Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

KEMANA KITA SETELAH MATI?

Josua Manurung's picture

KEMANA KITA SETELAH MATI?

sebuah drama - obrolan di warung kopi...

 

malam cerah bertabur bintang... suara jangkrik, kelelawar dan katak berlomba memuji
Nama TUHAN...

Lalu setelah sermon guru sekolah minggu dan paduan suara... para pemuda kami
terbiasa untuk duduk nongkrong di warung kopi... seperti biasa di akhir Minggu... ada yang curhat, ada yang minum,
ada yang nyanyi2 sambil main gitar, ada yang main catur... itu sampai pagi
biasanya... satpam lingkungan hanya bolak-balik saja memperingati dan memukul
tiang listrik keras-keras... tapi toh pemuda kami tetap ndableg... karena
mereka menganggap itulah saat dimana mereka bisa berkumpul dan melepas stress
di tempat kerja dan di perkuliahan bersama-sama teman seiman... sungguh suatu
anggapan yang salah.... seiman dalam kehancuran dan merusak badan... tapi boleh
percaya atau tidak.... karena mereka-mereka inilah banyak acara Gereja yang
sukses... karena mereka yang tahan mendekor sampai pagi... dan tidak banyak
alasan ketika dimintai tolong untuk mendekor Gereja atau membuat panggung untuk
sebuah acara Gereja... sementara orang lain tidak peduli dengan pelayanan dan
terlalu sibuk dengan dunianya masing-masing...

 

Lalu terbitlah sebuah wacana... di tengah-tengah nyanyian dan
tertawa-tawa.... ada yang tahu kemana kita setelah mati? banyak yang tidak
peduli... tapi ada juga beberapa yang menjawab... ya ke Surga dong....
langsung? Iya langsung... bukankah itu tujuan kita ke Gereja setiap Minggu biar
bisa ke Surga... lalu ada yang menyalahkan.... wooo... enak saja... bisa penuh
tuh Surga dengan orang macam elo... lalu mau apa lagi? kita kan
tinggal mengaku dosa, pakai minyak urapan dan perjamuan kudus kan kalau sekarat dan habis itu kita
diterima deh.... WOOOOOO.... suara wooo nya ternyata makin keras menyatakan
tidak setuju..... gak bisa gitu bro.... bertobatnya beneran gak itu...
kalo elo kelindes kontainer seperti almarhum Lastri bagaimana?... Hmmm... semuanya tampak sibuk berpikir sesaat... Lastri memang
masuk surga bro... dia baik sekali dan anak TUHAN banget... tapi kita...
ada ga yang yakin masuk surga di sini....

Ada... kata
orang itu... gue yakin masuk Surga... WOOOOOOOO.... ini orang gila.... sombong
rohani... terlalu pede.... siapa elo emangnya ngaku-ngaku... eh Bro...
ini gue imani dari Khotbah Pendeta Billy Graham... Billy siapa... siapa itu...
itu Pengkhotbah terkenal bro... iya... iya gue tahu siapa dia... terusin....
apa dia bilang.... Lalu orang itu bilang lagi... doi bilang... Gue yakin masuk
Surga... Yakin-seyakin-yakinnya... bukan karena apa yang telah aku perbuat...
bukan karena kebaikan saya... karena saya toh orang berdosa seperti kalian semua
kata si Billy Graham... lalu kenapa dia yakin bro masuk Surga.... dia yakin
masuk Surga karena Orang yang telah mati di kayu Salib itu baginya ...
Orang itu telah membayar saya... karena Kasih Karunia-Nya saja aku yakin masuk
surga..... darah Yesus yang disalib sudah membayar korban perdamaianku dengan ALLAH... ahhh... kalau itu mah kita-kita udah pada tahu.... semuanya berargumen setuju dan tidak setuju...

Tapi ada lagi bro... semuanya juga karena Kasih Karunia.... tidak ada orang yang bisa
membanggakan diri... dan menganggap dirinya suci.... TUHAN lah yang
menilai hati.... jadi maksud kalian kalau kita mati nanti kita gak
langsung masuk surga? tanyanya penasaran... wah, itu harus ditanya ke Amang
Limbong dulu selaku pendeta kita....

adalagi yang menyeletuk... kita setelah
mati ya turun ke dalam dunia orang mati Bro... seperti dalam kesaksian
Iman Aku Percaya. Aku percaya kepada Yesus Kristus Anak-Nya Yang Tunggal Tuhan
kita... Yang dikandung dalam perantaraan Roh Kudus lahir dari anak dara
Maria... yang menderita sengsara di bawah pemerintahan Pontius Pilatus...
disalibkan, mati dan dikuburkan, yang turun dalam kerajaan maut... pada hari yang
ketiga... bangkit pula dari antara orang mati... tuh kan apa kubilang
katanya... YESUS saja turun ke dalam dunia orang mati... dalam kerajaan
maut... hades bro katanya.... katanya siapa... jangan sok tahu loe jadi
orang.....

