Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Kekristenan di Mata Homoseksual Kristen

king heart's picture

Di tengah maraknya masalah homoseksual yang begitu menyeruak belakangan ini, termasuk di komunitas ini, ada artikel menarik di Reformata edisi 88. Di edisi ini dibahas lumayan panjang mengenai homoseksual dan tak lupa komentar beberapa hamba Tuhan.

Ada yang menggelitik dan saya pikir perlu di sharekan di sini yaitu ketika homoseksual di kaitkan dengan Firman Tuhan kepada dr Mamoto Gultom salah seorang pentolan komunitas homoseksual dan ketua Yayasan Pelangi Kasih Nusantara; yang seorang Kristen dan pasangannya Zhendy Sahertian. Adapun hasil wawancaranya saya cuplikan beberapa yang berhubungan dengan topik ini :

Bagaimana hubungan kalian dengan gereja ?

Pendeta dan jemaat, saat ini welcome dengan kehadiran kami di kala beribadah. Artinya di lingkungan mana pun kehadiran kami telah diterima ( Sahertian menimpali dengan kata kata : Artinya ketika di gereja kami juga pintar pintar menempatkan dirilah. Jangan pula kita ke gereja berpakaian ala gay, dengan pakaian berbulu bulu misalnya....)

Anda pernah mengatakan bahwa gay adalah anugerah dari Allah ?

Ya, terlalu radikal mungkin bila pernyataan saya seperti itu. Tetapi saya menyadari bahwa Firman Tuhan yang tersurat di Alkitab tidak bisa diubah. Misalnya peristiwa Sodom dan Gomora dan kisah Jonathan yang ditulis begitu indah. Sodom dan Gomora, jika ditafsirkan adalah perang dalam rangka mengurangi atau mengontrol jumlah penduduk. Artinya TUhan menciptakan manusia dengan beragam warna. Di situ saya katakan bahwa kita ( homoseksual-Red ) tercipta oleh anugerah Tuhan. Jadi ketika kita menafsirkan Alkitab. mesti diterjaemahkan dengan konteks kekinian

Anda katakan kehadiran kamum homoseksual dalam rangka mengontrol jumlah penduduk. Lalu bagaimana dengan firman Tuhan yang mengatakan, "Beranaka cuculah dan penuhilah bumi".

Beranak cuculah, memang Tuhan mengatakan seperti itu. Tapi kan Dia sudah menciptakan homoseks untuk mengontrol jumlah penduduk

Bisa dikatakan gay itu adalah pilihan?

Tidak. Jika pilihan, maka boleh dong memilih mayoritas. Gay itu kan ada karena ciptaan

Dewasa ini ada kebangkitan agama agama. Anda mempunyai natur homoseksual, bisa jadi gereja menolak secara frontal. bagaimana anda menyikapinya?

Saya hanya serahkan kepada Tuhan. Alangkah bahayanya apabila pola pikir gereja seperti itu. Lalu, bagaimana dengan fungsi gereja sebagai cerminan sosial.

Nah begitulah kesimpulan  seorang homoseksual "Kristen" tentang Kekristenan, bagaimana tanggapan anda?

 

NB : Ko Hai hai saya pinjam judul blog anda kemudian saya ubah jadi judul blog ini, Thanks

 

GBU

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

Penonton's picture

@King Heart: mereka tersesat

Saya sedang membaca tulisan mengenai kaum gay...nanti akan saya tulis di bagian komentar.Buat sementara ini,saya hanya akan menuliskan opini pribadi saya sementara ini. Saya berkeyakinan bahwa homoseksualitas adalah sesat dan menyalahi ajaran Kristen ,full stop. Kalau ada seorang gay yang kebetulan juga adalah seorang Kristen dan masih mempunyai pandangan seperti tulisan anda di atas, saya tidak akan menyetujuinya. Saya tidak mau pikiran-pikiran seperti itu meracuni dan mempengaruhi orang-orang Kristen lainnya.Saya juga berharap supaya para penghuni klewer dapat menuliskan sanggahan untuk pendapat-pendapat mereka. Terima kasih. From OZ....far...far...away..
__________________

xxx

Aries Yunarta's picture

Seperti "menyalahkan" Tuhan

Klo dibaca baik2, kok sepertinya mereka "menyalahkan" Tuhan, sehingga mrk jd Gay? aneh!!

GBU ALL 

Laughing

Jesus Love Me and You

__________________

Jesus Love Me and You

Debu tanah's picture

Sekedar usul

Sekedar usul nih King Heart,

Kalimat anda terakhir sudah betul homoseksual "kristen". Jadi Judulnya dikoreksi juga: "Kristen" - pake tanda kutip, bisa diartikan homoseksual yang mengaku kristen.

Dengan judul Kekristenan dimata Homoseksual Kristen (tanpa tanda kutip pada kata kristen), seolah-olah tulisan anda ini mengakui bahwa ada homoseksual yang Kristen.

Saya tidak mengakui!

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jesusfreaks's picture

Majalah GOBLOK

gw gak tahu, apakah majalah itu menampilkan apa adanya wawancara tersebut. tanpa membuat kesimpulan sebagai sikap dari majalah tersebut. kalau memang majalah itu tidak mengambil sikap. MAJALAH GOBLOK. gw pernah ikut KKR benny hinn, kayaknya majalah itu dibagi bagi waktu itu. tolong kalau ada yang kenal redaksinya, mohon klarifikasi PRASANGKA BURUK SAYA TERSEBUT.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

erick's picture

Ini artikel tak laik cetak lolos dari redaksi kah?

 

Untuk penulisan artikel ini, gw menilai rendah pertanyaan-pertanyaan reporter dari tabloid Reformata. Ini penilaian gw tentang pertanyaan-2 yg dia ajukan. Dan kelengahan redaktur tidak melihat jeli arah jawaban dari pertanyaan salah yang di berikan reporter.

 

1. Bagaimana hubungan kalian dengan gereja ?

a. Kata gereja mengandung artian fisik atau nonfisik?

b. kata gereja disini diartikan penjawab sebagai Gereja tempat dimana mereka beribadah.

c. Jawaban dari gereja yang dimaksud oleh nara sumber kemudian begitu terbit dalam sebuah media massa cetak, terbaca oleh khalayak umum sebagai gereja yang berlaku umum.

d. Kata hubungan dari pertanyaan juga ga jelas. Hubungan sebagai anggota gerejakah?, atau hubungan pengemballannyakah? Atau hubungan antar sesama anggota gereja?

 

Pertanyaan ini secara redaksional sebenarnya gugur, karena pertanyaan tersebut ngambang dan meluas dalam kata tanyaannya. Bagaimana Hubungan (hubungan apa) kalian dengan gereja (fisik atau non fisik)

 

2. Bisa dikatakan gay itu adalah pilihan?

A Pertanyaan ini misleading. Jika ingin mengambil sebuah kesimpulan deduktif, maka premis mayor yang akan mengawalinya adalah: Semua yang telah dicipta Tuhan (Dia) untuk mengontrol jumlah penduduk adalah pilihan. Kemudian premis minornya menjadi: Dia sudah menciptakan homoseks untuk mengontrol jumlah penduduk. Dari situ kemudian ditarik kesimpulan: Gay (homoseks) adalah pilihan.

Jika redaksi tabloid Reformata tidak lengah, secara redaksional, tulisan ini sudah gugur. Tapi tulisan ini bisa lulus redaksi dan telah terbit.

Redaktur bertanggung jawab atas artikel yang dikirimkan penulis. Sedangkan penulis hanya bertugas menuliskan hasil wawancara yang ia lakukan.

 

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

c0nrad's picture

tidak setuju

Anda mengatakan : "Semua yang telah dicipta Tuhan (Dia) untuk mengontrol jumlah penduduk adalah pilihan."

Lalu bagaimana dengan orang yang mandul dari lahir?? Bagaimana dengan orang yang tidak memiliki organ reproduksi sejak lahir?? Apa itu masih merupakan pilihan?? ^_^

freya's picture

LEBIH BAIK MENJADI ORANG YANG TERSESAT

ORANG YANG TERSESAT ADALAH ORANG YANG MENYIMPANG DARI JALAN SEBENARNYA DAN BIASANYA MENGINGINKAN MENEMUKAN JALAN TUJUAN SEMULA. ORANG YANG MENYESATKAN DIRI ADALAH ORANG YANG TAHU JALAN MANA SEBENARNYA HARUS DIPILIH, NAMUN SENGAJA TINGGAL DI JALAN YANG BUNTU TANPA ARAH PASTI TANPA HARAPAN. KALAU MANUSIA MENGAKU MEMILIKI AKAL DAN NURANI TENTU DAPAT MEMILIH JALAN YANG AKAN DITUJU.MESKI TERSESAT TENTU INGIN KEMBALI KE TUJUAN. MENURUT SAYA: HOMOSEKSUAL ADALAH PEMUJAAN EGOSENTRIS HOMOSEKSUAL ADALAH KENIKMATAN SEMENTARA HOMOSEKSUAL BERAWAL DARI MENGASIHANI DIRI SENDIRI ATAU ORANG LAIN SEBAGAI ALASAN. HOMOSEKSUAL ADALAH SENSASI TREND MODE KALAU KAUM HOMO SEBAGAI ORANG-ORANG YANG SENGAJA /NIAT MENYESATKAN DIRI.....JANGAN MENCARI JALAN PEMBENARAN DI GEREJA KARENA SUBSTANSINYA JELAS BERTOLAK BELAKANG.
edy's picture

TENANG - TENANG - TENANG OBAT HOMO UDAH ADA

MENYANGKAL DIRI.
Cimot's picture

Homoseksual Kristen Koq kesannya dihakimi

Menarik sekali melihat brand name dari blog ini dengan nama SABDA Space, di benak saya sebelum membaca komentar-komentar saya kira members nya termasuk orang yang telah memahami ke-kristenan dengan benar dan mengerti apa arti agama itu sebenarnya. Perkenalkan saya nara sumber dari topik ini yang diwawancarai Reformata, dan saya katakan semua percakapan saya diatas adalah benar apa adanya jadi jangan ad diantara kita yang berpikiran sempit dan seolah kurang educated sehingga keluar kata -kata "majalah goblok". Kemudian ada yang mengatakan lebuh baik orang sesat... memang ada apa dengan orang yang homoseks seperti saya.. apakah Tuhan Jesus hanya milik orang heteroseks ? Tuhan Jesus juga milik orang biseks, lesbian, waria, kalau kalian mengklaim seolah-olah diluar heteroseks adalah bukan pengikut Kristus .... wah kasihan sekali cara berpikir kalian seperti itu... Kalian yang seolah-olah menyalahkan Tuhan, mengapa saya katakan demikian... karena Jesus datang untuk menyelamatkan seluruh ummat manusia , bukan hanya menyelamatkan yang heteroseks saja kawaaaan. Jadi saran saya begini tenman-teman.... kalau wawasan kalian belum memahami apa yang dimaksud dengan seksualitas dengan benar mendingan kalian berembug bersama lalu kalian atur waktu kapan ... dimana... lalu kita diskusi bersama ... dan saya akan berbagi ilmu dengan kalian mengenai seksualitas karena mungkin aja anda seorang biseks atau homoseks yang homofobia, atau memang heteroseks. Kalau menurut saya penyajian reformata sudah bagus sesuai dengan apa adanya, dan mereka mencoba membuka cakrawala : Bagaimana sikap gereja supaya jemaatnya tidak lari dari gereja hanya karena perbedaan orientasi seks yang dimiliki. Nah... kalau kalian ada niat yang baik silahkan hubungi saya dan saya dengan sukarela akan memberikan sessi What is sexuality in medical, social , culture and religion perspective. Terima kasih salam dalam Kristus. Dr.Mamoto Gultom MPH ( Activist HAM)
hai hai's picture

Homoseksual NAJIS di Mata Allah

JF, Reformata adalah tabloid Kristen, untuk mengetahui siapakah mereka menrut mereka anda dapat klik di sini.

Tanpa mengurangi rasa hormat, JF, menurut saya, kita tidak boleh menghakimi orang berdasarkan asumsi. Ada baiknya kita membaca artikelnya secara lengkap dahulu baru memberikan penilaian. Menurut saya, tulisan Kingheart hanya memberi informasi yang cukup untuk menilai Dr. Mamoto Gultom namun tidak cukup untuk menilai tabloid Reformata. Walaupun yang anda katakan berdasarkan asumsi anda benar, apabila Tabloid Reformata tidak MENGAMBIL sikap, maka itu berarti mereka adalah MAJALAH GOBLOK, namun nampaknya kita belum bisa menarik kesimpulan demikian sejauh ini.

Freya, apa yang anda katakan benar. Saya suka dengan kalimat-kalimat yang anda gunakan untuk mendefinisikan orang TERSESAT dan orang YANG MENYESATKAN. Dr. Mamoto Gultom dengan pernyataan-pernyataannya tersebut di atas MEMANG bukan orang yang TERSESAT namun dia adalah orang YANG MENYESATKAN.

Dr. Mamoto Gultom, anda mengaku sebagai orang yang diwawancarai oleh Tabloid Raformata dan anda juga menjamin bahwa apa yang dikutip oleh Kingheart itu benar adanya. Anda menulis:

Perkenalkan saya nara sumber dari topik ini yang diwawancarai Reformata, dan saya katakan semua percakapan saya diatas adalah benar apa adanya jadi jangan ad diantara kita yang berpikiran sempit dan seolah kurang educated sehingga keluar kata -kata "majalah goblok". Kemudian ada yang mengatakan lebuh baik orang sesat... memang ada apa dengan orang yang homoseks seperti saya.. 

Dr. Mamoto Gultom yang terhormat, tanpa mengurangi rasa hormat, anda mengajak para blogger di komuntias ini untuk tidak berpikiran sempit dan berprilaku seolah kurang educated. Himbauan yang manis, namun sayangnya prilaku anda sama sekali tidak mencerminkan bahwa anda adalah orang yang berpikiran luas dan educated. Silahkan baca tulisan saya di atas sehingga anda dapat mengerti, kenapa saya menilai anda demikian.

Anda bertanya, memang ada apa dengan orang yang homoseks seperti anda? Anda BERZINAH! Anda mau tahu alasan saya menilai anda demikian? Silahkan klik di sini. Sebagai lelaki yang berhubungan SEX dengan lelaki, anda NAJIS di hadapan Allah. Anda mau saya menunjukkan ayat-ayat Alkitabnya? Ah, nampaknya anda sudah tahu semua ayat-ayat itu, namun tentu saja anda sudah MENERJEMAHKANNYA dengan KONTEKS kekinian. Ha ha ha ha ha … Ngawur … Ngawur … Ngawur…. Tuhan ampunilah dia karena dia tahu apa yang dilakukannya.

Pendeta dan jemaat, saat ini welcome dengan kehadiran kami di kala beribadah. Artinya di lingkungan mana pun kehadiran kami telah diterima (Sahertian menimpali dengan kata kata: Artinya ketika di gereja kami juga pintar pintar menempatkan dirilah. Jangan pula kita ke gereja berpakaian ala gay, dengan pakaian berbulu bulu misalnya....)

Bila anda membaca kalimat-kalimat tersebut di atas dengan telita, nampak jelas bahwa pernyataan pasangan homoseks anda mengkhianati penyataan anda bukan?

Ya, terlalu radikal mungkin bila pernyataan saya seperti itu. Tetapi saya menyadari bahwa Firman Tuhan yang tersurat di Alkitab tidak bisa diubah. Misalnya peristiwa Sodom dan Gomora dan kisah Jonathan yang ditulis begitu indah. Sodom dan Gomora, jika ditafsirkan adalah perang dalam rangka mengurangi atau mengontrol jumlah penduduk. Artinya Tuhan menciptakan manusia dengan beragam warna. Di situ saya katakan bahwa kita (homoseksual-Red) tercipta oleh anugerah Tuhan. Jadi ketika kita menafsirkan Alkitab. mesti diterjemahkan dengan konteks kekinian.

Dr. Mamoto Gultom yang terhormat, tanpa mengurangi rasa hormat, saya sudah banyak bertemu dengan orang-orang yang salah dalam memahami kisah persahabatan Daud dan Jonathan serta Sodom Gomorah. Namun harus saya akui CARA anda menerjemahkannya dengan konteks kekinian adalah yang paling NGAWUR dan SESAT. Manafsirkan kisa persahabatan Daud dan Jonathan sebagai hubungan HOMOSEKS dan kisah pemusnahan Sodom gomorah sebagai program Keluarga Berencana? Ha ha ha ha ha …. Harus diakui, pikiran anda memang LUAS namun nampaknya anda sama sekali tidak educated. Ha ha ha ha ….

Beranak cuculah, memang Tuhan mengatakan seperti itu. Tapi kan Dia sudah menciptakan homoseks untuk mengontrol jumlah penduduk.

Tidak. Jika pilihan, maka boleh dong memilih mayoritas. Gay itu kan ada karena ciptaan.

Ha ha ha ha ha ha … Dr. Mamoto Gultom yang berpikiran LUAS dan EDUCATED, apabila anda mengucapkan kalimat-kalimat tersebut ketika diwawancarai tabloid HUMOR, maka saya tidak akan ngakak, namun anda mengucapkannya ketika diwawancarai oleh Tabloid, Reformata, tabloid Kristen. Ha ha ha ha ha … Sejak kapan anda mengangkat diri jadi NABI sehingga merasa BERHAK menyampaikan wahyu baru? Ha ha ha ha ha …

Dewasa ini ada kebangkitan agama agama. Anda mempunyai natur homoseksual, bisa jadi gereja menolak secara frontal. bagaimana anda menyikapinya?

Saya hanya serahkan kepada Tuhan. Alangkah bahayanya apabila pola pikir gereja seperti itu. Lalu, bagaimana dengan fungsi gereja sebagai cerminan sosial.

Anda menyerahkan kepada Tuhan? Apabila anda menyerahkan kepada Tuhan MUSTAHIL anda menafsirkan kisah Sodom dan Gomorah sebagai programkeluarga berencana dan MENGANGKAT diri menjadi NABI lalu menyampaikan wahyu baru bahwa homoseksual adalah program keluarga berencana versi Allah. Gereja Kristen menjadikan Alkitab sebagai STANDARD kebenaran Allah. Apa yang SESAT menurut Alkitab HARUS dinyatakan SESAT oleh GEREJA. Itulah FUNGSI sosial GEREJA Kristen! Anda mau mengubahnya? Selain harus berhadapan dengan orang Kristen anda juga harus berhadapan dengan Allah.

Apakah Tuhan Jesus hanya milik orang heteroseks ? Tuhan Jesus juga milik orang biseks, lesbian, waria, kalau kalian mengklaim seolah-olah diluar heteroseks adalah bukan pengikut Kristus .... wah kasihan sekali cara berpikir kalian seperti itu... Kalian yang seolah-olah menyalahkan Tuhan, mengapa saya katakan demikian... karena Jesus datang untuk menyelamatkan seluruh ummat manusia , bukan hanya menyelamatkan yang heteroseks saja kawaaaan.

Dr. Mamoto Gultom  yang terhormat, Tuhan Yesus adalah TUHAN. Dia bukan milik siapapun, Dialah yang memiliki alam semesta dan dia menyatakan dengan JELAS dan TEGAS bahwa kaum homoseksual NAJIS di hadapanNya. Anda benar, Yesus Kristus datang untuk menyelamatkan manusia, karena itu, BERTOBATLAH!

Jadi saran saya begini tenman-teman.... kalau wawasan kalian belum memahami apa yang dimaksud dengan seksualitas dengan benar mendingan kalian berembug bersama lalu kalian atur waktu kapan ... dimana... lalu kita diskusi bersama ... dan saya akan berbagi ilmu dengan kalian mengenai seksualitas karena mungkin aja anda seorang biseks atau homoseks yang homofobia, atau memang heteroseks.

Anda sungguh baik, namun kenapa anda sendiri tidak berpikir bahwa wawasan anda yang belum memahami ajaran Alkitab? Kenapa anda tidak berembuk bersama kawan-kawan yang lain lalu membaca tulisan-tulisan di pasar Klewer ini sehingga dapat memahami ajaran Alkitab yang BENAR? Anda jangan khawatir, ketika saya menulis ini, di sini ada 2.587 tulisan original yang membahas apa saja dengan menjadikan Alkitab sebagai STANDARD kebenaran. Di samping itu, saya juga akan dengan senang hati membagi pengetahuan saya tentang ajaran Alkitab sehubungan dengan seksualitas, karena mungkin saja anda dan teman-teman anda yang biseks atau homoseks atau lesbian BELUM paham tentang ajaran Alkitab sejati. 

Kalau menurut saya penyajian reformata sudah bagus sesuai dengan apa adanya, dan mereka mencoba membuka cakrawala: Bagaimana sikap gereja supaya jemaatnya tidak lari dari gereja hanya karena perbedaan orientasi seks yang dimiliki.

Dr. Mamoto Gultom yang berpikiran luas, nampaknya anda sama sekali tidak paham apa yang disebut gereja. Gereja tidak akan PEDULI bila jemaatnya yang najis lari dari gereja. Bahkan gereja yang benar akan mengucilkan jemaatnya yang berlaku najis. Gereja yang tidak berani MENYATAKAN bahwa homoseksual adalah NAJIS di mata Allah, bukan gereja Kristen sejati.

