab demikian gamblang, kenapa anda kekeh-jumekeh mengagul-agulkan bahwa anda diselamatkan karena KEYAKINAN anda?

Iman Kesembuhan

Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku. Yohanes 6:37-38

Selama di dunia Yesus Kristus banyak menyembuhkan orang sakit dan orang cacat secara ajaib. Ketika menyembuhkan Yesus sering memuji IMAN orang yang disembuhkan atau orang yang meminta-Nya untuk menyembuhkan.  Umumnya sebagian besar dari kita menyangka bahwa yang dipuji oleh Kristus adalah KEYAKINAN orang tersebut, namun bila kita mempelajari kisah-kisah tersebut dengan seksama, maka kita tahu bahwa ketika melakukan mujizat, Yesus TIDAK MEWUJUDKAN kehendak siapapun kecuali kehendak Allah Bapa. Yesus tidak sembarangan menyembuhkan orang karena Dia hanya menyembuhkan orang-orang yang diberikan oleh Bapa kepada-Nya untuk disembuhkan.

Adalah di situ seorang perempuan yang sudah dua belas tahun lamanya menderita pendarahan. Markus 5:25


Ia telah berulang-ulang diobati oleh berbagai tabib, sehingga telah dihabiskannya semua yang ada padanya, namun sama sekali tidak ada faedahnya malah sebaliknya keadaannya makin memburuk. Markus 5:26

Dia sudah mendengar berita-berita tentang Yesus, maka di tengah-tengah orang banyak itu ia mendekati Yesus dari belakang dan menjamah jubah-Nya. Markus 5:27

Sebab katanya: "Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh." Markus 5:28

Seketika itu juga berhentilah pendarahannya dan ia merasa, bahwa badannya sudah sembuh dari penyakitnya. Markus 5:29

Pada ketika itu juga Yesus mengetahui, bahwa ada tenaga yang keluar dari diri-Nya, lalu Ia berpaling di tengah orang banyak dan bertanya: "Siapa yang menjamah jubah-Ku?" Markus 5:30

Murid-murid-Nya menjawab: "Engkau melihat bagaimana orang-orang ini berdesak-desakan dekat-Mu, dan Engkau bertanya: Siapa yang menjamah Aku?" Markus 5:31

Lalu Ia memandang sekeliling-Nya untuk melihat siapa yang telah melakukan hal itu. Markus 5:32

Perempuan itu, yang menjadi takut dan gemetar ketika mengetahui apa yang telah terjadi atas dirinya, tampil dan tersungkur di depan Yesus dan dengan tulus memberitahukan segala sesuatu kepada-Nya. Markus 5:33

Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!" Markus 5:34

Banyak orang yang mengerumuni Yesus, banyak orang yang menjamah-Nya. Itulah kesaksian murid-murid-Nya ketika Yesus bertanya. Banyak orang, namun hanya satu yang sembuh.  Banyak yang yakin sembuh namun hanya satu yang disembuhkan itulah orang Pilihan. Bukan pilihan Yesus namun Pilihan Allah Bapa. Yesus tidak melakukan kehendak-Nya sendiri, namun kuasa-Nya secara otomatis MENANGGAPI kehendak Bapa-Nya. Yesus tahu ada kuasa yang mengalir ke luar namun Dia tidak tahu siapa yang menjamah jubah-Nya itulah yang dimaksudkan dengan Allah mengosongkan diri-Nya untuk menjadi manusia. Apakah keyakinan wanita tersebut yang menarik kuasa penyembuhan Kristus mengalir memasuki tubuhnya? Apabila hal demikian yang terjadi, bukankah itu berarti Yesus membual ketika menyatakan bahwa Dia hanya melakukan kehendak Bapa-Nya karena ternyata Dia juga melakukan kehendak manusia? Kehendak siapakah yang ditanggapi oleh Kristus? Kehendak Bapa-Nya. Kehendak Allah Bapa ada di dalam wanita tersebut, itu sebabnya Yesus mengatakan, "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!" Imanmu yang menyelamatkanmu, bukan keyakinanmu. IMANMU adalah KEHENDAK Bapa di dalam dirimu.

Iman Adalah

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Ibrani 11:1

Sebab oleh imanlah telah diberikan kesaksian kepada nenek moyang kita. Ibrani 11:2


Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat. Ibrani 11:3

Iman BUKAN segala sesuatu yang kita harapkan, Iman bukan HARAPAN kita. Iman adalah DASAR dari segala sesuatu yang kita harapkan. Apakah DASAR dari segala sesuatu yang kita harapkan? Kehendak Allah. Kehendak Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus. Iman Adalah Kristus. Iman adalah Roh Kudus. Iman adalah Allah Bapa. Iman adalah KETIGANYA yang esa.

Iman BUKAN segala sesuatu yang tidak kita lihat namun Iman adalah BUKTI dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Apakah bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat? KETIGANYA yang esa. IMAN adalah IMAM. IMAN adalah KRISTUS.

Anak-anak manusia memahami: Faith is trust without proof! Iman adalah percaya tanpa bukti! Iman adalah yakin tanpa bukti! Namun, Alkitab mengajarkan hal sebaliknya itu sebanya anak-anak Allah memahami: Iman adalah DASAR dari segala sesuatu yang kita harapkan dan BUKTI dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Handai taulan sekalian, keinginan agar keinginan kita terwujud namanya HARAPAN. Keyakinan bahwa keinginan kita pasti terwujud namanya NGOTOT. Kayakinan bahwa Tuhan pasti mewujudkan keinginan kita namanya GOBLOK.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

Sby, hai hai dan Vincent - Iman Itu Anugerah

Menurt saya percakapan dengan Sby dan Vincent ini sangat menarik, itu sebabnya saya memasangnya sebagai komentar.

Sby:   "saya agak kesulitan memahami mengapa seolah2 di blog itu anda menyalahkan usaha2 manusia utk minta sembuh dll..bukankah si perempuan pendarahan juga minta sembuh.."

hai hai:   "Sby, saya tahu anda bukan jf. Sby, yang dapt kita lakukan adalah berdoa lalu pasrah seperti Yesus berdoa lalu pasrah di taman getsemani."

Sby:   "maaf pak hai bukan bermaksud lancang tapi semua orang yg dlm kesusahan tak mungkin tak berdoa spt Yesus di getsemani...tp masalah jika itu tergantung pada belas kasihan Allah bukankah yg tak disembuhkan menandakan Allah pilih kasih?"

hai hai:   "Betul! Allah memang pilih kasih. Itu sebabnya dia menciptakan sapi untuk makanan kita."

hai hai:   "itu sebabnya pula dia tidak memilih semua manusia untuk diselamatkan."

Vincent:  "pak hai, w cm mao nanya dikit, iman itu adalah ketigaNYa yg ESA jdi yg bisa kita lakukan untuk dikatakan beriman berarti tidak ada dong? Yang ada cuma bisa berserah ya?"

Sby:   "pak hai Allah memang adil krn mencipta sapi utk kita makan tp mencipta rumput jg utk dimakan sapi. tp soal iman adalah anugerah Allah tok seakan membuat kita spt sapi yg tak punya pikiran alias pengajaran yg mandul.."

hai hai:   "benar vincent. yang bisa kita lakukan hanya berserah."

hai hai:   "berserah dan TAAT."

hai hai:   "itu sebabnya dikatakn iman tanpa perbuatan adalah mati = tidak beriman."

hai hai:   "kita memang sapi yang CERDIK Sby. Kita baru menjdi manusia setelah dilahirkan kembali."

Sby:   "hai2 blog anda mengatakan iman adalah krists, bapa dan roh kudus..inilah yg saya sebut mandul.."

hai hai:   "anda memang kita memang mandul. itu sebabnya kita juga disebut tanah"

hai hai:   "kondisi demikian memang menyakiti KESOMBONGAN kita namun itulah fakta yang diajarkan Alkitab."

Sby:   "hai iman yg anda jelaskan di blog bernada pasif sekali...seolah semua adalah anugerah Allah"


Sby:   "apakah daud sombong ketika ia menantang goliat?"

Sby:   "apakah paulus sombong ketika ia ingin bertemu dg para raja dan imam?"

Sby:  "justru ketika daud tak menantang daud ia tak beriman...justru saat apolos tak meladeni debat orang ia tak beriman saya rasa itulah yg dinamakan anugerah..."

Sby:  "anugerah = membiarkan Allah bekerja ada yg bisa menghentikan anugerah Allah?"

hai hai:  "ketika daud menantang goliat, dia tahu pasti dapat mengalahkan goliat dengan mudah."

hai hai:  "itu sebabnya dia hanya membawa lima butir peluru batu untuk ali alinya."

hai hai:  "walaupun tahu harus menghadapi bahwaya di Yerusalem, Paulus tetap pergi. Dia tidak tahu apa yang akan terjadi di sana."

hai hai:  "Dia berrjaga-jaga untuk keselamatannya namun dia tetap pergi menyongsong bahaya. Karena dia tahu itulah yang harus dia lakukan."

hai hai:  "yang dilakukan paulus bukan sombong namun taat."

hai hai:  "sebagai hamba Allah pelayan manusia dia tugasnya adalah menegakkan ajran Krsitus. Itu sebabnya dia pergi."

hai hai:  "Itulah yang dai teladani dri Kristus. Itulah yang harus kita teladani."

hai hai:  "Iman itu tidak pasif. Iman itu kreatif."

hai hai:  "Namun semuanya adalah anugerah Allah."

hai hai:  "kecintaan akan kebenaran, ketegaran hati untuk menegakkan kebenaran. ketabahan untuk menghadapi bahaya. semuanya anugerah Allah."

hai hai:  "sby, semoga anda puas dengan jawaban saya."

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Tante Paku's picture

keinginan agar keinginan

keinginan agar keinginan kita terwujud namanya HARAPAN. Keyakinan bahwa keinginan kita pasti terwujud namanya NGOTOT. Kayakinan bahwa Tuhan pasti mewujudkan keinginan kita namanya GOBLOK.

Saya memahaminya sebagai berikut : " Keinginan kita kepada Tuhan pastinya melalui doa-doa. Tuhan pasti menjawab doa kita tetapi tidak berarti mengabulkan setiap doa kita. Jawaban Tuhan atas doa-doa kita dibutuhkan iman yang peka dan benar. Semua jawaban Tuhan tergantung kehendakNya, waktuNya juga rencanaNya artinya bisa YA atau TIDAK atau TUNGGU."

Yang jadi pertanyaan, bagaimana memahami keinginan yang benar di hadapan Tuhan?

sandman's picture

sandman like this... Tuhan

sandman like this...

Tuhan bekerja sesuai jadwalNya bukan jadwal manusia...

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

akhung's picture

Kok Bagus

satu lagi.. Kalo ga punya keinginan, ga punya keyakinan, ga punya harapan, namanya apa ya? mungkin namanya "mati ae wes..."

Salam kenal...

------------------------Jesus Bless U----------------------

Akhung Berithel

Kita tidak bisa selalu memiliki apa yang kita sukai, tapi kita bisa untuk belajar menyukai dan mensyukuri apa yang kita miliki

__________________

Jesus Bless U


Akhung Berithel



Kita tidak bisa selalu memiliki apa yang kita sukai, tapi kita bisa belajar menyukai dan mensyukuri apa yang kita miliki

hai hai's picture

Akhung, Bener, Mati Saja

satu lagi.. Kalo ga punya keinginan, ga punya keyakinan, ga punya harapan, namanya apa ya? mungkin namanya "mati ae wes..."

Bener khung, setuju banget!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

@Tante Paku, hai hai dan Anjingnya

Saya memahaminya sebagai berikut : " Keinginan kita kepada Tuhan pastinya melalui doa-doa. Tuhan pasti menjawab doa kita tetapi tidak berarti mengabulkan setiap doa kita. Jawaban Tuhan atas doa-doa kita dibutuhkan iman yang peka dan benar. Semua jawaban Tuhan tergantung kehendakNya, waktuNya juga rencanaNya artinya bisa YA atau TIDAK atau TUNGGU."

Tante paku, saya dan adik-adik saya pernah memelihara 40 ekor anjing lebih. Izinkan saya berbicara atas nama adik-adik saya. Semua anjing saya punya keinginan dan mereka bebas menyatakan keinginannya. Bagi semua anjing saya, saya adalah TUHAN mereka. Walaupun bisa menentang keinginan saya namun tidak ada satu anjing pun yang mampu menentang kedaulatan saya. Saya bahkan menguasai hidup dan matinya mereka.

Anjing-anjing tersebut sering sekali menyatakan keinginannya kepada saya namun saya tidak punya KEHARUSAN untuk menanggapi keinginan mereka. Saya tidak peduli mereka berdoa atau menggongong apalagi mencakar-cakar jeruji kandangnya. Saya tidak peduli seberapa besar IMAN atau keyakinan mereka bahwa saya akan mengabulkan keinginannya. Saya menentukan segalanya sesuai dengan keinginan saya.

Walaupun sangat menyayangi anjing-anjing tersebut namun saya tidak pernah membiarkan diri untuk diatur oleh mereka. Karena mereka HANYA anjing belaka.

Saya dan istri pernah memelihara seekor anjing doberman pincher betina, namanya Unyil, tingginya satu jengkal. Walaupun penggemar anjing yang fanatik namun saya tidak pernah menyukai anjing ras kecil. Unyil bukan anjing ras murni karena bapanya mini pincher sementara ibunya cihuahua. Bagi saya anjing ras campuran tidak boleh kawin untuk menjaga kemurnian ras. Ketika menghadapi masa birahi seekor anjing betina sangat menderita bila tidak dikawinkan ketika dia melihat anjing jantan.