ahh... sudah... sudah... ada yang lain menimpali... yang gue tahu kematian
kita itu kematian yang pertama... kematian yang kedua ya itu... Hari
Penghakiman... dimana kambing dipisahkan dengan domba.... dan Orang-Orang
Suci-Nya menghadap Tahta-Nya... ada di Wahyu 6: 9-11... orang-orang yang telah
dibunuh dalam Nama-Nya harus beristirahat sedikit waktu lagi...

Banyak ayat bro yang bilang kita akan beristirahat dalam dunia orang mati
atau hades... ahhh... gue ga percaya itu.... timpal yang lain... kan ada
rapture... pengangkatan... itu juga ada ayatnya toh.... satu orang akan
ditinggal yang lain akan diangkat... seperti Elia dan satu lagi siapa itu
namanya.... lupa aku... huuuuu.... makanya khotbah jangan keluar melulu.....
Benar bro... itu juga benar.... mau apaan kek kalian bilang...
pokoknya aku langsung ke Surga... ga mau lewat dunia orang mati dulu... di sana kan
seram..... wooo.... dasar penakut..... kebanyakan nonton film hantu tuh....
ngakunya percaya YESUS... tapi sama hantu takut.... ayo kita jalan ke Tanah
Kusir sekarang... ayo... kau jangan nantang aku lae... sudah-sudah... kenapa
kalian jadi berkelahi... pembahasan belum selesai ini... kata orang itu....

Lalu mana yang benar ini kata orang itu... ada yang bilang kita langsung ke
Surga... ada yang bilang kita harus menunggu dalam dunia orang mati... ada yang
bilang langsung di-rapture-pengangkatan... lalu ada yang menimpali dari
ujung belakang... dua orang pemuda yang cukup berumur dan sedang main catur...
mereka berdua par-subang... gak pernah ikutan minum atau nyawer beli minuman...
pelit kata anak-anak... tapi orang ini banyak idenya.... dan kami tidak
pernah memaksa mereka untuk mengumpulkan duit… bias berantem jadinya….

ada tertulis... " Terjadilah padamu menurut dengan iman-mu"... mau
langsung, atau menunggu dulu atau diangkat langsung... itu terserah Kasih
Karunia-Nya saja... TUHAN melihat hati kita... tapi kalaupun aku masuk
dunia orang mati... aku yakin dan percaya... YESUS KRISTUS TUHAN menemaniku
sampai di sana,
I will be Rest In Peace with My Lord JESUS!

ya.ya... lainnya berguman... entah setuju entah tidak.... ya... jangan terlalu dipikirkan lah... yang penting kita sudah punya YESUS... tapi gak bisa begitu juga bro... hallahhh... iyalah... ayo teruskan
lagumu... eh... mau kemana kau... baru jam berapa ini lae.... ahh aku mau
pulang dulu... katanya.... menangisi dosa-dosaku.... ahhh... ga seru kali
kau... nanti aja lah lae... hei... hei....

seorang pemuda meninggalkan kedai kopi sambil menangis dan memukuli dirinya...

 

Suasana kembali penuh nyanyian... tertawa-tawa... bau minuman memenuhi
udara... ada yang muntah... tertawa.... berdebat kusir... main catur.... satpam
kembali membunyikan tiang listrik... TENG-TENG-TENG.... pemuda-pemuda itu cuek....

kadang aku berharap semoga malam ini hujan deras... agar mereka nongkrong tidak terlalu
lama.... jangkrik dan katak masih bersahutan.... ahhh....
skak matt... mampus kau...hehehe... kau bayar teh botolku ya... saatnya
aku pulang.... kau ikut tidak...

 

BIG GBU!

JM110308.2255

__________________

BIG GBU!

Puput Manis's picture

Ke Mana Setelah Mati? Tanyakan Pada Yang Udah Pernah Mati Aza..

Syallom bang Josh,

Sudah baca kesaksian Andryansah? Tuh anak muda yang kecelakaan motor waktu ngebut mbonceng temennya. Dia terpental melayang dan.... rohnya keluar dari badannya trus liat temennya dikerumuni mahluk-mahluk mengerikan. Untuk kisah selengkapnya coba klik di sini.

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

__________________

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

hai hai's picture

Kenapa Alkitab Tidak Mencatat Pengalaman Orang Mati?