Nah... kalau kalian ada niat yang baik silahkan hubungi saya dan saya dengan sukarela akan memberikan sessi What is sexuality in medical, social , culture and religion perspective. Terima kasih salam dalam Kristus. Dr.Mamoto Gultom MPH ( Activist HAM)
 
Dr.Mamoto Gultom MPH (Activist HAM) bila anda ingin mengunggah tulisan di Komunitas ini, silahkan. Namun satu hal yang perlu anda ketahui, di sini Alkitab menjadi STANDARD kebenaran. Saya tidak membenci homoseksual, saya bergaul dengan kaum homoseksual, saya memiliki beberapa sahabat homoseksual, namun mengenai ajaran Alkitab tentang homoseksual, saya tidak pernah KOMPROMI. Apa yang tertulis di Alkitab, itulah yang saya yakini sebagai standard kebenaran.   
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

erick's picture

Kesan pertama begitu tidak mengenakkan

Bapak Cimot, perkenalkan saya erick, bloger yang selalu bermasalah dengan subjek ini. Tangannya guatel bukan main, emosinya meluap-luap cuma gara-gara pernah bermasalah dengan kehidupan yang bapak jalani sekarang ini.

Erick Cuma nick name. Tapi ada cerita kenapa pake nama itu. (basa basi ini saya maksudkan agar bapak tau saya apresiasi cara bapak memperkenalkan diri, dan cara bapak mengaku bahwa percakapan anda yang direkam majalah reformata benar adanya) 

Saran bapak: “Jadi saran saya begini tenman-teman.... kalau wawasan kalian belum memahami apa yang dimaksud dengan seksualitas dengan benar” 

Saya membuka wawasan saya untuk hal ini dengan cara yang benar, karena saya harus mencinta kebenaran dan hanya satu lain dari itu, yaitu menghormati Tuhan.

Bagaimana sikap gereja supaya jemaatnya tidak lari dari gereja hanya karena perbedaan orientasi seks yang dimiliki. Mari kita berbicara apa yang benar. Bapak mengasolutkan sesuatu yang tidak absolut itu salah pak. 

Adakah kerugian gereja ketika jemaatnya lari?Siapakah jemaat itu? Siapakah jemaat yang bapak maksud?

Apakah gereja itu? Tidak baik meeliminir arti kata gereja, kemudian menggunakan kata Gereja untuk dipakai pada kalimat ..... Bagaimana sikap gereja supaya jemaatnya tidak lari dari gereja hanya karena perbedaan orientasi seks yang dimiliki.

 

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

c0nrad's picture

nice

Saya setuju dengan anda Dr. Mamota Gultom.

Saya juga merupakan seorang homokseksual. Dulunya saat saya masih mengira bahwa Tuhan hanya mengasihi orang heteroseksual, saya sangat membenci diri saya sendiri. Namun pada suatu ketika, saat saya disadarkan bahwa :

" Keselamatan merupakan anugerah oleh Tuhan saja. Apabila engkau mendaparkannya, itu bukanlah karena kelebihanmu, kehebatanmu, ataupun hasil usahamu. Itu semua merupakan anugerah semata dari Tuhan. Jadi jangan ada yang memegahkan diri oleh anugerah yang didapatnya"

Itulah hal yang membukakan pikiran dan hati saya. Sejak saat itu, saya mulai menerima diri saya apa adanya dan PERCAYA ATAU TIDAK, hubungan saya dengan Yesus, JAUH lebih baik dari sebelumnya. Karena saya tahu, walaupun seluruh dunia menolak saya atau membenci saya karena orientasi seksualitas saya, Tuhan tetap mengasihi saya apa adanya. Hanya DIA satu-satunya yang dapat menjadi penopang hidup saya. Oleh karena itu, saat ini saya memiliki kehidupan yang SANGAT JAUH lebih baik dari sebelumnya.

Bagi teman-teman yang juga merasa bergumul dalam masalah homoseksualitas dan kekristenan, dapat menghubungi saya untuk berbincan-bincang dan bertukar pikiran. Silahkan kontak saya melalui pm di forum ini atau dengan email : c0n_rad@hotmail.com. Semoga kita dapat saling menguatkan satu sama lain. Terima Kasih. GBU ALL..

edy's picture

@CIMOT

SAYA SETUJU DGN ANDA. YESUS DATANG UNTUK SEMUA ORANG BAIK ITU HETERO, HOMO ATAUPUN YG LAINNYA. TAPI BUKAN BERARTI DIA SETUJU DGN PERBUATAN HOMO ITU. DIA DATANG UNTUK KITA SUPAYA KITA YG BERDOSA MENGAKUI DOSA KITA DENGAN MULUT KITA DAN PERCAYA DGN HATI KITA. DAN DIA MENAWARKAN KPD KITA UNTUK YG NAMANYA KESELAMATAN. KALAU ANDA MAU ITU TENTU ADA CARANYA YAITU : SANGKAL DIRI PIKUL SALIB IKUTI YESUS. GBU OH YA SAYA MINTA MAAF UNTUK SAUDARA KEMBAR SAYA YG KOMENTNYA MAJALAH GOBLOK ITU.
Penonton's picture

@cimot: bagaimana kalau berbagi di SabdaSpace?

Salam Dr Mamoto Yth,

Sungguh senang anda bisa menuliskan komentar anda di SabdaSpace alias Pasar Klewer ini. Pertama-tama ijinkanlah saya mengucapkan selamat bergabung dengan Pasar Klewer, Blog komunitas Kristen, dimana anda bisa berbagi dan belajar baik santai maupun serius.Silahkan menuliskan komentar-komentar anda,ataupun mungkin menuliskan blog anda sendiri.Saya yakin bahwa Pasar Klewer akan  mampu memberikan anda pengalaman yang berbeda daripada blog-blog Kristen lainnya.

Saya menyarankan anda untuk juga melihat blog FAQ yang akan menjelaskan mengenai peraturan pasar klewer kepada anda.Setelah itu,silahkan kiranya jika anda mau sekedar melihat-lihat ataupun juga menuliskan komentar anda.Pasar Klewer, saya yakin akan menerima anda dengan senang hati.

Hal lain yang akan saya sampaikan adalah mengenai para pedagang di pasar klewer ini, yang mempunyai berbagai macam tingkatan dan juga kharakter yang berbeda-beda.Ada yang merupakan siswa sekolah menengah,atau anda juga bisa menemukan tulisan-tulisan profesional muda, atau mungkin juga tulisan-tulisan dari pakar-pakar yang ahli dalam bidangnya.Silahkan menuliskan apa yang anda anggap benar dan anda mewakili opini pribadi anda, silahkan juga membuat sanggahan jika anda tidak setuju dengan salah satu tulisan yang anda baca.Selama anda mematuhi segala peraturan dan tata cara Klewer,saya yakin anda akan menemukan hal-hal yang menarik di pasar Klewer ini.

Sekali lagi, silahkan berkeliling,dan semoga anda menemukan dagangan yang anda suka.Anda juga dipersilahkan untuk menjual dagangan anda,jika anda mempunyai "sesuatu" yang anda rasa bisa dibagikan kepada warga Klewer.Kita selalu saling berbagi di komunitas ini, "anda belajar dari kami,dan kami belajar dari anda".Hindari kepura-puraan dan hormati kejujuran serta keterbukaan, itulah yang kami jalankan di pasar Klewer.

Semoga Tuhan memberikan kesempatan dan waktu yang cukup kepada anda,untuk berkenalan dengan para pedagang lainnya di pasar Klewer ini. 

Selamat datang bung Cimot.

From OZ....far...far...away..

 

__________________

xxx

Cimot's picture

Terima Kasih Penontooooooon

Salam untuk OZ..... Terima kasih atas infonya ... sebenarnya tujuan dari komentar saya di atas bukan bermaksud jelek, akan tetapi bagaimana supaya forum ini menghasilkan suatu pemikiran yang sifatnya membangun, memang sulit kita hindari akan terjadi benturan yang disebabkan perbedaan pola berfikir atau wawasan yang masih harus ditingkatkan dari para peserta yang gabung , tapi itu bukan menjadi hambatan justru itulah tantangan yang harus kita hadapi. Oleh karena itulah maka saya coba buka front di atas bukan bermasksud marah, akan tetapi itulah cara batak , bagaimana mendidik pada murid supaya pintar-pintar dan bisa memahami segala persoalah dengan jernih dan bijaksana sebagaimana yang Tuhan inginkan " Takut akan Tuhan adalah permulaan segala ilmu pengetahuan dan pengetahuan orang kudus adalah kebijaksanaan Ams:9;10." Saya akan berkeliling sesuai dengan ajakan anda dan sekali lagi thanks buaaaaanget buat kalian semua. In Jesus Love Mamoto Gultom
Penonton's picture

@Dr Mamoto : We Please You...well came to klewer.

Kepada Yth Dr Mamoto, Terima kasih atas respon positif yang anda berikan. Selamat menimati kunjungan anda bung Cimot. From OZ....far...far...away..
__________________

xxx

Liesiana's picture

@ Cimot

Sdr Mamoto yang berpandangan luas, Saya memang bukan orang yang suci dalam arti tidak pernah melakukan kesalahan. Saya ingin berpendapat kalau saya tidak setuju homoseks yang sdr setujui, salah satu dasarnya adalah Roma 1 : 26 TB : Demikian juga suami-suami meninggalkan persetubuhan yang wajar dengan isteri mereka dan menyala-nyala dalam berahi mereka seorang terhadap yang lain, sehingga mereka melakukan kemesuman, laki-laki dengan laki-laki, dan karena itu mereka menerima dalam diri mereka balasan yang setimpal untuk kesesatan mereka. Sodom dan Gomora tidak bisa ditafsirkan sebagai alat pengontrol jumlah penduduk, itu pengertian ngawur karena memang tidak benar seperti itu. Kota Sodom dan Gomora dimusnahkan Tuhan karena di sana banyak penduduknya dan hampir semuanya mempraktekan perilaku seks yang tidak wajar, termasuk homoseks, lesbian dan lain-lain. Yang wajar adalah seks antara pria dan wanita yang bukan kerabatnya. Apakah anda homoseks, kalau benar demikian janganlah jadi homoseks. Bacalah tulisan hai hai tentang homoseks di sini
erick's picture

erick

Kali ini erick mau jadi pembaca aja ah......, Tahan emosi, jaga emosi,..... tapi tetep jualan ..... :)
__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

anakpatirsa's picture

Nimbrung

Jijik... bukan karena apa-apa. Hanya jijik ... karena ada yang suka... sesuatu yang mirip ... punya dia sendiri. Ha .. ha.. ha... Mohon maaf jika ada kata-kata yang salah... atau tidak pantas.. Tapi.... Peduli amat!
Cimot's picture

Jawaban untuk saudara Leisiana

Saudara Leisiana: Kalau berdiskusi saya sarankan jangan ke-kanak-kanakan yaaa dengan mengatakan saya yang berpikiran luas, kita harus dewasa dan harus bisa mendengarkan pendapat orang lain he..he... Saya katakan berpikiran sempit, karena dalam forum singkat ini kesan saya , kalian memakai ruang lingkup agama tapi kalian tidak tau apa esensi agama itu sebenarnya, kenapa demikian karena kalian mencoba menghakimi orang dengan mengambil sepotong ayat tanpa kalian sadari bahwa setiap kalimat yang tertulis dalam Alkitab tidak bisa dipisah-pisahkan mulai dari Perjanjian Lama hingga Perjanjian Baru. Yach saya tidak bisa salahkan karena umumnya pendeta sering bertindak demikian, makanya diikuti oleh jemaatnya. Nah untuk itu coba anda merenung dan anda baca Alkitab mulai Kejadian sampai Wahyu ( dengan catatan jangan hanya baca tapi anda harus mengerti apa yang anda baca), maka anda akan sadar ... dan ini tidak perlu saya utarakan apa yang saya dapatkan waktu melakukan hal yang demikian... harus anda alami sendiri.. dan oleh karena pengalaman itulah saya tetap percaya pada Tuhan Yesus tidak meninggalkanNya menjadi atheis. Saya adalah homoseks , adalah hak anda untuk menyarankan agar saya tidak homoseks , namun saya adalah saya dan saya berhak untuk tetap homoseks sebagaimana saya tercipta, dan anda adalah heteroseks sebagaimana anda tercipta , dan itu adalah hak anda. Kalau anda sadari dengan membaca ayat yang sepenggal di atas apa artinya? Artinya keberadaan homoseks ada dari dulu , kini , dan yang akan datang , ditulisnya kisah antara percintaan homoseks di PL dan PB adalah menunjukkan eksistensi dari homoseks , jadi kehadiran homoseks adalah penggenapan firman Tuhan, kalau sekarang tidak ada homoseks berarti firman Tuhan tidak genap , bukankah Alkitab itu berlaku selamanya? Buat yang nimbrung dan merasa jijik, hah..ha..ha..walaupun saya homoseks , tapi saya tidak pernah merasa jijik melihat vagina, karena semua jenis kelamin adalah ciptaan Tuhan. Sebagai homoseks saya sangat menghormati perempuan sepanjang perempuan itu sadar bahwa dia di-empu-kan. Salam Mamoto Gultom
hai hai's picture

Jawaban Untuk Dr. M Gultom

Dr. Mamoto Gultom, sebelum anda menyarankannya kepada orang lain, sebaiknya anda introspeksi dulu. Mustahil menyarankannya kepada orang lain sementara anda tidak mampu melakukannya.

Saya katakan berpikiran sempit, karena dalam forum singkat ini kesan saya , kalian memakai ruang lingkup agama tapi kalian tidak tau apa esensi agama itu sebenarnya, kenapa demikian karena kalian mencoba menghakimi orang dengan mengambil sepotong ayat tanpa kalian sadari bahwa setiap kalimat yang tertulis dalam Alkitab tidak bisa dipisah-pisahkan mulai dari Perjanjian Lama hingga Perjanjian Baru.

Dr. Gultom, apabila anda MENILAI kami berpikiran sempit dan tidak mengerti apa esensi agama dan sembarangan menghakimi dengan ayat sepotong-sepotong, seharusnya anda SADAR bahwa tanpa menunjukkan KESALAHAN pemahaman kami dan memberikan PEMAHAMAN yang benar, maka kami akan selalu jatuh pada kesalahan yang sama. Karena kami tidak tahu secara persis KESALAHAN kami dan tidak tahu HAL yang BENAR.

Yach saya tidak bisa salahkan karena umumnya pendeta sering bertindak demikian, makanya diikuti oleh jemaatnya.


Dr. Gultom, ketika anda menilai kami berpikiran sempit, maka pada saat yang sama anda sedang membanggakan diri tidak berpikiran sempit. Nah, izinkan saya bertanya, Saya tidak tahu berapa jumlah pendeta di Indonesia dan berapa di antaranya yang bertindak demikian. Anda yang tidak berpikiran sempit pasti tidak asal tuduh bukan? Apakah anda tahu jumlah pendeta di Indonesia dan anda punya data tentang pendeta-pendeta yang bertindak demikian sehingga menarik KESIMPULAN demikian? Bila anda tidak punya DATANYA, bukankah pikiran anda sama bahkan lebih sempit dibandingkan kami? Apabila demikian, dengan apa kami menggelari anda? Berpikiran luas atau berpikiran sempit? Anda berdiskusi secara DEWASA atau Kekanak-kanakan? Ho ho ho ho ho …

Nah untuk itu coba anda merenung dan anda baca Alkitab mulai Kejadian sampai Wahyu (dengan catatan jangan hanya baca tapi anda harus mengerti apa yang anda baca), maka anda akan sadar ... dan ini tidak perlu saya utarakan apa yang saya dapatkan waktu melakukan hal yang demikian... harus anda alami sendiri.. dan oleh karena pengalaman itulah saya tetap percaya pada Tuhan Yesus tidak meninggalkanNya menjadi atheis.

Dr. Gultom, apabila anda sudah membaca Alkitab seperti yang anda anjurkan, kenapa tidak menuliskan apa yang anda pahami sehingga kami dapat memahaminya juga? Anda percaya pada Tuhan Yesus, itu bagus, namun apa HEBATNYA? Iblis dan roh-roh jahatnya juga percaya pada Tuhan Yesus. Anda tidak atheis, apa hebatnya? Iblis dan roh-roh jahatnya juga tidak Atheis!

Saya adalah homoseks, adalah hak anda untuk menyarankan agar saya tidak homoseks, namun saya adalah saya dan saya berhak untuk tetap homoseks sebagaimana saya tercipta, dan anda adalah heteroseks sebagaimana anda tercipta, dan itu adalah hak anda.
 
Dr. Gultom, tolong jangan menambah apa yang tidak ada. Adakah blogger di sini yang menyarankan agar anda tidak homoseks? Tolong anda ceck lagi. Anda mau menjadi homoseks itu hak anda, itu sebabnya tidak ada blogger yang menyarankan agar anda tidak homoseks. Anda yakin diciptakan sebagai homoseks, itu hak anda. Tidak ada yang peduli dengan keyakinan anda itu, juga tidak ada yang menyatakan bahwa itu bukan hak anda. Namun masalahnya menjadi lain ketika anda menyatakan KEYAKINAN anda itu sebagai ajaran Alkitab.

Kalau anda sadari dengan membaca ayat yang sepenggal di atas apa artinya? Artinya keberadaan homoseks ada dari dulu, kini, dan yang akan datang, ditulisnya kisah antara percintaan homoseks di PL dan PB adalah menunjukkan eksistensi dari homoseks, jadi kehadiran homoseks adalah penggenapan firman Tuhan, kalau sekarang tidak ada homoseks berarti firman Tuhan tidak genap, bukankah Alkitab itu berlaku selamanya?

 
Anda benar, Alkitab banyak mencatat kisah tentang homosek dan lesbian dan anda juga benar, homoseksual sudah ada sejak purbakala. Namun, tolong jangan lupa, Alkitab juga mencatat bahwa Allah MENILAI homoseksual itu NAJIS. Itu sebabnya Allah mengutuknya dan menghukum para homoseksual yang tidak mau BERTOBAT. Anda menganjurkan agar kami tidak memahami Alkitab sepotong-sepotong, namun kenapa anda memotong-motongnya?
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

erick's picture

PERSONEL HOMO TIDAK MEMILIKI HAK

Dear bung hai,

Cimot tidak memiliki hak untuk menjadi homoseks kecuali pilihan yang diberi kepadanya. Dia memiliki pilihan itu. Pilihan yang deta selalu sebut sebagai freewill. 

Memang harus ditemukan kontradiksi seperti ini pada seorang cimot. Ia sebagai aktivis HAM, mengusung homo sebagai hak. Karena ia pandai dalam hal ini, ia memahami benar hak asasi manusia, Ia paham benar apa itu homo dan ingin mendapatkan hak asasi itu. 

Homo bukan hak. Sekali-kali bukan hak. Apa yang mendasari homo dipatenkan menjadi hak. Hak paten apa yang diandung dari homo itu sendiri. Apa hak sebagai homo? 

Pak cimot, saya mau belajar apa yang bapak tau tentang hak menjadi homo. Jangan buat saya menjadi lebih bodoh, karena ketika menulis saya mau belajar, saya sungguh-sunguh melepaskan preasumsi, dan pengetahuan lain yang saya tahu bahwa tidak ada yang disebut dengan hak menjadi homo.  

Ini tuntutan saya kepada anda di situs ini, bapak cimot yang terhormat, yang pada awal memberikan komentar disitus ini dengan menawarkan:

“kalau kalian ada niat yang baik silahkan hubungi saya dan saya dengan sukarela akan memberikan sessi What is sexuality in medical, social , culture and religion perspective”.

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

Liesiana's picture

Ketika saya mengatakan anda

Ketika saya mengatakan anda berpandangan luas, hal ini memang pendapat saya. Apa alasannya, karena saya melihat anda bergelar Dr, suatu gelar yang tinggi dalam akademik yang saya sendiri belum mencapainya. Saya mengagumi dosen-dosen saya yang rata-rata bergelar Dr. Mereka pandai, berpandangan luas dan tidak picik. Kalau saya memuji mereka dengan mengatakan berpandangan luas, mereka dengan rendah hati mengatakan bahwa mereka tidak merasa pandai, saya hargai jawaban mereka. Berarti mereka tidak sombong walaupun saya mengatakan pendapat saya yang sebenarnya dengan tulus.

Saya memuji orang sesuai pendapat saya, mengapa saya dikatakan tidak bersikap dewasa dan kekanak-kanakan.

Banyak teman saya pria atau wanita, saya puji sesuai kelebihan yang mereka punyai, banyak juga yang saya katakan mempunyai pandangan luas dan pandai, mereka mengucapkan terimakasihnya pada saya. Sebagau guru sma saya seringkali dengan tulus memuji murid-murid saya atas hal positif yang sudah mereka lakukan, mereka senang dan termotivasi.

 Ok anda punya freewill, anda sebaiknya mengarahkan kehendak anda sesuai kehendak Allah yang bisa kita baca di Alkitab.