Saya tidak peduli dengan penderitaan Unyil namun istri saya peduli. Istri saya meminta saya untuk mencarikan anjing jantan yang sepadan untuk mengawini unyil. Saya tidak peduli dengan unyil namun sangat peduli dengan istri saya. Ketika Unyil berdoa kepada saya agar dicarikan jantan, saya bersusah payah mencarikannya seekor jantan keturunan hebat. Mungkin ketika berdoa minta kawin Unyil yakin atau beriman saya akan mengabulkannya, saya memang mengabulkannya, namun bukan kerena unyil tapi karena istri saya MENETAPKAN agar unyil dikawinkan.

Karena kasih karunia Unyil dikawinkan oleh IMAN, itu bukan usaha unyil namun pemberian hai hai, itu bukan hasil pekerjaan Unyil, dia tidak boleh memegahkan diri.

IMAN Unyil adalah IMAM Unyil yaitu istri saya.

Unyil boleh BERHARAP sampai mati birahi namun saya tidak akan peduli. Unyil boleh NGOTOT sampai kuda gigit jari namun saya tidak akan peduli. Unyil boleh berlaku GOBLOK sampai jari digigit kuda namun saya tidak akan peduli. Namun saya menjawab harapannya bukan karena dia namun karena IMAMNYA yaitu istri saya. Karena Iman istri sayalah saya menjawab doa Unyil. Istri saya adalah DASAR dari HARAPAN Unyil. Istri saya adalah BUKTI dari yang tidak dilihat Unyil.

Tente paku, itulah Iman. Perumpamaannya unik, namun itulah Iman.

Kita berharap keinginan kita terwujud, seperti unyil berharap birahinya terlampiaskan. Namun Yesus Kristus tidak peduli. Dia menjadi peduli setengah mati ketika Allah MENETAPKAN agar keinginan kita terwujud. Birahi Unyil terlampiaskan karena Istri saya INGIN birahi Unyil terlampiaskan. Keinginan kita terwujud karena Allah INGIN keinginan kita terwujud.

Itu sebabnya yang bisa kita lakukan HANYA berdoa lalu PASRAH seperti Yesus berdoa di taman Getsemani lalu Pasrah. Itu sebabnya Khalil Gilbran menulis, "Di negeri anda Mujizat adalah ketika Allah mewujudkan kehendak manusia. di negeri kami Mujizat adalah ketika manusia mewujudkan kehendak Allah."         

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

joli's picture

dari iman kepada iman

Hai-hai..  sudah di baca 2 x blog hai-hai yang ini agak mbulet, puanjang as usual, dan nggak ngerti-ngerti,  tentang arti iman kok ?

Iman BUKAN segala sesuatu yang tidak kita lihat namun Iman adalah BUKTI dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Apakah bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat? KETIGANYA yang esa. IMAN adalah IMAM. IMAN adalah KRISTUS.

kok bisa??

Setelah baca ilustrasi tentang unyil jadi mudeng, wah-wah, nggak ngerti neh yang agak gila yang menjelaskan atau yang di jelaskan

Hai-hai, menyambung pengertian iman adalah imam dan iman adalah Kristus, bagaimana dengan "dari iman kepada iman" ????

 

hai hai's picture

@ Joli, From Faith to Faith

Dari Iman Kepada Iman. From Faith To Faith. Adalah salah satu judul buku ajaran Pdt. Dr. Stephen Tong.Buku-buku Pdt. Dr Stephen Tong umumnya ditulis oleh Pdt. Sucipto Subeno MDiv berupa transkrip kotbah dan seminar Pdt. Dr. Stephen  Tong. Saya tidak bis acerita banyak tentang buku tersebut karena sedang saya pinjamkan ke Sandman. Mungkin dia mau menjelaskannya bila kita memintanya.

Inti dari blog ini adalah: Keyakinan kita tidak punya sumbangsih sama sekali atas segala peristiwa yang kita hadapi juga tidak punya sumbangsih sama sekali atas keselamatan kita. Keyakinan kita hanya membuat kita merasa nyaman. Itu sebabnya kita tidak bisa hidup dengan MENGANDALKAN perasaan kita apalagi meyakini bahwa perasaan kita memiliki kuasa.

25 tahun lebih bergaul dan melatih serta mempelajari anjing, mungkin itu sebabnya saya menggunakan pemahaman saya tentang anjing untuk perumpamaan ketika menjelaskan ajaran Alkitab. Hal itu membuat banyak orang berang, namun apa boleh buat? Mungkin dalam tulisan saya berikutnya anda akan paham kenapa saya banyak menggunakan anjing untuk menjelaskan ajaran Alkitab. Bukankah Yesus banyak menggunakan DOMBA untuk menjelaskan ajaran-Nya. Saya jadi penasaran dan mulai mempelajari domba.

Dari Iman Kepada Iman. From Faith To Faith. Dari wuwei kepada wuwei. Dari pasrah kepada pasrah. Dari debu kepada debu. Dari tanah kepada tanah.Itulah ajaran Alkitab. Misteri dalam misteri. Misteri dalam misteri adalah gerbang ke bait Allah.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Tante Paku's picture

Iman, Imam dan Pasrah

Jadi IMAN membutuhkan IMAM atau IMAM memerlukan IMAN? HANYA berdoa lalu PASRAH, pasrah saja tanpa menjaga kekudusan hidup di hadapan Tuhan tentunya sulit untuk dapat memahami kehendakNya?

Menjaga kekudusan hidup tidak seturut dengan Firman Allah apakah bisa disebut pasrah? Pasrah bisa jadi berserah diri, pasrah tanpa bertekun apalah artinya, karena Tuhan tidak seketika menjawab pergumulan kita.

Pasrah tentunya diikuti mengucap syukur juga walau kehendak Tuhan tidak sesuai dengan kehendak kita.

hai hai's picture

@ Tante Paku, Pasrah Bukan Menyerah

Tante paku, pasrah bukan menyerah! Orang-orang yang menyerah adalah orang-orang yang menyangka dirinya beriman namun sesungguhnya orang-orang beriman walaupun pasrah tidak pernah menyerah.



Salah satu sahabat yang sangat saya hormati dan sayangi kena kanker getah bening. Namanya Pdt. Thomy Matakupan MDiv. Dia SMS dari Singapura memberitahu saya tentang hal itu. Saat itu saya membalas SMS-nya, "You have to fight till the end, I just pray for you!"



Walaupun berdoa baginya dan mengajak banyak teman untuk berdoa baginya, saya baru telpon dia berbulan-bulan kemudian. Ketika dia mengangkat telpon, saya langsung berkata, "He Oncom, jangan sok jago ya! Saya dengar kamu menyetir sendiri ketika pergi untuk kemoterapi?" Dia ngakak lalu bertanya, "Kenapa baru telpon sekarang?" Saya juga ngakak dan menjawab, "Saya nggak mau menerima makian kamu! Sudah berapa banyak orang-orang sok tahu yang kamu maki?" Dia ngakak keras sekali sebelum menjawab, "Banyak sekali!" Kami lalu ngakak bareng.



Ketika orang lain menghadapi kemalangan kita mudah sekali memberi nasehat, "tabahlah! Tuhan punya rencana! Ini hanya pencobaan yang lazim! Berimanlah! Tuhan pasti buka jalan! Tuhan punya rencana!" Dan banyak nasehat konyol lainnya.



Ketika seseorang menghadapi kemalangan, dia tidak butuh hiburan, yang dia butuhkan adalah nasehat bagaimana cara untuk keluar dari kemalangan tersebut. Bila anda tidak mampu memberi nasehat demikian, silahkan BUNGKAM. Jangan pentang bacot sembarangan!



Ketika dia bertanya apa yang ingin saya katakan, saya pun mengatakannya kira-kira begini, "Sahabatku, jangan pernah berpikir bahwa gara-gara kanker umurmu jadi pendek karena kita tidak tahu berapa umur kamu tanpa kanker. Juga jangan pernah berpikir bahwa gara-gara kanker hidupmu berantakan sebab kita tidak tahu apa yang akan kamu hadapi tanpa kanker. Jadi hiduplah dengan kanker bila kanker kamu tak tersembuhkan. Berusahalah untuk sembuh namun nikmati dan jalanilah hidupmu! Jangan blagu dan menyangka anak istrimu akan hidup sengsara bila kamu mati hari ini! Tidak perlu jadi pemenang, namun berusahalah untuk bertahan hingga akhir pertandingan. Bila tidak mampu mengalahkannya, cobalah untuk hidup damai dengannya."



Dia ngakak mendengar perkataan saya, lalu berkata, "Kemoterapi bukan masalah, itu sebabnya saya nyetir sendiri. Setelah kemoterapi, itulah masalahnya. He ... Dari mana kamu tahu saya nyetir sendiri? Kamu memata-matai saya ya? Ha ha ha ha ... Setelah kemoterapi salah satu yang paling gawat adalah muntah. Makan muntah. Makan lagi muntah lagi. Akhirnya saya berkata, 'lu yang bosen muntah atau gua yang bosan makan!' Kalau muntah saya makan lagi tentu saja nggak makan muntahan saya. Ha ha ha ha ...!"



Sahabatku itu sudah sehat kembali. Test Kankernya NOL itu artinya kemoterapi yang dia jalani sukses. Walaupun sudah sembuh namun kanker itu bisa menyerang kembali setiap saat.



Itulah yang saya sebut PASRAH. Pasrah bukan menyerah! Pasrah berarti memohon terus kepada Allah dan berusaha untuk sembuh. Berusaha untuk  sembuh namun menjalani hidup sebagai orang sakit  dengan penuh sukacita.



Tante paku, kita melakukan dosa untuk memuaskan keinginan kita, untuk mewujudkan harapan kita, untuk membahagiakan diri kita, untuk membahagiakan orang-orang yang kita sayangi. Kita melakukan dosa karena menyangka bahwa itulah JALAN untuk mewujudkan semua harapan dan keinginan kita. Samuel Franklyn bilang dia berprinsip, sebelum mencobanya minimal satu kali tidak boleh bilang "tidak bisa!" Kenapa kita tidak meneladaninya? apabila tanpa berbuat dosa sudah bahagia, untuk apa berbahagia dengan cara berdosa? Minimal, cobalah satu kali!



Tante, belasan tahun yang lalu anda adalah seorang penulis andal. Kenapa anda berhenti menulis? Karena anda sibuk mengurus usaha anda. Kenapa anda berhenti menulis? Karena anda berpikir bahwa menulis bukan mata pencaharian yang baik, usaha anda saat ini adalah mta pencaharian yang baik. Dulu anda menulis karena menganggap menulis adalah BEBAN yang harus anda tanggung untuk membuat dapur anda ngebul. Itu sebabnya ketika ada kesempatan anda meletakkan beban tersebut dan tidak mau melihatnya lagi bahkan mengingatnya. Kenapa saat ini anda rela begadang, bersusah payah mencari sumber pustaka dan menyisihkan banyak waktu dan mengerahkan seluruh kemampuan menulis anda agar dapat membuat tulisan yang baik walaupun tidak ada bayaran sama sekali untuk tulisan anda? Karena anda menikmatinya. Karena menulis membuat anda bahagia. Karena bahagia maka anda menjadi orang yang menyenangkan dan mudah disayangi. Yang anda lakukan sama, menulis. Usaha yang dilakukan sama, kerja keras untuk menghasilkan tulisan yang baik. Kenapa saat ini anda mau melakukan semuanya dengan gratis? Karena anda menikmatinya. Karena anda merasa bahagia ketika melakukannya.



Kita tahu pasti bahwa kita diselamatkan bukan karena kita hidup kudus namun karena kita di pilih dan dikasihi. Kenapa harus memaksa diri hidup kudus seolah hidup kudus itu akan membuat kita selamat? Hidup kuduslah karena hidup kudus itu memang mengasykan. Jauh lebih mengasykan dibandingkan dengan hidup tidak kudus.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai, pagi ini anda sungguh bijak!

Selamat pagi Om!

Pagi yang indah karena membaca komentar Hai hai di atas! Tidak bisa tidak komentar nih.

Komentar anda di atas benar-benar salah satu komentar anda yang bijak! (mungkin yang terbijak, sepanjang ingatan saya yang terbatas ini)

I LOVE YOU FULL !!  (at this time.. hihihi)

 

NB:

Ini pujian tulus ya Om, bukan menjilat atau semacamnya. Sementara ini mari kita lupakan pertempuran2 diblog yang lain itu. Terutama di bulan yang suci ini..  Besok-besok pertempuran boleh kita lanjut lagi. Hahaha..

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@Deta, Terima Kasih Pujiannya

Debu tanah, terima ksih untuk pujiannya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

joli's picture

Ternyata ASIK tho..

HAi-hai :

Sahabatku itu sudah sehat kembali. Test Kankernya NOL itu artinya kemoterapi yang dia jalani sukses. Walaupun sudah sembuh namun kanker itu bisa menyerang kembali setiap saat.

Itulah yang saya sebut PASRAH. Pasrah bukan menyerah! Pasrah berarti memohon terus kepada Allah dan berusaha untuk sembuh. Berusaha untuk  sembuh namun menjalani hidup sebagai orang sakit  dengan penuh sukacita.

hAI, Joli mau pinjam istilah dan kata-kata ini, untuk para sahabat Joli yang sakit kanker, ada beberapa sohib yang kanker rahim, dan kanker usus.. juga istri satpam yang kanker payudara.. wuih, sedih juga sih, tapi mesti KUAT supaya bisa PASRAH..

Hai-hai : Kita tahu pasti bahwa kita diselamatkan bukan karena kita hidup kudus namun karena kita di pilih dan dikasihi. Kenapa harus memaksa diri hidup kudus seolah hidup kudus itu akan membuat kita selamat? Hidup kuduslah karena hidup kudus itu memang mengasykan. Jauh lebih mengasykan dibandingkan dengan hidup tidak kudus.