Ha ha ha ... Josua, pantas kamu tidak memberi komentar pada tulisan saya I love My Self, rupanya selain benar-benar memahami apa itu CINTA tanpa syarat kamu juga getol menjalaninya ya? Ha ha ha ... jangan kuatir bung! Kamu sedang menanam pohon beringin, walau tumbuhnya lambat, namun sekali menjadi besar banyak burung dapat membuat sarang dan binatang lain berlindung di bawahnya. Teman-teman kamu beruntung memiliki teman seperti kamu!

Puput dan Josua serta semua pedagang dan pembeli di pasar Klewer, izinkan saya bertanya:

Alkitab mencatat Yesus Kristus tiga kali membangkitkan orang mati. Pertama, anak janda di Naim; Kedua anak Jairus; Ketiga Lazarus. Di samping itu Petrus juga melakukannya bahkan Paulus. Namun, kenapa Alkitab tidak mencatat pengalaman mereka sama sekali?

Ada teman yang bilang, mereka tidak sehat jasmani dan rohani ketika mengalami kematian itu sehingga tidak layak menjadi saksi. Ada juga yang bilang pengalaman mati tidak berharga sama sekali sehingga Allah merasa Alkitab tidak perlu mencatatnya. 

 

 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Puput Manis's picture

Hai, Pengalaman Lazarus Yang Bangkit

Hai Hai Hai,

Sori telat mbalasnya. Baru sadar ada pertanyaan darimu. Aku juga ga tau persis jawabnya, Hai. Tapi menurutku, waktu itu pasti gempar dan orang-orang jaman dulu yaa pasti dong sama seperti kita jaman sekarang, pengeeeenn tau gimana di sononya. Dan saya percaya Lazarus pasti cerita banyak (lihat Yohanes 12), cuma ga dimuat di Akitab, karena :

1. Seperti perkiraanmu itu, cerita itu ga penting kaitannya dengan misi kedatangan Mesias di dunia ini untuk keselamatan manusia.

2. Seperti kata Yohanes : Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu. (Yohanes 21:25)

Kalau ingin tahu yang ada di Kitab Suci, yaa kita percaya aja sama perkataan Yesus dalam perumpamaan :"Orang Kaya dan Lazarus yang Miskin", juga tentang hades dan neraka, bahwa itu tempat yang gelap, tapi panas oleh api yang tak terpadamkan, tempat cacing-cacing yang tidak mati, dan tempat kengerian dan kertak gigi.

Jaman modern ini di mana pengetahuan semakin bertambah, kesaksian orang-orang yang pernah mengalami mati dan bangkit lagi, bisa kita akses di internet, seperti kesaksian Daniel Ekechukwu itu.

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

__________________

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

hai hai's picture

Puput Manies, Baca Diskusi Kami Ini

Puput, beberapa saat yang lalu ketika membaca tulisan pak John "Di balik Tingkap-Tingkap Langit." Kami sempat terlibat dalam diskusi yang sangat seru tentang kesaksian kebangkitan orang mati termasuk di dalamnya Daniel Ekechukwu. Silahkan anda membacanya non.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Oma's picture

Kesaksian Christian" mb Puput

Halo mbak Puput, salam kenal ya, sorry lho kalau oma pernah menggoda mbak Puput.

Tadinya saya kira mb Puput ini masih imut2 seperti yang di foto,  ternyata itu foto buah hatinya ya? Pantesan kok tulisan2 nya waah , padahal se muda itu?

Kesaksian tentang Christian Andryansah menambah koleksi oma mengenai kisah orang yang sudah sampai kealam sana. Jadi semakin mantaplah kalo nanti oma dapat giliran. Mudah2 an Hai-hai tidak mengoreksinya sampai membuatku kehilangan impian. . . he . . he x2. . Awas lho Hai ntar tak tutuk ngangggo irus" Tapi gpp sih biar lebih spicy masakannya.

Makasih ya mbak Puput yang manis dan imut2, tambah lagi ya"

Salam,

Oma

Puput Manis's picture

Melihat Tuhan Yesus Melalui Mata Orang Lain

Halo Oma,

Salam kenal kembali. Ga papa Oma, di Pasar Klewer ini saya merasakan kita semua satu keluarga koq. Ada Oma, (Opanya siapa yaa?) ada Papa, ada Mama, ada kakak, ada adik, ada adik sepupu, ada kakak sepupu, ada keponakan, ada cucu. Eh, saya tetep cucu aja yaa... Kiddult nih... maunya kecil dan imuuut terus..