Teman-teman di SS ini menerima anda sebagai saudara. Kita semua saling menasehati kalau tahu temannya melakukan kesalahan dan dosa. Tahukah anda, saya juga sering dinasehati oleh teman-teman di sini. Saya belajar untuk menerima dan memikirkan teguran itu. Rata-rata kalau kupikir, teguran itu benar adanya, saya memutuskan untuk mengikuti saran teman-teman di sini setelah saya pikir dan saya  renungkan berkali-kali.

Sdrku, saya menyampaikan apa yang saya baca sebagai kebenaran di Alkitab. Anda berhak untuk tetap pada sikap anda dengan segala konsekwensinya, apakah anda siap. Tentang pendapat anda, dasar Alkitabnya di kitab apa, supaya saya bisa membacanya dan kalau anda bersedia kita mendiskusikannya. Kalau anda sudah login ke SS tentu anda mau kalau kita berdiskusi. 

Dari Alkitab saya menyimpulkan kalau Allah tidak merestui Homoseks, perselingkuhan heteroseks dan lainnya. Bukan cuma anda, untuk saya yang heterosekspun berselingkuh juga berdosa di hadapan Allah. Marilah kita melakukan yang dikehendaki dan diperbolehkan Tuhan kita. Setuju sdr Mamoto?

 

lucius's picture

pelecehan seksual

Bapak Mamoto Gultom yang terhormat,

Mohon disampaikan kepada rekan Bapak sebagai sesama Ketua Organisasi Homo yakni ke Bapak Dede Oetomo bahwa anak buahnya yang bernama Ko Budiyanto diberi peringatan keras agar tidak menyalahgunakan kekuasaan dan jabatannya untuk melecehkan orang-orang gay yang melakukan konseling/curhat ke LSM gaya nusantara dan juga mengirimkan sms-sms mengajak phone sex

Sudah banyak kejadian yang menimpa mereka yang datang kesana dan mendapatkan perlakuan tidak sebagaimana mestinya. Seandainya hubungan tersebut dilakukan atas dasar 'suka sama suka' tentu tak akan menjadi masalah, tetapi bila ada pemaksaan, bukankah itu termasuk pemerkosaan? bagaimana mungkin organisasi yang kabarnya menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia melakukan pelanggaran ? protes keras telah dilakukan melalui e-mail tetapi tidak mendapatkan tanggapan sebagaimana mestinya 

Terima kasih atas bantuan Bapak

GBU

Lucius

bernAnthony's picture

Shalom Cimot, Ternyata Kita Satu Pandangan Ya..

Sebenarny ak sudah ingin berhenti membicarakan isu homoseksual.. bukannya apa2.. bosan aj.. lagian perbedaan memang anugerah.., dalam hal ini yang ak mksudkan adlh perbedaan pendapat.. tp ketika ak menggunakan analogi yang sama untuk perbedaan orientasi seksual, mayoritas blogger nampaknya dengan satu suara menyanggahnya.. sayang sekali.. seandainya mrk mengerti, mungkin ad banyak orang homoseksual diluar sana yg bisa berbalik dan percaya kepada Yesus.. Ak yakin itu.. Ak juga ad memberikan sedikit komentar dan gagasan mengenai isu homoseksual di blog yang berbeda.. jika Anda tertarik mempelajari gagasan dan ide ku, Anda bisa membaca di blog yang berjudul Apa Salah Aku Menjadi Lesbi, bacalah komentar ku dan Anda akan menemukan gagasan2 yang sama yang juga ak pahami mengenai isu homoseksual ini.. Mudah2han diskusi kita bisa menjadi diskusi yang membangun.. God Bless U Bern Anthony "You can do everything because you're The Hero"
__________________

"You can do everything because you're The Hero"

erick's picture

@bernAnthony mari kita berperkara

Hi bernAnthony,

Kalo ga malu adu jotos sama cewe, mari kita berperkara.

“seandainya mrk mengerti, mungkin ad banyak orang homoseksual diluar sana yg bisa berbalik dan percaya kepada Yesus.. Ak yakin itu..”

Pengandaian yang tak akan pernah terealisasi. Apa lu pikir homoseksual di luarsana berbalik dan percaya kepada Yesus jika blogger kristen disini mengerti. Terus elu yakin kalo pengandaian ini berhasil. Begitu ya. 

Ini gue tulis baik-baik untuk lu baca lagi. Ga akan ada yang mengerti jawaban dari pertanyaan 5W 1H mengenai homoseksual. Bahkan jawaban dari 12 kata tanya sekalipun!

Sekali gw tulis ngomentarin komentar elu yang nulis bahwa elu ngerti perasaan A-The pada saat A-The ga ngerti perasaannya. Elu ngerti apa yang A-The sendiri ga ngerti. 

Homoseks itu salah bernAnthony. Itu harus elu ketahui.

 

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

ely's picture

@Bern Anthony

Dear bern,

ketemu lagi nih...

Sebenarny ak sudah ingin berhenti membicarakan isu homoseksual.. bukannya apa2.. bosan aj.. lagian perbedaan memang anugerah.., dalam hal ini yang ak mksudkan adlh perbedaan pendapat.. tp ketika ak menggunakan analogi yang sama untuk perbedaan orientasi seksual, mayoritas blogger nampaknya dengan satu suara menyanggahnya.. sayang sekali..

Mendapatkan diri memiliki perbedaan pendapat dengan orang lain bukan suatu masalah, karena masing2 manusia memiliki pendapatnya masing2, dan  itu tentunya berdasarkan pada pengalaman, pengetahuan dan pemahamannya mengenai pendapat itu sendiri,

 

seandainya mrk mengerti, mungkin ad banyak orang homoseksual diluar sana yg bisa berbalik dan percaya kepada Yesus.. Ak yakin itu..

 

Kalau hanya sekedar percaya mungkin semua orang juga bisa melakukannya, tapi untuk bisa berbalik 1800  tidak semua orang bisa melakukannya...

 

Ak juga ad memberikan sedikit komentar dan gagasan mengenai isu homoseksual di blog yang berbeda.. jika Anda tertarik mempelajari gagasan dan ide ku, Anda bisa membaca di blog yang berjudul Apa Salah Aku Menjadi Lesbi, bacalah komentar ku dan Anda akan menemukan gagasan2 yang sama yang juga ak pahami mengenai isu homoseksual ini..

Yupz...

kemungkinan seperti inilah kesimpulan yang aku tangkap...

Homo, Lesbi  atau orientasi sex sesama jenis adalah pemberian dari Tuhan...

Tidak sedikit orang berfikir seperti ini...

Fikiran ini tidak salah apabila didasarkan dengan keyakinan dan penerimaan diri bahwa hal itu bukan suatu pelanggaran, kesalahan, pelampiasan, dosa....

Tapi apa pernah ada orang (homo n lesbi) yang bisa menerima kenyataan bahwa tidak ada pertentangan dalam dirinya mengenai orientasi sex yg dia jalani...

 

Mudah2han diskusi kita bisa menjadi diskusi yang membangun..

 

Ya kita saling membangun dan berbagi...

 

GBU too 
__________________

Lakukan segala sesuatu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia ...

KEN's picture

@BA

@BA comment: seandainya mrk mengerti, mungkin ad banyak orang homoseksual diluar sana yg bisa berbalik dan percaya kepada Yesus.. Ak yakin itu.. KEN comment: Justru karena mereka tidak mengerti makanya mereka tidak mau berbalik dan percaya Yesus, bagaimana Anda bisa mengatakan kalimat ini yang sunguh2 menentang firman Tuhan, apakah Anda juga berfirman seperti Tuhan?

>>>=GOD=LOVE=YOU=>>

 

 

 

Aries Yunarta's picture

Boleh - boleh aja

Mau orang Homo jadi Kristen kek, mau orang Kristen jadi Homo kek. Terserah mereka dan keyakinan mereka. Tetapi gw sih yakin ama Firman Tuhan dan dalam 1 Korintus 6 : 9-10 berkata begini :

9 Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, 10 pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

Jadi walau mati - matian ngaku orang Kristen dan jd pengikut Kristus (bahakan ud di akui "gereja"), klo masih suka sesama jenis, tetep aja ngak akan masuk ke Kerajaan Allah.

GBU ALL Laughing

Jesus Love Me and You

__________________

Jesus Love Me and You

c0nrad's picture

bagaimana dengan penipu??

terus bagaimana dong dengan penipu heteroseksual???

saya rasa apabila anda berbohong, walaupun dalam hal yang kecil/sepele, anda juga dapat dikategorikan sebagai penipu dong??

Apa anda bisa menghabiskan sisa hidup anda tanpa berbohong satu kalipun?? Kalau tidak bisa, berarti anda juga ga dapat bagian dong di Kerajaan Allah?? hahaha.. iya dong, logikanya kan gitu...

 

Kenapa HOMOSEKSUAL dibesar2kan?? tapi PENIPU (alias berbohong) disepelekan?? padahal kan Kerajaan Allah itu Suci, ga bisa menerima satu dose pun, termasuk penipu dong, walaupun dia heteroseksual.. ya dong?? hehe.. hayo loh..

 

JAWABANNYA :

Karena Keselamatan ini anugerah TUhan semata. Kita mendapatkan Keselamatan itu karena pemberian cuma-cuma Tuhan, bukan karena kebaikan kita, kelebihan kita, atau bahkan usaha kita untuk menyenangkan Tuhan. Karena percayalah, apapun yang kita lakukan itu tidak bisa membeli keselamatan, kalau tidak Tuhan memberikannya secara cuma-cuma.. Jadi jangan ada seseorang memegahkan diri karena keselamatan yang didapatnya karena itu bukanlah hasil usaha manusia. OK!!

king heart's picture

Deta, anda benar saya kurang

Deta, anda benar saya kurang memberi tanda "" pada judul karena kurang teliti, thanks untuk masukannya Buat JF, benar seperti kata hai tulisan saya tidaklah cukup untuk menerangkan mengenai tabloid Reformata, adapun seperti saya telah tulis, isi blog saya hanyalah cuplikan dari wawancara kepada dr Mamomoto, dan bukankah telah saya tulis sebelumnya bahwa Reformata pada edisi itu telah membahas cukup panjang mengenai homoseksual. Kalau mau lebih lengkapnya mesti anda beli tuh tabloid, cukup bagus dan berimbang kok isi artikel artikelnya. Kepada mr Cimot, tulisan saya hanyalah untuk share kepada saudara saudara di sini yang sangat care kepada para homoseks yang tentunya ditinjau dari kaca mata keKristenan , dan kebetulan topik ini sedang menjadi topik hangat para blogger di sini. Jika anda tidak berkenan dengan ulasan dan pernyataan di sini itu hak anda, tapi perlu digaris bawahi bahwa tulisan yang ada bagaimanapun keras tulisan itu, motivasinya jelas agar semua kembali kepada kebenaran Alkitab. Saya yakin Tuhan mengasihi orang homoseks namun membenci perbuatannya ( homoseks ). GBU
__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

bernAnthony's picture

Alkitab itu Netral koq..

Alkitab, setahu ak tidak pernah secara tegas melarang keberadaan org2 homoseksual kecuali beberapa tanggapan dan kisah mengenai perbuatan homoseksual yg negatif. Dan kisah2 demikianpun harus dipahami dalam konteks historis-nya maupun pesan moral yg ingin disampaikan oleh penulis kitab tersebut.. Demikian pula beberapa ajaran Alkitab yang menyinggung isu mengenai homoseksual, semua ajaran tersebut harus dipahami dalam konteks historisnya.. Dan bukanlah maksud Alkitab untuk berkesimpulan bahwa orientasi seksual sesama jenis adalah Najis.. walaupun ad 1 ayat di buku Imamat yang menyinggung tentang hubungan homoseksual yang Keji di mata Tuhan. Dalam hal ini, lebih baik kita berhati2 memercayai keyakinan kita akan maksud Alkitab agar keyakinan kita tidak dibiaskan oleh anggapan dan asumsi yang juga bias.. Alkitab itu sendiri netral. Ia bisa digunakan untuk maksud yg merusak dan untuk maksud yang baik.. Belajarlah dengan baik dari pengalaman era Abad Pertengahan ketika gereja berkuasa di Eropa.. Apa hasilnya? Berterima kasihlah karena kita tidak hidup di era dan kawasan tersebut. Bersembunyi di balik ayat2 Kitab Suci bukanlah sikap yang baik. Karena disatu sisi, Kitab Suci itu juga hasil karya manusia. Berarti kita juga berdiri pada hasil pemikiran manusia yang notabene juga memiliki keterbatasan. keterbatasan itu salah satunya, mereka (penulis dan redaktur) Alkitab tidak pernah hidup di zaman kita. Shg mrk kurang memahami apa yang kita alami dalam konteks masa kini. Kalau begitu, ini masalah besar... tidak juga, karena Yesus berjanji akan menemani kita melalui Roh Kudus yang akan memimpin kita kedalam seluruh Kebenaran. Jadi ingat, Roh Kudus adalah Roh Kebenaran. Dia yang empunya Kebenaran Mutlak. Argumen, Pendapat, Gagasan kita manusia bukanlah Kebenaran Mutlak sekalipun itu tampaknya didukung oleh Alkitab. Jika hasil pemikiran kita bukanlah Kebenaran Mutlak apa yang harus kita lakukan sekarang? Yang dapat kita lakukan salah satunya adalah menghasilkan pemikiran yang bermanfaat bagi kemanusiaan.. Catatan: Ini bukan paham humanisme sekuler... Thanks.. "You can do everything because you're The Hero"
__________________

"You can do everything because you're The Hero"

Aries Yunarta's picture

komen saya untuk komen anda

Alkitab, setahu ak tidak pernah secara tegas melarang keberadaan org2 homoseksual kecuali beberapa tanggapan dan kisah mengenai perbuatan homoseksual yg negatif.

Ada kok walau tak tersurat (1 kor 6 :9-10)

Dan kisah2 demikianpun harus dipahami dalam konteks historis-nya maupun pesan moral yg ingin disampaikan oleh penulis kitab tersebut..

Demikian pula beberapa ajaran Alkitab yang menyinggung isu mengenai homoseksual, semua ajaran tersebut harus dipahami dalam konteks historisnya..

Kontex histori yg gimana ??

Dan bukanlah maksud Alkitab untuk berkesimpulan bahwa orientasi seksual sesama jenis adalah Najis.. walaupun ad 1 ayat di buku Imamat yang menyinggung tentang hubungan homoseksual yang Keji di mata Tuhan.

Jelas2 anda bilang sendiri ada ayatnya, kok masih ngak di bilang najis. Anda tipe orang yg mengambil ayat Alkitab hanya bagian yg di sukai aja ya?

Dalam hal ini, lebih baik kita berhati2 memercayai keyakinan kita akan maksud Alkitab agar keyakinan kita tidak dibiaskan oleh anggapan dan asumsi yang juga bias..

Sepertinya anda sendiri yg sedang mencoba membiaskan ajaran Tuhan

Alkitab itu sendiri netral. Ia bisa digunakan untuk maksud yg merusak dan untuk maksud yang baik.. Belajarlah dengan baik dari pengalaman era Abad Pertengahan ketika gereja berkuasa di Eropa.. Apa hasilnya?

Berterima kasihlah karena kita tidak hidup di era dan kawasan tersebut.

Emang bener, makanya Alkitab jg mencatat tidak semua orang yg berseru Tuhan2 yang masuk Kerajaan Sorga.

Bersembunyi di balik ayat2 Kitab Suci bukanlah sikap yang baik. Karena disatu sisi, Kitab Suci itu juga hasil karya manusia. Berarti kita juga berdiri pada hasil pemikiran manusia yang notabene juga memiliki keterbatasan.

keterbatasan itu salah satunya, mereka (penulis dan redaktur) Alkitab tidak pernah hidup di zaman kita. Shg mrk kurang memahami apa yang kita alami dalam konteks masa kini.

Kalau anda mengatakan Alkitab adalah hanya hasil pemikiran manusia, maka saya jamin bahwa anda bukanlah Pengikut Kristus Yesus. Karena walaupun ditulis manusia dan diterjemahkan oleh manusia, tetapi yang menjadi nara sumbernya adalah Allah (2 Timotius 3 : 15-16)

Kalau begitu, ini masalah besar... tidak juga, karena Yesus berjanji akan menemani kita melalui Roh Kudus yang akan memimpin kita kedalam seluruh Kebenaran.

Itu benar, semoga anda jg menulis dengan pimpinan Roh Kudus.

Jadi ingat, Roh Kudus adalah Roh Kebenaran. Dia yang empunya Kebenaran Mutlak. Argumen, Pendapat, Gagasan kita manusia bukanlah Kebenaran Mutlak sekalipun itu tampaknya didukung oleh Alkitab.

Benar argumen anda manusia itu terbatas, tapi ingat jg bahwa Alkitab ditulis dengan pimpinan Roh Kudus.

Jika hasil pemikiran kita bukanlah Kebenaran Mutlak apa yang harus kita lakukan sekarang?

Yang dapat kita lakukan salah satunya adalah menghasilkan pemikiran yang bermanfaat bagi kemanusiaan..

maksud anda dengan yg bermanfaat adalah perkataan yg enak didengar dan bisa menarik simpati orang, dan kata2 yang membuat anda menjadi pahlawan orang yg tertindas, tanpa perduli dengan perkataan Allah sendiri, betul begitu??

Catatan: Ini bukan paham humanisme sekuler...

Klo bukan, kok agak mirip ya, hehehehe.......

Thanks..

"You can do everything because you're The Hero"

"You can do everything because God makes you a Hero"

 

GBU ALL

Laughing

 

Jesus Love Me and You

__________________

Jesus Love Me and You

Penonton's picture

@BA: Jangan sok yakin!!!

bernanthony menulis :

Keterbatasan itu salah satunya,mereka (penulis dan redaktur) Alkitab tidak pernah hidup di zaman kita.Sehingga mereka kurang memahami apa yang kita alami  dalam konteks masa kini.

 

Komentar penonton:

 

Sungguh sedih melihat seorang anak muda yang kering akan pengalaman, tapi mempunyai nyali dan percaya diri yang berlebihan sehingga berani untuk mencoba-coba berpidato di depan panggung masyarakat.

Beliau ini tidak menyadari bahwa memberikan pernyataan secara serampangan dan sembrono hanyalah akan mempermalukan dirinya sendiri.Biasanya menonton seseorang yang tidak menyadari dirinya sedang berbuat kesalahan (karena meyakini apa yang dilakukannya adalah benar) adalah tontonan yang menarik.

Eh, anak muda,sombong sekali kau,berani mengatakan bahwa para penulis naskah Alkitab tidak bisa memahami masalah homoseksualitas, hanya oleh karena kau anggap mereka hidup di jaman batu.

Yang namanya homoseksualitas dari jaman dulu sampai sekarang gak ada yang berubah.Mereka masih sama dengan apa yang dicatat oleh Alkitab.Mereka masih mencintai sesama jenis,mereka masih dibenci oleh masyarakat,mereka masih tidak mendapat pengakuan, dan mereka masih saja berusaha membela diri di hadapan Tuhan dengan alasan-alasan yang basi!!! 

From OZ....far...far...away..

__________________

xxx

NoStressInDepress's picture

Nature Act

Belajar dari alam, alam mengajari kita begitu banyak hal. Perihal mengenai sexualitas. Berkacalah dari alam. Jika diamati dari makhluk-makhluk alam yang ada secara klasifikasi khusus, adakah penyimpangan-penyimpangan sexual ? TIDAK saya yakin TIDAK. Apa ada kucing homosex, anjing homosex ? saya yakin TIDAK. Belajarlah dari alam, dalam hal ini saya kira daya alamiah alam mengajar dan menjelaskan peran yang hakiki dengan baik secara KODRATI.

 

*Shallom4Ever@all

__________________

*Shallom4Ever@all

erick's picture

SEPERTI JAMUR YANG MEMBUAT GATAL

 

Guatel juga cuma baca, sabar liat tulisan ngawur.

bernAnthony lu bener-bener bermasalah.

Satu hal ini gw ambil dari penilaian akurat gw, dan dari beberapa bloger sabdaspace. Bahkan elu sendiri memperlihatkannya. Amit-amit cabang bayi!

Gw ga mau merendahkan elu lebih dalam lagi. Elu beri judul komentar dengan “Alkitab itu netral koq...” Ketika elo menulis ini, elo tidak menempatkan Alkitab sebagai sumber kebenaran.

Mati kekeristenan lu! 

“Alkitab itu sendiri netral. Ia bisa digunakan untuk maksud yg merusak dan untuk maksud yang baik.. Belajarlah dengan baik dari pengalaman era Abad Pertengahan ketika gereja berkuasa di Eropa.. Apa hasilnya?Berterima kasihlah karena kita tidak hidup di era dan kawasan tersebut.” 

Kalo elu tau pilosopi babi, inilah yang elo lakukan. "Beterimakasihlah karena tidak hidup di era kawasan tersebut."

Gw kasih tahu elo, era sekarang lebih dan melebihi era abad pertengahan. Gw ga lari dari Alkitab, dan ga bersembunyi dari Alkitab. Ada ditulis di Roma 3 :10 

Mau kamu hasil pemikiran manusia dimutlakkan yah. Engga setuju begitu aja tuh. Ada standarisasi untuk itu. Standarnya ga pernah berubah, yaitu tak lekang oleh ruang dan waktu. Silahkan cari pengetahuan tentang ini. Ini PR yang gw kasih ke elu.