BAGUS Hai, kenapa ya nggak pernah menyadari, hidup kudus itu asik, jauh lebih asik drpd hidup tidak kudus?  Justru banyak orang kristen merasa hidup kudus seakan beban salib yang sangat amat berat, seakan penderitaan yang amat sangat. Karena salah pemahaman selama ini kita berpikir hidup baik dan kudus akan membuat kita agak-agak layak untuk menerima keslamatan, padahal itu cuma prasaan nyaman aja ya? supaya agak-agak baik, agak-agak berguna..  Ok lah.. ayuukk kita hidup kudus karena hidup kudus itu ASIK..

hai hai's picture

@Joli, Memang Asyk

Joli, mungkin tulisan ini akan berguna bagi orang-orang yang menghadapi kemalangan.Untuk membacanya silahkan klik di sini. Saya sudah mengedit tulisan tersebut di dalam draft buku yang saya berikan.

Nona, saya sering bertanya dan belum menemukan jawaban yang memuaskan. Tuhan Yesus tahu setelah mati Dia akan bangkit pada hari ketiga. Kenapa Dia begitu KETAKUTAN dan PUTUS ASA pada malam di taman Getsemani?

Tahu ke mana kita pergi setelah mati TIDAK akan menghapuskan RASA takut mati. Itu sebabnya SIA-SIA menentang perasaan TAKUT mati. Kita harus berdamai dengannya. Arti berdamai dengannya adalah biarkan perasaan takut itu ada namun jangan biarkan dia menghalangi kita menjalani hidup.

Nona, salah satu hal yang paling mengasykkan adalah MAKAN makanan enak. Anda lihat kesalahan yang umumnya dilakukan orang? Ketika makan makanan yang enak, mereka makan dengan LAHAP. Akibatnya mereka kurang menikmati RASA makanan tersebut. Kenapa mereka makan LAHAP? Itu adalah NALURI berebut makanan. Secara naluri mereka takut makanan enaknya direbut orang lain.

Anda tahu cara membuat makanan tidak enak menjadi enak? Makanlah berebutan. Kenikmatan berkompetisi akan menambah nikmat makanan tidak enak itu.

Saya pernah memelihara seekor anjing Samoyed, namanya Erika. Bentuknya seperti anjing Pomeriam, namun tubuhnya besar. Bulunya putih, halus dan tebal. Menurut saya, Samoyed adalah anjing paling cantik di dunia. Saya membeli anjing itu dengan harga mudah karena dia dalam kondisi kudisan dan bau setengah mati. Saya dan adik saya merawatnya hingga sembuh.

Setiap pagi dan sore saya menghabiskan waktu masing-masing + 10 menit untuk menyisir bulunya. Seminggu sekali saya menghabiskan waktu + 3 jam untuk memandikannya. Menyiram air hingga mencapai kulitnya, mengosoknya dengan shampo pelan pelan, lalu membilasnya hingga bersih kemudian mengeringkannya dengan handuk dan hairdreyer sampai benar-benar kering. Bila tidak kering tuntas dia akan bau apek dan kudisan. Panas Hairdreyer akan membuatnya kepanasan sementara Samoyed aslinya adalah anjing yang hidup di kutub. Untuk mendinginkannya adalah dengan membungkusnya dengan handuk dingin, handuk yang dimasukkan ke dalam plastik lalu di dinginkan di lemari es.

Saya melatih anjing tersebut dengan baik. Setiap pagi dan sore saya mengajaknya jalan-jalan. dia akan berjalan di sebelah kiri saya tanpa rantai. Wanita dan anak-anak pasti memujinya dan ingin membelainya. Ketika dihampiri saya akan memberi kode tanpa suara agar Erika duduk lalu mengulurkan kaki depannya untuk menyalami. Banyak lelaki yang memandang cemburu karena anjing tersebut membuat wanita-wanita cantik mengerumuninya. Mereka tidak tahu bhwa Wanita wanita itu menyukai erika, bukan tuannya. Umumnya mereka akan bilang Erika bukan anjing penjaga karena dia hanya anjing mainan. Saya akan memberi kode agar Erika menggeram lalu memandang lelaki itu dengan garang.

Banyak orang menyangka saya rela merawat Erika karena semua kesusahan itu akan terbalas ketika orang-orang memuji Erika. Sebenarnya bukan hal demikian yang terjadi. Yang terjadi adalah saya merasa ASYK ketika merawat Erika, itu sebabnya saya suka merawatnya. Tentu saja saya suka ketika orang-orang mengagumi Erika namun itu keasykkan yang lain lagi.

Si Unyil bukan anjing saya, dia anjing istri saya. Karena salah didik, kurang ajar setengah mati. Salah satu kebiasaan saya adalah tiduran di sofa. Untuk menunjukkan dominasinya, si Unyil sengaja kencing di sofa yang biasa saya tiduri. Beberapa kali saya tiduran dan kaget karena sofanya basah. Benar-benar menyebalkan. Sayapun ngomel namun itu tidak menyelesaikan masalah. Demi istri, saya pun mulai melatih Unyil. Ternyata dia seekor anjing cerdas dan memiliki karakter yang baik sekali. Salah satu hal yang istri saya tidak tahu sampai hari ini adalah saya melatih si unyil menjadi anjing yang resikan. Ketika beranda  sedang dicuci, unyil akan duduk di kursi hingga lantainya benar-benar kering. Ketika lantai berantakan karena banyak remah-remah berjatuhan, oleh ulah si Tutut anak si Unyil yang cara makannya jorok, Unyil akan menghindar. Unyil tidak pernah menginjak remah-remah dan kotoran lainnya apalagi becek. Istri saya bangga sekali dengan prilaku si Unyil bila bertemu silahkan anda bertanya kepadanya tentang si Unyil almarhum. Dia akan bercerita berapi-api. Ketika istri saya bertanya, "Kenapa si Unyil resikkan?" Saya akan bilang, "karena Nyonyanya resikkan."

Karena mmencoba untuk melatih Unyil maka saya tahu bahwa anjing ras campuran juga anjing sejati. Banyak anjing ras campuran yang jauh lebih baik dari anjing ras murni. Karena Unyillah maka saya tidak RASIAL. Benar yang dikatakan oleh Samuel, Sebelum mencobanya minimal sekali, kita tidak boleh bilang tidak bisa atau tidak suka.  

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

whoislikegod's picture

asyik itu relatif Nona Joli...

sebelum ngomong eh ngetik ijinkan saya ngakak dulu

hahahaha.......

kenapa ngakak??? karena ikutan mas Hai Hai dengan memanggil Anda: Nona Joli...

[ngakak lagi]

Sori ya... cuma menggoda kalian...

Saya banyak mengamati mengenai hidup kudus. Teman-teman dan saya sendiri selalu berusaha untuk hidup kudus dan seringnya gagal dalam menjalaninya. Hal inilah yang menimbulkan stress. Sampai akhirnya saya menyadari bahwa saya harus menempel ke Pokok Anggur. Saya harus dialiri 'mineral' oleh Pokok Anggur maka saya akan menghasilkan yang Pokok Anggur hasilkan. Saya hanya perlu merenungkan FT, saya hanya perlu 'bergumul' dengan Dia. Saat itulah benih-benih Ilahi dialirkan hingga tanpa saya sadari saya mengeluarkan hasil dari tanaman anggur. Sekedar sharring Nona Joli... hahahhahaha...

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

joli's picture

Hai-hai pengacau PARTUTURON

WILG : kenapa ngakak??? karena ikutan mas Hai Hai dengan memanggil Anda: Nona Joli... [ngakak lagi]

Ha.. ha.. WILG belum tahu ya, Hai-hai mah emang pengacau Partuturon (tanya pak Kiem artinya apa)..

Tanya kenapa? nggak tahu..

Hanya Hai-hai yang tahu, mau tahu  bagaimana Hai-hai  memanggil mama mertua-nya..??  ha.. ha.. ha.. tanya sendiri aja sana aja ah..

sandman's picture

@WILG kompak kan?

Yang disentil siapa yang jawab siapa... sampai MAMA mertua aja tahu..  hi hi hi hi..

Jangan bilang gak jadi kasih lihat BLOG HAI-HAI ini ke om paul gara-gara ada koment diatas  hi hi hi...

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Kiem's picture

@ Cik Joli, Saya lagi istirahat, kok dibangunin, sih? ada apa?

Ada apa Cik Joli,

Cik Joli :

Ha.. ha.. WILG belum tahu ya, Hai-hai mah emang pengacau Partuturon (tanya pak Kiem artinya apa)..

Kiem :

Partuturon itu, adalah menelusuri silsilah, agar panggilan kepada seseorang tepat atau tidak sembarangan, misalnya tulang, uda, amangboru, dll. Itu cara MBataknya, lho, WILG.

Cik Joli, tolong, jaringannya lagi ngadat nih, jadi enggan juga berkomentar. Mau istirahat lagi ah. Ntar, sekali bangunin, bawa makanan Ya Cik untuk buka puasa.

Tuhan Yesus memberkati.

whoislikegod's picture

Sandman, kenapa bisa kompak ya?

Hebat ya Man aku juga ga perhatikan kok sampai bisa sampai saling mengisi...

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

whoislikegod's picture

pakKiem ga mudeng

Pak Kiem ga mudeng kok Hai Hai bisa dibilang pengacau partuturon? Ayo dong pak Kiem jangan  malu malu...

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

Kiem's picture

@whoislikegood, kita sama-sama tanya Hai-Hai saja

Yth. Whoislikegod

WILG :

Pak Kiem ga mudeng kok Hai Hai bisa dibilang pengacau partuturon? Ayo dong pak Kiem jangan  malu malu...

Kiem :

Merusak partuturon artinya merusak tata hubungan sosial, seperti panggilannya tidak pas jika ditelusuri silsilah.

Kenapa Hai-Hai disebut merusak partuturo, saya juga belum tahu.

Cik Joli kan bilang :

Hanya Hai-hai yang tahu, mau tahu  bagaimana Hai-hai  memanggil mama mertua-nya..??  ha.. ha.. ha.. tanya sendiri aja sana aja ah..

untuk itu kita tanya saja sama-sama ke pak Hai-Hai

Tuhan Yesus memberkati

hai hai's picture

Nona dan Tuan

Seorang lelaki yang belum menikah digelari "Tuan. Setelah menikah lelaki tetap di sapa "Tuan."

Seorang wanita yang belum menikah digelari "Nona" Setelah menikah dia disapa "Nyonya".

Prilaku demikian adalah wujud dominasi lelaki terhadap wanita. Hal demikian tidak adil. Itu bukan ajaran Alkitab.

Yesus menyapa para wanita dengan sebutan "hai perempuan" tanpa memperhatikan status mereka. Yesus menyapa para wanita "hai Ibu" untuk menghormati mereka.

Saya hanya menyapa wanita dengan dua sebutan. "Nona" karena kami sepadan dan "Ibu" untuk menyatakan hoarmat. Tidak pernah menyapa wanita dengan "Nyonya"

Istri takluk kepada suaminya, namun wanita tidak takluk kepada lelaki.

Itulah ajaran Alkitab sejak purbakala. Adam adalah penguasa taman Eden, namun Hawa adalah penguasa dunia pertama. Bila tidak percaya bacalah Kejadian 4.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

dennis santoso a.k.a nis's picture

wallahu'alam

dahulu kala, seorang wanita perancis yang mati dalam keadaan dianggap sebagai orang sesat oleh gereja, memberikan tips kecil tentang "perbuatan" dalam ayat yang kira2 berbunyi: "iman tanpa perbuatan adalah mati".

dia menjelaskan bahwa dalam pandangannya sebagai manusia, hal yang tersulit adalah berdiam diri.

nature alamiah manusia adalah bergerak... bahkan dalam tidur pun, tubuh kita terus bergerak; jantung memompa darah, organ2 pencernaan mencerna, darah mengalir dari satu tempat ke tempat lain dengan membawa segala asupan vitamin, dsb. ketika menghadapi sesuatu, reflek manusia adalah bergerak (meloncat, menghindar, menangkis, dsb). bahkan, ketika manusia tidak bisa bergerak, biasanya hal ini akan membuatnya menjadi depresi dan merenung dan mempertanyakan segala sesuatu. hal inilah yang kira2 dimanfaatkan untuk menghukum manusia. sistem penjara, contoh konkritnya.

dengan kecenderungan alamiah ini, berdiam diri menjadi sangat susah. wanita perancis itu berkata bahwa untuk dapat diam, maka kita harus melawan segala kecenderungan pergerakan kita. dalam fisika, jika suatu batu cenderung bergerak ke bawah, maka untuk membuatnya diam di satu titik, kita harus memberikan gaya ke arah atas dengan besaran yang minimal sama dengan besaran gaya kecenderungannya tadi. di titik ini, isunya ada dua yaitu: "berapa besar gaya yang harus diberikan" dan "ke arah mana gaya itu harus ditujukan".

mungkinkah berdiam diri bisa dimasukkan sebagai salah satu kategori dalam "perbuatan" yang dituntut ketika dikatakan bahwa "iman tanpa perbuatan adalah mati"?

wallahu'alam :-)

hai hai's picture

@ Dennis, Menyenangkan Tuhan

Wu wei = do nothing Wu wei wu bu wei = do nothing is not not do anything

Tidak melakukan apapun bukan tidak melakukan apa-apa.

Itulah yang diajrkan oleh Laozi tentang pasrah.

Apa yang diajarkan oleh wanita itu benar. Selama ini kita pikir iman tanpa perbuatan adalah mati. Kita lalu berlomba-lomba untuk berbuat padahal tidak berbuat juga adalah perbuatan.

Saya sering merasa heran ketika menghadapi handai taulan yang berlomba-lomba melakukan banyak hal karena mereka yakin hal itu akan menyenangkan hati Tuhan. Ketika ditanya:

Kenapa kita harus menyenangkan hati Tuhan?

sebagian menjawab, "agar kita mendapat berkat-Nya."

Sejak kapan Tuhan jadi pedagang? Sejak kapan Tuhan harus dikasih SESAJEN dulu baru memberi berkat?