Koleksi Oma apa saja? Bagi-bagi juga dong.. Saya bahagia bisa sedikit-sedikit mengintip seperti apa Yesus itu, melalui mata orang-orang lain yang sudah menyaksikannya. Kisah Ian McCormack dalam "Sekilas Dari Keabadian" yang ditulis Bp. John Adisubrata yang dimuat di sini, lebih jelas lagi kan Oma.. Terutama episode 19 - 29. (Hiks... jadi ingat Pak John yang sangat baik itu.. Kenapa sekarang ga muncul lagi di sini?)

Oma udah pernah nonton VCD "Raised From the Dead"? Itu kesaksian Pdt. Daniel Ekechukwu yang luar biasa menakjubkan. Ga tau gimana menurut Hai Hai. Apakah ini juga tepu-tepu? Atau betul-betul mujizat?

Oma juga bisa bisa buka di spiritlessons. Di situ banyak kesaksian orang-orang yang pernah ke alam baka. Ada kesaksian dokter ahli jantung (Dr. Maurice Rawlings --> To Hell and Back) juga yang mewawancara pasien-pasiennya yang udah mati, diresusitasi, hidup lagi.

Tapi yaa.. itu Oma... Tuhan kan udah bilang, kalau manusia ga mo percaya Kitab Suci dan perkataan nabi-nabi, walau ada orang bangkit dari kematian dan bersaksi, tetep aja mereka ga percaya. Memang keselamatan itu ga mudah juga yaa..

 

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

__________________

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

esti's picture

Koleksi artikel tentang Surga"

Mbak Puput koleksi saya  mengenai surga juga tidak banyak, Misalnya saja spiritlessons, Ricardo Kid sama beberapa pemuda Colombia  saya sudah pernah membacanya, saya punya buku: Merry K. Baxter, Choo Thomas, Dr Jaerock Lee, Randy Alcorn, semuanya bicara kalau pernah ke Surga, Kalau yang Randy Alcorn saya belum selesai baca padahal sdh lama.

Tapi yang bagus tulisan Dr Jaerock Lee yang berusaha memperoleh penglihatan setelah 7 tahun tekun berdoa dan berpuasa, sehingga Allah berkenan kepadanya, dan beliau menulis tentang tingkatan2 surga sesuai dengan kwalitas pelayanan yang dikerjakan selama didunia ini. Bahkan banyak pendeta, majelis, guru2 agama, pemimpin paduan suara, song leader yang pelayanannya tidak layak malah masuk kedalam neraka.

Saat saya membacanya, setidaknya saya bisa lebih extra berhati-hati, supaya jangan sesudah aku mengambil bagian dalam pelayanan, saya sendiri tertolak.

Ok MBak Puput Met Beristirahat, saya belum tidur dari jam 2 malam kemaren, ngantuk banget nih.

 

Mbak Puput nakal nih, belum jawab pertanyaanku, nanti dijawab ya?

Saya tadi kutip satu perikop ayat Alkitab buat orang yang "numpang lewat", mudah-mudahan tidak dianggap langgar aturan wong tujuannya baik kok.

Puput Manis's picture

Omaaa.. Jangan Bergadang, 'Tar Masuk Angin Lho..

Omaaa...,

Wah, masak lom tidur sejak jam 2 malam kemarin? Ngerjain apa aja sebenernya Oma ini, sampe bergadang begitu? Semoga ga masuk angin, Oma! Selamat istirahat yaa. Besok masih libur pa? Mungkin dipuas-puasin tidurnya, dan besok mo ngebluk?

Pertanyaan pasti dijawab, Oma. Cuma nunggu waktu yang tepat. Ini saya juga mo cabut. sehabis posting artikel "Anak Domba Allah". Rencana banyak, waktu kurang nih. Hiks...

            

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

__________________

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

jesusfreaks's picture

SUSAH BANGET

pada mulanya, kalau kita mati ya turun ke DUNIA ORANG MATI. nah setelah YESUS TURUN, terjadi perombakan sistem tuh. ada yang turun ke DUNIA ORANG MATI, ada yang bangkit kesuatu tempat untuk dihakimi. nanti deh gw cari lagi... ayo dong baca alkitab, masakan gak tahu kemana setelah mati.

Jesus Freaks,

"Live X4J, die as a martyr"

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Yenti's picture

Setelah mati???

