Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Inilah para malaikat, dari Gabriel Sampai Nefilim.

Tante Paku's picture

     MALAIKAT dalam bahasa Inggris Angel, dalam bahasa Yunani Anggelos (dilafalkan Angelos) dan berarti "Utusan". Kata ini hampir disebutkan dalam setiap penyebutan kata Angels (malaikat-malaikat) dalam Alkitab, kecuali satu dalam Lukas 20:36 Sebab mereka tidak dapat mati lagi ; mereka sama seperti malaikat-malaikat dan mereka adalah anak-anak Allah, karena mereka telah dibangkitkan. Kata tersebut frasanya berbunyi "sama dengan" malaikat-malaikat atau dalam bahasa Yunaninya Isaggelos (seperti malaikat).

     Pertama kali kata malaikat disebutkan dalam Alkitab Kejadian 3:24 Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.

     Para malaikat adalah mahluk-mahluk ciptaan Allah, tentu saja posisinya lebih rendah dari Allah. Dan berada di tengah-tengah antara Allah dan manusia. Mereka adalah roh yang tidak terlihat dan melayani (Ibrani 1:14). Para malaikat bertanggung jawab melayani di takhta suci Allah, melindungi manusia dan melayani sebagai utusan yang membawa kabar khusus. Para malaikat adalah mahluk yang selalu memberikan penghormatan kepada Allah dan selalu melayani Allah dengan melaksanakan kehendak-Nya.

     Sebagai pelayan Allah bisa disimak pada Kitab Daniel Bab 7 Pasal :

9 Sementara aku terus melihat takhta-takhta diletakkan, lalu duduklah Yang Lanjut Usianya; pakaian-Nya putih seperti salju dan rambut-Nya bersih seperti bulu domba;kursi-Nya dari nyala api dengan roda-rodanya dari api yang berkobar-kobar;

10 suatu sungai api timbul dan mengalir dari hadapan-Nya;seribu kali beribu-ribu melayani Dia, dan selaksa kali berlaksa-laksa berdiri di hadapan-Nya. Lalu duduklah Majelis Pengadilan dan dibukalah Kitab-kitab.

     Sebagai pelindung manusia bisa dibaca pada Kitab Mazmur Bab 91 Pasal :

11 sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.

12 Mereka akan menatang engkau di atas tangannya, supaya kakimu jangan terantuk kepada batu.

     Sebagai utusan yang membawa kabar khusus, bisa disimak ketika Lot diselamatkan dari Sodom, ketika mengabarkan kepada Maria tentang kelahiran Sang Juru Selamat Yesus yang akan dikandungnya. Juga ketika Daniel mendapat pengarahan secara terperinci oleh malaikat Gabriel.

     Para malaikat jumlahnya sangat banyak bila kembali menyimak Kitab Daniel di atas, sering dikatakan "bala tentara surgawi", ini tentu tidak satu kompi atau resimen malaikat saja melainkan bisa satu armada bahkan lebih. Namun ada yang mengelompokkan para malaikat ini menjadi Malaikat, Penghulu Malaikat, Kebajikan, Penguasa, Pemerintah, Kerajaan, Kerub, Serafim. Pengelompokan ini biasanya berdasarkan tulisan Rasul Paulus (Efesus 6:12, misalnya) maupun tulisan-tulisan lainnya dalam Alkitab.

     Tetapi hanya ada dua nama pribadi malaikat yang sering disebutkan dalam Alkitab yaitu Mikhael dan Gabriel. Konon dalam kitab apokrifa ada malaikat yang disebut malaikat Uriel dan Jeremiel. Mungkin dalam kitab-kitab lainnya lagi ada nama lain untuk sebutan malaikat tertentu, misalnya malaikat Luciel, malaikat Tololel, malaikat Degilel, malaikat Yakyakel, malaikat Bebalel, malaikat Mabokel , malaikat Togel dan lain-lainnya deh, pokoknya pakai akhiran  "el" lah yaow....

     Sementara Kerub yang disebutkan di atas bisa jadi adalah malaikat, sebagai penjaga simbolis yang ditugaskan di tempat-tempat Allah "ditahtakan" di bumi dalam Perjanjian Lama. Mereka menjaga Taman Eden dan Tabut Perjanjian. Namun ada yang meyakini bahwa Kerub adalah seekor singa kecil bersayap yang berkepala manusia, dengan kata lain SPHINK. Karena mahluk ini paling sering digambarkan dalam seni Kanaan dan para raja Kanaan sering digambarkan duduk di atas takhta yang disangga oleh dua kerub.