Sebagian lagi menjawab. "Sebagai ucapan syukur karena kita telah diselamatkan!"

Suatu kali anda menolong seorang teman. Setelah itu, setiap kali bertemu dia akan mengungkit-ungkit pertolongan tersebut dan mengucapkan terima kasih dan terima kasih dan terima kasih serta memuji-muji anda. Ketika dia melakukannya pertama kali anda akan merasa senang, namun bila dia terus menerus melakukannya, anda akan menyebutnya PENJILAT. Sejak kapan Tuhan suka dijilat? Anda saja tidak suka dijilat, kenapa Tuhan harus merasa senagn dijilat?

Dalam tradisi Tiongkok kuno, ketika ayah meninggal, anak sulunglah yang akan menggantikan posisinya sebagai pemimpin keluarga. Sebelum memimpin keluarga anak sulung itu harus menjalani perkabungan 3 tahun (1000 hari). Selama berkabung dia dikucilkan dari keluarga dan hidup prihatin serta tidak boleh bekerja, makan asal kenyang, tidur asal cukup. Namun dia harus mandi teratur dan menjaga kebersihan dan kesehatan tubuhnya. Selama 1000 hari itu dia hanya menjadi pengamat karena dia dianggap roh yang gentayangan. Tradisi perkabungan itu dikaitkan dengan ketika lahir bayi selama 3 tahun bergantung penuh pada orang tuanya.

Banyak orang yang menyangka tradisi demikian tidak masuk akal bahkan gila. Itu sebabnya di jaman modern hal demikian tidak dilakukan lagi.

Bagi yang tidak mengerti mereka menganggap itu adalah cara untuk membalas budi orang tua. Bagi yang memahami, itu adalah cara untuk membina diri sebelum menjadi pemimpin.

Saat teduh. Saya yakin, sebagian besar orang Kristen melakukannya. Alkitab mencatat bahwa Tuhan Yesus sering melakukan saat teduh. Orang Kristen memang aneh. Walaupun menyebutnya SAAT TEDUH namun, ketika melakukannya mereka sama sekali tidak teduh. Mereka membaca tulisan orang lain yang dikait-kaitkan dengan ayat Alkitab. Itu bukan saat teduh namanya. apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus ketika bersaat teduh? WUWEI! Tidak melakukan apapun! Apabila Dia melakukan sesuatu apalagi membaca kitab suci, Alkitab pasti mencatatnya. Menurut saya Alkitab tidak mencatat karena tidak ada yang perlu dicatat. Tidak ada yang perlu di catat karena Dia bersaat teduh.

Apa itu saat teduh? Saat teduh adalah saat untuk teduh! Saat untuk berada sendirian! Saat untuk berhenti! Saat untuk bercengkarama dengan diri sendiri. Saat SAYA hanya ada bersama AKU.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

antisehat's picture

ko Hai: need vs want

Handai taulan sekalian, keinginan agar keinginan kita terwujud namanya HARAPAN. Keyakinan bahwa keinginan kita pasti terwujud namanya NGOTOT. Kayakinan bahwa Tuhan pasti mewujudkan keinginan kita namanya GOBLOK.

 

ko Hai... blog you, dan komentar2 disini, LEBIH menguatkan saya euy...

thank you...

 

oh iya, tentang alinea terakhir, komentar saya:

Tuhan belum pasti mewujudkan KEINGINAN (want) kita,

namun jika menurut Tuhan itu adalah KEBUTUHAN (need),

dan sesuai dengan KEBUTUHAN-NYA,

maka DIA akan diwujudkan NYA...?

 

___________________________ 

giVe tHank’s wiTh gReaTfull heArt

www.antisehat.com

 

Huanan's picture

@Antisehat

Apakah yang anda maksudkan bahwa: Tuhan akan menjawab Keinginan kita melalui mujizat (masalah penyakit, pekerjaan, dam masalah2 lainnya) Jika menurut Tuhan itu adalah KEBUTUHAN dan sesuai dengan KEBUTUHANNYA ? 

GBU

hai hai's picture

@antisehat, Keinginan

Ada KEBUTUHAN ada KEINGINAN. Keinginan agar keinginannya terwujud adalah KEBUTUHAN.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

antisehat's picture

ko Hai: kemalangan

Ketika seseorang menghadapi kemalangan, dia tidak butuh hiburan, yang dia butuhkan adalah nasehat bagaimana cara untuk keluar dari kemalangan tersebut

 

>> setuju ko Hai... "cara untuk keluar dari kemalangan"

>> dari penyakit degeneratif-lah

>> yang berusaha saya informasikan...

 

Sahabatku itu sudah sehat kembali. Test Kankernya NOL itu artinya kemoterapi yang dia jalani sukses. Walaupun sudah sembuh namun kanker itu bisa menyerang kembali setiap saat.

 

>> puji Tuhan...

>> Tapi kemoterapi itu mahal yaaa...?

>> dan beresiko membunuh sel-sel sehat juga...?

 

 

Itulah yang saya sebut PASRAH. Pasrah bukan menyerah! Pasrah berarti memohon terus kepada Allah dan berusaha untuk sembuh. Berusaha untuk  sembuh namun menjalani hidup sebagai orang sakit  dengan penuh sukacita.

>> Amien...

 

___________________________ 

giVe tHank’s wiTh gReaTfull heArt

www.antisehat.com

 

akhung's picture

Iman, Unyil, dan Istri Hai-hai

Iman BUKAN segala sesuatu yang tidak kita lihat namun Iman adalah BUKTI dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Apakah bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat? KETIGANYA yang esa. IMAN adalah IMAM. IMAN adalah KRISTUS.

Awalnya aku ga ngerti maksud di atas... dipaksa2 ngerti ya tetap ga masuk akal.. mana mungkin Iman = Kristus????

Karena kasih karunia Unyil dikawinkan oleh IMAN, itu bukan usaha unyil namun pemberian hai hai, itu bukan hasil pekerjaan Unyil, dia tidak boleh memegahkan diri (kitab Hai-hai 1:13) ^^.

Istri saya adalah DASAR dari HARAPAN Unyil. Istri saya adalah BUKTI dari yang tidak dilihat Unyil. (kitab Hai-hai 1:14)

Ilustrasi yang keren sekali.. Istri Hai-Hai membuat HARAPAN di unyil menjadi tidak sia-sia

Pengorbanan Kristus, membuat kita kembali memiliki HARAPAN akan kasih Bapa.

Kasih Kristus membuat kita kembali memiliki KEYAKINAN akan Jaminan Keselamatan.

yang jadi dasar kita menuju pada kasih Bapa dan Keselamatan sama sekali bukan HARAPAN dan KEYAKINAN kita.. tapi KRISTUS...

pagi2 dah dapat berkat.. thanks God.. and thanks ko hai-hai buat tulisannya

------------------------Jesus Bless U----------------------

Akhung Berithel

Kita tidak bisa selalu memiliki apa yang kita sukai, tapi kita bisa untuk belajar menyukai dan mensyukuri apa yang kita miliki

__________________

Jesus Bless U


Akhung Berithel



Kita tidak bisa selalu memiliki apa yang kita sukai, tapi kita bisa belajar menyukai dan mensyukuri apa yang kita miliki

Huanan's picture

@Hai Hai

Hai Hai : Bila yakin, mudah-mudahan itu keyakinan dari Allah sehingga kita selamat. Bila tidak yakin, MUSTAHIL sembuh. Bila yakin, mudah-mudahan itu keyakinan dari Allah sehingga kita sembuh. Bila yakin selamat namun tidak selamat, itu berarti keyakinan anda bukan dari Allah. Bila yakin sembuh namun tidak sembuh itu berarti keyakinan anda bukan dari Allah.

Koh Hai.. kalau begitu mujizat bisa terjadi apabila adanya keyakinan yang datang dari Allah itu sendiri ? dgn kata lain memang kehendak dari Allah sendiri untuk menyembuhkan orang tsb ?. Jadi kalau orang tsb berdoa dan yakin Tuhan bisa menyembuhkannya. tapi kenyataannya tidak sembuh, berarti itu Keyakinannya sendiri, dan belum adanya Keyakinan dari Allah atau berupa persetujuan atau jawaban dari Tuhan ?

GBU

whoislikegod's picture

Iman Yang Diimani

Hai Hai

Iman yang diimani.. bukankah ini sama dengan seseorang yang memahat sebuah patung dari batu. Dia menciptakan patung dengan seluruh kemampuannya dan setelah patung tersebut jadi sesuai dengan bentuk yang diinginkan sang pemahat lalu sang pemahat menyembahnya. Patung tersebut dijadikannya Tuhan.

Kira-kira seperti itu ya Hai?

Berikut adalah yang ingin kutanyakan lagi:

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. Efesus 2:8-9

Iman atau kepercayaan atau keyakinan manusia tidak punya sumbangsih apapun dalam keselamatan, karena iman atau kepercayaan atau keyakinan manusia tidak memiliki KUASA dan tidak diperhitungkan sama sekali oleh Allah. Namun Iman atau kepercayaan atau keyakinan Kristus dan Roh Kudus BERKUASA.

Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah , yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah. Yohanes 1:13
 

Dari Efesus nampak sekali bahwa memang sumbangsih tidak berperan apapun tapi melihat Yoh 1:13 maka akan nampak suatu sumbangsih. Yaitu: yang menerima-Nya, jadi ada semacam usaha dari manusia supaya bisa masuk menjadi anak-anak Allah dengan menerimanya.Saya tidak mengartikan ini sebagi iman tapi sebagai respon atas kehendak Allah. Menyambung cerita si Unyil Anda maka ketika Anda mendengar permintaan isteri lalu Anda menyediakan pejantan bagi Unyil. Anda memasukkan pejantan di kandang unyil. Unyil melihat tapi kemudian dia menolak dan menyerang pejantan tangguh Anda. Persenggamaan tidak pernah terjadi karena penolakan Unyil. Kira-kira seperti itu pemahamannya. Benar tidak?

Dari blog ini nampaknya sekarang Anda telah membuat bagian penutup, "Iman adalah".

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

hai hai's picture

whoislikegod, DILAHIRKAN KEMBALI

Orang Kristen bukan orang yang MEMAHAMI Injil lalu MEMILIH untuk menjadi pengikut Kristus dan membina dirinya untuk menjadi orang baik. Orang Kristen adalah orang yang dilahirkan kembali dari AIR dan ROH. Orang Kristen adalah orang yang dilahirkan kembali dari Allah Tritunggal. AIR adalah Roh Kudus. Ketika Yohanes Pembaptis membaptis Kristus dengan air, Allah membaptis-Nya dengan AIR (Roh Kudus). Karena Allah membaptis Kristus dengan Air, itu sebabnya selama di dunia Yesus Kristus adalah Air. AIR adalah Kristus dan Roh Kudus. Roh adalah Allah Bapa. Itu sebabnya Yohanes 7:38-39 mengajarkan kepada kita bahwa AIR di dalam Yohanes 3:5 bukan air namun Air (Roh Kudus).

Tuhan Yesus mengajarkan bahwa yang lahir dari daging adalah daging, yang lahir dari Roh adalah roh. Yang lahir dari manusia adalah anak-anak manusia yang lahir dari Allah adalah anak-anak Allah. Samuel Franklyn mengajarkan, domba hanya dilahirkan oleh domba sementara kambing dilahirkan oleh kambing. Domba tidak melahirkan kambing demikian juga sebaliknya. Orang Kristen bukan orang yang mendapat PENCERAHAN lalu BERIMAN. Orang Kristen adalah orang yang dilahirkan kembali dari Air dan Roh. Orang Kristen adalah orang yang dilahirkan kembali dari Allah Tritunggal. Itu sebabnya, lebih lanjut Yesus Kristus mengajarkan hal-hal berikut ini.

whoislikegod, ketika sperma bertemu dengan sel telur, APAKAH anda memberi RESPON sehingga dikandung lalu dilahirkan ke dunia? Hal yang sama juga terjadi Ketika anda dilahirkan kembali dari AIR dan ROH. apakah ayah dan ibu anda perlu RESPON dan PENGAKUAN untuk menjdi ayah dan ibu anda? Bukankah mereka UJUG-UJUG menjadi ayah dan ibu anda dan anda tidak bisa menolaknya?

Mens adalah pertanda anjing betina sedang birahi. Masa suburnya terjadi pada hari ke 9 hingga 13.Puncak kesuburannya adalah hari ke 11. Birahi anjing betina akan memancing birahi anjing jantan. Bibit bobot bebet adalah hal utama dalam dunia binatang. Seekor betina pengecut yang kawin dengan jantan pengecut akan melahirkan anjing-anjing pengecut. Apabila anda memasukkan beberapa ekor anjing jantan ke dalam kandang anjing betina, maka dia akan memilih. Namun bila anda hanya memasukkan seekor anjing jantan maka anjing betina tidak punya pilihan. Ketika anda memasukkan seekor anjing jantan kualitas jelek ke dalam kandang anjing betina yang sedang birahi, betina itu mungkin akan menolak untuk dikawini. Namun ketika dalam kondisi puncak birahi anjing betina itu siap dikawini jantan mana saja.  

Di dalam tulisan berikutnya, saya akan mengupas tuntas Kisah penciptaan manusia dan kejadian di Taman Eden. Saya akan jelaskan bahwa Adam benar-benar MATI ketika dia makan buah terlarang. Saya juga akan menjelaskan apa itu DOSA warisan, di kandung dalam dosa dan apa itu KEJATUHAN total bahkan saya akan membongkar kedok SI ULAR TUA itu. Semuanya sangat gamblang dan sederhana, tidak rumit seperti yang selama ini diajarkan oleh para Teolog.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

whoislikegod's picture

whoislikegod, ketika sperma

whoislikegod, ketika sperma bertemu dengan sel telur, APAKAH anda memberi RESPON sehingga dikandung lalu dilahirkan ke dunia? Hal yang sama juga terjadi Ketika anda dilahirkan kembali dari AIR dan ROH.