Kalo membahas mengenai kemana setelah mati, jawaban dan pandangan pasti banyak sekali. Kalo saya sendiri lebih berpendapat, kita dikumpulkan di dalam satu tempat- Dunia orang mati ( tempat sementara ). Kita tidak bertubuh dan dalam bentuk roh. Kemudian semua roh orang mati akan dikumpulkan untuk menuju penghakiman pada saat Tuhan Yesus datang ke-dua kali. Surga adalah tempat yang akan dituju setelah penghakiman dilakukan pada saat kedatangan Kristus yang ke-2. Tapi ada pertanyaan : apakah roh-roh manusia sudah terpisah antara yang percaya / ngak, atau bercampur di dalam satu tempat?? nah, kalo ini aku mengambil cerita dari Lazarus dan orang kaya, bahwa kita telah dipisahkan antara roh orang benar/tidak ( orang yang percaya kepada Kristus/tidak). Tapi pertanyaannya lagi?? apakah hukuman kekal sudah berlaku untuk orang yang tidak percaya ?? jawabannya dari cerita Lazarus juga.. Iya. Berarti: Kehidupan kekal / kematian kekal telah ada setelah mati donk, bukan setelah penghakiman - kedatangan Tuhan Yesus yang ke2??
xaris's picture

Third Millenium Ministries

Hola Jos,

Kalau ada pertanyaan2 teologis saya suka browse ke Third Millenium Ministries sini. Pendirinya Richard Pratt, Jr. salah satu ahli Perjanjian Lama, salah satu bukunya yang bagus menurut saya Designed for Dignity. Saya belum bisa menemukan pertanyaan yang berkorelasi dengan yang dibahas di blog kamu ini, tapi secara pribadi yang saya mengerti, tidak ada yang namanya Tempat Penampungan Sementara sampai Kristus nanti datang lagi menjemput orang2 pilihannya. Yang mati langsung menuju Surga sama seperti penyamun yang kepadanya Yesus berkata, "Truly I say to you, today you shall be with Me in Paradise." Kita pikir yang mati duluan menunggu, tapi bagaimana kalau begitu mati terlepas dari ruang-waktu dan langsung masuk ke dalam kekekalan, ngga ada yang namanya atret bukan?

Terus terang banyak perdebatan yang saya lalui waktu membahas soal ini, lebih parah daripada keributan para pemuda di tempat kamu yang di-teng-teng sama Hansip tuh, hehehe... Satu hal yang saya coba mengerti adalah, kita bisa punya konsep tentang TPS ini sangat mungkin karena salah satunya kita berpikir dalam ikatan ruang dan waktu. Ini sama dengan menimbulkan pertanyaan tentang kalau Kristus baru disalib waktu jaman Perjanjian Baru, gimana nasib umat pilihan di jaman Perjanjian Lama. See my point?

Okie dokie, mau baca lagi dari bible study dulu =)

Yth's picture

Menurut gw, Ke dunia org

Menurut gw, Ke dunia org mati bagi yg tidak percaya, disana terdapat ratap n kertak gigi, sambil menunggu penghakiman ats perbuatan mereka n kematian yang kedua, yaitu bersama iblis kejurang maut. Langsung kesurga bagi yg percaya, sambil menunggu kebangkitan yg pertama fiantara org2 mati, trus ikut memimpin di kerajaan 1000taon. Ini yg gw tau dr Wahyu20
joli's picture

TOUR LEADER ke SORGA

Akhir bulan Januari yang lalu, saya mendapat telpon dari mama saya di jawa timur.. yang mengatakan dengan sedihnya.. katanya : Tadi malam aku mimpi ketemu Alm Nenek .. tersenyum...Joli apa aku mau mati.. sebenarnya aku takut mati...

Awal bulan maret.. mamaku jatuh sakit, sempat lupa dengan siapa2... cuma bilang .. aku pengin sembuh...

Minggu lalu, seorang teman aktifis gereja juga bilang padaku .. aku takut mati..

Kepada mereka baik mama or teman saya tanya apakah mereka percaya Yesus.. percaya sudah disediakan tempat di surga? mereka jawab dengan yakin seyakin-yakin-nya YA..

Kenapa dan mengapa takut? ya itu rasa yang dengan jujur diungkapkan..

Mungkin seperti Jason ...tidak tahu kenapa takut... atau banyak alasan untuk takut...

Dari pengalaman bepergian sendirian ke China... saya juga tetap merasa gamang, takut tersesat, kuatir, dll meski sudah memiliki visa, tiket dan sudah baca2 buku, searching internet etc..

Setelah ada kepastian akan dijemput di airport jadi lega.. hilang kekuatiran dan jadi semangat untuk kesana...

Mungkin mati.. pergi ke sorga juga seperti itu.. seandainya ada yang menjemput disana, syukur2 ada tour leader ke surga.. pastilah banyak mau pulang ke rumah Bapa dengan semangat..