“Bersembunyi di balik ayat2 Kitab Suci bukanlah sikap yang baik. Karena disatu sisi, Kitab Suci itu juga hasil karya manusia. Berarti kita juga berdiri pada hasil pemikiran manusia yang notabene juga memiliki keterbatasan.keterbatasan itu salah satunya, mereka (penulis dan redaktur) Alkitab tidak pernah hidup di zaman kita. Shg mrk kurang memahami apa yang kita alami dalam konteks masa kini.”

Silahkan cari 1 buku -yang ditulis oleh banyak penulis beda era, dgn range 15 abat, menulis satu hal yang sama- yang boleh diuji melewati ruang dan waktu. Gw yakin ga ada kecuali Alkitab orang kristen. Yang diawali oleh Kejadian di perjanjian lama, dan diakhiri Wahyu pada perjanjian baru. Disusun sedemikian rupa menjadi sebuah buku yang dengannya nama Allah dipermuliakan. Hingga kini. 

Akui deh kesalahan komen elu itu. cepat-cepat bernAnthony!

Itu paham humanis materialistis. 

@Aderini, sekarang elo harus lebih berhati-hati atas pengajar-pengajar palsu!

 

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

jesusfreaks's picture

@BA : Gak kapok ya...

Entah lo goblok atau tolol ya. Dari kemarin bilangnya kita tidak menerima kaum homo. SIAPA BILANG ? Gay n homo, silahkan join, mari sama2 memperbaiki diri. Mereka dg kehomoan mereka, gw dg masturbasi gw. Enak gak masturbasi, ENAK TAPI MEMUAKKAN. Lo kok gak paham2, bilang lihat konteks lah. Kalau memang gak ngerti bahasa indonesia, ya ngomong dong. DASAR GOBLOK.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@mamoto : BATAK MEMUAKKAN

Dear lae mamoto, Mau diskusi, silahkan join. Mau sembuh, silahkan join. Merasa sehat, mau didiagnosa silahkan join. Lo mau ngomong dari sisi medis, budaya, sosial tentang homoseks, silahkan join disini. TAPI PAKAI STANDART KEBENARAN TUHAN. Salah satunya ialah ALKITAB. Dimulai dari penciptaan, mengapa Adam tidak bersetubuh dg binatang. Makanya diciptakan Hawa. Itu dulu... Silahkan direnungkan.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@aries : si BA tuh HOMO

Dear aries, Si BA tuh HOMO. Tapi gak mau ngaku, jelas dia MUNAFIK.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Penonton's picture

@BernAnthony: Saya akan menjadi lawanmu....

You dare to said something like that!!!! 

 

BernAnthony saya tidak akan membiarkan anda mempengaruhi orang banyak dengan opini-opini anda.Sungguh sayang anda bertemu dengan saya di Klewer ini, anda sungguh tidak beruntung,karena saya akan menghentikan anda.

Saya melihat bahwa anda masih berkeras dengan apa yang anda percayai, dan mencoba meyakinkan orang lain untuk mengikuti apa yang anda percayai. Saya merasa bahwa pandangan anda akan Alkitab sangat jauh menyimpang daripada ajaran-ajaran yang diajarkan oleh kebanyakan gereja.Apakah anda mendapat pengajaran tersebut dari gereja tempat anda beribadah?Apakah ada yang menjadi pembimbing anda,sehingga anda memperoleh pengajaran yang demikian?

Hal tersebut tidak akan saya biarkan berkelanjutan,dan saya akan menjadi lawan anda dalam perdebatan ini. Saya tidak akan membiarkan gereja dikuasai oleh orang-orang yang berpikiran seperti bernanthony......tidak akan pernah!!!!

Anda benar-benar telah mempunyai pikiran yang sesat, dan adalah mustahil saya menerima anda jika anda masih berpikiran seperti itu.Maaf bernanthony, anda harus menjelaskan tulisan-tulisan anda.

Saya tidak akan lagi berlembut hati kepada anda, karena apa yang anda lakukan sudah merupakan sebuah hal yang melenceng jauh dari batas-batas yang bisa saya toleransi.

Tuntaskan segalanya kali ini......janganlah melarikan diri seperti sebelumnya yang sudah-sudah.....karena saya jamin kali ini tidak akan segampang yang lalu-lalu.

Persiapkan juga tulisan-tulisan yang bermutu, jika kamu tidak mau dipermalukan di pasar klewer!

 

From OZ....far...far...away..

 

__________________

xxx

Dedy Yanuar's picture

wkwkwkwkwkwkwk

Gile, nih topic, lucunya bukan main. sampe gak bisa makan, takut muncrat.

hahaha,  emangnya Tuhan menciptakan Awa (campuran Adam dan Hawa)?

kalau ada kasih tahu di bagian mana, pasal berapa, ayat berapa? sampe jadi gila juga gak bakal ketemu, kalau Tuhan mengciptakan Awa (campuran Adam dan Hawa). Awa (campuran Adam dan Hawa) berasal dari mana? tulang rusuk Adam dicampur sama tulung rusuk Hawa ya? wkwkwkwk 

Ada yg merasa dewasa dan merendahkan orang lain? mas kalau di puji jgn jadi jatuh.

trus ada yg tidak percaya Alkitab, tapi mengakui Kristen? anda yakin punya Roh Kudus? kalau belum ya wajarlah kalau gak percaya Alkitab 100% benar.  kalau gak percaya Alkitab, lebih baik jangan Jadi Kristen.

kakak2 yg masih mau jadi homo ya sudah, tapi ingat ini

"KALAU MASUK NERAKA JANGAN SALAHKAN aku"

dan

"BERTOBATLAH" semoga masih sempat bertobat.

Tuhan Yesus bisa menyelamatkan semua orang yang mau selamat. Amin 

nb: kalau ada yg sakit hati ataupun ketawa, berarti aku sukses. wkwkwkwk

Raissa Eka Fedora's picture

Standard Kebenaran

Saya adalah anak anak umur 14 tahun yang penasaran tentang Alkitab. pak Mamoto yang terhormat, saya sangat senang kenal Anda dari sabdaspace. Bisakah kita saling bertukar pendapat tentang ini secara khusus? Saya ingin membuka kebenaran Alkitab, karena dasar pengetahuan saya tentang Homoseks selalu dari Alkitab. Pemburit dalam ayat yang dikatakan Sdr Aries adalah homoseks, lesbian, dan sejenisnya. ayat tersebut adalah landasan saya mengerti tentang homoseks. Kenapa? karena sampai saat ini tidak ada satupun yang sependapat dengan Anda menggubris semua komentar disini yang berlandaskan ayat itu. Malah membahas ayat lain. Saya ingin mengajak Anda membahas ayat tersebut yang menjadi landasan saya, saya berharap Anda menggubrisnya.

saya yakin ayat yang menjadi dasar keyakinan saya itu tidak tergoyahkan, bila Anda bisa mengoyahkan kayakinan saya tersebut, saya justru akan senang memperdalam Alkitab, dengan catatan, saya  juga akan mencari data-data yang membuktikan kebenaran pendapat Anda dari buanyak sumber, agar saya tidak Tersesat.

@ Bern Anthony: terserah deh kamu mau koment apa, tanggung sendiri akibatnya jika ada pembaca yang menjadi tersesat karena opini yang tidak berlandaskan Alkitab tapi berlandaskan perasaan. tapi coba baca Alkitabmu dulu dengan landasan ketaatan dan ingin mengujinya, karena aku sudah menguji isi Alkitab dan tidak ada kesalahan sedikitpun pada Alkitab, yang bisa membuat aku MURTAD dan malah meneguhkan keyakinanku.

 -anak kecil berbicara, didengarkah?-

__________________

Satu lagi pendapat seorang anak kecil yang tersasar ke dunia orang dewasa dan memberanikan pendapat.
-anak kecil berpendapat, didengarkah?-

y-control's picture

hetero

ikut komen ah, harus ati-ati nulisnya nih..

Kalau di ajaran kristen saya kira lawan dari (praktik) homoseksualitas bukanlah (praktik) heteroseksualitas. Karena perbuatan mesum laki-laki dengan laki-laki dikatakan Paulus sebagai kesesatan, maka praktik hubungan homoseksual lawannya adalah kekudusan. Ketimbang mengotak-ngotakkan diskusi ini berdasar orientasi seksual, menurut saya (dan beberapa orang di sini saya tahu juga sudah menyadari ini) masalah sebenarnya adalah kekudusan (yg di antaranya tmsk kekudusan dalam hal seksual). Dan kalau bicara kekudusan, manusia tidak akan bisa kudus jika tanpa karunia Allah, karena menurut alkitab, manusia nalurinya adalah pada dosa. Dan menurut alkitab lagi, kita sudah ditebus dari dosa.

Jadi, semoga teman2 di sini memang tidak setuju kalau orang tetap mempraktikkan hub seks homo karena itu berarti tidak menghargai karunia untuk hidup kudus seperti dijelaskan di atas. Semoga juga, teman2 di sini juga bukan homophobic yang bahkan tidak segan melakukan kekerasan terhadap para homoseks atau menganggap homoseks sebagai sampah (saya pernah bertemu dan kagum pada pak Dede Oetomo, mengagumi apa yang dilakukan Ben Anderson, Michel Foucault, Truman Capote, Frederico Garcia Lorca, Jose Rizal, Ernest Hemingway, dll tapi bukan karena orientasi seksnya). Semoga teman2 di sini berkomentar karena mereka mengasihi homoseks seperti Tuhan mengasihi dan mau mati bagi mereka dan akan menyelamatkan yang percaya padaNya. Jika memang demikian, saya kira ini bukti kita tidak sedang menginjak-injak nilai kemanusiaan. Nilai kemanusiaan manusia bukan hanya dari orientasi seksnya. Sementara, menurut Alkitab, jika kita menyatakan percaya, berarti kita menaati perintah-Nya, tmsk untuk menjaga diri dari kesesatan (lihat yang disebut Paulus sebagai kesesatan di atas). Jadi, saya setuju pada solusi untuk selibat dan mengasihi sesama tanpa memandang apa yang bisa diberikan orang lain itu pada kita. Itu menurut pengertian yang saya belajar dari Alkitab.

__________________

Bersedih lebih baik dari pada tertawa, karena muka muram membuat hati lega (Pengkhotbah 7:3)

hai hai's picture

Y-Control, Anda Benar-Benar Tidak Menyebelah

Y-control, terima kasih, anda membuka pikiran saya sehingga dapat memahami banyak sekali hal yang selama ini saya pertanyakan.

LAWAN praktik homoseksual adalah KEKUDUSAN, bukan praktik heteroseksual!

Pemahaman yang benar benar Zong (tepat) dan tidak menyebelah sama sekali! 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Penonton's picture

Anak-anak yang dibesarkan oleh pasangan homosek...

Salam para pembaca,

 

Tahukah anda bahwa pasangan-pasangan homosek juga ada yang mendambakan untuk mempunyai keturunan?

Di australia hukum memperbolehkan seorang gay, untuk mengadopsi anak.Mungkin di Indonesia, belum ada yang seperti ini,oleh karena hukum masih membatasinya.Akan tetapi di berapa negara maju, hak-hak kaum gay sudah banyak memperoleh kebebasan.

Yang pertama kali diajukan adalah persamaan hak dalam perkawinan.Kaum gay, meminta agar perkawinan antar sesama jenis dapat diakui oleh hukum negara, dan juga malah ada yang minta diakui oleh badan agama.

Syarat perkawinan terasa kurang jika hanya diakui oleh sebuah hukum negara, oleh karena itu, banyak pasangan gay juga mengajukan permohonan pemberkatan perkawinan di gereja.

Hal ini sudah tentu membuat perpecahan, diantara yang pro dan kontra.Akan tetapi memang sudah terbukti bahwa, beberapa gereja telah memberikan berkat dan persetujuan untuk perkawinan sejenis.

Mungkin banyak diantara kita yang berpikir bahwa masalah itu hanya berhenti sampai disitu saja, anda sungguh salah!

Hal yang kemudian dilakukan oleh pasangan gay adalah memperjuangkan hak-hak untuk mengasuh seorang anak.Entah merupakan anak yang berasal dari rahim pasangan Lesbian, atau anak hasil adopsi yang diangkat anak oleh pasangan Homosek.

Banyak cara agar pasangan lesbian bisa hamil tampa perlu berhubungan sex dengan seorang pria, dan tentunya pasangan homosek juga tidak mau kalah dengan cara mengadopsi anak-anak yang berasal dari orang tua normal.

Masalahnya adalah di kemudian hari, apakah anak-anak yang dibesarkan oleh orang tua yang adalah pasangan sejenis, bisa tumbuh normal dan menjadi orang-orang yang normal? Saya sungguh meragukannya.

Ada seorang anak yang berumur 18 tahun, seorang remaja putri, dan dibesarkan oleh dua orang ibu (sebagai orang tua).Anak tersebut mendapat perlakuan yang buruk ,baik di sekolah, ataupun di lingkungan masyarakat, mengapa? karena anak tersebut berpikiran bahwa hubungan relasi antara manusia yang sejenis adalah hal yang normal ( sesuai contoh dari orang tua mereka ).

Anak ini merasa bingung, karena tubuh'nya memiliki dorongan seksual yang normal (bisa mencintai lelaki, dan tertarik akan lelaki) akan tetapi mempunyai pikiran yang menolak segala hubungan tersebut, dengan alasan tidak sesuai dengan ajaran dan contoh dari orangtuanya.

Saya sering bertanya dalam hati, mencoba berpikir dengan akal sehat saya mengenai anak-anak yang dibesarkan oleh orang tua yang mempunyai gaya hidup homoseksual.Apakah bisa mereka tumbuh menjadi pribadi yang normal? Sedangkan dari bayi, mereka dididik dengan tata cara pergaulan homoseksual.

Saya sendiri tidak pernah merasa jijik bergaul dengan orang-orang gay, karena saya menyadari bahwa mereka juga adalah manusia adanya.Banyak dari mereka mempunyai karir yang baik dan menonjol, jauh melebihi keberhasilan orang-orang non'gay.Di Bandung dulu, salah seorang teman baik saya adalah seorang gay (tertarik kepada lelaki) ,paman saya sendiri yang sangat-sangat saya hormati merupakan seorang gay yang aktif dalam kegiatan organisasi gay dan waria (Srikandi bandung).Mereka sungguh adalah orang-orang yang cerdas dan mengetahui banyak hal-hal yang menarik.

Satu hal yang tidak bisa saya terima adalah jika mereka mau menerima Tuhan Yesus sebagai juru selamat mereka, dan menjadi seorang Kristen (ataupun sudah menjadi Kristen), tapi enggan untuk membuang gaya hidup homoseksual mereka.Mereka malah berkeinginan agar gereja-gereja dan orang-orang Kristen mengakui mereka sebagai bagian dari komunitas Kristen dengan keadaan mereka tersebut. 

Hal tersebut sungguh mustahil untuk terjadi, terutama di komunitas Kristen, oleh karena Tuhan kita membenci gaya hidup homoseksualitas.Tidak ada jalan lain bagi mereka selain harus bertobat, berubah, dan membuang gaya hidup mereka, jika mereka mau diterima dan menjadi orang Kristen.Itu adalahsebuah harga yang tidak bisa ditawar lagi.

Hal tersebut, bukan berarti bahwa kita orang-orang Kristen sama sekali tidak bisa menerima orang-orang gay, banci, dan waria di gereja.....itu adalah pikiran yang salah sama sekali.Saya yakin, gereja menerima orang-orang gay, dengan harapan bahwa dengan menerima ajaran Kristen, maka mereka bisa menjadi seorang yang "baru" , dan membuang semua ke'gay'an mereka.

Saya mengerti bahwa itu adalah hal yang tidak mudah.Banyak tantangan dan godaan, sama seperti orang lain yang juga mempunyai pergumulan yang berbeda-beda. Saya sendiri meyakini bahwa sebagian orang Kristen tidak pernah mendapatkan gambaran yang jelas mengenai kaum gay, sehingga mereka merasa takut untuk menerima kaum gay di gereja.Akan tetapi secara garis besar, gereja merupakan sebuah tempat yang selalu membuka pintu bagi setiap golongan, tidak terkecuali orang-orang gay.

Saya berharap di kemudian hari, akan banyak orang-orang gay yang bisa menerima kabar keselamatan.Bertekun dalam ajaran Tuhan, dan berusaha untuk hidup dalam kasih Tuhan, bukan sebaliknya berusaha membelokan ajaran-ajaran Kristen, agar bisa menjadi klop dan pas bagi kaum gay. 

Oleh karena itu, melalui diskusi dan debat di komunitas klewer ini, kita sebagai orang Kristen akan juga tetap dan harus  membela aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh keKristenan (sesuai dengan Firman Tuhan)demi, kemuliyaan kerajaan Surga. 

 

From OZ....far...far...away..

 

__________________

xxx

hai hai's picture

Cara Kaum Homoseksual

Kaum homoseksual mengakui hanya ada dua jenis kelamin di dunia ini, namun mereka memperjuangkan keberadaan empat KIBLAT atau ORIENTASI sex di dunia ini .Lelaki yang suka wanita, wanita yang suka lelaki dan wanita yang suka wanita serta lelaki yang suka lelaki. Film Telletubies adalah cara paling sistematis yang digunakan untuk MERACUNI pikiran anak-anak dan orang dewasa akan keberadaan empat kiblat sexual di dunia ini. Mungkin anda bertanya, bagaimana cara bekerjanya film itu?

Pertama, anak-anak akan terbiasa dengan empat LAMBANG kiblat sex yang ada. Cepat atau lambat mereka akan bertanya kepada orang-orang dewasa atau orang-orang yang lebih tahu tentang arti keempat lambang tersebut. Karena merasa tidak TERANCAM, maka orang Kristen dewasa akan menjelaskannya tanpa menjelaskan lebih lanjut bahwa homoseksual itu NAJIZ di Mata Allah, itu sebabnya Allah mengutuknya. Akibat penjelasan itu, maka anak itu akan tumbuh dengan KEYAKINAN bahwa di dunia memang ada 4 KIBLAT sex.

Silahkan membaca tulisan-tulisan di pasar Klewer ini, lebih jelas lagi silahkan membaca komentar-komentar pada blog-blog saya. Anda akan menemukan KENYATAAN bahwa banyak sekali orang-orang Kristen yang menganggap MENGHAKIMI atau MENYATAKAN kesalahan orang lain adalah perbuatan MELANGGAR kasih. Apabila anda menemukan pengkotbah yang mengajarkan ajaran sesat, maka anda TIDAK BOLEH menegurnya, karena itu MELANGGAR kasih, hanya Tuhan yang BOLEH menyatakan seseorang salah atau benar. Dengan DOKTRIN sesat demikian, maka itu berarti anda juga TIDAK boleh menyatakan HOMOSEKSUAL sesat, sebab itu berarti anda tidak MEMILIKI kasih dan lagi, bukankah hanya Allah yang boleh mengasihi? Yang boleh anda lakukan adalah MENERIMA keberadaan mereka dan berdoa kepada Tuhan, siapa tahu akhirnya mereka berubah? Anda lihat, BernAnthony adalah contoh orang NEKAD demikian bukan?

Cara kedua orang-orang homoseksual mempengaruhi orang-orang Kristen untuk MEMBENARKAN tindakan homoseksual adalah dengan menuduh bawa orang yang tidak dapat menerima homoseksual adalah orang yang berpikiran SEMPIT dan HOMOPOBIA. Anda lihat, dengan tuduhan demikian, akhirnya banyak orang Kristen yagn membela diri dengan menyatakan bahwa mereka tidak anti orang-orang homoseksual, hanya tidak menyetujui tindakan mereka.

Saudara, saya punya teman-teman homoseksual, namun setiap kali bertemu dengan mereka saya pasti MENEGUR mereka. BERTOBATLAH, kerajaan Allah sudah dekat! Sebagian muak dengan tindakan saya tersebut lalu menghilang, sebagian minta saya menemani mereka berjuang untuk sembuh, sebagian menganggapnya angin lalu dan tetap hidup sebagai homoseksual.

Mungkin anda bertanya bagaimana tindakan saya dengan teman-teman yang melakukan dosa-dosa lainnya? Saya melakukan hal yang sama. Bertobatlah, kerajaan Allah sudah dekat. Saya punya sahabat, dia dinikahkan oleh gereja lalu bercerai dengan istrinya kemudian masing-masing menikah lagi dan hidup bahagia. Sampai hari ini dia masih sering bertanya, apakah pendapat saya sudah berubah? Tidak! Pendapat saya belum berbah. Dia berzinah! Kamu boleh menganggap bahwa perkawinan kamu yang pertama adalah perzinahan, kamu melakukannya secara resmi dengan membohongi Tuhan, Gereja dan masyarakat. Kamu menyadari dosa itu lalu bertobat. Sekarang kamu menikah dengan cara yang benar. Atau kamu menganggap perkawinan kamu yang pertama adalah perkawinan dan yang kamu jalani sekarang adalah perzinahan. Itulah pilihan terbaik yang dapat kamu jalani sampai mati dan itulah pandangan saya hinga saat ini.
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

erick's picture

Jika membenarkan hal yg salah, bnyk salah lain yg mengaku benar

Efek homoseks tidak terhingga jumlahnyaDan akan masih banyak lagi efek yang akan timbul. Karena anda sedang di Oz, anda akan mengalami kejadian yang akan saya tuliskan ini.Jika seorang pendeta menolak memberkati mempelai homoseks, ia bisa diajukan kepengadilan.Jika seorang pendeta menolak menceraikan “keluarga” homoseks, ia bisa diajukan kepengadilan.Seorang dokter, bisa dituntut untuk mengeluarkan “rekam medis” dari waria ganti kelamin, karena kasus hernia. Dan ini bisa menghukumnya puluhan tahun penjara. (kalo ada yang ngerti silahkan ngakak, kalo ga ngerti secepatnya cari tahu. Karena ini mengelikan.) Sekali kamu membenarkan yang salah, banyak salah lain yang mengaku benar.