Mungkin analogi dengan sperma dan sel telur tidak cocok karena dengan analogi ini menggambarkan bahwa manusia tidak punya pilihan. Mungkin perlu dilihat ayat 11

11 Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya. 12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

Bukankah ada pilihan bagi manusia untuk menolak anugerah atau menerima anugerah ini sobat? Ingat satu hal bahwa saya tidak mengartikan menerima di sini sebagai iman. Menerima=merespon, menerima=bukan iman. Mengapa saya mengartikan begini? Karena:

Ibr 11:1 Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Ayat ini yang membuat saya mengartikan merespon bukan iman karena iman adalah dasar harapan sedang merespon bukan dasar harapan atau harapan. Merespon berarti telah melihat, di depan mata dan tinggal mengulurkan tangan dengan posisi telapak tangan di atas. Menerima. Memang tidak ada sumbangsih karena sumbangsih mengartikan Allah bertindak 50% atau berapa % dan manusia menggenapinya sampai 100%. Tapi dalam hal ini Allah bertindak 100% dan manusia tinggal mengatungkan tangannya.

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

hai hai's picture

whoislikegod, Lahir Dulu Baru Respon

whoislikegod, Ada orang-orang yang tidak menerima-Nya dan ada orang-orang yang menerima-Nya. Pertanyaannya adalah:

Kenapa sebagian orang menerima-Nya dan sebagian yang lain tidak menerima-Nya?
 
Armenianisme dan Fundamentalisme mengajarkan bahwa SEMUA manusia MEMAHAMI Injil. Setelah PAHAM mereka menentukan pilihannya. Ada yang memilih untuk MENERIMA ada yang MEMILIH untuk menolak.

Alkitab mengajarkan bahwa bukan manusia yang memilih namun Allah yang memilih.

Armenianisme dan fundamentalisme mengajarkan. Sebenarnya Allah sama sekali TIDAK memilih namun DIPILIH. Ketika Allah menyatakan bahwa Dia yang memilih, itu karena Dia sudah tahu siapa yang akan memilih-Nya dan siapa yang akan menolak-Nya. Bila ajaran demikian benar, bukankah itu berarti Allah membual karena pada hakekatnya Dia sama sekali tidak memilih sebab yang Dia pilih adalah orang yang memilih-Nya.

Ajaran Armenianisme dan Fundamenalisme demikian bertentangan dengan ajaran Alkitab. Alkitab mengajarkan bahwa orang-orang pilihan Allah itu kemudian DILAHIRKAN kembali oleh AIR dan ROH. Setelah dilahirkan kembali itulah mereka baru memberi RESPON.

Ketika dikandung dan dilahirkan anda tidak MERESPON. SEtelah LAHIR anda baru MERESPON kedua orang tua anda.

Anda dilahirkan dulu dari AIR dan ROH BARU merespon INJIL.
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

whoislikegod's picture

Hai Hai

whoislikegod, Ada orang-orang yang tidak menerima-Nya dan ada orng-orang yang menerima-Nya. Pertanyaannya adalah:

Kenapa sebagian orang menerima-Nya dan sebagian yang lain tidak menerima-Nya?
 
Berarti ini adalah FREE WILL.

1 Tim1:4 yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.

2 Pet 3:9 karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

inilah insiatif Allah seperti yang Anda katakan bahwa Allah memilih manusia bukan manusia yang memilih Allah. Hehehe saya ga paham ajaran Armenianisme dan fundamentalis. Mereka memilih Allah gitu?

Yoh1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; 13 orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah

Inilah proses kelahiran kembali. Yaitu Allah menghendaki/memilih manusia. Manusia yang menerimaNya diberi kuasa menjadi anak-anak Allah. Dengan cara apa? yaitu dengan cara diperanakkan dari Allah atau dilahirkan kembali.

Pertanyaan:

  1. Hai Hai, masalah Armenian dan Fundamentalis itu dalam kehidupan bergereja adalah gereja apa?
  2. Samoyednya punya anak dan dijual?
  3. Melatih unyil/anjing yang sudah dewasa apakah memungkinkan?

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

hai hai's picture

whoislikegod, Armenianisme

whoislikegod, Armenianisme adalah nama yang digunakan oleh para Teolog terutama Teolog Reformed untuk menyebut ajaran Teologi yang menentang ajaran Predestinasi Alkitab. Fundamentalis adalah nama yang digunakan oleh sebagian teolog armenianisme untuk menyebut diri mereka.

Di Indonesia ajaran Armenianisme dimotori oleh Pdt. Suhento Liauw dan anak-anaknya.

Inti dari ajaran mereka adalah: Allah menawarkan keselamatan dan manusia BERDAULAT untuk menerima atau menolaknya. Allah BERKUASA menyelamatkan namun manusialah yang BERDAULAT untuk menyelamatkan.  
Anjing Samoyed relatif langka di Indonesia. Mungkin karena cuacanya kurang cocok maka sedikit sekali yang berhasil membiakkan samoyed. Ketika dijual oleh adik saya, Erika belum punya keturunan. Menurut saya sebelum memelihara Samoyed, cobalah untuk memelihara pomeriam dulu untuk merasakan betapa sulitnya mengurus bulu-bulu mereka.

Anjing dewasa tetap bisa dilatih. Tidak ada batas umur bagi anjing untuk dilatih. Menurut saya, justru lebih mudah melatih anjing dewasa dari pada anak anjing.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

@huanan, Itu Ajaran Kristen Doang

Hai Hai : Bila yakin, mudah-mudahan itu keyakinan dari Allah sehingga kita selamat. Bila tidak yakin, MUSTAHIL sembuh. Bila yakin, mudah-mudahan itu keyakinan dari Allah sehingga kita sembuh. Bila yakin selamat namun tidak selamat, itu berarti keyakinan anda bukan dari Allah. Bila yakin sembuh namun tidak sembuh itu berarti keyakinan anda bukan dari Allah.

Huanan, ajaran di atas adalah ajaran penganut Kristen Doang, bukan ajaran Alkitab. Ajaran Alkitab adalah kita hanya bisa BERDOA dan BERHARAP dalam PASRAH seperti Tuhan Yesus ketika berdoa di Taman Getsemani.

Hidup manusia adalah SATU KESATUAN yang saling kait mengait, BUKAN episode demi episode. Ada sebuah kisah yang pernah saya baca. Dalam sebuah KKR, seorang pemuda Eropah memutuskan untuk menjadi penginjil di Afrika. Pulang KKR dia mendapat kecelakaan sehingga salah satu kakinya harus diamputasi. NAAS sekali! apakah dia harus minta agar Allah menumbuhkan kakinya kembali? Ha ha ha ha .. Saya sering bertanya kepada para Kriten wayangisme, "Berani mendoakan orang yang kakinya putus agar tumbuh kembali?"

Pemuda itu patah hati karena apa yang dialaminya. Mau pergi menginjil kenapa kakinya jsutru diamputasi? Setelah pulih dari goncangan pemuda itu menggunakan kaki palsu dan mewujudkan tekadnya untuk pergi menginjil ke Afrika. Di Afrika, dia ingin menginjili suku-suku terasing. Dia ditangkap untuk dibunuh dan di makan. Orang-orang Afrika itu terheran-heran ketika kaki palsunya lepas. Mereka heeran karena menyangka kaki itu putus tanpa mengeluarkan darah. Dan mereka ketakutan ketika penginjil muda itu menyambung kakinya kembali dengan mudah.

Huanan, Apakah kehilangan kaki itu adalah NAAS atau BERKAT?

Huanan, mungkin tulisan ini dapat menjadi bahan pemikiran. Untuk membcanya silahkan klik di sini.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

kardi's picture

@hai-hai ,tulisan ini saya akan print, boleh kan ?

@hai-hai,tulisan ini akan saya print untuk kalangan sendiri, karena saya tunggu2 tulisan seperti ini.Membuat saya yakin bahwa iman saya kepada Kristus bukan karena keyakinan saya tapi anugrah Allah semata, Allah yang sudah menetapkan sebelumnya bahwa saya ada dalam kasihNya setelah saya lahir kembali dalam Roh dan kebenaran. Selamat berkarya terus.

hai hai's picture

@Kardi, Silahkan Print

Saadara kardi, semua tulisan saya boleh diprint dan disebar luaskan dengan satu syarat. Cantumkan bahwa tulisan itu berasal dari Komunitas Blogger Kristen SABDASpace.

Mari kita bahu membahu untuk berkarya sampai Maranatha.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mama nia's picture

Ko Hai Hai : Iman sebesar biji sesawi

Syalom Ko Hai Hai,

Kemudian murid-murid Yesus datang dan ketika mereka sendirian dengan Dia, bertanyalah mereka : "Mengapa kami tidak dapat mengusir setan itu?"  Ia berkata kepada mereka : "Karena kamu kurang percaya. Sebab aku berkata kepadamu : Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini : Pindahlah dari tempat ini ke sana, maka gunung itu akan pindah dan takkan ada yang mustahil bagimu".  ( Matius 17:19-20)

Lalu kata rasul-rasul itu kepada Tuhan : "Tambahkanlah iman kami!"  (Luk :17:5)

Hai Hai said :

Iman atau kepercayaan atau keyakinan manusia tidak punya sumbangsih apapun dalam keselamatan, karena iman atau kepercayaan atau keyakinan manusia tidak memiliki KUASA dan tidak diperhitungkan sama sekali oleh Allah.

Tanya Ko :

Kita tahu Iman manusia tdk memiliki kuasa dan tdk diperhitungkan sama sekali oleh Allah. Kalo begitu Ko, bagaimana memahami kata-kata Tuhan Yesus di Mat 17 : 19-20 & Luk 17 : 5 ? Apa artinya :

- karena kamu kurang percaya

- mempunyai iman sebesar biji sesawi

- takkan ada yang mustahil bagimu

- tambahkanlah iman kami!

Segitu dulu Ko..

Thanks.




 

hai hai's picture

Mama Nia, Iman Sebesar Ini

Mama nia, saya sudah menduga bahwa anda pasti akan bertanya tentang iman sebesar sesawi, itu sebabnya saya memotong tulisan saya tentang hal tersebut.Ha ha ha ha ... Ternyata dugaan saya benar. Anda langsung menyambar seperti elang.

katanya: "Tuhan, kasihanilah anakku. Ia sakit ayan dan sangat menderita. Ia sering jatuh ke dalam api dan juga sering ke dalam air.  Matius 17:15

Aku sudah membawanya kepada murid-murid-Mu, tetapi mereka tidak dapat menyembuhkannya." Matius 17:16

Maka kata Yesus: "Hai kamu angkatan yang tidak percaya dan yang sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu? Berapa lama lagi Aku harus sabar terhadap kamu? Bawalah anak itu ke mari!" Matius 17:17


Dengan keras Yesus menegor dia, lalu keluarlah setan itu dari padanya dan anak itupun sembuh seketika itu juga. Matius 17:18


Kemudian murid-murid Yesus datang dan ketika mereka sendirian dengan Dia, bertanyalah mereka: "Mengapa kami tidak dapat mengusir setan itu?" Matius 17:19

Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, --maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu. Matius 17:20

Coba anda baca ayat-ayat tersebut di atas dengan teliti sekali lagi. Apa yang diderita oleh anak itu? Penyakit AYAN. Penyakit ayan adalah penyakit OTAK, bukan kerasukan SETAN. Coba perhatikan Matius 17:15, untuk meyakinkan bahwa itu memang penyakit ayan, matius mencatat secara lengkap gejala atau simptom penyakit ayan dengan akurat sesuai dengan cerita bapak anak itu.

Siapakah Yesus? Anak Allah yang mahatinggi. Perampok dan pencuri tidak masuk melalui pintu. Yang tidak masuk melalui pintu pasti mati. Yang masuk melalui pintu adalah orang upahan. Orang upahan mengenali Tuannya, Gembala sejati. Apa yang dilakukan oleh roh-roh jahat ketika melihat TUANNYA? Mereka tersungkur MENYEMBAHNYA. Sang Alfa dihormati karena prilaku-Nya yang konsisten. Sang Alfa yang tidak menegakkan sistem kasta alam semesta tidak akan dihormati.  Apabila ada roh jahat yang tidak menghormati-Nya sebagai Anak Allah yang mahatinggi, apa yang akan dilakukan Yesus kepadanya? Hanya ada satu roh yang tidak tersungkur menyembah Yesus bahkan dengan pongah minta Yesus menyembahnya. Dialah Iblis si ULAR tua itu. Tidak lama lagi kita akan segera membongkar KEDOKNYA.

Mama nia, coba baca kembali Matius 17:18. Siapakah "DIA" yang ditegor dengan keras oleh Yesus? Yang ditegor oleh Yesus adalah "yang SETAN lalu keluar dari PADANYA". Ha ha ha ha … Lucu bukan? Bila anda MENGUSIR sesuatu yang tidak ada, lalu siapa yang akan TERUSIR? Selamat senyum-senyum simpul nona!

Nona, coba sekarang anda baca Matius 17:20 dengan teliti. Saya sudah memeriksanya, terjemahan ayat tersebut sangat akurat. Apa kekurangan para murid tersebut? PERCAYA atau IMAN. Apa yang mereka butuhkan? IMAN sebesar biji sesawi. Menurut para ilmuwan, biji sesawi adalah benih yang paling kecil di antara semua tumbuhan di Israel saat itu, Yesus pernah mengajarkan tentang bisi sesawi dan pohon sesawi sebelumnya. Sekarang giliran anda untuk berpetualang.

Kenapa Yesus Kristus KESAL dengan para murid-Nya?

Mulailah dengan klik di sini lalu mulailah dengan mempelajari daftar perikop-perikop dalam kitab Matius. Ketika menemukan perikop yang menarik, silahkan menelusurinya. Saya yakin anda akan menemukan IMAN sebesar biji sesawi yang bisa memindahkan gunung itu.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

smile's picture

Ko Hai, bagaimana memilih satu dari sekian banyak ajaran???