     Tidak semua malaikat ternyata baik, namun ada juga malaikat-malaikat yang tidak setia kepada Allah. Dalam Kejadian 6:1-7, diceritakan ada bangsa yang memiliki orang-orang berkekuatan besar atau sering disebut Nefilim, adalah hasil hubungan perkawinan antara para malaikat yang jatuh dengan para perempuan di bumi.  Alkitab mencatat orang-orang yang gagah perkasa di zaman purbakala. Namun Allah tidak dapat menerima tindakan para malaikat ini dan keturunan mereka dihabiskan dengan air bah, hanya Nuh yang mendapat kasih karunia di mata Tuhan.

     Para malaikat yang melakukan pemberontakan terhadap Allah di surga, dipimpin oleh NAGA BESAR = ULAR TUA = IBLIS = SATAN akhirnya dilemparkan ke bawah, ke bumi  (Wahyu 12:7-9).

     Di bumi para malaikat yang dipimpin Iblis sering menyamar menjadi "malaikat terang" padahal kita semua tahu bahwa Iblis adalah "raja kegelapan".

     Sebagai orang Kristen kita akan melihat para malaikat Allah pada hari kiamat.

Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain. (Mat 24:31).

 

 

    

 Semoga Bermanfaat Walau Tak Sependapat 

    

 

 

Samuel Franklyn's picture

Tante Paku: Bagaimana dengan Pniel?

Bagaimana dengan Pniel? Apakah termasuk malaikat soalnya kan akhirannya el. He he he. Kalau memang termasuk malaikat Pniel masuk malaikat mana? Malaikat baik atau jahat.

Tante Paku's picture

Pniel malaikat?

Sam, kalau Pniel menjadi malaikat, tentu malaikat yang mengenakan kacamata baca. Maksudnya agar lebih teliti serta hati-hati dalam membaca hati manusia yang dinilainya. Celakanya kalau bacanya masih dengan jurus speed reading, seperti sebelum jadi malaikat, wah laporannya kepada komandan malaikat bisa kurang akurat hehehe.....

Kiem's picture

Tante Paku, Bagaimana Samu-El ?

Syaloom, Tante Paku

Bagaimana dengan Samu-El, keluarga El juga, hehhee

GBU

Tante Paku's picture

Kiem, anda juga malaikat.

Wah pak Kiem langsung cepat nyambar ketika Samuel mengatakan Pniel malaikat.

Pak Kiem, kalau Samuel juga jadi malaikat, setahu saya malaikat yang bertumbuh gendut, maksudnya agar bisa menyeret para pendosa dengan sekali seret , cukup pakai satu tangannya saja.

Tapi pak Kiem jangan kecewa dulu, bahwasannya pak Kiem juga jadi malaikat kok, tetapi malaikat yang rapi, selalu berjas dan dasi. Tentu nama anda juga pakai identitas malaikat, bukan Makimpos Gaol tapi berubah menjadi MAKIMPOS GAEL. Tugasnya menjadi juri hehehe....

Kiem's picture

@ Tante, HE HE HE

Wah, Tante Paku

He he he

GBU

hai hai's picture

@TP, Bagaimana dengan

Tante paku, bagaimana dengan TOW-el? SEB-el? MON-el? EIF-el, PANJO-el?

Yang benar-benar harus dipetimbangkan adalah ini: KODOK KINTH-EL

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Tante Paku's picture

Sebelum Kodok Kinth-el.

Memang kodok juga ada yang jadi malaikat ya? Wah hai hai memang punya stok nama-nama malaikat yang cukup banyak juga.

Setau saya, sebelum kodok menjadi malaikat, di bumi namanya Kodok Kenthus dan waktu belajar teologi serta lulus diangkat jadi malaikat menjadi Kodok Kinthel. Sayang, malaikat dari Kodok ini sering "kementhus" bila mengajarkan ilmu teologinya, entah sekarang masih menjadi malaikat atau sudah pensiun jadi malaikat?

KEN's picture

TP: Malaikat sih malaikat

Jangan bawa-bawa nama gue dung...

Tante Paku's picture

Ken, malaikat lucu.

Ken, kamu masuk malaikat mana ya? Kok rasanya tidak terpikirkan sama sekali, apa anda baru daftar? Atau belum registrasi ulang?