 

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

king heart's picture

@erick : Efek sudah terjadi

Di beberapa negara di Amerika maupun Eropa yang mengaku menjunjung tinggi HAM sudah terjadi efek di mana seorang pendeta dituntut karena dalam kotbahnya menyatakan bahwa homoseksual itu adalah dosa. Dan kelihatannya di beberapa negara telah disahkan hukum yang menyatakan bahwa seseorang tidak boleh menyinggung HAM sehubungan dengan pilihan / orientasi seksualnya baik di area publik maupun di dalam acara keagamaan.

Hal ini sudah demikian menakutkan, perkembangannya dari hari ke hari semakin meningkat sehingga pada akhirnya dosa pun akan dilegalkan atas nama HAM. Yang benar menjadi salah dan yang salah dijadikan kebenaran.Dengan dorongan posmodernisme maka kebenaran tidak bisa dimonopoli oleh siapapun. Tuhanpun kelihatannya akan diadili melawan HAM karena FirmanNya akan banyak bertentangan dengan HAM.

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

Penonton's picture

Apakah kaum gay di Indonesia menyadarinya???

Salam para pembaca,

 

Salam para pembaca yang budiman, dimanapun anda berada.Meneruskan komentar mengenai homoseksual yang sedang "Hot" dibicarakan dimana-mana (di Klewer maupun media masa),saya sebenarnya mempunyai sebuah pertanyaan khususnya untuk kaum gay yang berada di Indonesia.

Di Indonesia hukum yang memperbolehkan perkawinan antara pasangan sejenis tentunya belum memperoleh persetujuan (belum di buat) dari pemerintah.Sedangkan di Indonesia, segala jenis hubungan seksual, dan hubungan badan (termasuk berciuman dimuka umum) adalah hal-hal yang masih dianggap sebagai hal-hal yang "tabu" untuk dilakukan di muka umum.Kita masih belum terbiasa dengan tontonan adegan berciuman di muka umum, dan adegan-adegan lainnya yang dirasakan merupakan hasil produk import dari kebudayaan luar, yang kemudian masuk dan diadopsi oleh orang-orang di Indonesia.

Khusus untuk hal hubungan seksual / hubungan badan di luar perkawinan dapat dikatagorikan sebagai perzinahan dan juga dapat dimasukan kedalam perbuatan yang melanggar hukum di Indonesia.Cobalah jika sepasang manusia tertangkap basah sedang melakukan perbuatan "mesum" atau "Zinah" di dalam sebuah kamar hotel ,jika tertangkap maka mereka akan dibawa kepada penghulu, untuk bisa segera dinikahkan secara paksa.Kejadian ini bukanlah terjadi di jaman baheula, kebiasaan ini masih berlaku di jaman sekarang ini.

Untuk khususnya pasangan gay / homosek / lesbian seringkali mereka juga melakukan perbuatan yang dapat dikatagorikan perzinahan.Mengapa disebut berzinah?

Karena mereka melakukan hubungan seksual diluar ikatan pernikahan.Mereka oleh karena itu, selain melanggar hukum agama, juga secara jelas telah melanggar hukum yang berlaku di negara Indonesia, yang jelas-jelas tidak memperbolehkan seseorang untuk melakukan hubungan badan diluar ikatan suami istri.

Saya menyadari bahwa masyarakat Indonesia sangatlah kurang memperoleh masukan informasi, dimana bisa menerangkan akan hal-hal yang berhubungan dengan kaum homoseksual ini.Banyak mitos-mitos yang tersebar di masyarakat, tercipta oleh hanya berdasarkan "prasangka" dan sesuatu yang dikira-kira, sehingga seringkali menimbulkan "image" buruk bagi kaum homosek itu sendiri.

Bersyukur, meskipun kaum gay memperoleh tekanan dan perlakuan yang tidak semestinya, akan tetapi masih ada di antara mereka yang dengan tegar, berusaha untuk tetap kuat dan tegar, menyuarakan opini dan pendapat mereka, agar bisa menyanggah opini dan tanggapan masyarakat yang sudah terlanjur memberikan "cap" negatif kepada mereka. 

Sebutlah usaha-usaha untuk meng'edukasi masyarakat akan bahaya penularan virus AIDS.Salah satu ujung tombak yang berusaha keras untuk membentengi maysrakat dari serangan penyebaran virus AIDS, berasal dari kaum gay dan waria.Organisasi seperti "Pelangi Nusantara" dan "Srikandi" menjadi alat yang didukung oleh PBB, agar dapat membantu, dan mengabdikan dedikasih mereka untuk kesehatan masyarakat luas (tidak hanya untuk kaum gay dan waria saja) .Mereka benar-benar berada di garis depan, dalam berperang memerangi penyebaran virus AIDS.

Menanggapi pro dan kontra diskusi mengenai homoseksualitas di masyarakat, saya berpendapat bahwa sudah waktunya kaum gay untuk dapat lebih membuka diri, dan keluar daripada tembok-tembok yang memisahkan mereka dari msyarakat.Indonesia masih membutuhkan waktu untuk dapat menerima keberadaan kaum gay, sebagaimana beberapa negara maju,telah membuka diri dan menerima keberadaan kaum gay,sebagai bagian dari masyarakat.

Perlu ditekankan bahwa perlu waktu dan kesadaran masing-masing pihak, agar dapat mencapai suatu keadaan dimana tercipta keharmonisan diantara kedua belah pihak.Khususnya di dalam lingkungan gereja, kaum gay diminta untuk menyadari akan supremasi dan otoritas gereja dalam menyikapi keberadaan kaum gay.Kami pada dasarnya selalu membuka diri untuk segala macam jenis manusia.Kami tidak pernah melarang kaum gay (baik yang sudah menjadi Kristen atau yang mau menjadi Kristen) untuk datang dan melangkah masuk ke gereja.Akan tetapi sebagaimana layaknya seseorang yang datang dan bertamu, kaum gay semestinya memahami dan menghormati aturan-aturan dan ajaran-ajaran yang dimiliki oleh gereja dan keKristenan.Kami tidak bisa merubah, apa yang tertulis di dalam Alkitab.Kami tidak bisa merubah kenyataan, bahwa homoseksualitas adalah sesuatu yang dibenci oleh Tuhan.

Kaum gay bebas mengartikan semua ajaran Kristen, sesuai dengan opini dan pendapat mereka, jika dirasakan ajaran Kristen bisa menjadi sesuatu hal yang berguna, dan mendorong motivasi yang positif.Akan tetapi untuk dapat, memperoleh bagian dalam kerajaan Surga, diperlukan sesuatu yang lebih, daripada sekedar "menerima" ajaran Kristen dan duduk dengan baik di bangku gereja.

Suatu harga mati yang tidak bisa ditawar lagi bagi kaum gay, jika anda semua memang berkeinginan untuk dapat diakui dan diterima oleh keKristenan, dan juga tentunya oleh Bapa di Surga sebagai pemegang otoritas tertinggi.Diterima oleh gereja, bukanlah sebuah jaminan, agar dapat diterima oleh Tuhan juru selamat kita. Tidak ada jalan lain (sama seperti orang-orang berdosa lainnya),selain daripada BERTOBAT.

Dengan melepaskan atau meninggalkan gaya hidup anda, dan berjanji untuk tidak lagi melakukan dosa-dosa homoseksual, akan membuat anda lahir baru.Lahir baru, menjadi seorang Kristen yang menjalankan aturan-aturan yang ditetapkan di dalam keKristenan.

Bukan hal yang gampang dan mudah memang.....

Akan tetapi, saya percaya bahwa memang itulah "harga" yang harus di bayar demi memperoleh sebuah keselamatan. 

Ada dua jalan di dalam dunia, jalan yang sempit, sulit dan tidak enak, berahir di Surga.Sedangkan jalan yang lebar, mudah, gampang, dan penuh kenikmatan, tapi berahir di Neraka.

Manakah yang anda pilih? 

 

From OZ....far...far...away..

 

__________________

xxx

Cimot's picture

Individu atau sosial

 

Wuahh... nggak nyangka topik ini jadi rame yaaa, maaf baru sekarang bisa akses lagi, baru pulang dari desa melayani orang yang kurang beruntung bisa mengetahui apa yang dibahas di sini karena tinggal di daerah boleh kita katakan uncivilized. Kesimpulan sesaat saya setelah membaca dan memahami apa arti semua yang tertulis di atas :

- Pekerjaan kita masih sangat berat dalam memberikan edukasi seksualitas di masyarakat.

- Kita masih hidup dalam khayalan-khayalan dan kurang menyadari dengan seksama dan bijaksana kenyataan yang ada di hadapan kita.

 

Yaahh memang agama adalah kenyataan yang terjauh dan sekaligus merupakan khayalan/ angan-angan yang terdekat.

Secara pribadi, setelah bergelut dalam 15 tahun belakangan ini agar permasalahan seksualitas bisa dimengerti masyarakat secara proporsional sangat analog dengan kalau kita membicarakan keberadaan atau status kota tua Jerusalem hingga saat ini. Apakah Kristen atau Islam atau Jahudi yang berhak sebagai pemilik Jerusalem, atau Jerusalem kah yang berhak memiliki ke tiga kelompok yang bersengketa tersebut, ...... yang mana sebenarnya yang Tuhan kehendaki dalam hal ini.

Demikian halnya dengan hubungan orientasi seksual dengan kerajaan surga, apakah orang heteroseksual atau orang homoseksual yang berhak sebagai pemilik kerajaan surga melalui Jesus Kristus atau kerajaan surga melalui Jesus Kristus kah yang berhak memiliki orang kedua kelompok tersebut.

Secara individu saya sudah nyaman memeluk agama saya sebagai pengikut Kristus dengan nama Kristen, akan tetapi dalam kenyataannya secara sosial banyak pengikut Kristus dengan nama orang Kristen yang tidak nyaman melihat kenyamanan saya sebagai orang homoseks yang mengikuti Kristus.

Lantas apa arti agama itu sendiri.....mudah-mudahan suatu saat kelak kita tidak terjebak dalam dikotomi antara mayoritas dan minoritas, antara kami dan mereka , antara si miskin dan si kaya , antara homoseks dan heteroseks dalam memahami Jesus milik siapa, karena di mata Tuhan kita adalah sama dalam segala hal apapun, dimata Tuhan Jesus kita adalah sama nilainya termasuk dalam hal perbedaan orientasi seksual kita masing-masing.

 

Arogansi mayoritas yang selalu menganggap bahwa pendapat mayoritaslah yang benar adalah hal yang sangat memprihatinkan karena dalam diskusi ini keluar peerkataan bahwa orang homoseks dianggap tamu yang harus menghormati tata krama dan aturan peraturan gereja ( bisa diartikan heteroseks, biseks, homoseks tertutup ). Pandangan seperti inilah yang mestinya kita hindarkan , karena di mata Tuhan sekali lagi kita harus ingat kita adalah sama , kita semua baik yang homoseks,heteroseks,lesbian,waria, selibat adalah sama-sama tamu Tuhan Jesus.

Hingga detik ini, saya masih percaya bahwa Jesus yang dipercayai orang homoseks adalah sama dengan Jesus yang dipercayai oleh orang heteroseks dan memang demikianlah yang sebenarnya.

Selamat merenung dan mari kita perbuat sesuatu untuk orang yang kurang mampu dalam segala hal aspek kehidupan.

Jesusnya orang homoseks ( maaf bercanda ) memberkati anda semua

 

MERDEKA !

 

Cimot

hai hai's picture

Bertobatlah, Jangan Mengkhayal!

Kesimpulan sesaat saya setelah membaca dan memahami apa arti semua yang tertulis di atas :
- Pekerjaan kita masih sangat berat dalam memberikan edukasi seksualitas di masyarakat.
- Kita masih hidup dalam khayalan-khayalan dan kurang menyadari dengan seksama dan bijaksana kenyataan yang ada di hadapan kita.


Dr. Gultom, bila yang anda maksudkan adalah mengajari manusia untuk MENGAKUI bahwa homoseksual itu BENAR di hadapan Allah, maka percayalah, pekerjaan anda akan sia-sia. Anda adalah salah satu orang diantara jutan kaum homoseksual yang berkhayal bahwa homoseksual itu benar di hadapan Allah. Selain mengkhayal anda juga tidak menyadari dengan seksama dan bijaksana dengan kenyataan firman Allah. Saya tidak merasa heran dengan khayalan anda tersebut karena menurut anda:

Yaahh memang agama adalah kenyataan yang terjauh dan sekaligus merupakan khayalan/angan-angan yang terdekat.


Secara pribadi, setelah bergelut dalam 15 tahun belakangan ini agar permasalahan seksualitas bisa dimengerti masyarakat secara proporsional sangat analog dengan kalau kita membicarakan keberadaan atau status kota tua Jerusalem hingga saat ini. Apakah Kristen atau Islam atau Jahudi yang berhak sebagai pemilik Jerusalem, atau Jerusalem kah yang berhak memiliki ke tiga kelompok yang bersengketa tersebut, ...... yang mana sebenarnya yang Tuhan kehendaki dalam hal ini.

Dr. Gultom yang berpikiran luas, kenapa tidak berpikir bahwa memakai sepatu itu jau lebih mudah daripada mengaspal jalan, untuk menghindari rasa sakit di kaki? Mengajak kaum homoseksual untuk BERTOBAT dan hidup sesuai ajaran Alkitab itu jauh lebih mudah dari pada mempengaruhi masyarakat untuk MENGKHIANATI ajaran Alkitab. Orang Kristen yang MENGANGGAP kota Yerusalem milik agama Kristen adalah orang Kristen BODOH yang tidak mempelajari Alkitab dengan benar.

Demikian halnya dengan hubungan orientasi seksual dengan kerajaan surga, apakah orang heteroseksual atau orang homoseksual yang berhak sebagai pemilik kerajaan surga melalui Jesus Kristus atau kerajaan surga melalui Jesus Kristus kah yang berhak memiliki orang kedua kelompok tersebut.

Anda sama sekali tidak paham ajaran Alkitab. Surga adalah milik Allah, bukan milik manusia. Apabila kaum homoseksual merasa memiliki surga, ho ho ho ho … Itu hanya membuktikan bahwa mereka tidak paham ajaran Alkitab. Kepada orang bukan Kristen, Roh Kudus akan MENGINSAFKAN mereka untuk menjadi Kristen. Setelah menjadi Kristen, Roh Kudus akan mengajarkan mereka untuk hidup BENAR. Apabila ada orang yang MENGAKU kristen namun mengajarkan ajaran-ajaran yang bertentangn dengan ajaran Alkitab, maka dia adalah NABI palsu.

Secara individu saya sudah nyaman memeluk agama saya sebagai pengikut Kristus dengan nama Kristen, akan tetapi dalam kenyataannya secara sosial banyak pengikut Kristus dengan nama orang Kristen yang tidak nyaman melihat kenyamanan saya sebagai orang homoseks yang mengikuti Kristus.


Dr. Gultom, PERASAAN anda bukan STANDARD kebenaran Kristen. Itu sebabnya walaupun anda MENGAKU nyaman dengan kehidupan homoseksual anda, orang-orang Kristen tidak menjadikan KENYAMANAN anda itu sebagai standard kebenaran. Anda bukan Tuhan, dari mana anda tahu orang lain nyaman atau tidak nyaman? Dari mana anda tahu bahwa orang lain tahu anda merasa nyaman atau tidak nyaman sebagai homoseksual? Bila anda merasa NYAMAN, kenapa masih menuntut orang lain untuk nyaman? Bukankah itu berarti anda tidak merasa nyaman sama sekali? Mungkin anda tidak merasa nyaman dan menyangka bahwa anda akan merasa nyaman bila orang lain merasa nyaman. Ha ha ha ha … saya lelaki, rambut saya sepinggang panjangnya dan saya merasa nyaman dengan rambut saya itu. Banyak orang menasehati saya untuk memotongnya, sebab menurut mereka lelaki harus berambut pendek. Apakah saya pernah kampanye bahwa kerajaan surga juga milik lelaki berambut panjang dan lelaki berambut panjang juga lelaki? Tidak pernah! Kenapa? Karena saya merasa nyaman dengan rambut panjang dan peduli setan dengan mereka yang merasa tidak nyaman karena saya berambut panjang! Anda merasa nyaman sebagai homoseksual? Ha ha ha ha … kenapa anda harus bersusah payah membujuk orang lain untuk merasa nyaman bahwa anda homoseks? ANEH…!

Lantas apa arti agama itu sendiri..... mudah-mudahan suatu saat kelak kita tidak terjebak dalam dikotomi antara mayoritas dan minoritas, antara kami dan mereka, antara si miskin dan si kaya, antara homoseks dan heteroseks dalam memahami Jesus milik siapa, karena di mata Tuhan kita adalah sama dalam segala hal apapun, dimata Tuhan Jesus kita adalah sama nilainya termasuk dalam hal perbedaan orientasi seksual kita masing-masing.

Arogansi mayoritas yang selalu menganggap bahwa pendapat mayoritaslah yang benar adalah hal yang sangat memprihatinkan karena dalam diskusi ini keluar peerkataan bahwa orang homoseks dianggap tamu yang harus menghormati tata krama dan aturan peraturan gereja (bisa diartikan heteroseks, biseks, homoseks tertutup). Pandangan seperti inilah yang mestinya kita hindarkan, karena di mata Tuhan sekali lagi kita harus ingat kita adalah sama, kita semua baik yang homoseks, heteroseks, lesbian, waria, selibat adalah sama-sama tamu Tuhan Jesus.

DR.Gultom, Berpikiran luas dan terpelajarlah sesuai anjuran anda. Bukankah tulisan anda di atas sedang memutar balikkan paragraf yang ditulis penonton di bawah ini?

Perlu ditekankan bahwa perlu waktu dan kesadaran masing-masing pihak, agar dapat mencapai suatu keadaan dimana tercipta keharmonisan diantara kedua belah pihak. Khususnya di dalam lingkungan gereja, kaum gay diminta untuk menyadari akan supremasi dan otoritas gereja dalam menyikapi keberadaan kaum gay. Kami pada dasarnya selalu membuka diri untuk segala macam jenis manusia. Kami tidak pernah melarang kaum gay (baik yang sudah menjadi Kristen atau yang mau menjadi Kristen) untuk datang dan melangkah masuk ke gereja. Akan tetapi sebagaimana layaknya seseorang yang datang dan bertamu, kaum gay semestinya memahami dan menghormati aturan-aturan dan ajaran-ajaran yang dimiliki oleh gereja dan keKristenan. Kami tidak bisa merubah, apa yang tertulis di dalam Alkitab. Kami tidak bisa merubah kenyataan, bahwa homoseksualitas adalah sesuatu yang dibenci oleh Tuhan.

Yesus bukan milik siapa-siapa! Itulah yang diajarkan Alkitab. Apabila ada orang yang menganggap Yesus miliknya, itu berarti dia tidak paham ajaran Alkitab. Di mata Yesus Kristus prilaku homoseksual adalah NAJIS. Itu yang dicatat Alkitab. Jangan mengada-ada yang tidak dicatat oleh Alkitab apalagi memutarbalikannya.

Copet, maling, rampok, pembunuh, lesbian, homoseks, boleh datang ke gereja karena tidak ada hukum yang melarang mereka untuk datang. Namun bila mereka datang dan MENUNTUT jemaat untuk MENGAKUI bahwa apa yang mereka lakukan adalah BENAR di hadapan Allah apalagi MENUNTUT bahwa PENGAKUAN jemaat BAHWA mereka diciptakan oleh Allah sebagai copet, maling, rampok, pembunuh, lesbian, homoseks, ho ho ho ho … Oh Tuhan, ampunilah mereka karena mereka tahu apa yang dilakukannya!

Hingga detik ini, saya masih percaya bahwa Jesus yang dipercayai orang homoseks adalah sama dengan Jesus yang dipercayai oleh orang heteroseks dan memang demikianlah yang sebenarnya.

Kepercayaan anda bukan hal penting, bila anda tidak percaya pun Yesus Kristus tetap Yesus yang Kristus. Ada banyak orang yang bernama Yesus di dunia ini, namun Yesus yang Kristus hanya ada satu. Selain diakui oleh orang Kristen, dia juga diakui oleh Setan dan roh-roh jahatnya. Apabila anda homoseksual dan percaya bahwa Yesus adalah Kristus, maka tidak ada pilihan lain kecuali BERTOBAT. Berjuang untuk keluar dari PRILAKU homoseksual atau jangan BERZINAH! Di luar bersetubuh antara suami istri, berzinah namanya.