Itulah INTI ajaran KRISTEN DOANG. Apabila ajaran demikian benar, maka pada hari penghakiman, Anak Manusia akan berkata kepada sebagian besar manusia, "Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa KASIH. Walaupun Allah Bapa telah MENETAPKAN dan MENGARUNIAKAN kalian kepada-Ku namun SAYANG tidak ada seorang Kristen pun yang memberitakan Injil kepada kalian. Dengan berat hati, saya harus berkata, silahkan MASUK neraka JAHANAM!"

Ko Hai, saya yang dibold ini siapa?

 

Anak Manusia memang BERKUASA menyelamatkan namun PENGINJILLAH yang BERDAULAT menyelamatkan!

BENAR-BENAR MENGENASKAN! Namun, itulah teologi Kristen Doang. Walaupun mengagul-agulkannya sebagai ajaran Alkitab tentu saja itu bukan ajaran Alkitab sebab ajaran demikian bertentangan dengan ajaran Alkitab. Alkitab mengajarkan bahwa Anak Manusia BERKUASA dan BERDAULAT menyelamatkan! Ada yang diselamatkan dan menikmati ROTI seumur hidupnya ada yang diselamatkan walau hanya memakan REMAH-REMAH seumur hidupnya. Ada yang diselamatkan dan mengenal GEMBALANYA ada yang diselamatkan walau hanya mengenal TERANG. Namun, keduanya diselamatkan KARENA sejak permulaan dunia sudah DITETAPKAN untuk SELAMAT oleh Allah. 

Memberitakan Injil bukan MEMPERSEMBAHKAN jiwa bagi Kristus karena manusia tidak memiliki KUASA untuk mempersembahkan jiwa kepada Kristus. Semua jiwa itu SUDAH diberikan kepada Kristus oleh Allah Bapa dan tidak ada SATU kuasapun yang mampu merebutnya dari Kristus. Setiap manusia HANYA mampu mempersembahkan SATU jiwa bagi Kristus yaitu jiwanya SENDIRI. Kita berkuasa mempersembahkan jiwa kita kepada Kristus karena Dia memberikan jiwa itu kepada kita setelah menyelamatkannya. Memberitakan Injil bukan MENYELAMATKAN jiwa namun MEMBAGI-BAGI ROTI dan AIR HIDUP kepada jiwa-jiwa yang telah DISELAMATKAN Kristus. Membawa jiwa-jiwa kepada Kristus bukan untuk diselamatkan karena mereka TELAH diselamatkan namun agar mereka dapat mendengarkan SUARA gembala dan menikmati ROTI dan AIR seumur hidupnya.

Setelah apa yang anda tulis,menurut anda, harus bagaimanakah MENJADI SEORANG KRISTEN?

ANDA juga orang Kristen, yang gerejanya di gerja Kristen Indonesia GKI?

Saya bertanya tulus... apakah yang anda harapkan menjadi orang kristen?

Siapakah yang anda sembah? Allah Trinitas, atau Allah saja, atau Yesus Kristus?

Dan sebagai pertanyaan terakhir, bagaimana seharusnya mengerti akan beraneka ragamnya ajaran KRISTIANI?

Mana yang seharusnya kita peluk? mana yang seharusnya kita ikuti? mana yang seharusnya kita jalani?

Apakah Yesus bukan segala galanya?

Terimakasih Ko Hai untuk waktunya. Saya berharap anda bisa menjawab dengan penuh kasih dan seperti biasanya, anda orang yang murah berbagi pengetahuan, jadi saya sangat mengharapkan jawaban dari anda, sehingga saya bisa tahu pemikiran anda. Karena seseorang itu pastilah ingin mencari yang terbaik dalam hidupnya. dengan segala cara agar tidak menjadi sesat dan menyesatkan, bisa menjadi berkat buat orang lain, dan bisa hidup dalam Rencana dan jalan dari Tuhan,

 

smile Ö and smileÖ, coz The WoRLd WiLL Be BeauTifuL WiTH OuR smile

 

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

hai hai's picture

@Smile, Anak Manusia-mu VS Anak Allah-mu

Smile, "saya" dalam kalimat tersebut adalah Anak Manusia alias Yesus Kristus. Dia tidak menggunakan huruf besar karena walaupun BERKUASA menyelamatkan namun TIDAK berdaulat menyelamatkan. Anda cukup teliti memperhatikan hal demikian.

Smile, orang Kristen DILAHIRKAN, bukan DILATIH. Orang Kristen BERTUMBUH menjadi dewasa, bukan BERLATIH menjadi SUCI. Orang Kristen MENGHIDUPI dua hidup yaitu Hidup ANAK MANUSIA dan hidup ANAK ALLAH. Sebagai anak Allah orang Kristen dipimpin Roh Kudus sementara sebagai anak manusia dia dikuasai NAFSU DAGING atau KEINGINANNYA. Anak Allah TUMBUH semakin BESAR sementara anak manusia TIDAK pernah MENGECIL.Keduanya terbelenggu dalam satu tubuh.

Waktu muda anak manusia SEMANGAT sekali untuk beranak cucu. Namun anak Allah harus mengendalikannya. Beranakcucu sich beranak cucu namun lakukanlah itu dalam persekutuan suci. Waktu dewasa anak manusia GETOL sekali untuk menaklukkan dunia. Sementara itu semangat beranak cucunya sama sekali tidak melemah. Anak Allah harus mengendalikan. Menaklukkan dunia bukan menghancurkannya. Setelah tua anak manusia Menjadi sombong karena menyangka dirinya adalah penguasa dunia. tubuh membatasi kemampuan beranak cucu dan kemampuan menaklukkan dunia, namun semangatnya sama sekali tidak melemah.Anak Allah harus mengendalikannya. Penguasa dunia harus MENGAYOMI bukan DISEMBAH. Hanya Allah yang boleh disembah.

Ketika muda jangan biarkan diri dikendalikan nafsu BIRAHI, setelah dewasa jangan biarkan diri dikendalikan nafsu BERPERANG setelah tua jangan biarkan diri dikendalikan nafsu BERKUASA apalagi ingin menjadi TUHAN. Yang dikuasai nafsu birahi namun tidak punya nyali tidak menyalurkannya pada lawan jenis. Yang dikuasai nafsu berperang namun MALAS menjadi orang PENDENGKI. Yang dikuasai nafsu berkuasa namun tidak berkuasa akan menjadi MR. ANDAI KATA dan PICIK. Sahabat mudaku, hanya itulah yang dapat kuberitahukan kepadamu. Hadapilah semuanya, tidak perlu jadi pemenang, asal dapat bertahan hingga akhir pertarungan, itu sudah menjadikan anda petarung sejati.

Yesus adalah segalanya karena Dialah yang menciptakan segalanya. Namun yang menjadi masalah adalah Dia ingin kita TUMBUH menjadi segalanya. Untuk tumbuh menjdi segalanya kita tidak bisa melakukannya dengan berteriak-teriak bahwa Yesus adalah segalanya dan memohon dia melakukan semuanya. Kita harus melakukan semuanya. Menaklukkan ALAM dan BERKUASA atas segala binatang. Semuanya itu harus dimulai dengan menaklukkan diri sendiri dan berkuasa atas diri sendiri. Itulah Dao Tianzi, jalan suci anak Allah.

Dalam generasi ini ada banyak ajaran, kita menyebutnya aliran Teologia, berpeganglah pada salah satunya. Dalam generasi ini ada berbagai gereja, bergabunglah dengan salah satunya. Hal demikian akan memberi anda TITIK permulaan untuk melangkah. Melangkahlah tanpa keraguan. Alkitab adalah PANDU bagi anak manusia anda sementara Roh Kudus adalah PANDU bagi anak Allah anda. Yang harus kita lakukan adalah MENGIKUTI pandu dan PANDU itu dengan PASRAH namun bukan menyerah apalagi membabibuta.Pandu palsu namanya ajaran SESAT. PANDU palsu namanya KEINGINAN. Buka mata, buka telinga, terutama bukalah JIWA dan WASPADALAH. Anak manusia-mu akan berusaha menaklukkan anak Allah-mu, namun anak manusia-mu TIDAK pernah berkuasa atas anak Allah-mu.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

smile's picture

Ko Hai : Yesus adalah segalanya...

Ko Hai...terimakasih banyak...sekarang saya mengerti...dan saya menghargai semua yang anda terangkan, karena saya merasakan ketulusan anda, sehingga saya pun bisa menerimanya, tidak hanya dengan otak dan pikiran saya, namun dengan sukacita yang luar biasa...

Banyak orang yang tidak mengerti anda, karena jalan pemikiran anda...tapi saya sekarang mengerti, kalau anda adalah seorang pengajar yang baik...dan saya hanya merasa...kalau anda ingin berkata kepada dunia,...bahwa jangan hanya bersifat egois, dengan mengatakan siapa paling benar, dan apa yang paling benar, tapi Tuhan meng-ingin-kan lebih dari apa yang cuma bisa kita ributkan...dan saya juga tahu, kalau anda menganggap Yesus juga segalanya buat hidup anda, dan hidup semua manusia... yang sebagai Alfa dan Omega juga...yang ada sebelum dunia diciptakan...

Terimakasih, sahabatku... Tuhan memberkati anda..sekeluarga

 

smile Ö and smileÖ, coz The WoRLd WiLL Be BeauTifuL WiTH OuR smile

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

hai hai's picture

@Smile, Kristen Sejati

Saudara Smile, terima kasih atas pujiannya. Saya senang anda memahami saya, saya senang sekali karena anda memahami apa yang coba sampaikan.

Sola scriptura, sola fide, sola gratia, solus Christus, soli Deo gloria, itulah jalan hidup Kristen sejati.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

penyesat_api's picture

hahaha....

Handai taulan sekalian, keinginan agar keinginan kita terwujud namanya HARAPAN. Keyakinan bahwa keinginan kita pasti terwujud namanya NGOTOT. Kayakinan bahwa Tuhan pasti mewujudkan keinginan kita namanya GOBLOK.

Hahaha...suka banget penutupnya...KEREEEN....

Pukulan penutup yang menghantam telak, kayak uppercut gitu...

mama nia's picture

Ko Hai Hai : Iman sebesar ini

Syalom Ko Hai Hai,

Berdasarkan petunjuk anda akhirnya saya menemukan Iman sebesar biji sesawi yg bs memindahkan gunung itu. Saya menemukannya di Matius 8 : 5-13. Saya kutip ayatnya :

Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya : "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel"  Matius 8 :10.

Ko, apakah yg saya temukan ini udah benar? Kata-kata seperti KURANG percaya, TAMBAHKAN iman kami, iman SEBESAR biji sesawi, itu menunjukkan apa Ko? Apakah itu menunjukkan iman punya UKURAN?

Ko,setelah anda menunjukkan bhw penyakit ayan itu penyakit otak (tadinya saya gak kepikiran sampai segitu), shg sekarang saya tahu bhw anak muda tsb tidak kerasukan setan, jadinya ya terasa lucu kalo Yesus mengusir sesuatu yg tidak ada,siapa yg ditegor dgn keras?siapa yg terusir? Saya gak tahu jawaban yg pasti,yg bs saya perkirakan adalah yg terusir itu PENYAKIT anak muda tsb. Jadi 'SETAN' yg keluar daripadanya adalah PENYAKIT yg tadinya membuat anak muda itu sakit. Saya jg jadi bertanya-tanya kenapa ya kisah Yesus menyembuhkan anak muda yg sakit ayan itu di CATAT seperti itu? Tolong pencerahannya Ko..

Sementara segini dulu Ko....

Thanks.

 

bintang seven's picture

mama nia iman sebesar biji sesawi...

mama nia syalom, pertanyaan anda ttg ayat iman sebesar biji sesawi saya juga mikir....duh mumet ya iman kok ada ukurannya...menurut gw sebagai manusia ukuran iman tuh satu skala...yaitu berat spt salib.....jika dirunut ini menurut gw ya ayatnya: jika engkau punya iman sebesar biji sesawi engkau dapat memindahkan gunung...jika gw waras dapatkah gw pindahin gunung? tapi klo Allah yg melakukannya gw yakin pasti bisa! iman adalah sesuatu yg berat dlm pandangan manusia yg diberi dan dikerjakan Allah utk menarik kita pada kristus oleh Roh Kudus krn kehendak Bapa...musa menolak disebut anak firaun waktu dia sudah dibesarkan keluarga firaun...berat bukan? bgmna klo raja firaun murka pada musa saat itu? musa tak punya pilihan lain krn iman yg terus mendorongnya....dan memberinya surga yg lebih indah dari kerajaan firaun....

saat Yesus mengatakan tentara itu mpy iman yg tak pernah dilihatnya pada orang israel...IA menyinggung kaum yg akan menolakNYA yaitu israel bhw bangsa2 lain juga akan diselamatkan krn iman....dari luar dapat kita lihat bhw merka mengerjakan taurat dg kekuatan mereka sendiri...perpuluhan yg ketat, puasa. berpuluh2 larangan yg tak ada lain menyiksa diri...jika ini pekerjaan roh kudus percayakah anda?apakah pekerjaan roh kudus menghasilkan penyiksaan bukan kemerdekaaan? itulah mengapa dikatakan bgs2 yg tak mengejar tapi mendapat (roma) krn iman betul2 anugerah Allah tapi terasa berat seperti salib krn kita mengerjakan pekerjaan Allah di dalam kuat kuasa Roh kudus jadi iman tak mungkin gagal...pertanyaannya apakah seseorang bisa tau ia beriman?

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

mama nia's picture

@ bintang seven : berat..

Syalom bintang seven,

Berhubung saya juga msh belajar soal Iman jd saya blm bisa berdiskusi dgn anda,pemahaman saya msh ngaco nih...