Tapi malaikat yang disukai para malaikat ada lho, namanya malaikat NDAGEL. Kalau malaikat PUEG-EL biasanya lagi berdebat amat malaikat KUES-EL hasilnya dicatat malaikat MUANGK-EL......hehehehe......Sementara jurinya para malaikat masih dipegang malaikat MAKIMPOS GAEL.......

hai hai's picture

@Tp. Malaikat Yang Paling Dibenci Orang Jawa

Tante paku, sesungguhnya ada satu malaikat yang sangat di benci orang-orang berbahasa Indonesia khususnya orang jawa.

Malaikat itu bernama PEG-el yang dalam logat Jawa diucapkan dengan mantap, PUEGh-el

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

sandman's picture

@Hai bukan..

Bukan peg-el tapi ngey-el ...

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

hai hai's picture

@Sandman, Itu Si Pniel,

Sand, malaikat NGEY-el sudah disebutkan sebelumnya, nama lainnya adalah PNI-el.

Ha ha ha ha ha

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@TP : kali ini kamu tidak sesat...

kali ini saya agak setuju sama kamu

bwi hi hi hi...

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

kabarsukacita's picture

@TP ...cerita bergambar

Dalam blog2 anda, yang menarik untuk disimak adalah gambar2 itu lho. Dapetnya dari mana aja sih? Kasih tahu dong? Rasanya dengan gambar dan kata2 menjadi lebih enak dibaca dan dilihat.

Nephilim (Giant)adalah hasil hubungan "malaikat yang keluar dari batas2 kekuasaannya" dengan "anak-anak manusia" pada jaman Nuh. Saya setuju hal ini.

.: "Tuhan Yesus adalah Yang Awal dan Yang Akhir. Dia-lah Jalan, Kebenaran, Kebangkitan, dan Kehidupan." :.

__________________

.: "Tuhan Yesus adalah Yang Awal dan Yang Akhir.
Dia-lah Jalan, Kebenaran, Kebangkitan, dan Kehidupan." :.

billy chien's picture

@tp

BAGAIMANA DENGAN HERCULES????

 

<hallmark HERCULES Pictures, Images and Photos

 

 

MANUSIA SETENGAH DEWA SETENGAH , HEHEHEHE ASIK KALI YAH....

__________________

Fuck Everything That Doesn't Make You Happy

smile's picture

TP : Malaikat dan Absen nya

Hai TP...

Mau sedikit nanya....emang kitab yang membahas para malaikat yang diciptakan oleh Allah bisa baca dimana?

Boleh tau sumber...Link....dsb nya?

Soalnya manusia kadang aneh...suka menciptakan malaikat jadi manusia dan suka memanusiakan malaikat...makanya nama nama malaikat bisa TER - EXPOSE padahal Allah belum pernah memberitakan, dan mengumumkan nama Malaikat kecuali Michael dan Gabriel... Siapa yang dapat bocoran nama nama malaikat...langsung dari Tuhan? bagi....dooooooooong......(malu bertanya ketinggalan berita, dan infotainment...lho...jadi...mending nanya daripada sombong....Hehehehihihi

 

smile Ö and smile Ö, coz The WoRLd WiLL Be BeauTifuL WiTH OuR smile

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

Tante Paku's picture

Malaikat Smile....

Sorry, saya nggak tahu kitab yang khusus membahas tentang malaikat. Juga sumber link, enggak tahu, mungkin gambar2 itu bisa di klik untuk menunjukkan linknya. Karena tulisan itu tidak memakai referensi di internet. Cuma baca-baca di SS ini dan buka-buka Alkitab. Coba aja Smile tanya para malaikat yang ada di SS ini, mungkin mereka lebih tahu.

Anda lama nggak OL, sibuk banget ya? Rasanya kurang lengkap kalo Smile nggak ngunjungin kios-kios di Klewer ini.

smile's picture

Tp:tetap menanti

Oke TP makasih... Saya bukan sibuk, cuma slalu ketiduran saat pulang dari kerja...pengen buka SS, tapi ngantuk terus,tp.... Anyway..thank u.. Dan kalo sampai ada link nya kasih tahu ya TP.daftar nama malaikat buronan KPK, sama nama malaikat yang bersih dari KKN,..hehehehihihi smile
__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

Tante Paku's picture

Ini dia Malaikat Gaul.

Disebut Malaikat Gaul karena sering bergaul dengan cara seperti manusia yang ada di bumi. Tetapi berhubung dimensinya lain, tidak saling bersentuhan, walau bisa bersama-sama dalam waktu yang sama.

Ini dia gambar Malaikat Gaul yang berhasil dijepret paranormal yang gaul juga.