Hai homoseksual, BERTOBATLAH, kerajaan Allah sudah dekat! (ini bukan bercanda)

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

erick's picture

BERPELUKKKKKAAAANNNNNN....!!!!!!!!! :)

Smile itu yang mereka lakukan bung hai! Berpelukkkkaaaaaannnnnn! :)

 .....Yang boleh anda lakukan adalah MENERIMA keberadaan mereka dan berdoa kepada Tuhan, siapa tahu akhirnya mereka berubah? Anda lihat, BernAnthony adalah contoh orang NEKAD demikian bukan?

(DIA KETERLALUAN. SAMPAI-SAMPAI MENULIS KETERBATASAN PENULIS DAN REDAKTUR ALKITAB. DAN SAMPE SAAT INI DIA MASIH GA TAU APA YANG DITULISNYA ITU. -PENULIS KITAB KEJADIAN,KELUARAN,IMAMAT, BILANGAN DAN ULANGAN ADALAH MUSA. PENULIS MATIUS, ADALAH MATIUS, PENULIS LUKAS ADALAH LUKAS, PENULIS MARKUS ADALAH MARKUS, PENULIS ROMA ADALAH PAULUS- MARI SAMA-SAMA KITA AJAR DIA DENGAN SABAR DAN BIJAKSANA).

BERPELUKKKKKKKKKKKKKKAAAAAAAAAANNNNN!!!!!!!!!!!!!!!!Smile

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

king heart's picture

@bernAnthony : Alkitab tidak pernah netral

Alkitab tak pernah netral karena semua yang tertulis di dalamnya sangat sangat berpusatkan pada Allah, pencipta langit dan bumi. Dari pertama kali manusia di taman Eden telah diperingatkan untuk jangan makan buah pengetahuan sekalipun ia diberikan kebebasan berkehendak. Air bah juga jelas menggambarkan ketidak-netralan Allah begitu juga dalam penghukuman Sodom dan Gomora sangat jelas ketika Abraham menawar supaya hukuman tidak dijatuhkan, namun sampai saat tawaran terakhirpun tak meluputkan Sodom dan Gomora dari hukuman Tuhan. Di dalam perjalanan manusia sesudah Adam jelas terlihat bahwa kenetralan Firman Tuhan tak pernah dinyatakan sampai puncaknya turunnya 10 Perintah Allah yang ditulis oleh jari tanganNya dan jelas memperlihatkan ketidak netralanNya karena manusia hanya boleh menyembah Dia saja yang tertulis pada perintah pertama. Gambaran lain yang sangat jelas tentu pada pertarungan antara Elia dan nabi nabi Baal, setelah terlihat siapa Allah yang sejati maka semua nabi Baal dibunuh habis. Jika kenetralan itu ada maka tidak akan ada cerita penghukuman. Kini ketika Firman Tuhan telah lengkap diwahyukan, pesan yang sangat jelas tetap menggema, hidup dalam ketidak netralan Allah dengan percaya kepada AnakNya yang Tunggal yang lagi lagi karena ketidak netralanNya menyerahkan anakNya itu untuk mati menebus orang yang berdosa supaya yang percaya boleh memperoleh keselamatan. Alkitab tak pernah netral, harus putih supaya tidak hitam, harus hidup supaya tidak mati, dan harus percaya Yesus Kristus supaya tidak binasa.
GBU
__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

joli's picture

Allah adalah PUSAT..

King heart :

Alkitab tak pernah netral karena semua yang tertulis di dalamnya sangat sangat berpusatkan pada Allah, pencipta langit dan bumi.

Itulah yang jarang kita sadari.. Pusat hidup anak-anak Allah adalah ALLAHnya.. 

Kalau kita berPUSAT pada Allah.. maka kita akan menaklukkan kehendak dan keinginan kita untuk berusaha taat.. bukan kepada agama dan aturan-aturan sosialnya.. tetapi taat dan takluk kepada Allahnya..

king heart's picture

Kekudusan

Y-control sangatlah jitu mengontraskan homoseksualitas dengan kekudusan sehingga kita yang membacanya menjadi sangat sangat terhibur, tercerahkan dan terkesan. Seks antara pria dan wanita dalam ikatan perkawinan yang sah di mata Tuhan begitu dipandang indah, bersih dan suci. Hubungan perkawinan itu digambarkan sebagai bersatunya 2 orang yang berbeda menjadi satu tubuh. Di luar itu semua, seks menjadi sesuatu yang jahat, menjijikkan dan suatu kekejian di mata Tuhan. Kunci utamanya adalah Kekudusan, karena Allah itu suci / kudus maka manusia yang dicipta menurut gambar dan rupa Allah akan memancarkan sifat Allah itu, hanya ketika dosa sudah masuk maka gambaran Allah itu menjadi buram / rusak.
Karena Allah kudus maka Ia jelas menuntut kekudusan umat tebusanNya, tidak mungkin umat tebusanNya masih memelihara ketidak kudusan termasuk di dalam hubungan pernikahan khususnya dalam kehidupan seksnya.
Di dalam banyak ayat di PB jelas setan mengenal siapa Allah dan anakNya bahkan dinubuatkan juga bahwa kelak akan ada penyesat ( pengikut iblis ) yang akan menyaru sebagai malaikat terang. Kekudusan, sekali lagi kekudusan merupakan sifat Allah yang tak akan mampu ditiru atau dijalankan iblis untuk menyesatkan manusia. Mujizat dari Yesus msih mampu ditirunya namun kekudusanNya tak akan pernah bisa ditiru.
__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

Cimot's picture

Renungan dari Romo Alm.MAW Brower

Yang Lain Memang Berlainan Pada permulaan jaman, tuan-tuan dan nyonya-nyonya, dunia ini masih kosong dan liar. Tapi Tuhan menciptakan hewan, pohon dan bunga bersama matahari, bulan dan bintang-bintang. Juga manusia diciptakan Tuhan. Diciptakan sebagai priya dan wanita. Atau lebih baik, sebagai suami dan isteri. Dan setiap malam isteri dan suami masuk tempat tidur, mematikan lampu dan melakukan sesuatu hal yang menakutkan. Dan justru karena menakutkan, maka orang jadi ketawa. Seperti segala hal lain yang menakutkan, perbuatan ini mempunyai nama Latin, dan disebut coitus. Serupa dengan exitus, karena exitus artinya maut dan coitus berarti persetubuhan. Kedua-duanya serupa. Karena itu dikatakan: post coitum omne animal triste, artinya sesudah bersetubuh setiap makhluk merasa sedih. Hal yang menarik dan menakutkan seperti Tuhan atau maut atau sex menimbulkan fascinatio (perasukan): kita tak suka membicarakan hal itu. Dan yang tidak dibicarakan memang tidak jelas. Orang kanan takut orang kiri, karena itu orang kanan tidak mengenal orang kiri. Seperti orang Ulster takut orang Bogside, karena itu orang Katolik tak mengenal orang Protestan, orang WNI dan WNA idem dito (sama juga). Onbemind maakt onbekend, yang menimbulkan takut juga tak diketahui. Hal sex tidak diketahui. Haram, jorok, kotor, hanya bikin ketawa. Pappy dan Mammy tidur bersama, semuanya dengan upacara yang sama saja katanya. Tapi memang tidak benar. Ada puluhan macam cara yang bervariasi dan permainan yang berbeda-beda. Hanya Kinsey dan Masters berani mempelajari hal itu. Hal ini tak bisa dibicarakan karena dianggap porno. Bicara tentang bakmi kocok, bakmi ghoa dan bakmi goreng memang boleh, tapi tentang upacara Kamasutra memang tidak. Tapi Pappy adalah Pappy. Begitu juga Mammy. Ada Pappy yang baru jadi hot kalau isterinya menyanyi Wilhelmus dulu. Ada Mammy yang baru mulai joget, kalau Pappy dulu merangkak tiga kali keliling meja dalam keadaan Adam dengan hidung buatan dari pesta karnaval. Dan ada Pappy yang jauh lebih aneh lagi. Ada variasi dalam coitus dan ada juga variasi dalam sex. Ada heterosex sadis, heterosex masochis, heterocunilingus, hetero fellatio, homophilite, transsexuil, invert, homosex actif, homosex pasif dan seterusnya dan seterusnya. Tapi di Indonesia kita hanya mengakui satu variasi saja, yaitu heterosex a la Zakarias dan Elisabeth, dan segala hal yang lain adalah jorok, porno abnormal dan sakit. Sepuluh prosen dari bangsa kita dianggap mempunyai sifat homo, tapi hal itu tak boleh dikatakan. Kalau seorang mengakui dirinya sebagai seorang yang invert, namanya lantas berubah. Dia bukan bernama Didi lagi, tapi berubah menjadi Case nomor 237 dan dianggap sebagai seorang outcast (tidak masuk golongan). Mereka menjadi suatu minoritas yang menderita. Marilah kita mendengar keluhan mereka. Riwayat Case 257. Waktu saya masih muda dan nama saya masih Didi dan bukan Case 257, saya selalu terlalu lemah untuk ikut latihan sport, tennis, sepak bola atau berenang. Kalau dua regu sepak bola atau berenang dipilih oleh Kapten, saya nomor akhir dan merasa sangat malu. Pernah ada pembagian piala pada "goblok sport tahun ini" (the unsportman of the year). Dan itu diberikan kepada saya. Waktu semua orang pergi, saya tinggal di lapangan sepak bola. Dan meskipun sudah enam belas tahun, saya menangis. Pada waktu itu pemuda yang duduk di sebelah saya dalam Rhetorica (kelas tertinggi Gymnasium) tersenyum dan berkata: - Persetan. Limapuluh tahun lagi, semua cracks (tua) itu sudah mempunyai perut sebesar perutmu pada waktu itu. - Dia ketawa terbahak-bahak dan menanyakan nama saya. -Didi- kataku. -Nama saya Leo- katanya, dan sejak saat itu kami jadi teman. Hubungan kami berkembang menjadi hubungan persaudaraan yang sejati. Leo seorang yang sangat pinter di bidang matematik dan sering mendapat hadiah dari Perkumpulan ahli Matematik Nasional. Saya seperti dia, suka musik dan sering kita mendengar piringan hitam stereo dan omong filsafah. Persahabatan rohani diperdalam jadi persahabatan erotik dan sampai hari ini saya bisa bertahan di muka Tuhan bahwa perhubungan kita luhur dan wajar. Begitulah cerita Didi. Cerita ini dapat ditambah dengan puluhan yang lain yang didengar dalam praktek psychoterapeutik. Biasanya nadanya kurang bergembira. Orang yang ditakutkan oleh ayah dan ibu, anak yang diancam, pemuda yang diperas, semuanya merasa tersesat dengan badan asing dalam masyarakat yang asing dan godaan untuk membunuh diri sangat besar. Seorang anak pernah menjelaskan hidupnya dengan sajak Rilke: Ich kannte Aengste deren Eingang schon wie Sterben war. Artinya, saya menderita takut seperti orang yang dipaksa meninggalkan dunia. Hati saya mendidih ketakutan seperti ibu mendidik anaknya dan saya bisa hidup dengan ketakutan seperti teman. Penderitaan yang kuderita tak terbatas, tapi jiwaku takut; dan penderitaan itu terletak di sebelah badanku seperti mempelai terbaring di sebelah orang yang sangat dicintainya. Apa yang ingin kita jelaskan dengan cerita ini? Bahwa hidup homo lebih wajar daripada hidup hetero? Memang tidak. Rupanya antara pemuda-pemuda homo ada banyak iri, cemburu dan kebencian daripada antara orang yang hetero. Rupanya mereka, meskipun sangat memuji-muji hidup homo, toh selalu merasakan frustrasi. Apalagi mereka hidup dalam masyarakat yang fanatik dan sempit. Apakah kita mau mengatakan bahwa orang homo lebih pinter, pandai, suci atau berbakat daripada orang hetero? Itu memang sering dikatakan. Caesar, Alexander Zulkarnaen, Oscar Wilde, Lord Russel dan banyak tokoh lain termasuk golongan homo. Tapi orang yang mengenal orang-orang homo dipaksa masuk lapangan kesenian atau ilmu pengetahuan. Tapi antara otak dan testes (buah pelir) tak ada hubungan. Yang ingin kita jelaskan ialah kenyataan, bahwa pemuda homo ialah manusia seperti kita, anak Tuhan dan ciptaan Allah. Gerard Karel van het Reve mengatakan; -ik woordt ook maar gestuurd. Artinya dia tidak sendiri memilih hidup homosex, tapi badannya ialah ciptaan Tuhan. Kita harus mengakui mereka, seperti kita mengakui orang-orang lain. Dan semua omongan tentang penyakit, abnormalitas, kejorokan dan dosa adalah unsur sociopathie. Bukan mereka yang sakit, tapi masyarakat yang sakit, yang sempit dan fanatik dan melarang variasi tingkah laku itu. Rupanya justru agama berdosa dalam hal ini. Orang Yahudi hidup di antara bangsa dimana inversi menjadi upacara agama, seperti inversi menjadi kebiasaan istana di Tiongkok. Karena Musa ingin memisahkan orang Yahudi dari Filistin, Edom, Babylon, Tyrus dan Sidon, maka dia melarang pergaulan homosex. Dari agama itulah larangan tersebut masuk ke dalam agama monotheis lain. Begitulah terjadi bahwa orang-orang homo di mana-mana diiringi, dilingkungi dan didesak orang sebagai musuh. Mereka ditertawakan, diperas dan diejek, dianggap sebagai non-manusia, sebagai freak (pecanda), sissy, queens, peri atau hewan. Memang seorang laki-laki hetero merasa mual kalau dia melihat gerak-gerik orang homo. Tapi begitu juga orang homo merasa mual melihat gerak gerik orang hetero. Dalam masyarakat kita, tak ada kesukaran bagi orang yang sadis: dia bisa jadi tukang potong, kepala interogasi politik, penjaga kamp atau penguji dalam ujian. Tapi sang homo harus menangis dan menderita, mencari jalan dalam liku-liku masyarakat kita yang fanatik dan sempit. Mereka diciptakan sebagaimanusia dan mereka mempunyai hak hidup. Sekurang-kurangnya mereka berhak ditolong dan tidak diejek atau dihina. Ditulis oleh Pater M.A.W Brouwer (almarhum), pernah dimuat di harian Kompas terbitan 11 Desember 1972. Juga diterbitkan dalam bunga rampai "Antara Senyum dan Menangis"-nya M.A.W. Brouwer.

 Naahh... teman-teman mudah-mudahan dengan membaca tulisan ini, bisa menyadarkan kekeliruan pola pikir tentang apa yang anda ketahui mengenai seksualitas dengan baik sebagai pengikut Kristus. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian sehingga kita tidak harus lagi menyalibkan Kristus untuk yang kedua kalinya.

hai hai's picture

Allah Takkan Menyalibkan Kristus Lagi

Naahh... teman-teman mudah-mudahan dengan membaca tulisan ini, bisa menyadarkan kekeliruan pola pikir tentang apa yang anda ketahui mengenai seksualitas dengan baik sebagai pengikut Kristus. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian sehingga kita tidak harus lagi menyalibkan Kristus untuk yang kedua kalinya.

DR.Gultom yang berpikiran luas dan educated, Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, harapan anda sia-sia. Bagi orang Kristen, Alkitab adalah firman Allah. Alkitab dengan jelas dan tegas mengajarkan bahwa homoseksual itu NAJIS di hadapan Allah, itu sebabnya Allah mengutuk para pelakunya.

Apabila anda hendak mengubah pandangan orang-orang Kristen sejati akan homoseksual, maka yang harus anda lakukan adalah mengedit Alkitab yang mereka percayai sebagai firman Tuhan.

Homoseksual adalah hubungan sex antara wanita dengan wanita dan lelaki dengan lelaki. Hubungan demikian Najis di hadapan Allah. Itu sebabnya Alkitab mencatat, Allah mengutuk prilaku demikian. Saya JAMIN, tidak ada KEKELIRUAN di dalam Alkitab juga tidak ada KEKELIRUAN pemahaman akan ayat-ayat Alkitab. Oleh karena itu, BERHENTILAH menuduh orang-orang Kristen KELIRU memahami ayat-ayat Alkitab tentang homoseksual.

Percuma berharap bahwa Allah akan menyalibkan Yesus Kristus lagi agar prilaku homoseksual  berkenan di hadapan Allah.
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

erick's picture

Ini artikelnya M.A.W Brouwer (almarhum)

Pak Cimot, apa yang anda harap dari hanya membaca artikel itu, kami sadar akan kekeliruan pola pikir tentang seksualitas?

Lah dia sendiri nulisnya antara senyum dan menagis.

Aku tersenyum Tuhanku menagis, begitu maksudnya?

Sekarang dia dah meninggal dunia. Ya,... suteralah. urus yang masih hidup aja!

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

king heart's picture

@Cimot : sebagai perenungan kita bersama

Saya tahu anda sangat concern akan masalah masalah sosial dan HAM khususnya dalam hal yang berhubungan dengan homoseksualitas bahkan saya tahu anda berkecimpung secara langsung yang saya sangat salut dan angkat topi untuk itu. Banyak komentar beberapa blogger di sini yang saya tahu dengan motivasi yang baik namun dengan kata yang kurang tepat dan patut. Namun itu bisa menjadi gambaran akan kegusaran mereka atas penafsiran anda terhadap ayat ayat di Alkitab, hal ini pula sebenarnya yang membuat saya menulis blog ini. Dari pengamatan saya ( bisa salah ) sedikit atau malahan jarang orang Kristen yang peduli atau bekerja seperti anda, namun ini bukanlah gambaran bahwa mereka ( termasuk saya ) tidak peduli. Anda berkecimpung langsung, saya melihatnya anda bekerja di hilir namun melupakan yang di hulu sedangkan para blogger di sini melihat permasalahannya terletak pada hulunya. Jika hulu sudah beres maka di hilir secara otomatis akan beres.
Meminjam blog sdr hai hai mengenai jenis jenis hubungan seks yang ada di dunia ini ( saya cukup terkejut membacanya ), kesimpulannya sangat saya setujui ( anda mungkin tidak ). Namun ada hal yang patut direnungkan dari tulisan hai hai itu. Ketika sesuatu hubungan seks dilakukan di luar kewajaran ( laki laki dan wanita dalam ikatan perkawinan yang sah ) maka akan menimbulkan efek samping. Belajar dari sejarah, ketika Magelhand mengitari dunia dan tiba di suatu pulau ( saya lupa namanya ) para krunya terlibat hubungan seks / melacur dengan penduduk setempat maka ketika mereka telah kembali ke negaranya, tak berapa lama berjangkit wabah penyakit sipilis di hampir seluruh Eropa dan belum ada obatnya. Saya pikir karena anugerah Tuhanlah maka penisilin kemudian ditemukan yang menjadi obat untuk melawan virus sipilis tersebut. Namun manusia tak pernah bertobat sehingga penyakit kelamin menjadi berkembang dan semakin banyak jenisnya, memang obat juga kemudian segera ditemukan namun yang perlu kita lihat  dan renungkan ialah bahwa penyimpangan seks mengakibatkan AIDS merebak dan menjadikan penyakit mematikan yang belum ada obatnya saat ini . Maka orang disadarkan akan bahaya akan beberapa hal antara lain seks sesama jenis dan seks berlainan jenis yang tak bertanggung jawab mengumbar nafsu kepada banyak pasangan. Sekarang ini yang digalakkan adalah safe sex ( anda jelas sangat paham akan hal ini ), namun ini jelas bukan jalan keluarnya. Edukasi mengenai seks sekali lagi bukan pemecahan namun hanya menunda sementara waktu penyakit seksual mematikan tidak menjadi epidemi. Namun korban tetap berjatuhan bukan ? Anda sebagai praktisi dan "edikator" akankah menutup mata terhadap hal ini?
Jalan keluarnya adalah kembali kepada Alkitab dengan penafsirannya yang bertanggung jawab yang salah satu pesannya adalah melakukan seks yang benar, bertanggung jawab dan berkenan di mata Tuhan. Berbeda dengan anda, saya menduga bahwa penghukuman yang dijatuhkan kepada Sodom dan Gomora merupakan cara Tuhan agar manusia pada jaman sekarang ini tidak punah karena penyakit kelamin, bayangkan jika AIDS telah menyebar zaman Sodom dan Gomora dengan pengetahuan medis yang masih sangat terbatas waktu itu. Jika sekarang, medis yang dikatakan telah sangat maju saja belum menemukan obat yang manjur ( ada kabar jika telah ditemukan varian AIDS yang lebih mematikan ) apalagi ketika zaman itu. Perlu diketahui pula ada tafsiran yang mengatakan bahwa Ham dikutuk oleh Nuh karena ia "melihat ketelanjangan" ayahnya adalah ditafsirkan birahi ketika melihat ketelanjangan ayahnya. Semua ayat mengenai seks yang menyimpang jelas dibenci Tuhan, ini bukan tafsiran sepotong sepotong melainkan dilihat dari keseluruhan Alkitab, kuncinya adalah pada Kekudusan Allah. Seks di luar yang tentukan Allah adalah kejijikan bagi dia karena Ia adalah Kudus. Sebagai tambahan ( bukannya sok mengguruhi ), tafsiran terhadap Firman Allah adalah apa yang tertulis dalam Firman dijelaskan untuk menerangi jalan hidup manusia termasuk penafsirnya, bukan jalan hidup yang dipilih manusia lalu dicarikan kecocokannya dengan Firman Tuhan.
Semoga bisa membantu
GBU
__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

king heart's picture

God centered VS Man centered

Bung Cimot, Menimpali tulisan anda dan menambahi tulisan saya ( semoga anda tdk bosan ) : Satu pesan yang sangat jelas dari Alkitab sebagai Firman Tuhan ( jika kita tepat pada titik tolak yang sama ) maka seperti yang Joli utarakan bahwa Allahlah titik pusatnya. Allahlah satu satunya dan hanya satu yang menjadi pusat / center nya. Seluruh alam semesta ini dan isinya adalah kepunyaannya termasuk manusia yang memperoleh anugerah dicipta menurut gambar dan rupa Allah. Jika Allah Kudus,maka manusia ciptaannya harus merefleksikan kekudusan Allah. Syarat menjadi pengikut Kristus adalah menyangkal diri, pikul salib dan mengikut Dia. Tanpa penyangkalan diri manusialah pusat dari segala sesuatu bukan Tuhan, maka kita memberhalakan diri kita. Penyangkalan diri haruslah disertai "gerakan" menekuk lutut kita tanda kita "menyerah" kepada kedaulatan Tuhan seklaigus menanggalkan keakuan dan keangkuhan diri. Mengikut pun merupakan sikap rela akan turut kemana sang Tuan akan pergi. Sehebat dan semanis apapun jalan hidup, pengalaman, kedudukan dan pikiran kita atau apapun yang kita punya harus kita tinggalkan / dibuang jika itu tak berkenan di mata Tuhan. Yesus mengkotbahkan jika satu tangan membuat seluruh tubuh tidak bisa masuk ke kerajaan Allah, maka lebih baik tangan itu dipotong. Begitu juga kaki, begitu juga mulut, begitu juga kepala kalau perlu. GBU
__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

Cimot's picture

@ King heart Perenungan kita bersama

 

Saya sangat setuju dengan anda, memang permasalahan seksualitas tidak lepas dari permasalahan di hulu yakni ideologi,politik,agama,sosial budaya,ekonomi. Jadi kita harus bekerja di hulu.