Hanya ada bbrp pertanyaan yg muncul dari komentar anda di atas :

- apa hubungan Iman dan Ketaatan ?

- mengapa Iman = berat spt salib ? Apakah yg anda maksud itu adalah ketika seseorang TAAT melakukan kehendak Allah dlm dirinya dia juga harus mengendalikan KEINGINAN DAGING nya shg terasa berat? Atau maksud anda gak seperti itu?

Saya juga mash bingung nih...he he

 

 

hai hai's picture

@Mama nia, Iman Sebesar Biji Sesawi

  1. Menyembuhkan orang bisu karena dirasuk setan Matius 9:32-34
  2. Menyembuhkan orang buta dan bisu karena kerasukan setan Matius 12:22, Lukas 11:14
  3. Menyembuhkan orang sakit ayan karena dirasuk setan Matius 17:14-25, Markus 9:14-29, Lukas 9:37-42
  4. Menyembuhkan wanita bungkuk yang 18 tahun dirasuk roh jahat, Lukas 13:10-17
  5. Menyembuhkan anak perempuan Kanaan yang dirasuk  setan Matius 15:21-28, Markus 7:24-30
  1. Mengusir roh jahat di sinagoge, Markus 1:21-28, Lukas 4:33-37
  2. Mengusir Legion di Gerasa, Matius 8:28-34, Markus 5:1-20, Lukas 8:26-37

Mama nia, bila tertarik silahkan pelajari kisah-kisah tersebut di atas yang selama ini diajarkan oleh para pengkotbah sebagai mujizat pengusiran setan atau roh jahat oleh Kristus. Saya sudah mengelompokkannya jadi anda tinggal menemukan mutiaranya saja.

Seperti dalam generasi ini, pada saat Yesus di dunia pun banyak orang yang menyangka penyakit-penyakit disebabkan oleh roh-roh jahat.  Apabila anda mempelajari kisah-kisah tersebut dengan baik maka anda akan tahu mana yang karasukan roh jahat sejati dan mana roh jahat kambing hitam.

Tentang Iman, nampaknya anda harus membaca blog saya sekali lagi karena menurut saya anda belum memahaminya dengan lengkap agar anda dapat menemukan SIAPA iman sebesar biji sesawi itu.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

bintang seven's picture

iman dan 2 mata elang

manusia normal dikaruniai 2 mata....dan dengan 2 mata ini (sisi manusia dan Allah).... kita melihat dg jelas...begitu juga alkitab....kedaulatan Allah dengan mengeyampingkan tanggungjawab manusia adalah penyiksaan...takdir dan nasib tanpa usaha manusia adalah tidak masuk akal....iman tanpa perbuatan adalah mati....jika salah satu mata ini dimatikan maka akan sulit sekali melihatnya...

iman yg dijelaskan hai terlalu dalam menohok sisi Allah sehingga kita sulit mengerti apa yg harus kita lakukan....dibanding penjelasan salah satu pendeta karismatik yg pernah saya dengar....ia mengatakan begini: "mintalah dengan detail pada Tuhan katakan Tuhan dlm 1 tahun saya ingin punya mobil merk bmw berwarna silver dg stereo dan interior italy...jika anda menemukan mobil itu sedang parkir sentuh dg tangan anda dan katakan dg iman dalam 1 tahun engkau jadi milikku dlm nama Yesus aku berdoa amin" iman itu enak bukan? bullshit! sisi inipun mengabaikan mata Allah! krn Allaha tak mengatakannya tapi mereka melakukannya...

dari dalam dan dari luar...dari Allah dan untuk manusia...anugerah Allah dan rasa syukur manusia...iman sebenarnya adalah nothing from man....krn iman everything from god....IA yg memberi IA yg mengerjakan dan semuanya untuk DIA....iman selalu berpusat pada Kristus....iman selalu menarik kita kembali pada Kristus...lalu apakah gunanya meminta bmw dll???? dimana kristusnya???

dari dalam Allah menganugerahkan iman tapi dari luar kita manusia melihat suatu beban yg berat...

0)musa menolak disebut anak Firaun ketika besar....pertanyaan kita bagaimana kalau firaun murka?berat! spt salib....tapi dari dalam iman yg telah diwahyukan pada musa membuatnya terus berjalan karena ia lebih suka menderita sengsara  dengan umat Allah dari pada untuk sementara menikmati kesenangan dari dosa Ia menganggap penghinaan karena Kristus  sebagai kekayaan yang lebih besar dari pada semua harta Mesir, sebab pandangannya ia arahkan kepada upah.

0) Karena iman maka runtuhlah tembok-tembok Yerikho, setelah kota itu dikelilingi tujuh hari  lamanya. klo saya ada waktu itu bukankah saya akan mikir bagaimana klo tembok itu tidak rubuh? bgmna klo sebelum 7 hari saya dipukulin ama raksasa2 tanah kanaan? berat spt salib....tapi anehnya mereka spt tak punya pilihan lain selain mengelilinginya mengapa krn dari dalam Roh Kudus yg maju memberi keberanian, hikmat dan kekuatan....

0) Karena iman maka Rahab, perempuan sundal itu, tidak turut binasa bersama-sama dengan orang-orang durhaka, i  karena ia telah menyambut pengintai-pengintai itu dengan baik.....berat bagi rahab apa urusannya membantu pengintai negeri bukankah ia tak mendapat uang dari tamunya sebagai pelacur...lalu kenapa musti capek? krn iman yg dikerjakan Roh Kudus...

iman itu sebenarnya dekat dg kita...mengapa penjudi tak berhenti main judi? pemabok tak berhenti? orang kejam tetap kejam? orang penipu menikmati hidupnya? si sombong tak mau merendahkan hatinya? mereka ingin berhenti tapi tetap dlm keadaannya semula....dari dalam karena Roh Kudus belum mengerjakannya tapi dari luar karena mereka tak spt musa yg mau dihina, yosua yg mengelilingi tembok yeriko, rahab yg berani mempertaruhkan nyawanya...mengapa mereka tak melakukan pertobatan itu? krn berat spt salib bukankah iman spt salib = kristus= pekerjaan Roh Kudus = anugerah Bapa?

sulit tanpa 2 mata...

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

Iman = IMAM = Kristus = Roh Kudus

Musa adalah orang Yahudi yang dibesarkan sebagai pangeran Mesir. Suatu hari dia tergerak untuk membela seorang Yahudi yang dianiaya orang Mesir dengan membunuh orang mesir itu. Ketika takut mati karena kejahatannya membunuh orang Mesir, Musa kabur. Musa meninggalkan istana karena takut mati, bukan karena Tuhan.

Ketika mengelilingi kota Yerikho bangsa Israel tidak tahu apa yang akan terjadi. Mereka hanya mengelilingginya. Mengelilingi kota Yeriko jauh lebih baik dari pada menyerangnya. Mengelilingi hanya mendatangkan cape, menyerangnya bisa mendatangkan maut.

Iman = IMAM = Kristus = Roh Kudus

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mama nia's picture

Ko Hai Hai : terjebak...

Ko Hai Hai,

Walaupun saya udah tahu dan anda juga udah mengingatkan bahwa :

Perampok dan pencuri tidak masuk melalui pintu. Yang tidak masuk melalui pintu pasti mati. Yang masuk melalui pintu adalah orang upahan. Orang upahan mengenali Tuannya, Gembala sejati. Apa yang dilakukan oleh roh-roh jahat ketika melihat TUANNYA? Mereka tersungkur MENYEMBAHNYA. Sang Alfa dihormati karena prilaku-Nya yang konsisten.

Tapi ketika saya membaca kisah2 ttg berbagai penyakit yang Yesus sembuhkan, saya terjebak dgn kata-kata 'setan' dan 'kerasukan setan'....he he..sekarang saya udah bisa membedakan mana roh jahat sejati dan mana roh jahat kambing hitam...ternyata generasi2 yg hidup di jaman Yesus jg byk yg menyangka penyakit2 disebabkan oleh roh2 jahat, tidak terkecuali murid2 Yesus jg, itulah sebabnya Yesus kesal dengan murid2-Nya. Saya jadi ngerti sekarang kenapa sampai murid2 Yesus bertanya : "mengapa kami tidak dapat mengusir setan itu?" padahal gak ada setan di situ.

Tentang Iman, kayaknya saya juga mulai terjebak dengan kata-kata yg tertulis di Alkitab. Setelah saya pelajari ulang blog anda,saya coba paparkan pemahaman saya ttg Iman :

- Perumpamaan ttg penabur :

tanah yg baik = tanah (tanpa kuasa,kehendak & akal budi) + Roh Kudus

IMANMU          = tanah (tanpa kuasa,tdk diperhitungkan) + Kehendak Bapa (KetigaNya yg Esa)

Imam Besar Agung = Kristus

Iman = Imam = Kristus

biji sesawi      = Benih = Firman = Kristus

Iman sebesar biji sesawi = tanah (tanpa kuasa,tdk diperhitungkan) + Iman Kristus

- Karena Iman = ketigaNya yg Esa maka tidak ada ukuran Iman, yang ada adalah manusia yg beriman dan manusia yg tdk beriman. Ini jg berarti bhw tdk ada yg disebut Iman kalo tdk ada perbuatannya. Kalo ada Iman pasti ada perbuatan (bukti) karena Kehendak Bapa pasti terwujud. Kalo ada iman tanpa perbuatan berarti sama dgn tidak beriman.

- Antara Iman manusia dan Mujizat tdk ada hubungan. Tembok Yerikho runtuh (mujizat terjadi) bukan karena bangsa Israel berjalan mengelilinginya tapi itu karena kehendak Allah (rencana Allah).Bangsa Israel TAAT tp tdk ada Iman manusia di dalamnya. Mujizat tetap terjadi walaupun bangsa israel tdk TAAT.

Ko,segitu pemahaman saya,mohon di koreksi ya Ko...

Ko, Allah Bapa MENETAPKAN, Yesus Kristus MEWUJUDKAN, Roh Kudus MENOPANG (MEMELIHARA). Ketika Yesus Kristus Mewujudkan (apa yg sudah Ditetapkan Allah Bapa utk diwujudkan dlm diri manusia), gimana posisi Yesus sebagai Imam Besar Agung? Apa artinya berdoa dalam nama Yesus? Tlg dijelaskan ya Ko...

Thanks...

 

alvazez's picture

@mamania

Salam kenal dear mamania, aq kurang setuju dengan :
- Antara Iman manusia dan Mujizat tdk ada hubungan. Tembok Yerikho runtuh (mujizat terjadi) bukan karena bangsa Israel berjalan mengelilinginya tapi itu karena kehendak Allah (rencana Allah).Bangsa Israel TAAT tp tdk ada Iman manusia di dalamnya. Mujizat tetap terjadi walaupun bangsa israel tdk TAAT.
Menurut aq, tembok yeriko runtuh karena bangsa israel mengelilinginya sehingga fondasinya bergetar dan roboh, kalo ngga ngapain mereka disuruh Tuhan berkeliling 7 hari ? kan bisa aja langsung dirobohin sama Tuhan, jadi tetap harus ada campur tangan israel.
Laut terbelah menjadi 2 karena bangsa israel mau lewat, kalo nggak mungkin ya tenang2 aja lautnya.
Misalnya ada orang bebal, tanpa adanya usaha TIDAK MUNGKIN TIBA-TIBA MENJADI BIJAKSANA.
Orang yg tidak tahu malu pun sama, tanpa ditumbuhkan rasa malunya, TIDAK MUNGKIN TIBA-TIBA JADI TAHU MALU.
Orang bodoh, TANPA MAU BELAJAR TETAPLAH BODOH.
Mungkin ini yang dimaksud ORA ET LABORA dan menyerahkan hasilnya pada BAPA.
Jadi tetap berdoa dalam nama Yesus, bekerja dan hasilnya may be yes may be no, kayak si unyil yg lagi horny berharap hihihi...
 

GBU ALL

mama nia's picture

@Alvazez : Taat dan Mujizat

Syalom Alvazez,

Orang bodoh bila ingin menjadi orang pintar harus belajar dgn tekun (usaha). Ketika berhasil menjadi orang pintar, itu adalah hasil dari ketekunannya dlm belajar. Itu bukan Mujizat, karena siapapun yg mau belajar dgn tekun pasti bisa menjadi orang pintar.

Tembok Yerikho runtuh = Mujizat

Bangsa Israel mengelilingi tembok (kota) Yerikho selama 7 hari = TAAT

Pertanyaannya : apakah ketaatan manusia mempunyai andil terjadinya mujizat?

Menurut aq, tembok yeriko runtuh karena bangsa israel mengelilinginya sehingga fondasinya bergetar dan roboh

Alkitab tidak menjelaskan apa penyebab runtuhnya tembok Yerikho jadi saya juga gak tahu. Anda berlogika bhw penyebabnya karena bangsa Israel mengelilinginya shg fondasinya bergetar dan roboh.Kalo menurut saya, dibutuhkan getaran yg cukup kuat (misalnya gempa bumi) utk bs merobohkan tembok, apakah dgn manusia berjalan mengelilingi bs membuat tanah bergetar? Menurut saya itu gak mungkin !!

kalo ngga ngapain mereka disuruh Tuhan berkeliling 7 hari ? kan bisa aja langsung dirobohin sama Tuhan, jadi tetap harus ada campur tangan israel.

Saya jg gak tahu kenapa Tuhan mengharuskan bangsa Israel mengelilingi selama 7 hari. Kalo mau coba2 cari jawabannya, maka menurut pendapat saya pribadi (blm tentu benar) mungkin aja itu cara Tuhan mempersiapkan mental dan semangat para prajurit Israel selama 7 hari sebelum mereka maju merebut kota Yerikho. Ketika tiba waktunya Tuhan meruntuhkan tembok Yerikho, bangsa Israel sudah benar2 siap merebut kota Yerikho. Sekali lg ini cuma perkiraan saya pribadi.

