Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

INDAHNYA PERNIKAHAN KRISTEN

erick's picture

Resensi buku

INDAHNYA PERNIKAHAN KRISTEN

-Sebuah Pengajaran Alkitab-

Penerbit, Momentum Surabaya, Mei 2008, 135hal.             

 

Sebuah buku berjudul Indahnya Pernikahan Kristen yang memaparkan apa dan bagaimana Alkitab mengajarkan sebuah pernikahan yang berkenan di mata Allah, karya Sutjipto Subeno. Sebagai satu dari banyak literature yang membahas mengenai pernikahan, buku ini mengembalikan ide pernikahan kepada pemikiran-pemikiran Alkitab secara murni dengan tafsiran yang lebih rinci, teliti dan akurat.

Buku ini berisikan 7 sesi dan 1 ekskursus. Membahas secara bertahap dari pemikiran secara global apa itu penikahan, hingga masuk pada inti apa itu keluarga dan permasalahannya. Diawali dengan pernikahan dalam pandangan Allah, karakter pernikahan Kristen, Kesepadanan pria dan wanita, anak dalam keluarga, keluarga dan masyarakat, seksualitas dalam pernikahan dan tips dalam pernikahan. 

Buku ini tentunya diperuntukkan bagi pasangan keluarga kristen. Tetapi juga menembus pangsa pasar lajang dewasa. Terlihat jelas buku ini laku tidak hanya pada pangsa pasarnya, namun terdapat ceruk besar yang mungkin sudah diperhitungkan sebelumnya, yaitu sebagai "kado". Kado tentu saja bisa untuk pemberian, kado buku bisa untuk menambah pengetahuan yang baik bagi seseorang yang kita kasihi, bisa juga untuk nyindir. 

Membaca cara pengajaran Alkitab tentang bagaimana pernikahan Kristen sungguh merupakan sebuah kompas bagi pasutri dalam mereka menapaki satu-satu perjalanan hidup pernikahan mereka dalam pimpinan Tuhan. Karena pernikahan adalah lembaga pertama yang ditetapkan dan dikehendaki oleh Tuhan sendiri. 

Konsep pernikahan yang benar yang diajarkan dari Alkitab memiliki karakter representatif, yaitu pria sebagai representasi Kristus, dan wanita sebagai representasi jemaat. Karakter vertikal dan horisontal, yaitu hubungan manusia dengan manusia, dan hubungan manusia dengan Allah. Karakter sekali seumur hidup. Karakter monolitik, dan karakter kesaksian. Semua dibahas dengan singkat dan gambang di buku ini. 

Yohanes 13: 34-45

"Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi."

Yohanes 13:34-35 ini, membuka sesi kelima yang membahas keluarga dan masyarakat. Pembentukan sebuah keluarga tidak terlepas dari konteks masyarakat. Ada mandat budaya yang diemban didalamnya. Alkitab sejak awal menyatakan bahwa Kristen diletakkan di dalam dunia untuk mengarami dunia ini. Ada fungsi keluarga Kristen dijabarkan pada sesi yang hanya memakan 4 lembar dari seluruh bagian buku. 

Ada paparan lainnya yang juga cukup menarik yaitu tips dalam pernikahan. Semua masalah yang diberikan adalah masalah yang awam ditemui setiap keluarga dipaparkan melalui pengajaran Alkitab menyikapinya lengkap beserta tips. 

Satu hal utama yang harus disadari oleh konsumen sebelum bembeli buku ini baik untuk kepentingan pribadi atau pun untuk "Kado" bahwa semua ide tulisan dibawah payung teologi Reform. 

Harga buku ketika peluncuran Rp. 25.000,- sedangkan di Toko buku Momentum Matraman, saya melihatnya dengan label harga Rp. 40.000, namun ada potongan bagi mereka yang memiliki kartu anggota. 

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

joli's picture

Ayo para Jomblo segera menikah... duh indahnya..

Erick wrote:

Konsep pernikahan yang benar yang diajarkan dari Alkitab memiliki karakter
representatif, yaitu pria sebagai representasi Kristus, dan wanita sebagai
representasi jemaat. Karakter vertikal dan horisontal, yaitu hubungan manusia
dengan manusia, dan hubungan manusia dengan Allah. Karakter sekali seumur
hidup. Karakter monolitik, dan karakter kesaksian.

Jadi tahu nih kenapa banyak pernikahan kristen tidak dan belum indah.. karena contoh yang dilihat dan diteladani tidak baik.. contoh yang mana? contoh "hubungan baik antara Kristus dan jemaatNya"

Mungkin ini juga yang membuat: kenapa istri banyak menuntut kpd suami.. karena mencontoh jemaat yang selalu meminta dan menuntut kepada tuhannya?

 

Melihat judulnya kelihatannya asik.. Indahnya Pernikahan Kristen..

Ya .. setuju pernikahan kristen sungguh sangat indah.. aku dah membuktikannya.. ayo.. ayo... para jomblo segeralah menikah buktikan betapa indahnya.. berwarna-warni.. seperti kembang api di new year party..

ely's picture

@joli, bener nikah itu indah???

Ngedenger orang2 bilang menikah itu asyik....

Jadi pengen....hehehe...

Temenku pernah ngomong....

Klo menikah itu gak mesti segala sesuatunya harus matang...materi n kedewasaan... yang penting ada pasangan untuk nikah langsung nikah.... nanti urusan lainnya pikir belakang aja.... Nanti toh Tuhan yang akan memberkati....apalagi dikatakan klo sudah berumahtangga dan memiliki kesatuan hati untuk berdoa maka semuanya akan mudah dijalani dan disesuaikan...

 

Tapi aku fikir gak semudah n segampang itu kali ... 

Menikah perlu disiapkan sematang2nya sehingga konsekwensi benar2 bisa diterima bukan menjadi seperti pernikahan yg sering dilakoni oleh artis2 'kawin cerai'...  

Klo udah pikirannya kayak gini, rencana nikah seperti masih terlalu jauh.... 

 

hiks...hiks...hiks....

 

 

 

 

 

 

__________________

Lakukan segala sesuatu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia ...

Yenti's picture

Potongannya 10% yah Rick:)

Potongannya 10% yah Rick:) he..he...sepertinya judul ini pernah dijadikan seminar bebarapa waktu lalu deh di Mall Ciputra oleh Pdt.Sutjipto,, benar ngak yah?? Ulasan Pak Sutjipto, emang mendalam seh...dalam dan dalam:)
erick's picture

Iya, pernah diseminarkan

Iya Yen, pernah diseminarkan topik ini dalam peluncuran bukunya. Aku semula juga ga tau, infonya dari yang kasih buku ini ke aku. Maria bilang, seminarnya bagus. Tapi karena aku tidak ikut seminar itu, aku hanya bisa mengiyakan bahwa huku tulisan pak Tjipto ini bagus. (WOAHHHHH, Pak aku puji bukumu pak...., semoga aja dia langsung ke Jakarta lagi :) sungguhan loh pak mujinya, bukan karena geratisan) Itu alasan aku buat timbangan buku ini.
__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

noni's picture

@erick : makasih...

Makasih referensi bukunya dan sedikit ulasan mengenai isi buku itu. Jadi pengen baca, hehe...Nanti aku sisihkan dulu gajiku yang nggak seberapa ini buat beli buku itu, supaya someday kalo kesampaian nikah, aku dah ngerti bagaimana membangun keluarga Kristen yang baik dan benar di mata Allah. Sekarang...hunting mempelai prianya dulu ah... ^_^ Jesus loves Us
__________________

antowi's picture

Aku juga

aku juga hunting mempelai wanita ah Embarassed
__________________

Semut,bangsa yang tidak kuat, tetapi yang menyediakan makanannya di musim panas, Amsal 30:25

erick's picture

@antowi

Baca bukunya juga yah.... met hunting!
__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

jesusfreaks's picture

MENIKAH TIDAK PERNAH MUDAH

Menikah adalah Penciptaan. Jikalau TUHAN saja "gagal" dalam penciptaan Adam n Hawa, apalagi kita. Menikah tidak pernah mudah. Ingatlah, Anda tidak hanya membentuk keluarga, tapi BISA MEMBENTUK BANGSA KELAK. Apa jadinya, jikalau BANGSA ITU KELAK JAHAT DI MATA TUHAN. Saya tidak sedang menakut-nakuti, TAPI SAYA INGIN ANDA BERKOMITMENT DENGAN TUHAN SOAL PERNIKAHAN INI.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hendra.uzia's picture

koq bisa tau based on reform yach,...

om erick,..

mau tanya dun, koq bisa tau itu based on telologi reformed ya,? reformed itu calvinis kan ya kalo ga salah,..?

di atas sih kayanya bagus, tapi pas dikasih tau based on reformed aku koq jadi takut yach,.. (lebai banget ga sih, hihi,.. ^_^)

klw ada yg salah aku dikoreksi aja yaw, jgn dimarahin, hihi,.. ^_^

--- Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.

__________________

---
Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.

agamaitucandu's picture

Saya sudah ikut seminarnya lho :D

*hendra.uzia, ga ada yg perlu ditakutkan dari teologi reform, kecuali selera musik mereka* 

__________________

.

hendra.uzia's picture

selera musik,???

@agamaitucandu

whoaa,..... selera musiknya emang bagaimana yach,...................... 

btw btw, ini becanda apa serius yach, ga ngerti beneran nih,..........................

 

--- Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.

__________________

---
Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.

agamaitucandu's picture

@hendra.uzia ampun

Suatu hari entah gimana saya ke KKR nya stephen tong. dan pulang dengan musik terngiang-ngiang beberapa hari:

"Ada kuasa, dalam darah-Nya. Anak Doooomba Allaaah." di kuping terngiang terus dengan irama musik jadul. Efek ngiangnya melebihi musik dangdut. Tau ga maksudnya? Kalau saat menjelang tidur kita mendengar musik dangsut,biasanya kita bangun tidur dengan musik itu terngiang-ngiang. Naah, kalau musiknya reform itu bisa beberapa hari efeknya.

__________________

.

hendra.uzia's picture

@agamaitucandu ooooooowh,....... kebayang deh, hihi,.. ^_^

oooooooowh,................ kebayang deh gimana terngiang2nya, hihi,.. ^_^

"irama musik jadul"nya kayanya menarik nih, pantes bisa terngiang2,...... berarti ampuh dong KKR nya stephen tong, tuh sm aic bisa keingetan smp berhari hari, hihi,... ^_^

--- Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.

__________________

---
Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.

y-control's picture

biasalah

dulu, setelah nonton koil, saya juga selama berhari-hari terus terngiang dan selalu senandung lagu-lagu mereka... biasalah rasanya memang begitu

__________________

Bersedih lebih baik dari pada tertawa, karena muka muram membuat hati lega (Pengkhotbah 7:3)

erick's picture

ini lagu dangdutnya siapa ya????

Masih terngiang, di telingaku....

(*ngga PD, begitu bukan sih lagunya???)

Ngga nyangkut gw kalo lagu dangdut............ siapa pula yg nyanyiin gw ga tau...

 

BTW, lagu itu tetep lagu !,... yg kamu maksud dgn musiknya reform apa ya?

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)