Untuk politik kita telah melakukan langkah-langkah termasuk dengan Komnas HAM, dan dalam hal agama kita sudah melakukan berbagai diskusi dan dalam bidang Kristen, saya sudah pernah bekerjasama dengan salah satu mahasiswa S2 STT Jakarta untuk dibuat suatu thesis mengenai hal ini

Kalau soal penyakit yang berhubungan dengan permasalahan seksual, itu tidak akan ada habis-habisnya, yang satu bisa diatasi maka akan timbul lagi penyakit yang baru. Kalau tidak begitu tidak ada kehidupan dan tidak perlu ada sekolah kedokteran.

Mengenai tafsiran kejijikan Allah terhadap seks yang menyimpang mungkin perlu kita pahami dulu sejarah mengapa homoseksual dilarang dalam agama monotheis, kalau kita sudah paham betul akan hal tersebut maka akan ada titik pencerahan bagi kita.

Manusia tidak pernah bisa memilih jalan hidupnya dan apalagi mencoba mencocokkan dengan ayat firman Tuhan untuk pembenaran , sebab secanggih apapun manusia merencanakan kehidupannya , tapi   Tuhan lah yang absolut menentukan jalan hidup manusia . 

Salam mari kita lihat gerhana bulan.... GBU too

king heart's picture

@Cimot : sekarang lagi gerhana matahari ....

Bung Cimot, anda tampaknya melindungi diri dengan memberi artian yang berbeda tentang hulu yang saya tuliskan. Permasalahan di hulu hanya berurusan dan berkenaan dengan Kebenaran. Politik, agama, sosial, budaya itu masih menjadi hilir, karena semua itu berada jauh ...jauh di bawah Kebenaran itu sendiri. Politik, sosial,  dll merupakan sesuatu di bawah kekuasaan manusia yang dianugerahkan Tuhan untuk menguasai bumi. Kebenaran lah satu satunya yang tidak bisa ditaklukkan karena Kebenaran itu sendiri berdaulat dan Kebenaran itu yang menuntun manusia. maka dari itu hendaklah kita tidak disilaukan oleh "cahaya" manusia yang berjubahkan entah itu intelektual Kristen, tokoh Kristen atau siapalah itu karena cahaya yang keluar hanyalah cahaya refleksi saja. Anda tentu tahu karena sering melihat gerhana bulan he he he.

Bung Cimot anda kembali salah kalau tidak boleh disebut keblinger kalau menyatakan bahwa penyakit yang timbul sebagai pekerjaan sekolah kedokteran dan sebagai tanda kehidupan. Problemnya adalah mengapa ada penyakit bukan? Jika meminjam pengertian anda berarti mari kita menciptakan jenis varian baru supaya para ahli kedikteran ada kerjaan dan kehidupan berjalan, ini berarti tanpa penyakit maka hidup menjadi mati. Ini jelas cara berpikir dan pola pikir yang tak bertanggung jawab. Problem utama sakit karena manusia tidak bertanggung jawab akan kesehatannya apapun itu caranya, di sadari maupun tidak.khusus mengenai penyakit kelamin, jika manusia bertanggung jawab terhadap kehidupan seks yang diperkenan Tuhan yaitu hubungan antara sepasang suami istri yang sah, laki dan perempuan sepanjang hidup mereka maka pastilah penyakit seksual tidak akan timbul.

Bung Cimot karena anda suka mengamati bulan, jika anda membutuhkan sinar bulan untuk menerangi ( dengan berbagai argumen ), saya sarankan carilah sinar matahari karena lebih terang dan asli. Sinar bulan hanya refleksi sinar matahari, tak akan ditemukan cahaya asli yang bersinar dengan terang. Mengharapkan sinar bulan anda hanya akan memperoleh sinar yang redup dan temaram, tak peduli betapa indahnya bulan itu bersinar. Semoga berguna

GBU

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

Cimot's picture

@ King heart Perenungan kita bersama

Bung King heart: Mungkin kita harus mengingat nasehat dari orang tua kita yang selalu mengatakan : Jangan pernah lupakan sejarah.... karena banyak teori dan pendapat dari tokoh pemikir jaman dahulu sangat dimusuhi oleh gereja misalnya Darwin dengan teori genetikanya , dulu dianggap sebagai musuh besar oleh Gereja karena gereja menganggap menentang firman Tuhan karena tidak sesuai dengan apa yang tertulis di Alkitab. Nah sekarang bagaimana teori Darwin kan amat sangat besar manfaatnya bagi kesehatan manusia, makanya saat ini Vatikan sebenarnya sudah lebih maju dalam mengeluarkan fatwa misalnya masalah alien, namun untuk permasalahan homoseksual masih kontra. Dan menurut keyakinan saya masalah ini akan selesai hingga masalah status Jerusalem teratasi. GBU too
hai hai's picture

DR. Gultom MEMBUAL!

Mungkin kita harus mengingat nasehat dari orang tua kita yang selalu mengatakan : Jangan pernah lupakan sejarah.... karena banyak teori dan pendapat dari tokoh pemikir jaman dahulu sangat dimusuhi oleh gereja misalnya Darwin dengan teori genetikanya, dulu dianggap sebagai musuh besar oleh Gereja karena gereja menganggap menentang firman Tuhan karena tidak sesuai dengan apa yang tertulis di Alkitab.

Nah sekarang bagaimana teori Darwin kan amat sangat besar manfaatnya bagi kesehatan manusia, makanya saat ini Vatikan sebenarnya sudah lebih maju dalam mengeluarkan fatwa misalnya masalah alien, namun untuk permasalahan homoseksual masih kontra. Dan menurut keyakinan saya masalah ini akan selesai hingga masalah status Jerusalem teratasi.


Dr. Gultom yang terhormat, anda benar-benar LICIK! Darwin menerbitkan buku The Origin of Species pada tahun 1859. Melalui buku tersebut dia mengajarkan  teori EVOLUSI. Tiga tahun kemudian dia MENYANGKAL alias MENGAKUI bahwa teorinya SALAH! Tidak ada TEKANAN dari gereja juga tidak ADA tekanan dari pemerintah, dia melakukannya secara sukarela karena dia adalah seorang ilmuwan yang JUJUR.  

Di dalam ilmu pengetahuan TIDAK ada yang namanya TEORI GENETIKA, ketika mencamtumkan gelar Doktor (atau itu sebenarnya dokter?) di depan nama anda, itu berarti anda memproklamirkan diri kepada dunia bahwa anda adalah seorang Ilmuwan. Berprilakulah sebagai Ilmuwan, sesuai dengan gelar anda. Jangan MEMBUAL apalagi berlaku LICIK. Ho ho ho ho … Dr. Gultom, anda ketahuan! Istilah GENETIKA diperkenalkan oleh William Bateson pada tahun 1906.

DR. Gultom, silahkan menganggap diri pandai, namun jangan pernah menganggap orang lain BODOH atau anda akan dipermalukan! Apa yang anda ketahui tentang fatwa Vatikan tentang Alien? Ha ha ha ha ha … Terima kasih anda membuat saya ngakak! Teori Darwin selain diakui salah oleh Darwin juga terbukti SALAH. Tentu saja teori SALAH tidak bermanfaat sama sekali bagi umat manusia! 
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@mamoto : tidak seimbang

Ketidak seimbangan informasi, itulah yg saya lihat ketika anda menyajikan argument. Anda mempunyai sejuta fakta tentang homoseks, tapi minim kebenaran firman. Saya sangat yakin anda jarang sekali membaca firman, bahkan kegereja hanyalah kamuflase kaum homoseks, cara terselubung untuk diakui. Soal Yesus disalib, memang anda termasuk goblok. Mengakui kedaulatan Tuhan tapi dangkal. Untuk menyelamatkan manusia, Yesus tidak perlu disalib. Bahkan IA tidak perlu turun. Kan maha kuasa.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Cimot's picture

Sudah dikasih pelajaran tapi masih nggak mau belajar , monggooo

Saya kira dengan adanya renungan yang saya posting dari MAW Brower , anda semakin bisa berpikir dengan jernih, tapi saya lihat anda malah semakin DHUABLEK .

Terutama si HAI HAI yang tidak ada sopan santun, yang LICIKitu adalah anda, dan PEMBUAL itu adalah anda sendiri karena KEBODOHAN dan KESOMBONGAN mu sendiri.

Saya sudah coba mengajak berdiskusi dengan anda tapi yah yang diajak orang pasar sih , pasar klewer , otaknya nggak mau diajar . Hai hai belajar lah dulu PSIKOLOGI AGAMA ya baru kamu bisa berdiskusi dengan sopan, dan ber etika.

Percuma ngajarin orang yang pasaran yang memang otaknya pasaran.

KEN's picture

Cimot, Lu Pemerkosa

Gue gak mau belajar pelajaran lu, menurut lu bener, oke, gue tetep gak mau, jangan dipaksa dan diperkosa dong, gila lu!!! Lu mau liat orang pasar gak ada etika?!! Nih, baca kalimat orang pasar yang gak ada etika, dan terus terang gue juga tersinggung, ini pasar tempat belanja gue, lu gak senang, pegi aja dan jangan pernah balik2 lagi!!! Udah baca, kalimat orang pasar?!!!

>>>=GOD=LOVE=YOU=>>

 

 

 

Penonton's picture

@bung Cimot: Banyak yang mengikuti perdebatan ini

Bung Cimot yang terhormat,

 

Tempat yang kami gunakan untuk menjadi wadah komunitas ini memang mendapat panggilan pasar, akan tetapi banyak juga orang-orang dengan latar belakang pendidikan yang cukup mengejutkan jika anda suatu hari mengetahuinya.

Saya percaya para pembaca dan penulis di klewer cukup bervariasi, berawal dari anak-anak Sekolah Menengah Pertama,Sekolah Menengah Atas, Mahasiswa,Sarjana Muda,Doktor,Ahli Teologia, lulusan Luar Negri, dan bahkan mungkin Profesor.

Anda dapat melihat dari kwalitas, dan bobot tulisan mereka yang cukup bervariasi dan berwawasan luas.Silahkan menggunakan pengetahuan anda sebagai Doktor untuk mendukung argument anda, dan saya percaya bahwa akan ada anggota klewer yang dapat mengimbangi argument anda.

Terima kasih. 

 

 

From OZ....far...far...away..

__________________

xxx

Liesiana's picture

Cimot......Cimot

Saya pikir apa yang anda katakan itu sesuai untuk anda sendiri, saya berterus terang. Sebelum dilanjutkan, saya ingin bertanya apakah anda menganggap Firman Allah yang benar adalah yang tertulis dalam Alkitab. Karena kalau anda jawab tidak percuma diskusi ini dilanjutkan. Kalau anda jawab ya, boleh kita lanjutkan. Anda mengaku beriman kepada pengorbanan Tuhan Yesus Kristus di Golgota, di bagian mana Allah berkata bahwa Dia setuju dengan perbuatan yang anda setujui itu (homoseksualitas atau pemburit). Ada banyak firman Tuhan yang menjelaskan kalau Allah mengasihi kita semua, menerima kita sebagai anak-anakNya, termasuk anda, tapi untuk perbuatan kita yang berdosa sama sekali Allah tidak mentolerir. Anda mengemukakan kata-kata berbelit-belit yang intinya membuat agar pembaca terpengaruh untuk menerima perilaku homoseksualitas dengan berbagai keadaan. Kita semua menerima dan mengasihi anda tetapi tidak menerima perilaku homoseksualitas yang tidak dibenarkan Tuhan. Anda tidak mengajak diskusi, anda hanya mengutip kata-kata orang untuk membujuk supaya perilaku itu bisa dianggap benar. Anda mengomel sampai mengeluarkan kata-kata tidak sopan dan beretika Kalau anda dan saya tidak mau menjadi benar dan kudus di hadapan Tuhan, Tuhan akan marah.
Raissa Eka Fedora's picture

Saya sangat kecewa terhadap doktor seperti anda

Dr. mamoto, terus terang saya sangat kecewa terhadap anda. mengapa? terus terang, anda memang seperti tidak educated dan berpandangan luas, jika anda menganggap "pintar" buktikan kepintaran anda dengan berdasarkan Alkitab, jangan pada perasaan Anda!! kalau aku mau jujur, sejujurnya kurasa anda yang dhuablek, dikasih kebenaran sejati kok nolak dan mengelak. jika anda merasa benar, buktikan jika anda adalah KRISTEN SEJATI bukan PENYESAT. sesungguhnya anda sedang MENYESATKAN pembaca dengan kata-kata anda yang JELAS BUKAN KEBENARAN. Apakah dengan itu anda berani mengatakan ANDA BENAR dan KAMI SALAH? sedangkan BUKTI KONKRETNYA dalam ALKITAB tidak ada sama sekali. sejujurnya, semua teman-teman sekolah ku akan menertawakan anda jika melihat komentar anda ini. -anak kecil berbicara, didengarkah?-
__________________

Satu lagi pendapat seorang anak kecil yang tersasar ke dunia orang dewasa dan memberanikan pendapat.
-anak kecil berpendapat, didengarkah?-

hai hai's picture

Plato - homoseksual Di Mata homoseks

Saya kira dengan adanya renungan yang saya posting dari MAW Brower, anda semakin bisa berpikir dengan jernih, tapi saya lihat anda malah semakin DHUABLEK. Terutama si HAI HAI yang tidak ada sopan santun, yang LICIK itu adalah anda, dan PEMBUAL itu adalah anda sendiri karena KEBODOHAN dan KESOMBONGAN mu sendiri. Saya sudah coba mengajak berdiskusi dengan anda tapi yah yang diajak orang pasar sih, pasar klewer, otaknya nggak mau diajar.

Ha ha ha ha ha ha … Dr. Gultom, silahkan jangan marah, nanti anda membabibuta. Hal demikian tidak baik untuk kesehatan anda. Kemarahan anda tidak akan mengubah kenyataan bahwa Darwin tidak pernah mengajarkan teori EVOLUSI. Juga tidak akan mengubah kenyataan bahwa tulisan MAW Brower hanya sebuah artikel yang dimuat di harian Kompas tanggal 11 Desember 1972. Sebagai kenangan kepada MAW Brower tulisan itu memang enak dibaca, namun untuk menjadikannya sumber pustaka tentang homoseksualitas, tulisan itu sudah ketinggalan zaman. Sedangkan untuk menjadikannya Standard kebenaran di komunitas ini, anda harus berjuang dulu agar itu dijadikan kitab ke 67 di dalam Alkitab.

Dr. Gultom, seperti yang saya katakan, “silahkan menganggap diri pandai, namun jangan pernah menganggap orang lain BODOH atau anda akan dipermalukan!” Anda sudah mengalami sendiri kebenaran kalimat saya tersebut kan? Bukankah saya sudah berdiskusi dengan anda? Selain mengungkapkan kesalahan-kesalahan anda secara sistematis, saya juga memberi tahu anda hal yang benar? Denganmenuduh saya BODOH, SOMBONG, LICIK,  NGGAK MAU DIAJAR, bukankah itu berarti anda kehilangan peluang untuk belajar hal yang benar?

Para pembaca dapat membaca komentar anda sekaligus membandingkannya dengan komentar saya. Menurut saya mereka SANGAT berpikiran luas dan terpelajar untuk MAMPU menarik kesimpulan.

Hai hai belajar lah dulu PSIKOLOGI AGAMA ya baru kamu bisa berdiskusi dengan sopan, dan ber etika.

Dr. Gultom, sekali lagi saya ingatkan, silahkan menganggap diri pandai, namun jangan pernah menganggap orang lain BODOH atau anda akan dipermalukan! Ha ha ha ha ha … Kenapa selalu MENGANGGAP orang lain tidak terpelajar? Padahal orang itu sudah berkali-kali menelanjangi BUALAN anda?  Mungkin anda yang harus belajar dengan cara yang BENAR!

Anda salah bila menuduh kami homopobia! Kami sama sekali tidak membenci kaum homoseksual. Namun kami tahu PASTI bahwa prilaku homoseksual adalah NAJIS di hadapan Allah. Itu sebabnya Alkitab dengan jelas dan tegas mencatat bahwa Allah mengutuknya. Kami juga tahu bahwa prilaku homoseksual sudah ada sejak purbakala. Namun ada sejak purbakala bukan berarti itu adalah prilaku yang benar. Itu sebabnya Alkitab dengan jelas dan tegas mencatat bahwa Allah mengutuknya.

Plato adalah seorang filsuf besar yang pemikirannya mempengaruhi umat manusia dari generasi ke generasi. Dia adalah seorang homoseks. Apabila anda membaca bukunya yang berjudul “Laws” maka anda akan menemukan pandangannya tentang homoseksual. Pandangan seorang homoseks tentang homoseksual, inilah sebagian kalimat-kalimatnya:

Bagaimana kami dapat mengambil tindakan pencegahan untuk menentang hubungan sesual yang tidak wajar ini, karena dari dalamnya muncul kejahatan yang sifatnya pribadi dan memasyarakat? Bagaimana kami dapat memberi jalan keluar dan obat bagi bahaya besar itu? Kami harus mengakhiri secara serentak hubungan antara laki-laki dengan laki-laki. 
  
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Penonton's picture

Pasar Klewer Tempat yang angker.....

Salam Para pembaca yang budiman,

 

Halo para pembaca, penonton bakal meneruskan komentar mengenai pro dan kontra masalah pembahasan masalah homoseksualisme.

Sebelumnya, saya juga akan berkomentar sedikit mengenai keadaan Pasar Klewer, dan juga sedikit kesan dan pengalaman saya, selama bergabung dengan komunitas klewer. Semoga sedikit ulasan ini, bisa menjadi panduan, dan sekedar pengobar semangat bagi para pedagang senior maupun para pendatang baru yang di pasar Klewer.

Sabda Space atau Pasar Klewer, terdengar sebagai sebuah nama yang unik bagi sebuah website komunitas Kristen.Se'unik namanya, dalam dua tahun ini Pasar Klewer juga telah berhasil membangun "image" di dalam dunia maya,sebagai website yang menarik lengkap dengan segala yang ditawarkannya.

 

Sesuai dengan panggilan yang di berikan kepadanya, di dalam komunitas ini juga mempunyai sebutan-sebutan khas pasar pada umumnya. Para penulis di'ibaratkan dengan "penjual",pembaca sebagai "pembeli",sedangkan tulisan yang ditulis sebagai tulisan baru, disebut juga dengan "barang dagangan",dan sanggahan atau tulisan komentar di'ibaratkan juga sebagai "penawaran jual beli".

Bagi sebagian pembaca, memasuki pasar Klewer, adalah pengalaman yang tidak terlupakan.Layaknya sebuah pasar, para pedagang datang dan pergi silih berganti.Sebagian pedagang mendapat kenyamanan dan membangun hubungan persehabatan di antara mereka, yang kemudian berkembang semakin akrab dan kompak dari hari ke hari.

 

Sebagian kelompok, layaknya para pedagang di pasar, kadang-kadang juga terlibat selisih paham, yang mengakibatkan keributan.Dalam menghadapi salah paham dan perdebatan, pasar klewer mencoba mengaturnya melalui peraturan pasar klewer.Peraturan dibuat agar, tidak terjadi hukum rimba, dalam komunitas klewer ini.Tidak jarang, sesama pedagang juga berusaha mendamaikan rekan-rekan yang terlibat "tawuran" tersebut.

Nah namanya pedagang itu khan bermacam-macam, ada yang sensitif, ada yang galak, ada yang pemalu tapi malu-malu'in, dan tentunya ada juga yang nggak tahu malu (namanya juga manusia ).Yang terlalu sensitif, kadang-kadang tidak bertahan lama, mereka memilih untuk menyingkir ke tempat lain yang mereka rasakan lebih aman bagi mereka.Yang lebih berpengalaman,tentunya dapat menempatkan dirinya dengan lebih baik, dan terus bertahan sampai sekarang (anda bisa melihatnya dari tanggal kapan mereka menjadi anggota, dan jumlah blog dan point).

 

Sering kali seorang pembeli melontarkan komentar...." waah klewer serem yaa, banyak preman'nya", atau juga seorang pedagang baru yang merasa "di'plonco" beramai-ramai oleh pedagang senior.Mengingat tentang ini saya seringkali hanya bisa tertawa, teringat bagaimana pertama kali saya menginjakan kaki di klewer.Klewer memang seringkali terkesan "Keras", dan "kasar".

pasar klewer

"Pasar Klewer"

 

Nah kembali ke topik utama kita, sesuai dengan dagangan yang telah dipajang oleh si penjual, sekiranya baik penjual maupun pembeli dapat memainkan perannya dengan "indah".Para pembeli diminta juga untuk menuliskan bukti-bukti pendukung argumen mereka, agar supaya memperjelas opini dan maksut daripada tulisan mereka.

 

Sebagai contoh:

jika seseorang hendak berkata " Barang loe jelek dan mahal!!!", yaah tolong juga dijelaskan, kenapa barang tersebut jelek dan mahal, apakah jika dibandingkan dengan pedagang (penulis) lain, memang betul barang (tulisan) tersebut lebih rendah kwalitas'nya dan lebih mahal harganya?

Dalam hal ini jika kita sebagai penulis, menuliskan komentar yang mengatakan (misalkan) seseorang sebagai orang yang GOBLOK, tapi tidak menjelaskan dimana ke'Goblokan orang tersebut ,saya kira itu adalah sebuah cara berdebat yang tidak begitu baik.

 

 

Nah kalau sampai terpancing emosi, dan terlontar / melontarkan kata-kata kasar....bagaimana cara menghadapinya?

Pertama-tama tentunya kita harus sabar, dan kembali memeriksa tulisan yang telah kita tulis, mengapa sampai tulisan tersebut membuat (merangsang) seseorang sampai berkomentar demikian kasar?

Satu lagi yang perlu di'ingat....yah...maklum juga deh...namanya juga pasar.Seseorang yang melontarkan kata-kata kasar, di dalam hatinya belum tentu se'kasar kata-katanya lhooo.....

Mengenai obrolan tentang homoseksualitas yang semakin hot di pasar klewer ini, saya pada dasarnya tetap berharap agar diskusi dan perdebatan ini dapat berkembang ke arah yang positif.Dimana baik antara pihak pro dan kontra dapat saling berbagi pengalaman, lebih daripada saling menyalahkan dan menjatuhkan.

Saya sebagai bagian dari komunitas kristen, tentunya akan tetap berpegang kepada ajaran keKristenan, dan juga akan memberikan bukti-bukti pendukung baru, yang diharapkan dapat membuat para pembaca yang merupakan bagian dari komunitas gay lebih mengerti, akan apa yang diinginkan dan apa yang harus ditaati dalam kewajibannya sebagai orang Kristen.

Sebaliknya untuk bung Cimot sebagai sosok yang mewakili suara komunitas gay, saya mengharapkan agar anda dapat juga memberikan "lebih" banyak lagi komentar-komentar dengan bukti pendukungnya, agar kami dapat lebih mengerti mengenai seluk-beluk (suka dan duka) kehidupan seorang Gay Kristen ,di tengah masyarakat Indonesia.

Semoga pengalaman bung Cimot selama berkunjung di Pasar Klewer dapat benar -benar menjadi sebuah pengalaman yang bermanfaat dalam arti yang positif.

Biarlah segala tulisan dan komentar-komentar di pasar Klewer ini dapat selalu menjadi pencerahan bagi berjuta-juta orang-orang Indonesia di manapun mereka berada. 

Terima Kasih. 

 

From OZ....far...far...away..

 

__________________

xxx

joli's picture

Cimot di pasar klewer..

Cimot said:

Terima kasih atas infonya ... sebenarnya tujuan dari komentar saya di atas bukan bermaksud jelek, akan tetapi bagaimana supaya forum ini menghasilkan suatu pemikiran yang sifatnya membangun, memang sulit kita hindari akan terjadi benturan yang disebabkan perbedaan pola berfikir atau wawasan yang masih harus ditingkatkan dari para peserta yang gabung , tapi itu bukan menjadi hambatan justru itulah tantangan yang harus kita hadapi.

Cimot, dulu aku ketika sma bakul di pasar klewer klik disini, para pengunjung pasar klewer bermacam-macam, bukan hanya yang bertujuan membeli/belanja, ada yang hanya jalan2 melihat2, ada juga yang berkunjung untuk menawarkan dagangannya meski dia tidak buka kios diklewer. Nampaknya ketika anda masuk pasar klewer, anda termasuk jenis pengunjung yang bermaksud belanja sekaligus menawarkan dagangan.. mungkin juga ada keinginan untuk mengedukasi pedagang kios pasar hal produck baru.. namun seperti biasanya pasar dan pedagang.. banyak pendapat, ada yang menawar harga terlalu murah, ada yang menolak ditawar-in, ada yang bunyi2 juga.. itulah pasar.. tapi sesuai tujuan awal anda masuk klewer : bukan bermaksud jelek, akan tetapi bagaimana supaya forum ini menghasilkan suatu pemikiran yang sifatnya membangun... tapi itu bukan menjadi hambatan justru itulah tantangan yang harus kita hadapi

So.. tetaplah berbelanja sambil berjualan.. juga pelajari standart apa yang berlaku  di pasar klewer.. 

 

nb :

Ada pertanyaan unt cimot "klik : apa penyebab homo?"

NoStressInDepress's picture

Ada Apa Dengan Cimot ? (AADC)

Cimot berkata:
Misalnya peristiwa Sodom dan Gomora dan kisah Jonathan yang ditulis begitu indah. Sodom dan Gomora, jika ditafsirkan adalah perang dalam rangka mengurangi atau mengontrol jumlah penduduk. Artinya TUhan menciptakan manusia dengan beragam warna. Di situ saya katakan bahwa kita ( homoseksual-Red ) tercipta oleh anugerah Tuhan. Jadi ketika kita menafsirkan Alkitab. mesti diterjaemahkan dengan konteks kekinian

Tanggapan Nosid:

Ya jika sodom dan gomora dilayar-lebarkan begitu indah dan SERU untuk ditonton sebagai film KEMURKAAN TUHAN.


Cimot berkata:
Tidak. Jika pilihan, maka boleh dong memilih mayoritas. Gay itu kan ada karena ciptaan

Tanggapan Nosid:
Saudara cimot tidak ingin menjadi Gay tetapi cimot MEYAKINI Gay adalah bawaan orok. Maka cimot mulai mencari cara untuk hidup tenang dan damai, bahkan berkeras untuj selaras dijalan Allah dengan melakukan justifikasi ala sodom-gomora

-------

Setelah lama bergumul dan PUTUS ASA, saudara cimot kmudian mencoba melihat maksud Allah dalam dirinya yang sebagai seorang homosexual. Jika kisah Sodom dan Gomora yang paling extereme sebagai areal penghakiman Allah terhadap perilaku homosex bisa di EDIT menjadi tafsir INDAH, maka dunia homosex akan lebih AMAN dan hidupnya bisa NYAMAN. Ketimbang pilihan lainnya menyangkal diri dan menolak perbuatan dosa Saudara cimot malah menafsirkan:

kehadiran kaum homoseksual dalam rangka mengontrol.
jumlah penduduk.

Cimot meyakini homosex adalah ciptaan(dari lahir). Bahkan dianggap sebagai berkah tersendiri untuk mengurangi tingkat pertumbuhan penduduk. Cimot, menggabungkan kontex kekinian dengan kisah sodom dan gomora bukankah TIDAK SINKRON sama sekali !?.


Last

Bagaimana agar saudara cimot bisa menerima kalau homosex itu salah, sedangkan cimot begitu yakin kalau homosex adalah ciptaan bahkan anugerah Tuhan ?

Untuk melanjutkan diskusi supaya terarah.Kelihatannya harus dimulai dari penyataan: "Halo cimot, homosex itu PILIHAN".

Tapi jika ternyata cimot tetap berkeras homosex bawaan orok. Sebagai orang Kristen, maka saudara Cimot tidak memiliki pilihan selain TAAT Firman untuk tidak BERZINAH.

BERES toh MOT ,simple toh MOT?

Lalu jika kemudian saudara cimot berkeras lagi homosex itu ciptaan bahkan anugerah.

Ya wes, diskusi SELESAI..yang ada mungkin hanya MAKIAN dari para preman pasar, mudah diprediksi toh mot ?

Saya sendiri tidak benci sama sekali dengan PRIBADI homosex, tapi jelas menolak HABIS jika ada anggapan PERILAKU dan TINDAKAN homosex sebagai perbuatan yang diizinkan Allah.



*Shallom4Ever@all

__________________

*Shallom4Ever@all

jesusfreaks's picture

@cimot : AADC jilid 2

Sensi nih yee, Gw harap maklumlah kalau homoseks itu sensi. Apalagi lo kan sebagai "cewe" nya. Maaf beribu maaf TANTE CIMOT, bahan dasar jualan di PASAR KLEWER HARUS MENGANDUNG KEBENARAN ALKITAB. Mau ayat sepotong kek, setengah potong kek. TAPI HARUS DIPERTANGGUNGJAWABKAN. Nah selama jualan Anda tidak mengandung Bahan Dasar Tersebut. DIJAMIN JUALAN ANDA AKAN DIUJI TERUS KELAYAKANNYA. Sekali lagi maaf beribu maaf, ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA DAN SEBANGSANYA.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

rere's picture

lewat untuk bertanya

Apakah homoseksualitas itu kondisi terberi atau tidak?? apakah ada kemungkinan dua orang kembar yang secara biologis dan lingkungan ada dalam kondisi sama kemudian yang satu menjadi gay dan yang lain normal...?? Ada yang bilang: God did create Adam and Eve, not Adam and Steve, nor Eve and Eva. nah kalau jenis kelamin dua itu secara seksual harus berbeda sebagai natur-nya, apa yang terjadi dengan binatang-binatang yang pastinya tidak berpikir untuk memilih dengan sadar perilaku nyeleneh kemudian memilih homoseks (saya tidak bilang perilaku homoseks itu seperti binatang, karena harusnya kalau Tuhan secara alami menciptakan kondisi terberi bahwa jantan dan betina itu yang harus jadi satu, maka binatang ini melawan kodrat alaminya) saya bukan orang yang sepakat dengan normalitas homoseks ... tapi mencaci orang saya rasa bukan cara yang tepat untuk menyadarkan trims .... semoga saya tidak dijawab dengan ha.. ha.. ho.. ho.. GOBLOK, NGAWUR, TOLOL, IDIOT, IMBISIL (lho kok malah mencaci diri sendiri....)
jesusfreaks's picture

@rere : kepala boleh panas, tapi hati dingin

Dear Rere, gw punya prinsip kepala boleh panas hati dingin. percayalah...cacian...makian itu...semata-mata atas dasar kasih... coba baca lagi...kami tidak membenci orangnya...kami membenci perilakunya...

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

rere's picture

kepala dan hati juga harus dingin lah .....

wah kalo kepala panas omongan kita malah jadi gak fokus lagi, kalau hati panas tindakan kita jadi suka berlebih ... jadi kepala dan hati semoga tetep dingin. Indonesia udah terlalu panas buat ditambah kepala ato hati yang panas. (apalagi sudah ada lumpur panas lapindo)

saya sih ok aja kalau kasih juga harus tegas ... tapi gak perlu kan mengucapkan makian dan kata-kata sinis berbau pelecehan.

masa sih kita harus saling bunuh atas nama iman, kaya jaman belum berubah aja

cukup joan of arc dan servetus aja lah yang dibakar karena perbedaan prinsip agama

 

rere

pius desmond's picture

panas dingin

yang ada juga ungkapan hati boleh panas, kepala tetap dingin ....

artinya meskipun gw emosi dengan sesuatu atau seseorang

tapi lo beda ..... kepala boleh panas, tapi hati dingin

artinya gak ada angin gak ada hujan ... otak lo nge-hang ....

ho.. ho.. hoo 

ely's picture

@Dr. Cimot

Dear Dr. Cimot, Seorang yang menang adalah seorang yang bisa mendapatkan dirinya benar dan tidak bersalah pada apa yang dia lakukan ... Apabila masih ada keraguan terhadap kebenaran pendapat, Pertanyakan itu pada diri sendiri, karena yang bisa merasakannya hanya diri sendiri, Apakah disana benar2 telah mendapatkan bahwa kita telah menang tanpa membunuh suara hati sendiri ... Tuhan memberkati
__________________

Lakukan segala sesuatu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia ...

Dedy Yanuar's picture

Pantes pada tersesat

wah pantes pada tersesat, nyari kebenaran kok tanya diri sendiri. mau nyari kebenaran tuh ke Tuhan, tanya Tuhan apakah yg dilakukan itu benar, atau tidak. kalau tanya ke diri sendiri, maka yg menjadi jawabannya ya sudah pasti, keinginan kita sendiri (bukan keinginan Tuhan).

kita tuh hidup salah satunya harus memikul salib. memikul salib adalah salah satu dasar mengikut Yesus. kalau gak mau memikul salib (menderita) ya jangan mengikut Yesus.

pinjem kalimat Raisha:

"-anak kecil berbicara, didengarkah?-"

ely's picture

@Dedy Yanuar, suara hati

 

Suatu anugerah yang diberikan kepada manusia adalah pengetahuan tentang hal yang baik dan yang buruk, meski melalui hal inilah awalnya dosa terjadi...

Pada dasarnya manusia mampu melihat, merasakan dan menilai kesalahan yang diperbuatnya sendiri berdasarkan suara hatinya ...

Namun terkadang suara hati bisa terkikis oleh keinginan2 manusia sehingga manusia tidak lagi bisa mendengarkan suara hatinya, tapi suara hati tetaplah suara hati dia akan terus ada dan terdengar sewaktu-waktu untuk menyadarkan 'pemiliknya' dan itulah anugerah dari Tuhan, Dia tetap salah satunya dengan dengan menggunakan hati nurani untuk selalu mengingatkan manusia sekalipun manusia berdosa.

 

Dan orang yang mengingkari hati nuraninya adalah orang yang munafik.

Jadi bukan keinginan yang dipertanyakan namun kebenarannya... 

 

__________________

Lakukan segala sesuatu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia ...

Dedy Yanuar's picture

@3m1

"wah pantes pada tersesat, nyari kebenaran kok tanya diri sendiri. mau nyari kebenaran tuh ke Tuhan, tanya Tuhan apakah yg dilakukan itu benar, atau tidak. kalau tanya ke diri sendiri, maka yg menjadi jawabannya ya sudah pasti, keinginan kita sendiri (bukan keinginan Tuhan)."

aku menulis begitu karena aku lihat ada orang yg yakin bahwa homo itu (dipatenkan, yakin seyakin-yakinnya) nggak dosa, makanya aku kasih saran supaya tanya Tuhan, kalau tanya sama diri sendiri pasti jawabannya nggak dosa,malahan dia sebut itu anugerah. Jadi aku menulis itu untuk orang2 yg sudah salah merasa "benar".

 

ely's picture

@Dedy Y... Kesalahan...

....

mungkin aku yang udah salah tulis sehingga pengertiannya juga menjadi salah

....

Sbenarnya maksud aku bertanya pada diri sendiri adalah memperntanyakan pada suara hati ' kepekaan yang terdapat pada diri kita' yang lebih bisa menilai kesalahan yang kita perbuat...

Seperti kisah nabi-nabi PL, mereka menggunakan 'suara hati' kepekaan mereka untuk mengetahui maksud Allah sebagai suara Tuhan...

....

Ada pendapat yang mengatakan bahwa suara hati bisa jadi sesuatu yang jahat...

....

Hal ini bisa terjadi apabila suara hatinya sudah terkontaminasi oleh iblis...

sehingga tidak bisa dikatakan murni

....

Tetapi kemurnian itu akan tetap ada dan sewaktu2 datang untuk mengingatkan dan menghakimi kita.... 

 

 

 

__________________

Lakukan segala sesuatu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia ...

king heart's picture

@ 3m1 : Hati Nurani

Hati nurani manusia itu telah tercemar dosa sehingga tidak akan mungkin bisa mengenal sesuatu itu baik atau jahat, tanpa bertobat, percaya kepada Yesus Kristus dan kembali ke Firman Tuhan. Hati nurani yang telah tercemar itu dalam perjalanan hidup manusia mengalami banyak liku liku sehingga bisa terpolusi akibat budaya, agama dll. Maka memang sangat sulit mempercayai hati nurani mampu untuk membedakan mana yang baik, mana yang jahat, mana yang berkenan kepada Tuhan, mana yang tidak. Akibat pencemaran terhadap hati nurani maka jika sesuatu telah dipandang baik olehnya sekalipun itu bertentangan dengan Firman Tuhan, ia tak akan merasa apa apa. sebagai contoh anda bisa lihat para perencana pengeboman di Indonesia yang akan dihukum mati itu, adakah penyesalan ? Apakah suara hati nuraninya menegur dia ? hati nuraninya telah mati, karena apa yang diyakininya. Perbuatannya dianggapnya benar dan mereka berkeyakinan masuk surga. Di luar itu akibat budaya, lingkungan sekitar, didikan orang tua dll bisa mempolusi hati nurani, maka hanya kembali kepada Tuhan saja hati nurani bisa dipulihkan.

GBU

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

jesusfreaks's picture

@rere : kembaran Anak El Shadday

Pasar klewer ini lucu juga, banyak kembaran. Sekarang udah ada rere yg cara menyimpulkannya mirip AES. Membunuh atas nama iman ? NGACO LO. Ngerti iman gak ? Atau cuma sok tahu.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

rere's picture

nah malah nanya

nah malah nanya ... udah baca kisah servetus kan? nah itu karena iman
pius desmond's picture

siapa??

weleh.. weleh ... JF ini dimana-mana kok bergaya ganas ya ..... kalo cuman nge-bacot didunia maya ya aman bos ... lo ngomong sana didepan sekolah gay-nya dede utomo he.. he.. he... kalo gak berani .... jangan nulis die as martyr
rere's picture

advertensi benci

Kita hidup di sebuah zaman ketika benci bisa jadi advertensi. Jika tuan teriakkan rasa muak, geram, dan tak sabar tuan kepada sekelompok manusia—dengan teriakan yang cukup keras—tuan akan menarik perhatian orang ramai. Tuan bahkan akan dapat dukungan. Geert Wilders tahu betul hal itu. Karena itu dia bikin film FITNA Apa mau dikata: inilah zaman ketika firman berkelindan dengan fitnah, ketika yang sakral bertaut dengan yang brutal. Kita hidup pada masa ketika Jonathan Swift, satiris penulis Gulliver’s Travels dari abad ke-17 itu, terdengar kembali arif dan sekaligus menusuk: ”Kita punya agama yang cukup untuk membuat kita membenci, tapi tak cukup untuk membuat kita mencintai….”
king heart's picture

@rere

Kekristenan bukankah jauh lebih dari cukup untuk mencintai bukan ? memang sih kalo lihat bebrp penganutnya yang tidak menyadari betapa kayanya kasih Allah akan manusia maka jadinya kelihatannya seperti orang Kristen yang hanya melulu menonjolkan kebencian. Untuk objektifnya mungkin bisa kita melihat beberapa orang tua kristen yang anaknya menjadi korban pembunuhan atau penganiayaan bagaimana mereka yang tadinya ada yang menyuarakan kebencian bahkan dendan dan sumpah serapah kemudian seperti terlihat di TV mau mengampuni, belum lagi yang dari awalsudah langsung mengatakan mengampuni orang yang telah tega membunuh anaknya. Hal ini sering mengaharukan dan menerenyuhkan hati, sedih melihat kesedihan mereka tapi sekaligus bersyukur atas kebesaran hati dan kasih mereka. Tanpa panutan Yesus tidak mungkin hal ini bisa terjadi. Jika dibandingkan dengan yang lain, bisa kita lihat sendiri begitu jauh dan bertolak belakang, yang ada gigi ganti gigi, mata ganti mata. GBU
__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?