Menurut saya,KETAATAN bangsa Israel mengelilingi tembok Yerikho bukan penyebab ( tdk memberi andil apapun) terhadap terjadinya Mujizat tembok Yerikho runtuh. Mujizat terjadi atas kehendak Allah. Jika manusia tdk taat pasti kena hukum tapi tdk mempengaruhi terjadinya Mujizat. Manusia Taat atau Tdk Taat, Mujizat tetap terjadi. Untuk lbh jelasnya anda coba baca Bilangan 20 : 2-13. Sekalipun Musa tidak Taat (memukul bukit batu 2 kali) namun air tetap keluar (Mujizat tetap terjadi). Akibat ketidaktaatan Musa, Musa tdk diperkenankan masuk ke negeri yg dijanjikan Tuhan. Jadi KETAATAN dan MUJIZAT adalah 2 hal yg berbeda.

Thanks..

alvazez's picture

@mamania

shalom mamania

Mamania :

Anda berlogika bhw penyebabnya karena bangsa Israel mengelilinginya shg fondasinya bergetar dan roboh.

alvazez :

Iya kok aku cuman kira2 he.he.he. sambil iseng ngisi waktu. Misterinya emang banyak banget, moga moga hai2 bisa membuka misteri 2 yg ada

THX  GBU

 

Huanan's picture

@Mama Nia

Syalom,

Menurut saya pelajaran yg kita peroleh dari rubuhnya tembok jericho adalah Tuhan mengajarkan kepada Bangsa Israel bagaimana supaya menjadi bangsa yang TAAT dan mendengar perintah Tuhan. 

Anda bilang bahwa: KETAATAN bangsa Israel mengelilingi tembok Yerikho bukan penyebab ( tdk memberi andil apapun) terhadap terjadinya Mujizat tembok Yerikho runtuh. Mujizat terjadi atas kehendak Allah. Jika manusia tdk taat pasti kena hukum tapi tdk mempengaruhi terjadinya Mujizat. Manusia Taat atau Tdk Taat, Mujizat tetap terjadi.

Yah memang benar. Saya pernah berjanji sama Anak saya bahwa kalau dia rajin belajar dan ujian hasilnya baik maka saya akan memberikan hadiah kepadanya. dalam hal ini Saya minta dia mendengar saya dan ketaatannya kepada saya yaitu: rajin belajar.  Andaikata dia tidak belajar dan hasil ujiannya tidak memuaskan, saya tidak akan memberikan Hadiah tsb kepadanya walaupun saya memiliki kuasa untuk  memberikan hadiah tsb (terlepas dari masalah rajin atau tidaknya). Jadi masahnya bukan pada Hadiahnya tapi pada KETAATANnya yaitu: rajin belajar.

GBU

hai hai's picture

@ Mama nia,

Mama nia, anda sudah memahaminya. Memahami dan menjalaninya adalah dua hal yang berbeda. Maksud saya adalah, karena sudah terlalu lama memahami Iman dengan cara yang SALAH, maka kita perlu waktu untuk menjalani hidup dengan pemahaman yang baru. Secara reflek kita cenderung kembali ke pemahaman lama kita.

Ko, Allah Bapa MENETAPKAN, Yesus Kristus MEWUJUDKAN, Roh Kudus MENOPANG (MEMELIHARA). Ketika Yesus Kristus Mewujudkan (apa yg sudah Ditetapkan Allah Bapa utk diwujudkan dlm diri manusia), gimana posisi Yesus sebagai Imam Besar Agung? Apa artinya berdoa dalam nama Yesus? Tlg dijelaskan ya Ko...

Mama nia, saat ini saya masih mengedit dan menguji tulisan tentang Penciptaan Alam semesta dan PEMBUNUHAN di taman Eden. Kejadian 1 - 3. Bolehkah saya menunda untuk menjawab petanyaan-pertanyaan anda tesebut di atas? Saya yakin, setelah membaca tulisan saya tersebut pertanyaan-pertanyaan anda di atas akan terjawab.

Mama nia, maukah anda menyisihkan sebagian waktu doa anda untuk berdoa bagi saya selama saya menyelesaikan tulisan tersebut? Ada begitu banyak hal yang saya pahami dari ketiga pasal kitab Kejadian tersebut sehingga membuat saya merasa benar-benar terguncang antara rasa senang dan TAKUT. Senang karena memahami hal-hal yang selama ini dipertanyakan oleh kita dan orang-orang Kristen dari generasi ke generasi. TAKUT karena saya yakin tidak punya KAPASITAS untuk LAYAK menerima anugerah pemahaman tersebut dan TAKUT bila tidak mampu menyampaikan semuanya kepada jemaat Allah generasi ini. Tolong! doakanlah saya.   

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mama nia's picture

Ko Hai Hai

Ko Hai Hai,

Anda baru aja mengunggah blog ini jadi saya jg baru belajar memahami apa itu Iman. Untuk bbrp pokok pelajaran ttg Iman saya udah mulai paham tapi tentang detail-detailnya yg tertulis di Alkitab msh saya pelajari terus. Jika yg ada di pikiran saya udah benar, maka saya tinggal belajar menjalaninya dgn mengingatkan diri terus menerus, berlatih ulang dengan teknik yg benar ( saya suka ilustrasi anda ttg 'bermain gitar' ).

Ko,saya tdk punya kata2 yg tepat yg bs saya sampaikan kepada anda sbg dukungan saya mengenai Kebenaran yg sedang anda persiapkan utk diungkapkan pada waktunya, tapi saya bisa melakukan sesuatu seperti yang anda minta, dengan cara itu saya bisa mendukung anda.

Ko, emang ada pilihan lain??  Tidak bisa TIDAK !!

Thanks...

hai hai's picture

mama nia, Terima kasih

Mama nia, terima kasih atas dukungannya!

Ing wei Shangdi bu gan bu zheng! Karena Roh Kudus, tidak berani tidak menyerang!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mama nia's picture

Ko Hai Hai..

Ko Hai Hai,

Mungkinkah para penyembah berhala Kristen itu mengusir setan demi nama Kristus? Mungkin!  Roh-roh jahat tidak tahu pasti mana yang domba dan mana yang serigala, itu sebabnya mereka TAAT ketika diusir dalam nama Yesus

Ko, maksud kata-kata yg saya bold itu gimana ya? Tlg dijelasin ya...

Thanks Ko..

hai hai's picture

mama nia, roh jahat

mama nia, ada banyak roh jahat yang gentayangan di dunia ini. Yesus pernah berhadapan dengan satu legion (2000) roh jahat.

Malaikat bukan bagian dari dunia ini. Mereka adalah bagian dari sorga. Namun ada malaikat-malaikat yang melewati batas-batas mereka. Nampaknya, malaikat-malaikat yang melewati batas itulah yang disebut roh-roh jahat. Mereka dapat merasuki tubuh namun nggak mampu mengendalikannya. Itu sebabnya orang-orang yang kerasukan menjadi hilang kendali dan berprilaku gila.

Nampaknya, walaupun dalam bentuk roh namun malaikat-malaikt itu dapat saling mengenali sesama malaikat seperti kita saling mengenali di dunia. Di samping itu nampaknya para malaikat itu juga dapat melihat dan mengenali wujud wujud di dunia ini.

Namun malaikat-malaikat itu tidak tahu siapa orang-orang yang telah diselamatkan dan siapa yang belum. Itu sebabnya ketika di usir dengan nama Yesus, mereka patuh. Namun bila mereka tahu pasti yang ngusir itu mang bukan orang Kristen, ya mereka ngakak.

Jadi mereka ngacir karena gertak sambal. Seprti bila anda dicegat polisi bila and gertak, mungkin polisinya kan gentar.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mama nia's picture

Ko Hai Hai : roh jahat..

Ko Hai Hai,

Kata Yohanes kepada Yesus : "Guru, kami lihat seorang yang bukan pengikut kita mengusir setan demi nama-Mu,lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita." (Markus 9:38)

Tetapi kata Yesus : "Jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorangpun yang telah mengadakan mujizat demi nama-Ku, dapat seketika itu juga mengumpat Aku. (Markus 9:39)

Namun malaikat-malaikat itu tidak tahu siapa orang-orang yang telah diselamatkan dan siapa yang belum. Itu sebabnya ketika di usir dengan nama Yesus, mereka patuh.

Tanya :

- roh jahat tdk bs membedakan siapa yg telah diselamatkan dan siapa yg blm, apakah itu berarti bhw siapapun (setiap orang) bisa mengusir roh jahat dalam nama Yesus? Apakah itu juga alasannya kenapa Yesus tidak mencegah orang yg bukan pengikutNya mengusir setan demi nama-Nya?

- mengapa roh jahat tdk bs membedakan siapa orang2 yg telah diselamatkan dan siapa yg belum? Apakah karena roh jahat emang tdk punya kemampuan tsb?

Makasih Ko..

 

arigato's picture

@mama nia, shalom

Salam sejahtera mama nia,

salam kenal mama nia,

Aku tidak menjawab pertanyaan anda yang di tujukan kepada sdr. Hai-Hai, karena mama nia bertanya pada beliau, beliaulah yang berhak menjawabnya.

tapi aku ingin memberitahukan bahwa kejadian yang tertulis di alkitab Markus 9 : 38-39, sampai detik ini masih saya temukan dan saya saksikan sendiri, dalam hal ini terjadi pada teman dekat saya sendiri.

Teman dekat saya tersebut memang belajar dan mengamalkan "Spritual" (diatas 10tahun) dan sering kalo orang meminta bantuannya, khususnya dalam hal seperti diatas, dia pasti bantu secara gratis.

Dan dalam proses pengerjaannya dia memakai "Nama Tuhan Yesus" dengan berdoa dalam hatinya terlebih dahulu, padahal sampai detik ini dia belum beragama kristen..... (awalnya tidak begitu, tetapi belakangan 3-4 tahun ini baru menggunakan nama "Tuhan Yesus")

Saya tahu persis karena, sebelum saya bertobat saya adalah salah satu muridnya.... walaupun begitu hubungan kami masih baik-baik......,

dan orang pertama yang mengucapkan "Selamat" pada saya, setelah saya bertobat, adalah guru-guru saya (2 orang).

Kira-kira begitulah kejadian nyata yang saya alami.

trims mama nia.

Gbu

 

Monkichi's picture

Ko Hai2, maaf sebelumnya

Ko Hai2,

maaf sebelumnya kalau pertanyaan saya ini akan terdengar bodoh, mungkin saya yang kurang teliti dalam membaca, mohon penjelasannya.

pertanyaan saya adalah:

seandainya Iman memang tidak memberikan sumbangsih dan hanya memberikan kenyamanan, dan kita hanya bisa pasrah, karena pengabulan itu hanya karena kita dipilih

apakah itu berarti, berdoa itu juga tidak ada gunanya dan hanya memberikan kenyamanan?

terima kasih

hai hai's picture

@ Monkichi, Tidak Bertanya ...

seandainya Iman memang tidak memberikan sumbangsih dan hanya memberikan kenyamanan, dan kita hanya bisa pasrah, karena pengabulan itu hanya karena kita dipilih

apakah itu berarti, berdoa itu juga tidak ada gunanya dan hanya memberikan kenyamanan?

Monkichi, tidak bertanya walaupun tidak mengerti itu baru bodoh namanya. Tidak mengerti lalu bertanya itu naman BIJAKSANA. Tahu diri tidak tahu lalu mencari tahu itu BIJAKSANA.

Dalam generasi ini memang banyak orang Kristen yang memahami bahwa DOA = Minta berkah.

Menurut saya berdoa adalah ngobrol dengan Allah. Coba anda baca Yohanes 14-18. Yesus ada bersama-sama dengan murid-murid-Nya namun pada saat yang sama Dia ngobrol dengan Allah. Minta berkah kepda Allah itu wajar. Namanya juga usaha. Itu sama seperti minta sesutu kepada orang tua atau minta sesuatu kepada handai taulan. Namun, MEMASTIKAN apa yang kita minta itu PASTI dikasih namanya KURANG AJAR.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Monkichi's picture

Ko Hai2 Terima kasih

Ko Hai2

Terima kasih tanggapannya.

Hanya saja saya cukup merasa miris ketika membaca bahwa iman tidak memberikan sumbangsih apapun, seolah berarti jikalau ada ibu yang mendoakan anaknya untuk sembuh, atau supaya anaknya selamat di jalan, dan hal hal mulia lainnya, hal itu tidak ada gunanya.

Saya mau bertanya lagi,

Menurut ko Hai2, jika sejak semula, Tuhan memang sudah memilih ada manusia yang akan diselamatkan, ada yang tidak. Kalau begitu, kenapa manusia yang sejak semula tidak bakal diselamatkan itu mesti diciptakan? bukankah lebih baik tidak usah saja, sehingga dia tidak akan berdosa?

Itu jika dianalogikan, bapak A ingin mempunyai 3 anak, lalu dia berkata.

"Anak pertama akan saya jadikan seoarang hebat dan baik, anak ke dua akan saya jadikan hebat dan baik juga, tapi anak ketiga, setelah lahir, saya akan bunuh dia" Kalau begitu, bukankah sebaiknya 2 anak saja cukup?

Sekali lagi maaf kalau ada kata2 yang salah, terima kasih

hai hai's picture

@monkichi, Allah Menciptakan Binatang

monkichi, manusia adalah peta teladan Allah. bila saatnya tiba, saya akan mengunggah blog tentang hal itu sekali lagi karena blog saya yang lama tentang hal itu masih kurang sempurna. Melalui blog itulah anda akan paham apa arti doa dan iman itu dan kenapa Alkitab mengajarkan bahwa Iman dan harapan akan berakhir namun Kasih itu kekal selamanya.

Allah menciptakan binatang untuk makanan manusia. Kenapa Allah tidak boleh menciptakan manusia yang akan binasa untuk sarana MENGAJAR manusia yagn akan selamat?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak